Rabu, 05 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1951

15 New Messages

Digest #1951
1a
Bls: [belajar-excel] Usia Pensiun by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
2a
Re: Fw: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289
2b
Re: Fw: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Fw: Emailing: rekam macro transpose by "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80
3c
Re: Fw: Emailing: rekam macro transpose by "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80
4a
Re: tentang looping,masih sangat pemula by "Sefti" sefty@rocketmail.com
4b
Re: tentang looping,masih sangat pemula by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Count row by "Yusril Ramadani" yusril_rmd
5b
Re: Count row by "Jan Raisin"
5c
Re: Count row by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5d
Re: Count row by "Yusril Ramadani" yusril_rmd
5e
Re: Count row by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5f
Re: Count row by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Dec 4, 2012 2:01 pm (PST) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

untuk isian tahun pensiun
=IF(OR(C2="guru";C2="pengawas");60;56)+YEAR(D2)
copy ke bawah

untuk tanggal pensiun
=EOMONTH(D2;(IF(OR(C2="guru";C2="pengawas");60;56))*12)+1
copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Muhammad Robin <mrobin86@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 4 Desember 2012 10:06
Judul: [belajar-excel] Usia Pensiun


 
Dear Be-exceller,

Saya mau nanya bagaimana cara menentukan tanggal pensiun untuk jabatan yang berbeda-beda.
Guru dan Pengawas usia pensiunnya 60 tahun dan jabatan lainnya 56.

Seperti data terlampir
Terima Kasih

Tue Dec 4, 2012 2:42 pm (PST) . Posted by:

"Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289

terimakasih Pak Kid atas jawabannya, no.3 langsung sukses, untuk no.1 & 2 saya coba2 lagi karena belum berhasil.

terimakasih banyak..

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, December 4, 2012 9:56 PM
Subject: Re: Fw: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet


 
No1 :
Sebab : Tulisan di data tidak sama dengan tulisan dikriteria.
Solusi : Pastikan penulisan nilai data sama dengan penulisn kriteria

No2 :
Sebab : Memang ada 2 data yang memenuhi kriteria.
Solusi : ubah formula hingga berbentuk :
=1*(formula_yang_sudah_dibuat > 0)

No3 : (copy ke bawah [baris berikutnya])
Formula minggu 1 :
=SUMIF($B$5:$B$13,$B19,$H$5:$H$13)

Formula minggu 2 :
=SUMIF($J$5:$J$13,$B19,$P$5:$P$13)

Wassalam,
Kid.

2012/12/4 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>


>Pak Kid, 
>
>
>semakin belajar, malah semakin banyak pertanyaan.
>sekarang saya punya 3 pertanyaan sekaligus yg saya attach files
>
>
>
>mohon pencerahannya..
>
>
>terimakasih
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, December 4, 2012 5:31 PM
>Subject: Fw: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>

>
>
>Alhamdulillah Pak Kid, sukses setelah diganti sumproduct, tapi saya kurang paham terkait makna dari pengkalian rumus2 tsb, mohon penjelasannya lagi..
>dan juga saya mau tanya lagi, dengan contoh saya kemaren tetapi hasilnya tidak angka 1/0 tetapi sesuai tulisan aslinya, bagaimana mengganti rumusnya?
>
>
>Terimakasih banyak..
>
>
>Wa'alaikumsalam
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, December 4, 2012 2:21 AM
>Subject: Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>

>Coba array formula :
>=SUM(($B$4:$B$12=$B38)*($C$3:$G$3=$C$3:$G$3)*(LEFT($C$4:$G$12)=LEFT(C$37)))
>>>ganti Sum dengan Sumproduct untuk entry formula bukan sebagai array formula
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/12/3 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Pak Kid,
>>
>>
>>saya mau tanya lagi,
>>ketika saya mencoba menggunakan rumus yg diberikan kemaren untuk mengakumulasi ternyata bisa.
>>tetapi untuk menghitung sheet G38-G46 tidak berfungsi.
>>
>>
>>minta pencerahannya lagi..
>>terimakasih banyak..
>>
>>
>>
>>________________________________
>>
>>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>
>>Sent: Sunday, December 2, 2012 4:19 PM
>>Subject: Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>>
>>
>>
>> 
>>mbak Wulan,
>>
>>operator <> artinya bukan
>>C$4:C$12<>"cuti"
>>bahasa manusianya :
>>"setiap isi data bukanlah kata 'cuti'"
>>
>>Ekspresi di atas akan menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)
>>Jadi pada formula (misal) :
>>=SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>>yang biru menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai kondisi nama di tabel data sama atau tidak dengan nama pada baris yang dikalkulasi
>>yang merah menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai kondisi nilai data di minggu itu bukan berisi tulisan 'cuti' atau tidak
>>setiap angka yang bersesuaian kemudian dikalikan (setara operator logika AND)
>>maka hasilnya akan berupa 9 angka berisi 1 atau 0
>>9 angka inilah yang di-Sum
>>
>>Jadi, jika di B4,B12, B23 berisi nama 'Kid' dan C4,C12 isinya bukan 'Cuti', maka formula akan menghasilkan minimal angka 2 tergantung data di cell B5 sampai B11 dan cell C5 sampai C11.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Mr. Kid,
>>>
>>>
>>>salam kenal Pak Kid..
>>>subhanallah rumusnya topcer,
>>>1 yg saya kurang paham, mohon penjelasan tentang "(C$4:C$12<>"cuti")"
>>>
>>>
>>>terimakasih banyak..
>>>
>>>
>>>----- Forwarded Message -----
>>>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Sent: Sunday, December 2, 2012 3:19 PM
>>>Subject: Re: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>>>
>>>
>>> 
>>>Hai Wulan,
>>>
>>>mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
>>>om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin mengajak kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
>>>bagini caranya kenalan :
>>>1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
>>>     =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>>>2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
>>>     CTRL   SHIFT   ENTER
>>>
>>>fyi.
>>>array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array formula yang guanteng.
>>>
>>>Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah. Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
>>>formula 1 : (semua versi Excel)
>>>     =SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>>>formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
>>>     =COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")
>>>
>>>
>>>Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam sebuah blok minggu.
>>>Untuk blok minggu lainnya :
>>>>> copy cell C23 ke blok minggu baru
>>>>> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
>>>>> akhiri dengan CTRL  SHIFT  ENTER jika array formula atau cukup dengan ENTER jika bukan array formula
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>>>
>>>
>>>> 
>>>>dear All,
>>>>
>>>>
>>>>saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh di attach files.
>>>>di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan tempat posisi kerja, mengakibatkan di  bagian perhitungan ada kesalahan hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
>>>>mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>>>>
>>>>
>>>>terimakasih banyak atas bantuannya.
>>>>semoga Allah membalas dengan lebih..
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Dec 4, 2012 8:47 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

No1. Tulisan pagi di tabel hasil dengan tulisan pagi di tabel data berbeda.
Ganti tulisan pagi di tabel data agar sama dengan tulisan pagi di tabel
hasil. Gunakan copy paste juga boleh.
Lebih baik tidak menggunakan formula untuk mengubahnya, agar kedepannya
mulai mengarah ke standarisasi tulisan input.

No2. Jika ada formula di tabel hasil berbunyi :
=blablabla
maka ganti formula itu menjadi :
=1*(blablabla > 0)

Wassalam,
Kid.

2012/12/5 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>

> **
>
>
> terimakasih Pak Kid atas jawabannya, no.3 langsung sukses, untuk no.1 & 2
> saya coba2 lagi karena belum berhasil.
>
> terimakasih banyak..
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, December 4, 2012 9:56 PM
> *Subject:* Re: Fw: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
> No1 :
> Sebab : Tulisan di data tidak sama dengan tulisan dikriteria.
> Solusi : Pastikan penulisan nilai data sama dengan penulisn kriteria
>
> No2 :
> Sebab : Memang ada 2 data yang memenuhi kriteria.
> Solusi : ubah formula hingga berbentuk :
> =1*(formula_yang_sudah_dibuat > 0)
>
> No3 : (copy ke bawah [baris berikutnya])
> Formula minggu 1 :
> =SUMIF($B$5:$B$13,$B19,$H$5:$H$13)
>
> Formula minggu 2 :
> =SUMIF($J$5:$J$13,$B19,$P$5:$P$13)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/4 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> Pak Kid,
>
> semakin belajar, malah semakin banyak pertanyaan.
> sekarang saya punya 3 pertanyaan sekaligus yg saya attach files
>
> mohon pencerahannya..
>
> terimakasih
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Tuesday, December 4, 2012 5:31 PM
> *Subject:* Fw: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
>
> Alhamdulillah Pak Kid, sukses setelah diganti sumproduct, tapi saya kurang
> paham terkait makna dari pengkalian rumus2 tsb, mohon penjelasannya lagi..
> dan juga saya mau tanya lagi, dengan contoh saya kemaren tetapi hasilnya
> tidak angka 1/0 tetapi sesuai tulisan aslinya, bagaimana mengganti rumusnya?
>
> Terimakasih banyak..
>
> Wa'alaikumsalam
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, December 4, 2012 2:21 AM
> *Subject:* Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
> Coba array formula :
> =SUM(($B$4:$B$12=$B38)*($C$3:$G$3=$C$3:$G$3)*(LEFT($C$4:$G$12)=LEFT(C$37)))
> >>ganti Sum dengan Sumproduct untuk entry formula bukan sebagai array
> formula
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/3 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> Pak Kid,
>
> saya mau tanya lagi,
> ketika saya mencoba menggunakan rumus yg diberikan kemaren untuk
> mengakumulasi ternyata bisa.
> tetapi untuk menghitung sheet G38-G46 tidak berfungsi.
>
> minta pencerahannya lagi..
> terimakasih banyak..
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 2, 2012 4:19 PM
> *Subject:* Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
> mbak Wulan,
>
> operator <> artinya bukan
> C$4:C$12<>"cuti"
> bahasa manusianya :
> "setiap isi data bukanlah kata 'cuti'"
>
> Ekspresi di atas akan menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)
> Jadi pada formula (misal) :
> =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
> yang biru menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai
> kondisi nama di tabel data sama atau tidak dengan nama pada baris yang
> dikalkulasi
> yang merah menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai
> kondisi nilai data di minggu itu bukan berisi tulisan 'cuti' atau tidak
> setiap angka yang bersesuaian kemudian dikalikan (setara operator logika
> AND)
> maka hasilnya akan berupa 9 angka berisi 1 atau 0
> 9 angka inilah yang di-Sum
>
> Jadi, jika di B4,B12, B23 berisi nama 'Kid' dan C4,C12 isinya bukan
> 'Cuti', maka formula akan menghasilkan minimal angka 2 tergantung data di
> cell B5 sampai B11 dan cell C5 sampai C11.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> Mr. Kid,
>
> salam kenal Pak Kid..
> subhanallah rumusnya topcer,
> 1 yg saya kurang paham, mohon penjelasan tentang "(C$4:C$12<>"cuti")"
>
> terimakasih banyak..
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 2, 2012 3:19 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
> Hai Wulan,
>
> mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau
> SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
> om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin
> mengajak kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
> bagini caranya kenalan :
> 1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
> =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
> 2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
> CTRL SHIFT ENTER
>
> fyi.
> array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih
> kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array
> formula yang guanteng.
>
> Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah.
> Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
> formula 1 : (semua versi Excel)
> =SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
> formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
> =COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")
>
>
> Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam
> sebuah blok minggu.
> Untuk blok minggu lainnya :
> >> copy cell C23 ke blok minggu baru
> >> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
> >> akhiri dengan CTRL SHIFT ENTER jika array formula atau cukup dengan
> ENTER jika bukan array formula
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> dear All,
>
> saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh
> di attach files.
> di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan
> tempat posisi kerja, mengakibatkan di bagian perhitungan ada kesalahan
> hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
> mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap
> sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>
> terimakasih banyak atas bantuannya.
> semoga Allah membalas dengan lebih..
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Dec 4, 2012 5:15 pm (PST) . Posted by:

"hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

Miss,Subhanallah penjelasannya rinci sekali, saya jadi bisa memahami bahasa macro, walaupun setahap2 ;), ada beberapa pertanyaan miss seputar bahasan kemarin:
1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23, apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput double?
3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur Pajak belum diisi)
Mohon penjelasannya
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 4 Dec 2012 16:23:42
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

Dear mbak Tiny,

waktu menyusun VBA ini, Jan jadi teringat dengan teman lama Jan yang kerja
di bagian Pajak, dulu Jan sering menemani karena dia harus lembur pulang
malam dan arah pulangnya searah. Dia memegang laporan pajak 5 anak
perusahaan seorang diri, Jan pikir dia adalah staf Pajak yang tangguh
karena setelah dia keluar maka pekerjaannya dihandle oleh 3 orang xixixix :D

andai saja dulu Jan bisa VBA pasti Jan akan bantu supaya teman tersebut
tidak selalu pulang malam.

cukup curhatnya, berikut adalah kodenya, ditulis ke dalam sebuah VB Editor
(VBE)

Option Explicit

Sub RekapPPhps23()
' deklarasikan variabel dengan tipe data String untuk menyimpan data
bertipe text
' NoTrsk = nomer_transaksi
' PKP = nama_pengusaha_kena_pajak
' NPWP = nomor_pokok_wajib_pajak
Dim NoTrsk, PKP, NPWP As String

' delarasikan variabel dengan tipe data Date untuk menyimpan data
bertipe tanggal
' TglVcr = tanggal_voucher
Dim TglVcr As Date

' deklarasikan variabel dengan tipe data Long Integer agar dapat
menyimpan angka yang sangat besar
' NoVcr = nomer_voucher
Dim NoVcr As Long

' deklarasikan variabel bertipe Range untuk menyimpan objek berupa
range atau cell
' nantinya pengisian data akan dilakukan berdasarkan proses loop
terhadap area ini
' jika nilai > 0 berarti objek pajak, tarif, dan nilainya akan diambil
' rgDPP = range_dasar_pengenaan_pajak (pengasilan brutto)
' letaknya mulai cell m13 sampai dengan cell m24
' cDPP = tiap-tiap_1_cell_di_dalam_rgDPP
Dim rgDPP, cDPP As Range

' deklarasikan variabel bertipe String untuk menyimpan data bertipe Text
' ObjPjk = nama_objek_pajak
Dim ObjPjk As String

' deklarasikan variabel bertipe Double untuk menyimpan data berupa
angka dengan bilangan desimal
' DPP = dasar_pengenaan_pajak
' Tari = tarif_pajak dalam persen
' PPhDpt = pajak_penghasilan_yang_dipotong
Dim DPP, Tarif, PPhDpt As Double

' matikan dahulu fitur screen update agar vba berjalan lebih cepat
Application.ScreenUpdating = False

' aktifkan sheet Form Isi 2
Sheets("form isi 2").Select

' masukkan masing-masing nilai ke dalam variabel yang sudah disiapkan
di awal
' contoh, NoTrsk diambil dari nilai di cell i3
' untuk merujuk cellnya digunakan perintah Range("alamat_cellnya")
' untuk mengambil nilainya digunakan perintah .Value
' tanda sama_dengan = berfungsi untuk memasukkan nilai terhadap sebuah
variabel
' yang terletak di sebelah kiri tanda sama_dengan
NoTrsk = Range("i3").Value
PKP = Range("i8").Value
NPWP = Range("i7").Value
TglVcr = Range("n3").Value
NoVcr = Range("n4").Value

' lakukan pengujian terhadap jumlah penghasilan brutto di cell m13
sampai dengan cell m24
' jika ada nilainya maka ambil nama objek pajaknya dari kolom helper
' kenapa mesti ada kolom bantu? karena untuk memudahkan dalam mengambil
nama objek pajak
' yang sebelumnya letaknya berantakan (tidak dalam 1 kolom yang sama)
' lakukan assign ke variabel rgDPP untuk menentukan letak range datanya
Set rgDPP = Range("m13:m24")

' lakukan proses loop terhadap setiap 1 cell di dalam rgDpp
For Each cDPP In rgDPP

' jika nilai setiap cell di dalam cDPP lebih besar dari nol, maka
If Len(cDPP.Value) > 0 Then

' ambil nama objek pajaknya, letaknya 5 kolom di sebelah kanan
cDPP
' untuk merujuknya gunakan perintah Offset
' syntax OffSet adalah OffSet(nomer_baris , nomer_kolom)
' nomor baris jika bernilai positif berarti turun ke bawah
' nomor naris jika bernilai negatif berarti naik ke atas
' nomor kolom jika bernilai positif berarti ke arah kanan
' nomor kolom jika bernilai negatif berarti ke arah kiri
' bahasa manusianya adalah
' variabel ObjPjk sama_dengan dari cell cDPP ke arah kanan 5
kolom lalu ambil nilainya
' atau ObjPjk = nilai 5 kolom di sebelah kanan cDPP
ObjPjk = cDPP.Offset(0, 5).Value

' lakukan juga untuk yang lainnya
DPP = cDPP.Value
Tarif = cDPP.Offset(0, 1).Value
PPhDpt = cDPP.Offset(0, 2).Value

' setelah didapat semua nilai yang dibutuhkan, pergi ke sheet
Rekap PPh 23
Sheets("rekap pph 23").Select

' pergi ke cell b3 yang merupakan header dari nomer seri
transaksi
Range("b3").Select

' lakukan pengujian terhadap 1 cell di bawah cell b3
' jika tidak ada datanya maka turun 1 baris ke cell b4
' jika ada datanya maka pergi ke baris terakhir yang ada datanya
' lalu turun lagi 1 baris ke baris baru yang kosong

' bahasa manusianya:
' jika 1 baris di bawah cell aktif tidak ada datanya, maka
If ActiveCell.Offset(1, 0).Value = "" Then

' turun 1 baris ke bawah
ActiveCell.Offset(1, 0).Select

' karena ini adalah data pertama, maka beri nomer 1 pada 1
kolom di sebelah kiri
ActiveCell.Offset(0, -1).Value = 1

' selain itu
Else

' berarti 1 baris di bawahnya ada datanya
' turun ke baris terakhir yang ada datanya dengan perintah
.End(xlDown)
' lalu turun 1 baris lagi ke bawah yang kosong dengan
perintah .Offset(1, 0)
ActiveCell.End(xlDown).Offset(1, 0).Select

' karena ini bukan data pertama, maka beri nomor pada 1
kolom di sebelah kiri
' nilainya berasal dari 1 baris di atasnya & 1 kolom di
sebelah kiri (kiri atas)
ActiveCell.Offset(0, -1).Value = ActiveCell.Offset(-1,
-1).Value + 1

' akhir dari pengecekan data di bawah header
End If

' masukkan nilai dari setiap variabel ke tempatnya masing-masing
ActiveCell.Value = NoTrsk
ActiveCell.Offset(0, 1).Value = PKP
ActiveCell.Offset(0, 2).Value = NPWP
ActiveCell.Offset(0, 3).Value = TglVcr
ActiveCell.Offset(0, 4).Value = NoVcr
ActiveCell.Offset(0, 5).Value = ObjPjk
ActiveCell.Offset(0, 6).Value = DPP
ActiveCell.Offset(0, 7).Value = Tarif
ActiveCell.Offset(0, 9).Value = PPhDpt

' setelah itu kembali lagi ke sheet Form Isi 2 untuk mengambil
data berikutnya
Sheets("form isi 2").Select

' akhir dari penegcekan DPP
End If

' lakukan untuk cDPP berikutnya
Next cDPP

' aktifkan lagi menu screen update
Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Cara memanggilnya dengan cara menekan sebuah shape yang sudah di-assign
dengan macro

untuk formula yang ditanyakan silakan dilihat langsung pada file terlampir

semoga bermanfaat,

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

2012/12/4 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Dear miss jan,
> Berikut saya kirimkan rekap yang diinginkan, untuk N23 dia mengacu ke
> sheet tarif, jika memiliki NPWP (cell I7 terisi) maka ditarif yg digunakan
> itu 2%, jika tidak memiliki npwp 4%
> Jika tidak menggunakan rekam macro bagaimana carax ya?
> Mohon bantuannya
>
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Tue, 4 Dec 2012 12:50:38 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose
>
>
>
> Dear mbak Tini,
>
> 1. sebelumnya bisakah dibantu dengan beberapa baris data yang diinginkan
> di sheet rekap pph 23, karena tidak semua member millis bekerja di bidang
> yang sama dengan mbak Tini.
>
> 2. untuk isian di sheet Form Isi 2 cell N23, yang dimaksud kolom 17 itu
> cell yang mana ya?
>
> maaf, bertanya tanpa urun solusi :D
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-
> *kelihatannya untuk kasus ini teknik rekam macro akan lebih sulit
> dibandingkan dengan menulis script langsung di VBE*
>
> 2012/12/4 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> Dear all
>> Adakah yg bisa mengajakan kepada saya, bagaimana proses rekam makro untuk
>> transpose
>> Terima kasih
>> Salam
>> Tiny
>>
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>> -----Original Message-----
>> From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
>> Date: Tue, 4 Dec 2012 04:28:07
>> To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
>> Subject: Emailing: rekam macro transpose
>>
>>
>> Your message is ready to be sent with the following file or link
>> attachments:
>>
>> rekam macro transpose
>>
>>
>> Note: To protect against computer viruses, e-mail programs may prevent
>> sending or receiving certain types of file attachments. Check your e-mail
>> security settings to determine how attachments are handled.
>> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
>> only for the use of the individual or entity named above and may contain
>> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
>> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
>> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
>> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
>> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
>> mail. Thank you.
>>
>>
>
>

Tue Dec 4, 2012 6:10 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Assalamu'alaikum wr. Wb.,

mbak Tini,

Question:
1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23,
apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
Answer:
Sebaiknya mbak Tini membuat macro yang baru, bisa dalam 1 file tetapi
berbeda sheet, cara membuatnya bisa melalui insert New Module, atau dengan
menggunakan module yang sama tetapi dengan prosedur yang baru. Jika format
inputnya sama maka bisa menggunakan 1 form input saja, tinggal diganti
nomer PPhnya saja (--kelihatannya setiap form PPh tidak ada yang sama ya--)

Letak rekapnya bisa di sheet yang berbeda, atau....

Jika mbak Tini bersedia untuk sedikit bersusah payah, maka ada baiknya
dibuat 1 buah data base yang digunakan untuk menghimpun seluruh data pajak,
berarti bisa jadi bukan hanya untuk PPh ps 23 dan PPh ps 4 saja, agar
dikemudian hari jika ingin membuat laporan --misal : seluruh pajak atas
nama PT "X" untuk periode Nov 2012-- maka bisa ditampilkan hanya dengan
menggunakan Pivot Table dalam beberapa kali klik saja, atau jika format
Pivot Tabel tidak sesuai maka bisa dibuat laporan yang baku dengan sumber
data dari data base tersebut.

Tentu saja databasenya harus dibuat dengan kaidah data base yang baik,
yaitu:
a. Selalu dimulai dari cell A1 sebagai header data
b. Tidak ada merge cell
c. Tidak ada baris kosong antar data, misal baris 3 ada datanya, baris 4
kosong sama sekali, lalu baris 5 ada datanya lagi
d. Tidak ada kolom kosong antar data
e. Disusun dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah), bukannya
horizontal (dari kiri ke kanan)
f. Bukan berupa matriks (kadang Jan masih salah mau bikin database tapi
bentuknya malah jadi matriks, kata mr Kid: Matriks itu disebut juga Compact
database, untung Mr. Kid bersedia memberikan arahan jadi Jan gak nyasar
lebih jauh xixixixi :D)

Question:
2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput
double?
Answer:
Ada banyak cara untuk menghindari agar nomer tidak dobel, antara lain:

a. dengan cara input manual, diperlukan VBA untuk melakukan pengecekan
terhadap data base apakah nomer tersebut sudah pernah digunakan atau belum,
jika sudah pernah ada maka hapus nomer tersebut dan beri tahu user bahwa
nomer tersebut sudah ada dan user harus membuat nomer baru lagi.

b. membuat nomer otomatis, menurut Jan ini adalah cara yang paling baik,
yaitu menambahkan 1 nilai dari nomer yang paling akhir, misal pada contoh
adalah
001.XI/2012, maka untuk nomer berikutnya adalah 001 ditambah 1, diberi
titik, bulan dalam romawi, garis miring, tahun. Untuk membuat nomer secara
otomatis bisa dilakukan dengan formula, coba mbak Tini pelajari cara
memisahkan nilai dari Text/String atau Numeric

c. dengan VBA, konsepnya adalah sama dengan cara b hanya saja dibuat lebih
otomatis

Question:
3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form
Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur
Pajak belum diisi)
Answer:
Untuk yang ini juga bisa dilakukan dengan banyak cara, beberapa yang Jan
ketahui adalah:
a. Menggunakan data validasi, misal jika user mengetik suatu nilai pada
kolom DPP padahal nomer seri faktur pajak masih kosong maka muncul
peringatan, coba mbak Tini pelajari lagi fitur Data Validasi

b. Menggunakan VBA, pemeriksaan dilakukan sebelum proses penulisan data
dari form Input ke sheet Database. Jika nomer seri pajak kosong maka muncul
pesan kepada user.

Ada baiknya jika mbak Tini sudah terbiasa dengan VBA (--semoga cepat bisa
dan terbiasa ya mbak, karena Jan juga masih newbie.. baru 3 bulan ini
belajar xixixi :D--) maka mbak Tini bisa membuat nomer seri faktur pajak
secara otomatis, setahu Jan nomer faktur pajak format penulisannya selalu
tetap jadi secara logika bisa dibuat secara otomatis.

Jika belum terbiasa dengan VBA tetapi sudah bisa membuat database yang baik
dan benar dan databasenya sudah tersedia, maka bisa juga dibuat secara
otomatis menggunakan formula.

Sekarang adalah kesempatan yang bagus untuk mulai membuat database karena
sebentar lagi nomer faktur pajaknya akan dimulai dari nomer 1 lagi,
bukankah begitu ?

Semoga sesuai dengan yang diharapkan, jika ada yang salah tolong dikoreksi,
jika ada yang kurang lengkap tolong ditambahkan.

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 5 Desember 2012 08:14, <hartini_80@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> ** Miss,Subhanallah penjelasannya rinci sekali, saya jadi bisa memahami
> bahasa macro, walaupun setahap2 ;), ada beberapa pertanyaan miss seputar
> bahasan kemarin:
> 1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23,
> apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
> 2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput
> double?
> 3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form
> Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur
> Pajak belum diisi)
> Mohon penjelasannya
>
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
>
>

Tue Dec 4, 2012 7:13 pm (PST) . Posted by:

"hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

Waalaikum salam,
Miss, penjelasannya puanjang banget, bisakah diselipkan contoh bagaimana pengerjaannya, kan tini telat pintar urusan rumus dan macro, please #wajahmemelas
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 5 Dec 2012 09:10:27
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

Assalamu'alaikum wr. Wb.,

mbak Tini,

Question:
1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23,
apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
Answer:
Sebaiknya mbak Tini membuat macro yang baru, bisa dalam 1 file tetapi
berbeda sheet, cara membuatnya bisa melalui insert New Module, atau dengan
menggunakan module yang sama tetapi dengan prosedur yang baru. Jika format
inputnya sama maka bisa menggunakan 1 form input saja, tinggal diganti
nomer PPhnya saja (--kelihatannya setiap form PPh tidak ada yang sama ya--)

Letak rekapnya bisa di sheet yang berbeda, atau....

Jika mbak Tini bersedia untuk sedikit bersusah payah, maka ada baiknya
dibuat 1 buah data base yang digunakan untuk menghimpun seluruh data pajak,
berarti bisa jadi bukan hanya untuk PPh ps 23 dan PPh ps 4 saja, agar
dikemudian hari jika ingin membuat laporan --misal : seluruh pajak atas
nama PT "X" untuk periode Nov 2012-- maka bisa ditampilkan hanya dengan
menggunakan Pivot Table dalam beberapa kali klik saja, atau jika format
Pivot Tabel tidak sesuai maka bisa dibuat laporan yang baku dengan sumber
data dari data base tersebut.

Tentu saja databasenya harus dibuat dengan kaidah data base yang baik,
yaitu:
a. Selalu dimulai dari cell A1 sebagai header data
b. Tidak ada merge cell
c. Tidak ada baris kosong antar data, misal baris 3 ada datanya, baris 4
kosong sama sekali, lalu baris 5 ada datanya lagi
d. Tidak ada kolom kosong antar data
e. Disusun dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah), bukannya
horizontal (dari kiri ke kanan)
f. Bukan berupa matriks (kadang Jan masih salah mau bikin database tapi
bentuknya malah jadi matriks, kata mr Kid: Matriks itu disebut juga Compact
database, untung Mr. Kid bersedia memberikan arahan jadi Jan gak nyasar
lebih jauh xixixixi :D)

Question:
2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput
double?
Answer:
Ada banyak cara untuk menghindari agar nomer tidak dobel, antara lain:

a. dengan cara input manual, diperlukan VBA untuk melakukan pengecekan
terhadap data base apakah nomer tersebut sudah pernah digunakan atau belum,
jika sudah pernah ada maka hapus nomer tersebut dan beri tahu user bahwa
nomer tersebut sudah ada dan user harus membuat nomer baru lagi.

b. membuat nomer otomatis, menurut Jan ini adalah cara yang paling baik,
yaitu menambahkan 1 nilai dari nomer yang paling akhir, misal pada contoh
adalah
001.XI/2012, maka untuk nomer berikutnya adalah 001 ditambah 1, diberi
titik, bulan dalam romawi, garis miring, tahun. Untuk membuat nomer secara
otomatis bisa dilakukan dengan formula, coba mbak Tini pelajari cara
memisahkan nilai dari Text/String atau Numeric

c. dengan VBA, konsepnya adalah sama dengan cara b hanya saja dibuat lebih
otomatis

Question:
3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form
Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur
Pajak belum diisi)
Answer:
Untuk yang ini juga bisa dilakukan dengan banyak cara, beberapa yang Jan
ketahui adalah:
a. Menggunakan data validasi, misal jika user mengetik suatu nilai pada
kolom DPP padahal nomer seri faktur pajak masih kosong maka muncul
peringatan, coba mbak Tini pelajari lagi fitur Data Validasi

b. Menggunakan VBA, pemeriksaan dilakukan sebelum proses penulisan data
dari form Input ke sheet Database. Jika nomer seri pajak kosong maka muncul
pesan kepada user.

Ada baiknya jika mbak Tini sudah terbiasa dengan VBA (--semoga cepat bisa
dan terbiasa ya mbak, karena Jan juga masih newbie.. baru 3 bulan ini
belajar xixixi :D--) maka mbak Tini bisa membuat nomer seri faktur pajak
secara otomatis, setahu Jan nomer faktur pajak format penulisannya selalu
tetap jadi secara logika bisa dibuat secara otomatis.

Jika belum terbiasa dengan VBA tetapi sudah bisa membuat database yang baik
dan benar dan databasenya sudah tersedia, maka bisa juga dibuat secara
otomatis menggunakan formula.

Sekarang adalah kesempatan yang bagus untuk mulai membuat database karena
sebentar lagi nomer faktur pajaknya akan dimulai dari nomer 1 lagi,
bukankah begitu ?

Semoga sesuai dengan yang diharapkan, jika ada yang salah tolong dikoreksi,
jika ada yang kurang lengkap tolong ditambahkan.

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 5 Desember 2012 08:14, <hartini_80@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> ** Miss,Subhanallah penjelasannya rinci sekali, saya jadi bisa memahami
> bahasa macro, walaupun setahap2 ;), ada beberapa pertanyaan miss seputar
> bahasan kemarin:
> 1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23,
> apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
> 2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput
> double?
> 3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form
> Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur
> Pajak belum diisi)
> Mohon penjelasannya
>
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
>
>

Wed Dec 5, 2012 12:00 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Assalamu'alaikum wr. wb.,

coba pelajari contoh terlampir, tetap semangat ya mbak :)

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 5 Desember 2012 10:12, <hartini_80@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> ** Waalaikum salam,
> Miss, penjelasannya puanjang banget, bisakah diselipkan contoh bagaimana
> pengerjaannya, kan tini telat pintar urusan rumus dan macro, please
> #wajahmemelas
>
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
>
>

Tue Dec 4, 2012 8:12 pm (PST) . Posted by:

"Sefti" sefty@rocketmail.com

terimakasih atas jawabannya mas, biasanya saya harus menunggu lama jika menanyakan pertanyaan di forum/milis lain.tp disini sangat cepat jawabannya :)
mas saya mengalami kendala lagi,karena kemampuan mengedit saya yg belum mencukupi,alhasil kode scriptnya selalu eror.saya tau kode script dr mas benar cuma ya itu td, kemampuan mengedit saya yg belum mencukupi :)
jd begini saja mas, saya minta bantuan bagaimana cara meng-insertkan 7 data turunan ke masing2 perusahaan (1 perusahaan memiliki 7 data turunan secara otomatis)
kalau create ke new filenya alhamdulillah sudah bisa
untuk lebih jelasnya saya lampirkan file-nya

________________________________
From: Sefti <sefty@rocketmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, December 5, 2012 9:56 AM
Subject: Re: [belajar-excel] tentang looping,masih sangat pemula


________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, December 4, 2012 11:19 PM
Subject: Re: [belajar-excel] tentang looping,masih sangat pemula


 
Hai Sefty,

Biasanya
1. perlu dibuat sebuah sheet berisi susunan (struktur dataset seperti kolom dan barisnya) dataset yang akan menjadi output di file lain. Isi datanya bisa diatur untuk berganti sesuai pemilik file.
2. Ada seluruh data yang bisa diambil nilainya berdasar si pt yang akan menjadi file baru tersebut.
3. Ada daftar nama file output (sudah punya)

untuk loop per nama pt di sheet input pt :
(misal nama-nama ada di A2 sampai A65000)

dim rng as Range
dim shtTpl as worksheet, wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook

set wbkapp=thisworkbook
set shttpl=wbkapp.sheets("template")
application.displayalerts=false
for each rng in Sheets("input_pt").range("a2:a65000")
      if lenb(rng.value)<>0 then
            'lakukan proses isi data di sheet template
           shttpl.range("a1").value = rng.value 'karena A1 sheet template berisi nama pt

           'lakukan ambil nilai dari sheet nilai disini misal :
           with sheets("input").range("a1").currentregion
                   .autofilter 1, rng.value
                   .specialcells(xlcellsvisible).copy  sheets("template").range("B2")
           end with

           'buat workbook baru
           set wbktarget=workbooks.add

           'copy template ke workbook baru letakkan di indeks 1
           shttpl.copy before:=wbktarget.sheets(1)

           'ganti nama sheet output dari bernama template menjadi bernama myOutput
           wbktarget.sheets(1).name="myOutput"

           'simpan workbook target
           wbktarget.saveas wbkapp.path & "\" & rng.value

           'tutup workbook target
           wbktarget.close false

           'aktifkan workbook kerja
          wbkapp.activate
      endif
next rng         'ke nama pt berikutnya
application.displayalerts=true

Letakkan script di atas pada sebuah prosedur di sebuah module di workbook kerja. Kemudian jalankan macro atau buat object spahe atau control object untuk memanggil prosedur tersebut.

Semua rujukan workbook, sheet, range adalah fiktif belaka.
Bila ada kesamaan nama, tempat dan waktu maka hal itu hanyalah kebetulan saja.
Terimakasih kepada seluruh sponsor yang telah membantu terselesaikannya script di atas
Segala kekurangan dan kekhilafan harap dimaafkan.

hehehe...
sepertinya kalau ada workbook contohnya, banyak BeExceller yang mau mencobanya juga.

Wassalam,
Kid.

2012/12/4 sefti syuhada <sefty@rocketmail.com>


>permisi master2 macro excel, saya lagi belajar macro excel dan sekarang mengalami sebuah kasus, begini:
>saya punya data input (nama perusahaan)
>nah tugas saya harus meng-generate file input tsb ke new file dengan
>syarat:nantinya di file output, si nama perusahaan tsb masing2 memiliki data2 turunan.sebagai contoh
>file input:
>1.pt.indomie
>2.pt.djarum
>3.ptcarefour
>dst
>nah ketika file input tsb di generate ke new file, data harus berupa:
>1.pt.indomie
>pengeluaran
>pemasukan
>sisa kas
>jumlah keseluruhan
>
>begitupun nama perusahaan seterusnya
>data file input bisa ratusan bahkan ribuan, ga mungkin kan klo harus di ketik manual :)
>mohon pencerahannya dan maaf apabila pertanyaan saya kurang dimengerti
>
>
>

----------

ketentuan:
saya bingung harus menjelaskannya :)
-jadi nanti hasil akhirnya seperti di sheet 1, masing-masing perusahaan memiliki 7 data turunan
-untuk file input perusahaannya terletak di sheet "Costumer"
-untuk output hasilnya ke new file ("hasil output.xlsx")

======terimakasih====

Tue Dec 4, 2012 9:28 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba langkah berikut : (jika kurang pas rujukannya, disesuaikan sendiri ya)
1. buka file input blablagenerator.xlsm
2. insert sebuah worksheet
3. ganti nama sheet baru itu menjadi template
4. ke sheet1 dan copy range C10 sampai C16
5. ke sheet template dan paste ke cell B2
6. ke VBE dan cari baris berbunyi : (atau yang sejenisnya di file Anda)
for each rng in Sheets("input_pt").range("a2:a65000")
dan ganti menjadi :
for each rng in Sheets("customer").range("b1").currentregion
7. cari bagian yang berbunyi : (atau yang sejenisnya di file Anda)
'lakukan ambil nilai dari sheet nilai disini misal :
with sheets("input").range("a1").currentregion
.autofilter 1, rng.value
.specialcells(xlcellsvisible).copy
sheets("template").range("B2")
end with
dan hapus saja.

8. cari bagian yang berbunyi : (atau yang sejenisnya di file Anda)
'simpan workbook target
wbktarget.saveas wbkapp.path & "\" & rng.value
dan ganti menjadi :
'simpan workbook target
wbktarget.saveas wbkapp.path & "\" & rng.value & "_" &
format$(date,"YYYYMMDD")
kalau tanggalnya harus mengambil nilai di suatu tempat tertentu, ganti
yang merah dengan rujukan untuk mengambil nilai tersebut.

Wassalam,
Kid.

2012/12/5 Sefti <sefty@rocketmail.com>

> **
>
>
> terimakasih atas jawabannya mas, biasanya saya harus menunggu lama jika
> menanyakan pertanyaan di forum/milis lain.tp disini sangat cepat
> jawabannya :)
> mas saya mengalami kendala lagi,karena kemampuan mengedit saya yg belum
> mencukupi,alhasil kode scriptnya selalu eror.saya tau kode script dr mas
> benar cuma ya itu td, kemampuan mengedit saya yg belum mencukupi :)
> jd begini saja mas, saya minta bantuan bagaimana cara meng-insertkan 7
> data turunan ke masing2 perusahaan (1 perusahaan memiliki 7 data turunan
> secara otomatis)
> kalau create ke new filenya alhamdulillah sudah bisa
> untuk lebih jelasnya saya lampirkan file-nya
>
> ------------------------------
> *From:* Sefti <sefty@rocketmail.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, December 5, 2012 9:56 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] tentang looping,masih sangat pemula
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, December 4, 2012 11:19 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] tentang looping,masih sangat pemula
>
>
> Hai Sefty,
>
> Biasanya
> 1. perlu dibuat sebuah sheet berisi susunan (struktur dataset seperti
> kolom dan barisnya) dataset yang akan menjadi output di file lain. Isi
> datanya bisa diatur untuk berganti sesuai pemilik file.
> 2. Ada seluruh data yang bisa diambil nilainya berdasar si pt yang akan
> menjadi file baru tersebut.
> 3. Ada daftar nama file output (sudah punya)
>
> untuk loop per nama pt di sheet input pt :
> (misal nama-nama ada di A2 sampai A65000)
>
> dim rng as Range
> dim shtTpl as worksheet, wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
>
> set wbkapp=thisworkbook
> set shttpl=wbkapp.sheets("template")
> application.displayalerts=false
> for each rng in Sheets("input_pt").range("a2:a65000")
> if lenb(rng.value)<>0 then
> 'lakukan proses isi data di sheet template
> shttpl.range("a1").value = rng.value 'karena A1 sheet template
> berisi nama pt
>
> 'lakukan ambil nilai dari sheet nilai disini misal :
> with sheets("input").range("a1").currentregion
> .autofilter 1, rng.value
> .specialcells(xlcellsvisible).copy
> sheets("template").range("B2")
> end with
>
> 'buat workbook baru
> set wbktarget=workbooks.add
>
> 'copy template ke workbook baru letakkan di indeks 1
> shttpl.copy before:=wbktarget.sheets(1)
>
> 'ganti nama sheet output dari bernama template menjadi bernama
> myOutput
> wbktarget.sheets(1).name="myOutput"
>
> 'simpan workbook target
> wbktarget.saveas wbkapp.path & "\" & rng.value
>
> 'tutup workbook target
> wbktarget.close false
>
> 'aktifkan workbook kerja
> wbkapp.activate
> endif
> next rng 'ke nama pt berikutnya
> application.displayalerts=true
>
> Letakkan script di atas pada sebuah prosedur di sebuah module di workbook
> kerja. Kemudian jalankan macro atau buat object spahe atau control object
> untuk memanggil prosedur tersebut.
>
> Semua rujukan workbook, sheet, range adalah fiktif belaka.
> Bila ada kesamaan nama, tempat dan waktu maka hal itu hanyalah kebetulan
> saja.
> Terimakasih kepada seluruh sponsor yang telah membantu terselesaikannya
> script di atas
> Segala kekurangan dan kekhilafan harap dimaafkan.
>
> hehehe...
> sepertinya kalau ada workbook contohnya, banyak BeExceller yang mau
> mencobanya juga.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/4 sefti syuhada <sefty@rocketmail.com>
>
> **
>
> permisi master2 macro excel, saya lagi belajar macro excel dan sekarang
> mengalami sebuah kasus, begini:
> saya punya data input (nama perusahaan)
> nah tugas saya harus meng-generate file input tsb ke new file dengan
> syarat:nantinya di file output, si nama perusahaan tsb masing2 memiliki
> data2 turunan.sebagai contoh
> file input:
> 1.pt.indomie
> 2.pt.djarum
> 3.ptcarefour
> dst
> nah ketika file input tsb di generate ke new file, data harus berupa:
> 1.pt.indomie
> pengeluaran
> pemasukan
> sisa kas
> jumlah keseluruhan
>
> begitupun nama perusahaan seterusnya
> data file input bisa ratusan bahkan ribuan, ga mungkin kan klo harus di
> ketik manual :)
> mohon pencerahannya dan maaf apabila pertanyaan saya kurang dimengerti
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Dec 5, 2012 1:13 am (PST) . Posted by:

"Yusril Ramadani" yusril_rmd

Dear Para pakar

mohon bantaunnya untuk case terlampir

Saya mau menghitung cell yang ada angkanya tapi berdasrakan kriteria nama
kolom

Mohon pencerahannya

Salam
YR

Wed Dec 5, 2012 1:21 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Yusril,

coba formula berikut

=CountIf(B3:B8,"<>"&"")

bahasa manusianya adalah hitung jumlah cacahnya jika di cell b3 sampai
b8 datanya
tidak kosong,

ganti tanda pemisah dari koma menjadi titik koma jika regional setting
komputer anda adalah Indonesia

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 5 Desember 2012 14:02, Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>menulis:

> **
>
>
> Dear Para pakar
>
> mohon bantaunnya untuk case terlampir
>
> Saya mau menghitung cell yang ada angkanya tapi berdasrakan kriteria nama
> kolom
>
> Mohon pencerahannya
>
> Salam
> YR
>
>
>

Wed Dec 5, 2012 1:29 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Yusril,

Jika seluruh data dalam 1 kolom yang akan dihitung adalah bertipe numerik
>> inputan angka 0 akan tetap dihitung : (hanya tidak menghitung yang blank
dan berisi text)
=Count( range_data_sekolom )
>> inputan angka 0, blank, dan text tidak dihitung
=Count( range_data_sekolom ) - CountIF( ange_data_sekolom , 0 )

Wassalam,
Kid.

2012/12/5 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Para pakar
>
> mohon bantaunnya untuk case terlampir
>
> Saya mau menghitung cell yang ada angkanya tapi berdasrakan kriteria nama
> kolom
>
> Mohon pencerahannya
>
> Salam
> YR
>
>
>

Wed Dec 5, 2012 1:47 am (PST) . Posted by:

"Yusril Ramadani" yusril_rmd

Pak Jan

Yang saya maksud adalh dengan range semuanya tapi hanya melihat 1 kriteria

Misla kriteria A ada 4 row yang terisi
Bukan melihat dalam 1 kolom tapi dalam semua data

Thanks
YR

Wed Dec 5, 2012 1:53 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.

2012/12/5 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>

> **
>
>
> Pak Jan
>
> Yang saya maksud adalh dengan range semuanya tapi hanya melihat 1
> kriteria
>
> Misla kriteria A ada 4 row yang terisi
> Bukan melihat dalam 1 kolom tapi dalam semua data
>
>
> Thanks
> YR
>
>
>

Wed Dec 5, 2012 1:58 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh ternyata rujukannya ingin langsung ke seluruh data ya...
boleh deh..
seperti file terlampir.

Wassalam,
Kid.

On Wed, Dec 5, 2012 at 4:53 PM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> Coba file terlampir.
>
>
> 2012/12/5 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Pak Jan
>>
>> Yang saya maksud adalh dengan range semuanya tapi hanya melihat 1
>> kriteria
>>
>> Misla kriteria A ada 4 row yang terisi
>> Bukan melihat dalam 1 kolom tapi dalam semua data
>>
>>
>> Thanks
>> YR
>>
>>
>>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar