Sabtu, 06 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2213

15 New Messages

Digest #2213
2a
Re: Mengambil nilai mengunakan formula SUMPRODUCT by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: pake rumus sumproduct lambat ketika edit data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: A1 style versus R1C1 syle by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Looping berdasarkan angka di kolom tertentu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
MAX berkriteria by "Miftakhul Huda" huda_tsr
6b
Re: MAX berkriteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6c
Bls: [belajar-excel] MAX berkriteria by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
7a
Re: Memisahkan kata yang dipisah dengan spasi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8b
Re: Tanya: Bulan kok dianggap tanggal dan sebaliknya by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8d
Re: Tanya: Bulan kok dianggap tanggal dan sebaliknya by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri Apr 5, 2013 10:58 am (PDT) . Posted by:

"Eka Subyantara"

Pak Depi,

Ada beberapa koreksi yang diperlukan:
1. Nilai F18 harus dibulatkan agar desimalnya hilang
2. Formula pengambil angka diusulkan yang error free
3. spasi pada kata bilangan untuk memisahkan dengan ordenya.

Silakan dilihat pada lampiran.

= eka =
Berbagi itu Perlu

On 4/5/13, depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id> wrote:
> kepada YTH Master Excel,
>
> saya sedikit mendapat kendala pada saat akan membuat terbilang yang hasilnya
> sangat berbeda dengan angka rupiah yang sebenarnya, mohon bantuannya.
> terlampir.
>
> terima kasih untuk semua pencerahan yang telah disampaikan.
>
>
> salam
> Dep_Har
>
>
> --- Mods ---
> Coba jalan-jalan ke milis ke folder Files : (butuh login YahooID)
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
> kemudian unduh file bernama :
> Terbilang - Excel.zip
>
> Didalamnya ada banyak formula terbilang (tanpa VBA).
> ------------
>

Fri Apr 5, 2013 2:37 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai CW,

File terlampir menggunakan 1 kolom bantu dan 1 baris bantu. Kemudian
memanfaatkan fungsi SumIF dengan inputan dalam fungsi SumIF ini ada yang
menggunakan Index.

Bila bersedia untuk mencoba penyusunan data yang lebih berkaidah database,
bisa dilihat pada alur yang terbentuk dari beberapa sheet dengan prefix 'my'
Di Excel memang tidak akan bisa menyusun tabel data normal yang berkaidah
database, tapi setidaknya bisa disusun lebih berkaidah database. Hal ini
akan memudahkan proses migrasi data dari Excel ke suatu sistem database di
suatu saat kelak.

Penyusunan data pada sheet dengan prefix 'my' bisa diotomasi dengan VBA,
sehingga workbook tidak menyimpan formula di setiap tabelnya. Otomasi juga
bisa dilakukan mulai dari sekedar menghilangkan formula dari dalam tabel
sampai dengan penyusunan proses bisnis yang lebih terpadu sejak input
hingga output. Bahkan bisa menjaga agar benar-benar berkaidah database
meskipun bekerja dalam Excel.

Kalau ada yang salah hitung dikabari ya... bisa jadi formula yang ada
disana gak pas.

Wassalam,
Kid.

2013/4/5 cecep <cepwahyu@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Be-Exceller,****
>
> ** **
>
> Saya ingin mengambil nilai secara otomatis menggunakan rumus SUMPRODUCT,
> rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah yg akan dikirim pada week
> berapa dari umurnya yg sudah ditentukan. Misalkan barang ini diproduksi di
> week1 dan bisa dikirim setelah berumur 2 minggu maka angkanya secara
> otomatis akan muncul di week3. Karena ini digunakan untuk per-12 minggu
> maka barang yang diproduksi pada week11 akan secara otomatis muncul di
> week1 periode berikutnya.****
>
> ** **
>
> Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan contoh file-nya.****
>
> ** **
>
> Please help.****
>
> ** **
>
> Best Regards****
>
> CW****
>
> ** **
>
>
>

Fri Apr 5, 2013 2:51 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oleh Pak Cecep sudah dibuatkan thread (topik) baru disini :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24141

Wassalam,
Kid.

2013/4/5 cepwahyu <cepwahyu@gmail.com>

> **
>
>
> Saya tadi sudah email juga ke milis contoh file-nya, sy mengirim email
> dengan judul "Mengambil nilai menggunakan formula SUMPRODUCT".****
>
> Barangkali Mr. Kid bisa memberikan solusi alternatif selain sumproduct.***
> *
>
> ** **
>
> Contoh file terlampir****
>
> ** **
>
> Best Regards****
>
> *CW*
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 05 April 2013 13:59
> *To:* BeExcel
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] pake rumus sumproduct lambat ketika edit
> data****
>
> ** **
>
> ****
>
> Maaf, hanya ndak bisa membayangkan saja dengan kesibukan pencet calculate
> karena di set manual.
> Sebenarnya fungsi SumProduct tersebut digunakan untuk apa ?****
>
> Bisa jadi ada formula lain yang lebih efisien daripada perkalian array
> dalam sumproduct.****
>
> Wassalam,
> Kid.****
>
> ** **
>
> 2013/4/5 cecep <cepwahyu@gmail.com>****
>
> ****
>
> Terimakasih miss Jan atas responsenya,****
>
> Formula yg saya gunakan merujuk pada worksheet yg berbeda.****
>
> Formula yg saya gunakan sbb:****
>
>
> =SUMPRODUCT((PRODUCTION!$B$4:$B$33=DELIVERY!$B$5)*(PRODUCTION!$F$5:$F$34="del")*(PRODUCTION!$T$3:$AF$3+PRODUCTION!$D$4:$D$33=DELIVERY!Q4)*PRODUCTION!$T$5:$AF$34)
> ****
>
> ****
>
> Akhirnya saya ubah proses kalkulasinya dari automatic menjadi manual.****
>
> Sekali lagi terimakasih****
>
> ****
>
> Regards****
>
> CW****
>
> ****
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Jan Raisin
> *Sent:* 04 April 2013 14:43
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] pake rumus sumproduct lambat ketika edit
> data****
>
> ****
>
> ****
>
> coba dicek, apakah ada formula yang menggunakan iterasi, misal OffSet,
> rand, RandBeetwen dan sejenisnya? kalo ada ganti dengan formula yang lain.
> ****
>
> ****
>
> coba juga cek, apakah ada cell yang merujuk ke workbook lain? karena
> logikanya adalah begini:****
>
> merujuk ke workbook lain lebih lama prosesnya dari pada merujuk ke
> workbook yang sama****
>
> merujuk ke worksheet lain lebih lama prosesnya dari pada merujuk ke
> worksheet yang sama****
>
> ****
>
> jika masih lambat juga, coba ubah proses kalkulasi dari automatic menjadi
> manual.****
>
> ****
>
> Mungkin ada tambahan dari member yang lain.****
>
> ****
>
> Wassalam,****
>
> ****
>
> -Miss Jan Raisin-****
>
> ****
>
> Pada 4 April 2013 12.53, cecep <cepwahyu@gmail.com> menulis:****
>
> ****
>
> Dear para Be-Exceller,****
>
> ****
>
> Saya mempunyai data di sheet1 dan sheet2, nah di sheet2 saya membuat
> formula SUMPRODUCT yg datanya saya ambil dari sheet1,Masalah yg saya hadapi
> saat ini yaitu ketika saya mengedit data yg ada di sheet1 menjadi sangat
> lambat karena Calculating Process. Ini menjadi tidak efektif karena denga
> mengubah satu data saja bisa memerlukan waktu 15 sampe 30 detik.****
>
> Apakah ada rekan2 yg mengalami ini? Adakah solusinya? ****
>
> ****
>
> ****
>
> Best Regards****
>
> CW****
>
> ****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>

Fri Apr 5, 2013 3:09 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

imho,
1. Apa bedanya A1 styel dan R1C1 style di dalam worksheet?
>> Tidak ada bedanya dalam proses. Mungkin penulisan formulanya saja yang
tampaknya jadi lebih panjang. Pada formula yang panjang bisa jadi akan
menimbulkan keruwetan dalam membaca dan memahami alur si formula.
>> Kebiasaan pribadi, karena jarang mempedulikan notasi kolom dan baris
dalam menyusun formula, jadi saya lebih suka style A1 karena bisa dengan
cepat mengetahui kolom yang dirujuk diwakili oleh huruf dan bisa segera
bertemu header kolom berdasar si huruf.

2. Mana yang lebih bagus? (mungkin ukuran bagus atau tdak adalah relatif,
jadi lebih tepatnya mana yang menghasilkan hasil yang lebih akurat? )
>> Sama saja. Keakuratan tergantung cara merujuk range (pada alur proses
yang sama).

3. Alasan atau dasar untuk pertanyaan nomer 2?
>> Karena style A1 ataupun R1C1 adalah sekedar cara menotasikan suatu range.

kalo Jan umumnya menggunakan R1C1 hanya dalam VBA saja.
>> Katanya kebanyakan orang sih juga hanya pakai di VBA saja.
>> Kalau Kid tetap pakai A1.
>> Formula dalam VBA tetap disusun dalam notasi A1. Rujukan object kesuatu
object Range juga dirujuk dengan notasi A1. Jika ingin bermain dengan baris
dan kolom, maka yang digunakan adalah properti Cells. Pakai R1C1 biasanya
terpaksa kalau harus berhubungan dengan cek valid ndaknya CF yang
menggunakan opsi Use Formula dan untungnya jarang atau sebisa mungkin ndak
perlu dilakukan.
(Kid ruwet kalau lihat angka yang banyak).

:)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/5 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum wr. wb.,
>
> dear rekans dan masters..
>
> Menurut pendapat Jan pribadi, sekitar 90% solusi formula di Excel selalu
> diselesaikan dengan menggunakan A1 style, tetapi ada juga yang menggunakan
> R1C1 style.
>
> Pertanyaan Jan untuk semua, semoga menjadi tambahan ilmu untuk Jan dan
> berkah untuk yang lainnya.
>
> 1. Apa bedanya A1 styel dan R1C1 style di dalam worksheet?
> 2. Mana yang lebih bagus? (mungkin ukuran bagus atau tdak adalah relatif,
> jadi lebih tepatnya mana yang menghasilkan hasil yang lebih akurat? )
> 3. Alasan atau dasar untuk pertanyaan nomer 2?
>
> kalo Jan umumnya menggunakan R1C1 hanya dalam VBA saja.
>
> Sebelumnya terimakasih atas sharing ilmunya.
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
>

Fri Apr 5, 2013 3:18 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Jan,

"kenapa kalo Jan set nilai *quantity *menjadi 100 K scriptnya tidak bisa
jalan ya?"
>> variabel quantity-nya yang iQty ya ?
>> tipe datanya integer kan ya (prefix i biasanya untuk integer).
>> Coba diganti dengan tipedata Long, karena Integer dari -32K sekian
sampai +32K sekian

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

On Wed, Apr 3, 2013 at 5:20 PM, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>wrote:

> **
>
>
> coba script berikut:
>
> =========================================================================
> ditulis dalam sheet rencana dengan event Change
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> With Target
> If .Cells.Count = 1 Then
> If .Row = 11 And .Column = 2 Then
> .Offset(, -1).Value = 1
> ElseIf .Row > 11 And .Column = 2 Then
> .Offset(, -1).Value = .Offset(-1, -1).Value + 1
> End If
> End If
> End With
> End Sub
>
> =========================================================================
>
>
> =========================================================================
> ditulis di command button 1
>
> Private Sub cmd1_Click()
> Dim TempArray() As Variant
> Dim iQty As Integer, i As Integer, j As Integer, iCol As Integer
> Dim lRowPlan As Long, lRowAct As Long, lNbr As Long, lCount As Long,
> Nbr As Long
> Dim rngAct As Range, rngNbr As Range, rNbr As Range
> Dim sStart As Single
>
> Application.ScreenUpdating = False
> sStart = Timer
> lRowPlan = Selection.Row
> If lRowPlan <= 10 Then Exit Sub
> iQty = Cells(lRowPlan, 5).Value
> With Sheets("realisasi")
> lRowAct = .Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> Set rngAct = .Range(.Cells(lRowAct + 1, 2), .Cells(lRowAct + iQty,
> 6))
> End With
> ReDim TempArray(1 To iQty, 1 To 5)
> For i = 1 To iQty
> iCol = 2
> For j = 1 To 5
> TempArray(i, j) = Cells(lRowPlan, iCol).Value
> iCol = iCol + 1
> Next j
> Next i
> rngAct.Value = TempArray
> With Sheets("realisasi")
> lRowAct = .Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Row
> If lRowAct = 11 Then
> Cells(11, 1).Value = 1
> ElseIf lRowAct > 11 Then
> lNbr = .Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> Set rngNbr = .Range(.Cells(11, 1), .Cells(lRowAct, 1))
> Nbr = 1
> For Each rNbr In rngNbr
> rNbr = Nbr
> Nbr = Nbr + 1
> Next rNbr
> End If
> End With
> Application.ScreenUpdating = True
> MsgBox "Berhasil mengcopy " & Format(iQty, "#,###") & " data dalam
> waktu " & Format(Timer - sStart, "0,000") & " detik", _
> vbOKOnly, "Done"
> End Sub
>
>
> ======================================================================================================================
>
>
>
> ======================================================================================================================
>
> ditulis di command button 2
>
> Private Sub cmd2_Click()
> Dim lRow As Long, Nbr As Long
> Dim rngNbr As Range, rNbr As Range
>
> With Sheets("finishing")
> lRow = .Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> Range(Range("a11"), Range("a11").End(xlToRight).End(xlDown)).Copy
> .Cells(lRow + 1, 1).PasteSpecial (xlPasteAll)
> lRow = .Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> Set rngNbr = .Range(.Cells(11, 1), .Cells(lRow, 1))
> Nbr = 1
> For Each rNbr In rngNbr
> rNbr.Value = Nbr
> Nbr = Nbr + 1
> Next rNbr
> End With
> End Sub
>
>
> ===================================================================================================================
>
> sekalian Jan mau tanya ke rekan-rekan yang lain.. kenapa kalo Jan set
> nilai quantity menjadi 100 K scriptnya tidak bisa jalan ya?
>
> file terlampir
>
> Wassalam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 3 April 2013 10.41, sapicumi <sapicumi@rocketmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Selamat siang para Mastah di milis ini
>> begini mastah2 saya ada sedikit kesulitan mengenai looping yg berdasarkan
>> angka atau jumlah yg berada di kolom tertentu.... untuk lebih jelasnya
>> saya
>> lampirkan file saya trimakasih atas bantuan dan jalan keluar yg diberikan
>>
>> Looping.xlsm
>> <
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5717047/Looping.xlsm>
>>
>>
>> --
>> View this message in context:
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Looping-berdasarkan-angka-di-kolom-tertentu-tp5717047.html
>> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>>
>
>

Fri Apr 5, 2013 5:10 pm (PDT) . Posted by:

"Miftakhul Huda" huda_tsr

salam...
mau tanya, formula maxyang berkriteria bgmn ya ? misalnya seperti ini.

rudi 4
feda 1
heru 2
rudi 5
feda 2

nah biar nilai max~nya rudi muncul gmn ya ?

--- Mods ---
Untuk posting kemilis disertai lampiran, lakukan posting melalui akun email pribadi masing-masing layaknya meng-email rekan sehari-hari.
Jangan lupa untuk meluangkan waktu membaca peraturan milis, termasuk batas maksimum ukuran file yang dilampirkan.
------------

Fri Apr 5, 2013 5:12 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Huda,

coba ketik pada cell hasil
=Max( ( range_data_nama = "rudi" ) * range_data_nilai )
kemudian tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan (jangan hanya menekan ENTER
saja).

Wassalam,
Kid.

2013/4/6 Miftakhul Huda <huda.mr.bean@gmail.com>

> **
>
>
> salam...
> mau tanya, formula maxyang berkriteria bgmn ya ? misalnya seperti ini.
>
> rudi 4
> feda 1
> heru 2
> rudi 5
> feda 2
>
> nah biar nilai max~nya rudi muncul gmn ya ?
>
> --- Mods ---
> Untuk posting kemilis disertai lampiran, lakukan posting melalui akun
> email pribadi masing-masing layaknya meng-email rekan sehari-hari.
> Jangan lupa untuk meluangkan waktu membaca peraturan milis, termasuk batas
> maksimum ukuran file yang dilampirkan.
> ------------
>
>

Fri Apr 5, 2013 6:31 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

misalkan range data yang ingin dicari ada di A1:A5

maka untuk memunculkan nilai maksimal rudi adalah
 formula array
{=MAX(IFERROR(--SUBSTITUTE($A$1:$A$5;"rudi";"");""))}

akan menghasilkan nilai 5
jika rudi diganti feda akan menghasilkan 2

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Miftakhul Huda <huda.mr.bean@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 6 April 2013 7:06
Judul: [belajar-excel] MAX berkriteria


 
salam...
mau tanya, formula maxyang berkriteria bgmn ya ? misalnya seperti ini.

rudi 4
feda 1
heru 2
rudi 5
feda 2

nah biar nilai max~nya rudi muncul gmn ya ?

--- Mods ---
Untuk posting kemilis disertai lampiran, lakukan posting melalui akun email pribadi masing-masing layaknya meng-email rekan sehari-hari.
Jangan lupa untuk meluangkan waktu membaca peraturan milis, termasuk batas maksimum ukuran file yang dilampirkan.
------------

Fri Apr 5, 2013 7:12 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh iya,
Periksa dulu regional setting setempat ya
>> Jika regional setting komputer setempat adalah English, maka formulanya :
=Trim( Mid( Substitute( $a2 , " " , Rept( " " , 99 ) ) ,
(Column(a2)-1)*99+1 , 99 ) )

>> Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, maka
formulanya :
(ganti semua koma dengan titik koma)
=Trim( Mid( Substitute( $a2 ; " " ; Rept( " " ; 99 ) ) ;
(Column(a2)-1)*99+1 ; 99 ) )

Wassalam,
Kid.

2013/4/5 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Misal data di a2 dan hasil mulai b2 kekanan
> di b2 :
> =Trim( Mid( Substitute( $a2 , " " , Rept( " " , 99 ) ) ,
> (Column(a2)-1)*99+1 , 99 ) )
> copy ke kolom lain dan baris data lainnya
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/4 <tio.adjie@ptssb.co.id>
>
> **
>>
>>
>>
>> Dear BeExceller,
>>
>> Bagaimana memisahkan kata yang dipisahkan dengan spasi ? Contoh 1 kata :
>> Tio Adi Bayu Adjie menjadi 4 kolom yaitu Tio, kolom ke2 Adi, kolom ke3
>> Bayu, kolom ke 4 Adjie.
>>
>> Terima kasih,
>> Wassalam,
>> Tio
>>
>>
>
>

Fri Apr 5, 2013 7:33 pm (PDT) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Saya mempunyai sebuah table "datasiswa&quot; di microsoft access (data.accdb) yang akan saya olah di excel. saya ingin mengambil seluruh data siswa yang lahirnya antara tanggal di cell A1 dan tanggal di cell A2.
yang jadi masalah adalah tanggal dianggap sebagai bulan dan sebaliknya, bulan dianggap sebagai tanggal. contoh 1-3-2013 dianggap tanggal 3 januari 2013. tapi anehnya kalau tanggal 31-3-2013, maka dianggap sebagai 31 desember 2013. regional setting yang saya pake adalah format Indonesia.
Mohon solusi dari para master. terima kasih

Berikut kodenya:

Sub AmbilData()
Dim cn As ADODB.Connection
Dim rs As ADODB.Recordset
Set cn = New ADODB.Connection
Set rs = New ADODB.Recordset
Dim sSQL As String

cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=D:\Data.accdb;Persist Security Info=False;"
sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"& Range("A1") &"# And #"& Range("A2")" & "#"

rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic

Cells(5, 2).CopyFromRecordset rs

rs.Close
Set rs = Nothing
cn.Close
Set cn = Nothing
End Sub

Fri Apr 5, 2013 7:35 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba di range A1 dan A2 diisi dengan data yang ketika meng-entry-nya dalam
format YYYY-MM-DD
Jadi jika ingin entry A1 dengan 1 maret 2013m maka ketik di A1 :
2013-03-01

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/6 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Saya mempunyai sebuah table "datasiswa&quot; di microsoft access (data.accdb)
> yang akan saya olah di excel. saya ingin mengambil seluruh data siswa yang
> lahirnya antara tanggal di cell A1 dan tanggal di cell A2.
> yang jadi masalah adalah tanggal dianggap sebagai bulan dan sebaliknya,
> bulan dianggap sebagai tanggal. contoh 1-3-2013 dianggap tanggal 3 januari
> 2013. tapi anehnya kalau tanggal 31-3-2013, maka dianggap sebagai 31
> desember 2013. regional setting yang saya pake adalah format Indonesia.
> Mohon solusi dari para master. terima kasih
>
> Berikut kodenya:
>
> Sub AmbilData()
> Dim cn As ADODB.Connection
> Dim rs As ADODB.Recordset
> Set cn = New ADODB.Connection
> Set rs = New ADODB.Recordset
> Dim sSQL As String
>
> cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data
> Source=D:\Data.accdb;Persist Security Info=False;"
> sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"& Range("A1")
> &"# And #"& Range("A2")" & "#"
>
> rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>
> Cells(5, 2).CopyFromRecordset rs
>
> rs.Close
> Set rs = Nothing
> cn.Close
> Set cn = Nothing
> End Sub
>
>
>

Fri Apr 5, 2013 8:39 pm (PDT) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Sudah saya coba Mr tapi tetap g bisa. saya mengambil data tanggal antara 1/3/2013 dan 31/3/2013. untuk yg pertama dianggap bulan januari dan yg kedua dianggap bulan maret. tapi klu saya gnti yg prtama dg 3/1/2013, maka dianggap sebagai bln maret.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Coba di range A1 dan A2 diisi dengan data yang ketika meng-entry-nya dalam
> format YYYY-MM-DD
> Jadi jika ingin entry A1 dengan 1 maret 2013m maka ketik di A1 :
> 2013-03-01
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/6 Adi <abduhsuryadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > Saya mempunyai sebuah table "datasiswa&quot; di microsoft access (data.accdb)
> > yang akan saya olah di excel. saya ingin mengambil seluruh data siswa yang
> > lahirnya antara tanggal di cell A1 dan tanggal di cell A2.
> > yang jadi masalah adalah tanggal dianggap sebagai bulan dan sebaliknya,
> > bulan dianggap sebagai tanggal. contoh 1-3-2013 dianggap tanggal 3 januari
> > 2013. tapi anehnya kalau tanggal 31-3-2013, maka dianggap sebagai 31
> > desember 2013. regional setting yang saya pake adalah format Indonesia.
> > Mohon solusi dari para master. terima kasih
> >
> > Berikut kodenya:
> >
> > Sub AmbilData()
> > Dim cn As ADODB.Connection
> > Dim rs As ADODB.Recordset
> > Set cn = New ADODB.Connection
> > Set rs = New ADODB.Recordset
> > Dim sSQL As String
> >
> > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data
> > Source=D:\Data.accdb;Persist Security Info=False;"
> > sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"& Range("A1")
> > &"# And #"& Range("A2")" & "#"
> >
> > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> >
> > Cells(5, 2).CopyFromRecordset rs
> >
> > rs.Close
> > Set rs = Nothing
> > cn.Close
> > Set cn = Nothing
> > End Sub
> >
> >
> >
>

Fri Apr 5, 2013 8:42 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Setelah A1 dan A2 diinput dengan cara tadi,
sekarang coba baris VBA :
sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"& Range("A1")
&"# And #"& Range("A2")" & "#"
diganti menjadi :
sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #" & _
format$(Range("A1").value,"YYYY-MM-DD") & _
"# And #" & _
format$(Range("A2").value,"YYYY-MM-DD") & _
"#"

Wassalam,
Kid.

2013/4/6 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Sudah saya coba Mr tapi tetap g bisa. saya mengambil data tanggal antara
> 1/3/2013 dan 31/3/2013. untuk yg pertama dianggap bulan januari dan yg
> kedua dianggap bulan maret. tapi klu saya gnti yg prtama dg 3/1/2013, maka
> dianggap sebagai bln maret.
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> >
> > Coba di range A1 dan A2 diisi dengan data yang ketika meng-entry-nya
> dalam
> > format YYYY-MM-DD
> > Jadi jika ingin entry A1 dengan 1 maret 2013m maka ketik di A1 :
> > 2013-03-01
> >
> > Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> > Kid.
> >
> >
> >
> >
> > 2013/4/6 Adi <abduhsuryadi@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > Saya mempunyai sebuah table "datasiswa&quot; di microsoft access
> (data.accdb)
> > > yang akan saya olah di excel. saya ingin mengambil seluruh data siswa
> yang
> > > lahirnya antara tanggal di cell A1 dan tanggal di cell A2.
> > > yang jadi masalah adalah tanggal dianggap sebagai bulan dan sebaliknya,
> > > bulan dianggap sebagai tanggal. contoh 1-3-2013 dianggap tanggal 3
> januari
> > > 2013. tapi anehnya kalau tanggal 31-3-2013, maka dianggap sebagai 31
> > > desember 2013. regional setting yang saya pake adalah format Indonesia.
> > > Mohon solusi dari para master. terima kasih
> > >
> > > Berikut kodenya:
> > >
> > > Sub AmbilData()
> > > Dim cn As ADODB.Connection
> > > Dim rs As ADODB.Recordset
> > > Set cn = New ADODB.Connection
> > > Set rs = New ADODB.Recordset
> > > Dim sSQL As String
> > >
> > > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data
> > > Source=D:\Data.accdb;Persist Security Info=False;"
> > > sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"&
> Range("A1")
> > > &"# And #"& Range("A2")" & "#"
> > >
> > > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> > >
> > > Cells(5, 2).CopyFromRecordset rs
> > >
> > > rs.Close
> > > Set rs = Nothing
> > > cn.Close
> > > Set cn = Nothing
> > > End Sub
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

Sat Apr 6, 2013 12:44 am (PDT) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Yes...thanks so much Mr. Kid. smga sukses slalu...

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Setelah A1 dan A2 diinput dengan cara tadi,
> sekarang coba baris VBA :
> sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"& Range("A1")
> &"# And #"& Range("A2")" & "#"
> diganti menjadi :
> sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #" & _
> format$(Range("A1").value,"YYYY-MM-DD") & _
> "# And #" & _
> format$(Range("A2").value,"YYYY-MM-DD") & _
> "#"
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/6 Adi <abduhsuryadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Sudah saya coba Mr tapi tetap g bisa. saya mengambil data tanggal antara
> > 1/3/2013 dan 31/3/2013. untuk yg pertama dianggap bulan januari dan yg
> > kedua dianggap bulan maret. tapi klu saya gnti yg prtama dg 3/1/2013, maka
> > dianggap sebagai bln maret.
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > >
> > > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> > >
> > > Coba di range A1 dan A2 diisi dengan data yang ketika meng-entry-nya
> > dalam
> > > format YYYY-MM-DD
> > > Jadi jika ingin entry A1 dengan 1 maret 2013m maka ketik di A1 :
> > > 2013-03-01
> > >
> > > Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > Kid.
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > 2013/4/6 Adi <abduhsuryadi@>
> > >
> > > > **
> >
> > > >
> > > >
> > > > Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > > Saya mempunyai sebuah table "datasiswa&quot; di microsoft access
> > (data.accdb)
> > > > yang akan saya olah di excel. saya ingin mengambil seluruh data siswa
> > yang
> > > > lahirnya antara tanggal di cell A1 dan tanggal di cell A2.
> > > > yang jadi masalah adalah tanggal dianggap sebagai bulan dan sebaliknya,
> > > > bulan dianggap sebagai tanggal. contoh 1-3-2013 dianggap tanggal 3
> > januari
> > > > 2013. tapi anehnya kalau tanggal 31-3-2013, maka dianggap sebagai 31
> > > > desember 2013. regional setting yang saya pake adalah format Indonesia.
> > > > Mohon solusi dari para master. terima kasih
> > > >
> > > > Berikut kodenya:
> > > >
> > > > Sub AmbilData()
> > > > Dim cn As ADODB.Connection
> > > > Dim rs As ADODB.Recordset
> > > > Set cn = New ADODB.Connection
> > > > Set rs = New ADODB.Recordset
> > > > Dim sSQL As String
> > > >
> > > > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data
> > > > Source=D:\Data.accdb;Persist Security Info=False;"
> > > > sSQL = "Select * From DataSiswa Where TanggalLahir Between #"&
> > Range("A1")
> > > > &"# And #"& Range("A2")" & "#"
> > > >
> > > > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> > > >
> > > > Cells(5, 2).CopyFromRecordset rs
> > > >
> > > > rs.Close
> > > > Set rs = Nothing
> > > > cn.Close
> > > > Set cn = Nothing
> > > > End Sub
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Sat Apr 6, 2013 12:45 am (PDT) . Posted by:

"iwan kcmt" iwankcmt

Terima kasih pak Opik

data excel saya sdh bisa di buka lagi. 

terima kasih atas pencerahannya.

iwan

________________________________
Dari: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 5 April 2013 15:51
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Bagaimana cara membuka Pasword


 
Coba pakai keyword: Password Removal Excel, Recovery Password Excel, dll.
Wassalam,

________________________________
From: iwan kcmt <iwankcmt@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, April 5, 2013 6:58 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Bagaimana cara membuka Pasword


 
Slamat pagi Pak Opik

boleh tanya kalau cari di mbah google maka cari aplikasi namanya apa ya pak ?

terlalu banyak pasword dan tdk di catat maka jd lupa sendiri. 

terima kasih
iwan

________________________________
Dari: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 5 April 2013 1:52
Judul: Re: [belajar-excel] Bagaimana cara membuka Pasword


 
Dear Pak Iwan
Sebelumnya sudah coba menggunakan aplikasi lain untuk membuka belum?
Kalo belum, tidak ada salahnya untuk mencoba, mbah gugle ada banyak aplikasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi
Semoga membantu ya, trimakasih
Wassalam,

________________________________
From: iwan <iwankcmt@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, April 4, 2013 11:21 AM
Subject: [belajar-excel] Bagaimana cara membuka Pasword


 
Selamat siang Be-Excel

mohon bantuan cara membuka Excel yang terkunci pasword yg di pasang dari general option.

karena terkunci dan lupa isi dari paswordnya workbook tersebut.

apa ada cara membukanya ?

terima kasih

iwan

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar