Senin, 08 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2218

15 New Messages

Digest #2218
1a
muncul kotak dialog "Selection is too large" by "Indra Sanjaya" indradjaja80an
1b
Re: muncul kotak dialog "Selection is too large" by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: billing rental ps3 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: Memisahkan dari satu cell menjadi beberapa cell by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: menjumlahkan data sementara, menjadi grand total by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
Memperbesar Database Form yang disediakan oleh Excel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6b
Re: Monitoring Absensi dan tugas pegawai by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
manfaat macro excel tuh apa ya? by "anggrainihapsari@ymail.com" anggrainihapsari@ymail.com
7b
Re: manfaat macro excel tuh apa ya? by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7c
Re: manfaat macro excel tuh apa ya? by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
8a
Cek Nominal sama atau tidak by "lapendosol opik" lapendosol
8b
Re: Cek Nominal sama atau tidak by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
8c
Re: Cek Nominal sama atau tidak by "lapendosol opik" lapendosol

Messages

Mon Apr 8, 2013 6:44 am (PDT) . Posted by:

"Indra Sanjaya" indradjaja80an

Dear master,

Saya memiliki data sebanyak 163437 baris, ketika copy paste muncul kotak dialog "Selection is too large" sehingga tdk bs paste. Kenapa ya? 

Salam,
Indra Sanjaya.

Mon Apr 8, 2013 9:00 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Indra Sanjaya,

Biasanya karena memori yang digunakan Excel telah habis. Konon Excel
dibatasi untuk 2GB RAM (xl2007 ke atas). Dari 2GB tersebut, sebagian sudah
digunakan untuk komponen utama Excel. Sisanya untuk proses yang dilakukan
User.
Coba :
1. kurangi jumlah Workbook yang dibuka per instansi nya.
2. buka Excel baru dari windows explorer agar terbentuk instansi Excel yang
baru dan lakukan copas dari instansi lama ke instansi baru.

Kalau bingung tentang instansi, kira-kira begini :
1. Tutup semua Excel
2. Buka dari Desktop -> Start -> Excel, buka workbook yang berisi data yang
akan di-copy (160K rows x N columns tadi)
3. Buka dari Desktop -> Start -> Excel, buka workbook tujuan paste
4. Copy dari workbook nomor 2 ke workbook nomor 3

Wassalam,
Kid.

2013/4/8 Indra Sanjaya <indradjaja80an@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear master,
>
> Saya memiliki data sebanyak 163437 baris, ketika copy paste muncul kotak
> dialog "Selection is too large" sehingga tdk bs paste. Kenapa ya? [image:
> *:-/ confused]
>
> Salam,
> Indra Sanjaya.
>
>
>

Mon Apr 8, 2013 7:59 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba pelajari warisan Mbak Siti terlampir (tambah ide Histo Tbl dari Mr. Kid).
- Modifikasi Formulir input dan Formulir Edit sesuai kebutuhan anda, termasuk jumlah baris, format, data validation dan formula yang diperlukan.
  (jangan ada spasi, sel awal dan jumlah kolom (2 kolom) jangan diubah)
- Modifikasi kolom pada Sheet DATA INDUK (jumlah kolom pada Sheet Data Induk sama dengan jumlah baris pada Formulir Input) dan Histo Tbl
- Jangan ubah VBA nya

Lihat hasilnya, kalau ada kesulitan yang tidak dapat anda selesaikan silakan kirim hasil tesnya beserta permasalahan yang anda alami.

Semoga anda berhasil 

Salam,
HK

________________________________
From: "abatonji@yahoo.com" <abatonji@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 8 April 2013, 16:11
Subject: Re: [belajar-excel] billing rental ps3


 
Thanks koreksix pak hendrik...
Saya lupa buka protectx, itu file aslix langsung yg sy lampirkan.
Passx : 301206
Yg ingin sy sempurnakan form penginputanx. Sebenarx ingin buat database tapi gak tau VBA.

Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 8 Apr 2013 01:43:04 -0700 (PDT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] billing rental ps3
 
Hai Akbar,
Mungkin pernyataan menyempurnakan billing perlu diuraikan lebih lanjut.
1. Apa yang dimaksud dengan billing ?  Apakah pencatatan (seperti contoh) atau semacam nota yang diberikan kepada konsumen.

2. Apa yang ingin disempurnakan ? apakah ringkasan (output) atau format (form) untuk input.

Semakin jelas kedua hal tersebut di atas tentunya akan semakin mudah dan cepat rekan2 Be-Exceler membantu menyelesaikan masalah anda.

Salam,
HK

sekedar saran : 
contoh sheet yang diberikan sebaiknya jangan diprotect untuk memudahkan rekan2 Be-Exceler memahaminya.

________________________________
From: Akbar Gobel <abatonji@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 8 April 2013, 10:51
Subject: [belajar-excel] billing rental ps3


 
Dear Master Excel

Beberapa hari yang lalu sy membuat usaha kecil2 Rental PS3
mohon bantuan para master excel untuk menyempurnakan billing yang
sementara ini saya pergunakan.

Sy sertakan billing yang sementara ini sy gunakan dan
bentuk billing yang sy inginkan

thankz atas bantuannya

Mon Apr 8, 2013 8:43 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir mencoba dengan formula. Sepertinya si formula bisa
disederhanakan. Silakan dicoba untuk disederhanakan.
Coba juga dengan UDF SplitTeks. UDF SplitTeks juga bisa dimanfaatkan oleh
sebuah prosedur otomasi.

Wassalam,
Kid.

2013/4/8 Ubaidil Alif <ubaidilalif@gmail.com>

> **
>
>
> Selamat pagi Para Master dan Be Exceller
>
> Mohon bantuannya ni. Saya mau memisahkan data yang ada seperti di contoh
> yang saya lampirkan. Bagaimana caranya ya?
>
> Terima kasih
> Ubaidil Alif
>
>
>

Mon Apr 8, 2013 8:57 pm (PDT) . Posted by:

"summonery" summonery

Dear pak Alif,

Coba juga cara berikut ini:
1. Pada cell A2, tekan tombol F2
2. Ctrl + Home
3. Ctrl + Shift + End
4. Ctrl + C
5. Ctrl + V pada cell di sheet "data olahan"
6. Selanjutnya terserah anda (replace tanda titik dengan blank pada data yang berada di kolom B dan C mungkin,,)

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Ubaidil Alif <ubaidilalif@...> wrote:
>
> Selamat pagi Para Master dan Be Exceller
>
> Mohon bantuannya ni. Saya mau memisahkan data yang ada seperti di contoh
> yang saya lampirkan. Bagaimana caranya ya?
>
> Terima kasih
> Ubaidil Alif
>

Mon Apr 8, 2013 9:30 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Deni,

File terlampir dibantu VBA.

Wassalam,
Kid.

2013/4/8 bsi.deni <bsi.deni@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam kenal dari newbe,
>
> bisakah dalam excel menjumlahkan beberapa data (subtotal)
> sehingga menjadi grandtotal (kasuk kaya aplikasi kasir di indomart pake
> array sementara)
> misal :
> input A
> bil1 =10
> bil2 =10
> bil3 =5
> jumlah input A = 25 (nilai ini disimpan sementar)
>
> input A
> bil 1=5
> bil 2=5
> bil 3=5
> Jumlah input B =15 (nilai ini disimpan sementara)di cell lain,
> nah secara otomatis tar menjumlahkan jumlah input A + input B = 30
> terimakash
>
>
>

Mon Apr 8, 2013 6:20 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Rekan2 be Exceler,

Database Form yang disediakan Excel (terlampir) bisa digunakan sebagai Input maupun Edit Form.
Hal ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi kita yang tidak mau repot2 bikin Form serta Macronya.

Pertanyaan;
Adakah perintah Macro untuk memperbesar (seukuran layar) Database Form tersebut ?

Terima kasih.

Salam,
HK

Mon Apr 8, 2013 7:05 pm (PDT) . Posted by:

"dedy rauf"

terima kasih atas bantuannya mr. kid

saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
_dtmulai_ = baris F
_dtselesai_ = baris G
dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa terupdate
otomatis juga

namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot;
file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan
"countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..

adakah solusi untuk mengatsi ini

best regards
rauf

2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Hai Rauf,
> File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> yth para master excel
>> mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
>> dan tugas pegawai
>> inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>> tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>
>> file terlampir
>> best regard
>> rauf
>>
>
>
>

Mon Apr 8, 2013 7:54 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bisa di salinkan refers to untuk _dtID_ ?
Jika dirujuk ke seluruh baris di kolom D, maka sebaiknya dibuat yang
dinamis seperti :
=$d$1:index($d:$d,counta($d:$d))

Wassalam,
Kid.

2013/4/9 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>

> **
>
>
> terima kasih atas bantuannya mr. kid
>
> saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
> _dtmulai_ = baris F
> _dtselesai_ = baris G
> dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa
> terupdate otomatis juga
>
> namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot;
> file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan
> "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>
> adakah solusi untuk mengatsi ini
>
> best regards
> rauf
>
>
> 2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Hai Rauf,
>> File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> yth para master excel
>>> mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring
>>> absensi
>>> dan tugas pegawai
>>> inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>>> tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>>
>>> file terlampir
>>> best regard
>>> rauf
>>>
>>
>>
>
>

Mon Apr 8, 2013 8:13 pm (PDT) . Posted by:

"anggrainihapsari@ymail.com" anggrainihapsari@ymail.com

BeExceller,
kalo boleh nanya kegunaan macro excel tuh apa ya??
sy bisa di kirimkan attach contoh kegunaan macro gak? supaya bisa belajar semangat. makasih..
krn baru blajar dikit blum tau goalnya seperti apa??
trima kasih banyak

Mon Apr 8, 2013 9:01 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba jalan2 ke http://office.microsoft.com/en-001/excel-help/about-macros-in-excel-HP005201201.aspx

Kegunaannya :
- untuk otomatisasi proses (perhitungan, preview, cetak, dll)
- untuk melaksanakan hal2 yang tidak bisa dibuat secara manual

Contoh terlampir.

Salam,
HK

________________________________
From: "anggrainihapsari@ymail.com" <anggrainihapsari@ymail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 9 April 2013, 10:12
Subject: [belajar-excel] manfaat macro excel tuh apa ya?


 
BeExceller,
kalo boleh nanya kegunaan macro excel tuh apa ya??
sy bisa di kirimkan attach contoh kegunaan macro gak? supaya bisa belajar semangat. makasih..
krn baru blajar dikit blum tau goalnya seperti apa??
trima kasih banyak

Mon Apr 8, 2013 9:12 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Maaf, sebelum saya lampirkan textnya kedip2, tapi begitu lampiran di milis saya buka malah hang.

Sebaiknya contohnya disesuaikan dengan kebutuhan (jika sudah ada kebutuhan), karena yang mendorong kita untuk belajar biasanya karena adanya kebutuhan yang "mendesak";.

Salam,
HK

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 9 April 2013, 11:01
Subject: Re: [belajar-excel] manfaat macro excel tuh apa ya?


 
Coba jalan2 ke http://office.microsoft.com/en-001/excel-help/about-macros-in-excel-HP005201201.aspx

Kegunaannya :
- untuk otomatisasi proses (perhitungan, preview, cetak, dll)
- untuk melaksanakan hal2 yang tidak bisa dibuat secara manual

Contoh terlampir.

Salam,
HK

________________________________
From: "anggrainihapsari@ymail.com" <anggrainihapsari@ymail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 9 April 2013, 10:12
Subject: [belajar-excel] manfaat macro excel tuh apa ya?


 
BeExceller,
kalo boleh nanya kegunaan macro excel tuh apa ya??
sy bisa di kirimkan attach contoh kegunaan macro gak? supaya bisa belajar semangat. makasih..
krn baru blajar dikit blum tau goalnya seperti apa??
trima kasih banyak

Mon Apr 8, 2013 8:57 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Selamat siang para Master Excel,
Saya punya data seperti ini:
A4:A3806 adalah ID grup A
D4:D3806 adalah Nominal grup A
F4:F1048 adalah ID grup B
G4:G1048 adalah Nominal grup B

Tugas 1:
Apakah ID grup B (F4) cocok/ada di data ID grup A ($A$4:$A$3806)
Untuk tugas1 saya taruh di I4:I1048 dengan rumus di I4:
=IF(COUNTIF($A$4:$A$3806,F4)>0,"ADA","Tidak Ada")
Copy kebawah sampai I1048

Tugas 2:
Mencocokkan Nominal ID grup B dengan Nominal ID grup B
Untuk tugas2 saya taruh di J4:J1048
Logikanya: jika ID grup B cocok dengan ID grup A, maka periksa Nominalnya sama atau tidak
jika Nominalnya SAMA, maka beri keterangan "SAMA"
jika Nominalnya tidak sama, maka beri keterangan selisih angka dari Nominalnya (G4-Dsekian)
Untuk tugas2 saya harus pakai formula apa?

Tadinya saya mau lampirkan contoh datanya, tapi paket internetnya tidak bisa buat upload data, selalu gagal
Mohon pencerahannya
Trimakasih sebelumnya

Wassalam,

Mon Apr 8, 2013 10:19 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

File terlampir adalah sekedar ilustrasi.

Semoga membantu.

Salam,
HK

________________________________
From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 9 April 2013, 10:57
Subject: [belajar-excel] Cek Nominal sama atau tidak


 
Selamat siang para Master Excel,
Saya punya data seperti ini:
A4:A3806 adalah ID grup A
D4:D3806 adalah Nominal grup A
F4:F1048 adalah ID grup B
G4:G1048 adalah Nominal grup B

Tugas 1:
Apakah ID grup B (F4) cocok/ada di data ID grup A ($A$4:$A$3806)
Untuk tugas1 saya taruh di I4:I1048 dengan rumus di I4:
=IF(COUNTIF($A$4:$A$3806,F4)>0,"ADA","Tidak Ada")
Copy kebawah sampai I1048

Tugas 2:
Mencocokkan Nominal ID grup B dengan Nominal ID grup B
Untuk tugas2 saya taruh di J4:J1048
Logikanya: jika ID grup B cocok dengan ID grup A, maka periksa Nominalnya sama atau tidak
jika Nominalnya SAMA, maka beri keterangan "SAMA"
jika Nominalnya tidak sama, maka beri keterangan selisih angka dari Nominalnya (G4-Dsekian)
Untuk tugas2 saya harus pakai formula apa?

Tadinya saya mau
lampirkan contoh datanya, tapi paket internetnya tidak bisa buat upload data, selalu gagal
Mohon pencerahannya
Trimakasih sebelumnya

Wassalam,

Mon Apr 8, 2013 11:06 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Trimakasih mas HK, saya coba masukkan dulu ke filenya
Maaf mas, kalo udah masukin kodenya, harus pencet RUN atau cukup ditulis aja nanti jalan sendiri?

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, April 9, 2013 12:19 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Cek Nominal sama atau tidak


 
File terlampir adalah sekedar ilustrasi.

Semoga membantu.

Salam,
HK

________________________________
From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 9 April 2013, 10:57
Subject: [belajar-excel] Cek Nominal sama atau tidak


 
Selamat siang para Master Excel,
Saya punya data seperti ini:
A4:A3806 adalah ID grup A
D4:D3806 adalah Nominal grup A
F4:F1048 adalah ID grup B
G4:G1048 adalah Nominal grup B

Tugas 1:
Apakah ID grup B (F4) cocok/ada di data ID grup A ($A$4:$A$3806)
Untuk tugas1 saya taruh di I4:I1048 dengan rumus di I4:
=IF(COUNTIF($A$4:$A$3806,F4)>0,"ADA","Tidak Ada")
Copy kebawah sampai I1048

Tugas 2:
Mencocokkan Nominal ID grup B dengan Nominal ID grup B
Untuk tugas2 saya taruh di J4:J1048
Logikanya: jika ID grup B cocok dengan ID grup A, maka periksa Nominalnya sama atau tidak
jika Nominalnya SAMA, maka beri keterangan "SAMA"
jika Nominalnya tidak sama, maka beri keterangan selisih angka dari Nominalnya (G4-Dsekian)
Untuk tugas2 saya harus pakai formula
apa?

Tadinya saya mau
lampirkan contoh datanya, tapi paket internetnya tidak bisa buat upload data, selalu gagal
Mohon pencerahannya
Trimakasih sebelumnya

Wassalam,

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar