Kamis, 18 April 2013

]] XL-mania [[ Digest Number 2594

13 New Messages

Digest #2594
2a
3d
Re: Menampilkan sekelompok data dengan kriteria by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4
kopi sampai akhir by "Suwaspodo Seni mihardjo" podo8991
6
Tarik data otomatis diexcel by harry.salim1983@ymail.com

Messages

Wed Apr 17, 2013 8:14 am (PDT) . Posted by:

"JP" jhsprtm

Dear Erwin,

Mungkin jawaban ini dapat sesuai dengan harapan..

Salam Berbagi,
JPR

2013/4/12 Erwin Marfana <alysamarfana30@gmail.com>

> **
>
>
> Dear para pakar excel
>
> Mohon bantuannya terkait masalah saya.
> untuk merubah warna merah jadi hijau ketika setoran sudah dibayar.
>
> File terlampir dan mohon bantuannya.
>
>
> Terima Kasih
> alysamarfana30@gmail.com
>
>
>

Wed Apr 17, 2013 8:15 am (PDT) . Posted by:

"NANG Agus"

Dear Enemy Zone

Apakah seperti terlampir yang dimaksud?
Saya sendiri bingung membaca tabel, karena keterbatasan kemampuan saya ....
Bagaimana jika seorang anak usia 6 tahun selisih waktu 6 detik, benar 12
(norma ikut yang mana? 8 atau 6?)

Salam
Nang Agus

2013/4/11 enemy zone <enemy_zone@yahoo.com>

> **
>
>
> rekan-rekan Yth,
>
> minta bantuannya untuk membuat koreksi tes lebih cepat dengan excel.
> file terlampir.
> ada 3 worksheet: isian, norma, & hasil.
> kira-kira tahapannya begini:
> 1. tester mengisi di worksheet 'isian&#39;, nama & usia peserta tes.
> dan hasil tes utk setiap nomor: waktu, benar, & salah.
> 2. kolom 'Waktu&#39; yg diisi adalah waktu kumulatif, artinya waktu selesai no
> 1 hingga 15 (dalam menit' detik").
> Untuk mengisinya, membedakan menit & detik ditulisnya apa ya? 1 menit 15
> detik --> 01:15 kah?
> 3. kolom 'selisih waktu (detik)' perlu FORMULA excel utk menghasilkan
> detik hasil selisih waktu no tsb dgn waktu sebelumnya.
> Jadi, bila waktu no. 1= 01.05 & waktu no 2= 01.50, berarti no 2 'selisih
> waktu (detik)' = 45.
> 4. utk kolom 'benar&#39; & 'salah&#39; dihitung sendiri oleh tester.
> 5. utk interpretasi ke norma, hasil dari jumlah/total masing-masing kolom
> 'selisih waktu (detik)', 'benar&#39;, & 'salah". ini tinggal di "sum" aja kan...
> 6. worksheet 'norma&#39;, berisi tabel norma setiap usia (5, 6 & 7 thn), utk
> setiap hasil TOTAL.
>
> 7. nah hasilnya, HARUS muncul di worksheet 'hasil&#39;. utk 'nama' & 'usia'
> diambil dari worksheet 'isian&#39;.
> 8. (yang bingung), bagaimana mencocokkan usia (yg sdh diisi) dgn tabel
> norma? sehingga muncul di worksheet 'hasil&#39; yaitu nilai norma & kategorinya.
> 9. (yang bingung lagi), bagaimana memunculkan GRAFIK dgn sumbu X: no soal
> & sumbu Y: selisih waktu (dari worksheet 'isian&#39;)?
>
> bantuannya sangat dihargai sekali.
>
>
>

Wed Apr 17, 2013 8:16 am (PDT) . Posted by:

"M. Anas Mubarok"

Semoga membantu, format diambil dari mr. premor,

Salam.

Anas Mubarok

t: @AnasMubarok_

From: XL-mania@yahoogroups.com [mailto:XL-mania@yahoogroups.com] On Behalf Of Haris Rifai
Sent: Saturday, April 13, 2013 1:17 PM
To: XL-mania@yahoogroups.com
Subject: ]] XL-mania [[ Menampilkan sekelompok data dengan kriteria

Salam XL-mania.

Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan swasta. Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database yang saya buat dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui kesulitan saat melakukan reporting data, sehingga pekerjaan reporting saya lakukan dengan "manual". Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania untuk dapat membantu kesulitan saya tersebut.

Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh: Nomor Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam kriteria tersebut.

Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula semua yang masuk dalam kretia tersebut.

Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa membantu saya.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Haris.

Wed Apr 17, 2013 8:18 am (PDT) . Posted by:

"JP" jhsprtm

Dear Haris,

Saya coba menjawab kebutuhan pak Haris...
Diperlukankolom bantu (Kolom A dan Kolom B)
Selanjutnya dengan fungsi SUMPRODUCT & VLOOKUP
Silahkan lihat lampiran

Salam berbagi,
JPR

2013/4/13 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Salam XL-mania.
>
> Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan swasta.
> Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database yang saya buat
> dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui kesulitan saat melakukan
> reporting data, sehingga pekerjaan reporting saya lakukan dengan "manual".
> Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania untuk dapat membantu kesulitan saya
> tersebut.
>
> Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh: Nomor
> Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam kriteria
> tersebut.
> Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula semua
> yang masuk dalam kretia tersebut.
>
> Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa
> membantu saya.
>
> Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.
>
> Haris.
>
>
>

Wed Apr 17, 2013 8:21 am (PDT) . Posted by:

"De Premor" depremor

Dh,

Silahkan di cek lampirannya, semoga sesuai yang diharapkan.

Rgds,
De Premor

On 13/04/2013 13:17, Haris Rifai wrote:
> Salam XL-mania.
>
> Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan
> swasta. Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database
> yang saya buat dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui
> kesulitan saat melakukan reporting data, sehingga pekerjaan reporting
> saya lakukan dengan "manual". Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania
> untuk dapat membantu kesulitan saya tersebut.
>
> Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh:
> Nomor Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam
> kriteria tersebut.
> Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula
> semua yang masuk dalam kretia tersebut.
>
> Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa
> membantu saya.
>
> Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.
>
> Haris.
>

--
*Deny Premordianto
----------------------------------------------------------
ICT Department - Network & Infrastructure Division
Technical Support Area 4
* 0821-5701-1683 | de@premor.net | 2811084A
Matematika Hidup adalah mengalikan sukacita, mengurangi kesedihan,
menambahkan semangat, membagi kebahagiaan, dan menguadratkan kasih
sayang antar sesama

Wed Apr 17, 2013 8:21 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ini warisan Mbak Siti yang mirip dengan kasus anda.
Voba dipelajari.

Salam,
HK

________________________________
From: Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
To: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 13 April 2013, 13:17
Subject: ]] XL-mania [[ Menampilkan sekelompok data dengan kriteria


 
Salam XL-mania.

Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan swasta. Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database yang saya buat dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui kesulitan saat melakukan reporting data, sehingga pekerjaan reporting saya lakukan dengan "manual". Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania untuk dapat membantu kesulitan saya tersebut.

Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh: Nomor Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam kriteria tersebut.
Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula semua yang masuk dalam kretia tersebut.

Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa membantu saya.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Haris.

Wed Apr 17, 2013 8:21 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pak Haris;

File terlampir semoga sesuai harapan.

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Haris Rifai
To: XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Saturday, April 13, 2013 1:17 PM
Subject: ]] XL-mania [[ Menampilkan sekelompok data dengan kriteria

Salam XL-mania.

Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan swasta. Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database yang saya buat dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui kesulitan saat melakukan reporting data, sehingga pekerjaan reporting saya lakukan dengan "manual". Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania untuk dapat membantu kesulitan saya tersebut.

Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh: Nomor Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam kriteria tersebut.
Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula semua yang masuk dalam kretia tersebut.

Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa membantu saya.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Haris.

Wed Apr 17, 2013 8:16 am (PDT) . Posted by:

"Suwaspodo Seni mihardjo" podo8991

Rekan xl-mania
Saya punya soal pengkopian kebawah sampai habis baris yang dulu sangat mudah waktu saya kerjakan dengan makrolotus. Saya mencoba merekam pengkopian dengan makroexcel, tetapi hasilnya hanya untuk file itu saja, pada waktu jumlah baris berubah pekerjaannya menjadi tak sempurna lagi. Mohon pembelajaran dari rekan yang sudah lebih dahulu mengetahui.
Terima kasih.

Wed Apr 17, 2013 8:19 am (PDT) . Posted by:

"primas adexa" retroductionz

Dear Pak Sigit,

Bisa coba menggunakan formula berikut :
=IF($F$1-E4>=-90,($F$1-E4)*-1&" hari lg expire","")

Sedangkan warna row untuk expiry date dibawah 90 hr bisa menggunakan conditional formatting :
=$F4<>""
*File solusi terlampir

Semoga bermanfaat..

Best regards,
Primas Adexa

________________________________
From: Sigit Eko S <sigitekos@gmail.com>
To: XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Thursday, April 11, 2013 2:51 PM
Subject: ]] XL-mania [[ rumus untuk Remainder karyawan kontrak di excel


 
Dear mailing list member

saya member baru sini..
mau tanya.. 

Bisa gak excel membuat reminder untuk karyawan kontrak..
saya attach file excelnya.. 
Maaf kalo udah ditanyain.. :)

Makasih banyak

Sigit

Wed Apr 17, 2013 8:19 am (PDT) . Posted by:

harry.salim1983@ymail.com

Dear Master,

Mohon bantuan master2 excel, apakah ada cara diexcel yg bs digunakan jika sy ada data mentah, terus dari data tersebut diambilnya dalam format default kita,

Perinciannya bs dilihat di attachment terlampir

Mohon bantuan

Thanks
Harry
Sent from my BlackBerry� via Smartfren EVDO Network

Wed Apr 17, 2013 8:19 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

saya mencoba memberikan solusi yang lebih ringkas dengan hanya menggunakan satu tabel untuk menampilkan sekelompok data yang diinginkan.
jika sebelumnya dalam attachment kasus yang ditanyakan ada 2 tabel

1. tabel untuk menampilkan data siswa berdasarkan kelas yang dipilih
2. tabel untuk menampilkan data siswa berdasarkan bidang study yang dipilih

dalam solusi yang saya tawarkan ini saya hanya membuat satu tabel untuk 2 keperluan seperti  tersebut  di atas  .

 pada cell (J5) ada data validation yang berisi dua piliha tersebut
jika  salah satu sudah dipilih maka secara otomatis pada cell di sebelahnya (K5) pilihan data validadationnya akan berubah sesuai dengan pilihan pada J5 demikian pula judul kepala kolom (ke 3) pada tabel di bawahnya akan berubah tergantung pada pilihan di J5 . jika kita memilih kelas makan judul kepala akan berubah menjadi kelas demikian juga kalau yang dipilih adalah study maka akan berubah jadi study.

hal pertama yang harus dilakukan untuk solusi kasus dengan cara ini adalah memberi nama kolom pada data sumber sesuai dengan judul kolomnya ,demikian pula untuk nama kolom pada tabel hasil harus sama persis dengan tabel sumber.

formula yang digunakan ada 2 macam
untuk isian No.formula pertama ditulis  di J7
=IF(COUNTIF(INDIRECT(SUBSTITUTE($J$5;" :";""));$K$5)<ROW(1:1);"";ROW(1:1))
copy ke bawah.

untuk isian kolom lainnya formula pertama ditulis di K7 (formula array)
=IFERROR(INDEX(INDIRECT(K$6);SMALL(IF(INDIRECT(SUBSTITUTE($J$5;" :";""))=$K$5;No.);$J7));"")

copy ke kanan (kolom lainnya) dan ke bawah.

selanjutnya untuk formula pada data validation bisa dilihat langsung pada attahment.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 13 April 2013 13:17
Judul: ]] XL-mania [[ Menampilkan sekelompok data dengan kriteria


 
Salam XL-mania.

Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan swasta. Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database yang saya buat dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui kesulitan saat melakukan reporting data, sehingga pekerjaan reporting saya lakukan dengan "manual". Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania untuk dapat membantu kesulitan saya tersebut.

Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh: Nomor Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam kriteria tersebut.
Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula semua yang masuk dalam kretia tersebut.

Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa membantu saya.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Haris.

Wed Apr 17, 2013 8:22 am (PDT) . Posted by:

"You See" theroadstar

Mas Sigit,
Mungkin file terlampir dapat dijadikan pertimbangan
Salam
YouSee

________________________________
Dari: Sigit Eko S <sigitekos@gmail.com>
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 11 April 2013 14:51
Judul: ]] XL-mania [[ rumus untuk Remainder karyawan kontrak di excel


 
Dear mailing list member

saya member baru sini..
mau tanya.. 

Bisa gak excel membuat reminder untuk karyawan kontrak..
saya attach file excelnya.. 
Maaf kalo udah ditanyain.. :)

Makasih banyak

Sigit

Wed Apr 17, 2013 8:22 am (PDT) . Posted by:

"You See" theroadstar

Sdr. fachry,

Contoh terlampir mungkin bisa dimanfaatkan, semoga

YouSee

________________________________
Dari: fachry azhiez <fhaiez_90@yahoo.co.id>
Kepada: "XL-mania-owner@yahoogroups.com" <XL-mania-owner@yahoogroups.com>; "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 21 Maret 2013 20:58
Judul: ]] XL-mania [[ Cara Membuat Raport Otomatis


 
Saya baru nih di XL-mania. Ini juga pertanyaan pertama saya di sini. Semoga, status baru saya di sini tidak membuat para suhu di XL-mania 'berdiam diri' dengan masalah saya.  

Pekerjaan saya sebagai wali asrama membuat saya harus banyak bekerja dengan excel. Tetapi, apa yang saya lakukan di excel hanya seatas apa yang saya tahu saja. Hehehe... Yah, saya kadang pusing juga dengan kerja-erja di excel yang begitu rumit. Bukan main, secara berkala, saya harus melakukan pelaporan tentang keadaan anak asuh yang berjumlah kurang lebih 60 anak. Ada laporan bulanan, ada triwulan, ada persemester dan tahunan. Dan (hampir) semuanya harus pake excel. Wow, rumit, khan... Ya, itulah kesan awal saya pada excel.

Paradigma saya tentang excel berubah ketika secara tidak sengaja jalan-jalan ke xl-mania.com. Apa tuh slogannya : "malu bertanya, kerja manual". Wah, menarik ini. Nah, sebab itu, saya mencoba peruntungan nih. Siapa tau, ada yang pengen membantu saya membuat raport (laporan) secara otomatis. Setidaknya, tidak manual lagi, khan???

nAH, pertanyaan saya, (1) adakah formula, atau rumus di excel yang bisa digunakan untuk menghasilkan output otomatis dari rekap nilai. sehingga, saya tidak perlu meng-copy sheet Format Raport lalu mengisinya sesuai dengan data dari rekap nilai....

(2) apakah kita bisa membuat raport otomatis. kita hanya mengisi di rekap, lalu langsung ter-copy ke format raport????

Mohon bantuannya, ya... 

GROUP FOOTER MESSAGE
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| Merry Christmas. May God bless you and your family...             |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di :                                            |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar