Minggu, 31 Mei 2015

[belajar-excel] Digest Number 3451

3 Messages

Digest #3451
1a
2
Pembuatan Rekening Koran by "Stephanus Nusanumba"

Messages

Sat May 30, 2015 4:33 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Haidar,

File terlampir dengan vLookUp dan kawan-kawan.
Formula dasarnya :
VLOOKUP(LOOKUP(9^9,$G5:G5)-(G7>H7)*(H7>0)+"0:0:1"+G7,$B$3:$C$716,2)

Wassalam,
Kid

2015-05-30 13:00 GMT+10:00 Haidar Zen haidarlovezen@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Selamat Pagi Pakar Excel
>
> Saya mempunyai data dari system
> Mohon pencerahannya mengenai pengelompokan data setiap hari per shift.
> Mohon info formulanya untuk mencari Jumlah KWH pershiftnya
>
> terima kasih
>
> Haidar
>
>
>

Sat May 30, 2015 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"Stephanus Nusanumba"

Dengan hormat,Mohon saya dibantu pembuatan Rekening koran ( menampilkan transaksi ) data pada sheet "kas" dibuat pada sheet yang berbeda (sheet baru) dan pada sheet " Laporan" juga dibuat pada sheet yang berbeda (sheet baru). Keduanya dibuat dengan menggunakan kriteria " Tanggal".Demikian, terima kasih atas bantuannya.

Salam
Steven Nusanumba

Ende - Nusa Tenggara Timur

Sat May 30, 2015 11:52 pm (PDT) . Posted by:

alkenanurani

Hello Mr.


Terima kasih sudah banyak bantu saya. pengetahuan excel saya semakin bertambah.
Kali ini saya mau tanya.
Saya punya suatu workbook yang isinya 50sheet.
saya ingin ketika saya mengganti data pada sheet-sheet tsb. terjadi perubahan warna atau keterangan lain.
yang menandakan bahwa sheet tsb sudah saya update datanya (copy paste data).
sehingga tidak ada yang tertinggal (belum di paste data terbaru atau di paste dua kali.
bagaimana caranya mister.
butuh pencerahan.


Terima kasih
Wassalam
Nurani
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
READ MORE....

Sabtu, 30 Mei 2015

[belajar-excel] Digest Number 3450

14 Messages

Digest #3450
1a
add in tidak bisa diakses/error add in by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
2a
Re: Rumus Total Harga [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Point nilai tertinggi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Membatasi inputan koma [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5b
7a
Re: Mengisi data menggunakan form [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9a
Tanya Pengelompokan data Per Shift by "Haidar Zen" haidarlovezen

Messages

Fri May 29, 2015 3:01 am (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Dear BeExceller,
Saya ada add in, tetapi waktu saya gunakan tidak bisa jalan, malah yang muncul add in cannot access atau error add in. bagaimana ya mengatasinya. Biasanyakan dari excel options-- add in -- go -- browse add in. tetapi ini tidak berhasil ya timbul error itu tadi.
terlampir gambar dimaksud.
mudah2an ada solusinya.
terima kasih,
ASL





Fri May 29, 2015 5:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Cari file addin yang baru saja... (unduh ulang, minta ulang, copy ulang,
atau apa saja caranya deh)
File addin tersebut tampaknya corrupt..

2015-05-29 19:46 GMT+10:00 Ahmad Syaifullah Lubis syaifullah@hotmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear BeExceller,
> Saya ada add in, tetapi waktu saya gunakan tidak bisa jalan, malah yang
> muncul add in cannot access atau error add in. bagaimana ya mengatasinya.
> Biasanyakan dari excel options-- add in -- go -- browse add in. tetapi ini
> tidak berhasil ya timbul error itu tadi.
> terlampir gambar dimaksud.
> mudah2an ada solusinya.
> terima kasih,
> ASL
>
>
>

Fri May 29, 2015 4:08 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Zulfikar,

Dengan tabel daftar harga yang kurang sederhana buat Excel seperti
demikian, maka array formulanya akan menjadi rumit.
Andai bersedia menyusunkan tabel daftar harga yang sederhana buat Excel,
maka formulanya akan lebih sederhana.

File terlampir (mumpung boleh buka Excel)

Wassalam,
Kid

2015-05-29 12:57 GMT+10:00 Zulfikar N zulfikar_route66@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master,
> Mohon bantuannya untuk kasus saya terlampir, rencananya saya akan membuat
> tools sederhana untuk melihat total harga barang jika saya input di kolom
> kuantiti barang sesuai orderan pelanggan akan terakumulasi total harganya.
>
> Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di file terlampir.
> Terima kasih,
> salam
>
> Zulfikar
> Palopo, Sulsel
>
>
>

Fri May 29, 2015 4:10 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File lampirannya yang berisi formula : (aji mumpung...)
=IF(MOD(E$6,7)>1,IF(COUNTIFS('input absen '!$B$2:$B$551,$B7,'input absen
'!$D$2:$D$551,TEXT(E$6,"m/d/yyyy"),'input absen
'!$I$2:$I$551,"?*"),LOOKUP(2,1/(('input absen '!$B$2:$B$551=$B7)*('input
absen '!$D$2:$D$551=TEXT(E$6,"m/d/yyyy"))),'input absen
'!$I$2:$I$551),1),"-")

2015-05-29 19:37 GMT+10:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:

> Hai Doner,
>
> Mungkin begini : (tanpa kolom bantu dan moga-moga ndak ada yang kliru)
> [range hasil di E7]
> =IF(MOD(E$6,7)>1,IF(COUNTIFS('input absen '!$B$2:$B$551,$B7,'input absen
> '!$D$2:$D$551,TEXT(E$6,"m/d/yyyy"),'input absen
> '!$I$2:$I$551,"?*"),LOOKUP(2,1/(('input absen '!$B$2:$B$551=$B7)*('input
> absen '!$D$2:$D$551=TEXT(E$6,"m/d/yyyy"))),'input absen
> '!$I$2:$I$551),1),"-")
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2015-05-28 19:35 GMT+10:00 Doner santoso donersantoso@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear suhu dan sepuh sepuh excel
>>
>> Selamat siang,
>>
>> Dikarenakan saya kerjanya hanya seputar penggajian dan adminitrasi
>> HRD maka maafkan jika tentang hal hal itu saja yang saya tanyakan.
>> jangan bosan ya.. hee
>>
>> Dear suhu dan sepuh sepuh excel tolong di bantu bagaiman membuat
>> tabulasi absen atomatis ( file terlampir)
>> Dengan ketentuan
>>
>> 1. Mengacu kepada " input absen " kolom G dan atau H , jika ada
>> jam kerja maka pada tabulasi di beri kode 1 sesusai tanggal
>> tersebut
>> 2. Sabtu dan minggu adalah libur jadi diberi tanda " - " ( tanda
>> setrip saja)
>> 3. Jika ada tertulis pada " input absen" kolom G tertulis A, CT,
>> S, C, CH, D, CB, CM, CP maka pada tabulasi sama
>>
>> oh iya kalau bisa jangan pakai macro & array ya
>>
>> Mohon dibantu ya rekan rekan , karena saya lagi semangat mangatnya
>> kerja makanya banyak Tanya
>>
>> Terimakasih
>> DS
>>
>>
>>
>
>

Fri May 29, 2015 4:13 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File lampiran dari formula (bukan array formula ya) :
=MAX( *Index(* ($A$2:$A$10=A14) * $D$2:$D$10 *, 0 )* )

2015-05-29 19:06 GMT+10:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:

> Pinjam formulanya ya, Pak HK,
>
> Formula :
> =MAX(IF($A$2:$A$10=A14,$D$2:$D$10))
> adalah sebuah array formula.
> Formula tersebut berisi banyak komputasi.
> Array formula ditulis tanpa {} lalu di Enter dengan CTRL SHIFT ENTER
>
> Pada kasus ini, berdasar formula Pak HK di atas, bisa diubah menjadi :
> (tetap sebagai array formula)
> =MAX( ($A$2:$A$10=A14) * $D$2:$D$10 )
>
> Andai enggan meng-enter-nya sebagai array formula alias harus menekan CTRL
> SHIFT ENTER, maka bagian :
> ($A$2:$A$10=A14) * $D$2:$D$10
> bisa diproses oleh fungsi Index menjadi berbentuk :
> *Index(* ($A$2:$A$10=A14) * $D$2:$D$10 *, 0 )*
> Berarti, bunyi formula utuhnya menjadi : (bukan array formula lagi alias
> di-enter dengan tombol ENTER saja)
> =MAX( *Index(* ($A$2:$A$10=A14) * $D$2:$D$10 *, 0 )* )
> *** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
> karakter koma dalam formula menjadi titik koma
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
> On Thu, May 28, 2015 at 8:30 PM, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Hai Hendry,
>> Ketik =MAX(IF($A$2:$A$10=A14,$D$2:$D$10)) pada sel B14 dan akhiri dengan
>> menekan tombol Ctrl Shift Enter sekaligus --> maka di formula bar akan
>> tampak *{*=MAX(IF($A$2:$A$10=A14,$D$2:$D$10))*}*....
>> Tanda *{ }* ditulis oleh komputer bukan diketik.
>>
>> Lalu copy ke bawah.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>> ------------------------------
>> *From:* "hendrymahmud@yahoo.com [belajar-excel]" <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Thursday, 28 May 2015, 16:00
>> *Subject:* [belajar-excel] Point nilai tertinggi [2 Attachments]
>>
>>
>> ‎Mohon bantuannya,
>> Bagaimana caranya / formulanya pada kolom "Point nilai tertinggi", dimana
>> akan muncul "Total Point" sesuai dengan Kategorinya masing-masing.
>> Terlampir contohnya,
>> Terima Kasih atas bantuannya.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Fri May 29, 2015 4:32 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Emilia,

Pada file terlampir, userform UAW, textbox bernama tsimple dibuatkan event
bernama KeyDown dan diisi dengan baris-baris kode berikut :
Select Case KeyCode 'berdasar nilai dalam variabel keycode (input
parameter si prosedur event
Case 8, 48 To 57 'kalau nilainya 8 (BACKSPACE), 48 (angka 0) to
(sampai) 57 (angka 9)
'do nothing 'ngelamun aje
Case Else 'kalau selainnya (selain yang disebut di atas)
KeyCode = 0 'nilainya keycode diset 0 (tidak ada
keyboard yang dipencet)
End Select 'selesai cek berdasar keycode

Untuk control yang lainnya bisa disusun sendiri kan ya.... ;)

Wassalam,
Kid

2015-05-29 13:53 GMT+10:00 Emilia Yulisita emilia.yulisita@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Selamat siang,
>
> Saya baru saja belajar VB dan masih kebingungan.
> Saya ingin menanyakan bagaimana agar inputan berupa karakter koma (,)
> tidak dapat diproses dan muncul pop up pemberitahuan. Saya menggunakan
> function isNumeric agar karakter selain angka tidak bisa diproses,
> tetapi angka dengan tanda koma ternyata masih bisa diproses. berikut
> saya lampirkan sourcode yang saya maksud.
>
> Terima kasih atas tanggapannya. :)
>
>

Fri May 29, 2015 10:50 am (PDT) . Posted by:

"Toby kenzo" tobykenzo

Dear Emilia,

Mungkin file ini bisa membantu.

TerimaKasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

Fri May 29, 2015 7:44 pm (PDT) . Posted by:

"Emilia Yulisita"

Terimakasih atas tangapapannya, Mr Toby :)

Fri May 29, 2015 5:02 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Fajar,

File terlampir.

1. satu
Tabel data bisa diperoleh langsung dari SQL Server melalui fitur Get
External Data melalui 1 bijik koneksi data.
Pivot tabel bisa diperoleh langsung dari SQL Server melalui fitur Get
External Data melalui 1 bijik koneksi data.
Jadi, jika butuh tampilan interface berupa tabel dan juga pivot table, maka
dibutuhkan 2 bijik koneksi data yang sama definisinya.
Get External Data akan membuat tabel data maupun pivot table menjadi lebih
dinamis mengikuti record data yang ada di sumber data yang dikoneksi. Dalam
kasus ini, berarti mengikuti record data yang ada dalam SQL Server

> Fitur Get External Data ada di coretan yang dimulai dari sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
.

>Ada juga contoh dan coretan yang khusus tentang koneksi data ke SQL
Server, yaitu dalam file yang ada disini
<https://app.box.com/s/of8ldlg3prn8netno7h60614igtlilj0>. Untuk kegiatan
pengambilan data dari SQL Server, bisa dilihat di file xlOFace.xlsm,
khususnya pada sheet WithoutVBA

2. dua
Tabel data yang dibentuk menjadi sebuah Excel Table melalui fitur Excel
Table (hasil Get External Data yang diset outputnya berupa tabel akan
menghasilkan sebuah Excel Table), bisa menjadi data source bagi Pivot table
dengan menyebut nama Excel Table-nya. Hal ini akan membuat pivot table
menjadi dinamis mengikuti jumlah record data dalam Excel Table yang dirujuk
di data source pivot table.

3. tiga
> Baris kode untuk me-refresh all sebuah workbook :
thisworkbook.refreshall
> Baris kode untuk membuat workbook baru :
workbooks.add
> Baris kode untuk meng-copy suatu range ke workbook lain di sheet tertentu
range tertentu :
workbooks("nama workbook asal").sheets("sumber").range("alamat
salin").copy _
workbooks("nama workbook
lain").sheets("tujuan").range("alamat paste")
> milis punya blog yang juga membahas tentang VBA yang dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>.

Wassalam,
Kid

2015-05-29 16:35 GMT+10:00 Fajar Fatahillah fajar.fatahillah@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master Excel,
> Mohon bantuannya,
> saya ada kasus, mudah-mudahan para master punya ide dan solusinya.
> Saya punya satu workbook yang berisi data dan pivot,
> sheet data berisi data source yang digenerate dari data sql server,
> kemudian dibuat pivotnya di sheet pivot.
> Data source ini akan bertambah setiap harinya setelah digenerate manual,
> dan pivotnya harus di refresh manual.
> Yang saya tanyakan, adakah satu tombol formula/macro yang bisa
> menggenerate dan refresh secara bersamaan? dan tombol tersebut dapat
> membuat workbook baru yang berisi value dari sheet pivot tersebut.
> contoh file terlampir.
> terima kasih
>
> Best Regards,
> Fajar Fatahillah
>
>
>

Fri May 29, 2015 5:35 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Danny,

File terlampir.

1. Saya mengalami kendala dalam menentukan kode VBA. Jadi saya ingin
mengisi data lewat form, setelah saya mengisi lewat form, data itu tidak
terisi sesuai dengan letaknya.
> Coba lebih teliti dalam memilih listindex milik combobox yang mana yang
akan diletakkan pada bagian inputan offset di sisi row dan column dan
berapa nilai offset yang dibutuhkan disisi tersebut (row atau column
tersebut)

2. Apakah ada kode VBA Row berwarna ‎yang bisa berjalan di semua sheet
tanpa harus mengopi kodenya di semua sheet? (kode tertera di file)
> Pindahkan (bukan Copy) baris kode yang ada dalam event selection change
sheet tersebut ke Excel object module bernama ThisWorkbook pada event yang
sama, yaitu selection change milik sheet

Wassalam,
Kid

2015-05-28 11:21 GMT+10:00 danny_06791@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> 1. Saya mengalami kendala dalam menentukan kode VBA. Jadi saya ingin
> mengisi data lewat form, setelah saya mengisi lewat form, data itu tidak
> terisi sesuai dengan letaknya. Mohon bantuannya...
>
> 2. Apakah ada kode VBA Row berwarna ‎yang bisa berjalan di semua sheet
> tanpa harus mengopi kodenya di semua sheet? (kode tertera di file)
>
>
>
>

Fri May 29, 2015 5:40 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Nur Hudaya,

Tentang :
0. saya lampirkan file sederhana yang sudah saya buat
> Sebaiknya file lampirannya disusulkan. Jangan lupa untuk berusaha menjaga
ukuran file maksimal 250KB.

1. Saya berusaha membuat formula data kayu tebangan per
batang//panjang/m3/tanggal angkut
> Sebaiknya dalam file lampiran (lihat nomor 0) disertakan contoh hasil
hitung manualnya

2. saya belum bisa memindahkan data kayu yang ketika row/cell di centang
secara otomatis pindah ke sheet lain yang berarti kayu tersebut sudah
diangkut dari hutan ke tempat penimbunan
> Biasanya, data dasarnya cukup diperi kolom status sudah diangkut atau
belum, yang diangkut berapa banyak
> Kemudian di sheet lain disusun suatu output tentang penimbunan dan
sebagainya dari tabel data dasar tadi. Hal ini bisa dilakukan dengan
formula (seperti array formula filtering) atau mungkin bisa dengan pivot
table (andai layout nya tidak baku atau membutuhkan suatu tabel antara).

Wassalam,
Kid

2015-05-28 16:21 GMT+10:00 Nur Hudaya nhudaya76@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Saya seorang pemula pengguna excel, mohon bantuan :
> 1. Saya berusaha membuat formula data kayu tebangan per
> batang//panjang/m3/tanggal angkut
> 2. saya belum bisa memindahkan data kayu yang ketika row/cell di centang
> secara otomatis pindah ke sheet lain yang berarti kayu tersebut sudah
> diangkut dari hutan ke tempat penimbunan
> sementara itu mohon bantuannnya.
> saya lampirkan file sederhana yang sudah saya buat
>
> --- Mods ---
> File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari email. Penanya
> dipersilahkan mengirim ulang file lampiran yang diusahakan maksimal 250KB
> dengan cara me-reply email ini.
> ---------------
>
>
>

Fri May 29, 2015 8:11 pm (PDT) . Posted by:

"Haidar Zen" haidarlovezen

Selamat Pagi Pakar Excel
Saya mempunyai data dari systemMohon pencerahannya mengenai pengelompokan data setiap hari per shift.Mohon info formulanya untuk mencari Jumlah KWH pershiftnya
terima kasih
Haidar

Fri May 29, 2015 9:31 pm (PDT) . Posted by:

"Toby kenzo" tobykenzo

Dear Haidar,

Mungkin file ini bisa mambantu.

TerimaKasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
READ MORE....