Senin, 13 Agustus 2012

[belajar-excel] Digest Number 1727

15 New Messages

Digest #1727
2a
Re: Fw: [belajar-excel] Assalamu Alaikum by "syarief makassar" syarief_makassar
4a
buka file selalu muncul di sheet-1 by "Fendi S" fendis@rocketmail.com
4b
Re: buka file selalu muncul di sheet-1 by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
4d
Re: buka file selalu muncul di sheet-1 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5a
Re: Rumus Filter Data Banyak Kriteria by "sin.ur4t@yahoo.com" sin.ur4t
5b
Re: Rumus Filter Data Banyak Kriteria by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
5d
6a
latihan macro lagi (membuat SUB TOTAL secara acak) by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6c
7
1 file excel dipakai beberapa user by "daniel_aho" daniel_aho

Messages

Sun Aug 12, 2012 11:26 pm (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

kelihatannya untuk pertanyaan yang ini belum ada yang menanggapi.. saya
coba bantu sebisa saya dulu ya pak..

Coba aktifkan Automatic Link Update, fitur ini berfungsi untuk memeriksa
jika link data pada worksheet tidak valid atau broken link, --terjadi
karena data dihapus, dipindah ke folder lain, dsb-- maka user diminta untuk
menunjuk file yang menjadi rujukan, tampilannya mirip dengan saat user
akan membuka atau menyimpan file.

Pada saat fitur ini aktif maka user akan dihadapkan pada 2 pilihan, akan
melakukan update link atau tidak. Jika user memilih untuk tidak
meng-update maka nilai terakhir saat workbook disimpan yang akan
ditampilkan, tetapi jika user memilih untuk meng-update link maka otomatis
Excel akan membuat link baru untuk menggantikan link yang lama, dalam hal
ini user hanya tinggal memilih nama filenya saja.

Untuk mengkatifkan / menonaktifkan fitur ini bisa dilakukan sbb:

Excel 2002/2003 : Tools >> Option >> Edit >> Ask to update automatic links
Excel 2007/2010 : Excel Option >> Advanced >> General >> Ask to update
automatic links

Jika user tidak ingin mengaktifkan fitur ini tetapi ingin Excel mencari
sendiri workbook yang dipindah.. *mungkin* hanya bisa dilakukan dengan
menggunakan macro.. *mungkin ya pak.*. karena saya sendiri juga sedang
belajar macro jadi belum pasti bisa atau tidaknya

wassalam,

-dwint-

Pada 9 Agustus 2012 03:30, Amril Hakim <gueamril@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Halo semua para BeExceler
>
> ada yang mau saya tanya..boleh tidak
> membuat link otomatik (refer) dalam beberapa sub folder dalam menggunakan
> excel.
> Maksud saya file excel akan
> merefer file excel lain, namun dalam sub folder. Nah jika di move tidak
> akan
> merubah link dengan kata lain link untuk refer file dalam sub folder itu
> otomatis berubah sendiri.
>
> Saya menggunakan link refer satu folder
> jika di move, tetap masih bisa berfungsi, nah jika dalam beberapa sub
> folder
> bertingkat, file excel tidak dapat me refernya.
>
> Terimakasih
> atas jawabannya.
>
>

Mon Aug 13, 2012 12:36 am (PDT) . Posted by:

"syarief makassar" syarief_makassar

Sebelumnya saya mohon maaf buat seluruh forum karena telah membuat gaduh, sebenarnya saya melontarkan masalah ini karena saya sudah pernah punya aplikasi yang sama tetapi tidak pakai excel tetapi resikonya kalau error kami susah untuk memperbaiki dan kalau tidak salah sudah puluh aplikasi yang kami pakai tetapi pada akhirnya error dan tidak bisa di perbaiki lagi karena pemilik aplikasi itu menghilang olehnya kami berharap di forum excel ini kami bisa mendapat solusi kami karena mengingat excel sangat umum di gunakan. sekali lagi mohon maaf atas ke tidak nyamanan ini.

--- On Tue, 8/7/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Subject: Fw: [belajar-excel] Assalamu Alaikum
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Tuesday, August 7, 2012, 2:53 AM

 

Sedikit urun rembug, apa yang dibutuhkan Pak Syarief mungkin tidak bisa diselesaikan dengan menggunakan "program" yang sudah ada (standard) melainkan harus dibuat secara khusus (tailor made) dan biasanya membutuhkan waktu cukup lama (minimal dalam hitungan bulan).
Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah jika menggunakan banyak link formula maka kerja excel akan semakin berat, sedangkan jika menggunakan VBA membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuatnya.
Jadi menurut pendapat saya, Excel adalah alternatif terakhir.
Salam,Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 7 August 2012, 16:11
Subject: Re: [belajar-excel] Assalamu Alaikum


 

Seluruh pembicaraan mengenai Excel diperbolehkan dalam milis kecuali yang sudah ditegaskan dalam peraturan milis.
Untuk kegiatan bisnis antar meber, harus dilakukan melalui jalur pribadi.
Thread ini diijinkan karena masih mencakup pembahasan tentang Excel dan terbuka kemungkinan ada member yang mau berbagi aplikasi gratis.

Jika akan diarahkan keurusan bisnis, silakan melalui jalur pribadi.

Wassalam,
Kid.

2012/8/7 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>

Hello Pak Syarief,Maaf Pak, milis ini untuk belajar excel.Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada pakar yang menjual aplikasi excel,tetapi dilarang beriklan di milis.Mungkin Japri saja.

Bagaimana mods menanggapi hal ini?
-- Regards,
M.ADE ALFARID

On Tue, 07 Aug 2012 15:22:44 +0700, syarief makassar <syarief_makassar@yahoo.com> wrote:

> Kepada Para Pakar EXCEL kami sangat membutuhkan Buku kas umum dari

> aplikasi EXcel karena kami menganggap excel lebih di kenal oleh para
> staf. adapun bentuk keluaran  : 1. Buku Kas Umum, 2. Buku Pembantu
> Utama (BP Kas, BP UM Perjadin, BP UP, BP Ls Bendahara, BP Pajak dan BP

> Lain-lain), 3. Buku Pembantu Pendukung (BP Tunai, BP Bank, BP Kuitansi
> UP, BP LS, BP Pagu), 4.
> Laporan Utama ( Berita Acara Pemeriksaan dan Rekonsiliasi, Pengawasan
> Anggaran, Laporan Pertanggung Jawaban,   Berita Acara Pemeriksaan dan

> Serah Terima), 5. Laporan Pendukung (Lap. Realisasi In/Out, Lap.
> Bulanan Realisasi, Lap. Akun yg Realisasi).
> kepada para pakar yang sudah memiliki kami mohon untuk menghubungi kami
> kalau bisa dengan waktu yang tidak terlalu lama.

>

Mon Aug 13, 2012 12:37 am (PDT) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Dear Mr. Kid,
Maksud saya dengan kata 'akses' nya : display / menampilkan / menunjukkan record (baris) dimana data ortu itu ada pada dbase Parents ketika 'nama orang tua' pada dbase Children nya di klik gitu.. jadi (dalam pikiran saya) kalo di klik 'nama orang tua' pada db Children, sheet dbase parentsnya kebuka dan langsung tertuju pada data orang tua yang dimaksud..

kira2 itu memungkinkan gak ya? Makasih sebelumnya banyak2 Mr. Kid...

 
Salam,
Teti.

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 11, 2012 3:02 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?


 
Oh begitu ya...
Mungkin butuh VBA kali ya...
Tapi,
pada kondisi data yang banyak kolom dan banyak baris tidak berurutan,
maksud dari kata 'akses' dalam kalimat ini bagaimana :
>> "ketika meng-klik data 'Nama orang tua' di sheet 1 (dbase_Children) akan bisa mengakses data orang tua dimaksud pada sheet 2 (dbase_Parents) ."
>> "data masing-masing orang tua tersebut tetap bisa langsung diakses dari sheet 1 (dbase_Children) sesuai dengan nama dari orang tua si anak masing-masing?"

Coba sertakan contoh kerja manualnya yang runut ceritanya, misal
>> saya klik nama si ini di sini nih, nanti di sheet sebelah jadi begini nih.
>> dst...

Wassalam,
Kid.

2012/8/11 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>


>Dear Mr. Kid,
>Thanks untuk balasannya,, uda berhasil..
>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??
>
>Makasih banyak sebelumnya ...
>
>
>

>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Thursday, August 9, 2012 3:37 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?
>
>
>

>Klik cell I4 (hanya cell ini saja)
>tulis formulanya dan jangan tekan ENTER
>tapi tekan tombol-tombol ini bersamaan :
>CTRL       SHIFT        ENTER
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/8/9 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Hi Mr. Kid,
>>Thanks untuk pencerahannya,
>>Saya masih pemula benar dengan excel,, tadi maksudnya penulisan formulanya di kolom mana? saya coba menuliskan formula tersebut pada dbase_Parents di kolom 'Name' record pertama
>>tapi koq setelah tekan CTRL   SHIFT   ENTER, muncul pesan 'Multi-cel array formulas are not allowed in tables' ?
>>
>>
>>Mohon maaf jk merepotkan,, tapi saya pengen banget belajar ini.. makasih banyak sebelumnya...
>> 
>>Salam,
>>Teti.
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Thursday, August 9, 2012 1:48 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?
>>
>>
>>
>> 
>>Hai Teti,
>>
>>Pada sheet parents :
>>Coba pada kolom i record pertama diberi array formula berikut : (tulis formula dan jangan tekan Enter, tetapi tekan CTRL   SHIFT   ENTER bersamaan)
>>=IFERROR(INDEX(Table3[Name],SMALL(IF((Table3[Nama Orang Tua]=$D4)*(Table3[Village]=$C4),Table3[No]),COLUMN()-COLUMN(dbase_Parents!$H$3))),"")
>>kemudian copy ke kolom lain.
>>
>>Lakukan juga untuk sheet children dengan fungsi vlookup (kecuali jika orang tua bisa lebih dari 1, maka gunakan array formula di atas dengan menyesuaikan rujukan range-nya).
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>2012/8/9 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Dear master Excel,,
>>>Saya punya data responden pada sheet yang berbeda (terlampir).
>>>
>>>
>>>Sheet 1 (dbase_Children) memiliki relasi dengan sheet 2 (dbase_Parents) yakni pada kolom 'Nama orang tua' .
>>>
>>>Apakah memungkinkan jika di sheet 1 (dbase_Children) dibuat link dengan sheet 2 (dbase_Parents) dimana masing-masing data anak terhubung dengan data orang tuanya masing2.. sehingga ketika meng-klik data 'Nama orang tua' di sheet 1 (dbase_Children) akan bisa mengakses data orang tua dimaksud pada sheet 2 (dbase_Parents).
>>>
>>>Jika memungkinkan, bagaimana caranya ?
>>>
>>>Atau ada ide lain sehingga data masing-masing orang tua tersebut tetap bisa langsung diakses dari sheet 1 (dbase_Children) sesuai dengan nama dari orang tua si anak masing-masing?
>>>
>>> 
>>>Terimakasih banyak sebelumnya ...
>>>
>>>Salam,
>>>Teti.
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Mon Aug 13, 2012 12:37 am (PDT) . Posted by:

"Fendi S" fendis@rocketmail.com

Salam exceller..
Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk, bagaimana caranya agar setiap membuka file excell selalu yang terbuka adalah sheet-1, meskipun waktu menutupnya di sheet lain. terima kasih atas bantunnya.  

Mon Aug 13, 2012 12:46 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Coba lihat :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/16391

Ganti nama sheet "Menu" dengan angka 1
Save as file dengan ekstensi .xls atau .xlsm atau .xlsb

Wassalam,
Kid.

2012/8/13 Fendi S <fendis@rocketmail.com>

> **
>
>
> Salam exceller..
> Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk, bagaimana caranya agar setiap membuka
> file excell selalu yang terbuka adalah sheet-1, meskipun waktu menutupnya
> di sheet lain. terima kasih atas bantunnya.
>
>
>

Mon Aug 13, 2012 12:47 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

Pak Fendi,

coba manfaatkan event Open pada workbook

caranya:
1. pada VBE Editor dobel klik ThisWorkbook,
2. Pada Code editor pilih Workbook, lalu pada Event pilih Open
3. masukkan 2 baris kode yang berwarna merah ini, sehingga hasil akhirnya
adalah sbb:

Private Sub Workbook_Open()
Worksheets("Sheet1").Activate
Cells("A1").Select
End Sub

Pada saat file dibuka akan langsung menampilkan Sheet1, dan memilih cell A1

wassalam,

-dwint-
Pada 13 Agustus 2012 08:28, Fendi S <fendis@rocketmail.com> menulis:

> **
>
>
> Salam exceller..
> Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk, bagaimana caranya agar setiap membuka
> file excell selalu yang terbuka adalah sheet-1, meskipun waktu menutupnya
> di sheet lain. terima kasih atas bantunnya.
>
>

Mon Aug 13, 2012 12:58 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Copy Macro ini di Module
Sub Auto_Open()
    Sheets("Sheet1").Select
End Sub

atau

Private Sub Workbook_Open()
    Sheets("Sheet1").Select
End Sub
di Workbook

setelah anda menekan F11.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Fendi S <fendis@rocketmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 13 August 2012, 8:28
Subject: [belajar-excel] buka file selalu muncul di sheet-1


 
Salam exceller..
Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk, bagaimana caranya agar setiap membuka file excell selalu yang terbuka adalah sheet-1, meskipun waktu menutupnya di sheet lain. terima kasih atas bantunnya.  

Mon Aug 13, 2012 1:13 am (PDT) . Posted by:

"sin.ur4t@yahoo.com" sin.ur4t

Maaf pak dwint, ternyata bpk jg sdh prnh bikin contoh yg mirip dgn arahan ctv, nama filenya "dwint_Data Validasi + Fungsi Array" Di file contoh itu kriterianya 1 (mobil)..
=Small(if(data="mobil";row());row()) ..
Lalu rumus pasangannya adlh =iferror(offset($A:$3;E3;0;;);"") ..

Bisakah jika kriterianya lbh dari 1, dan bgmn caranya?? Trims sblmnya pak. :)

Salam,
Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 12 Aug 2012 23:13:14
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria

coba buat sebuah modul, dan isi dengan code sbb:

Option Explicit

Sub FilterData()
Dim Nama As Range
Dim brs As Integer

brs = 21
Worksheets("Data").Range("B4").Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown)).Select
For Each Nama In Selection
If Nama.Offset(0, 1) = Range("C14").Value Then
If Nama.Offset(0, 2) < Range("C15").Value Then
If Nama.Offset(0, 3) < Range("C16").Value Then
Cells(brs, 1).Value = Nama.Offset(0, -1).Value
Cells(brs, 2).Value = Nama
Cells(brs, 3).Value = Nama.Offset(0, 4)
brs = brs + 1
End If
End If
End If
Next Nama
End Sub

catatan tambahan: pada kriteria filter hilangkan tanda < sehingga formatnya
akan berubah dari String menjadi Numeric

wassalam,

-dwint-

Pada 12 Agustus 2012 21:57, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Lho..perasaan dah saya attach pak.. Koq gak ada?? #gak bisa ngecek grup
> dari hp cuma bisa inbox outbox#..
> Maaf pak, ini saya upload kembali, mohon berkenan memberi pencerahan ya..
> #ngarep# :)
>
> Catatan tambahan:
> Tabel Hijau maksudnya DATA
> Tabel Kuning maksudnya KRITERIA
> Tabel Merah maksudnya HASIL YANG DIINGINKAN
>
> Harap maklum keruwetan ini pak, trims sblmnya.
>
> Wassalam
>
> Sinurat - sumut
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>
> -----Original Message-----
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Sun, 12 Aug 2012 02:00:17
> To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>
> Tabelnya putih semua alias ga kelihatan bro......, sembunyi dimana ?
>
> Salam,
>
> Hendrik Karnadi
>
> ________________________________
> From: "sin.ur4t@yahoo.com" <sin.ur4t@yahoo.com>
> To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: Sunday, 12 August 2012, 2:28
> Subject: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>
> Salam exceller..
> Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk utk memecahkan persoalan ini (excel
> 2003)..
>
> Data diinput secara rutin pada tabel hijau (kolom: nama, umur, lokasi,
> jenis usaha, dan jlh anggota).
>
> Bgmn rumus menampilkan data yg sesuai dgn kriteria saja ke dalam tabel
> merah (kolom: nama, jenis usaha)??
> Formula ataupun makro..
>
> Kriterianya adalah lokasi, umur, dan jlh anggota tertentu (tabel kuning).
>
> Sudah coba buka2 arsip ctv_admpenjualan_mrbagiyo, tapi msh bingung
> menerapkannya utk kasus ini.
>
> Mohon dibantu, trm ksh sblmnya.
>
> Salam
> Sinurat - sumut
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>
>
>

Mon Aug 13, 2012 1:27 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Susunannya biasanya seperti ini : (untu operator = [ganti operator sesuai
kebutuhan] bila perlu ganti pernyataan kriteria memanfaatkan fungsi yang
dibutuhkan)

cell Helper :
=Small( *IF( * ( data_utk_kriteria1 = nilai_kriteria1 ) * (
data_utk_kriteria2 = nilai_kriteria2 ) * ...... * (
data_utk_kriteriaN = nilai_kriteriaN ) ,
Row( kolom_pertama_data ) - Row(
header_data ) * )* , Row() - Row( header_hasil ) )

Untuk ambil data :
=IF( IsNumber( cell_helpernya ) , Index( kolom_data_yang_diambil ,
cell_helpernya ) , "" )

Penggunaan fungsi Index dimaksudkan untuk mengurangi jumlah fungsi volatile
yang digunakan.
Jika menggunakan fungsi Offset, yang termasuk fungsi volatile, maka pada
area cell hasil yang besar, maka Excel akan tampak selalu melakukan
kalkulasi walau nilai cell yang diganti ada si sheet baru yang ndak ada
hubungannya dengan formula Offset.

Wassalam,
Kid.

2012/8/13 <sin.ur4t@yahoo.com>

> **
>
>
> Maaf pak dwint, ternyata bpk jg sdh prnh bikin contoh yg mirip dgn arahan
> ctv, nama filenya "dwint_Data Validasi + Fungsi Array" Di file contoh itu
> kriterianya 1 (mobil)..
> =Small(if(data="mobil";row());row()) ..
> Lalu rumus pasangannya adlh =iferror(offset($A:$3;E3;0;;);"") ..
>
> Bisakah jika kriterianya lbh dari 1, dan bgmn caranya?? Trims sblmnya pak.
> :)
>
> Salam,
> Sinurat
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Sun, 12 Aug 2012 23:13:14 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>
> coba buat sebuah modul, dan isi dengan code sbb:
>
> Option Explicit
>
> Sub FilterData()
> Dim Nama As Range
> Dim brs As Integer
>
> brs = 21
> Worksheets("Data").Range("B4").Select
> Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown)).Select
> For Each Nama In Selection
> If Nama.Offset(0, 1) = Range("C14").Value Then
> If Nama.Offset(0, 2) < Range("C15").Value Then
> If Nama.Offset(0, 3) < Range("C16").Value Then
> Cells(brs, 1).Value = Nama.Offset(0, -1).Value
> Cells(brs, 2).Value = Nama
> Cells(brs, 3).Value = Nama.Offset(0, 4)
> brs = brs + 1
> End If
> End If
> End If
> Next Nama
> End Sub
>
> catatan tambahan: pada kriteria filter hilangkan tanda < sehingga
> formatnya akan berubah dari String menjadi Numeric
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 12 Agustus 2012 21:57, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Lho..perasaan dah saya attach pak.. Koq gak ada?? #gak bisa ngecek grup
>> dari hp cuma bisa inbox outbox#..
>> Maaf pak, ini saya upload kembali, mohon berkenan memberi pencerahan ya..
>> #ngarep# :)
>>
>> Catatan tambahan:
>> Tabel Hijau maksudnya DATA
>> Tabel Kuning maksudnya KRITERIA
>> Tabel Merah maksudnya HASIL YANG DIINGINKAN
>>
>> Harap maklum keruwetan ini pak, trims sblmnya.
>>
>> Wassalam
>>
>> Sinurat - sumut
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>> -----Original Message-----
>> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Date: Sun, 12 Aug 2012 02:00:17
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>>
>> Tabelnya putih semua alias ga kelihatan bro......, sembunyi dimana ?
>>
>> Salam,
>>
>> Hendrik Karnadi
>>
>> ________________________________
>> From: "sin.ur4t@yahoo.com" <sin.ur4t@yahoo.com>
>> To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Sent: Sunday, 12 August 2012, 2:28
>> Subject: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>>
>> Salam exceller..
>> Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk utk memecahkan persoalan ini (excel
>> 2003)..
>>
>> Data diinput secara rutin pada tabel hijau (kolom: nama, umur, lokasi,
>> jenis usaha, dan jlh anggota).
>>
>> Bgmn rumus menampilkan data yg sesuai dgn kriteria saja ke dalam tabel
>> merah (kolom: nama, jenis usaha)??
>> Formula ataupun makro..
>>
>> Kriterianya adalah lokasi, umur, dan jlh anggota tertentu (tabel kuning).
>>
>> Sudah coba buka2 arsip ctv_admpenjualan_mrbagiyo, tapi msh bingung
>> menerapkannya utk kasus ini.
>>
>> Mohon dibantu, trm ksh sblmnya.
>>
>> Salam
>> Sinurat - sumut
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>>
>
>

Mon Aug 13, 2012 1:29 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

Pak Sinurat, dalam file yang saya lampirkan menggunakan 3 filter kriteria
seperti pada kasus yang bapak ajukan..

=Small(If((C4:C9=C14)*(D4:D9<C15)*(E4:E9<C16);A4:A9);A4:A9)

kriteria 1 berwarna merah
kriteria 2 berwarna hijau
kriteria 3 berwarna biru

Jika pak Sinuriat ingin menambahkan kriteria ke-4, 5, dan seterusnya
tinggal menambahkan tanda bintang "*" diikuti kriteria yang dimaksud di
dalam kondisi IF
tanda bintang "*" ini artinya adalah dan, atau dalam formula biasa ditulis
=And yang setara dengan perkalian

maaf jika ternyata penjelasannya berbeda dengan yang pak Sinuriat
maksudkan.. atau saya yang salah menangkap maksud pertanyaannya ya?

wassalam,

-dwint-

Pada 13 Agustus 2012 15:11, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Maaf pak dwint, ternyata bpk jg sdh prnh bikin contoh yg mirip dgn arahan
> ctv, nama filenya "dwint_Data Validasi + Fungsi Array" Di file contoh itu
> kriterianya 1 (mobil)..
> =Small(if(data="mobil";row());row()) ..
> Lalu rumus pasangannya adlh =iferror(offset($A:$3;E3;0;;);"") ..
>
> Bisakah jika kriterianya lbh dari 1, dan bgmn caranya?? Trims sblmnya pak.
> :)
>
> Salam,
> Sinurat
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Sun, 12 Aug 2012 23:13:14 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>
> coba buat sebuah modul, dan isi dengan code sbb:
>
> Option Explicit
>
> Sub FilterData()
> Dim Nama As Range
> Dim brs As Integer
>
> brs = 21
> Worksheets("Data").Range("B4").Select
> Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown)).Select
> For Each Nama In Selection
> If Nama.Offset(0, 1) = Range("C14").Value Then
> If Nama.Offset(0, 2) < Range("C15").Value Then
> If Nama.Offset(0, 3) < Range("C16").Value Then
> Cells(brs, 1).Value = Nama.Offset(0, -1).Value
> Cells(brs, 2).Value = Nama
> Cells(brs, 3).Value = Nama.Offset(0, 4)
> brs = brs + 1
> End If
> End If
> End If
> Next Nama
> End Sub
>
> catatan tambahan: pada kriteria filter hilangkan tanda < sehingga
> formatnya akan berubah dari String menjadi Numeric
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 12 Agustus 2012 21:57, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Lho..perasaan dah saya attach pak.. Koq gak ada?? #gak bisa ngecek grup
>> dari hp cuma bisa inbox outbox#..
>> Maaf pak, ini saya upload kembali, mohon berkenan memberi pencerahan ya..
>> #ngarep# :)
>>
>> Catatan tambahan:
>> Tabel Hijau maksudnya DATA
>> Tabel Kuning maksudnya KRITERIA
>> Tabel Merah maksudnya HASIL YANG DIINGINKAN
>>
>> Harap maklum keruwetan ini pak, trims sblmnya.
>>
>> Wassalam
>>
>> Sinurat - sumut
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>> -----Original Message-----
>> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Date: Sun, 12 Aug 2012 02:00:17
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>>
>> Tabelnya putih semua alias ga kelihatan bro......, sembunyi dimana ?
>>
>> Salam,
>>
>> Hendrik Karnadi
>>
>> ________________________________
>> From: "sin.ur4t@yahoo.com" <sin.ur4t@yahoo.com>
>> To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Sent: Sunday, 12 August 2012, 2:28
>> Subject: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>>
>> Salam exceller..
>> Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk utk memecahkan persoalan ini (excel
>> 2003)..
>>
>> Data diinput secara rutin pada tabel hijau (kolom: nama, umur, lokasi,
>> jenis usaha, dan jlh anggota).
>>
>> Bgmn rumus menampilkan data yg sesuai dgn kriteria saja ke dalam tabel
>> merah (kolom: nama, jenis usaha)??
>> Formula ataupun makro..
>>
>> Kriterianya adalah lokasi, umur, dan jlh anggota tertentu (tabel kuning).
>>
>> Sudah coba buka2 arsip ctv_admpenjualan_mrbagiyo, tapi msh bingung
>> menerapkannya utk kasus ini.
>>
>> Mohon dibantu, trm ksh sblmnya.
>>
>> Salam
>> Sinurat - sumut
>> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>>
>>
>
>

Mon Aug 13, 2012 1:58 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sedikit tambahan, tanda pemisah ";" (titik koma) atau "," (koma) tergantung dari regional settingnya. Contoh Pak Dwint adalah untuk regional setting Indonesia.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 13 August 2012, 15:29
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria


 
Pak Sinurat, dalam file yang saya lampirkan menggunakan 3 filter kriteria seperti pada kasus yang bapak ajukan..

=Small(If((C4:C9=C14)*(D4:D9<C15)*(E4:E9<C16);A4:A9);A4:A9)

kriteria 1 berwarna merah
kriteria 2 berwarna hijau
kriteria 3 berwarna biru

Jika pak Sinuriat ingin menambahkan kriteria ke-4, 5, dan seterusnya tinggal menambahkan tanda bintang "*" diikuti kriteria yang dimaksud di dalam kondisi IF
tanda bintang "*" ini artinya adalah dan, atau dalam formula biasa ditulis =And yang setara dengan perkalian

maaf jika ternyata penjelasannya berbeda dengan yang pak Sinuriat maksudkan.. atau saya yang salah menangkap maksud pertanyaannya ya?

wassalam,

-dwint-

Pada 13 Agustus 2012 15:11, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:


>Maaf pak dwint, ternyata bpk jg sdh prnh bikin contoh yg mirip dgn arahan ctv, nama filenya "dwint_Data Validasi + Fungsi Array" Di file contoh itu kriterianya 1 (mobil)..
>=Small(if(data="mobil";row());row()) ..
>Lalu rumus pasangannya adlh =iferror(offset($A:$3;E3;0;;);"") ..
>
>Bisakah jika kriterianya lbh dari 1, dan bgmn caranya?? Trims sblmnya pak. :)
>
>Salam,
>Sinurat
>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>________________________________
>
>From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>Date: Sun, 12 Aug 2012 23:13:14 +0700
>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
>Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>
>
coba buat sebuah modul, dan isi dengan code sbb:
>
>
>Option Explicit
>
>
>Sub FilterData()
>    Dim Nama As Range
>    Dim brs As Integer
>    
>    brs = 21
>    Worksheets("Data").Range("B4").Select
>    Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown)).Select
>    For Each Nama In Selection
>        If Nama.Offset(0, 1) = Range("C14").Value Then
>            If Nama.Offset(0, 2) < Range("C15").Value Then
>                If Nama.Offset(0, 3) < Range("C16").Value Then
>                    Cells(brs, 1).Value = Nama.Offset(0, -1).Value
>                    Cells(brs, 2).Value = Nama
>                    Cells(brs, 3).Value = Nama.Offset(0, 4)
>                    brs = brs + 1
>                End If
>            End If
>        End If
>    Next Nama
>End Sub
>
>
>catatan tambahan: pada kriteria filter hilangkan tanda < sehingga formatnya akan berubah dari String menjadi Numeric
>
>
>wassalam,
>
>
>-dwint-
>
>Pada 12 Agustus 2012 21:57, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:
>
>
>> 
>>Lho..perasaan dah saya attach pak.. Koq gak ada?? #gak bisa ngecek grup dari hp cuma bisa inbox outbox#..
>>Maaf pak, ini saya upload kembali, mohon berkenan memberi pencerahan ya.. #ngarep# :)
>>
>>Catatan tambahan:
>>Tabel Hijau maksudnya DATA
>>Tabel Kuning maksudnya KRITERIA
>>Tabel Merah maksudnya HASIL YANG DIINGINKAN
>>
>>Harap maklum keruwetan ini pak, trims sblmnya.
>>
>>Wassalam
>>
>>Sinurat - sumut
>>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>
>>
>>-----Original Message-----
>>From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Date: Sun, 12 Aug 2012 02:00:17
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>>
>>Tabelnya putih semua alias ga kelihatan bro......, sembunyi dimana ?
>>
>>Salam,
>>
>>Hendrik Karnadi
>>
>>________________________________
>>From: "sin.ur4t@yahoo.com" <sin.ur4t@yahoo.com>
>>To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Sunday, 12 August 2012, 2:28
>>Subject: [belajar-excel] Rumus Filter Data Banyak Kriteria
>>
>>Salam exceller..
>>Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk utk memecahkan persoalan ini (excel 2003)..
>>
>>Data diinput secara rutin pada tabel hijau (kolom: nama, umur, lokasi, jenis usaha, dan jlh anggota).
>>
>>Bgmn rumus menampilkan data yg sesuai dgn kriteria saja ke dalam tabel merah (kolom: nama, jenis usaha)??
>>Formula ataupun makro..
>>
>>Kriterianya adalah lokasi, umur, dan jlh anggota tertentu (tabel kuning).
>>
>>Sudah coba buka2 arsip ctv_admpenjualan_mrbagiyo, tapi msh bingung menerapkannya utk kasus ini.
>>
>>Mohon dibantu, trm ksh sblmnya.
>>
>>Salam
>>Sinurat - sumut
>>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>
>>
>

Mon Aug 13, 2012 1:43 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Di dalam Excel kita kenal formula R1C1.
Mari kita coba terapkan formula tersebut dalam macro.

Lagi2 terinspirasi dari soal tetangga sebelah yang ingin membuat sub total pada baris yang ada "garis" nya.

mis. Data ada di kolom A.
Saya ingin membuat Sub Total di kolom B dengan membuat garis bawah tipis (border)  pada beberapa sel di kolom A secara acak.
Sub Total berada pada kolom B disamping sel pada kolom A yang mempunyai border tersebut

Saya coba buat Macro seperti ini
Sub SubTtl()
    Dim Rng As Range
    Dim i As Long
    Range("A1").Select
    Set Rng = Range("A1").CurrentRegion
    For i = 1 To Rng.Rows.Count
        If ActiveCell.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlContinuous Then
        baris kosong
        End If
    baris kosong   
    Next i
End Sub

Formula dari Sub Total pertama yang ada di kolom B adalah sbb : 

=SUM(A$1:$A4)-SUM(B$1:B3)

dimana border pertamanya berada pada sel A4.

Sambil nunggu buka puasa, silakan rekan2 melengkapi baris2 kosong tsb.

Salam,
Hendrik Karnadi

Mon Aug 13, 2012 2:17 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

Pak Hendrik, saya boleh ikut jawab ya.. kan masih dalam tahap belajar..
kalo salah tolong dikoreksi

Sub SubTtl()
Dim Rng As Range
Dim i As Range
Dim Total As Integer

Range("A1").Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown)).Select
For Each i In Selection
Total = Total + i
If i.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlContinuous Then
i.Offset(0, 1).Value = Total
End If
Next i
End Sub

maaf coding-nya agak berbeda dari yang diminta karena mau pake cara yang
dibuat pak Hendrik masih bingung

wassalam,

-dwint-

Pada 13 Agustus 2012 15:43, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Di dalam Excel kita kenal formula R1C1.
> Mari kita coba terapkan formula tersebut dalam macro.
>
> Lagi2 terinspirasi dari soal tetangga sebelah yang ingin membuat sub total
> pada baris yang ada "garis" nya.
>
> mis. Data ada di kolom A.
> Saya ingin membuat Sub Total di kolom B dengan membuat garis bawah tipis
> (border) pada beberapa sel di kolom A secara acak.
> Sub Total berada pada kolom B disamping sel pada kolom A yang mempunyai
> border tersebut
>
> Saya coba buat Macro seperti ini
> Sub SubTtl()
> Dim Rng As Range
> Dim i As Long
> Range("A1").Select
> Set Rng = Range("A1").CurrentRegion
> For i = 1 To Rng.Rows.Count
> If ActiveCell.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlContinuous Then
> baris kosong
> End If
> baris kosong
> Next i
> End Sub
>
> Formula dari Sub Total pertama yang ada di kolom B adalah sbb :
> =SUM(A$1:$A4)-SUM(B$1:B3)
> dimana border pertamanya berada pada sel A4.
>
> Sambil nunggu buka puasa, silakan rekan2 melengkapi baris2 kosong tsb.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
>

Mon Aug 13, 2012 2:28 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Boleh2 saja Pak, tinggal nanti Moderator yang memfinalkan, sehingga nantinya 1 + 1 bukan lagi 2 melainkan 3 karena masing mendapat tambahan setengah .....
dkl (dengan kata lain) macronya dan waktu prosesnya akan semakin pendek.....

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 13 August 2012, 16:17
Subject: Re: [belajar-excel] latihan macro lagi (membuat SUB TOTAL secara acak)


 
Pak Hendrik, saya boleh ikut jawab ya.. kan masih dalam tahap belajar..  kalo salah tolong dikoreksi

Sub SubTtl()
    Dim Rng As Range
    Dim i As Range
    Dim Total As Integer
    
    Range("A1").Select
    Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown)).Select
    For Each i In Selection
        Total = Total + i
        If i.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlContinuous Then
            i.Offset(0, 1).Value = Total
        End If
    Next i
End Sub

maaf coding-nya agak berbeda dari yang diminta karena mau pake cara yang dibuat pak Hendrik masih bingung

wassalam,

-dwint-

Pada 13 Agustus 2012 15:43, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:


>Di dalam Excel kita kenal formula R1C1.
>Mari kita coba terapkan formula tersebut dalam macro.
>
>
>Lagi2 terinspirasi dari soal tetangga sebelah yang ingin membuat sub total pada baris yang ada "garis" nya.
>
>
>mis. Data ada di kolom A.
>Saya ingin membuat Sub Total di kolom B dengan membuat garis bawah tipis (border)  pada beberapa sel di kolom A secara acak.
>Sub Total berada pada kolom B disamping sel pada kolom A yang mempunyai border tersebut
>
>
>Saya coba buat Macro seperti ini
>Sub SubTtl()
>    Dim Rng As Range
>    Dim i As Long
>    Range("A1").Select
>    Set Rng = Range("A1").CurrentRegion
>    For i = 1 To Rng.Rows.Count
>        If ActiveCell.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlContinuous Then
>        baris kosong
>        End If
>    baris kosong   
>    Next i
>End Sub
>
>
>Formula dari Sub Total pertama yang ada di kolom B adalah sbb : 
>
>=SUM(A$1:$A4)-SUM(B$1:B3)
>
>dimana border pertamanya berada pada sel A4.
>
>
>Sambil nunggu buka puasa, silakan rekan2 melengkapi baris2 kosong tsb.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>

Mon Aug 13, 2012 2:18 am (PDT) . Posted by:

"daniel_aho" daniel_aho

Dear para master-master Excel,

mau tanya donk, apakah bisa 1 file excel dibuka oleh beberapa user lewat
jaringan namun tetap bisa di edit oleh masing2 user tanpa harus membuka
file secara gantian, kalo bisa bagaima caranya?

Mohon pencerahannya...:-) :-) :-)

daniel

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar