Sabtu, 24 Januari 2015

[belajar-excel] Digest Number 3277

12 Messages

Digest #3277

Messages

Fri Jan 23, 2015 5:25 am (PST) . Posted by:

"Febrian Yoshi"

Dear Mr. Kid,
Terima kasih banyak, formulanya sudah sesuai dengan harapan.
Semoga Allah SWT membalas dg pahala yang berlipat, aamiin..

Dear Mr. Toby,

Terima kasih banyak juga sudah menyemangati saya.
Jangan bosan ya kalau saya sering bertanya, hehehe..

Rgds,
Fefe

Pada 20 Januari 2015 20.45, Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Dear Fefe,
>
> Selamat datang di forum excel, disini kamu bisa belajar apa saja mengenai
> excel. jadi jgn pernah kamu merasa ga bisa untuk belajar excel..disini
> forum ini kami sangat senang sekali untuk membantu siapapun untuk bisa
> belajar excel, yg penting kamu ada kemaun untuk bisa excel.
>
> Mr.Kid memberikan contoh dgn menggunakan Conditional Formatting yg
> merupakan fasilitas yg di berikan oleh excel.
> Disini saya akan berikan contoh dengan menggunakan vba yg jg fasilitas yg
> di berikan oleh excel, dr kedua contoh tersebut kmu bisa lihat bahwa excel
> dpat menyelesaikannya dgn berbagai cara.
>
> Selamat belajar.
>
> TerimaKasih
>
> Sent from Yahoo Mail on Android
> <http://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
> ------------------------------
> * From: * Febrian Yoshi febrixl@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>;
> * To: * <belajar-excel@yahoogroups.com>;
> * Subject: * Re: [belajar-excel] Re: Memberi Warna Otomatis di Cell Time
> Line
> * Sent: * Tue, Jan 20, 2015 12:23:04 PM
>
>
>
> Dear Master,
> Mohon maaf saya tdk bisa vba nih..
> Please help me... ':(
> Terima kasih.
>
> Rgds,
> Fefe
>
>
> Pada 20 Januari 2015 18.09, Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> Dear Fefe,
>>
>> Hal itu karena bekas warnanya tidak terhapus,kamu bisa modufikasi program
>> clear untuk menghilangkan sisa warna yg ada,sehingga bisa nampak jelas bar
>> warna yg di inginkan atau bisa secara manual bisa di hapus selesai
>> penggunaan.
>> untuk taget di buat konstan,karna formula di perhitungan tergantung dari
>> target yg ada,jika berubah targetnya,maka program pun akan berubah.
>> anda bisa merubah program yg ada sesuai keinginan yg penting anda
>> mengerti program yg ada.
>> selamat mencoba.
>>
>> TerimaKasih.
>>
>> Sent from Yahoo Mail on Android
>> <http://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>>
>> ------------------------------
>> * From: * Febrian Yoshi febrixl@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>;
>> * To: * <belajar-excel@yahoogroups.com>;
>> * Subject: * Re: [belajar-excel] Re: Memberi Warna Otomatis di Cell Time
>> Line
>> * Sent: * Tue, Jan 20, 2015 4:41:24 AM
>>
>>
>>
>> Terima kasih banyak Master..
>>
>> Tapi masih sedikit ada yang kurang :
>>
>> Kenapa saat kolom realisasi diisi dan angkanya lebih besar dari target,
>> warna ungu yang ada di cell tgl tidak ikut bergeser ya Mr?
>>
>>
>>
>> Misal :
>>
>> Start Date 22 Jan
>>
>> Target Layout 14 hari
>>
>> Realisasi Layout 16 hari
>>
>>
>>
>> Nah, seharusnya saat kolom realisasi kosong, maka warna ungu tsb akan
>> mengisi kolom tgl 22 Jan sampai 4 Feb (tgl start + 14 hari)
>>
>> Kalau kolom realisasi berisi angka lebih besar atau lebih kecil dari
>> target (misal 16 hari), maka warna ungu tsb akan mengisi kolom tgl 22 Jan
>> sampai 6 Feb (tgl start + 16 hari)
>>
>> Begitupun untuk process no 2, 3 dan seterusnya, bergantung pada tgl akhir
>> proses sebelumnya.
>>
>>
>> Mohon pencerahannya kembali ya para Master.
>>
>> Terima kasih.
>>
>>
>> Rgds,
>>
>> Fefe
>>
>> Pada 20 Januari 2015 08.51, tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>
>>>
>>>
>>>
>>> Dear Fefe,
>>>
>>>
>>>
>>> Program ini mungkin bias membantu anda.
>>>
>>> sebelumnya saya mau shere tentang program ini dengan anda dan semua.
>>>
>>> 1. Program ini menggunakan vba,
>>>
>>> 2. Anda harus memahami formula penggunaan cell dalam worksheet dgn
>>> menggunakan vba
>>>
>>> 3. Gunakan formula cell.interior.colorindex untuk memberikan warna yang
>>> yg di ingini contoh :
>>>
>>> sheet1.range(cells(a, b),cells(a, c)).Inetrior.colorIndex = 39
>>>
>>> cells(a, b) dan cells(a, c) adalah target cell yang akan di berikan
>>> warna.
>>>
>>> 39 merupakan number of colorindex yang merupakan jenis warna (
>>> colorindex number 0 - 56)
>>>
>>>
>>>
>>> Semoga bermanfaat.
>>>
>>>
>>>
>>> TerimaKasih,
>>>

>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Fri Jan 23, 2015 6:17 am (PST) . Posted by:

"Toby kenzo" tobykenzo

Dear Fefe,

Harus tetap semangat..saya jg masih belajar.

TerimaKasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

Fri Jan 23, 2015 4:45 pm (PST) . Posted by:

"Bagus"

Excel tables in a shared workbook

0 (zero)

* Note * A workbook that contains one or more Excel tables cannot be
shared.

Pada 23 Januari 2015 16.35, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Abi,
>
> hmmm....
> kalo ndak salah ingat, ndak bisa tuh.
> kalau ndak salah ingat lagi, dalam spesifikasi dan batasan Excel ada bunyi
> bahwa Excel Table ndak bisa di-shared.
> supaya ndak meragukan, ada baiknya untuk dicek ulang di Excel Help
> (offline maupun online) untuk xl2007 ke atas di bagian Whats New gitu pada
> bab Spec n limit di bagian tentang shared workbook.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-01-23 18:54 GMT+11:00 abi solehudin abisolehudin1183@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Selamat sore master excel,
>> mohon bantuannya bagaimana cara share workbook untuk data excel dengan
>> mengunakan table.
>> Terima kasih
>>
>>
>
>

--
Wassalam
Bagus

Fri Jan 23, 2015 7:09 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Makasih mas Bagus
Hehehe... Ternyata ada 0(zero) nya plus note.
On Jan 24, 2015 11:45 AM, "Bagus bagus4bls@gmail.com [belajar-excel]" <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Excel tables in a shared workbook
>
> 0 (zero)
>
> * Note * A workbook that contains one or more Excel tables cannot be
> shared.
>
> Pada 23 Januari 2015 16.35, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> Hai Abi,
>>
>> hmmm....
>> kalo ndak salah ingat, ndak bisa tuh.
>> kalau ndak salah ingat lagi, dalam spesifikasi dan batasan Excel ada
>> bunyi bahwa Excel Table ndak bisa di-shared.
>> supaya ndak meragukan, ada baiknya untuk dicek ulang di Excel Help
>> (offline maupun online) untuk xl2007 ke atas di bagian Whats New gitu pada
>> bab Spec n limit di bagian tentang shared workbook.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2015-01-23 18:54 GMT+11:00 abi solehudin abisolehudin1183@yahoo.co.id
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Selamat sore master excel,
>>> mohon bantuannya bagaimana cara share workbook untuk data excel dengan
>>> mengunakan table.
>>> Terima kasih
>>>
>>>
>>
>
>
> --
> Wassalam
> Bagus
>
>

Fri Jan 23, 2015 7:12 pm (PST) . Posted by:

"Jack Carmelo"


Mr Kid,
Terima kasih atas share ilmunya. Memang bukan saya yang tanya tetapi kasus ini sering juga saya alami. Saya bingung misalnya sama-sama angka 100 ditulis di dalam tapi ketika di lookup muncul hasinya #N/A. Maka saya hanya bisa katakan Terima kasih banyak...
--
Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
Jack
Jumat, 23 Januari 2015, 06:47PM +0900 dari "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
 
Hai Paulus,
Hasil fungsi vLookUp adalah nilai error value #N/A bisa disebabkan salah satu hal berikut ini :
1. nilai yang di-lookup tidak ditemukan dalam kolom pertama tabel array yang disebut.
2. nilai yang diambil dari tabel array yang disebut memang berupa nilai error value #N/A
Khusus no 1, ketika kondisi match type di set 0 alias Exact Match, berarti nilai lookup tidak ada yang sama percis (exact) dengan nilai-nilai data di kolom pertama tabel array yang disebut. Arti exact melingkupi hal berikut :
1. jumlah karakter alias panjang nilai data
2. kode-kode setiap karakter yang digunakan
3. tipe data yang berbeda
Jadi,
a. me-lookup kata 'Kid ' ditabel array kolom pertama yang adanya bunyi teks 'Kid' akan menghasilkan error karena jumlah karakternya beda ('Kid ' 4 karakter karena ada spasi dan 'Kid' 3 karakter tanpa spasi)
b. me-lookup kata 'Kid ' dengan spasi berupa ASCII 160 ditabel array kolom pertama yang adanya bunyi teks 'Kid ' dengan spasi ASCII 32 akan menghasilkan error karena kode ASCII yang digunakan setiap karakter tidak semuanya sama, yaitu pada karakter spasi yang melookup spasi 160 ke spasi 32.
c. me-lookup suatu nilai yang tampak seperti angka 123 tapi rapat kiri ketika tidak ada alignment apapun yang dipasang dalam cell ke kolom pertama tabel array yang berisi nilai yang tampak seperti angka 123 tapi rapat kanan ketika tidak ada alignment apapun yang dipasang dalam cell, akan menghasilkan error karena me-lookup angka seperti 123 bertipe teks (rapat kiri tanpa alignment) ke tabel array kolom pertama bertipe numerik (rapat kanan tanpa alignment).
so,
apa iya nilai yang tampak sama dimata User pasti dianggap sama oleh komputer ?
Wassalam,
Kid.
2015-01-23 20:04 GMT+11:00 Paulus Taripar  paulustaripar@rocketmail.com [belajar-excel]  < belajar-excel@yahoogroups.com > :

>knpa fungsi vlookup dan/atau hlookup hnya muncul #N/A? padahal susunan fungsi sudah benar dan data di buatkan tabel array 'a?!
>itu knpa ya?! terima kasih

Fri Jan 23, 2015 7:15 pm (PST) . Posted by:

"Jack Carmelo"


Mas Bagus,
Terima kasih banyak atas bantuannya.
Maaf ya merepotkan untuk hal yang sederhana seperti ini.
--
Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
Jack
Jumat, 23 Januari 2015, 06:43PM +0900 dari "Bagus bagus4bls@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
 
Hai jack;
Itu namanya Data Validation.
Cara buatnya, click tab Data, pada group data tools, pilih Data Validation
maka akan muncul jendela baru.
Pilih tab setting, 
pada kolom Allow pilih List.
pada kolom source diisi dengan range/name range
lalu OK
semoga bisa dipahami
Pada 23 Januari 2015 14.46, Jack Carmelo  jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]  < belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:

>Mat sore Mr Kid dan Mas Bagus
>Terima Kasih atas masukkannya. Dan magnus hasilnya..
>Tapi saya boleh tanya ya di file yang saya masukkan itu mas bagus sempat buat model go to.
>Gimana sih cara buatnya? Maksudnya di cell nomor ba ada bentuk semacam filter begitu. Sekali klik kta bisa mencari nomor yang lainnya di situ. semacam combobox pada userform.
>Sory pertanyaan yang mungkin benar2 sederhana. Tapi mau bagaimana lagi saya tidak tau. Hahaha
>Maaf ya...
>Makasih atas bantuannya..
>--
>Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>Jack
>Kamis, 22 Januari 2015, 05:33PM +0900 dari "'Mr. Kid'  mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" < belajar-excel@yahoogroups.com >:

>Hai Jack,
>Coba juga formula :
>=IF(DATE(B$5,ROW()-4,1)>$E$2,MIN(25000,$E$3-SUM(B$5:B5,-B$5,$A$6:A$17)),0)
>Wassalam,
>Kid.
>2015-01-21 17:59 GMT+11:00 Jack Carmelo   jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]  <  belajar-excel@yahoogroups.com > :
>> 
>>Selamat sore para master sekalian
>>Mohon maaf ya saya terlalu banyak bertanya. Mungkin komunitas dah bosan dengan pertanyaan saya. hahaha jangan bosan ya?lagi belajar ne..
>>Mohon solusinya mengenai data simpanan wajib yang saya buat.
>>Dalam file terlampir ada 3 sheet yang saya masukkan dan pertanyaan saya ada pada sheet wajib.
>>Saya ingin supaya total simpanan wajib bisa diinput otomatis percell yang disediakan berdasarkan bulan masuk menjadi anggota.
>>Untuk lebih jelasnya saya lampirkan filenya.
>>Makasih.
>>--
>>Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>>Jack
--
Wassalam
    Bagus

Fri Jan 23, 2015 8:20 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Miss Jan pernah menulis mengenai Add-Ins sebagai berikut:agar UDF dapat berfungsi untuk semuaworkbook, maka UDF tersebut harus diubah dulu menjadi Excel AddIns laludiaktifkan pada komputer setempat.

jika UDF juga ingin dijalankan di komputerlain, maka AddIns tadi harus dicopy dulu ke komputer lain, setelah itudiaktifkan di komputer tersebut.

berikut adalah langkah2 untuk merubah filetersebut menjadi AddIns dan mengaktifkannya.

 
A. Cara merubah UDF menjadi AddIns

1. pada file yang sudah ada UDFnya,lakukan Save As

2. nama file boleh diganti, nama ini nantiyang akan menjadi nama Excel AddIns

3. pilih tipe file Excel AddIns (.xlamuntuk excel versi 2007 ke atas atau .xla untuk excel 97 - 2003)

 
B. Cara memasang AddIns

1. File >> Options

2. Klik Add-Ins

3. Pada kotak manage, pilih Excel Add-Ins

4. Klik Go

5. Akan muncul dialog box dengan nama-namaAddIns yang ada di komputer anda, jika tidak muncul klik Browse untuk mencarifile AddIns yang tadi sudah anda buat

6. Beri tanda cek list pada AddIns yangingin diaktifkan

7. Klik OK

 
Setelah selesai, coba buka workbook barudan panggil UDF yang tadi seperti anda memanggil fungsi Excel yang lain.

 
semoga langkah-langkah di atas cukup jelasuntuk diikuti

 
Salam,

 
 -Miss Jan Raisin-

Ternyata (memang dari sononya) macro Sub juga bisa disisipkan di Add-Ins.Caranya sebelum disave sebagai Excel_Add-Ins file, Macronya dibuatkan Short Cut terlebih dahulu, mis Ctrl Shift D untuk display nama2 sheet secara pop up (atas ke bawah), Ctrl Shift B untuk mencari baris akhir pada kolom tertentu, dsb.
Selamat mencoba.
Salam,HK

Fri Jan 23, 2015 11:18 pm (PST) . Posted by:

"Febrian Yoshi"

Dear All Master,
Mohon bantuannya untuk formula menghitung insentif seperti file terlampir.
Terima kasih atas bantuannya ya..

Rgds,
Fefe

Sat Jan 24, 2015 1:14 am (PST) . Posted by:

"Toby kenzo" tobykenzo

Dear Fefe,

Coba gunakan formula IF pada tabel Catagory dengan mengacu pd tabel Toko (sepertinya pd tabel category yg di bawah ada kesalahan, dimamana untuk A seharusnya EXC atau memang seperti itu..)
Untuk tabel intensif coba kamu gunakan formula IF AND dengan mengacu pada tabel Catagory dan tabel Level.

Semoga membantu.

TerimaKasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

Fri Jan 23, 2015 11:19 pm (PST) . Posted by:

"Zulfikar N" zulfikar_route66


Dear Excel Master
Mohon bantuannya Menampilkan Data Dengan Kriteria Tertentu menggunakan Data Validation, seperti file terlampir.



Help Please
Terima Kasih..













Sat Jan 24, 2015 12:59 am (PST) . Posted by:

"nopan ji"

Terima kasih ya...
Pada 21 Jan 2015 05:24, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Nopan,
>
> Milis memiliki blog yang didalamnya ada pengenalan VBA yang dimulai dari
> sini <http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>.

> Pembahasan tentang control-control object yang sering digunakan dimulai dari
> sini
> <http://b-excel.blogspot.com/2013/11/belajarvba-101-controls-dalam-worksheet.html>
> .
> Properti yang dimiliki listbox sebagian besar ada dalam combobox, yang
> dibahas mulai dari sini
> <http://b-excel.blogspot.com/2014/02/belajarvba-102-combobox-01.html>.
> Beberapa properti yang khusus untuk listbox dan tidak dipunyai oleh
> combobox dibahas disini
> <http://b-excel.blogspot.com/2014/10/belajarvba-103-listbox.html>.
>
> Biasanya, BeExceller akan lebih semangat berusaha membantu jika disediakan
> contoh data dalam sebuah workbook yang dilampirkan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2015-01-21 1:03 GMT+11:00 nopan ji nopanji@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Mohon bantuannya, saya baru belajar makros, saya bingung menbuat listbox,
>> agar bisa menampilkan data berupa nomor, index, kegiatan, kode kas, dan
>> selanjutnya bisa di pilih dan masuk di kotak label1, label2, label3,
>> soalnya sy coba contek punya orang lain yg sdh jadi tidak bisa tampil,
>> tolong ya...
>>
>>
>
>

Sat Jan 24, 2015 12:59 am (PST) . Posted by:

"nopan ji"

Assalamualakum wr. Wb
Mohon bantuannya dong, saya lg pusing nih program makros yg saya buat jd
kacau....
Kenapa baris excel saya jadi terhidden dari nomor 6 sampai terakhir,
disortir pke ctrl A tdk bs? Beberapa kali terjadi, jd saya harus punya file
cadangan dan tentunya harus mengulang dari awal lagi kerjanya....
Mohon info dan bantuannya...
Wassalam
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar