Sabtu, 04 Agustus 2012

[belajar-excel] Digest Number 1715

10 New Messages

Digest #1715
1a
Formula hasil Voting by "agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
1b
Re: Formula hasil Voting by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
2a
MS Excel 2010 dibuka incompatible dgn MS excel 2003 by "darwin.bastian@ciptakridatama.co.id"
2b
3a
tanya; data Validation & VLookUp by "harry siswanto" hsiswanto
3b
Re: tanya; data Validation & VLookUp by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
3c
Re: tanya; data Validation & VLookUp by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6a
Re: split fungsi terbilang by "dwint ruswanto"

Messages

Fri Aug 3, 2012 12:55 am (PDT) . Posted by:

"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1

Rekan Be-exceler

Bila di B20 harus menghasilkan suatu kata/ kalimat yang paling sering muncul dari data di kolom B1: B19
Bila di C20 harus menghasilkan suatu Angka yang paling sering muncul dari data di kolom C1: C19
Apa formulanyadi kedua sel itu ya..?

Maaf tanpa attachment, nampaknya cukup sederhana.
(Tapi lha namanya nggak ngerti formulanya, Tetap akan kusut.)

Terimakasih
Agung W

Fri Aug 3, 2012 1:02 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Modus :
Untuk data bertipe numerik, coba fungsi Mode
=Mode( c1:c19 )

Untuk data bertipe teks,
=Index( b1:b19 , mode( match( b1:b19 , b1:b19 , 0 ) ) )

Mode digunakan untuk mencari modus item yang paling sering muncul.
Match dengan match_type 0 akan menghasilkan posisi record data yang pertama
kali ditemukan.

Wassalam,
Kid.

2012/8/3 <agung.widodo01@id.panasonic.com>

> **
>
>
> Rekan Be-exceler****
>
> ** **
>
> Bila di B20 harus menghasilkan suatu kata/ kalimat yang paling sering
> muncul dari data di kolom B1: B19****
>
> Bila di C20 harus menghasilkan suatu Angka yang paling sering muncul dari
> data di kolom C1: C19****
>
> Apa formulanyadi kedua sel itu ya..?****
>
> ** **
>
> Maaf tanpa attachment, nampaknya cukup sederhana.****
>
> (Tapi lha namanya nggak ngerti formulanya, Tetap akan kusut.)****
>
> ** **
>
> Terimakasih****
>
> Agung W****
>
>
>
>

Fri Aug 3, 2012 1:06 am (PDT) . Posted by:

"darwin.bastian@ciptakridatama.co.id"

Dear All...
Setiap buka file excel 2003 (*.xls) di MS excel 2010, nongol alertnya...

Just Info,
Dalam Computer yg digunakan hanya terinstall MS office 2010 saja....

Atas Perhatian dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...

Wa`salam,
D@rwin B@stian
PT.CiptaKridatama site MSJ - MM Dept.
Hp : 081253032500
Email : darwin.bastian@ciptakridatama.co.id, darwinbastian@ymail.com
Web : www.ciptakridatama.co.id

Fri Aug 3, 2012 1:11 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Alert tentang tidak adanya library yang dibutuhkan VBA (Macro) pada
komputer yang sedang menjalankannya.
Jadi, sebenarnya bukan karena si office secara utuh, walaupun default yang
diinstall setiao versi office berbeda, jika ketika membuat macro bisa lebih
berhati-hati memilih object yang digunakan dan berkompromi dengan baik
dalam pemilihannya, maka alert seperti ini umumnya jarang muncul dalam 2
atau 3 versi kedepan dari versi asal pembuatan macro.

Coba ke VBE -> menu Tools -> references -. hilangkan centang dari semua
item yang ada tulisannya MISSING -> OK -> save -> tutup file -> buka lagi
filenya

Wassalam,
Kid.

2012/8/3 <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id>

> **
>
>
>
> Dear All...
> Setiap buka file excel 2003 (*.xls) di MS excel 2010, nongol alertnya...
>
> Just Info,
> Dalam Computer yg digunakan hanya terinstall MS office 2010 saja....
>
>
>
> Atas Perhatian dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...
>
> Wa`salam,
> D@rwin B@stian
> PT.CiptaKridatama site MSJ - MM Dept.
> Hp : 081253032500
> Email : darwin.bastian@ciptakridatama.co.id, darwinbastian@ymail.com
> Web : www.ciptakridatama.co.id
>
>

Fri Aug 3, 2012 1:40 am (PDT) . Posted by:

"harry siswanto" hsiswanto

Dear Senior,
 
mau tanya nih
kalo di MSExcel, menggunakan Data Validation & VlookUp dari File Lain (yg berbeda) bisa nggak yach...??
saya coba2 belum berhasil tuh, jadi terpaksa Datanya ditaruh di Sheet lain (dalam file yang sama)..
Bisa minta tolong Tricknya gimana atau Sintax nya gimana ??
 
terima kasih sebelumnya

Regards

Harry Siswanto

Fri Aug 3, 2012 1:49 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Coba begini :
1. Buka file yang akan diberi Data Validation (misal namanya workbook Val)
2. Open Workbook (dari menu file Excel yang sudah terbuka) file excel yang
berisi sumber daftar untuk data validation (misal workbook DTS)
3. kembali ke workbook val, buat sebuah nama range (cari define name di
excel 2003) dengan cara formula -> define name di excel 2007.
4. berinama, misal DariWbkDTS
5. refers to, merujuk ke workbook DTS di sheet dan range yang spesifik
berisi daftar sumber validation
6. tekan OK dan pastikan masih tetap di wokbook Val
7. Define name lagi di workbook Val
8. kali ini beri nama beda, misal myDTVal
9. refers to diisi nama range yang merujuk workbook DTS tadi, yaitu tulis :
=DariWbkDTS
10. tekan OK, dan pastikan tetap di workbook Val
11. klik cell yang akan diberi data validation
12. buat data validation -> list -> source diisi dengan
=myDTVal
13. tekan OK dan save

>> Prinsipnya :
1. simpan data yang merujuk ke workbook lain kedalam sebuah nama range.
2. karena nama range hasil nomor 1 masih merujuk langsung ke file, maka
dibuat sebuah nama range yang merujuk range lokal (bia berupa nama range)
dalam workbook kerja

Wassalam,
Kid.

2012/8/3 harry siswanto <hsiswanto@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Senior,
>
> mau tanya nih
> kalo di MSExcel, menggunakan Data Validation & VlookUp dari File Lain (yg
> berbeda) bisa nggak yach...??
> saya coba2 belum berhasil tuh, jadi terpaksa Datanya ditaruh di Sheet lain
> (dalam file yang sama)..
> Bisa minta tolong Tricknya gimana atau Sintax nya gimana ??
>
> terima kasih sebelumnya
>
> Regards
>
>
> Harry Siswanto
>
>
>
>

Fri Aug 3, 2012 1:53 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

ops ada yang belum ketulis :
"syarat dan ketentuan dari data validation dan formula link berlaku"

Coba tutup workbook lain sumber data source daftar data validation
(workbook DTS).

Untuk vLookUp dan formula lain, bisa dengan formula link langsung.
Bisa juga menggunakan Query Table, tapi jarang yang mau berpusing ria
belajar bahasa SQL.

Wassalam,
Kid.

2012/8/3 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

>
> Coba begini :
> 1. Buka file yang akan diberi Data Validation (misal namanya workbook Val)
> 2. Open Workbook (dari menu file Excel yang sudah terbuka) file excel yang
> berisi sumber daftar untuk data validation (misal workbook DTS)
> 3. kembali ke workbook val, buat sebuah nama range (cari define name di
> excel 2003) dengan cara formula -> define name di excel 2007.
> 4. berinama, misal DariWbkDTS
> 5. refers to, merujuk ke workbook DTS di sheet dan range yang spesifik
> berisi daftar sumber validation
> 6. tekan OK dan pastikan masih tetap di wokbook Val
> 7. Define name lagi di workbook Val
> 8. kali ini beri nama beda, misal myDTVal
> 9. refers to diisi nama range yang merujuk workbook DTS tadi, yaitu tulis :
> =DariWbkDTS
> 10. tekan OK, dan pastikan tetap di workbook Val
> 11. klik cell yang akan diberi data validation
> 12. buat data validation -> list -> source diisi dengan
> =myDTVal
> 13. tekan OK dan save
>
> >> Prinsipnya :
> 1. simpan data yang merujuk ke workbook lain kedalam sebuah nama range.
> 2. karena nama range hasil nomor 1 masih merujuk langsung ke file, maka
> dibuat sebuah nama range yang merujuk range lokal (bia berupa nama range)
> dalam workbook kerja
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/8/3 harry siswanto <hsiswanto@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear Senior,
>>
>> mau tanya nih
>> kalo di MSExcel, menggunakan Data Validation & VlookUp dari File Lain (yg
>> berbeda) bisa nggak yach...??
>> saya coba2 belum berhasil tuh, jadi terpaksa Datanya ditaruh di Sheet
>> lain (dalam file yang sama)..
>> Bisa minta tolong Tricknya gimana atau Sintax nya gimana ??
>>
>> terima kasih sebelumnya
>>
>> Regards
>>
>>
>> Harry Siswanto
>>
>>
>>
>>
>

Fri Aug 3, 2012 7:31 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

saya coba bantu dengan macro, sekalian belajar.. jika para master menemukan
kekurangan tolong bantu saya untuk memperbaiki, karena ini makro pertama
buatan saya

Saya membuat 2 sheet baru, yaitu:
sheet PrintOut yang akan digunakan untuk mencetak surat jalan, dan
sheet DataBase yang digunakan untuk menghimpun semua data dari sheet
PrintOut

pada sheet PrintOut saya ubah sedikt dengan menghilangkan tanda ":" titik
dua
pada input shipped by juga saya ubah menggunakan validasi data

Jika ingin lebih simple, coba gabungkan makro ini dengan command button,
gambar, atau sort key

cedenya sbb:

Option Explicit

Sub CopyToDataBase()
Dim NoSJ As String
Dim TujuanSJ As String
Dim TglSJ As Date
Dim TglAngkut As Date
Dim JamAngkut As Date
Dim AlatAngkut As String
Dim JalurAngkut As String

Worksheets("PrintOut").Activate
NoSJ = Range("F10").Value
TujuanSJ = Range("C10").Value
TglSJ = Range("F13").Value
TglAngkut = Range("C38").Value
JamAngkut = Range("C39").Value
AlatAngkut = Range("C40").Value
JalurAngkut = Range("C41").Value

Range("B15").Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlDown).End(xlToRight)).Copy

Worksheets("DataBase").Activate
Range("E4").Select
If ActiveCell.Offset(1, 0) <> "" Then
ActiveCell.End(xlDown).Select
End If
ActiveCell.Offset(1, 0).PasteSpecial (xlPasteValues)
Application.CutCopyMode = False

Range("E4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, -1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value = TglSJ

Range("D4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, -1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value = TujuanSJ

Range("C4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, -1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value = NoSJ

Range("I4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value = TglAngkut

Range("J4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value = JamAngkut

Range("K4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value = AlatAngkut

Range("L4").Select
ActiveCell.End(xlDown).Select
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlUp).Offset(1, 0)).Value =
JalurAngkut
End Sub

salam,

-dwint-
Pada 3 Agustus 2012 13:26, <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id> menulis:

> **
>
>
>
> Dear para pakar excel..
> Gimana cara mudah bikin ringkasan workshet file terlampir berikut..??
>
> Maklum ilmunya belum nyampe sono...
> Ngarepnya sich cuman ada 2 worksheet saja, 1 utk data base, 1 lagi untuk
> tampilan print out nya....
>
> Soalnya worksheet dibikin tiap pengiriman barang keluar (surat jalan),
> Lha kalau 1 hari 5X pengiriman = 5 Worksheet..
> Berarti 1 bln = 30 X 5 = 150 Worksheet...
> Dan saat ini pun saya terkendala dalam proses monitoring no Surat Jalan
> registrasinya...
>
> Yach ngarepnya ada solusi dari para Pakar Excel jawabannya paling praktis
> dan mudah dipahami dalam waktu dekat ini..
>
> Atas Perhatian dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...
>
> Wa`salam,
> D@rwin B@stian
>
>
>

Fri Aug 3, 2012 8:03 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

setau saya mulai dari excel 2007 ke atas jumlah Y axis hanya bisa sampai 2
saja, mungkin ada cara lain untuk menambahkan sumbu Y ketiga atau keempat
yang belum saya ketahui..

tapi ada baiknya berkunjung ke
http://peltiertech.com/Excel/Charts/TertiaryAxis.html untuk mencari tahu
lebih lanjut.

salam,

-dwint-

Pada 2 Agustus 2012 15:58, Wahyu Munandar <munandar_wahyu@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> Selamat sore,
>
> Permisi semuanya, saya mengalami kesulitan dalam membuat chart grafik
> dengan 3 sumbu Y. Apakah bisa dbuat dengan excel? Contoh grafik ada di
> attachment.
>
> terima kasih,
>
> salam,
> wahyu
>
>
>

Fri Aug 3, 2012 8:23 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

Agar fungsi terbilang tidak melewati batas:

1. coba hilangkan dahulu merged cell di baris 14
2, setelah itu blok cell E13 sampai dengan N14
3. klik kanan mouse, pilih Format Cell
4. pilih tab Aligment, beri tanda check mark pada Merge cell & Wrap text
5. pada Horizontal aligment pilih General
6. pada Vertical aligment pilih Top
7. klik OK

[image: Gambar sisip 1]

untuk mengubah penyebutan silakan masuk ke modul VBA, ubah bagian berikut

If x >= 1 Then
baca = baca + "dollar "
End If

menjadi

If x >= 1 Then
baca = baca + "point "
End If

dan ubah bagian berikut:

If sen > 0 Then
baca = baca + ratus(sen, 0) + "sen"
End If

menjadi

If sen > 0 Then
baca = baca + ratus(sen, 0) + "dollar"
End If

salam,

-dwint-

Pada 1 Agustus 2012 23:19, andy nugroho <duccio_inocenti@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Master Excel
>
> Saya butuh bantuan bagaimana menurunkan kebawah fungsi terbilang sesuai
> kotak terbilang d kwitansi sehingga tidak melewati batas..
>
> oya minta tolong untuk yang fungsi add-ins terbilang dollar tidak
> menggunakan sen tetapi point.
> Contoh $234.521,78
> = bukan Dua Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Lima Ratus Dua Puluh Satu Us
> Dollar Tujuh Puluh Delapan Sen tetapi Dua Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Lima
> Ratus Dua Puluh Satu Point Tujuh Puluh Delapan Us Dollar
>
> Contoh terlampir
>
> Regards
>
> Andi
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar