Sabtu, 02 Maret 2013

[belajar-excel] Digest Number 2127

15 New Messages

Digest #2127
1a
Bls: [belajar-excel] Index Match dg 2 Kriteria by "Johanes Wawan" johaneswawan
2b
4a
Bls: [belajar-excel] Cash dan Transfer Report by "Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
5a
Calendar 210 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5b
Re: Calendar 210 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5d
VBA Sumif ke-n by "Suyatno"
5e
Re: VBA Sumif ke-n by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
5f
Re: Calendar 210 by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
6a

Messages

Fri Mar 1, 2013 5:44 pm (PST) . Posted by:

"Johanes Wawan" johaneswawan

Dear Mr. Kid

Terima ksh atas pencerahan dan solusinya.
Key 1 dan 2 itu yg membuat saya bingung kmrn.

Salam,
Wawan

________________________________
Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 18:53
Judul: Re: [belajar-excel] Index Match dg 2 Kriteria


 
Coba file terlampir yang menggunakan array formula Index(,Match), meskipun bisa diusahakan bukan sebagai array formula.
Fungsi LookUp bisa digunakan bukan sebagai array formula.

fyi.
Index( , Match , Match ) digunakan untuk merujuk ke tabel referensi 2 dimensi (key 1 tersebar vertikal di suatu kolom dan key 2 tersebar horisontal di suatu baris).

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 Johanes Wawan johaneswawan@yahoo.co.id>


>Dear Pakar Excel,
>
>
>Mohon bantuan rekan2 be exceler, saya sdh coba pakai formula index, match dg 2 kriteria tetapi hasilnya belum sesuai dengan yg saya inginkan.
>Mohon solusi rekan2 pakar excel membantu pemecahannya dari file terlampir.
>Terima kasih.
>
>
>
>
>Salam,
>Wawan
>

Fri Mar 1, 2013 5:56 pm (PST) . Posted by:

"danank" danank_01

Dear para pakar excel,

Saya mempunyai beberapa file lotus .wk3 yang digunakan untuk operasional laporan di kantor. Kami ingin mengubah atau convert file lotus tersebut menjadi file excel 2003/2007.

Saya sudah mencoba melakukan convert file lotus wk3 menjadi file excel 2003. Beberapa rumus dari lotus sudah bisa masuk ke file excel. Namun ada beberapa rumus macro di lotus yang tidak bisa di convert ke excel.

Bagaimana cara untuk convert rumus macro di lotus menjadi macro di excel?

Terima kasih

Fri Mar 1, 2013 6:30 pm (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Bahasa macro di lotus memang berbeda dari excel. Mis u looping di lotus pake branch atau \nama di exel pake for atau do, untuk mengambil data di lotus pake put di excel pake index dan match.

Salam,
HK
Sent from Samsung Mobiledanank danank_01@yahoo.com> wrote:Dear para pakar excel,

Saya mempunyai beberapa file lotus .wk3 yang digunakan untuk operasional laporan di kantor. Kami ingin mengubah atau convert file lotus tersebut menjadi file excel 2003/2007.

Saya sudah mencoba melakukan convert file lotus wk3 menjadi file excel 2003. Beberapa rumus dari lotus sudah bisa masuk ke file excel. Namun ada beberapa rumus macro di lotus yang tidak bisa di convert ke excel.

Bagaimana cara untuk convert rumus macro di lotus menjadi macro di excel?

Terima kasih

Fri Mar 1, 2013 6:35 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kebetulan ada tetangga kantor saya yang bosnya masih enjoy pake lotus.
Kalau anda sdh dapat konversinya bisa tolong di share ?

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 2 March 2013, 9:29
Subject: RE: [belajar-excel] Convert file Lotus .WK3 menjadi file excel 2003/2007


 
Bahasa macro di lotus memang berbeda dari excel. Mis u looping di lotus pake branch atau \nama di exel pake for atau do, untuk mengambil data di lotus pake put di excel pake index dan match.

Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
danank danank_01@yahoo.com> wrote:
 
Dear para pakar excel,

Saya mempunyai beberapa file lotus .wk3 yang digunakan untuk operasional laporan di kantor. Kami ingin mengubah atau convert file lotus tersebut menjadi file excel 2003/2007.

Saya sudah mencoba melakukan convert file lotus wk3 menjadi file excel 2003. Beberapa rumus dari lotus sudah bisa masuk ke file excel. Namun ada beberapa rumus macro di lotus yang tidak bisa di convert ke excel.

Bagaimana cara untuk convert rumus macro di lotus menjadi macro di excel?

Terima kasih

Fri Mar 1, 2013 6:49 pm (PST) . Posted by:

"Rahagung Dananjoyo" danank_01



Saya mengkonversi nya hanya dengan membuka file lotus .wk3 menggunakan excel 2003, beberapa rumus perhitungan yang ada bisa ikut ter-convert juga. Namun karena ada rumus macro nya sehingga file excel hasil convert nya tetap tidak bisa dijalankan. Kira-kira solusinya seperti apa ya?

Tujuan saya melakukan konversi file lotus ini supaya penggunaannya lebih fleksibel di PC manapun dan lebih mudah dipahami, karena tidak banyak operator komputer di kantor yang paham tentang lotus.
 

________________________________
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, March 2, 2013 9:33 AM
Subject: Fw: [belajar-excel] Convert file Lotus .WK3 menjadi file excel 2003/2007


 
Kebetulan ada tetangga kantor saya yang bosnya masih enjoy pake lotus.
Kalau anda sdh dapat konversinya bisa tolong di share ?

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 2 March 2013, 9:29
Subject: RE: [belajar-excel] Convert file Lotus .WK3 menjadi file excel 2003/2007


 
Bahasa macro di lotus memang berbeda dari excel. Mis u looping di lotus pake branch atau \nama di exel pake for atau do, untuk mengambil data di lotus pake put di excel pake index dan match.

Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
danank danank_01@yahoo.com> wrote:
 
Dear para pakar excel,

Saya mempunyai beberapa file lotus .wk3 yang digunakan untuk operasional laporan di kantor. Kami ingin mengubah atau convert file lotus tersebut menjadi file excel 2003/2007.

Saya sudah mencoba melakukan convert file lotus wk3 menjadi file excel 2003. Beberapa rumus dari lotus sudah bisa masuk ke file excel. Namun ada beberapa rumus macro di lotus yang tidak bisa di convert ke excel.

Bagaimana cara untuk convert rumus macro di lotus menjadi macro di excel?

Terima kasih

Fri Mar 1, 2013 7:36 pm (PST) . Posted by:

"Selvrida Kusumawati" selvri_k

Dear temans
 
selvri mau tanya untuk macro menghapus data kesekian berdasarkan kriteria dan kebutuhan.
Contoh di lampiran selvri ada sheet parameter, berisikan parameter untuk kriteria dan kebutuhan
contoh di sheet parameter ada kolom A adalah berisikan kode (penjabaran kode-kode data)
Kolom B s/d D berisikan penjabaran kriteria  (penjabaran  kriteria dan jml data)
kolom E berisikan Jml total data tersedia
kolom F berisikan Jml Data yang diperlukan.

Sheet Data, berisikan data-data yang disusun horizontal dan terdapat kriteria serta angka-angka yang diberi judul pecahan. (jml data bisa mencapai 60.000an baris data)

scenarionya: (seperti di sheet output yang di inginkan)
Kode 1010, dgn jml data tersedia sebanyak 21 dan data kebutuhan hanya 12
jadi data yang diambil hanya 12 data di sort berdasarkan angka-angka yang diberi judul pecahan, lalu hapus data mulai baris ke 13.

Kode 2525 dgn jml data tersedia sebanyak 12 dan data kebutuhan hanya 12, jadi tidak ada yang dihapus

Kode 4242 dgn jml data tersedia sebanyak 12 dan data kebutuhan hanya 3, jadi hapus data mulai ke 4 yang angka pecahannya di sort terlebih dahulu.

Kode 1313 dgn jml data tersedia sebanyak 12 dan data kebutuhan 0 (tidak dibutuhkan), jadi bisa dihapus.

Mohon bantuan teman-teman yaa..  terima kasih banyak

Fri Mar 1, 2013 11:43 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Selvri,

File terlampir membutuhkan formula bantu (yang lebih simple nyusun
formulanya daripada loop diisi find item pakai cek ada data atu gak).
Bunyi prosedurnya :
Public Sub PilihPilih()
Dim rng As Range, rngNeed As Range 'var range loop kebutuhan,
range kebutuhan
Dim rngData As Range, rngHasil As Range 'var range data, range
anchor hasil
Dim lNeed As Long, lOffset As Long 'var jumlah kebutuhan,
nilai offset dari header
Dim lRows As Long 'var baris hasil yang ada

Application.Calculation = xlCalculationManual 'set kalkulasi
manual
Set rngHasil = Sheet3.Range("a1") 'anchor area hasil
rngHasil.CurrentRegion.Offset(1).EntireRow.Delete 'hapus hasil yang
lama

Set rngData = Sheet2.Range("a1").CurrentRegion 'set area data
With rngData 'pada area data
.Name = "_myData_" 'beri nama
range untuk formula
With .Resize(1, 1) 'pada header
'sort kolom A (ASC), kolom B (ASC), kolom C (DESC),
'table punya header, sort tiap kolom
.Sort .Cells(1, 1), xlAscending _
, .Cells(1, 2), order2:=xlAscending _
, key3:=.Cells(1, 3), order3:=xlDescending _
, Header:=xlYes, Orientation:=xlSortColumns
End With
End With

Set rngNeed = Sheet1.Range("f2:f5") 'set area kebutuhan
'pasang formula bantu
rngNeed.Offset(0, 1).Formula = _

"=IF(COUNTIF(INDEX(_myData_,0,1),A2),MATCH(A2,INDEX(_myData_,0,1),0)-1,0)"
Sheet1.Calculate 'kalkulasi sheet parameter
(sheet1)

'loop setiap kebutuhan
For Each rng In rngNeed 'setiap range yang berisi nilai yang
dibutuhkan
lNeed = rng.Value 'simpan jumlah baris yang dibutuhkan
If lNeed > 0 Then 'cek kalau butuh > 0
lOffset = rng.Offset(0, 1).Value 'simpan nilai offset
(lompat) dari header
If lOffset > 0 Then 'jika tahu nilai offset
dari header
'simpan jumlah baris yang ada di sheet hasil
lRows = rngHasil.CurrentRegion.Rows.Count

'copy data (sheet2) yaitu :
'[dari a1 sheet2 offset sebanyak loffset]
'[kemudian blok sebanyak 3 kolom tetap sebanyak lneed baris]
'paste ke hasil di baris baru yaitu :
'[dari a1 sheet3 offset sebanyak lrows]
rngData.Offset(lOffset).Resize(lNeed, 3).Copy
rngHasil.Offset(lRows)
End If
End If
Next rng

'finishing
rngNeed.Offset(0, 1).ClearContents 'hapus formula bantu
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic 'kembalikan
kalkulasi ke automatic
End Sub

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 Selvrida Kusumawati selvri_k@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear temans
>
> selvri mau tanya untuk macro menghapus data kesekian berdasarkan kriteria
> dan kebutuhan.
> Contoh di lampiran selvri ada sheet parameter, berisikan parameter untuk
> kriteria dan kebutuhan
> contoh di sheet parameter ada kolom A adalah berisikan kode (penjabaran
> kode-kode data)
> Kolom B s/d D berisikan penjabaran kriteria (penjabaran kriteria dan jml
> data)
> kolom E berisikan Jml total data tersedia
> kolom F berisikan Jml Data yang diperlukan.
>
> Sheet Data, berisikan data-data yang disusun horizontal dan terdapat
> kriteria serta angka-angka yang diberi judul pecahan. (jml data bisa
> mencapai 60.000an baris data)
>
> scenarionya: (seperti di sheet output yang di inginkan)
> Kode 1010, dgn jml data tersedia sebanyak 21 dan data kebutuhan hanya 12
> jadi data yang diambil hanya 12 data di sort berdasarkan angka-angka yang
> diberi judul pecahan, lalu hapus data mulai baris ke 13.
>
> Kode 2525 dgn jml data tersedia sebanyak 12 dan data kebutuhan hanya 12,
> jadi tidak ada yang dihapus
>
> Kode 4242 dgn jml data tersedia sebanyak 12 dan data kebutuhan hanya 3,
> jadi hapus data mulai ke 4 yang angka pecahannya di sort terlebih dahulu.
>
> Kode 1313 dgn jml data tersedia sebanyak 12 dan data kebutuhan 0 (tidak
> dibutuhkan), jadi bisa dihapus.
>
> Mohon bantuan teman-teman yaa.. terima kasih banyak
>
>
>

Fri Mar 1, 2013 7:36 pm (PST) . Posted by:

"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002

Dear Mr. Kid,

Terima kasih banyak atas link nya, akan saya pelajari lebih lanjut.
Untuk penggunaan pivot, saya hanya khawatir file nya sepertinya akan menjadi besar. Tapi akan saya coba seberapa besar.
Thx Mr. Kid

Juwono

________________________________
Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 20:45
Judul: Re: [belajar-excel] Cash dan Transfer Report


 
Hai Juwono,

Kasus seperti ini disebut filtering.
Filtering dengan formula biasanya menggunakan array formula filtering sebagai penyusun indeks posisi baris data yang akan diambil.
Array formula filtering bisa dibaca disini.

Coba juga untuk memanfaatkan fitur pivot table.

Wassalam,
Kid.

2013/3/1 Juwono Radyanto Edi juwono.re2002@yahoo.com>


>Dear all,
>
>
>Mohon bantuannya akan hal berikut ini.
>
>Pada intinya, dari sheet DATA, akan dipecah ke sheet Cash dan Transfer. Kalau pembayarannya cash maka NIK nya akan muncul di sheet Cash begitu juga kalau trfansfer, maka hanya akan muncul di sheet transfer. Mohon pencerahannya. Lampiran saya sertakan.
>
>jika pernah di bahas, mohon di berikan link nya
>
>
>Terima kasih banyak
>Juwono
>

Fri Mar 1, 2013 9:03 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Buat rekan2 yang butuh tampilan calendar 2010 untuk menginput tanggal pada sel, ini contoh sederhananya.
Saya menggnakan Event DoubleClick

ToolBox pada UserFormnya pake Additional Control "Calendar Control 9.0"

Salam,
HK

Fri Mar 1, 2013 9:05 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Maksud saya bukan Calendar 2010 tapi Calendar untuk Excel 2010.

Salam,

HK

________________________________
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 2 March 2013, 12:03
Subject: Calendar 210


Buat rekan2 yang butuh tampilan calendar 2010 untuk menginput tanggal pada sel, ini contoh sederhananya.
Saya menggnakan Event DoubleClick

ToolBox pada UserFormnya pake Additional Control "Calendar Control 9.0"

Salam,
HK

Fri Mar 1, 2013 9:27 pm (PST) . Posted by:

Kalo di pakai do excel 2007, bisa gk pak?

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 1 Mar 2013 21:05:17
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: Calendar 210

Maksud saya bukan Calendar 2010 tapi Calendar untuk Excel 2010.

Salam,

HK



________________________________
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 2 March 2013, 12:03
Subject: Calendar 210


Buat rekan2 yang butuh tampilan calendar 2010 untuk menginput tanggal pada sel, ini contoh sederhananya.
Saya menggnakan Event DoubleClick

ToolBox pada UserFormnya pake Additional Control "Calendar Control 9.0"


Salam,
HK

Sat Mar 2, 2013 2:36 am (PST) . Posted by:

"Suyatno"

Dear Master

Saya lagi belajar macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana mudahnya

u/ mepermudah maksudnya contoh sbb

Item

Qty

SumiF

a

1

1

a

2

3

a

3

6

Sebelum & sesudahnya makasih

Salam

Ocha

Sat Mar 2, 2013 3:05 am (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Cara termudah adalah dgn macro recording, tulis function yg diinginkan kmdn stop recording.

Salam, 
HK

Sent from Samsung MobileSuyatno ocha.yatno@gmail.com> wrote:Dear Master

Saya lagi belajar macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana mudahnya

u/ mepermudah maksudnya contoh sbb

Item

Qty

SumiF

a

1

1

a

2

3

a

3

6

 

Sebelum & sesudahnya makasih

Salam

Ocha

Sat Mar 2, 2013 3:10 am (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Saya blm coba. Silakan dicoba dulu. Kalo ga bisa, berarti calendar controlnya harus yg versi sebelumnya.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobilefajarandre254@yahoo.com wrote:Kalo di pakai do excel 2007, bisa gk pak?

Powered by Telkomsel BlackBerry®
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 1 Mar 2013 21:05:17 -0800 (PST)
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: Calendar 210

 
Maksud saya bukan Calendar 2010 tapi Calendar untuk Excel 2010.

Salam,
HK

From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 2 March 2013, 12:03
Subject: Calendar 210

Buat rekan2 yang butuh tampilan calendar 2010 untuk menginput tanggal pada sel, ini contoh sederhananya.
Saya menggnakan Event DoubleClick
ToolBox pada UserFormnya pake Additional Control "Calendar Control 9.0"

Salam,
HK

Fri Mar 1, 2013 9:29 pm (PST) . Posted by:

"agung aldhino" d_nozz

Terima kasih Mr. Kid
File yang dikirim sudah saya coba. tapi masih kurang. karena data masih bisa double jika kita input lagi data pada tanggal yang sama.
saya sudah coba membuat dengan macro. tapi masih error, karena menggunakan For .... Next.
sebelumnya tidak menggunakan for...next bisa. tapi kode VBA nya terlalu panjang.
jadi tadinya sengaja ingin menggunakan for....Next untuk membuat kode VBA nya lebih simple.
pada intinya saya ingin membuat kode VBA nya tanpa adanya sheet atau cell bantuan.
hehehehe.... soalnya jika dipikir pakai logika harusnya bisa. cuma sayang saya masih belum paham dengan bahasa VBA.
saya pikir dengan VBA segala hal yang kita pikir mustahil sepertinya bisa dilakukan asal kita paham dan punya kemauan untuk berkreasi dengan bahasa VBA nya...
jadi mungkin ada master excel yang bisa membantu permasalahan ini.
 
Wassalam,
Agung

________________________________
Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 28 Februari 2013 18:24
Judul: Re: [belajar-excel] Input Data Absensi

 
Coba file terlampir yang menggunakan tabel bantu penyusun data.
Susunan sheet data dipilih yang berorientasi vertikal
Sheet Database Absensi lebih layak disebut salah satu bentuk output yang bisa disusun menggunakan formula.

Wassalam,
Kid.

2013/2/28 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id>
 
>terima kasih Mr. Kid.
>tapi ada kekeliruan pemahaman. maksud pertanyaan saya adalah bagaimana kode VBE untuk input banyak data dari sheet "input absensi" (nama sebelumnya "print absensi". mungkin ini yang membuat terjadinya salah pemahaman) ke sheet "database absensi".
>berdasarkan ID karyawan dan tanggalnya. dimana data yang akan diinput adalah beberapa karyawan dan diinput untuk 1 minggu secara langsung.
>setelah saya cek history dari pertanyaan2 sobat belajar excel kok banyak yang input 1 data saja. untuk yang sekaligus seperti yang saya tanyakan kok tidak ada (atau mungkin ada yang terlewat dari pengamatan saya ya...)

>mohon maaf dan wasalam
>Agung
>
>
>Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Rabu, 27 Februari 2013 22:39
>Judul: Re: [belajar-excel] Input Data Absensi
>

>Hai Agung,File terlampir menggunakan template formula yang di-copy ke semua cell yang membutuhkan.Untuk bisa langsung print setelah tersusun, tambahkan script berikut pada baris sebelum baris End Sub : activesheet.printoutJika ingin printpreview, printout pada script di atas diganti printpreviewWassalam,Kid.
>2013/2/26 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id>

>>dear Pakar Excel,
>>saya ada case nih. mengenai input data absensi.
>>data yang di copy/dipindahkan berdasarkan tanggal dan id karyawan.
>>dan data yang dimaksukkan bisa sekaligus banyak karyawan.
>>inginnya menggunakan VBE sekalian belajar.
>>maaf merepotkan....
>>
>>file terlampir....
>>
>>Salam
>>D-Nozz
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar