15 New Messages
Digest #2141
10a
Re: Bls: [belajar-excel] (ask) membuat rumus mengabungkan berbagai k by "Raditya Azka maskun" raditya_azka
Messages
Thu Mar 7, 2013 6:37 am (PST) . Posted by:
"Winda Miranti" winda_1504
Hai Mr Kid,
Cihuii berhasil Mr Kid..
Trimakasiii banyaaakkkk Mr Kiiidd
Hihi
Regards,
Winda
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 6 Maret 2013 18:44
Judul: Re: [belajar-excel] Pengurangan Tanggal
Hai Winda,
Asumsi : data di kolom A dan bertipe datetime.
Untuk data di cell A10 :
=INT(L10-1*(HOUR(L10)<2))
Jika ingin jamnya adalah jam milik data, maka hapus Int
Wassalam,
Kid.
2013/3/6 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id >
>
>hoo iyaaaaaaaa Miss Jan maaaafffkaannn,hehe berikut saya lampir kan file nya :)
>
>Trimaksi Miss Jan
>
>Regards,
>Winda
>
>
>
>________________________________
>
>
Cihuii berhasil Mr Kid..
Trimakasiii banyaaakkkk Mr Kiiidd
Hihi
Regards,
Winda
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 6 Maret 2013 18:44
Judul: Re: [belajar-excel] Pengurangan Tanggal
Hai Winda,
Asumsi : data di kolom A dan bertipe datetime.
Untuk data di cell A10 :
=INT(L10-1*(
Jika ingin jamnya adalah jam milik data, maka hapus Int
Wassalam,
Kid.
2013/3/6 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.
>
>hoo iyaaaaaaaa Miss Jan maaaafffkaannn,
>
>Trimaksi Miss Jan
>
>Regards,
>Winda
>
>
>
>________
>
>
Thu Mar 7, 2013 6:37 am (PST) . Posted by:
jhony.excel
Ctrl + end blok row yg tidaka ada datanya sampai bawah trus delete dan blok kolom yg tdk ada datanya trus delete dan coba lagi del row nya
Best Regards,
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: Johanes Wawan <johaneswawan@yahoo.co.id >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 7 Mar 2013 10:51:07
To: belajar-excel@yahoogroups.com belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Delete row gagal
Dear master excel,
Jika ingin delete row dlm excel muncul error message sbg berikut :
"Excel cannot complete this task with available resources. Choose less data or close other applications"
Knpa bs seperti itu, dan bagaimana solusinya ?
Terima kasih.
Salam,
Wawan
Best Regards,
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: Johanes Wawan <johaneswawan@
Sender: belajar-excel@
Date: Thu, 7 Mar 2013 10:51:07
To: belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Delete row gagal
Dear master excel,
Jika ingin delete row dlm excel muncul error message sbg berikut :
"Excel cannot complete this task with available resources. Choose less data or close other applications"
Knpa bs seperti itu, dan bagaimana solusinya ?
Terima kasih.
Salam,
Wawan
Thu Mar 7, 2013 6:39 am (PST) . Posted by:
"Eka Subyantara"
Pak Wawan,
Masalah tersebut biasanya ditemukan pada Excel 2007 ke atas yang
mempunyai lembar kerja berukuran 1.048.576 baris x 16.384 kolom, atau
lebih dari 17 milyar sel !!! .
Menghapus satu baris saja berarti memindahkan SEMUA sel di bawahnya ke
satu baris di atasnya, mis: yg dihapus baris 10 maka semua kolom
(16.384 kolom) di baris baris 11 disalin ke 10, baris 12 ke 11 dst
hingga baris 1.048.576 ke 1.048.575 dan terakhir baris 1.048.576
dikosongkan. Bayangkan, berapa juta proses yang harus dilakukan dan
besarnya memori yang diperlukan?
Seperti diusulkan dalam peringatan tersebut, Bapak dapat melakukan
langkah berikut:
a. Pilih daerah operasi yang lebih kecil. (Pindahkan/move tabel)
b. Tutup dulu aplikasi lain yang tidak diperlukan (Pemutar lagu dsb)
c. Siasat lain yang terbukti ampuh (sharing dari pengalaman para pengguna)
Saya sendiri pernah mengatasi problem tersebut dengan cara:
1. Blok seluruh tabel pada sheet yang bermasalah lalu CUT (Ctrl-X),
2. Pindah ke sheet kosong lalu PASTE (Ctrl-V)
3. Pastikan tidak ada data tertinggal di sheet yg bermasalah lalu
DELETE SHEET (Alt-E+L)
4. Ubah nama sheet baru dengan nama sheet yang dihapus tadi.
Demikian semoga membantu
= eka =
Senang bisa Berbagi
On 3/7/13, Johanes Wawan <johaneswawan@yahoo.co.id > wrote:
> Dear master excel,
>
> Jika ingin delete row dlm excel muncul error message sbg berikut :
> "Excel cannot complete this task with available resources. Choose less data
> or close other applications"
> Knpa bs seperti itu, dan bagaimana solusinya ?
>
> Terima kasih.
>
>
> Salam,
> Wawan
>
Masalah tersebut biasanya ditemukan pada Excel 2007 ke atas yang
mempunyai lembar kerja berukuran 1.048.576 baris x 16.384 kolom, atau
lebih dari 17 milyar sel !!! .
Menghapus satu baris saja berarti memindahkan SEMUA sel di bawahnya ke
satu baris di atasnya, mis: yg dihapus baris 10 maka semua kolom
(16.384 kolom) di baris baris 11 disalin ke 10, baris 12 ke 11 dst
hingga baris 1.048.576 ke 1.048.575 dan terakhir baris 1.048.576
dikosongkan. Bayangkan, berapa juta proses yang harus dilakukan dan
besarnya memori yang diperlukan?
Seperti diusulkan dalam peringatan tersebut, Bapak dapat melakukan
langkah berikut:
a. Pilih daerah operasi yang lebih kecil. (Pindahkan/move tabel)
b. Tutup dulu aplikasi lain yang tidak diperlukan (Pemutar lagu dsb)
c. Siasat lain yang terbukti ampuh (sharing dari pengalaman para pengguna)
Saya sendiri pernah mengatasi problem tersebut dengan cara:
1. Blok seluruh tabel pada sheet yang bermasalah lalu CUT (Ctrl-X),
2. Pindah ke sheet kosong lalu PASTE (Ctrl-V)
3. Pastikan tidak ada data tertinggal di sheet yg bermasalah lalu
DELETE SHEET (Alt-E+L)
4. Ubah nama sheet baru dengan nama sheet yang dihapus tadi.
Demikian semoga membantu
= eka =
Senang bisa Berbagi
On 3/7/13, Johanes Wawan <johaneswawan@
> Dear master excel,
>
> Jika ingin delete row dlm excel muncul error message sbg berikut :
> "Excel cannot complete this task with available resources. Choose less data
> or close other applications"
> Knpa bs seperti itu, dan bagaimana solusinya ?
>
> Terima kasih.
>
>
> Salam,
> Wawan
>
Thu Mar 7, 2013 6:38 am (PST) . Posted by:
"Dede Suparman" dede_suparman111
Dear Mis Jan,
Maaf yg sebelum nya susah difahami. Begini, di file terlampir
yg merah ini maunya tidak ada karena yg diinput di P1+P2+P3 juga tidak ada.
Yang saya lakukan selama ini, semua produk yang ada di masukan ke sheet REKAP trus di sumif. bisa saja di filter yang <> 0, tapi tetap kan data nya ada dan exel nya jd gede.
jadi yang inti nya Mohon tampilkan & total kan HANYA yang ada di P1+P2+P3 saja di sheet REKAP.
terimakasih,
salam,
Del
________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 7 Maret 2013 8:45
Judul: Re: [belajar-excel] rekap yang ada saja
Hai pak Dede Suparman,
Mungkin bisa diperjelas lagi maksudnya..
Mau rekap semua pabrik tapi yang produknya hanya di pabrik 1,2, dan 3 saja.
Data pabrik yang lainnya mana? paling tidak bisa diberikan 1 atau 2 contoh data pabrik yang lain selain pabrik 1,2, dan 3.
atau maksudnya begini kali ya?
Dari pabrik 1, 2, dan 3, hanya item barang tertentu yang akan dimunculkan di sheet rekap? Kriteria pemilihan barangnya gimana? karena sheet rekap kosong sama sekali.
atau kalo tidak coba kasih hasil manual yang diinginkan.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Maret 2013 17.42, Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com > menulis:
>
>Dear Rekan - Rekan Be-Excel,
>Janganbosen ya, mohon bantuan nya saya mau rekap all pabrik tapi produk nya
hanya yang ada di pabrik 1, 2 dan 3 yang muncul di sheet REKAP, soalnya
produknya banyak klo semua id produk dimasukan ke REKAP trus di SUMIF data di
sheet REKAP jd lbh banyak lg.
>Dan
mohon pencerahan nya untuk isi QTY Total
>terimakasih
sebelumnya , File terlampir.
>salam,Dede
Suparman
Maaf yg sebelum nya susah difahami. Begini, di file terlampir
yg merah ini maunya tidak ada karena yg diinput di P1+P2+P3 juga tidak ada.
Yang saya lakukan selama ini, semua produk yang ada di masukan ke sheet REKAP trus di sumif. bisa saja di filter yang <> 0, tapi tetap kan data nya ada dan exel nya jd gede.
jadi yang inti nya Mohon tampilkan & total kan HANYA yang ada di P1+P2+P3 saja di sheet REKAP.
terimakasih,
salam,
Del
____________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Kamis, 7 Maret 2013 8:45
Judul: Re: [belajar-excel] rekap yang ada saja
Hai pak Dede Suparman,
Mungkin bisa diperjelas lagi maksudnya..
Mau rekap semua pabrik tapi yang produknya hanya di pabrik 1,2, dan 3 saja.
Data pabrik yang lainnya mana? paling tidak bisa diberikan 1 atau 2 contoh data pabrik yang lain selain pabrik 1,2, dan 3.
atau maksudnya begini kali ya?
Dari pabrik 1, 2, dan 3, hanya item barang tertentu yang akan dimunculkan di sheet rekap? Kriteria pemilihan barangnya gimana? karena sheet rekap kosong sama sekali.
atau kalo tidak coba kasih hasil manual yang diinginkan.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Maret 2013 17.42, Dede Suparman <dede_suparman111@
>
>Dear Rekan - Rekan Be-Excel,
>Janganbosen ya, mohon bantuan nya saya mau rekap all pabrik tapi produk nya
hanya yang ada di pabrik 1, 2 dan 3 yang muncul di sheet REKAP, soalnya
produknya banyak klo semua id produk dimasukan ke REKAP trus di SUMIF data di
sheet REKAP jd lbh banyak lg.
>Dan
mohon pencerahan nya untuk isi QTY Total
>terimakasih
sebelumnya , File terlampir.
>salam,Dede
Suparman
Thu Mar 7, 2013 6:38 am (PST) . Posted by:
"Priyatna Hadinata" priyatna_hadinata20
Siang master2 Belajar excel,
mohon dibantu,
Melalui milis ini saya belajar untuk membuat penilaian pada skala, namun ternyata saya diminta juga untuk memasukkan rekomendasi berdasarkan kriteria2 yang telah ditentukan.
ilustrasinya seperti dilampiran
semoga ada ada yang bisa memberi pencerahan.
terima kasih sebelumnya
Nata
mohon dibantu,
Melalui milis ini saya belajar untuk membuat penilaian pada skala, namun ternyata saya diminta juga untuk memasukkan rekomendasi berdasarkan kriteria2 yang telah ditentukan.
ilustrasinya seperti dilampiran
semoga ada ada yang bisa memberi pencerahan.
terima kasih sebelumnya
Nata
Thu Mar 7, 2013 6:39 am (PST) . Posted by:
"Fahmi Baskara Gmail" fahmi_baskara
Mantab beneeer…. Mr kid bisa lebih simple formulanya…
Makasih banyak para master… dJb
Salam.
Fahmi
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, March 06, 2013 8:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Konversi Text Menjadi Date Format
Oh... bagian : TRIM(SUBSTITUTE(RIGHT(B4,7),RIGHT(B4,2)," "&RIGHT(B4,2)))
bisa dipakai replace menjadi : TRIM(RIGHT(REPLACE(B4,LEN(B4)-1,0," "),8))
Wassalam,
Kid.
2013/3/6 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Oh iya, betul Pak Anton, bagian konversi waktunya masih kurang pas. Terima kasih.
Sepertinya bisa diubah jadi : (sebarang regional setting, sesuaikan deret 3 karakter nama bulan sesuai cara penulisan data)
=DATE(MID(B4,7,5),FIND(LEFT(B4,3)," JanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDec")/3,MID(B4,5,2))+TRIM(SUBSTITUTE(RIGHT(B4,7),RIGHT(B4,2)," "&RIGHT(B4,2)))
Wassalam,
Kid.
2013/3/6 summonery <summonery@yahoo.com >
Hanya jika regional setting komputernya membaca nama bulan dalam bahasa inggris, misal regional settingnya English US, bisa dicoba formula berikut ini sebagai alternatif.
=SUBSTITUTE(MID(B4,5,2)&LEFT(B4,3)&MID(B4,7,5)&" "&REPLACE(RIGHT(B4,7),FIND(":",RIGHT(B4,7))+3,0," "),"|","|")+0
Mohon dicek kembali hasil konversi di cell C6, konversi 12:35 PM ke dalam sistem 24jam seharusnya menjadi 12:35 (bukan 0:35)
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , "Fahmi Baskara Gmail" <fahmi.baskara@...> wrote:
>
> Dear Para master Excel…
>
> Mohon bantuannya para master untuk mengubah format text menjadi format date seperti contoh di bawah ini.
>
>
> Date (Text)
>
> Hasil Konversi
>
>
> Jan 17 2013 3:59PM
>
> 1/17/13 15:59
>
>
> Feb 23 2013 2:51PM
>
> 2/23/13 14:51
>
>
> Mar 16 2012 12:35PM
>
> 3/16/12 0:35
>
>
> Apr 28 2012 8:28AM
>
> 4/28/12 8:28
>
>
> May 31 2012 10:04PM
>
> 5/31/12 22:04
>
>
> Jun 5 2012 7:38AM
>
> 6/5/12 7:38
>
>
> Jul 23 2012 8:47AM
>
> 7/23/12 8:47
>
>
> Aug 23 2012 8:13AM
>
> 8/23/12 8:13
>
>
> Sep 3 2012 9:46AM
>
> 9/3/12 9:46
>
>
> Oct 2 2012 3:46PM
>
> 10/2/12 15:46
>
>
> Nov 7 2012 9:47AM
>
> 11/7/12 9:47
>
>
> Dec 30 2012 9:56PM
>
> 12/30/12 21:56
>
>
>
> Saya lampirkan juga file-nya
>
Makasih banyak para master… dJb
Salam.
Fahmi
From: belajar-excel@
Sent: Wednesday, March 06, 2013 8:31 PM
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Konversi Text Menjadi Date Format
Oh... bagian : TRIM(SUBSTITUTE(
bisa dipakai replace menjadi : TRIM(RIGHT(REPLACE(
Wassalam,
Kid.
2013/3/6 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Oh iya, betul Pak Anton, bagian konversi waktunya masih kurang pas. Terima kasih.
Sepertinya bisa diubah jadi : (sebarang regional setting, sesuaikan deret 3 karakter nama bulan sesuai cara penulisan data)
=DATE(MID(B4,
Wassalam,
Kid.
2013/3/6 summonery <summonery@yahoo.
Hanya jika regional setting komputernya membaca nama bulan dalam bahasa inggris, misal regional settingnya English US, bisa dicoba formula berikut ini sebagai alternatif.
=SUBSTITUTE(
Mohon dicek kembali hasil konversi di cell C6, konversi 12:35 PM ke dalam sistem 24jam seharusnya menjadi 12:35 (bukan 0:35)
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@
>
> Dear Para master Excel…
>
> Mohon bantuannya para master untuk mengubah format text menjadi format date seperti contoh di bawah ini.
>
>
> Date (Text)
>
> Hasil Konversi
>
>
> Jan 17 2013 3:59PM
>
> 1/17/13 15:59
>
>
> Feb 23 2013 2:51PM
>
> 2/23/13 14:51
>
>
> Mar 16 2012 12:35PM
>
> 3/16/12 0:35
>
>
> Apr 28 2012 8:28AM
>
> 4/28/12 8:28
>
>
> May 31 2012 10:04PM
>
> 5/31/12 22:04
>
>
> Jun 5 2012 7:38AM
>
> 6/5/12 7:38
>
>
> Jul 23 2012 8:47AM
>
> 7/23/12 8:47
>
>
> Aug 23 2012 8:13AM
>
> 8/23/12 8:13
>
>
> Sep 3 2012 9:46AM
>
> 9/3/12 9:46
>
>
> Oct 2 2012 3:46PM
>
> 10/2/12 15:46
>
>
> Nov 7 2012 9:47AM
>
> 11/7/12 9:47
>
>
> Dec 30 2012 9:56PM
>
> 12/30/12 21:56
>
>
>
> Saya lampirkan juga file-nya
>
Thu Mar 7, 2013 6:39 am (PST) . Posted by:
"syam ero" syamero@ymail.com
Yth. Mr Kid
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mr data pencerahan sudah diterima dan cocok sesuai dengan kebutuhan saya,
Mr kid mohon pencerahan kembali dengan penambahan sheet sebagai pengolahan
data untuk disimpan kedalam sheet Databs. Data terlampir.
Atas bantuan dan pencerahannya saya mengucapkan terimakasih.
Wasalam,
Syam
Pada 2 Maret 2013 23.11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> -- mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau to ke akun lain. cukup kirim ke
> milis Belajar-Excel --
>
> File terlampir.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
> 2013/3/2 syam ero <syamero@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Yth. para Exceller
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>> Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan Formula.
>>
>> Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah
>> laporan
>>
>> bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :
>>
>> 1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung
>> mengisi form
>>
>> pada Sheet Laporan.
>>
>> 2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan
>> hitungan.
>>
>> Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.
>>
>>
>> Wassalam,
>>
>> Syam
>>
>>
>
>
Assalamu'
Mr data pencerahan sudah diterima dan cocok sesuai dengan kebutuhan saya,
Mr kid mohon pencerahan kembali dengan penambahan sheet sebagai pengolahan
data untuk disimpan kedalam sheet Databs. Data terlampir.
Atas bantuan dan pencerahannya saya mengucapkan terimakasih.
Wasalam,
Syam
Pada 2 Maret 2013 23.11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> -- mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau to ke akun lain. cukup kirim ke
> milis Belajar-Excel --
>
> File terlampir.
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
> 2013/3/2 syam ero <syamero@gmail.
>
>> **
>>
>>
>> Yth. para Exceller
>>
>>
>> Assalamu'
>>
>> Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan Formula.
>>
>> Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah
>> laporan
>>
>> bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :
>>
>> 1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung
>> mengisi form
>>
>> pada Sheet Laporan.
>>
>> 2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan
>> hitungan.
>>
>> Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.
>>
>>
>> Wassalam,
>>
>> Syam
>>
>>
>
>
Thu Mar 7, 2013 6:40 am (PST) . Posted by:
"Ahmad Zawawi" abu_abadillah
Salam..
Kepada para senior, izinkan saya bertanya ttng masalah saya. Mohon sarannya. Semoga ada yg mengetahui solusinya.
Saya mengalami kendala pada file xlsm yg saya buat. File ini awalnya saya buat tanpa userform. Saya hanya tambahkan beberapa commandbutton di worksheet utk memposting data input ke sheet database. Sudah bekerja baik sesuai fungsinya. Hanya saja terjadi keluhan:
1. File excel ini jadi berat, (sedangkan file excel lainnya tidak masalah). Ukuran file sempat membengkak menjadi 3 MB lebih. Saya coba hapus sheet "form input" yang berisi banyak kode. Berhasil, file mengecil jadi 200KB. meski saya tetap tidak tau secara pasti penyebab sheet tsb membengkak. Saat saya insert sheet baru dan mencopy range yg saya gunakan pada sheet yg sy hapus tadi, tidak ada perubahan file yg signifikan. Padahal semua kode macro juga saya sertakan ulang. Nampaknya masalahnya murni pada worksheet bersangkutan.
Dan user sering memasukkan data dg cara copas yg mengakibatkan perubahan format cell. Cell jadi berstatus locked. Sehingga terjadi error saat tombol2 ditekan.
Lalu saya coba tambahkan userform agar saat paste teks hanya teks saja yg tercopy, tidak menyertakan format. dan juga tentunya agar bisa merasakan manfaat kemudahan userform. dengan copas code sana sini (karna msh pemula).
Userform ini blm jadi. Krn sulit mencari panduan membuat formula penjumlahan nilai bbrp textbox ke dalam sebuah textbox.
Dan makin berat pula file excel ini saya buka meski ukurannya kurang dari 600KB. Saking beratnya butuh waktu 1-2 menit untuk refresh atau klik.
Mungkin banyak faktor penyebab beratnya file excel saya.
Tp dlm forum ini, Pertanyaan saya: secara coding adakah code yg salah sehingga memperberat kerja macro?
2. Saat userform diclose, klik mouse dan tombol keyboard menjadi "tidak berfungsi" kecuali setelah macro dihentikan dari jendela VBA. Dimana letak kesalahannya?
Lampiran: mengingat filenya sangat besar melampaui ukuran yg diizinkan di milis ini (100kb), saya hanya lampirkan screenshotnya saja. Filenya saya sertakan linknya saja. http://dl.dropbox.com/u/106337971/Form_Penjualan_v4b.rar (396KB)
jika ingin mengetahui file yg membengkak hingga 3 MB ini linknya: http://dl.dropbox.com/u/106337971/Form_Penjualan_v3.rar
Mohon bantuannya. Semua sheet yang diprotect bisa dibuka tanpa menggunakan password.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, mohon maaf karna kepanjangan.
Ahmad Zawawi
Kepada para senior, izinkan saya bertanya ttng masalah saya. Mohon sarannya. Semoga ada yg mengetahui solusinya.
Saya mengalami kendala pada file xlsm yg saya buat. File ini awalnya saya buat tanpa userform. Saya hanya tambahkan beberapa commandbutton di worksheet utk memposting data input ke sheet database. Sudah bekerja baik sesuai fungsinya. Hanya saja terjadi keluhan:
1. File excel ini jadi berat, (sedangkan file excel lainnya tidak masalah)
Dan user sering memasukkan data dg cara copas yg mengakibatkan perubahan format cell. Cell jadi berstatus locked. Sehingga terjadi error saat tombol2 ditekan.
Lalu saya coba tambahkan userform agar saat paste teks hanya teks saja yg tercopy, tidak menyertakan format. dan juga tentunya agar bisa merasakan manfaat kemudahan userform. dengan copas code sana sini (karna msh pemula).
Userform ini blm jadi. Krn sulit mencari panduan membuat formula penjumlahan nilai bbrp textbox ke dalam sebuah textbox.
Dan makin berat pula file excel ini saya buka meski ukurannya kurang dari 600KB. Saking beratnya butuh waktu 1-2 menit untuk refresh atau klik.
Mungkin banyak faktor penyebab beratnya file excel saya.
Tp dlm forum ini, Pertanyaan saya: secara coding adakah code yg salah sehingga memperberat kerja macro?
2. Saat userform diclose, klik mouse dan tombol keyboard menjadi "tidak berfungsi" kecuali setelah macro dihentikan dari jendela VBA. Dimana letak kesalahannya?
Lampiran: mengingat filenya sangat besar melampaui ukuran yg diizinkan di milis ini (100kb), saya hanya lampirkan screenshotnya saja. Filenya saya sertakan linknya saja. http://dl.dropbox.
jika ingin mengetahui file yg membengkak hingga 3 MB ini linknya: http://dl.dropbox.
Mohon bantuannya. Semua sheet yang diprotect bisa dibuka tanpa menggunakan password.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, mohon maaf karna kepanjangan.
Ahmad Zawawi
Thu Mar 7, 2013 6:41 am (PST) . Posted by:
"belajar excell"
Terima kasih banyak Miss Jan atas bantuannya, sudah sesuai keinginan saya.
Regards
Ronny.
________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 7, 2013 9:37 AM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
Coba lihat file terlampir,
sudah Jan sertakan langkah-langkah solusi beserta gambarnya, semoga sesuai dengan keinginan.
Filenya pinjam punya pak Hendrik.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Maret 2013 22.37, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com > menulis:
>
>
>
>Terima kasih bnyak pak untu penjelasannya, tapi maaf, saya betul2 masih bingung
>kalau Bapak berkenan mungkin bisa lebih terperinci lagi jelaskn ke saya, soalnya saya juga masih baru dalam excell.
>
>
>Data yang saya kelola di kantr sangatlah banyak, sebulan mungkin bisa belasan ribu row, sehingga akan sangat membantu kalau rumus itu bisa fleksibel dengan adanya penambahan data tanpa saya perbaiki secara manual.
>
>
>
>
>Terima kasih
>
>
>Ronny
>
>________________________________
> From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Wednesday, March 6, 2013 10:40 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>
>Ada 2 langkah:
>- rangenya berupa kolom
>- kriterianya digeser agar tidak timbul circular reference.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>Sent from Samsung Mobile
>belajar excell <belajar.excell@yahoo.com > wrote:
>
>Dear Pak Hendrik, masalah lebih berkembang sekarng,
>
>
>bagaiamana kah caranya kalau rumus ini bersifat fleksible.maksud saya adalah jika ada penambahan data, maka otomatis rumus ini akan mencakup data yang paling terakhir di masukan tanpa harus kita buat secara manual lg ?
>
>
>
>
>Berikut saya lampirkan lagi datanya
>
>
>Terima kasih atas bantuannya.
>
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: belajar excell <belajar.excell@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:12 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>Terima kasih byk Pak Hendrik, sangat membantu sekali solusinya
>
>
>
>
>Ronny
>
>
>
>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:05 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>Hi Ronny,
>
>Coba tambahkan kriteria ,$D$4:$D$7,">="&$F$10,$D$4:$D$7,"<="&$F$11 (perhatikan tanda string)
>
>
>
>Salam,
>
>HK
>
>
>
>
>________________________________
> From: belajar excell <belajar.excell@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, 5 March 2013, 20:19
>Subject: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>Dear Para Master Excell,
>
>
>Mohon bantuannya dong, saya ada kesulitan dalam menggunakan fungsi SUMIFS dengan criteria between date.
>saya juga menyertakan filenya untuk mempermudah.
>
>
>Secara general sama masalahnya cuman mungkin waktu mau masuk criteria Date, saya ingin dari tanggal tertentu ke tanggal tertentu.
>contoh dari tanggal 31/1/2013 - 27/2/2013
>
>
>Sekali lagi terima kasih atas bantuannya
>
>
>
>
>Regards
>
>
>Ronny S
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Regards
Ronny.
____________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, March 7, 2013 9:37 AM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
Coba lihat file terlampir,
sudah Jan sertakan langkah-langkah solusi beserta gambarnya, semoga sesuai dengan keinginan.
Filenya pinjam punya pak Hendrik.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Maret 2013 22.37, belajar excell <belajar.excell@
>
>
>
>Terima kasih bnyak pak untu penjelasannya, tapi maaf, saya betul2 masih bingung
>kalau Bapak berkenan mungkin bisa lebih terperinci lagi jelaskn ke saya, soalnya saya juga masih baru dalam excell.
>
>
>Data yang saya kelola di kantr sangatlah banyak, sebulan mungkin bisa belasan ribu row, sehingga akan sangat membantu kalau rumus itu bisa fleksibel dengan adanya penambahan data tanpa saya perbaiki secara manual.
>
>
>
>
>Terima kasih
>
>
>Ronny
>
>________
> From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
>To: belajar-excel@
>Sent: Wednesday, March 6, 2013 10:40 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>
>Ada 2 langkah:
>- rangenya berupa kolom
>- kriterianya digeser agar tidak timbul circular reference.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>Sent from Samsung Mobile
>belajar excell <belajar.excell@
>
>Dear Pak Hendrik, masalah lebih berkembang sekarng,
>
>
>bagaiamana kah caranya kalau rumus ini bersifat fleksible.maksud saya adalah jika ada penambahan data, maka otomatis rumus ini akan mencakup data yang paling terakhir di masukan tanpa harus kita buat secara manual lg ?
>
>
>
>
>Berikut saya lampirkan lagi datanya
>
>
>Terima kasih atas bantuannya.
>
>
>
>
>
>
>
>________
> From: belajar excell <belajar.excell@
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:12 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>Terima kasih byk Pak Hendrik, sangat membantu sekali solusinya
>
>
>
>
>Ronny
>
>
>
>________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:05 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>Hi Ronny,
>
>Coba tambahkan kriteria ,$D$4:$D$7,"
>
>
>
>Salam,
>
>HK
>
>
>
>
>________
> From: belajar excell <belajar.excell@
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, 5 March 2013, 20:19
>Subject: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
>
>Dear Para Master Excell,
>
>
>Mohon bantuannya dong, saya ada kesulitan dalam menggunakan fungsi SUMIFS dengan criteria between date.
>saya juga menyertakan filenya untuk mempermudah.
>
>
>Secara general sama masalahnya cuman mungkin waktu mau masuk criteria Date, saya ingin dari tanggal tertentu ke tanggal tertentu.
>contoh dari tanggal 31/1/2013 - 27/2/2013
>
>
>Sekali lagi terima kasih atas bantuannya
>
>
>
>
>Regards
>
>
>Ronny S
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Thu Mar 7, 2013 6:42 am (PST) . Posted by:
"belajar excell"
Dear para Exeller,
Mohon bantuannya lagi ya,
kali ini dalam urusan pivot, sebenarnya kasusnya sudah general case, tapi yang saya ingin tanyakan adalah hasil dari pivot itu biasanya sum, count, max, dll. bagimana kah kalau hasilnya itu berupa pengurangan ? saya sudah attach dokumentnya, di situ sudah saya sertakan hasil pivot secara umum yaitu sum.seandainya dalam bentuk format yang sama, tapi hasilnya adalah pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya amount antra bulan april dengan maret.
Ronny
Mohon bantuannya lagi ya,
kali ini dalam urusan pivot, sebenarnya kasusnya sudah general case, tapi yang saya ingin tanyakan adalah hasil dari pivot itu biasanya sum, count, max, dll. bagimana kah kalau hasilnya itu berupa pengurangan ? saya sudah attach dokumentnya, di situ sudah saya sertakan hasil pivot secara umum yaitu sum.seandainya dalam bentuk format yang sama, tapi hasilnya adalah pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya amount antra bulan april dengan maret.
Ronny
Thu Mar 7, 2013 6:42 am (PST) . Posted by:
"Raditya Azka maskun" raditya_azka
Dear all,
klao bentuk data/aray seperti tabel soal no 2 di attach,
jadi nanti ada penambahan nama ke kanan,
dan setiap nama akan ada penmbahn datanya juga ke bawah
seperti biasa semua datanya dikumpul di cel "anto & semuanya" beserta jumlah yang double
gimana rumus formulanya ya..
saya dah coba copy & edit-edit aray dari gan Kid hasilny gatot melulu
ternyata belajar frmula excell lumayan susah...
wassalam..
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Mungkin seperti file terlampir (pinjam filenya Pak Agung).
>
> Dalam membuat atau mengedit array formula (formula yang tampak diapit {} )
> selalu diakhiri menekan CTRL SHIFT ENTER dan bukan hanya ENTER.
>
> Wassalam,
> Kid.
klao bentuk data/aray seperti tabel soal no 2 di attach,
jadi nanti ada penambahan nama ke kanan,
dan setiap nama akan ada penmbahn datanya juga ke bawah
seperti biasa semua datanya dikumpul di cel "anto & semuanya" beserta jumlah yang double
gimana rumus formulanya ya..
saya dah coba copy & edit-edit aray dari gan Kid hasilny gatot melulu
ternyata belajar frmula excell lumayan susah...
wassalam..
--- In belajar-excel@
>
> Mungkin seperti file terlampir (pinjam filenya Pak Agung).
>
> Dalam membuat atau mengedit array formula (formula yang tampak diapit {} )
> selalu diakhiri menekan CTRL SHIFT ENTER dan bukan hanya ENTER.
>
> Wassalam,
> Kid.
Thu Mar 7, 2013 6:43 am (PST) . Posted by:
"Muhammad Iqbal" iq_bal76id
Dear Exceller,
Mau Tanya bagaimana cara memproteksi cell seperti contoh,
sehingga baris ke 33 tidak bisa di klik, maupun di lihat rumusnya.
Saya mencoba dengan proteksi sheet dari menu review, namun
tetap bisa di klik dan dilihat rumusnya.
Thanks
Regard
Muhammad Iqbal
Mau Tanya bagaimana cara memproteksi cell seperti contoh,
sehingga baris ke 33 tidak bisa di klik, maupun di lihat rumusnya.
Saya mencoba dengan proteksi sheet dari menu review, namun
tetap bisa di klik dan dilihat rumusnya.
Thanks
Regard
Muhammad Iqbal
Thu Mar 7, 2013 6:43 am (PST) . Posted by:
"Jojo Reka" jojoreka@ymail.com
Assalamualaikum Wr.Wb....
Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk utk memecahkan persoalan ini :
1. pada sheet master : yang diinginkan adalah jika kode dan nama siswa kosong maka jumlah pelanggaran juga kosong.
2. pada sheet cari_siswa : berdasarkan point pelanggaran yang ada di sheet master, maka jumlah total point pelanggaran terinput ke sheet cari_siswa ini.
3. pada sheet laporan : jika pada salah satu atau kedua text box diisi tgl pelanggaran maka muncul data yang diinginkan pada tabel dibawahnya seperti pencarian data yang lainnya (nama siswa, kelas dll.)
4. pada sheet laporan :bagaimana formula / vba untuk memunculkan kotak calender pada text box pencarian tanggal sama seperti pada kolom B sheet master .
file terlampir, terima kasih.
Aassalamualaikum Wr.Wb.... .
Para pakar n rekan2, Mhn petunjuk utk memecahkan persoalan ini :
1. pada sheet master : yang diinginkan adalah jika kode dan nama siswa kosong maka jumlah pelanggaran juga kosong.
2. pada sheet cari_siswa : berdasarkan point pelanggaran yang ada di sheet master, maka jumlah total point pelanggaran terinput ke sheet cari_siswa ini.
3. pada sheet laporan : jika pada salah satu atau kedua text box diisi tgl pelanggaran maka muncul data yang diinginkan pada tabel dibawahnya seperti pencarian data yang lainnya (nama siswa, kelas dll.)
4. pada sheet laporan :bagaimana formula / vba untuk memunculkan kotak calender pada text box pencarian tanggal sama seperti pada kolom B sheet master .
file terlampir, terima kasih.
Aassalamualaikum Wr.Wb.... .
Thu Mar 7, 2013 6:43 am (PST) . Posted by:
"cindhi dwi" cindhi.nouvie
Assalamu'alaikum wr wb.
Master & Mbakter excel,,
Saya ingin membuat pivot table di macro excel..
Awalnya saya menggunakan record macro, tapi dalam command, ada range datanya..
ActiveWorkbook.PivotCaches.Create(SourceType:=xlDatabase, SourceData:= _
"Raw_Data!R1C1:R1048576C39", Version:=xlPivotTableVersion14).CreatePivotTable _
TableDestination:="Sheet1!R1C1", TableName:="PivotTable1", DefaultVersion _
:=xlPivotTableVersion14
Jika jumlah raw datanya bertambah, macro tersebut akan debug..
Menurut Suhu excel di sini, command seperti apa yang harus saya masukan??
Terima Kasih,
Wa'alaikumsalam wr wb
Cindhi Dwi Novita
Master & Mbakter excel,,
Saya ingin membuat pivot table di macro excel..
Awalnya saya menggunakan record macro, tapi dalam command, ada range datanya..
ActiveWorkbook.
"Raw_Data!
TableDestination:
:=xlPivotTableVersi
Jika jumlah raw datanya bertambah, macro tersebut akan debug..
Menurut Suhu excel di sini, command seperti apa yang harus saya masukan??
Terima Kasih,
Wa'alaikumsalam wr wb
Cindhi Dwi Novita
Thu Mar 7, 2013 6:44 am (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
Coba pastikan tombol Scroll Lock pada keyboard dalam keadaan off,
jika masih terjadi hal yng sama maka coba cek tombol CTRL pada keyboard
kemungkinan ada yang tidak kembali ke atas (tertekan kebawah)
Selain kedua hal itu Jan tidak mengetahui lagi penyebabnya,
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 7 Maret 2013 10.46, ppc lambda <ppc_03@sami.co.id > menulis:
> **
>
>
> **
> para pakar
> saat saya buka excel dan menggunakan scrolldown scroollup yang terjadi
> adalah ZoomIn ZoomOut
> mohon bantuannya, bagaimana caranya menormalkan excel tersebut?
> saya juga sudah melakukan install ulang excel
>
> Nb: untuk ms office word kondisi normal
>
> Terimakasih
> Best Regard
> <>.<>.<>.<>.<>.<>.
> @bdul
> SAMI -*- Planning Production Control
> Lambda
>
>
>
jika masih terjadi hal yng sama maka coba cek tombol CTRL pada keyboard
kemungkinan ada yang tidak kembali ke atas (tertekan kebawah)
Selain kedua hal itu Jan tidak mengetahui lagi penyebabnya,
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 7 Maret 2013 10.46, ppc lambda <ppc_03@sami.
> **
>
>
> **
> para pakar
> saat saya buka excel dan menggunakan scrolldown scroollup yang terjadi
> adalah ZoomIn ZoomOut
> mohon bantuannya, bagaimana caranya menormalkan excel tersebut?
> saya juga sudah melakukan install ulang excel
>
> Nb: untuk ms office word kondisi normal
>
> Terimakasih
> Best Regard
> <>.<
> @bdul
> SAMI -*- Planning Production Control
> Lambda
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar