Rabu, 10 Agustus 2011

[belajar-excel] Digest Number 1286

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Trs: Schedule Harian From: jkssbma
1b.
Re: Trs: Schedule Harian From: jkssbma
2a.
Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: Tri Wicaksono
2b.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: STDEV(i)
2c.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: zainul ulum [yahoo]
2d.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: STDEV(i)
2e.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: STDEV(i)
2f.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: Tri Wicaksono
2g.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: Mr. Kid
2h.
Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu From: STDEV(i)
3.
Bls: [belajar-excel] Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator t From: ghozi alkatiri
4.
Input Usur Form dng bersamaan yang dilingkapi dng fitur LAN From: Harry
5a.
rumus menentukan periode jatuh tempo From: harry budiman
5b.
Re: rumus menentukan periode jatuh tempo From: Mr. Kid
5c.
Re: rumus menentukan periode jatuh tempo From: STDEV(i)
6a.
masukkan data ke sheet secara otomatis From: Wewith Isme
6b.
Re: masukkan data ke sheet secara otomatis From: Mr. Kid
6c.
Re: masukkan data ke sheet secara otomatis From: STDEV(i)
7.
Mengisi User Form secara bersamaan yang dilengkapi dng fitur LAN From: Harry
8a.
Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo From: ghozi alkatiri
8b.
Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo From: harry budiman
8c.
Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo From: STDEV(i)
8d.
Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo From: harry budiman
9.
OOT - Kartu Lebaran Cantik dari BeExcel From: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
10.
Mencari data dalam daftar tidak urut From: agung_widodo@sanyo.com

Messages

1a.

Re: Trs: Schedule Harian

Posted by: "jkssbma" jkssbma@live.com   jkssbma

Wed Aug 10, 2011 12:46 am (PDT)





Selamat berskedul-ria

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Sudarsono Suhenk
Sent: Wednesday, August 10, 2011 2:09 PM
To: belajar excel yahoo.com
Subject: RE: [belajar-excel] Re: Trs: Schedule Harian

Calender di Live Mail dapat di shared :
1. view only, atau
2. Edit, delete kepada orang tertentu

(sebaiknya yg punya account di live.com juga), ini alamat calender nya
http://bay04.calendar.live.com/calendar/calendar.aspx#
<http://bay04.calendar.live.com/calendar/calendar.aspx>

> To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>

> From: jkssbma@live.com <mailto:jkssbma%40live.com>
> Date: Wed, 10 Aug 2011 13:46:37 +0700
> Subject: RE: [belajar-excel] Re: Trs: Schedule Harian
>
> Ada link ttg windows Calender
:http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_Live_Mail
> buat account di live.com , serta manfaatkan :Windows Live ada calender yg
dapat di shared scara online To: belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>

1b.

Re: Trs: Schedule Harian

Posted by: "jkssbma" jkssbma@live.com   jkssbma

Wed Aug 10, 2011 8:46 pm (PDT)





Maka jkss's calendar yg di shared dapat muncul di calendar anda

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of jkssbma
Sent: Wednesday, August 10, 2011 2:32 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Re: Trs: Schedule Harian

Selamat berskedul-ria

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Sudarsono Suhenk
Sent: Wednesday, August 10, 2011 2:09 PM
To: belajar excel yahoo.com
Subject: RE: [belajar-excel] Re: Trs: Schedule Harian

Calender di Live Mail dapat di shared :
1. view only, atau
2. Edit, delete kepada orang tertentu

(sebaiknya yg punya account di live.com juga), ini alamat calender nya
http://bay04.calendar.live.com/calendar/calendar.aspx#
<http://bay04.calendar.live.com/calendar/calendar.aspx>

> To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>

> From: jkssbma@live.com <mailto:jkssbma%40live.com>
> Date: Wed, 10 Aug 2011 13:46:37 +0700
> Subject: RE: [belajar-excel] Re: Trs: Schedule Harian
>
> Ada link ttg windows Calender
:http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_Live_Mail
> buat account di live.com , serta manfaatkan :Windows Live ada calender yg
dapat di shared scara online To: belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>

2a.

Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "Tri Wicaksono" triw2000@yahoo.com   triw2000

Wed Aug 10, 2011 12:49 am (PDT)



Dear Experts,
 
Mohon pencerahan, saya hendak melakukan penjumlahan atas pencapaian suatu target hingga bulan tertentu dari bulan Januari.
Jika saya mengisi indikator = 5 , maka yang dilakukan adalah menjumlahkan pencapaian dari januari sampai mei, jika 7 artinya jumlah januari sampai juli dan seterusnya.
Saya sudah mencoba menggunakan formula "IF", tapi terlalu panjang. Dan terbatas maksimal berapa kali "IF" saja.
 
File contoh dan requirement terlampir.
 
Mohon pencerahannya.
 
Thx in advance.
Tri W
2b.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 12:54 am (PDT)



sederhana pak kalau mau pakai offset

*=SUM(OFFSET($B$6,0,1,1,C9))*

penjelasan menyusul

2011/8/10 Tri Wicaksono <triw2000@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Experts,
>
> Mohon pencerahan, saya hendak melakukan penjumlahan atas pencapaian suatu
> target hingga bulan tertentu dari bulan Januari.
> Jika saya mengisi indikator = 5 , maka yang dilakukan adalah menjumlahkan
> pencapaian dari januari sampai mei, jika 7 artinya jumlah januari sampai
> juli dan seterusnya.
> Saya sudah mencoba menggunakan formula "IF", tapi terlalu panjang. Dan
> terbatas maksimal berapa kali "IF" saja.
>
> File contoh dan requirement terlampir.
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Thx in advance.
> Tri W
>
2c.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "zainul ulum [yahoo]" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Wed Aug 10, 2011 12:57 am (PDT)



Coba rumus:

=SUM(OFFSET($C$6,,,,$C$9))

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Tri Wicaksono
Sent: Wednesday, August 10, 2011 2:49 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator
tertentu

Dear Experts,

Mohon pencerahan, saya hendak melakukan penjumlahan atas pencapaian suatu
target hingga bulan tertentu dari bulan Januari.

Jika saya mengisi indikator = 5 , maka yang dilakukan adalah menjumlahkan
pencapaian dari januari sampai mei, jika 7 artinya jumlah januari sampai
juli dan seterusnya.

Saya sudah mencoba menggunakan formula "IF", tapi terlalu panjang. Dan
terbatas maksimal berapa kali "IF" saja.

File contoh dan requirement terlampir.

Mohon pencerahannya.

Thx in advance.

Tri W

2d.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 1:20 am (PDT)



Sintaks fungsi OFFSET
*
*
*OFFSET(reference, rows, cols, height, width)*
Offset bertujuan merujuk sebuah Range yg letak dan dimensinya
terukur dengan 4 parameter, diukur dari Cell Referensinya

*=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*

penjelasannya:

si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:

*1.*
jika dilhat dari B6 (cell referensi), range itu Pojok KiriAtas-nya ...

*2. *
berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika sama boleh tidak
dituliskan)

*3.*
berjarak (horisontal) 1 kolom

*4.*
setinggi 1 BARIS

*5*
selebar C9 KOLOM (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)

Dengan demikian rumus tsb juga boleh ditulis (menggeser Cell Referensinya ke
kanan)
*=SUM(OFFSET($C$6,0,0,1,C9))*

Keempat Argument (argument no. 2 s/d no.5 *boleh tidak dituliskan *(tetapi
tetap memberi tempat
dengan tetap menuliskan tanda pemisah argumentnya), jika ternyata nilainya
sama dengan
keadaan cell referensinya. !!

*
*

2011/8/10 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> sederhana pak kalau mau pakai offset
>
> *=SUM(OFFSET($B$6,0,1,1,C9))*
>
> penjelasan menyusul
>
> > 2011/8/10 Tri Wicaksono <triw2000@yahoo.com>
> >>
> >> Dear Experts,
> >> Mohon pencerahan, saya hendak melakukan penjumlahan atas pencapaian
> suatu target hingga bulan tertentu dari bulan Januari.
> >> Jika saya mengisi indikator = 5 , maka yang dilakukan adalah
> menjumlahkan pencapaian dari januari sampai mei, jika 7 artinya jumlah
> januari sampai juli dan seterusnya.
> >> Saya sudah mencoba menggunakan formula "IF", tapi terlalu panjang. Dan
> terbatas maksimal berapa kali "IF" saja.
> >>
> >> File contoh dan requirement terlampir.
> >> Mohon pencerahannya.
> >>
> >> Thx in advance.
> >> Tri W
>
2e.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 1:42 am (PDT)



maaf,
ada salah tulis (letak tulisan) yg mengganggu pengertian; seharusnya sbb

*=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*

*penjelasannya:*
si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:
*1.*
jika dilhat dari B6 (cell referensi), range itu .....
*2. *
Pojok KiriAtas-nya berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika
sama boleh tidak dituliskan)
*3.*
Pojok KiriAtas-nya berjarak (horisontal) 1 kolom
*4.*
Range yg diinginkan: Setinggi 1 BARIS
*5*
selebar C9 KOLOM (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)

[image: jangkauan offset.GIF]

fungsi offset secara lebih detil dijelaskan di sini:
http://www.box.net/shared/m8xzyafe5g

2011/8/10 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> Sintaks fungsi OFFSET
> *
> *
> *OFFSET(reference, rows, cols, height, width)*
> Offset bertujuan merujuk sebuah Range yg letak dan dimensinya
> terukur dengan 4 parameter, diukur dari Cell Referensinya
>
> *=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*
>
> penjelasannya:
>
> si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:
>
> *1.*
> jika dilhat dari B6 (cell referensi), range itu Pojok KiriAtas-nya ...
>
> *2. *
> berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika sama boleh tidak
> dituliskan)
>
> *3.*
> berjarak (horisontal) 1 kolom
>
> *4.*
> setinggi 1 BARIS
>
> *5*
> selebar C9 KOLOM (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)
>
>
> Dengan demikian rumus tsb juga boleh ditulis (menggeser Cell Referensinya
> ke kanan)
> *=SUM(OFFSET($C$6,0,0,1,C9))*
>
> Keempat Argument (argument no. 2 s/d no.5 *boleh tidak dituliskan *(tetapi
> tetap memberi tempat
> dengan tetap menuliskan tanda pemisah argumentnya), jika ternyata nilainya
> sama dengan
> keadaan cell referensinya. !!
>
> *
> *
>
2f.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "Tri Wicaksono" triw2000@yahoo.com   triw2000

Wed Aug 10, 2011 2:17 am (PDT)



pantesan saat utak-atik di layout yg sesungguhnya, yg sedikt berbeda dari layout yg saya kirim. Ada yang sy tukar pengertiannya.
tp intinya sudah solve sesuai yg dikehendaki.
sekali lagi ..terimakasih .. :-)

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, August 10, 2011 3:42 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

 
maaf, 
ada salah tulis (letak tulisan) yg mengganggu pengertian;  seharusnya sbb

=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )

penjelasannya:
si SUM mau menjumlah data di sebuah RANGE yang:
1. 
jika dilhat dari B6 (cell referensi),  range itu  .....
2. 
Pojok KiriAtas-nya berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika sama boleh tidak dituliskan)
3.
Pojok KiriAtas-nya  berjarak (horisontal)  1 kolom 
4.
Range yg diinginkan: Setinggi  1 BARIS
5
selebar  C9  KOLOM  (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)

fungsi offset secara lebih detil dijelaskan di sini:  http://www.box.net/shared/m8xzyafe5g

2011/8/10 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

Sintaks fungsi OFFSET
>
>
>OFFSET(reference, rows, cols, height, width)
>Offset bertujuan merujuk sebuah Range yg letak dan dimensinya
>terukur dengan 4 parameter, diukur dari Cell Referensinya
>
>
>=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )
>
>
>penjelasannya:
>
>
>si SUM mau menjumlah data di sebuah RANGE yang:
>
>
>1. 
>jika dilhat dari B6 (cell referensi),  range itu Pojok KiriAtas-nya ...
>
>
>2. 
>berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika sama boleh tidak dituliskan)
>
>
>3.
>berjarak (horisontal)  1 kolom 
>
>
>4.
>setinggi  1 BARIS
>
>
>5
>selebar  C9  KOLOM  (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)
>
>
>
>
>Dengan demikian rumus tsb juga boleh ditulis (menggeser Cell Referensinya ke kanan)
>=SUM(OFFSET($C$6,0,0,1,C9))
>
>
>Keempat Argument (argument no. 2 s/d no.5 boleh tidak dituliskan (tetapi tetap memberi tempat
>dengan tetap menuliskan tanda pemisah argumentnya), jika ternyata nilainya sama dengan 
>keadaan cell referensinya. !!
>
>
>
>
2g.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Aug 10, 2011 3:58 am (PDT)



Kalau mau pakai yang gak volatile :
=SUMIF(C5:N5,"<="&C9,C6:N6)
atau
=SUM(C6:INDEX(C6:N6,1,C9))

Agak panjangan dikit :
=SUMPRODUCT(C6:N6*(C5:N5<=C9))

Array formula saja biar pendek
=SUM(C6:N6*(C5:N5<=C9))

Kid.

2011/8/10 Tri Wicaksono <triw2000@yahoo.com>

> pantesan saat utak-atik di layout yg sesungguhnya, yg sedikt berbeda dari
> layout yg saya kirim. Ada yang sy tukar pengertiannya.
> tp intinya sudah solve sesuai yg dikehendaki.
> sekali lagi ..terimakasih .. :-)
>
> *From:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, August 10, 2011 3:42 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menjumlahkan nilai cell berdasarkan
> indikator tertentu
>
>
> maaf,
> ada salah tulis (letak tulisan) yg mengganggu pengertian; seharusnya sbb
>
>
> *=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*
>
> *penjelasannya:*
> si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:
> *1.*
> jika dilhat dari B6 (cell referensi), range itu .....
> *2. *
> Pojok KiriAtas-nya berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg
> sama (jika sama boleh tidak dituliskan)
> *3.*
> Pojok KiriAtas-nya berjarak (horisontal) 1 kolom
> *4.*
> Range yg diinginkan: Setinggi 1 BARIS
> *5*
> selebar C9 KOLOM (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)
>
>
> [image: jangkauan offset.GIF]
>
>
> fungsi offset secara lebih detil dijelaskan di sini:
> http://www.box.net/shared/m8xzyafe5g
>
>
>
>
> 2011/8/10 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>
> Sintaks fungsi OFFSET
> *
> *
> *OFFSET(reference, rows, cols, height, width)*
> Offset bertujuan merujuk sebuah Range yg letak dan dimensinya
> terukur dengan 4 parameter, diukur dari Cell Referensinya
>
> *=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*
>
> penjelasannya:
>
> si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:
>
> *1.*
> jika dilhat dari B6 (cell referensi), range itu Pojok KiriAtas-nya ...
>
> *2. *
> berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg sama (jika sama boleh tidak
> dituliskan)
>
> *3.*
> berjarak (horisontal) 1 kolom
>
> *4.*
> setinggi 1 BARIS
>
> *5*
> selebar C9 KOLOM (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)
>
>
> Dengan demikian rumus tsb juga boleh ditulis (menggeser Cell Referensinya
> ke kanan)
> *=SUM(OFFSET($C$6,0,0,1,C9))*
>
> Keempat Argument (argument no. 2 s/d no.5 *boleh tidak dituliskan *(tetapi
> tetap memberi tempat
> dengan tetap menuliskan tanda pemisah argumentnya), jika ternyata nilainya
> sama dengan
> keadaan cell referensinya. !!
>
> *
> *
>
>
>
>
2h.

Re: Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 6:35 am (PDT)



Ysh Pak Tri,
*
*
*salah tulisnya * *bukan di rumusnya,* tetapi *di penjelasannya*
(kata "jika dilihat" diturunkan statusnya menjadi berlaku untuk satu point
bukan untuk semua point seperti sebelumnya)

mengenai perbedaan cel referensi B6 dan C6 tetap benar, asal diikuti oleh
nilai Argument ke2 yg sesuai.
Kedua contoh rumus yg diajukan hasilnya sama

*=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*
*=SUM( OFFSET($C$6,0,0,1,C9) )*
*
*
*
*

2011/8/10 Tri Wicaksono <triw2000@yahoo.com>

> *pantesan saat utak-atik di layout yg sesungguhnya*, yg sedikt berbeda
> dari layout yg saya kirim. Ada yang sy tukar pengertiannya.
> tp intinya sudah solve sesuai yg dikehendaki.
> sekali lagi ..terimakasih .. :-)
>
> *From:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> *Sent:* Wednesday, August 10, 2011 3:42 PM
>
> maaf,
> ada salah tulis (letak tulisan) yg mengganggu pengertian; seharusnya sbb
>
> *=SUM( OFFSET($B$6,0,1,1,C9) )*
>
> *penjelasannya:*
> si *SUM *mau menjumlah data di *sebuah RANGE* *yang*:
> *1.*
> *jika dilhat dari* B6 (cell referensi), range itu .....
> *2. *
> Pojok KiriAtas-nya berjarak (vertikal) 0 baris alias di baris yg
> sama (jika sama boleh tidak dituliskan)
> *3.*
> Pojok KiriAtas-nya berjarak (horisontal) 1 kolom
> *4.*
> Range yg diinginkan: Setinggi 1 BARIS
> *5*
> selebar C9 KOLOM (jumlah kolom tergantung dari nilai di C9 gitu loch..)
>
> fungsi offset secara lebih detil dijelaskan di sini:
> http://www.box.net/shared/m8xzyafe5g
>
>
>
3.

Bls: [belajar-excel] Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator t

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Aug 10, 2011 5:42 am (PDT)



solusi alternatif

penjumlahan total
achievement selalu dimulai dari C6 sampai dengan kolom tempat angka yang di
sebutkan di bulan achievement berada yang terbentang dari  kolom C5:N5

misalkan
bulan achievement di isi angka 3 maka,

total achievement  = SUM(C6:E6) karena angka 3 pada tabel bulan
berada di kolom E maka achievement yang diinginkan berakhir di kolom E .

dari
kondisi ini sudah bisa dipastikan pasti formula untuk mencari nilai

total achievement  selalu berbunyi  SUM(C6:?) 
nilai ? tergantung  pada letak
nilai bulan achievement di kolom C5:N5

untuk
mencari  di kolom mana  bulan achievement berada kita bisa
menggunakan fungsi  adress

=ADDRESS(6;MATCH(C9;A5:N5))

nilai
6 pada formula menunjukan no baris achievement 
pada tabel

MATCH(C9;A5:N5) 
mencari posis kolom nilai C9 (bulan 
achievement) pada bentangan Kolom 
A5:N5 . dalam contoh ini karena nilai di C9 berisi angka 3 maka formula
Match ini  dan posisi angka 3 pada
bentangan  A5:N5 berada  di kolom E tentu pada hasil match akan
menghasilkan angka  5 urutan  A,B,C,D,E 

maka hasil dari formula

=ADDRESS(6;MATCH(C9;A5:N5)) akan menghasilkan nilai  $E$6 
dan nilai ini adalah referensi yang 
dicari (? 
)untuk  mendapatkan nilai total
achievement.  tapi untuk bisa dipadukan
dengan  nilai C6 yang sudah stanby  referensi 
ini harus disajikan  dalam
kondisi  indirect supay bisa dirujuk oleh
formula, jadai formula lengkapnya adalah

=SUM((C6:INDIRECT(ADDRESS(6;MATCH(C9;A5:N5)))))
selengkapnuya lihat di attachment
wassalam
Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 10/8/11, Tri Wicaksono <triw2000@yahoo.com> menulis:

Dari: Tri Wicaksono <triw2000@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Menjumlahkan nilai cell berdasarkan indikator tertentu
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Rabu, 10 Agustus, 2011, 2:49 PM

 

Dear Experts,
 
Mohon pencerahan, saya hendak melakukan penjumlahan atas pencapaian suatu target hingga bulan tertentu dari bulan Januari.
Jika saya mengisi indikator = 5 , maka yang dilakukan adalah menjumlahkan pencapaian dari januari sampai mei, jika 7 artinya jumlah januari sampai juli dan seterusnya.
Saya sudah mencoba menggunakan formula "IF", tapi terlalu panjang. Dan terbatas maksimal berapa kali "IF" saja.
 
File contoh dan requirement terlampir.
 
Mohon pencerahannya.
 
Thx in advance.
Tri W

4.

Input Usur Form dng bersamaan yang dilingkapi dng fitur LAN

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Wed Aug 10, 2011 6:17 am (PDT)



Mohon informasi
atau cara pemecahan permasalahan saya dng situasi sbb:
 
Pada Program Excel
(User Form) yang telah menggunakan LAN, yang melakukan proses penginputan
secara bersamaan yang dilengkapi dengan fitur penomoran (No. Registrasi) secara
otomatis...?
 
Misalnya pada PC 1,
menginput No. Registrasi 1, PC 2 menginput No. Registrasi 2, PC 3 menginput No.
Registrasi 3. Selanjutnya jika PC 1 telah selesai penginput No. Registrasi 1,
otomatis bisa menginput No. Registrasi 4 karena No. Registrasi 2 dan No.
Registrasi 3 telah dilakukan oleh PC 2 & PC 3.
Selanjutnya jika PC
3 lebih dahulu menyelesaikan penginputan dng No. Registrasi 3, otomatis bisa
melanjutkan penginputan dng No. Registrasi 4 dan jika PC 2 telah melakukan
penginputannya, otomatis dapat melakukan penginputan dng No. Registrasi selanjutnya
dst, dst.
 
Terima kasih atas
informasi dan berkenan akan rumus dan caranya.
 
Regard,
 
 
Harry
5a.

rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Wed Aug 10, 2011 8:09 am (PDT)



salam hormat para pakar,

saya ingin menanyakan mengenai rumus perhitungan periode jatuh tempo,
contohnya : bulan review saat ini adalah bulan agustus,
maka semua yang pencairan di bulan :
Januari adalah jatuh tempo ke 6
Febuari adalah jatuh tempo ke 5
Maret adalah jatuh tempo ke 4
April adalah jatuh tempo ke 3
Mei adalah jatuh tempo ke 2
Juni adalah jatuh tempo ke 1

dan seterusnya ketika Bulan SEPTEMBER,
maka pencairan di bulan
Februari adalah jatuh tempo ke 6
Maret adalah jatuh tempo ke 5
April adalah jatuh tempo ke 4
Mei adalah jatuh tempo ke 3
Juni adalah jatuh tempo ke 2
Juli adalah jatuh tempo ke 1

Untuk lebih jelas saya lampirkan contoh ilustrasi kasus ini,
terima kasih atas bantuannya,

salam hormat,

Harry B
5b.

Re: rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Aug 10, 2011 8:55 am (PDT)



Hai Harry,

File terlampir dibantu daftar bulan 2 tahun untuk dijadikan list dalam data
validation dan menyimpelkan array formula penyusunan periode.

Kid.

2011/8/10 harry budiman <harbudiman@gmail.com>

> **
>
>
> salam hormat para pakar,
>
> saya ingin menanyakan mengenai rumus perhitungan periode jatuh tempo,
> contohnya : bulan review saat ini adalah bulan agustus,
> maka semua yang pencairan di bulan :
> Januari adalah jatuh tempo ke 6
> Febuari adalah jatuh tempo ke 5
> Maret adalah jatuh tempo ke 4
> April adalah jatuh tempo ke 3
> Mei adalah jatuh tempo ke 2
> Juni adalah jatuh tempo ke 1
>
> dan seterusnya ketika Bulan SEPTEMBER,
> maka pencairan di bulan
> Februari adalah jatuh tempo ke 6
> Maret adalah jatuh tempo ke 5
> April adalah jatuh tempo ke 4
> Mei adalah jatuh tempo ke 3
> Juni adalah jatuh tempo ke 2
> Juli adalah jatuh tempo ke 1
>
> Untuk lebih jelas saya lampirkan contoh ilustrasi kasus ini,
> terima kasih atas bantuannya,
>
> salam hormat,
>
> Harry B
>
>
5c.

Re: rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 2:17 pm (PDT)



Formula alternatif:
*
*
*1. *
Kalau Data Sumber (yang seharusnya berupa data DATE)* ditulis *
*hanya sebagai TEXT Nama Bulan (dlm bahasa Indonesia)
*

*Array Formula*
=MATCH(G$37;TEXT(DATE(1900;ROW($1:$12);1);"[$-421]MMMM");0)-
MATCH(F39;TEXT(DATE(1900;ROW($1:$12);1);"[$-421]MMMM");0)-1

*2.*
Kalau Data Sumber *berupa data DATE*
*Formula biasa *(bukan Array Formula*)*
=DATEDIF(I39;$J$37-1;"M")

Kedua rumus mengasumsikan : Regional & Language setting komputer anda = *
Indonesian*

2011/8/10 harry budiman <harbudiman@gmail.com>

> **
>
> salam hormat para pakar,
> saya ingin menanyakan mengenai rumus perhitungan periode jatuh tempo,
> contohnya : bulan review saat ini adalah bulan agustus,
> maka semua yang pencairan di bulan :
> Januari adalah jatuh tempo ke 6
> Febuari adalah jatuh tempo ke 5
> Maret adalah jatuh tempo ke 4
> April adalah jatuh tempo ke 3
> Mei adalah jatuh tempo ke 2
> Juni adalah jatuh tempo ke 1
>
> dan seterusnya ketika Bulan SEPTEMBER,
> maka pencairan di bulan
> Februari adalah jatuh tempo ke 6
> Maret adalah jatuh tempo ke 5
> April adalah jatuh tempo ke 4
> Mei adalah jatuh tempo ke 3
> Juni adalah jatuh tempo ke 2
> Juli adalah jatuh tempo ke 1
>
> Untuk lebih jelas saya lampirkan contoh ilustrasi kasus ini,
> terima kasih atas bantuannya,
>
> salam hormat,
>
> Harry B
>
6a.

masukkan data ke sheet secara otomatis

Posted by: "Wewith Isme" wewithisme@ymail.com   wewithism

Wed Aug 10, 2011 8:16 am (PDT)



saat ini lagi bingung mencari cara agar dapat memasukkan data secara otomatis ke masing-masing sheet tersendiri. contoh :

No    Nama            Jumlah
1        Andi                8
2        Joko                12
3        Pardi                5dari data tersebut saat dimasukkan disuatu sheet maka secara otomatis juga menempatkan sheetnya masing-masing berdasarkan kolom nama beserta jumlahnya (sheet : Andi dg jmh 8, sheet : Joko dg jmh 12, sheet : Pardi dg jmh 5). mungkin ini kebalikan dari beberapa sheet dpt terekap disatu sheet. mohon pencerahannya.
6b.

Re: masukkan data ke sheet secara otomatis

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Aug 10, 2011 9:06 am (PDT)



Hai Isme,

Andai sheet dengan nama-nama tersebut sekedar summary, coba gunakan array
formula filtering atau pivot table.
Sebaiknya sheet data hanya di satu sheet saja, untuk seluruh data sepanjang
masa. Jika barisnya kurang, mulai dipikirkan untuk migrasi data (hanya sheet
data) ke database.
Sheet input di satu sheet saja, kemudian proses pemindahan hasil input ke
sheet data dilakukan menggunakan VBA.

Contoh dari thread yang lalu sudah banyak sekali untuk semua hal tersebut.
Tinggal diadopsi, disesuaikan, dan dibundle jadi satu aplikasi sesuai
kebutuhan.
Cari-cari thread lama
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

Coba deh jalan-jalan ke archvie milis

http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

Kid.

2011/8/10 Wewith Isme <wewithisme@ymail.com>

> **
>
>
> saat ini lagi bingung mencari cara agar dapat memasukkan data secara
> otomatis ke masing-masing sheet tersendiri. contoh :
> No Nama Jumlah
> 1 Andi 8
> 2 Joko 12
> 3 Pardi 5
> dari data tersebut saat dimasukkan disuatu sheet maka secara otomatis juga
> menempatkan sheetnya masing-masing berdasarkan kolom nama beserta jumlahnya
> (sheet : Andi dg jmh 8, sheet : Joko dg jmh 12, sheet : Pardi dg jmh 5).
> mungkin ini kebalikan dari beberapa sheet dpt terekap disatu sheet. mohon
> pencerahannya.
>
>
>
>
6c.

Re: masukkan data ke sheet secara otomatis

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 5:19 pm (PDT)



Halo Pak Isme

Jika sulit mencarinya, dari *di area FILES di milis kita*, bisa anda unduh
file berisi
3 contoh

http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/ctv_Memfilter_Data_Makro_Formula.zip

2 contoh
memisah tabel di satu sheet menjadi beberapa sheet dengan makro

1 contoh
memisah tabel di satu sheet menjadi 1 sheet khusus Kriteria tertentu
dengan FORMULA; dimana Kriterianya pemisahannya dapat diganti-ganti

mudah-mudahan sesuai kehendak & bemanfaat (kalau mau mendownloadnya..)

~siti

2011/8/10 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
> Hai Isme,
>
> Andai sheet dengan nama-nama tersebut sekedar summary, coba gunakan array
> formula filtering atau pivot table.
> Sebaiknya sheet data hanya di satu sheet saja, untuk seluruh data sepanjang
> masa. Jika barisnya kurang, mulai dipikirkan untuk migrasi data (hanya sheet
> data) ke database.
> Sheet input di satu sheet saja, kemudian proses pemindahan hasil input ke
> sheet data dilakukan menggunakan VBA.
>
> Contoh dari thread yang lalu sudah banyak sekali untuk semua hal tersebut.
> Tinggal diadopsi, disesuaikan, dan dibundle jadi satu aplikasi sesuai
> kebutuhan.
> Cari-cari thread lama
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> Coba deh jalan-jalan ke archvie milis
>
>
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> Kid.
>

> 2011/8/10 Wewith Isme <wewithisme@ymail.com>
> > saat ini lagi bingung mencari cara agar dapat memasukkan data secara
> otomatis ke masing-masing sheet tersendiri. contoh :
> > No Nama Jumlah
> > 1 Andi 8
> > 2 Joko 12
> > 3 Pardi 5
> > dari data tersebut saat dimasukkan disuatu sheet maka secara otomatis
> juga menempatkan sheetnya masing-masing berdasarkan kolom nama beserta
> jumlahnya (sheet : Andi dg jmh 8, sheet : Joko dg jmh 12, sheet : Pardi dg
> jmh 5). mungkin ini kebalikan dari beberapa sheet dpt terekap disatu sheet.
> mohon pencerahannya.
>
7.

Mengisi User Form secara bersamaan yang dilengkapi dng fitur LAN

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Wed Aug 10, 2011 8:39 am (PDT)



Mohon informasi
atau cara pemecahan permasalahan saya dng situasi sbb:
 
Pada Program Excel
(User Form) yang telah menggunakan LAN, yang melakukan proses pengisian secara bersamaan yang dilengkapi dengan fitur penomoran (No. Registrasi) secara
otomatis...?
 
Misalnya pada PC 1, mengisi User Form No. Registrasi 1, PC 2 mengisi User Form No. Registrasi 2, PC 3 mengisi User Form No.
Registrasi 3. Selanjutnya jika PC 1 telah selesai mengisi User Form No. Registrasi 1,
otomatis bisa mengisi User Form No. Registrasi 4 karena No. Registrasi 2 dan No.
Registrasi 3 telah dilakukan oleh PC 2 & PC 3.
Selanjutnya jika PC
3 lebih dahulu menyelesaikan pengisian User Form dng No. Registrasi 3, otomatis bisa
melanjutkan mengisi User Form dng No. Registrasi 4 dan jika PC 2 telah selesai melakukan pengisian User Form dng No. Registrasi 2, maka PC 2 dapat secara otomatis melakukan pengisian User Form dng No. Registrasi selanjutnya
dst, dst.
 
Terima kasih atas
informasi dan berkenan akan rumus dan caranya.
 
Regard,
  
Harry
8a.

Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Aug 10, 2011 10:29 am (PDT)



kalau yang dicari hanya periode angsuran yang ke berapakah ? dari tanggal pencairan tertentu dihitung pada bulan review actual. seperti pada contoh manual yang dipaparkan pada attachment kita bisa simpulkan nilai periodenya angsurannya adalah selalu nilai bulan review dikurangi nilai bulan pencairan dikurangi 1.(dengan mengabaikan nilai tanggal actualnya).
kalau hanya ini yang diinginkan maka cukup dibuatkan formula
=MONTH($A$1)-MONTH(D4)-1
di mana pada cell A1 diisi nilai bulan review dan D4 tanggal pencairan.
silahkan dibandingkan  nilai yang diisikan secara manual dan hasil formula.

wassalam

Ghozi Alkatiri
--- Pada Rab, 10/8/11, harry budiman <harbudiman@gmail.com> menulis:

Dari: harry budiman <harbudiman@gmail.com>
Judul: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo
Kepada: "belajar-excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Rabu, 10 Agustus, 2011, 10:09 PM

 

salam hormat para pakar,

saya ingin menanyakan mengenai rumus perhitungan periode jatuh tempo,

contohnya : bulan review saat ini adalah bulan agustus,

maka semua yang pencairan di bulan :

Januari adalah jatuh tempo ke 6

Febuari adalah jatuh tempo ke 5

Maret adalah jatuh tempo ke 4

April adalah jatuh tempo ke 3

Mei adalah jatuh tempo ke 2

Juni adalah jatuh tempo ke 1

dan seterusnya ketika Bulan SEPTEMBER,

maka pencairan di bulan

Februari adalah jatuh tempo ke 6

Maret adalah jatuh tempo ke 5

April adalah jatuh tempo ke 4

Mei adalah jatuh tempo ke 3

Juni adalah jatuh tempo ke 2

Juli adalah jatuh tempo ke 1

Untuk lebih jelas saya lampirkan contoh ilustrasi kasus ini,

terima kasih atas bantuannya,

salam hormat,

Harry B

8b.

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Wed Aug 10, 2011 1:54 pm (PDT)



Salam,
Terima kasih banyak pa Ghozi dan pak Kid atas bantuannya, semua sesuai keinginan. Memang saya mencari periode angsuran dan tiap bln akan terus berbeda sesuai ilustrasi. Sedangkan untuk tanggal saya menggunakan fungsi text utk mendapatkan tanggalnya saja,

Sekali lagi terima kasih

Wassalaam
-----Original Message-----
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 11 Aug 2011 00:55:22
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

kalau yang dicari hanya periode angsuran yang ke berapakah ? dari tanggal pencairan tertentu dihitung pada bulan review actual. seperti pada contoh manual yang dipaparkan pada attachment kita bisa simpulkan nilai periodenya angsurannya adalah selalu nilai bulan review dikurangi nilai bulan pencairan dikurangi 1.(dengan mengabaikan nilai tanggal actualnya).
kalau hanya ini yang diinginkan maka cukup dibuatkan formula
=MONTH($A$1)-MONTH(D4)-1
di mana pada cell A1 diisi nilai bulan review dan D4 tanggal pencairan.
silahkan dibandingkan  nilai yang diisikan secara manual dan hasil formula.


wassalam

Ghozi Alkatiri
--- Pada Rab, 10/8/11, harry budiman <harbudiman@gmail.com> menulis:

Dari: harry budiman <harbudiman@gmail.com>
Judul: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo
Kepada: "belajar-excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Rabu, 10 Agustus, 2011, 10:09 PM







 









salam hormat para pakar,



saya ingin menanyakan mengenai rumus perhitungan periode jatuh tempo,

contohnya : bulan review saat ini adalah bulan agustus,

maka semua yang pencairan di bulan :

Januari adalah jatuh tempo ke 6

Febuari adalah jatuh tempo ke 5

Maret adalah jatuh tempo ke 4

April adalah jatuh tempo ke 3

Mei adalah jatuh tempo ke 2

Juni adalah jatuh tempo ke 1



dan seterusnya ketika Bulan SEPTEMBER,

maka pencairan di bulan

Februari adalah jatuh tempo ke 6

Maret adalah jatuh tempo ke 5

April adalah jatuh tempo ke 4

Mei adalah jatuh tempo ke 3

Juni adalah jatuh tempo ke 2

Juli adalah jatuh tempo ke 1



Untuk lebih jelas saya lampirkan contoh ilustrasi kasus ini,

terima kasih atas bantuannya,



salam hormat,



Harry B



















8c.

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 10, 2011 2:31 pm (PDT)



IMHO,..
fungsi TEXT walaupun argument#1 nya berupa data DATE
akan menghasilkan *TEXT seperti Bilangan* atau mungkin *TEXT seperti
tanggal *
atau mungkin *Text Nam abulan (bukan tanggal)*

Hasil Fungsi TEXT bila tidak direkayasa lebih lanjut = *tidak punya nilai
untuk di evaluasi*
NILAI TANGGAL atau BILANGAN nya.

misal dari "januari" sampai "agustus" itu jaraknya berapa BULAN ?
tidak akan dapat dihitung, kecuali denan bantuan fungsi lain seperti contoh
(formula kepanjangan) yg barusaja kami ajukan
atau bisa juga dengan bantuan Tabel Bulan seperti usul dari Mr Kid.

Lain dengan data Tanggal [1 Februari 2011] sampai data Tanggal [1 Agustus
2011]
dapat dievaluasi mengenai
- nilail bulan, nilai tanggal, nilai tahun, jarak kedua tanggal dlm tahun,
jarak kedua tanggal dlm bulan, jarak kedua tangal dlm hari dst...

CMIIW

~siti

2011/8/11 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
> Sedangkan untuk tanggal *saya menggunakan fungsi text utk mendapatkan
tanggalnya saja,*
8d.

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Wed Aug 10, 2011 2:41 pm (PDT)



Makasih banyak atas pencerahannya mba dev..
Hr ini saya akan terapkan semua masukan dr para pakar :)

Selamat menjalankan puasa

-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 11 Aug 2011 04:30:57
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

IMHO,..
fungsi TEXT walaupun argument#1 nya berupa data DATE
akan menghasilkan *TEXT seperti Bilangan* atau mungkin *TEXT seperti
tanggal *
atau mungkin *Text Nam abulan (bukan tanggal)*

Hasil Fungsi TEXT bila tidak direkayasa lebih lanjut = *tidak punya nilai
untuk di evaluasi*
NILAI TANGGAL atau BILANGAN nya.

misal dari "januari" sampai "agustus" itu jaraknya berapa BULAN ?
tidak akan dapat dihitung, kecuali denan bantuan fungsi lain seperti contoh
(formula kepanjangan) yg barusaja kami ajukan
atau bisa juga dengan bantuan Tabel Bulan seperti usul dari Mr Kid.

Lain dengan data Tanggal [1 Februari 2011] sampai data Tanggal [1 Agustus
2011]
dapat dievaluasi mengenai
- nilail bulan, nilai tanggal, nilai tahun, jarak kedua tanggal dlm tahun,
jarak kedua tanggal dlm bulan, jarak kedua tangal dlm hari dst...

CMIIW

~siti



2011/8/11 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
> Sedangkan untuk tanggal *saya menggunakan fungsi text utk mendapatkan
tanggalnya saja,*

9.

OOT - Kartu Lebaran Cantik dari BeExcel

Posted by: "belajar-excel-owner@yahoogroups.com" belajar-excel-owner@yahoogroups.com

Wed Aug 10, 2011 3:54 pm (PDT)



Dari salah satu member, Mr. Syamsuddin (syamsudin.syamsudin@cpp.co.id) kami menerima beberapa file image Kartu Kebaran cantik-cantik berlogo BeExcel.

Terima kasih pak Syam..

Barangkali para members ingin menggunakannya dapat mondownloadnya sendiri di milis (menu/link Photos ):

http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/photos/album/1010663828/pic/list

Demikian untuk diketahui.

moderator

10.

Mencari data dalam daftar tidak urut

Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com

Wed Aug 10, 2011 8:35 pm (PDT)



Rekan Excellers

Mohon bantuan formula untuk mencari data yang terdapat dalam daftar yang tidak berurutan
Setahu saya lookup tidak bisa dipakai untuk melacak dalam daftar yang tidak urut ya? CMIIW

Jadi fungsi apa yang bisa dipakai.

Pertanyaan lengkap dalam lampiran

Thanks

Salam
Agung W
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Yahoo! Groups

Dogs Owners Group

Join Do More For Dogs

pet community

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar