Messages In This Digest (25 Messages)
- 1a.
- Re: Format tanggal yang berbeda From: Mansor
- 1b.
- Re: Format tanggal yang berbeda From: Kid Mr.
- 2a.
- jumlah nilai cell warna dengan kriteria (vba noob) From: KSM Absolute - Udin
- 2b.
- Re: jumlah nilai cell warna dengan kriteria (vba noob) From: Kid Mr.
- 3a.
- Cara Memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang telah diten From: dwint ruswanto
- 3b.
- Re: Cara Memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang telah d From: Kid Mr.
- 3c.
- Re: Cara Memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang telah d From: dwint ruswanto
- 4a.
- Re: menggabungkan 2 tabel From: Afdhol Marthoni
- 4b.
- Re: menggabungkan 2 tabel From: jkssxls Sudarsono
- 5a.
- excel1 ke excel2 sebagai pengganti vlookup From: Muhammad Robin
- 5b.
- Trs: [belajar-excel] excel1 ke excel2 sebagai pengganti vlookup From: Muhammad Robin
- 6.
- Menggabung Frame menjadi Tabel From: Ratno Hadi Suswanto
- 7a.
- Re: Mohon Pencerahannya : lookup gambar From: Ki Semprul
- 8a.
- Kena Apa Excel Lemot From: pecutmr
- 8b.
- Re: Kena Apa Excel Lemot From: Kid Mr.
- 8c.
- Re: Kena Apa Excel Lemot From: Mr Pecut
- 8d.
- Re: Kena Apa Excel Lemot From: hendrik karnadi
- 8e.
- Re: Kena Apa Excel Lemot From: Mr Pecut
- 9.
- Rumus IF untuk menggeser kurva From: tuti andrayani
- 10a.
- Belajar Pencarian From: Mr Pecut
- 10b.
- Re: Belajar Pencarian From: jkssxls Sudarsono
- 10c.
- Re: Belajar Pencarian From: Ki Semprul
- 10d.
- Re: Belajar Pencarian From: hendrik karnadi
- 10e.
- Re: Belajar Pencarian From: Jokoplo
- 11a.
- Re: User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last Row From: Ki Semprul
Messages
- 1a.
-
Re: Format tanggal yang berbeda
Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com nbmy1980
Tue Mar 6, 2012 1:02 am (PST)
Mr Kid,
Terima kasih rumus yang bapak ajarkan.
Tetapi setelah dicoba beberapa kali, ternyata masih terdapat error.
File nya dilampirkan
terima kasih.
Mansor
Text Error Value 01/05/2011 1-May-11 01/12/2011 1-Dec-11 01/12/2011
1-Dec-11 01/12/2011 1-Dec-11 01/13/2011 #VALUE! 01/13/2011 #VALUE!
01/31/2011 #VALUE! 01/31/2011 #VALUE! 01/31/2011 #VALUE! 02/01/2011 2-Jan-11
02/10/2011 2-Oct-11 02/10/2011 2-Oct-11 02/10/2011 2-Oct-11 02/10/2011
2-Oct-11 02/11/2011 2-Nov-11 02/12/2011 2-Dec-11 02/13/2011 #VALUE!
02/14/2011 #VALUE! 02/28/2011 #VALUE!
On Mon, Mar 5, 2012 at 2:06 PM, Mansor <dbpermatasari@gmail.com > wrote:
> Terima kasih Mr Kid.
> Rumusnya sudah berhasil
> -Mansor
>
> On Mon, Mar 5, 2012 at 1:22 PM, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mansor,
>>
>> Coba formula :
>>
>> =IF(ISNUMBER(-B2),--TEXT( B2,"YYYY- DD-MM"),DATE( RIGHT(B2, 4),MID(B2, 4,2),LEFT( B2,2)))
>>
>> Regards.
>> Kid.
>>
>>
>> On Mon, Mar 5, 2012 at 11:19, Mansor <dbpermatasari@gmail.com > wrote:
>>
>>> **
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Dear teman beExcel
>>>
>>> Komputer saya settingnya English US.
>>>
>>> Saya punya data seperti di Kolum order date.
>>>
>>> Range B2: B33 adalah format date d/m/yy.
>>>
>>> Range B34: B54 adalah TEXT walaupun keliatan seperti tanggal.
>>>
>>> Saya coba convert dari TEXT ke tanggal seperti di Kolum C34:C54
>>>
>>> =DATE(RIGHT(B34,4),MID( B34,4,2), LEFT(B34, 2))
>>>
>>> Hasilnya date valuenya ialah m/d/yyyy
>>>
>>> Tetapi jika dibuat pivot table , hasil tanggalnya berbeda.
>>>
>>> Terima kasih
>>>
>>> -Mansor
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
- 1b.
-
Re: Format tanggal yang berbeda
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Mar 6, 2012 1:35 am (PST)
Coba sertakan juga harusnya jadi tanggal berapa kalau dikerjakan manual.
Kid.
On Tue, Mar 6, 2012 at 15:36, Mansor <dbpermatasari@gmail.com > wrote:
> **
>
>
> Mr Kid,
> Terima kasih rumus yang bapak ajarkan.
> Tetapi setelah dicoba beberapa kali, ternyata masih terdapat error.
> File nya dilampirkan
>
> terima kasih.
>
> Mansor
>
> Text Error Value 01/05/2011 1-May-11 01/12/2011 1-Dec-11 01/12/2011
> 1-Dec-11 01/12/2011 1-Dec-11 01/13/2011 #VALUE! 01/13/2011 #VALUE!
> 01/31/2011 #VALUE! 01/31/2011 #VALUE! 01/31/2011 #VALUE! 02/01/2011
> 2-Jan-11 02/10/2011 2-Oct-11 02/10/2011 2-Oct-11 02/10/2011 2-Oct-11
> 02/10/2011 2-Oct-11 02/11/2011 2-Nov-11 02/12/2011 2-Dec-11 02/13/2011
> #VALUE! 02/14/2011 #VALUE! 02/28/2011 #VALUE!
>
> On Mon, Mar 5, 2012 at 2:06 PM, Mansor <dbpermatasari@gmail.com > wrote:
>
>> Terima kasih Mr Kid.
>> Rumusnya sudah berhasil
>> -Mansor
>>
>> On Mon, Mar 5, 2012 at 1:22 PM, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > wrote:
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear Mansor,
>>>
>>> Coba formula :
>>>
>>> =IF(ISNUMBER(-B2),--TEXT( B2,"YYYY- DD-MM"),DATE( RIGHT(B2, 4),MID(B2, 4,2),LEFT( B2,2)))
>>>
>>> Regards.
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> On Mon, Mar 5, 2012 at 11:19, Mansor <dbpermatasari@gmail.com > wrote:
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Dear teman beExcel
>>>>
>>>> Komputer saya settingnya English US.
>>>>
>>>> Saya punya data seperti di Kolum order date.
>>>>
>>>> Range B2: B33 adalah format date d/m/yy.
>>>>
>>>> Range B34: B54 adalah TEXT walaupun keliatan seperti tanggal.
>>>>
>>>> Saya coba convert dari TEXT ke tanggal seperti di Kolum C34:C54
>>>>
>>>> =DATE(RIGHT(B34,4),MID( B34,4,2), LEFT(B34, 2))
>>>>
>>>> Hasilnya date valuenya ialah m/d/yyyy
>>>>
>>>> Tetapi jika dibuat pivot table , hasil tanggalnya berbeda.
>>>>
>>>> Terima kasih
>>>>
>>>> -Mansor
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
- 2a.
-
jumlah nilai cell warna dengan kriteria (vba noob)
Posted by: "KSM Absolute - Udin" omnivora@yahoo.com omnivora
Tue Mar 6, 2012 1:02 am (PST)
saya ingin menjumlah nilai cell yang berwarna kuning, biru, hijau.
1. Jumlah nilai sel kuning = (nilai cell yang berwarna kuning) + ((nilai cell biru > 8)-(8))
2. Jumlaj nilai sel biru = total nilai cell biru, jika ada cell biru yang nilainya > 8 maka nilainya dianggap 8
3. Jumlah nilai sel hijau = Jumlah nilai cell hijau
terima kasih - 2b.
-
Re: jumlah nilai cell warna dengan kriteria (vba noob)
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Mar 6, 2012 1:42 am (PST)
Coba sertakan kriteria yang menyebabkan sebuah cell (atau bahkan kolom)
diberi warna kuning, biru, hijau
Kid.
On Tue, Mar 6, 2012 at 12:09, KSM Absolute - Udin <omnivora@yahoo.com >wrote:
> **
>
>
> saya ingin menjumlah nilai cell yang berwarna kuning, biru, hijau.
> 1. Jumlah nilai sel kuning = (nilai cell yang berwarna kuning) + ((nilai
> cell biru > 8)-(8))
> 2. Jumlaj nilai sel biru = total nilai cell biru, jika ada cell biru yang
> nilainya > 8 maka nilainya dianggap 8
> 3. Jumlah nilai sel hijau = Jumlah nilai cell hijau
>
> terima kasih
>
>
>
- 3a.
-
Cara Memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang telah diten
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com
Tue Mar 6, 2012 1:02 am (PST)
Maaf, emailnya terkirim tanpa subjek..
berikut saya kirim ulang
wassalam
-dwint-
---------- Pesan terusan ----------
Dari: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
Tanggal: 6 Maret 2012 09:46
Perihal:
Ke: belajar-excel@yahoogroups. com
Assalamu'alaikum
Teman-teman BeExcel,
Bagaimana cara memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang sudah
ditentukan?
[image: Gambar sisip 1]
Terima kasih sebelumnya.
Wassalam,
-dwint-
- 3b.
-
Re: Cara Memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang telah d
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Mar 6, 2012 1:55 am (PST)
Pak Dwint,
Kasus ini adalah kasus filtering yang sudah bertebaran di milis.
Salah satu solusi adalah dengan array formula Filtering
1. Untuk urut berdasar data yang bertipe numerik
=IFERROR(SMALL(IF($C$3:$ C$12=$F$2, $B$3:$B$12) ,ROW(1:1) ),"")
2. Untuk urut berdasar urutan di tabel data :
=IFERROR(*INDEX(*$B$3:$B$ 12,SMALL( IF($C$3:$ C$12=$F$2, *ROW(*$B$ 3:$B$12*) -2*
),ROW(1:1))*)*,"")
Perbedaan dari dua array formula di atas adalah penggunaan fungsi Row()
yang di-biru
Ketika data bertipe numerik, maka bisa didapat hasil sort secara langsung
melalui fungsi small.
Ketika yang dibutuhkan adalah urutan yang sesuai urutan di tabel datanya,
maka yang dibutuhkan adalah nomor record di tabel data, yang didapat
melalui fungsi Row() yang biru.
Karena hasil dari penggunaan Row() biru ini adalah nomor record, maka perlu
fungsi Index (merah) untuk mengambil nilai data di nomor record tersebut
(hasil row biru)
Cara lainnya adalah memanfaatkan pivot table.
Regards.
Kid.
On Tue, Mar 6, 2012 at 09:50, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >wrote:
>
> Maaf, emailnya terkirim tanpa subjek..
>
> berikut saya kirim ulang
>
> wassalam
>
> -dwint-
> ---------- Pesan terusan ----------
> Dari: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
> Tanggal: 6 Maret 2012 09:46
> Perihal:
> Ke: belajar-excel@yahoogroups. com
>
>
> Assalamu'alaikum
>
> Teman-teman BeExcel,
>
> Bagaimana cara memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang sudah
> ditentukan?
>
> [image: Gambar sisip 1]
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
>
- 3c.
-
Re: Cara Memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang telah d
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com
Tue Mar 6, 2012 5:24 pm (PST)
terima kasih untuk mr. kid atas solusinya.. solusinya sangat membantu
sekali..
case closed
wassalam,
-dwint-
Pada 6 Maret 2012 16:54, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> Pak Dwint,
>
> Kasus ini adalah kasus filtering yang sudah bertebaran di milis.
> Salah satu solusi adalah dengan array formula Filtering
> 1. Untuk urut berdasar data yang bertipe numerik
> =IFERROR(SMALL(IF($C$3:$ C$12=$F$2, $B$3:$B$12) ,ROW(1:1) ),"")
>
> 2. Untuk urut berdasar urutan di tabel data :
> =IFERROR(*INDEX(*$B$3:$B$ 12,SMALL( IF($C$3:$ C$12=$F$2, *ROW(*$B$ 3:$B$12*) -2*
> ),ROW(1:1))*)*,"")
>
> Perbedaan dari dua array formula di atas adalah penggunaan fungsi Row()
> yang di-biru
> Ketika data bertipe numerik, maka bisa didapat hasil sort secara langsung
> melalui fungsi small.
> Ketika yang dibutuhkan adalah urutan yang sesuai urutan di tabel datanya,
> maka yang dibutuhkan adalah nomor record di tabel data, yang didapat
> melalui fungsi Row() yang biru.
> Karena hasil dari penggunaan Row() biru ini adalah nomor record, maka
> perlu fungsi Index (merah) untuk mengambil nilai data di nomor record
> tersebut (hasil row biru)
>
> Cara lainnya adalah memanfaatkan pivot table.
>
> Regards.
> Kid.
>
>
>
> On Tue, Mar 6, 2012 at 09:50, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >wrote:
>
>>
>> Maaf, emailnya terkirim tanpa subjek..
>>
>> berikut saya kirim ulang
>>
>> wassalam
>>
>> -dwint-
>> ---------- Pesan terusan ----------
>> Dari: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
>> Tanggal: 6 Maret 2012 09:46
>> Perihal:
>> Ke: belajar-excel@yahoogroups. com
>>
>>
>> Assalamu'alaikum
>>
>> Teman-teman BeExcel,
>>
>> Bagaimana cara memunculkan seluruh hasil berdasarkan kriteria yang sudah
>> ditentukan?
>>
>> [image: Gambar sisip 1]
>>
>> Terima kasih sebelumnya.
>>
>> Wassalam,
>>
>> -dwint-
>>
>>
>
- 4a.
-
Re: menggabungkan 2 tabel
Posted by: "Afdhol Marthoni" afdhol_marthoni@yahoo.co.id afdhol_marthoni
Tue Mar 6, 2012 1:03 am (PST)
Terimakasih bapak sudarsono,
Saya masih newbie dalam excel, dan belum bisa menggunakan macro, kirakira
untuk formula tanpa macro bisa nggak ya ?
Terimakasih
Afdhol
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ]com
On Behalf Of jkssxls Sudarsono
Sent: 05 Maret 2012 15:57
To: Belajar-Excel Yahoo Groups
Subject: RE: [belajar-excel] menggabungkan 2 tabel
Saya gunakan macro sbb:
Sub Gabung()
Dim barisawal, jumlahkolom As Integer
Dim tujuan As Range
Dim asal As Range
barisawal = 2
jumlahkolom = 4
Set tujuan = Sheets("Hasil").Range(" A" & barisawal)
' jika sel A2 kosong , berarti tak ada data
If tujuan.Value <> "" Then
tujuan.Select
' menuju akhir baris
Range(Selection, Selection.End(xlDown)). Select
' pilih sampai selebar kolom
Selection.Resize(, jumlahkolom) .Select
' hapus isinya
Selection.ClearContents
End If
Sheets("tabel1").Activate
Range("B4").Select
If Selection = "" Then GoTo lab_selesai
' pilih satu baris data
Range("B4").Resize(1, jumlahkolom) .Select
' range berisi data
Range(Selection, Selection.End(xlDown)). Select
Set asal = Selection
' ke sel tujuan
asal.Copy tujuan
' hitung jumlah baris data
If tujuan.CurrentRegion.Row < barisawal Then
' misal baris awal 2 , maka yg dihitung 2,3,4,5
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count - barisawal + 1
Else
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count
End If
' ke akhir baris data
Set tujuan = Sheets("Hasil").Range(" a" & barisawal).Offset( jumlahbaris -
1)
lab_Tabelkedua:
Sheets("tabel2").Activate
Range("B4").Select
If Selection = "" Then GoTo lab_selesai
' pilih satu baris data
Range("B4").Resize(1, jumlahkolom) .Select
' menuju data terakhir
Range(Selection, Selection.End(xlDown)). Select
Set asal = Selection
' copy mulai 1 baris setelah baris data terakhir
asal.Copy tujuan.Offset(1)
lab_selesai:
' tujuan dari A2 sampai baris terakhir ( jumlahbaris )
' ke kolom sesuai jumlah kolom
If tujuan.CurrentRegion.Row < barisawal Then
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count - barisawal + 1
Else
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count
End If
Set tujuan = Range("A" & barisawal)
' melingkupi baris sebanyak jumlahbaris
' kolom sebanyak jumlahkolom
Set tujuan = tujuan.Resize(jumlahbaris, jumlahkolom)
' hapus sorting
ActiveWorkbook.Worksheets( "hasil"). Sort.SortFields. Clear
' tambahkan sorting
ActiveWorkbook.Worksheets( "hasil"). Sort.SortFields. Add
Key:=Range("A:A"), _
SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:= xlSortNormal
' sort sesuai dengan daerah tujuan
With ActiveWorkbook.Worksheets( "hasil"). Sort
.SetRange tujuan
.Header = xlGuess
.MatchCase = False
.Orientation = xlTopToBottom
.SortMethod = xlPinYin
.Apply
End With
End Sub
_____
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: afdhol_marthoni@yahoo.co. id
Date: Mon, 5 Mar 2012 10:26:36 +0700
Subject: [belajar-excel] menggabungkan 2 tabel
Selamat Siang,
Mohon bantuan dari pakar excel semua, bagaimana formula untuk menggabungkan
dua tabel yaitu tabel 1 dan tabel 2 menjadi table 3 dan tersusun berurutan
berdasarkan tanggalnya.
Terimakasih
Afdhol
- 4b.
-
Re: menggabungkan 2 tabel
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Tue Mar 6, 2012 1:18 am (PST)
Kalau menggunakan macro khan mudah , tapi membuat koding macro dengan VBA , perlu usaha yang cukup. Cobalah belajar menjalankan macro. mungkin Ebook dari ibu Hapsari bisa di pinta secara pribadi. Catatan : untuk Ibu Hapsari, jika diperkenankan saya dikirimi juga ebooknya .Trim's
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: afdhol_marthoni@yahoo.co. id
Date: Tue, 6 Mar 2012 07:47:45 +0700
Subject: RE: [belajar-excel] menggabungkan 2 tabel
Terimakasih bapak sudarsono, Saya masih newbie dalam excel, dan belum bisa menggunakan macro, kirakira untuk formula tanpa macro bisa nggak ya ? Terimakasih Afdhol From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of jkssxls Sudarsonocom
Sent: 05 Maret 2012 15:57
To: Belajar-Excel Yahoo Groups
Subject: RE: [belajar-excel] menggabungkan 2 tabel Saya gunakan macro sbb:
Sub Gabung()
Dim barisawal, jumlahkolom As Integer
Dim tujuan As Range
Dim asal As Range
barisawal = 2
jumlahkolom = 4
Set tujuan = Sheets("Hasil").Range(" A" & barisawal)
' jika sel A2 kosong , berarti tak ada data
If tujuan.Value <> "" Then
tujuan.Select
' menuju akhir baris
Range(Selection, Selection.End(xlDown)). Select
' pilih sampai selebar kolom
Selection.Resize(, jumlahkolom) .Select
' hapus isinya
Selection.ClearContents
End If
Sheets("tabel1").Activate
Range("B4").Select
If Selection = "" Then GoTo lab_selesai
' pilih satu baris data
Range("B4").Resize(1, jumlahkolom) .Select
' range berisi data
Range(Selection, Selection.End(xlDown)). Select
Set asal = Selection
' ke sel tujuan
asal.Copy tujuan
' hitung jumlah baris data
If tujuan.CurrentRegion.Row < barisawal Then
' misal baris awal 2 , maka yg dihitung 2,3,4,5
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count - barisawal + 1
Else
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count
End If
' ke akhir baris data
Set tujuan = Sheets("Hasil").Range(" a" & barisawal).Offset( jumlahbaris - 1)
lab_Tabelkedua:
Sheets("tabel2").Activate
Range("B4").Select
If Selection = "" Then GoTo lab_selesai
' pilih satu baris data
Range("B4").Resize(1, jumlahkolom) .Select
' menuju data terakhir
Range(Selection, Selection.End(xlDown)). Select
Set asal = Selection
' copy mulai 1 baris setelah baris data terakhir
asal.Copy tujuan.Offset(1)
lab_selesai:
' tujuan dari A2 sampai baris terakhir ( jumlahbaris )
' ke kolom sesuai jumlah kolom
If tujuan.CurrentRegion.Row < barisawal Then
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count - barisawal + 1
Else
jumlahbaris = tujuan.CurrentRegion.Rows.Count
End If
Set tujuan = Range("A" & barisawal)
' melingkupi baris sebanyak jumlahbaris
' kolom sebanyak jumlahkolom
Set tujuan = tujuan.Resize(jumlahbaris, jumlahkolom)
' hapus sorting
ActiveWorkbook.Worksheets( "hasil"). Sort.SortFields. Clear
' tambahkan sorting
ActiveWorkbook.Worksheets( "hasil"). Sort.SortFields. Add Key:=Range(" A:A"), _
SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:= xlSortNormal
' sort sesuai dengan daerah tujuan
With ActiveWorkbook.Worksheets( "hasil"). Sort
.SetRange tujuan
.Header = xlGuess
.MatchCase = False
.Orientation = xlTopToBottom
.SortMethod = xlPinYin
.Apply
End With
End Sub
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: afdhol_marthoni@yahoo.co. id
Date: Mon, 5 Mar 2012 10:26:36 +0700
Subject: [belajar-excel] menggabungkan 2 tabel
Selamat Siang, Mohon bantuan dari pakar excel semua, bagaimana formula untuk menggabungkan dua tabel yaitu tabel 1 dan tabel 2 menjadi table 3 dan tersusun berurutan berdasarkan tanggalnya. Terimakasih Afdhol
- 5a.
-
excel1 ke excel2 sebagai pengganti vlookup
Posted by: "Muhammad Robin" mrobin86@yahoo.co.id mrobin86
Tue Mar 6, 2012 1:17 am (PST)
Be Exceller
Saya ingin tanya, bagaimana cara mengisi jumlah pada excel2 berdasarkan kode divisi dan uraian yang mengacu pada excel1.
klo saya biasanya menggunakan vlookup tapi harus satu-satu per divisi. kalau sekaligus selesai dengan satu kali tekan atau lebih sederhana bagaimana ya caranya?
Terima kasih - 5b.
-
Trs: [belajar-excel] excel1 ke excel2 sebagai pengganti vlookup
Posted by: "Muhammad Robin" mrobin86@yahoo.co.id mrobin86
Tue Mar 6, 2012 5:13 pm (PST)
tumben sepi,
Mas Haps, Mr Kids, Mba Siti Vi, pada kemana kah?
--------------------- --------- --------- --------- --------- -
Be Exceller
Saya ingin tanya, bagaimana cara mengisi jumlah pada excel2 berdasarkan kode divisi dan uraian yang mengacu pada excel1.
klo saya biasanya menggunakan vlookup tapi harus satu-satu per divisi. kalau sekaligus selesai dengan satu kali tekan atau lebih sederhana bagaimana ya caranya?
Terima kasih
- 6.
-
Menggabung Frame menjadi Tabel
Posted by: "Ratno Hadi Suswanto" rh_suswanto@hotmail.com rattip25
Tue Mar 6, 2012 5:03 am (PST)
Dear Be-exceler,
Ada satu file dari Mbak Siti (boleh kan kekayaan intelektualnya dipakai buat diskusi?) mengenai penggabungan beberapa frame menjadi satu frame.
Saya terus terang (sedang) akan menggunakan karya mbak Siti ini untuk suatu membuat suatu form, tetapi saya terkendala sheet "isitabel" yang dibatasi oleh
"print area"...padahal tabel yang saya akan buat bersifat dinamik..row-nya bisa bertambah atau berkurang.
Isi dari "isitable" tidak akan dilakukan manual melalui sheet isitable bersangkutan, karena akan dilookup dengan file terpisah dengan fungsi filter/sort.
Bagaiman mengubah makronya, sehingga otomatis print area akan mengikuti jumlah penambahan atau pengurangan row...
Terima kasih dan salam,
RHDS.
Sub MenyusunTabel() ' coded by: siti Vi / 28 dec 2010 '----------- --------- --------- --- ' mengumumkan beberapa variables yg akan dipakai dlm prosedur ini Dim sht As Worksheet '= mewakili tiap sheet dlm book Dim TablePart As Range '= mewakili tiap komponen tabel Dim NextPaste As Range '= mewakili cell : tempat akan ditempelkannya ' copy-an TabelPart ' membersihkan (data maupun formatting) koloms yg akan berisi tabelHasil Columns("A:K" ).Clear ' cell pertama ("A1"): di set sebagai range NextPaste Set NextPaste = Cells(1) ' Loop: mengunjungi setiap sheet (variable sht) pada workbook ini For Each sht In Worksheets ' SYARAT: sheet hanya akan diproses jika nama sheet yg sedang dikunjungi ' TIDAK SAMA dengan nama SheetAktif (=sheet dimana tombol di-ceklik) If sht.Name <> ActiveSheet. Name Then ' Range PrintArea pada sheet (sht) yg sedang dikunjungi: di set ' sebagai Range TablePart Set TablePart = sht.Range(sht. PageSetup. PrintArea) ' lalu di-Salin (diingat dlm memory ClipBoard) TablePart.Copy ' kemudian (data maupun formatting TablePart tsb) di-Tempelkan ke range ' yg PojokKiriAtasnya = range yg dikenal sebagai NextPaste NextPaste.PasteSpec ial xlPasteAll ' Posisi Cell NexPaste (=bukan data-nya lho ya..!) digeser ke bawah, ' sejauh / sebanyak baris yg ada pada range TabelPart ' maksodnya agar TablePart untuk Loop berikutnya DiTempelkan- nya ' tepat di bawah tabel tempelan terakhir Set NextPaste = NextPaste.Offset( TablePart. Rows.Count, 0) ' batas akhir SYARAT End If ' Batas Loop (perulangan) Next sht ' setelah semua terCopy, sekarang dicopy pula: LEBAR-TIAP-KOLOM nya saja NextPaste.PasteSpec ial xlPasteColumnWidths ' mengosongkan ClipBoard / dlm hal ini menghilangkan tanda ' garis semut lasvegas pada range yg baru (terakhir) dicopy Application. CutCopyMode = False ' CellPointer (posisi cell-aktif) ditaruh di H3, (supaya "bagoes !" gitu loch!) he he... Cells(3, 8).Activate ' sekedar pemberitahuan kpd user: bahwa proses sudah kelar ! MsgBox "Penyusunan Tabel: telah selesai Boss !!", 64, "Thuing ... !"End Sub
- 7a.
-
Re: Mohon Pencerahannya : lookup gambar
Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com ki_semprull
Tue Mar 6, 2012 6:15 am (PST)
Kasus ini sudah beberapa kali dijelaskan di milis
yang terakhir masih dapat anda lihat di msg list tgl 1 Feb 2012
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/15549
Atau kalau Jarum Black ingin mendapatkan file lemper-nya, sebaiknya ke sini
http://milis-belajar-excel. 1048464.n5. nabble.com/ belajar-excel- BARCODE-tc544700 1.html#a5449036
*Semprul..Ki!*
2012/3/2 djarum black <mantraku_sakti@yahoo.com >
>
> sy baru belajar dg Vlookup,
> bagaimana cara menampilkan foto di sheet (bagian form) biar ketika di
klik angka IDnya
> langsung muncul foto dan datanya...Rumusnya bagaimana yahh dg Vlookup ??
> File saya lampirken mohon dijelaskan..maklum newbie.
>
> --- Mods ---
> Mohon posting berikutnya memberi subject yang mewakili kasus yang
diutarakan.
> ------------
- 8a.
-
Kena Apa Excel Lemot
Posted by: "pecutmr" pecutmr@yahoo.co.id pecutmr
Tue Mar 6, 2012 4:38 pm (PST)
Hai Para B-exel,
Perkenankan aku bertanya & mudah-mudahan ada yang bisa menjawab yang bisa memuaskan semua, terutama aku...
Excel kan dibuat dengan jumlah kolom & baris yang banyak pada tiap sheetnya. Artinya bisa diartika bahwa kita di persilahkan untuk mengisi data2, walau denan jumlah yang banyak. Cuman, kenapa kalo aku isi dengan banyak2 data, kerjanya jadi lemot banget yah...?
Dan supaya ga lemot atawa lelet alias lamban, bagaimana ? jadi bingung aku...
Best Regards,
Mr Pecut
- 8b.
-
Re: Kena Apa Excel Lemot
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Mar 6, 2012 5:03 pm (PST)
Hello Mr Pecut,
Ketika membicarakan tentang data, kadangkala agak lupa bahwa data itu
bermacam-macam. Ada yang berupa values, formula, gambar, links dsb.
Struktur penataannya pun berbeda-beda sesuai kebutuhan, seperti
berorientasi horisontal, vertikal atau horisontal dan vertikal seperti
pivot table.
Ketika lebih khusus membahas tentang wadah data yang berupa sheet, bisa
diisi bermacam data juga.
Dari hal-hal tersebut, bisa dikira-kira maksud penyediaan cell yang begitu
banyak (berupa datagrid) tentu untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.
Data yang berupa values, akan berat saat loading dan save karena file Excel
yang besar.
Data yang berisi banyak formula, selain loading dan save masih dikenai
proses kalkulasi.
Jadi, masalah lemot dan tidak lemot, bisa disebabkan karena banyak hal,
mulai dari hardware sampai cara penyusunan data dalam sheet.
Bisa jadi, hardware yang digunakan terlalu terbebani oleh proses kalkulasi
yang dilakukan oleh Excel. Tentu saja hal ini akan memaksa pengguna untuk
memperbaiki dan menata ulang susunan data dan penggunaan formulanya. Untuk
lebih detil agar bisa lebih sesuai antara kemampuan hardware dan kebutuhan
proses kerja Excel, bisa dibaca
disini<http://msdn.microsoft. >.com/en-us/ library/aa730921 %28v=office. 12%29.aspx
Yang versi bahasa Indonesianya, coba link berikut
ini<http://translate.google.co. >id/?hl=id& tab=TT
.
Jika data disusun lebih berkaidah database dan lebih terstruktur, bisa jadi
tidak perlu seluruh datagrid dipergunakan. Apalagi ketika fitur-fitur
seperti table (list object di Excel 2003), pivot table, atau bahkan Get
External Data (Import Data di Excel 2003) bisa dimanfaatkan dengan baik.
Fasilitas adanya VBA adalah keuntungan tersendiri untuk mengatasi hal yang
bersinggungan dengan performance.
Sederhananya, Excel bisa tidak lemot ketika berisi data banyak jika
penggunaan formula tidak terlalu banyak. Pengaturan cara kalkulasi,
pemilihan fungsi-fungsi, serta penyusunan proses hingga mempersedikit
formula adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencoba mengurangi
dampak dari beratnya proses kalkulasi.
Menyusun data berkaidah database dan memisah-misah data dalam beberapa file
kemudian memanfaatkan fitur seperti get external data (data connection)
maupun pivot table juga termasuk beberapa cara untuk meningkatkan performa
kerja Excel. Yang lebih umum lagi adalah pemanfaatan VBA.
Salam.
Kid.
On Tue, Mar 6, 2012 at 23:05, pecutmr <pecutmr@yahoo.co.id > wrote:
> **
>
>
> Hai Para B-exel,
> Perkenankan aku bertanya & mudah-mudahan ada yang bisa menjawab yang bisa
> memuaskan semua, terutama aku...
>
> Excel kan dibuat dengan jumlah kolom & baris yang banyak pada tiap
> sheetnya. Artinya bisa diartika bahwa kita di persilahkan untuk mengisi
> data2, walau denan jumlah yang banyak. Cuman, kenapa kalo aku isi dengan
> banyak2 data, kerjanya jadi lemot banget yah...?
>
> Dan supaya ga lemot atawa lelet alias lamban, bagaimana ? jadi bingung
> aku...
>
> Best Regards,
>
> Mr Pecut
>
>
>
>
- 8c.
-
Re: Kena Apa Excel Lemot
Posted by: "Mr Pecut" pecutmr@yahoo.co.id pecutmr
Tue Mar 6, 2012 5:54 pm (PST)
Jadi, kalau sekaliber saya kemampuan excelnya, awam vba, solusinya harus gimana ya Mr. Kid untuk tetap bisa memakai formula tapi excelnya ga lemot gitu...?
Oh iya, saya buka link dari Mr. Kid kok ga bisa dibuka yah...?
--- Pada Rab, 7/3/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Judul: Re: [belajar-excel] Kena Apa Excel Lemot
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Rabu, 7 Maret, 2012, 1:03 AM
Hello Mr Pecut,
Ketika membicarakan tentang data, kadangkala agak lupa bahwa data itu bermacam-macam. Ada yang berupa values, formula, gambar, links dsb.
Struktur penataannya pun berbeda-beda sesuai kebutuhan, seperti berorientasi horisontal, vertikal atau horisontal dan vertikal seperti pivot table.
Ketika lebih khusus membahas tentang wadah data yang berupa sheet, bisa diisi bermacam data juga.
Dari hal-hal tersebut, bisa dikira-kira maksud penyediaan cell yang begitu banyak (berupa datagrid) tentu untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.
Data yang berupa values, akan berat saat loading dan save karena file Excel yang besar.
Data yang berisi banyak formula, selain loading dan save masih dikenai proses kalkulasi.
Jadi, masalah lemot dan tidak lemot, bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari hardware sampai cara penyusunan data dalam sheet.
Bisa jadi, hardware yang digunakan terlalu terbebani oleh proses kalkulasi yang dilakukan oleh Excel. Tentu saja hal ini akan memaksa pengguna untuk memperbaiki dan menata ulang susunan data dan penggunaan formulanya. Untuk lebih detil agar bisa lebih sesuai antara kemampuan hardware dan kebutuhan proses kerja Excel, bisa dibaca disini. Yang versi bahasa Indonesianya, coba link berikut ini.
Jika data disusun lebih berkaidah database dan lebih terstruktur, bisa jadi tidak perlu seluruh datagrid dipergunakan. Apalagi ketika fitur-fitur seperti table (list object di Excel 2003), pivot table, atau bahkan Get External Data (Import Data di Excel 2003) bisa dimanfaatkan dengan baik. Fasilitas adanya VBA adalah keuntungan tersendiri untuk mengatasi hal yang bersinggungan dengan performance.
Sederhananya, Excel bisa tidak lemot ketika berisi data banyak jika penggunaan formula tidak terlalu banyak. Pengaturan cara kalkulasi, pemilihan fungsi-fungsi, serta penyusunan proses hingga mempersedikit formula adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencoba mengurangi dampak dari beratnya proses kalkulasi.
Menyusun data berkaidah database dan memisah-misah data dalam beberapa file kemudian memanfaatkan fitur seperti get external data (data connection) maupun pivot table juga termasuk beberapa cara untuk meningkatkan performa kerja Excel. Yang lebih umum lagi adalah pemanfaatan VBA.
Salam.
Kid.
On Tue, Mar 6, 2012 at 23:05, pecutmr <pecutmr@yahoo.co.id > wrote:
Hai Para B-exel,
Perkenankan aku bertanya & mudah-mudahan ada yang bisa menjawab yang bisa memuaskan semua, terutama aku...
Excel kan dibuat dengan jumlah kolom & baris yang banyak pada tiap sheetnya. Artinya bisa diartika bahwa kita di persilahkan untuk mengisi data2, walau denan jumlah yang banyak. Cuman, kenapa kalo aku isi dengan banyak2 data, kerjanya jadi lemot banget yah...?
Dan supaya ga lemot atawa lelet alias lamban, bagaimana ? jadi bingung aku...
Best Regards,
Mr Pecut
- 8d.
-
Re: Kena Apa Excel Lemot
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Tue Mar 6, 2012 6:29 pm (PST)
Dear Mr Pecut,
Kalau komputer anda sudah "dipecut" sampai type i7 ddr3 dan masih lemot, tidak ada cara lain selain memperbaiki Sheet2nya (hapus kolom dan baris kosong pada bagian kanan dan bawah data serta kurangi link formulanya) atau menutup file2 lain pada saat anda menggunakan file yang lemot tsb.
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, 7 March 2012, 8:53
Subject: Re: [belajar-excel] Kena Apa Excel Lemot
Jadi, kalau sekaliber saya kemampuan excelnya, awam vba, solusinya harus gimana ya Mr. Kid untuk tetap bisa memakai formula tapi excelnya ga lemot gitu...?
Oh iya, saya buka link dari Mr. Kid kok ga bisa dibuka yah...?
--- Pada Rab, 7/3/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>Judul: Re: [belajar-excel] Kena Apa Excel Lemot
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
>Tanggal: Rabu, 7 Maret, 2012, 1:03 AM
>
>
>
>Hello Mr Pecut,
>
>Ketika membicarakan tentang data, kadangkala agak lupa bahwa data itu bermacam-macam. Ada yang berupa values, formula, gambar, links dsb.
>Struktur penataannya pun berbeda-beda sesuai kebutuhan, seperti berorientasi horisontal, vertikal atau horisontal dan vertikal seperti pivot table.
>
>Ketika lebih khusus membahas tentang wadah data yang berupa sheet, bisa diisi bermacam data juga.
>Dari hal-hal tersebut, bisa dikira-kira maksud penyediaan cell yang begitu banyak (berupa datagrid) tentu untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.
>
>Data yang berupa values, akan berat saat loading dan save karena file Excel yang besar.
>Data yang berisi banyak formula, selain loading dan save masih dikenai proses kalkulasi.
>
>Jadi, masalah lemot dan tidak lemot, bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari hardware sampai cara penyusunan data dalam sheet.
>Bisa jadi, hardware yang digunakan terlalu terbebani oleh proses kalkulasi yang dilakukan oleh Excel. Tentu saja hal ini akan memaksa pengguna untuk memperbaiki dan menata ulang susunan data dan penggunaan formulanya. Untuk lebih detil agar bisa lebih sesuai antara kemampuan hardware dan kebutuhan proses kerja Excel, bisa dibaca disini. Yang versi bahasa Indonesianya, coba link berikut ini.
>
>Jika data disusun lebih berkaidah database dan lebih terstruktur, bisa jadi tidak perlu seluruh datagrid dipergunakan. Apalagi ketika fitur-fitur seperti table (list object di Excel 2003), pivot table, atau bahkan Get External Data (Import Data di Excel 2003) bisa dimanfaatkan dengan baik. Fasilitas adanya VBA adalah keuntungan tersendiri untuk mengatasi hal yang bersinggungan dengan performance.
>
>Sederhananya, Excel bisa tidak lemot ketika berisi data banyak jika penggunaan formula tidak terlalu banyak. Pengaturan cara kalkulasi, pemilihan fungsi-fungsi, serta penyusunan proses hingga mempersedikit formula adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencoba mengurangi dampak dari beratnya proses kalkulasi.
>
>Menyusun data berkaidah database dan memisah-misah data dalam beberapa file kemudian memanfaatkan fitur seperti get external data (data connection) maupun pivot table juga termasuk beberapa cara untuk meningkatkan performa kerja Excel. Yang lebih umum lagi adalah pemanfaatan VBA.
>
>Salam.
>Kid.
>
>
>
>On Tue, Mar 6, 2012 at 23:05, pecutmr <pecutmr@yahoo.co.id > wrote:
>
>
>>
>>Hai Para B-exel,
>>Perkenankan aku bertanya & mudah-mudahan ada yang bisa menjawab yang bisa memuaskan semua, terutama aku...
>>
>>Excel kan dibuat dengan jumlah kolom & baris yang banyak pada tiap sheetnya. Artinya bisa diartika bahwa kita di persilahkan untuk mengisi data2, walau denan jumlah yang banyak. Cuman, kenapa kalo aku isi dengan banyak2 data, kerjanya jadi lemot banget yah...?
>>
>>Dan supaya ga lemot atawa lelet alias lamban, bagaimana ? jadi bingung aku...
>>
>>Best Regards,
>>
>>Mr Pecut
>>
>>
>>
>
- 8e.
-
Re: Kena Apa Excel Lemot
Posted by: "Mr Pecut" pecutmr@yahoo.co.id pecutmr
Tue Mar 6, 2012 6:35 pm (PST)
Wah bener juga tuh Mr Hendrik, kayaknya mungkin harus laptopnya yang dipecut, saya fikir dengan laptop yang masih sekelas core 2 duo masih bisa di pecut-pecut lagi untuk larinya....
Tks...tks...
--- Pada Rab, 7/3/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com > menulis:
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Judul: Re: [belajar-excel] Kena Apa Excel Lemot
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Tanggal: Rabu, 7 Maret, 2012, 2:29 AM
Dear Mr Pecut,
Kalau komputer anda sudah "dipecut" sampai type i7 ddr3 dan masih lemot, tidak ada cara lain selain memperbaiki Sheet2nya (hapus kolom dan baris kosong pada bagian kanan dan bawah data serta kurangi link formulanya) atau menutup file2 lain pada saat anda menggunakan file yang lemot tsb.
Salam,Hendrik Karnadi
From: Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id >
To:
belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, 7 March 2012, 8:53
Subject: Re: [belajar-excel] Kena Apa Excel Lemot
Jadi, kalau sekaliber saya kemampuan excelnya, awam vba, solusinya harus gimana ya Mr. Kid untuk tetap bisa memakai formula tapi excelnya ga lemot gitu...?
Oh iya, saya buka link dari Mr. Kid kok ga bisa dibuka yah...?
--- Pada Rab, 7/3/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Judul: Re: [belajar-excel] Kena Apa Excel Lemot
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Rabu, 7 Maret, 2012, 1:03 AM
Hello Mr Pecut,
Ketika membicarakan tentang data, kadangkala agak lupa bahwa data itu bermacam-macam. Ada yang berupa values, formula, gambar, links dsb.
Struktur penataannya pun berbeda-beda sesuai kebutuhan, seperti berorientasi horisontal, vertikal atau horisontal dan vertikal seperti pivot table.
Ketika lebih khusus membahas tentang wadah data yang berupa sheet, bisa diisi bermacam data juga.
Dari hal-hal tersebut, bisa dikira-kira maksud penyediaan cell yang begitu banyak (berupa datagrid) tentu untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.
Data yang berupa values, akan berat saat loading dan save karena file Excel yang besar.
Data yang berisi banyak formula, selain loading dan save masih dikenai proses kalkulasi.
Jadi, masalah lemot dan tidak lemot, bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari hardware sampai cara penyusunan data dalam sheet.
Bisa jadi, hardware yang digunakan terlalu terbebani oleh proses kalkulasi yang dilakukan oleh Excel. Tentu saja hal ini akan memaksa pengguna untuk memperbaiki dan menata ulang susunan data dan penggunaan formulanya. Untuk lebih detil agar bisa lebih sesuai antara kemampuan hardware dan kebutuhan proses kerja Excel, bisa dibaca disini. Yang versi bahasa Indonesianya, coba link berikut ini.
Jika data disusun lebih berkaidah database dan lebih terstruktur, bisa jadi tidak perlu seluruh datagrid dipergunakan. Apalagi ketika fitur-fitur seperti table (list object di Excel 2003), pivot table, atau bahkan Get External Data (Import Data di Excel 2003) bisa dimanfaatkan dengan baik. Fasilitas adanya VBA adalah keuntungan tersendiri untuk mengatasi hal yang bersinggungan dengan performance.
Sederhananya, Excel bisa tidak lemot ketika berisi data banyak jika penggunaan formula tidak terlalu banyak. Pengaturan cara kalkulasi, pemilihan fungsi-fungsi, serta penyusunan proses hingga mempersedikit formula adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencoba mengurangi dampak dari beratnya proses kalkulasi.
Menyusun data berkaidah database dan memisah-misah data dalam beberapa file kemudian memanfaatkan fitur seperti get external data (data connection) maupun pivot table juga termasuk beberapa cara untuk meningkatkan performa kerja Excel. Yang lebih umum lagi adalah pemanfaatan VBA.
Salam.
Kid.
On Tue, Mar 6, 2012 at 23:05, pecutmr <pecutmr@yahoo.co.id > wrote:
Hai Para B-exel,
Perkenankan aku bertanya & mudah-mudahan ada yang bisa menjawab yang bisa memuaskan semua, terutama aku...
Excel kan dibuat dengan jumlah kolom & baris yang banyak pada tiap sheetnya. Artinya bisa diartika bahwa kita di persilahkan untuk mengisi data2, walau denan jumlah yang banyak. Cuman, kenapa kalo aku isi dengan banyak2 data, kerjanya jadi lemot banget yah...?
Dan supaya ga lemot atawa lelet alias lamban, bagaimana ? jadi bingung aku...
Best Regards,
Mr Pecut
- 9.
-
Rumus IF untuk menggeser kurva
Posted by: "tuti andrayani" andrayani_lee@yahoo.co.id andrayani_lee
Tue Mar 6, 2012 6:22 pm (PST)
Dear All,
Mohon pencerahannya , saya sedang membuat rumus untuk menggeser sederetan nilai sbb:
Range nilai berderet dari K, K+, C, C+, B, B+, A, A+
Jika Index nilai diantara C dan C+, maka nilai individu yg tadinya D, nilai akhirnya menjadi K+, nilai C menjadi C, nilai B menjadi C+ , nilai A menjadi B+
Jika Index nilai adalah C, maka nilai D jadi K, nilai C jadi K+, nilai B jadi C dan nilia A jadi C+
Jika Index nilai diantara C+ dan B maka, nilai nilai D jadi C, nilai C jadi C+, B jadi B, A jadi A+
dst
Nilai Individu dan Nilai index sudah diketahui, jika kita ingin mengetahui nilai akhirnya, rumus apakah yang harus dipakai?
Nilai Individu Nilai Index Nilai Akhir
D C - C+ K+
Thanks
Tuti
- 10a.
-
Belajar Pencarian
Posted by: "Mr Pecut" pecutmr@yahoo.co.id pecutmr
Tue Mar 6, 2012 6:40 pm (PST)
B-excel,
Aku kepingin belajar macro dikit-demi dikit, mencomot bahasa macronya dari salah satu web lain, kasih pencerahannya dong untuk aplikasinya....
Maaf, banyak bertanya-tanya...
Best Regards,
Mr Pecut - 10b.
-
Re: Belajar Pencarian
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Tue Mar 6, 2012 8:03 pm (PST)
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim vArg1 As Variant
Dim rArg2 As Range
Dim nArg3 As Long
Dim bArg4 As Boolean
vArg1 = Sheets("Pencarian").Range(" A3").Value
Set rArg2 = Sheets("Data").Range(" A$1:D$9")
nArg3 = 2
bArg4 = False
Sheets("Pencarian").Range(" B3") = WorksheetFunction. VLookup(vArg1, rArg2, 2, False)
Sheets("Pencarian").Range(" C3") = WorksheetFunction. VLookup(vArg1, rArg2, 3, False)
Sheets("Pencarian").Range(" D3") = WorksheetFunction. VLookup(vArg1, rArg2, 4, False)
End Sub
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: pecutmr@yahoo.co.id
Date: Wed, 7 Mar 2012 10:38:04 +0800
Subject: [belajar-excel] Belajar Pencarian
B-excel,
Aku kepingin belajar macro dikit-demi dikit, mencomot bahasa macronya dari salah satu web lain, kasih pencerahannya dong untuk aplikasinya....
Maaf, banyak bertanya-tanya...
Best Regards,
Mr Pecut
- 10c.
-
Re: Belajar Pencarian
Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com ki_semprull
Tue Mar 6, 2012 8:09 pm (PST)
1:
Beli bukunya saja, tulisan teman sendiri di milis ini ... gak ada ruginya..
Lagi pula bukunya juga oke, buat pemula maupun menengah..
http://www.bukabuku.com/browse/ bookdetail/ 102444/tingkatka n-kinerja- excel-2007- 2010-anda- dengan-vba- excel-cd. html
2:
di badan email anda belum terlihat apa keperluan / masalah/ problem anda
(fadahal ini yg paling perlu [dan sudah diatur pula di "Peraturan MILIS" ]
Mohon diingat, tidak semua member pada saat membuka post ini ybs sedang
berkemampuan membuka pula lampirannya
Lain kali mungkin bisa tetapi sudah tidak tertarik lagi... karena sudah ada
posting baru lagi yg lebih informatip ...
*
*
*Semprul..Ki!*
2012/3/7 Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id >
> B-excel,
> Aku kepingin belajar macro dikit-demi dikit, mencomot bahasa macronya
dari salah satu web lain,
> kasih pencerahannya dong untuk aplikasinya....
> Maaf, banyak bertanya-tanya...
> Best Regards,
> Mr Pecut
- 10d.
-
Re: Belajar Pencarian
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Tue Mar 6, 2012 8:32 pm (PST)
Coba ganti Codenya seperti ini:
Private Sub CommandButton1_Click()
'Untuk Mengisi Sheet1 Kolom 2, 3 dan 4
Range("B3") = "=VLookup(A3, Data!A2:D9, 2, False)"
Range("C3") = "=VLookup(A3, Data!A2:D9, 3, False)"
Range("D3") = "=VLookup(A3, Data!A2:D9, 4, False)"
'langsung divalue
Range("B3:D3") = Range("B3:D3" ).Value
End Sub
Regards,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id >
To: belajar xl <belajar-excel@yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 7 March 2012, 9:38
Subject: [belajar-excel] Belajar Pencarian
B-excel,
Aku kepingin belajar macro dikit-demi dikit, mencomot bahasa macronya dari salah satu web lain, kasih pencerahannya dong untuk aplikasinya....
Maaf, banyak bertanya-tanya...
Best Regards,
Mr Pecut
- 10e.
-
Re: Belajar Pencarian
Posted by: "Jokoplo" koplosukoplo@rocketmail.com koplosukoplo@rocketmail.com
Tue Mar 6, 2012 9:45 pm (PST)
ternyata banyak cara ya..ini satu lagi, gaya jurus wudang perguruan
BaruKlinting... (="kebanyakan" menyiapkan variables)
Private Sub CommandButton1_Click() 'Untuk Mengisi Sheet1 Kolom 2 Dim
i As Integer, LookupVal As Variant Dim dTulis As Range, dTabel As
Range, fun As Object Set dTabel =
Sheet2.Range("A1").CurrentReg ion.Offset( 1, 0) Set dTulis =
Sheet1.Range("B3:D3") LookupVal = dTulis(1, 0).Value fun =
Application.WorksheetFunctio n For i = 1 To 3 dTulis(i).Value =
fun.VLookup(LookupVal, dTabel, i + 1, False) Next iEnd Sub
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Mr Pecut <pecutmr@...com > wrote:
>
> B-excel,
> Aku kepingin belajar macro dikit-demi dikit, mencomot bahasa macronya
dari salah satu web lain, > kasih pencerahannya dong untuk
aplikasinya....
> Maaf, banyak bertanya-tanya...
> Best Regards,
> Mr Pecut
- 11a.
-
Re: User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last Row
Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com ki_semprull
Tue Mar 6, 2012 7:06 pm (PST)
*1 :*
Sesuai "wisik" (bisikan ghoib) dari si empunya project (ctv, yg sedang
mengasingkan diri (semoga lekas sehat kembali ya mbak...)
katanya begini:
Prosedur ini ( ada di dalam module Frm_NewUser)
Sub SaveIt(sUser As String, sPass As String, sSheet As String)
With Sheets("User")
iRow = .Range("B4").CurrentRegion. Rows.Count + 1
.Range("B3").EntireRow. Insert
.Range("B4") = "#"
.Range("C4") = Krip(sUser, True)
.Range("D4") = Krip(sPass, True)
.Range("E4") = Krip(UCase(sSheet), True)
End With
NewSheet sSheet
End Sub
di modifikasi menjadi seperti ini
Sub SaveIt(sUser As String, sPass As String, sSheet As String)
Dim iRow As Integer
With Sheets("User").Range(" B4")
iRow = .Range("B4").CurrentRegion. Rows.Count + 1
.Cells(iRow, 1) = "#"
.Cells(iRow, 2) = Krip(sUser, True)
.Cells(iRow, 3) = Krip(sPass, True)
.Cells(iRow, 4) = Krip(UCase(sSheet), True)
End With
NewSheet sSheet
End Sub
*2 :*
Pertanyaan ini dulu pernah ditanyakan dan dijawab
Karena penyebab pengkodean itu adalah Fungsi Krip
Fungsi (UDF) itu dibuat sendiri dan dapat Anda lihat dengan jelas di module
standar bernama Log_Module
Jadi contohnya, penambahan New User tsb tidak akan di codekan jika
ditulisnya tanpa mengunakan UDF Krip spt ini
With Sheets("User").Range(" B4")
iRow = .Range("B4").CurrentRegion. Rows.Count + 1
.Cells(iRow, 1) = "#"
.Cells(iRow, 2) = sUser
.Cells(iRow, 3) = sPass
.Cells(iRow, 4) = UCase(sSheet)
End With
Aneahnya Anda ini ingin login kan demi keamanan File (supaya tidak
diobok-obok orang yg tak berhak)
Anda diberi Kode login + diberi fungsi pengkodean nama user dan password
harusnya anda senang
bertambah level keamanannya
Kebalikan dari seang anda malah ingin menghilangkan ??? Yok Op rek ?
*3:*
Waduh mundur lagi ini ke masalah cara merujuk range (kok gak pernah
berkisar dari sini ya)
Ini hanya mengenai cara merujuk Range
Range itu bisa dimana saja tergantung anda menyebutnya
Jika anda sedang berada di sheet aktif; maka Range("B4") adalah range B4 di
sheet aktif
Tetapi jika anda ingin merujuk Range B4 di suatu workbook lain anda tetap
dengan mudah dapat merujuk (referring), mengakses, mengambil nilai dari
suatu cell, mengisi cellnya dsb.
contoh saja... (fixed address)
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "B4") =
"#"
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "C4") =
sUser
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "D4") =
sPass
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "E4")
= UCase(sSheet)
Nantinya, Pada saat mengakses kembali (misalnya akan dicocokkan dengan user
name yg sedang login), tentunya anda juga harus merujuk dengan cara yg sama
*Semprul..Ki!*
2012/3/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
> Dear Be Exceller,
>
> Belajar dari materi sebelumnya mengenai User Login (ctv_Login_v2.xls),
bersama ini saya ingin menanyakan 3 (tiga) pertanyaan sebagai berikut:
> 1. Bagaimana cara dan rumusnya jika Pendaftaran New User yang
bertama kali berada pada posisi paling bawah sedangkan New User yang baru
saja didaftarkan berada paling atas ???
> Situasi yang sekarang posisi User yang baru didaftarkan selalu pada
posisi C4 & D4 (diatas) sedangkan User yang sudah didaftarkan sebelumnya
berada dibawahnya.
> 2. Pada output pendaftaran tersebut di kodekan kata sandi. Bagaimana
caranya jika kata sandi tersebut dibuang. Misalnya User dengan nama "EKA"
dengan password "eka" hasilnya outputnya adalah User Nama "EKA" dan
Password "eka".
> 3. Bagaimana caranya jika output pendaftaran user tersebut di
dikirimkan ke file yang berbada, Mis. ctv_Login_v2.database. xls ??? Tapi
tetap bisa mengakses "UBAH PASSWORD", "ADD NEW USER", dll.
>
> Terima kasih atas berkenan informasinya.
> Semoga bermanfaat
>
> Regards,
> Harry
>
> N/B:
> Terlampir file ctv_Login_v2.xls
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar