Messages In This Digest (21 Messages)
- 1a.
- Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia From: Kid Mr.
- 1b.
- Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia From: adrian piter
- 1c.
- Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia From: summonery
- 1d.
- Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia From: Dwi Hadwan Ridho
- 1e.
- Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia From: Dwi Hadwan Ridho
- 3a.
- Ambil data dari file yang beda (hasilnya #REF!) From: Harry
- 3b.
- Re: Ambil data dari file yang beda (hasilnya #REF!) From: Kid Mr.
- 4a.
- Re: Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET From: Kid Mr.
- 4b.
- Bls: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET From: irwan wijaya
- 4c.
- Bls: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET From: irwan wijaya
- 5a.
- Re: Rumus IF untuk menggeser kurva From: Kid Mr.
- 6a.
- Filter data menghasilkan data yang salah From: dwint ruswanto
- 6b.
- Re: Filter data menghasilkan data yang salah From: jkssxls Sudarsono
- 6c.
- Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah From: dwint ruswanto
- 6d.
- Re: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah From: jkssxls Sudarsono
- 6e.
- Re: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah From: jkssxls Sudarsono
- 6f.
- Re: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah From: jkssxls Sudarsono
- 7a.
- Tugas admin controller From: Ardhy
- 7b.
- Tugas admin controller From: Ardhy Brahmana
- 8.
- Optimasi Non Linear dengan MS Excel metode logika Fuzzy From: P. Nas
Messages
- 1a.
-
Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Wed Mar 7, 2012 7:59 am (PST)
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh,
Pak Wawan,
Fungsi untuk hitung cacah berdasar 1 kriteria di Excel adalah CountIF()
Untuk menghitung cacah suatu range usia :
1 - Hitung cacah usia sampai batas atas
range -> =CountIF( datanya , "<=" &
nilai_batas_atas )
2 - Hitung cacah usia yang kurang dari batas bawah range
-> =CountIF( datanya , "<" & nilai_batas_bawah )
3 - Kemudian kurangi hasil 1 dengan hasil
2. -> =CountIF( datanya , "<=" &
nilai_batas_atas ) - CountIF( datanya , "<" & nilai_batas_ bawah )
Selain dengan formula, untuk suatu interval kelas yang konstan, bisa diolah
memanfaatkan fitur Pivot Table melalui kemampuan Pivot dalam menyusun Group.
Caranya, setelah punya pivot table-nya, klik kanan pivot table dan pilih
Group.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Kid.
On Wed, Mar 7, 2012 at 21:33, Dwi Hadwan Ridho
<pos.syariah@bni-life. >wrote:co.id
> **
>
>
> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,****
>
> ** **
>
> Dear Temen-teman pakar excel,****
>
> ** **
>
> Mohon bantuannya, untuk rumus menentukan jumlah orang berdasarkan range
> usia seperti contoh terlampir..****
>
> ** **
>
> Atas perhatian dan bantuannya temen-temen, saya ucapkan terima kasih.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.****
>
> Best Regards,****
>
> *Dwi Hadwan Ridho (Wawan)*
>
> ** **
>
>
>
- 1b.
-
Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia
Posted by: "adrian piter" petcures2003@yahoo.com petcures2003
Wed Mar 7, 2012 5:17 pm (PST)
selamat pagi
saya coba bantu solusinya bung wawan dengan menggunakan countif dan countifs.
semoga ini yang dimaksud ya..
Salam XL
-Pit-
_____________________ _________ __
From: Dwi Hadwan Ridho <pos.syariah@bni-life. >co.id
Sent: Wednesday, March 7, 2012 9:33 PM
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Dear Temen-teman pakar excel,
Mohon bantuannya, untuk rumus menentukan jumlah orang berdasarkan
range usia seperti contoh terlampir..
Atas perhatian dan bantuannya temen-temen, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Best Regards,
Dwi Hadwan Ridho (Wawan) - 1c.
-
Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia
Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com summonery
Wed Mar 7, 2012 9:59 pm (PST)
coba juga dengan fungsi FREQUENCY,
terlebih dahulu agar lebih pas, tambahkan kelompok usia lebih dari 60
tahun di kolom J8,setelah itu sorot range K4:K8 pada formula bar ketik:
=FREQUENCY(C3:C7,{30,40, 50,60}) kemudian tekan tombol
Ctrl+Shift+Enterdan perhatikan apa yang terjadi.
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Dwi Hadwan Ridho <pos.syariah@com ...>
wrote:
>
> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
>
>
>
> Dear Temen-teman pakar excel,
>
>
>
> Mohon bantuannya, untuk rumus menentukan jumlah orang berdasarkan
range usia
> seperti contoh terlampir..
>
>
>
> Atas perhatian dan bantuannya temen-temen, saya ucapkan terima kasih.
>
>
>
>
>
> Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
>
> Best Regards,
>
> Dwi Hadwan Ridho (Wawan)
>
- 1d.
-
Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia
Posted by: "Dwi Hadwan Ridho" pos.syariah@bni-life.co.id
Wed Mar 7, 2012 11:13 pm (PST)
Ok, Terima kasih Mr. Kid. Ini bermanfaat.
Best Regards,
Dwi Hadwan Ridho (Wawan)
From: belajar-excel@yahoogroups. On Behalf Of Kid Mr.com
Sent: Wednesday, March 07, 2012 10:59 PM
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh,
Pak Wawan,
Fungsi untuk hitung cacah berdasar 1 kriteria di Excel adalah CountIF()
Untuk menghitung cacah suatu range usia :
1 - Hitung cacah usia sampai batas atas range
-> =CountIF( datanya , "<=" & nilai_batas_atas )
2 - Hitung cacah usia yang kurang dari batas bawah range ->
=CountIF( datanya , "<" & nilai_batas_bawah )
3 - Kemudian kurangi hasil 1 dengan hasil 2.
-> =CountIF( datanya , "<=" & nilai_batas_atas ) - CountIF( datanya , "<"
& nilai_batas_bawah )
Selain dengan formula, untuk suatu interval kelas yang konstan, bisa diolah
memanfaatkan fitur Pivot Table melalui kemampuan Pivot dalam menyusun Group.
Caranya, setelah punya pivot table-nya, klik kanan pivot table dan pilih
Group.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Kid.
- 1e.
-
Re: menentukan jumlah orang berdasarkan range usia
Posted by: "Dwi Hadwan Ridho" pos.syariah@bni-life.co.id
Wed Mar 7, 2012 11:16 pm (PST)
Terima kasih atas solusinya.
Best Regards,
Dwi Hadwan Ridho (Wawan)
From: belajar-excel@yahoogroups. On Behalf Of adrian pitercom
Sent: Thursday, March 08, 2012 7:35 AM
selamat pagi
saya coba bantu solusinya bung wawan dengan menggunakan countif dan countifs.
semoga ini yang dimaksud ya..
Salam XL
-Pit-
- 2a.
-
Bls: [belajar-excel] User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last R
Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com hariansyahptk
Wed Mar 7, 2012 8:20 am (PST)
Dear Ki Semprul,
Saya juga mengucapkan "Semoga Ctv yang lagi kurang sahat agar cepat sehat kembali". karena banyak sharing pengetahuan (ilmu) beliau dan BeExceller sekalian yang dapat dipelajari kami semua yang masih harus terus belajar.
Untuk jawaban Ki Seprul mengenai pertanyaan saya No. 1, hasilnya sangat sesuai dengan apa yang saya inginkan.
Sedangkan jawaban No. 2 juga sesuai dengan yang diinginkan tetapi terdapat masalah jika kita ingin login dengan nama dan password yang tidak di codekan karena bermasalah dengan frmLogin.
Jawaban No. 3 ini yang mungkin tidak sesuai dengan yang diinginkan (atau mungkin saya yang belum dapat memahaminya). Yang saya maksudkan adalah: Bagaimana caranya dengan wbkA bisa menyimpan data NewUser pada wbkDB. Hal tersebut dikarenakan ada kemungkinan workbook (program) ini digunakan beberapa user dalam waktu yang bersamaan sebagaimana pertanyaan saya sebelumnya.
Berikut jawaban dari Mr. Kid akan pertanyaan saya pada topik yang berbeda "Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data" sbb:
Private Sub cmdAdd_Click()
Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
'-------------------- --------
'Kid : 2012-01-29 : modified
'Kid : 2012-02-23 : tambahkan blok cek workbook terbuka as read only
'-------------------- --------
'deklarasi variabel workbook
Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
'init workbooknya
Set wbkA = ThisWorkbook
'--- WBK READ ONLY ??? ---' >> START
Dim lTry As Long, lJeda As Long
Application.ScreenUpdating = False
Application.DisplayAlerts = False
CobaBuka:
For lTry = 1 To 20
Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls" )
If wbkDB.ReadOnly Then
wbkDB.Close False
If lTry = 20 Then
If MsgBox("Sudah dicoba membuka " & lTry & _
" kali, dan masih digunakan oleh instansi Excel yang lain" & vbCrLf & _
"Coba lagi ?", vbExclamation + vbYesNo, "Akses ke database") = vbYes Then
GoTo CobaBuka
Else
Application.ScreenUpdating = False
Exit Sub
End If
End If
Else
wbkA.Activate
Exit For
End If
For lJeda = 1 To 100000000
Next lJeda
Next lTry
Application.ScreenUpdating = True
'--- WBK READ ONLY ??? ---' >> END
Mohon berkenan informasinya.
Terima kasih.
Wassalam,
Harry
N/B: SEMOGA "CTV" CEPAT SEMBUH, AMIN..."
*. terlampir: ctv_Login_v2 (LAMPIRAN).xls
_____________________ _________ __
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Rabu, 7 Maret 2012 10:06
Judul: Re: [belajar-excel] User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last Row
1 :
Sesuai "wisik" (bisikan ghoib) dari si empunya project (ctv, yg sedang mengasingkan diri (semoga lekas sehat kembali ya mbak...)
katanya begini:
Prosedur ini ( ada di dalam module Frm_NewUser)
Sub SaveIt(sUser As String, sPass As String, sSheet As String)
With Sheets("User")
iRow = .Range("B4").CurrentRegion. Rows.Count + 1
.Range("B3").EntireRow. Insert
.Range("B4") = "#"
.Range("C4") = Krip(sUser, True)
.Range("D4") = Krip(sPass, True)
.Range("E4") = Krip(UCase(sSheet), True)
End With
NewSheet sSheet
End Sub
di modifikasi menjadi seperti ini
Sub SaveIt(sUser As String, sPass As String, sSheet As String)
Dim iRow As Integer
With Sheets("User").Range(" B4")
iRow = .Range("B4").CurrentRegion. Rows.Count + 1
.Cells(iRow, 1) = "#"
.Cells(iRow, 2) = Krip(sUser, True)
.Cells(iRow, 3) = Krip(sPass, True)
.Cells(iRow, 4) = Krip(UCase(sSheet), True)
End With
NewSheet sSheet
End Sub
2 :
Pertanyaan ini dulu pernah ditanyakan dan dijawab
Karena penyebab pengkodean itu adalah Fungsi Krip
Fungsi (UDF) itu dibuat sendiri dan dapat Anda lihat dengan jelas di module standar bernama Log_Module
Jadi contohnya, penambahan New User tsb tidak akan di codekan jika ditulisnya tanpa mengunakan UDF Krip spt ini
With Sheets("User").Range(" B4")
iRow = .Range("B4").CurrentRegion. Rows.Count + 1
.Cells(iRow, 1) = "#"
.Cells(iRow, 2) = sUser
.Cells(iRow, 3) = sPass
.Cells(iRow, 4) = UCase(sSheet)
End With
Aneahnya Anda ini ingin login kan demi keamanan File (supaya tidak diobok-obok orang yg tak berhak)
Anda diberi Kode login + diberi fungsi pengkodean nama user dan password harusnya anda senang
bertambah level keamanannya
Kebalikan dari seang anda malah ingin menghilangkan ??? Yok Op rek ?
3:
Waduh mundur lagi ini ke masalah cara merujuk range (kok gak pernah berkisar dari sini ya)
Ini hanya mengenai cara merujuk Range
Range itu bisa dimana saja tergantung anda menyebutnya
Jika anda sedang berada di sheet aktif; maka Range("B4") adalah range B4 di sheet aktif
Tetapi jika anda ingin merujuk Range B4 di suatu workbook lain anda tetap dengan mudah dapat merujuk (referring),mengakses, mengambil nilai dari suatu cell, mengisi cellnya dsb.
contoh saja... (fixed address)
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "B4") = "#"
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "C4") = sUser
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "D4") = sPass
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH" ).Worksheets( "EntahApaNamanya ").Range( "E4") = UCase(sSheet)
Nantinya, Pada saat mengakses kembali (misalnya akan dicocokkan dengan user name yg sedang login), tentunya anda juga harus merujuk dengan cara yg sama
Semprul..Ki!
2012/3/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
> Dear Be Exceller,
>
> Belajar dari materi sebelumnya mengenai User Login (ctv_Login_v2.xls), bersama ini saya ingin menanyakan 3 (tiga) pertanyaan sebagai berikut:
> 1. Bagaimana cara dan rumusnya jika Pendaftaran New User yang bertama kali berada pada posisi paling bawah sedangkan New User yang baru saja didaftarkan berada paling atas…???
> Situasi yang sekarang posisi User yang baru didaftarkan selalu pada posisi C4 & D4 (diatas) sedangkan User yang sudah didaftarkan sebelumnya berada dibawahnya.
> 2. Pada output pendaftaran tersebut di kodekan kata sandi. Bagaimana caranya jika kata sandi tersebut dibuang. Misalnya User dengan nama "EKA" dengan password "eka" hasilnya outputnya adalah User Nama "EKA" dan Password "eka".
> 3. Bagaimana caranya jika output pendaftaran user tersebut di dikirimkan ke file yang berbada, Mis. ctv_Login_v2.database. xls…??? Tapi tetap bisa mengakses "UBAH PASSWORD", "ADD NEW USER", dll.
>
> Terima kasih atas berkenan informasinya.
> Semoga bermanfaat
>
> Regards,
> Harry
>
> N/B:
> Terlampir file ctv_Login_v2.xls
- 3a.
-
Ambil data dari file yang beda (hasilnya #REF!)
Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com hariansyahptk
Wed Mar 7, 2012 8:30 am (PST)
Dear Be Exceller,
Mohon bantuan akan pertanyaan saya dng kondisi sbb:
Ada 2 (dua) file yaitu wbkA dan wbkDB.
Pada wbkA, saya mengambil data dari wbkDB dengan mengunakan rumus mis. (=A5).
Tetapi mengapa wbkA aktif (terbuka) sementara wbkDB tidak aktif (tertutup) hasilnya #REF!...???
Dan diatas workbook tersebut muncul pesan sbb:
"Automatic update of links has been disabled"
Bagaima cara menanggulanginya...???
Mohon berkenan informasinya.
Regards,
Harry
- 3b.
-
Re: Ambil data dari file yang beda (hasilnya #REF!)
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Wed Mar 7, 2012 9:06 am (PST)
Pak Harry,
Link antar workbook menuntut terbukanya workbook yang dirujuk dengan link
tersebut. Jadi bukalah wbkDB nya. Memang demikian syarat dan ketentuan yang
berlaku pada penggunaan link antar workbook sebagai formula link. Jika
ribet harus buka semua file yang dilink dengan formula, buatlah sebagai
Workspace (save as workspace) atau letakkan di folder xlstart.
Pada Excel 2007 ada pintu Security terhadap berbagai hal, termasuk hubungan
sebuah workbook terhadap data dari luar workbook.
Coba :
Office Button (bunder pojok kiri atas) -> Excel Options (kanan bawah dekat
Exit Excel) -> lihat pane kiri pilih Trus Center -> di pane kanan klik
Trust Center Setting ->
lihat pane kiri pilih External Content -> di pane kanan ada bagian Workbook
Links ->
ubah ke Enable (update tanpa peringatan) atau Prompt blah (update dengan
peringatan) ->
tekan OK sampai kembali ke Worksheet -> Save -> keluar Excel -> masuk lagi.
Wassalam.
Kid.
On Wed, Mar 7, 2012 at 23:30, Harry <hariansyahptk@yahoo.com > wrote:
> Automatic update of links has been disabled
- 4a.
-
Re: Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Wed Mar 7, 2012 8:53 am (PST)
Hai Pak Irwan,
Umumnya, ketika diminta sebuah laporan dengan format khusus yang memerlukan
proses kalkulasi tertentu, maka disusunlah bentuk laporan itu sekaligus
dengan proses kalkulasi dalam struktur laporan tersebut.
Ketika struktur laporan berorientasi vertikal, umumnya akan lebih mudah
melakukan berbagai macam proses kalkulasi untuk mendapatkan nilai-nilai
yang diplaporkan.
Ketika struktur laporan berorientasi horisontal (misal berbasis series
waktu), maka potensi untuk kesulitan dalam mendapatkan nilai-nilai yang
dilaporkan (tertentu yang harus membutuhkan proses kalkulasi tertentu).
Untuk hal seperti ini, sebaiknya kembali ke bentuk dasar pengolahan data,
yaitu :
1. Bahan data yang diproses telah berkaidah database (minimal berorientasi
vertikal)
2. Hasil proses kalkulasi juga berkaidah database (minimal berorientasi
vertikal)
3. Gunakan kolom, baris atau bahkan beberapa cell bantu bila diperlukan,
tetapi tetap menjaga hasil proses tetap berkaidah database (minimal
berorientasi vertikal)
4. Menyusun laporan berdasar tabel hasil proses. Struktur laporan sesuai
kebutuhan. Formula pada laporan akan berupa formula pengambil nilai saja,
atau formula kalkulasi sederhana.
5. Coba manfaatkan fitur-fitur Excel seperti pivot table atau get external
data (memanfaatkan query) agar pola pikir penyusunan laporan tidak
terbatasi oleh formula saja, atau oleh VBA saja.
Salam,
Kid.
On Wed, Mar 7, 2012 at 20:36, irwan wijaya <irwan2307@yahoo.com > wrote:
> **
>
>
> saya diminta pimpinan untuk membuat daftar umur piutang untuk customer
> kami yang jumlahnya ratusan, saya lampirkan file yang bikin saya mumet 7
> keliling
> para pakar excel tolong bantuannya ya.....
>
>
> irwan wijaya
>
>
>
>
- 4b.
-
Bls: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET
Posted by: "irwan wijaya" irwan2307@yahoo.com irwan2307
Thu Mar 8, 2012 1:38 am (PST)
noted MR KID, saya sudah mulai paham dalam membuat database buku piutang,
ada beberapa hal yang membuat saya rancu dalam kasus kemarin, bagaimana jika ada piutang yang di"gantung"gara gara satu masalah dan mereka "skip"membayar untuk faktur bulan berikutnya, saya coba dengan vlookup juga belum bisa dan pakai index juga gak mudeng, tolong waktu MR KID untuk menengok permasalahan yang ada, file saya lampirkan yang baru mas,
regards,
irwan wijaya
_____________________ _________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Rabu, 7 Maret 2012 23:52
Judul: Re: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET
Hai Pak Irwan,
Umumnya, ketika diminta sebuah laporan dengan format khusus yang memerlukan proses kalkulasi tertentu, maka disusunlah bentuk laporan itu sekaligus dengan proses kalkulasi dalam struktur laporan tersebut.
Ketika struktur laporan berorientasi vertikal, umumnya akan lebih mudah melakukan berbagai macam proses kalkulasi untuk mendapatkan nilai-nilai yang diplaporkan.
Ketika struktur laporan berorientasi horisontal (misal berbasis series waktu), maka potensi untuk kesulitan dalam mendapatkan nilai-nilai yang dilaporkan (tertentu yang harus membutuhkan proses kalkulasi tertentu).
Untuk hal seperti ini, sebaiknya kembali ke bentuk dasar pengolahan data, yaitu :
1. Bahan data yang diproses telah berkaidah database (minimal berorientasi vertikal)
2. Hasil proses kalkulasi juga berkaidah database (minimal berorientasi vertikal)
3. Gunakan kolom, baris atau bahkan beberapa cell bantu bila diperlukan, tetapi tetap menjaga hasil proses tetap berkaidah database (minimal berorientasi vertikal)
4. Menyusun laporan berdasar tabel hasil proses. Struktur laporan sesuai kebutuhan. Formula pada laporan akan berupa formula pengambil nilai saja, atau formula kalkulasi sederhana.
5. Coba manfaatkan fitur-fitur Excel seperti pivot table atau get external data (memanfaatkan query) agar pola pikir penyusunan laporan tidak terbatasi oleh formula saja, atau oleh VBA saja.
Salam,
Kid.
On Wed, Mar 7, 2012 at 20:36, irwan wijaya <irwan2307@yahoo.com > wrote:
>
>saya diminta pimpinan untuk membuat daftar umur piutang untuk customer kami yang jumlahnya ratusan, saya lampirkan file yang bikin saya mumet 7 keliling
>para pakar excel tolong bantuannya ya.....
>
>
>
>
>irwan wijaya
>
- 4c.
-
Bls: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET
Posted by: "irwan wijaya" irwan2307@yahoo.com irwan2307
Thu Mar 8, 2012 2:45 am (PST)
noted MR KID, saya sudah mulai paham dalam membuat database buku piutang,
ada beberapa hal yang membuat saya rancu dalam kasus kemarin, bagaimana jika ada piutang yang di"gantung"gara gara satu masalah dan mereka "skip"membayar untuk faktur bulan berikutnya, saya coba dengan vlookup juga belum bisa dan pakai index juga gak mudeng, tolong pencerahannya.
regard,
Irwan Wijaya
_____________________ _________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Rabu, 7 Maret 2012 23:52
Judul: Re: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET
Hai Pak Irwan,
Umumnya, ketika diminta sebuah laporan dengan format khusus yang memerlukan proses kalkulasi tertentu, maka disusunlah bentuk laporan itu sekaligus dengan proses kalkulasi dalam struktur laporan tersebut.
Ketika struktur laporan berorientasi vertikal, umumnya akan lebih mudah melakukan berbagai macam proses kalkulasi untuk mendapatkan nilai-nilai yang diplaporkan.
Ketika struktur laporan berorientasi horisontal (misal berbasis series waktu), maka potensi untuk kesulitan dalam mendapatkan nilai-nilai yang dilaporkan (tertentu yang harus membutuhkan proses kalkulasi tertentu).
Untuk hal seperti ini, sebaiknya kembali ke bentuk dasar pengolahan data, yaitu :
1. Bahan data yang diproses telah berkaidah database (minimal berorientasi vertikal)
2. Hasil proses kalkulasi juga berkaidah database (minimal berorientasi vertikal)
3. Gunakan kolom, baris atau bahkan beberapa cell bantu bila diperlukan, tetapi tetap menjaga hasil proses tetap berkaidah database (minimal berorientasi vertikal)
4. Menyusun laporan berdasar tabel hasil proses. Struktur laporan sesuai kebutuhan. Formula pada laporan akan berupa formula pengambil nilai saja, atau formula kalkulasi sederhana.
5. Coba manfaatkan fitur-fitur Excel seperti pivot table atau get external data (memanfaatkan query) agar pola pikir penyusunan laporan tidak terbatasi oleh formula saja, atau oleh VBA saja.
Salam,
Kid.
On Wed, Mar 7, 2012 at 20:36, irwan wijaya <irwan2307@yahoo.com > wrote:
>
>saya diminta pimpinan untuk membuat daftar umur piutang untuk customer kami yang jumlahnya ratusan, saya lampirkan file yang bikin saya mumet 7 keliling
>para pakar excel tolong bantuannya ya.....
>
>
>
>
>irwan wijaya
>
- 5a.
-
Re: Rumus IF untuk menggeser kurva
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Wed Mar 7, 2012 9:47 am (PST)
Dear Tuti,
File terlampir menggunakan 2 tabel bantu, yaitu sebuah tabel referensi
nilai index yang terurut menaik, dan sebuah tabel peta dari nilai individu
menjadi nilai akhir.
Konsep pemetaan data seperti ini sangat sering digunakan dalam pengolahan
data menggunakan query, tetapi dapat juga dilakukan menggunakan formula.
Silakan disesuaikan isi tabel referensi dan tabel peta tersebut agar sesuai
dengan ketentuan yang Anda miliki.
Tabel peta berisi nilai-nilai individu, nilai akhir ketika harus di-adjust
tetap atau turun berdasar index, dan nilai akhir ketika harus di-adjust
naik berdasar index.
Tabel ini adalah tabel referensi bagi formula lookup yang digunakan.
Formula lookup antara lain memanfaatkan VLookUp, Index disertai Match atau
Offset disertai Match.
Index dianggap terdiri dari sisi depan - sisi belakang. Contoh : C+-B
berarti C+ adalah depan dan B adalah belakang, dengan delimiter karakter
'-' (dash)
Index dasar adalah karakter pertama index. Jadi ada tanda + ataupun tidak
ada tanda plus dalam tabel referensi adalah sebuah varian item dari index
dasar tersebut.
Index dinyatakan naik jika ditemukan bahwa status kedua (belakang) ada pada
tabel referensi nilai index yang awal (kecil) sedangkan index yang depan
ada di tabel refernsi yang bawah (besar). Artinya ada selisih posisi nilai
index depan dan posisi nilai index belakang. Ketika tidak ada selisih
posisi antara kedua sisi index, maka dinyatakan turun atau tetap. Fungsi
Match bisa membantu dalam menemukan posisi setiap index (awal dan belakang).
Lebih lengkapnya dapat dilihat pada file lampiran.
Wassalam.
Kid.
On Wed, Mar 7, 2012 at 09:20, tuti andrayani <andrayani_lee@yahoo.co. >wrote:id
> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon pencerahannya , saya sedang membuat rumus untuk menggeser sederetan
> nilai sbb:
>
> Range nilai berderet dari K, K+, C, C+, B, B+, A, A+
>
> Jika Index nilai diantara C dan C+, maka nilai individu yg tadinya D,
> nilai akhirnya menjadi K+, nilai C menjadi C, nilai B menjadi C+ , nilai
> A menjadi B+
> Jika Index nilai adalah C, maka nilai D jadi K, nilai C jadi K+, nilai B
> jadi C dan nilia A jadi C+
> Jika Index nilai diantara C+ dan B maka, nilai nilai D jadi C, nilai C
> jadi C+, B jadi B, A jadi A+
> dst
>
> Nilai Individu dan Nilai index sudah diketahui, jika kita ingin
> mengetahui nilai akhirnya, rumus apakah yang harus dipakai?
>
> Nilai Individu Nilai Index Nilai Akhir D C - C+ K+
>
>
> Thanks
>
> Tuti
>
>
>
>
>
>
>
- 6a.
-
Filter data menghasilkan data yang salah
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com
Wed Mar 7, 2012 9:20 pm (PST)
Sahabat BeExcel yang baik,
saya memiliki beberapa buah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang
berbeda, laporan yang akan saya hasilkan berdasarkan master key pada tabel
1 dan data yang diambil berasal dari tabel ke-3, atau ke-4, atau tabel yang
lainnya.
Saya menggunakan formula =SMALL(IF(....)) untuk mengambil nomor baris dan
formula =INDEX(...) untuk mengambil data yang diinginkan.
Tetapi pada saat pengambilan ID pada tabel ke-2 menghasilkan data yang
salah, sementara ID pada tabelke-2 tersebut masih harus saya gunakan untuk
mengambil ID pada tabel-tabel yang lain. Tolong dikoreksi dimana letak
kesalahan yang saya buat.
Formula pada kolom C18 adalah sbb:
=INDEX($D$4:$D$13;SMALL( IF($E$4:$ E$13=INDEX( $B$4:$B$13; SMALL(IF( $A$4:$A$13= $A18;ROW( $B$4:$B$13) -ROW($B$3) );ROW($1: $1)));ROW( $D$4:$D$13) -ROW($D$3) );ROW($1: $1)))
[image: Gambar sisip 1]
Wassalam,
-dwint-
- 6b.
-
Re: Filter data menghasilkan data yang salah
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Thu Mar 8, 2012 1:12 am (PST)
rumus array formula di F18 :=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
Cari Id_Data_B :MATCH(A18,A$4:A$13,0) VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom B ) yang sama :Offset(B$4, 0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1) Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom E ) yang sama :OFFSET(E$4, 0,0,ROW($ 1:$10),1) akan menghasilkan Array. hitung nilai yang sama di kolom B :COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ) hitung perbaris nilai yang sama di kolom E :COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) cari jumlah nilai yang sama di array , untuk mengetahui posisi di arrayMATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) untuk jelasnyaIsi sel A3
Id_Data_A
Id_Data_B
Id_Data_C
Id_Data_B
2
4
3
6
4
6
3
2
3
4
2
7
1
4
1
3
6
7
3
4
7
3
1
7
5
5
2
1
10
7
4
4
8
2
5
4
9
1
6
5
isi di A17 :
Id_Data_A
2
4
3
1
6
7
5
10
8
9
misal A20 ( yaitu 3 )maka kita cari ID_Data_B : MATCH(A18,A$4:A$13,0) ==> urut baris 3 VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ==> 4 Offset(B$4,0, 0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1) daerah yang perlu dihitung nilai 4 ada berapa kali muncul , yaitu B$4:B$6 COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ) di B$4:B$6 , angka 4 muncul 2 kali OFFSET(E$4,0, 0,ROW($1: $10),1) daerah yang dipakai rujukan adalah E$4:E$13 COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) cari nilai 4 di E$4:E$13 dan hitung berapa kali muncul , maka akan menghasilkan array : { 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 }
6
0
2
0
7
0
3
0
4
1
7
1
1
1
4
2
4
3
5
3
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) cari 2 di { 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 } maka ditemukan pada posisi 8 ( item ke-8 di array ) =INDEX(D$4:D$ 13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
posisi ke-8 pada daerah D$4:D$13 berisi data : 4
Id_Data_C
3
3
2
1
3
1
2
4
5
6
Sekian cerita yang cukup panjang ini .... istirahat dulu ah... To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@gmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 11:56:21 +0700
Subject: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Sahabat BeExcel yang baik, saya memiliki beberapa buah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang berbeda, laporan yang akan saya hasilkan berdasarkan master key pada tabel 1 dan data yang diambil berasal dari tabel ke-3, atau ke-4, atau tabel yang lainnya.
Saya menggunakan formula =SMALL(IF(....)) untuk mengambil nomor baris dan formula =INDEX(...) untuk mengambil data yang diinginkan. Tetapi pada saat pengambilan ID pada tabel ke-2 menghasilkan data yang salah, sementara ID pada tabelke-2 tersebut masih harus saya gunakan untuk mengambil ID pada tabel-tabel yang lain. Tolong dikoreksi dimana letak kesalahan yang saya buat.
Formula pada kolom C18 adalah sbb: =INDEX($D$4:$D$13;SMALL( IF($E$4:$ E$13=INDEX( $B$4:$B$13; SMALL(IF( $A$4:$A$13= $A18;ROW( $B$4:$B$13) -ROW($B$3) );ROW($1: $1)));ROW( $D$4:$D$13) -ROW($D$3) );ROW($1: $1)))
Wassalam, -dwint- - 6c.
-
Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id dwint.ruswanto
Thu Mar 8, 2012 1:19 am (PST)
maaf pak sudarsono..
bisakah dilampirkan file excelnya agar saya dapat lebih memahami..
sebelumnya saya sampaikan terima kasih
wassalam,
-dwint-
_____________________ _________ __
Dari: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
Kepada: Belajar-Excel Yahoo Groups <belajar-excel@yahoogroups. >com
Dikirim: Kamis, 8 Maret 2012 16:12
Judul: RE: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
rumus array formula di F18 :
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
Cari Id_Data_B :
MATCH(A18,A$4:A$13,0)
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom B ) yang sama :
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom E ) yang sama :
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
akan menghasilkan Array.
hitung nilai yang sama di kolom B :
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
hitung perbaris nilai yang sama di kolom E :
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari jumlah nilai yang sama di array , untuk mengetahui posisi di array
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ),
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0)
untuk jelasnya
Isi sel A3
Id_Data_A Id_Data_B Id_Data_C Id_Data_B
2 4 3 6
4 6 3 2
3 4 2 7
1 4 1 3
6 7 3 4
7 3 1 7
5 5 2 1
10 7 4 4
8 2 5 4
9 1 6 5
isi di A17 :
Id_Data_A
2
4
3
1
6
7
5
10
8
9
misal A20 ( yaitu 3 )
maka kita cari ID_Data_B :
MATCH(A18,A$4:A$13,0) ==> urut baris 3
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE) ==> 4
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1)
daerah yang perlu dihitung nilai 4 ada berapa kali muncul , yaitu B$4:B$6
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
di B$4:B$6 , angka 4 muncul 2 kali
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
daerah yang dipakai rujukan adalah E$4:E$13
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari nilai 4 di E$4:E$13 dan hitung berapa kali muncul , maka akan menghasilkan array :
{ 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 }
6 0
2 0
7 0
3 0
4 1
7 1
1 1
4 2
4 3
5 3
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ),
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0)
cari 2 di { 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 } maka ditemukan pada posisi 8 ( item ke-8 di array )
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
posisi ke-8 pada daerah D$4:D$13 berisi data : 4
Id_Data_C
3
3
2
1
3
1
2
4
5
6
Sekian cerita yang cukup panjang ini .... istirahat dulu ah...
_____________________ _________ __
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@gmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 11:56:21 +0700
Subject: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Sahabat BeExcel yang baik,
saya memiliki beberapa buah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang berbeda, laporan yang akan saya hasilkan berdasarkan master key pada tabel 1 dan data yang diambil berasal dari tabel ke-3, atau ke-4, atau tabel yang lainnya.
Saya menggunakan formula =SMALL(IF(....)) untuk mengambil nomor baris dan formula =INDEX(...) untuk mengambil data yang diinginkan.
Tetapi pada saat pengambilan ID pada tabel ke-2 menghasilkan data yang salah, sementara ID pada tabelke-2 tersebut masih harus saya gunakan untuk mengambil ID pada tabel-tabel yang lain. Tolong dikoreksi dimana letak kesalahan yang saya buat.
Formula pada kolom C18 adalah sbb: =INDEX($D$4:$D$13;SMALL( IF($E$4:$ E$13=INDEX( $B$4:$B$13; SMALL(IF( $A$4:$A$13= $A18;ROW( $B$4:$B$13) -ROW($B$3) );ROW($1: $1)));ROW( $D$4:$D$13) -ROW($D$3) );ROW($1: $1)))
Wassalam,
-dwint-
- 6d.
-
Re: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Thu Mar 8, 2012 1:31 am (PST)
Array Formula , yaitu :1. kursor di F18 , ketik di formula bar ( dengan cara tekan [F2] ) . ketik rumus ini di Formula Bar : =INDEX(D$4:D$13,MATCH( COUNTIF(OFFSET( B$4,0,0,MATCH( A18,A$4:A$ 13,0),1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,COUNTIF( OFFSET(E$ 4,0,0,ROW( $1:$10),1) ,VLOOKUP( A18,A$4:B$ 13,2,FALSE) ),0)) 2. Sekrang kita buat acara seremonial Array Formula , yaitu tekan [Ctrl] dan [Shift] secara bersamaan ( tombol Ctrl dan tombol Shift ) , jangan di lepas penekanan kedua tombol tsb ... , akhir dengan tekan [Enter]. sekarang boleh deh dilepas ketiga tombol tsb ( Ctrl , Shift dan Enter ).3. maka di formula bar akan muncul karakter { diawal rumus dan } di akhir rumus . untuk baris berikutnya F19 s/d F27 copy rumus di F18 saja, lalu paste ke F19 s/d F27 To: belajar-excel@ yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@yahoo.co. id
Date: Thu, 8 Mar 2012 01:19:01 -0800
Subject: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
maaf pak sudarsono..
bisakah dilampirkan file excelnya agar saya dapat lebih memahami..
sebelumnya saya sampaikan terima kasih
wassalam,
-dwint-
Dari: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
Kepada: Belajar-Excel Yahoo Groups <belajar-excel@yahoogroups. >com
Dikirim: Kamis, 8 Maret 2012 16:12
Judul: RE: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
rumus array formula di F18 :
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
Cari Id_Data_B :
MATCH(A18,A$4:A$13,0)
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom B ) yang sama :
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0)
,1)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom E ) yang sama :
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
akan menghasilkan Array.
hitung nilai yang sama di kolom B :
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
hitung perbaris nilai yang sama di kolom E :
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari jumlah nilai yang sama di array , untuk mengetahui posisi di array
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) untuk jelasnyaIsi sel A3
Id_Data_A
Id_Data_B
Id_Data_C
Id_Data_B
2
4
3
6
4
6
3
2
3
4
2
7
1
4
1
3
6
7
3
4
7
3
1
7
5
5
2
1
10
7
4
4
8
2
5
4
9
1
6
5
isi di A17 :
Id_Data_A
2
4
3
1
6
7
5
10
8
9
misal A20 ( yaitu 3 )maka kita cari ID_Data_B : MATCH(A18,A$4:A$13,0) ==> urut baris 3
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE) ==> 4
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1)
daerah yang perlu dihitung nilai 4 ada berapa kali muncul , yaitu B$4:B$6
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
di B$4:B$6 , angka 4 muncul 2 kali
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
daerah yang dipakai rujukan adalah E$4:E$13
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari nilai 4 di E$4:E$13 dan hitung berapa kali muncul , maka akan menghasilkan array :
{ 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 }
60 20 70 30 41 71 11 42 43 53
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) cari 2 di { 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 } maka ditemukan pada posisi 8 ( item ke-8 di array )
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
posisi ke-8 pada daerah D$4:D$13 berisi data : 4
Id_Data_C
3 3 2 1 3 1 2 4 5 6
Sekian cerita yang cukup panjang ini .... istirahat dulu ah...
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@gmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 11:56:21 +0700
Subject: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang
salah
Sahabat BeExcel yang baik, saya memiliki beberapa buah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang berbeda, laporan yang akan saya hasilkan berdasarkan master key pada tabel 1 dan data yang diambil berasal dari tabel ke-3, atau ke-4, atau tabel yang lainnya.
Saya menggunakan formula =SMALL(IF(....)) untuk mengambil nomor baris dan formula =INDEX(...) untuk mengambil data yang diinginkan. Tetapi pada saat pengambilan ID pada tabel ke-2 menghasilkan data yang salah, sementara ID pada tabelke-2 tersebut masih harus saya gunakan untuk mengambil ID pada tabel-tabel yang lain. Tolong dikoreksi dimana letak kesalahan yang saya buat.
Formula pada kolom C18 adalah sbb: =INDEX($D$4:$D$13;SMALL( IF($E$4:$ E$13=INDEX( $B$4:$B$13; SMALL(IF( $A$4:$A$13= $A18;ROW( $B$4:$B$13) -ROW($B$3) );ROW($1: $1)));ROW( $D$4:$D$13) -ROW($D$3) );ROW($1: $1)))
Wassalam, -dwint-
- 6e.
-
Re: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Thu Mar 8, 2012 1:41 am (PST)
dari pada salah tulis , copy rumus : =INDEX(D$4:D$13,MATCH( COUNTIF(OFFSET( B$4,0,0,MATCH( A18,A$4:A$ 13,0),1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,COUNTIF( OFFSET(E$ 4,0,0,ROW( $1:$10),1) ,VLOOKUP( A18,A$4:B$ 13,2,FALSE) ),0))
caranya, letakan kursor sebelum = tekan [shift] jangan dilepas geser dengan cara menekan tombol <panah kiri> , sampai akhir ). lepas tombol [Shift] dan <panah kiri>lalu tekan [Ctrl] jangan dilepas lalu tekan [C] , untuk copy Sekarang aktifkan file excel , arahkan kursor ke F18 , tekan [F2] untuk menuju Formula Bar, tekan [Ctrl] jangan dilepas lalu tekan [V], lepas penekanan tombol .Akhiri dengan Seremonial Array Formula , yaitu [Ctrl] [Shift] bersamaan , jangan dilepas , lalu tekan [Enter] , lepas penekanan tombol . To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 09:31:32 +0000
Subject: RE: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Array Formula , yaitu :
1. kursor di F18 , ketik di formula bar ( dengan cara tekan [F2] ) .
ketik rumus ini di Formula Bar :
=INDEX(D$4:D$13,MATCH( COUNTIF(OFFSET( B$4,0,0,MATCH( A18,A$4:A$ 13,0),1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,COUNTIF( OFFSET(E$ 4,0,0,ROW( $1:$10),1) ,VLOOKUP( A18,A$4:B$ 13,2,FALSE) ),0))
2. Sekrang kita buat acara seremonial Array Formula , yaitu
tekan [Ctrl] dan [Shift] secara bersamaan ( tombol Ctrl dan tombol Shift ) , jangan di lepas penekanan kedua tombol tsb ... ,
akhir dengan tekan [Enter]. sekarang boleh deh dilepas ketiga tombol tsb ( Ctrl , Shift dan Enter ).
3. maka di formula bar akan muncul karakter { diawal rumus dan } di akhir rumus .
untuk baris berikutnya F19 s/d F27 copy rumus di F18 saja, lalu paste ke F19 s/d F27
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@yahoo.co. id
Date: Thu, 8 Mar 2012 01:19:01 -0800
Subject: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
maaf pak sudarsono..
bisakah dilampirkan file excelnya agar saya dapat lebih memahami..
sebelumnya saya sampaikan terima kasih
wassalam,
-dwint-
Dari: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
Kepada: Belajar-Excel Yahoo Groups <belajar-excel@yahoogroups. >com
Dikirim: Kamis, 8 Maret 2012 16:12
Judul: RE: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
rumus array formula di F18 :
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
Cari Id_Data_B :
MATCH(A18,A$4:A$13,0)
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom B ) yang sama :
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0)
,1)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom E ) yang sama :
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
akan menghasilkan Array.
hitung nilai yang sama di kolom B :
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
hitung perbaris nilai yang sama di kolom E :
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari jumlah nilai yang sama di array , untuk mengetahui posisi di array
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) untuk jelasnyaIsi sel A3
Id_Data_A
Id_Data_B
Id_Data_C
Id_Data_B
2
4
3
6
4
6
3
2
3
4
2
7
1
4
1
3
6
7
3
4
7
3
1
7
5
5
2
1
10
7
4
4
8
2
5
4
9
1
6
5
isi di A17 :
Id_Data_A
2
4
3
1
6
7
5
10
8
9
misal A20 ( yaitu 3 )maka kita cari ID_Data_B : MATCH(A18,A$4:A$13,0) ==> urut baris 3
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE) ==> 4
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1)
daerah yang perlu dihitung nilai 4 ada berapa kali muncul , yaitu B$4:B$6
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
di B$4:B$6 , angka 4 muncul 2 kali
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
daerah yang dipakai rujukan adalah E$4:E$13
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari nilai 4 di E$4:E$13 dan hitung berapa kali muncul , maka akan menghasilkan array :
{ 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 }
60 20 70 30 41 71 11 42 43 53
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) cari 2 di { 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 } maka ditemukan pada posisi 8 ( item ke-8 di array )
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
posisi ke-8 pada daerah D$4:D$13 berisi data : 4
Id_Data_C
3 3 2 1 3 1 2 4 5 6
Sekian cerita yang cukup panjang ini .... istirahat dulu ah...
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@gmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 11:56:21 +0700
Subject: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang
salah
Sahabat BeExcel yang baik, saya memiliki beberapa buah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang berbeda, laporan yang akan saya hasilkan berdasarkan master key pada tabel 1 dan data yang diambil berasal dari tabel ke-3, atau ke-4, atau tabel yang lainnya.
Saya menggunakan formula =SMALL(IF(....)) untuk mengambil nomor baris dan formula =INDEX(...) untuk mengambil data yang diinginkan. Tetapi pada saat pengambilan ID pada tabel ke-2 menghasilkan data yang salah, sementara ID pada tabelke-2 tersebut masih harus saya gunakan untuk mengambil ID pada tabel-tabel yang lain. Tolong dikoreksi dimana letak kesalahan yang saya buat.
Formula pada kolom C18 adalah sbb: =INDEX($D$4:$D$13;SMALL( IF($E$4:$ E$13=INDEX( $B$4:$B$13; SMALL(IF( $A$4:$A$13= $A18;ROW( $B$4:$B$13) -ROW($B$3) );ROW($1: $1)));ROW( $D$4:$D$13) -ROW($D$3) );ROW($1: $1)))
Wassalam, -dwint-
- 6f.
-
Re: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Thu Mar 8, 2012 1:52 am (PST)
Jika di email perlu kondisi "Tulis" , artinya posisi me- reply email.Jika di group yahoo, "Belajar Excel", juga perlu kondisi "Tulis" , artinya posisi reply message Agar dapat copy tulisan yang ada .To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 09:41:43 +0000
Subject: RE: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
dari pada salah tulis , copy rumus :
=INDEX(D$4:D$13,MATCH( COUNTIF(OFFSET( B$4,0,0,MATCH( A18,A$4:A$ 13,0),1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,COUNTIF( OFFSET(E$ 4,0,0,ROW( $1:$10),1) ,VLOOKUP( A18,A$4:B$ 13,2,FALSE) ),0))
caranya, letakan kursor sebelum = tekan [shift] jangan dilepas geser dengan cara menekan tombol <panah kiri> , sampai akhir ). lepas tombol [Shift] dan <panah kiri>
lalu tekan [Ctrl] jangan dilepas lalu tekan [C] , untuk copy
Sekarang aktifkan file excel , arahkan kursor ke F18 , tekan [F2] untuk menuju Formula Bar, tekan [Ctrl] jangan dilepas lalu tekan [V], lepas penekanan tombol .
Akhiri dengan Seremonial Array Formula , yaitu [Ctrl] [Shift] bersamaan , jangan dilepas , lalu tekan [Enter] , lepas penekanan tombol .
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 09:31:32 +0000
Subject: RE: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
Array Formula , yaitu :
1. kursor di F18 , ketik di formula bar ( dengan cara tekan [F2] ) .
ketik rumus ini di Formula Bar :
=INDEX(D$4:D$13,MATCH( COUNTIF(OFFSET( B$4,0,0,MATCH( A18,A$4:A$ 13,0),1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,COUNTIF( OFFSET(E$ 4,0,0,ROW( $1:$10),1) ,VLOOKUP( A18,A$4:B$ 13,2,FALSE) ),0))
2. Sekrang kita buat acara seremonial Array Formula , yaitu
tekan [Ctrl] dan [Shift] secara bersamaan ( tombol Ctrl dan tombol Shift ) , jangan di lepas penekanan kedua tombol tsb ... ,
akhir dengan tekan [Enter]. sekarang boleh deh dilepas ketiga tombol tsb ( Ctrl , Shift dan Enter ).
3. maka di formula bar akan muncul karakter { diawal rumus dan } di akhir rumus .
untuk baris berikutnya F19 s/d F27 copy rumus di F18 saja, lalu paste ke F19 s/d F27
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@yahoo.co. id
Date: Thu, 8 Mar 2012 01:19:01 -0800
Subject: Bls: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
maaf pak sudarsono..
bisakah dilampirkan file excelnya agar saya dapat lebih memahami..
sebelumnya saya sampaikan terima kasih
wassalam,
-dwint-
Dari: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
Kepada: Belajar-Excel Yahoo Groups <belajar-excel@yahoogroups. >com
Dikirim: Kamis, 8 Maret 2012 16:12
Judul: RE: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang salah
rumus array formula di F18 :
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
Cari Id_Data_B :
MATCH(A18,A$4:A$13,0)
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom B ) yang sama :
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0)
,1)
Menentukan daerah untuk penghitungan nilai Id_Data_B ( kolom E ) yang sama :
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
akan menghasilkan Array.
hitung nilai yang sama di kolom B :
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
hitung perbaris nilai yang sama di kolom E :
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari jumlah nilai yang sama di array , untuk mengetahui posisi di array
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) untuk jelasnyaIsi sel A3
Id_Data_A
Id_Data_B
Id_Data_C
Id_Data_B
2
4
3
6
4
6
3
2
3
4
2
7
1
4
1
3
6
7
3
4
7
3
1
7
5
5
2
1
10
7
4
4
8
2
5
4
9
1
6
5
isi di A17 :
Id_Data_A
2
4
3
1
6
7
5
10
8
9
misal A20 ( yaitu 3 )maka kita cari ID_Data_B : MATCH(A18,A$4:A$13,0) ==> urut baris 3
VLOOKUP(A18,A$4:B$13, 2,FALSE) ==> 4
Offset(B$4,0,0, Match(A18,A$ 4:A$13,0) ,1)
daerah yang perlu dihitung nilai 4 ada berapa kali muncul , yaitu B$4:B$6
COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) )
di B$4:B$6 , angka 4 muncul 2 kali
OFFSET(E$4,0,0,ROW($1: $10),1)
daerah yang dipakai rujukan adalah E$4:E$13
COUNTIF(OFFSET(E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE))
cari nilai 4 di E$4:E$13 dan hitung berapa kali muncul , maka akan menghasilkan array :
{ 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 }
60 20 70 30 41 71 11 42 43 53
MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0,0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0) cari 2 di { 0,0,0,0, 1,1,1, 2, 3,3 } maka ditemukan pada posisi 8 ( item ke-8 di array )
=INDEX(D$4:D$13, MATCH( COUNTIF( OFFSET(B$4,0, 0, MATCH(A18,A$ 4:A$13,0) ,1), VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE) ), COUNTIF(OFFSET( E$4,0,0,ROW( $1:$10),1) , VLOOKUP(A18, A$4:B$13, 2,FALSE)) ,0))
posisi ke-8 pada daerah D$4:D$13 berisi data : 4
Id_Data_C
3 3 2 1 3 1 2 4 5 6
Sekian cerita yang cukup panjang ini .... istirahat dulu ah...
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: dwint.ruswanto@gmail.com
Date: Thu, 8 Mar 2012 11:56:21 +0700
Subject: [belajar-excel] Filter data menghasilkan data yang
salah
Sahabat BeExcel yang baik, saya memiliki beberapa buah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang berbeda, laporan yang akan saya hasilkan berdasarkan master key pada tabel 1 dan data yang diambil berasal dari tabel ke-3, atau ke-4, atau tabel yang lainnya.
Saya menggunakan formula =SMALL(IF(....)) untuk mengambil nomor baris dan formula =INDEX(...) untuk mengambil data yang diinginkan. Tetapi pada saat pengambilan ID pada tabel ke-2 menghasilkan data yang salah, sementara ID pada tabelke-2 tersebut masih harus saya gunakan untuk mengambil ID pada tabel-tabel yang lain. Tolong dikoreksi dimana letak kesalahan yang saya buat.
Formula pada kolom C18 adalah sbb: =INDEX($D$4:$D$13;SMALL( IF($E$4:$ E$13=INDEX( $B$4:$B$13; SMALL(IF( $A$4:$A$13= $A18;ROW( $B$4:$B$13) -ROW($B$3) );ROW($1: $1)));ROW( $D$4:$D$13) -ROW($D$3) );ROW($1: $1)))
Wassalam, -dwint-
- 7a.
-
Tugas admin controller
Posted by: "Ardhy" the_cold_ice_man@yahoo.com the_cold_ice_man
Wed Mar 7, 2012 11:16 pm (PST)
bagaimana cara men-set up working file di excel,data complikasi atau dapat mencari data dan input data serta membuat data arsip dg rapi,membuat laporan yang bisa dibaca.
yang utama bisa membuat laporan output (mis: tanggal 1/2/12) ada list transaksi dg beberapa customer utk tiap per hari nya.
Mohon bantuan nya
- 7b.
-
Tugas admin controller
Posted by: "Ardhy Brahmana" the_cold_ice_man@yahoo.com the_cold_ice_man
Wed Mar 7, 2012 11:17 pm (PST)
Dear Bpk/Ibu Master excel
Seminggu lg saya akan bekerja di sebuah perusahaan international di cabang surabaya.
saya
diposisikan sbg admin controller dan di tugas kan utk men-set up
working file di excel,data complikasi atau dapat mencari data dan input
data serta membuat data arsip dg rapi,membuat laporan yang bisa dibaca
dan mampu bekerja sendiri.
yang utama bisa menghitung customer yang
nanti dilaporan output (mis: tanggal 1/2/12) ada list transaksi dg
beberapa customer utk tiap per hari nya.
Mohon bantuan dan dukungan dari bapak/ibu master excel.
Terima kasih
- 8.
-
Optimasi Non Linear dengan MS Excel metode logika Fuzzy
Posted by: "P. Nas" faqihn@yahoo.co.id faqihn
Thu Mar 8, 2012 2:46 am (PST)
Salam semua,
Apakah ada yang punya contoh optimasi dengan excel untuk penyelesaian logika fuzzy?
Terima kasih
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar