Jumat, 09 Maret 2012

[belajar-excel] Digest Number 1542

Messages In This Digest (10 Messages)

Messages

1a.

Re: Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Mar 9, 2012 2:24 am (PST)



Yang nomor 1 :
Formula :
=IF(*SUM(E74:F74)*;IF(*SUM(E75:F75)*;0;*SUM(F$69:F74)-SUM(E$69:E74)*-*
F74+E74*);*F73-E73*)
*SUM(E74:F74)* adalah syarat bahwa ada isinya di baris itu.
Kalau ada isinya :
cek lagi di baris berikutnya ada isinya atau tidak *SUM(E75:F75)*
kalau ada isinya, maka isi dengan 0
kalau tidak ada, isi dengan hitungan : *netnya seluruh transaksi
*- *netnya
baris itu*
Kalau tidak ada isinya :
isi dengan *net baris sebelumnya*.

Yang nomor 2 :
Dibutuhkan tetenger (penanda) bahwa utang yang ini (bulan 5) memang belum
dibayarkan. Sampeyan punya gak ?

Salam.
Kid.

On Thu, Mar 8, 2012 at 16:54, irwan wijaya <irwan2307@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> noted MR KID, saya sudah mulai paham dalam membuat database buku piutang,
> ada beberapa hal yang membuat saya rancu dalam kasus kemarin, bagaimana
> jika ada piutang yang di"gantung"gara gara satu masalah dan mereka
> "skip"membayar untuk faktur bulan berikutnya, saya coba dengan vlookup juga
> belum bisa dan pakai index juga gak mudeng, tolong pencerahannya.
>
>
> regard,
>
>
> Irwan Wijaya
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 7 Maret 2012 23:52
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET
>
>
> Hai Pak Irwan,
>
> Umumnya, ketika diminta sebuah laporan dengan format khusus yang
> memerlukan proses kalkulasi tertentu, maka disusunlah bentuk laporan itu
> sekaligus dengan proses kalkulasi dalam struktur laporan tersebut.
>
> Ketika struktur laporan berorientasi vertikal, umumnya akan lebih mudah
> melakukan berbagai macam proses kalkulasi untuk mendapatkan nilai-nilai
> yang diplaporkan.
> Ketika struktur laporan berorientasi horisontal (misal berbasis series
> waktu), maka potensi untuk kesulitan dalam mendapatkan nilai-nilai yang
> dilaporkan (tertentu yang harus membutuhkan proses kalkulasi tertentu).
> Untuk hal seperti ini, sebaiknya kembali ke bentuk dasar pengolahan data,
> yaitu :
> 1. Bahan data yang diproses telah berkaidah database (minimal berorientasi
> vertikal)
> 2. Hasil proses kalkulasi juga berkaidah database (minimal berorientasi
> vertikal)
> 3. Gunakan kolom, baris atau bahkan beberapa cell bantu bila diperlukan,
> tetapi tetap menjaga hasil proses tetap berkaidah database (minimal
> berorientasi vertikal)
> 4. Menyusun laporan berdasar tabel hasil proses. Struktur laporan sesuai
> kebutuhan. Formula pada laporan akan berupa formula pengambil nilai saja,
> atau formula kalkulasi sederhana.
> 5. Coba manfaatkan fitur-fitur Excel seperti pivot table atau get external
> data (memanfaatkan query) agar pola pikir penyusunan laporan tidak
> terbatasi oleh formula saja, atau oleh VBA saja.
>
> Salam,
> Kid.
>
> On Wed, Mar 7, 2012 at 20:36, irwan wijaya <irwan2307@yahoo.com> wrote:
>
> **
>
> saya diminta pimpinan untuk membuat daftar umur piutang untuk customer
> kami yang jumlahnya ratusan, saya lampirkan file yang bikin saya mumet 7
> keliling
> para pakar excel tolong bantuannya ya.....
>
>
> irwan wijaya
>
>
>
>
>
>
2a.

Re: Belajar index,match,offset

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Fri Mar 9, 2012 2:42 am (PST)



Dear Deni,
Untuk contoh fungsi index dan match coba link ke http://www.mrexcel.com/forum/showthread.php?t=62060
Untuk Offset sdh ada contoh yang sangat jelas di milis ini beberapa bulan yang lalu. Coba disearch.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: deni ramdhani <alkuninjaniy@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 9 March 2012, 16:53
Subject: [belajar-excel] Belajar index,match,offset


 
bismillah,

kepada teman - teman di milis belajar-excel, saya mohon bantuan atas definisi beserta variasi contoh, kalo bisa pengaplikasiannya dalam dunia kerja utk formula index,match,offset.

Atas perhatian serta bantuannya saya ucapkan bnyk terima kasih.

2b.

Fw: [belajar-excel] Belajar index,match,offset

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Fri Mar 9, 2012 2:56 am (PST)



Satu lagi contoh untuk fungsi offset http://www.techonthenet.com/excel/formulas/offset.php

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 9 March 2012, 17:42
Subject: Re: [belajar-excel] Belajar index,match,offset


Dear Deni,
Untuk contoh fungsi index dan match coba link ke http://www.mrexcel.com/forum/showthread.php?t=62060
Untuk Offset sdh ada contoh yang sangat jelas di milis ini beberapa bulan yang lalu. Coba disearch.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: deni ramdhani <alkuninjaniy@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 9 March 2012, 16:53
Subject: [belajar-excel] Belajar index,match,offset


 
bismillah,

kepada teman - teman di milis belajar-excel, saya mohon bantuan atas definisi beserta variasi contoh, kalo bisa pengaplikasiannya dalam dunia kerja utk formula index,match,offset.

Atas perhatian serta bantuannya saya ucapkan bnyk terima kasih.

2c.

Re: Belajar index,match,offset

Posted by: "deni ramdhani" alkuninjaniy@yahoo.com   alkuninjaniy

Fri Mar 9, 2012 3:53 am (PST)



ok pak thanks atas linknya..

>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, March 9, 2012 5:56 PM
>Subject: Fw: [belajar-excel] Belajar index,match,offset
>
>

>Satu lagi contoh untuk fungsi offset http://www.techonthenet.com/excel/formulas/offset.php
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, 9 March 2012, 17:42
>Subject: Re: [belajar-excel] Belajar index,match,offset
>
>
>Dear Deni,
>Untuk contoh fungsi index dan match coba link ke http://www.mrexcel.com/forum/showthread.php?t=62060
>Untuk Offset sdh ada contoh yang sangat jelas di milis ini beberapa bulan yang lalu. Coba disearch.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>________________________________
> From: deni ramdhani <alkuninjaniy@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, 9 March 2012, 16:53
>Subject: [belajar-excel] Belajar index,match,offset
>
>

>bismillah,
>
>
>kepada teman - teman di milis belajar-excel, saya mohon bantuan atas definisi beserta variasi contoh, kalo bisa pengaplikasiannya dalam dunia kerja utk formula index,match,offset.
>
>
>Atas perhatian serta bantuannya saya ucapkan bnyk terima kasih.
>
>
>
>
>
>
>
>
3a.

Re: Tanya cara bikin kolom agar bisa berubah-ubah warna

Posted by: "Sukardi" sukardi.lo@gmail.com   sukardilo

Fri Mar 9, 2012 2:57 am (PST)



Terima kasih Pak, atas advice-nya. Akan saya coba nanti malam.

Salam,

Sukardi
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Mar 2012 16:54:05
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya cara bikin kolom agar bisa berubah-ubah warna

Dengan Conditional Formatting opsi Is Formula (xl2003 kebawah) atau use
Formula blah (xl2007 keatas), isian formula :
1. Merah :
=$D3*($E3+$F3=0)

2. Kuning :
=$E3*$D3*($F3=0)

3. Biru :
=COUNT($D3:$F3)=3

Asumsi : data yang di entry pasti bertipe data datetime (minimal numerik
lah)

Salam,
Kid.

On Fri, Mar 9, 2012 at 16:10, Sukardi <sukardi.lo@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Terima kasih atas masukannya Pak. Mohon maaf sebelumnya jika saya tidak
> melampirkan contoh dalam pertanyaan saya sebelumnya. Dan maaf ya jika ada
> kesalahan penyebutan cell maupun kolom karena masih awam dengan istilah di
> excel. Mohon bimbingannya.
>
> Terlampir contoh tabel yang saya maksud.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
>
> Sukardi
>
>
>

4a.

Tanya Date Picker atau Calendar Control

Posted by: "Ari A" ari.xsei@gmail.com

Fri Mar 9, 2012 4:46 am (PST)



Selamat malam,

Mohon bantuan masta excel vba disini. Mohon maaf sekali kalo repost.

Saya sedang membuat suatu tabel yang salah satu kolomnya berisi tanggal.
saya sudah mencoba menggunakan Calendar COntrol dan Date picker dari
'developer toolsnya Excel' tapi karena gak begitu ngerti koding jadi gak
bisa diterusin.

mohon bantuannya ya biar semua cell di kolom B bisa otomatis ngeluarain
tampilan tanggal saat kita akan masukin data.

Terima kasih,

Ari
4b.

Re: Tanya Date Picker atau Calendar Control

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Mar 9, 2012 5:53 am (PST)



Selamat Malam Pak Ari,

Script berikut untuk menggunakan DatePicker bernama DTPicker1.
Letakkan pada object Sheet yang memiliki object DTPicker1

Private Sub DTPicker1_Change()
ActiveCell.Value = CDate(DTPicker1.Value)
End Sub

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
With Target
If .Count = 1 Then
If .Column = 2 Then
If .Row > 1 Then
If LenB(.Offset(-1).Value) <> 0 Then
If LenB(.Value) <> 0 Then
DTPicker1.Value = .Value
End If
DTPicker1.Left = .Left + 1
DTPicker1.Top = .Top + 1
DTPicker1.Visible = True
ActiveWindow.ScrollRow = .Row + 100
ActiveWindow.ScrollRow = WorksheetFunction.Max(1,
.Row - 10)
Exit Sub
End If
End If
End If
End If
End With
Sheet1.DTPicker1.Visible = False
End Sub

Wassalam,
Kid.

On Fri, Mar 9, 2012 at 19:29, Ari A <ari.xsei@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Selamat malam,
>
> Mohon bantuan masta excel vba disini. Mohon maaf sekali kalo repost.
>
> Saya sedang membuat suatu tabel yang salah satu kolomnya berisi tanggal.
> saya sudah mencoba menggunakan Calendar COntrol dan Date picker dari
> 'developer toolsnya Excel' tapi karena gak begitu ngerti koding jadi gak
> bisa diterusin.
>
> mohon bantuannya ya biar semua cell di kolom B bisa otomatis ngeluarain
> tampilan tanggal saat kita akan masukin data.
>
> Terima kasih,
>
> Ari
>
>
>
>
>
5a.

Index pencapain nilai

Posted by: "boyok boyok" dodol_y@yahoo.co.id   dodol_y

Fri Mar 9, 2012 5:10 am (PST)





para pakar 

mohon bantuanya para pakar excel
untuk mancari index pencapai nilai 

kalo bisa jangan pakai macro

trims

y2k
5b.

Re: Index pencapain nilai

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Mar 9, 2012 5:29 am (PST)



Hai Boyok,

Pelajari tentang :
1. Array formula
2. fungsi AverageIF, AverageIFs di excel 2007 ke atas

Salam,
Kid.

On Fri, Mar 9, 2012 at 20:05, boyok boyok <dodol_y@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
>
> para pakar
>
> mohon bantuanya para pakar excel
> untuk mancari index pencapai nilai
>
> kalo bisa jangan pakai macro
>
> trims
>
> y2k
>
>
>
>
>
6a.

Bls: [belajar-excel] User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last R

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Fri Mar 9, 2012 7:13 am (PST)



Dear AbeExceller,

Mohon bantuan informasi dari rekan-rekan BeExceller sekalian akan pertanyaan saya yang No. 2 & No. 3. Bisa atau tidaknya hal tersebut direalisasikan...???

Terima kasih atas berkenan informasinya.

Regards,

Harry

________________________________
Dari: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 7 Maret 2012 23:20
Judul: Bls: [belajar-excel] User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last Row


 
Dear Ki Semprul,
Saya juga mengucapkan "Semoga Ctv yang lagi kurang sahat agar cepat sehat kembali". karena banyak sharing pengetahuan (ilmu) beliau dan BeExceller sekalian yang dapat dipelajari kami semua yang masih harus terus belajar.

Untuk jawaban Ki Seprul mengenai pertanyaan saya No. 1, hasilnya sangat sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Sedangkan jawaban No. 2 juga sesuai dengan yang diinginkan tetapi terdapat masalah jika kita ingin login dengan nama dan password yang tidak di codekan karena bermasalah dengan frmLogin.

Jawaban No. 3 ini yang mungkin tidak sesuai dengan yang diinginkan (atau mungkin saya yang belum dapat memahaminya). Yang saya maksudkan adalah: Bagaimana caranya dengan wbkA bisa menyimpan data NewUser pada wbkDB. Hal tersebut dikarenakan ada kemungkinan workbook (program) ini digunakan beberapa user dalam waktu yang bersamaan sebagaimana pertanyaan saya sebelumnya. 
Berikut jawaban dari Mr. Kid akan pertanyaan saya pada topik yang berbeda "Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data" sbb:
Private Sub cmdAdd_Click()
   Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
 
    '----------------------------
    'Kid : 2012-01-29 : modified
    'Kid : 2012-02-23 : tambahkan blok cek workbook terbuka as read only
    '----------------------------
    'deklarasi variabel workbook
    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
  
    'init workbooknya
    Set wbkA = ThisWorkbook
   
    '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> START
    Dim lTry As Long, lJeda As Long
    Application.ScreenUpdating = False
    Application.DisplayAlerts = False
CobaBuka:
    For lTry = 1 To 20
        Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
        If wbkDB.ReadOnly Then
            wbkDB.Close False
            If lTry = 20 Then
                If MsgBox("Sudah dicoba membuka " & lTry & _
                        " kali, dan masih digunakan oleh instansi Excel yang lain" & vbCrLf & _
                        "Coba lagi ?", vbExclamation + vbYesNo, "Akses ke database") = vbYes Then
                    GoTo CobaBuka
                Else
                    Application.ScreenUpdating = False
                    Exit Sub
                End If
            End If
        Else
            wbkA.Activate
            Exit For
        End If
        For lJeda = 1 To 100000000
        Next lJeda
    Next lTry
    Application.ScreenUpdating = True
    '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> END

Mohon berkenan informasinya.
Terima kasih.

Wassalam,

Harry

N/B: SEMOGA "CTV" CEPAT SEMBUH, AMIN..."
*. terlampir: ctv_Login_v2 (LAMPIRAN).xls

________________________________
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 7 Maret 2012 10:06
Judul: Re: [belajar-excel] User Login (ctv_Login_v2.xls) First In - Last Row


 
1 :
Sesuai "wisik" (bisikan ghoib) dari si empunya project (ctv, yg sedang mengasingkan diri (semoga lekas sehat kembali ya mbak...)
katanya begini:

Prosedur ini ( ada di dalam module Frm_NewUser)

Sub SaveIt(sUser As String, sPass As String, sSheet As String)
   With Sheets("User")
     iRow = .Range("B4").CurrentRegion.Rows.Count + 1
     .Range("B3").EntireRow.Insert
     .Range("B4") = "#"
     .Range("C4") = Krip(sUser, True)
     .Range("D4") = Krip(sPass, True)
     .Range("E4") = Krip(UCase(sSheet), True)
   End With
   NewSheet sSheet
End Sub

di modifikasi menjadi seperti ini

Sub SaveIt(sUser As String, sPass As String, sSheet As String)
   Dim iRow As Integer
   With Sheets("User").Range("B4")
     iRow = .Range("B4").CurrentRegion.Rows.Count + 1
     .Cells(iRow, 1) = "#"
     .Cells(iRow, 2) = Krip(sUser, True)
     .Cells(iRow, 3) = Krip(sPass, True)
     .Cells(iRow, 4) = Krip(UCase(sSheet), True)
   End With
   NewSheet sSheet
End Sub

2 :
Pertanyaan ini dulu pernah ditanyakan dan dijawab
Karena penyebab pengkodean itu adalah Fungsi Krip 
Fungsi (UDF) itu dibuat sendiri dan dapat Anda lihat dengan jelas di module standar bernama Log_Module
Jadi contohnya, penambahan New User tsb tidak akan di codekan jika ditulisnya tanpa mengunakan UDF Krip spt ini

  With Sheets("User").Range("B4")
     iRow = .Range("B4").CurrentRegion.Rows.Count + 1
     .Cells(iRow, 1) = "#"
     .Cells(iRow, 2) = sUser
     .Cells(iRow, 3) = sPass
     .Cells(iRow, 4) = UCase(sSheet)
   End With

Aneahnya Anda ini ingin login kan demi keamanan File (supaya tidak diobok-obok orang yg tak berhak)
Anda diberi Kode login + diberi fungsi pengkodean nama user dan password harusnya anda senang
bertambah level keamanannya
Kebalikan dari seang anda malah ingin menghilangkan ??? Yok Op rek ?

3:
Waduh mundur lagi ini ke masalah cara merujuk range (kok gak pernah berkisar dari sini ya)

Ini hanya mengenai cara merujuk Range
Range itu bisa dimana saja tergantung anda menyebutnya
Jika anda sedang berada di sheet aktif; maka Range("B4") adalah range B4 di sheet aktif

Tetapi jika anda ingin merujuk Range B4 di suatu workbook lain anda tetap dengan mudah dapat merujuk (referring), mengakses, mengambil nilai dari suatu cell, mengisi cellnya dsb.
contoh saja... (fixed address)

Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH").Worksheets("EntahApaNamanya").Range("B4") = "#"
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH").Worksheets("EntahApaNamanya").Range("C4") = sUser
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH").Worksheets("EntahApaNamanya").Range("D4") = sPass
Workbooks(WORKBOOKHARICANGGIH").Worksheets("EntahApaNamanya").Range("E4") =  UCase(sSheet)

Nantinya, Pada saat mengakses kembali (misalnya akan dicocokkan dengan user name yg sedang login), tentunya anda juga harus merujuk dengan cara yg sama

Semprul..Ki!

2012/3/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
> Dear Be Exceller,
>  
> Belajar dari materi sebelumnya mengenai User Login (ctv_Login_v2.xls), bersama ini saya ingin menanyakan 3 (tiga) pertanyaan sebagai berikut:
> 1.            Bagaimana cara dan rumusnya jika Pendaftaran New User yang bertama kali berada pada posisi paling bawah sedangkan New User yang baru saja didaftarkan berada paling atas…???
> Situasi yang sekarang posisi User yang baru didaftarkan selalu pada posisi C4 & D4 (diatas) sedangkan User yang sudah didaftarkan sebelumnya berada dibawahnya.
> 2.     Pada output pendaftaran tersebut di kodekan kata sandi. Bagaimana caranya jika kata sandi tersebut dibuang. Misalnya User dengan nama "EKA" dengan password "eka" hasilnya outputnya adalah User Nama "EKA" dan Password "eka".
> 3.             Bagaimana caranya jika output pendaftaran user tersebut di dikirimkan ke file yang berbada, Mis. ctv_Login_v2.database.xls…??? Tapi tetap bisa mengakses "UBAH PASSWORD", "ADD NEW USER", dll.
>  
> Terima kasih atas berkenan informasinya.
> Semoga bermanfaat
>  
> Regards,
> Harry
>  
> N/B:
> Terlampir file ctv_Login_v2.xls

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for a happy,

healthy home

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Learn about issues

Find support

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar