Rabu, 02 Januari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2000

15 New Messages

Digest #2000
1a
satu form dengan data berbeda by "Faisal Hasman" revolter_ichal
1b
Re: satu form dengan data berbeda by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2.1
2.2
Re: membuat duk pns otomatis by "Dian Anas" anassheva20
2.3
2.4
Re: membuat duk pns otomatis by "Dian Anas" anassheva20
3a
mohon pencerahan rumus sama tapi hasil beda. by "Alfan Atas Pujianto" al_mito
3c
Re: mohon pencerahan rumus sama tapi hasil beda. by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
4b
Re: mencari value di cell dari hasil suatu formula by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Jan 1, 2013 5:21 pm (PST) . Posted by:

"Faisal Hasman" revolter_ichal

dear excel mailing 
SELAMAT TAHUN BARU 2013

TAMBAH SUKSES....

awal 2013 saya punya kasus
saya mau mencetak pada satu form excel
dengan isi berbeda untuk 5 kali print
misalnya print pertama ... tertulis lembar 1 untuk bendahara
print kedua tertulis lembar 2 untuk arsip.. dst sampai lembar 5
data sumber dari sheet SOURCE

file terlampir

best regards,

Faisal Hasman

Tue Jan 1, 2013 5:35 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Faisal,

Bagaimana kalau mencoba tanpa VBA dulu.
Kira-kira begini :
1. Buat sebuah form, isi dengan formula untuk ambil data yang akan di
print. Form ini khusus untuk lembar 1. Keterangan juga diambil dengan
formula.
2. Set print area dan pilih ukuran kertas beserta orientasinya melalui page
setup.
3. Copy form1 ke lembar lainnya dalam worksheet (perhatikan garis
putus-putus pembatas kertas [page break]) hingga genap jadi 5 form
4. ubah formula pada form hasil copy agar merujuk ke form pertama tadi
(hasil nomor 1)
5. ganti nomor lembar jadi 2,3, dst sampai sebanyak semua form mendapat
nomor lembar
6. Pastikan tidak ada cell berisi data selain form-form tersebut
7. Print semua halaman

:) ... cemungud ...

Wassalam,
Kid.

2013/1/2 Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>

> **
>
>
> dear excel mailing
> SELAMAT TAHUN BARU 2013
>
> TAMBAH SUKSES....
>
> awal 2013 saya punya kasus
> saya mau mencetak pada satu form excel
> dengan isi berbeda untuk 5 kali print
> misalnya print pertama ... tertulis lembar 1 untuk bendahara
> print kedua tertulis lembar 2 untuk arsip.. dst sampai lembar 5
> data sumber dari sheet SOURCE
>
> file terlampir
>
> best regards,
>
> Faisal Hasman
>
>
>

Tue Jan 1, 2013 6:34 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

dear Anas,

tidak perlu mengubah template, cukup tekan tombol yang disediakan setiap
selesai melakukan input data

-Ms. Jan Raisin-

Pada 31 Desember 2012 09:31, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> dear miss jan,
> kalau saya ingin menginput sebanyak 100 data maka harus mengubah template
> di b2:r2 jadi b102:r102 di koding vba nya?
> terima kasih
>
>
>
> --- On *Fri, 12/28/12, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com>* wrote:
>
>
> From: Dian Anas <anassheva20@yahoo.com>
>
> Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Friday, December 28, 2012, 3:26 AM
>
>
>
>
> dear miss jan
> terima kasih sudah ketemu, mohon maaf merepotkan
>
>
> --- On *Fri, 12/28/12, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Friday, December 28, 2012, 3:04 AM
>
>
>
> coba pelajari lagi bagian script yang dimerahin & baris di bawahnya,
> lakukan modifikasi (penambahan/edit/delete script) sesuai keperluan
>
> ' sekarang saatnya melakukan sortir data
> ' pergi ke cell B8, ini adalah header dari baris bantu yang sudah
> dibuat
> Range("B8").Select
> ' blok seluruh data ke arah kanan dan ke arah bawah
> Range(Selection, Selection.End(xlToRight).End(xlDown)).Select
>
> ' jika ada sort sebelumnya, maka hapus dahulu sort tersebut
> Sheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Clear
>
> ' sort descending berdasarkan Golongan, headernya ada di cell D8
> Sheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Add Key:=Range("d8"), _
> SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending,
> DataOption:=xlSortNormal
>
> ' sort descending berdasarkan Tahun tugas, headernya ada di cell H8
> ActiveWorkbook.Worksheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Add
> Key:=Range("h8"), _
> SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending,
> DataOption:=xlSortNormal
>
> ' sort Descending berdasarkan Bulan tugas, headernya ada di cell I8
> ActiveWorkbook.Worksheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Add
> Key:=Range("i8"), _
> SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending,
> DataOption:=xlSortNormal
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
> Pada 28 Desember 2012 09:18, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:
>
> **
>
>
> desr miss jan,
> kalau ditambah sort pada tmt golongan/pangkat secara descending, gmn
> kodenya atau mengedit kode yang ada.
>
> terima kasih
> best regards
>
>
>
> --- On *Fri, 12/28/12, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Friday, December 28, 2012, 1:21 AM
>
>
>
> Dear pak Anas,
>
> yang Jan kirim sebelumnya bukan data dummy tetapi data yang pak Anas
> kirim ke millis, hanya saja sheetnya disisakan 1 agar ukuran file menjadi
> lebih kecil.
>
> coba ganti script berikut:
>
> ' bikin nomor urut
> Range("a9").Value = 1
> Range("a10").Value = 2
> Range("a9:a10").AutoFill Range(Cells(9, 1), Cells(idxRow, 1))
>
> dengan yang ini:
>
> if idxrow = 9 then
> range("a9"). value = 1
> elseif idxrow = 10 then
> range("a9").value = 1
> range("a10").value = 2
> else
> Range("a9").Value = 1
> Range("a10").Value = 2
> Range("a9:a10").AutoFill Range(Cells(9, 1), Cells(idxRow, 1))
> end if
>
> semoga sudah tidak muncul error lagi.
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
> Pada 27 Desember 2012 18:01, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com<http://mc/compose?to=anassheva20@yahoo.com>
> > menulis:
>
> **
>
>
> dear miss jan raisin,
> sekali lagi terima kasih atas pelajarannya. untuk duk pns yang dibuat oleh
> miss jan sudah saya coba-coba utak atik ternyata memang saya belum bisa
> vba. btw saya memakai yang miss jan sarankan yaitu pmemakai dummy, namun
> balik lagi saya memang masih perlu banyak belajar. langsung ke persoalan
> ketika saya hapus semua data dalam sheet KS dan Guru dan saya klik
> ternyata muncul debug
> Range("a9:a10").AutoFill Range(Cells(9, 1), Cells(idxRow, 1))
> niatan saya mau menginput data baru
> bagaimana cara mengatasinya?
> terima kasih
>
> best regards
>
>
>
>

Tue Jan 1, 2013 11:15 pm (PST) . Posted by:

"Dian Anas" anassheva20

dear miss jan raisin,
maksudnya saya ingin mengubah koding vba untuk pengisian data sebanyak 100 orang maka saya mengubah koding vba dari b2:r2 menjadi b2:r102 atau bagaimana? masalahnya kan susah kalau input satu-satu dan membutuhkan waktu lama.
kalau sheet KS dan guru adalah sheet input terus dibuat sheet baru bernama output, apakah koding vba untuk proses otomatisasi duk pns sama dengan yang miss jan buat? mohon penjelasan.
terima kasih

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 2, 2013 9:34 AM
Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis


 
dear Anas,

tidak perlu mengubah template, cukup tekan tombol yang disediakan setiap selesai melakukan input data

-Ms. Jan Raisin-

Pada 31 Desember 2012 09:31, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:


>dear miss jan,
>kalau saya ingin menginput sebanyak 100 data maka harus mengubah template di b2:r2 jadi b102:r102 di koding vba nya?
>terima kasih
>
>
>

Tue Jan 1, 2013 11:35 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Anas,

jika inginnya input langsung banyak seperti itu, kenapa tidak kembali ke
data paling awal saya, kan yang dibutuhkan berarti hanya proses sort
datanya saja. dan itu bisa dilakukan secara manual, tidak diperlukan vba
sama sekali.

Data dikumpulkan dalam 1 sheet, berkaidah database yang benar.. untuk
pembuatan laporan mengambil data dari sheet tersebut, misal menggunakan
fitur Pivot table.

atau mungkin ada pendapat lain dari BeExceller?

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 2 Januari 2013 13:34, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> dear miss jan raisin,
> maksudnya saya ingin mengubah koding vba untuk pengisian data sebanyak 100
> orang maka saya mengubah koding vba dari b2:r2 menjadi b2:r102 atau
> bagaimana? masalahnya kan susah kalau input satu-satu dan membutuhkan waktu
> lama.
> kalau sheet KS dan guru adalah sheet input terus dibuat sheet baru bernama
> output, apakah koding vba untuk proses otomatisasi duk pns sama dengan yang
> miss jan buat? mohon penjelasan.
> terima kasih
>
> ________________________________
> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Wednesday, January 2, 2013 9:34 AM
>
> Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis
>
>
>
> dear Anas,
>
> tidak perlu mengubah template, cukup tekan tombol yang disediakan setiap
> selesai melakukan input data
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
> Pada 31 Desember 2012 09:31, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:
>
> >
> >dear miss jan,
> >kalau saya ingin menginput sebanyak 100 data maka harus mengubah template
> di b2:r2 jadi b102:r102 di koding vba nya?
> >terima kasih
> >
> >
> >
>
>
>

Wed Jan 2, 2013 12:58 am (PST) . Posted by:

"Dian Anas" anassheva20

dear miss jan
tidak kepikiran, betul miss jan, terima kasih. jgn bosen2 bantu.
best regards

--- On Wed, 1/2/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:

From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wednesday, January 2, 2013, 7:35 AM

 

Dear Anas,
jika inginnya input langsung banyak seperti itu, kenapa tidak kembali ke data paling awal saya, kan yang dibutuhkan berarti hanya proses sort datanya saja. dan itu bisa dilakukan secara manual, tidak diperlukan vba sama sekali.

Data dikumpulkan dalam 1 sheet, berkaidah database yang benar.. untuk pembuatan laporan mengambil data dari sheet tersebut, misal menggunakan fitur Pivot table.

atau mungkin ada pendapat lain dari BeExceller?

Best Regard,
-Ms. Jan Raisin-

Pada 2 Januari 2013 13:34, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:

dear miss jan raisin,

maksudnya saya ingin mengubah koding vba untuk pengisian data sebanyak 100 orang maka saya mengubah koding vba dari b2:r2 menjadi b2:r102 atau bagaimana? masalahnya kan susah kalau input satu-satu dan membutuhkan waktu lama.

kalau sheet KS dan guru adalah sheet input terus dibuat sheet baru bernama output, apakah koding vba untuk proses otomatisasi duk pns sama dengan yang miss jan buat? mohon penjelasan.

terima kasih

________________________________

From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

To: belajar-excel@yahoogroups.com

Sent: Wednesday, January 2, 2013 9:34 AM

Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

dear Anas,

tidak perlu mengubah template, cukup tekan tombol yang disediakan setiap selesai melakukan input data

-Ms. Jan Raisin-

Pada 31 Desember 2012 09:31, Dian Anas <anassheva20@yahoo.com> menulis:

>

>dear miss jan,

>kalau saya ingin menginput sebanyak 100 data maka harus mengubah template di b2:r2 jadi b102:r102 di koding vba nya?

>terima kasih

>

>

>

Tue Jan 1, 2013 11:13 pm (PST) . Posted by:

"Alfan Atas Pujianto" al_mito

Dear exceler...

Mohon bantuan nich... saya punya data (terlampir), di angka tagihan itu (H48) kenapa kok hasilnya berbeda dg kalo dihitung manual maupun dg rumus yang sama di tempat lain. saya sudah coba ganti format cell tapi masih belum ketemu. mohon pencerahannya ya...salahnya dimana....

Regard

Alfan

Tue Jan 1, 2013 11:48 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Alfan,

sudah kah dicoba menampilkan --misal 10 digit di belakang koma-- lalu
membandingkan antar formula, pasti akan ketahuan bedanya dari mana

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 2 Januari 2013 12:22, Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear exceler...
>
> Mohon bantuan nich... saya punya data (terlampir), di angka tagihan itu
> (H48) kenapa kok hasilnya berbeda dg kalo dihitung manual maupun dg rumus
> yang sama di tempat lain. saya sudah coba ganti format cell tapi masih
> belum ketemu. mohon pencerahannya ya...salahnya dimana....
>
>
> Regard
>
> Alfan
>
>
>

Wed Jan 2, 2013 1:17 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Alfan,

Jika Tagihan di kolom H harus sama dengan Tagihan di kolom Q, maka jumlah
digit dibelakang koma persentase yang digunakan harus sama.
Misal di tagihan kolom H diberi formula :
=Round( e47 , 4 ) * i47
dan di tagihan kolom Q juga ada pembulatan 4 digit belakang koma menjadi :
=Round( s44 , 4 ) * q45

Jika Tagihan kolom Q harus sama dengan Tagihan kolom H, maka persentase di
baris 45 harus merujuk ke area data di range C45:F47 yabg menyimpan banyak
digit dibelakang koma. Untuk nilai pengali sampai jutaan (10^6), maka
setidaknya 6 digit dibelakang koma akan memberi selisih yang cukup banyak.

Wassalam,
Kid.

2013/1/2 Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear exceler...
>
> Mohon bantuan nich... saya punya data (terlampir), di angka tagihan itu
> (H48) kenapa kok hasilnya berbeda dg kalo dihitung manual maupun dg rumus
> yang sama di tempat lain. saya sudah coba ganti format cell tapi masih
> belum ketemu. mohon pencerahannya ya...salahnya dimana....
>
>
> Regard
>
> Alfan
>
>
>

Tue Jan 1, 2013 11:13 pm (PST) . Posted by:

"abdul" abduldedysubhansyah

Dear Suhu Excel

mo belajar lagi neh

saya punya formula begini di range kolom D-J
=IF(AND(YEAR(JanSun1+2)=$A$1,MONTH(JanSun1+2)=1),JanSun1+2, "")

saya ingin mencari apa di range tersebut ada yang menghasilkan angka "1" apa tidak

saya menggunakan COUNTIF tapi hasilnya selalu 0 (nol) apa mungkin pada range tersebut adalah formula sehingga tidak ditemukan valuenya atau bagaimana

mohon petunjuk suhu excel

TERIMAKASIH

Tue Jan 1, 2013 11:25 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Abdul Dedy,

Komputasi dilakukan terhadap nilai yang disimpan range, baik berformula
atau tidak.
Jika hasil CountIF tidak sesuai, maka memang tidak ada data dengan nilai
seperti nilai dalam kriteria CountIF.

Contoh data akan lebih memudahkan dalam mencari tahu penyebabnya.

Wassalam,
Kid.

2013/1/2 abdul <abduldedysubhansyah@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Suhu Excel
>
> mo belajar lagi neh
>
> saya punya formula begini di range kolom D-J
> =IF(AND(YEAR(JanSun1+2)=$A$1,MONTH(JanSun1+2)=1),JanSun1+2, "")
>
> saya ingin mencari apa di range tersebut ada yang menghasilkan angka "1"
> apa tidak
>
> saya menggunakan COUNTIF tapi hasilnya selalu 0 (nol) apa mungkin pada
> range tersebut adalah formula sehingga tidak ditemukan valuenya atau
> bagaimana
>
> mohon petunjuk suhu excel
>
> TERIMAKASIH
>
>
>

Tue Jan 1, 2013 11:15 pm (PST) . Posted by:

"Harie Yanto" harieisday

Tolong para masta/sesepuh membantu saya,

Bagaimana ya agar data yang di input bisa langsung masuk sesuai dengan
kolom tanggal dan sesuai dengan kodenya?

Terima kasih atas bantuannya .

contoh kasus : download disini
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5714298/TES.xlsm\
>  

Wed Jan 2, 2013 12:25 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba script berikut:

Option Explicit

Sub InputData()
Dim Tgl As Byte, Kode As String, Qty As Long
Dim rgData As Range, idxRow As Long

Tgl = Range("an4").Value
Kode = Range("an5").Value
Qty = Range("an7").Value

Set rgData = Range("a:a").Find(Kode)
If rgData Is Nothing Then
MsgBox "Data tidak ditemukan", vbOKOnly, "Pesan"
Exit Sub
End If
idxRow = rgData.Row
If Cells(idxRow, Tgl + 3).Value <> "" Then
If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
baru?", vbOKCancel, "Peringatan") = vbOK Then
Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
Else
Exit Sub
End If
End If
End Sub

by the way, any way, bus way..
kenapa tidak membuat database yang baik dan benar saja? sehingga akan
memudahkan pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, tahunan dll. Bukan
begitu bukan?

-Ms. Jan Raisin-

Pada 2 Januari 2013 13:52, Harie Yanto <harieisday@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Tolong para masta/sesepuh membantu saya,
>
> Bagaimana ya agar data yang di input bisa langsung masuk sesuai dengan
> kolom tanggal dan sesuai dengan kodenya?
>
> Terima kasih atas bantuannya .
>
>
> contoh kasus : download disini<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5714298/TES.xlsm>
>
>
>

Wed Jan 2, 2013 12:38 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Ikutan lihat script ya miss Jan.

Bagian :
If Cells(idxRow, Tgl + 3).Value <> "" Then
If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
baru?", vbOKCancel, "Peringatan") = vbOK Then
Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
Else
Exit Sub
End If
End If

Bagian kondisi yang merah untuk cek keberadaan data lama.
>> Jika ada data lama maka cek kondisi (IF) yang biru, yang bahasa
manusianya :
-> jika user pilih OK, maka akan me-replace data lama dengan data
baru (bagian latar kuning)
-> jika user pilih selain OK, maka akan keluar dari proses (hijau)
>> Jika tidak ada data lama, maka *belum ada prosesnya*.

Dengan mengubah menjadi :
If Lenb(Cells(idxRow, Tgl + 3).Value) <> 0 Then
If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
baru?", _
vbOKCancel, "Peringatan") <> vbOK Then
Exit Sub
End If
End If
Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
maka akan didapat suatu proses dengan uraian sebagai berikut :
>> Jika ada data lama, maka cek kondisi biru
-> Jika user pilih selain OK, maka keluar dari proses (hijau)
-> Jika user pilih OK, maka lanjutkan proses (masuk ke baris latar
kuning)
>> Jika tidak ada data lama, maka lanjutkan proses ke baris berikut (masuk
ke baris latar kuning)

Wassalam,
Kid.

2013/1/2 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> coba script berikut:
>
> Option Explicit
>
> Sub InputData()
> Dim Tgl As Byte, Kode As String, Qty As Long
> Dim rgData As Range, idxRow As Long
>
> Tgl = Range("an4").Value
> Kode = Range("an5").Value
> Qty = Range("an7").Value
>
> Set rgData = Range("a:a").Find(Kode)
> If rgData Is Nothing Then
> MsgBox "Data tidak ditemukan", vbOKOnly, "Pesan"
> Exit Sub
> End If
> idxRow = rgData.Row
> If Cells(idxRow, Tgl + 3).Value <> "" Then
> If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
> baru?", vbOKCancel, "Peringatan") = vbOK Then
> Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
> Else
> Exit Sub
> End If
> End If
> End Sub
>
> by the way, any way, bus way..
> kenapa tidak membuat database yang baik dan benar saja? sehingga akan
> memudahkan pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, tahunan dll. Bukan
> begitu bukan?
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
> Pada 2 Januari 2013 13:52, Harie Yanto <harieisday@yahoo.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Tolong para masta/sesepuh membantu saya,
>>
>> Bagaimana ya agar data yang di input bisa langsung masuk sesuai dengan
>> kolom tanggal dan sesuai dengan kodenya?
>>
>> Terima kasih atas bantuannya .
>>
>>
>> contoh kasus : download disini<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5714298/TES.xlsm>
>>
>>
>
>
>

Wed Jan 2, 2013 1:10 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Terima kasih atas koreksinya mr Kid,

maklum tadi nulisnya cuma dibayangin saja, tidak dites dulu xixixix :D

-Ms. Jan Raisin-

Pada 2 Januari 2013 15:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Ikutan lihat script ya miss Jan.
>
> Bagian :
>
> If Cells(idxRow, Tgl + 3).Value <> "" Then
> If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
> baru?", vbOKCancel, "Peringatan") = vbOK Then
> Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
> Else
> Exit Sub
> End If
> End If
>
> Bagian kondisi yang merah untuk cek keberadaan data lama.
> >> Jika ada data lama maka cek kondisi (IF) yang biru, yang bahasa
> manusianya :
> -> jika user pilih OK, maka akan me-replace data lama dengan data
> baru (bagian latar kuning)
> -> jika user pilih selain OK, maka akan keluar dari proses (hijau)
> >> Jika tidak ada data lama, maka *belum ada prosesnya*.
>
> Dengan mengubah menjadi :
> If Lenb(Cells(idxRow, Tgl + 3).Value) <> 0 Then
> If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
> baru?", _
> vbOKCancel, "Peringatan") <> vbOK Then
>
> Exit Sub
> End If
> End If
> Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
> maka akan didapat suatu proses dengan uraian sebagai berikut :
> >> Jika ada data lama, maka cek kondisi biru
> -> Jika user pilih selain OK, maka keluar dari proses (hijau)
> -> Jika user pilih OK, maka lanjutkan proses (masuk ke baris latar
> kuning)
> >> Jika tidak ada data lama, maka lanjutkan proses ke baris berikut (masuk
> ke baris latar kuning)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/1/2 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> coba script berikut:
>>
>> Option Explicit
>>
>> Sub InputData()
>> Dim Tgl As Byte, Kode As String, Qty As Long
>> Dim rgData As Range, idxRow As Long
>>
>> Tgl = Range("an4").Value
>> Kode = Range("an5").Value
>> Qty = Range("an7").Value
>>
>> Set rgData = Range("a:a").Find(Kode)
>> If rgData Is Nothing Then
>> MsgBox "Data tidak ditemukan", vbOKOnly, "Pesan"
>> Exit Sub
>> End If
>> idxRow = rgData.Row
>> If Cells(idxRow, Tgl + 3).Value <> "" Then
>> If MsgBox("Ada data sebelumnya, akan diganti dengan data yang
>> baru?", vbOKCancel, "Peringatan") = vbOK Then
>> Cells(idxRow, Tgl + 3).Value = Qty
>> Else
>> Exit Sub
>> End If
>> End If
>> End Sub
>>
>> by the way, any way, bus way..
>> kenapa tidak membuat database yang baik dan benar saja? sehingga akan
>> memudahkan pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, tahunan dll. Bukan
>> begitu bukan?
>>
>> -Ms. Jan Raisin-
>>
>> Pada 2 Januari 2013 13:52, Harie Yanto <harieisday@yahoo.com> menulis:
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Tolong para masta/sesepuh membantu saya,
>>>
>>> Bagaimana ya agar data yang di input bisa langsung masuk sesuai dengan
>>> kolom tanggal dan sesuai dengan kodenya?
>>>
>>> Terima kasih atas bantuannya .
>>>
>>>
>>> contoh kasus : download disini<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5714298/TES.xlsm>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar