Sabtu, 05 Januari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2007

10 New Messages

Digest #2007
2a
Re: Koleksi hasil query by "Heru Safrudin" superheruu
3a
fungsi IF by "Dede Suparman" dede_suparman111
3b
Re: fungsi IF by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Cara menampilkan foto by "amas solihin" amas_se
4b
Re: Cara menampilkan foto by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
ERROR MENU SEARCHING PADA MACRO by "Wasis Zain" wasis.zain
5b
Re: ERROR MENU SEARCHING PADA MACRO by "Mardi" hekerkampoeng
5c
Re: ERROR MENU SEARCHING PADA MACRO by "Wasis Zain" wasis.zain
6a
Re: auto complete combobox vba by "Mardi" hekerkampoeng

Messages

Fri Jan 4, 2013 7:27 pm (PST) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Oh gitu Miss Jan.. Thanks infonya.. namun apakah saya boleh minta alamat threadnya...please.. 
Thanks,
 
Salam,
Teti.

________________________________
From: Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, December 28, 2012 10:51 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana analisis dan olah data di excel?


 
Dear ibu Teti,

coba aktifkan add-ins Analysis Tool Pack, dari menu:

Option => Add-Ins => pada kotak Manage pilih Excel Add-Ins => Go => beri cek list pada Analysis Tool Pack => OK

jika dilakukan dengan benar maka pada ribbon Data, tab Analysis akan muncul icon baru bernama Data Analysis yang berisi seluruh tools untuk melakukan perhitungan statistika.

maaf tidak melampirkan contoh file yang diminta karena Jan tidak memilikinya. kalo tidak salah ada BeExceller yang bekerja sebagai guru/dosen Statisitika (ybs belum lama ini membuat thread yang berhubungan dengan statistika) bersedia berbagi contoh file untuk belajar bersama.

Wassalam,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 27 Desember 2012 14:39, Teti Zhe teti_zhe@yahoo.com> menulis:


>Dear All,
>Saya mohon bantuannya, bagaimana cara mengelola data untuk dianalisis di excel? Selama ini yang saya dengar, yang paling standar untuk mengolah data adalah pake SPSS, namun, browsing2 katanya bisa koq pake excel malah lebih mudah gitu.. Apakah teman-teman boleh share ke saya contoh nya (contoh data yang kemudian diolah/dianalisis pake excel)..? Mulai dari cara input questioner nya hingga analisisnya, gimana gitu ? Jika data tersebut misalnya merupakah bahan untuk mengukur berapa persen ketertarikan seseorang pada sesuatu hal begitu?? Apakah ada rumus2 statistik yang rumit2 itu yang perlu dipake? 
>Mohon pencerahannya, 
>Terimakasih..

>Salam,
>Teti.
>

Fri Jan 4, 2013 8:08 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Dear Mr.Kid,

Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo excel bisa pake share workbook

Regards,
Heru Safrudin

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, January 04, 2013 3:42 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query

Bisa dengan kondisi :
1. db di share
2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)

Wassalam,
Kid.

2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com>

Waw cantik sekali... Thanks

Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
(mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
mengakali ?

Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> Hai Heru,
>
> 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset, gunakan
> method CopyFromRecordset
>>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
> sheets("nama sheet tujuan").range("a7").copyfromrecordset rs 'rs
> adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>
> 2. Jika ingin loop setiap data
>>> usai open recordset
>
> rs.movefirst
> do while not rs.eof
> 'proses disini
> rs.movenext
> loop
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com>
>

>> **

>>
>>
>> Dear Mr Kid
>>
>> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>>
>> ConnectDB
>> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>> For each data ................
>> MsgBox data
>> Next
>> RS.Close
>> DisconnectDB
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>> Pak Heru,
>>
>> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>> mengikuti kolomnya.
>> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>> Kira-kira bunyinya :
>> SELECT dt1.kolom1
>> FROM Table1 AS dt1
>> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>> ON dt1.kolom1=dt2.kolom1
>> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>

--
Regards,

Heru Safrudin

Fri Jan 4, 2013 8:09 pm (PST) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Dear All,

Mohon bantuan nya sudah diotak-atik dengan
segala keterbatasan saya,,,alhasil tidak ketemu,,
Patokannya
3 digit dr depan( ID MATERIAL) ceritanya ini:
jika
FG1->CAR->2W01
jika
FG1->PCS->2W02
jika
FG2->CAR->2W06
jika
FG2->PCS->2W06
jika
FG3->CAR->2W06
jika
FG3->PCS->2W03
(File Terlampir)

TerimaKasih,Dede_S

Fri Jan 4, 2013 8:29 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba formula pada L2 :
=LOOKUP(2,1/(LEFT($B$2:$B$7,3)&$E$2:$E$7=LEFT(H2,3)&K2),$F$2:$F$7)
copy ke bawah

Wassalam,
Kid.

2013/1/5 Dede Suparman dede_suparman111@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon bantuan nya sudah diotak-atik dengan segala keterbatasan saya,,,alhasil tidak ketemu,,
> Patokannya 3 digit dr depan( ID MATERIAL) ceritanya ini:
> jika FG1->CAR->2W01
> jika FG1->PCS->2W02
> jika FG2->CAR->2W06
> jika FG2->PCS->2W06
> jika FG3->CAR->2W06
> jika FG3->PCS->2W03
> (File Terlampir)
>
> TerimaKasih,
> Dede_S
>
>
>

Fri Jan 4, 2013 8:42 pm (PST) . Posted by:

"amas solihin" amas_se

Mr Kid kalau untuk office 2010 cara aktif
Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image -> OK) dimana yach???

--- On Fri, 1/4/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Subject: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
To: "BeExcel" belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Friday, January 4, 2013, 4:43 PM

 

Dear Exceller,

Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di kolom tertentu.
Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Cara-Menampilkan-foto-td5714410.html#a5714493

Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image -> OK)

Konsepnya :
1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di tabel data (nomor 1).
3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image dengan formula =nama_range_hasil_nomor_2

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

Fri Jan 4, 2013 9:12 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalau di xl2010 shape picture bisa diisi formula seperti di xl2003, jadi
ndak perlu repot insert bitmap image. Pakai insert picture saja.

Wassalam,
Kid.

2013/1/5 amas solihin amas_se@yahoo.com>

> **
>
>
> Mr Kid kalau untuk office 2010 cara aktif
> Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image
> -> OK) dimana yach???
>
> --- On *Fri, 1/4/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> Subject: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
> To: "BeExcel" belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date: Friday, January 4, 2013, 4:43 PM
>
>
>
> Dear Exceller,
>
> Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang
> disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di
> kolom tertentu.
> Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Cara-Menampilkan-foto-td5714410.html#a5714493
>
> Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data
> dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
> Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang
> agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
> Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh
> melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih
> Bitmap Image -> OK)
>
> Konsepnya :
> 1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat
> dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
> 2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula
> Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di
> tabel data (nomor 1).
> 3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image
> dengan formula =nama_range_hasil_nomor_2
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Fri Jan 4, 2013 8:42 pm (PST) . Posted by:

"Wasis Zain" wasis.zain

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
salam kenal para master
saya hanya peminat baru dalam belajar excel ini
saya ada permasalhan besar pada userform searching sekaligus userform input
karena saya kurang bisa berucap maka sudi kiranya para master membuka worksheet saya ini
kurang lebih pertanyaannya ini
"kenapa di macro ada tulisan RUN TIME ERROR NO CELLS WERE FOUND"

TERIMAKASIH BANYAK BANGET ATAS BANTUANNYA

Fri Jan 4, 2013 9:51 pm (PST) . Posted by:

"Mardi" hekerkampoeng

Wa'alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

Pak wasis,

Setelah saya buka file attach, error mengacu pada perintah ke Sheets("MenuUtama").Padahal Sheet dalam workbook yang ada Sheets("Cetak"), Sheets("DatabaseBarang"), Sheets("DatabasePelanggan"). Atau mungkin sheets("MenuUtama") di hapus sebelum dikirim ke milis.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

mardi

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Wasis Zain
Sent: 05 Januari 2013 11:40
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] ERROR MENU SEARCHING PADA MACRO

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
salam kenal para master
saya hanya peminat baru dalam belajar excel ini
saya ada permasalhan besar pada userform searching sekaligus userform input
karena saya kurang bisa berucap maka sudi kiranya para master membuka worksheet saya ini
kurang lebih pertanyaannya ini
"kenapa di macro ada tulisan RUN TIME ERROR NO CELLS WERE FOUND"

TERIMAKASIH BANYAK BANGET ATAS BANTUANNYA

Sat Jan 5, 2013 6:02 am (PST) . Posted by:

"Wasis Zain" wasis.zain

OH iya pak itu sengaja saya apus karena ukurannya 600kban
jadi yang perlu dirubah hanya userformnya saja yang FORMISIAN DATA

Fri Jan 4, 2013 9:40 pm (PST) . Posted by:

"Mardi" hekerkampoeng

Dear Mr Kid ,

Bener banger Mr...maksud saya begitu, jadi saya tidak perlu hafalin nomernya
tinggal tulis data di kolom 2 tapi tetep hasilnya nomer yang di kolom 1 .
Kemarin utak-atik di textcolumn thok... gak bisa-bisa.

Terima kasih banyak Mr kid

Salam

mardi

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 04 Januari 2013 15:06
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] auto complete combobox vba

Jika konstan akan selalu ambil kolom 2 sebagai text tampilan, maka set
properti textcolumn dengan 2.

Untuk kasus ketika text tampilan hanya menampilkan data dari kolom 2 saat
proses input saja, sedang ketika sudah dientri nanti hasil akhir tetap dari
kolom 1, maka
gunakan event Enter untuk set agar textcolumn dari kolom 2
combobox.textcolumn=2
lalu saat sudah selesai di entri dan keluar dari combo, gunakan event exit
dan isi dengan proses untuk mengembalikan textcolumn ke kolom 1
combobox.textcolumn=2

gitu kali ya maksudnya...

Wassalam,
Kid.

2013/1/4 Mardi sumardiana596@gmail.com>

Terima kasih Mr Kid

Tapi kok mardi belum mudeng ya :

set -1 : autocomplete di kolom1 hasil kolom 1

0 : auto complete urutan berdasar offset row hasil kolom 1

1 : auto complete di kolom 1 hasil kolom 1

2 : auto complete di kolom 2 hasil kolom 2 walaupun kalo di
inputkan hasilnya kolom 1 (kalo ndak salah)

Pilih yang mana ya Mr...???

Suwun

Mardi

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 04 Januari 2013 14:10
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] auto complete combobox vba

Pak Mardi,

Coba atur properti combobox bernama text column untuk memilih kolom dalam
combobox yang mana yang akan menjadi tampilan combobox

Wassalam,
Kid.

2013/1/4 Mardi sumardiana596@gmail.com>

Dear master dan be exceller,

Saya ada masalah pada combobox multi kolom . Bagaimana caranya agar
autocomplete combobox di set di kolom 2 tetapi isi tetap pada kolom 1 .
Untuk jelasnya file terlampir . Mohon pencerahannya.

Terima kasih

mardi

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar