15 New Messages
Digest #2009
Messages
Sun Jan 6, 2013 6:09 pm (PST) . Posted by:
"Heru Safrudin" superheruu
Waw kalo db access ditaruh di sharing folder udah bisa diakses multi user.
Saya coba buka db di sharing folder statusnya db-nya kan lock, apakah user lain bisa update db juga saat itu sedangkan status db masih status locked ??
----- Original Message -----
From: Slamet
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, January 06, 2013 10:52 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
Ikutan urun rembug,
db access nya di letakkan di sharing folder yang dapat di akses oleh seluruh user,
Sedangkan excel nya di taruh di masing-masing PC user (ini akan merepotkan jika ada enhanchement terhadap aplikasi yang dibuat, karena harus mencopy file aplikasi master di PC setiap user) atau bisa juga tetap di sharing folder dengan satu aplikasi excel dengan access read only)
Semangat.....
On 1/5/2013 10:31 AM, Heru Safrudin wrote:
Dear Mr.Kid,
Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo excel bisa pake share workbook
Regards,
Heru Safrudin
----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, January 04, 2013 3:42 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
Bisa dengan kondisi :
1. db di share
2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)
Wassalam,
Kid.
2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
Waw cantik sekali... Thanks
Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
(mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
mengakali ?
Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> Hai Heru,
>
> 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset, gunakan
> method CopyFromRecordset
>>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
> sheets("nama sheet tujuan").range("a7").copyfromrecordset rs 'rs
> adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>
> 2. Jika ingin loop setiap data
>>> usai open recordset
>
> rs.movefirst
> do while not rs.eof
> 'proses disini
> rs.movenext
> loop
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr Kid
>>
>> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>>
>> ConnectDB
>> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>> For each data ................
>> MsgBox data
>> Next
>> RS.Close
>> DisconnectDB
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>> Pak Heru,
>>
>> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>> mengikuti kolomnya.
>> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>> Kira-kira bunyinya :
>> SELECT dt1.kolom1
>> FROM Table1 AS dt1
>> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>> ON dt1.kolom1=dt2.kolom1
>> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>
--
Regards,
Heru Safrudin
Saya coba buka db di sharing folder statusnya db-nya kan lock, apakah user lain bisa update db juga saat itu sedangkan status db masih status locked ??
----- Original Message -----
From: Slamet
To: belajar-excel@
Sent: Sunday, January 06, 2013 10:52 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
Ikutan urun rembug,
db access nya di letakkan di sharing folder yang dapat di akses oleh seluruh user,
Sedangkan excel nya di taruh di masing-masing PC user (ini akan merepotkan jika ada enhanchement terhadap aplikasi yang dibuat, karena harus mencopy file aplikasi master di PC setiap user) atau bisa juga tetap di sharing folder dengan satu aplikasi excel dengan access read only)
Semangat....
On 1/5/2013 10:31 AM, Heru Safrudin wrote:
Dear Mr.Kid,
Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo excel bisa pake share workbook
Regards,
Heru Safrudin
----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@
Sent: Friday, January 04, 2013 3:42 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
Bisa dengan kondisi :
1. db di share
2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)
Wassalam,
Kid.
2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.
Waw cantik sekali... Thanks
Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
(mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
mengakali ?
Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> Hai Heru,
>
> 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset, gunakan
> method CopyFromRecordset
>>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
> sheets("
> adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>
> 2. Jika ingin loop setiap data
>>> usai open recordset
>
> rs.movefirst
> do while not rs.eof
> 'proses disini
> rs.movenext
> loop
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr Kid
>>
>> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>>
>> ConnectDB
>> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>> For each data ............
>> MsgBox data
>> Next
>> RS.Close
>> DisconnectDB
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>> Pak Heru,
>>
>> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>> mengikuti kolomnya.
>> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>> Kira-kira bunyinya :
>> SELECT dt1.kolom1
>> FROM Table1 AS dt1
>> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>> ON dt1.kolom1=dt2.
>> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>
--
Regards,
Heru Safrudin
Sun Jan 6, 2013 6:46 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Biasanya, db tidak pernah dibuka melalui access (jadi back end db saja)
Cukup pastikan sejak awal (sebelum digunakan), statusnya sudah shared
(masuk Access -> buka db -> lihat options untuk si db -> statusnya shared
(bukan exclusive yang di centang)
Pada interface, jika update dengan recordset yang dibuka dengan lock
optimistic, user pertama tidak bisa edit record yang diedit user kedua
ketika si user kedua sedang dalam proses update.
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
> **
>
>
> **
> Waw kalo db access ditaruh di sharing folder udah bisa diakses multi user.
> Saya coba buka db di sharing folder statusnya db-nya kan lock, apakah
> user lain bisa update db juga saat itu sedangkan status db masih status
> locked ??
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Slamet slametharto@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, January 06, 2013 10:52 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>
>
>
> Ikutan urun rembug,
>
> db access nya di letakkan di sharing folder yang dapat di akses oleh
> seluruh user,
> Sedangkan excel nya di taruh di masing-masing PC user (ini akan merepotkan
> jika ada enhanchement terhadap aplikasi yang dibuat, karena harus mencopy
> file aplikasi master di PC setiap user) atau bisa juga tetap di sharing
> folder dengan satu aplikasi excel dengan access read only)
>
> Semangat.....
>
> On 1/5/2013 10:31 AM, Heru Safrudin wrote:
>
>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo excel
> bisa pake share workbook
>
>
> Regards,
> Heru Safrudin
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, January 04, 2013 3:42 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>
>
>
> Bisa dengan kondisi :
> 1. db di share
> 2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
>
>>
>>
>> Waw cantik sekali... Thanks
>>
>> Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
>> bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
>> (mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
>> mengakali ?
>>
>> Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>>
>> > Hai Heru,
>> >
>> > 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset,
>> gunakan
>> > method CopyFromRecordset
>> >>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
>> > sheets("nama sheet tujuan").range("a7").copyfromrecordset rs 'rs
>> > adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>> >
>> > 2. Jika ingin loop setiap data
>> >>> usai open recordset
>> >
>> > rs.movefirst
>> > do while not rs.eof
>> > 'proses disini
>> > rs.movenext
>> > loop
>> >
>> > Wassalam,
>> > Kid.
>> >
>> > 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
>> >
>> >> **
>>
>> >>
>> >>
>> >> Dear Mr Kid
>> >>
>> >> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>> >> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>> >> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>> >>
>> >> ConnectDB
>> >> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>> >> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>> >> For each data ................
>> >> MsgBox data
>> >> Next
>> >> RS.Close
>> >> DisconnectDB
>> >>
>> >> --
>> >> Regards,
>> >>
>> >> Heru Safrudin
>> >>
>> >> Pak Heru,
>> >>
>> >> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>> >> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>> >> mengikuti kolomnya.
>> >> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>> >> Kira-kira bunyinya :
>> >> SELECT dt1.kolom1
>> >> FROM Table1 AS dt1
>> >> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>> >> ON dt1.kolom1=dt2.kolom1
>> >> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>> >>
>> >> Wassalam,
>> >> Kid.
>> >>
>> >>
>> >
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>
>
>
>
Cukup pastikan sejak awal (sebelum digunakan), statusnya sudah shared
(masuk Access -> buka db -> lihat options untuk si db -> statusnya shared
(bukan exclusive yang di centang)
Pada interface, jika update dengan recordset yang dibuka dengan lock
optimistic, user pertama tidak bisa edit record yang diedit user kedua
ketika si user kedua sedang dalam proses update.
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 Heru Safrudin superheruu@gmail.
> **
>
>
> **
> Waw kalo db access ditaruh di sharing folder udah bisa diakses multi user.
> Saya coba buka db di sharing folder statusnya db-nya kan lock, apakah
> user lain bisa update db juga saat itu sedangkan status db masih status
> locked ??
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Slamet slametharto@
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Sunday, January 06, 2013 10:52 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>
>
>
> Ikutan urun rembug,
>
> db access nya di letakkan di sharing folder yang dapat di akses oleh
> seluruh user,
> Sedangkan excel nya di taruh di masing-masing PC user (ini akan merepotkan
> jika ada enhanchement terhadap aplikasi yang dibuat, karena harus mencopy
> file aplikasi master di PC setiap user) atau bisa juga tetap di sharing
> folder dengan satu aplikasi excel dengan access read only)
>
> Semangat....
>
> On 1/5/2013 10:31 AM, Heru Safrudin wrote:
>
>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo excel
> bisa pake share workbook
>
>
> Regards,
> Heru Safrudin
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Friday, January 04, 2013 3:42 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>
>
>
> Bisa dengan kondisi :
> 1. db di share
> 2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.
>
>>
>>
>> Waw cantik sekali... Thanks
>>
>> Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
>> bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
>> (mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
>> mengakali ?
>>
>> Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
>>
>> > Hai Heru,
>> >
>> > 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset,
>> gunakan
>> > method CopyFromRecordset
>> >>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
>> > sheets("
>> > adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>> >
>> > 2. Jika ingin loop setiap data
>> >>> usai open recordset
>> >
>> > rs.movefirst
>> > do while not rs.eof
>> > 'proses disini
>> > rs.movenext
>> > loop
>> >
>> > Wassalam,
>> > Kid.
>> >
>> > 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.
>> >
>> >> **
>>
>> >>
>> >>
>> >> Dear Mr Kid
>> >>
>> >> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>> >> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>> >> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>> >>
>> >> ConnectDB
>> >> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>> >> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>> >> For each data ............
>> >> MsgBox data
>> >> Next
>> >> RS.Close
>> >> DisconnectDB
>> >>
>> >> --
>> >> Regards,
>> >>
>> >> Heru Safrudin
>> >>
>> >> Pak Heru,
>> >>
>> >> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>> >> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>> >> mengikuti kolomnya.
>> >> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>> >> Kira-kira bunyinya :
>> >> SELECT dt1.kolom1
>> >> FROM Table1 AS dt1
>> >> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>> >> ON dt1.kolom1=dt2.
>> >> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>> >>
>> >> Wassalam,
>> >> Kid.
>> >>
>> >>
>> >
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>
>
>
>
Sun Jan 6, 2013 11:56 pm (PST) . Posted by:
"Heru Safrudin" superheruu
ow gitu ya, ini default statusnya emang udah shared, jadi otomatis
bisa dipakai multi user. Thaaaaank a lot
Pada tanggal 07/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> Biasanya, db tidak pernah dibuka melalui access (jadi back end db saja)
> Cukup pastikan sejak awal (sebelum digunakan), statusnya sudah shared
> (masuk Access -> buka db -> lihat options untuk si db -> statusnya shared
> (bukan exclusive yang di centang)
> Pada interface, jika update dengan recordset yang dibuka dengan lock
> optimistic, user pertama tidak bisa edit record yang diedit user kedua
> ketika si user kedua sedang dalam proses update.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/7 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> **
>> Waw kalo db access ditaruh di sharing folder udah bisa diakses multi
>> user.
>> Saya coba buka db di sharing folder statusnya db-nya kan lock, apakah
>> user lain bisa update db juga saat itu sedangkan status db masih status
>> locked ??
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Slamet slametharto@gmail.com >
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Sunday, January 06, 2013 10:52 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>>
>>
>>
>> Ikutan urun rembug,
>>
>> db access nya di letakkan di sharing folder yang dapat di akses oleh
>> seluruh user,
>> Sedangkan excel nya di taruh di masing-masing PC user (ini akan
>> merepotkan
>> jika ada enhanchement terhadap aplikasi yang dibuat, karena harus mencopy
>> file aplikasi master di PC setiap user) atau bisa juga tetap di sharing
>> folder dengan satu aplikasi excel dengan access read only)
>>
>> Semangat.....
>>
>> On 1/5/2013 10:31 AM, Heru Safrudin wrote:
>>
>>
>>
>> Dear Mr.Kid,
>>
>> Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo
>> excel
>> bisa pake share workbook
>>
>>
>> Regards,
>> Heru Safrudin
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, January 04, 2013 3:42 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>>
>>
>>
>> Bisa dengan kondisi :
>> 1. db di share
>> 2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
>>
>>>
>>>
>>> Waw cantik sekali... Thanks
>>>
>>> Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
>>> bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
>>> (mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
>>> mengakali ?
>>>
>>> Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>>>
>>> > Hai Heru,
>>> >
>>> > 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset,
>>> gunakan
>>> > method CopyFromRecordset
>>> >>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
>>> > sheets("nama sheet tujuan").range("a7").copyfromrecordset rs 'rs
>>> > adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>>> >
>>> > 2. Jika ingin loop setiap data
>>> >>> usai open recordset
>>> >
>>> > rs.movefirst
>>> > do while not rs.eof
>>> > 'proses disini
>>> > rs.movenext
>>> > loop
>>> >
>>> > Wassalam,
>>> > Kid.
>>> >
>>> > 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com >
>>> >
>>> >> **
>>>
>>> >>
>>> >>
>>> >> Dear Mr Kid
>>> >>
>>> >> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>>> >> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>>> >> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>>> >>
>>> >> ConnectDB
>>> >> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>>> >> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>>> >> For each data ................
>>> >> MsgBox data
>>> >> Next
>>> >> RS.Close
>>> >> DisconnectDB
>>> >>
>>> >> --
>>> >> Regards,
>>> >>
>>> >> Heru Safrudin
>>> >>
>>> >> Pak Heru,
>>> >>
>>> >> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>>> >> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>>> >> mengikuti kolomnya.
>>> >> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>>> >> Kira-kira bunyinya :
>>> >> SELECT dt1.kolom1
>>> >> FROM Table1 AS dt1
>>> >> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>>> >> ON dt1.kolom1=dt2.kolom1
>>> >> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>>> >>
>>> >> Wassalam,
>>> >> Kid.
>>> >>
>>> >>
>>> >
>>>
>>> --
>>> Regards,
>>>
>>> Heru Safrudin
>>>
>>
>>
>>
>>
>
--
Regards,
Heru Safrudin
bisa dipakai multi user. Thaaaaank a lot
Pada tanggal 07/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> Biasanya, db tidak pernah dibuka melalui access (jadi back end db saja)
> Cukup pastikan sejak awal (sebelum digunakan), statusnya sudah shared
> (masuk Access -> buka db -> lihat options untuk si db -> statusnya shared
> (bukan exclusive yang di centang)
> Pada interface, jika update dengan recordset yang dibuka dengan lock
> optimistic, user pertama tidak bisa edit record yang diedit user kedua
> ketika si user kedua sedang dalam proses update.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/7 Heru Safrudin superheruu@gmail.
>
>> **
>>
>>
>> **
>> Waw kalo db access ditaruh di sharing folder udah bisa diakses multi
>> user.
>> Saya coba buka db di sharing folder statusnya db-nya kan lock, apakah
>> user lain bisa update db juga saat itu sedangkan status db masih status
>> locked ??
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Slamet slametharto@
>> *To:* belajar-excel@
>> *Sent:* Sunday, January 06, 2013 10:52 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>>
>>
>>
>> Ikutan urun rembug,
>>
>> db access nya di letakkan di sharing folder yang dapat di akses oleh
>> seluruh user,
>> Sedangkan excel nya di taruh di masing-masing PC user (ini akan
>> merepotkan
>> jika ada enhanchement terhadap aplikasi yang dibuat, karena harus mencopy
>> file aplikasi master di PC setiap user) atau bisa juga tetap di sharing
>> folder dengan satu aplikasi excel dengan access read only)
>>
>> Semangat....
>>
>> On 1/5/2013 10:31 AM, Heru Safrudin wrote:
>>
>>
>>
>> Dear Mr.Kid,
>>
>> Wah ada harapan nih, tapi gimana cara share db-nya ms. access ? kalo
>> excel
>> bisa pake share workbook
>>
>>
>> Regards,
>> Heru Safrudin
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
>> *To:* belajar-excel@
>> *Sent:* Friday, January 04, 2013 3:42 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Koleksi hasil query
>>
>>
>>
>> Bisa dengan kondisi :
>> 1. db di share
>> 2. excel yang digunakan adalah copy-an (bukan 1 file di share)
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.
>>
>>>
>>>
>>> Waw cantik sekali... Thanks
>>>
>>> Oh ya misalkan saya bikin aplikasi di excel yg dipakai beberapa user,
>>> bisakah beberapa user mengupdate data yg saya simpan di file access
>>> (mdb) sekaligus secara bersamaan ? Kalau nggak bisa adakah trik untuk
>>> mengakali ?
>>>
>>> Pada tanggal 04/01/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
>>>
>>> > Hai Heru,
>>> >
>>> > 1. Jika ingin copy ke range tertentu seluruh hasil open recordset,
>>> gunakan
>>> > method CopyFromRecordset
>>> >>> misal akan di salin mulai baris 7 kolom A
>>> > sheets("
>>> > adalah variabel record set yang sudah berisi dataset hasil query
>>> >
>>> > 2. Jika ingin loop setiap data
>>> >>> usai open recordset
>>> >
>>> > rs.movefirst
>>> > do while not rs.eof
>>> > 'proses disini
>>> > rs.movenext
>>> > loop
>>> >
>>> > Wassalam,
>>> > Kid.
>>> >
>>> > 2013/1/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.
>>> >
>>> >> **
>>>
>>> >>
>>> >>
>>> >> Dear Mr Kid
>>> >>
>>> >> Menampilkan data di Tabel1 yang tidak ada di Tabel2 atas petunjuk Mr.
>>> >> Kid Alhamdulillah udah berhasil. Nah sekarang bagaimana menampilkan
>>> >> koleksi hasil query berikut ini menggunakan For each ....
>>> >>
>>> >> ConnectDB
>>> >> RS.Open "SELECT P2.JOB FROM P2 P2 LEFT OUTER JOIN P3 P3 ON P2.JOB =
>>> >> P3.JOB WHERE (P3.JOB Is Null)", CON, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>>> >> For each data ............
>>> >> MsgBox data
>>> >> Next
>>> >> RS.Close
>>> >> DisconnectDB
>>> >>
>>> >> --
>>> >> Regards,
>>> >>
>>> >> Heru Safrudin
>>> >>
>>> >> Pak Heru,
>>> >>
>>> >> Kedua tabel terpisah loh ya, bukan jadi 2 kolom berjejer demikian,
>>> >> kecuali jika definisi tabel dalam query didefinisikan dengan detil
>>> >> mengikuti kolomnya.
>>> >> Coba pelajari SQL tentang LEFT OUTER JOIN clause dan WHERE clause.
>>> >> Kira-kira bunyinya :
>>> >> SELECT dt1.kolom1
>>> >> FROM Table1 AS dt1
>>> >> LEFT OUTER JOIN Table2 AS dt2
>>> >> ON dt1.kolom1=dt2.
>>> >> WHERE dt2.kolom1 IS NULL
>>> >>
>>> >> Wassalam,
>>> >> Kid.
>>> >>
>>> >>
>>> >
>>>
>>> --
>>> Regards,
>>>
>>> Heru Safrudin
>>>
>>
>>
>>
>>
>
--
Regards,
Heru Safrudin
Sun Jan 6, 2013 6:52 pm (PST) . Posted by:
"Teti Zhe" teti_zhe
Dear Mr Kid,
Apakh file foto/gambar nya mesti di dipastekan dalam excel? Apakh itu tidak akan membuat loading / kapasitas excel saat dibuka menjadi berat?
Kalo misalnya foto/gambarnya dikumpulin aja dalam 1 folder dn ditampilkan ke excel apakh itu juga memungkinkan dan bagaimana caranya?
Makasih,
Salam,
Teti.
________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, January 4, 2013 11:43 PM
Subject: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
Dear Exceller,
Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di kolom tertentu.
Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Cara-Menampilkan-foto-td5714410.html#a5714493
Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image -> OK)
Konsepnya :
1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di tabel data (nomor 1).
3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image dengan formula =nama_range_hasil_nomor_2
Selamat mencoba.
Wassalam,
Kid.
Apakh file foto/gambar nya mesti di dipastekan dalam excel? Apakh itu tidak akan membuat loading / kapasitas excel saat dibuka menjadi berat?
Kalo misalnya foto/gambarnya dikumpulin aja dalam 1 folder dn ditampilkan ke excel apakh itu juga memungkinkan dan bagaimana caranya?
Makasih,
Salam,
Teti.
____________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel belajar-excel@
Sent: Friday, January 4, 2013 11:43 PM
Subject: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
Dear Exceller,
Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di kolom tertentu.
Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
http://milis-
Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image -> OK)
Konsepnya :
1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di tabel data (nomor 1).
3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image dengan formula =nama_range_
Selamat mencoba.
Wassalam,
Kid.
Sun Jan 6, 2013 7:01 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Teti,
Untuk contoh kasus ini, iya.
File akan menjadi besar.
Cara ini adalah cara kuno yang masih banyak dipakai pengguna Excel.
Secara pribadi, saya ndak suka cara ini (berhubung masih ada yang pakai dan
bertanya [walau melalui backup milis], maka dibuatlah topik tentang hal
ini),
lebih baik sekalian pakai VBA untuk baca file gambar.
Jadi gambar disimpan dalam sebuah folder dan di load melalui VBA.
Di milis (posting lawas) banyak VBA tentang kegiatan ini.
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 Teti Zhe teti_zhe@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Mr Kid,
> Apakh file foto/gambar nya mesti di dipastekan dalam excel? Apakh itu
> tidak akan membuat loading / kapasitas excel saat dibuka menjadi berat?
> Kalo misalnya foto/gambarnya dikumpulin aja dalam 1 folder dn ditampilkan
> ke excel apakh itu juga memungkinkan dan bagaimana caranya?
> Makasih,
>
> Salam,
> Teti.
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* BeExcel belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Friday, January 4, 2013 11:43 PM
>
> *Subject:* [belajar-excel] Cara menampilkan foto
>
>
> Dear Exceller,
>
> Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang
> disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di
> kolom tertentu.
> Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Cara-Menampilkan-foto-td5714410.html#a5714493
>
> Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data
> dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
> Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang
> agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
> Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh
> melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih
> Bitmap Image -> OK)
>
> Konsepnya :
> 1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat
> dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
> 2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula
> Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di
> tabel data (nomor 1).
> 3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image
> dengan formula =nama_range_hasil_nomor_2
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
Untuk contoh kasus ini, iya.
File akan menjadi besar.
Cara ini adalah cara kuno yang masih banyak dipakai pengguna Excel.
Secara pribadi, saya ndak suka cara ini (berhubung masih ada yang pakai dan
bertanya [walau melalui backup milis], maka dibuatlah topik tentang hal
ini),
lebih baik sekalian pakai VBA untuk baca file gambar.
Jadi gambar disimpan dalam sebuah folder dan di load melalui VBA.
Di milis (posting lawas) banyak VBA tentang kegiatan ini.
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 Teti Zhe teti_zhe@yahoo.
> **
>
>
> Dear Mr Kid,
> Apakh file foto/gambar nya mesti di dipastekan dalam excel? Apakh itu
> tidak akan membuat loading / kapasitas excel saat dibuka menjadi berat?
> Kalo misalnya foto/gambarnya dikumpulin aja dalam 1 folder dn ditampilkan
> ke excel apakh itu juga memungkinkan dan bagaimana caranya?
> Makasih,
>
> Salam,
> Teti.
>
> ------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> *To:* BeExcel belajar-excel@
> *Sent:* Friday, January 4, 2013 11:43 PM
>
> *Subject:* [belajar-excel] Cara menampilkan foto
>
>
> Dear Exceller,
>
> Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang
> disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di
> kolom tertentu.
> Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
>
> http://milis-
>
> Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data
> dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
> Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang
> agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
> Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh
> melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih
> Bitmap Image -> OK)
>
> Konsepnya :
> 1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat
> dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
> 2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula
> Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di
> tabel data (nomor 1).
> 3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image
> dengan formula =nama_range_
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
Mon Jan 7, 2013 1:56 am (PST) . Posted by:
"Teti Zhe" teti_zhe
Ohh,, thanks Mr Kid..
Salam,
Teti.
________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 7, 2013 10:00 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
Hai Teti,
Untuk contoh kasus ini, iya.
File akan menjadi besar.
Cara ini adalah cara kuno yang masih banyak dipakai pengguna Excel.
Secara pribadi, saya ndak suka cara ini (berhubung masih ada yang pakai dan bertanya [walau melalui backup milis], maka dibuatlah topik tentang hal ini),
lebih baik sekalian pakai VBA untuk baca file gambar.
Jadi gambar disimpan dalam sebuah folder dan di load melalui VBA.
Di milis (posting lawas) banyak VBA tentang kegiatan ini.
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 Teti Zhe teti_zhe@yahoo.com >
>
>Dear Mr Kid,
>Apakh file foto/gambar nya mesti di dipastekan dalam excel? Apakh itu tidak akan membuat loading / kapasitas excel saat dibuka menjadi berat?
>Kalo misalnya foto/gambarnya dikumpulin aja dalam 1 folder dn ditampilkan ke excel apakh itu juga memungkinkan dan bagaimana caranya?
>Makasih,
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
>To: BeExcel belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Friday, January 4, 2013 11:43 PM
>
>Subject: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
>
>
>
>Dear Exceller,
>
>Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di kolom tertentu.
>Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Cara-Menampilkan-foto-td5714410.html#a5714493
>
>Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
>Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
>Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image -> OK)
>
>Konsepnya :
>1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
>2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di tabel data (nomor 1).
>3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image dengan formula =nama_range_hasil_nomor_2
>
>Selamat mencoba.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
Salam,
Teti.
____________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Monday, January 7, 2013 10:00 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
Hai Teti,
Untuk contoh kasus ini, iya.
File akan menjadi besar.
Cara ini adalah cara kuno yang masih banyak dipakai pengguna Excel.
Secara pribadi, saya ndak suka cara ini (berhubung masih ada yang pakai dan bertanya [walau melalui backup milis], maka dibuatlah topik tentang hal ini),
lebih baik sekalian pakai VBA untuk baca file gambar.
Jadi gambar disimpan dalam sebuah folder dan di load melalui VBA.
Di milis (posting lawas) banyak VBA tentang kegiatan ini.
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 Teti Zhe teti_zhe@yahoo.
>
>Dear Mr Kid,
>Apakh file foto/gambar nya mesti di dipastekan dalam excel? Apakh itu tidak akan membuat loading / kapasitas excel saat dibuka menjadi berat?
>Kalo misalnya foto/gambarnya dikumpulin aja dalam 1 folder dn ditampilkan ke excel apakh itu juga memungkinkan dan bagaimana caranya?
>Makasih,
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
>To: BeExcel belajar-excel@
>Sent: Friday, January 4, 2013 11:43 PM
>
>Subject: [belajar-excel] Cara menampilkan foto
>
>
>
>Dear Exceller,
>
>Pada backup milis di Nabble ada kasus tentang me-lookup image yang disimpan dalam sebuah shape yang ada di suatu cell berdasar suatu nilai di kolom tertentu.
>Lebih lengkapnya, bisa lihat di :
>http://milis-
>
>Pada Excel 2003, shape picture bisa diberi formula dan pengambilan data dengan VLookUp ke cell data gambar juga dimungkinkan.
>Untuk kegiatan tersebut pada Excel 2007 membutuhkan sedikit jalan yang agak memutar. File terlampir adalah contohnya.
>Shape picture yang bisa diberi formula pada Excel 2007 dapat diperoleh melalui Object Bitmap Image (ribbon Insert -> grup Text -> Object -> pilih Bitmap Image -> OK)
>
>Konsepnya :
>1. Ada tabel data yang diberi nama range (bisa dibuat statis atau dibuat dinamis mengikuti jumlah record - pada file terlampir adalah yang dinamis -)
>2. Ada nama range di sisi interface (sheet output) yang berisi formula Index Match untuk mendapatkan reference cell yang berisi shape picture di tabel data (nomor 1).
>3. Nama range hasil nomor 2 ini yang dirujuk oleh object bitmap image dengan formula =nama_range_
>
>Selamat mencoba.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
Sun Jan 6, 2013 7:50 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Bukankah warna kuning itu tergantung nilai tanggal nya. Apakah tanggal itu
tanggal merah atau bukan. Begitu kan ya ?
Bagaimana kalau ada data tanggalnya dan cara menentukan apakah tanggal
tersebut disebut tanggal merah atau bukan.
Bisa jadi tanggal merah per orang berbeda-beda. Bisa jadi juga perusahaan
menetapkan bahwa sabtu dan minggu masuk tanggal merah.
Perusahaan lain memilih hari jumat sampai minggu adalah tanggal merah.
Bisa jadi dengan adanya data tanggal tersebut yang disertai penjelasan
tentang cara menentukan tanggal merah, maka akan lebih sederhana daripada
baca data berdasar warna.
Biasanya pemberian warna pada data adalah sebagai tanda saja alias hasil
dari suatu kriteria tertentu.
Mengolah data selalu berusaha berdasar kriteria dan bukan berdasar warna.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/1/6 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com >
> **
>
>
> Assalamu'alaikum
> Mr Kid,
>
> contoh kasusnya saya lampirkan, mohon pencerahaannya terkait rumus yg
> Bapak berikan lampau.
> saya ingin bisa biarpun itu susah Pak..
>
> alamat web yg bapak berikan itu menggunakan condisional formating, mohon
> penjelasanya juga bagaimana penerapan tsb bisa seperti itu..
>
> terimakasih banyak atas bantuannya
> Wassalamu'alaikum
> Tiez
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, January 4, 2013 10:25 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Hai Tiez,
>
> Mengkomputasi sesuatu berdasar warna itu relatif unik.
> Pertanyaan pertama, kenapa kok data yang akan dihitung itu diberi warna ?
> Ada kriterianya ataukah sekedar suka-suka asal beri warna ?
> Jika memang ada kriteria pewarnaan, sebaiknya hitung berdasar kriteria
> pewarnaan itu dan bukan berdasar warna apa yang *disematkan*
> alias lebih cenderung mengambil sebab dari sekedar akibat.
>
> tapi biasanya konsep seperti di atas ndak disukai karena lebih menuntut
> kerja ekstra...
> (katanya, kadang yang disukai belum tentu baik dan yang tidak disukai
> sering lebih baik)
> atas dasar itu, coba pelajari thread lawas milis yang bisa dilihat di :
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Trs-Belajar-Menghitung-Warna-lagi-td5711887.html (bisa unduh attachment disana)
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com >
>
> **
>
>
> Dear All teman2,
>
> saya punya kesulitan saat mempunyai sederetan huruf2 dibanyak cell, adakah
> rumus yg bisa memudahkan saya menghitung nilai suatu cell yg diblok warna
> kuning misalnya?
>
> Terimakasih banyak
>
>
>
>
>
>
Bukankah warna kuning itu tergantung nilai tanggal nya. Apakah tanggal itu
tanggal merah atau bukan. Begitu kan ya ?
Bagaimana kalau ada data tanggalnya dan cara menentukan apakah tanggal
tersebut disebut tanggal merah atau bukan.
Bisa jadi tanggal merah per orang berbeda-beda. Bisa jadi juga perusahaan
menetapkan bahwa sabtu dan minggu masuk tanggal merah.
Perusahaan lain memilih hari jumat sampai minggu adalah tanggal merah.
Bisa jadi dengan adanya data tanggal tersebut yang disertai penjelasan
tentang cara menentukan tanggal merah, maka akan lebih sederhana daripada
baca data berdasar warna.
Biasanya pemberian warna pada data adalah sebagai tanda saja alias hasil
dari suatu kriteria tertentu.
Mengolah data selalu berusaha berdasar kriteria dan bukan berdasar warna.
Wassalamu'
Kid.
2013/1/6 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.
> **
>
>
> Assalamu'
> Mr Kid,
>
> contoh kasusnya saya lampirkan, mohon pencerahaannya terkait rumus yg
> Bapak berikan lampau.
> saya ingin bisa biarpun itu susah Pak..
>
> alamat web yg bapak berikan itu menggunakan condisional formating, mohon
> penjelasanya juga bagaimana penerapan tsb bisa seperti itu..
>
> terimakasih banyak atas bantuannya
> Wassalamu'
> Tiez
> ------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Friday, January 4, 2013 10:25 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Hai Tiez,
>
> Mengkomputasi sesuatu berdasar warna itu relatif unik.
> Pertanyaan pertama, kenapa kok data yang akan dihitung itu diberi warna ?
> Ada kriterianya ataukah sekedar suka-suka asal beri warna ?
> Jika memang ada kriteria pewarnaan, sebaiknya hitung berdasar kriteria
> pewarnaan itu dan bukan berdasar warna apa yang *disematkan*
> alias lebih cenderung mengambil sebab dari sekedar akibat.
>
> tapi biasanya konsep seperti di atas ndak disukai karena lebih menuntut
> kerja ekstra...
> (katanya, kadang yang disukai belum tentu baik dan yang tidak disukai
> sering lebih baik)
> atas dasar itu, coba pelajari thread lawas milis yang bisa dilihat di :
>
> http://milis-
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.
>
> **
>
>
> Dear All teman2,
>
> saya punya kesulitan saat mempunyai sederetan huruf2 dibanyak cell, adakah
> rumus yg bisa memudahkan saya menghitung nilai suatu cell yg diblok warna
> kuning misalnya?
>
> Terimakasih banyak
>
>
>
>
>
>
Sun Jan 6, 2013 11:57 pm (PST) . Posted by:
"d_nozz" d_nozz
buat suhu-suhu disini....
tolong beritahu bagaimana membuat beberapa cell di excel supaya tidak dapat di klik oleh orang lain...???
tolong beritahu bagaimana membuat beberapa cell di excel supaya tidak dapat di klik oleh orang lain...???
Mon Jan 7, 2013 1:29 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Nozz,
Coba langkah berikut :
1. pilih cell *yang boleh di klik *oleh user -> klik kanan cells terpilih
-> format cells -> tab protection -> hilangkan centang dari Locked -> OK
(kalau tidak ada yang boleh di klik, maka ndak perlu dilakukan)
2. lakukan proteksi sheet
xl2007 : ribbon Review -> grup Changes -> Protect Sheet -> isi
password (bila perlu) -> hilangkan centang dari item Select Locked Cells ->
OK
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 d_nozz d_nozz@yahoo.co.id >
> **
>
>
> buat suhu-suhu disini....
> tolong beritahu bagaimana membuat beberapa cell di excel supaya tidak
> dapat di klik oleh orang lain...???
>
>
>
Coba langkah berikut :
1. pilih cell *yang boleh di klik *oleh user -> klik kanan cells terpilih
-> format cells -> tab protection -> hilangkan centang dari Locked -> OK
(kalau tidak ada yang boleh di klik, maka ndak perlu dilakukan)
2. lakukan proteksi sheet
xl2007 : ribbon Review -> grup Changes -> Protect Sheet -> isi
password (bila perlu) -> hilangkan centang dari item Select Locked Cells ->
OK
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 d_nozz d_nozz@yahoo.
> **
>
>
> buat suhu-suhu disini....
> tolong beritahu bagaimana membuat beberapa cell di excel supaya tidak
> dapat di klik oleh orang lain...???
>
>
>
Mon Jan 7, 2013 1:07 am (PST) . Posted by:
"tuti andrayani" andrayani_lee
Dear Exceller ,
Mohon bantuannya jika kita ingin membuat rumus sbb :
1.target 10, jika pencapaian +>3 atau ->3 nilainya 1, +3 atau minus 3 nilainya 2, jika +2 atau -2 nilainya 3, jika +1 atau -1 nilainya 4, jika +0,5 atau -0,5 nilainya 5
2. target x, jika pencapaian x nilai 3, jika -5% < x ≤ - 2,5% nilai 4, jika pencapaian x <- 5% nilai 5, jika pencapaian 2,5% ≤ x < 2,5% nilai 2, jika pencapaian x> 5% nilai 1
Terimakasih
Tuti
Mohon bantuannya jika kita ingin membuat rumus sbb :
1.target 10, jika pencapaian +>3 atau ->3 nilainya 1, +3 atau minus 3 nilainya 2, jika +2 atau -2 nilainya 3, jika +1 atau -1 nilainya 4, jika +0,5 atau -0,5 nilainya 5
2. target x, jika pencapaian x nilai 3, jika -5% < x ≤ - 2,5% nilai 4, jika pencapaian x <- 5% nilai 5, jika pencapaian 2,5% ≤ x < 2,5% nilai 2, jika pencapaian x> 5% nilai 1
Terimakasih
Tuti
Mon Jan 7, 2013 1:24 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Tuti,
File berisi contoh data akan membantu BeExceller dalam belajar memahami
kasus ataupun belajar menyusun formula.
1. coba formula :
=LookUp( Abs( nilai_pencapaian ) , *{0,0.5,1,2,3,3.0001}* , *{0,5,4,3,2,1}*
)
2. coba formula :
=LookUp( x ,* {-999%,-4.99999%,-2.5%,2.500001%,5.00001%} *, *{5,4,3,2,1}* )
Yang *biru *adalah batas bawah interval. Atur dan sesuaikan nilai batas
bawahnya.
Yang *merah *adalah nilai yang diambil. Atur dan sesuaikan sesuai daftar
nilai batas bawahnya.
Yang *biru *dan *merah *bisa dibuat sebuah tabel. Pada cell hasil bisa
memanfaatkan fungsi vLookUp dengan match type approximate (TRUE)
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 tuti andrayani andrayani_lee@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear Exceller ,
>
> Mohon bantuannya jika kita ingin membuat rumus sbb :
>
> 1.target 10, jika pencapaian +>3 atau ->3 nilainya 1, +3 atau minus 3
> nilainya 2, jika +2 atau -2 nilainya 3, jika +1 atau -1 nilainya 4, jika
> +0,5 atau -0,5 nilainya 5
>
> 2. target x, jika pencapaian x nilai 3, jika -5% < x ≤ - 2,5% nilai 4,
> jika pencapaian x <- 5% nilai 5, jika pencapaian *2,5% ≤* x < 2,5% nilai
> 2, jika pencapaian x> 5% nilai 1
>
> Terimakasih
> Tuti
>
>
>
File berisi contoh data akan membantu BeExceller dalam belajar memahami
kasus ataupun belajar menyusun formula.
1. coba formula :
=LookUp( Abs( nilai_pencapaian ) , *{0,0.5,1,2,
)
2. coba formula :
=LookUp( x ,* {-999%,-4.99999%
Yang *biru *adalah batas bawah interval. Atur dan sesuaikan nilai batas
bawahnya.
Yang *merah *adalah nilai yang diambil. Atur dan sesuaikan sesuai daftar
nilai batas bawahnya.
Yang *biru *dan *merah *bisa dibuat sebuah tabel. Pada cell hasil bisa
memanfaatkan fungsi vLookUp dengan match type approximate (TRUE)
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 tuti andrayani andrayani_lee@
> **
>
>
> Dear Exceller ,
>
> Mohon bantuannya jika kita ingin membuat rumus sbb :
>
> 1.target 10, jika pencapaian +>3 atau ->3 nilainya 1, +3 atau minus 3
> nilainya 2, jika +2 atau -2 nilainya 3, jika +1 atau -1 nilainya 4, jika
> +0,5 atau -0,5 nilainya 5
>
> 2. target x, jika pencapaian x nilai 3, jika -5% < x ≤ - 2,5% nilai 4,
> jika pencapaian x <- 5% nilai 5, jika pencapaian *2,5% ≤* x < 2,5% nilai
> 2, jika pencapaian x> 5% nilai 1
>
> Terimakasih
> Tuti
>
>
>
Mon Jan 7, 2013 9:15 am (PST) . Posted by:
"Bledhuk" th3_r3d_lab3l
Rada mudeng lookup, kalo dibuat angka dia akan mencari ke atas.
Misal
4.14 mewakili red
4.18 mewakili yellow
Kalo kita mengisi angka 4.14-4.17 yg akan ditampilkan red
Kira" begitu ya mr. Kid
Powered by BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 7 Jan 2013 16:23:48
To: belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] rumus if
Hai Tuti,
File berisi contoh data akan membantu BeExceller dalam belajar memahami
kasus ataupun belajar menyusun formula.
1. coba formula :
=LookUp( Abs( nilai_pencapaian ) , *{0,0.5,1,2,3,3.0001}* , *{0,5,4,3,2,1}*
)
2. coba formula :
=LookUp( x ,* {-999%,-4.99999%,-2.5%,2.500001%,5.00001%} *, *{5,4,3,2,1}* )
Yang *biru *adalah batas bawah interval. Atur dan sesuaikan nilai batas
bawahnya.
Yang *merah *adalah nilai yang diambil. Atur dan sesuaikan sesuai daftar
nilai batas bawahnya.
Yang *biru *dan *merah *bisa dibuat sebuah tabel. Pada cell hasil bisa
memanfaatkan fungsi vLookUp dengan match type approximate (TRUE)
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 tuti andrayani andrayani_lee@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear Exceller ,
>
> Mohon bantuannya jika kita ingin membuat rumus sbb :
>
> 1.target 10, jika pencapaian +>3 atau ->3 nilainya 1, +3 atau minus 3
> nilainya 2, jika +2 atau -2 nilainya 3, jika +1 atau -1 nilainya 4, jika
> +0,5 atau -0,5 nilainya 5
>
> 2. target x, jika pencapaian x nilai 3, jika -5% < x ≤ - 2,5% nilai 4,
> jika pencapaian x <- 5% nilai 5, jika pencapaian *2,5% ≤* x < 2,5% nilai
> 2, jika pencapaian x> 5% nilai 1
>
> Terimakasih
> Tuti
>
>
>
Misal
4.14 mewakili red
4.18 mewakili yellow
Kalo kita mengisi angka 4.14-4.17 yg akan ditampilkan red
Kira" begitu ya mr. Kid
Powered by BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Mon, 7 Jan 2013 16:23:48
To: belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] rumus if
Hai Tuti,
File berisi contoh data akan membantu BeExceller dalam belajar memahami
kasus ataupun belajar menyusun formula.
1. coba formula :
=LookUp( Abs( nilai_pencapaian ) , *{0,0.5,1,2,
)
2. coba formula :
=LookUp( x ,* {-999%,-4.99999%
Yang *biru *adalah batas bawah interval. Atur dan sesuaikan nilai batas
bawahnya.
Yang *merah *adalah nilai yang diambil. Atur dan sesuaikan sesuai daftar
nilai batas bawahnya.
Yang *biru *dan *merah *bisa dibuat sebuah tabel. Pada cell hasil bisa
memanfaatkan fungsi vLookUp dengan match type approximate (TRUE)
Wassalam,
Kid.
2013/1/7 tuti andrayani andrayani_lee@
> **
>
>
> Dear Exceller ,
>
> Mohon bantuannya jika kita ingin membuat rumus sbb :
>
> 1.target 10, jika pencapaian +>3 atau ->3 nilainya 1, +3 atau minus 3
> nilainya 2, jika +2 atau -2 nilainya 3, jika +1 atau -1 nilainya 4, jika
> +0,5 atau -0,5 nilainya 5
>
> 2. target x, jika pencapaian x nilai 3, jika -5% < x ≤ - 2,5% nilai 4,
> jika pencapaian x <- 5% nilai 5, jika pencapaian *2,5% ≤* x < 2,5% nilai
> 2, jika pencapaian x> 5% nilai 1
>
> Terimakasih
> Tuti
>
>
>
Mon Jan 7, 2013 1:43 am (PST) . Posted by:
"Helsy B" helsyb
Dear Exceller,
Mohon bantuannya saya mempunyai data beberapa pelanggan dalam 1 sheet, dan akan dipecah menjadi beberapa file sesuai nama pelanggannya (sep. attach).
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas banntuannya.
Salam
Helsy
Mohon bantuannya saya mempunyai data beberapa pelanggan dalam 1 sheet, dan akan dipecah menjadi beberapa file sesuai nama pelanggannya (sep. attach).
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas banntuannya.
Salam
Helsy
Mon Jan 7, 2013 3:33 am (PST) . Posted by:
"Yudi Dwiyono" yudi_dwiyono
Mon Jan 7, 2013 9:13 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExceller,
Mr.Kid
Mencoba apa yg telah Mr.Kid sampaikan dan sudah saya aplikasikan dengan Workbook yang saya buat, sudah sesuai dengan yang saya inginkan.
Tapi setelah kolom "NAMA" saya isi dengan "ERNAWATI",maka muncul kolom dibawahnya sesuai dengan database yang tersedia.� Tapi jika kursor tetap pada kolom "NAMA" dan jika kita menakan tombol Page Up atau Page� Down (tombol panah atas dan bawah), maka otomatis kita bisa mengakses data sebagaimana database yang telah kita siapkan.
Pertanyaan saya adalah: Bagaimana caranya supaya jika tombol Page Up & Down (tombol panah atas dan bawah) kita lock tidak berfungsi sehingga user hanya dapat mengakses data yang mereka tau atau dengan kata lain, user tidak dapat mencari data yang mereka inginkan dengan menggunakan tombol Page Up & Down (panah atas dan bawah).
Mohon berkenan solusinya.
Terima kasih & Wassalam,
Harry
Sent from Yahoo! Mail on Android
Mr.Kid
Mencoba apa yg telah Mr.Kid sampaikan dan sudah saya aplikasikan dengan Workbook yang saya buat, sudah sesuai dengan yang saya inginkan.
Tapi setelah kolom "NAMA" saya isi dengan "ERNAWATI"
Pertanyaan saya adalah: Bagaimana caranya supaya jika tombol Page Up & Down (tombol panah atas dan bawah) kita lock tidak berfungsi sehingga user hanya dapat mengakses data yang mereka tau atau dengan kata lain, user tidak dapat mencari data yang mereka inginkan dengan menggunakan tombol Page Up & Down (panah atas dan bawah).
Mohon berkenan solusinya.
Terima kasih & Wassalam,
Harry
Sent from Yahoo! Mail on Android
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar