11 New Messages
Digest #2340
2b
Re: Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6a
Bls: [belajar-excel] Menghitung berdasarkan periode dan user id??? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
Messages
Tue Jun 11, 2013 1:04 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Wa'alaikumussalam wr. wb.,
imho,
>> karena XLSB adalah file dengan format binary (0-1) yang merupakan bahasa
mesin, maka ukuran file lebih kecil dari pada XLSM, waktu simpan dan buka
pun menjadi lebih cepat.
>> XLSB hanya dapat digunakan pada stand alone macro workbook, saat anda
bekerja dengan file atau aplikasi lain menggunakan ADO/DAO dan sejenisnya
maka akan timbul masalah di sini, solusinya adalah anda harus menggunakan
XLSM.
jadi kapan harus menggunakanan XLSM atau XLSB ?
>> jika macro bekerja pada 1 file, gunakan XLSB (alasan kapasitas dan waktu
proses)
>> jika macro bekerja pada banyak file, gunakan XLSM (alasan koneksi antar
data)
cmmiw
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 12.19, Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Dear Para Master & Be-Exel
>
> Assalamu'alikum wr wb
> Dengan segala ketidaktahuan saya, saya mau bertanya lagi niih...saya
> bekerja dengan
> excel macro .xlm size nya bisa sampai 10MB
> saya coba save as .xlb size nya jd berkurang jd 5MB-6MB.Yang jadi
> pertanyaan apakah tidak akan bermaslah klo excel kerjaan saya itu format
> nya .xlb ?
> mohon pencerahannya, terimakasih.
>
> Salam,
> Del
>
>
>
>
>
imho,
>> karena XLSB adalah file dengan format binary (0-1) yang merupakan bahasa
mesin, maka ukuran file lebih kecil dari pada XLSM, waktu simpan dan buka
pun menjadi lebih cepat.
>> XLSB hanya dapat digunakan pada stand alone macro workbook, saat anda
bekerja dengan file atau aplikasi lain menggunakan ADO/DAO dan sejenisnya
maka akan timbul masalah di sini, solusinya adalah anda harus menggunakan
XLSM.
jadi kapan harus menggunakanan XLSM atau XLSB ?
>> jika macro bekerja pada 1 file, gunakan XLSB (alasan kapasitas dan waktu
proses)
>> jika macro bekerja pada banyak file, gunakan XLSM (alasan koneksi antar
data)
cmmiw
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 12.19, Dede Suparman <dede_suparman111@
> **
>
>
> Dear Para Master & Be-Exel
>
> Assalamu'
> Dengan segala ketidaktahuan saya, saya mau bertanya lagi niih...saya
> bekerja dengan
> excel macro .xlm size nya bisa sampai 10MB
> saya coba save as .xlb size nya jd berkurang jd 5MB-6MB.Yang jadi
> pertanyaan apakah tidak akan bermaslah klo excel kerjaan saya itu format
> nya .xlb ?
> mohon pencerahannya, terimakasih.
>
> Salam,
> Del
>
>
>
>
>
Tue Jun 11, 2013 1:21 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Wa'alaikumussalam wr. wb.,
untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel
Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah
ini:
[image: Gambar sisip 1]
Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer,
ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.co.id > menulis:
> **
>
>
>
>
> Aslm,
> Dear para master excel yang saya hormati,
>
> Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya,
> mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>
> Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah
> mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain,
> misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save
> as dan langsung membuka file excel yang lain.
> jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing
> supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal
> "CTRL+SHIFT+S" untuk fungsi yang telah dijelaskan diatas.
>
> Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>
>
>
> Wassalam
> -NoV-
>
>
>
>
untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel
Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah
ini:
[image: Gambar sisip 1]
Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer,
ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.
> **
>
>
>
>
> Aslm,
> Dear para master excel yang saya hormati,
>
> Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya,
> mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>
> Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah
> mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain,
> misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save
> as dan langsung membuka file excel yang lain.
> jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing
> supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal
> "CTRL+SHIFT+
>
> Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>
>
>
> Wassalam
> -NoV-
>
>
>
>
Tue Jun 11, 2013 2:08 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Kalau mau yang otomatis pake Macro, coba copy kedua file terlampir (Simpan dan Buka) ke dalam Directory yang sama.
Buka file Simpan dan jalankan Macro dengan menekan tombol Ctrl s secara bersamaan.
Macronya kurang lebih seperti ini:
Sub Macro1()
' tekan tombol Ctrl s secara bersamaan
Path = ThisWorkbook.Path
ActiveWorkbook.Save
Workbooks.Open Filename:=Path & "\" & "Buka.xlsx"
Windows("Simpan.xlsm").Activate
End Sub
Salam,
HK
NB : Perhatikan extention file Simpan
________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 11 June 2013, 15:21
Subject: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
Wa'alaikumussalam wr. wb.,
untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com ;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.co.id > menulis:
>
>
>
>
>
>Aslm,
>>Dear para master excel yang saya hormati,
>>
>>
>>Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya, mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>>
>>
>>Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain, misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save as dan langsung membuka file excel yang lain.
>>jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal "CTRL+SHIFT+S" untuk fungsi yang telah dijelaskan diatas.
>>
>>
>>Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Wassalam
>>
>>-NoV-
>>
>>
>>
Buka file Simpan dan jalankan Macro dengan menekan tombol Ctrl s secara bersamaan.
Macronya kurang lebih seperti ini:
Sub Macro1()
' tekan tombol Ctrl s secara bersamaan
Path = ThisWorkbook.
ActiveWorkbook.
Workbooks.Open Filename:=Path & "\" & "Buka.xlsx&quo
Windows("
End Sub
Salam,
HK
NB : Perhatikan extention file Simpan
____________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 11 June 2013, 15:21
Subject: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
Wa'alaikumussal
untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.
>
>
>
>
>
>Aslm,
>>Dear para master excel yang saya hormati,
>>
>>
>>Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya, mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>>
>>
>>Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain, misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save as dan langsung membuka file excel yang lain.
>>jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal "CTRL+SHIFT+
>>
>>
>>Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Wassalam
>>
>>-NoV-
>>
>>
>>
Tue Jun 11, 2013 4:10 am (PDT) . Posted by:
"novendra ahmad"
Terima kasih atas jawabannya Miss Jan, tapi kalau gak salah, cara seperti itu hanya berlaku untuk 1 komputer yah..? (CMIIW). Namun bagaimana jika 1 excel yang akan digunakan itu dipakai lebih dari 1 komputer, apakah berarti setiap komputer harus disetting demikian..?
mohon pencerahannya kembali.
-NoV-
>________________________________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Selasa, 11 Juni 2013 15:21
>Judul: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>
>
>Wa'alaikumussalam wr. wb.,
>
>
>untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
>
>
>
>
>Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
>
>
>
>
>Wassalam,
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com ;
>>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>
>
>Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.co.id > menulis:
>
>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Aslm,
>>>Dear para master excel yang saya hormati,
>>>
>>>
>>>Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya, mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>>>
>>>
>>>Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain, misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save as dan langsung membuka file excel yang lain.
>>>jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal "CTRL+SHIFT+S" untuk fungsi yang telah dijelaskan diatas.
>>>
>>>
>>>Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Wassalam
>>>
>>>-NoV-
>>>
>>>
>>>
>
>
>
>
mohon pencerahannya kembali.
-NoV-
>________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
>Kepada: belajar-excel@
>Dikirim: Selasa, 11 Juni 2013 15:21
>Judul: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>
>
>Wa'alaikumu
>
>
>untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
>
>
>
>
>Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
>
>
>
>
>Wassalam,
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>>>
>>>
>>>
>
>
>Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.
>
>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Aslm,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>
>
>
>
Tue Jun 11, 2013 4:12 am (PDT) . Posted by:
"novendra ahmad"
Wah, hebat... Terima kasih atas bantuannya Pak Hendrik, macro ini akan saya jadikan dasar untuk saya kembangkan selanjutnya.
Tapi saya mohon bantuannya sekali lagi, kalau dalam bahasa awamnya bunyi macro ini bagaimana yah..? karena saya masih tidak bisa mencari kata-kata atau event yang mengubah fungsi "CTRL+S" menjadi seperti ini.�
Atas bantuan dari para master, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
salam
-NoV-
>________________________________
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Selasa, 11 Juni 2013 16:08
>Judul: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>
>Kalau mau yang otomatis pake Macro, coba copy kedua file terlampir (Simpan dan Buka) ke dalam Directory yang sama.
>
>
>Buka file Simpan dan jalankan Macro dengan menekan tombol Ctrl s secara bersamaan.
>
>
>Macronya kurang lebih seperti ini:
>Sub Macro1()
>' � tekan tombol Ctrl s secara bersamaan
>� � Path = ThisWorkbook.Path
>� � ActiveWorkbook.Save
>� � Workbooks.Open Filename:=Path & "\" & "Buka.xlsx"
>� � Windows("Simpan.xlsm").Activate
>End Sub
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>NB : Perhatikan extention file Simpan
>
>
>
>________________________________
> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, 11 June 2013, 15:21
>Subject: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>
>�
>Wa'alaikumussalam wr. wb.,
>
>
>untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
>
>
>
>
>Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
>
>
>
>
>Wassalam,
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com ;
>>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>
>
>Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.co.id > menulis:
>
>
>>�
>>
>>
>>
>>
>>Aslm,
>>>Dear para master excel yang saya hormati,
>>>
>>>
>>>Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya, mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>>>
>>>
>>>Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain, misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save as dan langsung membuka file excel yang lain.
>>>jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal "CTRL+SHIFT+S" untuk fungsi yang telah dijelaskan diatas.
>>>
>>>
>>>Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Wassalam
>>>
>>>-NoV-
>>>
>>>
>>>
>
>
>
>
>
Tapi saya mohon bantuannya sekali lagi, kalau dalam bahasa awamnya bunyi macro ini bagaimana yah..? karena saya masih tidak bisa mencari kata-kata atau event yang mengubah fungsi "CTRL+S" menjadi seperti ini.�
Atas bantuan dari para master, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
salam
-NoV-
>________
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>Kepada: "belajar-excel@
>Dikirim: Selasa, 11 Juni 2013 16:08
>Judul: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>
>Kalau mau yang otomatis pake Macro, coba copy kedua file terlampir (Simpan dan Buka) ke dalam Directory yang sama.
>
>
>Buka file Simpan dan jalankan Macro dengan menekan tombol Ctrl s secara bersamaan.
>
>
>Macronya kurang lebih seperti ini:
>Sub Macro1()
>' � tekan tombol Ctrl s secara bersamaan
>� � Path = ThisWorkbook.
>� � ActiveWorkbook.
>� � Workbooks.Open Filename:=Path & "\" & "Buka.xlsx&quo
>� � Windows("
>End Sub
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>NB : Perhatikan extention file Simpan
>
>
>
>________
> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
>To: belajar-excel@
>Sent: Tuesday, 11 June 2013, 15:21
>Subject: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>
>�
>Wa'alaikumu
>
>
>untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
>
>
>
>
>Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
>
>
>
>
>Wassalam,
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>>>
>>>
>>>
>
>
>Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.
>
>
>>�
>>
>>
>>
>>
>>Aslm,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>
>
>
>
>
Tue Jun 11, 2013 2:30 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Hai Agus Salim,
coba protect sheetnya menggunakan VBA
caranya:
1. buka proteksi yang ada
2. hapus semua formula di kolom A
3. dari lembar kerja, tekan ALT + F11 sehingga berpindah ke lembar VBE
pada project akan tampak seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 1]
4. dobel klik ThisWorkbook dan copas script berikut
Private Sub Workbook_Open()
Sheet2.Protect Password:="123", userinterfaceonly:=True
End Sub
5. dobel klik Sheet2 dan copas script berikut
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
With Target
If .Count = 1 Then
If .Row > 1 And .Column = 2 Then
.Offset(, -1).Value = DateSerial(2013, Left(.Value, 2),
Mid(.Value, 3, 2))
End If
End If
End With
End Sub
6. Simpan dengan macro enable workbook
7. tutup kemudian buka kembali lalu coba input data yang baru di kolom B
btw, fungsi proteksi di sheet tersebut untuk apa sih? masih bingung nih.. [?]
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 10.20, agus salim <agsalimtu@yahoo.co.id > menulis:
> **
>
>
> Dear all
>
> bisa bantu untuk kasus saya "file terlampir" file tersebut dg protect
> sheet pasword : 123
> Dalam file tersebut :
> - Colom A : adalah hormula di kolom B
> -Colom B : Tempat kita input
>
>
> Permasalahannya didalam kondisi terprotect sheet
> - bila kita input di kolom B bagian terakhir di kolom A formulanya tidak
> otomatis terbentuk
> - Sedangkan kalau dalam kondisi tidak di protect ==> hal tersebut tidak
> masalah
>
> Bagaimana membuat dalam kondisi protect sheet tetapi formula tersebut
> tetap berfungsi???
>
>
>
> Trimakasih
>
> asalim
>
>
>
coba protect sheetnya menggunakan VBA
caranya:
1. buka proteksi yang ada
2. hapus semua formula di kolom A
3. dari lembar kerja, tekan ALT + F11 sehingga berpindah ke lembar VBE
pada project akan tampak seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 1]
4. dobel klik ThisWorkbook dan copas script berikut
Private Sub Workbook_Open(
Sheet2.Protect Password:="
End Sub
5. dobel klik Sheet2 dan copas script berikut
Private Sub Worksheet_Change(
With Target
If .Count = 1 Then
If .Row > 1 And .Column = 2 Then
.Offset(, -1).Value = DateSerial(2013, Left(.Value, 2),
Mid(.Value, 3, 2))
End If
End If
End With
End Sub
6. Simpan dengan macro enable workbook
7. tutup kemudian buka kembali lalu coba input data yang baru di kolom B
btw, fungsi proteksi di sheet tersebut untuk apa sih? masih bingung nih.. [?]
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 10.20, agus salim <agsalimtu@yahoo.
> **
>
>
> Dear all
>
> bisa bantu untuk kasus saya "file terlampir" file tersebut dg protect
> sheet pasword : 123
> Dalam file tersebut :
> - Colom A : adalah hormula di kolom B
> -Colom B : Tempat kita input
>
>
> Permasalahannya didalam kondisi terprotect sheet
> - bila kita input di kolom B bagian terakhir di kolom A formulanya tidak
> otomatis terbentuk
> - Sedangkan kalau dalam kondisi tidak di protect ==> hal tersebut tidak
> masalah
>
> Bagaimana membuat dalam kondisi protect sheet tetapi formula tersebut
> tetap berfungsi???
>
>
>
> Trimakasih
>
> asalim
>
>
>
Tue Jun 11, 2013 2:46 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Wa'alaikumussalam wr. wb.,
bagaimana jika coba disusun satu persatu dulu.. insya ALLAH nanti dibantu
oleh Be-Exceler.. atau coba buka-buka arsip lama milis dan pelajari satu
persatu, kalo ada yang bingung dishare di mari
kalo nanyanya borongan seperti ini yang nampak jadi seperti pengen terima
hasil jadinya saja.. [?]
:: afwan jika salah menilai ::
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 12.08, D4N1داني <dhanie.ku@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr Wb.
>
> Ykh.Teman-teman dan Pakar excel semua...
>
> Saya Guru Di Madrasah Ingin membuat database siswa yg rapih dan jika
> mencarinya juga cepat, tidak seperti sekarang yg dilakukan secara manual.
> Saya ingin pakai Aplikasi Excel. Aplikasi yg saya inginkan Input database
> menggunakan user form dan Jika saya menginginkan data siswa muncul secara
> lengkap cukup mengisi Nomor Induk Murid.
> Mohon maaf banyak permintaannya, maklum saya masih awam excel.
> Mohon petunjuknya, Terimakasih banyak sebelumnya.
>
> Wassalam
> Dani
>
>
>
bagaimana jika coba disusun satu persatu dulu.. insya ALLAH nanti dibantu
oleh Be-Exceler.. atau coba buka-buka arsip lama milis dan pelajari satu
persatu, kalo ada yang bingung dishare di mari
kalo nanyanya borongan seperti ini yang nampak jadi seperti pengen terima
hasil jadinya saja.. [?]
:: afwan jika salah menilai ::
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 11 Juni 2013 12.08, D4N1داني <dhanie.ku@gmail.
> **
>
>
> Assalamu'
>
> Ykh.Teman-teman dan Pakar excel semua...
>
> Saya Guru Di Madrasah Ingin membuat database siswa yg rapih dan jika
> mencarinya juga cepat, tidak seperti sekarang yg dilakukan secara manual.
> Saya ingin pakai Aplikasi Excel. Aplikasi yg saya inginkan Input database
> menggunakan user form dan Jika saya menginginkan data siswa muncul secara
> lengkap cukup mengisi Nomor Induk Murid.
> Mohon maaf banyak permintaannya, maklum saya masih awam excel.
> Mohon petunjuknya, Terimakasih banyak sebelumnya.
>
> Wassalam
> Dani
>
>
>
Tue Jun 11, 2013 4:09 am (PDT) . Posted by:
"abdul dedy" abduldedysubhansyah
Assalamualaikum Suhu Excel
mohon pencerahan
semisal, ada sebuah BLANK CELL (anggap saja di cell A1), lalu di cell B1, saya trim cell A1 (=trim(A1)), kemudian hasil dari trim ini saya paste values di cell C1, dan untuk memastikan apakah cell C1 tetap blank saya masukkan di cell D1 formula ISBLANK (=isblank(C1)), namun hasilnya FALSE, saya coba cari tau ada berapa karakter di cell C1 tersebut dengan memasukkan LEN (=LEN(C1)), hasilnya 0 (nol)
pertanyaan saya:
1. kenapa di cell D1 hasilnya menjadi FALSE, dimana tidak ada value apapun di cell C1 (yang merupakan hasil paste value dari formula di cell B1, yang menurut saya seharusnya cell D1 adalah blank cell)
2. apakah ada cara lain selain formula TRIM untuk menghilangkan LEADING SPACE pada sebuah cell?
terimakasih para suhu excel
mohon pencerahan
semisal, ada sebuah BLANK CELL (anggap saja di cell A1), lalu di cell B1, saya trim cell A1 (=trim(A1)), kemudian hasil dari trim ini saya paste values di cell C1, dan untuk memastikan apakah cell C1 tetap blank saya masukkan di cell D1 formula ISBLANK (=isblank(C1)
pertanyaan saya:
1. kenapa di cell D1 hasilnya menjadi FALSE, dimana tidak ada value apapun di cell C1 (yang merupakan hasil paste value dari formula di cell B1, yang menurut saya seharusnya cell D1 adalah blank cell)
2. apakah ada cara lain selain formula TRIM untuk menghilangkan LEADING SPACE pada sebuah cell?
terimakasih para suhu excel
Tue Jun 11, 2013 4:10 am (PDT) . Posted by:
"Shenly Ruchman" shenly_excelmania
Waaaah memang....sentuhan terakhir dari Mr.Kid selalu bikin puas
saya ucapkan banyak2 terima kasih hehehe
salam
Shenly ^^*
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 11 Juni 2013 7:19
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung berdasarkan periode dan user id???
Wa'alaikumussal
File terlampir mengumpulkan ide-ide dari rekans yang sudah menyumbangkan saran (hehehehe... si Kid gak kreatip ya, bisanya cuman ngumpulin jadi satu file...)
Untuk ide Pak Heri, agar bisa menyertakan bulan dan tahun, coba ubah formula bantunya menjadi : (menggunakan file Pak Heri)
=IF(AND(B11>
atau
=Rept( "COUNT" , (B11>=$I$
Wassalamu'
Kid.
2013/6/10 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@
>
>Assalamualaikum Wr. Wb.
>
>
>haloo kawan-kawan dan para master Exceler
>lagi dan lagi saya bertanya tiada hentinya hehehehehehe.
>saya mendapatkan masalah baru master, masalahnya sekarang saya harus melakukan penghitungan berdasarkan periode tanggal yang ditentukan dan user name
>saya sudah membuat rumusan tersendiri tapi masih banyak kelemahan dalam rumusan yang sama buat itu, mohon bantuan dari para master dan temen2
>
>
>
>untuk lebih jela saya sudh lampirkan contoh kasusnya
>
>
>
>
>
>
>Salam
>
>
>Shenly ^^*
>
>
Tue Jun 11, 2013 4:11 am (PDT) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExceller,
Lebih jauh mempelajari tentang UserForm yang berfungsi untuk mencetak Sheet yang kita inginkan, selama ini saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdcetak_Click()
Set wsdtbs = Sheets("BILL")
wsdtbs.PrintOut copies:=1, collate:=True
End Sub
Dengan menggunakan rumus tersebut berarti kita dapat mencetak semua yang termasuk dalam Sheet yang kita maksudkan.
Tapi bagaimana caranya jika saya ingin mencetak bagian yang ada isinya saja.
Sebagaimana lampiran yang saya sertakan, misalnya saya ingin mencetak Sheet yang namanya BILL.
Pada Sheet tersebut yang ingin saya cetak hanyalah yang tidak saya warnaisementara yang berwarna tidak ter-print atau dengan kata lain Automatic Hiden.
Mohon pencerahan dari rekan-rekan BeExceller sekalian.
Terima kasih & Wassalam,
Harry
N/B:
Yang berwarna tidak di cetak
Lebih jauh mempelajari tentang UserForm yang berfungsi untuk mencetak Sheet yang kita inginkan, selama ini saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdcetak_Click(
Set wsdtbs = Sheets("
wsdtbs.PrintOut copies:=1, collate:=True
End Sub
Dengan menggunakan rumus tersebut berarti kita dapat mencetak semua yang termasuk dalam Sheet yang kita maksudkan.
Tapi bagaimana caranya jika saya ingin mencetak bagian yang ada isinya saja.
Sebagaimana lampiran yang saya sertakan, misalnya saya ingin mencetak Sheet yang namanya BILL.
Pada Sheet tersebut yang ingin saya cetak hanyalah yang tidak saya warnaisementara yang berwarna tidak ter-print atau dengan kata lain Automatic Hiden.
Mohon pencerahan dari rekan-rekan BeExceller sekalian.
Terima kasih & Wassalam,
Harry
N/B:
Yang berwarna tidak di cetak
Tue Jun 11, 2013 6:32 am (PDT) . Posted by:
"ChordJR" indra_gustian
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon di bantu lagi Master" di Be-Excel...Terdapat Kesulitan Pada VB
Macro & Formula...Tertera File Attachment yang hampir selesai...
Vb Macro :
1. Bagaimana cara membuat text kedip, sudah mencoba codingnya terdapat
pada file yang saya lampirkan...
2. Pada Dtpicker Tgl Mulai & Tgl Akhir codingnya harus bagaimana supaya
update otomatis tertanggal sekarang =now()
Formula :
1. Pada Tabel Keterangan muncul Error, mohon dibantu untuk rumusnya
Master ^_^
2. Mengenai rumus cuti, rule nya seperti ini :
* Setiap Karyawan baru berhak mendapatkan cuti apabila sudah bekerja
selama "setahun" berdasarkan Join Date dan jumlahnya adalah fix 9 hari.
* Pada tahun berikutnya apabila cuti tidak di ambil para karyawan di
berikan kompensasi untuk menggunakannya selama 6bln...apabila tidak
di ambil akan hangus...di akumulasikan kembali seperti semula (cth :
Join date tgl 1-jan-2013,pda tahun 1-jan-2014 mendapatkan cuti
selama 9 hari..anggap saja sisa cuti masih ada 5 hari...pada
(1-jan-2015 "ditambah" 6bulan)apabila tidak digunakan akan di
akumulasikan lagi seperti semula.
Besar keinginan saya untuk belajar dan mendapatkan ilmu dari milis ini,
semoga yang mau membantu amal ibadahnya di terima oleh Allah
S.W.T...Amiieenn Ya Rabb.
Salam Terhangat,
Indra
Mohon di bantu lagi Master" di Be-Excel...Terdapat Kesulitan Pada VB
Macro & Formula...Tertera File Attachment yang hampir selesai...
Vb Macro :
1. Bagaimana cara membuat text kedip, sudah mencoba codingnya terdapat
pada file yang saya lampirkan...
2. Pada Dtpicker Tgl Mulai & Tgl Akhir codingnya harus bagaimana supaya
update otomatis tertanggal sekarang =now()
Formula :
1. Pada Tabel Keterangan muncul Error, mohon dibantu untuk rumusnya
Master ^_^
2. Mengenai rumus cuti, rule nya seperti ini :
* Setiap Karyawan baru berhak mendapatkan cuti apabila sudah bekerja
selama "setahun" berdasarkan Join Date dan jumlahnya adalah fix 9 hari.
* Pada tahun berikutnya apabila cuti tidak di ambil para karyawan di
berikan kompensasi untuk menggunakannya selama 6bln...apabila tidak
di ambil akan hangus...di akumulasikan kembali seperti semula (cth :
Join date tgl 1-jan-2013,pda tahun 1-jan-2014 mendapatkan cuti
selama 9 hari..anggap saja sisa cuti masih ada 5 hari...pada
(1-jan-2015 "ditambah"
akumulasikan lagi seperti semula.
Besar keinginan saya untuk belajar dan mendapatkan ilmu dari milis ini,
semoga yang mau membantu amal ibadahnya di terima oleh Allah
S.W.T...Amiieenn Ya Rabb.
Salam Terhangat,
Indra
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar