Jumat, 14 Juni 2013

[belajar-excel] Digest Number 2346

15 New Messages

Digest #2346
2a
Re: Mencari Hari,Jam,Menit dan Detik by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Protect Nama Sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: Protect Nama Sheet by "nangAgus" nangagoez
4a
Bls: [belajar-excel] daftar nilai by "Muhfit Komputer" muhfitkomputer
8a
Meng-Hiden tampilan di List Box by "Kusnadi Bin zain" kbinzain
9a
FTP Client by "Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
9b
Re: FTP Client by "Bagus" bagus4bls
9c
Re: FTP Client by "De Premor"

Messages

Thu Jun 13, 2013 2:09 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor"

Walaikumsalam Wr. Wb.

Oh iya, saya lupa, nga kepikiran untuk dibawah 1 tahunnya :D
kurang If (HakCuti < 1) Then HakCuti = 0

Cek Duplikasi sudah ditambahkan, hari libur nasional dan cuti bersama
sudah diperhitungkan.
Oh iya, itu perhitungan sisa cuti dibuat dengan assumsi hari kerja mulai
senin s/d sabtu

mas nya tinggal buat function cek validasi saja, jika hak cuti < 0 maka
data tidak bisa disimpan :D

Demikian disampaikan, terima kasih, kalau ada yg belum pas silahkan
direply lagi (biasanya ada aja yg nga pas) hehhehe

Rgds,
[dp]

--- Mods ---
Dimohon untuk tidak menyertakan cc atau bcc.
------------

Pada 13/06/2013 14:43, ChordJR menulis:
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb
>
> Good Answer mastah...ohh iya khilaf mengenai libur nasional ya...kira"
> harus bagaimana menyingkapi ini mastah??apakah harus di buat data
> terpisah mengenai list libur" nasional??
> Masih menunggu uluran tangan Mastah yang lain untuk memberikan ilmunya
> tentang Text Kedip/Berjalan...hehee
>
> Tapi mohon maaf ada problem lagi pada formula yang Mastah De Premor
> berikan (File Terlampir) :
> "Sengaja saya bedakan yg bernama Susi Similikiti, seharusnya belum
> mendapatkan cuti untuk tahun ini karena baru bergabung Bulan Jan'13
> (artinya belum setahun bergabung)"
>
> Rule mengenai cuti saya singgung lagi akh sapatau membantu :
> > * Setiap Karyawan baru berhak mendapatkan cuti apabila sudah bekerja
> > selama "setahun" berdasarkan Join Date dan jumlahnya adalah fix 9
> > hari.
> > * Pada tahun berikutnya apabila cuti tidak di ambil para karyawan di
> > berikan kompensasi untuk menggunakannya selama 6bln...apabila tidak
> > di ambil akan hangus...di akumulasikan kembali seperti semula (cth :
> > Join date tgl 1-jan-2013,pda tahun 1-jan-2014 mendapatkan cuti
> > selama 9 hari..anggap saja sisa cuti masih ada 5 hari...pada
> > (1-jan-2015 "ditambah"; 6bulan)apabila tidak digunakan akan di
> > akumulasikan lagi seperti semula.
>
> *Last Mastah bagaimana supaya mencegah Double Input/duplicate pada
> table Sheet Input??
>
> Wassalam,
>
> Indra
>
>
>
>
> On 6/12/2013 3:06 PM, De Premor wrote:
>>
>> membuat text berkedipnya blom kepikiran
>> untuk soal nomer 2, pada event form initialize ditambahi dtpmulai.value
>> = now()
>>
>> sisanya liat lampiran ajah :D
>>
>

Thu Jun 13, 2013 2:09 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor"

maaff lampiran ketinggalan :D

Pada 13/06/2013 21:13, De Premor menulis:
> Walaikumsalam Wr. Wb.
>
> Oh iya, saya lupa, nga kepikiran untuk dibawah 1 tahunnya :D
> kurang If (HakCuti < 1) Then HakCuti = 0
>
> Cek Duplikasi sudah ditambahkan, hari libur nasional dan cuti bersama
> sudah diperhitungkan.
> Oh iya, itu perhitungan sisa cuti dibuat dengan assumsi hari kerja
> mulai senin s/d sabtu
>
> mas nya tinggal buat function cek validasi saja, jika hak cuti < 0
> maka data tidak bisa disimpan :D
>
> Demikian disampaikan, terima kasih, kalau ada yg belum pas silahkan
> direply lagi (biasanya ada aja yg nga pas) hehhehe
>
> Rgds,
> [dp]
>
> Pada 13/06/2013 14:43, ChordJR menulis:
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb
>>
>> Good Answer mastah...ohh iya khilaf mengenai libur nasional
>> ya...kira" harus bagaimana menyingkapi ini mastah??apakah harus di
>> buat data terpisah mengenai list libur" nasional??
>> Masih menunggu uluran tangan Mastah yang lain untuk memberikan
>> ilmunya tentang Text Kedip/Berjalan...hehee
>>
>> Tapi mohon maaf ada problem lagi pada formula yang Mastah De Premor
>> berikan (File Terlampir) :
>> "Sengaja saya bedakan yg bernama Susi Similikiti, seharusnya belum
>> mendapatkan cuti untuk tahun ini karena baru bergabung Bulan Jan'13
>> (artinya belum setahun bergabung)"
>>
>> Rule mengenai cuti saya singgung lagi akh sapatau membantu :
>> > * Setiap Karyawan baru berhak mendapatkan cuti apabila sudah bekerja
>> > selama "setahun" berdasarkan Join Date dan jumlahnya adalah fix 9
>> > hari.
>> > * Pada tahun berikutnya apabila cuti tidak di ambil para karyawan di
>> > berikan kompensasi untuk menggunakannya selama 6bln...apabila tidak
>> > di ambil akan hangus...di akumulasikan kembali seperti semula (cth :
>> > Join date tgl 1-jan-2013,pda tahun 1-jan-2014 mendapatkan cuti
>> > selama 9 hari..anggap saja sisa cuti masih ada 5 hari...pada
>> > (1-jan-2015 "ditambah"; 6bulan)apabila tidak digunakan akan di
>> > akumulasikan lagi seperti semula.
>>
>> *Last Mastah bagaimana supaya mencegah Double Input/duplicate pada
>> table Sheet Input??
>>
>> Wassalam,
>>
>> Indra
>>
>>
>>
>>
>> On 6/12/2013 3:06 PM, De Premor wrote:
>>>
>>> membuat text berkedipnya blom kepikiran
>>> untuk soal nomer 2, pada event form initialize ditambahi dtpmulai.value
>>> = now()
>>>
>>> sisanya liat lampiran ajah :D
>>>
>>
>

Thu Jun 13, 2013 2:45 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

--- Mohon tidak menyertakan cc ataupun bcc ---

Mungkin seperti file terlampir yang menganggap bahwa total jam dalam 1 hari
manusia (24 jam) harus dikonversi menjadi jam kerja per 14 jam.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
Kid.

2013/6/13 Nafiatul Adawiyah <nafiatula@yahoo.com>

> o:-)
>
> Mungkin masalahnya seperti ini
> standart internasional 1 harinya kan 24 jam
> sedangkan saya standart1 harinya adalah 14 jam ( karena jam kerjanya 2
> shift )
>
> jadi hasil
> 0 hari 13 jam 16 menit 7 detik itu kan 1 harinya 24 jam
>
> kira-kira kalau standart 1 harinya 14 jam
> bagaimana untu mencarinya ????
>
> Salam
> Fia
> ------------------------------
> *Dari:* De Premor <de@premor.net>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Cc:* Nafiatul Adawiyah <nafiatula@yahoo.com>
> *Dikirim:* Kamis, 13 Juni 2013 13:11
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mencari Hari,Jam,Menit dan Detik
>
> maksute piye yaa, apakah seperti terlampir ?
>
>
>
>
> Pada 13/06/2013 9:54, Nafiatul Adawiyah menulis:
>
>
> Assalamu`alaikum Wr.Wb..
> Salam para master Excel..
>
> Saya ingin minta bantuan sama para pakar excel mengenai Format
> Hari,Jam,Menit dan Detik
> mungkin untuk lebih jelasnya saya laampirkan File-nya
> Atas bantuanny saya ucapkan terima kasih
>
> Wassalamu`alaikum Wr.Wb.
>
> salam
>
> Fia
>
>
>
>
>

Thu Jun 13, 2013 2:48 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bagaimana jika memanfaatkan fitur Protect workbook.
Coba :
ribbon Review -> group Changes -> Protect Workbook -> Protect Structure and
Windows
-> centang yang Structure saja -> isi password bila perlu -> tekan OK ->
save workbook

Jika ingin diatur dengan VBA, lakukan record macro ketika melakukan hal di
atas tadi.

Wassalam,
Kid.

2013/6/13 nangAgus <nangagoez@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Salam sejahtera untuk kita semua
> Semoga rahmat ALLAH senantiasa untuk kita semua
>
> Minta tolong kepada semua member belajar-excel, bagaimana caranya (scrip
> VBA) agar nama sheet tidak dapat diganti?
> atas perhatian semua rekan-rekan diucapkas terima kasih.
>
> Salam
>
> NangAgus
>
>

Thu Jun 13, 2013 11:28 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Terima kasih Mr. Kid, permasalahan sudah terselesaikan!
ternyata dapat juga digunakan
Private Sub Worksheet_Deactivate()
Application.CommandBars.FindControl(ID:=847).Enabled = True
Me.Name = "Nama_Sheet&quot;
End Sub

salam
NangAgus
On 14/06/2013 4:48, Mr. Kid wrote:
> Bagaimana jika memanfaatkan fitur Protect workbook.
> Coba :
> ribbon Review -> group Changes -> Protect Workbook -> Protect
> Structure and Windows
> -> centang yang Structure saja -> isi password bila perlu -> tekan OK
> -> save workbook
>
> Jika ingin diatur dengan VBA, lakukan record macro ketika melakukan
> hal di atas tadi.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/6/13 nangAgus <nangagoez@yahoo.co.id <mailto:nangagoez@yahoo.co.id>>
>
> Salam sejahtera untuk kita semua
> Semoga rahmat ALLAH senantiasa untuk kita semua
>
> Minta tolong kepada semua member belajar-excel, bagaimana caranya
> (scrip
> VBA) agar nama sheet tidak dapat diganti?
> atas perhatian semua rekan-rekan diucapkas terima kasih.
>
> Salam
>
> NangAgus
>
>
>

Thu Jun 13, 2013 11:26 pm (PDT) . Posted by:

"Muhfit Komputer" muhfitkomputer

File terlampir (mods)

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 13 Juni 2013 14:15
Judul: Re: [belajar-excel] daftar nilai


 
kelihatannya lampirannya ketinggalan, coba kirim ulang ke sini lagi ^_^

ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

-Miss Jan Raisin-

>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;

>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 13 Juni 2013 12.40, Muhfit Komputer <muhfitkomputer@yahoo.co.id> menulis:


>Saya kirim ulang gan..
>Selamat pagi, saya ma bertanya, bagaimana caranya membuat rumus di file"contoh daftar nilai" ini, karena di sheet kedua jika di masukan digit angka, maka NAMA, NILAI PELAJARAN, akan berganti secara otomasti, dan dara diambil dari sheet 1. mohon bantuanya. terima kasih.
>

Thu Jun 13, 2013 11:27 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor"

kalau mau diubah ke 14 jam'an kayaknya perhitungannya adalah
Jam_dalam_standart_24_jam * 24 / 14

terlampir coret2'an hitungan dengan memperhitungkan pengerjaan 1 unit
mobil hanya dapat dilakukan pada 1 buah mesin
Kalau pada prakteknya 1 unit mobil bisa dikerjakan oleh 3 unit mesin
secara bersama2 ya brati salah rumus'e

[dp]

Pada 13/06/2013 14:55, Nafiatul Adawiyah menulis:
> o:-)
>
> Mungkin masalahnya seperti ini
> standart internasional 1 harinya kan 24 jam
> sedangkan saya standart1 harinya adalah 14 jam ( karena jam kerjanya 2
> shift )
>
> jadi hasil
> 0 hari 13 jam 16 menit 7 detik itu kan 1 harinya 24 jam
>
> kira-kira kalau standart 1 harinya 14 jam
> bagaimana untu mencarinya ????
>
> Salam
> Fia
> ----------------------------------------------------------
> *Dari:* De Premor <de@premor.net>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Cc:* Nafiatul Adawiyah <nafiatula@yahoo.com>
> *Dikirim:* Kamis, 13 Juni 2013 13:11
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mencari Hari,Jam,Menit dan Detik
>
> maksute piye yaa, apakah seperti terlampir ?
>
>
>
>
> Pada 13/06/2013 9:54, Nafiatul Adawiyah menulis:
>> Assalamu`alaikum Wr.Wb..
>> Salam para master Excel..
>>
>> Saya ingin minta bantuan sama para pakar excel mengenai Format
>> Hari,Jam,Menit dan Detik
>> mungkin untuk lebih jelasnya saya laampirkan File-nya
>> Atas bantuanny saya ucapkan terima kasih
>>
>> Wassalamu`alaikum Wr.Wb.
>>
>> salam
>>
>> Fia
>>
>
>
>

Thu Jun 13, 2013 11:27 pm (PDT) . Posted by:

"novendra ahmad"

Baik, terima kasih sekali lagi atas penjelasan yang telah diberikan

wassalam
-NoV-

>________________________________
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Rabu, 12 Juni 2013 9:44
>Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>

>Maaf, ada sedikit kesalahan teknis dalam penjelasan,
>Active Workbook.Save seharusnya ActiveWorkbook.Save (tidak ada spasi).
>
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Wednesday, 12 June 2013, 9:37
>Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>

>Bahasa manusianya kurang lebih seperti ini:
>- Tetapkan lokasi file yang akan dibuka (Path) = lokasi dimana file aktive berada (Thisworkbook.Path).
>- Simpan file yang sedang aktif (Active Workbook.Save).
>- Buka file yang bernama "Buka" yang ada di lokasi yang sama dengan lokasi file aktif (Workbooks.Open Filename:=Path & "\" & "Buka.xlsx&quot;).
>- Aktifkan jendela (file) bernama "Simpan" (Windows("Simpan.xlsm";).Activate).
>
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: novendra ahmad <a.novendra@yahoo.co.id>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, 11 June 2013, 17:05
>Subject: Bls: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>
>
>

>Wah, hebat... Terima kasih atas bantuannya Pak Hendrik, macro ini akan saya jadikan dasar untuk saya kembangkan selanjutnya.
>
>Tapi saya mohon bantuannya sekali lagi, kalau dalam bahasa awamnya bunyi macro ini bagaimana yah..? karena saya masih tidak bisa mencari kata-kata atau event yang mengubah fungsi "CTRL+S" menjadi seperti ini.�
>
>Atas bantuan dari para master, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
>
>salam
>-NoV-
>
>>________________________________
>> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Dikirim: Selasa, 11 Juni 2013 16:08
>>Judul: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>>
>>
>>
>>Kalau mau yang otomatis pake Macro, coba copy kedua file terlampir (Simpan dan Buka) ke dalam Directory yang sama.
>>
>>
>>Buka file Simpan dan jalankan Macro dengan menekan tombol Ctrl s secara bersamaan.
>>
>>
>>Macronya kurang lebih seperti ini:
>>Sub Macro1()
>>' � tekan tombol Ctrl s secara bersamaan
>>� � Path = ThisWorkbook.Path
>>� � ActiveWorkbook.Save
>>� � Workbooks.Open Filename:=Path & "\" & "Buka.xlsx&quot;
>>� � Windows("Simpan.xlsm";).Activate
>>End Sub
>>
>>
>>Salam,
>>HK
>>
>>
>>NB : Perhatikan extention file Simpan
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Tuesday, 11 June 2013, 15:21
>>Subject: Re: [belajar-excel] Trs: (tanya) Mengganti fungsi bawaan excel dengan fungsi VBA
>>
>>
>>
>>�
>>Wa&#39;alaikumussalam wr. wb.,
>>
>>
>>untuk menyimpan file ke folder yang ditunjuk dapat disetting melalui Excel Option >> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya seperti gambar di bawah ini:
>>
>>
>>
>>
>>Yang digaris warna merah adalah nama user pada masing-masing komputer, ganti path sesuai dengan keinginan ^_^
>>
>>
>>
>>
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>-Miss Jan Raisin-
>>
>>
>>>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>>
>>
>>Pada 11 Juni 2013 11.13, novendra ahmad <a.novendra@yahoo.co.id> menulis:
>>
>>
>>>�
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Aslm,
>>>>Dear para master excel yang saya hormati,
>>>>
>>>>
>>>>Saya mempunyai pertanyaan, jika pertanyaan ini pernah ditanya sebelumnya, mohon diberi link supaya saya dapat mempelajarinya.
>>>>
>>>>
>>>>Jika pada excel tombol "CTRL+S" berfungsi sebagai penyimpan excel, apakah mungkin jika fungsi "CTRL+S" tersebut diganti dengan fungsi yang lain, misal menyimpan excel ke folder yang telah ditentukan tanpa melakukan save as dan langsung membuka file excel yang lain.
>>>>jika hal tersebut tidak memungkinkan, mohon bantuan pencerahan listing supaya dapat membuat shortcut diluar tombol khusus itu, misal "CTRL+SHIFT+S" untuk fungsi yang telah dijelaskan diatas.
>>>>
>>>>
>>>>Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>Wassalam
>>>>
>>>>-NoV-
>>>>
>>>>
>>>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Jun 13, 2013 11:28 pm (PDT) . Posted by:

the_x_mikey

Hi pak Dani,

Sebelumnya pernah ada yg mirip dengan pertanyaan Anda dan sudah di share solusi nya.
Dengan ini saya sertakan form input (nama file : input new hire) dan form view (nama file : form input)
Silahkan dikreasikan sendiri untuk penggabungannya dan silahkan bertanya jika ada yg membingungkan
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Jun 2013 16:46:52
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat Database Siswa Dan Memanggilnya Secara Otomatis.

Wa'alaikumussalam wr. wb.,

bagaimana jika coba disusun satu persatu dulu.. insya ALLAH nanti dibantu
oleh Be-Exceler.. atau coba buka-buka arsip lama milis dan pelajari satu
persatu, kalo ada yang bingung dishare di mari
kalo nanyanya borongan seperti ini yang nampak jadi seperti pengen terima
hasil jadinya saja.. [?]

:: afwan jika salah menilai ::

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*


Pada 11 Juni 2013 12.08, D4N1داني <dhanie.ku@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr Wb.
>
> Ykh.Teman-teman dan Pakar excel semua...
>
> Saya Guru Di Madrasah Ingin membuat database siswa yg rapih dan jika
> mencarinya juga cepat, tidak seperti sekarang yg dilakukan secara manual.
> Saya ingin pakai Aplikasi Excel. Aplikasi yg saya inginkan Input database
> menggunakan user form dan Jika saya menginginkan data siswa muncul secara
> lengkap cukup mengisi Nomor Induk Murid.
> Mohon maaf banyak permintaannya, maklum saya masih awam excel.
> Mohon petunjuknya, Terimakasih banyak sebelumnya.
>
> Wassalam
> Dani
>
>
>

Thu Jun 13, 2013 11:29 pm (PDT) . Posted by:

"Kusnadi Bin zain" kbinzain

bukan main..... terima kasih Mr.Kid bantuannya, walalupun saya masih kesulitan mengikuti alur logikanya.

tapi setelah saya otak-atik lagi, ada sesuatu yang baru lagi untuk minta bantuan berikutnya
yakni bagaimana meng-hiden data yang sudah dipilih dari tampilan di ListBox

terima kasih

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 13 Juni 2013 0:59
Judul: Re: [belajar-excel] Filter Nama pake input Form


 
Coba file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/6/12 Kusnadi Bin zain <kbinzain@yahoo.co.id>


>Dear para  pakar excell
>
>
>terinpirasi dari Mr Kid tentang contoh input Form sederhana (katanya) tapi setellah saya coba membuat sendiri saya mengalami banyak kesulitan. Maklumlah dulu belum bisa sekarang dah lupa..... haha
>
>
>Mohon bantuan yang sederhana berikut ini akan sangat berguna bagi kami pastinya....
>
>
>terima kasih
>
>
>kusnadi
>

Fri Jun 14, 2013 1:07 am (PDT) . Posted by:

"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn

Dear all beexceller

saya ada masalah dengan ftp client, mungkin forumnya ga tepat kalau saya tuliskan disini, tapi saya benar2 udah nyerah ga tahu cara ngatasinya, udah browsing ke mbah google tapi ga nemu solusinya.
masalahnya ftp client saya yang biasa saya buka di windows explorer selama ini, ketika saya buka di windows explorer kok malah ke internet explorer. gimana ya cara solusi ngatasinya teman2 beexceller.

terima kasih n mohon maaf sebelumnya..

wasalam

andree 

Fri Jun 14, 2013 1:38 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pak Andre;

Mungkin begini, Mungkin lho...

Cara 1:
Coba buka Windows Explorer..
Click Tools => Pilih Folder Options
Pilih Tab File Types
Cari dan select URL:File Transfer Protocol
Untuk mengganti settingannya click Advanced

Cara 2:
Buka Control Panel => double click Internet Options
pada jendela yg muncul pilih tab Advanced
lalu hilangkan tanda contreng pada "Enable folder view for FTP sites

Mudah2an berhasil

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Andre Rahmaidy Teeza
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 14, 2013 3:07 PM
Subject: [belajar-excel] FTP Client

Dear all beexceller

saya ada masalah dengan ftp client, mungkin forumnya ga tepat kalau saya tuliskan disini, tapi saya benar2 udah nyerah ga tahu cara ngatasinya, udah browsing ke mbah google tapi ga nemu solusinya.
masalahnya ftp client saya yang biasa saya buka di windows explorer selama ini, ketika saya buka di windows explorer kok malah ke internet explorer. gimana ya cara solusi ngatasinya teman2 beexceller.

terima kasih n mohon maaf sebelumnya..

wasalam

andree

Fri Jun 14, 2013 1:43 am (PDT) . Posted by:

"De Premor"

iya nih keknya OOT
Mau tanya dulu, itu FTPnya sudah di MAP belum ya ?
kalau belum coba di map saja biar lebih enak

Berikut Step2 nya pada windows 7

Kemudian pada Jendela baru yang keluar, klik "*Connect to a Web Site
that you can use to store your documents and pictures*"
Kemudian ikuti saja petunjuknya, pada Inputan "*Internet or network
address:*" isikan *ftp://*alamet.server.ftp.anda

Nanti akan keluar sebuah drive baru di Explorer, yang isinya ya isi FTP
Account anda

Rgds,
[dp]

On 14/06/2013 15:07, Andre Rahmaidy Teeza wrote:
> Dear all beexceller
>
> saya ada masalah dengan ftp client, mungkin forumnya ga tepat kalau
> saya tuliskan disini, tapi saya benar2 udah nyerah ga tahu cara
> ngatasinya, udah browsing ke mbah google tapi ga nemu solusinya.
> masalahnya ftp client saya yang biasa saya buka di windows explorer
> selama ini, ketika saya buka di windows explorer kok malah ke internet
> explorer. gimana ya cara solusi ngatasinya teman2 beexceller.
>
> terima kasih n mohon maaf sebelumnya..
>
>
> wasalam
>
> andree
>

--
*Deny Premordianto
----------------------------------------------------------
ICT Department - Network & Infrastructure Division
Technical Support Wilayah 4
* 0821-5701-1683 | de@premor.net | 2811084A
Matematika Hidup adalah mengalikan sukacita, mengurangi kesedihan,
menambahkan semangat, membagi kebahagiaan, dan menguadratkan kasih
sayang antar sesama

Fri Jun 14, 2013 1:42 am (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania


Terima kasih Mr.Kid buat solusinya sangat good sekali lah..
tapi ada kendala

ketika saya rubah rangnya menjadi rang semua colom dari awal samapi akhir colom, tepatnya saya menggunakan Excel 2007 jadi rangnya sampai 1048576 dan rangnya saya ubah ke difenename

, karena data user banyak sekali udah mencapai ribuan
dan setiap hari akan bertambah terus makanya saya rang semua, ternyata pas saya jalankan keluar notifikasi dari excelnya seperti ini...

"Excel ran out of resources while attempting to calculate one or more formulas. As a result, these formulas cannot be evaluated"

rumusanya yang saya buat seperti ini

=SMALL(IF((user_date>=$V$1)*(user_date<=$V$2)*(COUNTIF($X$2:X2,user_all)=0)*(LEN(user_all)>0),(ROW(user_all)-ROW(A2))*1000+COLUMN(user_all)-COLUMN($A$2)),ROW()-ROW($W$2))

dan ketika saya rumbah rang dari difenenamenya ke posisi terakhir data, memang sih rumusnya berjalan dan saya tambahkan rumusan dari Mr.kid untuk mencari user namanya yg sperti ini
=IF(ISERROR($W3),"",INDEX($B$3:$T$8400,INT($W3/1000),MOD($W3,1000)))
tapi lemotnya minta ampun....buat mencari 1 user name aja prosesnya bisa ampe beberapa menit...ampe2 kompi saya bunyi kaya mau meledak hehehehehehehehe

jadi pertanyaan saya..
1. kenapa yah pas sya rang semua colom keluar notifikasi error seprti diatas?
2. ketia rangnya saya ganti rumusan berjalan tapi lemotnya minta ampun, kira2 ada alternatif lain ga yah biar galama???

terimakasih

salam
shenly ^^*

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 13 Juni 2013 0:38
Judul: Re: [belajar-excel] Memsihkan nama yang sama dengan 2 kategori tanggal?????


 
Coba file terlampir.

Maaf, belum sempat membuat alur proses array formulanya.   :(
Semoga ada BeExceller yang baik hati bersedia menjabarkannya.    ;)

Secara singkat, ada 4 kriteria yang dibutuhkan, yaitu :

1. tanggal seluruh tabel >= tanggal pilihan user

2. tanggal seluruh tabel <= tanggal pilihan user

3. jumlah cacah item hasil berdasar username seluruh tabel adalah 0 (belum ada dalam tabel hasil di baris sebelumnya)

4. username di seluruh tabel ada isinya

Semua nilai username seluruh tabel yang memenuhi seluruh kriteria, akan diberi nomor ID lokasi baris dan kolom setiap nilai dengan susunan RRRCCC yang berarti, nilai indeks kolom adalah 3 digit terakhir (jadi max kolom adalah 999 kolom data termasuk tanggal dan kolom kosong).

UserName hasil diambil dengan fungsi Index.

Sebaiknya, tabel data dijadikan satu tabel yang diimbuhi sebuah kolom berisi nomor tabel (jadi ada 3 kolom dalam tabel gabungan).

Hal ini akan lebih membuat data menjadi berkaidah database, sehingga mudah diolah.

Wassalam,
Kid.

2013/6/12 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>


>sebenarnya ini lanjutan dari pertanyaan saya yang sebelumnya
>("[belajar-excel] Menghitung berdasarkan periode dan user id??? ")yang sudah terselesaikan, tapi sekarang saya dapat masalah baru,
>bagaimana caranya memisahkan nama yang sama dengan 2 kategori tanggal, yaitu Star Date dan End Date dengan hasil pemisahan nama yang sama
>
>
>untuk lebih jelas saya sudah lapirkan contoh kasusunya
>
>
>terimakasih
>
>
>salam
>Shenly ^^*
>

Fri Jun 14, 2013 1:43 am (PDT) . Posted by:

"Sony Ario"

Assalamualaikum Be-Excelers.

Mohon bantuan. Di file terlampir saya bermaksud mengisi variable Data1
dengan menggunakan looping (For... Next) yang data nya ada di range G1
sampai dengan G4. Sudah coba berapa kali tapi tetap nggak bias ya ? yang
ingin saya lakukan adalah isi variable Data1 tsb, setelah terisi, dengan
menggunakan looping, menulis data tsb mulai dari Range J1.

Kendengaran nya simple ya ? maklum saya nubie banget. Disisi lain pikiran
juga lagi buntu banget.. hehehe..

terima kasih sebelumnya.

Wassalam
Sony
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar