8 Messages
Digest #3454
Messages
Mon Jun 1, 2015 2:26 pm (PDT) . Posted by:
"Tio Adi Bayu Adjie"
Dear BeExcel,
Mau Tanya, bagaimana menggunakan rumus Subtotal dengan criteria soalnya yg ada cuma untuk menghitung jumlah, maximum, average, dll, tapi tidak ada criteria selainnya seperti criteria dengan database yang kolom ke3 fieldnya Nomor dan keterangannya sakit ( misalnya) ?
Terima kasih.
Mau Tanya, bagaimana menggunakan rumus Subtotal dengan criteria soalnya yg ada cuma untuk menghitung jumlah, maximum, average, dll, tapi tidak ada criteria selainnya seperti criteria dengan database yang kolom ke3 fieldnya Nomor dan keterangannya sakit ( misalnya) ?
Terima kasih.
Mon Jun 1, 2015 7:01 pm (PDT) . Posted by:
"Toby kenzo" tobykenzo
bisa kasi contohnya ngga dalam worksheet,sheet1 datanya,sheet2 apa yg diinginkan.
Sent from Yahoo Mail on Android
Sent from Yahoo Mail on Android
Mon Jun 1, 2015 7:52 pm (PDT) . Posted by:
"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
Mas TABA,
Semoga anda tetap tabah krn blm ada yang menjawab secara langsung walapun sdh diberikan contoh yang mirip oleh Mr
Kid.
Spy lebih pas jawabannya...barangkali perlu contoh soal dalam bentuk dummy file.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
<div>-------- Original message --------</div><div>From: "Tio Adi Bayu Adjie tio.adjie@ptssb.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Date:01/06/2015 3:54 PM (GMT+07:00) </div><div>To: belajar-excel@yahoogroups.com </div><div>Subject: [belajar-excel] Pemakaian Rumus Subtotal dengan kriteria </div><div>
</div>Dear BeExcel,
Mau Tanya, bagaimana menggunakan rumus Subtotal dengan criteria soalnya yg ada cuma untuk menghitung jumlah, maximum, average, dll, tapi tidak ada criteria selainnya seperti criteria dengan database yang kolom ke3 fieldnya Nomor dan keterangannya sakit ( misalnya) ?
Terima kasih.
Semoga anda tetap tabah krn blm ada yang menjawab secara langsung walapun sdh diberikan contoh yang mirip oleh Mr
Kid.
Spy lebih pas jawabannya...barangkali perlu contoh soal dalam bentuk dummy file.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
<div>-------- Original message --------</div><div>From: "Tio Adi Bayu Adjie tio.adjie@ptssb.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Date:01/06/2015 3:54 PM (GMT+07:00) </div><div>To: belajar-excel@yahoogroups.com </div>
</div>
Mau Tanya, bagaimana menggunakan rumus Subtotal dengan criteria soalnya yg ada cuma untuk menghitung jumlah, maximum, average, dll, tapi tidak ada criteria selainnya seperti criteria dengan database yang kolom ke3 fieldnya Nomor dan keterangannya sakit ( misalnya) ?
Terima kasih.
Tue Jun 2, 2015 1:33 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Tio,
Fungsi SubTotal biasanya digunakan ketika ingin menghitung suatu summary
nilai dari sebuah tabel yang tabel tersebut akan sering dikenai autofilter
secara langsung.
Berbeda halnya dengan suatu tabel data yang terpisah, kemudian output
berupa suatu tabel summary yang merujuk ke tabel sumbernya. Hal ini
biasanya cukup dengan fungsi seperti Sum, SumIF (s), CountIF (s), Max,
array formula Max(IF), Min, array formula Min(IF), Average, AverageIF (s),
dsb.
Jadi, fungsi SubTotal tidak memiliki fungsi IF-nya. Fungsi SubTotal tidak
bisa diisi dengan array hasil komputasi alias harus merujuk ke suatu range.
Contoh file di link yang lalu adalah sebuah contoh agar fungsi seperti
SumIF dan sebagainya (alias fungsi-fungsi yang bisa dipengaruhi suatu
kriteria tertentu) bisa bekerja seperti SubTotalif (INGAT... TIDAK ADA
fungsi SubTotalif)
so,
silakan berkreasi...
semoga contoh file di link yang lalu bisa menjadi ide awalnya...
Wassalam,
Kid
2015-06-01 18:54 GMT+10:00 Tio Adi Bayu Adjie tio.adjie@ptssb.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear BeExcel,
>
> Mau Tanya, bagaimana menggunakan rumus Subtotal dengan criteria soalnya yg
> ada cuma untuk menghitung jumlah, maximum, average, dll, tapi tidak ada
> criteria selainnya seperti criteria dengan database yang kolom ke3 fieldnya
> Nomor dan keterangannya sakit ( misalnya) ?
>
>
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
>
>
>
Fungsi SubTotal biasanya digunakan ketika ingin menghitung suatu summary
nilai dari sebuah tabel yang tabel tersebut akan sering dikenai autofilter
secara langsung.
Berbeda halnya dengan suatu tabel data yang terpisah, kemudian output
berupa suatu tabel summary yang merujuk ke tabel sumbernya. Hal ini
biasanya cukup dengan fungsi seperti Sum, SumIF (s), CountIF (s), Max,
array formula Max(IF), Min, array formula Min(IF), Average, AverageIF (s),
dsb.
Jadi, fungsi SubTotal tidak memiliki fungsi IF-nya. Fungsi SubTotal tidak
bisa diisi dengan array hasil komputasi alias harus merujuk ke suatu range.
Contoh file di link yang lalu adalah sebuah contoh agar fungsi seperti
SumIF dan sebagainya (alias fungsi-fungsi yang bisa dipengaruhi suatu
kriteria tertentu) bisa bekerja seperti SubTotalif (INGAT... TIDAK ADA
fungsi SubTotalif)
so,
silakan berkreasi...
semoga contoh file di link yang lalu bisa menjadi ide awalnya...
Wassalam,
Kid
2015-06-01 18:54 GMT+10:00 Tio Adi Bayu Adjie tio.adjie@ptssb.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear BeExcel,
>
> Mau Tanya, bagaimana menggunakan rumus Subtotal dengan criteria soalnya yg
> ada cuma untuk menghitung jumlah, maximum, average, dll, tapi tidak ada
> criteria selainnya seperti criteria dengan database yang kolom ke3 fieldnya
> Nomor dan keterangannya sakit ( misalnya) ?
>
>
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
>
>
>
Mon Jun 1, 2015 9:30 pm (PDT) . Posted by:
"Tjahya Hartono" tjahyahartono
Sebelumnya Mr Kid dan Bpk Tobby dan Master excel lainnya terima kasih atas bantuannya, tetapi Mr Kid saya masih kurang jelas,tentang bagaimana caranya ya bila saya mau memasukkan kategori-kategori seperti dibawah ini: Sehingga berefek kepada hasilnya di tabulasi absensi hariannya.
| X (Huruf Besar) | JM & JP |
| x (huruf kecil) | JM/JP |
| S | : Ijin tidak Masuk |
| s | Tidak Masuk Tanpa Ijin (tanpa pemberitahuan) |
| P | : Ijin Pulang Awal |
| p | Absen Lebih awal (ketika jam pulang) |
| T | : Ijin Terlambat |
| t | : Terlambat Masuk |
| | |
| A | t p (terlambat masuk - pulang lebih awal) |
| B | t P (terlambat masuk - Ijin pulang lebih awal) |
| C | T p (Ijin terlambat masuk - pulang lebih awal) |
| D | T P (Ijin terlambat masuk - Ijin Pulang lebih awal) |
| E | x p (tidak absen masuk - pulang lebih awal) |
| F | x P (tidak absen masuk - Ijin Pulang lebih awal) |
| G | t x (terlambat masuk - pulang lebih awal) |
| H | T x (Ijin terlambat - Ijin pulang lebih awal) |
Salam Hormat,
Tjahya
Pada Senin, 1 Juni 2015 14:03, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
File terlampir.
Silakan dikembangkan sesuai kebutuhan.
Regard,
Kid
2015-05-31 17:44 GMT+10:00 Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Dengan Hormat,
Mohon dibantu untuk kasus be excel lain yang kebetulan sama dengan yang saya hadapi.Saya sdh mencoba tapi bingung dengan menambah satu variabel yaitu pulang lebih awalkarena dalam kantor saya pulang lebih awal ada denda administrasi yang disepakati bersama.Jadi akan memudahkan bilamana dalam tabulasi yang ada bisa menjangkau masalah tersebutTerima kasih
Salam
Tjahya
#yiv3903015723 #yiv3903015723 -- #yiv3903015723ygrp-
Tue Jun 2, 2015 1:19 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Tjahya,
Coba dilampirkan data dasar absensinya saja. Tanpa ada cell berformula
apapun. Kemudian buat tabel referensi pengelompokannya. Pisahkan antara
referensi keterangan yang berkaitan dengan jam datang dengan jam pulang
menjadi 2 tabel referensi lebih dulu. Definisikan dengan jelas seluruh
kriteria setiap item referensi.
Sebaiknya, hindari penggunaan kode yang hanya berbeda besar atau kecilnya
huruf. Lebih baik dibuatkan sebuah kode tersendiri yang teks tampilannya
berupa huruf besar atau huruf kecil tersebut beserta keterangannya.
Contoh :
kode legend ket kondisi
1 S blablabla kalau si anu begini begitu
tapi ininya begono
2 s bliblibli kalau si una bigeni bigetu
tapi aninyi bogeno
dst
Regard,
Kid
On Tue, Jun 2, 2015 at 2:14 PM, Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Sebelumnya Mr Kid dan Bpk Tobby dan Master excel lainnya terima kasih atas
> bantuannya, tetapi Mr Kid saya masih kurang jelas,tentang bagaimana caranya
> ya bila saya mau memasukkan kategori-kategori seperti dibawah ini: Sehingga
> berefek kepada hasilnya di tabulasi absensi hariannya.
> X (Huruf Besar) JM & JP x (huruf kecil) JM/JP S : Ijin tidak Masuk s Tidak
> Masuk Tanpa Ijin (tanpa pemberitahuan) P : Ijin Pulang Awal p Absen
> Lebih awal (ketika jam pulang) T : Ijin Terlambat t : Terlambat Masuk
> A t p (terlambat masuk - pulang lebih awal) B t P (terlambat masuk -
> Ijin pulang lebih awal) C T p (Ijin terlambat masuk - pulang lebih awal)
> D T P (Ijin terlambat masuk - Ijin Pulang lebih awal) E x p (tidak
> absen masuk - pulang lebih awal) F x P (tidak absen masuk - Ijin Pulang
> lebih awal) G t x (terlambat masuk - pulang lebih awal) H T x (Ijin
> terlambat - Ijin pulang lebih awal)
>
> Salam Hormat,
>
>
> Tjahya
>
>
>
>
> Pada Senin, 1 Juni 2015 14:03, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> File terlampir.
> Silakan dikembangkan sesuai kebutuhan.
>
> Regard,
> Kid
>
> 2015-05-31 17:44 GMT+10:00 Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dengan Hormat,
>
> Mohon dibantu untuk kasus be excel lain yang kebetulan sama dengan yang
> saya hadapi.
> Saya sdh mencoba tapi bingung dengan menambah satu variabel yaitu pulang
> lebih awal
> karena dalam kantor saya pulang lebih awal ada denda administrasi yang
> disepakati bersama.
> Jadi akan memudahkan bilamana dalam tabulasi yang ada bisa menjangkau
> masalah tersebut
> Terima kasih
>
>
> Salam
>
> Tjahya
>
>
>
>
>
>
Coba dilampirkan data dasar absensinya saja. Tanpa ada cell berformula
apapun. Kemudian buat tabel referensi pengelompokannya. Pisahkan antara
referensi keterangan yang berkaitan dengan jam datang dengan jam pulang
menjadi 2 tabel referensi lebih dulu. Definisikan dengan jelas seluruh
kriteria setiap item referensi.
Sebaiknya, hindari penggunaan kode yang hanya berbeda besar atau kecilnya
huruf. Lebih baik dibuatkan sebuah kode tersendiri yang teks tampilannya
berupa huruf besar atau huruf kecil tersebut beserta keterangannya.
Contoh :
kode legend ket kondisi
1 S blablabla kalau si anu begini begitu
tapi ininya begono
2 s bliblibli kalau si una bigeni bigetu
tapi aninyi bogeno
dst
Regard,
Kid
On Tue, Jun 2, 2015 at 2:14 PM, Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Sebelumnya Mr Kid dan Bpk Tobby dan Master excel lainnya terima kasih atas
> bantuannya, tetapi Mr Kid saya masih kurang jelas,tentang bagaimana caranya
> ya bila saya mau memasukkan kategori-kategori seperti dibawah ini: Sehingga
> berefek kepada hasilnya di tabulasi absensi hariannya.
> X (Huruf Besar) JM & JP x (huruf kecil) JM/JP S : Ijin tidak Masuk s Tidak
> Masuk Tanpa Ijin (tanpa pemberitahuan) P : Ijin Pulang Awal p Absen
> Lebih awal (ketika jam pulang) T : Ijin Terlambat t : Terlambat Masuk
> A t p (terlambat masuk - pulang lebih awal) B t P (terlambat masuk -
> Ijin pulang lebih awal) C T p (Ijin terlambat masuk - pulang lebih awal)
> D T P (Ijin terlambat masuk - Ijin Pulang lebih awal) E x p (tidak
> absen masuk - pulang lebih awal) F x P (tidak absen masuk - Ijin Pulang
> lebih awal) G t x (terlambat masuk - pulang lebih awal) H T x (Ijin
> terlambat - Ijin pulang lebih awal)
>
> Salam Hormat,
>
>
> Tjahya
>
>
>
>
> Pada Senin, 1 Juni 2015 14:03, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> File terlampir.
> Silakan dikembangkan sesuai kebutuhan.
>
> Regard,
> Kid
>
> 2015-05-31 17:44 GMT+10:00 Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dengan Hormat,
>
> Mohon dibantu untuk kasus be excel lain yang kebetulan sama dengan yang
> saya hadapi.
> Saya sdh mencoba tapi bingung dengan menambah satu variabel yaitu pulang
> lebih awal
> karena dalam kantor saya pulang lebih awal ada denda administrasi yang
> disepakati bersama.
> Jadi akan memudahkan bilamana dalam tabulasi yang ada bisa menjangkau
> masalah tersebut
> Terima kasih
>
>
> Salam
>
> Tjahya
>
>
>
>
>
>
Tue Jun 2, 2015 1:27 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Nurani,
Copas nya pakai VBA atau manual ?
Kalau masih manual, ubah jadi pakai VBA. Kurang logis jika user meng-copas
dari 50 sheet sumber ke 50 sheet target. Bisa jadi penyusunan tabel
dasarnya ndak berkaidah tabel database yang baik, sehingga ribetnya
sedemikian rupa.
Kalau sudah pakai VBA, buat salinan log proses copas oleh si VBA di suatu
sheet tertentu. Dari sini bisa ditampilkan sheet target mana yang belum
dapat sumber data baru, dan data apa yang kurang dari file sumber data yang
sudah ada saat itu.
btw,
Excel memiliki fitur track changes yang bekerja dalam keadaan workbook
ter-shared.
Setiap pengubahan suatu cells bisa dibuatkan keterangannya dengan fitur
ini. Bahkan bisa dibuatkan salinan cells yang berubah nilainya. Tapi tidak
dengan yang berubahnya karena suatu formula.
fyi,
menyusun log cells yang berubah jauh lebih baik daripada sekedar memberi
warna atau memberi comment terhadap cells yang berubah tersebut. Hanya
saja, effort-nya memang harus lebih banyak.
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid
2015-05-31 15:12 GMT+10:00 alkenanurani@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Hello Mr.
>
>
> Terima kasih sudah banyak bantu saya. pengetahuan excel saya semakin
> bertambah.
>
> Kali ini saya mau tanya.
>
> Saya punya suatu workbook yang isinya 50sheet.
>
> saya ingin ketika saya mengganti data pada sheet-sheet tsb. terjadi
> perubahan warna atau keterangan lain.
>
> yang menandakan bahwa sheet tsb sudah saya update datanya (copy paste
> data).
>
> sehingga tidak ada yang tertinggal (belum di paste data terbaru atau di
> paste dua kali.
>
> bagaimana caranya mister.
>
> butuh pencerahan.
>
>
> Terima kasih
>
> Wassalam
>
> Nurani
>
>
>
Copas nya pakai VBA atau manual ?
Kalau masih manual, ubah jadi pakai VBA. Kurang logis jika user meng-copas
dari 50 sheet sumber ke 50 sheet target. Bisa jadi penyusunan tabel
dasarnya ndak berkaidah tabel database yang baik, sehingga ribetnya
sedemikian rupa.
Kalau sudah pakai VBA, buat salinan log proses copas oleh si VBA di suatu
sheet tertentu. Dari sini bisa ditampilkan sheet target mana yang belum
dapat sumber data baru, dan data apa yang kurang dari file sumber data yang
sudah ada saat itu.
btw,
Excel memiliki fitur track changes yang bekerja dalam keadaan workbook
ter-shared.
Setiap pengubahan suatu cells bisa dibuatkan keterangannya dengan fitur
ini. Bahkan bisa dibuatkan salinan cells yang berubah nilainya. Tapi tidak
dengan yang berubahnya karena suatu formula.
fyi,
menyusun log cells yang berubah jauh lebih baik daripada sekedar memberi
warna atau memberi comment terhadap cells yang berubah tersebut. Hanya
saja, effort-nya memang harus lebih banyak.
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid
2015-05-31 15:12 GMT+10:00 alkenanurani@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Hello Mr.
>
>
> Terima kasih sudah banyak bantu saya. pengetahuan excel saya semakin
> bertambah.
>
> Kali ini saya mau tanya.
>
> Saya punya suatu workbook yang isinya 50sheet.
>
> saya ingin ketika saya mengganti data pada sheet-sheet tsb. terjadi
> perubahan warna atau keterangan lain.
>
> yang menandakan bahwa sheet tsb sudah saya update datanya (copy paste
> data).
>
> sehingga tidak ada yang tertinggal (belum di paste data terbaru atau di
> paste dua kali.
>
> bagaimana caranya mister.
>
> butuh pencerahan.
>
>
> Terima kasih
>
> Wassalam
>
> Nurani
>
>
>
Tue Jun 2, 2015 2:17 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Steven Yth,
Saya ndak mudeng cara olah data yang demikian seperti apa. Mungkin karena
saya ndak pernah pegang uang atau jadi bendahara kali ya...
btw,
andaikan ada penjelasan yang lebih rinci tentang cara menghitung setiap
item yang Anda butuhkan, sepertinya akan ada banyak BeExceller yang
bersegera membantu.
e...
file terlampir adalah hasil perenungan dalam semedi sehari semalam...
kalau masih ada klirunya, mohon dimaklumi ya... mungkin kurang khusuk
semedinya...
Salam,
Kid
Ende ketimur dikit lalu ke selatan agak banyak
2015-05-31 11:23 GMT+10:00 Stephanus Nusanumba stef_ende@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dengan hormat,
> Mohon saya dibantu pembuatan Rekening koran ( menampilkan transaksi ) data
> pada sheet "kas" dibuat pada sheet yang berbeda (sheet baru) dan pada sheet
> " Laporan" juga dibuat pada sheet yang berbeda (sheet baru). Keduanya
> dibuat dengan menggunakan kriteria " Tanggal".
> Demikian, terima kasih atas bantuannya.
>
> Salam
>
> Steven Nusanumba
>
> Ende - Nusa Tenggara Timur
>
>
>
Saya ndak mudeng cara olah data yang demikian seperti apa. Mungkin karena
saya ndak pernah pegang uang atau jadi bendahara kali ya...
btw,
andaikan ada penjelasan yang lebih rinci tentang cara menghitung setiap
item yang Anda butuhkan, sepertinya akan ada banyak BeExceller yang
bersegera membantu.
e...
file terlampir adalah hasil perenungan dalam semedi sehari semalam...
kalau masih ada klirunya, mohon dimaklumi ya... mungkin kurang khusuk
semedinya...
Salam,
Kid
Ende ketimur dikit lalu ke selatan agak banyak
2015-05-31 11:23 GMT+10:00 Stephanus Nusanumba stef_ende@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dengan hormat,
> Mohon saya dibantu pembuatan Rekening koran ( menampilkan transaksi ) data
> pada sheet "kas" dibuat pada sheet yang berbeda (sheet baru) dan pada sheet
> " Laporan" juga dibuat pada sheet yang berbeda (sheet baru). Keduanya
> dibuat dengan menggunakan kriteria " Tanggal"
> Demikian, terima kasih atas bantuannya.
>
> Salam
>
> Steven Nusanumba
>
> Ende - Nusa Tenggara Timur
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar