9 Messages
Digest #3466
Messages
Tue Jun 9, 2015 1:09 pm (PDT) . Posted by:
"Nisa Khairunnisa"
Ada yang tau gimana caranya supaya yang muncul hanya 1 form, ketika di klik button menuju ke form lain. Form yg satunya otomatis tertutup. Terimakasih
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Tue Jun 9, 2015 5:24 pm (PDT) . Posted by:
"Aliif Akbar" aliif.akbar
Selamat pagi,
Berarti, userform lain ditutup dulu sebelum form lain muncul bu,
Misal Userform1 dan userform2,
Pada userform1 ada button1,
Saat button1 diklick maka akan muncul userform2, seperti itukah?
Maka di button action klik sebelum ada perintah menampilkan userform2, ditambah perintah untuk menutup userform1,
Private Sub CommandButton1_Click()
Unload me
Userform2.show
End Sub
Saya sudah mencoba dan berhasil
Sent from Microsoft Outlook for Windows 10 Mobile
-----Original Message-----
From: "Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: 10/06/2015 3:09
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] VBA Excel userform
Ada yang tau gimana caranya supaya yang muncul hanya 1 form, ketika di klik button menuju ke form lain. Form yg satunya otomatis tertutup. Terimakasih
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Berarti, userform lain ditutup dulu sebelum form lain muncul bu,
Misal Userform1 dan userform2,
Pada userform1 ada button1,
Saat button1 diklick maka akan muncul userform2, seperti itukah?
Maka di button action klik sebelum ada perintah menampilkan userform2, ditambah perintah untuk menutup userform1,
Private Sub CommandButton1_Click()
Unload me
Userform2.show
End Sub
Saya sudah mencoba dan berhasil
Sent from Microsoft Outlook for Windows 10 Mobile
-----Original Message-----
From: "Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: 10/06/2015 3:09
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] VBA Excel userform
Ada yang tau gimana caranya supaya yang muncul hanya 1 form, ketika di klik button menuju ke form lain. Form yg satunya otomatis tertutup. Terimakasih
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Tue Jun 9, 2015 9:35 pm (PDT) . Posted by:
"Nisa Khairunnisa"
Iya betul, kmrn saya sdh coba seperti itu tapi gagal. Alhamdulillah skrg sdh bisa haha. Makasih ya
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Rab, 10 Jun 2015 pada 7:24
Judul:RE: [belajar-excel] VBA Excel userform
Selamat pagi,
Berarti, userform lain ditutup dulu sebelum form lain muncul bu,
Misal Userform1 dan userform2,
Pada userform1 ada button1,
Saat button1 diklick maka akan muncul userform2, seperti itukah?
Maka di button action klik sebelum ada perintah menampilkan userform2, ditambah perintah untuk menutup userform1,
Private Sub CommandButton1_Click()
Unload me
Userform2.show
End Sub
Saya sudah mencoba dan berhasil
Sent from Microsoft Outlook for Windows 10 Mobile
From: Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel]
Sent: 10/06/2015 3:09
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] VBA Excel userform
Ada yang tau gimana caranya supaya yang muncul hanya 1 form, ketika di klik button menuju ke form lain. Form yg satunya otomatis tertutup. Terimakasih
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Tue Jun 9, 2015 9:35 pm (PDT) . Posted by:
"Nisa Khairunnisa"
Mau tanya lagi, kalau kita buat button exit didalam userform supaya keluar yg dituju worksheet gmn ya ??
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Rab, 10 Jun 2015 pada 7:24
Judul:RE: [belajar-excel] VBA Excel userform
Selamat pagi,
Berarti, userform lain ditutup dulu sebelum form lain muncul bu,
Misal Userform1 dan userform2,
Pada userform1 ada button1,
Saat button1 diklick maka akan muncul userform2, seperti itukah?
Maka di button action klik sebelum ada perintah menampilkan userform2, ditambah perintah untuk menutup userform1,
Private Sub CommandButton1_Click()
Unload me
Userform2.show
End Sub
Saya sudah mencoba dan berhasil
Sent from Microsoft Outlook for Windows 10 Mobile
From: Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel]
Sent: 10/06/2015 3:09
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] VBA Excel userform
Ada yang tau gimana caranya supaya yang muncul hanya 1 form, ketika di klik button menuju ke form lain. Form yg satunya otomatis tertutup. Terimakasih
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Rab, 10 Jun 2015 pada 7:24
Judul:RE: [belajar-excel] VBA Excel userform
Selamat pagi,
Berarti, userform lain ditutup dulu sebelum form lain muncul bu,
Misal Userform1 dan userform2,
Pada userform1 ada button1,
Saat button1 diklick maka akan muncul userform2, seperti itukah?
Maka di button action klik sebelum ada perintah menampilkan userform2, ditambah perintah untuk menutup userform1,
Private Sub CommandButton1_Click()
Unload me
Userform2.show
End Sub
Saya sudah mencoba dan berhasil
Sent from Microsoft Outlook for Windows 10 Mobile
From: Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel]
Sent: 10/06/2015 3:09
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] VBA Excel userform
Ada yang tau gimana caranya supaya yang muncul hanya 1 form, ketika di klik button menuju ke form lain. Form yg satunya otomatis tertutup. Terimakasih
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Tue Jun 9, 2015 1:10 pm (PDT) . Posted by:
"Tjahya Hartono" tjahyahartono
Dear para Be Excel,
Saya ada beberapa pertanyaan yang mengganjal mengenai hitung lembur lagi,Bagaimana cara mencari Jumlah Alpha, Cuti, Ijin Tidak Masuk dalam rentang waktu yang disepakati misalkan 25/5 s/d 6/6
Bagaimana cara mencari jumlah total upah lembur dalam waktu yang disepakati misalkan 25/5 s/d 6/6Berikut saya lampirkan dalam file dibawah ini
Mohon Bantuannya ya teman2
Salam Hangat
Tjahya
Saya ada beberapa pertanyaan yang mengganjal mengenai hitung lembur lagi,Bagaimana cara mencari Jumlah Alpha, Cuti, Ijin Tidak Masuk dalam rentang waktu yang disepakati misalkan 25/5 s/d 6/6
Bagaimana cara mencari jumlah total upah lembur dalam waktu yang disepakati misalkan 25/5 s/d 6/6Berikut saya lampirkan dalam file dibawah ini
Mohon Bantuannya ya teman2
Salam Hangat
Tjahya
Tue Jun 9, 2015 6:05 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus"
Dear Tjahya;
untuk mencari absensi:
=COUNTIFS($C$4:$C$51,$P8,$K$4:$K$51,Q$7)
Copas kebawah & kekanan
untuk mencari total lembur:
=SUMIFS($N$4:$N$51,$C$4:$C$51,$P8,$L$4:$L$51,T$7)
Copas kebawah & kekanan
Pada tanggal 10/06/15, Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
> Dear para Be Excel,
> Saya ada beberapa pertanyaan yang mengganjal mengenai hitung lembur
> lagi,Bagaimana cara mencari Jumlah Alpha, Cuti, Ijin Tidak Masuk dalam
> rentang waktu yang disepakati misalkan 25/5 s/d 6/6
> Bagaimana cara mencari jumlah total upah lembur dalam waktu yang disepakati
> misalkan 25/5 s/d 6/6Berikut saya lampirkan dalam file dibawah ini
> Mohon Bantuannya ya teman2
>
>
>
>
> Salam Hangat
>
>
> Tjahya
>
--
Wassalam
Bagus
untuk mencari absensi:
=COUNTIFS($C$4:$C$51,$P8,$K$4:$K$51,Q$7)
Copas kebawah & kekanan
untuk mencari total lembur:
=SUMIFS($N$4:$N$51,$C$4:$C$51,$P8,$L$4:$L$51,T$7)
Copas kebawah & kekanan
Pada tanggal 10/06/15, Tjahya Hartono tjahyahartono@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
> Dear para Be Excel,
> Saya ada beberapa pertanyaan yang mengganjal mengenai hitung lembur
> lagi,Bagaimana cara mencari Jumlah Alpha, Cuti, Ijin Tidak Masuk dalam
> rentang waktu yang disepakati misalkan 25/5 s/d 6/6
> Bagaimana cara mencari jumlah total upah lembur dalam waktu yang disepakati
> misalkan 25/5 s/d 6/6Berikut saya lampirkan dalam file dibawah ini
> Mohon Bantuannya ya teman2
>
>
>
>
> Salam Hangat
>
>
> Tjahya
>
--
Wassalam
Bagus
Tue Jun 9, 2015 1:10 pm (PDT) . Posted by:
"Nisa Khairunnisa"
Iya, terimakasih banyak Mr.Kid atas saran dan jawaban-jawabannya sangat membantu 
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Sen, 8 Jun 2015 pada 17:04
Judul:Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Fungsi linest pada VBA Excel
Hai Nisa,
Contoh copy suatu range :
> copy dan paste all
Sheets("nama sheet asal").range("alamat range yang di-copy").Copy Sheets("nama sheet target").range("alamat range paste")
> copy lalu paste values sajah
Sheets("nama sheet asal").range("alamat range yang di-copy").Copy
Sheets("nama sheet target").range("alamat range paste").pastespecials xlpastevalues
** yang di-bold bisa diganti dengan berbagai opsi paste special (lihat opsi ketika klik kanan paste special)
btw,
seperti pada baris kode Anda yang ini :
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("masukkan nilai")
misalkan kode tersebut untuk menulis ke sheet 'Forecast Linier', maka untuk menulis langsung ke sheet 'Forecast Kuadrat' bisa ditambahkan baris berbunyi : (dilokasi cell yang sama tapi beda sheet)
sheets("Forecast Kuadrat").Cells(8 + rowNum, 4).value= sheets("Forecast Linier").Cells(8 + rowNum, 4).value
sehingga ada 2 baris kode seperti begini :
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("masukkan nilai")
sheets("Forecast Kuadrat").Cells(8 + rowNum, 4).value= sheets("Forecast Linier").Cells(8 + rowNum, 4).value
hehehe....
tapi kalau melihat bentuk script yang telah Anda buat, jumlah baris menulis datanya akan menjadi banyak sekali, karena setiap blok kondisi berdasar combobox nya akan berisi banyak baris penulisan nilai ke banyak sheet.
Artinya, pilihan combobox yang menjadi kriteria penulisan inputan nilai justru tidak efisien.
Logika sederhananya,
user meng-input data lebih dulu disuatu tempat atau banyak tempat sekaligus.
Lalu user memilih, data yang sudah di-input tersebut akan diproses apa (pilih di combobox, forecast ini, itu, atau unu)
tapi, kalau Anda maunya demikian ya silakan... sekedar opsi sajah kok.
Malah akan lebih ciamik lagi, kalau inputan user cukup di sebuah sheet saja.
Lalu proses forecast ini, itu, unu nya menggunakan data di 1 bijik sheet tadi. Jadi ndak ribet nyalin ke sheet lain dan kelak ndak ribet menjaga kesatuan datanya.
Bisa jadi, kalau mau memperhatikan dan mempelajari contoh file tentang regresi tempo lalu yang di-unduh dari sini, justru output hasil semua forecase bisa disusun dalam sebuah tabel tenpat si user meng-input tadi. Hanya butuh menggandakan formulasi array block yang menggunakan fungsi linest saja, menjadi banyak block (kalau ingin 3 macam forecast, berarti di gandakan jadi 3 block). Lalu hasil setiap block digunakan oleh kolom hasil yang berbeda.
Jadinya, nanti bisa membandingkan secara langsung dan mudah antar cara forecast.
btw sekali lagi,
sekedar opsi sajah...
pokoke manteb aja jalaninnya, apapun pilihan Anda.
Wassalam,
Kid
2015-06-08 17:50 GMT+10:00 Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Mr. Kid mau tanya kalau inputan datanya di salah satu range supaya otomatis tercopy ke sheet lain gmn caranya ?? misal kita pertama pilih combo "regresi linier", terus yg kedua kita pilih "regresi kuadrat" maka data inputan penjualan otomatis tercopy dari sheet "forecast linier ke "forecast kuadrat" berlaku sebaliknya. ini saya sdh coba buat utak atik tapi masih ttp error.
Terimakasih sebelumnya maaf nanya2 terus.
Private Sub InputData_Click()
If ComboBox1 = "Regresi Linier" Then
If Sheets("Forecast Kuadrat").Range("D9") = "" Or Sheets("Forecast Eksponensial").Range("D9") = "" Then
outRow = 5
' Membersihkan bagian output pada worksheet
Rows(outRow + 4 ":" outRow + 30).Select
'Selection.Clear
'Selection.ClearContents
outSheet = "Forecast Linier"
Worksheets(outSheet).Activate
Sheets("Forecast Linier").Cells(1, 1) = TxtPeriode.Text
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("masukkan nilai")
Cells(8 + rowNum, 4).Select
X = rowNum - 1
Cells(outRow + rowNum + 3, 3).Value = rowNum 'Periode
Cells(outRow + rowNum + 3, 5).Value = X
Next rowNum
MsgBox " Data yang anda masukkan sudah terpenuhi"
Else
If Sheets("Forecast Kuadrat").Range("d9").Cells(1, 1) Then
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4).Select
Next rowNum
Else
If Sheets("Forecast Eksponensial").Range("d9").Cells(1, 1) Then
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4).Select
Next rowNum
End If
End If
End If
Else
If ComboBox1 = "Regresi Kuadrat" Then
outRow = 5
' Membersihkan bagian output pada worksheet
Rows(outRow + 4 ":" outRow + 30).Select
' Selection.Clear
'Selection.ClearContents
outSheet = "Forecast Kuadrat"
Worksheets(outSheet).Activate
If Sheets("Forecast Linier").Range("D9") = "" Or Sheets("Forecast Eksponensial").Range("D9") = "" Then
Sheets("Forecast Kuadrat").Cells(1, 1) = TxtPeriode.Text
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("masukkan nilai")
Cells(8 + rowNum, 4).Select
X = rowNum - 1
Cells(outRow + rowNum + 3, 3).Value = rowNum 'Periode
Cells(outRow + rowNum + 3, 5).Value = X
Cells(outRow + rowNum + 3, 6).Value = X ^ 2
Next rowNum
MsgBox " Data yang anda masukkan sudah terpenuhi"
Else
If Sheets("Forecast Linier").Range("d9").Cells(1, 1) Then
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4).Select
Next rowNum
MsgBox " Data yang anda masukkan sudah terpenuhi"
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Sen, 8 Jun 2015 pada 17:04
Judul:Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Fungsi linest pada VBA Excel
Hai Nisa,
Contoh copy suatu range :
> copy dan paste all
Sheets("nama sheet asal").range("alamat range yang di-copy").Copy Sheets("nama sheet target").range("alamat range paste")
> copy lalu paste values sajah
Sheets("nama sheet asal").range("alamat range yang di-copy").Copy
Sheets("nama sheet target").range("alamat range paste").pastespecials xlpastevalues
** yang di-bold bisa diganti dengan berbagai opsi paste special (lihat opsi ketika klik kanan paste special)
btw,
seperti pada baris kode Anda yang ini :
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("masukkan nilai")
misalkan kode tersebut untuk menulis ke sheet 'Forecast Linier', maka untuk menulis langsung ke sheet 'Forecast Kuadrat' bisa ditambahkan baris berbunyi : (dilokasi cell yang sama tapi beda sheet)
sheets("Forecast Kuadrat").Cells(8 + rowNum, 4).value= sheets("Forecast Linier").Cells(8 + rowNum, 4).value
sehingga ada 2 baris kode seperti begini :
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("masukkan nilai")
sheets("Forecast Kuadrat").Cells(8 + rowNum, 4).value= sheets("Forecast Linier").Cells(8 + rowNum, 4).value
hehehe....
tapi kalau melihat bentuk script yang telah Anda buat, jumlah baris menulis datanya akan menjadi banyak sekali, karena setiap blok kondisi berdasar combobox nya akan berisi banyak baris penulisan nilai ke banyak sheet.
Artinya, pilihan combobox yang menjadi kriteria penulisan inputan nilai justru tidak efisien.
Logika sederhananya,
user meng-input data lebih dulu disuatu tempat atau banyak tempat sekaligus.
Lalu user memilih, data yang sudah di-input tersebut akan diproses apa (pilih di combobox, forecast ini, itu, atau unu)
tapi, kalau Anda maunya demikian ya silakan... sekedar opsi sajah kok.
Malah akan lebih ciamik lagi, kalau inputan user cukup di sebuah sheet saja.
Lalu proses forecast ini, itu, unu nya menggunakan data di 1 bijik sheet tadi. Jadi ndak ribet nyalin ke sheet lain dan kelak ndak ribet menjaga kesatuan datanya.
Bisa jadi, kalau mau memperhatikan dan mempelajari contoh file tentang regresi tempo lalu yang di-unduh dari sini, justru output hasil semua forecase bisa disusun dalam sebuah tabel tenpat si user meng-input tadi. Hanya butuh menggandakan formulasi array block yang menggunakan fungsi linest saja, menjadi banyak block (kalau ingin 3 macam forecast, berarti di gandakan jadi 3 block). Lalu hasil setiap block digunakan oleh kolom hasil yang berbeda.
Jadinya, nanti bisa membandingkan secara langsung dan mudah antar cara forecast.
btw sekali lagi,
sekedar opsi sajah...
pokoke manteb aja jalaninnya, apapun pilihan Anda.
Wassalam,
Kid
2015-06-08 17:50 GMT+10:00 Nisa Khairunnisa punyanisa16@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Mr. Kid mau tanya kalau inputan datanya di salah satu range supaya otomatis tercopy ke sheet lain gmn caranya ?? misal kita pertama pilih combo "regresi linier"
Terimakasih sebelumnya maaf nanya2 terus.
Private Sub InputData_Click(
If ComboBox1 = "Regresi Linier" Then
If Sheets("
outRow = 5
' Membersihkan bagian output pada worksheet
Rows(outRow + 4 ":" outRow + 30).Select
'Selection.
'Selection.
outSheet = "Forecast Linier"
Worksheets(outSheet
Sheets("
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("
Cells(8 + rowNum, 4).Select
X = rowNum - 1
Cells(outRow + rowNum + 3, 3).Value = rowNum 'Periode
Cells(outRow + rowNum + 3, 5).Value = X
Next rowNum
MsgBox " Data yang anda masukkan sudah terpenuhi"
Else
If Sheets("
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4).Select
Next rowNum
Else
If Sheets("
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4).Select
Next rowNum
End If
End If
End If
Else
If ComboBox1 = "Regresi Kuadrat" Then
outRow = 5
' Membersihkan bagian output pada worksheet
Rows(outRow + 4 ":" outRow + 30).Select
' Selection.Clear
'Selection.
outSheet = "Forecast Kuadrat"
Worksheets(outSheet
If Sheets("
Sheets("
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4) = InputBox("
Cells(8 + rowNum, 4).Select
X = rowNum - 1
Cells(outRow + rowNum + 3, 3).Value = rowNum 'Periode
Cells(outRow + rowNum + 3, 5).Value = X
Cells(outRow + rowNum + 3, 6).Value = X ^ 2
Next rowNum
MsgBox " Data yang anda masukkan sudah terpenuhi"
Else
If Sheets("
For rowNum = 1 To Cells(1, 1).Value
Cells(8 + rowNum, 4).Select
Next rowNum
MsgBox " Data yang anda masukkan sudah terpenuhi"
Tue Jun 9, 2015 9:35 pm (PDT) . Posted by:
"kurniadi raha"
Dear Mr. Kenzoterima kasih banyak untuk opsi solusi dengan menggunakan VBA.terus terang saya masih sangat awan untuk konsep VBA, tapi saya yakin akan jadi referensi berguna untuk kedepannya.saya akan pelajari lagi terlebih dahulu.sekali lagi terima kasih banyak Mr. Kenzo
Thanks,Kurniadi Raha
Pada Kamis, 4 Juni 2015 11:30, "Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Dear Raha, Berikut contoh dengan menggunakan VBA. TerimaKasih.
Pada Kamis, 4 Juni 2015 9:39, "kurniadi raha kurniadi.raha@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Hai Pak Mr. Kidterima kasih sekali atas solusi yang diberikan.walaupun saya belum paham sepenuhnya dari rumus yang diberikan, tapi secara general apa yang saya minta sudah terjawab :) saya akan pelajari lagi dulu dan apabila ada yang perlu ditanyakan saya akan informasikan lagi.sekali lagi saya ucapkan terima kasih.
-Kurniadi Raha-
Pada Rabu, 3 Juni 2015 20:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Hai Kurniadi Raha,
Tampaknya akan lebiih mudah jika memiliki sebuah tabel yang baik berisi daftar material setiap menu.
Pada file terlampir, tabel ini dapat dilihat di sheet bernama 'ref_material_menu' dari kolom A sampai kolom F
Dari tabel tersebut, maka proses pengolahan data menjadi output akan lebih mudah dan memiliki banyak opsi. Contohnya pada file-file terlampir.
Regard,
Kid
2015-06-03 18:51 GMT+10:00 kurniadi raha kurniadi.raha@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Dear teman-teman komunitas milis belajar excel, mohon bantu concern sayaberikut terkait breakdown material. saya memiliki list menumakanan dan kemudian saya mau apabila qty menu makanan diisikan maka listmaterial akan otomatis terisi dengan database qty yang sudah saya tentukan.untuk lebih jelas mohoncek file terlampir. Atas perhatian dan solusiyang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.
regards,kurniadi raha
#yiv0695934776 #yiv0695934776 -- #yiv0695934776ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mkp #yiv0695934776hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mkp #yiv0695934776ads {margin-bottom:10px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mkp .yiv0695934776ad {padding:0 0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mkp .yiv0695934776ad p {margin:0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mkp .yiv0695934776ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-sponsor #yiv0695934776ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-sponsor #yiv0695934776ygrp-lc #yiv0695934776hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-sponsor #yiv0695934776ygrp-lc .yiv0695934776ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776activity span {font-weight:700;}#yiv0695934776 #yiv0695934776activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0695934776 #yiv0695934776activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0695934776 #yiv0695934776activity span span {color:#ff7900;}#yiv0695934776 #yiv0695934776activity span .yiv0695934776underline {text-decoration:underline;}#yiv0695934776 .yiv0695934776attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0695934776 .yiv0695934776attach div a {text-decoration:none;}#yiv0695934776 .yiv0695934776attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0695934776 .yiv0695934776attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0695934776 .yiv0695934776attach label a {text-decoration:none;}#yiv0695934776 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0695934776 .yiv0695934776bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0695934776 .yiv0695934776bold a {text-decoration:none;}#yiv0695934776 dd.yiv0695934776last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0695934776 dd.yiv0695934776last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0695934776 dd.yiv0695934776last p span.yiv0695934776yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0695934776 div.yiv0695934776attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0695934776 div.yiv0695934776attach-table {width:400px;}#yiv0695934776 div.yiv0695934776file-title a, #yiv0695934776 div.yiv0695934776file-title a:active, #yiv0695934776 div.yiv0695934776file-title a:hover, #yiv0695934776 div.yiv0695934776file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0695934776 div.yiv0695934776photo-title a, #yiv0695934776 div.yiv0695934776photo-title a:active, #yiv0695934776 div.yiv0695934776photo-title a:hover, #yiv0695934776 div.yiv0695934776photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0695934776 div#yiv0695934776ygrp-mlmsg #yiv0695934776ygrp-msg p a span.yiv0695934776yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0695934776 .yiv0695934776green {color:#628c2a;}#yiv0695934776 .yiv0695934776MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0695934776 o {font-size:0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776photos div {float:left;width:72px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776reco-category {font-size:77%;}#yiv0695934776 #yiv0695934776reco-desc {font-size:77%;}#yiv0695934776 .yiv0695934776replbq {margin:4px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mlmsg select, #yiv0695934776 input, #yiv0695934776 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mlmsg pre, #yiv0695934776 code {font:115% monospace;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-mlmsg #yiv0695934776logo {padding-bottom:10px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-msg p#yiv0695934776attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-reco #yiv0695934776reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-sponsor #yiv0695934776ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-sponsor #yiv0695934776ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-sponsor #yiv0695934776ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0695934776 #yiv0695934776ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0695934776
Thanks,Kurniadi Raha
Pada Kamis, 4 Juni 2015 11:30, "Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Dear Raha, Berikut contoh dengan menggunakan VBA. TerimaKasih.
Pada Kamis, 4 Juni 2015 9:39, "kurniadi raha kurniadi.raha@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Hai Pak Mr. Kidterima kasih sekali atas solusi yang diberikan.walaupun saya belum paham sepenuhnya dari rumus yang diberikan, tapi secara general apa yang saya minta sudah terjawab :) saya akan pelajari lagi dulu dan apabila ada yang perlu ditanyakan saya akan informasikan lagi.sekali lagi saya ucapkan terima kasih.
-Kurniadi Raha-
Pada Rabu, 3 Juni 2015 20:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Hai Kurniadi Raha,
Tampaknya akan lebiih mudah jika memiliki sebuah tabel yang baik berisi daftar material setiap menu.
Pada file terlampir, tabel ini dapat dilihat di sheet bernama 'ref_material_menu' dari kolom A sampai kolom F
Dari tabel tersebut, maka proses pengolahan data menjadi output akan lebih mudah dan memiliki banyak opsi. Contohnya pada file-file terlampir.
Regard,
Kid
2015-06-03 18:51 GMT+10:00 kurniadi raha kurniadi.raha@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Dear teman-teman komunitas milis belajar excel, mohon bantu concern sayaberikut terkait breakdown material. saya memiliki list menumakanan dan kemudian saya mau apabila qty menu makanan diisikan maka listmaterial akan otomatis terisi dengan database qty yang sudah saya tentukan.untuk lebih jelas mohoncek file terlampir. Atas perhatian dan solusiyang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.
regards,kurniadi raha
#yiv0695934776 #yiv0695934776 -- #yiv0695934776ygrp-
Wed Jun 10, 2015 1:26 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam wr wb
Hai Syaiful,
Fungsi SumIF bisa digunakan untuk mencari total nilai (menjumlahkan nilai)
berdasar 1 kriteria (seperti berdasar nama tertentu), sehingga yang
dijumlah adalah nilai-nilai milik nama tertentu tersebut saja.
Fungsi CountIF bisa digunakan untuk menghotung jumlah cells yang berdasar 1
kriteria tertentu (seperti berdasar nama tertentu), sehingga yang dihitung
cacah adalah cells yang berisi nama tertentu saja.
Penulisan formula di Excel sangat tergantung pada regional setting komputer
yang digunakan. Contoh, pada regional setting komputer setempat yang di-set
english, maka setiap inputan dalam fungsi yang ditulis sebagai formula
dipisah dengan karakter koma. Sedang pada regional setting komputer
setempat yang menggunakan Indonesian, akan menggunakan karakter titik koma.
> regional setting komputer setempat adalah English, formula diketik
seperti ini :
=SUMIF(B2:B8*,*"ramli"*,*C2:C8)
> regional setting komputer setempat adalah Indonesian, formula diketik
seperti ini :
=SUMIF(B2:B8*;*"ramli"*;*C2:C8)
Regional setting kompputer setempat bisa dilihat di Windows Control Panel
-> Regional Setting
File terlampir adalah contoh penggunaan SumIF dan CountIF.
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid
2015-06-09 14:47 GMT+10:00 Syaiful Hanan ananinadam@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> bagaimana kita bisa mencari jumlah nama yang kita inginkan ?
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
>
>
>
>
Hai Syaiful,
Fungsi SumIF bisa digunakan untuk mencari total nilai (menjumlahkan nilai)
berdasar 1 kriteria (seperti berdasar nama tertentu), sehingga yang
dijumlah adalah nilai-nilai milik nama tertentu tersebut saja.
Fungsi CountIF bisa digunakan untuk menghotung jumlah cells yang berdasar 1
kriteria tertentu (seperti berdasar nama tertentu), sehingga yang dihitung
cacah adalah cells yang berisi nama tertentu saja.
Penulisan formula di Excel sangat tergantung pada regional setting komputer
yang digunakan. Contoh, pada regional setting komputer setempat yang di-set
english, maka setiap inputan dalam fungsi yang ditulis sebagai formula
dipisah dengan karakter koma. Sedang pada regional setting komputer
setempat yang menggunakan Indonesian, akan menggunakan karakter titik koma.
> regional setting komputer setempat adalah English, formula diketik
seperti ini :
=SUMIF(B2:B8*,*"ramli"*,*C2:C8)
> regional setting komputer setempat adalah Indonesian, formula diketik
seperti ini :
=SUMIF(B2:B8*;*"ramli"*;*C2:C8)
Regional setting kompputer setempat bisa dilihat di Windows Control Panel
-> Regional Setting
File terlampir adalah contoh penggunaan SumIF dan CountIF.
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid
2015-06-09 14:47 GMT+10:00 Syaiful Hanan ananinadam@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> bagaimana kita bisa mencari jumlah nama yang kita inginkan ?
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar