Messages In This Digest (20 Messages)
- 1a.
- Re: ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Isi Cell salah satu kol From: HerrSoe
- 1b.
- [OOT ga ya?] Tentang Peraturan Milis: Dilarang Crossposting From: akbar arsyad
- 2a.
- Re: Tanya: merapikan tabel dengan makro From: Santi Rosaindah
- 3a.
- Bls: [belajar-excel] Re: ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Is From: akbar arsyad
- 4a.
- Lookup data di sheet lain From: Tarigan Mergana
- 4b.
- Re: Lookup data di sheet lain From: STDEV(i)
- 5.
- Bls: [belajar-excel] Lookup data di sheet lain From: ghozi alkatiri
- 6a.
- Re: Mengelompokkan Sheet Berdasakan Salah Satu Kolom From: STDEV(i)
- 7a.
- Re: Menghitung Jumlah Data & hanya terhitung 1 kali From: Mr. Kid
- 8a.
- menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: him mah
- 8b.
- Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: Mr. Kid
- 8c.
- Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: him mah
- 8d.
- Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: Mr. Kid
- 9a.
- Cara buat jadwal proyek otomatis From: thomas
- 9b.
- Re: Cara buat jadwal proyek otomatis From: Kusnadi DS
- 9c.
- Re: Cara buat jadwal proyek otomatis From: zainul ulum [yahoo]
- 9d.
- Re: Cara buat jadwal proyek otomatis From: Franciscus SOG
- 9e.
- Re: Cara buat jadwal proyek otomatis From: Franciscus SOG
- 10.
- Data berpindah otomastis ke sheet lain atau file lain From: Modby Matsnawabi
- 11.
- Mohon pencerahannya, set status Paid atau Unpaid. Summary Unpaid From: BOBY CHUA
Messages
- 1a.
-
Re: ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Isi Cell salah satu kol
Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com herrsoe
Thu Jun 23, 2011 1:06 am (PDT)
Maaf ikut bicara
Mungkin pak Akbar Jamaluddin Arsyad masih belum lama bergabung di milis ini
jadi masih belum begitu memperhatikan bahwa:
*Kedua milis di-CROPPOSTING-i (milis belajar excel) dan (milis sebelah)
adalah DUA MILIS YG BERBEDA, dan BERDIDI SENDIRI SENDIRI.
*
Mengirim email/psoting yg SAMA ke banyak milis dan person, pada umumnya
tidak masalah.
Yg menjadi masalah adalah mengirimnya sekaligus dlm 1 kali email dengan
multi addressee
CMIIW
2011/6/23 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
> **
> maaf pak di sini dilarang CROSS POSTING !!
> mohon dibaca kembali peraturan milis [belajar- excel] yg sudah dikirim saat
> bapak
> mulai subscribe ke milis ini.
>
> jawaban (yg sudah kami persiapkan) kami tunda dulu..
>
>
>
> from akbar arsyad akbar_arsyad@yahoo.co. reply-to *id
> XL-mania@yahoogroups.com
> * *to* *Excel gogo <belajar-excel@yahoogroups. >,com
> Excel gaga <XL-mania@yahoogroups.com >*
> date Thu, Jun 23, 2011 at 11:11 AM subject ]] XL-mania [[ Generate file
> berdasarkan Isi Cell salah satu kolom mailing list <
> XL-mania.yahoogroups.com> Filter messages from this mailing list mailed-by
> returns.groups.yahoo.com signed-by yahoogroups. com
>
> 2011/6/23 akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co. >id
>
>>
>>
>> Terima Kasih atas tegurannya mod,
>> Berikut saya lampirkan contoh filenya, karena ada tiga file maka saya
>> satukan dalam file rar.
>> Terima Kasih atas bantuannya.
>>
>> Terima Kasih,
>>
>> Akbar Jamaluddin Arsyad
>>
>> Email sebelumnya:
>>
>> Dear All,
>>
>> Saya mempunyai permasalahan, saya punya beberapa file, yaitu file tahun
>> 2003.xls, 2004.xls, dan 2005.xls
>> Masing-masing berisi satu sheet, contohnya sbb:
>>
>> -2003.xls
>> Kolom A Kolom B
>> Binatang Makanannya <<< Header
>> Kucing Ikan
>> Anjing Ikan
>> Kelinci Wortel
>> Kuda Rumput
>> Sapi Rumput
>>
>> -2004.xls
>> Kolom A Kolom B
>> Binatang Makanannya <<< Header
>> Kucing Ikan
>> Anjing Daging
>> Kelinci Wortel
>> Kuda Wortel
>> Sapi Rumput
>>
>> -2005.xls
>> Kolom A Kolom B
>> Binatang Makanannya <<< Header
>> Kucing Daging
>> Anjing Tulang
>> Kelinci Rumput
>> Kuda Rumput
>> Sapi Jagung
>>
>> Saya ingin menggenerate file2 yang judulnya berdasarkan makanannya, jadi
>> ada file Ikan.xls, wortel.wls, rumput.xls, daging.xls, tulang.xls, dan
>> jagung.xls.
>> Masing2 file terdiri dari tiga sheet, yaitu 2003, 2004, dan 2005. Isin
>> rownya hanya header dan row yang pada kolom makanan sesuai dengan nama
>> filenya.
>>
>> Terima Kasih,
>>
>> Akbar Jamaluddin Arsyad
>>
>
- 1b.
-
[OOT ga ya?] Tentang Peraturan Milis: Dilarang Crossposting
Posted by: "akbar arsyad" akbar_arsyad@yahoo.co.id akbar_arsyad
Thu Jun 23, 2011 5:12 am (PDT)
Dear All,
Iya, pada umunya peraturan milis hanya berisi tentang larangan iklan, spam,
flaming, OOT atau VOOT, SARA, atau yang sejenisnya.
Ternyata dalam milis ini dilarang crossposting dalam peraturan milis bagian
SANGAT TIDAK DIHARAPKAN: pasal 3 yang berbunyi
"(3) Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu
milis/address tujuan)"
Terus terang juga crossposting merupakan istilah yang baru bagi saya. Semoga
anggota milis ini dapat mememperhatikan salah satu peraturan yang saya angkat
ini dan tidak mengulangi kesalahan yang sama yang pernah saya lakukan.
BTW, ada yang bersedia share solusi untuk kasus saya? Hehehe...
Terima Kasih.
Best Regards,
Akbar Jamaluddin Arsyad
_____________________ _________ __
Dari: HerrSoe <herrsoe@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Terkirim: Kam, 23 Juni, 2011 15:06:22
Judul: Re: [belajar-excel] Re: ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Isi Cell
salah satu kolom
Maaf ikut bicara
Mungkin pak Akbar Jamaluddin Arsyad masih belum lama bergabung di milis ini
jadi masih belum begitu memperhatikan bahwa:
Kedua milis di-CROPPOSTING-i (milis belajar excel) dan (milis sebelah)
adalah DUA MILIS YG BERBEDA, dan BERDIDI SENDIRI SENDIRI.
Mengirim email/psoting yg SAMA ke banyak milis dan person, pada umumnya tidak
masalah.
Yg menjadi masalah adalah mengirimnya sekaligus dlm 1 kali email dengan multi
addressee
CMIIW
2011/6/23 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
>maaf pak di sini dilarang CROSS POSTING !!
>mohon dibaca kembali peraturan milis [belajar- excel] yg sudah dikirim saat
>bapak
>mulai subscribe ke milis ini.
>
>
>
>jawaban (yg sudah kami persiapkan) kami tunda dulu..
>
>
>
>from akbar arsyad akbar_arsyad@yahoo.co. id
>reply-to XL-mania@yahoogroups.com
>
>to Excel gogo <belajar-excel@yahoogroups. >,com
>Excel gaga <XL-mania@yahoogroups.com >
>
>date Thu, Jun 23, 2011 at 11:11 AM
>subject ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Isi Cell salah satu kolom
>mailing list <XL-mania.yahoogroups.com> Filter messages from this mailing list
>mailed-by returns.groups.yahoo.com
>signed-by yahoogroups.com
>
>
- 2a.
-
Re: Tanya: merapikan tabel dengan makro
Posted by: "Santi Rosaindah" santi.rosaindah@indexfurnishings.com santi.rosaindah
Thu Jun 23, 2011 1:08 am (PDT)
Dear Pak Sudarsono,
Makasih yaaa buat solusinya..
Jujur masih meraba2 banget masalah makro dan VBA ini..
dulu dengan pasrah ngerjain manual sampe suatu ketika menyadari bahwa
itu bisa pake makro *baru nyadar 1 tahun yg lalu setelah 4 tahun manual
:-[ :'( *
Tadi pagi dikasih solusi seperti itu sempet shock..
abis ga ngerti..
jadi dikutak katik kutak katik..
dicoba-coba error, debug *gedebug* akhirnya sukses dengan memasukkan
bagian kecil dari yang bapak kasih ke dalam makro saya sebelumnya
Dim barisawal, barisakhir As Long
barisawal = 10
Range("A" & barisawal).Select
Selection.End(xlDown).Select
barisakhir = Selection.Row
Range("A" & barisawal & ":K" & barisakhir).Select
untuk mengerjakan format bordernya..
dan suksessss... hehehehehehe *bahagia*
Dan barusan dengan dodolnya, pas nyoba lagi pake cara dari bapak..
lah kok lancar.. *gubraaakk* hahahahaha..
jadi punya 2 sekarang..
Btw, makasih ya pak..
apa yang membuat saya penasaran selama ini jadi terpecahkan..
Thanks Be-excel..
Sincerely,
Santi Rosaindah
*There will always be Sun-SHinE after the rain*
Sudarsono Suhenk wrote:
>
> Dari sheet tampak bahwa total , belum ada rumusnya . dan Sheet hasil
> juga . apa memang manual . kalau rumusnya : total = Qty* UnitPrice.
> maka perlu penulisan ulang makroutama :
> ' paling atas sebelum makro atau subrutin yang lain
> Dim barisawal, barisakhir As Long
>
> ' ini makro yang diperlukan
> Sub FormatFormula()
> barisawal = 11
> '===
> Call formatjudul
> '----
> Range("A" & barisawal).Select ' awal sel tabel
> Selection.End(xlDown).Select
> barisakhir = Selection.Row
> Range("A" & barisawal & ":K" & barisakhir).Select
> Call formatisi
> ' rumus total
> Call rumustotal
> ' summary
> Range("F" & barisakhir + 1).Select
> Call formatFooter
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-" & ba risakhir - barisawal + 1
> & "]C:R[-1]C)"
> ' Responsibilty
> Range("K" & barisakhir + 1).Select
> Call formatFooter
> ' proposed , menentukan warna yang sesuai
> Range("H" & barisawal & ":H" & barisakhir).Select
> Call formatKondisional
> End Sub
>
> Sub rumustotal()
> Range("F" & barisawal).Select
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=RC[-2]*RC[ -1]"
> Application.CutCopyMode = False
> Selection.Copy
> Range("F" & barisawal + 1 & ":F" & barisakhir).Select
> MsgBox Selection.Address
> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormu las, Operation:=xlNone, _
> SkipBlanks:=False, Transpose:=False
> End Sub
>
> Sub formatKondisional()
> Cell s.FormatConditions.Delete
> Selection.FormatCondi tions.Add Type:=xlCellValue,
> Operator:=xlEqual, _
> Formula1:="=""pengiriman" ""
>
> Selection.FormatConditions(Selectio n.FormatConditio ns.Count) .SetFirstPriorit y
> With Selection.FormatConditions(1) .Interior
> .PatternColorIndex = xlAutomatic
> .ThemeColor = xlThemeColorAccent2
> .TintAndShade = 0.599963377788629
> End With
> Selection.FormatConditions(1) .StopIfTrue = True
> End Sub
>
> --------------------- --------- --------- --------- --------- -
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
> From: jkssbma@live.com
> Date: Thu, 23 Jun 2011 09:00:39 +0700
> Subject: RE: [belajar-excel] Tanya: merapikan tabel dengan makro
>
>
> ada saja yang kurang nih, maklum terburu-buru. pagi2 baca
> milis be-excel, baru mau mulai kerja. sebab ini kesenangan saya ( vba
> ), daripada di dahuluin yang lain....Rolling on the floor laughing (
> just kiding Hooi ).
>
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-3]C: R[-1]C)"
>
> ganti menjadi:
>
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-" & barisakhir - barisawal + 1 &
> "]C:R[-1]C)"
> --------------------- --------- --------- --------- --------- -
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
> From: jkssbma@live.com
> Date: Thu, 23 Jun 2011 08:54:08 +0700
> Subject: RE: [belajar-excel] Tanya: merapikan tabel dengan makro
>
>
> sori , ada yang ketinggalan yaitu Call formatisi .
>
> Range("A" & barisawal & ":K" & barisakhir).Select
> Call formatisi
> ' summary
> --------------------- --------- --------- --------- --------- -
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
> From: jkssbma@live.com
> Date: Thu, 23 Jun 2011 08:47:20 +0700
> Subject: RE: [belajar-excel] Tanya: merapikan tabel dengan makro
>
>
> ADF
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Periode From 5/1/2011
>
>
>
>
>
>
>
>
> Periode To 5/31/2011
>
>
>
>
>
>
>
>
> Company 20 Toko A
>
>
>
>
>
>
>
> Dept Name HRD
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> NO KLS DESCRIPTION QTY UNITPRICE TOTAL Kondisi PROPOSED
> CAUSED BY APPROVED RESPONSIBILITY OF
> A1 K245 kursi 1 100,000 100,000 retak repair Handling di
> store repair di store
> A2 K624 kursi 1 100,000 100,000 retak repair Handling di
> store repair di store
> A3 K921 meja 1 200,000 100,000 retak Pengiriman Handling di
> store repair di store
>
>
>
>
>
> 300,000
>
>
>
>
>
> macro utama :
> Sub FormatFormula()
> .
> .
> Range("A" & barisawal & ":K" & barisakhir).Select
> Call formatisi
>
> ' summary
> Range("F" & barisakhir + 1).Select
> .
> .
> End Sub
>
> untuk sub rutin formatjudul , formatisi dan formatFooter , ambil saja
> koding anda . Karena hanya menentukan lebar kolom, tinggi baris dan
> border.
>
> untuk kondisiona format gunakan sub rutin berikut :
> Sub formatKondisional()
> .
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-3]C: R[-1]C)"
> .
> End Sub
>
> Semoga sesuai
> --------------------- --------- --------- --------- --------- -
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
> From: santi.rosaindah@indexfurnishings .com
> Date: Wed, 22 Jun 2011 15:21:13 +0700
> Subject: [belajar-excel] Tanya: merapikan tabel dengan makro
>
>
> Dear all,
>
> Saya punya contoh data seperti terlampir.
> kendalanya, kalau dibagian responsibility kosong, maka ketika makro
> dijalankan, maka bordernya sampai akhir baris.
> maunya terborder sampai baris yang sama dengan kolom sebelahnya
>
> Mohon bantuan infonya untuk bahasa VBAnya seperti apa yaa?
>
> Terima kasih
>
> --
> Sincerely,
> Santi Rosaindah
>
> *There will always be Sun-SHinE after the rain*
>
> --
> This message has been scanned for viruses and
> dangerous content by MailScanner, and is
> believed to be clean.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> --
> This message has been scanned for viruses and
> dangerous content, and is
> believed to be clean.
--
This message has been scanned for viruses and
dangerous content by MailScanner, and is
believed to be clean.
- 3a.
-
Bls: [belajar-excel] Re: ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Is
Posted by: "akbar arsyad" akbar_arsyad@yahoo.co.id akbar_arsyad
Thu Jun 23, 2011 1:13 am (PDT)
Oh, iya, terima kasih, saya baca lagi perarturan milis ini.
#segera visiting group#
Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad
_____________________ _________ __
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Terkirim: Kam, 23 Juni, 2011 14:20:06
maaf pak di sini dilarang CROSS POSTING !!
mohon dibaca kembali peraturan milis [belajar- excel] yg sudah dikirim saat
bapak
mulai subscribe ke milis ini.
jawaban (yg sudah kami persiapkan) kami tunda dulu..
--------------------- --------- ----
from akbar arsyad akbar_arsyad@yahoo.co. id
reply-to XL-mania@yahoogroups.com
to Excel gogo <belajar-excel@yahoogroups. >,com
Excel gaga <XL-mania@yahoogroups.com >
date Thu, Jun 23, 2011 at 11:11 AM
subject ]] XL-mania [[ Generate file berdasarkan Isi Cell salah satu kolom
2011/6/23 akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co. >id
>Terima Kasih atas tegurannya mod,
>Berikut saya lampirkan contoh filenya, karena ada tiga file maka saya satukan
>dalam file rar.
>Terima Kasih atas bantuannya.
>
>Terima Kasih,
>
>Akbar Jamaluddin Arsyad
>
>Email sebelumnya:
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai permasalahan, saya punya beberapa file, yaitu file tahun
>2003.xls, 2004.xls, dan 2005.xls
>Masing-masing berisi satu sheet, contohnya sbb:
- 4a.
-
Lookup data di sheet lain
Posted by: "Tarigan Mergana" anwartarigan@gmail.com
Thu Jun 23, 2011 5:19 am (PDT)
Yth. Pakar2 Excel,
Mohon bantuannya bagaimana formula utk mencari tahu bahwa NIK
yg ada disheet total, belum ada disheet a dan sheet b.
Misalnya NIK yg ada di a dan b adalah orang yg telah mendaftar,
dan saya ingin mencari tahu NIK mana saja yang belum mendaftar.
thx
===================== ========= ========= ========= ========
MOD NOTE:
Subject semula: Problem Excel
kami ganti seperti di atas
--------------------- --------- --------- --------- --------
( semua yg ditanyakan ke milis ini memang problem excel;
jadi alangkah sulitnya nanti mencari topik khusus bila
semua posting berjudul "Problem Excel" )
===================== ========= ========= ========= ======== - 4b.
-
Re: Lookup data di sheet lain
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Thu Jun 23, 2011 6:00 am (PDT)
mungkin rumusnya sepeti ini
=IF(COUNTIF(a!$B$7:$C$ 273,Total! B5)+COUNTIF( b!$B$6:$B$ 27,Total! B5)>0,
IF(COUNTIF(a!$B$7:$C$273, Total!B5) ,"a","")&
IF(COUNTIF(b!$B$6:$B$27, Total!B5) ,"b",""), "")
2011/6/23 Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com >
> **
>
>
> Yth. Pakar2 Excel,
>
> Mohon bantuannya bagaimana formula utk mencari tahu bahwa NIK
> yg ada disheet total, belum ada disheet a dan sheet b.
> Misalnya NIK yg ada di a dan b adalah orang yg telah mendaftar,
> dan saya ingin mencari tahu NIK mana saja yang belum mendaftar.
>
> thx
>
> ===================== ========= ========= ========= ========
> MOD NOTE:
> Subject semula: Problem Excel
> kami ganti seperti di atas
> --------------------- --------- --------- --------- --------
> ( semua yg ditanyakan ke milis ini memang problem excel;
> jadi alangkah sulitnya nanti mencari topik khusus bila
> semua posting berjudul "Problem Excel" )
> ===================== ========= ========= ========= ========
>
>
- 5.
-
Bls: [belajar-excel] Lookup data di sheet lain
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Thu Jun 23, 2011 6:17 am (PDT)
masukkan formula
=IF(OR(COUNTIF(a!$B$7:$B$ 273;B5)>0; COUNTIF(b! $B$6:$B$27; B5)>0);"" ;"belum")
di awalkolom hasil dan copy ke bawah,maka NIK yang belum terdaftar di sheet a atau b akan memberi nilai belum dan yang sudah terdaftar akan memberi nilai kosong.
wassalam
Ghozi AQlkatiri
--- Pada Kam, 23/6/11, Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com > menulis:
Dari: Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com >
Judul: [belajar-excel] Lookup data di sheet lain
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Kamis, 23 Juni, 2011, 4:54 PM
Yth. Pakar2 Excel,
Mohon bantuannya bagaimana formula utk mencari tahu bahwa NIK
yg ada disheet total, belum ada disheet a dan sheet b.
Misalnya NIK yg ada di a dan b adalah orang yg telah mendaftar,
dan saya ingin mencari tahu NIK mana saja yang belum mendaftar.
thx
===================== ========= ========= ========= ========
MOD NOTE:
Subject semula: Problem Excel
kami ganti seperti di atas
--------------------- --------- --------- --------- --------
( semua yg ditanyakan ke milis ini memang problem excel;
jadi alangkah sulitnya nanti mencari topik khusus bila
semua posting berjudul "Problem Excel" )
===================== ========= ========= ========= ========
- 6a.
-
Re: Mengelompokkan Sheet Berdasakan Salah Satu Kolom
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Thu Jun 23, 2011 7:05 am (PDT)
Sub YaaaGituDeh()
'-------------------- --------- -
' siti Vi
' bluewater, 23 jun 2011
'-------------------- --------- -
Dim UnxFood(), AllData(), ArrShtNm()
Dim CurRnge As Range, NewRnge As Range, NewHead As Range
Dim NewBook As Workbook, CurBook As Workbook
Dim ShtInBook As Integer, st As Integer
Dim i As Long, n As Long, r As Long
Dim FSO As Object, FOL As Object, F As Object
Dim PathDirNm As String
PathDirNm = ThisWorkbook.Path
On Error GoTo akhir
Set FSO = CreateObject("Scripting. FileSystemObject ")
Set FOL = FSO.GetFolder(PathDirNm) .Files
With Application
.ScreenUpdating = False
.Calculation = xlCalculationManual
.EnableEvents = False
ShtInBook = .SheetsInNewWorkbook
For Each F In FOL
If Left(F.Name, 2) = "20" Then
st = st + 1
ReDim Preserve ArrShtNm(1 To st)
ArrShtNm(st) = Left(F.Name, InStr(1, F.Name, ".") - 1)
Workbooks.Open ThisWorkbook.Path & "\" & F.Name
Set CurRnge = Workbooks(F.Name).Sheets( 1).Cells( 1).CurrentRegion
If st = 1 Then
CurRnge.Resize(1, CurRnge.Columns. Count).Copy _
ThisWorkbook.Sheets(1) .Cells(50, 1)
Set NewHead = ThisWorkbook.Sheets(1) .Cells(50, 1). _
Resize(1, CurRnge.Columns.Count)
End If
For i = 2 To CurRnge.Rows.Count
CurRnge.Select
n = n + 1
ReDim Preserve UnxFood(1 To n)
UnxFood(n) = CurRnge(i, 2)
ReDim Preserve AllData(1 To CurRnge.Columns.Count + 1, 1 To n)
AllData(1, n) = CurRnge(i, 1)
AllData(2, n) = CurRnge(i, 2)
AllData(3, n) = Left(F.Name, InStr(1, F.Name, ".") - 1)
Next i
Workbooks(F.Name).Close SaveChanges: =False
End If
Next
akhir:
UnxFood = LOUV(UnxFood)
.SheetsInNewWorkbook = UBound(ArrShtNm)
For i = LBound(UnxFood) To UBound(UnxFood)
Set NewBook = Workbooks.Add
For st = 1 To UBound(ArrShtNm)
NewBook.Sheets(st).Name = ArrShtNm(st)
NewHead.Copy NewBook.Sheets(st).Cells( 1)
Set NewRnge = NewBook.Sheets(st).Cells( 2, 1)
r = 0
For n = LBound(AllData, 2) To UBound(AllData, 2)
If AllData(2, n) = UnxFood(i) Then
If AllData(3, n) = ArrShtNm(st) Then
r = r + 1
NewRnge(r, 1) = AllData(1, n)
NewRnge(r, 2) = AllData(2, n)
End If
End If
Next n
Next st
NewBook.Close SaveChanges:=True, _
Filename:=ThisWorkbook.Path & "\" & UnxFood(i)
Next i
ThisWorkbook.Sheets(1) .Range("A50: B50").Clear
Application.SheetsInNewWorkb ook = ShtInBook
End Sub
'-------------------- --------- ------
setelah selesai menjalankan makro, untuk mengetahui hasilnya buka folder nya
apakah ada penambahan file baru, dan apakah isinya sesuai ??
2011/6/23 akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co. >id
> **
>
>
> Dear All,
>
> Saya mempunyai permasalahan, saya punya beberapa file,
> yaitu file tahun 2003.xls, 2004.xls, dan 2005.xls
> Masing-masing berisi satu sheet, contohnya sbb:
>
> -2003.xls
> Kolom A Kolom B
> Binatang Makanannya<<< Header
> Kucing Ikan
> Anjing Ikan
> Kelinci Wortel
> Kuda Rumput
> Sapi Rumput
>
> -2004.xls
> Kolom A Kolom B
> Binatang Makanannya <<< Header
> Kucing Ikan
> Anjing Daging
> Kelinci Wortel
> Kuda Wortel
> Sapi Rumput
>
> -2005.xls
> Kolom A Kolom B
> Binatang Makanannya <<< Header
> Kucing Daging
> Anjing Tulang
> Kelinci Rumput
> Kuda Rumput
> Sapi Jagung
>
> Saya ingin menggenerate file2 yang judulnya berdasarkan makanannya, jadi
> ada
> file Ikan.xls, wortel.wls, rumput.xls, daging.xls, tulang.xls, dan
> jagung.xls.
> Masing2 file terdiri dari tiga sheet, yaitu 2003, 2004, dan 2005. Isin
> rownya
> hanya header dan row yang pada kolom makanan sesuai dengan nama filenya.
>
> Terima Kasih,
> Akbar Jamaluddin Arsyad
>
> ===================== ========= ========= ========= ========= ==
> mod note:
> Pendekar bertangan kosong memang menandakan kesaktiannya.
> Tetapi Penanya Kasus datang bertangan kosong [tanpa melampirkan
> workbook kasusnya] > menunjukkan kurang seriusnya.
> (proses menjawaban kasus tsb memerlukan workbook berisi contoh data)
>
> Atau anda memang MENYURUH calon penanggap membuatkan workbook
> untuk anda?
> ===================== ========= ========= ========= ========= ==
>
>
- 7a.
-
Re: Menghitung Jumlah Data & hanya terhitung 1 kali
Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 23, 2011 3:47 pm (PDT)
Pak Budhi Yth,
File terlampir mencoba menyelesaikan dengan sebuah array formula.
Karena formula berupa array, maka penulisan formula tanpa kurung kurawal
(seperti biasa dimulai dengan =), tetapi diakhiri dengan penekanan 3 tombol
bersamaan, yaitu tombol Ctrl Shift Enter, sebagai pengganti penekanan tombol
Enter pada umumnya penulisan formula. Hasilnya, formula akan disemati kurung
kurawal oleh Excel. Kurubng kurawal itulah tanda array.
Berikut cuplikan formulanya.
=SUM((FREQUENCY(IF('List Data'!$C$4:$ C$50=C6,MATCH( 'List
Data'!$B$4:$B$50,'List Data'!$B$4:$ B$50,0)), ROW('List
Data'!$C$4:$C$50)-ROW( 'List Data'!$C$3)) >0)*1)
Step by step proses kalkulasi, bisa didapatkan melalui fitur Evaluate pada
ribbon Formulas.
Pada file terlampir juga disertakan step-by-step oleh evaluate dengan bahasa
yang lebih sederhana.
Wassalam.
Kid.
2011/6/23 Eko Budhi <eko_tbr_11@yahoo.com >
> **
>
>
> Yth Pakar2 Excel yang budiman,
>
>
> Mohon bantuannya bagaimana formula utk menghitung jumlah data yang ada di
> list data n supaya di ringkasan hanya terhitung 1x saja ?, karena data
> yang ada jumlahnya ribuan sehingga menyulitkan utk che cking manual. Mohon
> maaf mungkin sdh pernah dibahas sebelumnya. Detail problemnya saya lampirkan
> di attachment. terimakasih banyak atas bantuannya ya.
>
>
> Salam,
>
> Budhi
>
>
>
- 8a.
-
menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query
Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com
Thu Jun 23, 2011 5:56 pm (PDT)
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana kalau
sumber datanya dari file txt
kalau untuk file excel
tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
kalau datanya txt pilihannya apa ya
terima kasih atas bantuannya
- 8b.
-
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query
Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 23, 2011 8:38 pm (PDT)
Wa alaikumussalam Wr. Wb.
Pak Himmah Yth,
File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text file (bukan import data
text file).
Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak menemukan provider Jet 4 OLE
DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda dengan separator list
di Control Panel -> Regional Setting komputer setempat, sempatkan baca
tentang file schema.ini
Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah data di text file,
semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun yang berkoneksi.
Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Mr. Kid.
2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
>
> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana kalau
> sumber datanya dari file txt
>
> kalau untuk file excel
>
> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
>
> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
> kalau datanya txt pilihannya apa ya
>
> terima kasih atas bantuannya
>
>
>
- 8c.
-
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query
Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com
Thu Jun 23, 2011 9:00 pm (PDT)
iya terima kasih pak, bisa di jelaskan tentang schema.ini
terus misal kita punya lebih dari satu file txt dan ingin dijadikan
satu caranya bagaimana pak
Pada tanggal 23/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> Wa alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Pak Himmah Yth,
>
> File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text file (bukan import data
> text file).
> Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak menemukan provider Jet 4 OLE
> DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
> Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda dengan separator list
> di Control Panel -> Regional Setting komputer setempat, sempatkan baca
> tentang file schema.ini
>
> Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah data di text file,
> semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun yang berkoneksi.
>
> Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
>
> Wassalamualaikum Wr. Wb.
> Mr. Kid.
>
> 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>> mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
>>
>> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana kalau
>> sumber datanya dari file txt
>>
>> kalau untuk file excel
>>
>> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
>>
>> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
>> kalau datanya txt pilihannya apa ya
>>
>> terima kasih atas bantuannya
>>
>>
>>
>
- 8d.
-
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query
Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Jun 24, 2011 12:32 am (PDT)
Jika hasil deploy ke excel berupa table,
- klik kanan table
- edit query
- ganti query dengan :
Select kolom1a,kolom2a from filetxt1 union all select kolom1b,kolom2b from
filetxt2
Ganti semua kolom1a dan 2a dengan nama-nama kolom yang dipakai dari
filetxt1. Ganti filetxt1 dengan nama file txt.
Misal filetxt1 bernama tes1.txt, maka filetxt1 diganti dengan tulisan
[tes1#txt]
Lakukan juga untuk filetxt2, yang merujuk ke file kedua. Nama kolomnya pun
yang ada di file ke-2 tersebut. Yang jelas, makna data dan datatype kolom1b
harus sama dengan kolom1a, yang 2b sama dengan 2a, dst.
Terutama kesamaan datatypenya.
Jika hasil deploy ke excel berupa pivot table, ke ribbon data, ada
connection, pilih koneksi yang terkait dengan pivot tersebut, properties
disana ada definisi.
Ubah CommandType dari Table menjadi SQL
Ubah isi CommandText atau Query dengan query union all seperti yang
dijelaskan di atas.
Kid.
2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
> **
>
>
> iya terima kasih pak, bisa di jelaskan tentang schema.ini
>
> terus misal kita punya lebih dari satu file txt dan ingin dijadikan
> satu caranya bagaimana pak
>
> Pada tanggal 23/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>
> > Wa alaikumussalam Wr. Wb.
> >
> > Pak Himmah Yth,
> >
> > File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text file (bukan import
> data
> > text file).
> > Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak menemukan provider Jet 4
> OLE
> > DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
> > Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda dengan separator
> list
> > di Control Panel -> Regional Setting komputer setempat, sempatkan baca
> > tentang file schema.ini
> >
> > Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah data di text file,
> > semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun yang berkoneksi.
> >
> > Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
> >
> > Wassalamualaikum Wr. Wb.
> > Mr. Kid.
> >
> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> >> mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
> >>
> >> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana kalau
> >> sumber datanya dari file txt
> >>
> >> kalau untuk file excel
> >>
> >> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
> >>
> >> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
> >> kalau datanya txt pilihannya apa ya
> >>
> >> terima kasih atas bantuannya
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>
- 9a.
-
Cara buat jadwal proyek otomatis
Posted by: "thomas" the_massto@yahoo.co.id the_massto
Thu Jun 23, 2011 9:00 pm (PDT)
yang terhormat master excel...
saya mau minta tolong bagaimana cara membuat jadwal proyek secara otomatis, maksudnya merubah dari tanggal periode pelaksanaan per item pekerjaan (sheet 1) menjadi tabel jadwal pekerjaan (sheet 2)?
yang saya inginkan ketika menambahkan item pekerjaan misalnya PEKERJAAN F dengan periode pekerjaan, maka di sheet 2 langsung muncul warna periode pekerjaan sesuai dengan minggu pelaksanaan pekerjaan.
butuh banget nih....
trims
===================== ========= ========= ========= ========= ========= ========= ===
Ingin lebih dekat dengan saya, ketik aja :www.the-massto.co.cc - 9b.
-
Re: Cara buat jadwal proyek otomatis
Posted by: "Kusnadi DS" cepak05@yahoo.com cepak05
Thu Jun 23, 2011 9:31 pm (PDT)
Mas Thomas
maaf ini agak OOT sedikit, sebenarnya untuk jadwal project seperti yang dimaksud ada software khusus untuk itu.
pernah mencoba (dengar) microsoft project ?
any way untuk di excel kita nantikan saja jawaban para pakar group ini.....
..::kusnadi::..
www.cepak05.blogspot. com
www.kopkarlamina.blogspot. com
www.facebook.com/kusnadi. dians
_____________________ _________ __
From: thomas <the_massto@yahoo.co.id >
To: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Sent: Friday, June 24, 2011 11:00 AM
Subject: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis
yang terhormat master excel...
saya mau minta tolong bagaimana cara membuat jadwal proyek secara otomatis, maksudnya merubah dari tanggal periode pelaksanaan per item pekerjaan (sheet 1) menjadi tabel jadwal pekerjaan (sheet 2)?
yang saya inginkan ketika menambahkan item pekerjaan misalnya PEKERJAAN F dengan periode pekerjaan, maka di sheet 2 langsung muncul warna periode pekerjaan sesuai dengan minggu pelaksanaan pekerjaan.
butuh banget nih....
trims
===================== ========= ========= ========= ========= ========= ========= ===
Ingin lebih dekat dengan saya, ketik aja :www.the-massto.co.cc
- 9c.
-
Re: Cara buat jadwal proyek otomatis
Posted by: "zainul ulum [yahoo]" zainul_ulum@yahoo.com zainul_ulum
Thu Jun 23, 2011 9:45 pm (PDT)
Yang pernah aku lakukan adalah dengan menggunakan conditional formatting.
Contoh lengkap dan tahapannya silahkan dilihat di
http://cadex.wordpress. com/2010/ 07/18/xls- pmg-01-schedule- proyek-dengan- exce
l/
Selamat belajar dan mencoba.
-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ]com
On Behalf Of thomas
Sent: Friday, June 24, 2011 11:01 AM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis
yang terhormat master excel...
saya mau minta tolong bagaimana cara membuat jadwal proyek secara otomatis,
maksudnya merubah dari tanggal periode pelaksanaan per item pekerjaan (sheet
1) menjadi tabel jadwal pekerjaan (sheet 2)?
yang saya inginkan ketika menambahkan item pekerjaan misalnya PEKERJAAN F
dengan periode pekerjaan, maka di sheet 2 langsung muncul warna periode
pekerjaan sesuai dengan minggu pelaksanaan pekerjaan.
butuh banget nih....
trims
- 9d.
-
Re: Cara buat jadwal proyek otomatis
Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com elijah_spirit
Thu Jun 23, 2011 10:12 pm (PDT)
Dear thomas,
Terlampir menggunakan jurus Conditional Formatting.
Formula Conditional Formatting :
=OR(NOT(ISNA(VLOOKUP(C$ 11&"."&C$ 1&"."&RIGHT( $B12);key_ 1;1;0))); NOT(ISNA( VLOOKUP(C$ 11&"."&C$ 1&"."&RIGHT( $B12);key_ 2;1;0))))
key_1 & key_2 » define names dari kolom helper
Perbedaan hasil karena definisi awal untuk minggu pertama, pada case
ini memakai hari Sabtu, sesuai dengan kalender.
=WEEKNUM(arg1;16)
Dibantu dengan kolom & row helper. Semoga membantu. CMIIW
Blessings,
Fran'z
On 6/24/11, thomas <the_massto@yahoo.co.id > wrote:
> yang terhormat master excel...
> saya mau minta tolong bagaimana cara membuat jadwal proyek secara otomatis,
> maksudnya merubah dari tanggal periode pelaksanaan per item pekerjaan (sheet
> 1) menjadi tabel jadwal pekerjaan (sheet 2)?
>
> yang saya inginkan ketika menambahkan item pekerjaan misalnya PEKERJAAN F
> dengan periode pekerjaan, maka di sheet 2 langsung muncul warna periode
> pekerjaan sesuai dengan minggu pelaksanaan pekerjaan.
>
> butuh banget nih....
>
>
> trims
>
>
>
> ===================== ========= ========= ========= ========= ========= ========= ===
> Ingin lebih dekat dengan saya, ketik aja :www.the-massto.co.cc
- 9e.
-
Re: Cara buat jadwal proyek otomatis
Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com elijah_spirit
Thu Jun 23, 2011 10:58 pm (PDT)
Dear thomas,
Terlampir workbook dengan cara yang lebih ringkas. Hanya menggunakan
baris bantu. Tidak lagi menggunakan define names, kolom bantu, bisa
mensupport tgl awal s/d tgl selesai (dalam kurung lebih dari 1 bulan)
dan tidak tergantung penamaan dari pekerjaan.
Formula Conditional Formatting
=(C$1>=WEEKNUM(Sheet1!$C4; 16))*(C$1< =WEEKNUM( Sheet1!$D4; 16))
CMIIW.
Blessings,
Fran'z
On 6/24/11, Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com > wrote:
> Dear thomas,
>
> Terlampir menggunakan jurus Conditional Formatting.
>
> Formula Conditional Formatting :
> =OR(NOT(ISNA(VLOOKUP(C$ 11&"."&C$ 1&"."&RIGHT( $B12);key_ 1;1;0))); NOT(ISNA( VLOOKUP(C$ 11&"."&C$ 1&"."&RIGHT( $B12);key_ 2;1;0))))
>
> key_1 & key_2 » define names dari kolom helper
>
> Perbedaan hasil karena definisi awal untuk minggu pertama, pada case
> ini memakai hari Sabtu, sesuai dengan kalender.
>
> =WEEKNUM(arg1;16)
>
> Dibantu dengan kolom & row helper. Semoga membantu. CMIIW
>
> Blessings,
>
> Fran'z
>
> On 6/24/11, thomas <the_massto@yahoo.co.id > wrote:
>> yang terhormat master excel...
>> saya mau minta tolong bagaimana cara membuat jadwal proyek secara
>> otomatis,
>> maksudnya merubah dari tanggal periode pelaksanaan per item pekerjaan
>> (sheet
>> 1) menjadi tabel jadwal pekerjaan (sheet 2)?
>>
>> yang saya inginkan ketika menambahkan item pekerjaan misalnya PEKERJAAN F
>> dengan periode pekerjaan, maka di sheet 2 langsung muncul warna periode
>> pekerjaan sesuai dengan minggu pelaksanaan pekerjaan.
>>
>> butuh banget nih....
>>
>>
>> trims
>>
>>
>>
>> ===================== ========= ========= ========= ========= ========= ========= ===
>> Ingin lebih dekat dengan saya, ketik aja :www.the-massto.co.cc
>
- 10.
-
Data berpindah otomastis ke sheet lain atau file lain
Posted by: "Modby Matsnawabi" modbym@gmail.com
Thu Jun 23, 2011 9:31 pm (PDT)
Dear Be'Xcel,
Mohon petunjuk, saya punya case dalam entry data.. selama ini data di entry
manual/copas berulang kali di file yang berbeda pdahal data nya sama.
yang membedakan pembagian berdasarkan status dan Area (sheet)..
yang saya inginkan bagaimana jika saya hanya cukup melakukan entry satu kali
di satu sheet lalu data akan menyebar otomatis ke sheet/file yang di
inginkan sesuai keyword
(Contoh file terlampir).
Terima kasih teman-teman..
- 11.
-
Mohon pencerahannya, set status Paid atau Unpaid. Summary Unpaid
Posted by: "BOBY CHUA" boby66_chua@yahoo.com boby66_chua
Thu Jun 23, 2011 9:37 pm (PDT)
Kepada Yth para pakar Excel
ini mau nganggu lagi nih mohon pencerahannya
saya ini awam dalam excel
terlampir file dan pertanyaan terdapat didalamnya
sebelumnya diucapkan banyak terima kasih
salam boby
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar