Messages In This Digest (24 Messages)
- 1.1.
- Re: Update Tabel dari sheet lain... From: zainul ulum <
>
- 2a.
- Re: Macro passkey document & disabled macro From: Kid Mr.
- 2b.
- Re: Macro passkey document & disabled macro From: isti_astro
- 2c.
- Re: Macro passkey document & disabled macro From: Kid Mr.
- 2d.
- Re: Macro passkey document & disabled macro From: isti_astro
- 3a.
- Yahoo! Groups Planned Maintenance From: STDEV(i)
- 3b.
- Re: Yahoo! Groups Planned Maintenance From: Kid Mr.
- 3c.
- Re: Yahoo! Groups Planned Maintenance From: STDEV(i)
- 4a.
- Re: perbandingan 2 kolom 2 kriteria From: STDEV(i)
- 5a.
- Re: Menjumlahkan yang berisi angka saja From: Franciscus SOG
- 5b.
- Re: Menjumlahkan yang berisi angka saja From: STDEV(i)
- 6a.
- Re: saldo akhir pindah ke saldo awal From: Darto Chandra
- 6b.
- Re: saldo akhir pindah ke saldo awal From: Kid Mr.
- 7a.
- calculated fiel problem From: Darto Chandra
- 7b.
- Re: calculated fiel problem From: Kid Mr.
- 7c.
- Re: calculated fiel problem From: Darto Chandra
- 7d.
- Re: calculated fiel problem From: Kid Mr.
- 8a.
- Minta coding atau formula untuk File Quiz From: agung_widodo@sanyo.com
- 8b.
- Re: Minta coding atau formula untuk File Quiz From: STDEV(i)
- 8c.
- Re: Minta coding atau formula untuk File Quiz From: STDEV(i)
- 9.1.
- File - Peraturan Milis belajar-excel From: belajar-excel@yahoogroups.com
- 10a.
- Memilih formula yang digunakan From: "imar"
- 10b.
- Re: Memilih formula yang digunakan From: STDEV(i)
- 11.
- RE:Re: [belajar-excel] Memilih formula yang digunakan From: "andre prisuasetio"
Messages
- 1.1.
-
Re: Update Tabel dari sheet lain...
Posted by: "zainul ulum <
>" zainul_ulum@yahoo.com zainul_ulum Fri Sep 30, 2011 9:54 am (PDT)
Terlampir adalah file dummy-nya.
Dalam zipped file terdapat dua file yaitu file yang berisi macro dan file
database.
Macro akan menjalankan update data (record) dari Worksheet("DataUpdate") di
worbook "Update_Syn_Table" ke Worksheet("Data" ) di workbook
"\db\datasumber.xlsx"
Contoh data saya ambil dari internet. Data sebenarnya di file database
(Sheet1) yang aku punya sekitar 5000 records, sedangkan untuk data update
(Sheet1) rata2 200an records.
Kemungkinan data di sheet1 akan berkembang lebih dari 10record..
Mohon masukan dari rekan2 be-exceler
Thanks
-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ]com
On Behalf Of summonery
Sent: Friday, September 30, 2011 5:04 PM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: [belajar-excel] Re: Update Tabel dari sheet lain...
Dear mas Zainul, jk tdk keberatan, boleh dilampirkan lagi file dummy-nya?
(jk ada revisi dr file sebelumnya)
Dilampirkan macro yg sudah dibuat akan lebih bagus lagi agar penanggap bisa
mengukur berapa kali lipat peningkatan kecepatannya.
O iya, di data Sheet1 yang sebenarnya, ada berapa ribu/puluhribu baris? dan
berapa perkiraan jumlah baris data yang ada di di Sheet2?
===================== ========= ========= ========= ========= ========= ========= =
=========
--- In belajar-excel@yahoogroups. com
<mailto:belajar-excel%40yahoogro ups.com> , "zainul ulum <<yahoo>>"
<zainul_ulum@...> wrote:
Terimakasih mas Kid, sudah susah payah membuat resume.
Maaf nggak bisa menerangkan satu-satu.
>>kolom ID:
bersifat unique, baik di sheet1 satu maupun di sheet2. Struktur table sama
antara sheet1 dan sheet2.
-- jika ada id yang sama antara sheet1 dan sheet2, maka kolom selain kolom
id di sheet1 akan diupdate berdasarkan data di sheet2. (seperti SQL 'update
table') Jadi nilai property updated by id
-- jika ada id baru di sheet2 yang tidak ada di sheet1, maka record disheet1
ditambahkan dari sheet2. (seperti SQL 'insert into')
>>Hasil yang diinginkan:
Tujuan yang saya inginkan adalah seperti program synchronize table:
"jika ada data baru di sheet2, maka akan di tambahkan di sheet1"
"Jika ada id yang sama antara sheet1 dan sheet2, maka data di sheet1 akan
diupdate sesuai data di sheet2 by id"
Prosedur yang sudah aku buat, (menurutku kok masih lama atau tidak efektif)
yaitu:
Tahap 1: looping semua id di sheet2, jika ditemukan id yang sama dengan id
di sheet1, maka record di sheet1 dihapus.
Tahap 2: karena id yang sama sudah dihapus, maka data di sheet2 langsung
diopy ke sheet1.
Tahap 3: data di sort by id dengan menggunakan sort di vba excel.
Harapannya bisa mendapatkan code yang efektif untuk synchronizing table.
Wassalam
-zainul-
- 2a.
-
Re: Macro passkey document & disabled macro
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Sep 30, 2011 11:31 am (PDT)
Dear Isti,
1. Pada saat macro didisable (baik dengan notification atau tidak),
sebenarnya masih ada trusted locations yang mengijinkan file bermacro untuk
tetap bekerja. Andai saja file dicopy ke trust location ini, maka pasti
todak bermasalah dengan macronya walau dalam keadaan setting disable.
Hanya saja, jika opsi di trust location ini di-uncheck, maka semua jenis
macro dimanapun akan di-disable.
Daripada repot, biasanya disediakan sebuah sheet startup. Sheet ini tugasnya
adalah tampil (visible) ketika workbook belum terbuka sampai ijin akses ke
sheet lainnya terpenuhi.
Jadi, keadaan ketika macro disable adalah sama saja tidak ada akses masuk ke
sheet lainnya.
Settingnya dengan hide dan unhide seluruh sheet.
Ketika dibuka (event workbook open), jika dapat ijin akses, semua sheet
kerja di-unhide diikuti hide sheet startup.
Ketika ditutup (event workbook before close), unhide sheet startup diikuti
hide semua sheet kerja. Kemudian save.
Yang jadi masalah berikutnya adalah adanya keharusan save saat akan tutup
workbook. Akibatnya, semua pengubahan data akan tersimpan. Tidak ada salah
isi data.
Dengan begitu, penggunaan sheet yang berbeda antara input, data, dan output
akan bermanfaat.
Input yang disediakan pada sebuah sheet tersendiri, kemudian ada proses
transfer data ke sheet data, tidak akan terganggu dengan proses save saat
tutup book.
Opsi hide yang digunakan adalah Very Hidden, sehingga tidak dapat diakses
melalu sheet tabs. Untuk unhide sheet harus melalui VBE. Oleh sebab itu,
maka VBA Project harus diproteksi.
2. File terlampir adalah contoh untuk hide dan unhide sheet. Jika sheet ada
banyak, proses loop bisa digunakan.
Thank You and Regards,
Kid.
2011/9/30 isti_astro <istiastro@gmail.com >
> **
>
>
> Dear Para Master,*
>
> *Saya mencoba membuat security file sederhana (biar tidak dapat di copy
> paste) dengan menggunakan macro dan sudah sukses file tidak dapat terbuka
> tanpa adanya file tambahan dalam satu folder (pass.txt). Namun masalahnya
> adalah di Excel 2003 ketika membuka file akan ada option untuk disable atau
> enable macro, jika di-disable...maka file tersebut akan tetap dapat terbuka
> dan macro yang sudah dibuat tidak akan berjalan.
>
> Pertanyaannya :
> 1. Adakah cara agar jika macro di-disable file tidak akan dapat terbuka
> atau tetap close & kalau bisa tanpa harus menambah fungsi baru.
> 2. Coding macro agar sheet2 & sheet3 tiga ter-hidden dan hanya sheet1 yang
> tampil.
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya
>
> regards,
> Isti *
>
>
>
>
>
>
>
>
> ***
>
> ** **
>
>
>
> --
> Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik http://bit.ly/noQL87
> Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
>
> Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
> Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
>
>
>
>
- 2b.
-
Re: Macro passkey document & disabled macro
Posted by: "isti_astro" istiastro@gmail.com isti_astro
Fri Sep 30, 2011 7:38 pm (PDT)
Terima kasih Mr.Kid untuk penjelasan dan coding very hide-nya mantap
sekali...namun password untuk VBA project-nya apa ya?
regards,
Isti
2011/10/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Dear Isti,
>
> 1. Pada saat macro didisable (baik dengan notification atau tidak),
> sebenarnya masih ada trusted locations yang mengijinkan file bermacro untuk
> tetap bekerja. Andai saja file dicopy ke trust location ini, maka pasti
> todak bermasalah dengan macronya walau dalam keadaan setting disable.
> Hanya saja, jika opsi di trust location ini di-uncheck, maka semua jenis
> macro dimanapun akan di-disable.
>
> Daripada repot, biasanya disediakan sebuah sheet startup. Sheet ini
> tugasnya adalah tampil (visible) ketika workbook belum terbuka sampai ijin
> akses ke sheet lainnya terpenuhi.
> Jadi, keadaan ketika macro disable adalah sama saja tidak ada akses masuk
> ke sheet lainnya.
>
> Settingnya dengan hide dan unhide seluruh sheet.
> Ketika dibuka (event workbook open), jika dapat ijin akses, semua sheet
> kerja di-unhide diikuti hide sheet startup.
> Ketika ditutup (event workbook before close), unhide sheet startup diikuti
> hide semua sheet kerja. Kemudian save.
> Yang jadi masalah berikutnya adalah adanya keharusan save saat akan tutup
> workbook. Akibatnya, semua pengubahan data akan tersimpan. Tidak ada salah
> isi data.
> Dengan begitu, penggunaan sheet yang berbeda antara input, data, dan output
> akan bermanfaat.
> Input yang disediakan pada sebuah sheet tersendiri, kemudian ada proses
> transfer data ke sheet data, tidak akan terganggu dengan proses save saat
> tutup book.
>
> Opsi hide yang digunakan adalah Very Hidden, sehingga tidak dapat diakses
> melalu sheet tabs. Untuk unhide sheet harus melalui VBE. Oleh sebab itu,
> maka VBA Project harus diproteksi.
>
> 2. File terlampir adalah contoh untuk hide dan unhide sheet. Jika sheet ada
> banyak, proses loop bisa digunakan.
>
> Thank You and Regards,
> Kid.
>
>
> 2011/9/30 isti_astro <istiastro@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Para Master,*
>>
>> *Saya mencoba membuat security file sederhana (biar tidak dapat di copy
>> paste) dengan menggunakan macro dan sudah sukses file tidak dapat terbuka
>> tanpa adanya file tambahan dalam satu folder (pass.txt). Namun masalahnya
>> adalah di Excel 2003 ketika membuka file akan ada option untuk disable atau
>> enable macro, jika di-disable...maka file tersebut akan tetap dapat terbuka
>> dan macro yang sudah dibuat tidak akan berjalan.
>>
>> Pertanyaannya :
>> 1. Adakah cara agar jika macro di-disable file tidak akan dapat terbuka
>> atau tetap close & kalau bisa tanpa harus menambah fungsi baru.
>> 2. Coding macro agar sheet2 & sheet3 tiga ter-hidden dan hanya sheet1 yang
>> tampil.
>>
>> Terima kasih banyak atas bantuannya
>>
>> regards,
>> Isti *
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> ***
>>
>> ** **
>>
>>
>>
>> --
>> Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik http://bit.ly/noQL87
>> Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
>>
>> Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
>> Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
>>
>>
>>
>
>
--
Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik http://bit.ly/noQL87
Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
- 2c.
-
Re: Macro passkey document & disabled macro
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Sep 30, 2011 8:22 pm (PDT)
belajar-excel
Kid.
2011/10/1 isti_astro <istiastro@gmail.com >
> **
>
>
> Terima kasih Mr.Kid untuk penjelasan dan coding very hide-nya mantap
> sekali...namun password untuk VBA project-nya apa ya?
>
> regards,
> Isti
>
> 2011/10/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>
> **
>>
>>
>> Dear Isti,
>>
>> 1. Pada saat macro didisable (baik dengan notification atau tidak),
>> sebenarnya masih ada trusted locations yang mengijinkan file bermacro untuk
>> tetap bekerja. Andai saja file dicopy ke trust location ini, maka pasti
>> todak bermasalah dengan macronya walau dalam keadaan setting disable.
>> Hanya saja, jika opsi di trust location ini di-uncheck, maka semua jenis
>> macro dimanapun akan di-disable.
>>
>> Daripada repot, biasanya disediakan sebuah sheet startup. Sheet ini
>> tugasnya adalah tampil (visible) ketika workbook belum terbuka sampai ijin
>> akses ke sheet lainnya terpenuhi.
>> Jadi, keadaan ketika macro disable adalah sama saja tidak ada akses masuk
>> ke sheet lainnya.
>>
>> Settingnya dengan hide dan unhide seluruh sheet.
>> Ketika dibuka (event workbook open), jika dapat ijin akses, semua sheet
>> kerja di-unhide diikuti hide sheet startup.
>> Ketika ditutup (event workbook before close), unhide sheet startup diikuti
>> hide semua sheet kerja. Kemudian save.
>> Yang jadi masalah berikutnya adalah adanya keharusan save saat akan tutup
>> workbook. Akibatnya, semua pengubahan data akan tersimpan. Tidak ada salah
>> isi data.
>> Dengan begitu, penggunaan sheet yang berbeda antara input, data, dan
>> output akan bermanfaat.
>> Input yang disediakan pada sebuah sheet tersendiri, kemudian ada proses
>> transfer data ke sheet data, tidak akan terganggu dengan proses save saat
>> tutup book.
>>
>> Opsi hide yang digunakan adalah Very Hidden, sehingga tidak dapat diakses
>> melalu sheet tabs. Untuk unhide sheet harus melalui VBE. Oleh sebab itu,
>> maka VBA Project harus diproteksi.
>>
>> 2. File terlampir adalah contoh untuk hide dan unhide sheet. Jika sheet
>> ada banyak, proses loop bisa digunakan.
>>
>> Thank You and Regards,
>> Kid.
>>
>>
>> 2011/9/30 isti_astro <istiastro@gmail.com >
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear Para Master,*
>>>
>>> *Saya mencoba membuat security file sederhana (biar tidak dapat di copy
>>> paste) dengan menggunakan macro dan sudah sukses file tidak dapat terbuka
>>> tanpa adanya file tambahan dalam satu folder (pass.txt). Namun masalahnya
>>> adalah di Excel 2003 ketika membuka file akan ada option untuk disable atau
>>> enable macro, jika di-disable...maka file tersebut akan tetap dapat terbuka
>>> dan macro yang sudah dibuat tidak akan berjalan.
>>>
>>> Pertanyaannya :
>>> 1. Adakah cara agar jika macro di-disable file tidak akan dapat terbuka
>>> atau tetap close & kalau bisa tanpa harus menambah fungsi baru.
>>> 2. Coding macro agar sheet2 & sheet3 tiga ter-hidden dan hanya sheet1
>>> yang tampil.
>>>
>>> Terima kasih banyak atas bantuannya
>>>
>>> regards,
>>> Isti *
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> ***
>>>
>>> ** **
>>>
>>>
>>>
>>> --
>>> Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik
>>> http://bit.ly/noQL87
>>> Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
>>>
>>> Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
>>> Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
> --
> Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik http://bit.ly/noQL87
> Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
>
> Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
> Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
>
>
>
>
- 2d.
-
Re: Macro passkey document & disabled macro
Posted by: "isti_astro" istiastro@gmail.com isti_astro
Sat Oct 1, 2011 6:13 am (PDT)
ok suwun mas kid
SOL
*Dikirim dari m816 lewat jalur axis*
On Oct 1, 2011 10:22 AM, "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com > wrote:
> belajar-excel
>
> Kid.
>
> 2011/10/1 isti_astro <istiastro@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Terima kasih Mr.Kid untuk penjelasan dan coding very hide-nya mantap
>> sekali...namun password untuk VBA project-nya apa ya?
>>
>> regards,
>> Isti
>>
>> 2011/10/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Dear Isti,
>>>
>>> 1. Pada saat macro didisable (baik dengan notification atau tidak),
>>> sebenarnya masih ada trusted locations yang mengijinkan file bermacro
untuk
>>> tetap bekerja. Andai saja file dicopy ke trust location ini, maka pasti
>>> todak bermasalah dengan macronya walau dalam keadaan setting disable.
>>> Hanya saja, jika opsi di trust location ini di-uncheck, maka semua jenis
>>> macro dimanapun akan di-disable.
>>>
>>> Daripada repot, biasanya disediakan sebuah sheet startup. Sheet ini
>>> tugasnya adalah tampil (visible) ketika workbook belum terbuka sampai
ijin
>>> akses ke sheet lainnya terpenuhi.
>>> Jadi, keadaan ketika macro disable adalah sama saja tidak ada akses
masuk
>>> ke sheet lainnya.
>>>
>>> Settingnya dengan hide dan unhide seluruh sheet.
>>> Ketika dibuka (event workbook open), jika dapat ijin akses, semua sheet
>>> kerja di-unhide diikuti hide sheet startup.
>>> Ketika ditutup (event workbook before close), unhide sheet startup
diikuti
>>> hide semua sheet kerja. Kemudian save.
>>> Yang jadi masalah berikutnya adalah adanya keharusan save saat akan
tutup
>>> workbook. Akibatnya, semua pengubahan data akan tersimpan. Tidak ada
salah
>>> isi data.
>>> Dengan begitu, penggunaan sheet yang berbeda antara input, data, dan
>>> output akan bermanfaat.
>>> Input yang disediakan pada sebuah sheet tersendiri, kemudian ada proses
>>> transfer data ke sheet data, tidak akan terganggu dengan proses save
saat
>>> tutup book.
>>>
>>> Opsi hide yang digunakan adalah Very Hidden, sehingga tidak dapat
diakses
>>> melalu sheet tabs. Untuk unhide sheet harus melalui VBE. Oleh sebab itu,
>>> maka VBA Project harus diproteksi.
>>>
>>> 2. File terlampir adalah contoh untuk hide dan unhide sheet. Jika sheet
>>> ada banyak, proses loop bisa digunakan.
>>>
>>> Thank You and Regards,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2011/9/30 isti_astro <istiastro@gmail.com >
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Dear Para Master,*
>>>>
>>>> *Saya mencoba membuat security file sederhana (biar tidak dapat di copy
>>>> paste) dengan menggunakan macro dan sudah sukses file tidak dapat
terbuka
>>>> tanpa adanya file tambahan dalam satu folder (pass.txt). Namun
masalahnya
>>>> adalah di Excel 2003 ketika membuka file akan ada option untuk disable
atau
>>>> enable macro, jika di-disable...maka file tersebut akan tetap dapat
terbuka
>>>> dan macro yang sudah dibuat tidak akan berjalan.
>>>>
>>>> Pertanyaannya :
>>>> 1. Adakah cara agar jika macro di-disable file tidak akan dapat terbuka
>>>> atau tetap close & kalau bisa tanpa harus menambah fungsi baru.
>>>> 2. Coding macro agar sheet2 & sheet3 tiga ter-hidden dan hanya sheet1
>>>> yang tampil.
>>>>
>>>> Terima kasih banyak atas bantuannya
>>>>
>>>> regards,
>>>> Isti *
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> ***
>>>>
>>>> ** **
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> --
>>>> Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik
>>>> http://bit.ly/noQL87
>>>> Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
>>>>
>>>> Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
>>>> Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>>
>> --
>> Sewa ruang kantor murah mulai dari 200 rb/bulan klik http://bit.ly/noQL87
>> Ingin jadi technopreneur silahkan klik http://bit.ly/d6edBw
>>
>> Mau nomor 1 di Google klik http://bit.ly/nnEDOp
>> Reviews, Tips & Trick : http://istiastro.blogspot. com
>>
>>
>>
>>
- 3a.
-
Yahoo! Groups Planned Maintenance
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Fri Sep 30, 2011 1:38 pm (PDT)
Pengumuman diumumkan kepada umum :-), bahwa layanan Y!Group akan
tidak tersedia selama 4 jam (Senin 3 okt 2011 08:30 pm s/d Selasa
4 Okt 2011 00:30 am) sehubungan dengan jadwal perawatan di Y!Group
Biasanya posting dari members milis di Y!Group (dimana [belajar-excel]
'bernaung'), yg dikirm pada periode tsb akan tertunda.
Demikian untuk diketahui
BeExcel
Mods
===================== ========= ========= ========= =
kutipan email posting di milis 'Moderaotrcentral'
===================== ========= ========= ========= =
*from* Yahoo! Groups Team y_groups_team@yahoo.com
*to * moderatorcentral@yahoogroups. com
*date* Sat, Oct 1, 2011 at 1:13 AM
*subject * [moderatorcentral] Yahoo! Groups Planned Maintenance
Yahoo! Groups will be unavailable for 4 hours from Monday, October 3rd
starting 8:30 pm PT
to Tuesday, October 4th 12:30am PT, due to planned maintenance.
If there is any change to this schedule, we will update the information
here.
Thanks,
Yahoo! Groups Team
Visit the Groups Blog at: http://www.ygroupsblog.com/blog/
- 3b.
-
Re: Yahoo! Groups Planned Maintenance
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Sep 30, 2011 2:31 pm (PDT)
Berita di http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/
Yahoo! Groups will be unavailable for 4 hours from Monday, October 3rd
starting 8:30 p.m. PST to Tuesday,October 4th 00:30 PST, due to planned
maintenance. If there is any change to this schedule, we will update the
information here
Jangan lupa, waktunya PST ya atau -7 jam GMT. Jadi untuk diwilayah RI yang
antara +7 sampai +9 GMT, kira-kira tambahkan 14 jam dari waktu diatas.
Kid.
2011/10/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
> **
>
>
> Pengumuman diumumkan kepada umum :-), bahwa layanan Y!Group akan
> tidak tersedia selama 4 jam (Senin 3 okt 2011 08:30 pm s/d Selasa
> 4 Okt 2011 00:30 am) sehubungan dengan jadwal perawatan di Y!Group
>
> Biasanya posting dari members milis di Y!Group (dimana [belajar-excel]
> 'bernaung'), yg dikirm pada periode tsb akan tertunda.
>
> Demikian untuk diketahui
>
> BeExcel
> Mods
>
>
>
> ===================== ========= ========= ========= =
> kutipan email posting di milis 'Moderaotrcentral'
> ===================== ========= ========= ========= =
> *from* Yahoo! Groups Team y_groups_team@yahoo.com
> *to * moderatorcentral@yahoogroups. com
> *date* Sat, Oct 1, 2011 at 1:13 AM
> *subject * [moderatorcentral] Yahoo! Groups Planned Maintenance
>
> Yahoo! Groups will be unavailable for 4 hours from Monday, October 3rd
> starting 8:30 pm PT
> to Tuesday, October 4th 12:30am PT, due to planned maintenance.
> If there is any change to this schedule, we will update the information
> here.
>
> Thanks,
> Yahoo! Groups Team
>
> Visit the Groups Blog at: http://www.ygroupsblog.com/blog/
>
>
>
- 3c.
-
Re: Yahoo! Groups Planned Maintenance
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Fri Sep 30, 2011 3:39 pm (PDT)
[OOT]
Untung ada mas Kid, yg sebelum subuhan pun sudah online..
jadi tambah lengap dech.. dengan Pasific Standard Time nya..
tararengkyu...
Jadi, Monday, October 3rd starting 8:30 pm *PT* to Tuesday, October 4th
12:30am *PT*
lihat http://tech.groups.yahoo. com/group/ moderatorcentral /message/ 175
WIB nya adalah
*Selasa, 4 O**kt. 2011, *pukul* 10:30 am *(pagi) s/d* 14:40 pm *(sore)
e^E salah ya ??
2011/10/1 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
> Berita di http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/
>
> Yahoo! Groups will be unavailable for 4 hours from Monday, October 3rd
> starting 8:30 p.m. PST to Tuesday,October 4th 00:30 PST, due to planned
> maintenance. If there is any change to this schedule, we will update the
> information here
>
> Jangan lupa, waktunya PST ya atau -7 jam GMT. Jadi untuk diwilayah RI yang
> antara +7 sampai +9 GMT, kira-kira tambahkan 14 jam dari waktu diatas.
>
> Kid.
>
> 2011/10/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
>
>> ===================== ========= ========= ========= =
>> kutipan email posting di milis 'Moderaotrcentral'
>> ===================== ========= ========= ========= =
>> *from* Yahoo! Groups Team y_groups_team@yahoo.com
>> *to * moderatorcentral@yahoogroups. com
>> *date* Sat, Oct 1, 2011 at 1:13 AM
>> *subject * [moderatorcentral] Yahoo! Groups Planned Maintenance
>>
>> Yahoo! Groups will be unavailable for 4 hours from Monday, October 3rd
>> starting 8:30 pm PT
>> to Tuesday, October 4th 12:30am PT, due to planned maintenance.
>> If there is any change to this schedule, we will update the information
>> here.
>>
>> Thanks,
>> Yahoo! Groups Team
>>
>> Visit the Groups Blog at: http://www.ygroupsblog.com/blog/
>>
>>
- 4a.
-
Re: perbandingan 2 kolom 2 kriteria
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Fri Sep 30, 2011 2:58 pm (PDT)
*sekedar variasi *
*
*
kita coba *Array* Formula (hasil tunggal / ditulis di satu cell)
=IF(OR($C$3:$C$14&$D$ 3:$D$14=F3& G3),"","ti" )&"ada"
kalau yg diperlukan hanya penampakan ada / tiada di cell, cukup
=--OR($C$3:$C$14&$D$3: $D$14=F3& G3)
tetap dienter dengan 3tombol [C+S+E)
tetapi kolom/range nya harus diformat: numbers > custom: "ada";;"tiada";
(lihat workbook lampiran..)
[image: custom num format adatiada.PNG]
2011/9/30 Jonathan Susanto <jonathan.susanto@gmail.com >
> **
>
> Dear Be-exceller,
> Tolong bantu solve,
> perbandingan 2 daftar data dengan 2 kriteria.
> Untuk lebih jelas, liat sample.
> Thanks
> Jonathan
>
- 5a.
-
Re: Menjumlahkan yang berisi angka saja
Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com elijah_spirit
Fri Sep 30, 2011 6:59 pm (PDT)
Dear Laura,
Sori baru sempat balas, ada kesalahan coding.
Sub cari()
Dim sKunci, sLokasi As String
sKunci = InputBox("Masukkan kata kunci", "Input kata kunci", "")
If sKunci <> vbNullString Then
If WorksheetFunction.CountIf(Sheet1. Columns(" D:D"), sKunci) > 0 Then
sLokasi = WorksheetFunction.Match(sKunci, Sheet1.Columns( "D:D"), 0)
Rows(sLokasi & ":" & sLokasi).Select
Else
MsgBox "Kata kunci tidak ada", vbCritical, "Search"
End If
End If
End Sub
Semoga membantu.
Blessings,
Fran'z
On 9/29/11, Senja Laura <4r54ur4@gmail.com > wrote:
> Dear Pak Franz
> terima kasih UDFnya
> tapi findnya belum bisa berfungsi saya masukkan memo10 kok ngga match ya!!!
>
> 2011/9/29 Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Laura,
>>
>> Kalo begitu pake UDF angkasaja.
>> Untuk Find, tidak melalui DialogBox Find tapi melalui macro.
>>
>> Public Function angkasaja(data As Range) As Double
>> Dim sData As Range
>>
>> For Each sData In data
>> If IsNumeric(sData.Value) Then
>> angkasaja = angkasaja + sData.Value
>> End If
>> Next
>> End Function
>>
>> Sub cari()
>> Dim sKunci, sLokasi As String
>> On Error GoTo CommandErr
>> sKunci = InputBox("Masukkan kata kunci", "Input kata kunci", "")
>> If sKunci <> vbNullString Then
>> sLokasi = WorksheetFunction.Match(sKunci, Sheet1.Columns( "D:D"), 0)
>> Rows(sLokasi & ":" & sLokasi).Select
>> End If
>> CommandErr:
>> MsgBox "Kata kunci tidak ada", vbCritical, "Search"
>> Exit Sub
>> End Sub
>>
>> Semoga bermanfaat.
>>
>> Blessings,
>>
>> Fran'z
>>
>> On 9/29/11, Senja Laura <4r54ur4@gmail.com > wrote:
>> > Soal kedua saya hari ini mudah-mudahan ada yang menjawab[?]
>>
>> > Seperti file terlampir
>> > 1.bagaimana rumusnya untuk penjumlahan pada deret baris di atas (yang
>> > ada
>> > angkanya saja,tanggal dan tempat tidak ikut)
>> > 2. bisa ngga misal jika saya tekan CTRL+F dan memasukkan kata `Memo10`
>> > misalnya
>> > hanya sepanjang baris tersebut yang tersorot (yang warna kuning)dan bisa
>> di
>> > isi data sehingga kemungkinan salah input di kolom lain menjadi tidak
>> > ada
>> >
>> >
>>
>>
>>
>
- 5b.
-
Re: Menjumlahkan yang berisi angka saja
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Fri Sep 30, 2011 8:30 pm (PDT)
(1)
array formula
=SUM(IF(MOD(COLUMN(F1: BY1)-5,3) =0, F1:BY1))
(2)
Conditional formatting, kondisinya berdasarkan salah satu cell
yg diisi list Memo dengan DataValidation DropDownList
2011/9/29 Senja Laura <4r54ur4@gmail.com >
> Soal kedua saya hari ini mudah-mudahan ada yang menjawab[?]
> Seperti file terlampir
> 1.bagaimana rumusnya untuk penjumlahan pada deret baris di atas (yang ada
> angkanya saja,tanggal dan tempat tidak ikut)
> 2. bisa ngga misal jika saya tekan CTRL+F dan memasukkan kata `Memo10`
> misalnya
> hanya sepanjang baris tersebut yang tersorot (yang warna kuning)dan bisa di
> isi data sehingga kemungkinan salah input di kolom lain menjadi tidak ada
>
>
- 6a.
-
Re: saldo akhir pindah ke saldo awal
Posted by: "Darto Chandra" d_c@gmx.com
Fri Sep 30, 2011 8:20 pm (PDT)
Pak kid kesulitan nich dengan calculated field. Setiap mau insert selalu keluar pesan "calculated items do not work with custom subtotals". Perlu setting apanya yach? soalnya udah di utak utik juga tetap sama keluarnya. Mohon bantuannya. trim's
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
Sent: 09/30/11 04:53 PM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] saldo akhir pindah ke saldo awal
Selama yang dibuat adalah nilai olahan, maka manfaatkan fasilitas calculated field pada fitur pivot table.
Thank You and Regards.
Kid.
2011/9/30 Darto Chandra < d_c@gmx.com >
bener juga sich......, cuma kalo saya tidak hitung duluan dan simpan sebagai data, pada saat rekap dengan pivot table m3nya saya bingung mau munculinnya bagaimana? mohon pencerahannya
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
Sent: 09/30/11 01:34 PM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] saldo akhir pindah ke saldo awal
Justru pertanyaannya, kenapa harus dihitung sekarang lalu disimpan sebagai data, padahal jelas itu nanti dipakai ketika dibutuhkan saja.
Kid.
2011/9/30 Darto Chandra < d_c@gmx.com >
thank you mr.kid, coding berjalan sempurna. Masih mau minta bantuannya nich, untuk tabel data kolom m3 saya bikin rumus di masing masing cell. Hal ini menyebabkan file sizenya jadi bengkak. bisa minta bantu codingnya lagi untuk mengisi kolom m3 secara otomatis apabila terdeteksi pcs lebih besar dari nol? Sebelumnya terima kasih.
Darto Chandra
085881648818
Darto Chandra
085881648818
Darto Chandra
085881648818
- 6b.
-
Re: saldo akhir pindah ke saldo awal
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Sep 30, 2011 8:26 pm (PDT)
Coba lampirkan confile data dan contoh pivot tablenya. Sebaiknya buka thread
baru, karena sudah membahas barang baru bernama pivot table.
Jangan lupa filenya <250KB.
Kid.
2011/10/1 Darto Chandra <d_c@gmx.com>
> **
>
>
> Pak kid kesulitan nich dengan calculated field. Setiap mau insert selalu
> keluar pesan "calculated items do not work with custom subtotals". Perlu
> setting apanya yach? soalnya udah di utak utik juga tetap sama keluarnya.
> Mohon bantuannya. trim's
>
>
>
> ----- Original Message -----
>
> From: Kid Mr.
>
> Sent: 09/30/11 04:53 PM
>
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
>
> Subject: Re: [belajar-excel] saldo akhir pindah ke saldo awal
>
>
>
> Selama yang dibuat adalah nilai olahan, maka manfaatkan fasilitas
> calculated field pada fitur pivot table.
>
> Thank You and Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/30 Darto Chandra <d_c@gmx.com>
>
>>
>>
>> bener juga sich......, cuma kalo saya tidak hitung duluan dan simpan
>> sebagai data, pada saat rekap dengan pivot table m3nya saya bingung mau
>> munculinnya bagaimana? mohon pencerahannya
>>
>>
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>>
>> From: Kid Mr.
>>
>> Sent: 09/30/11 01:34 PM
>>
>> To: belajar-excel@yahoogroups. com
>>
>> Subject: Re: [belajar-excel] saldo akhir pindah ke saldo awal
>>
>>
>>
>> Justru pertanyaannya, kenapa harus dihitung sekarang lalu disimpan sebagai
>> data, padahal jelas itu nanti dipakai ketika dibutuhkan saja.
>>
>> Kid.
>>
>> 2011/9/30 Darto Chandra <d_c@gmx.com>
>>
>>>
>>>
>>> thank you mr.kid, coding berjalan sempurna. Masih mau minta bantuannya
>>> nich, untuk tabel data kolom m3 saya bikin rumus di masing masing cell. Hal
>>> ini menyebabkan file sizenya jadi bengkak. bisa minta bantu codingnya lagi
>>> untuk mengisi kolom m3 secara otomatis apabila terdeteksi pcs lebih besar
>>> dari nol? Sebelumnya terima kasih.
>>>
>>> Darto Chandra
>>> 085881648818 <#132bd7f555c4a32a_132b9ac9fa77b354 _>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Darto Chandra
>> 085881648818 <#132bd7f555c4a32a_>
>>
>>
>>
>>
>
>
>
>
> Darto Chandra
> 085881648818
>
>
>
- 7a.
-
calculated fiel problem
Posted by: "Darto Chandra" d_c@gmx.com
Fri Sep 30, 2011 8:52 pm (PDT)
terlampir file masalah calculated field yang selalu muncul pesan "calculated items do not work with custom subtotals".
saya pakainya excel 2007.
Darto Chandra
085881648818
- 7b.
-
Re: calculated fiel problem
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Sep 30, 2011 9:10 pm (PDT)
Coba file terlampir.
Pastikan nama field dari calculated field belum pernah ada di field list,
karena field list harus bersifat unique.
Kid.
On Sat, Oct 1, 2011 at 10:42, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:
> **
>
>
> terlampir file masalah calculated field yang selalu muncul
> pesan "calculated items do not work with custom subtotals".
> saya pakainya excel 2007.
>
> Darto Chandra
> 085881648818
>
>
>
- 7c.
-
Re: calculated fiel problem
Posted by: "Darto Chandra" d_c@gmx.com
Sat Oct 1, 2011 2:09 am (PDT)
pak kid calculated cell dah ok. Setelah tabel saya ramping khan sekarang giliran coding makronya tutup bulan yang perlu di modif lagi nich. mohon bantuannya.
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
Sent: 10/01/11 11:09 AM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] calculated fiel problem
Coba file terlampir.
Pastikan nama field dari calculated field belum pernah ada di field list, karena field list harus bersifat unique.
Kid.
On Sat, Oct 1, 2011 at 10:42, Darto Chandra < d_c@gmx.com > wrote:
terlampir file masalah calculated field yang selalu muncul pesan "calculated items do not work with custom subtotals".
saya pakainya excel 2007.
Darto Chandra
085881648818
Darto Chandra
085881648818
- 7d.
-
Re: calculated fiel problem
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Sat Oct 1, 2011 3:26 am (PDT)
Maaf, saya ndak mudeng maksudnya tutup bulan.
Adakah BeExceler yang paham, mbok yao tulung saya dijelasin.
wakakaka... rada merayap speed pahamnya... maap ya.
Jika maskudnya transaksi terakhir bulan n-1 menjadi saldo awal transaksi
pertama bulan n, mestinya data input sudah mengambil nilai database,
sehingga database akan berisi semua data sepanjang masa dan tidak perlu
pengubahan VBA untuk simpan. Di data input butuh formula dikolom saldo awal.
Saldo akhir juga pakai formula. Simpan ke database dengan copas value.
Kid.
2011/10/1 Darto Chandra <d_c@gmx.com>
> **
>
>
> pak kid calculated cell dah ok. Setelah tabel saya ramping khan sekarang
> giliran coding makronya tutup bulan yang perlu di modif lagi nich. mohon
> bantuannya.
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
>
> From: Kid Mr.
>
> Sent: 10/01/11 11:09 AM
>
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
>
> Subject: Re: [belajar-excel] calculated fiel problem
>
>
>
> Coba file terlampir.
> Pastikan nama field dari calculated field belum pernah ada di field list,
> karena field list harus bersifat unique.
>
> Kid.
>
> On Sat, Oct 1, 2011 at 10:42, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:
>
>>
>>
>> terlampir file masalah calculated field yang selalu muncul
>> pesan "calculated items do not work with custom subtotals".
>> saya pakainya excel 2007.
>>
>> Darto Chandra
>> 085881648818 <#132bebed0fbe46ff_>
>>
>>
>
>
>
>
> Darto Chandra
> 085881648818
>
>
>
- 8a.
-
Minta coding atau formula untuk File Quiz
Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com
Fri Sep 30, 2011 10:07 pm (PDT)
Para rekan sekalian,
Saya membutuhkan modul untuk training,
Dimana materi akan dibuat semacam quiz dalam Excel yang senada seperti quiz lama yang ada dalam lampiran
Adakah yang mempunyai coding atau formulanya.
Kiranya ada yang berkenan berbagi,
Hal ini untuk dipelajari dan disesuaikan dengan Materi Training kami.
Nggak mirip banget seperti lampiran juga nggak apa-apa.
Buat yang belum pernah terima file seperti terlampir,
Bisa dijadikan rekreasi Excel,
Biar puyeng, penasaran tapi bisa cengar-cengir juga.
Semoga bermanfaat.
Wassalam
- 8b.
-
Re: Minta coding atau formula untuk File Quiz
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Sat Oct 1, 2011 2:03 am (PDT)
(1)
kirim kembali NAC Puzzle yg susah banget itu... (sudah diisi)
[image: NAC Puzzle.GIF]
(2)
kami kirimkan *[MasterMind]*
mainan kuno tapi bisa "bikin" anda 'mabok'
oentoeng di versi ini sudah kami berikan Clues nya
(versi aslinya tidak ada clues )
barangkali cocok tinggal dibungkus saja...
sebelum memainkan sebaiknya baca penjelasannya dulu
[image: masteMind.GIF]
2011/10/1 <agung_widodo@sanyo.com >
>
> Para rekan sekalian,
> Saya membutuhkan modul untuk training,
> Dimana materi akan dibuat semacam quiz dalam Excel yang senada seperti
quiz lama yang ada dalam lampiran
>
> Adakah yang mempunyai coding atau formulanya.
> Kiranya ada yang berkenan berbagi,
> Hal ini untuk dipelajari dan disesuaikan dengan Materi Training kami.
> Nggak mirip banget seperti lampiran juga nggak apa-apa.
> Buat yang belum pernah terima file seperti terlampir,
> Bisa dijadikan rekreasi Excel,
> Biar puyeng, penasaran tapi bisa cengar-cengir juga.
> Semoga bermanfaat.
>
> Wassalam
- 8c.
-
Re: Minta coding atau formula untuk File Quiz
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Sat Oct 1, 2011 2:17 am (PDT)
jika yg dimaksud adalah formula yg ada di dalam file NAC Puzzle;
berikut ini adalah formulanya (dlm sheet tertulis di cell E10 ke bawah
hanya *IF-IF-an* biasa...
Kelihatannya susah karena sheet diproteksi dgn status cells = locked &
hidden
=IF(D10="24 jam dalam satu hari","BENAR",IF(D10=" ","","SALAH" ))
=IF(D11="12 buah dalam satu lusin","BENAR",IF(D11=" ","","SALAH" ))
=IF(D12="7 hari dalam satu minggu","BENAR",IF(D12=" ","","SALAH" ))
=IF(D13="1000 juta dalam satu miliar","BENER TUH",IF(D13="","","WAH SALAH"))
=IF(D14="6 orang dalam satu tim bola voli","SIP DAH",IF(D14="","","MASIH
SALAH"))
=IF(D15="3 garis pada segitiga","PINTER...",IF(D15= "","","PERNAH SD NGGAK
?"))
=IF(D16="365 hari dalam satu tahun","BENAR",IF(D16=" ","","SALEH" ))
=IF(D17="2 buah dalam satu pasang","BETUL...",IF(D17= "","","TANYA ORG GIH
!"))
=IF(D18="4 jalan pada satu perempatan","OK",IF(D18= "","","COBA LAGI DEH.."))
=IF(D19="5 jari dalam satu tangan","PINTER...",IF(D19= "","","BO* *H"))
=IF(D20="3600 detik dalam satu jam","SIP",IF(D20="","" ,"NGACO LOE !"))
=IF(D21="1 orang berarti sendiri","JAGOAN EUY",IF(D21="","","SALAH, GAUL
DONG!"))
=IF(D22="7 keajaiban di dunia","PINTER...",IF(D22= "","","MASA NGGAK TAU ?"))
=IF(D23="4 orang dalam sebuah keluarga berencana","OK",IF(D23= "","","SALAH,
MAKANYA BACA KORAN"))
=IF(D24="64 kotak pada papan catur","BENAR COY",IF(D24="","","MIKIR DONG
!"))
=IF(D25="12 angka pada jam analog","'TUL !",IF(D25="","","NGGAK TAU ?
CKCKCK..."))
=IF(D26="1440 menit dalam satu hari","BENER, GITU
DONG...",IF(D26="","" ,"HAH?! MASIH SALAH!"))
=IF(D27="4 garis pada jajaran genjang","BENER, BISA JUGA
YAH",IF(D27="","","TANYA ORANG GIH !"))
=IF(D28="5 provinsi di pulau jawa","BETUL",IF(D28=" ","","SALAH, BACA KORAN
DONG !"))
=IF(D29="32 rumah di jalan dederuk","JAGOAN EUY",IF(D29="","","MASIH SALAH
TAU !"))
=IF(D30="48 cup dalam satu dus air mineral","SIP DAH",IF(D30="","","SALAH
O'ON"))
=IF(D31="2 roda pada motor","BISA JUGA LOE",IF(D31="","","MIKIRNYA JGN PAKE
DENGKUL DONG"))
=IF(D32="500 kertas dalam satu rim","SIP DAH",IF(D32="","","NGACO AH"))
=IF(D33="2 mata saya yang kiri dan kanan","GILE BENER
JUGA",IF(D33="","","GILE SALAH TUH"))
=IF(D34="9 perasaan dan 1 akal pada wanita","BENUL!",IF(D34= "","","SALAH
AH..."))
=IF(D35="3 wanita dalam charlie's angels","PINTER EUY",IF(D35="","","SALAH
O'ON..."))
=IF(D36="2 lobang pada sebuah bolongator","JAGOAN LAH",IF(D36= "","","SALAH
O'ON..."))
=IF(D37="2 kaki pada ayam","SIP DAH",IF(D37="","","NGACCOOOO O…."))
=IF(D38="11 orang pada sebuah tim sepak bola","OK",IF(D38="","" ,"COBA
LAGI"))
=IF(D39="2 wanita dan 1 pria dalam cinta segitiga","BENER, GITU
DONG...",IF(D39="","" ,"COBA LAGI ON !"))
=IF(D40="20 buah dalam satu kodi","BUSYET BENER",IF(D40="","","UDAH MIKIR
SALAH LAGI!"))
=IF(D41="4 sehat 5 sempurna","OK LAH",IF(D41="","","TANYA ORG LAIN GIH !"))
=IF(D42="2 warna pada bendera indonesia","BENAR",IF( D42="","" ,"SALAH") )
=IF(D43="1 wanita dan 2 pria dalam perselingkuhan","JAGOAN
LAH",IF(D43="","","COBA PIKIR LAGI"))
2011/10/1 <agung_widodo@sanyo.com >
>
> Para rekan sekalian,
> Saya membutuhkan modul untuk training,
> Dimana materi akan dibuat semacam quiz dalam Excel yang senada seperti
quiz lama yang ada dalam lampiran
> Adakah yang mempunyai coding atau formulanya.
> Kiranya ada yang berkenan berbagi,
> Hal ini untuk dipelajari dan disesuaikan dengan Materi Training kami.
> Nggak mirip banget seperti lampiran juga nggak apa-apa.
> Buat yang belum pernah terima file seperti terlampir,
> Bisa dijadikan rekreasi Excel,
> Biar puyeng, penasaran tapi bisa cengar-cengir juga.
>
> Semoga bermanfaat.
> Wassalam
- 9.1.
-
File - Peraturan Milis belajar-excel
Posted by: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com
Sat Oct 1, 2011 1:10 am (PDT)
"PERATURAN MILIS belajar-excel"
--------------------- --------- -
Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.
Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated"
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.
Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.
Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.
Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.
Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:
SANGAT DIHARAPKAN:
==================
(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.
(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.
(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)
(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.
SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
===================== ===
(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.
(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).
(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).
(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.
(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.
LAIN LAIN:
==========
Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
--------------------- --------- --------- ------
(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)
(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan" dsb, hanya akan merusak 'Thread' (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.
Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.
(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.
(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting' (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.
'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.
(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.
Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).
Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".
Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan", tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.
Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.
VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.
Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.
Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri' (jalur pribadi).
Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------- --------- --------- -----
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators
Hak dan wewenang Moderators
--------------------- ------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.
Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
--------------------- --------- --------- --------
Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.
Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette".
Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes", tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.
Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".
--------------------- --------- --------- -----[rev: 13mar2010 / ctv]-----
- 10a.
-
Memilih formula yang digunakan
Posted by: ""imar"" imar.ap@gmail.com baz.giglo
Sat Oct 1, 2011 2:26 am (PDT)
Dear rekan2
dapatkah formula yang akan digunakan dipilih dengan option button? (file terlampir)
//br
- i m a r - - 10b.
-
Re: Memilih formula yang digunakan
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Sat Oct 1, 2011 2:37 am (PDT)
bisa
=IF(B19,
SUMPRODUCT(($B$4:$B$9= $B13)*($C$ 3:$N$3=C$ 11)*($C$4: $N$9)),
OFFSET($B$3,MATCH($B12, $B$4:$B$8, 0),MATCH( C$11,$C$3: $F$3,0)))
dimana B19 adalah Nilai dari OptionButton 1 (B19 dijadikan LinkedCell dari
OptionButton 1)
pada prinsipnya Option button hanya menyajikan nilai TRUE / FALSE
dan hasil tsb dipakai sebagai [LogicalTest] yaitu argument#1 pada fungsi IF
(kebetulan formula yg mau diganti ganti hanya 2, jadi dengan IF sederhana
sudah terselesaikan
2011/10/1 "imar" <imar.ap@gmail.com >
> **
>
> Dear rekan2
> dapatkah formula yang akan digunakan dipilih dengan option button? (file
> terlampir)
>
> //br
>
> - i m a r -
>
>
- 11.
-
RE:Re: [belajar-excel] Memilih formula yang digunakan
Posted by: ""andre prisuasetio"" imar.ap@gmail.com baz.giglo
Sat Oct 1, 2011 5:33 am (PDT)
Terima kasih mba dev, saya mikir nya terlalu jelimet, yang saya pikirkan menempatkan formula yang ditulis di tempat lain (D19 & D20) di copy ke C12 (mungkinkah?)
//br
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar