Messages In This Digest (25 Messages)
- 1a.
- Re: Rekap data From: Kid Mr.
- 2a.
- Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Asseggaf
- 2b.
- Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Haps
- 2c.
- Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Syamsudin Syamsudin
- 2d.
- Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
- 2e.
- Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Muhammad Assegaf
- 2f.
- Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Haps
- 3a.
- Membuat Grafik di Excel From: neki chan
- 3b.
- Re: Membuat Grafik di Excel From: hendrik karnadi
- 3c.
- Re: Membuat Grafik di Excel From: zainul ulum <
> - 3d.
- Re: Membuat Grafik di Excel From: neki chan
- 3e.
- Re: Membuat Grafik di Excel From: Haps
- 3f.
- Re: Membuat Grafik di Excel From: neki chan
- 4a.
- Bls: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_l From: Suhendra St
- 5a.
- Re: mail merge dgn spinbox From: Simonne Manuella
- 6a.
- Re: Memunculkan data filter yang terkadang sulit From: prabowoseptyobimo
- 7a.
- Re: lockup dan formula.xls From: stefen
- 7b.
- Re: lockup dan formula.xls From: Haps
- 8a.
- Bls: [belajar-excel] Macro excel copy data ke posisi terakhir From: Dewan Deya
- 8b.
- Re: Macro excel copy data ke posisi terakhir From: Haps
- 9.
- membedakan format "mm" untuk MINUTE dan untuk MONTH From: Udin Haeruddin
- 10a.
- Fwd: Broken Y Axis From: STDEV(i)
- 10b.
- Re: Broken Y Axis From: STDEV(i)
- 11a.
- Membuat Rangking Kelas From: wawan tawon
- 11b.
- Re: Membuat Rangking Kelas From: STDEV(i)
Messages
- 1a.
-
Re: Rekap data
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Oct 17, 2011 7:04 am (PDT)
Untuk bahan renungan, menggunakan cara yang butuh kolom bantu saja ya.
Kolom bantu ada di kolom J mulai J4. Data hasil summary ada di kolom K mulai
K4. Cell K3 adalah header data hasil summary.
Ini adalah array formula di kolom bantu (cell J4). Karena array formula,
maka enter dengan Ctrl Shift Enter.
=*MIN(* *IF(* * COUNTIF($K$3:$K3,$C$4: $E$7) ** , "" ** , ( * *
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$ 3)* * )* **1000* + *COLUMN($C$4: $E$7)-COLUMN( $B$3)* *
**)** * * )*
Bahasa manusianya :
"Cari nilai terendah [MIN] dari nilai-nilai hasil suatu kalkulasi berdasar
kondisi [IF], yang kondisinya adalah jumlah cacah dengan 1 kriteria
[COUNTIF], dari nilai-nilai data [*$C$4:$E$7*] yang terdapat di hasil
summary (mulai dari header) [*$K$3:$K3*] yang bergerak dinamis running
(perhatikan penggunaan absolute reference -- karakter $ -- pada sisi baris).
Ketika kondisi itu (yang hasil CountIF) *bukan nol* (bernilai TRUE), maka
hasil kalkulasi kondisi [IF] adalah NULLSTRING [""] . Sedangkan ketika
hasilnya adalah *nol *(bernilai FALSE), maka hasil kondisi [IF] adalah
nilai-nilai kombinasi indeks posisi data dengan susunan nilai_index_baris
diikuti 3 digit nilai_indeks_kolom data [* ( * *ROW($C$4:$E$ 7)-ROW($B$ 3)*
* )* **1000* + *COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN( $B$3) *] "
Jadi, hasilnya berupa nilai komposit dengan struktur RRRRCCC [R = indeks
baris; C = indeks kolom] seperti nilai 1001 yang berarti data dengan indeks
baris 1 dan indeks kolom 001
Fungsi perkalian 1000 [**1000*] adalah untuk mendapatkan indeks kolom yang
selalu terdiri atas 3 digit, seperti 001 di atas.
Nilai komposit ini adalah nilai posisi data yang belum ada di hasil summary
(berdasar fungsi COUNTIF).
Karena parameter kriteria pada COUNTIF adalah berupa array data, maka
formula harus menjadi array formula, yang artinya, harus di-Enter dengan 3
tombol yaitu Ctrl Shift Enter.
Setelah kolom helper didapatkan, maka *pengambilan *data berdasar nilai
komposit bisa dilakukan menggunakan fungsi Index.
Fungsi Index memiliki syntax :
=Index( array_data_yang_akan_*diambil* ,
nilai_indeks_baris_si_ data_yang_ akan_*diambil * ,
nilai_indeks_kolom_si_ data_yang_ akan_
*diambil* )
** penggunaan kata diambil atau pengambilan di atas, untuk kondisi
membutuhkan nilai dari si range yang dirujuk.
Artinya : fungsi Index adalah fungsi lookup and reference yang hasilnya
adalah sebuah object (benda) berupa range atau item array. Tentu di benda
atau item array itu ada nilai propertinya, yang akan diambil itu tadi.
Oleh sebab itu, pada hasil summary diberi formula :
=IF( N(J4) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(J4/1000) , RIGHT(J4,3) )* ,
"" )
Bagian yang di-bold adalah pokok formula pengambilan data sebagai hasil
summary
Fungsi N digunakan untuk mengambil nilai numerik suatu ekspresi atau nilai
data.
Hasil array formula di kolom helper akan menghasilkan 0 bila data unique
telah tersusun semua di hasil summary.
Pada fungsi kondisi [IF], ketika kondisi bukan nol, maka akan bernilai TRUE.
Kondisi bernilai nol, maka kondisi bernilai FALSE.
Ketika fungsi N menghasilkan 0 (karena nilai kolom helper bernilai 0 atau
berupa teks), maka kondisinya [IF] bernilai FALSE dan akan menghasilkan
NULLSTRING. Jika tidak, maka fungsi Index akan dikalkulasi.
Hasil di kolom helper selalu tetap, yaitu RRRRCCC.
Oleh sebab itu untuk nilai_indeks_baris_si_ data_yang_ akan_*diambil* bisa
didapat dengan *INT(J4/1000)* karena fungsi INT yang membulatkan kebawah,
sedangkan pembagian 1000 [ *J4/1000* ] adalah untuk menghilangkan sisi nilai
indeks kolom yang tersimpan dalam nilai hasil kolom helper.
Untuk nilai_indeks_kolom_si_ data_yang_ akan_*diambil* bisa didapat dengan *
RIGHT(J4,3)* karena susunan RRRRCCC selalu tetap pada sisi indeks kolom yang
selalu 3 digit (akibat perkalian 1000 -- masih ingatkan)
Demikian cerita singkat sebagai dongeng sebelum tidur.
*Setelah bosan dengan cerita dengan kolom bantu *;)
Nah, bagaimanakah dengan cara menyusun array formula tanpa kolom bantu di
kolom L ?
Perhatikan array formula helper :
=*MIN(* *IF(* * COUNTIF($K$3:$K3,$C$4: $E$7) ** , "" ** , ( * *
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$ 3)* * )* **1000* + *COLUMN($C$4: $E$7)-COLUMN( $B$3)* *
**)** * * )*
dan formula pengambil nilai data :
=IF( N(J4) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(J4/1000) , RIGHT(J4,3) )* ,
"" )
Karena hasil summary nanti ada dikolom L (mulai L4), maka semua rujukan ke
kolom K, yaitu pada bagian CountIF di array formula helper, harus diubah
menjadi merujuk ke kolom L, yang menjadi :
=*MIN(* *IF(* * COUNTIF($L$3:$L3,$C$4: $E$7) ** , "" ** , ( * *
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$ 3)* * )* **1000* + *COLUMN($C$4: $E$7)-COLUMN( $B$3)* *
**)** * * )*
Kemudian, pada formula pengambil data yang merujuk ke J4 (alias hasil kolom
helper) harus diganti (di-substitusi) dengan susunan formula yang baru
diperbaiki tadi (dari K jadi L).
Maka formula :
=IF( N(J4) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(J4/1000) , RIGHT(J4,3) )* ,
"" )
akan berubah menjadi :
=IF( N(* MIN(** IF( COUNTIF($L$3:$L3,$C$4: $E$7) , "" , (
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$ 3) ) *1000 + COLUMN($C$4: $E$7)-COLUMN( $B$3) ) )
* ) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(** MIN(** IF( COUNTIF($L$3:$L3,$C$4: $E$7) , ""
, ( ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$ 3) ) *1000 + COLUMN($C$4: $E$7)-COLUMN( $B$3)
) ) **/1000) , RIGHT( **MIN( IF( COUNTIF($L$3:$L3,$C$4: $E$7) , ""
, ( ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$ 3) ) *1000 + COLUMN($C$4: $E$7)-COLUMN( $B$3)
) )** ,3) )* , "" )
Kira-kira demikianlah.
Regards.
Kid.
2011/10/17 hasna <hasna26@gmail.com >
> **
>
>
> Dear Master,
>
> Terima kasih Mr. Kid, ternyata sumproduct bisa dipakai juga sebagai
> pengganti countif. untuk kasus 1 walaupun sedikit masih bingung, tapi akan
> saya pelajari lebih lanjut.
> Sekali lagi terima kasih atas pencerahannya.
>
> hasna
> --------------------- ----
> hasna26@gmail.com
>
>
>
>
- 2a.
-
Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
Posted by: "Asseggaf" seggaf@sbtcgroup.com man_jufri
Mon Oct 17, 2011 11:16 am (PDT)
Halo guys,...
Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
- 2b.
-
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Mon Oct 17, 2011 12:38 pm (PDT)
lihat
http://www.box.net/shared/ i6odl037g9
dan
http://www.box.net/shared/ 10620633go
catatan:
di excel 2007 sebuah drawing object ternyata tidak dapat langsung
di beri formula melalui formulabar, seperti halnya di excel 2003
mungkin teman lain bisa menjelaskan... (mengapa dan bgmana cara
pengantinya)
2011/10/18 Asseggaf <seggaf@sbtcgroup.com >
> **
>
> Halo guys,...
> Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa
> mengeluarkan gambar,...
> untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
>
- 2c.
-
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
Posted by: "Syamsudin Syamsudin" syamsudin.syamsudin@cpp.co.id
Mon Oct 17, 2011 11:09 pm (PDT)
Halo juga fren...
Ini salah satu contoh lookup picture....
Kalo formulanya ...tanya ke bu siti vi ya...
From: belajar-excel@yahoogroups. On Behalf Of Asseggafcom
Sent: 18 Oktober 2011 1:17
Halo guys,...
Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
- 2d.
-
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
Posted by: "belajar-excel-owner@yahoogroups.com" belajar-excel-owner@yahoogroups.com
Mon Oct 17, 2011 11:34 pm (PDT)
waduh... pak syamsudin pasti lupa ya..??!
lampirannya kok sampai 1 mega, gimana atuh..
(milis mengatur agar lampiran max 250 KB)
===Mods===
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Syamsudin Syamsudin <syamsudin.syamsudicom n@...> wrote:
>
> Halo juga fren...
>
> Ini salah satu contoh lookup picture....
> Kalo formulanya ...tanya ke bu siti vi ya...
>
>
> From: belajar-excel@yahoogroups. On Behalf Of Asseggafcom
> Sent: 18 Oktober 2011 1:17
> Halo guys,...
> Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
> untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
- 2e.
-
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com man_jufri
Tue Oct 18, 2011 12:41 am (PDT)
Saya sudah mencobanya tapi belum berhasil.
sepertinya saya bermasalah disaat saya mau membuat formula di gambar tersebut.
Saya lampirkan contoh filenya, saya sudah mengikuti semua langkah, apa ada yang kurang ?
----- Original Message -----
From: Haps
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Monday, October 17, 2011 10:38 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
lihat
http://www.box.net/shared/ i6odl037g9
dan
http://www.box.net/shared/ 10620633go
catatan:
di excel 2007 sebuah drawing object ternyata tidak dapat langsung
di beri formula melalui formulabar, seperti halnya di excel 2003
mungkin teman lain bisa menjelaskan... (mengapa dan bgmana cara
pengantinya)
2011/10/18 Asseggaf <seggaf@sbtcgroup.com >
Halo guys,...
Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
- 2f.
-
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Tue Oct 18, 2011 1:31 am (PDT)
lihat lampiran..
2011/10/18 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
>
> Saya sudah mencobanya tapi belum berhasil.
> sepertinya saya bermasalah disaat saya mau membuat formula di gambar
tersebut.
> Saya lampirkan contoh filenya, saya sudah mengikuti semua langkah, apa ada
yang kurang ?
>
> ----- Original Message -----
> From: Haps
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
> Sent: Monday, October 17, 2011 10:38 PM
> Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan
vlookup ?
>
>
> lihat
> http://www.box.net/shared/ i6odl037g9
> dan
> http://www.box.net/shared/ 10620633go
> catatan:
> di excel 2007 sebuah drawing object ternyata tidak dapat langsung
> di beri formula melalui formulabar, seperti halnya di excel 2003
> mungkin teman lain bisa menjelaskan... (mengapa dan bgmana cara
> pengantinya)
>
>
> 2011/10/18 Asseggaf <seggaf@sbtcgroup.com >
>>
>> Halo guys,...
>> Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa
mengeluarkan gambar,...
>> untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
- 3a.
-
Membuat Grafik di Excel
Posted by: "neki chan" neki.arismi@gmail.com daamoyof_neki
Mon Oct 17, 2011 9:54 pm (PDT)
Dear be-excellers,
Misal saya mempunyai satu tabel penjualan dan akan dibuatkan grafiknya
Dari tabel tersebut ada satu customer yang penjualannya jomplang dibanding
cust lain
Sehingga grafik yang dihasilkan pun terlihat jomplang antara customer 1
dengan customer yang lain
Yang mau saya tanyakan apakah settingan untuk sumbu y itu bisa di atur
manual?
Atau bisakah grafik tersebut dibuat lebih manusiawi :D
Agar si pembaca bisa melihat dengan baik dan jelas
Contoh kasus bisa dilihat dilampiran
Terima kasih sebelumnya
--
-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
- 3b.
-
Re: Membuat Grafik di Excel
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Mon Oct 17, 2011 11:43 pm (PDT)
Untuk kasus ini, mungkin pakai Pie Chart lebih "manusiawi"
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: neki chan <neki.arismi@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Tuesday, 18 October 2011 11:54 AM
Subject: [belajar-excel] Membuat Grafik di Excel
--
-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
Dear be-excellers,
Misal saya mempunyai satu tabel penjualan dan akan dibuatkan grafiknya
Dari tabel tersebut ada satu customer yang penjualannya jomplang dibanding cust lain
Sehingga grafik yang dihasilkan pun terlihat jomplang antara customer 1 dengan customer yang lain
Yang mau saya tanyakan apakah settingan untuk sumbu y itu bisa di atur manual?
Atau bisakah grafik tersebut dibuat lebih manusiawi :D
Agar si pembaca bisa melihat dengan baik dan jelas
Contoh kasus bisa dilihat dilampiran
Terima kasih sebelumnya
- 3c.
-
Re: Membuat Grafik di Excel
Posted by: "zainul ulum <
>" zainul_ulum@yahoo.com zainul_ulum Tue Oct 18, 2011 12:05 am (PDT)
Coba set y axis ke logarithmic scale
From: neki chan <neki.arismi@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Tuesday, 18 October 2011 11:54 AM
Subject: [belajar-excel] Membuat Grafik di Excel
Dear be-excellers,
Misal saya mempunyai satu tabel penjualan dan akan dibuatkan grafiknya
Dari tabel tersebut ada satu customer yang penjualannya jomplang dibanding cust lain
Sehingga grafik yang dihasilkan pun terlihat jomplang antara customer 1 dengan customer yang lain
Yang mau saya tanyakan apakah settingan untuk sumbu y itu bisa di atur manual?
Atau bisakah grafik tersebut dibuat lebih manusiawi :D
Agar si pembaca bisa melihat dengan baik dan jelas
Contoh kasus bisa dilihat dilampiran
Terima kasih sebelumnya
--
-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
- 3d.
-
Re: Membuat Grafik di Excel
Posted by: "neki chan" neki.arismi@gmail.com daamoyof_neki
Tue Oct 18, 2011 12:22 am (PDT)
@pa hendrik : untuk pie chart bagus juga, tapi tampaknya kurang manusiawi
juga kalo data customernya ada banyak :D
@pa zainul : option diatas bisa disetting dimana yah ? saya pakai office
2007
--
-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
- 3e.
-
Re: Membuat Grafik di Excel
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Tue Oct 18, 2011 12:35 am (PDT)
oo... jadi sekarang (mulai di excel 2010 kah ?)
kata "manusiawi" dlm suatu chart sudah ada deskripsinya lengkap dan berlaku
UMUM ya..
( sehingga jika 'meleset dikit' bisa dengan mudah diberi status: FALSE /
TRUE )
sampai saat ini saya hanya bisa pakai 2003, mau pindah ke 2007 atau 2010,
tetapi
"yang 2003" pun belum "hafal" & tahu semua...
:D
cmiiw.
2011/10/18 neki chan <neki.arismi@gmail.com >
> **
>
> @pa hendrik : untuk pie chart bagus juga, tapi tampaknya* kurang manusiawi
> juga* kalo data customernya ada banyak :D
> @pa zainul : option diatas bisa disetting dimana yah ? saya pakai office
> 2007
>
>
>
- 3f.
-
Re: Membuat Grafik di Excel
Posted by: "neki chan" neki.arismi@gmail.com daamoyof_neki
Tue Oct 18, 2011 12:44 am (PDT)
hihihihihi ... bahasa lainnya apa yah :D abisnya lagi keabisan ide untuk
kata2nya :P
oia, saya sudah ketemu untuk setting format axis nya , ternyata tinggal di
klik sumbu x / y pada chartnya > klik kanan > format axis
2011/10/18 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
> **
>
>
> oo... jadi sekarang (mulai di excel 2010 kah ?)
> kata "manusiawi" dlm suatu chart sudah ada deskripsinya lengkap dan berlaku
> UMUM ya..
> ( sehingga jika 'meleset dikit' bisa dengan mudah diberi status: FALSE /
> TRUE )
> sampai saat ini saya hanya bisa pakai 2003, mau pindah ke 2007 atau 2010,
> tetapi
> "yang 2003" pun belum "hafal" & tahu semua...
>
> :D
> cmiiw.
>
>
>
> 2011/10/18 neki chan <neki.arismi@gmail.com >
>
>> **
>>
>> @pa hendrik : untuk pie chart bagus juga, tapi tampaknya* kurang
>> manusiawi juga* kalo data customernya ada banyak :D
>> @pa zainul : option diatas bisa disetting dimana yah ? saya pakai office
>> 2007
>>
>>
>>
>
--
-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
- 4a.
-
Bls: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_l
Posted by: "Suhendra St" susu_belajar@yahoo.com susu_belajar
Mon Oct 17, 2011 11:08 pm (PDT)
baik, terima kasih ya atas pencerahannya pak Kid...coz sesuai maksud yg dituju
itu sangat membantu n menginspirasi...
tengkyu...
_____________________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Dikirim: Senin, 17 Oktober 2011 19:01
Jadi, dengan asumsi posisinya tetap,
Cara1 : buat sebuah kolom penanda. misal nomor grup. Kemudian hitung berdasar penanda tersebut. Karena data hanya yang positif saja, maka array formula :
=AVERAGE(IF((P20:P32= 1)*(A20:A32> 0),A20:A32) )
Lihat file terlampir agar lebih jelas.
Cara2 : dengan array formula langsung tanpa kolom bantu.
=AVERAGE(IF(ISNUMBER( MATCH(ROW( A20:A32)- ROW(A19), {1,3,5,7} ,0))*(A20: A32>0),A20: A32))
Bagian yang di-bold, bisa dituangkan dalam bentuk tabel nomor-nomor index baris data yang akan di rerata. Dengan begitu, maka proses rerata masih bisa bersifat agak dinamis.
;)
Regards.
Kid.
2011/10/17 Suhendra St <susu_belajar@yahoo.com >
>
>pak Kid
>
>karena di antara list nilai2 yg ada misalnya dlm tabel tersebut, nilai "yang berwarna kuning" (posisinya pada cell tertentu tsb, mungkin bisa dibilang tetap utk mempermudahnya x ya jgn yg fleksible) yang ingin saya cari nilai rata2 nya pak kid...
>
>
>(dengan catatan, warna kuning hanya sebagai cth penandaan saja dan tidak terpengaruh dlm perhitungn atau sbg kreteria)
>
>
>kalau bisa solusinya dengan formula ya pak, bukan dengan VBA spt yg bu siti kasih
>maklum ilmu msih terbatas mslh begituan
>
>terima kasih byk sblumnya
>
- 5a.
-
Re: mail merge dgn spinbox
Posted by: "Simonne Manuella" simonne_manuella@yahoo.co.uk simonne_manuella
Mon Oct 17, 2011 11:14 pm (PDT)
@STDEV(i): terima kasih, solusinya kemarin sangat membantu,
mbak, tolong dong dijelasin kpn pake index match, index, ato cukup pke
vlookup aja? thx u
selagi ingat, saya tambah 1 lg pertanyaan,
gimana menggabungkan hasil 2 cell yg pakai rumus index namun berbeda hasil (1 cell mengambil nilai date dan 1 cell lainnya mengambil nilai text/string) dpt ditampilkan pada 1 cell? karena hasil datenya pasti yg date berubah (misal 1 okt 10 jd 24445)
saya udah coba pakai &","& diantara 2 rumus index-nya, terimakasih ya atas bantuannya
--- On Mon, 17/10/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com > wrote:
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Date: Monday, 17 October, 2011, 15:34
coba semua rumus yg tergantung nilsi spin button diganti sperti ini
=INDEX('proses dupak hpak pak sk'!$D$6:$CF$11,$K$14, 1)
nilai K14 tidak perlu dicari lagi dengan MATCH(K14,J6:J11,0)
karena dia sendiri sudah merupakan INDEX baris (angka urutyg kit anggap mewakili nomor baris data) bukan mewakili nomor NIP
Ttapi karena K14 sebenarnya akan anda pakai untuk memunculkan NIP
maka nilai SPINBUTTON dapat anda pindah misalnya keluar form di P14barulah di K14 dimunculkan NIP dengan�
=INDEX('proses dupak hpak pak sk'!$D$6:$CF$11,$P$14, 7)
rumus lain boleh tetap merujuk P4�(nilai SpinButtton sbg index Baris) sebagai kuncinya (dengan fungsi INDEX atau bisa juga dengan OFFSET)
atau�
anda dapat menggantinya daengan VLOOKUP tetapi kuncinya(look up value nya) adalah K14 (NIP)
mudah-mudahan seperti itu yg dimaksudkan...
- 6a.
-
Re: Memunculkan data filter yang terkadang sulit
Posted by: "prabowoseptyobimo" prabowoseptyobimo@yahoo.com prabowoseptyobimo
Mon Oct 17, 2011 11:15 pm (PDT)
trims infonya mas
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Franciscus SOG <jclugbu@...com > wrote:
>
> Dear Prabowo,
> Karena tabel anda bukan berupa struktur database, maka tidak dapat
> difilter dalam kondisi merge cells (cells tidak sehat).
>
> Solusi :
> 1. Unmerge cells dahulu seluruh header yang akan difilter,
> 2. Tempatkan filter di header paling bawah, dalam kasus ini baris header ke 2.
> 3. Baru di merge cells kembali sesuai selera anda.
>
> Blessings,
> Fran'z
- 7a.
-
Re: lockup dan formula.xls
Posted by: "stefen" stefen@kofi.co.id
Mon Oct 17, 2011 11:19 pm (PDT)
Selamat pagi.
Oh ya mbak guru Stdev(i) minta maaf karena salah lagi.
Yang di maksud dengan parts ya itu nama nama item yg saya tulis.
Mungkin pertanyaan bisa saya rubah sedikit, yang saya maksud adalah jika
produk atas parts tersebut tidak produksi selama 3 bulan dan pada bulan ke-4
di produksi lagi maka ada semacam Signal bahwa cell tersebut menjadi merah
atau ada tulisan " produk ini harus di Hatsumono).soalnya di tempat saya
bekerja ada ketemtuan jika produk tersebut tidak di proses sekian lama maka
harus di lakukan Hatsumono atau Re-trial.
Mohon bantuannya
Thanks
_____
From: belajar-excel@yahoogroups. com
On Behalf Of STDEV(i)
Sent: 17 October 2011 07:24
2011/10/17 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
(1) aktifkan sheet RESULT
(2) Select / blok: range H6:AA22
(3) klik menu: Format > Conditional Formatting
(4) buat kondisi dengan FORMULA IS =SUM(C6:H6) = 0
berikan format misalnya pattern/backround merah
cond format 3 bulan nganggur.PNG
sebelumnya ndak ada tulisan "part" (ditabel judul kolom C kan juga
dikosongkan), kok tiba-tiba ada kata, "PART TERSEBUT", jadi kita agak binun' nih..:
yg namanya part itu yang mana ?, kan tidak semua orang disini bekerja di kofi sehingga bisa melihat "data angka tertentu" lalu langsung tahu: nah itu = "PART" !!
(ini gak seriyus, hanya bercanda sebentar... he he...)
- 7b.
-
Re: lockup dan formula.xls
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Tue Oct 18, 2011 12:24 am (PDT)
maaf berhubung person yg dituju sedang "off-air"....
bantuannya : kemarin sudah diberikan berupa *contoh gambar*
*cara mengaplikasikan conditional formatting berikut RUMUS Kondisnya*
apakah sudah dicoba ?
apakah hasilnya tidak sesuai ? (sebelum permintaan ber-Ubah)
(dlm email pak stefen 18okt tidak memberi kabar penting itu..)
contoh conditional formatting pada workbook terlampir adalah jawaban
SEBELUM permintaan pak stefen ber-*Ubah .*
*
*
untuk meng*-Ubah* tanda merah bukan mulai di bulan ke3 tetapi
mulai bulan ke4 (bila terjadi : "3bulan kosong produksi") tentunya tinggal
mengubah
sedikit besarannya atau range rujukannya..
kita mengharapkan jika pak stefan kembali ke masalah ini lagi ( karena
jawaban belum sesuai) mohon agar KEINGINANNYA DIGAMBARKAN SECARA
VISSUAL di sheet; agar kita tidak salah tangkap mulluk...
karena "kata-kata-kata" itu bisa mendua (lain arti bagi si penulis vs si
pembaca)
cmiiw
2011/10/18 stefen <stefen@kofi.co.id >
> **
>
> Selamat pagi.
> Oh ya mbak guru Stdev(i) minta maaf karena salah lagi.
> Yang di maksud dengan parts ya itu nama nama item yg saya tulis.
> Mungkin pertanyaan bisa saya rubah sedikit, yang saya maksud adalah jika
> produk atas parts tersebut tidak produksi selama 3 bulan dan *pada bulan
> ke-4*
> di produksi lagi maka ada semacam Signal bahwa cell tersebut menjadi merah
> atau ada tulisan " produk ini harus di Hatsumono).soalnya di tempat saya
> bekerja ada ketemtuan jika produk tersebut tidak di proses sekian lama maka
> harus di lakukan Hatsumono atau Re-trial.
> Mohon bantuannya
> Thanks
>
> 2011/10/17 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
>
> * (1) aktifkan sheet RESULT
> (2) Select / blok: range H6:AA22
> (3) klik menu: Format > Conditional Formatting
> (4) buat kondisi dengan FORMULA IS =SUM(C6:H6) = 0
>
> berikan format misalnya pattern/backround merah
> *
> cond format 3 bulan nganggur.PNG
>
> sebelumnya ndak ada tulisan "part" (ditabel judul kolom C kan juga
> dikosongkan), kok tiba-tiba ada kata, "PART TERSEBUT", jadi kita agak
> binun' nih..:
> yg namanya part itu yang mana ?, kan tidak semua orang disini bekerja di
> kofi
>
sehingga bisa melihat "data angka tertentu" lalu langsung tahu: nah itu =
> "PART" !!
> * (ini gak seriyus, hanya bercanda sebentar... he he...)*
>
- 8a.
-
Bls: [belajar-excel] Macro excel copy data ke posisi terakhir
Posted by: "Dewan Deya" dwanxls@yahoo.co.id dwanxls
Mon Oct 17, 2011 11:30 pm (PDT)
B' Siti
Saya sudah coba aplikasikan listing VB nya dengan mengcreate file excel baru (nama file nya : Book121.xls). dan VB nya berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
Kemudian saya coba VB tersebut di file excel yang sudah ada (nama file excel nya : sample.xls). Terjadi error. Error 424.
Berikut listing di file sample.xls
Sub Transpose()
'
' Transpose Macro
' Matrix transpose
'
' Keyboard Shortcut: Ctrl+Shift+O
'
Dim CellTujuan1 As Range
Dim CellTujuan2 As Range
Set CellTujuan1 = Market2011.Cells(Row.Count, 2).End(xlUp) .Offset(1, 0)
Set CellTujuan2 = Market2011.Cells(Row.Count, 11).End(xlUp) .Offset(1, 0)
Master.Range("c3:c11") .Copy
CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone, SkipBlanks:= False, Transpose:=True
Master.Range("D13:D17" ).Copy
CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone, SkipBlanks:= False, Transpose:=True
End Sub
Dan dibawah ini adalah listing VB dari fileBook121.xls
Sub Macro1()
'
' Macro1 Macro
'
' Keyboard Shortcut: Ctrl+n
'
Dim CellTujuan1 As Range
Dim CellTujuan2 As Range
Set CellTujuan1 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp) .Offset(1, 0)
Set CellTujuan2 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 6).End(xlUp) .Offset(1, 0)
Sheet1.Range("d4:d8"). Copy
CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone, SkipBlanks _
=False, Transpose:=True
Sheet1.Range("D16:D20" ).Copy
CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone, SkipBlanks:= False, Transpose:=True
End Sub
Pada file Book121.xls nama sheet nya saya ubah, sheet1 menjadi master dan sheet2 menjadi index2011. Dan VB tetap bisa berjalan.
Berikut saya lampirkan ke dua file tersebut.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
_____________________ _________ __
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Dikirim: Jumat, 14 Oktober 2011 11:08
Tambahan agar tidak binun'...
Perintah lengkapnya
Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp) .Offset(2, 0)
'-- yg dicapai adalah C4
bukan hanya
Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp)
'-- yg dicapai adalah C2
kalau yg dicapai C3 kemungkinan besar:�
cell C3 ada / berisi data yg tidak tampak misalnya SPASI�
atau data ex Char(160)
atau data diformat sewarna dengan background
atau data yg diformat number custom =;;;
mohon di cek dan kami ingin mendengar khabarnya...
2011/10/14 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
ya benar pak
>itu memang terjadi salah / (kekuranga jelasan) kata-kata saya
>
>ASUMSI YG BENAR
>pada saat belum pernah terjadi pengCopy-an data
>
>C2 harusnya berisi data (apa saja, mungkin Judul Kolom)
>C3sampai C65536= kosong
>
>maksudnya
>agar kalau terjadi [End] +[Up] dari C65536, cell pointer berhenti C2
>dan karena akan di OFFSET(2, 0) maka cell popinter akan bepindah ke C4
>C4 ini adalah cell yg dlm pertanyaan sudah bapak tentukan itu.
>
>demikian pak..
>mohon dicoba coba lagi
>
>~siti - 8b.
-
Re: Macro excel copy data ke posisi terakhir
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Tue Oct 18, 2011 1:20 am (PDT)
maaf ikutan..
Procedure yg ada di module milik Workbook SAMPLE.xls
seharusnya seperti ini (bandingkan dengan teliti) vl makro tulisan pak
Dewan
Sub KopiTranspose()
Dim CellTujuan1 As Range, CellTujuan2 As Range
Set CellTujuan1 = *Sheet2*.Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp) .Offset(1, 0)
Set CellTujuan2 = *Sheet2*.Cells(Rows.Count, 11).End(xlUp) .Offset(1, 0)
*Sheets("Master")*.Range( "c3:c11") .Copy
CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, _
Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True
*Sheets("Master")*.Range( "D13:D17" ).Copy
CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, _
Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True
End Sub
sepertinya bapak harus membaca helpnya, bgmana cara merujuk sheet
(ada beberapa cara)
- dengan menyebut indexnya* Sheets(1) , Sheets(6) dst..*
- dengan menyebut NAMA nya* Sheets("NamaSheet") , Sheets("Sheet10" )*
-dengan menyebut CodeName nya * Sheet1 , Sheet32, dst*
. dengan mengexpresikan object sheet tsb (banyak cara)
misalnya *CellTujuan1.Parent.Range( "A1:A1000" )*
adalah object range yg berada di sheet2 (yaitu sheet yg menjadi induk
(parent)
bagi range yg bernama CellTujuan1
dst...
-hapsari-
2011/10/18 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
> **
>
> B' Siti
> Saya sudah coba aplikasikan listing VB nya dengan mengcreate file excel
> baru (nama file nya : Book121.xls). dan VB nya berhasil sesuai dengan yang
> diharapkan.
>
> Kemudian saya coba VB tersebut di file excel yang sudah ada (nama file
> excel nya : sample.xls). Terjadi error. Error 424.
>
> Berikut listing di file sample.xls
>
> Sub Transpose()
> '
> ' Transpose Macro
> ' Matrix transpose
> '
> ' Keyboard Shortcut: Ctrl+Shift+O
> '
> Dim CellTujuan1 As Range
> Dim CellTujuan2 As Range
>
> Set CellTujuan1 =* Market2011*.Cells(Row. Count, 2).End(xlUp) .Offset(1, 0)
> Set CellTujuan2 = *Market2011*.Cells(Row. Count, 11).End(xlUp) .Offset(1, 0)
>
> Master.Range("c3:c11") .Copy
> CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks:=False, Transpose:=True
>
> Master.Range("D13:D17" ).Copy
> CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks:=False, Transpose:=True
> End Sub
>
> Dan dibawah ini adalah listing VB dari fileBook121.xls
>
> Sub Macro1()
> '
> ' Macro1 Macro
> '
> ' Keyboard Shortcut: Ctrl+n
> '
> Dim CellTujuan1 As Range
> Dim CellTujuan2 As Range
>
> Set CellTujuan1 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp) .Offset(1, 0)
> Set CellTujuan2 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 6).End(xlUp) .Offset(1, 0)
>
> Sheet1.Range("d4:d8"). Copy
> CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks _
> =False, Transpose:=True
>
> Sheet1.Range("D16:D20" ).Copy
> CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValue s, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks:=False, Transpose:=True
>
> End Sub
>
> Pada file Book121.xls nama sheet nya saya ubah, sheet1 menjadi master dan
> sheet2 menjadi index2011. Dan VB tetap bisa berjalan.
> Berikut saya lampirkan ke dua file tersebut.
>
> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
>
- 9.
-
membedakan format "mm" untuk MINUTE dan untuk MONTH
Posted by: "Udin Haeruddin" herumamuda@gmail.com ruddin1795
Tue Oct 18, 2011 12:56 am (PDT)
Wahai para BeExceller....!
Misal di sel *F5* ada data *07:15:00*. Saya ingin memformat sel *F5* agar
yang tampil hanya MENITnya saja.
Saya memformatnya dengan Custom Formatting yakni :"*mm*". Yang muncul di
layar justru bulan / *MONTH* dari data tersebut yakni *01, *bukan *15.*
Sebenarnya tanpa diformat, tapi pake Formula dan hasilnya ditempatkan di sel
lain, bisa. Namun, pengennya hanya diformat saja.
Mohon pencerahan.....!
--
====== Haeruddin, S.Pd ======
- 10a.
-
Fwd: Broken Y Axis
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Tue Oct 18, 2011 2:30 am (PDT)
berikut ini pertanyaan dari member tapi salah kirim ke alamat moderator
terima kasih pak dezacki,
untuk posting ke milis ini selanjutnya mohon ditujukan ke alamat milis
*belajar-excel@yahoogroups. *com
lihat penjelasan di footer..
===================== ========= ========= ===
from dezacki grimripperz@gmail.com
via<http://mail.google.com/ >support/bin/ answer.py? hl=en&ctx= mail&answer= 1311182
yahoogroups.com to belajar-excel- owner@yahoogroup s.com
date Tue, Oct 18, 2011 at 9:49 AM subject Broken Y Axis mailed-by
returns.groups.yahoo.com signed-by yahoogroups. com
---------- Forwarded message ----------
From: dezacki <grimripperz@gmail.com >
Date: 2011/10/18
Subject: Broken Y Axis
To: belajar-excel-owner@yahoogroup s.com
Dear Be-Excel,
Berikut chart dengan nominal data yang terpaut jauh, saya sudah coba membuat
y axis terpenggal seperti file terlampir.
Tetapi masih kurang sempurna, karena tampilan tidak sesuai dengan yang saya
harapkan. Bagaimana caranya agar
target ppm tetap terlihat sesuai dengan axisnya.
thanks
-zaki-
- 10b.
-
Re: Broken Y Axis
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Tue Oct 18, 2011 3:40 am (PDT)
Sambil menunggu tanggapan dari members lain, kita bisa lihat lihat dulu
beberapa tutorialnya
http://peltiertech.com/Excel/ Charts/BrokenYAx is.
http://chandoo.org/wp/2010/ 08/20/charts- with-small- and-large- values/
http://www.ozgrid.com/Excel/ broken-axis- col.htm
2011/10/18 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
> berikut ini pertanyaan dari member tapi salah kirim ke alamat moderator
> terima kasih pak dezacki,
> untuk posting ke milis ini selanjutnya mohon ditujukan ke alamat milis
> *belajar-excel@yahoogroups. *com
> lihat penjelasan di footer..
>
>
> ===================== ========= ========= ===
> from dezacki grimripperz@gmail.com via yahoogroups.com
> to belajar-excel-owner@yahoogroup s.com
> date Tue, Oct 18, 2011 at 9:49 AM
> subject Broken Y Axis
> mailed-by returns.groups.yahoo.com
> signed-by yahoogroups.com
>
> ---------- Forwarded message ----------
> From: dezacki <grimripperz@gmail.com >
> Date: 2011/10/18
> Subject: Broken Y Axis
> To: belajar-excel-owner@yahoogroup s.com
>
> Dear Be-Excel,
> Berikut chart dengan nominal data yang terpaut jauh, saya sudah coba
> membuat y axis terpenggal seperti file terlampir.
> Tetapi masih kurang sempurna, karena tampilan tidak sesuai dengan yang saya
> harapkan. Bagaimana caranya agar
> target ppm tetap terlihat sesuai dengan axisnya.
>
> thanks
>
> -zaki-
>
>
- 11a.
-
Membuat Rangking Kelas
Posted by: "wawan tawon" tawon_cbr@yahoo.co.id tawon_cbr
Tue Oct 18, 2011 3:08 am (PDT)
Selamat sore,
Mohon maaf sebelumnya pabila sudah ada topik yg sama telah lebih dulu di bahas pada milis ini.
Yang ingin saya ketahui adalah Apakah ada formula lain selain =RANK(Number, Ref, order) yang dapat digunakan utk menentukan perengkingan siswa kelas. Hal ini karena bila menggunakan formula tadi maka apabila ada siswa yang mempunyai nilai yg sama akan terjadi "Perengkingan loncat".
Mohon kiranya sudi membagi bantuannya kepada saya.
TYVM
- 11b.
-
Re: Membuat Rangking Kelas
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Tue Oct 18, 2011 4:11 am (PDT)
Kalau inginnya cara biasa:
Menu (Tab) *Data > SORT*
Tabel di-Sort, Descendng (menurun), kolom nilai sebagai kolom kunci
Nomor rangking dibuat sendiri atau dengan formula ROW(1:N)
Kalau tidak ingin setiap kali me SORT
Formula bisa menghasilkan data (di kolom lain) yg hasilnya seperti DI SORT.
Untuk hal seperti ini Fungsi utama yg akan dipakai adalah fungsi LARGE
(sorting menurun, descending) atau SMALL (sorting menaik, ascending)
Seandainya pak Tawon berkenan mengajukan CONTOH datanya dalm workbook
(sedikiiiiittt saja deh), formula akan dapat dipraktekkan oleh penjawab ke
dalam
workbook yg bapak ajukan itu (kalau si penjawab membuat sendiri workbook
nya kayaknya tidak terlalu lucu dan bisa salah, tidak sesuai denan
keperluan
yg bapak Tawon hadapi)
Btw, klik *di sini* <http://www.box.net/shared/ > ada contohocsgtf5517
tetapi pakai makro, bisa untuk sekedar hiburan;
bapak unduh /download dulu (guratis..), kemudian docoba-coba...
(nama file RankingReport atas
DaftarNilaiSiswa.zip<http://www.box. net/shared/ >,ocsgtf5517
33 KB )
Sebelum menjalankan file ini sebaiknya baca-baka dulu "mukadimahnya"
yg pernah diposted di milis sebelah:
http://tech.groups.yahoo. com/group/ XL-mania/ message/18164
mungkin in perlu juga:
http://tech.groups.yahoo. com/group/ XL-mania/ message/18958
2011/10/18 wawan tawon <tawon_cbr@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Selamat sore,
> Mohon maaf sebelumnya pabila sudah ada topik yg sama telah lebih dulu di
> bahas pada milis ini.
>
> Yang ingin saya ketahui adalah Apakah ada formula lain selain =RANK(Number,
> Ref, order) yang dapat digunakan utk menentukan perengkingan siswa kelas.
> Hal ini karena bila menggunakan formula tadi maka apabila ada siswa yang
> mempunyai nilai yg sama akan terjadi "Perengkingan loncat".
> Mohon kiranya sudi membagi bantuannya kepada saya.
>
>
> TYVM
>
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar