Selasa, 04 Oktober 2011

]] XL-mania [[ Digest Number 2269

Messages In This Digest (20 Messages)

Messages

1.

FUNGSI WORKDAY()................

Posted by: "baihaki hari" bhq76@yahoo.co.id   bhq76

Tue Oct 4, 2011 2:37 am (PDT)



Dear Para Master XL-Mania....

saya lagi buat jadwal kerja Plan
dan Actual, dimana ada 2 variable "X" dan "Y", plan untuk "X" otomatis 3 hari kerja dan "Y" 7 hari kerja. hari kerja senin - sabtu. saya udah
coba cuman hari kerja di fungsi workday() senin-jum'at,. mohon
pencerahan dari para master.... contoh terlampir...

trim's

Baihaki
2a.

auto select dan write value "v"

Posted by: "rickguterez" rick_sanctified@yahoo.com   rick_sanctified

Tue Oct 4, 2011 2:37 am (PDT)



Mohon bantuan para expert disini....

saya mencoba membuat jadwal kerja mingguan, bulanan, 2 bulanan, 3 bulanan 6 bulanan, berdasarkan sifat tasknya masing2

saya kebingungan membuat formulanya

misalkan:

A B C D E

Start Point interval 1 2 3 dst sampai 365

1 15/2/11 30

2 15/2/11 90

3 24/2/11 180

4...

start point adalah tanggal dimulainya eksekusi pertama, dan eksekusi selanjutnya setiap interval (coloum B) hari.
coloum c, d, e, dan seterusnya mewakili jumlah hari yang akan ditandai "v" dari hari eksekusi formula

misalkan:
start point: 1/1/2011
interval: 90
kolom yang mendapat tanda "v" secara automatis adalah kolom yang mewakili hari ke 90, 180, 279, dan 360

Bagaimana caranya pak formula untuk pekerjaan ini?

Terima kasih banyak pak atas bantuannya

2b.

Re: auto select dan write value "v"

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Oct 4, 2011 5:12 am (PDT)



misalkan:
start point: 1/1/2011 * (di A2)*
interval: 90 *(di B2)*
kolom yang mendapat tanda "v" secara automatis adalah kolom yang mewakili
hari ke 90, 180, 279, dan 360 *(mulai dari C1 adalah nilai 1)*

di C2 tulis formula :
=(mod( c$1 , $b2 )=0)*1
lalu klik kanan cell C2 -> format cells -> number -> custom -> tulis di text
box : "v";;
copy ke semua cell

Kid.

2011/10/3 rickguterez <rick_sanctified@yahoo.com>

> **
>
>
> Mohon bantuan para expert disini....
>
> saya mencoba membuat jadwal kerja mingguan, bulanan, 2 bulanan, 3 bulanan 6
> bulanan, berdasarkan sifat tasknya masing2
>
> saya kebingungan membuat formulanya
>
> misalkan:
>
> A B C D E
>
> Start Point interval 1 2 3 dst sampai 365
>
> 1 15/2/11 30
>
> 2 15/2/11 90
>
> 3 24/2/11 180
>
> 4...
>
> start point adalah tanggal dimulainya eksekusi pertama, dan eksekusi
> selanjutnya setiap interval (coloum B) hari.
> coloum c, d, e, dan seterusnya mewakili jumlah hari yang akan ditandai "v"
> dari hari eksekusi formula
>
> misalkan:
> start point: 1/1/2011
> interval: 90
> kolom yang mendapat tanda "v" secara automatis adalah kolom yang mewakili
> hari ke 90, 180, 279, dan 360
>
> Bagaimana caranya pak formula untuk pekerjaan ini?
>
> Terima kasih banyak pak atas bantuannya
>
>
>
3a.

Bls: ]] XL-mania [[ Pembebanan KG&Vol rayon ke masing2 mobil/motor

Posted by: "eko wiyanto" eko_tbn@yahoo.com   eko_tbn

Tue Oct 4, 2011 2:37 am (PDT)



Dear Pak Hachi,
 
makasih banget bantuannya, untuk kondisi pembebanan route memang dipengaruhi 2 tabel tsb..
ini yang saya masih kesulitan sehingga harus manual :
Tabel Data 1, adalah data jumlah kg&volume dari masing2 route,
Tabel Data 2, adalah pembebanan dari masing kendaraan, karena 1 kendaraan bisa dipakai di 2 route atau 1 route ini bisa juga dilayani 2 kendaraan atau lebih
 
Untuk rumus Hlookup-nya terima kasih koreksinya, 
rumus ini mohon dibantu koreksinya lagi bila  posisi sumbernya ;  HLOOKUP($C43,$K$3:$N$13,2 ,0)) letaknya beda2 / tidak tetap
 
sehingga pada hasilnya : misalnya u mobil 1, saat saya input kode routenya 143D12 hasilnya akan kg dan volume khusus mobil 1 dg route 143D12,
Route 143D12 ini u mobil jumlah kg dan volume hasilnya 1/3 bagian karena mobil 1 tsb dibuat juga untuk mengirim : route 143D12, route 143D31 dan route 143L11.
 
maap ya pak kepanjangan nanyanya... abis saya manual sekali kerjanya
 
Thanks & Salam
Eko 
 

________________________________
Dari: Hachi Rizki hachiuz_ld27@yahoo.co.id
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Cc: eko wiyanto <eko.wiyanto@aplcare.com>
Dikirim: Rabu, 28 September 2011 8:11
Judul: Bls: ]] XL-mania [[ Pembebanan KG&Vol rayon ke masing2 mobil/motor

 
Dear mas Eko,

Saya kurang menangkap logika untuk kondisi yang pengguna route2nya,
Saya mau komen di formula Hlookupnya saja,...
Sepertinya referensi untuk Arraynya ada yang keliru..

HLOOKUP($C43,$K$3:$N$13,2,0))

di rumus tersebut arraynya K3:N13 berarti yang jadi row 1 adalah K3:N3, dan di row 1 tersebut tidak ada nilai yang C43.
Lagipula yang dicari adalah C43, dengan susunan tabel seperti itu menurut saya lebih tepat kalau menggunakannya VLookup saja. Kalau VLookupnya menurut saya tidak masalah..

semoga membantu,
cheers,
Hachi

________________________________
Dari: eko wiyanto <eko_tbn@yahoo.com>
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Cc: eko wiyanto <eko.wiyanto@aplcare.com>
Dikirim: Selasa, 27 September 2011 16:30
Judul: ]] XL-mania [[ Pembebanan KG&Vol rayon ke masing2 mobil/motor

 
Dear Pakar,

Mohon bantuannya bagaimana cara otomatisnya, karena saya pakai vlookup dan hlookup tidak jalan
sehingga harus manual
pertanyaan dan sampel data ada di lampiran

terima kasih banyak sebelumnya
Eko

4.1.

Membuat Periode Tanggal

Posted by: "Mawan K. Studylaksono" Mawan.Studylaksono@relife.co.id

Tue Oct 4, 2011 2:39 am (PDT)



Dear Pakar Excel..,

Mohon bantuan rumusnya jika saya ingin membuat periode tanggal. Missal:

Frekuensi

jatuh tempo

Periode sampai dengan

Periode sampai dengan Yang Diharapkan

Bulanan

01-Apr-11

Formula = ??

31-Mar-11

Triwulan

01-Jul-11

Formula = ??

30-Sep-11

Semesteran

31-Jul-11

Formula = ??

30-Jan-12

Terimakasih sebelumnya
5a.

ambil departemen merah

Posted by: "Nicodemus Rusdiyanto" tjahdjokja234@gmail.com

Tue Oct 4, 2011 2:39 am (PDT)



*dear suhu,*
*
*
*saya mempunyai data sebagai berikut di attachment.*
*saya mau ambil dept. yang berwarna merah dan membuat 1 kolom baru di column
D*
*yang terlihat di column D adalah hasil yang diinginkan*
*mohon pencerahannya bagaimana rumus-nya sehingga menghasilkan dept2
tersebut di kolom D*
*datanya ribuan :D*
*
*
*thanks*
*nico*
5b.

Re: ambil departemen merah

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 4, 2011 5:12 am (PDT)



mungkin bisa pakai Formula ini

=IF(FontKolor(A2)=3,A2,E1)

2011/10/3 Nicodemus Rusdiyanto <tjahdjokja234@gmail.com>

> **
>
> *dear suhu,*
> *saya mempunyai data sebagai berikut di attachment.*
> *saya mau ambil dept. yang berwarna merah dan membuat 1 kolom baru di
> column D*
> *yang terlihat di column D adalah hasil yang diinginkan*
> *mohon pencerahannya bagaimana rumus-nya sehingga menghasilkan dept2
> tersebut di kolom D*
> *datanya ribuan :D*
> *
> *
> *thanks*
> *nico*
>
>
>
5c.

Re: ambil departemen merah

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Oct 4, 2011 5:13 am (PDT)



Coba di E2 :
=IF(LEN(B2),IF(LEN(E1),E1,A1),"")

Kid.

2011/10/3 Nicodemus Rusdiyanto <tjahdjokja234@gmail.com>

> **
>
>
> *dear suhu,*
> *
> *
> *saya mempunyai data sebagai berikut di attachment.*
> *saya mau ambil dept. yang berwarna merah dan membuat 1 kolom baru di
> column D*
> *yang terlihat di column D adalah hasil yang diinginkan*
> *mohon pencerahannya bagaimana rumus-nya sehingga menghasilkan dept2
> tersebut di kolom D*
> *datanya ribuan :D*
> *
> *
> *thanks*
> *nico*
>
>
>
5d.

Re: ambil departemen merah

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 4, 2011 5:14 am (PDT)



maaf, ternyata tidak perlu pakai deteksi warna, tetapi cukup dengan
deteksi : Jika (Kolom A = isi DAN kolom B kosong)

=IF((A2<>"")*(B2=""),A2,E1)

2011/10/4 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> mungkin bisa pakai Formula ini
> =IF(FontKolor(A2)=3,A2,E1)
>
> 2011/10/3 Nicodemus Rusdiyanto <tjahdjokja234@gmail.com>
>
>> **
>>
>> *dear suhu,*
>> *saya mempunyai data sebagai berikut di attachment.*
>> *saya mau ambil dept. yang berwarna merah dan membuat 1 kolom baru di
>> column D*
>> *yang terlihat di column D adalah hasil yang diinginkan*
>> *mohon pencerahannya bagaimana rumus-nya sehingga menghasilkan dept2
>> tersebut di kolom D*
>> *datanya ribuan :D*
>> *
>> *
>> *thanks*
>> *nico*
>>
>>
>>
6.

Input Data ke beberapa sheet dengan dibatasi inputannya

Posted by: "arafir syah" arafirsyah@hotmail.com   arafir11

Tue Oct 4, 2011 2:41 am (PDT)




Dear Master Excel,

langsung saja pada permasalahan kasusnya
file terlampir

thanks,
Arafir Syah
7.

input otomatis tiap bulan

Posted by: "Ady Saputra" oneputra_metro59@yahoo.co.id   oneputra_metro59

Tue Oct 4, 2011 2:42 am (PDT)



 Dear pakar XL dan semua XL mania, 
 
 belajar XL pekerjaan lebih mudah 
 
 waktu tidak terbuang percuma
 
bantu saya untuk buat pekerjaan lebih mudah, maklum msih belajar...  masalahnya seperti di attachment
 
Terima kasih semuanya
8a.

seputar faceid toolbar dan combobox

Posted by: "muja" mail4muja@yahoo.co.id   muja_muje

Tue Oct 4, 2011 2:42 am (PDT)



Salam para XL Master,Mau tanya nih :1. Icon pada toolbar yang kita buat untuk menjalankan macro biasanya mengacu pada kode aceID, nah pertanyaannya bisa gak icon itu kita rubah sesuai gambar yang kita inginkan. (Tidak mengacu pada kode faceID bawaan Excel, misal kita bikin logo sendiri sebagai iconnya) ....?2. misal ada 2 combobox, combobox1 akan berisi pilihan "kabupaten" . sedangkan combobox2 akan berisi data "kecamatan". nah misal kita memilih kabupaten *A" di combobox1 maka dicombobox2 isinya adalah nama2 kecamatan yang ada diarea kabupaten "A" saja, demikian halnya kalau kita memilih combobox1 "kabupaten B" maka pada combobox2 akan tampil nama kecamatan didalam area kabupaten B.Sekian saja mohon bantuannya para xl master, soalnya ane dah otak atik sorce code dari berbagai sumber tapi belum berhasil.... hehehhhe

Low Voice From The Man Behind The Door
8b.

Re: seputar faceid toolbar dan combobox

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 4, 2011 5:13 am (PDT)



1
(menurut pendapatu) : bisa
Di excel 2003 ada BUTTON EDITOR
[image: button editor.PNG]

2.
Baru saja dibahas...

2011/10/4 muja <mail4muja@yahoo.co.id>
>
> Salam para XL Master,
> Mau tanya nih :
> 1. Icon pada toolbar yang kita buat untuk menjalankan macro biasanya
mengacu pada kode aceID, nah pertanyaannya bisa gak icon itu kita rubah
sesuai gambar yang kita inginkan. (Tidak mengacu pada kode faceID bawaan
Excel, misal kita bikin logo sendiri sebagai iconnya) ....?
> 2. misal ada 2 combobox, combobox1 akan berisi pilihan "kabupaten" .
sedangkan combobox2 akan berisi data "kecamatan". nah misal kita memilih
kabupaten *A" di combobox1 maka dicombobox2 isinya adalah nama2 kecamatan
yang ada diarea kabupaten "A" saja, demikian halnya kalau kita memilih
combobox1 "kabupaten B" maka pada combobox2 akan tampil nama kecamatan
didalam area kabupaten B.
> Sekian saja mohon bantuannya para xl master, soalnya ane dah otak atik
sorce code dari berbagai sumber tapi belum berhasil.... hehehhhe
9.

Penggabungan Nilai training

Posted by: "Arman" arman.jv@chingluh-jv.co.id

Tue Oct 4, 2011 2:42 am (PDT)



Hallo Excel Mania

saya sedang melakukan perhitungan jumlah peserta training yang lulus dan
tidak lulus....bagaimana caranya dengan formula yang sederhana, saya
dapat menghitung jumlah tersebut dengan cepat (sebagai contoh lihat
attachment)....

terima kasih atas bantuanya

Regard
Arman
10a.

Conditional Format berwarna

Posted by: "Adhe Tirtana" adtirta99@yahoo.co.uk   adtirta99

Tue Oct 4, 2011 2:42 am (PDT)



Dear jagoan Excel
sy baru belajar excel nih...mau tanya bgm caranya:

dari list utang sy, sy mau ngecek data mana sj yg nilai di kolom "sisa utang"  tdk sama dgn  penjumlahan kolom "D+E+F+G+H+I"  dan ditandai dgn warna Merah
silahkan lihat attachment

tks
10b.

Re: Conditional Format berwarna

Posted by: "Suhandi Tse" shdi_tse@yahoo.com   shdi_tse

Tue Oct 4, 2011 5:12 am (PDT)



cukup di kasi kondisi sum(d - j) - sisa utang aja kan?
bukannya dah ketahuan?

________________________________
From: Adhe Tirtana <adtirta99@yahoo.co.uk>
To: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, October 4, 2011 10:37 AM
Subject: ]] XL-mania [[ Conditional Format berwarna

 
Dear jagoan Excel
sy baru belajar excel nih...mau tanya bgm caranya:

dari list utang sy, sy mau ngecek data mana sj yg nilai di kolom "sisa utang"  tdk sama dgn  penjumlahan kolom "D+E+F+G+H+I"  dan ditandai dgn warna Merah
silahkan lihat attachment

tks

10c.

Re: Conditional Format berwarna

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Oct 4, 2011 5:12 am (PDT)



Dengan fitur Conditional Formatting opsi Use Formula (xl2007) atau is
formula (xl2003)

Kid.

2011/10/4 Adhe Tirtana <adtirta99@yahoo.co.uk>

> **
>
>
> Dear jagoan Excel
> sy baru belajar excel nih...mau tanya bgm caranya:
> dari list utang sy, sy mau ngecek data mana sj yg nilai di kolom "sisa
> utang" tdk sama dgn penjumlahan kolom "D+E+F+G+H+I" dan ditandai dgn
> warna Merah
> silahkan lihat attachment
>
> tks
>
>
>
>
10d.

Re: Conditional Format berwarna

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 4, 2011 5:13 am (PDT)



mungkin begini....
conditional formatting diberlakukan terhadap C10:C23
dengan Formula Kondisi : =C10*<>*SUM($D$10:$I$10)
[image: conformat.PNG]

2011/10/4 Adhe Tirtana <adtirta99@yahoo.co.uk>

> **
>
> sy baru belajar excel nih...mau tanya bgm caranya:
> dari list utang sy, sy mau ngecek data mana sj yg nilai di *kolom "sisa
> utang" tdk sama dgn penjumlahan kolom "D+E+F+G+H+I"* dan ditandai dgn
> warna Merah
> silahkan lihat attachment
>
> tks
>
>
>
11.

Bls: ]] XL-mania [[ ambil departemen merah

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Tue Oct 4, 2011 5:13 am (PDT)



tulis formula di B2 lalu copy ke bawah sampai sejajar data yang diinginkan

=IF(AND(LEN(A2);ISBLANK(B2));"";IF(AND(LEN(A1);ISBLANK(B1));A1;E1))

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sen, 3/10/11, Nicodemus Rusdiyanto <tjahdjokja234@gmail.com> menulis:

Dari: Nicodemus Rusdiyanto <tjahdjokja234@gmail.com>
Judul: ]] XL-mania [[ ambil departemen merah
Kepada: "XL Mania" <XL-mania@yahoogroups.com>
Tanggal: Senin, 3 Oktober, 2011, 5:15 PM

 

dear suhu,
saya mempunyai data sebagai berikut di attachment.

saya mau ambil dept. yang berwarna merah dan membuat 1 kolom baru di column Dyang terlihat di column D adalah hasil yang diinginkan

mohon pencerahannya bagaimana rumus-nya sehingga menghasilkan dept2 tersebut di kolom Ddatanya ribuan :D

thanksnico

12a.

Bagaimana Cara otomatisasi pembuatan Z list dengan mengunakan makro.

Posted by: "Myeko" myeko.budi@gmail.com   aryo.pangestu

Tue Oct 4, 2011 5:13 am (PDT)



selamat sore excel mania

Tujuan dan Mimpi saya :
Ingin program Makro antar sheet untuk compare BOM List dengan Z List
sekali klik langsung verifikasi hasil komparasi.
Point Items yang dicompare ( BOM List vs Z List ) adalah
1. Part Neme
2. Location
3. Spec
Items Point yang lain dikesampingkan ( tidak dipergunakan )

saya coba menggunakan V Look up namun dikarenakan
pada format Z List Lokasi menyamping maka hal ini harus
saya edit satu persatu.

mohon pencerahan dari rekan excelmania.

Hormat saya
eko bp
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about dogs.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Learn about issues

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| ayooo... coba cari XL-mania di linkedin.com                       |
| tanggal 3-4 oktober yahoogroup akan mengalami maintenance.        |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar