Messages In This Digest (25 Messages)
- 1a.
- Re: Formula terbilang From: o' Seno
- 2a.
- Re: mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN) From: o' Seno
- 3a.
- Re: Pivot tabel di VB-Revisi From: dimas ricky
- 3b.
- Re: Pivot tabel di VB-Revisi From: Kid Mr.
- 3c.
- Re: Pivot tabel di VB-Revisi From: dimas ricky
- 3d.
- Re: Pivot tabel di VB-Revisi From: Kid Mr.
- 3e.
- Re: Pivot tabel di VB-Revisi From: dimas ricky
- 4a.
- membuat file expired From: neza ibaneza
- 4b.
- Re: membuat file expired From: hendrik karnadi
- 4c.
- Re: membuat file expired From: guru muda
- 5a.
- Menyusun Planning From: Rachmad HIDAYAT
- 5b.
- Re: Menyusun Planning From: hendrik karnadi
- 5c.
- Fw: [belajar-excel] Menyusun Planning From: hendrik karnadi
- 5d.
- Re: Menyusun Planning From: Rachmad HIDAYAT
- 5e.
- Re: Menyusun Planning From: i Haps
- 6a.
- merubah seluruh cell manjadi text From: sarma diaz
- 6b.
- Re: merubah seluruh cell manjadi text From: o' Seno
- 7a.
- Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: Muhammad Assegaf
- 7b.
- Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: Kid Mr.
- 7c.
- Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: hendrik karnadi
- 7d.
- Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: Muhammad Assegaf
- 7e.
- Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: Muhammad Assegaf
- 7f.
- Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: Muhammad Assegaf
- 7g.
- Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan From: i Haps
- 8.
- Bls: [belajar-excel] Menyusun Planning From: ghozi alkatiri
Messages
- 1a.
-
Re: Formula terbilang
Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com ontoseno84@ymail.com
Tue Jan 10, 2012 1:05 pm (PST)
Maaf masih posting lagi, kita khawatir jawaban kemarin itu malah membuat
bingung bapak/bu rukia.
Di dlm Excel untuk mengKONVERSI angka (bilangan), menjadi kata², misal
2,000 menjadi "Duaribu"
1,999,342.41 Satu Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu
Tiga Ratus Empat Puluh Dua & 41/100
prosesnya agak panjang.
Misalkan pakai rumus, rumusnya panjang sekali, sehingga biasanya harus
dibantu
oleh RUMUS lain; baik yg ditulis di sheet maupun rumus-bantu yg
didefinisikan
sebagai NAME (Define Name).
Bisa juga, diselesaikan dengan RUMUS yg memanfaatkan FUNGSI BUATAN
SENDIRI * ( di excel, Fungsi yg spesifik untuk keperluan kita, dapat dibuat
sendiri, *
*karena biasanya belum disediakan oleh Excel )*
Berhubung dibuat sendiri, RUMUS biasanya menjadi pendek dan menyenangkan.
Misal A1 ditulis 1945 di B1 tinggal menulis RUMUS: * =TERBILANG(A1)*
Cara ini menurutku paling gampang* pemakaiannya*, tetapi penyiapan UDF
( user definded function = FUNGSI BUATAN SENDIRI) itulah yg bagi sebagian
besar orang agak merepotkan, antara lain karena harus menulis code program.
*Pemrograman di excel dapat dilakukan dgn bahasa VBA, programnya sering *
*disebut sbg "macro".*
Tetapi kalau tujuan user *hanya untuk memakai rumus*, jangan khawatir,
file2
yg ada di link yg kemarin diberikan itu sudah siap pakai, user tidak perlu
memikirkan bgmana menulis code program fungsi baru tsb, tinggal
menggunakan saja
*=Terbilang(D12)*
link lain:
http://www.box.com/shared/ 8b88dryuil
jika berkenan meng-CLick, link ini akan membawa anda ke sebuah
OnLine-FOLDER
berisi kurang-lebih 11 files yg membicarakan "TERBILANG" (9 bahasa
indonesia
+ 2 bahasa inggris) dengan berbagai keperluannya...
termasuk 1 Terbilang Otomatis yg di-aplikasikan di dokumen *MS WORD.*
Jika ingin mengunduh *(guratis!)*, disarankan segera saja, karena pemilik
foldernya
suka "angot-angotan" / seirama dgn 'hemosi'nya..( he he..) tiba tiba
menutup
kran-downloadnya...
o'Seno
2012/1/10 o' Seno <ontoseno84@gmail.com >
> mbak / mas; bisa browse ke sini:
> http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ files/
>
> di area files (milis kita ini) itu ada beberapa file mengenei "TERBILANG"
> yg bisa di download
>
> Jika keperluannya belum terpenuhi dengan file yg ada, mohon posting lagi
> ceritakan keluah & kehendaknya...
>
> *o'Seno*
> http://www.box.com/s/1c5lpx7mcb 8y0t2meaxh
>
>
> *2012/1/10 Rukia <rukia@mps-eng.com.sg >
>> >
>> > Dear pakar dan teman2 semua,,,
>> > Bagaimana rumus unntuk baca angka dengan huruf yah??
>> > Misal nya : Rp 2,000
>> > Dengan huruf nya : Dua Ribu Rupiah
>> > Bagaimana formula untuk huruf itu yah??
>> > Terimakasih
>> >
>> > Beautiful Regards
>> > Rukia Siagian
>> >
>> > --- Mods ---
>> > Mohon posting berikutnya :
>> > 1. Beri subject yang mencerminkan isi pokok masalah
>> > 2. Disempatkan search di message yang lalu lebih dulu
>> >
>> > Untuk kasus ini, bisa search dengan key 'terbilang'
>> > ----------*--
>>
>
- 2a.
-
Re: mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod: LOOKUP & RUJUKAN)
Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com ontoseno84@ymail.com
Tue Jan 10, 2012 4:37 pm (PST)
maaf ikut nimbrung lagi berhubung mbak indri-nya lagi kabur-kaburan..
pak depi,
ternyata penjelasan mbak indri seperti ini
------------quote ------------ --
*pengisian kolom ini akan memicu makro ber-aksi*
*© memberi nomor otomatis di kolom b*
*© mengkopy rumus di H:L baris di atas target ke baris target (same columns)
*
*© menginsert baris baru di atas BarisPenjumlahan*
------unquote -------------
tidak ada artinya sama sekali buat bapak.
Dugaan kami, Ketika bapak mulai dengan baris ke 1 di mana baris H:L di
atasnya BUKAN
BERISI FORMULA; maka hasil penyisipan makro yg menurut bapak salah,
ternyata tidak
menyebabkan bapak menghubungkan hasil makro itu dengan penjelasan(terutama
yg
warna font-nya di merah-kan)
Pekerjaan makro bukan membuat formula tetapi mengcopy formula di atasnya
(KALAU di atasnya berupa formula !!)
Makro dibuat untuk mengerjakan contoh yg sudah ada (bukan contoh kosong
data)
Selain itu memang ada kesalah kode 12 seharusnya kode 11
Menurut indri, kode ini dibuat (kode 12) karena melihat: *CONTOH yg bapak
ajukan kolom H:L*
*bukan berisi formula tetapi konstanta text* (tidak menduga bahwa itu hasil
makro yg
bapak lakukan sejak baris 1, karena memang tidak ada penjelasannya dari
anda)
Nah ini contoh bahwa *minim-nya penjelasan* yg bapak tuliskan, bisa banyak
mendatangkan
salah-intepretasi...
Sekarang makro telah diperbaiki lagi (V3) ,dengan
*dibuat MASTER FORMULA di H3:L3*
*setiap kali terjadi penyisipan baris baru (karena ada pengisian tanggal di
kolom B)*
*akan ada proses mengkopy MasterFormula di H3:L3 ke baris target (kolom
H:L)*
pengisian bisa mulai dari baris 1
Untuk y.a.d kami hanya akan menangapi kasus yg diajukan dengan ada
penjelasan yg cukup,
Kasus tanpa penjelasan atau dengan penjelasan asal-asalan akan dianggap *sudah
selesai*
& langsung dipindah ke Archieve (tidak ada lagi di Inbox)
Ini terpaksa dilakukan karena kita lebih memilih :AMAN & SENTAUSA saja,
(daripada jawabannya malah membuat masalah bagi orang lain; lebih baik
"mengamankan diri"
and tidur saja.. he he.. )
*** Mengenai PR dari indri*
ini tentu bukan kewajiban bagi pak depi; tetapi hanya memberi kesempatan
kpd pak depi
yg sedang tertarik makro; biasanya "masalah milik sendiri" akan lebih
menimbulkan
semangat dibanding belajar dengan SOAL dari buku.
*** Mengenai Buku Makro (VBA Excel Programming)*
seingat kami, by Japri, sudah mengirim link kepada pak depi (atau jangan2
salah alamat ya)
link itu jika dibuka berupa OnLineFolder yg berisi beberapa eBook Excel &
VBA-Excel
salah satunya ditulis oleh Dewa-nya-SpreadSheet : dewa Walkenbach.. .
Sampai kemarin link yg diberikan secara kusus itu masih tampak belum diklik
( =tidak menarik / tidak diperlukan) oleh penerima invitation /pihak yg
diberi link,
jadi kami mencabutnya kembali.
jika ternyata pak depi masih berminat, silakan kontak2 kami (via japri,
ulangi via email pribadi)
untuk diberi link tsb.
wassalamualaikum wr wb, & best regards
*o'Seno*
http://www.box.com/s/1c5lpx7mcb 8y0t2meaxh
(copy-forward to: indri..)
2012/1/10 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co. >id
> **
>
> dear pakar excel yang budiman,
> bukan saya tidak mau ngerjain pr dari master iHaps dan bukan saya menyerah
> untuk menjawab tapi memang saya tidak ngerti macro (baru mau belajar). dan
> pertanyaan saya sangat dibutuhkan segera.
>
> saya rasa para master yang budiman dapat bantu saya.
> pertanyaan : pada saat saya input tanggal kolom biaya pada H:L tidak
> keluar otomatis.
>
> salam dan terima kasih.
> dep_har
>
>
> *Dari:* i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Selasa, 10 Januari 2012 14:17
> *Judul:* Re: [belajar-excel] mohon bantuan (Koreksi Subject dari Mod:
> LOOKUP & RUJUKAN)
>
> mangsalahnya apa ini ya...?
> kok ndak diceritakan di BADAN EMAIL mengulang kesalahan yg lalu ?
> malah cari jalan pintas "please solusinya" ( pendek-amat, sedangkan
> si Amat tidak terlalul pendek,,,) tanpa mengungkapkan problem yg dihadapi
> ( & juga topik sudah bergeser ke MAKRO, bukan formula lagi lho....)
>
> If IsDate(Target.Value) Then
> Target(2, 0).Resize(1, 11).Insert _
> shift:=xlDown, CopyOrigin:=True
> Target(1, 0) = Target(0, 0) + 1 '<< Nr otomatis
> Target(0, 6).Resize(1, 5).Copy
> Target(1, 6).PasteSpecial *12*
> Application.CutCopyMode = False
> Target(1, 2).Activate
> End If
>
> '==================== ========= ========= ========= ==
>
> Syarat:
> pengisian harus 1 cell demi satu cell
> di kolom C ; setelah baris 5, dan
> harus berupa data TANGGAL
>
> Jika kita menghapus data tanggal yg ada : *Baris *tsb akan dilenyapkan...
>
>
- 3a.
-
Re: Pivot tabel di VB-Revisi
Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com
Tue Jan 10, 2012 6:31 pm (PST)
Dear Mr. Kid,
terima kasih banyak untuk bantuannya.
saya sudah pindahkan data fieldnya ke column seperti di bawah ini ( Maaf
kalau salah, hehehe, soalnya saya cuman comot sana comot sini, Masih tahap
belajar soalnya ) :
Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
objField.Orientation = xlColumnField
objField.Function = xlSum
objField.NumberFormat = "#,##0"
dan saya juga coba yang seperti di bawah ini :
Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
objtable.datapivotfield.orientation =xlcolumnfield
objField.Function = xlSum
objField.NumberFormat = "#,##0"
Tapi setelah di jalankan tidak bisa,
Mohon bantuanya Mr Kid dan yang lainnya.
2012/1/10 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Coba sebelum print preview, pindahkan Data Field ke column
> dengan object yang anda miliki, bisa jadi seperti :
> objtable.datapivotfield.orientation =xlcolumnfield
>
> Kid.
>
> 2012/1/10 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mods & Members,
>>
>> Mohon maaf sebelumnya karena saya sudah posting perntanyaan tanpa membaca
>> dulu peraturan dari milis ini hehehe ( mudah2an sekarnag tidak salah lagi
>> ya :p )
>>
>> Berikut adalah masalah yang saya hadapi dalam membuat tabel pivot :
>>
>> 1. kode vb yang saya coba buat untuk tabel, hasilnya adalah field2nya
>> ( maap kalau salah) berada dalam satu kolom saja ( lihat sheet "Hasil
>> yang ada"), sedangkan hasil yang saya inginkan adalah hasilnya itu
>> terpencar di row2 yang ada ( lihat sheet "Hasil yang di inginkan ").
>>
>> Pertanyaan saya adalah bagaimana cara agar hasil pivot bsa seperti yang
>> diinginkan ( seperti sheet "Hasil yang di inginkan")
>>
>>
>> Berikut kode makro yang saya sudah buat ( maap kalau berantakan, saya
>> masih newbie soalnya di makro hikz ! ) hehe , sapa tau dari kode vb ini ada
>> yang perlu di revisi :
>>
>> Sub CreatePivot()
>> ' Creates a PivotTable report from the table on Sheet1
>> ' by using the PivotTableWizard method with the PivotFields
>> ' method to specify the fields in the PivotTable.
>> Dim objTable As PivotTable, objField As PivotField
>>
>> ' Memilih sheet datase dengan cell yang pertama.
>> ActiveWorkbook.Sheets("DB_ 1").Select
>> Range("A4").Select
>>
>> ' Membuat pivottable dari database yang ada.
>> Set objTable = Sheet1.PivotTableWizard
>>
>> ' Spesifik row dan Field.
>> Set objField = objTable.PivotFields("Co No")
>> objField.Orientation = xlRowField
>> Set objField = objTable.PivotFields("Descriptions" )
>> objField.Orientation = xlRowField
>>
>> ' Spesifik data dengan rangkumannya .
>> ' function and format.
>> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Bekasi" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Mampang" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Pramuka" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Warung" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Buncit" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Kuningan" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Tebet" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Benhill" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Pancoran" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Kalibata" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Pasar Minggu")
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Pondok Indah")
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Tanggerang" )
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>> Set objField = objTable.PivotFields("Total Cost")
>> objField.Orientation = xlDataField
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>
>> ' Melihat hasil PrintPreview .
>> ActiveSheet.PrintPreview
>>
>> ' Pilihan untuk menghapus pivot or tidak .
>> Application.DisplayAlerts = False
>> If MsgBox("Delete the Report ?", vbYesNo) = vbYes Then
>> ActiveSheet.Delete
>> End If
>> Application.DisplayAlerts = True
>>
>> End Sub
>>
>> Terima kasih untuk bantuannya..saya harap saya tidak menyalahi aturan
>> milis lagi =(
>>
>> Dimas
>>
>>
>
>
- 3b.
-
Re: Pivot tabel di VB-Revisi
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Jan 10, 2012 6:32 pm (PST)
Coba diletakkan *tepat sebelum* baris-baris untuk print preview.
Kid.
2012/1/11 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> terima kasih banyak untuk bantuannya.
>
>
> saya sudah pindahkan data fieldnya ke column seperti di bawah ini ( Maaf
> kalau salah, hehehe, soalnya saya cuman comot sana comot sini, Masih tahap
> belajar soalnya ) :
>
> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
> objField.Orientation = xlColumnField
>
> objField.Function = xlSum
> objField.NumberFormat = "#,##0"
>
> dan saya juga coba yang seperti di bawah ini :
>
> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
> objtable.datapivotfield.orientation =xlcolumnfield
>
> objField.Function = xlSum
> objField.NumberFormat = "#,##0"
>
> Tapi setelah di jalankan tidak bisa,
>
> Mohon bantuanya Mr Kid dan yang lainnya.
>
>
>
>
>
> 2012/1/10 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>
> **
>>
>>
>> Coba sebelum print preview, pindahkan Data Field ke column
>> dengan object yang anda miliki, bisa jadi seperti :
>> objtable.datapivotfield.orientation =xlcolumnfield
>>
>> Kid.
>>
>> 2012/1/10 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear Mods & Members,
>>>
>>> Mohon maaf sebelumnya karena saya sudah posting perntanyaan tanpa
>>> membaca dulu peraturan dari milis ini hehehe ( mudah2an sekarnag tidak
>>> salah lagi ya :p )
>>>
>>> Berikut adalah masalah yang saya hadapi dalam membuat tabel pivot :
>>>
>>> 1. kode vb yang saya coba buat untuk tabel, hasilnya adalah field2nya
>>> ( maap kalau salah) berada dalam satu kolom saja ( lihat sheet "Hasil
>>> yang ada"), sedangkan hasil yang saya inginkan adalah hasilnya itu
>>> terpencar di row2 yang ada ( lihat sheet "Hasil yang di inginkan ").
>>>
>>> Pertanyaan saya adalah bagaimana cara agar hasil pivot bsa seperti yang
>>> diinginkan ( seperti sheet "Hasil yang di inginkan")
>>>
>>>
>>> Berikut kode makro yang saya sudah buat ( maap kalau berantakan, saya
>>> masih newbie soalnya di makro hikz ! ) hehe , sapa tau dari kode vb ini ada
>>> yang perlu di revisi :
>>>
>>> Sub CreatePivot()
>>> ' Creates a PivotTable report from the table on Sheet1
>>> ' by using the PivotTableWizard method with the PivotFields
>>> ' method to specify the fields in the PivotTable.
>>> Dim objTable As PivotTable, objField As PivotField
>>>
>>> ' Memilih sheet datase dengan cell yang pertama.
>>> ActiveWorkbook.Sheets("DB_ 1").Select
>>> Range("A4").Select
>>>
>>> ' Membuat pivottable dari database yang ada.
>>> Set objTable = Sheet1.PivotTableWizard
>>>
>>> ' Spesifik row dan Field.
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Co No")
>>> objField.Orientation = xlRowField
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Descriptions" )
>>> objField.Orientation = xlRowField
>>>
>>> ' Spesifik data dengan rangkumannya .
>>> ' function and format.
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Bekasi" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Mampang" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pramuka" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Warung" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Buncit" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Kuningan" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Tebet" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Benhill" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pancoran" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Kalibata" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pasar Minggu")
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pondok Indah")
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Tanggerang" )
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>> Set objField = objTable.PivotFields("Total Cost")
>>> objField.Orientation = xlDataField
>>> objField.Function = xlSum
>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>
>>> ' Melihat hasil PrintPreview .
>>> ActiveSheet.PrintPreview
>>>
>>> ' Pilihan untuk menghapus pivot or tidak .
>>> Application.DisplayAlerts = False
>>> If MsgBox("Delete the Report ?", vbYesNo) = vbYes Then
>>> ActiveSheet.Delete
>>> End If
>>> Application.DisplayAlerts = True
>>>
>>> End Sub
>>>
>>> Terima kasih untuk bantuannya..saya harap saya tidak menyalahi aturan
>>> milis lagi =(
>>>
>>> Dimas
>>>
>>>
>>
>
>
- 3c.
-
Re: Pivot tabel di VB-Revisi
Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com
Tue Jan 10, 2012 6:53 pm (PST)
Sudah bisa Mr. Kid..Terima kasih banyak bantuannya, betul2 sangat membantu
saya
Satu lagi Mr, kid & Members, tanpa mengurangi rasa hormat, bagaimana kode
VB nya kalau hasilnya keluar di Workbook yang baru ya bukan di sheet yang
baru ?
Terima kasih sekali lagi
2012/1/11 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Coba diletakkan *tepat sebelum* baris-baris untuk print preview.
>
> Kid.
>
>
> 2012/1/11 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr. Kid,
>>
>> terima kasih banyak untuk bantuannya.
>>
>>
>> saya sudah pindahkan data fieldnya ke column seperti di bawah ini ( Maaf
>> kalau salah, hehehe, soalnya saya cuman comot sana comot sini, Masih tahap
>> belajar soalnya ) :
>>
>> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
>> objField.Orientation = xlColumnField
>>
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>
>> dan saya juga coba yang seperti di bawah ini :
>>
>> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
>> objtable.datapivotfield.orientation =xlcolumnfield
>>
>> objField.Function = xlSum
>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>
>> Tapi setelah di jalankan tidak bisa,
>>
>> Mohon bantuanya Mr Kid dan yang lainnya.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2012/1/10 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Coba sebelum print preview, pindahkan Data Field ke column
>>> dengan object yang anda miliki, bisa jadi seperti :
>>> objtable.datapivotfield.orientation =xlcolumnfield
>>>
>>> Kid.
>>>
>>> 2012/1/10 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Dear Mods & Members,
>>>>
>>>> Mohon maaf sebelumnya karena saya sudah posting perntanyaan tanpa
>>>> membaca dulu peraturan dari milis ini hehehe ( mudah2an sekarnag tidak
>>>> salah lagi ya :p )
>>>>
>>>> Berikut adalah masalah yang saya hadapi dalam membuat tabel pivot :
>>>>
>>>> 1. kode vb yang saya coba buat untuk tabel, hasilnya adalah field2nya
>>>> ( maap kalau salah) berada dalam satu kolom saja ( lihat sheet "Hasil
>>>> yang ada"), sedangkan hasil yang saya inginkan adalah hasilnya itu
>>>> terpencar di row2 yang ada ( lihat sheet "Hasil yang di inginkan ").
>>>>
>>>> Pertanyaan saya adalah bagaimana cara agar hasil pivot bsa seperti yang
>>>> diinginkan ( seperti sheet "Hasil yang di inginkan")
>>>>
>>>>
>>>> Berikut kode makro yang saya sudah buat ( maap kalau berantakan, saya
>>>> masih newbie soalnya di makro hikz ! ) hehe , sapa tau dari kode vb ini ada
>>>> yang perlu di revisi :
>>>>
>>>> Sub CreatePivot()
>>>> ' Creates a PivotTable report from the table on Sheet1
>>>> ' by using the PivotTableWizard method with the PivotFields
>>>> ' method to specify the fields in the PivotTable.
>>>> Dim objTable As PivotTable, objField As PivotField
>>>>
>>>> ' Memilih sheet datase dengan cell yang pertama.
>>>> ActiveWorkbook.Sheets("DB_ 1").Select
>>>> Range("A4").Select
>>>>
>>>> ' Membuat pivottable dari database yang ada.
>>>> Set objTable = Sheet1.PivotTableWizard
>>>>
>>>> ' Spesifik row dan Field.
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Co No")
>>>> objField.Orientation = xlRowField
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Descriptions" )
>>>> objField.Orientation = xlRowField
>>>>
>>>> ' Spesifik data dengan rangkumannya .
>>>> ' function and format.
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Depok" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Bekasi" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Mampang" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pramuka" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Warung" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Buncit" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Kuningan" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Tebet" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Benhill" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pancoran" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Kalibata" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pasar Minggu")
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Pondok Indah")
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Tanggerang" )
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>> Set objField = objTable.PivotFields("Total Cost")
>>>> objField.Orientation = xlDataField
>>>> objField.Function = xlSum
>>>> objField.NumberFormat = "#,##0"
>>>>
>>>> ' Melihat hasil PrintPreview .
>>>> ActiveSheet.PrintPreview
>>>>
>>>> ' Pilihan untuk menghapus pivot or tidak .
>>>> Application.DisplayAlerts = False
>>>> If MsgBox("Delete the Report ?", vbYesNo) = vbYes Then
>>>> ActiveSheet.Delete
>>>> End If
>>>> Application.DisplayAlerts = True
>>>>
>>>> End Sub
>>>>
>>>> Terima kasih untuk bantuannya..saya harap saya tidak menyalahi aturan
>>>> milis lagi =(
>>>>
>>>> Dimas
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
- 3d.
-
Re: Pivot tabel di VB-Revisi
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Jan 10, 2012 7:25 pm (PST)
Setelah baris pindahkan data field dan sebelum baris print preview :
dim wbkAktif as workbook, wbkTarget as workbook
dim sht as worksheet
set wbkaktif=thisworkbook
set sht=activesheet
set wbktarget=workbooks.add
wbkaktif.activate
sht.copy before:=wbktarget.sheets(1)
wbkaktif.activate
Sebaiknya pelajari konsep tentang data connections daripada menggunakan
script di atas.
Wassalamualaikum,
Kid.
2012/1/11 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
> **
>
>
> Sudah bisa Mr. Kid..Terima kasih banyak bantuannya, betul2 sangat membantu
> saya
>
> Satu lagi Mr, kid & Members, tanpa mengurangi rasa hormat, bagaimana kode
> VB nya kalau hasilnya keluar di Workbook yang baru ya bukan di sheet yang
> baru ?
>
> Terima kasih sekali lagi
>
>
>
>
>
> 2012/1/11 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>
> **
>>
>>
>> Coba diletakkan *tepat sebelum* baris-baris untuk print preview.
>>
>> Kid.
>>
>>
>>
- 3e.
-
Re: Pivot tabel di VB-Revisi
Posted by: "dimas ricky" dimasr1985@gmail.com
Tue Jan 10, 2012 10:19 pm (PST)
Mr, Kid, Terima kasih banyak untuk bantuannya, saya merasa sangat terbantu
dengan ini,
apakah Mr. kid punya buku referensi untuk data coneecntions ?
Mohon petunjuknya
2012/1/11 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Setelah baris pindahkan data field dan sebelum baris print preview :
>
> dim wbkAktif as workbook, wbkTarget as workbook
> dim sht as worksheet
> set wbkaktif=thisworkbook
> set sht=activesheet
> set wbktarget=workbooks.add
> wbkaktif.activate
> sht.copy before:=wbktarget.sheets(1)
> wbkaktif.activate
>
> Sebaiknya pelajari konsep tentang data connections daripada menggunakan
> script di atas.
>
> Wassalamualaikum,
>
> Kid.
>
> 2012/1/11 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Sudah bisa Mr. Kid..Terima kasih banyak bantuannya, betul2 sangat
>> membantu saya
>>
>> Satu lagi Mr, kid & Members, tanpa mengurangi rasa hormat, bagaimana kode
>> VB nya kalau hasilnya keluar di Workbook yang baru ya bukan di sheet yang
>> baru ?
>>
>> Terima kasih sekali lagi
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2012/1/11 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Coba diletakkan *tepat sebelum* baris-baris untuk print preview.
>>>
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>
>
- 4a.
-
membuat file expired
Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id nezaibaneza
Tue Jan 10, 2012 7:06 pm (PST)
dear all
saya punya file excel penting privaci yg ingin dicopy org lain ..misalnya anak PKL, dsb.
tapi saya ingin file tersebut expired dalam jangka waktu 60 hari saja.
karena file tersebut file penting di perusahaan
artinya file tersebut tidak bisa lagi kebuka setelah dateline tersebut.
mohon pencerahannya..
neza
- 4b.
-
Re: membuat file expired
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Tue Jan 10, 2012 8:40 pm (PST)
Untuk memenuhi keinginan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Sewaktu file dibuka minimal harus ada satu Sheet, jadi jangan taruh data di Sheet1
- Sheet2 yang berisi data disembunyikan dengan xlSheetVeryHidden sehingga menu Unhide tidak dapat digunakan pada saat user mengklik kanan mouse. Sheet2 tersebut hanya bisa dibuka dengan Password "hk"
- Pada saat Worlbook (file) akan disimpan (BeforeSave) Sheet2 yang berisi data akan disembunyikan lagi dan hanya bisa dibuka dengan Password
- Jika file sudah Expired dan user menonaktifkan Macro untuk mencoba mengupdate VBAnya, VB Script nya kita protect dengan Password.
Jadi pada saat file dibuka, Macro aktif atau non aktif, yang akan terlihat hanya Sheet1.
Jika Expiry date akan diubah gunakan Password "hk" dan ganti exdate nya ("bl/tg/th")
Salam,
Hendrik Karnadi
Catatan :
Karena Password masih bisa dihack dengan Software tertentu maka usahakan Password nya agak panjang (mis. 8 digit) dengan kombinasi huruf dan angka. Tentunya Password dalam VB Script nya perlu diubah juga.
_____________________ _________ __
From: neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co. >id
To: EXCEL EXCEL <belajar-excel@yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 10:06
Subject: [belajar-excel] membuat file expired
dear all
saya punya file excel penting privaci yg ingin dicopy org lain ..misalnya anak PKL, dsb.
tapi saya ingin file tersebut expired dalam jangka waktu 60 hari saja.
karena file tersebut file penting di perusahaan
artinya file tersebut tidak bisa lagi kebuka setelah dateline tersebut.
mohon pencerahannya..
neza
- 4c.
-
Re: membuat file expired
Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com mudaguru
Tue Jan 10, 2012 9:57 pm (PST)
Saya bisa bantu Pak untuk membuat file Bapak expired dalam rentang waktu tertentu. Bersama email ini saya lampirkan contoh file excel yg sudah saya proteksi.
Sebagai tambahan:
Ada banyak bentuk proteksi pada file excel:
1. Berdasarkan jumlah penggunaan/pemakaian file. Misalnya, jika 5 kali file tersebut dibuka, maka pada pemakaian ke-6, file tersebut tidak dapat digunakan.
2. Berdasarkan jumlah hari, misalnya 3 hari, maka file tersebut akan expired pada hari ke 4
3. Berdasarkan nomor pada HARDDISK ATAU BIOS. Dengan proteksi file hanya bisa dipakai di 1 komputer saja.
Terima kasih
- 5a.
-
Menyusun Planning
Posted by: "Rachmad HIDAYAT" rachmad.hidayat@external.total.com
Tue Jan 10, 2012 8:57 pm (PST)
Dear para pakar,
Mohon bantuannya,
Saya punya data planning pekerjaan yang di lakukan setiap tahun,
Bagaimana saya menyusun di sheet "Hasil" seperti contoh dengan 3 referensi (name, model, date)
Dengan kode M dan I sesuai tabel model
Terima Kasih,
Rachmad Hidayat
- 5b.
-
Re: Menyusun Planning
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Tue Jan 10, 2012 9:52 pm (PST)
Yang ini dibuat dengan Pivot dengan sedikit modifikasi data.
Hasilnya tidak persis sama namun mendekati, bahkan bisa mendeteksi jumlah model yang lebih dari 1.
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. >total.com
To: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 11:57
Subject: [belajar-excel] Menyusun Planning
Dear para pakar,
Mohon bantuannya,
Saya punya data planning pekerjaan yang di lakukan setiap tahun,
Bagaimana saya menyusun di sheet "Hasil" seperti contoh dengan 3 referensi (name, model, date)
Dengan kode M dan I sesuai tabel model
Terima Kasih,
Rachmad Hidayat - 5c.
-
Fw: [belajar-excel] Menyusun Planning
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Tue Jan 10, 2012 10:00 pm (PST)
Dengan pengaturan posisi Font (rata kanan) pada Model, tabel akan lebih mudah dibaca.
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 12:49
Subject: Re: [belajar-excel] Menyusun Planning
Yang ini dibuat dengan Pivot dengan sedikit modifikasi data.
Hasilnya tidak persis sama namun mendekati, bahkan bisa mendeteksi jumlah model yang lebih dari 1.
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. >total.com
To: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 11:57
Subject: [belajar-excel] Menyusun Planning
Dear para pakar,
Mohon bantuannya,
Saya punya data planning pekerjaan yang di lakukan setiap tahun,
Bagaimana saya menyusun di sheet "Hasil" seperti contoh dengan 3 referensi (name, model, date)
Dengan kode M dan I sesuai tabel model
Terima Kasih,
Rachmad Hidayat - 5d.
-
Re: Menyusun Planning
Posted by: "Rachmad HIDAYAT" rachmad.hidayat@external.total.com
Tue Jan 10, 2012 10:08 pm (PST)
Terima kasih usulan modifnya pa hendrik,
But what can I said ¿ the Boss want as the result on sheet " Hasil"
Terima Kasih,
Rachmad Hidayat
3487
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of hendrik karnadicom
Sent: 11 January 2012 14:00
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Fw: [belajar-excel] Menyusun Planning
Dengan pengaturan posisi Font (rata kanan) pada Model, tabel akan lebih mudah dibaca.
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 12:49
Subject: Re: [belajar-excel] Menyusun Planning
Yang ini dibuat dengan Pivot dengan sedikit modifikasi data.
Hasilnya tidak persis sama namun mendekati, bahkan bisa mendeteksi jumlah model yang lebih dari 1.
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. >total.com
To: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 11:57
Subject: [belajar-excel] Menyusun Planning
[cid:image001.gif@01CCD06A. ]7CFF03E0
Dear para pakar,
Mohon bantuannya,
Saya punya data planning pekerjaan yang di lakukan setiap tahun,
Bagaimana saya menyusun di sheet "Hasil" seperti contoh dengan 3 referensi (name, model, date)
Dengan kode M dan I sesuai tabel model
Terima Kasih,
Rachmad Hidayat
- 5e.
-
Re: Menyusun Planning
Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_indri_haps
Wed Jan 11, 2012 12:37 am (PST)
bagaimana kalau khusus untuk pak Boss kita berikan makro ini :
ditulis di module sheet "DATA"
Private Sub CommandButton1_Click()
*'----Summaries20120111---*
*' coded by: indri Hapsari*
*' smg, 11 jan 2011*
*'------------------- ------*
Dim RefTabel As Range, PlanYear As Range
Dim Kriteria As Range, PlReport As Range
Dim i As Long, r As Long, c As Integer
Dim plRows As Long, plCols As Integer
' kelamaan di bagian Initials nya ya...
Set RefTabel = Sheets("DATA").Cells(1) .CurrentRegion
Set PlReport = Sheets("Hasil").Cells(1, 1).CurrentRegion
plRows = PlReport.Rows.Count - 2
plCols = PlReport.Columns.Count
Set PlReport = PlReport(3, 3)
Set PlanYear = PlReport(0, 1).Resize(1, plCols - 2)
Set Kriteria = PlReport(1, 0).Resize(plRows, 1)
PlReport.Parent.Activate
' tapi dengan semua sudah disiapkan di bagian INIT
' loop proses tulis report pn jadi pendek & sederhana
For i = 2 To RefTabel.Rows.Count
For r = 1 To plRows
c = WorksheetFunction.Match(Year( RefTabel( i, 4)), PlanYear, 0)
If RefTabel(i, 1) = Kriteria(r, 1) Then
PlReport(r, c) = RefTabel(i, 5)
End If
Next r
Next i
End Sub
2012/1/11 Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. >total.com
> **
>
> Terima kasih usulan modifnya pa hendrik,****
>
> But what can I said ¿ *the Boss want as the result on sheet " Hasil"*****
>
> Terima Kasih,
>
> Rachmad Hidayat****
>
> 3487****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups. *On Behalf Of *hendrik karnadicom
> *Sent:* 11 January 2012 14:00
> *Subject:* Fw: [belajar-excel] Menyusun Planning****
>
> ** **
>
> Dengan pengaturan posisi Font (rata kanan) pada Model, tabel akan lebih
> mudah dibaca.****
>
> ** **
>
>
>
- 6a.
-
merubah seluruh cell manjadi text
Posted by: "sarma diaz" sh.ronald@yahoo.co.id sh.ronald
Tue Jan 10, 2012 10:11 pm (PST)
Selamat siang rekan belajar excel,
Terima kasih selama ini selalu memberikan solusi untuk masalah excel.
Saya ada masalah, bagaimana merubah semua cell menjadi berformat text.
Saya lampirkan file masalahnya.
Terima kasih atas solusinya.
Ronald.
- 6b.
-
Re: merubah seluruh cell manjadi text
Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com ontoseno84@ymail.com
Tue Jan 10, 2012 10:47 pm (PST)
"SEMUA CELL" itu menurut anda, detil nya bgmana ??
Apakah semua cells yg ada di workbook ??
Ataukah yg ada di Sheet aktif saja ?
Ataukah yg ada di Range tertentu saja ?
Semua pekerjaan akan menjadi gampang bila ada kejelasannya..
"Order gak jelas" kalau diterima biasanya menjadi masalah di
belakang Hari *(di belakang si Harri ada kucing mengikutinya )*
Sungguh sulit mengartikan SEMUA CELL, sedangkan object itu
adalah sesuatu yg akan di-treatment (karena ANDA MINTA, bukan
mauk kami sendiri)
(misal workbook berisi 147 sheet maka Cacah *SEMUA CELL*
*menurut logika wajar/normal, ( ex Excel 2003) *adalah 147 kali 65536
kali 256 =
= 147 kali 16 777 216 = *2 466 250 752 cells*
Jadi SEMUA CELL di workbook itu ada : 2 466 250 752 cells
Tatpi mari kita persempit skop nya menjadi *SEMUA CELL Di Selection *
*( =range yg sedang diBLOK) / range tertneu saja.*
1.
jika hasil akan ditaruh juga di Range awal (di selection range)
tinggal memformat range terseut dengan NumberFormat = text
ata dlm bahasa CUSTOM Formattingnya = "@"
2
Jika hasil akan di taruh di range lain
a.
range lain seluas range asal diformat number = TEXT
range asal dicopy lalu di paste special values ke Range yg sudah diformat
as TEXT tadi
b
Tulis di pojok kiri atas Range tujuan
=TEXT(RangePertamaPadaRangeAsal_ RujukanRelatif, "@")
= misal di E9 ditulis rumus =TEXT(A9,"@")
copylah cell berisi formula tsb ke cells di bawah dan kanannya seluas
diperlukannya.
Biasanya anda akan menusulkan syarat
"Lha Wong saya mauk nya pakai makro kok, dikasih ginian !!?"
(tapi di mail ini kan tidak ada kata2 spt itu, ya jangan protest dong...
Makro tidak jauh dari itu tetapi hanya dlm bahasa VBA saja...
Cara 2 A tadi dapat direkam-makro, dan hasilnya adalah
"makro yg anda *Lha-Wong*-kan tsb di atas."
[image: format text.PNG]
CMIIW...
*o'Seno*
http://www.box.com/s/1c5lpx7mcb 8y0t2meaxh
2012/1/11 sarma diaz <sh.ronald@yahoo.co.id >
> **
>
> Selamat siang rekan belajar excel,
>
> Terima kasih selama ini selalu memberikan solusi untuk masalah excel.
> Saya ada masalah, bagaimana merubah semua cell menjadi berformat text.
> Saya lampirkan file masalahnya.
>
> Terima kasih atas solusinya.
> Ronald.
>
- 7a.
-
Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com man_jufri
Tue Jan 10, 2012 11:14 pm (PST)
Halllllllo to all excelers,...
Mau nanya nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan. Aku punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan itu saya memberikan laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
Makasih untuk semua !!!!
Salam EXCEL untuk semua ;) - 7b.
-
Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Jan 10, 2012 11:25 pm (PST)
Coba di format cell -> number -> pilih Number -> set decimal number
sejumlah 0 -> tekan OK
Kid.
2012/1/11 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
> **
>
>
> **
> Halllllllo to all excelers,...
>
> Mau nanya nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias
> dibulatkan. Aku punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan
> itu saya memberikan laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
>
> Makasih untuk semua !!!!
>
> Salam EXCEL untuk semua ;)
>
>
>
- 7c.
-
Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Tue Jan 10, 2012 11:30 pm (PST)
Yang umum adalah pakai Round, RoundDown dan RoundUp.
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, 11 January 2012, 14:13
Subject: [belajar-excel] Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Halllllllo to all excelers,...
Mau nanya
nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan. Aku
punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan itu saya memberikan
laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
Makasih untuk semua !!!!
Salam EXCEL untuk
semua ;)
- 7d.
-
Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com man_jufri
Tue Jan 10, 2012 11:55 pm (PST)
kalau misalkan cuma menghilangkan desimal yang seperti kamu bilang itu, saya copy paste special, apa angka belakangnya masih kebawa ? Aku maunya bener2 hilang.
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, January 11, 2012 10:25 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Coba di format cell -> number -> pilih Number -> set decimal number sejumlah 0 -> tekan OK
Kid.
2012/1/11 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
Halllllllo to all excelers,...
Mau nanya nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan. Aku punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan itu saya memberikan laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
Makasih untuk semua !!!!
Salam EXCEL untuk semua ;)
- 7e.
-
Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com man_jufri
Tue Jan 10, 2012 11:56 pm (PST)
kalau misalkan cuma menghilangkan desimal yang seperti kamu bilang itu, saya copy paste special, apa angka belakangnya masih kebawa ? Aku maunya bener2 hilang.
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, January 11, 2012 10:25 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Coba di format cell -> number -> pilih Number -> set decimal number sejumlah 0 -> tekan OK
Kid.
2012/1/11 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
Halllllllo to all excelers,...
Mau nanya nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan. Aku punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan itu saya memberikan laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
Makasih untuk semua !!!!
Salam EXCEL untuk semua ;)
- 7f.
-
Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com man_jufri
Tue Jan 10, 2012 11:57 pm (PST)
kalau misalkan cuma menghilangkan desimal yang seperti kamu bilang itu, saya copy paste special, apa angka belakangnya masih kebawa ? Aku maunya bener2 hilang.
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, January 11, 2012 10:25 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Coba di format cell -> number -> pilih Number -> set decimal number sejumlah 0 -> tekan OK
Kid.
2012/1/11 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
Halllllllo to all excelers,...
Mau nanya nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan. Aku punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan itu saya memberikan laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
Makasih untuk semua !!!!
Salam EXCEL untuk semua ;)
- 7g.
-
Re: Menghilangkan angka dibelakang koma alias dibulatkan
Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_indri_haps
Wed Jan 11, 2012 12:59 am (PST)
Pertanyaan kok sampai diulang 3 kali (msg no. 15123, 15124, 15125)
Sudah panik ya ?
MENGHILANGKAN BAGIAN PECAHAN
LAIN URUSANNYA DENGAN MEMBULATKAN SECARA PROPORSIONAL
*
*
*=INT(A1)*
*=TRUNC(A1)*
*=FLOOR(A1,1)*
*=A1-MOD(A1,1)*
*=ROUNDDOWN(A1,0)*
*=ROUNDUP(A1,0)-(MOD(A1, 1)>0)*
Inpun masih tergantung formatting di cellsnya
Data 1 murni jika ditulis di cell yg sudah diformat berdesimal 9 digit"
maka tampilnya
1.000000000
*
2012/1/11 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
>
> kalau misalkan cuma menghilangkan desimal yang seperti kamu bilang itu,
saya copy paste special, apa angka belakangnya masih kebawa ? Aku maunya
bener2 hilang.
>
>
> ----- Original Message -----
> From: Kid Mr.
> Sent: Wednesday, January 11, 2012 10:25 AM
>
> Coba di format cell -> number -> pilih Number -> set decimal number
sejumlah 0 -> tekan OK
> Kid.
>
> 2012/1/11 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com >
>> Halllllllo to all excelers,...
>>
>> Mau nanya nih, gimana yah cara menghilangkan angka dibelakang koma alias
dibulatkan. Aku punya report angkanya berkoma semua tapi yang saya inginkan
itu saya memberikan laporan tanpa ada angka dibelakang koma.
>> Makasih untuk semua !!!!
>> Salam EXCEL untuk semua ;)*
*
*
- 8.
-
Bls: [belajar-excel] Menyusun Planning
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Wed Jan 11, 2012 12:46 am (PST)
tulis formula array di C3 sheet solusi
{=IFERROR(LEFT(RIGHT(INDEX( DATA!$C$2: $C$17;MATCH( $B3&C$2;DATA! $A$2:$A$17& YEAR(DATA! $D$2:$D$17) ;0));3)); "")}
copy ke kanan dan ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Rab, 11/1/12, Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. > menulis:total.com
Dari: Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. >total.com
Judul: [belajar-excel] Menyusun Planning
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Tanggal: Rabu, 11 Januari, 2012, 11:57 AM
Dear para pakar, Mohon bantuannya,Saya punya data planning pekerjaan yang di lakukan setiap tahun,Bagaimana saya menyusun di sheet "Hasil" seperti contoh dengan 3 referensi (name, model, date)Dengan kode M dan I sesuai tabel model Terima Kasih,Rachmad Hidayat
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar