Sabtu, 14 Januari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1475

Messages In This Digest (8 Messages)

1a.
Re: Memasukkan data ke dalam sheet lain dengan dua kriteria From: o' Seno
2.
Ingin menggunakan Query.. From: ifin
3a.
Bls: [belajar-excel] PROTECT DESTINATION SHEET From: Harry
4a.
tanya fungsi RAND() From: topan firmandha
4b.
Re: tanya fungsi RAND() From: o' Seno
4c.
Bls: [belajar-excel] tanya fungsi RAND() From: topan firmandha
5a.
Re: Warna pada kolom From: jkssxls Sudarsono
5b.
Re: Warna pada kolom From: jkssxls Sudarsono

Messages

1a.

Re: Memasukkan data ke dalam sheet lain dengan dua kriteria

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Fri Jan 13, 2012 10:41 am (PST)



-- di-modipikasi sedikitt..

Sub Generate_CutiReport()
' coded by: Indri Hapsari
' 12 dec 2012 // jkt. / BeExcelCase #15152
' modified by: oSeno (ontoseno84@gmail.com)
'------------------------------------------
Dim dTabel As Range, dRekap As Range, Libur As Range
Dim TglAwal As Date, TglAkir As Date, vTgl As Date
Dim *TGLRepA As Date, TGLRepZ As Date*
Dim iRow As Integer, iCol As Integer
Dim CriYYMM As String, Tipe As String

Set dTabel = Sheet4.Cells(1).CurrentRegion
Set dRekap = Sheet5.Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 3)
Set Libur = Application.Range("LiburNas")
TGLRepA = Sheet5.Cells(2).Value
TGLRepZ = DateSerial(Year(TGLRepA), Month(TGLRepA) + 1, 0)
CriYYMM = Format(TGLRepA, "yyMM")
dRekap.Parent.Activate

For iRow = 2 To dTabel.Rows.Count
dRekap(iRow, -2) = iRow - 1
dRekap(iRow, -1) = dTabel(iRow, 1)
dRekap(iRow, 0) = dTabel(iRow, 2)
If LCase(dTabel(iRow, 6)) Like "approved*" Then
TglAwal = dTabel(iRow, 3): TglAkir = dTabel(iRow, 4)
'-------------------------------------------------
* If TglAwal <= TGLRepZ And TglAkir >= TGLRepA Then*
* If TglAwal < TGLRepA Then TglAwal = TGLRepA*
* If TglAkir > TGLRepZ Then TglAkir = TGLRepZ*
'--------------------------------------------------
Tipe = LeaveCode(dTabel(iRow, 5).Value)

' TipeCuti ditulis JIKA :BulanThIni, nonMinggu & NonLibur
For iCol = Day(TglAwal) To Day(TglAkir)
vTgl = dRekap(1, iCol).Value
If Format(vTgl, "yyMM") = CriYYMM Then
If Weekday(vTgl) > 1 Then dRekap(iRow, iCol) = Tipe
If WorksheetFunction.CountIf(Libur, vTgl) > 0 Then
dRekap(iRow, iCol) = vbNullString
End If
End If
Next iCol
End If
End If
Next iRow
End Sub

*o'Seno*

2012/1/13 Isti <milisastro@gmail.com>

> **
>
> saya sudah coba utak-atik dengan mengganti coding :
> -------------------------------------
> IGems = dTabel(i, 2) ' ID
> -------------------------------------
> dan
> ------------------------------------------------------
> For c = Day(TglAwal) To Day(TglAkir)
> vTgl = dRekap(1, c).Value
> If Weekday(vTgl) > 1 Then dRekap(IGems, c) = Tipe
>
> If WorksheetFunction.CountIf(Libur, vTgl) > 0 _
> Then dRekap(i, c) = vbNullString
> Next c
> ------------------------------------------------------
> Namun yang terisi kok cuma tiga employee ID saja, sedangkan yang lain
> kosong sedang datanya ada sekitar 500. Mohon bantuannya Bu Haps dan para
> master sekalian.
>
> Regards,
> Isti
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, Isti Astro <milisastro@...> wrote:
> >
> > Bu Siti ternyata setelah di aplikasikan banyak error terjadi, karena di
> > contoh makro dan file solusi Bu siti, untuk tabel drekap diisi lewat
> > makro...sedang di data contoh yang saya kirim maksudnya adalah tabel
> rekap
> > sudah ada dan data yang ada di sember data hanya dipindahkan ke rekap
> > sesuai dengan nomor ID dan tanggal pengajuan. (kalo pakai rumus seperti
> > vlookup)
> > Mohon informasinya
>
2.

Ingin menggunakan Query..

Posted by: "ifin" ari_mantap2000@yahoo.com   ari_mantap2000

Fri Jan 13, 2012 10:49 am (PST)



Salam [(XXXXXXXX) diganti oleh mod >> BeExcellers ].....
Luarrr Biasa...

pengalaman selama beberapa bulan dalam pengolahan data saya harus copy paste antar file, terkadang jika ada yang salah harus mengulang lagi, dan membutuhkan + 5 jam karena ada sekitar 400 coloum yang harus saya copy-paste, bolak-balik.

Ada 2 buah file, file pertama adalah control pengajar dan file ke dua jadwal harian.
yang ingin saya tanyakan disini, bagaimana caranya agar kedua file itu ada querynya/berhubungan atau jika saya ubah di satu file, maka file kedua ikut berubah.....
atau secara intinya antar file, antar sheet dan antar coloum nge-link semua..

2buah  file nya sudah saya lampirkan sebagai contoh...

Terimakasih

Ari
3a.

Bls: [belajar-excel] PROTECT DESTINATION SHEET

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Fri Jan 13, 2012 10:50 am (PST)



Dear,
Terima kasih atas informasi dan ilmunya.
Insya Allah sangat bermanfaat.

Regards,
Harry

________________________________
Dari: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 3:10

Di milis sudah banyak contoh meng-Entri Data ke suatu tabel penampung data.
Tabel penampung data di tempatkan pada sheet tersendiri, range tabelnya dilocked
dan sheetnya di proteksi; agar data tidak diubah2 oleh pihak lain !
Cara memasukkan data (entri data) ke sheet penampung yg diproteksi tsb

Sheets("NamaSheetPenampung").Unprotect "PaswordnyaApa"
' --- coding proses pengisian / entri data ---
Sheets("NamaSheetPenampung").Protect "PaswordnyaApa"

4a.

tanya fungsi RAND()

Posted by: "topan firmandha" top_p43@yahoo.co.id   top_p43

Fri Jan 13, 2012 7:25 pm (PST)



Bismillah.. saya anggota baru group ini, dan pemula di excel.

Mohon bantuanya dari para guru, fungsi RAND() untuk menggenerate nilai random. tetapi masalahnya saya pengen nilai random tersebut berubah-nya hanya ketika saya klik sebuah tombol, katakanlah tombol generate.

terimakasih
4b.

Re: tanya fungsi RAND()

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Fri Jan 13, 2012 8:10 pm (PST)



Formula yg memanfaatkan fungsi RAND() sama seperti FUNGSI lain maupun
FORMULA lain;
yaitu (defaultnya) akan OTOMATIS di-REFRESH / *di-relalkulasi hasilnya*setiap :
** terjadi perubahan di sheet (misal ada cell kosong di isi data, atau
kebalikanna,
atau ada cell di edit datanya
** sengaja di re-kalkulasi dengan menekan *tombol Calculate (F9) *atau
(Alt + F9)

Terjadinya Recalkulasi itu,

apakah *akan OTOMATIS*
ataukah *menunggu anda sengaja me-Re-Kalkulasi (F9)*

bisa di SETEL / *di-set pada Exel Option *
(diakses dari Office Button > Excel Options )

Manakala anda memilih setting MANUAL, maka semua formula di sheet walaupun
di edit formulanya, maupun ada perubahan nilai pada Cell rujukan / links
nya;
HASIL FORMULA tidak akan berubah (masih tetap menunjukkan nilai terakhir
spt
ketika DULU terjadi rekalkulasi)

Jadi menurut pendapatku, pak Topan ini sedang memerlukan *setting
Calculation = Manual*
Sehingga Nilai hasil fungs RAND() tidak akan berubah ubah setiap terjadi *
event_change*
pada sheet; dan akan berbah hanya ketika pak Topan menekan *tombol F9*
[image: Exel Option - Formula - Calculation.PNG]

Jika setting seperti ini bukan yg diinginkan (karenya ternyata pak Topan
hanya ingin:
KEINGINANNYA itu berlaku pada RANGE TERTENTU, mungkin solusi
tergampang-nya dengan
bantuan makro

Makro akan difikrkan kalau pak Topan berkenan mengirim sheet berisi data
contoh dan
tambahan penjelasan lebih detil (supaya jawabannya tidak perlu berkali-kali
try & ellol)

(atau mungkin pak Topan tak perlu bereaksi apapun, dan ada members lain yg
akan tahu
cara membantunya..)

CMIIW

*o'Seno*

*

2012/1/14 topan firmandha <top_p43@yahoo.co.id>
>
> Bismillah.. saya anggota baru group ini, dan pemula di excel.
> Mohon bantuanya dari para guru, fungsi RAND() untuk menggenerate nilai
random. *
*> tetapi masalahnya saya pengen nilai random tersebut berubah-nya hanya
ketika saya klik sebuah tombol, *
*> katakanlah tombol generate.
> terimakasih*
*
*
4c.

Bls: [belajar-excel] tanya fungsi RAND()

Posted by: "topan firmandha" top_p43@yahoo.co.id   top_p43

Fri Jan 13, 2012 9:17 pm (PST)



em.. terimakasih pak, kemungkinan perkaranya memang seperti yang sudah di tebak, "Jika setting seperti ini bukan yg diinginkan (karenya ternyata pak Topan hanya ingin: 
KEINGINANNYA itu berlaku pada RANGE TERTENTU,  mungkin solusi tergampang-nya dengan bantuan makro".

untuk sheet contoh saya belum buat pak, cuma sekedar mencoba coba tadi. anyway terimakasih pak atas saran saranya.

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 14 Januari 2012 11:10
Judul: Re: [belajar-excel] tanya fungsi RAND()


 
Formula yg memanfaatkan fungsi RAND() sama seperti FUNGSI lain maupun FORMULA lain;
yaitu (defaultnya) akan OTOMATIS di-REFRESH / di-relalkulasi hasilnya setiap :
** terjadi perubahan di sheet (misal ada cell kosong di isi data, atau kebalikanna, 
    atau ada cell di edit datanya
** sengaja di re-kalkulasi dengan menekan tombol Calculate (F9) atau  (Alt + F9)

Terjadinya Recalkulasi itu, 

apakah akan OTOMATIS   
ataukah menunggu anda sengaja me-Re-Kalkulasi (F9)

bisa di SETEL / di-set pada Exel Option  
(diakses dari  Office Button > Excel Options )

Manakala anda memilih setting MANUAL, maka semua formula di sheet walaupun 
di edit formulanya, maupun ada perubahan nilai pada Cell rujukan / links nya;  
HASIL FORMULA tidak akan berubah  (masih tetap menunjukkan nilai terakhir spt
ketika DULU terjadi rekalkulasi)

Jadi menurut pendapatku, pak Topan ini sedang memerlukan setting Calculation = Manual
Sehingga Nilai hasil fungs RAND() tidak akan berubah ubah setiap terjadi event_change 
pada sheet; dan akan berbah hanya ketika pak Topan menekan tombol F9

Jika setting seperti ini bukan yg diinginkan (karenya ternyata pak Topan hanya ingin: 
KEINGINANNYA itu berlaku pada RANGE TERTENTU,  mungkin solusi tergampang-nya dengan 
bantuan makro

Makro akan difikrkan kalau pak Topan berkenan mengirim sheet berisi data contoh dan 
tambahan penjelasan lebih detil (supaya jawabannya tidak perlu berkali-kali try & ellol)

(atau mungkin pak Topan tak perlu bereaksi apapun, dan ada members lain yg akan tahu
cara membantunya..)

CMIIW

o'Seno

2012/1/14 topan firmandha <top_p43@yahoo.co.id>
>
> Bismillah.. saya anggota baru group ini, dan pemula di excel.
> Mohon bantuanya dari para guru, fungsi RAND() untuk menggenerate nilai random. 
> tetapi masalahnya saya pengen nilai random tersebut berubah-nya hanya ketika saya klik sebuah tombol, 
> katakanlah tombol generate.
> terimakasih

5a.

Re: Warna pada kolom

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Fri Jan 13, 2012 9:24 pm (PST)




bisa juga gunakan event change pada Sheet yang ingin diberi warna , misal di sheet "2008" sebelumnya buat sheet baru , misal "Sheet1" , mulai sel B1 buat seperti ini ( warna sel )

Daftar Warna



PH



JL



AL



SL



MT



SP



HD


lalu buat koding untuk event Change bagi sheet 2008 : Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
NILAI = Target.Value
If NILAI <> "" Then
ketemu = WorksheetFunction.Match(NILAI, Sheets("sheet1").Range("B2:B10"), 0)
If ketemu > 0 Then
warna = Sheets("sheet1").Range("B2").Offset(ketemu - 1).Interior.Color
Target.Interior.Color = warna
End If
End If
End Sub
'---------------------------------------- To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: ontoseno84@gmail.com
Date: Fri, 13 Jan 2012 20:43:52 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Warna pada kolom

betul sekali kata mbak Riska, gunakan fitur Conditional Formatating

Selain itu di tiap kolom kolom sebelah kanan kolom Tanggal bisa di"pasang"fitur Data Validation > List yg listnya bisa diambil dari Daftar Legend

agar nantinya JENIS CUTI tidak perlu diketikkan, tetapi cukup dipilihdari DropDownButton yg muncul jika cell di aktifkan

o'Seno

2012/1/13 Riska Wahyu Nirmalasari <Riska.Nirmalasari@danone.com>

Dear Bpk. Budhy,

Untuk hal tersebut menggunakan conditional
formatting.

Berikut filenya.

Regards,
Riska Wahyu N.

From: "Budhi Cahyanto" <budhi.cahyanto@suryajayaenergy.com>
Date: 01/13/12 04:16 PM

________________________________
Salam Excel,
Saya punya template untuk me-record data cuti karyawan. Untuk setiap cuti
yang diambil karyawan, saya harus mengisi template tersebut 2x yakni :

1. Mengisi kolom dengan kode : JL, AL, SL, MT, SP, atau HD (sesuai

alasan cutinya di legend).

2. Memberikan warna pada kolom sesuai kode-kodenya : Hijau Muda untuk
JL, Hijau Tua untuk AL, Merah untuk SL, Orange untuk MT, Biru Tua untuk SP, dan Putih untuk HD.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana saya dapat meringkas dari 2x pengerjaan menjadi 1x saja.

Mis ; ketika saya ketik kode : JL, AL, SL, MT, SP, dan HD pada kolom yang ada, maka pada kolom tersebut langsung keluar warna sesuai legend-nya sehingga saya tidak perlu memberikan warna kembali.

Jadi saya cukup ketik kode-kode cuti, maka pada kolom ybs akan keluar : kode cuti + warna kode.

Atas bantuannya diucapkan terima kasih.

Rgrds,
Budhi
.
5b.

Re: Warna pada kolom

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Fri Jan 13, 2012 10:02 pm (PST)





kalau ingin membatasi isian maka di sheet sheet1 sel B2 diubah menjadi

Daftar Warna







PH



JL



AL



SL



MT



SP



HD


yaitu sediakan isian kosong , agar boleh mengosongkan sel pada sheet 2008 adapun untuk membuat validasi secara VBA : Sub BuatValidasi()
Sheets("2008").Range("B3:B33").Select
With Selection.Validation
.Delete
.Add Type:=xlValidateList, AlertStyle:=xlValidAlertStop, Operator:= _
xlBetween, Formula1:="=Sheet1!$B$2:$B$9"
.IgnoreBlank = True
.InCellDropdown = True
.InputTitle = "Silakan isi"
.ErrorTitle = ""
.InputMessage = ""
.ErrorMessage = "Isi semua dengan Data"
.ShowInput = True
.ShowError = True
End With
End Sub
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Sat, 14 Jan 2012 05:24:36 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] Warna pada kolom

bisa juga gunakan event change pada Sheet yang ingin diberi warna , misal di sheet "2008"
sebelumnya buat sheet baru , misal "Sheet1" , mulai sel B1 buat seperti ini ( warna sel )


Daftar Warna



PH



JL



AL



SL



MT



SP



HD


lalu buat koding untuk event Change bagi sheet 2008 :

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
NILAI = Target.Value
If NILAI <> "" Then
ketemu = WorksheetFunction.Match(NILAI, Sheets("sheet1").Range("B2:B10"), 0)
If ketemu > 0 Then
warna = Sheets("sheet1").Range("B2").Offset(ketemu - 1).Interior.Color
Target.Interior.Color = warna
End If
End If
End Sub

'----------------------------------------

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: ontoseno84@gmail.com
Date: Fri, 13 Jan 2012 20:43:52 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Warna pada kolom

betul sekali kata mbak Riska, gunakan fitur Conditional Formatating

Selain itu di tiap kolom kolom sebelah kanan kolom Tanggal bisa di"pasang"fitur Data Validation > List yg listnya bisa diambil dari Daftar Legend

agar nantinya JENIS CUTI tidak perlu diketikkan, tetapi cukup dipilihdari DropDownButton yg muncul jika cell di aktifkan

o'Seno

2012/1/13 Riska Wahyu Nirmalasari <Riska.Nirmalasari@danone.com>

Dear Bpk. Budhy,

Untuk hal tersebut menggunakan conditional
formatting.

Berikut filenya.

Regards,
Riska Wahyu N.

From: "Budhi Cahyanto" <budhi.cahyanto@suryajayaenergy.com>
Date: 01/13/12 04:16 PM

________________________________
Salam Excel,
Saya punya template untuk me-record data cuti karyawan. Untuk setiap cuti
yang diambil karyawan, saya harus mengisi template tersebut 2x yakni :

1. Mengisi kolom dengan kode : JL, AL, SL, MT, SP, atau HD (sesuai

alasan cutinya di legend).

2. Memberikan warna pada kolom sesuai kode-kodenya : Hijau Muda untuk
JL, Hijau Tua untuk AL, Merah untuk SL, Orange untuk MT, Biru Tua untuk SP, dan Putih untuk HD.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana saya dapat meringkas dari 2x pengerjaan menjadi 1x saja.

Mis ; ketika saya ketik kode : JL, AL, SL, MT, SP, dan HD pada kolom yang ada, maka pada kolom tersebut langsung keluar warna sesuai legend-nya sehingga saya tidak perlu memberikan warna kembali.

Jadi saya cukup ketik kode-kode cuti, maka pada kolom ybs akan keluar : kode cuti + warna kode.

Atas bantuannya diucapkan terima kasih.

Rgrds,
Budhi
.

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Dog Lovers Group

Connect and share with

dog owners like you

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar