Minggu, 11 Maret 2012

[belajar-excel] Digest Number 1544

Messages In This Digest (8 Messages)

Messages

1a.

Menyoal Advance Filter Memakai Macro

Posted by: "Mr Pecut" pecutmr@yahoo.co.id   pecutmr

Sat Mar 10, 2012 8:50 am (PST)



UntUntuk
membuat  General
Ledger dengan data yang lumayan banyak, jika memakai rumus atau fungsi, akan
membuat  kerja XL jadi lemot (sudah aku
coba dengan memakai formula yang campur -baur & data
yang mencapai 10,000 baris) . Karenanya saya coba-coba bikin dengan Advance
Filter memakai macro . Tetapi , mengingat pengetahuan macro-ku yang masih
dangkal, ada kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi sendiri, karenanya  aku selalu minta petunjuk & pencerahan pada para  B-Excel. __________________________________________________________
Pada file & kode makro yang telah kubuat (terlampir), maunya sih direkayasa  begini :

__________________________________________________________

1. 
Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi dari  bulan tahun  sekian s/d bulan       tahun sekian...? (misal bulan  Januari 2011 s/d maret
2011), sehingga  data  yang       tampil nantinya  hanya
Januari
2011 s/d Maret 2011, dengan mengabaikan       tanggalnya...

     

2.  Bisakah Jumlah Mutasi  di bawah (range warna  hijau) Agar  selslu bisa  tampil           terus tiap ada  perubahan data...?

       Best Regards,

       Mr Pecut

uk membuat 
General Ledger dengan data yang lumayan
banyak, jika memakai rumus atau fungsi, akan membuat  kerja XL jadi lemot (sudah aku coba dengan memakai formula yang campur -baur & data yang mencapai 10,000 baris) . Karenanya saya coba-coba
bikin dengan Advance Filter memakai macro . Tetapi , mengingat pengetahuan
macro-ku yang masih dangkal, ada kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi
sendiri, karenanya  aku selalu minta
petunjuk pada para  B-Excel. Mau saya sih
begini :

____________________________________________

1.  Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi
dari

     bulan tahun  sekian s/d bulan tahun sekian...? (misal

     bulan 
Januari 2011 s/d maret 2011), sehingga 
data

     yang tampil nantinya  hanya Januari 2011 s/d Maret

     2011, dengan mengabaikan tanggalnya

     

     2   
Bisakah Jumlah Mutasi  di bawah
(range warna

      hijau) Agar  selslu bisa 
tampil terus tiap ada

      perubahan data...?

       Best Regards,

       Mr PecutUntuk membuat 
General Ledger dengan data yang lumayan
banyak, jika memakai rumus atau fungsi, akan membuat  kerja XL jadi lemot (sudah aku coba dengan memakai formula yang campur -baur & data yang mencapai 10,000 baris) . Karenanya saya coba-coba
bikin dengan Advance Filter memakai macro . Tetapi , mengingat pengetahuan
macro-ku yang masih dangkal, ada kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi
sendiri, karenanya  aku selalu minta
petunjuk pada para  B-Excel. Mau saya sih
begini :

____________________________________________

1.  Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi
dari

     bulan tahun  sekian s/d bulan tahun sekian...? (misal

     bulan 
Januari 2011 s/d maret 2011), sehingga 
data

     yang tampil nantinya  hanya Januari 2011 s/d Maret

     2011, dengan mengabaikan tanggalnya

     

     2   
Bisakah Jumlah Mutasi  di bawah
(range warna

      hijau) Agar  selslu bisa 
tampil terus tiap ada

      perubahan data...?

       Best Regards,

       Mr Pecut
1b.

Re: Menyoal Advance Filter Memakai Macro

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sat Mar 10, 2012 8:47 pm (PST)



Dengan sedikit perubahan pada kriteria dan Codenya, penjumlahan dapat dilakukan tepat 1 baris di bawah baris data terakhir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id>
To: belajar xl <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 10 March 2012, 23:36
Subject: [belajar-excel] Menyoal Advance Filter Memakai Macro


 
UntUntuk
membuat  GeneralLedger dengan data yang lumayan banyak, jika memakai rumus atau fungsi, akan
membuat  kerja XL jadi lemot (sudah aku
coba dengan memakai formula yang campur -baur & data
yang mencapai 10,000 baris) . Karenanya saya coba-coba bikin dengan Advance
Filter memakai macro . Tetapi , mengingat pengetahuan macro-ku yang masih
dangkal, ada kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi sendiri, karenanya  aku selalu minta petunjuk & pencerahan pada para  B-Excel.
 __________________________________________________________

Pada file & kode makro yang telah kubuat (terlampir), maunya sih direkayasa  begini :
__________________________________________________________

1. 
Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi dari  bulan tahun  sekian s/d bulan 
      tahun sekian...? (misal bulan  Januari 2011 s/d maret
2011), sehingga  data  yang 
      tampil nantinya  hanya Januari
2011 s/d Maret 2011, dengan mengabaikan 
      tanggalnya...
     
2.  Bisakah Jumlah Mutasi  di bawah (range warna  hijau) Agar  selslu bisa  tampil     
      terus tiap ada  perubahan data...?
       Best Regards,
       Mr Pecut
uk membuat 
GeneralLedger dengan data yang lumayan
banyak, jika memakai rumus atau fungsi, akan membuat  kerja XL jadi lemot (sudah aku coba dengan memakai formula yang campur -baur & data yang mencapai 10,000 baris) . Karenanya saya coba-coba
bikin dengan Advance Filter memakai macro . Tetapi , mengingat pengetahuan
macro-ku yang masih dangkal, ada kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi
sendiri, karenanya  aku selalu minta
petunjuk pada para  B-Excel. Mau saya sih
begini :
____________________________________________
1.  Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi
dari
     bulan tahun  sekian s/d bulan tahun sekian...? (misal
     bulan 
Januari 2011 s/d maret 2011), sehingga 
data
     yang tampil nantinya  hanya Januari 2011 s/d Maret
     2011, dengan mengabaikan tanggalnya
     
     2   
Bisakah Jumlah Mutasi  di bawah
(range warna
      hijau) Agar  selslu bisa 
tampil terus tiap ada
      perubahan data...?
       Best Regards,
       Mr PecutUntuk membuat 
GeneralLedger dengan data yang lumayan
banyak, jika memakai rumus atau fungsi, akan membuat  kerja XL jadi lemot (sudah aku coba dengan memakai formula yang campur -baur & data yang mencapai 10,000 baris) . Karenanya saya coba-coba
bikin dengan Advance Filter memakai macro . Tetapi , mengingat pengetahuan
macro-ku yang masih dangkal, ada kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi
sendiri, karenanya  aku selalu minta
petunjuk pada para  B-Excel. Mau saya sih
begini :
____________________________________________
1.  Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi
dari
     bulan tahun  sekian s/d bulan tahun sekian...? (misal
     bulan 
Januari 2011 s/d maret 2011), sehingga 
data
     yang tampil nantinya  hanya Januari 2011 s/d Maret
     2011, dengan mengabaikan tanggalnya
     
     2   
Bisakah Jumlah Mutasi  di bawah
(range warna
      hijau) Agar  selslu bisa 
tampil terus tiap ada
      perubahan data...?
       Best Regards,
       Mr Pecut
1c.

Re: Menyoal Advance Filter Memakai Macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Mar 11, 2012 3:34 am (PDT)



Hai Mr. Pecut,

File terlampir memanfaatkan AutoFilter. Untuk sekedar wawasan saja,
disertai juga jika ingin menggunakan pivot table.

Salam,
Kid.

On Sat, Mar 10, 2012 at 23:36, Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> UntUntuk membuat General Ledger dengan data yang lumayan banyak, jika
> memakai rumus atau fungsi, akan membuat kerja XL jadi lemot (sudah aku
> coba dengan memakai formula yang campur -baur & data yang mencapai 10,000
> baris) . Karenanya saya coba-coba bikin dengan Advance Filter memakai macro
> . Tetapi , mengingat pengetahuan macro-ku yang masih dangkal, ada
> kendala-kendala yang tidak bisa aku atasi sendiri, karenanya aku selalu
> minta petunjuk & pencerahan pada para B-Excel.
>
>
> __________________________________________________________
>
>
> Pada file & kode makro yang telah kubuat (terlampir), maunya sih
> direkayasa begini :
>
> __________________________________________________________
>
>
> 1. Bisakah Kriteria di Cell D4 ditambah menjadi dari bulan tahun sekian
> s/d bulan
>
> tahun sekian...? (misal bulan Januari 2011 s/d maret 2011),
> sehingga data yang
>
> tampil nantinya hanya Januari 2011 s/d Maret 2011, dengan
> mengabaikan
>
> tanggalnya...
>
>
>
> 2. Bisakah Jumlah Mutasi di bawah (range warna hijau) Agar selslu
> bisa tampil
>
> terus tiap ada perubahan data...?
>
> Best Regards,
>
> Mr Pecut
>
>
>
2a.

rumus apakah untuk menyembunyikan hasil rumus link?

Posted by: "Wewith Isme" wewithisme@ymail.com   wewithism

Sat Mar 10, 2012 8:51 am (PST)



saat kita membutuhkan data yang perlu diambil dari data yang lain maka dilakukan link data agar otomatis namun bagaimanakah agar data itu muncul pada saat data tersebut juga ada pada sumber data yang kita butuhkan? atau dengan katalain hasil rumus tersebut tersembunyi pada saat dibutuhkan?
2b.

Re: rumus apakah untuk menyembunyikan hasil rumus link?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 10, 2012 9:16 am (PST)



Coba gunakan IF

=Formula_yang_anda_gunakan

diubah menjadi :

=IF( sum( a5:o5 ) , Formula_yang_anda_gunakan , "" )

Kid.

On Sat, Mar 10, 2012 at 21:50, Wewith Isme <wewithisme@ymail.com> wrote:

> **
>
>
> saat kita membutuhkan data yang perlu diambil dari data yang lain maka
> dilakukan link data agar otomatis namun bagaimanakah agar data itu muncul
> pada saat data tersebut juga ada pada sumber data yang kita butuhkan? atau
> dengan katalain hasil rumus tersebut tersembunyi pada saat dibutuhkan?
>
>
>
>
3.

mendownload attachment

Posted by: "Wewith Isme" wewithisme@ymail.com   wewithism

Sat Mar 10, 2012 8:59 am (PST)



bagaimana mendownload attachment yang ada dimillis ya?

--- Mod ---
melihat file archive / mendownload lampiran : (butuh ID Yahoo)
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/

atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

-----------

4a.

Re: Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 10, 2012 9:06 am (PST)



Cara set sebuah variabel object :

Dim nama_variabel_object as class_dari_objcetnya
Set nama_objectnya = methods_untuk_dapatkan_si_object

Contoh :
dim wbkXY as workbook
set wbkXY = workbooks("apa namanya")

atau pakai buka dulu :
set wbkXY = workbooks.open("full file namenya disini")

dsb.

Kid.

On Sat, Mar 10, 2012 at 20:04, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Dear Mr. Kid & BeExceller,
>
> Masih berkaitan dengan topik ini dan sebagaimana informasi yang telah Mr.
> Kid berikan sebelumnya (tersebut dibawah) yang hasilnya sudah sangat sesuai
> dengan yang saya harapkan.
>
> Lebih lanjut menganai hal tersebut, saya coba mengembangkannya sendiri
> dengan menambah referensi file lain yang menjadi satu kesatuan dengan rumus
> tersebut.
>
> Maksudnya; Ada 3 file yang saling berkaitan yaitu wbkA, WbkDB & wbkXY.
>
> Dari rumus yang telah diberikan Mr. Kid sebelumnya:
> Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
> dll ...............
>
> dari rumus tersebut berarti hanya ada 2 file yaitu wbkA dan wbkDB.
> Saya coba menambah file ke-3 dan mengkotak-katik rumusnya sbb:
> Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook, wbkXY As Workbook
> dll ...............
> tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan bahkan ERROR.
>
> Pertanyaan saya adalah:
> Bagaimana cara dan/atau rumusnya jika hanya dengan commandbutton cmdAdd
> yang ada di wbkA, bisa mengirimkan data (output data) di wbkDB sekaligus
> di wbkXY...???
>
> Mohon berkenan informasi dan/atau rumusnya dari rekan-rekan BeExceller
> sekalian.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 24 Februari 2012 23:24
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC
> ke 1 Bank Data
>
>
> Bisa Pak.
> Urutan prosesnya :
> 1. Buka file database
> 2. Copy nilai-nilai terkait yang ada di database ke sebuah sheet di file
> aplikasi
> 3. Tampilkan ke setiap control yang dikehendaki.
>
> Selamat berkreasi.
> Kid.
>
> On Fri, Feb 24, 2012 at 21:29, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:
>
> **
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas berkenan penjelasan dan lampirannya. Somoga bermanfaat.
> Masih berkenaan dengan lampiran yang saya kirimkan tersebut, apakah
> CommandButton ("STATISTIK") bisa dijelaskan bisa atau tidaknya form
> tersebut dijalankan...???
>
> Terima kasih & Wassalam,
>
>
> Harry
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 23 Februari 2012 21:40
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC
> ke 1 Bank Data
>
>
> Coba bapak telusuri kembali seluruh isi thread yang berasal dari bapak
> sejak mulai tentang hal ini. Disana ada cara dengan ADO Connections.
> Proses buka tutup koneksi juga telah dijabarkan disana. Cara ini umumnya
> lebih praktis dan cepat.
>
> Jika menggunakan object workbook, maka file harus dibuka. Sedangkan
> kendala yang Bapak sampaikan adalah proses buka dan tutup database
> berlangsung lama.
> Artinya, proses buka tutup akan tidak memungkinkan.
>
> Jika kemudian menjadi memungkinkan, kendala yang muncul berikutnya adalah
> penggunaan bersama.
> Meski workbook database terbuka terus, tetapi terbuka dimana ?
> Object workbook membutuhkan rujukan yang jelas lokasi terbukanya workbook
> di komputer lokal (setahu saya). Untuk membuka workbook tertentu, bisa di
> komputer manapun dalam jaringan, tetapi si workbook exist dalam proses
> windows komputer lokal si user.
>
> File terlampir adalah contoh untuk mengetahui, apakah file datatbase
> dibuka dalam keadaan ReadOnly (karena sedang dibuka oleh instansi Excel
> lain entah dimana).
> Script diletakkan pada form frmregistrasi pada event click commandbutton
> cmdAdd
> penggalan beberapa baris awal script dalam event tersebut sampai dengan
> blok cek status readonly :
> Private Sub cmdAdd_Click()
> Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
>
> '----------------------------
> 'Kid : 2012-01-29 : modified
> 'Kid : 2012-02-23 : tambahkan blok cek workbook terbuka as read only
> '----------------------------
> 'deklarasi variabel workbook
> Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
>
> 'init workbooknya
> Set wbkA = ThisWorkbook
>
> '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> START
> Dim lTry As Long, lJeda As Long
> Application.ScreenUpdating = False
> Application.DisplayAlerts = False
> CobaBuka:
> For lTry = 1 To 20
> Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
> If wbkDB.ReadOnly Then
> wbkDB.Close False
> If lTry = 20 Then
> If MsgBox("Sudah dicoba membuka " & lTry & _
> " kali, dan masih digunakan oleh instansi Excel
> yang lain" & vbCrLf & _
> "Coba lagi ?", vbExclamation + vbYesNo, "Akses ke
> database") = vbYes Then
> GoTo CobaBuka
> Else
> Application.ScreenUpdating = False
> Exit Sub
> End If
> End If
> Else
> wbkA.Activate
> Exit For
> End If
> For lJeda = 1 To 100000000
> Next lJeda
> Next lTry
> Application.ScreenUpdating = True
> '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> END
>
> Cara mencobanya :
> 1. Letakkan file terlampir bersama file database.xls
> 2. buka windows explorer, lalu buka file database dari windows explorer
> (double click)
> 3. buka file aplikasi dari windows explorer
> 4. klik tombol registrasi
> 5. klik tombol save
>
> Wassalam.
> Kid.
>
> On Tue, Feb 21, 2012 at 19:52, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:
>
> **
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon bantuan akan pertanyaan saya sebagaimana file terlampir.
>
> Terima kasih atas berkenan jawaban dan bantuannya.
>
> Regards,
>
> Harry
>
> N/B:
> Wbk APLIKASI selalu Open sedangkan Wbk DATABASE selalu tertutup (tidak
> aktif) pada file yang berbada
>
>
>
>
>
>
>
>
>
5a.

Re: Tanya Date Picker atau Calendar Control

Posted by: "Ari A" ari.xsei@gmail.com

Sun Mar 11, 2012 6:42 am (PDT)



wah terima kasih masta2 yang sudah sharing kodenya...
ini sangat membantu saya...

ari

2012/3/10 o' Seno <ontoseno84@gmail.com>

> **
>
>
> Kalau mau langsung pakai (dan bisa berlaku di semua workbook yg dibuka di
> pc anda)
> pakai saja add-in buatan 'suster ngesot bercaping'
>
> sisa-sisa peninggalannya masih bisa anda unduh di sini
>
> filename: ctv_KalenderPopUp & ChangeCase AddIn.rar
> http://www.box.com/s/utusrfnldzgo0tdg46so
>
> penjelasan:
> http://www.box.com/s/u08tdl8vuh3aqzqkh1vz
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Add-In-quot-Baru-quot-dari-Bluewater-td4577753.html
>
> *
> *
> *
> *
> *o'Seno*
>
>
>
> 2012/3/9 Ari A <ari.xsei@gmail.com>
>
>> **
>>
>> Selamat malam,
>> Mohon bantuan masta excel vba disini. Mohon maaf sekali kalo repost.
>> Saya sedang membuat suatu tabel yang salah satu kolomnya berisi tanggal.
>> saya sudah mencoba menggunakan Calendar COntrol dan Date picker dari
>> 'developer toolsnya Excel' tapi karena gak begitu ngerti koding jadi gak
>> bisa diterusin.
>>
>> mohon bantuannya ya biar semua cell di kolom B bisa otomatis ngeluarain
>> tampilan tanggal saat kita akan masukin data.
>> Terima kasih,
>> Ari
>>
>>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Resources and tips

for parents

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar