Messages In This Digest (25 Messages)
- 1a.
- Tinggi Row sel Otomatis From: aza_faza
- 1b.
- Re: Tinggi Row sel Otomatis From: Kid Mr.
- 2a.
- menge-print di printer yang berbeda From: Purnomo Sidi
- 2b.
- Re: menge-print di printer yang berbeda From: Kid Mr.
- 3a.
- Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword From: abuali06062011
- 3b.
- Re: Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword From: the_x_mikey@yahoo.com
- 3c.
- Re: Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword From: abuali06062011
- 3d.
- Re: Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword From: abuali06062011
- 4a.
- vlookup tidak cocok From: Ade Rusliana
- 4b.
- Re: vlookup tidak cocok From: dwint ruswanto
- 4c.
- Re: vlookup tidak cocok From: Ade Rusliana
- 4d.
- Re: vlookup tidak cocok From: dwint ruswanto
- 4e.
- Re: vlookup tidak cocok From: the_x_mikey@yahoo.com
- 4f.
- Re: vlookup tidak cocok From: Kid Mr.
- 4g.
- Re: vlookup tidak cocok From: Ade Rusliana
- 4h.
- Bls: [belajar-excel] vlookup tidak cocok From: ghozi alkatiri
- 4i.
- Re: vlookup tidak cocok From: Ade Rusliana
- 4j.
- Re: vlookup tidak cocok From: ronny.yahya
- 5a.
- Re: Project status data update ke tabel dan diagram pie From: leonard merari
- 6a.
- Re: bagaimana otomatis berubah angkanya? From: bagus
- 7a.
- Re: Cara ambil data dari File lain From: rodhy hakim
- 7b.
- Re: Cara ambil data dari File lain From: Kid Mr.
- 8a.
- Re: Tolong bantuan pencerahannya From: rian Bass
- 9a.
- Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Heru Safrudin
- 9b.
- Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Kid Mr.
Messages
- 1a.
-
Tinggi Row sel Otomatis
Posted by: "aza_faza" aza_faza@yahoo.com aza_faza
Thu Jun 14, 2012 12:41 am (PDT)
Mohon bantuan rekan2 Pakar excel,
Bagaimana rumus atau settingan pada excel 2007 agar ketika kita mengetik pada satu sel, tinggi rownya akan berubah otomatis sesuai dengan karakter yang kita isi. Sedangkan lebar kolomnya tetap terkait dengan ukuran lebar kertas.
Terima kasih.
- 1b.
-
Re: Tinggi Row sel Otomatis
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 14, 2012 12:58 am (PDT)
Mungkin dengan mengaktifkan wrap text. Sayangnya tidak berlaku untuk cell
yang di merge.
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 aza_faza <aza_faza@yahoo.com >
> **
>
>
> Mohon bantuan rekan2 Pakar excel,
>
> Bagaimana rumus atau settingan pada excel 2007 agar ketika kita mengetik
> pada satu sel, tinggi rownya akan berubah otomatis sesuai dengan karakter
> yang kita isi. Sedangkan lebar kolomnya tetap terkait dengan ukuran lebar
> kertas.
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
- 2a.
-
menge-print di printer yang berbeda
Posted by: "Purnomo Sidi" pysa_2605@yahoo.com pysa_2605
Thu Jun 14, 2012 12:45 am (PDT)
salam persahabat, beExcel mohon bantuannya nih
saya mempunyai dua printer yang berbeda jenis yang pertama berjenis tinta laser dan yang kedua priter DOT Matrix yang ingin saya tanyakan adalah :
bagaimana kodenya jika saya ingin menge-Print di printer yang berbeda. Anggap saja command button "Print lampiran" untuk ngeprint sheet "lampiran" di printer 1 dan command button "Print permohonan" untuk menge-print Sheet "permohonan" di printer 2 untuk lebih jelasnya bisa dilihat di lampiran
terima kasih atas bantuannya
PYSA2605
- 2b.
-
Re: menge-print di printer yang berbeda
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 14, 2012 4:47 am (PDT)
Untuk set printer mana yang akan digunakan, gunakan properti activeprinter
milik application.
Contoh :
application.activeprinter= "\\alamat_ komputer\ nama printer on portnya"
setelah itu baru lakukan print out dengan :
sheet1.printout 'misalnya akan print sheet1 pada printer di komputer
bernama alamat_komputer dengan nama printer adalah nama printer yang
terhubung melalui port bernama portnya
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 Purnomo Sidi <pysa_2605@yahoo.com >
> **
>
>
>
> salam persahabat, beExcel mohon bantuannya nih
>
> saya mempunyai dua printer yang berbeda jenis yang pertama berjenis tinta
> laser dan yang kedua priter DOT Matrix yang ingin saya tanyakan adalah :
> bagaimana kodenya jika saya ingin menge-Print di printer yang berbeda.
> Anggap saja command button "Print lampiran" untuk ngeprint sheet "lampiran"
> di printer 1 dan command button "Print permohonan" untuk menge-print Sheet
> "permohonan" di printer 2 untuk lebih jelasnya bisa dilihat di lampiran terima
> kasih atas bantuannya PYSA2605
>
>
>
>
- 3a.
-
Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword
Posted by: "abuali06062011" abuali06062011@yahoo.co.id abuali06062011
Thu Jun 14, 2012 2:00 am (PDT)
Saya mempunyai formula yang dibuat pakai VBA. formula ini merujuk kepada workbook lain yang tertutup dan berpassword. setiap saya link, maka workbook minta password. bagaimana cara memberikan password secara otomatis ke workbook tersebut? (tanpa membukanya)
Terima kasih atas jawaban teman-teman.
ini macronya:
Sub Masukkan()
GetNamaFile Range("Source")
End Sub
Public Sub GetNamaFile(sFolder As String)
On Error GoTo SalahNama
sfIleName = Dir(sFolder)
Range("B5:H100").ClearContents
Range("B5").Select
Do While sfIleName > ""
If Right(sfIleName, 4) = "xlsx" Then
If Range("B4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$G$ 5"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("C4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 1"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("D4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 2"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("E4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 3"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("F4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 4"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("G4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 5"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("H4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 6"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("I4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$F$ 200"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("J4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$F$ 288"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
ActiveCell.Offset(1, -9).Select
End If
sfIleName = Dir()
Loop
Exit_Here:
Exit Sub
SalahNama:
MsgBox "Mungkin folder atau nama file ada yang tidak resmi"
Resume Exit_Here
End Sub
- 3b.
-
Re: Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword
Posted by: "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey@yahoo.com the_x_mikey
Thu Jun 14, 2012 2:23 am (PDT)
Hi abuali,
Saya belum baca detail code dibawah tapi untuk menjawab pertanyaan Anda bs dites yg ini
Application.displayalerts = false
Sheets("sheet1").unprotect password:="abc"
Application.displayalerts = true
Displayalerts disini adalah notifikasi yang muncul diakibatkan oleh code kita, jika false maka tidak akan muncul
-----Original Message-----
From: "abuali06062011" <abuali06062011@yahoo.co. >id
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Thu, 14 Jun 2012 08:54:26
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: [belajar-excel] Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword
Saya mempunyai formula yang dibuat pakai VBA. formula ini merujuk kepada workbook lain yang tertutup dan berpassword. setiap saya link, maka workbook minta password. bagaimana cara memberikan password secara otomatis ke workbook tersebut? (tanpa membukanya)
Terima kasih atas jawaban teman-teman.
ini macronya:
Sub Masukkan()
GetNamaFile Range("Source")
End Sub
Public Sub GetNamaFile(sFolder As String)
On Error GoTo SalahNama
sfIleName = Dir(sFolder)
Range("B5:H100").ClearContents
Range("B5").Select
Do While sfIleName > ""
If Right(sfIleName, 4) = "xlsx" Then
If Range("B4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$G$ 5"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("C4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 1"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("D4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 2"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("E4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 3"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("F4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 4"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("G4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 5"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("H4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$R$ 6"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("I4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$F$ 200"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
If Range("J4") = "Pakai" Then
ActiveCell.Formula = "='" & Range("Source") & "[" & sfIleName & "]Sheet1'!$F$ 288"
End If
ActiveCell.Offset(0, 1).Select
ActiveCell.Offset(1, -9).Select
End If
sfIleName = Dir()
Loop
Exit_Here:
Exit Sub
SalahNama:
MsgBox "Mungkin folder atau nama file ada yang tidak resmi"
Resume Exit_Here
End Sub
- 3c.
-
Re: Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword
Posted by: "abuali06062011" abuali06062011@yahoo.co.id abuali06062011
Thu Jun 14, 2012 2:52 am (PDT)
terima kasih atas jawabannya.
tapi yang saya maksud adalah password workbook bukan password protect sheet. mungkin saudara ada ide?
- 3d.
-
Re: Link Formula Pakai VBA ke beberapa workbook yang dipassword
Posted by: "abuali06062011" abuali06062011@yahoo.co.id abuali06062011
Thu Jun 14, 2012 2:58 am (PDT)
Berikut saya tulis ulang dengan sederhana kodenya:
ActiveCell.Formula = "='E:\[Data.xlsm]Sheet1' !$A$1"
Keterangan:
E:\Data.xlsm berpassword
- 4a.
-
vlookup tidak cocok
Posted by: "Ade Rusliana" aderusliana@gmail.com aderusliana
Thu Jun 14, 2012 2:08 am (PDT)
Para master yg saya hormati,
Mengapa rumus VLOOKUP gak cocok pada kasus saya?
file terlampir.
Terimakasih.
Ade Rusliana.
- 4b.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com
Thu Jun 14, 2012 2:14 am (PDT)
karena range_lookup tidak diisi maka oleh Excel dianggap nilainya adalah
TRUE, coba tambahkan False sebagai range_lookup
=VLookUp(G2;$B$2:$C$13; 2;FALSE)
catatan tambahan:
Jika range_lookup nilainya adalah TRUE, maka tabel wajib disusun secara
Ascending, jika tidak maka akan menghasilkan data yang salah
wassalam,
-dwint-
Pada 14 Juni 2012 16:08, Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Para master yg saya hormati,
>
> Mengapa rumus VLOOKUP gak cocok pada kasus saya?
> file terlampir.
> Terimakasih.
> Ade Rusliana.
>
>
>
- 4c.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "Ade Rusliana" aderusliana@gmail.com aderusliana
Thu Jun 14, 2012 2:28 am (PDT)
Weleh weleh.. bener banget. Sukses!
Maaf nanya lagi, kapan kita pergunakan tambahan True, bukan false?
Terimakasih.
- 4d.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com
Thu Jun 14, 2012 2:37 am (PDT)
Umumnya False digunakan saat akan mengambil data berdasarkan kode yang
identik (sama persis), misalnya Nomor Induk Siswa, Nomor Pegawai, ID_Number
dsb
sedangkan True digunakan saat mengambil data berdasarkan range tertentu,
misal pembelian Rp 1.000 s.d Rp 5.000 akan mendapatkan diskon 5 %, pada
kasus seperti ini harus menggunakan True sebagai range_lookup.
Catatatn tambahan,
Jika menggunakan True maka yang dimasukkan adalah batas bawah, dan
sebaiknya batas paling bawah adalah 0 (nol)
wassalam,
-dwint-
Pada 14 Juni 2012 16:20, Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Weleh weleh.. bener banget. Sukses!
> Maaf nanya lagi, kapan kita pergunakan tambahan True, bukan false?
>
> Terimakasih.
>
>
>
- 4e.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey@yahoo.com the_x_mikey
Thu Jun 14, 2012 2:43 am (PDT)
Dear ade,
Dulu saya jg pernah nanya ini dan dijelaskan dengan baik oleh pak dwint dan mr kid.
Coba cari subject : reference sheet sebelah
Di reply terakhir ada contoh file dr mr kid.
Smoga membantu
-----Original Message-----
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Thu, 14 Jun 2012 16:36:52
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] vlookup tidak cocok
Umumnya False digunakan saat akan mengambil data berdasarkan kode yang
identik (sama persis), misalnya Nomor Induk Siswa, Nomor Pegawai, ID_Number
dsb
sedangkan True digunakan saat mengambil data berdasarkan range tertentu,
misal pembelian Rp 1.000 s.d Rp 5.000 akan mendapatkan diskon 5 %, pada
kasus seperti ini harus menggunakan True sebagai range_lookup.
Catatatn tambahan,
Jika menggunakan True maka yang dimasukkan adalah batas bawah, dan
sebaiknya batas paling bawah adalah 0 (nol)
wassalam,
-dwint-
Pada 14 Juni 2012 16:20, Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Weleh weleh.. bener banget. Sukses!
> Maaf nanya lagi, kapan kita pergunakan tambahan True, bukan false?
>
> Terimakasih.
>
>
>
- 4f.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 14, 2012 2:55 am (PDT)
Mumpung masih sore Pak,
gimana kalau pusing-pusing melihat keindahan file terlampir (apanya yang
indah ya ?)
(.xlsx untuk versi xl2007 ke atas dan .xls untuk semua versi)
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com >
> **
>
>
> Weleh weleh.. bener banget. Sukses!
> Maaf nanya lagi, kapan kita pergunakan tambahan True, bukan false?
>
> Terimakasih.
>
>
>
>
- 4g.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "Ade Rusliana" aderusliana@gmail.com aderusliana
Thu Jun 14, 2012 4:00 am (PDT)
Komplit banget,,, Terimakasih banyak.
Sangat membantu pada pekerjaan saya.
---AdR---
Pada 14 Juni 2012 16:55, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Mumpung masih sore Pak,
>
> gimana kalau pusing-pusing melihat keindahan file terlampir (apanya yang
> indah ya ?)
>
> (.xlsx untuk versi xl2007 ke atas dan .xls untuk semua versi)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/6/14 Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Weleh weleh.. bener banget. Sukses!
>> Maaf nanya lagi, kapan kita pergunakan tambahan True, bukan false?
>>
>> Terimakasih.
>>
>>
>>
>
>
- 4h.
-
Bls: [belajar-excel] vlookup tidak cocok
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Thu Jun 14, 2012 4:31 am (PDT)
kalau kita menggunakan fungsi VLOOKUP maka sumber data induk yang dirujuk harus tersusun secara Ascending. seperti dalam contoh kasus yang ditanyAkan ini ketika penggalan nama bulan pada sumber data tersusun berdasarkan urutan bulan yang sebenarnya (yang tidak tersusun secara ascending ). maka fungsi VLOOKUP tidak berjalan sesuai yang diinginkan .
kalau ingin tetap menggunakan fungsi VLOOKUP dengan hasil yang benar maka yang harus dirubah dulu adalah susunan data data sumber penggalan bulan disort dulu secara ascending.
di dalam file attacment ini ada dua sheet yang masing masing saya beri nama asli dan ascending.
sheet asli adalah sheet yang belum dirubah namun dalam kolom P saya masukkan formula alternatif (gabungan INDEX dan MATCH ) yang sangat ampuh untuk menyelesaikan kasus seperti ini tanpa harus mengubah data sumber jadi ascending.
sementara di sheet ascending sumber data sudah dirubah menjadi asscending .
coba bandingkan hasilnya !
pada sheet asli formula VLOOKUP tidak memberikan hasil yang benar sementara fungsi alternatif INDEX dan MATCH hasilnya oke.
di sheeet ascending formula VLOOKUP dan fungsi alternatif INDEX dan MATCH hasilnya sama sama oke.
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Kamis, 14 Juni 2012 16:08
Judul: [belajar-excel] vlookup tidak cocok
Para master yg saya hormati,
Mengapa rumus VLOOKUP gak cocok pada kasus saya?
file terlampir.
Terimakasih.
Ade Rusliana.
- 4i.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "Ade Rusliana" aderusliana@gmail.com aderusliana
Thu Jun 14, 2012 10:05 am (PDT)
Terimakasih Pak Ghozi, Alternatif yang sangat bagus.
Sudah saya coba dan hasilnya sangat memuaskan, sesuai dengan keinginan.
Pada 14 Juni 2012 18:31, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > menulis:id
> **
>
>
> kalau kita menggunakan fungsi VLOOKUP maka sumber data induk yang dirujuk
> harus tersusun secara Ascending. seperti dalam contoh kasus yang ditanyAkan
> ini ketika penggalan nama bulan pada sumber data tersusun berdasarkan
> urutan bulan yang sebenarnya (yang tidak tersusun secara ascending ). maka
> fungsi VLOOKUP tidak berjalan sesuai yang diinginkan .
> kalau ingin tetap menggunakan fungsi VLOOKUP dengan hasil yang benar maka
> yang harus dirubah dulu adalah susunan data data sumber penggalan bulan
> disort dulu secara ascending.
> di dalam file attacment ini ada dua sheet yang masing masing saya beri
> nama asli dan ascending.
> sheet asli adalah sheet yang belum dirubah namun dalam kolom P saya
> masukkan formula alternatif (gabungan INDEX dan MATCH ) yang sangat ampuh
> untuk menyelesaikan kasus seperti ini tanpa harus mengubah data sumber jadi
> ascending.
> sementara di sheet ascending sumber data sudah dirubah menjadi asscending
> .
> coba bandingkan hasilnya !
> pada sheet asli formula VLOOKUP tidak memberikan hasil yang benar
> sementara fungsi alternatif INDEX dan MATCH hasilnya oke.
> di sheeet ascending formula VLOOKUP dan fungsi alternatif INDEX dan
> MATCH hasilnya sama sama oke.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
> --------------------- ---------
> *Dari:* Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Kamis, 14 Juni 2012 16:08
> *Judul:* [belajar-excel] vlookup tidak cocok
>
>
> Para master yg saya hormati,
>
> Mengapa rumus VLOOKUP gak cocok pada kasus saya?
> file terlampir.
> Terimakasih.
> Ade Rusliana.
>
>
>
>
- 4j.
-
Re: vlookup tidak cocok
Posted by: "ronny.yahya" ronny.yahya@bridgestone.co.id
Thu Jun 14, 2012 6:31 pm (PDT)
Formula vlookup yang ditulis belum sesuai yang diinginkan, range lookup yang tidak dihiraukan
Kira-kira begitu
_____________________ _________ __
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of ghozi alkatiricom
Sent: Thursday, 14 June, 2012 6:32 PM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Bls: [belajar-excel] vlookup tidak cocok
kalau kita menggunakan fungsi VLOOKUP maka sumber data induk yang dirujuk harus tersusun secara Ascending. seperti dalam contoh kasus yang ditanyAkan ini ketika penggalan nama bulan pada sumber data tersusun berdasarkan urutan bulan yang sebenarnya (yang tidak tersusun secara ascending ). maka fungsi VLOOKUP tidak berjalan sesuai yang diinginkan .
kalau ingin tetap menggunakan fungsi VLOOKUP dengan hasil yang benar maka yang harus dirubah dulu adalah susunan data data sumber penggalan bulan disort dulu secara ascending.
di dalam file attacment ini ada dua sheet yang masing masing saya beri nama asli dan ascending.
sheet asli adalah sheet yang belum dirubah namun dalam kolom P saya masukkan formula alternatif (gabungan INDEX dan MATCH ) yang sangat ampuh untuk menyelesaikan kasus seperti ini tanpa harus mengubah data sumber jadi ascending.
sementara di sheet ascending sumber data sudah dirubah menjadi asscending .
coba bandingkan hasilnya !
pada sheet asli formula VLOOKUP tidak memberikan hasil yang benar sementara fungsi alternatif INDEX dan MATCH hasilnya oke.
di sheeet ascending formula VLOOKUP dan fungsi alternatif INDEX dan MATCH hasilnya sama sama oke.
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: Ade Rusliana <aderusliana@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Kamis, 14 Juni 2012 16:08
Judul: [belajar-excel] vlookup tidak cocok
Para master yg saya hormati,
Mengapa rumus VLOOKUP gak cocok pada kasus saya?
file terlampir.
Terimakasih.
Ade Rusliana.
- 5a.
-
Re: Project status data update ke tabel dan diagram pie
Posted by: "leonard merari" ari140583@yahoo.com ari140583
Thu Jun 14, 2012 2:23 am (PDT)
Mr Kid & Pak Bagus,
Terima kasih bantuan sheet nya, terjawab sementara.
Terima kasih
_____________________ _________ __
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, June 13, 2012 7:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Project status data update ke tabel dan diagram pie
Hai Merari,
File terlampir memanfaatkan fitur Table pada Excel 2007 (List di xl2003) yang kemudian di summary dengan Pivot Table and Pivot Chart dengan summary values Count yang show valus adalah % of Total.
Wassalam,
Kid.
2012/6/13 leonard merari <ari140583@yahoo.com >
>
>Salam,
>Mohon petunjuk teman-teman mungkin sudah ada yang terbiasa untuk mengerjakan excel terlampir.
>
>
>Prinsip nya adalah sbb :
>ada set data key in manual / dropdown list untuk project status.
>tujuannya ketika key in manual / dropdown list dilakukan bisa terupdate otomatis pada tabel resume dan diagram pie
>
>
>Pertanyaan secara detail ada di file terlampir, mohon bantuannya para master excel :)
>
>
>
>
>Merari
>
>
>
>
- 6a.
-
Re: bagaimana otomatis berubah angkanya?
Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id bagus4bls
Thu Jun 14, 2012 2:25 am (PDT)
Dear Harumi;
>> rumus di D6 itu maksudnya apa?
itu kan sudah dijelaskan oleh Mr. Kid. (coba baca terus kebawah)
Atau coba rumus di D6 diganti menjadi
=--MID(SUBSTITUTE(B5,".","" ),3,99)
setelah itu ubah format menjadi accounting "Rp Indonesian"
ini maksudnya untuk merubah nilai text menjadi numerik
Bagus
Sent from my Taxiphone®
----- Original Message -----
From: Harumi Wanasita
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 14, 2012 2:24 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?
makasih mas bagus... sesuai banget ma harapan... tp boleh nanya lagi ga ya... rumus di D6 itu maksudnya apa? maklum sy ga bisa excel.
trus kolom B5 khan dah format accounting tinggal ngetik 5000000 aja kan dah terformat Rp 5.000.000,00 tp kok gak bisa muncul ya mas di jumlah penagihan. itu knp?trus gmn crnya biar bs muncul thanks
--------------------- --------- --------- --------- --------- -
Dari: bagus <bagus@kingjim.co.id >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Rabu, 13 Juni 2012 20:03
Judul: Re: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?
Dear Harumi;
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
Sent from my Taxiphone®
----- Original Message -----
From: Harumi Wanasita
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 14, 2012 9:39 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?
kl sy pikir2 lagi kl type pada kolom B5, B7 dan D4 sy buat type accounting akan lebih mudah... boleh nanya lagi kan?
kl pada kolom B6 saya buat list box ato combo box yang isinya 5% dan 95% sehingga sy bisa memilih apakah pembayaran
5% ataua 95 %, bagaimana rumus penjumlahan di nilai tagihannnya (B7)? terima kasih ya...
--------------------- --------- --------- --------- --------- -
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Minggu, 10 Juni 2012 17:47
Judul: Re: [belajar-excel] bagaimana otomatis berubah angkanya?
Data nilai sebaiknya tetap diinput dan disimpan sebagai data bertipe numerik.
Untuk kebutuhan tampilan yang harus berformat Indonesia misalnya, maka gunakan format cells custom dengan tulisan format (isi ditextboxnya) :
[-$421]#,###
Cara di atas, ketika diterapkan pada komputer dengan regional setting bukan Indonesia, akan menampilkan angka 5000000 sebagai Rp5,000,000
Agar benar-benar terasa tampak Indonesia banget, maka ubah regional setting menjadi Indonesia. Caranya :
>> tekan Start di taskbar
>> Control Panel
>> cari regional setting (atau jika tidak tampil dalam susunan classic, cari clock,langeuage, and region pilih change number format)
>> pilih formatnya Indonesia (dari dropdown yang disediakan)
>> OK
Ketika cara setting di atas tidak disukai, maka kerja keras dengan formula dalam setiap penghitungan harus ditempuh.
Seperti contoh yang disertakan untuk kasus ini, ada nilai disertai penulisan mata uang.
Dengan asumsi bahwa penulisannya tetap tanpa ada nilai sen, setiap akan mengkalkulasi nilai tersebut (misal di B1), harus dirujuk dengan formula :
= mid( substitute( b1 , "." , "" ) , 3 , 99 )
Contoh : jika ada cell G1 berisi data angka bertipe numerik 5000000, untuk hitung 5% dari G1 umumnya adalah = G1 * 5%
jika ada cell B1 berisi data uang bertipe teks Rp 5.000.000
5% dari uang tersebut dihitung dengan :
= mid( substitute( b1 , "." , "" ) , 3 , 99 ) * 5%
Wassalam,
Kid.
2012/6/10 Harumi Wanasita <hwanasita@yahoo.com >
kepada agan master excel,
gimana rumus perkaliannya untuk jumlah tagihan ya?
pada kolom nilai saya sengaja memberikan format teks, agar ketika saya mengetikkan jumlah nilai misalkan 5.000.000
maka pada kolom nilai tagihan jumlah uangnya otomatis berubah menjadi 5.000.000 juga.
terima kasih jawabannya.
- 7a.
-
Re: Cara ambil data dari File lain
Posted by: "rodhy hakim" odhyz83_assasaky@yahoo.com odhyz83_assasaky
Thu Jun 14, 2012 4:05 am (PDT)
Dear Master,
Sebelumnya saya ucapkan banyak Terima kasih atas penjelasannya, dan yg dijelaskan sebelumnya sudah fix.
sedangnkan kalau mw memberikan notifikasi/keterangan berdasarkan beberapa kategori itu bagaimana caranya?
note: file terlampir
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Tuesday, June 12, 2012 12:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Cara ambil data dari File lain
Tambahkan script berikut sebelum End Sub
Dim lRec As Long
Dim rng As Range
lRec = Sheets(2).Range("a1").CurrentReg ion.Rows. Count - 1
If lRec < 1 Then
Exit Sub
End If
Set rng = Sheets(1).Range("a4").Resize( lRec, 1) 'init range data baru
With rng
.Formula = "=row()-3" 'formula nomor urut
.Offset(0, 3).Value = Date 'tanggal sekarang
.Offset(0, 5).Formula = "=datedif(b4,d4,""m"") &"" bulan""&datedif( b4,d4,""md" ")&"" hari."""
.Offset(0, 6).Formula = "=(datedif(b4,d4,""m"") +datedif( b4,d4,""md" ")/100>4) *1"
'divalueskan
Sheets(1).Calculate
.Value = .Value
.Offset(0, 5).Value = .Offset(0, 5).Value
.Offset(0, 6).Value = .Offset(0, 6).Value
'atur format number
.Offset(0, 6).NumberFormat = "[red]""Material sudah Expired"";;""Material normal"""
With .Offset(0, 6).FormatConditions.Add(xlCellValue , xlEqual, 1)
.Font.Bold = True
End With
End With
Kid.
2012/6/12 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >
>Dear Master,
>
>Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas penjelasannya.
>Setelah saya mencoba masukkan listing ke dalam vba dan jalan, namun yang sebelumnya pd kolom : Tgl. sekarang, Kolom lama simpan
>kolom Keterangan Muncul otomatis, tapi sekarang tidk bisa muncul otomatis.
>Mohon Pencerahannya Para Master.
>
>Regards,
>Odhy_
>
>
- 7b.
-
Re: Cara ambil data dari File lain
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 14, 2012 4:41 am (PDT)
Coba file terlampir.
Yang diubah adalah formulanya, beserta seluruh yang dibutuhkan formula
penyusun keterangan.
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Master,
>
> Sebelumnya saya ucapkan banyak Terima kasih atas penjelasannya, dan yg
> dijelaskan sebelumnya sudah fix.
> sedangnkan kalau mw memberikan notifikasi/keterangan berdasarkan beberapa
> kategori itu bagaimana caranya?
> *note: file terlampir*
>
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Sent:* Tuesday, June 12, 2012 12:59 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Cara ambil data dari File lain
>
>
> Tambahkan script berikut sebelum End Sub
>
> Dim lRec As Long
> Dim rng As Range
>
> lRec = Sheets(2).Range("a1").CurrentReg ion.Rows. Count - 1
> If lRec < 1 Then
> Exit Sub
> End If
>
> Set rng = Sheets(1).Range("a4").Resize( lRec, 1) 'init range
> data baru
> With rng
> .Formula = "=row()-3" 'formula nomor
> urut
> .Offset(0, 3).Value = Date 'tanggal
> sekarang
> .Offset(0, 5).Formula = "=datedif(b4,d4,""m"") &""
> bulan""&datedif(b4,d4,""md" ")&"" hari."""
> .Offset(0, 6).Formula =
> "=(datedif(b4,d4,""m"") +datedif( b4,d4,""md" ")/100>4) *1"
>
> 'divalueskan
> Sheets(1).Calculate
> .Value = .Value
> .Offset(0, 5).Value = .Offset(0, 5).Value
> .Offset(0, 6).Value = .Offset(0, 6).Value
>
> 'atur format number
> .Offset(0, 6).NumberFormat = "[red]""Material sudah
> Expired"";;""Material normal"""
> With .Offset(0, 6).FormatConditions.Add(xlCellValue , xlEqual, 1)
> .Font.Bold = True
> End With
> End With
>
> Kid.
>
> 2012/6/12 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >
>
> **
>
> Dear Master,
>
> Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas penjelasannya.
> Setelah saya mencoba masukkan listing ke dalam vba dan jalan, namun yang
> sebelumnya pd kolom : Tgl. sekarang, Kolom lama simpan
> kolom Keterangan Muncul otomatis, tapi sekarang tidk bisa muncul otomatis.
> Mohon Pencerahannya Para Master.
>
> Regards,
> Odhy_
> **
>
>
>
>
>
>
- 8a.
-
Re: Tolong bantuan pencerahannya
Posted by: "rian Bass" bass_rian@yahoo.com bass_rian
Thu Jun 14, 2012 8:27 am (PDT)
terima kasih mr.kid saya akan mengikutinya. thanks ya
_____________________ _________ __
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, June 13, 2012 10:13 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tolong bantuan pencerahannya
File terlampir diberi baris bantu record yang akan di save ke tercetak di baris 25 mulai kolom M
Kemudian isi prosedur event click dari si tombol :
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim lUrut As Long, lRec As Long
For lUrut = Range("m5").Value To Range("o5"). Value
Range("h1").Value = lUrut
Sheet1.Calculate
lRec = Range("m25").Value
Sheet1.PrintOut
Range("m25").CurrentRegion. Copy
Sheet7.Range("a1").Offset( lRec).PasteSpeci al xlPasteValuesAndNum berFormats
Next lUrut
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/6/13 rian Bass <bass_rian@yahoo.com >
>
>saya punya masalah yang di hadapi dalam mencetak serta sekaligus menyimpannya ke sheet lain, untuk lebih jelasnya mohon dilihat file terlampir, terimakasih
>
>
>
- 9a.
-
Re: Akses database MS. Access dari Excel
Posted by: "Heru Safrudin" superheruu@gmail.com superheruu
Thu Jun 14, 2012 6:09 pm (PDT)
Maksud saya kenapa waktu klik Update field 2,3 dan 4 kok blank
Padahal sudah saya coba gonta-ganti tipenya
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 14, 2012 9:48 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input harus memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
Yang heran kenapa hanya field ke 1 s/d 4 saja yang bermasalah
field yang lainnya bisa terupdate
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 14, 2012 8:33 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file terlampir)
>> Pastikan database tidak sedang dibuka. Atau set database tidak exclusive.
Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
>> Contoh validasi yang telah Anda buat :
If IsNull(rs.Fields(3).Value) = False Then
sayangnya, validasi itu baru terhadap 1 field yaitu field ke-4.
Kumpulkan semua syarat yang harus terpenuhi (berarti harus semua field pokok bukan) pada bagian sesaat sebelum melakukan update.
Hasil validasi akan menghasilkan suatu kondisi boleh melakukan update sebuah record atau tidak boleh.
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
Dear Master,
Terima kasih telah dibimbing hingga sejauh ini, tapi masih saja tetap belum bisa sempurna
Kenapa waktu jalankan ProsedurUpdateThisRecord kok error (di file terlampir)
Kalo memang perlu validasi sebelum update, bagaimana caranya ?
Mohon perncerahan lagi
Terimakasih
Heru Safrudin
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Thursday, June 07, 2012 4:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
Public Sub UpdateThisRecord() 'nama prosedur dengan jenis Sub
If rs Is Nothing Then 'cek apakah rs terdefinisi dan berisi object
MsgBox "No Connection" 'pesan ketika rs tak berisi object
Exit Sub 'keluar dari prosedur
End If 'akhir blok conditional
'validasi input sangatlah penting 'keterangan sebaiknya diadakan proses validasi data
SetFieldsValue 'jalankan prosedur dengan nama SetFieldsValue
End Sub 'akhir blok prosedur
Beginikah maksud contohnya ? (pasti bukan)
File tersebut adalah contoh cara membaca dan menulis data ke database melalui VB/VBA menggunakan object ADO.
Wassalam,
Kid.
- 9b.
-
Re: Akses database MS. Access dari Excel
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Jun 14, 2012 6:20 pm (PDT)
Pak Heru,
Coba non aktifkan baris yang memanggil proses SetFieldsValue, karena Anda
telah meletakkan proses set nilai-nilai fields didalam prosedur
updatethisrecord.
Prosedur SetFieldsValue sebenarnya harus berisi proses untuk set
nilai-nilai fields. Dengan begitu, prosedur tersebut bisa digunakan
berulang-ulang oleh banyak prosedur.
Jika Anda meletakkan perintah untuk set nilai-nilai fields dalam prosedur
updatethisrecord, maka Anda harus melakukan hal yang sama untuk prosedur
addnewrecord. Bisa jadi ketika Anda akan update melalu userform lainnya,
maka Anda harus menuliskannya ulang.
Sedangkan pemanfaatan prosedur SetFieldsValue, yang berisi seluruh proses
set nilai-nilai field, dimaksudkan untuk memudahkan pengembangan kedepan.
Misal saja suatu saat nanti table di db akan bertambah 1 kolom, sedangkan
table tersebut dapat di update maupun di add new record melalui banyak
form, misal ada form untuk update tanggal saja, form lain untuk update
nilai-nilai tertentu saja, dsb.
Ketika memanfaatkan alur proses yang menggunakan prosedur SetFieldsValue,
Anda cukup mengubah di satu prosedur saja, tanpa kuatir ada form yang belum
diubah atau ditambahkan field yang harus di-update.
Wassalam,
Kid.
2012/6/14 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
> **
>
>
> **
> Maksud saya kenapa waktu klik Update field 2,3 dan 4 kok blank
> Padahal sudah saya coba gonta-ganti tipenya
>
>
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Sent:* Thursday, June 14, 2012 9:48 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>
>
>
> Cek tipe data yang akan dimasukkan ke database. Seluruh nilai input harus
> memiliki tipe data yang sama dengan setiap field di database.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar