15 New Messages
Digest #1815
1b
Bls: [belajar-excel] Membuat Rumus Target & Actual Year To Date (YTD by "Kusnadi Bin zain" kbinzain
6a
Re: compare data dengan external input barcode scanner dan mencetakn by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Messages
Mon Oct 1, 2012 12:04 am (PDT) . Posted by:
"[Y][U][S][U][F]"
Halo para pakar Excel..
Meskipun saya berkutat di pekerjaan dengan excell tapi ternyata kemampuan excell saya masih tipis.. dan tidak bisa memecahkan perso'alan ini.
1. Saya punya data target dan actual tahunan dan selalu dilakukan review berkala.
2. Review berbentuk evaluasi pencapaian pada bulan yang telah dilalui dengan perbandingan total target hingga bulan yg telah dilalui berbanding actual.
3. Biasanya saya menggunakan rumus manual setiap bulan... dan kecendurang terjadi kesalahan, akhirnya berfikir untuk membuat rumus tapi tidak terpecahkan.
Keinginan :
Jika kolom target YTD atau kolom actual YTD maka data akan mengikuti YTD hingga bulan yg dipilih, kalau bisa tanpa kolom bantu dan tanpa macro..
Mohon pencerahan dari para mater excel.. mbak Siti dan Mr. Kid.. hehehe
Salam,
:[Y][U][S][U][F]:
Meskipun saya berkutat di pekerjaan dengan excell tapi ternyata kemampuan excell saya masih tipis.. dan tidak bisa memecahkan perso'alan ini.
1. Saya punya data target dan actual tahunan dan selalu dilakukan review berkala.
2. Review berbentuk evaluasi pencapaian pada bulan yang telah dilalui dengan perbandingan total target hingga bulan yg telah dilalui berbanding actual.
3. Biasanya saya menggunakan rumus manual setiap bulan... dan kecendurang terjadi kesalahan, akhirnya berfikir untuk membuat rumus tapi tidak terpecahkan.
Keinginan :
Jika kolom target YTD atau kolom actual YTD maka data akan mengikuti YTD hingga bulan yg dipilih, kalau bisa tanpa kolom bantu dan tanpa macro..
Mohon pencerahan dari para mater excel.. mbak Siti dan Mr. Kid.. hehehe
Salam,
:[Y][U][S][U]
Mon Oct 1, 2012 12:49 am (PDT) . Posted by:
"Kusnadi Bin zain" kbinzain
tak ter-elakan harus ada range bantu di AA5, jika saja penulisan bulan bertype tanggal maka kemungkinan harapan tanpa range bantuan bisa terlaksana.
smoga bisa digunakan dg baik.....
kusnadi
________________________________
Dari: [Y][U][S][U][F] <yusuf_cdn@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Senin, 1 Oktober 2012 9:01
Judul: [belajar-excel] Membuat Rumus Target & Actual Year To Date (YTD)
Halo para pakar Excel..
Meskipun saya berkutat di pekerjaan dengan excell tapi ternyata kemampuan excell saya masih tipis.. dan tidak bisa memecahkan perso'alan ini.
1. Saya punya data target dan actual tahunan dan selalu dilakukan review berkala.
2. Review berbentuk evaluasi pencapaian pada bulan yang telah dilalui dengan perbandingan total target hingga bulan yg telah dilalui berbanding actual.
3. Biasanya saya menggunakan rumus manual setiap bulan... dan kecendurang terjadi kesalahan, akhirnya berfikir untuk membuat rumus tapi tidak terpecahkan.
Keinginan :
Jika kolom target YTD atau kolom actual YTD maka data akan mengikuti YTD hingga bulan yg dipilih, kalau bisa tanpa kolom bantu dan tanpa macro..
Mohon pencerahan dari para mater excel.. mbak Siti dan Mr. Kid.. hehehe
Salam,
:[Y][U][S][U][F]:
smoga bisa digunakan dg baik.....
kusnadi
____________
Dari: [Y][U][S][U]
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Senin, 1 Oktober 2012 9:01
Judul: [belajar-excel] Membuat Rumus Target & Actual Year To Date (YTD)
Halo para pakar Excel..
Meskipun saya berkutat di pekerjaan dengan excell tapi ternyata kemampuan excell saya masih tipis.. dan tidak bisa memecahkan perso'alan ini.
1. Saya punya data target dan actual tahunan dan selalu dilakukan review berkala.
2. Review berbentuk evaluasi pencapaian pada bulan yang telah dilalui dengan perbandingan total target hingga bulan yg telah dilalui berbanding actual.
3. Biasanya saya menggunakan rumus manual setiap bulan... dan kecendurang terjadi kesalahan, akhirnya berfikir untuk membuat rumus tapi tidak terpecahkan.
Keinginan :
Jika kolom target YTD atau kolom actual YTD maka data akan mengikuti YTD hingga bulan yg dipilih, kalau bisa tanpa kolom bantu dan tanpa macro..
Mohon pencerahan dari para mater excel.. mbak Siti dan Mr. Kid.. hehehe
Salam,
:[Y][U][S][U]
Mon Oct 1, 2012 1:34 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Hai Yusuf,
Coba AA9 :
=IF(LEN(AA$8),SUMPRODUCT(($C$8:INDEX($C$8:$Z$8,1,MATCH(AA$8,BLN,0))=C$8)*$C$9:INDEX($C9:$Z9,1,MATCH(AA$8,BLN,0))),0)
Bahasa manusianya :
"Jika ada teks bulan terpilih, maka jumlahkan seluruh data (baris 9) dengan
kondisi jika header adalah 'Plan ', mulai dari kolom C sampai kolom (Index)
ditemukannya teks bulan (Match)"
Untuk AB9 :
=IF(LEN(AB$8),SUMPRODUCT(($D$8:INDEX($D$8:$Z$8,1,MATCH(AB$8,BLN,0)+1)=D$8)*$D$9:INDEX($D9:$Z9,1,MATCH(AB$8,BLN,0)+1)),0)
"Jika ada teks bulan terpilih, maka jumlahkan seluruh data (baris 9) dengan
kondisi jika header adalah 'Actual ', mulai dari kolom D sampai kolom
(Index) ditemukannya teks bulan lalu geser kekanan 1 kolom (Match +1)"
Perbedaan AA9 dengan AB9 :
1. rujukan (AA9 mulai dari C dan AB9 mulai dari D) dan
2. lokasi penentuan bulan terpilih (hasil match yang AA10 ditambah dengan
+1 kolom setelah ditemukan teks bulan)
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 [Y][U][S][U][F] <yusuf_cdn@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Halo para pakar Excel..
>
> Meskipun saya berkutat di pekerjaan dengan excell tapi ternyata kemampuan
> excell saya masih tipis.. dan tidak bisa memecahkan perso'alan ini.
>
> 1. Saya punya data target dan actual tahunan dan selalu dilakukan review
> berkala.
> 2. Review berbentuk evaluasi pencapaian pada bulan yang telah dilalui
> dengan perbandingan total target hingga bulan yg telah dilalui berbanding
> actual.
> 3. Biasanya saya menggunakan rumus manual setiap bulan... dan kecendurang
> terjadi kesalahan, akhirnya berfikir untuk membuat rumus tapi tidak
> terpecahkan.
>
> Keinginan :
> Jika kolom target YTD atau kolom actual YTD maka data akan mengikuti YTD
> hingga bulan yg dipilih, kalau bisa tanpa kolom bantu dan tanpa macro..
>
> Mohon pencerahan dari para mater excel.. mbak Siti dan Mr. Kid.. hehehe
>
> Salam,
>
> :[Y][U][S][U][F]:
>
>
>
Coba AA9 :
=IF(LEN(AA$8)
Bahasa manusianya :
"Jika ada teks bulan terpilih, maka jumlahkan seluruh data (baris 9) dengan
kondisi jika header adalah 'Plan ', mulai dari kolom C sampai kolom (Index)
ditemukannya teks bulan (Match)"
Untuk AB9 :
=IF(LEN(AB$8)
"Jika ada teks bulan terpilih, maka jumlahkan seluruh data (baris 9) dengan
kondisi jika header adalah 'Actual ', mulai dari kolom D sampai kolom
(Index) ditemukannya teks bulan lalu geser kekanan 1 kolom (Match +1)"
Perbedaan AA9 dengan AB9 :
1. rujukan (AA9 mulai dari C dan AB9 mulai dari D) dan
2. lokasi penentuan bulan terpilih (hasil match yang AA10 ditambah dengan
+1 kolom setelah ditemukan teks bulan)
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 [Y][U][S][U]
> **
>
>
> Halo para pakar Excel..
>
> Meskipun saya berkutat di pekerjaan dengan excell tapi ternyata kemampuan
> excell saya masih tipis.. dan tidak bisa memecahkan perso'alan ini.
>
> 1. Saya punya data target dan actual tahunan dan selalu dilakukan review
> berkala.
> 2. Review berbentuk evaluasi pencapaian pada bulan yang telah dilalui
> dengan perbandingan total target hingga bulan yg telah dilalui berbanding
> actual.
> 3. Biasanya saya menggunakan rumus manual setiap bulan... dan kecendurang
> terjadi kesalahan, akhirnya berfikir untuk membuat rumus tapi tidak
> terpecahkan.
>
> Keinginan :
> Jika kolom target YTD atau kolom actual YTD maka data akan mengikuti YTD
> hingga bulan yg dipilih, kalau bisa tanpa kolom bantu dan tanpa macro..
>
> Mohon pencerahan dari para mater excel.. mbak Siti dan Mr. Kid.. hehehe
>
> Salam,
>
> :[Y][U][S][U]
>
>
>
Mon Oct 1, 2012 12:05 am (PDT) . Posted by:
"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
Rekans,
Bagaimana conditional Formatting B2 agar bisa merah bila valuenya Sat atau Sun
B2 formula yang ngambil dari A2
Date
Day
5-Aug
Sun
6-Aug
Mon
7-Aug
Tue
8-Aug
Wed
9-Aug
Thu
10-Aug
Fri
11-Aug
Sat
12-Aug
Sun
Sudah dicoba Formula is =A2="Sun"
Nggak Bisa
[cid:image002.gif@01CD9FB3.FBD8E370 ]
Terimakasih
AW
Bagaimana conditional Formatting B2 agar bisa merah bila valuenya Sat atau Sun
B2 formula yang ngambil dari A2
Date
Day
5-Aug
Sun
6-Aug
Mon
7-Aug
Tue
8-Aug
Wed
9-Aug
Thu
10-Aug
Fri
11-Aug
Sat
12-Aug
Sun
Sudah dicoba Formula is =A2="Sun"
Nggak Bisa
[cid:image002.gif@
Terimakasih
AW
Mon Oct 1, 2012 12:33 am (PDT) . Posted by:
"M. Ferdiansyah" muh_f3rdi4n5yah
Bisa dengan memanfaatkan rumus weekday..
=Weekday(serial_number, [return type])
> Rekans,
> Bagaimana conditional Formatting B2 agar bisa merah bila valuenya Sat atau
> Sun
> B2 formula yang ngambil dari A2
>
> Date
>
> Day
>
> 5-Aug
>
> Sun
>
> 6-Aug
>
> Mon
>
> 7-Aug
>
> Tue
>
> 8-Aug
>
> Wed
>
> 9-Aug
>
> Thu
>
> 10-Aug
>
> Fri
>
> 11-Aug
>
> Sat
>
> 12-Aug
>
> Sun
>
>
>
> Sudah dicoba Formula is =A2="Sun"
> Nggak Bisa
> [cid:image002.gif@01CD9FB3.FBD8E370 ]
> Terimakasih
> AW
>
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
=Weekday(serial_
> Rekans,
> Bagaimana conditional Formatting B2 agar bisa merah bila valuenya Sat atau
> Sun
> B2 formula yang ngambil dari A2
>
> Date
>
> Day
>
> 5-Aug
>
> Sun
>
> 6-Aug
>
> Mon
>
> 7-Aug
>
> Tue
>
> 8-Aug
>
> Wed
>
> 9-Aug
>
> Thu
>
> 10-Aug
>
> Fri
>
> 11-Aug
>
> Sat
>
> 12-Aug
>
> Sun
>
>
>
> Sudah dicoba Formula is =A2="Sun"
> Nggak Bisa
> [cid:image002.gif@
> Terimakasih
> AW
>
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s)
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Mon Oct 1, 2012 12:52 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Hai Agung,
Karena yang akan diwarna adalah font-nya, coba : (tanpa Conditional
formatting)
formula di B2 diganti dengan :
=WeekDay( A2 , 2 ) + 1
kemudian, format cells B2 -> number -> custom -> tulis di textbox :
[red]ddd;;
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 <agung.widodo01@id.panasonic.com >
> **
>
>
> Rekans,****
>
> Bagaimana conditional Formatting B2 agar bisa merah bila valuenya Sat atau
> Sun****
>
> B2 formula yang ngambil dari A2****
>
> ** **
>
> Date****
>
> Day****
>
> 5-Aug****
>
> Sun****
>
> 6-Aug****
>
> Mon****
>
> 7-Aug****
>
> Tue****
>
> 8-Aug****
>
> Wed****
>
> 9-Aug****
>
> Thu****
>
> 10-Aug****
>
> Fri****
>
> 11-Aug****
>
> Sat****
>
> 12-Aug****
>
> Sun****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Sudah dicoba Formula is =A2="Sun"****
>
> Nggak Bisa****
>
> ****
>
> Terimakasih****
>
> AW****
>
>
>
Karena yang akan diwarna adalah font-nya, coba : (tanpa Conditional
formatting)
formula di B2 diganti dengan :
=WeekDay( A2 , 2 ) + 1
kemudian, format cells B2 -> number -> custom -> tulis di textbox :
[red]ddd;;
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 <agung.widodo01@
> **
>
>
> Rekans,****
>
> Bagaimana conditional Formatting B2 agar bisa merah bila valuenya Sat atau
> Sun****
>
> B2 formula yang ngambil dari A2****
>
> ** **
>
> Date****
>
> Day****
>
> 5-Aug****
>
> Sun****
>
> 6-Aug****
>
> Mon****
>
> 7-Aug****
>
> Tue****
>
> 8-Aug****
>
> Wed****
>
> 9-Aug****
>
> Thu****
>
> 10-Aug****
>
> Fri****
>
> 11-Aug****
>
> Sat****
>
> 12-Aug****
>
> Sun****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Sudah dicoba Formula is =A2="Sun"****
>
> Nggak Bisa****
>
> ****
>
> Terimakasih*
>
> AW****
>
>
>
Mon Oct 1, 2012 12:05 am (PDT) . Posted by:
"harry siswanto" hsiswanto
Dear Senior,
saya mau tanya,
bagaimana caranya Proteksi pada Workbook/Worksheet di Excel,
untuk;
1. Mematikan Click-kanan pada Mouse
2. Mematikan Fungsi Copy & Paste.
jadi File hanya bisa dibuka, tapi tidak bisa di Edit, dan Copy.
kalo Non Aktifkan Edit saja sudah ketemu caranya.
terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
Regards
Harry Siswanto
saya mau tanya,
bagaimana caranya Proteksi pada Workbook/Worksheet di Excel,
untuk;
1. Mematikan Click-kanan pada Mouse
2. Mematikan Fungsi Copy & Paste.
jadi File hanya bisa dibuka, tapi tidak bisa di Edit, dan Copy.
kalo Non Aktifkan Edit saja sudah ketemu caranya.
terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
Regards
Harry Siswanto
Mon Oct 1, 2012 12:56 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Hai Harry,
Coba cara proteksi berikut :
1. Pastikan tidak ada cell yang properti locked nya adalah false
>> blok seluruh cells dalam sheet tersebut (klik kotak diatas nomor baris
Excel) -> klik kanan -> format cells -> tab protection -> centang opsi
locked -> OK
2. aktifkan sebuah cell kosong (misal cell A1 kosong, maka klik A1 [1 cell
ssaja])
3. proteksi sheet (sesuaikan pengarahan menu di xl2003, dan pada setting
item yang dicentang atau tidak, sama dengan cara dibawah)
>> di xl2007
ribbon Review -> protect sheet -> hilangkan semua centang dari seluruh opsi
-> tekan OK
4. save workbook.
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 harry siswanto <hsiswanto@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Senior,
>
> saya mau tanya,
> bagaimana caranya Proteksi pada Workbook/Worksheet di Excel,
> untuk;
> 1. Mematikan Click-kanan pada Mouse
> 2. Mematikan Fungsi Copy & Paste.
> jadi File hanya bisa dibuka, tapi tidak bisa di Edit, dan Copy.
> kalo Non Aktifkan Edit saja sudah ketemu caranya.
>
> terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
>
>
> Regards
>
>
> Harry Siswanto
>
>
>
Coba cara proteksi berikut :
1. Pastikan tidak ada cell yang properti locked nya adalah false
>> blok seluruh cells dalam sheet tersebut (klik kotak diatas nomor baris
Excel) -> klik kanan -> format cells -> tab protection -> centang opsi
locked -> OK
2. aktifkan sebuah cell kosong (misal cell A1 kosong, maka klik A1 [1 cell
ssaja])
3. proteksi sheet (sesuaikan pengarahan menu di xl2003, dan pada setting
item yang dicentang atau tidak, sama dengan cara dibawah)
>> di xl2007
ribbon Review -> protect sheet -> hilangkan semua centang dari seluruh opsi
-> tekan OK
4. save workbook.
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 harry siswanto <hsiswanto@yahoo.
> **
>
>
> Dear Senior,
>
> saya mau tanya,
> bagaimana caranya Proteksi pada Workbook/Worksheet di Excel,
> untuk;
> 1. Mematikan Click-kanan pada Mouse
> 2. Mematikan Fungsi Copy & Paste.
> jadi File hanya bisa dibuka, tapi tidak bisa di Edit, dan Copy.
> kalo Non Aktifkan Edit saja sudah ketemu caranya.
>
> terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
>
>
> Regards
>
>
> Harry Siswanto
>
>
>
Mon Oct 1, 2012 12:06 am (PDT) . Posted by:
"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
Tak terasa,
Besok adalah peringatan 40 Hari meninggalnya almarhum...
Mari kita doakan kembali beliau
Agar fase berikutnya dalam perjalanan beliau meninggalkan dunia fana ini
Diberi kemudahan dan rahmat
dan semoga pahala dan amal jariyahnya dari ilmu2 yang diturunkan pada kita saat ini membantunya meringankan alam kuburnya
Allahummaghfirlahu, Warhamhu, Waafiihi wa'fu anhu
Agung Widodo
________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Kid Mr.
Sent: Friday, September 14, 2012 3:29 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Selamat jalan mbak Siti...
Tanggal 23 Agustus 2012 di RS Fatmawati karena sakit.
Sebutan sakit belum bisa dikonfirmasikan dengan keluarga beliau.
Wassalam,
Kid.
2012/9/14 cindhi dwi <cindhi.nouvie@yahoo.com <mailto:cindhi.nouvie@yahoo.com >>
Innalillahi wa Inna Ilaihi Rooji'un..
Smoga ilmu2 yg telah diberikan disini bisa menjadi penolong beliau..
Aamiin
boleh tau meninggalnya kpn dan knp??
________________________________
From: toton rusmadi <t_rusmadi@yahoo.com <mailto:t_rusmadi@yahoo.com >>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >" <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >>
Sent: Friday, September 14, 2012 3:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Selamat jalan mbak Siti...
Inna lillaahi wa Inna Ilayhi Rooji'un
Alloohummaghfirlahu warchamhu waa'afiihi wa'fuanhu
Semoga segala amal baik dan keihklasan Mbah Mabrur beroleh balasan yang setimpal dari sisi-nya ... Aamiin.
Salam,
t_rusmadi@yahoo.com <mailto:t_rusmadi@yahoo.com >
________________________________
From: "belajar-excel-owner@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel-owner@yahoogroups.com >" <belajar-excel-owner@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel-owner@yahoogroups.com >>
To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, September 13, 2012 12:31 AM
Subject: [belajar-excel] Selamat jalan mbak Siti...
Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Semoga seluruh amal kebaikan mbah Mabrur (aka mbak Siti) diterima Allah SWT.
Semoga beliau mendapatkan rahmat ampunan Allah SWT.
Semoga iman islamnya diterima Allah SWT.
Selamat jalan.
--- Dear BeExceller ---
Salah seorang Exceller sejati negeri ini telah mendahului kita.
Mari kita kenang seluruh kebaikan yang telah diberikannya untuk kita semua.
Mari kita amalkan seluruh ilmu yang telah dibaginya untuk kita semua.
Thread ini adalah untuk ungkapan cinta kasih yang penuh kerinduan kita kepada mbak Siti.
-----------------------
Besok adalah peringatan 40 Hari meninggalnya almarhum...
Mari kita doakan kembali beliau
Agar fase berikutnya dalam perjalanan beliau meninggalkan dunia fana ini
Diberi kemudahan dan rahmat
dan semoga pahala dan amal jariyahnya dari ilmu2 yang diturunkan pada kita saat ini membantunya meringankan alam kuburnya
Allahummaghfirlahu, Warhamhu, Waafiihi wa'fu anhu
Agung Widodo
____________
From: belajar-excel@
Sent: Friday, September 14, 2012 3:29 PM
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Selamat jalan mbak Siti...
Tanggal 23 Agustus 2012 di RS Fatmawati karena sakit.
Sebutan sakit belum bisa dikonfirmasikan dengan keluarga beliau.
Wassalam,
Kid.
2012/9/14 cindhi dwi <cindhi.nouvie@
Innalillahi wa Inna Ilaihi Rooji'un..
Smoga ilmu2 yg telah diberikan disini bisa menjadi penolong beliau..
Aamiin
boleh tau meninggalnya kpn dan knp??
____________
From: toton rusmadi <t_rusmadi@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Friday, September 14, 2012 3:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Selamat jalan mbak Siti...
Inna lillaahi wa Inna Ilayhi Rooji'un
Alloohummaghfirlahu warchamhu waa'afiihi wa'fuanhu
Semoga segala amal baik dan keihklasan Mbah Mabrur beroleh balasan yang setimpal dari sisi-nya ... Aamiin.
Salam,
t_rusmadi@yahoo.
____________
From: "belajar-excel-
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, September 13, 2012 12:31 AM
Subject: [belajar-excel] Selamat jalan mbak Siti...
Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Semoga seluruh amal kebaikan mbah Mabrur (aka mbak Siti) diterima Allah SWT.
Semoga beliau mendapatkan rahmat ampunan Allah SWT.
Semoga iman islamnya diterima Allah SWT.
Selamat jalan.
--- Dear BeExceller ---
Salah seorang Exceller sejati negeri ini telah mendahului kita.
Mari kita kenang seluruh kebaikan yang telah diberikannya untuk kita semua.
Mari kita amalkan seluruh ilmu yang telah dibaginya untuk kita semua.
Thread ini adalah untuk ungkapan cinta kasih yang penuh kerinduan kita kepada mbak Siti.
------------
Mon Oct 1, 2012 12:09 am (PDT) . Posted by:
"sapicumi" sapicumi@rocketmail.com
selamat siang semua
Private Sub cmdkon_Click()
'Membuat variabel
Dim user As String
Dim pass As String
Dim lcari As Long
Dim kcari As Long
'Memastikan
If Trim(txtuser.Value) = "" Then
MsgBox "USER ID", vbInformation, "Info"
Exit Sub
End If
On Error Resume Next
user = LCase(Trim(txtuser.Value))
pass = LCase(Trim(txtpass.Value))
lcari = 0
kcari = 0
lcari = Sheets("tbluser").Columns("C:C").Find(user).Row
kcari = Sheets("tbluser").Columns("D:D").Find(pass).Row
If lcari = 0 And kcari = 0 Then
MsgBox "USER ID " & user & " tidak ditemukan!!" & Chr(13) & _
"Silahkan isikan yang lain", vbInformation, "Info"
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Exit Sub
End If
With Sheets("tbluser")
Range("J3").Value = .Range("E" & lcari).Value
'With Sheets("frmbarangmasuk")
Sheets("frmbarangmasuk").Range("C10").Value = txtuser.Value
Sheets("frmbarangkeluar").Range("C10").Value = txtuser.Value
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Sheets("MenuUtama").Range("J3").Value = ""
End With
If Range("J3").Value = "User" Then
cmdinputdata.Enabled = True
cmdtransaksi.Enabled = True
cmdtransaksib.Enabled = True
Else
If Range("J3").Value = "Admin" Then
cmdadmin.Enabled = True
End If
End If
End Sub
saya coba koding seperti diatas namun ttp belum bisa
ada kah yang bisa menambahakan ato merevisi contoh file seperti lampiran di
post saya di atas cm koding diubah sedikit seperti yg saya paparkan
trimakasih
jojo
--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/LOGIN-FORM-EMBED-COMMANBUTTON-tp5712135p5712196.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
Private Sub cmdkon_Click(
'Membuat variabel
Dim user As String
Dim pass As String
Dim lcari As Long
Dim kcari As Long
'Memastikan
If Trim(txtuser.
MsgBox "USER ID", vbInformation, "Info"
Exit Sub
End If
On Error Resume Next
user = LCase(Trim(txtuser.
pass = LCase(Trim(txtpass.
lcari = 0
kcari = 0
lcari = Sheets("tbluser"
kcari = Sheets("tbluser"
If lcari = 0 And kcari = 0 Then
MsgBox "USER ID " & user & " tidak ditemukan!!" & Chr(13) & _
"Silahkan isikan yang lain", vbInformation, "Info"
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Exit Sub
End If
With Sheets("tbluser"
Range("J3").
'With Sheets("frmbarangma
Sheets("frmbarangma
Sheets("frmbarangke
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Sheets("MenuUtama"
End With
If Range("J3").
cmdinputdata.
cmdtransaksi.
cmdtransaksib.
Else
If Range("J3").
cmdadmin.Enabled = True
End If
End If
End Sub
saya coba koding seperti diatas namun ttp belum bisa
ada kah yang bisa menambahakan ato merevisi contoh file seperti lampiran di
post saya di atas cm koding diubah sedikit seperti yg saya paparkan
trimakasih
jojo
--
View this message in context: http://milis-
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
Mon Oct 1, 2012 12:27 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
loh... ternyata ide
'cek username diatas sini
'cek pwd sebagai berikut
IF pass=Sheets("tbluser").range("
d" & lcari).value then
range("j3").value =Sheets("tbluser").range("e" & lcari).value
else
range("j3").clearcontents
endif
'proses enabled disini
belum dicoba
ya wis...
Pada umumnya, daftar username adalah unique. Jadi kalau username nya gak
ditemukan pasti langsung keluar dari proses.
Kalau username ketemu, maka sudah bisa dapat barisnya di *lcari*
Maka tahap berikutnya adalah cek apakah password yang ditulis user dengan
password yang ada di daftar username pada baris lcari adalah sama.
IF pass=Sheets("tbluser").range("d" & lcari).value then
Jadi pengecekan passwordnya sama atau tidak,* tidak bisa *dilakukan dengan
cara :
*kcari = Sheets("tbluser").Columns("D:D").Find(pass).Row*
karena bisa menghasilkan nilai kcari yang berbeda dengan lcari alias itu
password milik username lain.
Jika username sudah ketemu (nilai *lcari*) dan teks password sudah sama (*IF
yang biru*), maka lakukan set penyimpanan nilai akses ke J3.
Oleh sebab itu, maka bagian :
kcari = Sheets("tbluser").Columns("D:
D").Find(pass).Row
If lcari = 0 And kcari = 0 Then
MsgBox "USER ID " & user & " tidak ditemukan!!" & Chr(13) & _
"Silahkan isikan yang lain", vbInformation, "Info"
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Exit Sub
End If
With Sheets("tbluser")
Range("J3").Value = .Range("E" & lcari).Value
'With Sheets("frmbarangmasuk")
Sheets("frmbarangmasuk").Range("C10").Value = txtuser.Value
Sheets("frmbarangkeluar").Range("C10").Value = txtuser.Value
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Sheets("MenuUtama").Range("J3"
).Value = ""
End With
harusnya diganti dengan
'cek pwd sebagai berikut
IF pass=Sheets("tbluser").range("
d" & lcari).value then
range("j3").value =Sheets("tbluser").range("e" & lcari).value
else
range("j3").clearcontents
endif
(bagian untuk tulis ke sheet lain yang ada di *merah *sana juga dimasukkan
ke *blok IF yang biru*)
Wassalam,
Kid.
On Mon, Oct 1, 2012 at 11:12 AM, sapicumi <sapicumi@rocketmail.com > wrote:
> **
>
>
> selamat siang semua
>
> Private Sub cmdkon_Click()
> 'Membuat variabel
> Dim user As String
> Dim pass As String
> Dim lcari As Long
> Dim kcari As Long
>
> 'Memastikan
> If Trim(txtuser.Value) = "" Then
> MsgBox "USER ID", vbInformation, "Info"
> Exit Sub
> End If
> On Error Resume Next
> user = LCase(Trim(txtuser.Value))
> pass = LCase(Trim(txtpass.Value))
> lcari = 0
> kcari = 0
> lcari = Sheets("tbluser").Columns("C:C").Find(user).Row
> kcari = Sheets("tbluser").Columns("D:D").Find(pass).Row
> If lcari = 0 And kcari = 0 Then
>
> MsgBox "USER ID " & user & " tidak ditemukan!!" & Chr(13) & _
> "Silahkan isikan yang lain", vbInformation, "Info"
> txtuser.Value = ""
> txtpass.Value = ""
> Exit Sub
> End If
> With Sheets("tbluser")
> Range("J3").Value = .Range("E" & lcari).Value
> 'With Sheets("frmbarangmasuk")
> Sheets("frmbarangmasuk").Range("C10").Value = txtuser.Value
> Sheets("frmbarangkeluar").Range("C10").Value = txtuser.Value
> txtuser.Value = ""
> txtpass.Value = ""
> Sheets("MenuUtama").Range("J3").Value = ""
>
> End With
> If Range("J3").Value = "User" Then
> cmdinputdata.Enabled = True
> cmdtransaksi.Enabled = True
> cmdtransaksib.Enabled = True
> Else
> If Range("J3").Value = "Admin" Then
> cmdadmin.Enabled = True
> End If
> End If
> End Sub
> saya coba koding seperti diatas namun ttp belum bisa
> ada kah yang bisa menambahakan ato merevisi contoh file seperti lampiran di
> post saya di atas cm koding diubah sedikit seperti yg saya paparkan
> trimakasih
>
> jojo
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/LOGIN-FORM-EMBED-COMMANBUTTON-tp5712135p5712196.html
>
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>
>
>
'cek username diatas sini
'cek pwd sebagai berikut
IF pass=Sheets(
d" & lcari).value then
range("j3").
else
range("j3").
endif
'proses enabled disini
belum dicoba
ya wis...
Pada umumnya, daftar username adalah unique. Jadi kalau username nya gak
ditemukan pasti langsung keluar dari proses.
Kalau username ketemu, maka sudah bisa dapat barisnya di *lcari*
Maka tahap berikutnya adalah cek apakah password yang ditulis user dengan
password yang ada di daftar username pada baris lcari adalah sama.
IF pass=Sheets(
Jadi pengecekan passwordnya sama atau tidak,* tidak bisa *dilakukan dengan
cara :
*kcari = Sheets("tbluser"
karena bisa menghasilkan nilai kcari yang berbeda dengan lcari alias itu
password milik username lain.
Jika username sudah ketemu (nilai *lcari*) dan teks password sudah sama (*IF
yang biru*), maka lakukan set penyimpanan nilai akses ke J3.
Oleh sebab itu, maka bagian :
kcari = Sheets("tbluser"
D").Find(pass)
If lcari = 0 And kcari = 0 Then
MsgBox "USER ID " & user & " tidak ditemukan!!" & Chr(13) & _
"Silahkan isikan yang lain", vbInformation, "Info"
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Exit Sub
End If
With Sheets("tbluser"
Range("J3").
'With Sheets("frmbarangma
Sheets("frmbarangma
Sheets("frmbarangke
txtuser.Value = ""
txtpass.Value = ""
Sheets("MenuUtama"
).Value = ""
End With
harusnya diganti dengan
'cek pwd sebagai berikut
IF pass=Sheets(
d" & lcari).value then
range("j3").
else
range("j3").
endif
(bagian untuk tulis ke sheet lain yang ada di *merah *sana juga dimasukkan
ke *blok IF yang biru*)
Wassalam,
Kid.
On Mon, Oct 1, 2012 at 11:12 AM, sapicumi <sapicumi@rocketmail
> **
>
>
> selamat siang semua
>
> Private Sub cmdkon_Click(
> 'Membuat variabel
> Dim user As String
> Dim pass As String
> Dim lcari As Long
> Dim kcari As Long
>
> 'Memastikan
> If Trim(txtuser.
> MsgBox "USER ID", vbInformation, "Info"
> Exit Sub
> End If
> On Error Resume Next
> user = LCase(Trim(txtuser.
> pass = LCase(Trim(txtpass.
> lcari = 0
> kcari = 0
> lcari = Sheets("tbluser"
> kcari = Sheets("tbluser"
> If lcari = 0 And kcari = 0 Then
>
> MsgBox "USER ID " & user & " tidak ditemukan!!" & Chr(13) & _
> "Silahkan isikan yang lain", vbInformation, "Info"
> txtuser.Value = ""
> txtpass.Value = ""
> Exit Sub
> End If
> With Sheets("tbluser"
> Range("J3").
> 'With Sheets("frmbarangma
> Sheets("frmbarangma
> Sheets("frmbarangke
> txtuser.Value = ""
> txtpass.Value = ""
> Sheets("MenuUtama"
>
> End With
> If Range("J3").
> cmdinputdata.
> cmdtransaksi.
> cmdtransaksib.
> Else
> If Range("J3").
> cmdadmin.Enabled = True
> End If
> End If
> End Sub
> saya coba koding seperti diatas namun ttp belum bisa
> ada kah yang bisa menambahakan ato merevisi contoh file seperti lampiran di
> post saya di atas cm koding diubah sedikit seperti yg saya paparkan
> trimakasih
>
> jojo
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-
>
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>
>
>
Mon Oct 1, 2012 1:01 am (PDT) . Posted by:
"sapicumi" sapicumi@rocketmail.com
wooalaaah jadi intinya
-hanya mencari user (data yg unique)
-lalu mencocokan password di data user
ealaaah baru donk saya mr kid maap lho ini nubiie hehehehhehe tp trimaksih
penjelasan yg detilnyaa sik bentar saya coba duluuu
--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/LOGIN-FORM-EMBED-COMMANBUTTON-tp5712135p5712207.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
-hanya mencari user (data yg unique)
-lalu mencocokan password di data user
ealaaah baru donk saya mr kid maap lho ini nubiie hehehehhehe tp trimaksih
penjelasan yg detilnyaa sik bentar saya coba duluuu
--
View this message in context: http://milis-
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
Mon Oct 1, 2012 1:05 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
lajeng, kula kedah ngendika 'waow' mengaten ?
just kidding...
Pada dasarnya, untuk pencarian dengan find, tidak bisa dilakukan pada dua
kolom dengan 2 proses find yang paralel. Jika diterapkan pada fitur
autofilter malah memungkinkan.
Jika ternyata akan menggunakan find pada kolom yang tidak unik, maka
diperlukan proses loop dan pemanfaatan findnext.
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 sapicumi <sapicumi@rocketmail.com >
> **
>
>
> wooalaaah jadi intinya
> -hanya mencari user (data yg unique)
> -lalu mencocokan password di data user
> ealaaah baru donk saya mr kid maap lho ini nubiie hehehehhehe tp trimaksih
> penjelasan yg detilnyaa sik bentar saya coba duluuu
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/LOGIN-FORM-EMBED-COMMANBUTTON-tp5712135p5712207.html
>
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>
>
just kidding...
Pada dasarnya, untuk pencarian dengan find, tidak bisa dilakukan pada dua
kolom dengan 2 proses find yang paralel. Jika diterapkan pada fitur
autofilter malah memungkinkan.
Jika ternyata akan menggunakan find pada kolom yang tidak unik, maka
diperlukan proses loop dan pemanfaatan findnext.
Wassalam,
Kid.
2012/10/1 sapicumi <sapicumi@rocketmail
> **
>
>
> wooalaaah jadi intinya
> -hanya mencari user (data yg unique)
> -lalu mencocokan password di data user
> ealaaah baru donk saya mr kid maap lho ini nubiie hehehehhehe tp trimaksih
> penjelasan yg detilnyaa sik bentar saya coba duluuu
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-
>
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>
>
Mon Oct 1, 2012 12:42 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
1. Coba manfaatkan fitur Data Validation allow Custom
2. Atur cells protection locked adalah false (format cells -> tab
protection -> opsi locked di hilangkan centangnya)
3. Proteksi sheet hilangkan centang dari select locked cells
Wassalam,
Kid.
2012/9/30 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id >
> **
>
>
> P' Kids dan be-exceller
>
> Mungkin kah begini ringkasnya seperti dilampiran,
>
> Membatasiinput hanya bisa di kolom B,C,D
> dan
> bila kolom B,C, D belum terisi semua ,
> atau
> tidak menunjukkan hasil OK,
> maka
> input tidak akan bisa melanjutkan ke step selanjutnya
>
> Terima kasih
>
> amin
>
> ________________________________
>
>
2. Atur cells protection locked adalah false (format cells -> tab
protection -> opsi locked di hilangkan centangnya)
3. Proteksi sheet hilangkan centang dari select locked cells
Wassalam,
Kid.
2012/9/30 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.
> **
>
>
> P' Kids dan be-exceller
>
> Mungkin kah begini ringkasnya seperti dilampiran,
>
> Membatasiinput hanya bisa di kolom B,C,D
> dan
> bila kolom B,C, D belum terisi semua ,
> atau
> tidak menunjukkan hasil OK,
> maka
> input tidak akan bisa melanjutkan ke step selanjutnya
>
> Terima kasih
>
> amin
>
> ____________
>
>
Mon Oct 1, 2012 2:01 am (PDT) . Posted by:
"aji mumpung"
pak Harry,
coba tulis code berikut di command botton untuk Save di form Pindah
Private Sub cmdAdd_Click()
' deklarasikan range nama untuk mengurutkan data di sheet 1 setelah
penghapusan data
Dim rgNama As Range
Dim rNama As Range
Dim i As Long
' deklarasi variabel r untuk menyimpan nilai baris sheet1
Dim r As Long
r = Cbonama.ListIndex + 2
' lakukan konfirmasi ulang tentang pemindahan data
' jika user memilih Cancel maka batalkan pemindahan data
If MsgBox("Yakin akan memindahkan data ini?", vbOKCancel, "Konfirmasi
Pindah Data") = vbCancel Then
Exit Sub
End If
' jika user tidak menekan cancel maka berarti proses dilanjutkan
' pindah ke sheet 2
Sheets("Sheet2").Select
' pergi ke header nama / cell b1
Range("b1").Select
' cek apakah baris di bawah header nama kosong atau tidak
If ActiveCell.Offset(1, 0) = "" Then
' jika baris di bawah header nama kosong, maka turun ke baris
tersebut
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
' selain itu
Else
' pergi ke baris terakhir yang berisi data
ActiveCell.End(xlDown).Select
' lalu turun 1 bari lagi ke baris yang kosong
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
End If
With ActiveCell
' tulis data yang ingin dipindah ke baris tersebut
' sesuai dengan kolom yang dituju
.Value = Cbonama.Value
.Offset(0, 1).Value = txtALAMAT.Text
.Offset(0, 2).Value = txtJURUSAN.Text
.Offset(0, 3).Value = Format(txtTGLDAFTAR.Text, "dd-mm-yyyy")
.Offset(0, 4).Value = Format(txtTGLTES.Text, "dd-mm-yyyy")
.Offset(0, 5).Value = txtPETUGASINPUT.Text
.Offset(0, 6).Value = Format(txtTANGGALINPUT.Text, "dd-mm-yyyy")
.Offset(0, 7).Value = Lbl_User.Caption
.Offset(0, 8).Value = Format(Date, "dd-mm-yyyy")
.Offset(0, 1).Value = 1
End With
' pindah ke sheet1
Sheets("Sheet1").Select
'pergi ke baris yang dipindah
Cells(r, 1).Select
' hapus baris tersebut
Selection.EntireRow.Delete
' urutkan kembali nomor urut data di sheet 1 setelah data dipindah
Range("b1").Select
i = 1
If ActiveCell.Offset(1, 0) <> "" Then
Set rgNama = Range(ActiveCell.Offset(1, 0), ActiveCell.End(xlDown))
For Each rNama In rgNama
rNama.Offset(0, -1).Value = i
i = i + 1
Next rNama
End If
' hapus semua data yang ada di form
Cbonama.Value = ""
txtALAMAT.Text = ""
txtJURUSAN.Text = ""
txtTGLDAFTAR.Text = ""
txtTGLTES.Text = ""
txtPETUGASINPUT.Text = ""
txtTANGGALINPUT.Text = ""
End Sub
untuk para master.. kalo ada yang salah tolong dikoreksi ^_^
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 30 September 2012 17:57, Harry <hariansyahptk@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Dear BeExceller
> Mr. Kid
>
> Pertama saya mengucapkan terima kasih atas berkenan informasinya.
> Dari rumus yang Mr. Kid berikan, sudah saya tuangkan ke User Form. Tapi
> masih terdapat beberapa kesalahan dalam proses edit dan pemindahan data
> dari Sheet1 ke Sheet2.
> Adapun beberapa kesalahan dari rumus yang saya tuangkan ke User Form sudah
> saya tuliskan pada Lampiran yang saya sertakan.
>
> Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller atau Mr. Kid dapat membantu
> saya akan hal tersebut.
>
> Terima kasih atas bantuannya.
> Wassalam,
>
> Harry
>
> N/B:
> Jawaban / penjelasan dari Mr. Kid yang No 1, 5 & 6 belum bisa saya
> tuangkan ke User Form karena masih bingung.
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 30 September 2012 10:21
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Ikutan...
>
> 1. Kolom Nama Tidak Bisa Di Revisi
> >> pada setiap form, buat deklarasi pada level form (bukan dalam setiap
> prosedur)
> private lIdx as long
> >> pada event change combobox tambahkan :
> if namacombonya.listindex<>-1 then
> lidx=namacombonya.listindex
> endif
> >> pada event click tombol save di bagian tulis nama, hapus yang lama dan
> ganti dengan :
> if memmaster.resize(1,1).offset(lidx,1).value <>
> namacombonya.list(lidx) then
>
> memmaster.resize(1,1).offset(lidx,1).value=namacombonya.list(lidx)
> endif
>
> 2. Pada Kolom Nama Baris Paling Bawah, Jika Di Revisi Kolom Jurusan
> Otomatis Mengcopy Pada Kolom Petugas Input
> >> perbaiki di event click tombol save pada bagian dibawah ini, yang benar
> siapa yang harus ambil txtJurusan :
> If MemMaster(r, 4) <> txtJURUSAN Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 4).Value = txtJURUSAN.text
> End If
> If MemMaster(r, 7) <> txtPETUGASINPUT Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 7).Value = txtJURUSAN.text
> End If
> biasakan gunkan propertinya seperti txtJURUSAN.text dan bukan hanya
> txtJURUSAN walau defaultnya memang textbox selalu mengambil properti text.
> hal ini akan memudahkan migrasi dari satu bahasa program ke bahasa
> program lainnya.
>
> 3. Hasil Revisi Sering Nyasar Pada Baris Pertama (Pada Kolom Judul)
> >> karena ada pengubahan text pada combobox, maka nilai r =
> Cbonama.ListIndex + 2 tidak merujuk dengan benar. Oleh sebab itu dibutuhkan
> proses penyimpanan nilai listindex disebuah variabel berlevel module atau
> form seperti di nomor 1 di atas.
>
> 4. Tanggal Revisi Tidak Match Dengan Tanggal Hari Ini (Tidak Update)
> >> isi tanggal revisi dengan nilai tanggal hari ini dengan fungsi *Date*
> alamatrangenya.value=*Date*
> jika ingin hasilnya bertipe teks, lakukan format terhadap *Date* dengan
> fungsi format.
>
> 5. Jika Ada Proses Pemindahan, Data Yang Ada Pada Sheet1 Tidak Otomatis
> Dihapus
> >> setelah salin data ke sheet lokasi pindah, lakukan hapus range dengan
> shift up pada sheet1
> sheet1.range(sekian sampai sekian).delete xlshiftup
> 'sesuaikan rujukan range yang bunyisa sekian sampai sekian agar persis
> sesuai kebutuhan
>
> 6. Jika Ada Proses Pemindahan, Pada Sheet2 Kolom Petugas Input Dan Tanggal
> Input Tidak Terdeteksi
> >> sebelum dipindah ke sheet2, di sheet1 tulis dulu nilainya sesuai
> keinginan pada kolom yang bersesuaian dengan nilai yang paling anda anggap
> tepat. Setelah itu baru lakukan proses penyalinan ke sheet2 dilanjutkan
> proses penghapusan dari sheet1 (proses penghapusan seperti nomor 5)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/30 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>
> **
>
> Dear BeExceller,
> Bp. Aji Mumpung
>
> Terima kasih atas berkenan rumusnya.
> Rumus yang telah diberikan sudah saya tuangkan dalam User Form yang saya
> maksudkan.
> Tapi dari rumus tersebut masih ada beberapa ERROR sebagaimana terlampir
> file-nya.
>
> Mohon berkenan koreksinya.
>
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
> N/B:
> Pada Sheet1 dan Sheet2 tsb bisa atau tidak saya tambahkan proteksi dengan
> cara Unprotect & Protect...???
> ------------------------------
> *Dari:* aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 27 September 2012 13:46
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Hai pak Harry,
>
> algoritma pemrograman yang telah disampaikan oleh Mr.Kid ---kalo kata pak
> presiden "Sudah Terang Benderang"---, jadi seYogya-nya (gak ada se-Jakarta
> ya) jika script vba tersebut adalah hasil kreasi anda sendiri.. seharusnya
> dengan mudah anda menuangkannya ke dalam user form.. ^_^
>
> kalo untuk saya yang masih pemula sekali, lebih mudah menulis script dari
> awal dibandingkan menelusuri logika pemrograman yang sudah ada.. ---mungkin
> sama dengan tukang bangunan.. dari pada disuruh ngerombak rumah yang sudah
> jadi mendingan milih ngebangun dari awal--- ini hanya pendapat pribadi ya..
> ^_^
>
> tapi...(ada tapinya nih..) saya coba bantu untuk solusi editnya saja ya..
> ^_^
>
> Dim r As Long
>
> ' cek dahulu, apakah data ada yang kosong atau tidak
> ' jika ada yang kosong maka kasih tau usernya buat ngisi yang masih
> kosong
> If txtALAMAT = "" Or txtJURUSAN = "" Or txtTGLDAFTAR = "" Or txtTGLTES
> = "" Or _
> txtLblUser = "" Or txtTGLINPUT = "" Then
> MsgBox "Input dulu yang kosong ya...", vbOKOnly, "Iseng aja luh..
> ^_^"
> Exit Sub
> End If
>
> ' cek lagi apakah ada perubahan data apa nggak, kalo nggak ada
> ' ya ngapain juga nulis data ke database.. cape-capein aja ^_^
> r = Cbonama.ListIndex + 2
> If MemMaster(r, 3) <> txtALAMAT Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 3).Value = txtALAMAT
> End If
> If MemMaster(r, 4) <> txtJURUSAN Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 4).Value = txtJURUSAN
> End If
> If MemMaster(r, 5) <> txtTGLDAFTAR Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 5).Value = txtTGLDAFTAR
> End If
> If MemMaster(r, 6) <> txtTGLTES Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 6).Value = Format(txtTGLTES,
> "dd-mm-yyyy")
> End If
> If MemMaster(r, 7) <> txtLblUser Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 3).Value = txtLblUser
> End If
> If MemMaster(r, 8) <> txtTGLINPUT Then
> Sheets("sheet1").Cells(r, 8).Value = Format(txtTGLINPUT,
> "dd-mm-yyyy")
> End If
>
> Cbonama.Value = ""
> txtALAMAT.Value = ""
> txtJURUSAN.Value = ""
> txtTGLDAFTAR.Value = ""
> txtTGLTES.Value = ""
> txtLblUser.Value = ""
> txtTGLINPUT.Value = ""
>
> script yang buat pindah datanya mana??? ---nanti ya, masih harus nyari
> rumput buat kasih makan kambing dulu, kalo sempet nanti diposting lagi,
> tapi kalo mau coba ikuti logika pemrograman dari Mr. Kid---
>
> lain kali mbok ya'o kalo kasih nama command button jangan cmdAdd semua..
> bingung jadinya @_@
>
> script tersebut ditulis di salah satu command button yang nama-nya sama
> itu lho..
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung- (cah angon seko gunung merbabu)
>
> Pada 26 September 2012 16:38, Harry <hariansyahptk@yahoo.com > menulis:
>
> **
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas berkenan reply-nya. Tapi dr info tersebut, saya
> kesulitan dalam menuangkannya dlm User Form yang saya maksudkan.
>
> Mohon berkenan kirimkan contoh User Form-nya seperti yang pernah saya
> lampirkan.
>
> Terima kasih,
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 25 September 2012 22:30
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Oke.
>
> 1. Untuk Add data sudah bisa ya.
> 2. Untuk menampilkan data yang akan di edit atau akan di-delete sudah bisa
> juga bukan. Yang jelas, dalam proses itu, Anda bisa mendapatkan posisi
> record.
> *Posisi record itu* yang harus Anda ingat terus, yaitu *listindex
> dari combobox + 1*
> 3. Untuk proses edit data, ketika tombol save ditekan, harus ada proses :
> >> 1. vallidasi terhadap isi setiap control dalam form, apakah pantas
> untuk di save atau tidak.
> >> 2. ketika hasil validasi sudah oke dan pantas disimpan, cek setiap
> isi control dalam form dan bandingkan dengan nilai setiap kolom di baris
> record tersebut
> Jika berbeda dengan isi di tabel pada baris record itu,
> salin nilai kolom di record itu ke kolom poin edit record itu juga
> Jika sama, tidak perlu lakukan apapun
> [proses nomor 2 ini adalah pencatatan histori yang Anda
> inginkan, khusus untuk edit data]
> >> 3. lakukan proses penulisan nilai di setiap control dalam form ke
> masing-masing kolom yang bersesuaian pada record itu juga.
> >> 4. proses selesai.
> 4. Untuk proses pindah data, ketika tombol save ditekan :
> (inti proses adalah salin data record itu ke tabel penampung data yang
> dihapus, kemudian hapus data di tabel utama pada record itu)
> >> 1. beri konfirmasi terakhir pad user apakah proses akan dilanjutkan
> Jika ya, maka lanjutkan, jika tidak, maka batalkan proses
> >> 2. salin data dari tabel utama di record itu ke tabel penampung di
> baris baru
> >> 3. hapus data dari tabel utama pada record itu
> contoh untuk hapus data di record ke-3, mulai kolom B
> sebanyak 1 baris x 10 kolom, dan range di shift ke atas
> range("b4").resize(1,10).delete xlshiftup
> sesuaikan rujukan range("b4").resize(1,10) dengan kebutuhan
> yang telah diketahui nomor recordnya dari combobox list index (sudah
> dibahas di atas sana)
> >> 4. proses selesai.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
coba tulis code berikut di command botton untuk Save di form Pindah
Private Sub cmdAdd_Click(
' deklarasikan range nama untuk mengurutkan data di sheet 1 setelah
penghapusan data
Dim rgNama As Range
Dim rNama As Range
Dim i As Long
' deklarasi variabel r untuk menyimpan nilai baris sheet1
Dim r As Long
r = Cbonama.ListIndex + 2
' lakukan konfirmasi ulang tentang pemindahan data
' jika user memilih Cancel maka batalkan pemindahan data
If MsgBox("Yakin akan memindahkan data ini?", vbOKCancel, "Konfirmasi
Pindah Data") = vbCancel Then
Exit Sub
End If
' jika user tidak menekan cancel maka berarti proses dilanjutkan
' pindah ke sheet 2
Sheets("Sheet2"
' pergi ke header nama / cell b1
Range("b1").
' cek apakah baris di bawah header nama kosong atau tidak
If ActiveCell.Offset(
' jika baris di bawah header nama kosong, maka turun ke baris
tersebut
ActiveCell.Offset(
' selain itu
Else
' pergi ke baris terakhir yang berisi data
ActiveCell.End(
' lalu turun 1 bari lagi ke baris yang kosong
ActiveCell.Offset(
End If
With ActiveCell
' tulis data yang ingin dipindah ke baris tersebut
' sesuai dengan kolom yang dituju
.Value = Cbonama.Value
.Offset(0, 1).Value = txtALAMAT.Text
.Offset(0, 2).Value = txtJURUSAN.Text
.Offset(0, 3).Value = Format(txtTGLDAFTAR
.Offset(0, 4).Value = Format(txtTGLTES.
.Offset(0, 5).Value = txtPETUGASINPUT.
.Offset(0, 6).Value = Format(txtTANGGALIN
.Offset(0, 7).Value = Lbl_User.Caption
.Offset(0, 8).Value = Format(Date, "dd-mm-yyyy"
.Offset(0, 1).Value = 1
End With
' pindah ke sheet1
Sheets("Sheet1"
'pergi ke baris yang dipindah
Cells(r, 1).Select
' hapus baris tersebut
Selection.EntireRow
' urutkan kembali nomor urut data di sheet 1 setelah data dipindah
Range("b1").
i = 1
If ActiveCell.Offset(
Set rgNama = Range(ActiveCell.
For Each rNama In rgNama
rNama.Offset(
i = i + 1
Next rNama
End If
' hapus semua data yang ada di form
Cbonama.Value = ""
txtALAMAT.Text = ""
txtJURUSAN.Text = ""
txtTGLDAFTAR.
txtTGLTES.Text = ""
txtPETUGASINPUT.
txtTANGGALINPUT.
End Sub
untuk para master.. kalo ada yang salah tolong dikoreksi ^_^
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 30 September 2012 17:57, Harry <hariansyahptk@
> **
>
>
> Dear BeExceller
> Mr. Kid
>
> Pertama saya mengucapkan terima kasih atas berkenan informasinya.
> Dari rumus yang Mr. Kid berikan, sudah saya tuangkan ke User Form. Tapi
> masih terdapat beberapa kesalahan dalam proses edit dan pemindahan data
> dari Sheet1 ke Sheet2.
> Adapun beberapa kesalahan dari rumus yang saya tuangkan ke User Form sudah
> saya tuliskan pada Lampiran yang saya sertakan.
>
> Besar harapan kiranya teman-teman BeExceller atau Mr. Kid dapat membantu
> saya akan hal tersebut.
>
> Terima kasih atas bantuannya.
> Wassalam,
>
> Harry
>
> N/B:
> Jawaban / penjelasan dari Mr. Kid yang No 1, 5 & 6 belum bisa saya
> tuangkan ke User Form karena masih bingung.
>
> ------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Minggu, 30 September 2012 10:21
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Ikutan...
>
> 1. Kolom Nama Tidak Bisa Di Revisi
> >> pada setiap form, buat deklarasi pada level form (bukan dalam setiap
> prosedur)
> private lIdx as long
> >> pada event change combobox tambahkan :
> if namacombonya.
> lidx=namacombonya.
> endif
> >> pada event click tombol save di bagian tulis nama, hapus yang lama dan
> ganti dengan :
> if memmaster.resize(
> namacombonya.
>
> memmaster.resize(
> endif
>
> 2. Pada Kolom Nama Baris Paling Bawah, Jika Di Revisi Kolom Jurusan
> Otomatis Mengcopy Pada Kolom Petugas Input
> >> perbaiki di event click tombol save pada bagian dibawah ini, yang benar
> siapa yang harus ambil txtJurusan :
> If MemMaster(r, 4) <> txtJURUSAN Then
> Sheets("sheet1"
> End If
> If MemMaster(r, 7) <> txtPETUGASINPUT Then
> Sheets("sheet1"
> End If
> biasakan gunkan propertinya seperti txtJURUSAN.text dan bukan hanya
> txtJURUSAN walau defaultnya memang textbox selalu mengambil properti text.
> hal ini akan memudahkan migrasi dari satu bahasa program ke bahasa
> program lainnya.
>
> 3. Hasil Revisi Sering Nyasar Pada Baris Pertama (Pada Kolom Judul)
> >> karena ada pengubahan text pada combobox, maka nilai r =
> Cbonama.ListIndex + 2 tidak merujuk dengan benar. Oleh sebab itu dibutuhkan
> proses penyimpanan nilai listindex disebuah variabel berlevel module atau
> form seperti di nomor 1 di atas.
>
> 4. Tanggal Revisi Tidak Match Dengan Tanggal Hari Ini (Tidak Update)
> >> isi tanggal revisi dengan nilai tanggal hari ini dengan fungsi *Date*
> alamatrangenya.
> jika ingin hasilnya bertipe teks, lakukan format terhadap *Date* dengan
> fungsi format.
>
> 5. Jika Ada Proses Pemindahan, Data Yang Ada Pada Sheet1 Tidak Otomatis
> Dihapus
> >> setelah salin data ke sheet lokasi pindah, lakukan hapus range dengan
> shift up pada sheet1
> sheet1.range(
> 'sesuaikan rujukan range yang bunyisa sekian sampai sekian agar persis
> sesuai kebutuhan
>
> 6. Jika Ada Proses Pemindahan, Pada Sheet2 Kolom Petugas Input Dan Tanggal
> Input Tidak Terdeteksi
> >> sebelum dipindah ke sheet2, di sheet1 tulis dulu nilainya sesuai
> keinginan pada kolom yang bersesuaian dengan nilai yang paling anda anggap
> tepat. Setelah itu baru lakukan proses penyalinan ke sheet2 dilanjutkan
> proses penghapusan dari sheet1 (proses penghapusan seperti nomor 5)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/30 Harry <hariansyahptk@
>
> **
>
> Dear BeExceller,
> Bp. Aji Mumpung
>
> Terima kasih atas berkenan rumusnya.
> Rumus yang telah diberikan sudah saya tuangkan dalam User Form yang saya
> maksudkan.
> Tapi dari rumus tersebut masih ada beberapa ERROR sebagaimana terlampir
> file-nya.
>
> Mohon berkenan koreksinya.
>
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
> N/B:
> Pada Sheet1 dan Sheet2 tsb bisa atau tidak saya tambahkan proteksi dengan
> cara Unprotect & Protect...??
> ------------
> *Dari:* aji mumpung <pupung1986@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Kamis, 27 September 2012 13:46
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Hai pak Harry,
>
> algoritma pemrograman yang telah disampaikan oleh Mr.Kid ---kalo kata pak
> presiden "Sudah Terang Benderang"--
> ya) jika script vba tersebut adalah hasil kreasi anda sendiri.. seharusnya
> dengan mudah anda menuangkannya ke dalam user form.. ^_^
>
> kalo untuk saya yang masih pemula sekali, lebih mudah menulis script dari
> awal dibandingkan menelusuri logika pemrograman yang sudah ada.. ---mungkin
> sama dengan tukang bangunan.. dari pada disuruh ngerombak rumah yang sudah
> jadi mendingan milih ngebangun dari awal--- ini hanya pendapat pribadi ya..
> ^_^
>
> tapi...(ada tapinya nih..) saya coba bantu untuk solusi editnya saja ya..
> ^_^
>
> Dim r As Long
>
> ' cek dahulu, apakah data ada yang kosong atau tidak
> ' jika ada yang kosong maka kasih tau usernya buat ngisi yang masih
> kosong
> If txtALAMAT = "" Or txtJURUSAN = "" Or txtTGLDAFTAR = "" Or txtTGLTES
> = "" Or _
> txtLblUser = "" Or txtTGLINPUT = "" Then
> MsgBox "Input dulu yang kosong ya...", vbOKOnly, "Iseng aja luh..
> ^_^"
> Exit Sub
> End If
>
> ' cek lagi apakah ada perubahan data apa nggak, kalo nggak ada
> ' ya ngapain juga nulis data ke database.. cape-capein aja ^_^
> r = Cbonama.ListIndex + 2
> If MemMaster(r, 3) <> txtALAMAT Then
> Sheets("sheet1"
> End If
> If MemMaster(r, 4) <> txtJURUSAN Then
> Sheets("sheet1"
> End If
> If MemMaster(r, 5) <> txtTGLDAFTAR Then
> Sheets("sheet1"
> End If
> If MemMaster(r, 6) <> txtTGLTES Then
> Sheets("sheet1"
> "dd-mm-yyyy"
> End If
> If MemMaster(r, 7) <> txtLblUser Then
> Sheets("sheet1"
> End If
> If MemMaster(r, 8) <> txtTGLINPUT Then
> Sheets("sheet1"
> "dd-mm-yyyy"
> End If
>
> Cbonama.Value = ""
> txtALAMAT.Value = ""
> txtJURUSAN.Value = ""
> txtTGLDAFTAR.
> txtTGLTES.Value = ""
> txtLblUser.Value = ""
> txtTGLINPUT.
>
> script yang buat pindah datanya mana??? ---nanti ya, masih harus nyari
> rumput buat kasih makan kambing dulu, kalo sempet nanti diposting lagi,
> tapi kalo mau coba ikuti logika pemrograman dari Mr. Kid---
>
> lain kali mbok ya'o kalo kasih nama command button jangan cmdAdd semua..
> bingung jadinya @_@
>
> script tersebut ditulis di salah satu command button yang nama-nya sama
> itu lho..
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung- (cah angon seko gunung merbabu)
>
> Pada 26 September 2012 16:38, Harry <hariansyahptk@
>
> **
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas berkenan reply-nya. Tapi dr info tersebut, saya
> kesulitan dalam menuangkannya dlm User Form yang saya maksudkan.
>
> Mohon berkenan kirimkan contoh User Form-nya seperti yang pernah saya
> lampirkan.
>
> Terima kasih,
>
> Harry
>
>
> ------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Selasa, 25 September 2012 22:30
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Oke.
>
> 1. Untuk Add data sudah bisa ya.
> 2. Untuk menampilkan data yang akan di edit atau akan di-delete sudah bisa
> juga bukan. Yang jelas, dalam proses itu, Anda bisa mendapatkan posisi
> record.
> *Posisi record itu* yang harus Anda ingat terus, yaitu *listindex
> dari combobox + 1*
> 3. Untuk proses edit data, ketika tombol save ditekan, harus ada proses :
> >> 1. vallidasi terhadap isi setiap control dalam form, apakah pantas
> untuk di save atau tidak.
> >> 2. ketika hasil validasi sudah oke dan pantas disimpan, cek setiap
> isi control dalam form dan bandingkan dengan nilai setiap kolom di baris
> record tersebut
> Jika berbeda dengan isi di tabel pada baris record itu,
> salin nilai kolom di record itu ke kolom poin edit record itu juga
> Jika sama, tidak perlu lakukan apapun
> [proses nomor 2 ini adalah pencatatan histori yang Anda
> inginkan, khusus untuk edit data]
> >> 3. lakukan proses penulisan nilai di setiap control dalam form ke
> masing-masing kolom yang bersesuaian pada record itu juga.
> >> 4. proses selesai.
> 4. Untuk proses pindah data, ketika tombol save ditekan :
> (inti proses adalah salin data record itu ke tabel penampung data yang
> dihapus, kemudian hapus data di tabel utama pada record itu)
> >> 1. beri konfirmasi terakhir pad user apakah proses akan dilanjutkan
> Jika ya, maka lanjutkan, jika tidak, maka batalkan proses
> >> 2. salin data dari tabel utama di record itu ke tabel penampung di
> baris baru
> >> 3. hapus data dari tabel utama pada record itu
> contoh untuk hapus data di record ke-3, mulai kolom B
> sebanyak 1 baris x 10 kolom, dan range di shift ke atas
> range("b4").
> sesuaikan rujukan range("b4").
> yang telah diketahui nomor recordnya dari combobox list index (sudah
> dibahas di atas sana)
> >> 4. proses selesai.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar