15 New Messages
Digest #1894
4a
Re: Trs: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa fi by "Agus Erwanto" erwanto_agus
Messages
Fri Nov 9, 2012 1:58 pm (PST) . Posted by:
"aji mumpung"
mas opik,
di cell C2 diisi dengan array formula seperti ini:
=IF(MAX(COUNTIF(B$2:B$7,"positif"),COUNTIF(B$2:B$7,"negatif"))
=COUNTIF(B$2:B$7,"positif"),"Positif","Negatif")
tekan CTRL Shift Enter, lalu copy ke cell di bawahnya
yang diberi warna merah digunakan untuk mencari jumlah terbesar antara
Positif & Negatif,
lalu hasilnya diuji dengan fungsi IF untuk menghasilkan kata Positif atau
kata Negatif, karena jumlah nilai yang digunakan ada 6, kemungkinan besar
dapat terjadi jumlah Positif & Negatif yang sama, dalam formula di atas
jika terjadi jumlah yang sama maka kata Positif tetap akan berada di atas
kata Negatif.
lalu untuk jumlahnya, di cell D2 diberi formula seperti ini:
=COUNTIF(B$2:B$7;C2)
dan dicopy ke bawah
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 9 November 2012 22:23, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Dear para exceller
>
> Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan
> kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk
> mengkoreksi
>
> Kasusnya seperti ini,
> Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin
> Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin
> menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin
> menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi
> tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
> Trimakasih
>
> Opik
>
>
>
di cell C2 diisi dengan array formula seperti ini:
=IF(MAX(COUNTIF(
=COUNTIF(B$2:
tekan CTRL Shift Enter, lalu copy ke cell di bawahnya
yang diberi warna merah digunakan untuk mencari jumlah terbesar antara
Positif & Negatif,
lalu hasilnya diuji dengan fungsi IF untuk menghasilkan kata Positif atau
kata Negatif, karena jumlah nilai yang digunakan ada 6, kemungkinan besar
dapat terjadi jumlah Positif & Negatif yang sama, dalam formula di atas
jika terjadi jumlah yang sama maka kata Positif tetap akan berada di atas
kata Negatif.
lalu untuk jumlahnya, di cell D2 diberi formula seperti ini:
=COUNTIF(B$2:
dan dicopy ke bawah
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 9 November 2012 22:23, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
> **
>
>
> Dear para exceller
>
> Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan
> kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk
> mengkoreksi
>
> Kasusnya seperti ini,
> Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin
> Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin
> menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin
> menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi
> tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
> Trimakasih
>
> Opik
>
>
>
Fri Nov 9, 2012 6:33 pm (PST) . Posted by:
"Agus Erwanto" erwanto_agus
Dear Pupung,
saya pengikut setia group, karena saya juga belajar.
saya coba copy kebawah kok keluarnya positif terus ya. bagaimana cara copynya?
agus erw
--- Pada Jum, 9/11/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.com > menulis:
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
Judul: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 9:58 PM
mas opik,
di cell C2 diisi dengan array formula seperti ini:
=IF(MAX(COUNTIF(B$2:B$7,"positif"),COUNTIF(B$2:B$7,"negatif"))=COUNTIF(B$2:B$7,"positif"),"Positif","Negatif")
tekan CTRL Shift Enter, lalu copy ke cell di bawahnya
yang diberi warna merah digunakan untuk mencari jumlah terbesar antara Positif & Negatif,
lalu hasilnya diuji dengan fungsi IF untuk menghasilkan kata Positif atau kata Negatif, karena jumlah nilai yang digunakan ada 6, kemungkinan besar dapat terjadi jumlah Positif & Negatif yang sama, dalam formula di atas jika terjadi jumlah yang sama maka kata Positif tetap akan berada di atas kata Negatif.
lalu untuk jumlahnya, di cell D2 diberi formula seperti ini:
=COUNTIF(B$2:B$7;C2)
dan dicopy ke bawah
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 9 November 2012 22:23, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com > menulis:
Dear para exceller
Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk mengkoreksi
Kasusnya seperti ini,
Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
Trimakasih
Opik
saya pengikut setia group, karena saya juga belajar.
saya coba copy kebawah kok keluarnya positif terus ya. bagaimana cara copynya?
agus erw
--- Pada Jum, 9/11/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.
Judul: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
Kepada: belajar-excel@
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 9:58 PM
mas opik,
di cell C2 diisi dengan array formula seperti ini:
=IF(MAX(COUNTIF(
tekan CTRL Shift Enter, lalu copy ke cell di bawahnya
yang diberi warna merah digunakan untuk mencari jumlah terbesar antara Positif & Negatif,
lalu hasilnya diuji dengan fungsi IF untuk menghasilkan kata Positif atau kata Negatif, karena jumlah nilai yang digunakan ada 6, kemungkinan besar dapat terjadi jumlah Positif & Negatif yang sama, dalam formula di atas jika terjadi jumlah yang sama maka kata Positif tetap akan berada di atas kata Negatif.
lalu untuk jumlahnya, di cell D2 diberi formula seperti ini:
=COUNTIF(B$2:
dan dicopy ke bawah
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 9 November 2012 22:23, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
Dear para exceller
Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk mengkoreksi
Kasusnya seperti ini,
Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
Trimakasih
Opik
Fri Nov 9, 2012 7:08 pm (PST) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Sama mas, yg C2 di array, multi aray, copy satu satu, dll hasilnya dua-duanya tetep Positif mas
Kalau yg D2 berhasil menjumlahkan banyaknya Tanda yg muncul
Trimakasih
________________________________
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 10, 2012 9:18 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
Dear Pupung,
saya pengikut setia group, karena saya juga belajar.
saya coba copy kebawah kok keluarnya positif terus ya. bagaimana cara copynya?
agus erw
--- Pada Jum, 9/11/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.com > menulis:
>Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
>Judul: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 9:58 PM
>
>
>
>mas opik,
>
>
>di cell C2 diisi dengan array formula seperti ini:
>=IF(MAX(COUNTIF(B$2:B$7,"positif"),COUNTIF(B$2:B$7,"negatif"))=COUNTIF(B$2:B$7,"positif"),"Positif","Negatif")
>tekan CTRL Shift Enter, lalu copy ke cell di bawahnya
>
>
>yang diberi warna merah digunakan untuk mencari jumlah terbesar antara Positif & Negatif,
>lalu hasilnya diuji dengan fungsi IF untuk menghasilkan kata Positif atau kata Negatif, karena jumlah nilai yang digunakan ada 6, kemungkinan besar dapat terjadi jumlah Positif & Negatif yang sama, dalam formula di atas jika terjadi jumlah yang sama maka kata Positif tetap akan berada di atas kata Negatif.
>
>
>lalu untuk jumlahnya, di cell D2 diberi formula seperti ini:
>=COUNTIF(B$2:B$7;C2)
>dan dicopy ke bawah
>
>
>
>wassalam,
>
>
>-aji mumpung-
>Pada 9 November 2012 22:23, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com > menulis:
>
>
>>
>>Dear para exceller
>>
>>
>>Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk mengkoreksi
>>
>>
>>Kasusnya seperti ini,
>>Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
>>Trimakasih
>>
>>
>>Opik
>>
>
Kalau yg D2 berhasil menjumlahkan banyaknya Tanda yg muncul
Trimakasih
____________
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, November 10, 2012 9:18 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
Dear Pupung,
saya pengikut setia group, karena saya juga belajar.
saya coba copy kebawah kok keluarnya positif terus ya. bagaimana cara copynya?
agus erw
--- Pada Jum, 9/11/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.
>Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.
>Judul: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
>Kepada: belajar-excel@
>Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 9:58 PM
>
>
>
>mas opik,
>
>
>di cell C2 diisi dengan array formula seperti ini:
>=IF(MAX(COUNTIF(
>tekan CTRL Shift Enter, lalu copy ke cell di bawahnya
>
>
>yang diberi warna merah digunakan untuk mencari jumlah terbesar antara Positif & Negatif,
>lalu hasilnya diuji dengan fungsi IF untuk menghasilkan kata Positif atau kata Negatif, karena jumlah nilai yang digunakan ada 6, kemungkinan besar dapat terjadi jumlah Positif & Negatif yang sama, dalam formula di atas jika terjadi jumlah yang sama maka kata Positif tetap akan berada di atas kata Negatif.
>
>
>lalu untuk jumlahnya, di cell D2 diberi formula seperti ini:
>=COUNTIF(B$
>dan dicopy ke bawah
>
>
>
>wassalam,
>
>
>-aji mumpung-
>Pada 9 November 2012 22:23, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
>
>>
>>Dear para exceller
>>
>>
>>Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk mengkoreksi
>>
>>
>>Kasusnya seperti ini,
>>Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
>>Trimakasih
>>
>>
>>Opik
>>
>
Fri Nov 9, 2012 4:18 pm (PST) . Posted by:
"darwin.bastian@ciptakridatama.co.id"
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas informasi tabel dari lampiran
excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya para master membantu saya atau
memberikan gambaran singkat (user guide) untuk membuat pivot table;
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Saya ingin membuat laporan atau meringkas informasi tabel dari lampiran
excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya para master membantu saya atau
memberikan gambaran singkat (user guide) untuk membuat pivot table;
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih.
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Fri Nov 9, 2012 4:55 pm (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Darwin.Bastian,
PivotTable field name is not valid berarti judul kolomnya tidak valid.
Coba buat judulnye menjadi satu baris dan jangan pakai merge.
Judul tidak boleh kosong dan juga mungkin ada beberapa syarat lainnya (mungkin dapat dibantu oleh Mr. Kid yang sering mengexplorasi PivotTable).
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: "darwin.bastian@ciptakridatama.co.id " <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc: darwinbastian@ymail.com
Sent: Saturday, 10 November 2012, 6:12
Subject: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas
informasi tabel dari lampiran excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya
para master membantu saya atau memberikan gambaran singkat (user guide)
untuk membuat pivot table;
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya,
diucapkan Terimakasih...
Wa`salam,
D@rwin B@stian
PivotTable field name is not valid berarti judul kolomnya tidak valid.
Coba buat judulnye menjadi satu baris dan jangan pakai merge.
Judul tidak boleh kosong dan juga mungkin ada beberapa syarat lainnya (mungkin dapat dibantu oleh Mr. Kid yang sering mengexplorasi PivotTable).
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: "darwin.bastian@
To: belajar-excel@
Cc: darwinbastian@
Sent: Saturday, 10 November 2012, 6:12
Subject: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas
informasi tabel dari lampiran excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya
para master membantu saya atau memberikan gambaran singkat (user guide)
untuk membuat pivot table;
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya,
diucapkan Terimakasih.
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Fri Nov 9, 2012 6:33 pm (PST) . Posted by:
"kamirin_2@yahoo.co.id" kamirin_2
Dear Pa Hendrik,
Saya pun pernah mengalami hal semacam ini, sy sudah cek bahwa sy tidak memakai merge & judul tidak kosong, tp setelah sy copy paste ke workbook lain, baru berjalan fungsi pivot tablenya.
Salam,
Kamirin
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Nov 2012 16:55:45
To: belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Darwin.Bastian,
PivotTable field name is not valid berarti judul kolomnya tidak valid.
Coba buat judulnye menjadi satu baris dan jangan pakai merge.
Judul tidak boleh kosong dan juga mungkin ada beberapa syarat lainnya (mungkin dapat dibantu oleh Mr. Kid yang sering mengexplorasi PivotTable).
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: "darwin.bastian@ciptakridatama.co.id " <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc: darwinbastian@ymail.com
Sent: Saturday, 10 November 2012, 6:12
Subject: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas
informasi tabel dari lampiran excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya
para master membantu saya atau memberikan gambaran singkat (user guide)
untuk membuat pivot table;
�
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya,
diucapkan Terimakasih...
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Saya pun pernah mengalami hal semacam ini, sy sudah cek bahwa sy tidak memakai merge & judul tidak kosong, tp setelah sy copy paste ke workbook lain, baru berjalan fungsi pivot tablenya.
Salam,
Kamirin
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 9 Nov 2012 16:55:45
To: belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Darwin.Bastian,
PivotTable field name is not valid berarti judul kolomnya tidak valid.
Coba buat judulnye menjadi satu baris dan jangan pakai merge.
Judul tidak boleh kosong dan juga mungkin ada beberapa syarat lainnya (mungkin dapat dibantu oleh Mr. Kid yang sering mengexplorasi PivotTable).
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: "darwin.bastian@
To: belajar-excel@
Cc: darwinbastian@
Sent: Saturday, 10 November 2012, 6:12
Subject: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas
informasi tabel dari lampiran excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya
para master membantu saya atau memberikan gambaran singkat (user guide)
untuk membuat pivot table;
�
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya,
diucapkan Terimakasih.
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Sat Nov 10, 2012 1:29 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Mohon tidak menyertakan cc, bcc. Juga to hanya ke email milis.
Pak Darwin,
Pivot table biasanya digunakan untuk menggali informasi dan tidak untuk
secara intensif menghasilkan laporan. Oleh sebab itu bentuk laporan yang
bisa dihasilkan oleh pivot table cenderung sangat sederhana.
Pivot tabel membutuhkan sebuah data source yang berupa tabel berkaidah
database. Tabel untuk data source adalah sebuah fact table, jadi bukan lagi
sebuah tabel normal yang digunakan oleh database. Berhubung kita berbicara
dalam lingkungan Excel, maka bisa dikatakan bahwa tabel normal adalah
tabel-tabel referensi dan tabel-tabel data transaksi (tabel yang membentuk
sebuah series data).
Data source pivot table (yang berupa fact table) sudah berisi seluruh kolom
yang bisa digunakan dalam proses penggalian informasi dan bukan
terpisah-pisah dalam bentuk tabel referensi dan tabel transaksi. Jadi sudah
hasil olahan yang hasil pengolahannya masih berbentuk tabel berkaidah
database.
Tabel berkaidah database sudah sering disampaikan dimilis, antara lain
memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Tidak ada merge cells
2. Header hanya berupa 1 baris
3. Setiap kolom memiliki header
4. Kolomnya rapat (tidak ada kolom kosong diantara 2 kolom berisi data)
5. Baris data (record) dimulai pada baris tepat dibawah baris header
6. Tidak ada baris kosong di antara 2 baris berisi data
7. Setiap kolom berisi satu jenis tipe data. Untuk di Excel, jika ada lebih
dari 1 tipe data, maka anggap saja kolom tersebut bertipe text.
Jadi, tabel yang akan menjadi data source sebuah pivot table harus memenuhi
kaidah tersebut.
Susunan kolom-kolom dalam tabel data source akan mempengaruhi informasi
yang bisa digali dalam pivot table.
Untuk lebih jelasnya, silakan lihat file terlampir.
Pada sheet :
>> Sheet1
data asli yang sudah tidak di-merge, sehingga tampak bahwa dataset
tersebut tidak bisa dijadikan data source untuk pivot table
>> header_diisi_penuh
sudah terjadi pengubahan struktur, dari sebuah dataset menjadi sebuah
tabel berkaidah database.
Tabel ini sudah bisa dijadikan data source untuk pivot table.
Penggalian informasi cenderung membutuhkan pengubahan daftar field
yang harus dimasukkan ke bagian values.
Contoh : Informasi nilai untuk pelajaran Matematika saja.
>> tabel1
bentuk data source diubah, yaitu dengan mengeluarkan mata pelajaran
menjadi sebuah kolom tersendiri.
jadi orientasi tabel menjadi vertikal. Yang tadinya mata pelajaran
disusun kekanan, maka mata pelajaran disusun kebawah.
jumlah baris data akan berkembang menjadi berlipat banyaknya, tapi
informasi yang didapat bisa lebih banyak.
>> tabel2
beberapa kolom hasil kalkulasi pada tabel1 dihilangkan
kalkulasi kolom-kolom yang dihilangkan tersebut disusun dalam pivot
table.
>> tabel3
kalau yang ini adalah tabel iseng untuk bahan belajar tentang
calculated item dalam pivot table.
VBA akan banyak membantu dalam proses input data agar bisa menghasilkan
tabel data seperti bentuk tabel1, tabel2, atau tabel3.
>> tabel1
bisa disusun untuk proses input setiap guru mata pelajaran saat akhir tahun
ajaran (ketika akan menyusun raport) dan output (laporan) hanya akan
dirapatkan sekali per semester saja (misalnya loh ya).
>> tabel2
seperti proses input tabel1, tetapi masing-masing guru mata pelajaran tidak
perlu menghitung sendiri total nilai harian ataupun nilai berdasar proporsi
jenis ujian. Tentu saja hal ini hanya sesuai untuk jenis proporsi yang
tetap bahwa harian adalah 40% sedangkan UAS adalah 60%.
>> tabel3
proses input bisa dilakukan oleh setiap guru ketika selesai memberi nilai
setiap ulangan. Misalnya jumlah ulangan per mapel berbeda-beda. Setiap saat
bisa didapatkan data terkininya.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id >
>
> Dear Para Master,
> Saya ingin membuat laporan atau meringkas informasi tabel dari lampiran
> excel dibawah ini menggunakan pivot table,
> Namun tidak berhasil, sudilah kiranya para master membantu saya atau
> memberikan gambaran singkat (user guide) untuk membuat pivot table;
>
>
>
> Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...
>
> Wa`salam,
> D@rwin B@stian
>
>
Pak Darwin,
Pivot table biasanya digunakan untuk menggali informasi dan tidak untuk
secara intensif menghasilkan laporan. Oleh sebab itu bentuk laporan yang
bisa dihasilkan oleh pivot table cenderung sangat sederhana.
Pivot tabel membutuhkan sebuah data source yang berupa tabel berkaidah
database. Tabel untuk data source adalah sebuah fact table, jadi bukan lagi
sebuah tabel normal yang digunakan oleh database. Berhubung kita berbicara
dalam lingkungan Excel, maka bisa dikatakan bahwa tabel normal adalah
tabel-tabel referensi dan tabel-tabel data transaksi (tabel yang membentuk
sebuah series data).
Data source pivot table (yang berupa fact table) sudah berisi seluruh kolom
yang bisa digunakan dalam proses penggalian informasi dan bukan
terpisah-pisah dalam bentuk tabel referensi dan tabel transaksi. Jadi sudah
hasil olahan yang hasil pengolahannya masih berbentuk tabel berkaidah
database.
Tabel berkaidah database sudah sering disampaikan dimilis, antara lain
memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Tidak ada merge cells
2. Header hanya berupa 1 baris
3. Setiap kolom memiliki header
4. Kolomnya rapat (tidak ada kolom kosong diantara 2 kolom berisi data)
5. Baris data (record) dimulai pada baris tepat dibawah baris header
6. Tidak ada baris kosong di antara 2 baris berisi data
7. Setiap kolom berisi satu jenis tipe data. Untuk di Excel, jika ada lebih
dari 1 tipe data, maka anggap saja kolom tersebut bertipe text.
Jadi, tabel yang akan menjadi data source sebuah pivot table harus memenuhi
kaidah tersebut.
Susunan kolom-kolom dalam tabel data source akan mempengaruhi informasi
yang bisa digali dalam pivot table.
Untuk lebih jelasnya, silakan lihat file terlampir.
Pada sheet :
>> Sheet1
data asli yang sudah tidak di-merge, sehingga tampak bahwa dataset
tersebut tidak bisa dijadikan data source untuk pivot table
>> header_diisi_
sudah terjadi pengubahan struktur, dari sebuah dataset menjadi sebuah
tabel berkaidah database.
Tabel ini sudah bisa dijadikan data source untuk pivot table.
Penggalian informasi cenderung membutuhkan pengubahan daftar field
yang harus dimasukkan ke bagian values.
Contoh : Informasi nilai untuk pelajaran Matematika saja.
>> tabel1
bentuk data source diubah, yaitu dengan mengeluarkan mata pelajaran
menjadi sebuah kolom tersendiri.
jadi orientasi tabel menjadi vertikal. Yang tadinya mata pelajaran
disusun kekanan, maka mata pelajaran disusun kebawah.
jumlah baris data akan berkembang menjadi berlipat banyaknya, tapi
informasi yang didapat bisa lebih banyak.
>> tabel2
beberapa kolom hasil kalkulasi pada tabel1 dihilangkan
kalkulasi kolom-kolom yang dihilangkan tersebut disusun dalam pivot
table.
>> tabel3
kalau yang ini adalah tabel iseng untuk bahan belajar tentang
calculated item dalam pivot table.
VBA akan banyak membantu dalam proses input data agar bisa menghasilkan
tabel data seperti bentuk tabel1, tabel2, atau tabel3.
>> tabel1
bisa disusun untuk proses input setiap guru mata pelajaran saat akhir tahun
ajaran (ketika akan menyusun raport) dan output (laporan) hanya akan
dirapatkan sekali per semester saja (misalnya loh ya).
>> tabel2
seperti proses input tabel1, tetapi masing-masing guru mata pelajaran tidak
perlu menghitung sendiri total nilai harian ataupun nilai berdasar proporsi
jenis ujian. Tentu saja hal ini hanya sesuai untuk jenis proporsi yang
tetap bahwa harian adalah 40% sedangkan UAS adalah 60%.
>> tabel3
proses input bisa dilakukan oleh setiap guru ketika selesai memberi nilai
setiap ulangan. Misalnya jumlah ulangan per mapel berbeda-beda. Setiap saat
bisa didapatkan data terkininya.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 <darwin.bastian@
>
> Dear Para Master,
> Saya ingin membuat laporan atau meringkas informasi tabel dari lampiran
> excel dibawah ini menggunakan pivot table,
> Namun tidak berhasil, sudilah kiranya para master membantu saya atau
> memberikan gambaran singkat (user guide) untuk membuat pivot table;
>
>
>
> Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih.
>
> Wa`salam,
> D@rwin B@stian
>
>
Sat Nov 10, 2012 1:33 am (PST) . Posted by:
"darwin.bastian@ciptakridatama.co.id"
Dear All,
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas pencerahannya...
Namun hasilnya belum seperti yg diinginkan (kebanyakan worksheet),
Hasil diinginkan tampilannya seperti yg ada pada workshet 'data mentah',
column labels yg diinginkan PKN, MATEMATIKA, OLAHRAGA, TIK
Di sharing lagi yach ilmunya para master, agar workshet nya lebih sedikit,
Sebenarnya sich sudah baca artikel di
http://www.belajarexcel.info/2011/06/pivot-table-dasar.html dan
http://www.belajarexcel.info/2011/06/pivottable-lanjutan-filter.html
Hanya saja saya "belajar sambil bekerja" jadi kurang maksimal dalam proses
belajarnya (takut ketahuan bos gede) he...he..he...
Dan sebelumnya saya ucapkan mhatur thank u untuk para suhu dan master...
Wa`salam,
D@rwin B@stian
kamirin_2@yahoo.co.id
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
10/11/2012 08:02
Please respond to belajar-excel
To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Pa Hendrik,
Saya pun pernah mengalami hal semacam ini, sy sudah cek bahwa sy tidak
memakai merge & judul tidak kosong, tp setelah sy copy paste ke workbook
lain, baru berjalan fungsi pivot tablenya.
Salam,
Kamirin
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas pencerahannya.
Namun hasilnya belum seperti yg diinginkan (kebanyakan worksheet),
Hasil diinginkan tampilannya seperti yg ada pada workshet 'data mentah',
column labels yg diinginkan PKN, MATEMATIKA, OLAHRAGA, TIK
Di sharing lagi yach ilmunya para master, agar workshet nya lebih sedikit,
Sebenarnya sich sudah baca artikel di
http://www.belajare
http://www.belajare
Hanya saja saya "belajar sambil bekerja" jadi kurang maksimal dalam proses
belajarnya (takut ketahuan bos gede) he...he..he.
Dan sebelumnya saya ucapkan mhatur thank u untuk para suhu dan master...
Wa`salam,
D@rwin B@stian
kamirin_2@yahoo.
Sent by: belajar-excel@
10/11/2012 08:02
Please respond to belajar-excel
To: belajar-excel@
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Dear Pa Hendrik,
Saya pun pernah mengalami hal semacam ini, sy sudah cek bahwa sy tidak
memakai merge & judul tidak kosong, tp setelah sy copy paste ke workbook
lain, baru berjalan fungsi pivot tablenya.
Salam,
Kamirin
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Fri Nov 9, 2012 4:46 pm (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Untuk mengenang dan melestarikan karya alm "Mbak Siti", ini adalah sebagian karyanya yang sempat saya lestarikan dan
telah saya edit untuk keperluan ini.
Selamat mencoba dan jangan lupa mendoakan beliau agar diterima di sisiNya.
Amin.
Salam,
Hendrik Karnadi
Catatan: Untuk Sheet3 coba dengan Vlookup atau Index Match
________________________________
From: Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, 9 November 2012, 17:13
Subject: [belajar-excel] data dinamis
Assalamualaikum semuanya...
khusushon exeller...
datang lagi dan minta tolong lagi diajar ri..
saya ingin menampilkan data dengan awalan meng input,
dan secara dinamis masuk ke tabel yang dituju...
ada perlakuan simpan dan edit...
sudah satu bulan ini saya ragu2 mau tanya.. bukak file, googling, ternyata memang
malu bertanya kerja manual,,,,,
kalau lah para exeller bisa lebih mendinamiskan dan menambahi nya biar bisa
untuk kerja kami cepat yaaa Alhamdulillah...
file nya kami sertakan.
semoga amal baik njenengan mendapat balasan-Nya.
wassalamualaikum
triyoso
telah saya edit untuk keperluan ini.
Selamat mencoba dan jangan lupa mendoakan beliau agar diterima di sisiNya.
Amin.
Salam,
Hendrik Karnadi
Catatan: Untuk Sheet3 coba dengan Vlookup atau Index Match
____________
From: Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Friday, 9 November 2012, 17:13
Subject: [belajar-excel] data dinamis
Assalamualaikum semuanya...
khusushon exeller...
datang lagi dan minta tolong lagi diajar ri..
saya ingin menampilkan data dengan awalan meng input,
dan secara dinamis masuk ke tabel yang dituju...
ada perlakuan simpan dan edit...
sudah satu bulan ini saya ragu2 mau tanya.. bukak file, googling, ternyata memang
malu bertanya kerja manual,,,,,
kalau lah para exeller bisa lebih mendinamiskan dan menambahi nya biar bisa
untuk kerja kami cepat yaaa Alhamdulillah.
file nya kami sertakan.
semoga amal baik njenengan mendapat balasan-Nya.
wassalamualaikum
triyoso
Fri Nov 9, 2012 6:33 pm (PST) . Posted by:
"Agus Erwanto" erwanto_agus
thanks Mr Hendrik.
setelah diutak-utik berhasil...
terimakasih
--- Pada Jum, 9/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com > menulis:
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Judul: Re: Trs: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 2:04 PM
Pada Code range("A2") ....End(xlDown) diganti dengan Range("A2:I10").
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Cc: belajar excell <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, 9 November 2012, 17:24
Subject: Trs: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Terima kasih pak hendrik , sangat berguna sekali toolnya.
ada pertanyaan nich pak hendrik, kalau yang di append tiap data itu hanya dari raw 2 sampai row 10 saja ...makronya gimana ya?
agus erw
--- Pada Kam, 8/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com > menulis:
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Tanggal: Kamis, 8 November, 2012, 3:03 PM
Macro dalam file terlampir mudah2an sdh dapat memenuhi keinginan anda.
Ikuti langkah 1,2,3 nya.
Selamat mencoba.
Salam,
Hendrik Karnadi
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, 8 November 2012, 10:01
Subject: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Mohon bersabar Pak, butuh waktu untuk loopingnya. Kebetulan ilmu permacroan saya masih agak terbatas.
Sesuai saran Mod, coba pelajari dulu cara membuat daftar filenya (tentunya tidak ingin diketik bukan ?)
Dari daftar file tsb kita harus membuat loopingnya, agar data dari setiap file yang ada (kecuali file proses) dicopas ke sheet Total dalam file Process.
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 7 November 2012, 18:50
Subject: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Terimakasih Pak Hendrik,
tool sudah bisa dijalankan,
tetapi masalahnya disini saya punya banyak file yang harus digabungkan bahkan sampai ratusan, bagaimana ya? karena tidak mungkin menulis satu persatu nama file.
--- Mods ---
Sepertinya ini re-post dalam rentang waktu yang kurang lama. Mohon repost berikutnya agak diperpanjang interval antara posting dan repost-nya.
Untuk mendaftar nama file, coba login dengan yahoo ID Anda dan jalan-jalan kemilis ke bagian files seperti link berikut :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/Contoh%20Excel%20dari%20Mod/
Disana ada beberapa file contoh untuk membuat daftar nama-nama file.
Silakan diunduh, dipelajari, diterapkan ke kasus yang dihadapi.
Jika mengalami masalah, utarakab ke milis beserta usaha penerapannya.
------------
--- Pada Sel, 6/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com > menulis:
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 5:06 PM
setelah diutak-utik berhasil...
terimakasih
--- Pada Jum, 9/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Judul: Re: Trs: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 2:04 PM
Pada Code range("A2") ....End(xlDown) diganti dengan Range("A2:I10"
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
To: hendrikkarnadi@
Cc: belajar excell <belajar-excel@
Sent: Friday, 9 November 2012, 17:24
Subject: Trs: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Terima kasih pak hendrik , sangat berguna sekali toolnya.
ada pertanyaan nich pak hendrik, kalau yang di append tiap data itu hanya dari raw 2 sampai row 10 saja ...makronya gimana ya?
agus erw
--- Pada Kam, 8/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@
Tanggal: Kamis, 8 November, 2012, 3:03 PM
Macro dalam file terlampir mudah2an sdh dapat memenuhi keinginan anda.
Ikuti langkah 1,2,3 nya.
Selamat mencoba.
Salam,
Hendrik Karnadi
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, 8 November 2012, 10:01
Subject: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Mohon bersabar Pak, butuh waktu untuk loopingnya. Kebetulan ilmu permacroan saya masih agak terbatas.
Sesuai saran Mod, coba pelajari dulu cara membuat daftar filenya (tentunya tidak ingin diketik bukan ?)
Dari daftar file tsb kita harus membuat loopingnya, agar data dari setiap file yang ada (kecuali file proses) dicopas ke sheet Total dalam file Process.
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
To: belajar-excel@
Sent: Wednesday, 7 November 2012, 18:50
Subject: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Terimakasih Pak Hendrik,
tool sudah bisa dijalankan,
tetapi masalahnya disini saya punya banyak file yang harus digabungkan bahkan sampai ratusan, bagaimana ya? karena tidak mungkin menulis satu persatu nama file.
--- Mods ---
Sepertinya ini re-post dalam rentang waktu yang kurang lama. Mohon repost berikutnya agak diperpanjang interval antara posting dan repost-nya.
Untuk mendaftar nama file, coba login dengan yahoo ID Anda dan jalan-jalan kemilis ke bagian files seperti link berikut :
http://tech.
Disana ada beberapa file contoh untuk membuat daftar nama-nama file.
Silakan diunduh, dipelajari, diterapkan ke kasus yang dihadapi.
Jika mengalami masalah, utarakab ke milis beserta usaha penerapannya.
------------
--- Pada Sel, 6/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 5:06 PM
Fri Nov 9, 2012 11:35 pm (PST) . Posted by:
"rodhy hakim" odhyz83_assasaky
Dear Mr.Kid,
Sesuai sarannya saya masukkan formula ke kolom H4, tapi hasilnya #VALUE!
Salam Odhy
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 9, 2012 5:32 PM
Subject: Re: [belajar-excel] tanya Formula untuk konversi ke box, slop dan pack
Sorry, formula kolom hasil belum diubah saat akan diacak barisnya.
Ganti formula dikolom hasil dengan array formula berikut : (H4 lalu copy ke baris lain)
=SUM(D4:G4*VLOOKUP(B4,$K$4:$P$12,COLUMN($C$1:$F$1),0))
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >
>Dear Mr.Kid
>bener-bener membingungkan, ruwet sekali....
>dan tapi kok hasilnya tidak sama dengan total pack yang mau di konversi itu ya?
>mohon pencerahannya....
>
>salam odhy
>
>
>
>
>
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, November 9, 2012 3:12 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] tanya Formula untuk konversi ke box, slop dan pack
>
>
>Pak Odhy,
>
>Untuk kasus seperti ini biasanya harus disusun sebuah tabel referensi berisi pemetaan jumlah pack untuk setiap jenis paket.
>Kemudian komputasi selalu memperhitungkan hasil komputasi paket sebelumnya.
>
>Silakan lihat file terlampir.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >
>
>>Dear Exceler,
>>formula apa yang dipakai untuk mengkonversi dari total pack ke Box, slop dan pack :
>>contoh: saya mempunyai data dalam satuan pack :520.624 pack, kalo di konversi menjadi berapa box, slop dan pack? ( 1 box 600 pack, 1 bal 100 pack dan 1 slop 10pack)
>>
>>Terima kasih atas penjelasan para master,
>>Contoh terlampir,
>>
>>salam odhy
>>_
>>
Sesuai sarannya saya masukkan formula ke kolom H4, tapi hasilnya #VALUE!
Salam Odhy
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Friday, November 9, 2012 5:32 PM
Subject: Re: [belajar-excel] tanya Formula untuk konversi ke box, slop dan pack
Sorry, formula kolom hasil belum diubah saat akan diacak barisnya.
Ganti formula dikolom hasil dengan array formula berikut : (H4 lalu copy ke baris lain)
=SUM(D4:G4*VLOOKUP(
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@
>Dear Mr.Kid
>bener-bener membingungkan, ruwet sekali....
>dan tapi kok hasilnya tidak sama dengan total pack yang mau di konversi itu ya?
>mohon pencerahannya.
>
>salam odhy
>
>
>
>
>
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>To: belajar-excel@
>Sent: Friday, November 9, 2012 3:12 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] tanya Formula untuk konversi ke box, slop dan pack
>
>
>Pak Odhy,
>
>Untuk kasus seperti ini biasanya harus disusun sebuah tabel referensi berisi pemetaan jumlah pack untuk setiap jenis paket.
>Kemudian komputasi selalu memperhitungkan hasil komputasi paket sebelumnya.
>
>Silakan lihat file terlampir.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@
>
>>Dear Exceler,
>>formula apa yang dipakai untuk mengkonversi dari total pack ke Box, slop dan pack :
>>contoh: saya mempunyai data dalam satuan pack :520.624 pack, kalo di konversi menjadi berapa box, slop dan pack? ( 1 box 600 pack, 1 bal 100 pack dan 1 slop 10pack)
>>
>>Terima kasih atas penjelasan para master,
>>Contoh terlampir,
>>
>>salam odhy
>>_
>>
Fri Nov 9, 2012 11:35 pm (PST) . Posted by:
"Didi Suhendi" ddsuhendi
Dear Para Suhu & Master.
Mohon bantuannya untuk share contoh aplikasi atau idenya untuk memecahkan masalah berikut ini..
Saya mau buat data base dengan menggunakan MS excel dengan macronya.
Kemudian database dlm Excel tersebut akan digunakan sebagian atau seluruhnya dengan menggunkan pilihan Option Button.
Seletelah di pilih pada option button, sebagian/seluruh cell yang terpilih dicopy dan paste oleh CommandButton ke file excell baru dengan format yang sama.
Terima kasih sebelumnya untuk para suhu dan master atas pencerahannya.
Wassalam
Didi
Mohon bantuannya untuk share contoh aplikasi atau idenya untuk memecahkan masalah berikut ini..
Saya mau buat data base dengan menggunakan MS excel dengan macronya.
Kemudian database dlm Excel tersebut akan digunakan sebagian atau seluruhnya dengan menggunkan pilihan Option Button.
Seletelah di pilih pada option button, sebagian/
Terima kasih sebelumnya untuk para suhu dan master atas pencerahannya.
Wassalam
Didi
Sat Nov 10, 2012 1:31 am (PST) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Saya coba2 bisa kalo buat copy seluruh cell bisa, tapi pas sebagian cell pas di clearcontents kok ga ilang. Ini kodenya untuk copy seluruh cell ke file excel baru, yg copy sebagian tolong di kembangin, atau nunggu sesepuhnya aja :S
Private Sub cmbCreate_Click()
If opbAll.Enabled Then
Sheets("RA").Select
Sheets("RA").Copy
End If
End Sub
________________________________
From: Didi Suhendi <ddsuhendi@yahoo.co.id >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, November 10, 2012 12:23 PM
Subject: [belajar-excel] Bagaimana Menggunakan Option Button dan Command Button
Dear Para Suhu & Master.
Mohon bantuannya untuk share contoh aplikasi atau idenya untuk memecahkan masalah berikut ini..
Saya mau buat data base dengan menggunakan MS excel dengan macronya.
Kemudian database dlm Excel tersebut akan digunakan sebagian atau seluruhnya dengan menggunkan pilihan Option Button.
Seletelah di pilih pada option button, sebagian/seluruh cell yang terpilih dicopy dan paste oleh CommandButton ke file excell baru dengan format yang sama.
Terima kasih sebelumnya untuk para suhu dan master atas pencerahannya.
Wassalam
Didi
Private Sub cmbCreate_Click(
If opbAll.Enabled Then
Sheets("RA")
Sheets("RA")
End If
End Sub
____________
From: Didi Suhendi <ddsuhendi@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, November 10, 2012 12:23 PM
Subject: [belajar-excel] Bagaimana Menggunakan Option Button dan Command Button
Dear Para Suhu & Master.
Mohon bantuannya untuk share contoh aplikasi atau idenya untuk memecahkan masalah berikut ini..
Saya mau buat data base dengan menggunakan MS excel dengan macronya.
Kemudian database dlm Excel tersebut akan digunakan sebagian atau seluruhnya dengan menggunkan pilihan Option Button.
Seletelah di pilih pada option button, sebagian/
Terima kasih sebelumnya untuk para suhu dan master atas pencerahannya.
Wassalam
Didi
Fri Nov 9, 2012 11:36 pm (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_Click()
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
With Sheets("HOME")
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
With Sheets("HOME"
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Sat Nov 10, 2012 12:07 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExceller,
Dalam pembuatan laporan bulanan, selain Hard Copy biasanya juga disertakan Soft Copynya.
Lebih lanjut mengenai Pelaporan Soft Copy, biasanya biasanya data yang ada pada Soft Copy tersebut berupa rumus-rumus hasil dari database asli yang sangat tidak memungkin dikirimkan sebagai Laporan Soft Copy.
Sebagaimana lampiran Studi Kasus (Soft Copy Report); terdiri dari Sheet Database, Sheet Dummy & Sheet Soft Copy Report yang saya sertakan, dengan menggunakan UserForm, bagaimana caranya supaya Sheet Dummy menjadi Sheet Soft Copy Report...??
Terima kasih atas berkenan solusinya.
Harry
Dalam pembuatan laporan bulanan, selain Hard Copy biasanya juga disertakan Soft Copynya.
Lebih lanjut mengenai Pelaporan Soft Copy, biasanya biasanya data yang ada pada Soft Copy tersebut berupa rumus-rumus hasil dari database asli yang sangat tidak memungkin dikirimkan sebagai Laporan Soft Copy.
Sebagaimana lampiran Studi Kasus (Soft Copy Report); terdiri dari Sheet Database, Sheet Dummy & Sheet Soft Copy Report yang saya sertakan, dengan menggunakan UserForm, bagaimana caranya supaya Sheet Dummy menjadi Sheet Soft Copy Report...??
Terima kasih atas berkenan solusinya.
Harry
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar