15 New Messages
Digest #1895
5e
Re: Bls: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Messages
Sat Nov 10, 2012 1:37 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Jangan lupa, formulanya adalah array.
Sudah bisa buat array formula kan ?
Bagi yang belum bisa, berikut cara buat array formula (mohon diingat-ingat,
karena array formula bertebaran dimilis).
1. tulis formulanya *tanpa *karakter {} dan *jangan *tekan ENTER dan *jangan
*geser kemana-mana
2. selesai menulis formula, tekan 3 tombol ini bersamaan :
CTRL SHIFT ENTER
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> Sorry, formula kolom hasil belum diubah saat akan diacak barisnya.
> Ganti formula dikolom hasil dengan *array formula* berikut : (H4 lalu
> copy ke baris lain)
> =SUM(D4:G4*VLOOKUP(B4,$K$4:$P$12,COLUMN($C$1:$F$1),0))
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr.Kid
>> bener-bener membingungkan, ruwet sekali....
>> dan tapi kok hasilnya tidak sama dengan total pack yang mau di konversi
>> itu ya?
>> mohon pencerahannya....
>>
>> salam odhy
>>
>>
>>
>> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, November 9, 2012 3:12 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] tanya Formula untuk konversi ke box, slop
>> dan pack
>> **
>>
>> Pak Odhy,
>>
>> Untuk kasus seperti ini biasanya harus disusun sebuah tabel referensi berisi
>> pemetaan jumlah pack untuk setiap jenis paket.
>> Kemudian komputasi selalu memperhitungkan hasil komputasi paket
>> sebelumnya.
>>
>> Silakan lihat file terlampir.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com >**
>>
>> **
>>
>> Dear Exceler,
>> formula apa yang dipakai untuk mengkonversi dari total pack ke Box, slop
>> dan pack :
>> contoh: saya mempunyai data dalam satuan pack :520.624 pack, kalo di
>> konversi menjadi berapa box, slop dan pack? ( 1 box 600 pack, 1 bal 100
>> pack dan 1 slop 10pack)
>>
>> Terima kasih atas penjelasan para master,
>> Contoh terlampir,
>>
>> salam odhy
>> _
>>
>> **
>> ****
>>
>>
>>
>
>
Sudah bisa buat array formula kan ?
Bagi yang belum bisa, berikut cara buat array formula (mohon diingat-ingat,
karena array formula bertebaran dimilis).
1. tulis formulanya *tanpa *karakter {} dan *jangan *tekan ENTER dan *jangan
*geser kemana-mana
2. selesai menulis formula, tekan 3 tombol ini bersamaan :
CTRL SHIFT ENTER
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> Sorry, formula kolom hasil belum diubah saat akan diacak barisnya.
> Ganti formula dikolom hasil dengan *array formula* berikut : (H4 lalu
> copy ke baris lain)
> =SUM(D4:G4*VLOOKUP(
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr.Kid
>> bener-bener membingungkan, ruwet sekali....
>> dan tapi kok hasilnya tidak sama dengan total pack yang mau di konversi
>> itu ya?
>> mohon pencerahannya.
>>
>> salam odhy
>>
>>
>>
>> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>> *To:* belajar-excel@
>> *Sent:* Friday, November 9, 2012 3:12 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] tanya Formula untuk konversi ke box, slop
>> dan pack
>> **
>>
>> Pak Odhy,
>>
>> Untuk kasus seperti ini biasanya harus disusun sebuah tabel referensi berisi
>> pemetaan jumlah pack untuk setiap jenis paket.
>> Kemudian komputasi selalu memperhitungkan hasil komputasi paket
>> sebelumnya.
>>
>> Silakan lihat file terlampir.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2012/11/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@
>>
>> **
>>
>> Dear Exceler,
>> formula apa yang dipakai untuk mengkonversi dari total pack ke Box, slop
>> dan pack :
>> contoh: saya mempunyai data dalam satuan pack :520.624 pack, kalo di
>> konversi menjadi berapa box, slop dan pack? ( 1 box 600 pack, 1 bal 100
>> pack dan 1 slop 10pack)
>>
>> Terima kasih atas penjelasan para master,
>> Contoh terlampir,
>>
>> salam odhy
>> _
>>
>> **
>> ****
>>
>>
>>
>
>
Sat Nov 10, 2012 1:39 am (PST) . Posted by:
"darwin.bastian@ciptakridatama.co.id"
Dear Mr. Kid,
Ok dipahami, dan mhatur thank u untuk pencerahannya....
Data terlampir sangat membantu untuk pengembangan belajar saya....
Wa`salam,
D@rwin B@stian
"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com >
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
10/11/2012 16:22
Please respond to belajar-excel
To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Mohon tidak menyertakan cc, bcc. Juga to hanya ke email milis.
Pak Darwin,
Pivot table biasanya digunakan untuk menggali informasi dan tidak untuk
secara intensif menghasilkan laporan. Oleh sebab itu bentuk laporan yang
bisa dihasilkan oleh pivot table cenderung sangat sederhana.
Pivot tabel membutuhkan sebuah data source yang berupa tabel berkaidah
database. Tabel untuk data source adalah sebuah fact table, jadi bukan
lagi sebuah tabel normal yang digunakan oleh database. Berhubung kita
berbicara dalam lingkungan Excel, maka bisa dikatakan bahwa tabel normal
adalah tabel-tabel referensi dan tabel-tabel data transaksi (tabel yang
membentuk sebuah series data).
Data source pivot table (yang berupa fact table) sudah berisi seluruh
kolom yang bisa digunakan dalam proses penggalian informasi dan bukan
terpisah-pisah dalam bentuk tabel referensi dan tabel transaksi. Jadi
sudah hasil olahan yang hasil pengolahannya masih berbentuk tabel
berkaidah database.
Tabel berkaidah database sudah sering disampaikan dimilis, antara lain
memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Tidak ada merge cells
2. Header hanya berupa 1 baris
3. Setiap kolom memiliki header
4. Kolomnya rapat (tidak ada kolom kosong diantara 2 kolom berisi data)
5. Baris data (record) dimulai pada baris tepat dibawah baris header
6. Tidak ada baris kosong di antara 2 baris berisi data
7. Setiap kolom berisi satu jenis tipe data. Untuk di Excel, jika ada
lebih dari 1 tipe data, maka anggap saja kolom tersebut bertipe text.
Jadi, tabel yang akan menjadi data source sebuah pivot table harus
memenuhi kaidah tersebut.
Susunan kolom-kolom dalam tabel data source akan mempengaruhi informasi
yang bisa digali dalam pivot table.
Untuk lebih jelasnya, silakan lihat file terlampir.
Pada sheet :
>> Sheet1
data asli yang sudah tidak di-merge, sehingga tampak bahwa dataset
tersebut tidak bisa dijadikan data source untuk pivot table
>> header_diisi_penuh
sudah terjadi pengubahan struktur, dari sebuah dataset menjadi sebuah
tabel berkaidah database.
Tabel ini sudah bisa dijadikan data source untuk pivot table.
Penggalian informasi cenderung membutuhkan pengubahan daftar field
yang harus dimasukkan ke bagian values.
Contoh : Informasi nilai untuk pelajaran Matematika saja.
>> tabel1
bentuk data source diubah, yaitu dengan mengeluarkan mata pelajaran
menjadi sebuah kolom tersendiri.
jadi orientasi tabel menjadi vertikal. Yang tadinya mata pelajaran
disusun kekanan, maka mata pelajaran disusun kebawah.
jumlah baris data akan berkembang menjadi berlipat banyaknya, tapi
informasi yang didapat bisa lebih banyak.
>> tabel2
beberapa kolom hasil kalkulasi pada tabel1 dihilangkan
kalkulasi kolom-kolom yang dihilangkan tersebut disusun dalam pivot
table.
>> tabel3
kalau yang ini adalah tabel iseng untuk bahan belajar tentang
calculated item dalam pivot table.
VBA akan banyak membantu dalam proses input data agar bisa menghasilkan
tabel data seperti bentuk tabel1, tabel2, atau tabel3.
>> tabel1
bisa disusun untuk proses input setiap guru mata pelajaran saat akhir
tahun ajaran (ketika akan menyusun raport) dan output (laporan) hanya akan
dirapatkan sekali per semester saja (misalnya loh ya).
>> tabel2
seperti proses input tabel1, tetapi masing-masing guru mata pelajaran
tidak perlu menghitung sendiri total nilai harian ataupun nilai berdasar
proporsi jenis ujian. Tentu saja hal ini hanya sesuai untuk jenis proporsi
yang tetap bahwa harian adalah 40% sedangkan UAS adalah 60%.
>> tabel3
proses input bisa dilakukan oleh setiap guru ketika selesai memberi nilai
setiap ulangan. Misalnya jumlah ulangan per mapel berbeda-beda. Setiap
saat bisa didapatkan data terkininya.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id >
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas informasi tabel dari lampiran
excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya para master membantu saya atau
memberikan gambaran singkat (user guide) untuk membuat pivot table;
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Ok dipahami, dan mhatur thank u untuk pencerahannya.
Data terlampir sangat membantu untuk pengembangan belajar saya....
Wa`salam,
D@rwin B@stian
"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.
Sent by: belajar-excel@
10/11/2012 16:22
Please respond to belajar-excel
To: belajar-excel@
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Gagal bikin pivot table
Mohon tidak menyertakan cc, bcc. Juga to hanya ke email milis.
Pak Darwin,
Pivot table biasanya digunakan untuk menggali informasi dan tidak untuk
secara intensif menghasilkan laporan. Oleh sebab itu bentuk laporan yang
bisa dihasilkan oleh pivot table cenderung sangat sederhana.
Pivot tabel membutuhkan sebuah data source yang berupa tabel berkaidah
database. Tabel untuk data source adalah sebuah fact table, jadi bukan
lagi sebuah tabel normal yang digunakan oleh database. Berhubung kita
berbicara dalam lingkungan Excel, maka bisa dikatakan bahwa tabel normal
adalah tabel-tabel referensi dan tabel-tabel data transaksi (tabel yang
membentuk sebuah series data).
Data source pivot table (yang berupa fact table) sudah berisi seluruh
kolom yang bisa digunakan dalam proses penggalian informasi dan bukan
terpisah-pisah dalam bentuk tabel referensi dan tabel transaksi. Jadi
sudah hasil olahan yang hasil pengolahannya masih berbentuk tabel
berkaidah database.
Tabel berkaidah database sudah sering disampaikan dimilis, antara lain
memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Tidak ada merge cells
2. Header hanya berupa 1 baris
3. Setiap kolom memiliki header
4. Kolomnya rapat (tidak ada kolom kosong diantara 2 kolom berisi data)
5. Baris data (record) dimulai pada baris tepat dibawah baris header
6. Tidak ada baris kosong di antara 2 baris berisi data
7. Setiap kolom berisi satu jenis tipe data. Untuk di Excel, jika ada
lebih dari 1 tipe data, maka anggap saja kolom tersebut bertipe text.
Jadi, tabel yang akan menjadi data source sebuah pivot table harus
memenuhi kaidah tersebut.
Susunan kolom-kolom dalam tabel data source akan mempengaruhi informasi
yang bisa digali dalam pivot table.
Untuk lebih jelasnya, silakan lihat file terlampir.
Pada sheet :
>> Sheet1
data asli yang sudah tidak di-merge, sehingga tampak bahwa dataset
tersebut tidak bisa dijadikan data source untuk pivot table
>> header_diisi_
sudah terjadi pengubahan struktur, dari sebuah dataset menjadi sebuah
tabel berkaidah database.
Tabel ini sudah bisa dijadikan data source untuk pivot table.
Penggalian informasi cenderung membutuhkan pengubahan daftar field
yang harus dimasukkan ke bagian values.
Contoh : Informasi nilai untuk pelajaran Matematika saja.
>> tabel1
bentuk data source diubah, yaitu dengan mengeluarkan mata pelajaran
menjadi sebuah kolom tersendiri.
jadi orientasi tabel menjadi vertikal. Yang tadinya mata pelajaran
disusun kekanan, maka mata pelajaran disusun kebawah.
jumlah baris data akan berkembang menjadi berlipat banyaknya, tapi
informasi yang didapat bisa lebih banyak.
>> tabel2
beberapa kolom hasil kalkulasi pada tabel1 dihilangkan
kalkulasi kolom-kolom yang dihilangkan tersebut disusun dalam pivot
table.
>> tabel3
kalau yang ini adalah tabel iseng untuk bahan belajar tentang
calculated item dalam pivot table.
VBA akan banyak membantu dalam proses input data agar bisa menghasilkan
tabel data seperti bentuk tabel1, tabel2, atau tabel3.
>> tabel1
bisa disusun untuk proses input setiap guru mata pelajaran saat akhir
tahun ajaran (ketika akan menyusun raport) dan output (laporan) hanya akan
dirapatkan sekali per semester saja (misalnya loh ya).
>> tabel2
seperti proses input tabel1, tetapi masing-masing guru mata pelajaran
tidak perlu menghitung sendiri total nilai harian ataupun nilai berdasar
proporsi jenis ujian. Tentu saja hal ini hanya sesuai untuk jenis proporsi
yang tetap bahwa harian adalah 40% sedangkan UAS adalah 60%.
>> tabel3
proses input bisa dilakukan oleh setiap guru ketika selesai memberi nilai
setiap ulangan. Misalnya jumlah ulangan per mapel berbeda-beda. Setiap
saat bisa didapatkan data terkininya.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 <darwin.bastian@
Dear Para Master,
Saya ingin membuat laporan atau meringkas informasi tabel dari lampiran
excel dibawah ini menggunakan pivot table,
Namun tidak berhasil, sudilah kiranya para master membantu saya atau
memberikan gambaran singkat (user guide) untuk membuat pivot table;
Atas Bantuan, Perhatian, dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih.
Wa`salam,
D@rwin B@stian
Sat Nov 10, 2012 1:47 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
hehehehe....
mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh
tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa
(posisi atau jumlah item), dsb
hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya
nih...
kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan...
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear para exceller
>
> Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan
> kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk
> mengkoreksi
>
> Kasusnya seperti ini,
> Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin
> Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin
> menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin
> menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi
> tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
> Trimakasih
>
> Opik
>
>
>
mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh
tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa
(posisi atau jumlah item), dsb
hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya
nih...
kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan..
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
> **
>
>
> Dear para exceller
>
> Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan
> kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk
> mengkoreksi
>
> Kasusnya seperti ini,
> Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin
> Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin
> menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin
> menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi
> tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
> Trimakasih
>
> Opik
>
>
>
Sat Nov 10, 2012 1:55 am (PST) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Halah mas kid
Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
A B C
Negatif Positif 4
Positif Negatif 2
Positif
Negatif
Positif
Positif
Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda yg jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
Makasih mas kid :*
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 10, 2012 4:45 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
hehehehe....
mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa (posisi atau jumlah item), dsb
hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya nih...
kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan...
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>
>Dear para exceller
>
>
>Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk mengkoreksi
>
>
>Kasusnya seperti ini,
>Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
>Trimakasih
>
>
>Opik
>
>
Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
A B C
Negatif Positif 4
Positif Negatif 2
Positif
Negatif
Positif
Positif
Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda yg jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
Makasih mas kid :*
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, November 10, 2012 4:45 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
hehehehe....
mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa (posisi atau jumlah item), dsb
hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya nih...
kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan..
Wassalam,
Kid.
2012/11/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
>Dear para exceller
>
>
>Saya udah cari2 artikel disini tentang sumproduct, setelah diaplikasikan kedalam file excel saya kok ada yg salah ya. Mohon bantuannya untuk mengkoreksi
>
>
>Kasusnya seperti ini,
>Ada 2 tanda Positif dan Negatif, tiap hari akan muncul 1 tanda misal senin Negatif, selasa Positif dan seterusnya seperti file terlampir. Saya ingin menampilkan tanda Positif/Negatif terbesar dan terkecil, kemudian ingin menampilkan banyaknya tanda Positif dan Negatif. Saya udah mencoba tapi tidak seperti yg diinginkan. Mohon pencerahannya
>Trimakasih
>
>
>Opik
>
>
Sat Nov 10, 2012 2:59 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Oh begono...
wakakaka... padahal tadi lihat filenya udah pake mode_oon = off kok ya
tetep gak mudeng.
Coba *array formula* *sebagai array blok 2 baris x 1 kolom *: (formula
dibuat pada komputer dengan regional setting londo inggeris)
>> kolom List Tanda : mendapatkan daftar unique item tanda terurut
descending menurut jumlah cacah item.
=INDEX({"Negatif"*;*"Positif"}*,*MOD(LARGE(COUNTIF(*$B$2:$B$7**,*{"Negatif"*
;*"Positif"})*10+*ROW(1:2)**,**ROW(1:2)*)*,*10))
*$B$2:$B$7* adalah tabel data kolom tanda.
>> kolom jumlah cacah item : mendapatkan jumlah cacah item berdasar nilai
di kolom List Tanda.
=COUNTIF($B$2:$B$7,F2:F3)
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
> **
>
>
> Halah mas kid
> Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
>
> A B C
> Negatif Positif 4
> Positif Negatif 2
> Positif
> Negatif
> Positif
> Positif
>
> Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda yg
> jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya
> sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
> Makasih mas kid :*
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, November 10, 2012 4:45 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
>
>
> hehehehe....
> mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
> bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh
> tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa
> (posisi atau jumlah item), dsb
>
> hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya
> nih...
> kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
wakakaka... padahal tadi lihat filenya udah pake mode_oon = off kok ya
tetep gak mudeng.
Coba *array formula* *sebagai array blok 2 baris x 1 kolom *: (formula
dibuat pada komputer dengan regional setting londo inggeris)
>> kolom List Tanda : mendapatkan daftar unique item tanda terurut
descending menurut jumlah cacah item.
=INDEX({"Negatif"
;*"Positif"}
*$B$2:$B$7* adalah tabel data kolom tanda.
>> kolom jumlah cacah item : mendapatkan jumlah cacah item berdasar nilai
di kolom List Tanda.
=COUNTIF($B$
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
> **
>
>
> Halah mas kid
> Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
>
> A B C
> Negatif Positif 4
> Positif Negatif 2
> Positif
> Negatif
> Positif
> Positif
>
> Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda yg
> jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya
> sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
> Makasih mas kid :*
> ------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Saturday, November 10, 2012 4:45 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
>
>
> hehehehe....
> mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
> bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh
> tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa
> (posisi atau jumlah item), dsb
>
> hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya
> nih...
> kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan..
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
Sat Nov 10, 2012 3:31 am (PST) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Suwun sing okeh mas Kiiiiiiiiiid, paporit semua
Maklum mas masih belajar jadi masih bingung2 mepet ga mudeng2 meskipun sebenernya simpel banget. Ciri khas mas kid, tiap kasih solusi pasti disempilin masalah, =COUNTIF($B$2:$B$7,F2:F3) F2:F3 jebakan betmen. :D
Sekali lagi makasih mas Kid
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 10, 2012 5:57 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
Oh begono...
wakakaka... padahal tadi lihat filenya udah pake mode_oon = off kok ya tetep gak mudeng.
Coba array formula sebagai array blok 2 baris x 1 kolom : (formula dibuat pada komputer dengan regional setting londo inggeris)
>> kolom List Tanda : mendapatkan daftar unique item tanda terurut descending menurut jumlah cacah item.
=INDEX({"Negatif";"Positif"},MOD(LARGE(COUNTIF($B$2:$B$7,{"Negatif";"Positif"})*10+ROW(1:2),ROW(1:2)),10))
$B$2:$B$7 adalah tabel data kolom tanda.
>> kolom jumlah cacah item : mendapatkan jumlah cacah item berdasar nilai di kolom List Tanda.
=COUNTIF($B$2:$B$7,F2:F3)
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>
>Halah mas kid
>Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
>
>
> A B C
>
>Negatif Positif 4
>
>Positif Negatif 2
>
>Positif
>Negatif
>Positif
>Positif
>
>
>Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda yg jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
>Makasih mas kid :*
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Saturday, November 10, 2012 4:45 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
>
>
>
>hehehehe....
>mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
>bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa (posisi atau jumlah item), dsb
>
>hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya nih...
>kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan...
>
>Wassalam,
>Kid.
>
Maklum mas masih belajar jadi masih bingung2 mepet ga mudeng2 meskipun sebenernya simpel banget. Ciri khas mas kid, tiap kasih solusi pasti disempilin masalah, =COUNTIF($B$
Sekali lagi makasih mas Kid
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, November 10, 2012 5:57 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
Oh begono...
wakakaka... padahal tadi lihat filenya udah pake mode_oon = off kok ya tetep gak mudeng.
Coba array formula sebagai array blok 2 baris x 1 kolom : (formula dibuat pada komputer dengan regional setting londo inggeris)
>> kolom List Tanda : mendapatkan daftar unique item tanda terurut descending menurut jumlah cacah item.
=INDEX({"Negatif"
$B$2:$B$7 adalah tabel data kolom tanda.
>> kolom jumlah cacah item : mendapatkan jumlah cacah item berdasar nilai di kolom List Tanda.
=COUNTIF($B$
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
>Halah mas kid
>Gini ada beberapa cell isinya Positif dan Negatif,
>
>
> A B C
>
>Negatif Positif 4
>
>Positif Negatif 2
>
>Positif
>Negatif
>Positif
>Positif
>
>
>Karena cuma 2 tanda positif dan negatif, maka pada B1 menampilkan tanda yg jumlahnya paling besar (Positif) dan B2 menampilkan tanda yg julamnya sedikit (Negatif). Kalau nilainya sama2 besar ga masalah mau tukeran posisi
>Makasih mas kid :*
>
>
>___________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>To: belajar-excel@
>Sent: Saturday, November 10, 2012 4:45 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Sumproduct gagal
>
>
>
>hehehehe...
>mangap... saya ndak mudeng loh kamsud kasusnya...
>bisa dijelaskan lebih jelas ? pakai bahasa pasar aja deh... ada contoh tabel beserta nilai, ada hasil yang diinginkan, max itu max dari apa (posisi atau jumlah item), dsb
>
>hehehe... kayanya cuman tinggal saya yang kagak mudeng duduk perkaranya nih...
>kalau gak repot menjelaskan, alangkah senangnya jika diberi penjelasan..
>
>Wassalam,
>Kid.
>
Sat Nov 10, 2012 1:51 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Didi,
Bagaimana jika disertakan contoh sheet database-nya beserta beberapa baris
datanya. Tetap sertakan format yang ada tersebut, tetapi disertakan juga
sebuah sheet berisi format yang sudah diisi sebuah data secara manual.
Kemudian, kalau memang ada option button dan command button, sertakan juga
wujudnya dan ceritanya jika di gini gitukan akan begono...
hehehe... Mungkin... (mungkin loh ya) bisa memancing banyak BeExceller
penggemar VBA.
maaf kalau kebanyakan permintaan tapi gak usul solusi...
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Didi Suhendi <ddsuhendi@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear Para Suhu & Master.
>
> Mohon bantuannya untuk share contoh aplikasi atau idenya untuk memecahkan
> masalah berikut ini..
> Saya mau buat data base dengan menggunakan MS excel dengan macronya.
> Kemudian database dlm Excel tersebut akan digunakan sebagian atau
> seluruhnya dengan menggunkan pilihan Option Button.
> Seletelah di pilih pada option button, sebagian/seluruh cell yang terpilih
> dicopy dan paste oleh CommandButton ke file excell baru dengan format yang
> sama.
>
> Terima kasih sebelumnya untuk para suhu dan master atas pencerahannya.
>
> Wassalam
> Didi
>
>
> _
>
>
Bagaimana jika disertakan contoh sheet database-nya beserta beberapa baris
datanya. Tetap sertakan format yang ada tersebut, tetapi disertakan juga
sebuah sheet berisi format yang sudah diisi sebuah data secara manual.
Kemudian, kalau memang ada option button dan command button, sertakan juga
wujudnya dan ceritanya jika di gini gitukan akan begono...
hehehe... Mungkin... (mungkin loh ya) bisa memancing banyak BeExceller
penggemar VBA.
maaf kalau kebanyakan permintaan tapi gak usul solusi...
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Didi Suhendi <ddsuhendi@yahoo.
> **
>
>
> Dear Para Suhu & Master.
>
> Mohon bantuannya untuk share contoh aplikasi atau idenya untuk memecahkan
> masalah berikut ini..
> Saya mau buat data base dengan menggunakan MS excel dengan macronya.
> Kemudian database dlm Excel tersebut akan digunakan sebagian atau
> seluruhnya dengan menggunkan pilihan Option Button.
> Seletelah di pilih pada option button, sebagian/seluruh cell yang terpilih
> dicopy dan paste oleh CommandButton ke file excell baru dengan format yang
> sama.
>
> Terima kasih sebelumnya untuk para suhu dan master atas pencerahannya.
>
> Wassalam
> Didi
>
>
> _
>
>
Sat Nov 10, 2012 1:56 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Variabel workbooknya baru 1 bijik, yaitu wbkDATABASE. Buatlah sebanyak yang
diinginkan.
Lalu script pembuka workbook juga baru untuk buka sebuah workbook bernama
DATABASE.xls yang disimpan dalam variabel workbook wbkDATABASE, yaitu
dibagian blok :
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
Jika akan membuka 3 file atau berapapun yang diinginkan, buat 3 blok
seperti itu tapi nama variabel penyimpannya diganti dengan variabel yang
akan digunakan untuk file database1 atau 2. Sesuaikan juga nama filenya
jadi database1 atau 2 atau sekian.
Kalau sudah lancar buat script, baru belajar loop.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database
> dengan proses buka tutup file.
> Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus
> bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama
> DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
>
> Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya
> menggunakan rumus sbb:
>
> Private Sub Cmdopenfile_Click()
> Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
> On Error Resume Next
> Set wbkA = ThisWorkbook
> If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
> Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
> Else
> Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
> End If
> wbkDATABASE.Activate
> With Sheets("HOME")
> .Visible = -1: .Activate
> End With
> Unload Me
> End Sub
>
> Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses
> (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus
> tersebut diatas.
>
> Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan
> 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
>
> Terima kasih atas berkanan solusinya.
>
>
>
> Harry
>
>
>
>
diinginkan.
Lalu script pembuka workbook juga baru untuk buka sebuah workbook bernama
DATABASE.xls yang disimpan dalam variabel workbook wbkDATABASE, yaitu
dibagian blok :
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
Jika akan membuka 3 file atau berapapun yang diinginkan, buat 3 blok
seperti itu tapi nama variabel penyimpannya diganti dengan variabel yang
akan digunakan untuk file database1 atau 2. Sesuaikan juga nama filenya
jadi database1 atau 2 atau sekian.
Kalau sudah lancar buat script, baru belajar loop.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Harry <hariansyahptk@
> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database
> dengan proses buka tutup file.
> Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus
> bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama
> DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
>
> Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya
> menggunakan rumus sbb:
>
> Private Sub Cmdopenfile_
> Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
> On Error Resume Next
> Set wbkA = ThisWorkbook
> If Workbooks("DATABASE
> Set wbkA = Workbooks.Open(
> Else
> Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
> End If
> wbkDATABASE.
> With Sheets("HOME"
> .Visible = -1: .Activate
> End With
> Unload Me
> End Sub
>
> Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses
> (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus
> tersebut diatas.
>
> Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan
> 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
>
> Terima kasih atas berkanan solusinya.
>
>
>
> Harry
>
>
>
>
Sat Nov 10, 2012 2:05 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Harry,
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.
SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, 10 November 2012, 13:49
Subject: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_Click()
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
With
Sheets("HOME")
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.
SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Harry <hariansyahptk@
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, 10 November 2012, 13:49
Subject: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
With
Sheets("HOME"
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Sat Nov 10, 2012 2:59 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExceller,
Hendrik Kamadi,
Terima kasih atas file lampirannya. It's work.
Lebih lanjut mendalami mengenai file Induk dan file Anak ini, bagaimana cara dan/atau rumusnya jika kita menginput ke file Anak dengan cara buka-tutup file anak, dan apabila kita membuka file induk, otomatis bisa menginport semua data yang ada pada file-file Anak tersebut ke file Induk...???
Pada lampiran bersama ini saya misalkan 2 contoh yaitu di Sheet1 (baris ke 6) & Sheet2 (baris ke 12, 13 & 14).
Terima kasih atas informasinya.
Harry
________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 15:43
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear Harry,
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.
SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, 10 November 2012, 13:49
Subject: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_Click()
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
With
Sheets("HOME")
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Hendrik Kamadi,
Terima kasih atas file lampirannya. It's work.
Lebih lanjut mendalami mengenai file Induk dan file Anak ini, bagaimana cara dan/atau rumusnya jika kita menginput ke file Anak dengan cara buka-tutup file anak, dan apabila kita membuka file induk, otomatis bisa menginport semua data yang ada pada file-file Anak tersebut ke file Induk...???
Pada lampiran bersama ini saya misalkan 2 contoh yaitu di Sheet1 (baris ke 6) & Sheet2 (baris ke 12, 13 & 14).
Terima kasih atas informasinya.
Harry
____________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 15:43
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear Harry,
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.
SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Harry <hariansyahptk@
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, 10 November 2012, 13:49
Subject: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
With
Sheets("HOME"
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Sat Nov 10, 2012 2:59 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExceller,
Mr. Kid.
Terima kasih atas solusinya. It's work.
Wassalam,
Harry
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 16:56
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Variabel workbooknya baru 1 bijik, yaitu wbkDATABASE. Buatlah sebanyak yang diinginkan.
Lalu script pembuka workbook juga baru untuk buka sebuah workbook bernama DATABASE.xls yang disimpan dalam variabel workbook wbkDATABASE, yaitu dibagian blok :
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
Jika akan membuka 3 file atau berapapun yang diinginkan, buat 3 blok seperti itu tapi nama variabel penyimpannya diganti dengan variabel yang akan digunakan untuk file database1 atau 2. Sesuaikan juga nama filenya jadi database1 atau 2 atau sekian.
Kalau sudah lancar buat script, baru belajar loop.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>
>Dear BeExceller,
>
>
>Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
>Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
>
>
>Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
>
>
>Private Sub Cmdopenfile_Click()
> Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
> On Error Resume Next
>Set wbkA = ThisWorkbook
>If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
> Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
>Else
> Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
>End If
>wbkDATABASE.Activate
> With
Sheets("HOME")
> .Visible = -1: .Activate
> End With
> Unload Me
>End Sub
>
>
>Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
>
>
>Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
>
>
>Terima kasih atas berkanan solusinya.
>
>
>
>
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
Mr. Kid.
Terima kasih atas solusinya. It's work.
Wassalam,
Harry
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 16:56
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Variabel workbooknya baru 1 bijik, yaitu wbkDATABASE. Buatlah sebanyak yang diinginkan.
Lalu script pembuka workbook juga baru untuk buka sebuah workbook bernama DATABASE.xls yang disimpan dalam variabel workbook wbkDATABASE, yaitu dibagian blok :
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
Jika akan membuka 3 file atau berapapun yang diinginkan, buat 3 blok seperti itu tapi nama variabel penyimpannya diganti dengan variabel yang akan digunakan untuk file database1 atau 2. Sesuaikan juga nama filenya jadi database1 atau 2 atau sekian.
Kalau sudah lancar buat script, baru belajar loop.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Harry <hariansyahptk@
>
>Dear BeExceller,
>
>
>Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
>Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
>
>
>Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
>
>
>Private Sub Cmdopenfile_
> Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
> On Error Resume Next
>Set wbkA = ThisWorkbook
>If Workbooks("DATABASE
> Set wbkA = Workbooks.Open(
>Else
> Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
>End If
>wbkDATABASE.
> With
Sheets("HOME"
> .Visible = -1: .Activate
> End With
> Unload Me
>End Sub
>
>
>Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
>
>
>Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
>
>
>Terima kasih atas berkanan solusinya.
>
>
>
>
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
Sat Nov 10, 2012 4:21 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Harry,
Yang seperti ini kelihatannya lebih cocok dengan cara merekam macro secara manual terlebih dahulu baru kemudian mengeditnya.
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, 10 November 2012, 17:51
Subject: Bls: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Hendrik Kamadi,
Terima kasih atas file lampirannya. It's work.
Lebih lanjut mendalami mengenai file Induk dan file Anak ini, bagaimana cara dan/atau rumusnya jika kita menginput ke file Anak dengan cara buka-tutup file anak, dan apabila kita membuka file induk, otomatis bisa menginport semua data yang ada pada file-file Anak tersebut ke file Induk...???
Pada lampiran bersama ini saya misalkan 2 contoh yaitu di Sheet1 (baris ke 6) & Sheet2 (baris ke 12, 13 & 14).
Terima kasih atas informasinya.
Harry
________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 15:43
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear Harry,
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.
SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, 10 November 2012, 13:49
Subject: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_Click()
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
With
Sheets("HOME")
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Yang seperti ini kelihatannya lebih cocok dengan cara merekam macro secara manual terlebih dahulu baru kemudian mengeditnya.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Harry <hariansyahptk@
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, 10 November 2012, 17:51
Subject: Bls: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Hendrik Kamadi,
Terima kasih atas file lampirannya. It's work.
Lebih lanjut mendalami mengenai file Induk dan file Anak ini, bagaimana cara dan/atau rumusnya jika kita menginput ke file Anak dengan cara buka-tutup file anak, dan apabila kita membuka file induk, otomatis bisa menginport semua data yang ada pada file-file Anak tersebut ke file Induk...???
Pada lampiran bersama ini saya misalkan 2 contoh yaitu di Sheet1 (baris ke 6) & Sheet2 (baris ke 12, 13 & 14).
Terima kasih atas informasinya.
Harry
____________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 15:43
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear Harry,
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.
SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Harry <hariansyahptk@
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, 10 November 2012, 13:49
Subject: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
With
Sheets("HOME"
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Sat Nov 10, 2012 6:55 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Sent from Yahoo! Mail on Android
From:
Harry <hariansyahptk@
To:
mr.nmkid@gmail.
Subject:
Re: [belajar-excel] Membuka menutup 3 file sekaligus dengan 1x
klik
Sent:
Sat, Nov 10, 2012 2:50:26 PM
Dear BeExceller,
Mr. Kid
Untuk membuka 3 file sekaligus, saya sdh bisa.
Sekarang untuk menutup 3 file sekaligus yang saya bingung.
Jika menutup 1 file, biasanya sy menggunakan rumus sbb:
Dim iRow As Long as Range, oCtrl As Control
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks ("DATABASE.xls"
Else
set wbkDATABASE = Workbooks ("DATABASE.xls"
End If
WbkA.Activate
Application.
wbkDATABASE.
Application.
wbkA.Activate
Unload Me
Mohon solusinya.
Terima kasih & Wassalam,
Harry
Sent from Yahoo! Mail on Android
From:
Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To:
<belajar-excel@
Subject:
Re: [belajar-excel] Membuka menutup 3 file sekaligus dengan 1x
klik
Sent:
Sat, Nov 10, 2012 9:56:17 AM
Variabel workbooknya baru 1 bijik, yaitu wbkDATABASE. Buatlah
sebanyak yang diinginkan.
Lalu script pembuka workbook juga baru untuk buka sebuah workbook
bernama DATABASE.xls yang disimpan dalam variabel workbook
wbkDATABASE, yaitu dibagian blok :
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
"\DATABASE.xls"
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
Jika akan membuka 3 file atau berapapun yang diinginkan, buat 3
blok seperti itu tapi nama variabel penyimpannya diganti dengan
variabel yang akan digunakan untuk file database1 atau 2.
Sesuaikan juga nama filenya jadi database1 atau 2 atau sekian.
Kalau sudah lancar buat script, baru belajar loop.
Wassalam,
Kid.
2012/11/10 Harry <hariansyahptk@
Dear BeExceller,
Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file
database dengan proses buka tutup file. Jika saya menggunakan 1
file database, berarti proses penginputannya harus bergantian.
Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama
DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.
Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya
saya menggunakan rumus sbb:
Private Sub Cmdopenfile_
Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE
Set wbkA = Workbooks.Open(
"\DATABASE.xls"
Else
Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE
End If
wbkDATABASE.
With Sheets("HOME"
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
End Sub
Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk
meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan
mengacu pada rumus tersebut diatas.
Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan
solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3
file sekaligus.
Terima kasih atas berkanan solusinya.
Harry
Sat Nov 10, 2012 4:28 am (PST) . Posted by:
"Alfan Atas Pujianto" al_mito
Dear Gilang
Trims atas Bantuannya,
Regard
alfan
--- Pada Jum, 9/11/12, Gilang Sedar <gilang.smartdroid@gmail.com > menulis:
Dari: Gilang Sedar <gilang.smartdroid@gmail.com >
Judul: RE: [belajar-excel] Help, fungsi IF ganda
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 10:11 AM
Dear Alfan,
Dikolom C2, coba ketikkan rumus berikut :
=IF(AND(A2="DC",B2<=24),"OK",IF(AND(A2="DB",B2<=4),"OK",IF(AND(A2="DE",B2<=4),"OK","NOT
OK")))
Kemudian paste kebawah
From: belajar-excel@yahoogroups.com
[mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Alfan Atas Pujianto
Sent: Friday, November 09, 2012 16:10 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Help, fungsi IF ganda
Dear Exceller
Mohon bantuan formula untuk fungsi if yang beda ketentuan.
Regards
Trims atas Bantuannya,
Regard
alfan
--- Pada Jum, 9/11/12, Gilang Sedar <gilang.smartdroid@
Dari: Gilang Sedar <gilang.smartdroid@
Judul: RE: [belajar-excel] Help, fungsi IF ganda
Kepada: belajar-excel@
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 10:11 AM
Dear Alfan,
Dikolom C2, coba ketikkan rumus berikut :
=IF(AND(A2="
OK")))
Kemudian paste kebawah
From: belajar-excel@
[mailto:belajar-excel@
Sent: Friday, November 09, 2012 16:10 PM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Help, fungsi IF ganda
Dear Exceller
Mohon bantuan formula untuk fungsi if yang beda ketentuan.
Regards
Sat Nov 10, 2012 4:28 am (PST) . Posted by:
"Alfan Atas Pujianto" al_mito
Dear mas Riyan
Trim's atas bantuannya, rumusnya sangat mantabs.
Regards
alfan
--- Pada Jum, 9/11/12, Rian Wijaya <rian2804@gmail.com > menulis:
Dari: Rian Wijaya <rian2804@gmail.com >
Judul: Re: [belajar-excel] Help, fungsi IF ganda
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 10:07 AM
dear mas Alfan
semoga rumus ini bisa membantu... ..
=IF(A2="dc",IF(B2<24.1,"ok","nok"),IF(A2<>"dc",IF(B2<4.1,"ok","nok")))
salam
2012/11/9 Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id >
Dear Exceller
Mohon bantuan formula untuk fungsi if yang beda ketentuan.
Regards
--
Rian Wijaya
Trim's atas bantuannya, rumusnya sangat mantabs.
Regards
alfan
--- Pada Jum, 9/11/12, Rian Wijaya <rian2804@gmail.
Dari: Rian Wijaya <rian2804@gmail.
Judul: Re: [belajar-excel] Help, fungsi IF ganda
Kepada: belajar-excel@
Tanggal: Jumat, 9 November, 2012, 10:07 AM
dear mas Alfan
semoga rumus ini bisa membantu... ..
=IF(A2="dc",
salam
2012/11/9 Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.
Dear Exceller
Mohon bantuan formula untuk fungsi if yang beda ketentuan.
Regards
--
Rian Wijaya
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar