Senin, 05 November 2012

[belajar-excel] Digest Number 1886

15 New Messages

Digest #1886
2a
Menggabung Sheet by "Sam Mun" samkawi59
2b
Re: Menggabung Sheet by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: belajar ComboBox by "Mansor" nbmy1980
3b
Re: belajar ComboBox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
3d
Re: belajar ComboBox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet data by "Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita
4d
Re: Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet by "Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita
6a
Hasil input salah by "Ridwan Rahman" ridwan7677@ymail.com
6b
Re: Hasil input salah by "aji mumpung"

Messages

Sat Nov 3, 2012 9:03 am (PDT) . Posted by:

"johan.hung@gmail.com" joeh2_007


Thanks Mr. Kid dan Pak Hendrik atas pencerahannya.

thanks
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 3 Nov 2012 16:05:41
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] perbanyak sheet berdarkan validation list

Oke Pak Hendrik.
Ditambahkan pembuat nama sheet.
Prosedur event change si worksheet jadi :
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim shtTpl As Worksheet, shtNew As Worksheet
Dim pvt As PivotTable
Dim lRows As Long
Dim sShtName As String

Set shtTpl = Sheet6
If Not Intersect(Target, shtTpl.Range("e6")) Is Nothing Then
sShtName = shtTpl.Range("e6").Value
On Error Resume Next
Application.DisplayAlerts = False
Sheets(sShtName).Delete
Application.DisplayAlerts = True

Set shtNew = Sheets.Add(after:=Sheets(Sheets.Count))
shtNew.Name = sShtName
Set pvt = shtTpl.PivotTables(1)

Err.Clear
On Error GoTo 0

With shtNew
'copy info output
shtTpl.Range("d3:e6").Copy
.Range("a1").PasteSpecial xlPasteValues

'copy data output
pvt.TableRange1.Copy
.Range("b6").PasteSpecial xlPasteValues

'susun nomor urut
lRows = pvt.RowRange.Rows.Count
.Range("a8").Resize(lRows, 1).Formula = "=row()-8"
.Calculate
.Range("a8").Resize(lRows, 1).Value =
.Range("a8").Resize(lRows, 1).Value
.Range("a8").Value = "NO"

'finishing

.Range("a6:a7").EntireRow.Delete 'hapus
baris column fields pivot

.Range("a6:b6").EntireColumn.AutoFit
'autofit hasil
.Range("a6").CurrentRegion.Offset(0, 2).NumberFormat =
"#,###" 'set number format
.Range("a6").CurrentRegion.Offset(0, 2).ColumnWidth = 12
End With
End If
End Sub

Yang hijau adalah tambahannya. Sheet yang sudah ada akan dihapus lebih dulu,
untuk menjaga :
1. ukuran file tetap tergantung jumlah record data dan jumlah cabangnya.
2. data yang ditampilkan adalah data terakhir diproses.

Jika akan membuat nomor indeks sheet untuk nama cabang yang sama, keluarkan
bagian mulai :
On Error Resume Next
sampai :
On Error GoTo 0
kesebuah prosedur baru yang khusus mengurusi pembuatan indeks sheet pada cabang
yang sama.
Kemudian ganti bagian yang kosong tersebut dengan perintah memanggil
prosedur baru itu.

Dengan begitu, maka prosedur baru bisa dibuat menjadi sebuah prosedur
public yang bisa dicomot dan dipakai di workbook lain dengan mudah. Jika
disatukan dalam prosedur event change, maka penggunaan pada workbook lain
akan membutuhkan penyusunan ulang untuk disesuaikan dengan kondisi workbook
setempat.

Wassalam,
Kid.

2012/11/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Sungguh jawaban yang luar biasa.
>
> Supaya pas dengan keinginan yang empunya soal "secara otomatis
> memperbanyak sheet/file sesuai dengan nama cabang yang ada di validation
> list"
> kalau boleh usul, disisipkan satu code pada vba sheet6(myTpl) pada bagian
> ini:
> Set shtNew = Sheets.Add(after:=Sheets(Sheets.Count))
> shtNew.Name = Range("e6").Value
> Set pvt = shtTpl.PivotTables(1)
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, 3 November 2012, 6:23
> *Subject:* Re: [belajar-excel] perbanyak sheet berdarkan validation list
>
>
> Hai Johan,
>
> Untuk penyusunan formula output seperti sheet out_tpl_formula, tapi belum
> ada VBA untuk meng-create setiap sheet untuk cabang terpilih. Biasanya
> banyak BeExceller yang suka membuat formulanya dan variasi formulanya
> juga cukup banyak. Untuk meng-create sheet cabang terpilih dengan VBA
> memanfaatkan template yang menggunakan formula, kita tunggu saja.
> Sekarang sudah cukup banyak BeExceller yang suka bermain dengan VBA.
>
> File terlampir memanfaatkan pivot table saja, termasuk dalam meng-create
> sheet cabang terpilih. Agak jarang ditemui BeExceller yang mau bermain
> VBA terhadap pivot table. Semoga file terlampir bisa membantu
> memasyarakatkan pivot table beserta otomasinya dengan VBA (supaya variasi
> ide dalam milis semakin bertambah karena semakin banyak yang mau
> mempelajarinya).
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/11/2 Johan hung <johan.hung@gmail.com>
>
> **
>
> Dear Master Excel,
>
> Mohon bantuan rekan-rekan, adakah cara untuk untuk memperbanyak worksheet /
> workbook berdasarkan validation list secara otomatis.
>
> Data contoh terlampir
>
> thanks
>
> Johan
>
> --- Mods ---
> Mohon tidak menyertakan cc atau bcc
> ------------
> _
>
>
>
>
>
>

Sat Nov 3, 2012 7:47 pm (PDT) . Posted by:

"Sam Mun" samkawi59

Selamat pagi pada excelers

Mohon bantuannya bagaimana formula atau cara yang paling efektif menggabungkan beberapa sheet menjadi satu seperti terlampir.

kalau pernah dibahas, mohon info link nya.

Terima kasih

Syam

Sun Nov 4, 2012 12:15 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Cara yang paling efektif (tinggal klik) adalah dengan macro seperti dalam file terlampir. Macro ini aslinya buatan alm "Mbak Siti" yang sudah sedikit dimodifikasi.
Asli Macro ini ada dalam buku "Tingkatkan Kinerja Excel 2007-2010 Anda dengan VBA Excel".

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Sam Mun <samkawi59@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 4 November 2012, 9:47
Subject: [belajar-excel] Menggabung Sheet


 
Selamat pagi pada excelers

Mohon bantuannya bagaimana formula atau cara yang paling efektif menggabungkan beberapa sheet menjadi satu seperti terlampir.

kalau pernah dibahas, mohon info link nya.

Terima kasih

Syam

Sun Nov 4, 2012 3:31 am (PST) . Posted by:

"Mansor" nbmy1980

Saya mau tanya ni, jika saya mau transfer data dari user form ke sheet
database gimana?

Mohon dicheck makro ini, apakah benar?

File juga dilampirkan

Terima kasih.

-Mansor

Private Sub cmdHantar_Click()
Dim iRow As Long
iRow = wksDatabase.Cells(Row.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row

With wksDatabase
.Cells(iRow, 1).Value = Me.cboID
.Cells(iRow, 2).Value = Me.txtNama
.Cells(iRow, 3).Value = Me.txtTgl

End With

End Sub

2012/11/3 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Oh... tentang methods Offset dan Resize milik Range dan juga properti
> CurrentRegion milik Range...
>
> 1. Tentang properti CurrentRegion milik Range.
> >> Sudah pernah coba Goto Special Current Region ?
> Coba deh :
> disebuah tabel data mana saja, klik sebuah cell header (misal A1), tekan
> CTRL G, tekan Special, pilih Current Region, tekan OK
> scriptnya :
> range("a1").currentregion
> hasil script adalah object range
>
> Mau coba ? File terlampir menyediakan ruang untuk mencobanya.
>
>
> 2. Tentang methods Offset dan Resize milik Range.
> >> Sudah kenal fungsi Offset dalam worksheet ?
> >> Kalau belum, sudah pernah dengarkah ?
> >> Kalau belum juga, berarti harus rajin baca deh...
> Garis besarnya begini :
>
> =Offset( *rujukan_range* *,* *lompat_baris , lompat_kolom* *
> **,** * *luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil** * ) *Range(
> alamat_range_rujukan )**.**Offset( lompat_baris , lompat_kolom )**.**
> Resize( luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil )* Hasil keduanya (ketika
> worksheet menggunakan fungsi Offset atau ketika script menggunakan
> Range.Offset.Resize sesuai kebutuhan) adalah object range.
>
> File terlampir disertai sedikit contoh data yang bisa digunakan untuk
> mencobanya.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/11/3 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> sudah. berhasil pak. makasih. tapi saya kadang masih bingung dengan
>> offset resize. curenntregion
>> _
>>
>>
>
>

Sun Nov 4, 2012 4:32 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Mansor,

1. Sebaiknya deklarasikan dulu variabel wksDatabase bertipe data apa.
2. Lanjutkan dengan pendefinisian isi wksDatabase.
3. Baru gunakan variabel wksDatabase untuk bisa mendapatkan nilai yang akan
disimpan dalam variabel iRow.

Hal lainnya, sebaiknya sertakan proeperti object control yang digunakan.
Contoh, untuk cboID, properti yang digunakan adalah text, maka gunakan
Me.cboID.Text daripada sekedar Me.cboID

Wassalam,
Kid.

2012/11/4 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>

> **
>
>
>
>
> Saya mau tanya ni, jika saya mau transfer data dari user form ke sheet
> database gimana?
>
> Mohon dicheck makro ini, apakah benar?
>
> File juga dilampirkan
>
> Terima kasih.
>
> -Mansor
>
>
> Private Sub cmdHantar_Click()
> Dim iRow As Long
> iRow = wksDatabase.Cells(Row.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row
>
> With wksDatabase
> .Cells(iRow, 1).Value = Me.cboID
> .Cells(iRow, 2).Value = Me.txtNama
> .Cells(iRow, 3).Value = Me.txtTgl
>
> End With
>
> End Sub
>
>
> 2012/11/3 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Oh... tentang methods Offset dan Resize milik Range dan juga properti
>> CurrentRegion milik Range...
>>
>> 1. Tentang properti CurrentRegion milik Range.
>> >> Sudah pernah coba Goto Special Current Region ?
>> Coba deh :
>> disebuah tabel data mana saja, klik sebuah cell header (misal A1), tekan
>> CTRL G, tekan Special, pilih Current Region, tekan OK
>> scriptnya :
>> range("a1").currentregion
>> hasil script adalah object range
>>
>> Mau coba ? File terlampir menyediakan ruang untuk mencobanya.
>>
>>
>> 2. Tentang methods Offset dan Resize milik Range.
>> >> Sudah kenal fungsi Offset dalam worksheet ?
>> >> Kalau belum, sudah pernah dengarkah ?
>> >> Kalau belum juga, berarti harus rajin baca deh...
>> Garis besarnya begini :
>>
>> =Offset( *rujukan_range* *,* *lompat_baris , lompat_kolom* *
>> **,** * *luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil** * ) *Range(
>> alamat_range_rujukan )**.**Offset( lompat_baris , lompat_kolom )**.**
>> Resize( luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil )* Hasil keduanya (ketika
>> worksheet menggunakan fungsi Offset atau ketika script menggunakan
>> Range.Offset.Resize sesuai kebutuhan) adalah object range.
>>
>> File terlampir disertai sedikit contoh data yang bisa digunakan untuk
>> mencobanya.
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2012/11/3 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> sudah. berhasil pak. makasih. tapi saya kadang masih bingung dengan
>>> offset resize. curenntregion
>>> _
>>>
>>>
>>
>
>

Sun Nov 4, 2012 7:42 am (PST) . Posted by:

"him mah"

kita sudah ngeset suatu variable
misal :
dim shtAsal as sheet
set shtAsal=sheets("asal").select

apakah kalau sudah selesai perlu dibuat

set shtAsal =nothing

kalau ngga di set seperti itu apakah pengaruhnya, dan semua variable
harus di set seperti itu

Sun Nov 4, 2012 8:32 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Him mah,

Misal ada prosedur bernama Coba
public sub Coba()
dim shtAsal as worksheet
set shtAsal=sheets("asal")
set shtAsal=nothing
end sub

Pada saat deklarasi variabel object (dim shtAsal as worksheet), maka
variabel bernama shtAsal dibuat dalam memory
Kkemudian variabel tersebut diisi dengan perintah :
set shtAsal = sheets("asal")
maka variabel shtAsal akan berisi pointer ke object dari class worksheet
yang bernama 'asal'
Pada proses :
set shtAsal=nothing
maka isi variabel shtAsal akan dikosongkan alias tidak ada pointer merujuk
ke object worksheet manapun.
Begitu prosedur selesai dieksekusi (sampai baris End Sub), maka variabel
shtAsal akan di-destroy dari memory.

Jika disebuah class module object :
dim shtAktif as worksheet

public sub Coba()
dim shtAsal as worksheet
set shtAsal=sheets("asal")
set shtAsal=nothing
set shtAktif=sheets("mula")
end sub

Maka shtAktif akan terus berisi pointer ke sheet bernama 'mula' saat
prosedur 'coba' diproses.
Meski prosedur 'coba' sudah sampai di baris End Sub, isi variabel shtAktif
akan tetap berupa pointer yang merujuk ke sheet 'mula'

ketika prosedur Buang() seperti dibawah ini dijalankan :
public sub Buang()
set shtAktif=nothing
end sub

maka isi shtAktif akan dikosongkan. Variabelnya sendiri tetap tidak di-destroy
dari memory meski isinya adalah nothing (tidak merujuk object worksheet
manapun). Jika workbook ditutup, baru variabel shtAktif akan di destroy
dari memori, karena variabel shtAktif adalah member dari workbook tersebut.

Wassalam,
Kid.

2012/11/4 him mah <himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> kita sudah ngeset suatu variable
> misal :
> dim shtAsal as sheet
> set shtAsal=sheets("asal").select
>
> apakah kalau sudah selesai perlu dibuat
>
> set shtAsal =nothing
>
> kalau ngga di set seperti itu apakah pengaruhnya, dan semua variable
> harus di set seperti itu
>
>

Sun Nov 4, 2012 9:25 pm (PST) . Posted by:

"Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita

Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya

dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa. 

Mohon pencerahannya............
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.

Terima kasih
Bayu

Sun Nov 4, 2012 9:53 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

coba coding berikut:

*Public Sub Simpan()*
*Dim rgScore As Range* ' deklarasikan range
score yang akan dicopi ke sheet Database
*Set rgScore = Sheets("Input").Range("u8:ab8")* ' set range score
yang akan dicopi ke sheet Database

*Dim hdScore As Range* ' deklarasi variabel
untuk menyimpan header score "E"
*Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")* ' set lokasi header score
"E"
*If hdScore.Offset(1, 0) = "" Then* ' cek apakah di bawah
header ada datanya atau tidak
*hdScore.Offset(1, 0).Select* ' jika di bawah header
tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
*Else* ' selain itu, berarti di
bawah header ada datanya
*hdScore.End(xlDown).Offset(1, 0).Select* ' dari header pergi ke
baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris
yang kosong
End If

*ActiveCell.Value = rgScore.Value* ' proses copi data score
dari sheet Input ke Database

' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range Input
dan Database
' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di
paling atas di bawah Sub Simpan
*End Sub*

belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <
intelektualita@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
> tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu
> SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun
> hasilnya data di database bisa terkopi ke sheet database tetapi tidak bisa
> urut ke bawah, selalu menimpa.
>
> Mohon pencerahannya............
> Saya melampirkan filenya semoga teman-teman semua dapat membantu.
>
> Terima kasih
> Bayu
>
>
>

Sun Nov 4, 2012 10:29 pm (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

maaf, sedikit koreksi

*Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")*
*
*
*dikoreksi menjadi*
*
*
*Set hdScore = Sheets("Database").Range("d4")*
*
*
*wassalam,*
*
*
*-aji mumpung-
*
Pada 5 November 2012 12:53, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> menulis:

> coba coding berikut:
>
> *Public Sub Simpan()*
> *Dim rgScore As Range* ' deklarasikan range
> score yang akan dicopi ke sheet Database
> *Set rgScore = Sheets("Input").Range("u8:ab8")* ' set range score
> yang akan dicopi ke sheet Database
>
> *Dim hdScore As Range* ' deklarasi variabel
> untuk menyimpan header score "E"
> *Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")* ' set lokasi header
> score "E"
> *If hdScore.Offset(1, 0) = "" Then* ' cek apakah di bawah
> header ada datanya atau tidak
> *hdScore.Offset(1, 0).Select* ' jika di bawah header
> tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
> *Else* ' selain itu, berarti
> di bawah header ada datanya
> *hdScore.End(xlDown).Offset(1, 0).Select* ' dari header pergi ke
> baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris
> yang kosong
> End If
>
> *ActiveCell.Value = rgScore.Value* ' proses copi data
> score dari sheet Input ke Database
>
> ' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range
> Input dan Database
> ' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di
> paling atas di bawah Sub Simpan
> *End Sub*
>
> belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <
> intelektualita@yahoo.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
>> tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu
>> SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun
>> hasilnya data di database bisa terkopi ke sheet database tetapi tidak bisa
>> urut ke bawah, selalu menimpa.
>>
>> Mohon pencerahannya............
>> Saya melampirkan filenya semoga teman-teman semua dapat membantu.
>>
>> Terima kasih
>> Bayu
>>
>>
>>
>
>

Sun Nov 4, 2012 10:44 pm (PST) . Posted by:

"Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita

Terima kasih sdr. Aji Mumpung.....akan segera saya cek.........

Jabat erat.......

--- On Mon, 11/5/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> wrote:

From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet database dengan button Simpan
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Monday, November 5, 2012, 5:53 AM

 

coba coding berikut:
Public Sub Simpan()    Dim rgScore As Range                        ' deklarasikan range score yang akan dicopi ke sheet Database
    Set rgScore = Sheets("Input").Range("u8:ab8")   ' set range score yang akan dicopi ke sheet Database
        Dim hdScore As Range                        ' deklarasi variabel untuk menyimpan header score "E"
    Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")   ' set lokasi header score "E"
    If hdScore.Offset(1, 0) = "" Then           ' cek apakah di bawah header ada datanya atau tidak
        hdScore.Offset(1, 0).Select             ' jika di bawah header tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
        Else                                    ' selain itu, berarti di bawah header ada datanya
        hdScore.End(xlDown).Offset(1, 0).Select ' dari header pergi ke baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris yang kosong
    End If        ActiveCell.Value = rgScore.Value            ' proses copi data score dari sheet Input ke Database
        ' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range Input dan Database
    ' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di paling atas di bawah Sub SimpanEnd Sub

belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <intelektualita@yahoo.com> menulis:

 

Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya

dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa. 

Mohon pencerahannya............
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.

Terima kasih
Bayu

Sun Nov 4, 2012 10:52 pm (PST) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey


Coba tambahkan code ini dibawah range("u8:ab8").copy

Lastrow = sheet2.cells(rows.count,"D").end(xlup).row

Sheet2.cells(lastrow+1,4).pastespecial paste:=xlpastevalues.... Lanjutin aja

-----Original Message-----
From: Lembaga Psikologi Intelektualita <intelektualita@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 5 Nov 2012 09:45:17
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet database dengan button Simpan

Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya

dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa. 


Mohon pencerahannya............
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.

Terima kasih
Bayu

Sun Nov 4, 2012 9:25 pm (PST) . Posted by:

"Kelik Pitoyo"

Selamat Pagi,

Mr. Kid,

Terima kasih atas masukanya,

Sebelumnya maaf Telah melebihi Quota batas file.

Berikut kendala saya:

1. Format yang saya gunakan sudah ada di banyak tempat, jadi format laporan tersebut sudah ngelink ke beberapa tempat.

2. Bila disusun seperti masukan Mr. Kid, maksudnya nanti dalam formnya hanya terisi 1 item saja, pemahaman saya.

Dan saya hanya memanfaatkan dari file yang sudah ada, karena keterbatann saya.

3. Sementara sudah dapat solusi walau dengan batasan jumlah baris berikut formula di format laporannya:

=SUMPRODUCT(($D$5:$D$1000=$P6)*(TEXT($C$5:$C$1000;"mmmm")=$AC$3)*($L$5:$L$1000)), di tiap kolom bulan.

Nah, timbul masalah baru:

Karena file rencana saya simpan di Server, terkendala nanti kompi yang akan akses file tidak sama setting-nya, Bahasa Indonesia dan Inggris. Bila setting Bahasa Indonesia, ketikan nama bulan seperti yang saya Posting, tapi bila kompinya bahasa Inggris rumus tsb diatas tidak cocok dengan tulisan di kolom nama bulan yang saya ketik. (Oktober ≠ October)

4. Jadi rencana saya file ini akan diakses ke beberapa kompi dengan berbeda setting bahasanya. Untuk itu diperlukan rumus yang bisa diterima setiap kompi kondisi nama bulan tersebut.

Demikian terima kasih, atensi dan perhatiannnya.

Ditunggu masukan-nya lagi.

Salam,

Kelik

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 02 Nopember 2012 18:57
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor

Bagaimana jika tabel yang diinginkan itu diletakkan di sheet lain. Karena dataset tersebut masuk golongan output.
Coba manfaatkan pivot table. Nama range yang menjadi data source pivot table bisa di assign melalui proses simpan atau edit.
Sertakan proses refresh pivot table pada akhir proses input atau edit.

Jika kolom Item1 sampai Item3 dan Nominal1 sampai Nominal3 disusun (saat simpan melalui proses input atau edit) menjadi beberapa baris, maka proses pengolahan daat akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Misal, berapa total budget kerupuk antara tanggal tertentu untuk no budget tertentu.

Jadi, kolom database akan seperti :
PV TGL NO_BUDGET DESC_BUDGET ITEM_NUMBER NOMINAL

Wassalam,
Kid.

2012/10/29 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.co.id>

Dear Be Exceller,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan-bantuan yang sebelumnya .

Kemudian saya minta maaf telah menggunakan dan telah merubah file ini sesuai dengan kebutuhan saya.

Saya ingin bantuan lagi dari Master dan Be exeller semua.

Keinginan saya, begitu data di tansfer/disimpan, selajutnya di DATAbase, akan masuk lagi ke kolom disamping sesuai dengan Bulan dan No Budget masing-masing (dijumlahkan bila No. Budgetnya dan bulan sama).

Terima kasih atas bantuannya,

Salam,

Kelik

_

Sun Nov 4, 2012 11:10 pm (PST) . Posted by:

"Ridwan Rahman" ridwan7677@ymail.com

1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
(kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
pada form inputan.

Mohon pencerahannya ....

Salam
Ridwan Rahman

Mon Nov 5, 2012 1:35 am (PST) . Posted by:

"aji mumpung"

saya tidak tau apakah script dari pak masyhud .aka. mbak Siti sudah diubah
atau belum,

tetapi seharusnya code berikut:
For n = 0 To i - *0*

ditulis seperti ini:
For n = 0 To i - *2*

untuk alur logikanya, mungkin dari member millis ini ada yang bisa
menjelaskan

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 5 November 2012 14:10, Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> 1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
> terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
> (kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
> 2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
> pada form inputan.
>
> Mohon pencerahannya ....
>
> Salam
> Ridwan Rahman
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar