15 New Messages
Digest #1886
1a
Re: Fw: [belajar-excel] perbanyak sheet berdarkan validation list by "johan.hung@gmail.com" joeh2_007
4a
Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet data by "Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita
4d
Re: Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet by "Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita
4e
Re: Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet by "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
Messages
Sat Nov 3, 2012 9:03 am (PDT) . Posted by:
"johan.hung@gmail.com" joeh2_007
Thanks Mr. Kid dan Pak Hendrik atas pencerahannya.
thanks
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Sat, 3 Nov 2012 16:05:41
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] perbanyak sheet berdarkan validation list
Oke Pak Hendrik.
Ditambahkan pembuat nama sheet.
Prosedur event change si worksheet jadi :
Private Sub Worksheet_Change(
Dim shtTpl As Worksheet, shtNew As Worksheet
Dim pvt As PivotTable
Dim lRows As Long
Dim sShtName As String
Set shtTpl = Sheet6
If Not Intersect(Target, shtTpl.Range(
sShtName = shtTpl.Range(
On Error Resume Next
Application.
Sheets(sShtName)
Application.
Set shtNew = Sheets.Add(after:
shtNew.Name = sShtName
Set pvt = shtTpl.PivotTables(
Err.Clear
On Error GoTo 0
With shtNew
'copy info output
shtTpl.Range(
.Range("a1")
'copy data output
pvt.TableRange1.
.Range("b6")
'susun nomor urut
lRows = pvt.RowRange.
.Range("a8")
.Calculate
.Range("a8")
.Range("a8")
.Range("a8")
'finishing
.Range("a6:a7"
baris column fields pivot
.Range("a6:b6"
'autofit hasil
.Range("a6")
"#,###" 'set number format
.Range("a6")
End With
End If
End Sub
Yang hijau adalah tambahannya. Sheet yang sudah ada akan dihapus lebih dulu,
untuk menjaga :
1. ukuran file tetap tergantung jumlah record data dan jumlah cabangnya.
2. data yang ditampilkan adalah data terakhir diproses.
Jika akan membuat nomor indeks sheet untuk nama cabang yang sama, keluarkan
bagian mulai :
On Error Resume Next
sampai :
On Error GoTo 0
kesebuah prosedur baru yang khusus mengurusi pembuatan indeks sheet pada cabang
yang sama.
Kemudian ganti bagian yang kosong tersebut dengan perintah memanggil
prosedur baru itu.
Dengan begitu, maka prosedur baru bisa dibuat menjadi sebuah prosedur
public yang bisa dicomot dan dipakai di workbook lain dengan mudah. Jika
disatukan dalam prosedur event change, maka penggunaan pada workbook lain
akan membutuhkan penyusunan ulang untuk disesuaikan dengan kondisi workbook
setempat.
Wassalam,
Kid.
2012/11/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
> **
>
>
> Sungguh jawaban yang luar biasa.
>
> Supaya pas dengan keinginan yang empunya soal "secara otomatis
> memperbanyak sheet/file sesuai dengan nama cabang yang ada di validation
> list"
> kalau boleh usul, disisipkan satu code pada vba sheet6(myTpl) pada bagian
> ini:
> Set shtNew = Sheets.Add(after:
> shtNew.Name = Range("e6").
> Set pvt = shtTpl.PivotTables(
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Saturday, 3 November 2012, 6:23
> *Subject:* Re: [belajar-excel] perbanyak sheet berdarkan validation list
>
>
> Hai Johan,
>
> Untuk penyusunan formula output seperti sheet out_tpl_formula, tapi belum
> ada VBA untuk meng-create setiap sheet untuk cabang terpilih. Biasanya
> banyak BeExceller yang suka membuat formulanya dan variasi formulanya
> juga cukup banyak. Untuk meng-create sheet cabang terpilih dengan VBA
> memanfaatkan template yang menggunakan formula, kita tunggu saja.
> Sekarang sudah cukup banyak BeExceller yang suka bermain dengan VBA.
>
> File terlampir memanfaatkan pivot table saja, termasuk dalam meng-create
> sheet cabang terpilih. Agak jarang ditemui BeExceller yang mau bermain
> VBA terhadap pivot table. Semoga file terlampir bisa membantu
> memasyarakatkan pivot table beserta otomasinya dengan VBA (supaya variasi
> ide dalam milis semakin bertambah karena semakin banyak yang mau
> mempelajarinya)
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/11/2 Johan hung <johan.hung@gmail.
>
> **
>
> Dear Master Excel,
>
> Mohon bantuan rekan-rekan, adakah cara untuk untuk memperbanyak worksheet /
> workbook berdasarkan validation list secara otomatis.
>
> Data contoh terlampir
>
> thanks
>
> Johan
>
> --- Mods ---
> Mohon tidak menyertakan cc atau bcc
> ------------
> _
>
>
>
>
>
>
Sat Nov 3, 2012 7:47 pm (PDT) . Posted by:
"Sam Mun" samkawi59
Selamat pagi pada excelers
Mohon bantuannya bagaimana formula atau cara yang paling efektif menggabungkan beberapa sheet menjadi satu seperti terlampir.
kalau pernah dibahas, mohon info link nya.
Terima kasih
Syam
Mohon bantuannya bagaimana formula atau cara yang paling efektif menggabungkan beberapa sheet menjadi satu seperti terlampir.
kalau pernah dibahas, mohon info link nya.
Terima kasih
Syam
Sun Nov 4, 2012 12:15 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Cara yang paling efektif (tinggal klik) adalah dengan macro seperti dalam file terlampir. Macro ini aslinya buatan alm "Mbak Siti" yang sudah sedikit dimodifikasi.
Asli Macro ini ada dalam buku "Tingkatkan Kinerja Excel 2007-2010 Anda dengan VBA Excel".
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Sam Mun <samkawi59@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Sunday, 4 November 2012, 9:47
Subject: [belajar-excel] Menggabung Sheet
Â
Selamat pagi pada excelers
Mohon bantuannya bagaimana formula atau cara yang paling efektif menggabungkan beberapa sheet menjadi satu seperti terlampir.
kalau pernah dibahas, mohon info link nya.
Terima kasih
Syam
Asli Macro ini ada dalam buku "Tingkatkan Kinerja Excel 2007-2010 Anda dengan VBA Excel".
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Sam Mun <samkawi59@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Sunday, 4 November 2012, 9:47
Subject: [belajar-excel] Menggabung Sheet
Â
Selamat pagi pada excelers
Mohon bantuannya bagaimana formula atau cara yang paling efektif menggabungkan beberapa sheet menjadi satu seperti terlampir.
kalau pernah dibahas, mohon info link nya.
Terima kasih
Syam
Sun Nov 4, 2012 3:31 am (PST) . Posted by:
"Mansor" nbmy1980
Saya mau tanya ni, jika saya mau transfer data dari user form ke sheet
database gimana?
Mohon dicheck makro ini, apakah benar?
File juga dilampirkan
Terima kasih.
-Mansor
Private Sub cmdHantar_Click()
Dim iRow As Long
iRow = wksDatabase.Cells(Row.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row
With wksDatabase
.Cells(iRow, 1).Value = Me.cboID
.Cells(iRow, 2).Value = Me.txtNama
.Cells(iRow, 3).Value = Me.txtTgl
End With
End Sub
2012/11/3 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Oh... tentang methods Offset dan Resize milik Range dan juga properti
> CurrentRegion milik Range...
>
> 1. Tentang properti CurrentRegion milik Range.
> >> Sudah pernah coba Goto Special Current Region ?
> Coba deh :
> disebuah tabel data mana saja, klik sebuah cell header (misal A1), tekan
> CTRL G, tekan Special, pilih Current Region, tekan OK
> scriptnya :
> range("a1").currentregion
> hasil script adalah object range
>
> Mau coba ? File terlampir menyediakan ruang untuk mencobanya.
>
>
> 2. Tentang methods Offset dan Resize milik Range.
> >> Sudah kenal fungsi Offset dalam worksheet ?
> >> Kalau belum, sudah pernah dengarkah ?
> >> Kalau belum juga, berarti harus rajin baca deh...
> Garis besarnya begini :
>
> =Offset( *rujukan_range* *,* *lompat_baris , lompat_kolom* *
> **,** * *luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil** * ) *Range(
> alamat_range_rujukan )**.**Offset( lompat_baris , lompat_kolom )**.**
> Resize( luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil )* Hasil keduanya (ketika
> worksheet menggunakan fungsi Offset atau ketika script menggunakan
> Range.Offset.Resize sesuai kebutuhan) adalah object range.
>
> File terlampir disertai sedikit contoh data yang bisa digunakan untuk
> mencobanya.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/11/3 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> sudah. berhasil pak. makasih. tapi saya kadang masih bingung dengan
>> offset resize. curenntregion
>> _
>>
>>
>
>
database gimana?
Mohon dicheck makro ini, apakah benar?
File juga dilampirkan
Terima kasih.
-Mansor
Private Sub cmdHantar_Click(
Dim iRow As Long
iRow = wksDatabase.
With wksDatabase
.Cells(iRow, 1).Value = Me.cboID
.Cells(iRow, 2).Value = Me.txtNama
.Cells(iRow, 3).Value = Me.txtTgl
End With
End Sub
2012/11/3 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> Oh... tentang methods Offset dan Resize milik Range dan juga properti
> CurrentRegion milik Range...
>
> 1. Tentang properti CurrentRegion milik Range.
> >> Sudah pernah coba Goto Special Current Region ?
> Coba deh :
> disebuah tabel data mana saja, klik sebuah cell header (misal A1), tekan
> CTRL G, tekan Special, pilih Current Region, tekan OK
> scriptnya :
> range("a1").
> hasil script adalah object range
>
> Mau coba ? File terlampir menyediakan ruang untuk mencobanya.
>
>
> 2. Tentang methods Offset dan Resize milik Range.
> >> Sudah kenal fungsi Offset dalam worksheet ?
> >> Kalau belum, sudah pernah dengarkah ?
> >> Kalau belum juga, berarti harus rajin baca deh...
> Garis besarnya begini :
>
> =Offset( *rujukan_range* *,* *lompat_baris , lompat_kolom* *
> **,** * *luasan_baris_
> alamat_range_
> Resize( luasan_baris_
> worksheet menggunakan fungsi Offset atau ketika script menggunakan
> Range.Offset.
>
> File terlampir disertai sedikit contoh data yang bisa digunakan untuk
> mencobanya.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/11/3 him mah <himmah.mlg@gmail.
>
>> **
>>
>>
>> sudah. berhasil pak. makasih. tapi saya kadang masih bingung dengan
>> offset resize. curenntregion
>> _
>>
>>
>
>
Sun Nov 4, 2012 4:32 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Mansor,
1. Sebaiknya deklarasikan dulu variabel wksDatabase bertipe data apa.
2. Lanjutkan dengan pendefinisian isi wksDatabase.
3. Baru gunakan variabel wksDatabase untuk bisa mendapatkan nilai yang akan
disimpan dalam variabel iRow.
Hal lainnya, sebaiknya sertakan proeperti object control yang digunakan.
Contoh, untuk cboID, properti yang digunakan adalah text, maka gunakan
Me.cboID.Text daripada sekedar Me.cboID
Wassalam,
Kid.
2012/11/4 Mansor <dbpermatasari@gmail.com >
> **
>
>
>
>
> Saya mau tanya ni, jika saya mau transfer data dari user form ke sheet
> database gimana?
>
> Mohon dicheck makro ini, apakah benar?
>
> File juga dilampirkan
>
> Terima kasih.
>
> -Mansor
>
>
> Private Sub cmdHantar_Click()
> Dim iRow As Long
> iRow = wksDatabase.Cells(Row.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row
>
> With wksDatabase
> .Cells(iRow, 1).Value = Me.cboID
> .Cells(iRow, 2).Value = Me.txtNama
> .Cells(iRow, 3).Value = Me.txtTgl
>
> End With
>
> End Sub
>
>
> 2012/11/3 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>
> **
>>
>>
>> Oh... tentang methods Offset dan Resize milik Range dan juga properti
>> CurrentRegion milik Range...
>>
>> 1. Tentang properti CurrentRegion milik Range.
>> >> Sudah pernah coba Goto Special Current Region ?
>> Coba deh :
>> disebuah tabel data mana saja, klik sebuah cell header (misal A1), tekan
>> CTRL G, tekan Special, pilih Current Region, tekan OK
>> scriptnya :
>> range("a1").currentregion
>> hasil script adalah object range
>>
>> Mau coba ? File terlampir menyediakan ruang untuk mencobanya.
>>
>>
>> 2. Tentang methods Offset dan Resize milik Range.
>> >> Sudah kenal fungsi Offset dalam worksheet ?
>> >> Kalau belum, sudah pernah dengarkah ?
>> >> Kalau belum juga, berarti harus rajin baca deh...
>> Garis besarnya begini :
>>
>> =Offset( *rujukan_range* *,* *lompat_baris , lompat_kolom* *
>> **,** * *luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil** * ) *Range(
>> alamat_range_rujukan )**.**Offset( lompat_baris , lompat_kolom )**.**
>> Resize( luasan_baris_hasil , luasan_kolom_hasil )* Hasil keduanya (ketika
>> worksheet menggunakan fungsi Offset atau ketika script menggunakan
>> Range.Offset.Resize sesuai kebutuhan) adalah object range.
>>
>> File terlampir disertai sedikit contoh data yang bisa digunakan untuk
>> mencobanya.
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2012/11/3 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> sudah. berhasil pak. makasih. tapi saya kadang masih bingung dengan
>>> offset resize. curenntregion
>>> _
>>>
>>>
>>
>
>
1. Sebaiknya deklarasikan dulu variabel wksDatabase bertipe data apa.
2. Lanjutkan dengan pendefinisian isi wksDatabase.
3. Baru gunakan variabel wksDatabase untuk bisa mendapatkan nilai yang akan
disimpan dalam variabel iRow.
Hal lainnya, sebaiknya sertakan proeperti object control yang digunakan.
Contoh, untuk cboID, properti yang digunakan adalah text, maka gunakan
Me.cboID.Text daripada sekedar Me.cboID
Wassalam,
Kid.
2012/11/4 Mansor <dbpermatasari@
> **
>
>
>
>
> Saya mau tanya ni, jika saya mau transfer data dari user form ke sheet
> database gimana?
>
> Mohon dicheck makro ini, apakah benar?
>
> File juga dilampirkan
>
> Terima kasih.
>
> -Mansor
>
>
> Private Sub cmdHantar_Click(
> Dim iRow As Long
> iRow = wksDatabase.
>
> With wksDatabase
> .Cells(iRow, 1).Value = Me.cboID
> .Cells(iRow, 2).Value = Me.txtNama
> .Cells(iRow, 3).Value = Me.txtTgl
>
> End With
>
> End Sub
>
>
> 2012/11/3 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> **
>>
>>
>> Oh... tentang methods Offset dan Resize milik Range dan juga properti
>> CurrentRegion milik Range...
>>
>> 1. Tentang properti CurrentRegion milik Range.
>> >> Sudah pernah coba Goto Special Current Region ?
>> Coba deh :
>> disebuah tabel data mana saja, klik sebuah cell header (misal A1), tekan
>> CTRL G, tekan Special, pilih Current Region, tekan OK
>> scriptnya :
>> range("a1").
>> hasil script adalah object range
>>
>> Mau coba ? File terlampir menyediakan ruang untuk mencobanya.
>>
>>
>> 2. Tentang methods Offset dan Resize milik Range.
>> >> Sudah kenal fungsi Offset dalam worksheet ?
>> >> Kalau belum, sudah pernah dengarkah ?
>> >> Kalau belum juga, berarti harus rajin baca deh...
>> Garis besarnya begini :
>>
>> =Offset( *rujukan_range* *,* *lompat_baris , lompat_kolom* *
>> **,** * *luasan_baris_
>> alamat_range_
>> Resize( luasan_baris_
>> worksheet menggunakan fungsi Offset atau ketika script menggunakan
>> Range.Offset.
>>
>> File terlampir disertai sedikit contoh data yang bisa digunakan untuk
>> mencobanya.
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2012/11/3 him mah <himmah.mlg@gmail.
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> sudah. berhasil pak. makasih. tapi saya kadang masih bingung dengan
>>> offset resize. curenntregion
>>> _
>>>
>>>
>>
>
>
Sun Nov 4, 2012 7:42 am (PST) . Posted by:
"him mah"
kita sudah ngeset suatu variable
misal :
dim shtAsal as sheet
set shtAsal=sheets("asal").select
apakah kalau sudah selesai perlu dibuat
set shtAsal =nothing
kalau ngga di set seperti itu apakah pengaruhnya, dan semua variable
harus di set seperti itu
misal :
dim shtAsal as sheet
set shtAsal=sheets(
apakah kalau sudah selesai perlu dibuat
set shtAsal =nothing
kalau ngga di set seperti itu apakah pengaruhnya, dan semua variable
harus di set seperti itu
Sun Nov 4, 2012 8:32 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Him mah,
Misal ada prosedur bernama Coba
public sub Coba()
dim shtAsal as worksheet
set shtAsal=sheets("asal")
set shtAsal=nothing
end sub
Pada saat deklarasi variabel object (dim shtAsal as worksheet), maka
variabel bernama shtAsal dibuat dalam memory
Kkemudian variabel tersebut diisi dengan perintah :
set shtAsal = sheets("asal")
maka variabel shtAsal akan berisi pointer ke object dari class worksheet
yang bernama 'asal'
Pada proses :
set shtAsal=nothing
maka isi variabel shtAsal akan dikosongkan alias tidak ada pointer merujuk
ke object worksheet manapun.
Begitu prosedur selesai dieksekusi (sampai baris End Sub), maka variabel
shtAsal akan di-destroy dari memory.
Jika disebuah class module object :
dim shtAktif as worksheet
public sub Coba()
dim shtAsal as worksheet
set shtAsal=sheets("asal")
set shtAsal=nothing
set shtAktif=sheets("mula")
end sub
Maka shtAktif akan terus berisi pointer ke sheet bernama 'mula' saat
prosedur 'coba' diproses.
Meski prosedur 'coba' sudah sampai di baris End Sub, isi variabel shtAktif
akan tetap berupa pointer yang merujuk ke sheet 'mula'
ketika prosedur Buang() seperti dibawah ini dijalankan :
public sub Buang()
set shtAktif=nothing
end sub
maka isi shtAktif akan dikosongkan. Variabelnya sendiri tetap tidak di-destroy
dari memory meski isinya adalah nothing (tidak merujuk object worksheet
manapun). Jika workbook ditutup, baru variabel shtAktif akan di destroy
dari memori, karena variabel shtAktif adalah member dari workbook tersebut.
Wassalam,
Kid.
2012/11/4 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
> **
>
>
> kita sudah ngeset suatu variable
> misal :
> dim shtAsal as sheet
> set shtAsal=sheets("asal").select
>
> apakah kalau sudah selesai perlu dibuat
>
> set shtAsal =nothing
>
> kalau ngga di set seperti itu apakah pengaruhnya, dan semua variable
> harus di set seperti itu
>
>
Misal ada prosedur bernama Coba
public sub Coba()
dim shtAsal as worksheet
set shtAsal=sheets(
set shtAsal=nothing
end sub
Pada saat deklarasi variabel object (dim shtAsal as worksheet), maka
variabel bernama shtAsal dibuat dalam memory
Kkemudian variabel tersebut diisi dengan perintah :
set shtAsal = sheets("asal"
maka variabel shtAsal akan berisi pointer ke object dari class worksheet
yang bernama 'asal'
Pada proses :
set shtAsal=nothing
maka isi variabel shtAsal akan dikosongkan alias tidak ada pointer merujuk
ke object worksheet manapun.
Begitu prosedur selesai dieksekusi (sampai baris End Sub), maka variabel
shtAsal akan di-destroy dari memory.
Jika disebuah class module object :
dim shtAktif as worksheet
public sub Coba()
dim shtAsal as worksheet
set shtAsal=sheets(
set shtAsal=nothing
set shtAktif=sheets(
end sub
Maka shtAktif akan terus berisi pointer ke sheet bernama 'mula' saat
prosedur 'coba' diproses.
Meski prosedur 'coba' sudah sampai di baris End Sub, isi variabel shtAktif
akan tetap berupa pointer yang merujuk ke sheet 'mula'
ketika prosedur Buang() seperti dibawah ini dijalankan :
public sub Buang()
set shtAktif=nothing
end sub
maka isi shtAktif akan dikosongkan. Variabelnya sendiri tetap tidak di-destroy
dari memory meski isinya adalah nothing (tidak merujuk object worksheet
manapun). Jika workbook ditutup, baru variabel shtAktif akan di destroy
dari memori, karena variabel shtAktif adalah member dari workbook tersebut.
Wassalam,
Kid.
2012/11/4 him mah <himmah.mlg@gmail.
> **
>
>
> kita sudah ngeset suatu variable
> misal :
> dim shtAsal as sheet
> set shtAsal=sheets(
>
> apakah kalau sudah selesai perlu dibuat
>
> set shtAsal =nothing
>
> kalau ngga di set seperti itu apakah pengaruhnya, dan semua variable
> harus di set seperti itu
>
>
Sun Nov 4, 2012 9:25 pm (PST) . Posted by:
"Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita
Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya
dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa.
Mohon pencerahannya............
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.
Terima kasih
Bayu
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya
dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa.
Mohon pencerahannya.
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.
Terima kasih
Bayu
Sun Nov 4, 2012 9:53 pm (PST) . Posted by:
"aji mumpung"
coba coding berikut:
*Public Sub Simpan()*
*Dim rgScore As Range* ' deklarasikan range
score yang akan dicopi ke sheet Database
*Set rgScore = Sheets("Input").Range("u8:ab8")* ' set range score
yang akan dicopi ke sheet Database
*Dim hdScore As Range* ' deklarasi variabel
untuk menyimpan header score "E"
*Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")* ' set lokasi header score
"E"
*If hdScore.Offset(1, 0) = "" Then* ' cek apakah di bawah
header ada datanya atau tidak
*hdScore.Offset(1, 0).Select* ' jika di bawah header
tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
*Else* ' selain itu, berarti di
bawah header ada datanya
*hdScore.End(xlDown).Offset(1, 0).Select* ' dari header pergi ke
baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris
yang kosong
End If
*ActiveCell.Value = rgScore.Value* ' proses copi data score
dari sheet Input ke Database
' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range Input
dan Database
' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di
paling atas di bawah Sub Simpan
*End Sub*
belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <
intelektualita@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
> tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu
> SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun
> hasilnya data di database bisa terkopi ke sheet database tetapi tidak bisa
> urut ke bawah, selalu menimpa.
>
> Mohon pencerahannya............
> Saya melampirkan filenya semoga teman-teman semua dapat membantu.
>
> Terima kasih
> Bayu
>
>
>
*Public Sub Simpan()*
*Dim rgScore As Range* ' deklarasikan range
score yang akan dicopi ke sheet Database
*Set rgScore = Sheets("Input"
yang akan dicopi ke sheet Database
*Dim hdScore As Range* ' deklarasi variabel
untuk menyimpan header score "E"
*Set hdScore = Sheets("Input"
"E"
*If hdScore.Offset(
header ada datanya atau tidak
*hdScore.Offset(
tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
*Else* ' selain itu, berarti di
bawah header ada datanya
*hdScore.End(
baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris
yang kosong
End If
*ActiveCell.
dari sheet Input ke Database
' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range Input
dan Database
' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di
paling atas di bawah Sub Simpan
*End Sub*
belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <
intelektualita@
> **
>
>
> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
> tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu
> SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun
> hasilnya data di database bisa terkopi ke sheet database tetapi tidak bisa
> urut ke bawah, selalu menimpa.
>
> Mohon pencerahannya.
> Saya melampirkan filenya semoga teman-teman semua dapat membantu.
>
> Terima kasih
> Bayu
>
>
>
Sun Nov 4, 2012 10:29 pm (PST) . Posted by:
"aji mumpung"
maaf, sedikit koreksi
*Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")*
*
*
*dikoreksi menjadi*
*
*
*Set hdScore = Sheets("Database").Range("d4")*
*
*
*wassalam,*
*
*
*-aji mumpung-
*
Pada 5 November 2012 12:53, aji mumpung <pupung1986@gmail.com > menulis:
> coba coding berikut:
>
> *Public Sub Simpan()*
> *Dim rgScore As Range* ' deklarasikan range
> score yang akan dicopi ke sheet Database
> *Set rgScore = Sheets("Input").Range("u8:ab8")* ' set range score
> yang akan dicopi ke sheet Database
>
> *Dim hdScore As Range* ' deklarasi variabel
> untuk menyimpan header score "E"
> *Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")* ' set lokasi header
> score "E"
> *If hdScore.Offset(1, 0) = "" Then* ' cek apakah di bawah
> header ada datanya atau tidak
> *hdScore.Offset(1, 0).Select* ' jika di bawah header
> tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
> *Else* ' selain itu, berarti
> di bawah header ada datanya
> *hdScore.End(xlDown).Offset(1, 0).Select* ' dari header pergi ke
> baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris
> yang kosong
> End If
>
> *ActiveCell.Value = rgScore.Value* ' proses copi data
> score dari sheet Input ke Database
>
> ' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range
> Input dan Database
> ' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di
> paling atas di bawah Sub Simpan
> *End Sub*
>
> belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <
> intelektualita@yahoo.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
>> tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu
>> SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun
>> hasilnya data di database bisa terkopi ke sheet database tetapi tidak bisa
>> urut ke bawah, selalu menimpa.
>>
>> Mohon pencerahannya............
>> Saya melampirkan filenya semoga teman-teman semua dapat membantu.
>>
>> Terima kasih
>> Bayu
>>
>>
>>
>
>
*Set hdScore = Sheets("Input"
*
*
*dikoreksi menjadi*
*
*
*Set hdScore = Sheets("Database"
*
*
*wassalam,*
*
*
*-aji mumpung-
*
Pada 5 November 2012 12:53, aji mumpung <pupung1986@gmail.
> coba coding berikut:
>
> *Public Sub Simpan()*
> *Dim rgScore As Range* ' deklarasikan range
> score yang akan dicopi ke sheet Database
> *Set rgScore = Sheets("Input"
> yang akan dicopi ke sheet Database
>
> *Dim hdScore As Range* ' deklarasi variabel
> untuk menyimpan header score "E"
> *Set hdScore = Sheets("Input"
> score "E"
> *If hdScore.Offset(
> header ada datanya atau tidak
> *hdScore.Offset(
> tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
> *Else* ' selain itu, berarti
> di bawah header ada datanya
> *hdScore.End(
> baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris
> yang kosong
> End If
>
> *ActiveCell.
> score dari sheet Input ke Database
>
> ' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range
> Input dan Database
> ' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di
> paling atas di bawah Sub Simpan
> *End Sub*
>
> belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <
> intelektualita@
>
> **
>>
>>
>> Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan
>> tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu
>> SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun
>> hasilnya data di database bisa terkopi ke sheet database tetapi tidak bisa
>> urut ke bawah, selalu menimpa.
>>
>> Mohon pencerahannya.
>> Saya melampirkan filenya semoga teman-teman semua dapat membantu.
>>
>> Terima kasih
>> Bayu
>>
>>
>>
>
>
Sun Nov 4, 2012 10:44 pm (PST) . Posted by:
"Lembaga Psikologi Intelektualita" intelektualita
Terima kasih sdr. Aji Mumpung.....akan segera saya cek.........
Jabat erat.......
--- On Mon, 11/5/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.com > wrote:
From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
Subject: Re: [belajar-excel] Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet database dengan button Simpan
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Monday, November 5, 2012, 5:53 AM
Â
coba coding berikut:
Public Sub Simpan()  Dim rgScore As Range             ' deklarasikan range score yang akan dicopi ke sheet Database
  Set rgScore = Sheets("Input").Range("u8:ab8")  ' set range score yang akan dicopi ke sheet Database
     Dim hdScore As Range             ' deklarasi variabel untuk menyimpan header score "E"
  Set hdScore = Sheets("Input").Range("d4")  ' set lokasi header score "E"
  If hdScore.Offset(1, 0) = "" Then      ' cek apakah di bawah header ada datanya atau tidak
    hdScore.Offset(1, 0).Select       ' jika di bawah header tidak ada data, maka pergi ke baris di bawahnya
    Else                   ' selain itu, berarti di bawah header ada datanya
    hdScore.End(xlDown).Offset(1, 0).Select ' dari header pergi ke baris paling bawah yang ada datanya, setelah itu turun 1 bari lagi ke baris yang kosong
  End If     ActiveCell.Value = rgScore.Value       ' proses copi data score dari sheet Input ke Database
     ' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range Input dan Database
  ' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di paling atas di bawah Sub SimpanEnd Sub
belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <intelektualita@yahoo.com > menulis:
Â
Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya
dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa.Â
Mohon pencerahannya............
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.
Terima kasih
Bayu
Jabat erat.......
--- On Mon, 11/5/12, aji mumpung <pupung1986@gmail.
From: aji mumpung <pupung1986@gmail.
Subject: Re: [belajar-excel] Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet database dengan button Simpan
To: belajar-excel@
Date: Monday, November 5, 2012, 5:53 AM
Â
coba coding berikut:
Public Sub Simpan()  Dim rgScore As Range             ' deklarasikan range score yang akan dicopi ke sheet Database
  Set rgScore = Sheets("Input"
     Dim hdScore As Range             ' deklarasi variabel untuk menyimpan header score "E"
  Set hdScore = Sheets("Input"
  If hdScore.Offset(
    hdScore.Offset(
    Else                   ' selain itu, berarti di bawah header ada datanya
    hdScore.End(
  End If     ActiveCell.Value = rgScore.Value       ' proses copi data score dari sheet Input ke Database
     ' untuk Nomer tes & Nama silakan disesuaikan sendiri lokasi range Input dan Database
  ' semua yang Dim yang di atas di gabung menjadi satu dan ditulis di paling atas di bawah Sub SimpanEnd Sub
belum di tes, tetapi insya Allah bisa jalan sesuai harapan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 08:45, Lembaga Psikologi Intelektualita <intelektualita@
Â
Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya
dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa.Â
Mohon pencerahannya.
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.
Terima kasih
Bayu
Sun Nov 4, 2012 10:52 pm (PST) . Posted by:
"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
Coba tambahkan code ini dibawah range("u8:ab8"
Lastrow = sheet2.cells(
Sheet2.cells(
-----Original Message-----
From: Lembaga Psikologi Intelektualita <intelektualita@
Sender: belajar-excel@
Date: Mon, 5 Nov 2012 09:45:17
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Flag this message Cara Memasukan data dari sheet input ke sheet database dengan button Simpan
Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut
akan tersimpan ke dalam sheet database. Dalam form tsb memiliki 2 tombol yaitu SIMPAN & HAPUS. Saya sudah coba melakukannya
dengan record macro,namun hasilnya data di database bisa terkopi ke
sheet database tetapi tidak bisa urut ke bawah, selalu menimpa.
Mohon pencerahannya.
Saya melampirkan filenya
semoga teman-teman semua dapat membantu.
Terima kasih
Bayu
Sun Nov 4, 2012 9:25 pm (PST) . Posted by:
"Kelik Pitoyo"
Selamat Pagi,
Mr. Kid,
Terima kasih atas masukanya,
Sebelumnya maaf Telah melebihi Quota batas file.
Berikut kendala saya:
1. Format yang saya gunakan sudah ada di banyak tempat, jadi format laporan tersebut sudah ngelink ke beberapa tempat.
2. Bila disusun seperti masukan Mr. Kid, maksudnya nanti dalam formnya hanya terisi 1 item saja, pemahaman saya.
Dan saya hanya memanfaatkan dari file yang sudah ada, karena keterbatann saya.
3. Sementara sudah dapat solusi walau dengan batasan jumlah baris berikut formula di format laporannya:
=SUMPRODUCT(($D$5:$D$1000=$P6)*(TEXT($C$5:$C$1000;"mmmm")=$AC$3)*($L$5:$L$1000)), di tiap kolom bulan.
Nah, timbul masalah baru:
Karena file rencana saya simpan di Server, terkendala nanti kompi yang akan akses file tidak sama setting-nya, Bahasa Indonesia dan Inggris. Bila setting Bahasa Indonesia, ketikan nama bulan seperti yang saya Posting, tapi bila kompinya bahasa Inggris rumus tsb diatas tidak cocok dengan tulisan di kolom nama bulan yang saya ketik. (Oktober â October)
4. Jadi rencana saya file ini akan diakses ke beberapa kompi dengan berbeda setting bahasanya. Untuk itu diperlukan rumus yang bisa diterima setiap kompi kondisi nama bulan tersebut.
Demikian terima kasih, atensi dan perhatiannnya.
Ditunggu masukan-nya lagi.
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 02 Nopember 2012 18:57
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor
Bagaimana jika tabel yang diinginkan itu diletakkan di sheet lain. Karena dataset tersebut masuk golongan output.
Coba manfaatkan pivot table. Nama range yang menjadi data source pivot table bisa di assign melalui proses simpan atau edit.
Sertakan proses refresh pivot table pada akhir proses input atau edit.
Jika kolom Item1 sampai Item3 dan Nominal1 sampai Nominal3 disusun (saat simpan melalui proses input atau edit) menjadi beberapa baris, maka proses pengolahan daat akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Misal, berapa total budget kerupuk antara tanggal tertentu untuk no budget tertentu.
Jadi, kolom database akan seperti :
PV TGL NO_BUDGET DESC_BUDGET ITEM_NUMBER NOMINAL
Wassalam,
Kid.
2012/10/29 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.co.id >
Dear Be Exceller,
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan-bantuan yang sebelumnya .
Kemudian saya minta maaf telah menggunakan dan telah merubah file ini sesuai dengan kebutuhan saya.
Saya ingin bantuan lagi dari Master dan Be exeller semua.
Keinginan saya, begitu data di tansfer/disimpan, selajutnya di DATAbase, akan masuk lagi ke kolom disamping sesuai dengan Bulan dan No Budget masing-masing (dijumlahkan bila No. Budgetnya dan bulan sama).
Terima kasih atas bantuannya,
Salam,
Kelik
_
Mr. Kid,
Terima kasih atas masukanya,
Sebelumnya maaf Telah melebihi Quota batas file.
Berikut kendala saya:
1. Format yang saya gunakan sudah ada di banyak tempat, jadi format laporan tersebut sudah ngelink ke beberapa tempat.
2. Bila disusun seperti masukan Mr. Kid, maksudnya nanti dalam formnya hanya terisi 1 item saja, pemahaman saya.
Dan saya hanya memanfaatkan dari file yang sudah ada, karena keterbatann saya.
3. Sementara sudah dapat solusi walau dengan batasan jumlah baris berikut formula di format laporannya:
=SUMPRODUCT(
Nah, timbul masalah baru:
Karena file rencana saya simpan di Server, terkendala nanti kompi yang akan akses file tidak sama setting-nya, Bahasa Indonesia dan Inggris. Bila setting Bahasa Indonesia, ketikan nama bulan seperti yang saya Posting, tapi bila kompinya bahasa Inggris rumus tsb diatas tidak cocok dengan tulisan di kolom nama bulan yang saya ketik. (Oktober â October)
4. Jadi rencana saya file ini akan diakses ke beberapa kompi dengan berbeda setting bahasanya. Untuk itu diperlukan rumus yang bisa diterima setiap kompi kondisi nama bulan tersebut.
Demikian terima kasih, atensi dan perhatiannnya.
Ditunggu masukan-nya lagi.
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@
Sent: 02 Nopember 2012 18:57
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor
Bagaimana jika tabel yang diinginkan itu diletakkan di sheet lain. Karena dataset tersebut masuk golongan output.
Coba manfaatkan pivot table. Nama range yang menjadi data source pivot table bisa di assign melalui proses simpan atau edit.
Sertakan proses refresh pivot table pada akhir proses input atau edit.
Jika kolom Item1 sampai Item3 dan Nominal1 sampai Nominal3 disusun (saat simpan melalui proses input atau edit) menjadi beberapa baris, maka proses pengolahan daat akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Misal, berapa total budget kerupuk antara tanggal tertentu untuk no budget tertentu.
Jadi, kolom database akan seperti :
PV TGL NO_BUDGET DESC_BUDGET ITEM_NUMBER NOMINAL
Wassalam,
Kid.
2012/10/29 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.
Dear Be Exceller,
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan-bantuan yang sebelumnya .
Kemudian saya minta maaf telah menggunakan dan telah merubah file ini sesuai dengan kebutuhan saya.
Saya ingin bantuan lagi dari Master dan Be exeller semua.
Keinginan saya, begitu data di tansfer/disimpan, selajutnya di DATAbase, akan masuk lagi ke kolom disamping sesuai dengan Bulan dan No Budget masing-masing (dijumlahkan bila No. Budgetnya dan bulan sama).
Terima kasih atas bantuannya,
Salam,
Kelik
_
Sun Nov 4, 2012 11:10 pm (PST) . Posted by:
"Ridwan Rahman" ridwan7677@ymail.com
1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
(kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
pada form inputan.
Mohon pencerahannya ....
Salam
Ridwan Rahman
terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
(kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
pada form inputan.
Mohon pencerahannya ....
Salam
Ridwan Rahman
Mon Nov 5, 2012 1:35 am (PST) . Posted by:
"aji mumpung"
saya tidak tau apakah script dari pak masyhud .aka. mbak Siti sudah diubah
atau belum,
tetapi seharusnya code berikut:
For n = 0 To i - *0*
ditulis seperti ini:
For n = 0 To i - *2*
untuk alur logikanya, mungkin dari member millis ini ada yang bisa
menjelaskan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 14:10, Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> 1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
> terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
> (kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
> 2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
> pada form inputan.
>
> Mohon pencerahannya ....
>
> Salam
> Ridwan Rahman
>
>
>
atau belum,
tetapi seharusnya code berikut:
For n = 0 To i - *0*
ditulis seperti ini:
For n = 0 To i - *2*
untuk alur logikanya, mungkin dari member millis ini ada yang bisa
menjelaskan
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 5 November 2012 14:10, Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.
> **
>
>
> 1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
> terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
> (kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
> 2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
> pada form inputan.
>
> Mohon pencerahannya ....
>
> Salam
> Ridwan Rahman
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar