15 New Messages
Digest #1887
Messages
Mon Nov 5, 2012 2:09 am (PST) . Posted by:
"Kelik Pitoyo"
Selamat Sore Be Exceller,
Berikut file terakhir jadinya,mungkin masih ada beberapa kekurangan.
Mungkin berguna untuk yang lain.
Terima kasih,
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Kelik Pitoyo
Sent: 05 Nopember 2012 8:52
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor
Selamat Pagi,
Mr. Kid,
Terima kasih atas masukanya,
Sebelumnya maaf Telah melebihi Quota batas file.
Berikut kendala saya:
1. Format yang saya gunakan sudah ada di banyak tempat, jadi format laporan tersebut sudah ngelink ke beberapa tempat.
2. Bila disusun seperti masukan Mr. Kid, maksudnya nanti dalam formnya hanya terisi 1 item saja, pemahaman saya.
Dan saya hanya memanfaatkan dari file yang sudah ada, karena keterbatann saya.
3. Sementara sudah dapat solusi walau dengan batasan jumlah baris berikut formula di format laporannya:
=SUMPRODUCT(($D$5:$D$1000=$P6)*(TEXT($C$5:$C$1000;"mmmm")=$AC$3)*($L$5:$L$1000)), di tiap kolom bulan.
Nah, timbul masalah baru:
Karena file rencana saya simpan di Server, terkendala nanti kompi yang akan akses file tidak sama setting-nya, Bahasa Indonesia dan Inggris. Bila setting Bahasa Indonesia, ketikan nama bulan seperti yang saya Posting, tapi bila kompinya bahasa Inggris rumus tsb diatas tidak cocok dengan tulisan di kolom nama bulan yang saya ketik. (Oktober ≠ October)
4. Jadi rencana saya file ini akan diakses ke beberapa kompi dengan berbeda setting bahasanya. Untuk itu diperlukan rumus yang bisa diterima setiap kompi kondisi nama bulan tersebut.
Demikian terima kasih, atensi dan perhatiannnya.
Ditunggu masukan-nya lagi.
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 02 Nopember 2012 18:57
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor
Bagaimana jika tabel yang diinginkan itu diletakkan di sheet lain. Karena dataset tersebut masuk golongan output.
Coba manfaatkan pivot table. Nama range yang menjadi data source pivot table bisa di assign melalui proses simpan atau edit.
Sertakan proses refresh pivot table pada akhir proses input atau edit.
Jika kolom Item1 sampai Item3 dan Nominal1 sampai Nominal3 disusun (saat simpan melalui proses input atau edit) menjadi beberapa baris, maka proses pengolahan daat akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Misal, berapa total budget kerupuk antara tanggal tertentu untuk no budget tertentu.
Jadi, kolom database akan seperti :
PV TGL NO_BUDGET DESC_BUDGET ITEM_NUMBER NOMINAL
Wassalam,
Kid.
2012/10/29 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.co.id >
Dear Be Exceller,
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan-bantuan yang sebelumnya .
Kemudian saya minta maaf telah menggunakan dan telah merubah file ini sesuai dengan kebutuhan saya.
Saya ingin bantuan lagi dari Master dan Be exeller semua.
Keinginan saya, begitu data di tansfer/disimpan, selajutnya di DATAbase, akan masuk lagi ke kolom disamping sesuai dengan Bulan dan No Budget masing-masing (dijumlahkan bila No. Budgetnya dan bulan sama).
Terima kasih atas bantuannya,
Salam,
Kelik
_
Berikut file terakhir jadinya,mungkin masih ada beberapa kekurangan.
Mungkin berguna untuk yang lain.
Terima kasih,
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@
Sent: 05 Nopember 2012 8:52
To: belajar-excel@
Subject: RE: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor
Selamat Pagi,
Mr. Kid,
Terima kasih atas masukanya,
Sebelumnya maaf Telah melebihi Quota batas file.
Berikut kendala saya:
1. Format yang saya gunakan sudah ada di banyak tempat, jadi format laporan tersebut sudah ngelink ke beberapa tempat.
2. Bila disusun seperti masukan Mr. Kid, maksudnya nanti dalam formnya hanya terisi 1 item saja, pemahaman saya.
Dan saya hanya memanfaatkan dari file yang sudah ada, karena keterbatann saya.
3. Sementara sudah dapat solusi walau dengan batasan jumlah baris berikut formula di format laporannya:
=SUMPRODUCT(
Nah, timbul masalah baru:
Karena file rencana saya simpan di Server, terkendala nanti kompi yang akan akses file tidak sama setting-nya, Bahasa Indonesia dan Inggris. Bila setting Bahasa Indonesia, ketikan nama bulan seperti yang saya Posting, tapi bila kompinya bahasa Inggris rumus tsb diatas tidak cocok dengan tulisan di kolom nama bulan yang saya ketik. (Oktober ≠ October)
4. Jadi rencana saya file ini akan diakses ke beberapa kompi dengan berbeda setting bahasanya. Untuk itu diperlukan rumus yang bisa diterima setiap kompi kondisi nama bulan tersebut.
Demikian terima kasih, atensi dan perhatiannnya.
Ditunggu masukan-nya lagi.
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@
Sent: 02 Nopember 2012 18:57
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Mereport data aktif sesuai bulan dan Nomor
Bagaimana jika tabel yang diinginkan itu diletakkan di sheet lain. Karena dataset tersebut masuk golongan output.
Coba manfaatkan pivot table. Nama range yang menjadi data source pivot table bisa di assign melalui proses simpan atau edit.
Sertakan proses refresh pivot table pada akhir proses input atau edit.
Jika kolom Item1 sampai Item3 dan Nominal1 sampai Nominal3 disusun (saat simpan melalui proses input atau edit) menjadi beberapa baris, maka proses pengolahan daat akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Misal, berapa total budget kerupuk antara tanggal tertentu untuk no budget tertentu.
Jadi, kolom database akan seperti :
PV TGL NO_BUDGET DESC_BUDGET ITEM_NUMBER NOMINAL
Wassalam,
Kid.
2012/10/29 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.
Dear Be Exceller,
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan-bantuan yang sebelumnya .
Kemudian saya minta maaf telah menggunakan dan telah merubah file ini sesuai dengan kebutuhan saya.
Saya ingin bantuan lagi dari Master dan Be exeller semua.
Keinginan saya, begitu data di tansfer/disimpan, selajutnya di DATAbase, akan masuk lagi ke kolom disamping sesuai dengan Bulan dan No Budget masing-masing (dijumlahkan bila No. Budgetnya dan bulan sama).
Terima kasih atas bantuannya,
Salam,
Kelik
_
Mon Nov 5, 2012 12:49 pm (PST) . Posted by:
"Rafli Rafli" r_rafli
Hallo masters,
mau nanya masalah sumproduct.
saya coba pakai sumproduct untuk mencari nilai dari cell tertentu di tab "Msched"
dan hasilnya di tab "diluted" column E,G,... dst (contohnya di cell E6)
tapi hasil yg keluar adalah #N/A.
mohon solusi untuk permasalahan ini.
Terima kasih.
Salam,
raf
mau nanya masalah sumproduct.
saya coba pakai sumproduct untuk mencari nilai dari cell tertentu di tab "Msched"
dan hasilnya di tab "diluted" column E,G,... dst (contohnya di cell E6)
tapi hasil yg keluar adalah #N/A.
mohon solusi untuk permasalahan ini.
Terima kasih.
Salam,
raf
Mon Nov 5, 2012 1:53 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Raf,
Pada formula :
=SUMPRODUCT((Msched!$D12:$D30=Diluted!$C6)*(Msched!$E$12:$E$30=Diluted!E$3)*
(Msched!$G$12:$G$13))
Bagian yang biru dan merah berisi 19 item array (19 baris x 1 kolom) [dari
12 sampai dengan 30], sedangkan bagian hijau adalah 2 item array (2 baris x
1 kolom) [dari 12 sampai dengan 13].
Komputasi terhadap array umumnya :
>> N baris bagian pertama vs N baris bagian kedua
contoh : (Msched!$D12:$D30=Diluted!$C6)*
(Msched!$E$12:$E$30=Diluted!E$3)
bagian pertama adalah yang biru dan bagian kedua adalah yang merah.
Keduanya memiliki 19 baris
>> N baris bagian pertama vs 1 baris bagian kedua
contoh : Msched!$D12:$D30=Diluted!$C6
bagian pertama adalah yang *dikiri* tanda sama dengan dan bagian
kedua adalah yang *dikanan* sama dengan
Hal ini juga berlaku ketika komputasi antar kolom array.
Coba ubah rujukan G12:G13 menjadi G12:G30
Wassalam,
Kid.
2012/11/6 Rafli Rafli <r_rafli@yahoo.com >
> **
>
>
> Hallo masters,
> mau nanya masalah sumproduct.
> saya coba pakai sumproduct untuk mencari nilai dari cell tertentu di tab
> "Msched"
> dan hasilnya di tab "diluted" column E,G,... dst (contohnya di cell E6)
> tapi hasil yg keluar adalah #N/A.
> mohon solusi untuk permasalahan ini.
> Terima kasih.
>
> Salam,
> raf
>
>
>
Pada formula :
=SUMPRODUCT(
(Msched!$G$12:
Bagian yang biru dan merah berisi 19 item array (19 baris x 1 kolom) [dari
12 sampai dengan 30], sedangkan bagian hijau adalah 2 item array (2 baris x
1 kolom) [dari 12 sampai dengan 13].
Komputasi terhadap array umumnya :
>> N baris bagian pertama vs N baris bagian kedua
contoh : (Msched!$D12:
(Msched!$E$12:
bagian pertama adalah yang biru dan bagian kedua adalah yang merah.
Keduanya memiliki 19 baris
>> N baris bagian pertama vs 1 baris bagian kedua
contoh : Msched!$D12:
bagian pertama adalah yang *dikiri* tanda sama dengan dan bagian
kedua adalah yang *dikanan* sama dengan
Hal ini juga berlaku ketika komputasi antar kolom array.
Coba ubah rujukan G12:G13 menjadi G12:G30
Wassalam,
Kid.
2012/11/6 Rafli Rafli <r_rafli@yahoo.
> **
>
>
> Hallo masters,
> mau nanya masalah sumproduct.
> saya coba pakai sumproduct untuk mencari nilai dari cell tertentu di tab
> "Msched"
> dan hasilnya di tab "diluted" column E,G,... dst (contohnya di cell E6)
> tapi hasil yg keluar adalah #N/A.
> mohon solusi untuk permasalahan ini.
> Terima kasih.
>
> Salam,
> raf
>
>
>
Mon Nov 5, 2012 3:15 pm (PST) . Posted by:
"Rafli Rafli" r_rafli
Sudah dicoba tapi masih tetep error.
Tapi akhirnya ketemu.
saya coba tambah satu kolom di tab"Msched"
kemudian cell2 yang blank diantara kolom D juga diisi dengan rumus
=IF(E12="",A11,E12)
sehingga semua cell terisi
aresultnya keluar
tengkyu pencerahannya pak Kid...
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 6 November 2012 7:16 AM
Subject: Re: [belajar-excel] #N/A pada sumproduct
Hai Raf,
Pada formula :
=SUMPRODUCT((Msched!$D12:$D30=Diluted!$C6)*(Msched!$E$12:$E$30=Diluted!E$3)*(Msched!$G$12:$G$13))
Bagian yang biru dan merah berisi 19 item array (19 baris x 1 kolom) [dari 12 sampai dengan 30], sedangkan bagian hijau adalah 2 item array (2 baris x 1 kolom) [dari 12 sampai dengan 13].
Komputasi terhadap array umumnya :
>> N baris bagian pertama vs N baris bagian kedua
contoh : (Msched!$D12:$D30=Diluted!$C6)*(Msched!$E$12:$E$30=Diluted!E$3)
bagian pertama adalah yang birudan bagian kedua adalah yang merah. Keduanya memiliki 19 baris
>> Nbaris bagian pertama vs 1 baris bagian kedua
contoh : Msched!$D12:$D30=Diluted!$C6
bagian pertama adalah yang dikiri tanda sama dengan dan bagian kedua adalah yang dikanan sama dengan
Hal ini juga berlaku ketika komputasi antar kolom array.
Coba ubah rujukan G12:G13 menjadi G12:G30
Wassalam,
Kid.
2012/11/6 Rafli Rafli <r_rafli@yahoo.com >
>Hallo masters,
>mau nanya masalah sumproduct.
>saya coba pakai sumproduct untuk mencari nilai dari cell tertentu di tab "Msched"
>dan hasilnya di tab "diluted" column E,G,... dst (contohnya di cell E6)
>tapi hasil yg keluar adalah #N/A.
>mohon solusi untuk permasalahan ini.
>Terima kasih.
>
>Salam,
>raf
>
>
>
>
Tapi akhirnya ketemu.
saya coba tambah satu kolom di tab"Msched"
kemudian cell2 yang blank diantara kolom D juga diisi dengan rumus
=IF(E12="",A11,
sehingga semua cell terisi
aresultnya keluar
tengkyu pencerahannya pak Kid...
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 6 November 2012 7:16 AM
Subject: Re: [belajar-excel] #N/A pada sumproduct
Hai Raf,
Pada formula :
=SUMPRODUCT(
Bagian yang biru dan merah berisi 19 item array (19 baris x 1 kolom) [dari 12 sampai dengan 30], sedangkan bagian hijau adalah 2 item array (2 baris x 1 kolom) [dari 12 sampai dengan 13].
Komputasi terhadap array umumnya :
>> N baris bagian pertama vs N baris bagian kedua
contoh : (Msched!$D12:
bagian pertama adalah yang birudan bagian kedua adalah yang merah. Keduanya memiliki 19 baris
>> Nbaris bagian pertama vs 1 baris bagian kedua
contoh : Msched!$D12:
bagian pertama adalah yang dikiri tanda sama dengan dan bagian kedua adalah yang dikanan sama dengan
Hal ini juga berlaku ketika komputasi antar kolom array.
Coba ubah rujukan G12:G13 menjadi G12:G30
Wassalam,
Kid.
2012/11/6 Rafli Rafli <r_rafli@yahoo.
>Hallo masters,
>mau nanya masalah sumproduct.
>saya coba pakai sumproduct untuk mencari nilai dari cell tertentu di tab "Msched"
>dan hasilnya di tab "diluted" column E,G,... dst (contohnya di cell E6)
>tapi hasil yg keluar adalah #N/A.
>mohon solusi untuk permasalahan ini.
>Terima kasih.
>
>Salam,
>raf
>
>
>
>
Mon Nov 5, 2012 2:40 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Ridwan,
Salah satu cara untuk membuat script bisa sesuai lagi dalam memindahkan
data ke sheet data sudah dicontohkan oleh Pak Aji.
Berikut script buatan mbake yang Anda pakai.
Private Sub
Simpan_Click()
'deklarasi prosedur
' by siti Vi / 29 jul 2010
' modified by Haps / 29 Dec 2010
' kid :: tambahkan dongeng per baris 2012-11-06
Dim DatForm As Range, dBTabel As Range
'deklarasi range di sheet INV , di sheet MUTASI
Dim n As Long, r As Long, i As Long, c As Integer
'deklarasi indeks record,gak tahu,jumlah record input,indeks kolom
Dim NewRow As
Long 'deklarasi
nomor baris Excel sheet mutasi di baris baru
Dim KolB As
Range
'deklarasi range kolom B sheet Inv berisi data inputan
Set dBTabel = Sheets("Mutasi").Range("A1").CurrentRegion 'definisi
data di sheet Mutasi
NewRow = dBTabel.Rows.Count + 1
'definisi nomor baris Excel kosong pertama di sheet Mutasi
i =
1
'init jumlah record inputan (sheet inv)
Set DatForm = Sheets("INV").Range("B7")
'definisi anchor sheet inv
'--------------------------------------
Set KolB = Range(DatForm, DatForm.End(xlDown)) 'definisi
cell terakhir data di kolom B sheet inv (inputan)
If WorksheetFunction.CountA(KolB) = 0 Then 'cek
berdasar jumlah cell berisi data di sheet inv
MsgBox "No.Invoice Belum Di-ISI!!!!!!....."
'pesan ke user karena tidak ada data di sheet inv
Exit
Sub
'keluar dari prosedur karena tidak ada data di sheet inv
End
If
'akhir blok cek berdasar jumlah cell berisi data di sheet inv
'-----------------------------------
While Len(DatForm(i, 1).Value) >
0 'loop untuk cek adanya data di
kolom B
i = i +
1
'menghitung jumlah baris yang ada datanya di kolom B
Wend
'melakukan loop sampai cek tidak terpenuhi
Set DatForm = DatForm.Resize(i - 1, 5)
'definisi kolom B yang berisi data inputan di sheet inv
With
DatForm.Parent
'parkir di pointer object worksheet inv
For n = 0 To i -
0 'loop
dari n=0 sampai n = i (jumlah record input)
dBTabel(NewRow + n, 1) = .Cells(1, 2).Value
'tulis data key ke-1
dBTabel(NewRow + n, 2) = .Cells(2, 3).Value 'tulis
data key ke-2
dBTabel(NewRow + n, 3) = .Cells(3, 3).Value 'tulis
data key ke-3
dBTabel(NewRow + n, 4) = .Cells(4, 3).Value 'tulis
data key ke-4
For c = 1 To
4 'loop
dari c=1 sampai c=4 (setiap kolom disebuah record sheet inv)
dBTabel(NewRow + n, c + 4) = DatForm(n + 1, c).Value 'salin
nilainya ke sheet mutasi baris baru + n
Next
c
'ke kolom berikutnya
Next
n
'ke nilai n berikutnya
End
With
'selesai kerja di pointer object worksheet inv
dBTabel.Parent.Activate
'aktifkan sheet mutasi
'Sheets("Util").Cells(1) = Sheets("Util").Cells(1) + 1
'perintah tidak aktif
'dBTabel.Parent.Activate: Cells(1).Activate
'perintah tidak aktif
Worksheets("INV").Range("C3").ClearContents
'bersihkan cell c3 sheet inv
Sheets("INV").Select
'aktifkan sheet inv
End
Sub
'akhir prosedur
Entah ada bagian yang diubah atau tidak, saya ndak tahu. Jika ada,
sebaiknya diberi keterangan siapa yang mengubah (seperti yang dicontohkan
mbak haps.
>> Bagian merah :
Menentukan nomor baris Excel kosong pertama sebagai baris pertama lokasi
penulisan data berikutnya di sheet mutasi.
Pada perintah ini, NewRow adalah lokasi penulisan record input pertama
(ke-1). [diingat ya]
>> Bagian hijau :
Variabel i adalah jumlah record input di sheet Inv. Ditentukan titik
awalnya 1.
Ketika dilakukan pemeriksaan terhadap isi kolom B ruang inputan, jika ada
isinya, variabel i akan ditambah 1.
Jadi, pada proses loop While *pertama *kali ditemukan adanya data di kolom
B,
status baris itu adalah i=2 karena i titik awal ditambah 1 (i=i+1).
Andaikan ada 6 record input, maka i akhir akan bernilai 7.
Oleh sebab itu, saat penentuan range DatForm yang berisi data, ada proses
pengurangan dengan 1 lagi disisi barisnya.
Dengan begitu, rujukan range DatForm benar-benar akan sebanyak jumlah
record inputan (yang akan disimpan).
>> Bagian magenta :
Proses loop dimulai dengan n=0 dimana n adalah penambah jumlah baris. Tapi,
pada sisi akhirnya dibatasi oleh n sebanyak i-0 alias senilai i (dan i
bukanlah jumlah record input). Jadi ada inkonsistensi disini, dimana titik
awal loop status n adalah penambah jumlah baris pertama yaitu bernilai 0,
sedangkan penambah jumlah baris terakhir adalah sebanyak jumlah record yang
telah dipengaruhi titik awal i yang bernilai 1, alias kelebihan 1 record
dari jumlah record yang seharusnya.
Semestinya, jika n ditentukan sebagai penambah jumlah baris yang dimulai
dengan 0, maka titik akhir loop adalah sebanyak jumlah record inputan
dikurangi 1, sehingga interval dari titik awal n sampai titik akhir n tetap
sebanyak jumlah record inputan.
Jumlah record inputan adalah sebanyak i-1 (lihat bagian definisi range
DatForm yang ada pengurangan 1 terhadap i agar benar mencapai jumlah record
yang sesungguhnya).
Ketika dibutuhkan batas akhir n adalah jumlah record inputan dikurangi 1,
maka batas akhir n adalah (i-1) - 1 = i-2
Maka bagian loop n akan berbunyi :
For n=0 to (i-1)-1
atau
For n=0 to i-2
Dengan begitu, seluruh proses penulisan dan pembacaan nilai yang dilakukan
didalam proses loop akan bekerja secara konsisten karena konsistensi
penentuan titik awal n dan titik akhir n.
Wassalam,
Kid.
2012/11/5 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com >
> **
>
>
> 1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
> terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
> (kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
> 2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
> pada form inputan.
>
> Mohon pencerahannya ....
>
> Salam
> Ridwan Rahman
>
>
>
Salah satu cara untuk membuat script bisa sesuai lagi dalam memindahkan
data ke sheet data sudah dicontohkan oleh Pak Aji.
Berikut script buatan mbake yang Anda pakai.
Private Sub
Simpan_Click(
'deklarasi prosedur
' by siti Vi / 29 jul 2010
' modified by Haps / 29 Dec 2010
' kid :: tambahkan dongeng per baris 2012-11-06
Dim DatForm As Range, dBTabel As Range
'deklarasi range di sheet INV , di sheet MUTASI
Dim n As Long, r As Long, i As Long, c As Integer
'deklarasi indeks record,gak tahu,jumlah record input,indeks kolom
Dim NewRow As
Long 'deklarasi
nomor baris Excel sheet mutasi di baris baru
Dim KolB As
Range
'deklarasi range kolom B sheet Inv berisi data inputan
Set dBTabel = Sheets("Mutasi"
data di sheet Mutasi
NewRow = dBTabel.Rows.
'definisi nomor baris Excel kosong pertama di sheet Mutasi
i =
1
'init jumlah record inputan (sheet inv)
Set DatForm = Sheets("INV"
'definisi anchor sheet inv
'-----------
Set KolB = Range(DatForm, DatForm.End(
cell terakhir data di kolom B sheet inv (inputan)
If WorksheetFunction.
berdasar jumlah cell berisi data di sheet inv
MsgBox "No.Invoice Belum Di-ISI!!!!!!
'pesan ke user karena tidak ada data di sheet inv
Exit
Sub
'keluar dari prosedur karena tidak ada data di sheet inv
End
If
'akhir blok cek berdasar jumlah cell berisi data di sheet inv
'-----------
While Len(DatForm(
0 'loop untuk cek adanya data di
kolom B
i = i +
1
'menghitung jumlah baris yang ada datanya di kolom B
Wend
'melakukan loop sampai cek tidak terpenuhi
Set DatForm = DatForm.Resize(
'definisi kolom B yang berisi data inputan di sheet inv
With
DatForm.Parent
'parkir di pointer object worksheet inv
For n = 0 To i -
0 'loop
dari n=0 sampai n = i (jumlah record input)
dBTabel(NewRow + n, 1) = .Cells(1, 2).Value
'tulis data key ke-1
dBTabel(NewRow + n, 2) = .Cells(2, 3).Value 'tulis
data key ke-2
dBTabel(NewRow + n, 3) = .Cells(3, 3).Value 'tulis
data key ke-3
dBTabel(NewRow + n, 4) = .Cells(4, 3).Value 'tulis
data key ke-4
For c = 1 To
4 'loop
dari c=1 sampai c=4 (setiap kolom disebuah record sheet inv)
dBTabel(NewRow + n, c + 4) = DatForm(n + 1, c).Value 'salin
nilainya ke sheet mutasi baris baru + n
Next
c
'ke kolom berikutnya
Next
n
'ke nilai n berikutnya
End
With
'selesai kerja di pointer object worksheet inv
dBTabel.Parent.
'aktifkan sheet mutasi
'Sheets("Util"
'perintah tidak aktif
'dBTabel.Parent.
'perintah tidak aktif
Worksheets("
'bersihkan cell c3 sheet inv
Sheets("INV"
'aktifkan sheet inv
End
Sub
'akhir prosedur
Entah ada bagian yang diubah atau tidak, saya ndak tahu. Jika ada,
sebaiknya diberi keterangan siapa yang mengubah (seperti yang dicontohkan
mbak haps.
>> Bagian merah :
Menentukan nomor baris Excel kosong pertama sebagai baris pertama lokasi
penulisan data berikutnya di sheet mutasi.
Pada perintah ini, NewRow adalah lokasi penulisan record input pertama
(ke-1). [diingat ya]
>> Bagian hijau :
Variabel i adalah jumlah record input di sheet Inv. Ditentukan titik
awalnya 1.
Ketika dilakukan pemeriksaan terhadap isi kolom B ruang inputan, jika ada
isinya, variabel i akan ditambah 1.
Jadi, pada proses loop While *pertama *kali ditemukan adanya data di kolom
B,
status baris itu adalah i=2 karena i titik awal ditambah 1 (i=i+1).
Andaikan ada 6 record input, maka i akhir akan bernilai 7.
Oleh sebab itu, saat penentuan range DatForm yang berisi data, ada proses
pengurangan dengan 1 lagi disisi barisnya.
Dengan begitu, rujukan range DatForm benar-benar akan sebanyak jumlah
record inputan (yang akan disimpan).
>> Bagian magenta :
Proses loop dimulai dengan n=0 dimana n adalah penambah jumlah baris. Tapi,
pada sisi akhirnya dibatasi oleh n sebanyak i-0 alias senilai i (dan i
bukanlah jumlah record input). Jadi ada inkonsistensi disini, dimana titik
awal loop status n adalah penambah jumlah baris pertama yaitu bernilai 0,
sedangkan penambah jumlah baris terakhir adalah sebanyak jumlah record yang
telah dipengaruhi titik awal i yang bernilai 1, alias kelebihan 1 record
dari jumlah record yang seharusnya.
Semestinya, jika n ditentukan sebagai penambah jumlah baris yang dimulai
dengan 0, maka titik akhir loop adalah sebanyak jumlah record inputan
dikurangi 1, sehingga interval dari titik awal n sampai titik akhir n tetap
sebanyak jumlah record inputan.
Jumlah record inputan adalah sebanyak i-1 (lihat bagian definisi range
DatForm yang ada pengurangan 1 terhadap i agar benar mencapai jumlah record
yang sesungguhnya)
Ketika dibutuhkan batas akhir n adalah jumlah record inputan dikurangi 1,
maka batas akhir n adalah (i-1) - 1 = i-2
Maka bagian loop n akan berbunyi :
For n=0 to (i-1)-1
atau
For n=0 to i-2
Dengan begitu, seluruh proses penulisan dan pembacaan nilai yang dilakukan
didalam proses loop akan bekerja secara konsisten karena konsistensi
penentuan titik awal n dan titik akhir n.
Wassalam,
Kid.
2012/11/5 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.
> **
>
>
> 1. Mohon bantuan dari rekan-rekan, apa yang salah dari macro pada file
> terlampir, sehingga hasil input yang dipindahkan ke sheet data tidak sesuai
> (kalau bisa mohon dijelaskan maksud dr. rumus macro tsb).
> 2. Mohon dijelaskan pula bagai mana mencegah agar tidak terjadi duplikasi
> pada form inputan.
>
> Mohon pencerahannya ....
>
> Salam
> Ridwan Rahman
>
>
>
Mon Nov 5, 2012 11:25 pm (PST) . Posted by:
"Ridwan Rahman" ridwan7677@ymail.com
Terima kasih aji mumpung dan mr.kid, pembelajaran buat saya
Mon Nov 5, 2012 7:01 pm (PST) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Dear para master excel,
Saya punya kendala dengan kerjaan saya, dimana harus menghitung garis2 antara satu titik ke titik yg lain pada gambar seperti dicontoh. Selama ini cara menghitungnya mengandalkan visual saja. Tapi kelemahannya visual, bisa saja yang dihitung tidak membentuk garis lurus. Maka dari itu, saya ingin bertanya seandainya form input di modifikasi object imagenya dengan memberi garis lurus warna merah. Tujuannya agar lebih maximal lagi kerjanya dan meminimalisasi kesalahan.
Berikut saya sertakan contoh filenya, karena filenya lebih dari 250KB maka saya upload di boxnet:
https://www.box.com/s/izfudbk98by3gzb82ztj
1. Modifikasi image dalam form input, jika meng-klik pada object image 2titik, maka terbentuk garis lurus warna merah diantara 2titik tersebut.
2. Diberi fungsi undo atau menghapus garis lurus merah yg di klik 2titik tadi. Berguna jika terjadi salah penitikan
Mohon bantuannya sebelumnya saya ucapkan terimakasih yg sebesar2nya
Regard,
Opik
Saya punya kendala dengan kerjaan saya, dimana harus menghitung garis2 antara satu titik ke titik yg lain pada gambar seperti dicontoh. Selama ini cara menghitungnya mengandalkan visual saja. Tapi kelemahannya visual, bisa saja yang dihitung tidak membentuk garis lurus. Maka dari itu, saya ingin bertanya seandainya form input di modifikasi object imagenya dengan memberi garis lurus warna merah. Tujuannya agar lebih maximal lagi kerjanya dan meminimalisasi kesalahan.
Berikut saya sertakan contoh filenya, karena filenya lebih dari 250KB maka saya upload di boxnet:
https://www.
1. Modifikasi image dalam form input, jika meng-klik pada object image 2titik, maka terbentuk garis lurus warna merah diantara 2titik tersebut.
2. Diberi fungsi undo atau menghapus garis lurus merah yg di klik 2titik tadi. Berguna jika terjadi salah penitikan
Mohon bantuannya sebelumnya saya ucapkan terimakasih yg sebesar2nya
Regard,
Opik
Mon Nov 5, 2012 10:20 pm (PST) . Posted by:
"Agus Erwanto" erwanto_agus
Dear Para Pakar Excell
saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar
agus
saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar
agus
Mon Nov 5, 2012 10:52 pm (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Mas Agus,
Apakah pertanyaannya = judul ?
Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?
Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 6 November 2012, 9:03
Subject: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Dear Para Pakar Excell
saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
* Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
* Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar
agus
Apakah pertanyaannya = judul ?
Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?
Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 6 November 2012, 9:03
Subject: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Dear Para Pakar Excell
saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
* Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
* Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar
agus
Tue Nov 6, 2012 1:36 am (PST) . Posted by:
"Agus Erwanto" erwanto_agus
Dear Pak Hendrik,
Betul pak,
pertanyaan sama dengan judul, dimana file sua dan data digabungkan jadi satu.
saya berikan contoh juga di file terlampir.
terimakasih koreksinya .
agus
--- Pada Sel, 6/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com > menulis:
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 6:52 AM
Mas Agus,
Apakah pertanyaannya = judul ?
Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?
Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 6 November 2012, 9:03
Subject: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Dear Para Pakar Excell
saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar
agus
Betul pak,
pertanyaan sama dengan judul, dimana file sua dan data digabungkan jadi satu.
saya berikan contoh juga di file terlampir.
terimakasih koreksinya .
agus
--- Pada Sel, 6/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "belajar-excel@
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 6:52 AM
Mas Agus,
Apakah pertanyaannya = judul ?
Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?
Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 6 November 2012, 9:03
Subject: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Dear Para Pakar Excell
saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar
agus
Tue Nov 6, 2012 9:06 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Silakan coba file terlampir.
Langkah2 untuk menjalankannya:
- Extract lampiran ke Directory D:
- Jika nama Directory atau file diubah maka Range C3 s/d Range C5 harus diubah pula.
- Klik tombol Hapus untuk membersihkan data lama
- Klik tombol Gabung untuk menggabung data.
Semoga sesuai kebutuhan.
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 6 November 2012, 16:35
Subject: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Dear Pak Hendrik,
Betul pak,
pertanyaan sama dengan judul, dimana file sua dan data digabungkan jadi satu.
saya berikan contoh juga di file terlampir.
terimakasih koreksinya .
agus
--- Pada Sel, 6/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com > menulis:
>Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 6:52 AM
>
>
>
>Mas Agus,
>Apakah pertanyaannya = judul ?
>Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?
>
>
>Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id >
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, 6 November 2012, 9:03
>Subject: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
>
>
>
>Dear Para Pakar Excell
>
>saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
>Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
> * Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
> * Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
>terima kasih para pakar
>
>agus
>
>
Langkah2 untuk menjalankannya:
- Extract lampiran ke Directory D:
- Jika nama Directory atau file diubah maka Range C3 s/d Range C5 harus diubah pula.
- Klik tombol Hapus untuk membersihkan data lama
- Klik tombol Gabung untuk menggabung data.
Semoga sesuai kebutuhan.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 6 November 2012, 16:35
Subject: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Dear Pak Hendrik,
Betul pak,
pertanyaan sama dengan judul, dimana file sua dan data digabungkan jadi satu.
saya berikan contoh juga di file terlampir.
terimakasih koreksinya .
agus
--- Pada Sel, 6/11/12, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
>Kepada: "belajar-excel@
>Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 6:52 AM
>
>
>
>Mas Agus,
>Apakah pertanyaannya = judul ?
>Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?
>
>
>Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>___________
> From: Agus Erwanto <erwanto_agus@
>To: belajar-excel@
>Sent: Tuesday, 6 November 2012, 9:03
>Subject: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
>
>
>
>Dear Para Pakar Excell
>
>saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
>Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :
> * Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
> * Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
>terima kasih para pakar
>
>agus
>
>
Mon Nov 5, 2012 11:07 pm (PST) . Posted by:
"agung_teacher" agung_teacher
saya bersyukur bisa bergabung di milis ini, karana banyak ilmu yang bisa saya dapat....
pertanyaan saya,
bagaimana caranya agar cell hanya dapat di input huruf A, B atau C saja?
mohon petunjuk pemecahan masalah tersebut..
terima kasih..
pertanyaan saya,
bagaimana caranya agar cell hanya dapat di input huruf A, B atau C saja?
mohon petunjuk pemecahan masalah tersebut..
terima kasih..
Mon Nov 5, 2012 11:39 pm (PST) . Posted by:
"utthank abe" abe_utthank
bisa pakai data validation
[image: Inline image 1]
[image: Inline image 1]
Tue Nov 6, 2012 8:06 am (PST) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Bapak agung bisa menggunakan Data Validation
Bisa dengan cara membuat list di cell bantuan guna untuk mencocokkan ke cell yg diinginkan agar sesuai dengan data yg valid (list). Kemudian klik
cell yg mau di input, Ribbon Data, Data Validation, List, Source isi
dengan list sesuai cell yg tadi dibuat.
Semoga bisa membantu persoalan bapak
Regard,
Opik
____________
From: agung_teacher <agung_teacher@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, November 6, 2012 2:02 PM
Subject: [belajar-excel] input cell hanya huruf A, B, atau C
saya bersyukur bisa bergabung di milis ini, karana banyak ilmu yang bisa saya dapat....
pertanyaan saya,
bagaimana caranya agar cell hanya dapat di input huruf A, B atau C saja?
mohon petunjuk pemecahan masalah tersebut..
terima kasih..
Tue Nov 6, 2012 6:41 pm (PST) . Posted by:
"dayatshogun46@yahoo.co.id" dayatshogun46
Dear teman teman excel
Mohon bantuan rekan-rekan dalam menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.
Saya punya data rekapan karyawan yang datanya hampir ratusan, jika menggunakan rumus akan lebih lambat dalam pencarian data mungkin rekan rekan bisa bantu cari solusi menggunakan macro.
Data terlampir
Regard's
Dayat
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Mohon bantuan rekan-rekan dalam menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.
Saya punya data rekapan karyawan yang datanya hampir ratusan, jika menggunakan rumus akan lebih lambat dalam pencarian data mungkin rekan rekan bisa bantu cari solusi menggunakan macro.
Data terlampir
Regard's
Dayat
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar