Rabu, 01 Juni 2011

[belajar-excel] Digest Number 1180

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Tanggal otomatis From: Niky_Nugraha@manulife.com
1b.
Bls: [belajar-excel] Tanggal otomatis From: ghozi alkatiri
1c.
Re: Tanggal otomatis From: Yvonne
1d.
Re: Tanggal otomatis From: ghozi alkatiri
1e.
Re: Tanggal otomatis From: Yvonne
2.1.
File - Peraturan Milis belajar-excel From: belajar-excel@yahoogroups.com
3a.
Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: akbar arsyad
3b.
Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: Eka Subyantara
3c.
Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: Angga Gurmilang Sedar
3d.
Bls: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: akbar arsyad
3e.
Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: Mr. Kid
3f.
Re: Bls: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: Angga Gurmilang Sedar
3g.
Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel From: Eka Subyantara
4a.
mencari data yg tidak ada & diwarnai From: Mulki Akbar
4b.
Re: mencari data yg tidak ada & diwarnai From: Angga Gurmilang Sedar
4c.
Re: mencari data yg tidak ada & diwarnai From: Angga Gurmilang Sedar
4d.
Re: mencari data yg tidak ada & diwarnai From: Mr. Kid
5a.
Re: FILTER DENGAN MACRO From: Sony Ario
6a.
Re: sortcut paste special From: Kusnadi DS
6b.
Re: sortcut paste special From: Eka Subyantara
7a.
DROPDOWN LIST From: Ahmad Fauzi
7b.
Re: DROPDOWN LIST From: STDEV(i)
8.
Bls: [belajar-excel] mencari data yg tidak ada & diwarnai From: ghozi alkatiri
9a.
Hyperlink From: zamrony
9b.
Re: Hyperlink From: Franciscus SOG

Messages

1a.

Tanggal otomatis

Posted by: "Niky_Nugraha@manulife.com" Niky_Nugraha@manulife.com

Wed Jun 1, 2011 1:57 am (PDT)



Dear Para Master Excel,

Saya butuh bantuan nih mengenai penginputan tanggal secara otomatis
mengikuti tanggal di sistem saat ini.
Tetapi tanggal-tanggal kemarin yang mengikuti sistem tidak berubah.

Untuk lebih jelasnya ada di attachment.

Best regards,

Niky Nugraha
1b.

Bls: [belajar-excel] Tanggal otomatis

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Jun 1, 2011 3:08 am (PDT)



untuk input tanggal aktual permanen tidak bisa menggunakan fungsi NOW karena dengan fungsi NOW tanggal akan selalu berubah dinamis sesuai dengan tanggal sistem pada saat computer on.

satu satunya cara yang saya ketahui  sampai saat ini untuk menginput tanggal aktual permanen sesuai dengan tanggal sistem pada saat data diinput  adalah dengan dengan cara manual .menggunakan tombol Ctrl + ;

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 1/6/11, Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com> menulis:

Dari: Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com>
Judul: [belajar-excel] Tanggal otomatis
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 3:56 PM

 

Dear Para Master Excel,

Saya butuh bantuan nih mengenai penginputan
tanggal secara otomatis mengikuti tanggal di sistem saat ini.

Tetapi tanggal-tanggal kemarin yang
mengikuti sistem tidak berubah.

Untuk lebih jelasnya ada di attachment.

Best regards,

 

 Niky Nugraha

1c.

Re: Tanggal otomatis

Posted by: "Yvonne" yvonne@astridogroup.com

Wed Jun 1, 2011 3:25 am (PDT)



caranya gimana pak? kok saya ga bisa ya?

----- Original Message -----
From: ghozi alkatiri
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 01, 2011 5:08 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] Tanggal otomatis

untuk input tanggal aktual permanen tidak bisa menggunakan fungsi NOW karena dengan fungsi NOW tanggal akan selalu berubah dinamis sesuai dengan tanggal sistem pada saat computer on.

satu satunya cara yang saya ketahui sampai saat ini untuk menginput tanggal aktual permanen sesuai dengan tanggal sistem pada saat data diinput adalah dengan dengan cara manual .menggunakan tombol Ctrl + ;

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 1/6/11, Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com> menulis:

Dari: Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com>
Judul: [belajar-excel] Tanggal otomatis
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 3:56 PM

Dear Para Master Excel,

Saya butuh bantuan nih mengenai penginputan tanggal secara otomatis mengikuti tanggal di sistem saat ini.
Tetapi tanggal-tanggal kemarin yang mengikuti sistem tidak berubah.

Untuk lebih jelasnya ada di attachment.

Best regards,

Niky Nugraha

1d.

Re: Tanggal otomatis

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Jun 1, 2011 3:33 am (PDT)



pilih cell yang mau diisi tanggal aktual tekan  tombol Ctrl dan ;bersamaan

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 1/6/11, Yvonne <yvonne@astridogroup.com> menulis:

Dari: Yvonne <yvonne@astridogroup.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal otomatis
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 5:25 PM

 



caranya gimana pak? kok saya ga
bisa ya?
 

----- Original Message -----
From:
ghozi alkatiri
To: belajar-excel@yahoogroups.com

Sent: Wednesday, June 01, 2011 5:08
PM
Subject: Bls: [belajar-excel] Tanggal
otomatis

 





untuk input tanggal aktual permanen tidak bisa
menggunakan fungsi NOW karena dengan fungsi NOW tanggal akan selalu
berubah dinamis sesuai dengan tanggal sistem pada saat computer
on.

satu satunya cara yang saya ketahui  sampai saat ini
untuk menginput tanggal aktual permanen sesuai dengan tanggal sistem
pada saat data diinput  adalah dengan dengan cara manual
.menggunakan tombol Ctrl +
;

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada
Rab, 1/6/11, Niky_Nugraha@manulife.com
<Niky_Nugraha@manulife.com> menulis:

Dari:
Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com>
Judul:
[belajar-excel] Tanggal otomatis
Kepada:
belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 3:56
PM

 


Dear Para Master Excel,


Saya butuh bantuan nih mengenai
penginputan tanggal secara otomatis mengikuti tanggal di sistem saat
ini.
Tetapi tanggal-tanggal
kemarin yang mengikuti sistem tidak berubah.

Untuk lebih jelasnya ada di attachment.


Best regards,
 
 Niky Nugraha


1e.

Re: Tanggal otomatis

Posted by: "Yvonne" yvonne@astridogroup.com

Wed Jun 1, 2011 4:01 am (PDT)



ok pak sudah bisa...tq
----- Original Message -----
From: ghozi alkatiri
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 01, 2011 5:33 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tanggal otomatis

pilih cell yang mau diisi tanggal aktual tekan tombol Ctrl dan ;bersamaan

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 1/6/11, Yvonne <yvonne@astridogroup.com> menulis:

Dari: Yvonne <yvonne@astridogroup.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal otomatis
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 5:25 PM



caranya gimana pak? kok saya ga bisa ya?

----- Original Message -----
From: ghozi alkatiri
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 01, 2011 5:08 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] Tanggal otomatis

untuk input tanggal aktual permanen tidak bisa menggunakan fungsi NOW karena dengan fungsi NOW tanggal akan selalu berubah dinamis sesuai dengan tanggal sistem pada saat computer on.

satu satunya cara yang saya ketahui sampai saat ini untuk menginput tanggal aktual permanen sesuai dengan tanggal sistem pada saat data diinput adalah dengan dengan cara manual .menggunakan tombol Ctrl + ;

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 1/6/11, Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com> menulis:

Dari: Niky_Nugraha@manulife.com <Niky_Nugraha@manulife.com>
Judul: [belajar-excel] Tanggal otomatis
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 3:56 PM

Dear Para Master Excel,

Saya butuh bantuan nih mengenai penginputan tanggal secara otomatis mengikuti tanggal di sistem saat ini.
Tetapi tanggal-tanggal kemarin yang mengikuti sistem tidak berubah.

Untuk lebih jelasnya ada di attachment.

Best regards,

Niky Nugraha

2.1.

File - Peraturan Milis belajar-excel

Posted by: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com

Wed Jun 1, 2011 2:25 am (PDT)




"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated"
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

LAIN LAIN:
==========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan" dsb, hanya akan merusak 'Thread' (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting' (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan", tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri' (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette".

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes", tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

3a.

Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "akbar arsyad" akbar_arsyad@yahoo.co.id   akbar_arsyad

Wed Jun 1, 2011 3:35 am (PDT)



Permisi, saya pengen nanya nih? Kan saya punya list di Excel, dalam satu file
ada dua sheet, sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet
kedua adalah pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut
tersebut. Nah, sekarang saya ingin menambahkan deskripsi yang ada di sheet
pertama ke kolom baru di sheet kedua. Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam
hal ini, codenya ada 5000 dan usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000
kode  jadi ada sekitar 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet
pertama ke sheet kedua. Ada yang punya solusi yang lebih tepat?
 
Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad
3b.

Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id   eka_subyantara

Wed Jun 1, 2011 9:46 am (PDT)



Andai saja ada contoh tabelnya ... Kelihatan juga di tabel itu maunya
seperti apa ...
Mungkin asyik nih mikirnya ...

Maaf, klo sy lg gak mood mikir berat ... Lebih baik nunggu dulu ah ...

= eka =
3c.

Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Wed Jun 1, 2011 10:06 am (PDT)



Terus terang,mumet terang terus...

Mumet karena...
"Klo�jumlahnya dikit sih gp2.�tapi dalam hal ini, codenya ada 5000 dan usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000 kode� jadi ada sekitar 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet pertama ke sheet kedua"

300.000 (tiga ratus ribu) record data, User + Kode... Ngebayangin loading file nya :D.

Semakin mumet...
"sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet kedua adalah pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut"

Jadi dengan kata lain setelah di copas hasilnya User -> code -> deskripsi gitu?

Alangkeh baiknya, Pak Akbar menyertakeun contoh tabel nya, ga usah full ampe 5000 record tapi cukup mewakilkeun. Jadi rekan-rekan disini bisa membantu Pak Akbar tanpa harus mereka-reka bentuk tabel nya seperti apa.


+------------------------+
| Menunggu tabel.|
+------------------------+

----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry� Pinjeman�

-----Original Message-----
From: akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Jun 2011 16:28:59
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>; <XL-mania@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Permisi, saya pengen nanya nih? Kan saya punya list di Excel, dalam satu file
ada dua sheet, sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet
kedua adalah pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut
tersebut. Nah, sekarang saya ingin menambahkan deskripsi�yang ada di sheet
pertama�ke kolom baru di sheet kedua. Klo�jumlahnya dikit sih gp2.�tapi dalam
hal ini, codenya ada 5000 dan usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000
kode� jadi ada sekitar 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet
pertama ke sheet kedua. Ada yang punya solusi yang lebih tepat?

Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad

3d.

Bls: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "akbar arsyad" akbar_arsyad@yahoo.co.id   akbar_arsyad

Wed Jun 1, 2011 10:03 pm (PDT)



Contoh sheetnya

Sheet 1

Nama Kode
Gilang ik45
Gilang lo80
Gilang go84
Gilang li56
Gilang po02
Gilang mb52
Koko mm45
Koko ki12
Koko kb29
Koko ik45
Koko lo80
Jupe go84
Jupe li77
Jupe ko45
Jupe li56
Jupe po02
Jupe mb52
Jupe lg32
Jupe pm54
Sheet 2

Kode Deskripsi
ik45 ikan asin
lo80 lobak besar
go84 minyak goreng
li56 lilin aromaterapi
po02 paket orang
mb52 mobil bekas
mm45 makanan
ki12 kerang itam
kb29 kunci brankas
li77 lilin kecil
ko45 kaus oblong
lg32 tv lg
pm54 paket hemat

jadi sy ingin mengkopi deskripsi ke sheet pertama sesuai dengan sheet deskripsi
kode yang ada di sheet 2.
contoh filenya juga saya lampirkan. mohon bantuannya suhu...

Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad

________________________________
Dari: Angga Gurmilang Sedar <mail@gilangsedar.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 2 Juni, 2011 00:06:29
Judul: Re: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Terus terang,mumet terang terus...

Mumet karena...
"Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam hal ini, codenya ada 5000 dan usernya
ada 300. Masing2 user make sekitar 1000 kode jadi ada sekitar 300.000 data yang
harus saya kopi paste dari sheet pertama ke sheet kedua"

300.000 (tiga ratus ribu) record data, User + Kode... Ngebayangin loading file
nya :D.

Semakin mumet...
"sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet kedua adalah
pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut"

Jadi dengan kata lain setelah di copas hasilnya User -> code -> deskripsi gitu?

Alangkeh baiknya, Pak Akbar menyertakeun contoh tabel nya, ga usah full ampe
5000 record tapi cukup mewakilkeun. Jadi rekan-rekan disini bisa membantu Pak
Akbar tanpa harus mereka-reka bentuk tabel nya seperti apa.

+------------------------+
| Menunggu tabel.|
+------------------------+

----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry® Pinjeman™
________________________________

From: akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Jun 2011 16:28:59 +0800 (SGT)
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>; <XL-mania@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Permisi, saya pengen nanya nih? Kan saya punya list di Excel, dalam satu file
ada dua sheet, sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet
kedua adalah pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut
tersebut. Nah, sekarang saya ingin menambahkan deskripsi yang ada di sheet
pertama ke kolom baru di sheet kedua. Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam
hal ini, codenya ada 5000 dan usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000
kode jadi ada sekitar 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet
pertama ke sheet kedua. Ada yang punya solusi yang lebih tepat?

Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad

3e.

Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 1, 2011 10:09 pm (PDT)



Mungkin yang dimaksud adalah kegiatan lookup data.
Jika hasil formula lookup akan di values-kan, gunakan copas special values.

Kid.

2011/6/2 akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>

>
>
> Contoh sheetnya
>
> Sheet 1
> Nama Kode Gilang ik45 Gilang lo80 Gilang go84 Gilang li56 Gilang
> po02 Gilang mb52 Koko mm45 Koko ki12 Koko kb29 Koko ik45 Koko lo80
> Jupe go84 Jupe li77 Jupe ko45 Jupe li56 Jupe po02 Jupe mb52 Jupe
> lg32 Jupe pm54
> Sheet 2
> Kode Deskripsi ik45 ikan asin lo80 lobak besar go84 minyak goreng
> li56 lilin aromaterapi po02 paket orang mb52 mobil bekas mm45 makanan
> ki12 kerang itam kb29 kunci brankas li77 lilin kecil ko45 kaus oblong
> lg32 tv lg pm54 paket hemat
> jadi sy ingin mengkopi deskripsi ke sheet pertama sesuai dengan sheet
> deskripsi kode yang ada di sheet 2.
> contoh filenya juga saya lampirkan. mohon bantuannya suhu...
>
>
> Terima Kasih,
>
> Akbar Jamaluddin Arsyad
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Angga Gurmilang Sedar <mail@gilangsedar.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Terkirim:* Kam, 2 Juni, 2011 00:06:29
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel
>
>
>
> Terus terang,mumet terang terus...
>
> Mumet karena...
> "Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam hal ini, codenya ada 5000 dan
> usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000 kode jadi ada sekitar
> 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet pertama ke sheet kedua"
>
> 300.000 (tiga ratus ribu) record data, User + Kode... Ngebayangin loading
> file nya :D.
>
> Semakin mumet...
> "sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet kedua
> adalah pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut"
>
> Jadi dengan kata lain setelah di copas hasilnya User -> code -> deskripsi
> gitu?
>
> Alangkeh baiknya, Pak Akbar menyertakeun contoh tabel nya, ga usah full
> ampe 5000 record tapi cukup mewakilkeun. Jadi rekan-rekan disini bisa
> membantu Pak Akbar tanpa harus mereka-reka bentuk tabel nya seperti apa.
>
>
> +------------------------+
> | Menunggu tabel.|
> +------------------------+
>
> ----------------------------------------------------------
> Best Regards,
> Angga Gurmilang Sedar
> ----------------------------------------------------------
> Sent from Blackberry� Pinjeman�
> ------------------------------
> *From: * akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Wed, 1 Jun 2011 16:28:59 +0800 (SGT)
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>; <XL-mania@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel
>
>
>
> Permisi, saya pengen nanya nih? Kan saya punya list di Excel, dalam satu
> file ada dua sheet, sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan
> deskripsinya, sheet kedua adalah pasangan antara user bersama code yag
> digunakan oleh user tersebut tersebut. Nah, sekarang saya ingin menambahkan
> deskripsi yang ada di sheet pertama ke kolom baru di sheet kedua.
> Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam hal ini, codenya ada 5000 dan
> usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000 kode jadi ada sekitar
> 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet pertama ke sheet kedua.
> Ada yang punya solusi yang lebih tepat?
>
>
> Terima Kasih,
>
> Akbar Jamaluddin Arsyad
>
>
>
3f.

Re: Bls: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Wed Jun 1, 2011 10:14 pm (PDT)



Mungkin kah ini VLOOKUP??

Coba di Cell C2 isikan ini
=VLOOKUP(B2,'Kode + Deskripsi!'$A$2:$B$14,2,FALSE)

Maaf kalo jawabnya kurang komplit, krn tidak terhubung dengan inet

----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry® Pinjeman™

-----Original Message-----
From: akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 2 Jun 2011 11:15:17
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Contoh sheetnya

Sheet 1

Nama Kode
Gilang ik45
Gilang lo80
Gilang go84
Gilang li56
Gilang po02
Gilang mb52
Koko mm45
Koko ki12
Koko kb29
Koko ik45
Koko lo80
Jupe go84
Jupe li77
Jupe ko45
Jupe li56
Jupe po02
Jupe mb52
Jupe lg32
Jupe pm54
Sheet 2

Kode Deskripsi
ik45 ikan asin
lo80 lobak besar
go84 minyak goreng
li56 lilin aromaterapi
po02 paket orang
mb52 mobil bekas
mm45 makanan
ki12 kerang itam
kb29 kunci brankas
li77 lilin kecil
ko45 kaus oblong
lg32 tv lg
pm54 paket hemat

jadi sy ingin mengkopi deskripsi ke sheet pertama sesuai dengan sheet deskripsi
kode yang ada di sheet 2.
contoh filenya juga saya lampirkan. mohon bantuannya suhu...

Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad




________________________________
Dari: Angga Gurmilang Sedar <mail@gilangsedar.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 2 Juni, 2011 00:06:29
Judul: Re: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel


Terus terang,mumet terang terus...

Mumet karena...
"Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam hal ini, codenya ada 5000 dan usernya
ada 300. Masing2 user make sekitar 1000 kode jadi ada sekitar 300.000 data yang
harus saya kopi paste dari sheet pertama ke sheet kedua"

300.000 (tiga ratus ribu) record data, User + Kode... Ngebayangin loading file
nya :D.

Semakin mumet...
"sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet kedua adalah
pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut"

Jadi dengan kata lain setelah di copas hasilnya User -> code -> deskripsi gitu?

Alangkeh baiknya, Pak Akbar menyertakeun contoh tabel nya, ga usah full ampe
5000 record tapi cukup mewakilkeun. Jadi rekan-rekan disini bisa membantu Pak
Akbar tanpa harus mereka-reka bentuk tabel nya seperti apa.


+------------------------+
| Menunggu tabel.|
+------------------------+

----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry® Pinjeman™
________________________________

From: akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Jun 2011 16:28:59 +0800 (SGT)
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>; <XL-mania@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Permisi, saya pengen nanya nih? Kan saya punya list di Excel, dalam satu file
ada dua sheet, sheet pertama berisi dua kolom yaitu code dan deskripsinya, sheet
kedua adalah pasangan antara user bersama code yag digunakan oleh user tersebut
tersebut. Nah, sekarang saya ingin menambahkan deskripsi yang ada di sheet
pertama ke kolom baru di sheet kedua. Klo jumlahnya dikit sih gp2. tapi dalam
hal ini, codenya ada 5000 dan usernya ada 300. Masing2 user make sekitar 1000
kode jadi ada sekitar 300.000 data yang harus saya kopi paste dari sheet
pertama ke sheet kedua. Ada yang punya solusi yang lebih tepat?

Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad


3g.

Re: Trs: [ASK] Kasus Khusus Kopi Paste Excel

Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id   eka_subyantara

Wed Jun 1, 2011 10:33 pm (PDT)



Kalau saya tidak salah mengartikan kebutuhan Pak Akbar, maka jawaban yang
dimaksud adalah fungsi VLOOKUP.

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mengambil data dari tabel lain berdasarkan
kunci tertentu. Kunci tersebut harus ada di tabel sumber. Data mana yang
akan diambil kuncinya harus disebutkan di tabel pemanggil. Jadi kunci akan
sebagai penghubung kedua tabel.

Dalam kasus Pak Akbar yang bertindak sebagai kunci penghubung adalah *Code*.

Tabel yang telah diberi kolom jawaban telah saya lampirkan.

Senang berbagi dan dibagi
= eka =
4a.

mencari data yg tidak ada & diwarnai

Posted by: "Mulki Akbar" mulki@aop.component.astra.co.id   mulki_akbar

Wed Jun 1, 2011 3:51 am (PDT)



Assalamu'alaikum Be-Xl-ers,

Mohon pencerahannya, saya punya dua kelompok data invoice yg terbagi ke dlm 2 kolom.
Kolom B sebagai data sumber (rujukan) utk dicocokan dengan data dikolom C. Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka akan ditampilkan pada kolom D sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan berwarna dikolom B (rujukan).

Mohon bimbingan dan pencerahannya.

Terimakasih & wassalam,
mulki
4b.

Re: mencari data yg tidak ada & diwarnai

Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Wed Jun 1, 2011 8:34 pm (PDT)



Meski telat asal beda, hehehe
Seperti biasa, saya pake kolom bantu. Dasar nya tetep VLOOKUP, buat cari yg tidak masuk atau tidak ada di inpois B. Lalu merubah #N/A tersebut menjadi nomor inpois. Rupanya upacara array tidak ketinggalan pula disini.

Formula yang saya pakai, 2007 dan 2003. Silahkan Pak Mulki Akbar mau pakai yang mana, formula di gunakan disamping kolom bantu.

2007 :
{=IFERROR(INDEX($F$12:$F$67,MATCH(SUM(COUNTIF($F$12:$F$67,G$11:G11)),COUNTIF($F$12:$F$67,"<"&$F$12:$F$67),0)),"")}

2003 :
{=IF(ISNA((INDEX($F$12:$F$67,MATCH(SUM(COUNTIF($F$12:$F$67,G$11:G11)),COUNTIF($F$12:$F$67,"<"&$F$12:$F$67),0)),"",(INDEX($F$12:$F$67,MATCH(SUM(COUNTIF($F$12:$F$67,G$11:G11)),COUNTIF($F$12:$F$67,"<"&$F$12:$F$67),0))))}

Ohya, ini yang tidak masuk di inpois B, saya bikin ascending, jadi untuk memudahkan pendataan saja.

Nb:

"Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka akan ditampilkan pada kolom D sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan berwarna dikolom B (rujukan)"

Untuk cell nya berwarna sesuai keinginan Pak Mulki, jujur sekali saya masih bingung untuk Conditional Formatting nya, barangkali dari rekan-rekan yang lain mau membantu.


+----------------------------------+
| Happy Long Weekend |
+----------------------------------+

-Gilang Sedar-
----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry� Pinjeman�

-----Original Message-----
From: "Mulki Akbar" <mulki@aop.component.astra.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Jun 2011 14:15:30
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] mencari data yg tidak ada & diwarnai

Assalamu'alaikum Be-Xl-ers,

Mohon pencerahannya, saya punya dua kelompok data invoice yg terbagi ke dlm 2 kolom.
Kolom B sebagai data sumber (rujukan) utk dicocokan dengan data dikolom C. Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka akan ditampilkan pada kolom D sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan berwarna dikolom B (rujukan).

Mohon bimbingan dan pencerahannya.


Terimakasih & wassalam,
mulki
4c.

Re: mencari data yg tidak ada & diwarnai

Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Wed Jun 1, 2011 8:36 pm (PDT)



-sorrryyy attachment nya ketinggalan :p -

Meski telat asal beda, hehehe
Seperti biasa, saya pake kolom bantu. Dasar nya tetep VLOOKUP, buat cari yg tidak masuk atau tidak ada di inpois B. Lalu merubah #N/A tersebut menjadi nomor inpois. Rupanya upacara array tidak ketinggalan pula disini.

Formula yang saya pakai, 2007 dan 2003. Silahkan Pak Mulki Akbar mau pakai yang mana, formula di gunakan disamping kolom bantu.

2007 :
{=IFERROR(INDEX($F$12:$F$67,MATCH(SUM(COUNTIF($F$12:$F$67,G$11:G11)),COUNTIF($F$12:$F$67,"<"&$F$12:$F$67),0)),"")}

2003 :
{=IF(ISNA((INDEX($F$12:$F$67,MATCH(SUM(COUNTIF($F$12:$F$67,G$11:G11)),COUNTIF($F$12:$F$67,"<"&$F$12:$F$67),0)),"",(INDEX($F$12:$F$67,MATCH(SUM(COUNTIF($F$12:$F$67,G$11:G11)),COUNTIF($F$12:$F$67,"<"&$F$12:$F$67),0))))}

Ohya, ini yang tidak masuk di inpois B, saya bikin ascending, jadi untuk memudahkan pendataan saja.

Nb:

"Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka akan ditampilkan pada kolom D sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan berwarna dikolom B (rujukan)"

Untuk cell nya berwarna sesuai keinginan Pak Mulki, jujur sekali saya masih bingung untuk Conditional Formatting nya, barangkali dari rekan-rekan yang lain mau membantu.


+----------------------------------+
| Happy Long Weekend |
+----------------------------------+

-Gilang Sedar-
----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry� Pinjeman�

-----Original Message-----
From: "Mulki Akbar" <mulki@aop.component.astra.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Jun 2011 14:15:30
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] mencari data yg tidak ada & diwarnai

Assalamu'alaikum Be-Xl-ers,

Mohon pencerahannya, saya punya dua kelompok data invoice yg terbagi ke dlm 2 kolom.
Kolom B sebagai data sumber (rujukan) utk dicocokan dengan data dikolom C. Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka akan ditampilkan pada kolom D sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan berwarna dikolom B (rujukan).

Mohon bimbingan dan pencerahannya.


Terimakasih & wassalam,
mulki
4d.

Re: mencari data yg tidak ada & diwarnai

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Jun 1, 2011 10:50 pm (PDT)



Wa alaikum salam Wr. Wb. Pak Mulki,

File terlampir meletakkan array formula hasil mulai cell F12, yang bunyinya
:
=INDEX(*$B$12:$B$60*,MATCH(1,(*COUNTIF($C$12:$C$43,$B$12:$B$60)=0*)*(*
COUNTIF(F$11:F11,$B$12:$B$60)=0*),0))

Yang diambil datanya adalah data kolom B, maka Index merujuk ke kolom B
Posisi baris data yang akan diambil, didapat melalui fungsi Match.
Fungsi Match menggunakan array_lookup (lokasi pencarian data yang dilookup)
menggunakan array hasil perkalian 2 fungsi CountIF.
*CountIF pertama* untuk cek apakah data kolom B tidak ada di kolom C
*CountIF kedua* untuk cek apakah data kolom B tersebut belum ada di kolom
hasil (kolom F)
Jadi, jika hasil countif pertama dan kedua seluruhnya benar (TRUE * TRUE)
maka harus diambil datanya. Match akan mencari hasil (TRUE * TRUE) pertama
atau item array yang bernilai 1 (hasil TRUE * TRUE seluruh countif yang
digunakan) dengan match_type adalah 0 (exact match)

Jika bertemu hasil yang berupa error value, dapat diartikan bahwa sudah
tidak ada lagi data kolom B yang tidak ada di kolom C yang belum ditulis di
kolom F.

Wassalamu alaikum wr. wb.

Kid.

2011/6/1 Mulki Akbar <mulki@aop.component.astra.co.id>

>
>
> Assalamu'alaikum Be-Xl-ers,
>
> Mohon pencerahannya, saya punya dua kelompok data invoice yg terbagi ke dlm
> 2 kolom.
> Kolom B sebagai data sumber (rujukan) utk dicocokan dengan data dikolom C.
> Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka akan ditampilkan pada kolom D
> sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan berwarna dikolom B
> (rujukan).
>
> Mohon bimbingan dan pencerahannya.
>
>
> Terimakasih & wassalam,
> mulki
>
>
>
5a.

Re: FILTER DENGAN MACRO

Posted by: "Sony Ario" sony.ario1@gmail.com

Wed Jun 1, 2011 4:00 am (PDT)



OK pak Frans. Tks ya ?

On 6/1/11, Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com> wrote:
> Dear Sony,
>
> File berikut mungkin bisa membantu (banyak alternatif lainnya koq).
>
> Blessings,
>
> Fran'z
>
> On 6/1/11, Sony Ario <sony.ario1@gmail.com> wrote:
>> pagi mbak Siti.
>>
>> Maap. Saya baru bergabung dimilis ini. Plus baru mau belajar ttg Excel
>> macro dan formula nya.
>>
>> Di contoh mbak Siti itu, di sheet2 nya ada contoh yg menggunakan
>> formula. Itu gimana ya mbak ? Maap kl saya salah.
>>
>> terima kasih.
>>
>> On 6/1/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:
>>> *"Filter itu apa"* menurut pendapat penanya, mestinya dijelaskan dulu.
>>> untuk menghidari kejadian spt ini
>>>
>>> "setelah "Proyek Selesai" yg terdengar hanya komment:
>>> "Ooo bukan begitu, kalau cuma gitu aku dah bisa !!"
>>>
>>> 'et deh..
>>>
>>> (1)
>>>
>>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>>> Dim dTabel As Range, r As Long
>>> ' siti Vi / 30 May 2011 / beExcel case
>>> ' FILTER DENGAN MENYEMBUNYIKAN DATA YG TERSARING
>>> '-----------------------------------------------
>>> Application.Calculation = xlCalculationManual
>>> Application.EnableEvents = False
>>> Application.ScreenUpdating = False
>>> If Target.Count = 1 Then
>>> If Target.Address = "$B$1" Then
>>> Set dTabel = Cells(4, 1).CurrentRegion
>>> dTabel.EntireRow.Hidden = False
>>> If Target = vbNullString Then GoTo ENDPROC
>>> For r = 1 To dTabel.Rows.Count
>>> If Not dTabel(r, 1) = Target Then
>>> dTabel(r, 1).EntireRow.Hidden = True
>>> End If
>>> Next
>>> End If
>>> End If
>>> ENDPROC:
>>> Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
>>> Application.EnableEvents = True
>>> Application.ScreenUpdating = True
>>> End Sub
>>>
>>>
>>> (2)
>>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>>> Dim dTabel As Range, Tampil As Range
>>> Dim r As Long, n As Long
>>> ' siti Vi / 30 May 2011 / beExcel case
>>> ' FILTER DGN MENGOPY data YG LOLOS ke RANGE LAIN
>>> '-----------------------------------------------
>>> Application.Calculation = xlCalculationManual
>>> Application.EnableEvents = False
>>> On Error GoTo AKHIR
>>> If Target.Count = 1 Then
>>> If Target.Address = "$F$11" Then
>>> Set dTabel = Cells(1, 1).CurrentRegion
>>> Set Tampil = Cells(13, 6).CurrentRegion
>>> Tampil.ClearContents
>>> For r = 2 To dTabel.Rows.Count
>>> If dTabel(r, 1) = Target Then
>>> n = n + 1
>>> Tampil(n, 1) = dTabel(r, 1)
>>> Tampil(n, 2) = dTabel(r, 2)
>>> End If
>>> Next
>>> End If
>>> End If
>>> AKHIR:
>>> Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
>>> Application.EnableEvents = True
>>> End Sub
>>>
>>>
>>>
>>> 2011/5/31 Andrie - <sioean2@yahoo.com>
>>>> bagaimana caranya jika kita mau melakukan filter dengan sebuah kriteria
>>> dengan menggunakan macro.
>>>> Mohon bantuannya. Thx
>>>
>>
>

6a.

Re: sortcut paste special

Posted by: "Kusnadi DS" cepak05@yahoo.com   cepak05

Wed Jun 1, 2011 7:35 am (PDT)



jawaban yang nomor 2, barangkali salah satu cara adalah sbb.

1. Jika hasil N/A tsb maksudnya akan dijumlah, maka formula SUM-nya dimodifikasi
sbb
{=SUM(IF(ISNA(C13:C23);0;C13:C23))} - methode CSE( Ctr+Shuft+Enter ) alias
array formula

2. Jika tampilannya ingin kelihatan rapi tidak blentong2 kecampuran N/A, maka
pakailah jurus Condition Formating ( jika ketemu N/A langsung ditemplok'i
pupur/wedak warna putih )

demikian rumus2 sederhana dari millis ini juga saya dptkan........

..::kusnadi::..

________________________________
From: "agung_widodo@sanyo.com" <agung_widodo@sanyo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wed, June 1, 2011 8:18:08 AM
Subject: RE: [belajar-excel] sortcut paste special

Untuk jawaban No 1,
Berhubung saya sering sekali juga Paste Special Value

Kalau di komputer saya biasa saya tekan Ctrl+E
Tapi terlebih dahulu saya tanamkan dulu makro berikut ini di file Personal.xls

Sub PSV()
'
' PSV Macro
' Macro recorded 2/19/2011 by -agung
'
' Keyboard Shortcut: Ctrl+e
'
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
End Sub

Untuk No.2
Perlu diketahui, Excel sengaja menampilkan #N/A (dan bukan 0) itu ada maksudnya
lho.
#N/A dibaca : Number No Available atau tidak ada angkanya
(Kalau O dibaca eNOL) :)
Hati-hati beda maksudnya.

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On
Behalf Of Komisi Delapan
Sent: Tuesday, May 31, 2011 4:49 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] sortcut paste special

Selamat sore semua
numpang tanya
1.ada yang tahu sortcut untuk click kanan paste special value?
terima kasih atas bantuannya.
2.untuk langsung menghilangkan n#a menjadi 0 pada vlookup bagaimana ya?

terima kasih



6b.

Re: sortcut paste special

Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id   eka_subyantara

Wed Jun 1, 2011 10:29 am (PDT)



Cukup cerdik menyamarkan #N/A jadi hantu :-)

Hanya masalahnya jika sel bersangkutan terlibat lagi pada perhitungan
berikutnya, maka runyam deh jadinya, si hantu muncul lagi "medeni wong"

Saya ralat rumus terdahulu:
=IF*(*ISERR*(*VLOOKUP*(*...*))*,0,VLOOKUP*(*...*))*
seharusnya
=IF*(*ISNA*(*VLOOKUP*(*...*))*,0,VLOOKUP*(*...*))*
atau
=IF*(*ISERROR*(*VLOOKUP*(*...*))*,0,VLOOKUP*(*...*))*

Saya berharap benar para suhu segera turun gunung bagi-bagi jurus ampuhnya.

= eka =
7a.

DROPDOWN LIST

Posted by: "Ahmad Fauzi" fauzietha@yahoo.co.id   fauzietha

Wed Jun 1, 2011 7:36 am (PDT)



Dear para master excel,

Bagaimana sih caranya supaya dropdown pada cell excel yang biasanya dibuat lewat
menu Data Validation bisa menampilkan multiple column?
7b.

Re: DROPDOWN LIST

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Jun 1, 2011 7:38 pm (PDT)



Gunakan ComboBox yg dibuat keluaga ActiveX Control, /toolbar Control ToolBox.

On 6/1/11, Ahmad Fauzi <fauzietha@yahoo.co.id> wrote:
>
> Bagaimana sih caranya supaya dropdown pada cell excel yang biasanya dibuat
> lewat menu Data Validation bisa menampilkan multiple column?

8.

Bls: [belajar-excel] mencari data yg tidak ada & diwarnai

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Jun 1, 2011 7:40 am (PDT)



gunakan formula array di baris paling atas input formula copy ke bawah
formulanya :

{=INDEX($B$12:$B$67;SMALL(IF(COUNTIF($C$12:$C$43;$B$12:$B$67)=0;MATCH($B$12:$B$67;$B$12:$B$67;0));ROW(1:$67)))}

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Rab, 1/6/11, Mulki Akbar <mulki@aop.component.astra.co.id> menulis:

Dari: Mulki Akbar <mulki@aop.component.astra.co.id>
Judul: [belajar-excel] mencari data yg tidak ada & diwarnai
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 2:15 PM

 

Assalamu'alaikum Be-Xl-ers,
 
Mohon pencerahannya, saya punya dua
kelompok data invoice yg terbagi ke dlm 2 kolom.
Kolom B sebagai data sumber (rujukan) utk
dicocokan dengan data dikolom C. Jika data invoice di kolom C tidak ada, maka
akan ditampilkan pada kolom D sebagai hasil dan juga hasil yg ketemu tersbt akan
berwarna dikolom B (rujukan).
 
Mohon bimbingan dan
pencerahannya.
 
 
Terimakasih & wassalam,
mulki

9a.

Hyperlink

Posted by: "zamrony" zamrony70@yahoo.co.id

Wed Jun 1, 2011 1:57 pm (PDT)



Dengan hormat,

Mohon bantuan para pakar Excel untuk memecahkan permasalahan yang kami hadapi :
1. Pada kolom jumlah saya minta nilai nya secara rumus
2. Asumsi data pada sheet Peralatan sering dilakukan penambahan data (sehingga name define nya selalu lari/tidak sesuai), sehingga kami sering merubah name definenya
3. Jika pada sheet peralatan tidak short by kolom unit ataupun kolom spesifikasi hyperlinknya tetap jalan

Mohon pencerahannya bagaimana solusinya jika dilakukan dengan macro ataupun tetap menggunakan hyperlink

Demikian, terima kasih atas bantuannya

Hormat kami
Zamrony

Maaf bukan Zamproduct
9b.

Re: Hyperlink

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Wed Jun 1, 2011 9:25 pm (PDT)



Dear Zamrony,

Dari consol yang Anda berikan, sepertinya bukan permainan hyperlink
(jika data tidak di sort). Maka dari itu saya menyarankan permainan
Rows.Select

Jawab :
1. Rumus dapat dilihat pada kolom G.
2. Define name diganti dengan tabel Row yang akan diselect (kriteria :
Unit&Spesifikasi) membaca ke kolom bantu I di sheets"Paralatan".
3. Macro dapat dijalankan tanpa sort data (pada consol, data sudah
disort by kolom A), otomatis akan diselect baris yang sesuai dengan
kriteria plus diwarnai agar memudahkan. Tinggal klik angka2 yang
bergentayangan pada kolom G sheets("Data link").

Berikut cuplikan macronya :

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 7 And Target.row >= 5 Then
If Target.Count = 1 And Target.Value <> vbNullString Then
With Sheets("Paralatan")
.Range("I1") = Cells(Target.row, 6) & Cells(Target.row, 3)
.Activate
.Range("A2").Select
For i = 2 To 65536
If .Range("J" & i) <> vbNullString Then
baris1 = .Range("J" & i) & ":" & .Range("J" & i)
baris2 = baris2 & "," & baris1
.Range("A" & .Range("J" & i)).Select
Else
Exit For
End If
Next i
If Not (IsEmpty(baris2)) Then .Range(CStr(Mid(baris2, 2,
Len(baris2) - 1))).Select
End With
Else
Exit Sub
End If
End If
End Sub

CMIIW

Blessings,

Fran'z

On 6/2/11, zamrony <zamrony70@yahoo.co.id> wrote:
> Dengan hormat,
>
> Mohon bantuan para pakar Excel untuk memecahkan permasalahan yang kami
> hadapi :
> 1. Pada kolom jumlah saya minta nilai nya secara rumus
> 2. Asumsi data pada sheet Peralatan sering dilakukan penambahan data
> (sehingga name define nya selalu lari/tidak sesuai), sehingga kami sering
> merubah name definenya
> 3. Jika pada sheet peralatan tidak short by kolom unit ataupun kolom
> spesifikasi hyperlinknya tetap jalan
>
> Mohon pencerahannya bagaimana solusinya jika dilakukan dengan macro ataupun
> tetap menggunakan hyperlink
>
> Demikian, terima kasih atas bantuannya
>
> Hormat kami
> Zamrony
>
> Maaf bukan Zamproduct
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Do More For Dogs Group

Join a group of dog owners

who do more.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar