Sabtu, 02 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1223

Messages In This Digest (21 Messages)

Messages

1a.

Re: merevisi isi data

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 1:06 am (PDT)



gak ada kabarnya ?... ya udah, kita anggap seperti DUGAAN semula, dengan
tambahan asumsi sbb:

** tabel yg ada di "workbook List / sheet Sumeri" adalah satu satunya range
yg ada di sheet itu
di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel
bisa salah)

t** abel yg ada di "workbook rev / sheet ubah" adalah satu satunya range yg
ada di sheet itu
di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel
bisa salah)

** saat makro mulai dijalankan(makro berada di workbook LIST), workbook REV
harus susah dibuka.

Kedua tabel yg akan digabung itu *boleh dipindah pindah letaknya (termasuk
diperbanyak *
*datanya / penambahan ke bawah ) *asal masih didalam sheet yg sama; tetapi
tidak boleh
ada *data/tabel lain* diluar range tabel tsb

Sub GabungTabelAntarWorkbook()
' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011
' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka
'---------------------------------------
Dim INDUK As Range, ANAKK As Range

Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))
Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1,
0)
ANAKK.Copy INDUK(INDUK.Rows.Count + 1, 1)

INDUK.CurrentRegion.Sort _
Key1:=INDUK(1, 2), Order1:=xlAscending, _
Header:=xlGuess, OrderCustom:=1, MatchCase:=False, _
Orientation:=xlTopToBottom, DataOption1:=xlSortNormal

End Sub

2011/7/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> jadi maksud yg sebenarnya bagaimana, mohon diceritakan
>
> (kalau melihat GAMBARAN HASIL yg diperlihatkan tadi, sepertinya "jalan
> ceritak"
> yg siti ajukan tadi sudah sesuai
> jika belum sesuai, di bagian mananya yg masih perlu ubah ?
> nanti bisa kita perbaiki.
>
> setelah oke, soal mengimplementasikan ke code itu masalah kedua dan
> gampang.
>
> mengenai jumlah records (volume data) tidak jadi masalah, prinsip kerjanya
> tetap sama.
>
> sample yg diajukan seharusnya menggambarkan / mewakili keadaan faktualnya
>
>
>
>
>
> 2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Sebenarnya selama ini saya pakai system manual
>> dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di
>> beri color
>> data revisi tidak berurutan sebenarnya *hanay sample* saya ambil dari
>> data (list)
>>
>> Siti Vi wrote
>>
>> *Pakai cara praktis saja*
>> *
>> *
>> *1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di
>> kolom 1 saja *
>> *2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy*
>> *3. dipaste ke cell hasil langkah 1*
>> *4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci
>> sorting, order: manaik*
>>
>>
1b.

Re: merevisi isi data

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@live.com   jkssbma

Fri Jul 1, 2011 3:09 am (PDT)





Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


9-Jun-2011
IP-3465


10-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


12-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


Bulan
IP


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


4-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


untuk IP-3467 apa tanggal terakhir 11 Juni 2011 , bukan 4 Juni 2011 ? Sub GabungTabelAntarWorkbook()
' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011
' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka
'---------------------------------------
Dim INDUK As Range, ANAKK As Range
Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))
Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0) Dim jumbaris As Long
jumbaris = INDUK.Rows.Count
INDUK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A1")
ANAKK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A" & jumbaris + 1)
Call sortdata

End Sub '===================================================================================================
Private Function ctvUsedRange(Optional Sht As Worksheet) As Range
' siti Vi // Bluewater, 24 Nov 2009
' last refine: Jurangmangu, 19 Jun 2011
'---------------------------------------
Dim FstRow As Long, FstCol As Integer
Dim LstRow As Long, LstCol As Integer
On Error Resume Next
If Sht Is Nothing Then Set Sht = ActiveSheet ' Else Set Sht = Sht
With Sht
Sht.Select
If Not Cells(1) = vbNullString Then
FstRow = 1: FstCol = 1
Else
FstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByRows).Row
FstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByColumns).Column
End If
LstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByRows).Row
LstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByColumns).Column

Set ctvUsedRange = Range(.Cells(FstRow, FstCol), .Cells(LstRow, LstCol))
End With
End Function
'====================================================================================================
Sub sortdata()
Sheets("Sheet1").Select
Range("A1").Select
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Clear
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("B2:B27") _
, SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:=xlSortNormal
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("A2:A27") _
, SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending, DataOption:=xlSortNormal
With ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort
.SetRange Range("A1:B27")
.Header = xlYes
.MatchCase = False
.Orientation = xlTopToBottom
.SortMethod = xlPinYin
.Apply
End With
ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=Array(1, 2), Header _
:=xlYes
ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=2, Header:=xlYesEnd Sub
catatan :Bu Devi , saya ambil beberapa koding nya dan saya modif . Trim's. To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: setiyowati.devi@gmail.com
Date: Fri, 1 Jul 2011 15:05:52 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] merevisi isi data

gak ada kabarnya ?... ya udah, kita anggap seperti DUGAAN semula, dengan tambahan asumsi sbb:

** tabel yg ada di "workbook List / sheet Sumeri" adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

t** abel yg ada di "workbook rev / sheet ubah" adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

** saat makro mulai dijalankan(makro berada di workbook LIST), workbook REV harus susah dibuka.

Kedua tabel yg akan digabung itu boleh dipindah pindah letaknya (termasuk diperbanyak datanya / penambahan ke bawah ) asal masih didalam sheet yg sama; tetapi tidak boleh

ada data/tabel lain diluar range tabel tsb

Sub GabungTabelAntarWorkbook()

' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011

' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka '---------------------------------------

Dim INDUK As Range, ANAKK As Range

Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri")) Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)

ANAKK.Copy INDUK(INDUK.Rows.Count + 1, 1)

INDUK.CurrentRegion.Sort _ Key1:=INDUK(1, 2), Order1:=xlAscending, _

Header:=xlGuess, OrderCustom:=1, MatchCase:=False, _ Orientation:=xlTopToBottom, DataOption1:=xlSortNormal

End Sub

2011/7/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

jadi maksud yg sebenarnya bagaimana, mohon diceritakan

(kalau melihat GAMBARAN HASIL yg diperlihatkan tadi, sepertinya "jalan ceritak"

yg siti ajukan tadi sudah sesuaijika belum sesuai, di bagian mananya yg masih perlu ubah ?

nanti bisa kita perbaiki.
setelah oke, soal mengimplementasikan ke code itu masalah kedua dan gampang.

mengenai jumlah records (volume data) tidak jadi masalah, prinsip kerjanya tetap sama.

sample yg diajukan seharusnya menggambarkan / mewakili keadaan faktualnya

2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>

Sebenarnya selama ini saya pakai system manual

dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di beri color
data revisi tidak berurutan sebenarnya hanay sample saya ambil dari data (list)

Siti Vi wrote

Pakai cara praktis saja

1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di kolom 1 saja

2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy3. dipaste ke cell hasil langkah 1

4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci sorting, order: manaik

1c.

Re: merevisi isi data

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@live.com   jkssbma

Fri Jul 1, 2011 5:48 am (PDT)




atau jika apapun yang ada di sheet ubah yang merupakan kondisi terakhir ( update ) gunakan cara ini : Option Explicit
Sub GabungTabelAntarWorkbook()
Dim AnakDulu As Boolean
AnakDulu = True
Dim INDUK As Range, ANAKK As Range
Dim workbookutama, workbookanak As String
workbookutama = ActiveWorkbook.Name
Workbooks.Open Filename:=ActiveWorkbook.Path & "\rev.xls", Notify:=False
workbookanak = ActiveWorkbook.Name
Dim jumbaris As Long
If AnakDulu Then
Workbooks(workbookanak).Activate
Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah"))
Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri")).Offset(1, 0)
jumbaris = ANAKK.Rows.Count
Else
Workbooks(workbookutama).Activate
Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))
Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)
jumbaris = INDUK.Rows.Count
End If
Workbooks(workbookutama).Activate
If AnakDulu Then
ANAKK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A1")
INDUK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A" & jumbaris + 1)
Else
INDUK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A1")
ANAKK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A" & jumbaris + 1)
End If
Call hapusganda
Call sortdata
End Sub
'===================================================================================================
Private Function ctvUsedRange(Optional Sht As Worksheet) As Range
' siti Vi // Bluewater, 24 Nov 2009
' last refine: Jurangmangu, 19 Jun 2011
'---------------------------------------
Dim FstRow As Long, FstCol As Integer
Dim LstRow As Long, LstCol As Integer
On Error Resume Next
If Sht Is Nothing Then Set Sht = ActiveSheet ' Else Set Sht = Sht
With Sht
Sht.Select
If Not Cells(1) = vbNullString Then
FstRow = 1: FstCol = 1
Else
FstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByRows).Row
FstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByColumns).Column
End If
LstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByRows).Row
LstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByColumns).Column
Set ctvUsedRange = Range(.Cells(FstRow, FstCol), .Cells(LstRow, LstCol))
End With
End Function
Sub sortdata()
Sheets("Sheet1").Select
Range("A1").Select
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Clear
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("B2:B27") _
, SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:=xlSortNormal
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("A2:A27") _
, SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending, DataOption:=xlSortNormal
With ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort
.SetRange Range("A1:B27")
.Header = xlYes
.MatchCase = False
.Orientation = xlTopToBottom
.SortMethod = xlPinYin
.Apply
End WithEnd Sub
Sub hapusganda()
Sheets("Sheet1").Select
Range("A1").Select
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Clear
ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=Array(1, 2), Header _
:=xlYes
ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=2, Header:=xlYes
End Sub

Apa sudah sesuai ??? To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: jkssbma@live.com
Date: Fri, 1 Jul 2011 17:09:37 +0700
Subject: RE: [belajar-excel] merevisi isi data

Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


9-Jun-2011
IP-3465


10-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


12-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


Bulan
IP


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


4-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457



2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


untuk IP-3467 apa tanggal terakhir 11 Juni 2011 , bukan 4 Juni 2011 ?

Sub GabungTabelAntarWorkbook()
' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011
' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka
'---------------------------------------
Dim INDUK As Range, ANAKK As Range
Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))
Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)

Dim jumbaris As Long
jumbaris = INDUK.Rows.Count

INDUK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A1")
ANAKK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A" & jumbaris + 1)
Call sortdata

End Sub

'===================================================================================================
Private Function ctvUsedRange(Optional Sht As Worksheet) As Range
' siti Vi // Bluewater, 24 Nov 2009
' last refine: Jurangmangu, 19 Jun 2011
'---------------------------------------
Dim FstRow As Long, FstCol As Integer
Dim LstRow As Long, LstCol As Integer
On Error Resume Next
If Sht Is Nothing Then Set Sht = ActiveSheet ' Else Set Sht = Sht
With Sht
Sht.Select
If Not Cells(1) = vbNullString Then
FstRow = 1: FstCol = 1
Else
FstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByRows).Row
FstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByColumns).Column
End If
LstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByRows).Row
LstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByColumns).Column

Set ctvUsedRange = Range(.Cells(FstRow, FstCol), .Cells(LstRow, LstCol))
End With
End Function
'====================================================================================================

Sub sortdata()
Sheets("Sheet1").Select
Range("A1").Select
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Clear
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("B2:B27") _
, SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:=xlSortNormal
ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("A2:A27") _
, SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending, DataOption:=xlSortNormal
With ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort
.SetRange Range("A1:B27")
.Header = xlYes
.MatchCase = False
.Orientation = xlTopToBottom
.SortMethod = xlPinYin
.Apply
End With
ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=Array(1, 2), Header _
:=xlYes
ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=2, Header:=xlYes
End Sub

catatan :
Bu Devi , saya ambil beberapa koding nya dan saya modif . Trim's.





To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: setiyowati.devi@gmail.com
Date: Fri, 1 Jul 2011 15:05:52 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] merevisi isi data

gak ada kabarnya ?... ya udah, kita anggap seperti DUGAAN semula, dengan tambahan asumsi sbb:

** tabel yg ada di "workbook List / sheet Sumeri" adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

t** abel yg ada di "workbook rev / sheet ubah" adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

** saat makro mulai dijalankan(makro berada di workbook LIST), workbook REV harus susah dibuka.

Kedua tabel yg akan digabung itu boleh dipindah pindah letaknya (termasuk diperbanyak datanya / penambahan ke bawah ) asal masih didalam sheet yg sama; tetapi tidak boleh

ada data/tabel lain diluar range tabel tsb

Sub GabungTabelAntarWorkbook()

' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011

' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka '---------------------------------------

Dim INDUK As Range, ANAKK As Range

Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri")) Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)

ANAKK.Copy INDUK(INDUK.Rows.Count + 1, 1)

INDUK.CurrentRegion.Sort _ Key1:=INDUK(1, 2), Order1:=xlAscending, _

Header:=xlGuess, OrderCustom:=1, MatchCase:=False, _ Orientation:=xlTopToBottom, DataOption1:=xlSortNormal

End Sub

2011/7/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

jadi maksud yg sebenarnya bagaimana, mohon diceritakan

(kalau melihat GAMBARAN HASIL yg diperlihatkan tadi, sepertinya "jalan ceritak"

yg siti ajukan tadi sudah sesuaijika belum sesuai, di bagian mananya yg masih perlu ubah ?

nanti bisa kita perbaiki.
setelah oke, soal mengimplementasikan ke code itu masalah kedua dan gampang.

mengenai jumlah records (volume data) tidak jadi masalah, prinsip kerjanya tetap sama.

sample yg diajukan seharusnya menggambarkan / mewakili keadaan faktualnya

2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>

Sebenarnya selama ini saya pakai system manual

dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di beri color
data revisi tidak berurutan sebenarnya hanay sample saya ambil dari data (list)

Siti Vi wrote

Pakai cara praktis saja

1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di kolom 1 saja

2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy3. dipaste ke cell hasil langkah 1

4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci sorting, order: manaik



2a.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com

Fri Jul 1, 2011 1:24 am (PDT)



untuk SQL nya kalau pakai LEFT JOIN koq ngga bisa ya
muncul pesan
it is already opened exclusivele by another user,...

Pada tanggal 27/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Biasanya begitu, karena text file itu gak pakai header file segala, apa
> adanya langsung baca
>
> Kid.
>
> 2011/6/27 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> iya makasih pak kid atas ilmunya.
>> Sayang ngga ada fungsi replace, coba kalau bisa fungsi replace,
>> titiknya pasti bisa dihilangkan
>>
>> oh iya apa memang kalau datanya txt refresh datanya lebih cepat ya
>> dibanding file lain semisal excel atau access
>>
>> Pada tanggal 27/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>> > Sepertinya kolom Amount harus berupa teks lebih dulu, dengan susunan
>> > schema.ini seperti .ini file terlampir.
>> > Sayangnya, jet 4 data provider dengan jetsql nya gak punya fungsi
>> replace.
>> >
>> > Jadi, proses mendapatkan nilai kolom amount yang benar dilakukan di
>> > Excel
>> > menggunakan formula :
>> > =--IF(--"1,000"=1,SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(H2,",",""),".",","),H2)
>> > seperti pada sheet union_multi_text_file_no_total pada file excel
>> terlampir.
>> >
>> > Kid.
>> >
>> > 2011/6/27 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >
>> >> **
>> >>
>> >>
>> >> saya coba pakai setting indonesia
>> >> koq aneh ya
>> >> 750000 jadinya 750 kalau di file txtnya sih 750.000
>> >>
>> >> terus ketika DecimalSymbol=. diganti menjadi DecimalSymbol=, datanya
>> ngga
>> >> muncul
>> >>
>> >> terus yang di sqlnya saya ganti
>> >> SELECT * FROM bln06#txt WHERE not(NO is null) UNION ALL SELECT * FROM
>> >> bln07#txt WHERE not(NO is null) koq nilai TOTAL nya muncul
>> >>
>> >> tapi kalau seperti ini
>> >> SELECT * FROM bln06#txt WHERE not(NO_URUT is null) UNION ALL SELECT *
>> >> FROM bln07#txt WHERE not(NO_URUT is null) nilai TOTAL ngga muncul
>> >>
>> >>
>> >> Pada tanggal 26/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>> >> > Umumnya, angka Indonesia pakai kome sebagai pemisah desimal,
>> >> > sedangkan
>> >> data
>> >> > text file seluruhnya menggunakan titik sebagai poemisah desimal, maka
>> >> > tambahkan :
>> >> > DecimalSymbol=.
>> >> >
>> >> > untuk definisi pemisah desimal data text file, di setiap blok text
>> file
>> >> > dalam schema.ini
>> >> >
>> >> > Kid.
>> >> >
>> >> > 2011/6/27 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >
>> >> >> **
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >> iya pak, saya coba pakai indonesia ketika di refresh datanya tidak
>> >> >> muncul, coba saya pelajari linknya
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >> Pada tanggal 26/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>> >> >> > Seluruh angka dan tanggal akan dipengaruhi regional setting, baik
>> >> dalam
>> >> >> > excel maupun proses koneksi.
>> >> >> > Untuk membuat tidak dipengaruhi regional setting, maka diperlukan
>> >> >> definisi
>> >> >> > dalam schema.ini
>> >> >> >
>> >> >> > Contoh untuk tanggal, sudah dicontohkan menggunakan :
>> >> >> > DateTimeFormat=dd/mm/yyyy
>> >> >> >
>> >> >> > Lebih lengkap tentang mengatur format data dalam text file agar
>> tidak
>> >> >> > dipengaruhi regional setting, bisa baca
>> >> >> > disini<
>> >> >> http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms709353%28v=VS.85%29.aspx
>> >> >bagian
>> >> >>
>> >> >> > *Specifying Data Type Formats and Conversions*
>> >> >> >
>> >> >> > Kid.
>> >> >> >
>> >> >> > 2011/6/27 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >> >
>> >> >> >> **
>> >> >> >>
>> >> >> >>
>> >> >> >> maaf belum saya coba karena internetnya lambat banget filenya
>> belum
>> >> >> >> bisa di download, untuk tanggal dan angka apa dipengaruhi sama
>> >> setting
>> >> >> >> regional ngga, kalau bisa sih ngga terpengaruh sama setting
>> regional
>> >> >> >>
>> >> >> >> Pada tanggal 26/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>> >> >> >>
>> >> >> >> > Halo Pak Himmah,
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Download dan extract file terlampir. Folder rekap_txt akan
>> >> terbentuk
>> >> >> dan
>> >> >> >> > berisi :
>> >> >> >> > 1. folder bernama *thn2011* yang berisi file data text untuk
>> tahun
>> >> >> >> tersebut
>> >> >> >> > dan sebuah file schema.ini
>> >> >> >> > Koneksi ke textfile menjadikan folder lokasi text file sebagai
>> >> >> database,
>> >> >> >> dan
>> >> >> >> > setiap file text menjadi sebuah tabel.
>> >> >> >> > File schema.ini bertugas untuk mendefinisikan tabel-tabel yang
>> ada
>> >> >> dalam
>> >> >> >> > database tersebut (yaitu database thn2011 -> nama foldernya
>> >> thn2011)
>> >> >> >> > File schema.ini dibutuhkan per database (per folder).
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Untuk memudahkan memahaminya, maka koneksi ke text file
>> dilakukan
>> >> ke
>> >> >> >> sebuah
>> >> >> >> > folder thn2011 yang diletakkan di drive C.
>> >> >> >> > Jadi, untuk sekali ini, mohon copy folder thn2011 ke drive C
>> >> >> >> > dan
>> >> >> >> > letakkan
>> >> >> >> > pada root directory (tidak masuk folder manapun di drive C --
>> >> >> >> > untuk
>> >> >> yang
>> >> >> >> > login komputer tidak menggunakan Admin, mungkin tidak diijinkan
>> >> >> menambah
>> >> >> >> > folder dan file di drive C --).
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 2. File excel bernama *output_rekap.xlsx*
>> >> >> >> > Isinya adalah 3 sheet yang merupakan langkah proses agar mudah
>> >> >> dipahami.
>> >> >> >> > Sheet output yang digunakan nantinya adalah sheet terakhir (1
>> >> >> >> > sheet
>> >> >> >> saja),
>> >> >> >> > bernama *union_multi_text_file_no_total* dan dapat diganti
>> namanya
>> >> >> >> menjadi
>> >> >> >> > tahun data, seperti *thn2011*
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 3. Beberapa file gambar dan file excel hasil yang diinginkan.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Nama-nama kolom dapat disesuaikan melalui file schema.ini
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > *Lebih lanjut tentang schema.ini
>> >> >> >> > *File schema.ini dalam folder thn2011 berbunyi :
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > [bln06.txt]
>> >> >> >> > Format=TabDelimited
>> >> >> >> > *DateTimeFormat=dd/mm/yyyy*
>> >> >> >> > *col1=RecNo integer*
>> >> >> >> > col2=InvNo char width 17
>> >> >> >> > col3=CustId char width 3
>> >> >> >> > col4=AccID decimal
>> >> >> >> > col5=DueDate long
>> >> >> >> > col6=RefID decimal
>> >> >> >> > col7=InvDate date
>> >> >> >> > col8=Amount decimal
>> >> >> >> > col9=TrnID char width 20
>> >> >> >> > col10=Branch char width 4
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > [bln07.txt]
>> >> >> >> > Format=TabDelimited
>> >> >> >> > *DateTimeFormat=dd/mm/yyyy*
>> >> >> >> > *col1=RecNo integer*
>> >> >> >> > col2=InvNo char width 17
>> >> >> >> > col3=CustId char width 3
>> >> >> >> > col4=AccID decimal
>> >> >> >> > col5=DueDate long
>> >> >> >> > col6=RefID decimal
>> >> >> >> > col7=InvDate date
>> >> >> >> > col8=Amount decimal
>> >> >> >> > col9=TrnID char width 20
>> >> >> >> > col10=Branch char width 4
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > [bln08.txt]
>> >> >> >> > Format=TabDelimited
>> >> >> >> > *DateTimeFormat=dd/mm/yyyy*
>> >> >> >> > *col1=RecNo integer*
>> >> >> >> > col2=InvNo char width 17
>> >> >> >> > col3=CustId char width 3
>> >> >> >> > col4=AccID decimal
>> >> >> >> > col5=DueDate long
>> >> >> >> > col6=RefID decimal
>> >> >> >> > col7=InvDate date
>> >> >> >> > col8=Amount decimal
>> >> >> >> > col9=TrnID char width 20
>> >> >> >> > col10=Branch char width 4
>> >> >> >> >
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 1. Warna biru adalah nama text file.
>> >> >> >> > Seluruh nama text file yang akan digunakan dalam suatu koneksi
>> >> harus
>> >> >> >> > terdefinisi disini. Seperti contoh di atas, meski belum ada
>> >> >> >> > file
>> >> >> >> bln08.txt,
>> >> >> >> > definisi sudah bisa dilakukan.
>> >> >> >> > Lebih baik lagi jika memang sudah ada filenya, meskipun masih
>> >> berupa
>> >> >> >> > data
>> >> >> >> > kosong, yaitu hanya berisi header saja. Pada kasus ini, header
>> >> adalah
>> >> >> >> baris
>> >> >> >> > 1 text file yang berupa teks seperti :
>> >> >> >> > Data s.d. Tanggal 01 s.d 31 Juni Tahun 2011
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Dengan membuat sebuah folder template data setahun yang berisi
>> >> >> >> > data
>> >> >> >> kosong
>> >> >> >> > (berisi header saja), maka untuk tahun baru, bisa di copy
>> sebagai
>> >> >> >> database
>> >> >> >> > tahun yang baru, dengan isi seluruh tabel (file) dalam setahun
>> >> telah
>> >> >> >> > ada,
>> >> >> >> > meski masih kosong.
>> >> >> >> > Begitu text file bulan tersebut telah ada (misal file bln01.txt
>> >> telah
>> >> >> >> > didapat dari bagian penyuplai data), maka file bln01.txt (yang
>> >> hanya
>> >> >> >> header)
>> >> >> >> > pada folder tahun yang baru itu dapat di-replace.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Penyusunan query untuk cara ini akan dilakukan satu kali saja,
>> dan
>> >> >> >> > setiap
>> >> >> >> > bulan tinggakl copy paste replace file terkait di windows
>> explorer
>> >> >> >> > dan
>> >> >> >> > refresh di file excel.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 2. Warna merah adalah definisi format.
>> >> >> >> > Text file pada contoh kasus ini menggunakan delimiter berupa
>> >> karakter
>> >> >> >> Tab.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 3. Warna *hijau *adalah definisi format date yang ada dalam
>> >> >> >> > text
>> >> >> >> > file.
>> >> >> >> > Hal ini diperlukan untuk menghindari penggunaan format date
>> >> berdasar
>> >> >> >> > regional setting komputer, yang bisa jadi berbeda dengan format
>> >> date
>> >> >> >> > pada
>> >> >> >> > data.
>> >> >> >> > Umumnya, format date pada sebuah text file selalu sama di
>> >> >> >> > setiap
>> >> >> >> kolomnya,
>> >> >> >> > sehingga hanya dibutuhkan 1 definisi format saja.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 4. Warna *merah muda *adalah definisi sebuah kolom.
>> >> >> >> > Syntax :
>> >> >> >> > col*n*=nama_kolom datatype* [width nilai_lebar_data]*
>> >> >> >>
>> >> >> >> > nilai n mulai dari 1
>> >> >> >> > *[width nilai_lebar_data]* diperlukan untuk datatype teks
>> seperti
>> >> >> char.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Seperti contoh :
>> >> >> >> > *col1=RecNo integer*
>> >> >> >> > kolom ke-1 diberi nama RecNo dengan datatype *integer*
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > col2=InvNo char width 17
>> >> >> >> > kolom ke-2 diberi nama InvNo dengan datatype *char* yang
>> lebarnya
>> >> 17
>> >> >> >> > karakter.
>> >> >> >> > Jika field berisi lebih dari 17 karakter, maka akan diambil 17
>> >> >> karakter
>> >> >> >> saja
>> >> >> >> > (terpotong)
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > col4=AccID decimal
>> >> >> >> > kolom ke-4 diberi nama AccID dengan datatype *decimal*.
>> >> >> >> > Datatype decimal akan menjaga ketepatan bilangan.
>> >> >> >> > *
>> >> >> >> > *Cara membuat koneksi yang DNS-less ke text file telah
>> dijabarkan
>> >> >> >> > pada
>> >> >> >> email
>> >> >> >> > terdahulu.
>> >> >> >> > Untuk membuat koneksi menggunakan DSN (agar bisa menggunakan MS
>> >> >> Query),
>> >> >> >> maka
>> >> >> >> > perlu dilakukan New Data Source saat melakukan koneksi
>> >> >> >> > memanfaatkan
>> >> >> >> > MS
>> >> >> >> > Query.
>> >> >> >> > Data provider menggunakan Jet 4 OLE DB, dengan data source
>> adalah
>> >> >> folder
>> >> >> >> > yang berisi text file, dan extended properties berisi
>> >> >> >> > Text;HDR=YES;FMT=Delimited
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Untuk rekap multi tahun, sebaiknya menggunakan MS Query, dengan
>> >> >> koneksi
>> >> >> >> ke
>> >> >> >> > file excel berisi sheet-sheet tahun. Kemudian gunakan query
>> union.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > *Tentang query untuk menggabungkan seluruh data.*
>> >> >> >> > Pada file excel output_rekap, baru dibuat query union untuk 2
>> >> >> >> > bulan
>> >> >> >> > data.
>> >> >> >> > Bunyi query tersebut adalah :
>> >> >> >> > SELECT * FROM bln06#txt WHERE not(recno is null) UNION ALL
>> >> >> >> > SELECT * FROM bln07#txt WHERE not(recno is null)
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Ketika memanfaatkan folder template berisi seluruh text file
>> untuk
>> >> >> >> seluruh
>> >> >> >> > bulan data (meski hanya header saja), maka query di atas dapat
>> >> >> langsung
>> >> >> >> > disusun sebagai UNION terhadap 12 table (text file) dengan
>> syntax
>> >> >> >> > :
>> >> >> >> > *query_tabel_ke_1
>> >> >> >> > UNION ALL
>> >> >> >> > query_tabel_ke_2
>> >> >> >> > UNION ALL
>> >> >> >> > .
>> >> >> >> > .
>> >> >> >> > .
>> >> >> >> > UNION ALL
>> >> >> >> > query_tabel_ke_n
>> >> >> >> > *
>> >> >> >> > Penggunaan klausa WHERE pada contoh query di atas adalah untuk
>> >> >> >> menghilangkan
>> >> >> >> > baris TOTAL yang ada dalam text file.
>> >> >> >> > Penggunaan karakter * pada bagian SELECT bisa diganti dengan
>> >> >> >> > nama-nama
>> >> >> >> kolom
>> >> >> >> > (yang didefinisikan dalam schema.ini jika didefinisikan) yang
>> >> >> dibutuhkan
>> >> >> >> > saja.
>> >> >> >> > Misal, yang dibutuhkan hanya *InvNo* dan *CustID*
>> >> >> >> > SELECT* recno, custid *FROM bln06#txt WHERE not(recno is null)
>> >> UNION
>> >> >> ALL
>> >> >> >> > SELECT* recno, custid * FROM bln07#txt WHERE not(recno is null)
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Syaratnya : susunan kolom antar query yang di-union adalah
>> >> >> >> > sama,
>> >> >> dengan
>> >> >> >> > datatype yang sama, dan memiliki makna data yang sama.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > Selamat mencoba.
>> >> >> >> > Mr. Kid.
>> >> >> >> >
>> >> >> >> > 2011/6/27 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >> >> >
>> >> >> >> >> **
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> pak Kid, ini contoh filenya
>> >> >> >> >> file datanya ada 2 bln06.txt dan bln07.txt
>> >> >> >> >> file yang diinginkan seperti file rekap.xls
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> Pada tanggal 24/06/11, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> > insya Alloh senin saya kirim. kalau hari libur jarang
>> internet
>> >> >> pakai
>> >> >> >> pc
>> >> >> >> >> >
>> >> >> >> >> > On 6/24/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>> >> >> >> >> >> Mungkin di querynya hanya dipasang 3 kolom dalam select
>> >> >> >> >> >> atau delimiternya berbeda
>> >> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> >> Kalau boleh lihat text filenya, mungkin bisa membantu. 2
>> atau
>> >> >> >> >> >> 3
>> >> >> file
>> >> >> >> >> yang
>> >> >> >> >> >> akan digabung juga boleh. Jangan lupa peraturan milis,
>> >> >> >> >> >> yaitu
>> >> >> <=250KB
>> >> >> >> >> >> kecuali
>> >> >> >> >> >> sudah diusahakan tidak bisa mencapainya. Tiap file cukup 5
>> >> >> >> >> >> atau
>> >> 7
>> >> >> >> >> >> record
>> >> >> >> >> >> saja.
>> >> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> >> Wassalam.
>> >> >> >> >> >> Kid.
>> >> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> >> 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> >>> **
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>> iya sudah bisa pak, cuma bagaimana memisahkan
>> kolom-kolomnya,
>> >> >> >> >> >>> seharusnya jadi 8 ternyata jadinya cuma tiga kolom
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>> Pada tanggal 24/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> menulis:
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>> > Jika hasil deploy ke excel berupa table,
>> >> >> >> >> >>> > - klik kanan table
>> >> >> >> >> >>> > - edit query
>> >> >> >> >> >>> > - ganti query dengan :
>> >> >> >> >> >>> > Select kolom1a,kolom2a from filetxt1 union all select
>> >> >> >> >> >>> > kolom1b,kolom2b
>> >> >> >> >> >>> from
>> >> >> >> >> >>> > filetxt2
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>> > Ganti semua kolom1a dan 2a dengan nama-nama kolom yang
>> >> dipakai
>> >> >> >> dari
>> >> >> >> >> >>> > filetxt1. Ganti filetxt1 dengan nama file txt.
>> >> >> >> >> >>> > Misal filetxt1 bernama tes1.txt, maka filetxt1 diganti
>> >> dengan
>> >> >> >> >> >>> > tulisan
>> >> >> >> >> >>> > [tes1#txt]
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>> > Lakukan juga untuk filetxt2, yang merujuk ke file kedua.
>> >> Nama
>> >> >> >> >> kolomnya
>> >> >> >> >> >>> pun
>> >> >> >> >> >>> > yang ada di file ke-2 tersebut. Yang jelas, makna data
>> dan
>> >> >> >> datatype
>> >> >> >> >> >>> kolom1b
>> >> >> >> >> >>> > harus sama dengan kolom1a, yang 2b sama dengan 2a, dst.
>> >> >> >> >> >>> > Terutama kesamaan datatypenya.
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>> > Jika hasil deploy ke excel berupa pivot table, ke ribbon
>> >> data,
>> >> >> >> >> >>> > ada
>> >> >> >> >> >>> > connection, pilih koneksi yang terkait dengan pivot
>> >> tersebut,
>> >> >> >> >> >>> > properties
>> >> >> >> >> >>> > disana ada definisi.
>> >> >> >> >> >>> > Ubah CommandType dari Table menjadi SQL
>> >> >> >> >> >>> > Ubah isi CommandText atau Query dengan query union all
>> >> seperti
>> >> >> >> yang
>> >> >> >> >> >>> > dijelaskan di atas.
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>> > Kid.
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>> >> **
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >> iya terima kasih pak, bisa di jelaskan tentang
>> schema.ini
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >> terus misal kita punya lebih dari satu file txt dan
>> ingin
>> >> >> >> dijadikan
>> >> >> >> >> >>> >> satu caranya bagaimana pak
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >> Pada tanggal 23/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> >> menulis:
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >> > Wa alaikumussalam Wr. Wb.
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> > Pak Himmah Yth,
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> > File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text
>> file
>> >> >> (bukan
>> >> >> >> >> >>> >> > import
>> >> >> >> >> >>> >> data
>> >> >> >> >> >>> >> > text file).
>> >> >> >> >> >>> >> > Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak
>> >> >> >> >> >>> >> > menemukan
>> >> >> >> >> >>> >> > provider
>> >> >> >> >> >>> >> > Jet
>> >> >> >> >> >>> 4
>> >> >> >> >> >>> >> OLE
>> >> >> >> >> >>> >> > DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
>> >> >> >> >> >>> >> > Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda
>> >> >> >> >> >>> >> > dengan
>> >> >> >> >> >>> >> > separator
>> >> >> >> >> >>> >> list
>> >> >> >> >> >>> >> > di Control Panel -> Regional Setting komputer
>> setempat,
>> >> >> >> sempatkan
>> >> >> >> >> >>> >> > baca
>> >> >> >> >> >>> >> > tentang file schema.ini
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> > Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah
>> >> data
>> >> >> di
>> >> >> >> >> >>> >> > text
>> >> >> >> >> >>> file,
>> >> >> >> >> >>> >> > semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun
>> >> yang
>> >> >> >> >> >>> >> > berkoneksi.
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> > Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> > Wassalamualaikum Wr. Wb.
>> >> >> >> >> >>> >> > Mr. Kid.
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >> >> **
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>> >> >> >> >> >>> >> >> mau tanya penggunakan microsoft query untuk
>> >> >> >> >> >>> >> >> mengambil
>> >> data
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa,
>> >> >> >> >> >>> >> >> terus
>> >> >> >> bagaimana
>> >> >> >> >> >>> >> >> kalau
>> >> >> >> >> >>> >> >> sumber datanya dari file txt
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >> kalau untuk file excel
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from
>> microsoft
>> >> >> >> >> >>> >> >> query>>
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel
>> >> driver
>> >> >> >> >> >>> >> >> kalau datanya txt pilihannya apa ya
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >> terima kasih atas bantuannya
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >>
>> >> >> >> >> >>> >> >
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >>
>> >> >> >> >> >>> >
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>>
>> >> >> >> >> >>
>> >> >> >> >> >
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >>
>> >> >> >> >
>> >> >> >>
>> >> >> >>
>> >> >> >>
>> >> >> >
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >
>> >>
>> >>
>> >>
>> >
>>
>>
>>
>

3.1.

File - Peraturan Milis belajar-excel

Posted by: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com

Fri Jul 1, 2011 2:13 am (PDT)




"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated"
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

LAIN LAIN:
==========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan" dsb, hanya akan merusak 'Thread' (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting' (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan", tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri' (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette".

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes", tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

4a.

(no subject)

Posted by: "Ferry Setiawan" fset2006@gmail.com   ferry_2005_skom

Fri Jul 1, 2011 10:05 am (PDT)

4b.

Re:

Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Fri Jul 1, 2011 10:44 am (PDT)



Astaga, makin banyak aja kek ginian #_#

Mod, hajar bantai aja...


----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry® Pinjeman™

-----Original Message-----
From: Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 1 Jul 2011 23:58:56
To: <batuhidup-owner@yahoogroups.com>; <belajar-excel@yahoogroups.com>; <bertaasri@yahoo.co.id>; <bisma@brawijaya.ac.id>; <braint_theraphy@yahoo.co.id>; <braint_theraphy@yahoo.com>; <bsentiko@gmail.com>; <buditriwibowo@gmail.com>; <bukhariyahya@gmail.com>; <c+20xaw9s00000091qp570m00160oyfxs7t00000091qp570000000000001hy1i@reply.facebook.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel]

http://jo.angelika-stingl.de/images/alog.html

4c.

Re:

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 1:18 pm (PDT)



MOHON PERHATIAN !!!

menaggapi spam melalui milis *tanpa menghapus footer yg ada, *berarti

1. sama dengan menjadi kakitangan & penerus spam itu sendiri !!!
2. posting VOOT yg melanggar milis
pelajaran LAMA ini rupanya masih banyak yg belum memperhatikannya

Post ini jangan ada yg menanggapi lagi kecuali via japri

tks

On Sat, Jul 2, 2011 at 12:44 AM, Angga Gurmilang Sedar <mail@gilangsedar.com
> wrote:

> **
>
>
> ** Astaga, makin banyak aja kek ginian #_#
>
> Mod, hajar bantai aja...
> ----------------------------------------------------------
>
> Best Regards,
> Angga Gurmilang Sedar
>
5.

Bls: [belajar-excel] merevisi isi data

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Fri Jul 1, 2011 4:10 pm (PDT)



kalau yang mau direvisi hanya isi kolom bulan berdasarkan isi kolom IP di tabel perubahan
mungkin formula
=IF(COUNTIF($H$11:$H$14;C7)=0;B7;INDEX($G$11:$G$14;MATCH(C7;$H$11:$H$14;0)))
bisa jadi solusi  pengubah tanggal sesuai yang diinginkan

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Jum, 1/7/11, R T Gultom <ro_tag@yahoo.com> menulis:

Dari: R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] merevisi isi data
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 1 Juli, 2011, 12:37 PM

 

Dear All,

Mohon bantuannya lagi, bagaimana saya harus merevisi data karena ada revisi seperti terlampir
saya kutak-kutik macronya belum bisa?

Terima kasih sebelumnya
Gultom

6a.

Re: SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 4:18 pm (PDT)



melihat strukrur tabel di semua sheet = 100% kambar, termasuk peletakan
tanggal dikolom pertama, maka cara mudahnya mungkin begini:

* aktifkan *sheet REKAP*, aktifkan *cell D8*
* tulis: *=SUM(*
* dengan mousepointer: tunjuk tab-sheet paling kiri ("entry data 2.4 sd
2.7")
* tekan tombol SHIFT, tahan
* tunjuk tab-sheet paling kanan / sebelum sheet rekap ("entry data General
Plywood")
(makanya REKAP jangan ditaruh di "tengah")
* tunjuk cell *D8*
* tulis: *)* (kurung tutup)
* tekan Enter

lihat di Formula Bar, akan tampak formula seperti ini:
=SUM('entry data 2.4 sd 2.7:entry data General Plywood'!D8)

Congratulation, Anda baru saja memanfaatkan *"3D Reference" (rujukan tiga
dimensi)* didalam formula anda.

* Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup], perluaslah selection rangenya
(semula hanya cell D8) diperluas sampai seluas rang yg anda kehendaki,
mungkin *D8:BO244*
*
** Tekan Ctrl + Enter (maksudnya: mengcopy formula yg ada di D8 ke semua
cells yg diselect !)

* Langkah terakhir: merenungi tiap cell hasil formula, apakah sudah sesuai
keinginan...

2011/7/1 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear all Master Be-Excel
> Lama baru nongol lagi nih..
> saya punya masalah rekapitulasi. saya mengharapkan sheet rekap merupakan
> Summary dari semua sheet
> berdasarkan tanggal dan shift kerjanya. mohon bantuan rumusnya baik yang
> biasa maupun VBA.
> Regards
> Neza
>
>
>
6b.

Re: SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 4:31 pm (PDT)



maaf kibor ku sudah hampir mati sulit diajak menulis cepat, jadi sering
salah tulis

" Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup]"
*" Masih di sheet REKAP (bukan dlm mode [group]".. dst*..

2011/7/2 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> lihat di Formula Bar, akan tampak formula seperti ini:
> =SUM('entry data 2.4 sd 2.7:entry data General Plywood'!D8)
>
> Congratulation, Anda baru saja memanfaatkan *"3D Reference" (rujukan tiga
> dimensi)* didalam formula anda.
>
> ** Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup],* perluaslah selection
> rangenya (semula hanya cell D8) diperluas sampai seluas rang yg anda
> kehendaki, mungkin *D8:BO244*
> *
> *
>
6c.

Bls: [belajar-excel] SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Fri Jul 1, 2011 5:06 pm (PDT)



thanks atas sarannya mbak siti, saya masih punya mslh. gimana klw di cell yang dirujuk berbeda tanggal atw shift, sedangkan permintaannya sesuai tanggal dan shift,

kebetulan input data sama, tp klw input data sudah banyak, dan bermacam tanggal dan shift yg tidak berurutan maka sheet rekap akan kacau..

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 2 Juli 2011 7:30
Judul: Re: [belajar-excel] SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift

maaf kibor ku sudah hampir mati sulit diajak menulis cepat, jadi sering salah tulis

" Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup]"
" Masih di sheet REKAP (bukan dlm mode [group]".. dst..

2011/7/2 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

lihat di Formula Bar, akan tampak formula seperti ini: 
>=SUM('entry data 2.4 sd 2.7:entry data General Plywood'!D8)
>
>
>Congratulation, Anda baru saja memanfaatkan "3D Reference" (rujukan tiga dimensi) didalam formula anda.
>
>*  Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup],perluaslah selection rangenya (semula hanya cell D8) diperluas sampai seluas rang yg anda kehendaki, mungkin D8:BO244
>
>

6d.

Re: SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 6:47 pm (PDT)



supaya *tidak kacau dan rumus tetap sederhana *
**(dgn tujuan: anak buah gak perlu mikirin rumus tapi mikirin pekerjaan
saja)

BUATLAH SEMUA SHEET URUTAN TANGGALNYA* SAMA*
sheets di berikan kepada anak buah setelah tanggal kita isikan secara
seragam
dengan sheet lain & sheet rekap walaupun datanya masih kosong

jika cara itu tidak mungkin ( *orang lebih memilih rumus yg sulit dari pada
*
*sekedar mengurutkan tanggal yg lebih mudah)*
maka
gunakan seperti biasanya: SUMPRODUCT yg sudah berkali kali di contohkan di
milis

2011/7/2 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>

> **
>
>
> thanks atas sarannya mbak siti, saya masih punya mslh. gimana klw di cell
> yang dirujuk berbeda tanggal atw shift, sedangkan permintaannya sesuai
> tanggal dan shift,
> kebetulan input data sama, tp klw input data sudah banyak, dan bermacam
> tanggal dan shift yg tidak berurutan maka sheet rekap akan kacau..
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 2 Juli 2011 7:30
> *Judul:* Re: [belajar-excel] SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal
> dan shift
>
>
>
> maaf kibor ku sudah hampir mati sulit diajak menulis cepat, jadi sering
> salah tulis
>
> " Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup]"
> *" Masih di sheet REKAP (bukan dlm mode [group]".. dst*..
>
>
>
> 2011/7/2 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>
> lihat di Formula Bar, akan tampak formula seperti ini:
> =SUM('entry data 2.4 sd 2.7:entry data General Plywood'!D8)
>
> Congratulation, Anda baru saja memanfaatkan *"3D Reference" (rujukan tiga
> dimensi)* didalam formula anda.
>
> ** Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup],* perluaslah selection
> rangenya (semula hanya cell D8) diperluas sampai seluas rang yg anda
> kehendaki, mungkin *D8:BO244*
> *
> *
>
>
6e.

Bls: [belajar-excel] SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Fri Jul 1, 2011 8:54 pm (PDT)



sumproduct.... ok Master V, memoryku mulai kembali lagi... thanks banget...

Be-Excel.. T.O.P. banget..

Regards
Neza

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 2 Juli 2011 9:47
Judul: Re: [belajar-excel] SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift

supaya tidak kacau dan rumus tetap sederhana 
(dgn tujuan: anak buah gak perlu mikirin rumus tapi mikirin pekerjaan saja)

BUATLAH SEMUA SHEET URUTAN TANGGALNYA SAMA
sheets di berikan kepada anak buah setelah tanggal kita isikan secara seragam 
dengan sheet lain & sheet rekap walaupun datanya masih kosong

jika cara itu tidak mungkin ( orang lebih memilih rumus yg sulit dari pada 
sekedar mengurutkan tanggal yg lebih mudah)
maka 
gunakan seperti biasanya: SUMPRODUCT yg sudah berkali kali di contohkan di milis

2011/7/2 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>


>thanks atas sarannya mbak siti, saya masih punya mslh. gimana klw di cell yang dirujuk berbeda tanggal atw shift, sedangkan permintaannya sesuai tanggal dan shift,
>
>kebetulan input data sama, tp klw input data sudah banyak, dan bermacam tanggal dan shift yg tidak berurutan maka sheet rekap akan kacau..
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Sabtu, 2 Juli 2011 7:30
>Judul: Re: [belajar-excel] SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift
>
>
>
>
>
>maaf kibor ku sudah hampir mati sulit diajak menulis cepat, jadi sering salah tulis
>
>
>" Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup]"
>" Masih di sheet REKAP (bukan dlm mode [group]".. dst..
>
>
>
>
>
>2011/7/2 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>
>lihat di Formula Bar, akan tampak formula seperti ini: 
>>=SUM('entry data 2.4 sd 2.7:entry data General Plywood'!D8)
>>
>>
>>Congratulation, Anda baru saja memanfaatkan "3D Reference" (rujukan tiga dimensi) didalam formula anda.
>>
>>*  Masih sheet rekan (bkan dlm mode [gorup],perluaslah selection rangenya (semula hanya cell D8) diperluas sampai seluas rang yg anda kehendaki, mungkin D8:BO244
>>
>>

7a.

Macro untuk AutoFilter

Posted by: "MAMUDA PONTIM" uud_mamuda@yahoo.com   uud_mamuda

Fri Jul 1, 2011 9:25 pm (PDT)



Hai para master
Saya punya file pencatatan transaksi keuangan yang masih belum jadi. Saya ada sedikit masalah tentang pembuatan macro untuk AutoFilter yakni dalam pembuatan "Criteria". Sebenarnya saya sudah membuat macronya dengan cara record macro dan saya modif. Cuma hasil modif saya terasa tidak efektif, karena saya tidak bisa mengubah "Criteria" secara mudah, sehingga saya pake Select Case seperti berikut:

Private Sub FilterData2()
Kriteria = Range("Saring!E6").Value
Select Case Kriteria
Case 1
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodJanuary, Operator:=xlFilterDynamic
Case 2
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodFebruary, Operator:=xlFilterDynamic
Case 3
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodMarch, Operator:=xlFilterDynamic
Case 4
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodApril, Operator:=xlFilterDynamic
Case 5
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodMay, Operator:=xlFilterDynamic
Case 6
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodJune, Operator:=xlFilterDynamic
Case 7
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodJuly, Operator:=xlFilterDynamic
Case 8
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodAugust, Operator:=xlFilterDynamic
Case 9
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodSeptember, Operator:=xlFilterDynamic
Case 10
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodOctober, Operator:=xlFilterDynamic
Case 11
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodNovember, Operator:=xlFilterDynamic
Case 12
    Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2, Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodDecember, Operator:=xlFilterDynamic
Case Else
Exit Sub
End Select
End Sub

Padahal saya hanya ingin mengubah nama bulan saja pada bagian Criteria1.

Adakah cara yang lebih efektif dan lebih ringkas?
7b.

Re: Macro untuk AutoFilter

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Jul 2, 2011 12:39 am (PDT)



Coba ganti jadi :
Public Sub FilterData2()
Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
Criteria1:=Range("Saring!E6").Value+20, Operator:=xlFilterDynamic
End Sub

Kid.

2011/7/2 MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>

> **
>
>
> Hai para master
> Saya punya file pencatatan transaksi keuangan yang masih belum jadi. Saya
> ada sedikit masalah tentang pembuatan macro untuk AutoFilter yakni dalam
> pembuatan "Criteria". Sebenarnya saya sudah membuat macronya dengan cara
> record macro dan saya modif. Cuma hasil modif saya terasa tidak efektif,
> karena saya tidak bisa mengubah "Criteria" secara mudah, sehingga saya pake
> Select Case seperti berikut:
>
> Private Sub FilterData2()
> Kriteria = Range("Saring!E6").Value
> Select Case Kriteria
> Case 1
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodJanuary, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 2
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodFebruary, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 3
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodMarch, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 4
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodApril, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 5
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodMay, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 6
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodJune, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 7
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodJuly, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 8
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodAugust, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 9
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodSeptember, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 10
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodOctober, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 11
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodNovember, Operator:=xlFilterDynamic
> Case 12
> Range("TabelRekap").AutoFilter Field:=2,
> Criteria1:=xlFilterAllDatesInPeriodDecember, Operator:=xlFilterDynamic
> Case Else
> Exit Sub
> End Select
> End Sub
>
> Padahal saya hanya ingin mengubah nama bulan saja pada bagian Criteria1.
>
> Adakah cara yang lebih efektif dan lebih ringkas?
>
>
>
8a.

Menampilkan data pasangan melalui Data Validation

Posted by: "Sony Ario" sony.ario1@gmail.com

Fri Jul 1, 2011 11:10 pm (PDT)



Yth. teman-teman,

Mohon bantuan. Saya sedang buat 1 spreadsheet yang selanjut nya akan
dikirim ke user. Di dalam sheet tersebut, user harus memilih kode akun
kemana transaksi tersebut akan dibebankan. Akan tetapi kebanyakan user
tidak familiar dengan kode2 akun yang kami punya. Mereka lebih
familiar dengan istilah umum / keterangan dari kode akun tersebut.

Pertanyaan nya, apabila cara menampilkan keterangan akun itu saya
munculkan melalui Data Validation, gimana cara nya agar setelah mereka
pilih, pada cell tsb yang muncul bukan keterangan kode akun nya,
melainkan justru kode akun nya.

Saya hanya bisa mencoba melalui vba. Itupun terbatas dengan logika
saya yg "pendek".. maklum newbie sekali :) nggak ketemu cara nya
melalui rumus.

Terima kasih sebelumnya. File Contoh saya lampirkan.

wassalam
Sony
8b.

Re: Menampilkan data pasangan melalui Data Validation

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 11:18 pm (PDT)



di kolom sebelahnya (kolom F) ditulis rumus

=IF(E3="","",VLOOKUP(E3,$A$2:$B$14,2,FALSE)

2011/7/2 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com>

> **
>
> Yth. teman-teman,
>
> Mohon bantuan. Saya sedang buat 1 spreadsheet yang selanjut nya akan
> dikirim ke user. Di dalam sheet tersebut, user harus memilih kode akun
> kemana transaksi tersebut akan dibebankan. Akan tetapi kebanyakan user
> tidak familiar dengan kode2 akun yang kami punya. Mereka lebih
> familiar dengan istilah umum / keterangan dari kode akun tersebut.
>
> Pertanyaan nya, apabila cara menampilkan keterangan akun itu saya
> munculkan melalui Data Validation, gimana cara nya agar setelah mereka
> pilih, pada cell tsb yang muncul bukan keterangan kode akun nya,
> melainkan justru kode akun nya.
>
> Saya hanya bisa mencoba melalui vba. Itupun terbatas dengan logika
> saya yg "pendek".. maklum newbie sekali :) nggak ketemu cara nya
> melalui rumus.
>
> Terima kasih sebelumnya. File Contoh saya lampirkan.
>
> wassalam
> Sony
>
>
8c.

Re: Menampilkan data pasangan melalui Data Validation

Posted by: "Sony Ario" sony.ario1@gmail.com

Fri Jul 1, 2011 11:43 pm (PDT)



siang mbak.

Kalau rumus mbak siti itukan hasil nya muncul di kolom F mbak. Nah,
yang saya tanyakan justru supaya hasil nya juga muncul di kolom E itu
mbak :)

but thanks anyway.

On 7/2/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:
> di kolom sebelahnya (kolom F) ditulis rumus
>
> =IF(E3="","",VLOOKUP(E3,$A$2:$B$14,2,FALSE)
>
>
>
> 2011/7/2 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com>
>
>> **
>>
>> Yth. teman-teman,
>>
>> Mohon bantuan. Saya sedang buat 1 spreadsheet yang selanjut nya akan
>> dikirim ke user. Di dalam sheet tersebut, user harus memilih kode akun
>> kemana transaksi tersebut akan dibebankan. Akan tetapi kebanyakan user
>> tidak familiar dengan kode2 akun yang kami punya. Mereka lebih
>> familiar dengan istilah umum / keterangan dari kode akun tersebut.
>>
>> Pertanyaan nya, apabila cara menampilkan keterangan akun itu saya
>> munculkan melalui Data Validation, gimana cara nya agar setelah mereka
>> pilih, pada cell tsb yang muncul bukan keterangan kode akun nya,
>> melainkan justru kode akun nya.
>>
>> Saya hanya bisa mencoba melalui vba. Itupun terbatas dengan logika
>> saya yg "pendek".. maklum newbie sekali :) nggak ketemu cara nya
>> melalui rumus.
>>
>> Terima kasih sebelumnya. File Contoh saya lampirkan.
>>
>> wassalam
>> Sony
>>
>>
>

8d.

Re: Menampilkan data pasangan melalui Data Validation

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 1, 2011 11:50 pm (PDT)



pakailah COMBOBOX "beneran" (combobox dari ActiveX-control)

siti

2011/7/2 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com>

> **
> siang mbak.
>
>
> Kalau rumus mbak siti itukan hasil nya muncul di kolom F mbak. Nah,
> yang saya tanyakan justru supaya hasil nya juga muncul di kolom E itu
> mbak :)
>
> but thanks anyway.
>
>
> On 7/2/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:
> > di kolom sebelahnya (kolom F) ditulis rumus
> >
> > =IF(E3="","",VLOOKUP(E3,$A$2:$B$14,2,FALSE)
> >
> >
> >
> > 2011/7/2 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com>
> >
> >> **
> >>
> >> Yth. teman-teman,
> >>
> >> Mohon bantuan. Saya sedang buat 1 spreadsheet yang selanjut nya akan
> >> dikirim ke user. Di dalam sheet tersebut, user harus memilih kode akun
> >> kemana transaksi tersebut akan dibebankan. Akan tetapi kebanyakan user
> >> tidak familiar dengan kode2 akun yang kami punya. Mereka lebih
> >> familiar dengan istilah umum / keterangan dari kode akun tersebut.
> >>
> >> Pertanyaan nya, apabila cara menampilkan keterangan akun itu saya
> >> munculkan melalui Data Validation, gimana cara nya agar setelah mereka
> >> pilih, pada cell tsb yang muncul bukan keterangan kode akun nya,
> >> melainkan justru kode akun nya.
> >>
> >> Saya hanya bisa mencoba melalui vba. Itupun terbatas dengan logika
> >> saya yg "pendek".. maklum newbie sekali :) nggak ketemu cara nya
> >> melalui rumus.
> >>
> >> Terima kasih sebelumnya. File Contoh saya lampirkan.
> >>
> >> wassalam
> >> Sony
> >>
>
8e.

Re: Menampilkan data pasangan melalui Data Validation

Posted by: "Sony Ario" sony.ario1@gmail.com

Sat Jul 2, 2011 12:04 am (PDT)



waduh.. canggih banget mbak :)

nggak bisa pake rumus ya ?
btw, ya sud. Newbie mau liat macro nya dulu (pasti bakal mumet nih... :))

Tks ya mbak.

On 7/2/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:
> pakailah COMBOBOX "beneran" (combobox dari ActiveX-control)
>
> siti
>
>
>
> 2011/7/2 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com>
>
>> **
>> siang mbak.
>>
>>
>> Kalau rumus mbak siti itukan hasil nya muncul di kolom F mbak. Nah,
>> yang saya tanyakan justru supaya hasil nya juga muncul di kolom E itu
>> mbak :)
>>
>> but thanks anyway.
>>
>>
>> On 7/2/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:
>> > di kolom sebelahnya (kolom F) ditulis rumus
>> >
>> > =IF(E3="","",VLOOKUP(E3,$A$2:$B$14,2,FALSE)
>> >
>> >
>> >
>> > 2011/7/2 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com>
>> >
>> >> **
>> >>
>> >> Yth. teman-teman,
>> >>
>> >> Mohon bantuan. Saya sedang buat 1 spreadsheet yang selanjut nya akan
>> >> dikirim ke user. Di dalam sheet tersebut, user harus memilih kode akun
>> >> kemana transaksi tersebut akan dibebankan. Akan tetapi kebanyakan user
>> >> tidak familiar dengan kode2 akun yang kami punya. Mereka lebih
>> >> familiar dengan istilah umum / keterangan dari kode akun tersebut.
>> >>
>> >> Pertanyaan nya, apabila cara menampilkan keterangan akun itu saya
>> >> munculkan melalui Data Validation, gimana cara nya agar setelah mereka
>> >> pilih, pada cell tsb yang muncul bukan keterangan kode akun nya,
>> >> melainkan justru kode akun nya.
>> >>
>> >> Saya hanya bisa mencoba melalui vba. Itupun terbatas dengan logika
>> >> saya yg "pendek".. maklum newbie sekali :) nggak ketemu cara nya
>> >> melalui rumus.
>> >>
>> >> Terima kasih sebelumnya. File Contoh saya lampirkan.
>> >>
>> >> wassalam
>> >> Sony
>> >>
>>
>

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar