Minggu, 03 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1225

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form From: Harry
1b.
Re: Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form From: STDEV(i)
2a.
Duplikat data di sheet lain From: Bachelor Ard
2b.
Re: Duplikat data di sheet lain From: STDEV(i)
2c.
Re: Duplikat data di sheet lain From: Bachelor Ard
2d.
Re: Duplikat data di sheet lain From: STDEV(i)
2e.
Re: Duplikat data di sheet lain From: ghozi alkatiri
3a.
Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan exc From: Herry Sutjipto
4.
Bls: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain From: ghozi alkatiri
5a.
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: Mr. Kid
5b.
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: him mah
5c.
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: Mr. Kid
5d.
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: him mah
5e.
Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query From: Mr. Kid
6a.
pivot dengan 2 source From: Firmansyah WORKSHOP
6b.
Re: pivot dengan 2 source From: Mr. Kid
7.
Bls: [belajar-excel] Hapus duplikat tetapi berdasarkan syarat priori From: ghozi alkatiri
8a.
Re: Bls: [belajar-excel] merevisi isi data From: R T Gultom
9a.
Re: merevisi isi data From: R T Gultom
9b.
Re: merevisi isi data From: R T Gultom
10a.
Merubah tipe data From: Liwu Florez
10b.
Re: Merubah tipe data From: STDEV(i)
10c.
Re: Merubah tipe data From: Sudarsono Suhenk
10d.
Re: Merubah tipe data From: STDEV(i)
10e.
Re: Merubah tipe data From: Liwu Florez

Messages

1a.

Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sun Jul 3, 2011 1:32 am (PDT)



Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mb. Siti yang telah menjawab pertanyaan saya di Yahoo Answer yang jawaban beliau tersebut sangat bermanfaat sekali.

Selanjutnya, mohon dapat diinformasikan cara untuk mengisi form yang telah kita buat secara otomatis. Misalnya isian pada Form tersebut adalah sbb:
No : 1
Nama : Harry
Alamat : Pontianak

(1) Pada Sheet yang sama (Sheet1) jika kita ingin mengisi secara otomatis pada kolom txtno tersebut dengan mengacu pada Cell G2, mengisi txtnama dengan mengacu pada Cell G3 dan mengisi txtalamat dengan mengacu pada Cell G4.
(2) Pada Sheet yang berbada (Sheet1 dan Sheet2) jika kita ingin mengisi secara otomatis pada kolom txtno (Sheet1) tersebut dengan mengacu pada Cell G2 (Sheet2), mengisi txtnama (Sheet1) dengan mengacu pada Cell G3 (Sheet2) dan mengisi txtalamat (Sheet1) dengan mengacu pada Cell G4 (Sheet2).

Bagaimana caranya�???

Terima kasih.

Harry

1b.

Re: Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 3, 2011 3:00 am (PDT)



Dear Harry,

Kok gag ada alampiran workbook-nya ya ??.

Inti masalahnya:
Dari "Form" berisi 3 cell (isian data), setiap saat akan diganti-ganti dan
dimasukkan ke tabel di sheet lain;
3 cell isian data ada di cell D6, D7 dan D8, (data langsung
diisikan/ketikkan ke cells tsb)

Sheet 1 kita beri nama FORM, sheet2 diberinama Tabel;
Di sheet FORM kita buat 'Tombol' (command button) yg diambil dari Toolbar
bernama Control ToolBox (lihat menu View > Toolbar ).

Tombol MASUKKAN, untuk memasukkan data isian (input) cells D6,D7 dan D8 ke
Tabel data di Sheet2

Karena pekerjaan mengisi data ke tabel pada baris berikutnya harus sambil
mencari baris baru ( baris dibawah data terakhir, yaitu agar pengisian ke
tabel tidak menimpa data yg sudah ada), maka pekerjaan spt ini sulit
dilakukan dengan FORMULA / RUMUS, tetapi MUDAH sekali dilakukan dengan Makro
(VBA Excel Programming)

Dua makro dituios di dua tempat berbeda

*di module Sheet1*

Private Sub CommandButton1_Click()
' memanggil program prosedur (makro) Entry Data
Call EntryData
End Sub

*di module standard*

Sub EntryData()
' untuk saat ini;
' di carikan cara yg paling mudah difahami
' nantnya code bisa diubah agar menjadi lebih efisien
'---------------------------------------------------
Dim dTabel As Range
Dim BarisBaru As Long, i As Long, c As Integer

' menentukan letak cell pertama pada area tabel
Set dTabel = Sheets("Tabel").Range("B3")

' mencari baris baru y gmasih kosong
BarisBaru = dTabel.CurrentRegion.Rows.Count

' baris, kolom
dTabel(BarisBaru, 1) = Sheets("FORM").Range("D6")
dTabel(BarisBaru, 2) = Sheets("FORM").Range("D7")
dTabel(BarisBaru, 3) = Sheets("FORM").Range("D8")

End Sub

2011/7/3 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mb. Siti yang telah
> menjawab pertanyaan saya di Yahoo Answer yang jawaban beliau tersebut sangat
> bermanfaat sekali.
>
> Selanjutnya, mohon dapat diinformasikan cara untuk mengisi form yang telah
> kita buat secara otomatis. Misalnya isian pada Form tersebut adalah sbb:
> No : 1
> Nama : Harry
> Alamat : Pontianak
>
> (1) Pada Sheet yang sama (Sheet1) jika kita ingin mengisi secara otomatis
> pada kolom txtno tersebut dengan mengacu pada Cell G2, mengisi txtnama
> dengan mengacu pada Cell G3 dan mengisi txtalamat dengan mengacu pada Cell
> G4.
> (2) Pada Sheet yang berbada (Sheet1 dan Sheet2) jika kita ingin mengisi
> secara otomatis pada kolom txtno (Sheet1) tersebut dengan mengacu pada Cell
> G2 (Sheet2), mengisi txtnama (Sheet1) dengan mengacu pada Cell G3 (Sheet2)
> dan mengisi txtalamat (Sheet1) dengan mengacu pada Cell G4 (Sheet2).
>
> Bagaimana caranya ?
>
> Terima kasih.
>
> Harry
>
>
2a.

Duplikat data di sheet lain

Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com   bachelor_ard

Sun Jul 3, 2011 2:16 am (PDT)



Ass.. alkm....
Bagaimana carany duplikasi data ke-sheet lain dengan posisi t4 beda baris?
lebih jelasnya di attac. mohon....!
2b.

Re: Duplikat data di sheet lain

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 3, 2011 6:44 am (PDT)



Seandainya baris kosong yg ada di antara "nama ProgramSekolah" dan
"Subtotal" itu dimaksudkan untuk diisi data lain (dengan manual (diketikkan)
maupun dng formula) maka penyelesaian dengan rumus tentunya tidak cocok.
Karena baris kosong itu dicipta juga dengan rumus, dan harus menghapus data
yg sudah ada..

Mungkin... pilihan penyelesaian lain adalah dengan : *benar-benar mengcopy
(mengisi cell dgn value dari cell lain)*. Dan ini akan terlaksanan otomatis
jika diperbolehkan adanya makro:

'--------------
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'-siti Vi, 03 Juli 2011
'----------------------
Dim DafPost As Range, Catatan As Range
Dim i As Long, r As Long
If Target.Column = 2 Then
If Target.Count = 1 Then
If Target.Row > 1 Then
Set DafPost = Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
Set Catatan = Sheets("Catatan Pengeluaran").Range("A2")
For i = 1 To DafPost.Rows.Count - 1
*r = i * 6 - 5*
Catatan(r, 1) = DafPost(i, 1)
Catatan(r, 2) = DafPost(i, 2)
Catatan(r + 5, 2) = "Subtotal"
Next i
End If
End If
End If
End Sub
'--------------

2011/7/3 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

> **
> Ass.. alkm....
> Bagaimana carany duplikasi data ke-sheet lain dengan posisi t4 beda baris?
> lebih jelasnya di attac. mohon....!
>
>
>
2c.

Re: Duplikat data di sheet lain

Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com   bachelor_ard

Sun Jul 3, 2011 10:58 am (PDT)



terimakasi atas tanggapan guru2 saya.., tapi sebelumnya saya mohon maaf
sebelumnya
ini dikarenakan pertanyaan saya tadi yang kurang lengkap
1. untk "mas ghozi" saya sudah mencoba karyanya dng mengisi nilai belanja di
catatan namun di grand total tidak muncul jumlah grand totalnya malah baris
jumlah totalnya tertimpah dengan tambahan data di post pengeluaran
2. untk "mba citi" betul sekalai baris kosong yg ada di antara "nama
ProgramSekolah" dan "Subtotal" itu dimaksudkan untuk diisi data unit belanja
per-post (dengan manual (diketikkan) pun area bulan jan s/d des. untuk
memasukkan besar belnjaan. Mba..... sya cba menambah item post pengeluaran tapi;
nomor kode tdk otomatis muncul, dan di gran total tidak muncul sama sekali
tambahan itemnya
demikian 2 point konfirmsi diatas, semoga masih berkenan membantu, sekali lagi
mohon dimaklumi kalau maksud saya belum nyambung

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sun, July 3, 2011 9:44:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain

Seandainya baris kosong yg ada di antara "nama ProgramSekolah" dan "Subtotal"
itu dimaksudkan untuk diisi data lain (dengan manual (diketikkan) maupun dng
formula) maka penyelesaian dengan rumus tentunya tidak cocok. Karena baris
kosong itu dicipta juga dengan rumus, dan harus menghapus data yg sudah ada..

Mungkin... pilihan penyelesaian lain adalah dengan : benar-benar mengcopy
(mengisi cell dgn value dari cell lain). Dan ini akan terlaksanan otomatis jika
diperbolehkan adanya makro:

'--------------
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'-siti Vi, 03 Juli 2011
'----------------------
Dim DafPost As Range, Catatan As Range
Dim i As Long, r As Long
If Target.Column = 2 Then
If Target.Count = 1 Then
If Target.Row > 1 Then
Set DafPost = Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
Set Catatan = Sheets("Catatan Pengeluaran").Range("A2")
For i = 1 To DafPost.Rows.Count - 1
r = i * 6 - 5
Catatan(r, 1) = DafPost(i, 1)
Catatan(r, 2) = DafPost(i, 2)
Catatan(r + 5, 2) = "Subtotal"
Next i
End If
End If
End If
End Sub
'--------------

2011/7/3 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

>Ass.. alkm....
>Bagaimana carany duplikasi data ke-sheet lain dengan posisi t4 beda baris?
>lebih jelasnya di attac. mohon....!
>
>
>
2d.

Re: Duplikat data di sheet lain

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 3, 2011 12:49 pm (PDT)



1. di pc siti : makro itu jalan dengan baik
2. security level: sudahkan di sesuai dengan keperluan? (karena ada makro yg
akan dijalankan)
3. kalau mengajukan data contoh: dimohon sebaiknya SANGAT MIRIP dengan DATA
/ HASIL yg diinginkan
contoh yg diajukan: *cell kosong*, hasil / faktual : *ternyata bukan
cell kosong dst*
dan belakangan (setelah ditanggapi baru berubah) ?! = memperlama diskusi
yg tidak perlu.

cara makro yg diajukan ini pun sebenarnya cara yg tidak baik, (penulisnya
tidak tahu masalah yg sebenarnya dihadapi & kelanjutannya); makro* hanya
mengcopy data kolom 1 dan 2* saja..

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'-siti Vi, 03 Juli 2011 / V2
'--------------------------
Dim DafPost As Range, Catatan As Range
Dim i As Long, r As Long
If Target.Column = 2 Then
If Target.Count = 1 Then
If Target.Row > 1 Then
Set DafPost = Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
Set Catatan = Sheets("Catatan Pengeluaran").Range("A2")
For i = 1 To DafPost.Rows.Count - 1
r = i * 6 - 5
Catatan(r, 1) = DafPost(i, 1)
Catatan(r, 2) = DafPost(i, 2)
Catatan(r + 5, 2) = "Subtotal"
Next i
* DafPost.Copy Sheets("Grand Total").Cells(2, 1)*
* Sheets("Grand Total").Cells(i + 1, 2) = "Jumlah Total"*
End If
End If
End If
End Sub
'-----------

2011/7/4 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

> **
> terimakasi atas tanggapan guru2 saya.., tapi sebelumnya saya mohon maaf
> sebelumnya
> ini dikarenakan pertanyaan saya tadi yang kurang lengkap
> 1. untk "mas ghozi" saya sudah mencoba karyanya dng mengisi nilai belanja
> di catatan namun di grand total tidak muncul jumlah grand totalnya malah
> baris jumlah totalnya tertimpah dengan tambahan data di post pengeluaran
> 2. untk "mba citi" betul sekalai baris kosong yg ada di antara "nama
> ProgramSekolah" dan "Subtotal" itu dimaksudkan untuk diisi data unit
> belanja per-post (dengan manual (diketikkan) pun area bulan jan s/d des.
> untuk memasukkan besar belnjaan. Mba..... *sya cba menambah item post
> pengeluaran tapi; nomor kode tdk otomatis muncul*, dan di gran total tidak
> muncul sama sekali tambahan itemnya
> demikian 2 point konfirmsi diatas, semoga masih berkenan membantu, sekali
> lagi mohon dimaklumi kalau maksud saya belum nyambung
>
>
> ------------------------------
> *From:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sun, July 3, 2011 9:44:17 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain
>
> Seandainya baris kosong yg ada di antara "nama ProgramSekolah" dan
> "Subtotal" itu dimaksudkan untuk diisi data lain (dengan manual
> (diketikkan) maupun dng formula) maka penyelesaian dengan rumus tentunya
> tidak cocok. Karena baris kosong itu dicipta juga dengan rumus, dan harus
> menghapus data yg sudah ada..
>
> Mungkin... pilihan penyelesaian lain adalah dengan : *benar-benar mengcopy
> (mengisi cell dgn value dari cell lain)*. Dan ini akan terlaksanan
> otomatis jika diperbolehkan adanya makro:
>
>
2e.

Re: Duplikat data di sheet lain

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sun Jul 3, 2011 3:17 pm (PDT)



untuk lebih memudahkan memahami maksud  dari yang diharapkan coba dikirimkan attachment riil yang bisa menggambarkan keinginan yang dimaksud.
jadi tanggapan yang diberikan akan berusaha mendekati yang diharapkan.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sen, 4/7/11, Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com> menulis:

Dari: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 4 Juli, 2011, 12:56 AM

 

terimakasi atas tanggapan guru2 saya.., tapi sebelumnya saya mohon maaf sebelumnya
ini dikarenakan pertanyaan saya tadi yang kurang lengkap
1. untk "mas ghozi" saya sudah mencoba karyanya dng mengisi nilai belanja di catatan namun di grand total tidak muncul jumlah grand totalnya malah baris jumlah totalnya tertimpah dengan tambahan data di post pengeluaran
2. untk "mba citi" betul sekalai baris kosong yg ada di antara "nama ProgramSekolah" dan "Subtotal" itu dimaksudkan untuk diisi data unit belanja per-post (dengan manual (diketikkan) pun area bulan jan s/d des. untuk memasukkan besar belnjaan. Mba..... sya cba menambah item post pengeluaran tapi; nomor kode tdk otomatis muncul, dan di gran total tidak muncul sama sekali tambahan itemnya
demikian 2 point konfirmsi diatas, semoga masih berkenan membantu, sekali lagi mohon dimaklumi kalau maksud saya belum nyambung

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sun, July 3, 2011 9:44:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain

 

Seandainya baris kosong yg ada di antara "nama ProgramSekolah" dan "Subtotal" itu dimaksudkan untuk diisi data lain (dengan manual (diketikkan) maupun dng formula) maka penyelesaian dengan rumus tentunya tidak cocok. Karena baris kosong itu dicipta juga dengan rumus, dan harus menghapus data yg sudah ada..

Mungkin... pilihan penyelesaian lain adalah dengan : benar-benar mengcopy (mengisi cell dgn value dari cell lain). Dan ini akan terlaksanan otomatis jika diperbolehkan adanya makro:

'--------------Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

'-siti Vi, 03 Juli 2011'----------------------
Dim DafPost As Range, Catatan As RangeDim i As Long, r As Long

   If Target.Column = 2 Then   If Target.Count = 1 Then

   If Target.Row > 1 Then   Set DafPost = Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)

   Set Catatan = Sheets("Catatan Pengeluaran").Range("A2")      For i = 1 To DafPost.Rows.Count - 1

         r = i * 6 - 5         Catatan(r, 1) = DafPost(i, 1)

         Catatan(r, 2) = DafPost(i, 2)         Catatan(r + 5, 2) = "Subtotal"

      Next i   End If
   End If   End If
End Sub'--------------

2011/7/3 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

Ass.. alkm....
Bagaimana carany duplikasi data ke-sheet lain dengan posisi t4 beda baris?

lebih jelasnya di attac. mohon....!

3a.

Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan exc

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Sun Jul 3, 2011 4:07 am (PDT)



Arifna,
 
Kalau sudah ada form2 nya buat dengan excel, kemudian maunya seperti apa ..... biar para pakarnya yang menyelesaikan!
Oke!
 
Herry Sutjipto

From: Arifna Hidayatallah <arifna_h@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, July 3, 2011 12:03 PM
Subject: Re: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

 

memang bener mbak, aq hanya orang bodoh yang ingin berusaha untuk tau satu hal, tapi tidak tau mau belajar dari siapa? n dimana? q hanya belajar otodikak dengan apa yang q tau sekarang, terserah orang nilai aq gimana? 
maksih tas semuanya ...
emang bener apa yang digambarkan mbak mengenai tebel itu ,,,
tapi aku bingung cara membuatnya ....
yang q tau cm rumus penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan mencari nilai rata2 ... itupun hanya sekedar tau aja.... 
apa salah q ingin menambah ilmu yang minim ini,,,,?
4.

Bls: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sun Jul 3, 2011 5:38 am (PDT)



waalaikum salam
pada isian nomer urut di sheet pos pengeluaran diisi dengan formula

=IF(B2="";"";$A$1&COUNTA(A$1:A1))
copy ke bawah sehingga tiap ada data tambahan pada kolom program sekolah nomer urut akan terisi otomatis

untuk mengisi kolom nomer pada sheet catatan pengeluaran
formula di cell A2

=IF(COUNTA(A$1:A1)-COUNTBLANK(A$1:A1)>COUNTA('Post Pengeluaran'!$B$2:$B$100);"";IF(MOD(ROW();6)=2;$A$1&TRUNC(ROW()/6)+1;""))
copy ke bawah

untuk mengisi kolom program sekolah  pada sheet catatan pengeluaran
formula di cell B2 copy ke bawah

=IF(LEN(A2);INDEX('Post Pengeluaran'!$B$2:$B$100;MATCH(A2;'Post Pengeluaran'!$A$2:$A$100;0));IF(LEN(A3);"Sub total";""))

untuk mengisi kolom nomer pada sheet Grand total

formula di cell A2

=IF('Post Pengeluaran'!A2="";"";'Post Pengeluaran'!A2)

untuk mengisi kolom program sekolah pada sheet Grand total

formula di cell B2

=IF(COUNTA(A$1:A1)-1=COUNTA('Post Pengeluaran'!$B$2:$B$100);"Jumlah Total";IF('Post Pengeluaran'!B2="";"";'Post Pengeluaran'!B2))

adapun untuk pemformatan border pada subtotal dll di format dengan  conditional formating

selanjutnya silahkan  dilihat di attachment

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Ming, 3/7/11, Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com> menulis:

Dari: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Duplikat data di sheet lain
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 3 Juli, 2011, 4:15 PM

 

Ass.. alkm....
Bagaimana carany duplikasi data ke-sheet lain dengan posisi t4 beda baris?
lebih jelasnya di attac. mohon....!

5a.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 3, 2011 11:00 am (PDT)



Bisa disalinkan query joinnya ?
untuk join multiple tables dengan data provider jet 4 atau txt driver,
sepertinya bisa jika jenis joinnya sama. Yang umumnya bisa adalah inner join
multiple tables.
untuk join multiple tables dengan jenis join bercampur, lebih sering gak
bisanya, kecuali jika join dilakukan dengan dataset hasil join.

Left join, right join, inner join yang tunggal, semuanya bisa.

Pesan it is already opened exclusivele by another user, berarti file sedang
dibuka oleh user lain atau aplikasi lain. File yang open exclusive tidak
bisa dipakai oleh banyak user.

Kid.

2011/7/1 him mah <himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> untuk SQL nya kalau pakai LEFT JOIN koq ngga bisa ya
> muncul pesan
> it is already opened exclusivele by another user,...
>
>
>
5b.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com

Sun Jul 3, 2011 8:34 pm (PDT)



ini pak sqlnya

select wil, sum(Amount) as jumlah from bln06#txt LEFT JOINT
kdInv#txt ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY WIL

schema.ini saya tambahkan

[kdInv.txt]
Format=TabDelimited
col1=InvNo char width 17
col2=CustId char width 3
col3=Wil char width 17

saya lampirkan file kdinv dan shema nya

Pada tanggal 03/07/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Bisa disalinkan query joinnya ?
> untuk join multiple tables dengan data provider jet 4 atau txt driver,
> sepertinya bisa jika jenis joinnya sama. Yang umumnya bisa adalah inner join
> multiple tables.
> untuk join multiple tables dengan jenis join bercampur, lebih sering gak
> bisanya, kecuali jika join dilakukan dengan dataset hasil join.
>
> Left join, right join, inner join yang tunggal, semuanya bisa.
>
> Pesan it is already opened exclusivele by another user, berarti file sedang
> dibuka oleh user lain atau aplikasi lain. File yang open exclusive tidak
> bisa dipakai oleh banyak user.
>
> Kid.
>
> 2011/7/1 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> untuk SQL nya kalau pakai LEFT JOIN koq ngga bisa ya
>> muncul pesan
>> it is already opened exclusivele by another user,...
>>
>>
>>
>

----------

000000001-000.000 ABC JABAR
000000002-000.000 DEF JATIM
000000003-000.000 GHI JAKARTA
000000004-000.000 JKL SUMBAR
000000005-000.000 MNO JATIM
000000006-000.000 PQR JABAR
000000007-000.001 STU JATIM
000000008-000.000 VWX JAKARTA
000000009-000.001 YZA SUMBAR
000000010-000.001 BCD JATIM
5c.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 3, 2011 8:40 pm (PDT)



Jadi, schema.ini ada 2 blok, seperti ini :

[bln06.txt]
bla-bla disini

[kdInv.txt]
Format=TabDelimited
col1=InvNo char width 17
col2=CustId char width 3
col3=Wil char width 17

Koneksi di excel dengan query :
select *kdInv**.*wil, sum(*bln06.*Amount) as jumlah from bln06#txt *as bln06
* LEFT JOINT
kdInv#txt * as kdInv* ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY *kdInv**.*WIL

Mungkin demikian.

Kid.

2011/7/4 him mah <himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> ini pak sqlnya
>
> select wil, sum(Amount) as jumlah from bln06#txt LEFT JOINT
> kdInv#txt ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY WIL
>
> schema.ini saya tambahkan
>
> [kdInv.txt]
> Format=TabDelimited
> col1=InvNo char width 17
> col2=CustId char width 3
> col3=Wil char width 17
>
> saya lampirkan file kdinv dan shema nya
>
> Pada tanggal 03/07/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> > Bisa disalinkan query joinnya ?
> > untuk join multiple tables dengan data provider jet 4 atau txt driver,
> > sepertinya bisa jika jenis joinnya sama. Yang umumnya bisa adalah inner
> join
> > multiple tables.
> > untuk join multiple tables dengan jenis join bercampur, lebih sering gak
> > bisanya, kecuali jika join dilakukan dengan dataset hasil join.
> >
> > Left join, right join, inner join yang tunggal, semuanya bisa.
> >
> > Pesan it is already opened exclusivele by another user, berarti file
> sedang
> > dibuka oleh user lain atau aplikasi lain. File yang open exclusive tidak
> > bisa dipakai oleh banyak user.
> >
> > Kid.
> >
> > 2011/7/1 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> untuk SQL nya kalau pakai LEFT JOIN koq ngga bisa ya
> >> muncul pesan
> >> it is already opened exclusivele by another user,...
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>
5d.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com

Sun Jul 3, 2011 10:29 pm (PDT)



muncul syntak error in JOIN operation

Pada tanggal 03/07/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Jadi, schema.ini ada 2 blok, seperti ini :
>
> [bln06.txt]
> bla-bla disini
>
> [kdInv.txt]
> Format=TabDelimited
> col1=InvNo char width 17
> col2=CustId char width 3
> col3=Wil char width 17
>
>
> Koneksi di excel dengan query :
> select *kdInv**.*wil, sum(*bln06.*Amount) as jumlah from bln06#txt *as bln06
> * LEFT JOINT
> kdInv#txt * as kdInv* ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY *kdInv**.*WIL
>
> Mungkin demikian.
>
> Kid.
>
> 2011/7/4 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> ini pak sqlnya
>>
>> select wil, sum(Amount) as jumlah from bln06#txt LEFT JOINT
>> kdInv#txt ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY WIL
>>
>> schema.ini saya tambahkan
>>
>> [kdInv.txt]
>> Format=TabDelimited
>> col1=InvNo char width 17
>> col2=CustId char width 3
>> col3=Wil char width 17
>>
>> saya lampirkan file kdinv dan shema nya
>>
>> Pada tanggal 03/07/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>> > Bisa disalinkan query joinnya ?
>> > untuk join multiple tables dengan data provider jet 4 atau txt driver,
>> > sepertinya bisa jika jenis joinnya sama. Yang umumnya bisa adalah inner
>> join
>> > multiple tables.
>> > untuk join multiple tables dengan jenis join bercampur, lebih sering gak
>> > bisanya, kecuali jika join dilakukan dengan dataset hasil join.
>> >
>> > Left join, right join, inner join yang tunggal, semuanya bisa.
>> >
>> > Pesan it is already opened exclusivele by another user, berarti file
>> sedang
>> > dibuka oleh user lain atau aplikasi lain. File yang open exclusive tidak
>> > bisa dipakai oleh banyak user.
>> >
>> > Kid.
>> >
>> > 2011/7/1 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >
>> >> **
>> >>
>> >>
>> >> untuk SQL nya kalau pakai LEFT JOIN koq ngga bisa ya
>> >> muncul pesan
>> >> it is already opened exclusivele by another user,...
>> >>
>> >>
>> >>
>> >
>>
>>
>>
>

5e.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 3, 2011 10:49 pm (PDT)



cek ulang typo pak him mah

Ini contoh hasilnya (nilai amount mungkin udah beda, tetapi struktur tetap
sama)
[image: txt2xl_w_agregate_join_query.gif]

Kid.

Pada tanggal 03/07/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> > Jadi, schema.ini ada 2 blok, seperti ini :
> >
> > [bln06.txt]
> > bla-bla disini
> >
> > [kdInv.txt]
> > Format=TabDelimited
> > col1=InvNo char width 17
> > col2=CustId char width 3
> > col3=Wil char width 17
> >
> >
> > Koneksi di excel dengan query :
> > select *kdInv**.*wil, sum(*bln06.*Amount) as jumlah from bln06#txt *as
> bln06
> > * LEFT JOINT
> > kdInv#txt * as kdInv* ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY *kdInv**.*WIL
> >
> > Mungkin demikian.
> >
> > Kid.
> >
> > 2011/7/4 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> ini pak sqlnya
> >>
> >> select wil, sum(Amount) as jumlah from bln06#txt LEFT JOINT
> >> kdInv#txt ON bln06.InvNo = kdInv.InvNo GROUP BY WIL
> >>
> >> schema.ini saya tambahkan
> >>
> >> [kdInv.txt]
> >> Format=TabDelimited
> >> col1=InvNo char width 17
> >> col2=CustId char width 3
> >> col3=Wil char width 17
> >>
> >> saya lampirkan file kdinv dan shema nya
> >>
> >> Pada tanggal 03/07/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> >>
> >> > Bisa disalinkan query joinnya ?
> >> > untuk join multiple tables dengan data provider jet 4 atau txt driver,
> >> > sepertinya bisa jika jenis joinnya sama. Yang umumnya bisa adalah
> inner
> >> join
> >> > multiple tables.
> >> > untuk join multiple tables dengan jenis join bercampur, lebih sering
> gak
> >> > bisanya, kecuali jika join dilakukan dengan dataset hasil join.
> >> >
> >> > Left join, right join, inner join yang tunggal, semuanya bisa.
> >> >
> >> > Pesan it is already opened exclusivele by another user, berarti file
> >> sedang
> >> > dibuka oleh user lain atau aplikasi lain. File yang open exclusive
> tidak
> >> > bisa dipakai oleh banyak user.
> >> >
> >> > Kid.
> >> >
> >> > 2011/7/1 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
> >> >
> >> >> **
> >> >>
> >> >>
> >> >> untuk SQL nya kalau pakai LEFT JOIN koq ngga bisa ya
> >> >> muncul pesan
> >> >> it is already opened exclusivele by another user,...
> >> >>
> >> >>
> >> >>
> >> >
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>
6a.

pivot dengan 2 source

Posted by: "Firmansyah WORKSHOP" daffa.farrel@gmail.com   firmanpake_syah

Sun Jul 3, 2011 1:39 pm (PDT)



Yth pakar Excel.

mohon pencerahan.
dapatkah pivot tabel menggunakan 2 source. misanya pada sheet 1 dan sheet
2.
untuk struktur data sama namun isi data yang berbeda, dengan kata lain row
yang ada pada sheet1 sudah penuh atau mencapai row 65536 kemudian
dilanjutkan ke row 2 dan sterusnya pada sheet2.

Terimakasih atas pencerahannya

Firman
6b.

Re: pivot dengan 2 source

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 3, 2011 9:07 pm (PDT)



Pak Firman Yth,

Dengan asumsi bahwa setiap sheet data pasti memiliki header (sebaiknya
punya), maka fitur Import Data (di xl2003) atau Get External Data (xl 2007)
bisa membantu untuk menyusun datasource pivot table.

Gunakan query :
Select * from [sheet1$] union all select * from [sheet2$] union all select
....... from [sheetN$]

Pilih tampilan akhir berupa pivot table.

Hal yang perlu diwasapadai :
1. Jika pivot table berada pada file yang *sama* dengan raw source, maka
lakukan refresh berulang sampai pesan kegagalan refresh tidak muncul. Hal
ini disebabkan proses koneksi data membutuhkan waktu.

2. Jika pivot table berada di file yang *berbeda *dengan raw source dan file
raw source masih terbuka, terkadang perlu perlakuan refresh berulang kali
sampai koneksi terjalin dengan baik (established).

Kid.

2011/7/4 Firmansyah WORKSHOP <daffa.farrel@gmail.com>

> **
>
>
> Yth pakar Excel.
>
> mohon pencerahan.
> dapatkah pivot tabel menggunakan 2 source. misanya pada sheet 1 dan sheet
> 2.
> untuk struktur data sama namun isi data yang berbeda, dengan kata lain row
> yang ada pada sheet1 sudah penuh atau mencapai row 65536 kemudian
> dilanjutkan ke row 2 dan sterusnya pada sheet2.
>
> Terimakasih atas pencerahannya
>
>
>
> Firman
>
>
>
>
7.

Bls: [belajar-excel] Hapus duplikat tetapi berdasarkan syarat priori

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sun Jul 3, 2011 4:28 pm (PDT)



untuk solusi kasus ini saya menggunakan dua kolom bantu (dummy)
dummy1 memberi kode x y z sesuai dengan kriteria
formulanya
=IF(B2="just open ?";"x";IF(B2="open,not click";"y";"z"))

dummy2 mengeluarkan duplikat data yang specifikasinya lebih prioritas sesuai dengan kriteria yang disepakati
formulanya

=IF(AND(C2<>"z";COUNTIFS(A$1:$A$21;A2;C$1:$C$21;"Z")=1);"";IF(AND(C2="X";COUNTIFS(A$1:$A$21;A2;C$1:$C$21;"y")=1);"";A2))

selalnjutnya dari tabel dummy2 ini digunakan untuk memfilter data yang sesuai dengan skala prioritas untuk ditampilkan secara berurutan dengan formula array

untuk kolom email address formulanya
{=IFERROR(INDEX(A$2:A$21;SMALL(IF(LEN($D$2:$D$21);MATCH($D$2:$D$21;$D$2:$D$21;0));ROW(1:1)));"")}
dan hasilnya bisa dicopy ke kanan untuk mengisi kolom information dan ke bawah untuk mengisi seluruh tabel .

NOTE:
mohon maaf sebaigaian besar formula di atas hanya berlaku untuk excel 2007 ke atas karena ada fungsi SUMIFS dan IFFERROR

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Ming, 3/7/11, JennyS <j3n_5z@yahoo.com> menulis:

Dari: JennyS <j3n_5z@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Hapus duplikat tetapi berdasarkan syarat prioritas
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 3 Juli, 2011, 3:21 AM

 

Dear all :

need help dunk, contoh kasus seperti di bawah ini :

Pada "Email address" (kolom A) terdapat duplikat dengan nama email yang sama,
dan dalam data terdapat "information" (kolom B) :
* just open?  --> dimisalkan X
* open, not click --> dimisalkan Y
* not opened, not click --> dimisalkan Z

Saya ingin menghilangkan "email" (kolom A) yg sama alias ber-duplikat, tetapi mempunyai syarat prioritas
 menurut "information"-nya (kolom b) sbb:
- Jika information X ketemu Y atau Y ketemu X, akan menjadi Y
- Jika information X ketemu Z atau Z ketemu X, akan menjadi Z
- Jika information Y ketemu Z atau Z ketemu Y, akan menjadi Z juga

Jadi prioritas nya :
1. Z
2. Y
3. X

Nah, harus ke delete yang mempunyai 2 email yang sama alias duplikat-nya (twin) tetapi sesuai dengan keterangan prioritas berdasarkan "information" itu
{ data masih tetap dalam 2 kolom berupa "email" (kolom a) dan "information" (kolom b) }

Bagaimana cara-nya ya?

Thanks, yo0...

8a.

Re: Bls: [belajar-excel] merevisi isi data

Posted by: "R T Gultom" ro_tag@yahoo.com   ro_tag

Sun Jul 3, 2011 7:04 pm (PDT)



Terima kasih atas formulanya, tapi kalau di buat formula akan menimpa (waktu di copas kebaris berikutnya) data yang tidak berubah, sementa yang diharapkan hanya merubah yang berubah saja di column yang sama. oleh sebab itu sepertinya lebih prepare ke macro karena akan di skip bila memang data tanggal dtidak berubah
Regards,
Gultom

--- On Sat, 7/2/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id> wrote:

From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Subject: Bls: [belajar-excel] merevisi isi data
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Saturday, July 2, 2011, 6:10 AM

 

kalau yang mau direvisi hanya isi kolom bulan berdasarkan isi kolom IP di tabel perubahan
mungkin formula
=IF(COUNTIF($H$11:$H$14;C7)=0;B7;INDEX($G$11:$G$14;MATCH(C7;$H$11:$H$14;0)))
bisa jadi solusi  pengubah tanggal sesuai yang diinginkan

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Jum, 1/7/11, R T Gultom <ro_tag@yahoo.com> menulis:

Dari: R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] merevisi isi data
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 1 Juli, 2011, 12:37 PM

 

Dear All,

Mohon bantuannya lagi, bagaimana saya harus merevisi data karena ada revisi seperti terlampir
saya kutak-kutik macronya belum bisa?

Terima kasih sebelumnya
Gultom

9a.

Re: merevisi isi data

Posted by: "R T Gultom" ro_tag@yahoo.com   ro_tag

Sun Jul 3, 2011 7:37 pm (PDT)



heh heh betul boss, kadang tanggal itu bisa maju atau mundur yang pasti memang tidak lebih maju dari tanggal penerbitan revisi,

--- On Fri, 7/1/11, Sudarsono Suhenk <jkssbma@live.com> wrote:

From: Sudarsono Suhenk <jkssbma@live.com>
Subject: RE: [belajar-excel] merevisi isi data
To: "belajar excel yahoo.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Friday, July 1, 2011, 5:09 PM

 

Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


9-Jun-2011
IP-3465


10-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


12-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


 

Bulan
IP


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


4-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


 

Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


 
 
untuk IP-3467 apa tanggal terakhir 11 Juni 2011 , bukan 4 Juni 2011 ?
 
Sub GabungTabelAntarWorkbook()
   ' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011
   ' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka
   '---------------------------------------
   Dim INDUK As Range, ANAKK As Range
   Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))
   Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)
 
    Dim jumbaris As Long
    jumbaris = INDUK.Rows.Count

    INDUK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A1")
    ANAKK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A" & jumbaris + 1)
    Call sortdata
  
End Sub
 
'===================================================================================================
Private Function ctvUsedRange(Optional Sht As Worksheet) As Range
   ' siti Vi // Bluewater, 24 Nov 2009
   ' last refine: Jurangmangu, 19 Jun 2011
   '---------------------------------------
   Dim FstRow As Long, FstCol As Integer
   Dim LstRow As Long, LstCol As Integer
   On Error Resume Next
   If Sht Is Nothing Then Set Sht = ActiveSheet ' Else Set Sht = Sht
   With Sht
        Sht.Select
      If Not Cells(1) = vbNullString Then
         FstRow = 1: FstCol = 1
      Else
         FstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByRows).Row
         FstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByColumns).Column
      End If
      LstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByRows).Row
      LstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByColumns).Column
     
      Set ctvUsedRange = Range(.Cells(FstRow, FstCol), .Cells(LstRow, LstCol))
   End With
End Function
'====================================================================================================

Sub sortdata()
    Sheets("Sheet1").Select
    Range("A1").Select
    ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Clear
    ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("B2:B27") _
        , SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:=xlSortNormal
    ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("A2:A27") _
        , SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending, DataOption:=xlSortNormal
     With ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort
        .SetRange Range("A1:B27")
        .Header = xlYes
        .MatchCase = False
        .Orientation = xlTopToBottom
        .SortMethod = xlPinYin
        .Apply
    End With
    ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=Array(1, 2), Header _
        :=xlYes
    ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=2, Header:=xlYes
End Sub

 
catatan :
Bu Devi , saya ambil beberapa koding nya dan saya modif . Trim's.
 
 
 
 
 
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: setiyowati.devi@gmail.com
Date: Fri, 1 Jul 2011 15:05:52 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] merevisi isi data

 

gak ada kabarnya ?...  ya udah, kita anggap seperti DUGAAN semula, dengan tambahan asumsi sbb:

** tabel yg ada di "workbook List / sheet Sumeri" adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

t** abel yg ada di "workbook rev / sheet ubah"  adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

** saat makro mulai dijalankan(makro berada di workbook LIST),  workbook REV harus susah dibuka.

Kedua tabel yg akan digabung itu boleh dipindah pindah letaknya (termasuk diperbanyak datanya / penambahan ke bawah ) asal masih didalam sheet yg sama;  tetapi tidak boleh 

ada data/tabel lain diluar range tabel tsb 

Sub GabungTabelAntarWorkbook()

   ' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011

   ' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka   '---------------------------------------

   Dim INDUK As Range, ANAKK As Range   

   Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))   Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)

   ANAKK.Copy INDUK(INDUK.Rows.Count + 1, 1)   

   INDUK.CurrentRegion.Sort _      Key1:=INDUK(1, 2), Order1:=xlAscending, _

      Header:=xlGuess, OrderCustom:=1, MatchCase:=False, _      Orientation:=xlTopToBottom, DataOption1:=xlSortNormal

   End Sub

2011/7/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

jadi maksud yg sebenarnya bagaimana, mohon diceritakan

(kalau melihat GAMBARAN HASIL yg diperlihatkan tadi, sepertinya  "jalan ceritak" 

yg siti ajukan tadi sudah sesuaijika belum sesuai, di bagian mananya yg masih perlu ubah ? 

nanti bisa kita perbaiki.
setelah oke, soal mengimplementasikan ke code itu masalah kedua dan gampang.

mengenai jumlah records (volume data) tidak jadi masalah, prinsip kerjanya tetap sama.

sample yg diajukan seharusnya menggambarkan / mewakili keadaan faktualnya

2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>

 

Sebenarnya selama ini saya pakai system manual

dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di beri color
data revisi tidak berurutan sebenarnya hanay sample saya ambil dari data (list)

Siti Vi wrote

Pakai cara praktis saja

1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di kolom 1 saja 

2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy3. dipaste ke cell hasil langkah 1

4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci sorting, order: manaik



9b.

Re: merevisi isi data

Posted by: "R T Gultom" ro_tag@yahoo.com   ro_tag

Sun Jul 3, 2011 11:41 pm (PDT)



Dear Pa' Sudarsono,

Setelah saya running VBA nya rupanya akan meng insert barus baru dan mensort
pada kenyataannya ada data  summeri tidak membuat list baru atau inert karena perubahan itu ada beberap group part yang mana parnya itu tidak boleh di sort
yang diinginkan bukan menambahkan baris tapi langsung menimpa data tanggal yang sebelumnya dengan cell yang sama

kalau saya pake formula maka akan menimpa tanggal yang di "sumeri" padahal yang diinginkan hanya merubah item ertentu yang berubah saja

Regards,

Gultom

--- On Mon, 7/4/11, R T Gultom <ro_tag@yahoo.com> wrote:

From: R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>
Subject: RE: [belajar-excel] merevisi isi data
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Monday, July 4, 2011, 9:36 AM

 

heh heh betul boss, kadang tanggal itu bisa maju atau mundur yang pasti memang tidak lebih maju dari tanggal penerbitan revisi,

--- On Fri, 7/1/11, Sudarsono Suhenk <jkssbma@live.com> wrote:

From: Sudarsono Suhenk <jkssbma@live.com>
Subject: RE: [belajar-excel] merevisi isi data
To: "belajar excel yahoo.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Friday, July 1, 2011, 5:09 PM

 

Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


9-Jun-2011
IP-3465


10-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


12-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


 

Bulan
IP


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


4-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


 

Bulan
IP


1-Jun-2011
IP-3457


2-Jun-2011
IP-3458


3-Jun-2011
IP-3459


4-Jun-2011
IP-3460


5-Jun-2011
IP-3461


6-Jun-2011
IP-3462


7-Jun-2011
IP-3463


8-Jun-2011
IP-3464


13-Jun-2011
IP-3465


16-Jun-2011
IP-3466


11-Jun-2011
IP-3467


21-Jun-2011
IP-3468


13-Jun-2011
IP-3469


14-Jun-2011
IP-3470


15-Jun-2011
IP-3471


16-Jun-2011
IP-3472


17-Jun-2011
IP-3473


18-Jun-2011
IP-3474


19-Jun-2011
IP-3475


20-Jun-2011
IP-3476


21-Jun-2011
IP-3477


22-Jun-2011
IP-3478


 
 
untuk IP-3467 apa tanggal terakhir 11 Juni 2011 , bukan 4 Juni 2011 ?
 
Sub GabungTabelAntarWorkbook()
   ' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011
   ' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka
   '---------------------------------------
   Dim INDUK As Range, ANAKK As Range
   Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))
   Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)
 
    Dim jumbaris As Long
    jumbaris = INDUK.Rows.Count

    INDUK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A1")
    ANAKK.Copy Destination:=Sheets("sheet1").Range("A" & jumbaris + 1)
    Call sortdata
  
End
Sub
 
'===================================================================================================
Private Function ctvUsedRange(Optional Sht As Worksheet) As Range
   ' siti Vi // Bluewater, 24 Nov 2009
   ' last refine: Jurangmangu, 19 Jun 2011
   '---------------------------------------
   Dim FstRow As Long, FstCol As Integer
   Dim LstRow As Long, LstCol As Integer
   On Error Resume Next
   If Sht Is Nothing Then Set Sht = ActiveSheet ' Else Set Sht = Sht
   With Sht
        Sht.Select
      If Not Cells(1) = vbNullString Then
         FstRow = 1: FstCol = 1
     
Else
         FstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByRows).Row
         FstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlNext, SearchOrder:=xlByColumns).Column
      End If
      LstRow = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByRows).Row
      LstCol = .Cells.Find(What:="*", SearchDirection:=xlPrevious, SearchOrder:=xlByColumns).Column
     
      Set ctvUsedRange = Range(.Cells(FstRow, FstCol), .Cells(LstRow, LstCol))
   End With
End Function
'====================================================================================================

Sub sortdata()
    Sheets("Sheet1").Select
   
Range("A1").Select
    ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Clear
    ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("B2:B27") _
        , SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending, DataOption:=xlSortNormal
    ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort.SortFields.Add Key:=Range("A2:A27") _
        , SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending, DataOption:=xlSortNormal
     With ActiveWorkbook.Worksheets("Sheet1").Sort
        .SetRange Range("A1:B27")
        .Header = xlYes
        .MatchCase = False
        .Orientation = xlTopToBottom
        .SortMethod =
xlPinYin
        .Apply
    End With
    ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=Array(1, 2), Header _
        :=xlYes
    ActiveSheet.Range("$A$1:$B$27").RemoveDuplicates Columns:=2, Header:=xlYes
End Sub

 
catatan :
Bu Devi , saya ambil beberapa koding nya dan saya modif . Trim's.
 
 
 
 
 
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: setiyowati.devi@gmail.com
Date: Fri, 1 Jul 2011 15:05:52 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] merevisi isi data

 

gak ada kabarnya ?...  ya udah, kita anggap seperti DUGAAN semula, dengan tambahan asumsi sbb:

** tabel yg ada di "workbook List / sheet Sumeri" adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

t** abel yg ada di "workbook rev / sheet ubah"  adalah satu satunya range yg ada di sheet itu

di cell lain tidak ada satu titik data pun (kalau ada, deteksi letak tabel bisa salah)

** saat makro mulai dijalankan(makro berada di workbook LIST),  workbook REV harus susah dibuka.

Kedua tabel yg akan digabung itu boleh dipindah pindah letaknya (termasuk diperbanyak datanya / penambahan ke bawah ) asal masih didalam sheet yg sama;  tetapi tidak boleh 

ada data/tabel lain diluar range tabel tsb 

Sub GabungTabelAntarWorkbook()

   ' siti Vi // Bluewater, 1 Juli 2011

   ' workbook "rev.xls" harus sudah terbuka   '---------------------------------------

   Dim INDUK As Range, ANAKK As Range   

   Set INDUK = ctvUsedRange(ThisWorkbook.Sheets("Sumeri"))   Set ANAKK = ctvUsedRange(Workbooks("rev.xls").Sheets("ubah")).Offset(1, 0)

   ANAKK.Copy INDUK(INDUK.Rows.Count + 1, 1)   

   INDUK.CurrentRegion.Sort _      Key1:=INDUK(1, 2), Order1:=xlAscending, _

      Header:=xlGuess, OrderCustom:=1, MatchCase:=False, _      Orientation:=xlTopToBottom, DataOption1:=xlSortNormal

   End Sub

2011/7/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

jadi maksud yg sebenarnya bagaimana, mohon diceritakan

(kalau melihat GAMBARAN HASIL yg diperlihatkan tadi, sepertinya  "jalan ceritak" 

yg siti ajukan tadi sudah sesuaijika belum sesuai, di bagian mananya yg masih perlu ubah ? 

nanti bisa kita perbaiki.
setelah oke, soal mengimplementasikan ke code itu masalah kedua dan gampang.

mengenai jumlah records (volume data) tidak jadi masalah, prinsip kerjanya tetap sama.

sample yg diajukan seharusnya menggambarkan / mewakili keadaan faktualnya

2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>

 

Sebenarnya selama ini saya pakai system manual

dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di beri color
data revisi tidak berurutan sebenarnya hanay sample saya ambil dari data (list)

Siti Vi wrote

Pakai cara praktis saja

1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di kolom 1 saja 

2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy3. dipaste ke cell hasil langkah 1

4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci sorting, order: manaik



10a.

Merubah tipe data

Posted by: "Liwu Florez" liwu_handoko@yahoo.com   liwu_handoko

Sun Jul 3, 2011 9:26 pm (PDT)



Dear Para Pakar Excell,
Mohon bantuannya donk, saya punya permasalahan merubah tipe data dari numerik ke teks dengan  ketentuan seperti yang ada di file attachment. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan temen2.

Salam,
Handoko
10b.

Re: Merubah tipe data

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 3, 2011 9:36 pm (PDT)



mohon dicoba:

=TEXT(C12,"00000000")

bilangan di C12 dikonversi menjadi TEXT dengan bentuk 8 "digit" dengan
"leading-Zero"

=LEFT(B21&REPT(" ",15),15)&TEXT(C21,",00000")

Text di B21 ditambah 15 x spasi, lalu dipotong (hany adipakai) 15 dari kiri
Bilangan di C21 dikonversi menjadi text dengan 6 digit termasuk KOMA
didepannya

2011/7/4 Liwu Florez <liwu_handoko@yahoo.com>
>
> Dear Para Pakar Excell,
> Mohon bantuannya donk, saya punya permasalahan merubah tipe data dari
numerik ke teks dengan ketentuan seperti yang ada di file attachment.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan
temen2.
>
> Salam,
> Handoko
10c.

Re: Merubah tipe data

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@live.com   jkssbma

Sun Jul 3, 2011 9:42 pm (PDT)




untuk tipe number gunakan teknik ini=TEXT(C12,REPT("0",8))untuk tipe karakter text gunakan teknik ini=LEFT(F21&REPT(" ",15),15)
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: liwu_handoko@yahoo.com
Date: Mon, 4 Jul 2011 12:26:09 +0800
Subject: [belajar-excel] Merubah tipe data

Dear Para Pakar Excell,Mohon bantuannya donk, saya punya permasalahan merubah tipe data dari numerik ke teks dengan ketentuan seperti yang ada di file attachment. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan temen2.

Salam,Handoko

10d.

Re: Merubah tipe data

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 3, 2011 10:07 pm (PDT)



*~ l**ampiran ketinggalan....*

2011/7/4 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> mohon dicoba:
>
> =TEXT(C12,"00000000")
> bilangan di C12 dikonversi menjadi TEXT dengan bentuk 8 "digit" dengan
> "leading-Zero"
>
> =LEFT(B21&REPT(" ",15),15)&TEXT(C21,",00000")
> Text di B21 ditambah 15 x spasi, lalu dipotong (hanya dipakai) 15 HURUF
> dari kiri,
> Bilangan di C21 dikonversi menjadi text dengan 6 "digit" termasuk KOMA
> didepannya
>

>
>
> 2011/7/4 Liwu Florez <liwu_handoko@yahoo.com>
> > Dear Para Pakar Excell,
> > Mohon bantuannya donk, saya punya permasalahan merubah tipe data dari
> numerik ke teks dengan ketentuan seperti yang ada di file attachment.
> Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan
> temen2.
> > Salam,
> > Handoko
>
10e.

Re: Merubah tipe data

Posted by: "Liwu Florez" liwu_handoko@yahoo.com   liwu_handoko

Sun Jul 3, 2011 10:12 pm (PDT)



@STDEV & @Sudarsono : terima kasih banyak, atas bantuannya

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, July 3, 2011 10:07 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Merubah tipe data

 
~ lampiran ketinggalan....

2011/7/4 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

mohon dicoba:
>
>=TEXT(C12,"00000000")
>bilangan di C12 dikonversi menjadi TEXT dengan bentuk 8 "digit" dengan "leading-Zero"
>
>
>=LEFT(B21&REPT(" ",15),15)&TEXT(C21,",00000")
>Text di B21 ditambah 15 x spasi, lalu dipotong (hanya dipakai) 15 HURUF dari kiri,
>Bilangan di C21 dikonversi menjadi text dengan 6 "digit" termasuk KOMA didepannya  

>
>
>
>
>2011/7/4 Liwu Florez <liwu_handoko@yahoo.com>
>> Dear Para Pakar Excell,
>> Mohon bantuannya donk, saya punya permasalahan merubah tipe data dari numerik ke teks dengan  ketentuan seperti yang ada di file attachment. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan temen2.
>> Salam,
>> Handoko

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar