Messages In This Digest (19 Messages)
- 1a.
- Re: Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain From: hendrik karnadi
- 1b.
- Re: Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain From: Haps
- 2a.
- Re: WTA: Gabung data From: prast.excel@gmail.com
- 3.
- Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet/ ralat From: ghozi alkatiri
- 4a.
- Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: Tjahya Hartono
- 4b.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: ghozi alkatiri
- 4c.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: Tjahya Hartono
- 4d.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: OntoSeno
- 4e.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: ghozi alkatiri
- 4f.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: Tjahya Hartono
- 4g.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: Tjahya Hartono
- 4h.
- Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet From: Tjahya Hartono
- 5a.
- Re: Sort & Mengelompokkan data berdasarkan kriteria 2 kolom From: nathan.tama
- 6a.
- Re: Bagaimana beralih dari penggunaan Range ke Variabel dalam membua From: STDEV(i)
- 6b.
- Re: Bagaimana beralih dari penggunaan Range ke Variabel dalam membua From: hendrik karnadi
- 7.
- Capture Jumlah Google From: Muhammad Robin
- 8.
- Eksport dari aplikasi lain From: Sam Mun
- 9a.
- Membuat banyak new sheet tetapi yang sudah terformat From: Tjahya Hartono
- 9b.
- Re: Membuat banyak new sheet tetapi yang sudah terformat From: STDEV(i)
Messages
- 1a.
-
Re: Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Sat Jul 9, 2011 1:01 am (PDT)
Saya coba pakai sebagian program dari Mbak Haps, dengan Double Klik (ga keberatan kan Mbak?)
Setelah tambah kurang, mudah2an jawaban terlampir sesuai kebutuhan.
Salam,
Hendrik Karnadi
--- On Sat, 9/7/11, Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com > wrote:
From: Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com >
Subject: [belajar-excel] Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Saturday, 9 July, 2011, 12:45 PM
Dear para Master XL
Mohon bantuannya, bagaimana cara menampilkan kriteria untuk auto filter pada cell yang lain (filenya terlampir)? terima kasih
- 1b.
-
Re: Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Sat Jul 9, 2011 8:07 am (PDT)
*Menebak Kriteria AutoFilter* yg sedang dipilih memang agak sulit, Hanya
dengan formula saja
bisa banyak gagalnya.
Apa yg sudah dicontohkan oleh pak ghozi (maaf pak ghozi) sepertinya juga
belum menjawab
keperluan Edo. Karena KRITERIA yg sedang dipiih memang tertulis di E2 tetapi
hanya benar
kalau Krieria yg sedang dipilih adalah kriteria pertama saja (yaitu sama
dengan yg ada di
KOLOM ter-filiter (kolom A) di baris yg sejajar .
Jika sedang dipilih Kriteria ke 2 (tgl 2 jan 2011) data yg muncul di E2
menjadi tersembunyi dan
yg anda kira E2 itu sebetulnya adalah E5. Sedangkan E2 sendiri masih
tertulis data: tgl 1 jan 2011
Mungkin keperluan pak Edo dapat di perjelas menjadi lebih umum:
*" Ingin mengetahui KRITERIA FILTER YG SEDANG DIPILIH pada Kolom A "*
Pertanyaan pak Edo menjadi menurun kekuatannya karena dia ingin hasilnya
ditampakkan di *E2*
sedangkan E2 adalah BARIS yg bisa tersembunyi ketika filter diberlakkan.
Jika E2 *diganti menjadi E1* (atau cell lain yg tidak akan ikut tersembunyi
karena filtering)
maka tantangan barulah dimulai, apakah bisa : FORMULA menebak Kriteria yg
sedang terpilih ??
Untuk ini saya hanya bisa merujuk tulisan mbak siti / sekitar 22 agustus
2008 di milis sebelah (maaf)
http://tech.groups.yahoo. com/group/ XL-mania/ message/11305
Intinya :
dalam menebak Kriteria yg sedang dipilih mbak siti menggunakan fungsi *
KRITERIAPILTER*
Rumus di E1 * =KriteriaPilter(A1:B1, D1)*
dimana D1 tertulis "Tanggal"
'--lising vba code nya --
Function KriteriaPilter(ArrayCol As Range, Col)
'-------------------- --------- --------- ----
' siti Vi© // menebak nama kriteria
' pada filter yg sedang diaktifkan
' bluewater 22 agu 2008 / versi 3
' modified : Haps // 9 jul 2011
' (add: IF AAF(i).On... )
'-------------------- --------- --------- ----
Application.Volatile
Dim AAF As Object, i As Integer
Set AAF = ArrayCol.Parent.AutoFilter. Filters
i = WorksheetFunction.Match(Col. Value, ArrayCol, 0)
If AAF(i).On = True Then
KriteriaPilter = Replace(AAF(i).Criteria1, "=", "")
Else
KriteriaPilter = vbNullString
End If
End Function
lebih lengkapnya lihat lampiran..
haps ~
@ pak Hendrik
silakan pak, kita belajar bersama,
& saya juga bukan fakar, ini kan hanya mengikuti siti saja...
kalau dia tidak mengajak saya juga buta VBA sama sekali...
2011/7/9 Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com >
>
> Dear para Master XL
> Mohon bantuannya, bagaimana cara menampilkan kriteria untuk auto filter
pada cell yang lain (filenya terlampir)? terima kasih.
- 2a.
-
Re: WTA: Gabung data
Posted by: "prast.excel@gmail.com" prast.excel@gmail.com arfianto.prasetyo
Sat Jul 9, 2011 1:12 am (PDT)
Sudah dicoba, dan hanya berhasil bila data nya berurutan/letaknya sama mis. sama-sama di baris 3. Masalahnya, pada file Contoh 2.xls datanya tidak berurutan dan ada bbrp data yg di Contoh 1.xls tidak ada di Contoh 2.xls atau sebaliknya.
Mohon pencerahannya Mods.
TIA
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Fri, 8 Jul 2011 19:28:03
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] WTA: Gabung data
Coba :
=IF(COUNTIF('[Contoh 2.xls]Sheet1' !$A$2:$A$ 6,C2),VLOOKUP( C2,'[Contoh
2.xls]Sheet1'!$A$2:$C$ 6,3,FALSE) ,"")
File contoh 2.xls harus terbuka saat membuatnya.
Kid.
2011/7/8 <prast.excel@gmail.com >
> **
>
>
> Sorry Mods kalau repost, nubie baru gabung :) as subject n sesuai
> attachmet,
> mohon bantuannya dikarenakan banyaknya data. Bagaimana caranya menggabung
> sebagian data dari 2 file dengan key "No. Pekerja" sehingga kolom "No.
> Register" pada file "Contoh 2" tercopy ke kolom "No. Register" pada file
> "Contoh 1".
>
> Thx.
> Sent from my BlackBerry�
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>
>
- 3.
-
Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet/ ralat
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Sat Jul 9, 2011 2:14 am (PDT)
maaf saya terpaksa harus meralat jawaban saya untuk kasus ini sebelumnya .
untuk mendapatkan hasil yang lebih konsisten sebaiknya formula untuk mengisi isian informasi selain nama company (account name), yang sebelumnya menggunkan fungsi VLOOKUP diganti dengan OFFSET
jadi fungsi yang sebelumnya
=VLOOKUP(B$1;Sheet1!$A$ 2:$H$10;ROW( ))
diganti menjadi
=OFFSET(Sheet1!$A$1;MATCH( B$1;Sheet1! $A$2:$A$10; 0);MATCH( A2;Sheet1! $B$1:$H$1; 0))
hal ini untuk menghindari ketidak urutan ascending pada daftar nama company (account name) di sheet 1 . karena kalau menggunakan VLOOKUP data rujukannya harus urut secara alfabetis (ascending) ,jika tidak maka hasilnya akan menjadi kacau. kebetulan dalam contoh attachment yang dikirimkan oleh bapak Tjahya Hartono data nama company sudah terurut secara asending , jadi ketika diterapkan dengan VLOOKUP tidak ada masalah dengan hasilnya.
untuk mengantisipasi terjadinya perubahan pada saat diterpakan secara riil dan data nama company tidak urut ascending yang paling tepat adalah fungsi OFFSET seperti di atas.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > menulis:id
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
Judul: Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 2:11 PM
formula yang harus diisikan pada masing masing sheet untuk isian
company account name adalah:
=MID(CELL("filename");FIND(" ]";CELL(" filename" ))+1;100)
formula ini akan menghasilkan nama sheet sesuai dengan nama sheet di mana formula ini berada.
selanjutnya untuk isian baris berikutnya di bawahnya adalah
=VLOOKUP(B$1;Sheet1!$A$ 2:$H$10;ROW( ))
copy ke bawah dst hasilnya akan menyesuaikan relatif sesuai dengan tempatnya masing masing.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9
Juli, 2011, 9:54 AM
Dear para master ex-cel,
Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih
- 4a.
-
Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id
Sat Jul 9, 2011 7:32 am (PDT)
Bapak ghozi alkatiri, saya mencoba memahami apa yang bpk sudah sampaikan mengenai solusi permasalahan saya tetapi ada perbedaan asumsi saya dengan bapak, yang saya tanyakan adalah 1. bagaimana membuat sheet secara otomatis dari data yang ada. Jadi 2 sheet yang saya berikan contoh adalah visualisasi dari keinginan saya, sehingga kalo melihat lampiran yang saya berikan akan ada 9 sheet yang tercipta dengan sheet yang sudah tertulis sesuai urutan companynya. 2. Sekarang bila mengacu solusi yang sudah bapak berikan, saya mencoba membuat sheet dan saya beri nama ternyata hasilnya sheet yang lain ikut berubah semuanya, padahal yang saya inginkan adalah sheet yang lain tidak ikut berubah.
Mohon maaf bila merepotkan bapak,
Terima kasih
Tjahya Hartono
--- Pada Sab, 9/7/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > menulis:id
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
Judul: Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 7:11 AM
formula yang harus diisikan pada masing masing sheet untuk isian
company account name adalah:
=MID(CELL("filename");FIND(" ]";CELL(" filename" ))+1;100)
formula ini akan menghasilkan nama sheet sesuai dengan nama sheet di mana formula ini berada.
selanjutnya untuk isian baris berikutnya di bawahnya adalah
=VLOOKUP(B$1;Sheet1!$A$ 2:$H$10;ROW( ))
copy ke bawah dst hasilnya akan menyesuaikan relatif sesuai dengan tempatnya masing masing.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9
Juli, 2011, 9:54 AM
Dear para master ex-cel,
Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih
- 4b.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Sat Jul 9, 2011 7:52 am (PDT)
terima kasih atas tanggapannya
untuk lebih jelasnya bisakah bapak mengirimkan contoh permasalahannya dengan file attachment dan jelaskan dengan lebih rinci di mana letak masalahnya , supaya saya bisa lebih memahami yang bapak maksudkan.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 8:46 PM
Bapak ghozi alkatiri, saya mencoba memahami apa yang bpk sudah sampaikan mengenai solusi permasalahan saya tetapi ada perbedaan asumsi saya dengan bapak, yang saya tanyakan adalah 1. bagaimana membuat sheet secara otomatis dari data yang ada. Jadi 2 sheet yang saya berikan contoh adalah visualisasi dari keinginan saya, sehingga kalo melihat lampiran yang saya berikan akan ada 9 sheet yang tercipta dengan sheet yang sudah tertulis sesuai urutan companynya. 2. Sekarang bila mengacu solusi yang sudah bapak berikan, saya mencoba membuat sheet dan saya beri nama ternyata hasilnya sheet yang lain ikut berubah semuanya, padahal yang saya inginkan adalah sheet yang lain tidak ikut berubah.
Mohon maaf bila merepotkan bapak,
Terima kasih
Tjahya Hartono
--- Pada Sab, 9/7/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > menulis:id
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
Judul: Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 7:11 AM
formula yang harus diisikan pada masing masing sheet untuk isian
company account name adalah:
=MID(CELL("filename");FIND(" ]";CELL(" filename" ))+1;100)
formula ini akan menghasilkan nama sheet sesuai dengan nama sheet di mana formula ini berada.
selanjutnya untuk isian baris berikutnya di bawahnya adalah
=VLOOKUP(B$1;Sheet1!$A$ 2:$H$10;ROW( ))
copy ke bawah dst hasilnya akan menyesuaikan relatif sesuai dengan tempatnya masing masing.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9
Juli, 2011, 9:54 AM
Dear para master ex-cel,
Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih
- 4c.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id
Sat Jul 9, 2011 8:22 am (PDT)
Terima kasih atas waktu yang bapak ghozi alkatiri sempatkan, seperti yang bapak ghozi minta sudah saya lampirkan file terkait beserta penjelasan saya. Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana membuat sheet baru tanpa cara manual pake insert-new sheet, tapi ada cara excel untuk membuatnya secara otomatis.
Regards
Tjahya Hartono
--- Pada Sab, 9/7/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > menulis:id
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
Judul: Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 2:52 PM
terima kasih atas tanggapannya
untuk lebih jelasnya bisakah bapak mengirimkan contoh permasalahannya dengan file attachment dan jelaskan dengan lebih rinci di mana letak masalahnya , supaya saya bisa lebih memahami yang bapak maksudkan.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 8:46 PM
Bapak ghozi alkatiri, saya mencoba memahami apa yang bpk sudah sampaikan mengenai solusi permasalahan saya tetapi ada perbedaan asumsi saya dengan bapak, yang saya tanyakan adalah 1. bagaimana membuat sheet secara otomatis dari data yang ada. Jadi 2 sheet yang saya berikan contoh adalah visualisasi dari keinginan saya, sehingga kalo melihat lampiran yang saya berikan akan ada 9 sheet yang tercipta dengan sheet yang sudah tertulis sesuai urutan companynya. 2. Sekarang bila mengacu solusi yang sudah bapak berikan, saya mencoba membuat sheet dan saya beri nama ternyata hasilnya sheet yang lain ikut berubah semuanya, padahal yang saya inginkan adalah sheet yang lain tidak ikut berubah.
Mohon maaf bila merepotkan bapak,
Terima kasih
Tjahya Hartono
--- Pada Sab, 9/7/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > menulis:id
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
Judul: Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 7:11 AM
formula yang harus diisikan pada masing masing sheet untuk isian
company account name adalah:
=MID(CELL("filename");FIND(" ]";CELL(" filename" ))+1;100)
formula ini akan menghasilkan nama sheet sesuai dengan nama sheet di mana formula ini berada.
selanjutnya untuk isian baris berikutnya di bawahnya adalah
=VLOOKUP(B$1;Sheet1!$A$ 2:$H$10;ROW( ))
copy ke bawah dst hasilnya akan menyesuaikan relatif sesuai dengan tempatnya masing masing.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9
Juli, 2011, 9:54 AM
Dear para master ex-cel,
Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih
- 4d.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "OntoSeno" ontoseno84@ymail.com ontoseno84@ymail.com
Sat Jul 9, 2011 8:42 am (PDT)
Apakah ini berarti bahwa Tjahya Hartono belum / tidak membaca posting
jawaban
dari Bu Dokter Hapsari hari ni pukul 10:48 pagi ??
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
<message/11683>
Menurutku solusi yg diajukan Bu Hapsari sangat Oke, sekali ceklik Semua
sheet
tercipta ! lengkap dengan isinya.
Saya mengucapakan terima kasih kpd Bu Haps atas contoh yg diberikannya.
salam hormat,
Seno
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Tjahya Hartono <tjahyahartono@com ...>
wrote:
>
> Terima kasih atas waktu yang bapak ghozi alkatiri sempatkan, seperti
yang bapak ghozi minta sudah saya lampirkan file terkait beserta
penjelasan saya. Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana membuat sheet baru
tanpa cara manual pake insert-new sheet, tapi ada cara excel untuk
membuatnya secara otomatis.
>
> Regards
> Tjahya Hartono
- 4e.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Sat Jul 9, 2011 3:15 pm (PDT)
fantastis solusi dari bu hapsari bahkan saya sendiri belum sempat membacanya sebelumnya. jadi jawaban dari bu hapsari ini ebih dari cukup untuk memenuhi harapan dari bapak Tjahya Hartono.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 9/7/11, OntoSeno <ontoseno84@ymail.com > menulis:
Dari: OntoSeno <ontoseno84@ymail.com >
Judul: Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 10:41 PM
Apakah ini berarti bahwa Tjahya Hartono belum / tidak membaca posting jawaban
dari Bu Dokter Hapsari hari ni pukul 10:48 pagi ??
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
Menurutku solusi yg diajukan Bu Hapsari sangat Oke, sekali ceklik Semua sheet
tercipta ! lengkap dengan isinya.
Saya mengucapakan terima kasih kpd Bu Haps atas contoh yg diberikannya.
salam hormat,
Seno
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Tjahya Hartono <tjahyahartono@com ...> wrote:
>
> Terima kasih atas waktu yang bapak ghozi alkatiri sempatkan, seperti yang bapak ghozi minta sudah saya lampirkan file terkait beserta penjelasan saya. Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana membuat sheet baru tanpa cara manual pake insert-new sheet, tapi ada cara excel untuk membuatnya secara otomatis.
>
> Regards
> Tjahya Hartono
- 4f.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id tjahyahartono
Sat Jul 9, 2011 5:50 pm (PDT)
Betul saya belum lihat solusi yang dibuat oleh bu hapsari, saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan beliau, dan juga bapak Ontoseno yang membantu mengingatkan informasinya begitu juga bapak ghozi alkatiri yang sebelumnya juga sudah membantu
Regards
Tjahya Hartono
--- Pada Sab, 9/7/11, OntoSeno <ontoseno84@ymail.com > menulis:
Dari: OntoSeno <ontoseno84@ymail.com >
Judul: Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 3:41 PM
Apakah ini berarti bahwa Tjahya Hartono belum / tidak membaca posting jawaban
dari Bu Dokter Hapsari hari ni pukul 10:48 pagi ??
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
Menurutku solusi yg diajukan Bu Hapsari sangat Oke, sekali ceklik Semua sheet
tercipta ! lengkap dengan isinya.
Saya mengucapakan terima kasih kpd Bu Haps atas contoh yg diberikannya.
salam hormat,
Seno
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Tjahya Hartono <tjahyahartono@com ...> wrote:
>
> Terima kasih atas waktu yang bapak ghozi alkatiri sempatkan, seperti yang bapak ghozi minta sudah saya lampirkan file terkait beserta penjelasan saya. Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana membuat sheet baru tanpa cara manual pake insert-new sheet, tapi ada cara excel untuk membuatnya secara otomatis.
>
> Regards
> Tjahya Hartono
- 4g.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id tjahyahartono
Sat Jul 9, 2011 6:04 pm (PDT)
Aneh y pak Onto, saya mencari di email saya solusi dari Bu Hapsari g ada ya? sudah saya buka satu-satu emailnya, saya mencoba mendapatkan file terlampirnya jadi g bisa. Knapa ya?
ini adalah link yang bapak berikan kepada saya.
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
--- Pada Sab, 9/7/11, OntoSeno <ontoseno84@ymail.com > menulis:
Dari: OntoSeno <ontoseno84@ymail.com >
Judul: Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 3:41 PM
Apakah ini berarti bahwa Tjahya Hartono belum / tidak membaca posting jawaban
dari Bu Dokter Hapsari hari ni pukul 10:48 pagi ??
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
Menurutku solusi yg diajukan Bu Hapsari sangat Oke, sekali ceklik Semua sheet
tercipta ! lengkap dengan isinya.
Saya mengucapakan terima kasih kpd Bu Haps atas contoh yg diberikannya.
salam hormat,
Seno
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Tjahya Hartono <tjahyahartono@com ...> wrote:
>
> Terima kasih atas waktu yang bapak ghozi alkatiri sempatkan, seperti yang bapak ghozi minta sudah saya lampirkan file terkait beserta penjelasan saya. Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana membuat sheet baru tanpa cara manual pake insert-new sheet, tapi ada cara excel untuk membuatnya secara otomatis.
>
> Regards
> Tjahya Hartono
- 4h.
-
Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id tjahyahartono
Sat Jul 9, 2011 6:21 pm (PDT)
Sudah,ternyata saya dapatkan datanya di mail archieve,
Terima kasih semuanya
Tjahya Hartono
--- Pada Ming, 10/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. > menulis:id
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
Judul: Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Minggu, 10 Juli, 2011, 1:04 AM
Aneh y pak Onto, saya mencari di email saya solusi dari Bu Hapsari g ada ya? sudah saya buka satu-satu emailnya, saya mencoba mendapatkan file terlampirnya jadi g bisa. Knapa ya?
ini adalah link yang bapak berikan kepada saya.
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
--- Pada Sab, 9/7/11, OntoSeno <ontoseno84@ymail.com > menulis:
Dari: OntoSeno <ontoseno84@ymail.com >
Judul: Bls: [belajar-excel] Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 3:41 PM
Apakah ini berarti bahwa Tjahya Hartono belum / tidak membaca posting jawaban
dari Bu Dokter Hapsari hari ni pukul 10:48 pagi ??
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11683
Menurutku solusi yg diajukan Bu Hapsari sangat Oke, sekali ceklik Semua sheet
tercipta ! lengkap dengan isinya.
Saya mengucapakan terima kasih kpd Bu Haps atas contoh yg diberikannya.
salam hormat,
Seno
--- In belajar-excel@yahoogroups. , Tjahya Hartono <tjahyahartono@com ...> wrote:
>
> Terima kasih atas waktu yang bapak ghozi alkatiri sempatkan, seperti yang bapak ghozi minta sudah saya lampirkan file terkait beserta penjelasan saya. Sebenarnya saya ingin tahu bagaimana membuat sheet baru tanpa cara manual pake insert-new
sheet, tapi ada cara excel untuk membuatnya secara otomatis.
>
> Regards
> Tjahya Hartono
- 5a.
-
Re: Sort & Mengelompokkan data berdasarkan kriteria 2 kolom
Posted by: "nathan.tama" nathan.tama@yahoo.com nathan.tama
Sat Jul 9, 2011 8:32 am (PDT)
Mr Kid,
Terimakasih banyak,
PROBLEM SOLVED.
Tapi kalo ada alternatif lain, mungkin, boleh juga untuk bahan belajar. Thx.
--- In belajar-excel@yahoogroups. , "Mr. Kid" <mr.nmkid@..com .> wrote:
>
> Dear Nathan,
>
> Untuk menghasilkan summary disertai baris pemisah antar grup, file terlampir
> menggunakan 4 kolom bantu (3 di data dan 1 di summary) [sheet
> grup_per_blok].
> Jika tanpa baris pemisah grup, menggunakan 2 kolom bantu (1 di data dan 1 di
> summary) [sheet plain]
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/7/7 Nathan Tama <nathan.tama@...>
>
> > **
> >
> >
> > Dear rekans Be-Exceler dan suhu,
> > Mohon dibantu, bagaimana cara untuk mengelompokkan data dengan ketentuan :
> > - Data/baris yg diambil adalah jika cell pada Kolom X ada pada kolom Y, dan
> > sebaliknya.
> > - Kemudian data tersebut dikelompokkan berdasarkan kesamaan isi cell pada
> > kolom X dan Y, dan/atau kolom Y dan X.
> > Untuk lebih jelasnya, lihat lampiran.
> >
> > Matur nuwun sebelumnya.
> >
> > Nathan (newbie excel)
> >
> > PS: Pengakuan dosa, saya pernah posting masalah tapi tidak mengucapkan
> > terimakasih maupun menutup kasusnya. Maap.., maap..
> >
> >
> >
> >
>
- 6a.
-
Re: Bagaimana beralih dari penggunaan Range ke Variabel dalam membua
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Sat Jul 9, 2011 9:56 am (PDT)
Mungkin begini pak
(ini hanya menurut pendapat siti saja)
Variable Object (misalnya object Range) dibuat, karena object tersebut akan
sering dipakai
(dirujuk entah fisiknya, entah salah satu property atau method nya)
Jika tabel tsb hanya akan disebut satu atau dua kali saja, maka tanpa
menjadikanya
Variable Object Range pun = tidak ada masalah.
Memvariablekan Object Range juga menjadi agak WAJIB jika range tersebut
bersifat dinamis
baik *letaknya* maupun* dimensinya*.
Misal kita (berada di workbook A) akan mengolah data dlm tabel yg ada range
D17:G201
di Sheet1 workbook B.
Jika tabel tsb harus dirujuk beruang ulang, maka akan lebih gampang jika di
Variablekan dulu
Set MyTabel = Workbooks("B.xls")>Sheets( "Sheet1") .Range("D17" ).CurrentRegion
Merujuk Kolom Pertama saja dari yg ada di Range tsb
Set Kolom1 = MyTabel.Resize(MyTabel.Rows. Count,1)
Merujuk Kolom Ke3 saja
Set Kolom3 = MyTabel.Resize(MyTabel.Rows. Count, 1).Offset(0, 2)
Merujuk baris 4 baris pertama
Set First4Rows = MyTabel.Resize(4, MyTabel.Columns. Count)
Merujuk baris 5 baris dimulai baris ke 7
Set Rng5X7 = MyTabel.Offset(6,0).Resize( 5, MyTabel.Columns. Count)
atau bisa diringkas
Set Rng5X7 = MyTabel.Offset(6,0).Resize( 5, )
Merujuk nilai satu Cell E19 dikalikan 100 disimpan dlm variable V
V = MyTabel(3,2).Value * 100
Merujuk Range yg dimensinya 6 row x 4 kolom didalam tabel tsb dimulai dari
Cell E19
Set XRange = MyTabel(3.2).Resize(6, 4)
Didalam makro mbak Haps, ada variable D (object range)
Set D = Cells(1).CurrentRegion
di sini memvariablekan D menjadi agak "wajib" karena mungkin saja range di
sheet tsb yg
dimulai dari Cells(1) / A1 setiap saat akan berubah (bertambah datanya)
Dengan Cells(1).CurrentRegion akan didapat A1 sampai Seluas data yg ada di
sekitar A1.
Kadang-kadang kita sudah menyiapkan variable object, tetapi pada prakteknya
di tengah
makro, ternyata hanya dirujuk sekali saja. Jika tidak lupa, harusnya makro
di revisi dulu,
sebaiknya object tsb tidak perlu di variablekan, kecuali syntaks coding
perujukannya
sangat panjang.
Mudah mudahan sekelumit "penjelasan" seadanya di atas dapat ditangkap
maksudnya...
(sambil menungu masukan yg lebih lengkap dari temans lain )..
wassalam,
-siti-
2011/7/9 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
> **
>
>
> Jika saya perhatikan, gaya nulis Mbak Haps, Mbak Siti, Mr. Kid dan Pak
> Anton dan para pakar lainnya banyak menggunakan "Variabel" dalam pembuatan
> program (Advance level), sedangkan saya hanya bisa bermain di "Range" (Basic
> level).
>
> Bermain dengan Variable pastinya akan lebih flexibel dibandingan dengan
> Range.
>
> Kalau boleh nanya, bagaimana "cara cepat" beralih dari penggunaan Range ke
> Variable dalam menyusun program ?
>
> Barangkali ada diantara para Pakar yang berkenan menuliskan resepnya.
>
> Terima Kasih.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
> --- On *Sat, 9/7/11, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >* wrote:
>
> Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick( ByVal Target As Range, Cancel As
> Boolean)
> ' by hapsari / smg, july 9, 2011
> ' beExcel case:
> ' http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11682
> If Target.Cells.Count = 1 Then
> If Target.Address = "$A$1" Then
> Dim sht As Worksheet, NewSht As Worksheet
> Dim D As Range, i As Integer, c As Integer
> Set D = Cells(1).CurrentRegion
> Application.Calculation = xlCalculationManual
> Application.ScreenUpdating = False
> Application.DisplayAlerts = False
> For Each sht In Worksheets
> If sht.Name <> "Sheet1" Then sht.Delete
> Next
> For i = 2 To D.Rows.Count
> Set NewSht = Worksheets.Add
> NewSht.Name = D(i, 1)
> For c = 1 To D.Columns.Count
> NewSht.Cells(c, 1) = D(1, c)
> NewSht.Cells(c, 2) = D(i, c)
> Next c
> NewSht.Move after:=Sheets(Sheets.Count)
> NewSht.Cells(1).CurrentRegion .Columns. AutoFit
> Next i
> Application.Calculation = xlCalculationAutoma tic
> Application.ScreenUpdating = True
> Application.DisplayAlerts = True
> End If
> End If
> End Sub
>
>
- 6b.
-
Re: Bagaimana beralih dari penggunaan Range ke Variabel dalam membua
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Sat Jul 9, 2011 9:14 pm (PDT)
Terima kasih Mbak SIti atas penjelasannya.
Contoh ini dapat menambah wawasan bagi saya dan teman2 yang lain mengenai pemanfaatan Variabel dalam program, walupun dalam "prakteknya" lebih kompleks (perlu usaha keras untuk memahami logikanya).
Sekali lagi terima kasih.
Salam,
Hendrik Karnadi
--- On Sat, 9/7/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com > wrote:
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana beralih dari penggunaan Range ke Variabel dalam membuat Program
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Saturday, 9 July, 2011, 11:56 PM
Mungkin begini pak (ini hanya menurut pendapat siti saja)
Variable Object (misalnya object Range) dibuat, karena object tersebut akan sering dipakai
(dirujuk entah fisiknya, entah salah satu property atau method nya)
Jika tabel tsb hanya akan disebut satu atau dua kali saja, maka tanpa menjadikanya
Variable Object Range pun = tidak ada masalah.
Memvariablekan Object Range juga menjadi agak WAJIB jika range tersebut bersifat dinamis
baik letaknya maupun dimensinya.
Misal kita (berada di workbook A) akan mengolah data dlm tabel yg ada range D17:G201
di Sheet1 workbook B.
Jika tabel tsb harus dirujuk beruang ulang, maka akan lebih gampang jika di Variablekan dulu
Set MyTabel = Workbooks("B.xls")>Sheets( "Sheet1") .Range("D17" ).CurrentRegion
Merujuk Kolom Pertama saja dari yg ada di Range tsb
Set Kolom1 = MyTabel.Resize(MyTabel.Rows. Count,1)
Merujuk Kolom Ke3 sajaSet Kolom3 = MyTabel.Resize(MyTabel.Rows. Count, 1).Offset(0, 2)
Merujuk baris 4 baris pertama
Set First4Rows = MyTabel.Resize(4, MyTabel. Columns.Count)
Merujuk baris 5 baris dimulai baris ke 7
Set Rng5X7 = MyTabel.Offset(6,0).Resize( 5, MyTabel. Columns.Count) atau bisa diringkas
Set Rng5X7 = MyTabel.Offset(6,0).Resize( 5, )
Merujuk nilai satu Cell E19 dikalikan 100 disimpan dlm variable VV = MyTabel(3,2).Value * 100
Merujuk Range yg dimensinya 6 row x 4 kolom didalam tabel tsb dimulai dari Cell E19
Set XRange = MyTabel(3.2).Resize(6, 4)
Didalam makro mbak Haps, ada variable D (object range)Set D = Cells(1).CurrentRegion
di sini memvariablekan D menjadi agak "wajib" karena mungkin saja range di sheet tsb yg
dimulai dari Cells(1) / A1 setiap saat akan berubah (bertambah datanya)
Dengan Cells(1).CurrentRegion akan didapat A1 sampai Seluas data yg ada di sekitar A1.
Kadang-kadang kita sudah menyiapkan variable object, tetapi pada prakteknya di tengah makro,ternyata hanya dirujuk sekali saja. Jika tidak lupa, harusnya makro di revisi dulu,
sebaiknya object tsb tidak perlu di variablekan, kecuali syntaks coding perujukannyasangat panjang.
Mudah mudahan sekelumit "penjelasan" seadanya di atas dapat ditangkap maksudnya...
(sambil menungu masukan yg lebih lengkap dari temans lain )..
wassalam,-siti-
2011/7/9 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Jika saya perhatikan, gaya nulis Mbak Haps, Mbak Siti, Mr. Kid dan Pak Anton dan para pakar lainnya banyak menggunakan "Variabel" dalam pembuatan program (Advance level), sedangkan saya hanya bisa bermain di "Range" (Basic level).
Bermain dengan Variable pastinya akan lebih flexibel dibandingan dengan Range.
Kalau boleh nanya, bagaimana "cara cepat" beralih dari penggunaan Range ke Variable dalam menyusun program ?
Barangkali ada diantara para Pakar yang berkenan menuliskan resepnya.
Terima Kasih.
Salam,
Hendrik Karnadi
--- On Sat, 9/7/11, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com > wrote:
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick( ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
' by hapsari / smg, july 9, 2011' beExcel case:
' http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11682
If Target.Cells.Count = 1 ThenIf Target.Address = "$A$1" Then
Dim sht As Worksheet, NewSht As WorksheetDim D As Range, i As Integer, c As Integer
Set D = Cells(1).CurrentRegionApplication. Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = FalseApplication. DisplayAlerts = False
For Each sht In WorksheetsIf sht.Name <> "Sheet1" Then sht.Delete
NextFor i = 2 To D.Rows.Count
Set NewSht = Worksheets.AddNewSht.Name = D(i, 1)
For c = 1 To D.Columns.CountNewSht.Cells( c, 1) = D(1, c)
NewSht.Cells(c, 2) = D(i, c)Next c
NewSht.Move after:=Sheets(Sheets.Count) NewSht.Cells( 1).CurrentRegion .Columns. AutoFit
Next iApplication.Calculation = xlCalculationAutoma tic
Application.ScreenUpdating = TrueApplication. DisplayAlerts = True
End IfEnd If
End Sub
- 7.
-
Capture Jumlah Google
Posted by: "Muhammad Robin" mrobin86@yahoo.co.id mrobin86
Sat Jul 9, 2011 7:59 pm (PDT)
Dear Be-Exceller
Saya ingin bertanya bagaimana caranya mengcapture jumlah google secara otomatis jika kita mempunyai "kata" tertentu? seperti yang dilampiran.
Terima Kasih Banyak
- 8.
-
Eksport dari aplikasi lain
Posted by: "Sam Mun" samkawi59@yahoo.com samkawi59
Sat Jul 9, 2011 9:21 pm (PDT)
Yth Rekan-rekan pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya mengexport database dari aplikasi lain ke Excel, tapi
selalu dibatasi rows nya maksimal 65 ribuan. Akibatnya banyak rows yg tidak
masuk Excel. Tapi kalau saya copy dari excel ke excel, rows tidak dibatasi.
Saya pake Excel 2007. Tolong solusinya...
Trims.
Syam
- 9a.
-
Membuat banyak new sheet tetapi yang sudah terformat
Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id tjahyahartono
Sat Jul 9, 2011 9:41 pm (PDT)
Dear para X-cel Master,
Hari sabtu kemarin saya sudah diberikan solusi oleh Bu Hapsari dan Bapak M. Ferdiansah mengenai kasus saya yaitu "Menyimpan Data dalam sheet-sheet". Pertanyaan saya yang lain sekarang adalah bagaimana membuat sheet yang sudah terformat karena lampiran yang saya berikan ini belum terformat sama sekali sebelumnya. Bisakah membantu saya.
Terima kasih
Tjahya Hartono
- 9b.
-
Re: Membuat banyak new sheet tetapi yang sudah terformat
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Sat Jul 9, 2011 11:25 pm (PDT)
Lihat workbook lampiran
Beberapa pembaruan: sheet hanya dibuat jika sebelumnya belum ada.
Maksudnya sheet yg sudah ada, jika ada datanya selain data dasar,
maka "data kunjungan" tidak terhapus
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick( ByVal Target As Range, Cancel As
Boolean)
' by hapsari / smg, july 9, 2011
' beExcel case:
' http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/11682
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Target.Address = "$A$1" Then
Dim sht As Worksheet, NewSht As Worksheet
Dim D As Range, i As Integer, c As Integer
Set D = Cells(1).CurrentRegion
Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = False
Application.DisplayAlerts = False
For i = 2 To D.Rows.Count
If Not SheetFound(D(i, 1).Value) Then
Set NewSht = Worksheets.Add
With NewSht
.Activate
Application.Range("tmplt" ).Copy
.Cells(1).PasteSpecial xlPasteAll
.Cells(1).PasteSpecial xlPasteColumnWidths
.Name = D(i, 1)
.Cells(1).Activate
For c = 1 To D.Columns.Count
.Cells(c + 2, 1) = D(1, c)
.Cells(c + 2, 2) = D(i, c)
Next c
.Move After:=Sheets(Sheets.Count)
.Cells(2, 1).CurrentRegion.Columns.AutoFit
End With
End If
Next i
Sheets(4).Activate
Application.CutCopyMode = False
Application.Calculation = xlCalculationAutoma tic
Application.ScreenUpdating = True
Application.DisplayAlerts = True
End If
End If
End Sub
2011/7/10 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co. >id
>
> Dear para X-cel Master,
> Hari sabtu kemarin saya sudah diberikan solusi oleh Bu Hapsari dan Bapak
M. Ferdiansah mengenai kasus saya yaitu "Menyimpan Data dalam sheet-sheet".
Pertanyaan saya yang lain sekarang adalah bagaimana membuat sheet yang sudah
terformat karena lampiran yang saya berikan ini belum terformat sama sekali
sebelumnya. Bisakah membantu saya.
>
> Terima kasih
>
> Tjahya Hartono
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar