Messages In This Digest (25 Messages)
- 1a.
- Re: Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentuk From: Mr. Kid
- 2a.
- Re: Mengetahui isi Sheet2 (Cell tertentu) dari Sheet1 From: Mr. Kid
- 3a.
- Re: Cara menggunakan conditional formating From: hartini_80@yahoo.co.id
- 4a.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: Bachelor Ard
- 4b.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: Bachelor Ard
- 4c.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: Haps
- 4d.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: ratimsugianto@yahoo.co.id
- 4e.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: ratimsugianto@yahoo.co.id
- 4f.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: ratimsugianto@yahoo.co.id
- 4g.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: Haps
- 4h.
- Re: Entri Data Ke Tabel lagi From: ratimsugianto@yahoo.co.id
- 5a.
- Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: hendrik karnadi
- 6a.
- Fw: Hidden Formula From: hartini_80@yahoo.co.id
- 6b.
- Re: Fw: Hidden Formula From: Mr. Kid
- 7a.
- Filter Dinamis dgn DropDownList From: Ridwan Rahman
- 7b.
- Re: Filter Dinamis dgn DropDownList From: Franciscus SOG
- 8a.
- mencari "control toolbox" From: Marone Oke Oke
- 8b.
- Re: mencari "control toolbox" From: HerrSoe
- 9a.
- Add-In "Baru" dari Bluewater... From: STDEV(i)
- 9b.
- Re: Add-In "Baru" dari Bluewater... From: HerrSoe
- 9c.
- Re: Add-In "Baru" dari Bluewater... From: him mah
- 9d.
- Re: Add-In "Baru" dari Bluewater... From: HerrSoe
- 9e.
- Re: Add-In "Baru" dari Bluewater... From: him mah
- 9f.
- Re: Add-In "Baru" dari Bluewater... From: HerrSoe
- 9g.
- Bls: [belajar-excel] Add-In "Baru" dari Bluewater... From: ANTONIUS TEGUH
Messages
- 1a.
-
Re: Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentuk
Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Jul 11, 2011 10:54 am (PDT)
Oh iya pake formula ya.
Kalau gitu bagian ini :
'clear the data
Me.txtringkasanisi1.Value = ""
Me.txttahunarsip1.Value = ""
Me.txtringkasanisi2.Value = ""
Me.txttahunarsip2.Value = ""
Me.txtringkasanisi3.Value = ""
Me.txttahunarsip3.Value = ""
Me.txtringkasanisi4.Value = ""
Me.txttahunarsip4.Value = ""
Me.txtringkasanisi5.Value = ""
Me.txttahunarsip5.Value = ""
Me.txtringkasanisi1.SetFocus
pada event click tombol save dihilangkan.
Proses save tidak mengadakan pemeriksaan tentang kemungkinan terjadinya
double input di sheet Output Arsip-P.
Usai penekanan tombol save, juga tidak ada tindak lanjutnya terhadap sheet
KOM-P B. Jadi tidak perlu dibersihkan isi control objectnya. Mungkin malah
setelah save diberi pesan sudah di save lalu tutup form.
Permasalahan berikutnya adalah apa relasi antara sheet Output Arsip-P dengan
sheet KOM-P B ?
Apakah pasti tidak akan terulang namanya di sheet Output Arsip-P ? atau ada
kriteria lain ?
Jika sudah ada di-Save, nilai di sheet KOM-P B akan jadi seperti apa ?
Kid.
2011/7/12 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com >
> Bos, semua False sdh diganti dengan True. Tapi isi yang ada pada posisi J4
> kok tetap hilang dan otomatis rumus yang ada disitu juga hilang. Mhn info ya
> bos...
>
> Thanks
>
> --------------------- ---------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Senin, 11 Juli 2011 23:14
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan
> Cell yang kita tentukan
>
>
> Andai maksud dari kata 'tetap pada posisinya' adalah tidak berubah akibat
> pengisian pada control object textbox yang diikatkan ke cell, maka cari
> property Locked di bawah Control Source. Ubah menjadi True.
>
> Kid.
>
> 2011/7/11 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com >
>
> Bos, terima kasih atas jawabannya yang sangat membantu.
> Tapi bos, bisa data yang ada di Cell J4, J5, J6, J7, J8 dan K4, K5, K6, K7,
> K8 tetap pada posisinya karena data-data yang ada di cell tersebut adalah
> rumus dari tabel yang ada di sebelah kiri (mis:
> =VLOOKUP($I$4:$I$8,$A$ 4:$G$14,2, FALSE)).
>
> Mohon penjelasannya.
>
> Terima kasih.
>
> --------------------- ---------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Senin, 11 Juli 2011 5:56
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan
> Cell yang kita tentukan
>
>
> Hai Harry,
>
> Yang nomor 1 mungkin bisa seperti gambar berikut :
> [image: xl009_form_obj_04_gui_form_ property_ binding.gif]
>
> Perhatikan property Control Source dari control object (textbox) yang
> dipilih.
>
> Nomor 2 masih kurang jelas maksudnya. Secuil contoh hasil kerja manual di
> worksheet sepertinya bisa lebih jelas.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/7/10 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com >
>
> **
>
> Mohon informasi dan rumusnya akan pertanyaan sbb:
> 1. Bagaimana cara dan rumusnya jika kita ingin mengisi secara
> otomatis form yang telah kita buat sesuai isi cell yang kita inginkan. Jika
> pada waktu Form sdh kita aktifkan dan kita ingin mengisi sbb:
> Ø Ringkasan Isi 1 dengan isian yang ada pada Cell J5
> Ø Tahun Arsipi 1 dengan isian yang ada pada Cell J5
> Ø Ringkasan Isi 2 dengan isian yang ada pada Cell Cell J6
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K6
> Ø Ringkasan Isi 3 dengan isian yang ada pada Cell J7
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K7
> Ø Ringkasan Isi 4 dengan isian yang ada pada Cell J8
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K8
> Ø Ringkasan Isi 5 dengan isian yang ada pada Cell J9
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K9
>
> Setelah itu baru Kita Click tombol "SAVE" dan "CLOSE".
>
> 2. Bagaimana cara dan rumusnya jika tampilan yang ada pada Sheet2
> (Cell A2, A2, A4 dst dapat ditampilkan hanya dalam 1 Cell (K10) pada Sheet
> 1 ???
> Atau dengan kata lain, jika tampilan yang ada pada Sheet 2 (Cell A2 misalnya
> "TEPAT WAKTU", data tersebut dapat diketahui hanya dengan mengakses
> Sheet1.
> Akan lebih baik, jika tampilan "TEPAT WAKTU" pada Sheet1 tersebut disertai
> dengan tulisan berkedip.
>
> Terima kasih atas informasi dan rumusnya.
>
> Harry
>
>
>
>
>
>
>
>
- 2a.
-
Re: Mengetahui isi Sheet2 (Cell tertentu) dari Sheet1
Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Jul 11, 2011 11:53 am (PDT)
Hai Harry,
1. Gunakan fungsi CountIF untuk menyusun teks CHECK HERE
2. Gunakan VBA methods OnTime untuk membuat berkedip
3. Gunakan fitur Conditional Formatting untuk memformat range berdasar
kriteria tertentu.
Regards.
Kid.
2011/7/12 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com >
> **
>
>
> Untuk teman-2 yang bisa membantu, mhn informasi rumus dan cara akan
> pertanyaan saya sbb::
>
> Ada 2 Workbook (Sheet 1 dan Sheet 2) yang saling berkaitan.
> Jika pada Sheet 2 (Cell N5 atau N6 dst ada salah satu dari tulisan berikut
> "SANGAT TIDAK BAIK" atau "KURANG BAIK", agar informasi tersebut dikirimkan
> ke Sheet1 dengan tampilan "CHECK HERE".
>
> Atau dengan penjelasan lain; hanya dengan membuka Sheet1, kita bisa
> mengetahui pada Sheet2 di cell N5 atau N6 dst ada tampilan "SANGAT TIDAK
> BAIK" atau "TIDAK BAIK" dengan tampilan "CHECK HERE".
>
> Mhn penjelasannya. Atas bantuan dan penjelasannya saya mengucapkan banyak
> terima kasih.
>
>
> Harry
>
>
>
>
- 3a.
-
Re: Cara menggunakan conditional formating
Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id hartini_80
Mon Jul 11, 2011 5:20 pm (PDT)
terima kasih atas informasinya ya Mr Kid.
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Mon, 11 Jul 2011 21:30:45
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Cara menggunakan conditional formating
Hai Tiny,
Kalau tidak salah tangkap, sepertinya mbak Tiny melakukan Edit Rules melalui
Conditional Formatting Rules Manager.
This Worksheet atau Current Selection ada pada Conditional Formatting (CF)
Rules Manager.
This Worksheet : seluruh CF yang dipasang di worksheet yang aktif.
Current Selection : seluruh CF yang dipasang pada range terpilih.
Regards.
Kid.
On Mon, Jul 11, 2011 at 09:24, <hartini_80@yahoo.co.id > wrote:
> Dear mod,
> Mod, tolong dong saya dijelaskan bagaimana cara menggunakan conditional
> formatting? Td saya sudah coba buat dengan menggunakan Rule type Use a
> Formula (formula sudah diisi) dan memilih show formatting rules for current
> selection, setelah selesai dan saya klik tombol apply kok dia pindah ke this
> worksheet ya bukan di curret selection? Apa bedanya antara current selection
> dan this worksheet, tolong saya dibantu penjelasan dan bagaimana sebenarnya
> cara mengaplikasikan conditional formatting?
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
>
- 4a.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com bachelor_ard
Mon Jul 11, 2011 5:29 pm (PDT)
Permisi...! p' ratimsugianto
kasusnya ada faktor kesamaan dengan kebutuhan saya
maaf para master! muda-mudahan ini bukan bentuk pelanggaran,
kasus ini 99 % kesamaan yang saya butuhkan, 1%nya masih perlu bantuan.;
-bgmn macronya, kalau 1 saja sheet untk input data, jadi di attach saya tambah
sheet tujuan
-pada tabel data ada rumus di kolom sisa yang tidak otomatis berfungsi seteleh
data dientri sebelum diklik2x-enter (refresh barang kali namanya ya...?). Maunya
saya outomatis aja dengan dienrtinya data ke tabel
terima kasih sebelumnya
_____________________ _________ __
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Mon, July 11, 2011 12:39:29 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
menghapus inputan di "FORM" input
setelah iniActiveSheet.Range("D9: D16").Copy
NewRow.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
tambahkan ini
ActiveSheet.Range("D9: D16").ClearConte nts
>2011/7/11 <ratimsugianto@yahoo.co. >id
>>
>> Bu siti ysh, makasih atas bantuannya, gambar inputnya kan saya cuma nyalin dari
>>dulu yg ditanyakan sama pak tjahya. Oh yah bu, sdh saya coba dijalankan, mantap
>>sekali bu langsung masuk ke sheet yg diinginkan. Tapi (ada tapinya... Gak apa2
>>saya protes yah bu hehehhe). Bisa gak bu, ketika form input diklik, lalu data
>>akan tersalin ke sheet yg dituju, trus form isian yg tadi langsung kosong/clear
>>lagi. Sehingga pada waktu mau input data baru lagi tdk perlu hapus manual bekas
>>entrian sebelumnya. Makasih yua bu siti. Mudah2an nanti gambar inputnya bisa
>>dibagusin sama bu siti :)
>>
>>
>
>
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com >
>Date: Mon, 11 Jul 2011 10:55:40 +0700
>
>ditungggu-tunggu pak Ferdi belum juga datang ya..
>
>ya udah, sementara pakai makro ini dulu, nanti kalau pak ferdi kirim
>
>bisa anda ganti...
>
>
>VBA-code ditulis di module standar; cukup 1 makro saja berlaku untuk
>semua Input-Form-Sheet.
>Semua "Gambar INput" (jelex banget sih gambarnya)di assign ke makro tsb
>(makro yg sama)
>
>
>Hal ini dimungkinkan karena ada keseragaman cara pemberian nama
>Sheet Input dan Sheet Tabels nya
>
>
>Jodi kita dapat memanfaatkan Jika NAMA ActiveSheet = INPUT (1)
>maka nama sheet Tabel nya pasti = (1) atau secara soft code =
>=Replace(NamaSheetINput, "INPUT ", "")
>
>
>Fungsi Replace di VBA adalah padanan fungsi Substitute di WorkSheet..
>
>
>Begitulah kira-kira
- 4b.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com bachelor_ard
Mon Jul 11, 2011 5:43 pm (PDT)
Waaah.... maaf...maaaf attach lupa
_____________________ _________ __
From: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Tue, July 12, 2011 8:18:01 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
Permisi...! p' ratimsugianto
kasusnya ada faktor kesamaan dengan kebutuhan saya
maaf para master! muda-mudahan ini bukan bentuk pelanggaran,
kasus ini 99 % kesamaan yang saya butuhkan, 1%nya masih perlu bantuan.;
-bgmn macronya, kalau 1 saja sheet untk input data, jadi di attach saya tambah
sheet tujuan
-pada tabel data ada rumus di kolom sisa yang tidak otomatis berfungsi seteleh
data dientri sebelum diklik2x-enter (refresh barang kali namanya ya...?). Maunya
saya outomatis aja dengan dienrtinya data ke tabel
terima kasih sebelumnya
_____________________ _________ __
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Sent: Mon, July 11, 2011 12:39:29 PM
menghapus inputan di "FORM" input
setelah iniActiveSheet.Range("D9: D16").Copy
NewRow.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
tambahkan ini
ActiveSheet.Range("D9: D16").ClearConte nts
- 4c.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Mon Jul 11, 2011 6:02 pm (PDT)
Sebetulnya, sebagai murid mbak siti, aku juga benci tabel yg mengandung
MERGED CELLS walaupun hanya di Headingnya, tapi apa boleh buat...
"LHA WONG" mauk-nya si empunya spt itu..
*MergedCell *(ada sejak tabel dari pak ratim) itu akhirnya hanya akan
menyulitkan diri anda sendiri..!!
Hard code : If NR.Row < *7 *Then Set NR = ShTbl.Cells(*7*, 1)
( trick diluar pakem ,dari mbak siti) itu pun TIDAK PERLU ADA JIKA
DLM TABEL TIDAK ADA mergedcell
Sub SaveToTabel()
' siti Vi /11 Juli 2011
' haps / 12 jul 2011
Dim ShTbl As Worksheet, NR As Range
With Application
.Calculation = xlCalculationManual
.ScreenUpdating = False
Set ShTbl = Sheets("(" & Cells(17, 4) & ")")
Set NR = ShTbl.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp) (2, 1)
If NR.Row < 7 Then Set NR = ShTbl.Cells(7, 1)
Range("D9:D16").Copy
NR.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
Range("D9:D16").ClearContents
.CutCopyMode = True
.Calculation = xlCalculationAutomatic
.ScreenUpdating = True
End With
End Sub
2011/7/12 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
>
> Waaah.... maaf...maaaf attach lupa
>
> _____________________ _________ __
> From: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
> Sent: Tue, July 12, 2011 8:18:01 AM
>
> Permisi...! p' ratimsugianto
> kasusnya ada faktor kesamaan dengan kebutuhan saya
>
> maaf para master! muda-mudahan ini bukan bentuk pelanggaran,
> kasus ini 99 % kesamaan yang saya butuhkan, 1%nya masih perlu bantuan.;
> -bgmn macronya, kalau 1 saja sheet untk input data, jadi di attach saya
tambah
> sheet tujuan
> -pada tabel data ada rumus di kolom sisa yang tidak otomatis berfungsi
seteleh
> data dientri sebelum diklik2x-enter (refresh barang kali namanya ya...?).
Maunya
> saya outomatis aja dengan dienrtinya data ke tabel
>
> terima kasih sebelumnya
- 4d.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "ratimsugianto@yahoo.co.id" ratimsugianto@yahoo.co.id ratimsugianto
Mon Jul 11, 2011 6:18 pm (PDT)
Bu haps dan pak bachelor ysh
Trimakasih atas respon ibu dan bapak. Seperti yg pak bachelor katakan bahwa ada kolom SISA yg tidak ngeLINK otomatis, saya juga bingung pak, karena sblm ditambah makro untuk INPUT FORM rumus itu berjalan normal. Namun stlah dimasuki makro input data, rumus SISA baru berfungsi setelah workbook diSAVE. Dan imbasnya ke workbook2 yg lain selain file ini juga demikian, rumus2 baik penjumlahan dan lainnya tidak langsung muncul secara otomatis, tetapi harus diSAVE terlebih dahulu. Awalnya saya curiga EXCEL saya yang gak bener, trus sepulang kantor saya coba dirumah excel saya buka utk data yg lain, normal. Rumus penjumlahan berjalan otomatis, namun ketika saya mencoba data INPUT yg pake makro, jadi harus melalui SAVE dulu.
Demikian mudah2an baik dari bu siti, pak ferdi, bu haps , pak bachelor dapat memberikan solusi agar fungsi RUMUS dapat berjalan otomatis kembali.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Tue, 12 Jul 2011 08:02:10
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
Sebetulnya, sebagai murid mbak siti, aku juga benci tabel yg mengandung
MERGED CELLS walaupun hanya di Headingnya, tapi apa boleh buat...
"LHA WONG" mauk-nya si empunya spt itu..
*MergedCell *(ada sejak tabel dari pak ratim) itu akhirnya hanya akan
menyulitkan diri anda sendiri..!!
Hard code : If NR.Row < *7 *Then Set NR = ShTbl.Cells(*7*, 1)
( trick diluar pakem ,dari mbak siti) itu pun TIDAK PERLU ADA JIKA
DLM TABEL TIDAK ADA mergedcell
Sub SaveToTabel()
' siti Vi /11 Juli 2011
' haps / 12 jul 2011
Dim ShTbl As Worksheet, NR As Range
With Application
.Calculation = xlCalculationManual
.ScreenUpdating = False
Set ShTbl = Sheets("(" & Cells(17, 4) & ")")
Set NR = ShTbl.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp) (2, 1)
If NR.Row < 7 Then Set NR = ShTbl.Cells(7, 1)
Range("D9:D16").Copy
NR.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
Range("D9:D16").ClearContents
.CutCopyMode = True
.Calculation = xlCalculationAutomatic
.ScreenUpdating = True
End With
End Sub
2011/7/12 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
>
> Waaah.... maaf...maaaf attach lupa
>
> _____________________ _________ __
> From: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
> Sent: Tue, July 12, 2011 8:18:01 AM
>
> Permisi...! p' ratimsugianto
> kasusnya ada faktor kesamaan dengan kebutuhan saya
>
> maaf para master! muda-mudahan ini bukan bentuk pelanggaran,
> kasus ini 99 % kesamaan yang saya butuhkan, 1%nya masih perlu bantuan.;
> -bgmn macronya, kalau 1 saja sheet untk input data, jadi di attach saya
tambah
> sheet tujuan
> -pada tabel data ada rumus di kolom sisa yang tidak otomatis berfungsi
seteleh
> data dientri sebelum diklik2x-enter (refresh barang kali namanya ya...?).
Maunya
> saya outomatis aja dengan dienrtinya data ke tabel
>
> terima kasih sebelumnya
- 4e.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "ratimsugianto@yahoo.co.id" ratimsugianto@yahoo.co.id ratimsugianto
Mon Jul 11, 2011 6:23 pm (PDT)
Pak bachelor, trims atas masukannya, saya sdh coba file update dari bapak (menambah dari makronya bu siti) tetapi ada error pak. Secara tampilan GOOD heeh tapi ketika saya INPUT , data yang sudah diinput muncul doble, yg satu betul mengisi sheet yang dituju, sedangkan satu lagi mengisi di di sheer form input dsendiri tepatnya mulai baris 7 dan 8, sedangkan utk entri dgn sheet tujuan 3,4 dan 5 msh terdapat erroe Runtime 1004. Demikian laporan dari pengguna heeheh
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Mon, 11 Jul 2011 17:20:33
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
Waaah.... maaf...maaaf attach lupa
_____________________ _________ __
From: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Tue, July 12, 2011 8:18:01 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
Permisi...! p' ratimsugianto
kasusnya ada faktor kesamaan dengan kebutuhan saya
maaf para master! muda-mudahan ini bukan bentuk pelanggaran,
kasus ini 99 % kesamaan yang saya butuhkan, 1%nya masih perlu bantuan.;
-bgmn macronya, kalau 1 saja sheet untk input data, jadi di attach saya tambah
sheet tujuan
-pada tabel data ada rumus di kolom sisa yang tidak otomatis berfungsi seteleh
data dientri sebelum diklik2x-enter (refresh barang kali namanya ya...?). Maunya
saya outomatis aja dengan dienrtinya data ke tabel
terima kasih sebelumnya
_____________________ _________ __
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Sent: Mon, July 11, 2011 12:39:29 PM
menghapus inputan di "FORM" input
setelah iniActiveSheet.Range("D9: D16").Copy
NewRow.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
tambahkan ini
ActiveSheet.Range("D9: D16").ClearConte nts
- 4f.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "ratimsugianto@yahoo.co.id" ratimsugianto@yahoo.co.id ratimsugianto
Mon Jul 11, 2011 6:44 pm (PDT)
Bu haps, bisakah dicompile ulang tambahan makronya ke file makronya yg dibuat oleh bu siti. Dan mhn dikrm file jadinya. Td saya coba copypaste makro yg sdh ditambahi sama bu haps dan menggantikan makro bu siti sblmnya, trus saya save dan jalankan FORM INPUT msh terdapat error bu.
Ratim
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Tue, 12 Jul 2011 08:02:10
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
Sebetulnya, sebagai murid mbak siti, aku juga benci tabel yg mengandung
MERGED CELLS walaupun hanya di Headingnya, tapi apa boleh buat...
"LHA WONG" mauk-nya si empunya spt itu..
*MergedCell *(ada sejak tabel dari pak ratim) itu akhirnya hanya akan
menyulitkan diri anda sendiri..!!
Hard code : If NR.Row < *7 *Then Set NR = ShTbl.Cells(*7*, 1)
( trick diluar pakem ,dari mbak siti) itu pun TIDAK PERLU ADA JIKA
DLM TABEL TIDAK ADA mergedcell
Sub SaveToTabel()
' siti Vi /11 Juli 2011
' haps / 12 jul 2011
Dim ShTbl As Worksheet, NR As Range
With Application
.Calculation = xlCalculationManual
.ScreenUpdating = False
Set ShTbl = Sheets("(" & Cells(17, 4) & ")")
Set NR = ShTbl.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp) (2, 1)
If NR.Row < 7 Then Set NR = ShTbl.Cells(7, 1)
Range("D9:D16").Copy
NR.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
Range("D9:D16").ClearContents
.CutCopyMode = True
.Calculation = xlCalculationAutomatic
.ScreenUpdating = True
End With
End Sub
2011/7/12 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
>
> Waaah.... maaf...maaaf attach lupa
>
> _____________________ _________ __
> From: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com >
> Sent: Tue, July 12, 2011 8:18:01 AM
>
> Permisi...! p' ratimsugianto
> kasusnya ada faktor kesamaan dengan kebutuhan saya
>
> maaf para master! muda-mudahan ini bukan bentuk pelanggaran,
> kasus ini 99 % kesamaan yang saya butuhkan, 1%nya masih perlu bantuan.;
> -bgmn macronya, kalau 1 saja sheet untk input data, jadi di attach saya
tambah
> sheet tujuan
> -pada tabel data ada rumus di kolom sisa yang tidak otomatis berfungsi
seteleh
> data dientri sebelum diklik2x-enter (refresh barang kali namanya ya...?).
Maunya
> saya outomatis aja dengan dienrtinya data ke tabel
>
> terima kasih sebelumnya
- 4g.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Mon Jul 11, 2011 7:18 pm (PDT)
masalah pak ratim dan pak bacahelor itu BEBEDA SEDIKIT
*Re: pak ratim*
punya banyak INPUT FORM do banyak SHEET
tiap INPUT FORM PUNYA TABEL SENDIRI
*Re; pak bachelor *
punya SATU INPUT tetapi ada variable SHEET TUJUAN (D17)
sehingga dengan 1 input bisa mengisi satu TABEL sesuai tujuan yg dipilih.
menurut pendapat saya, penempatan variable di D17 memang kurang cerdas
(tidak membuat input form = intuitif); karena tersamar dengan DATA INPUTAN
Seharusnya pak Ratim tidak perlu memperbarui makro seperti makro yg
diberikan kepada pak bachelor
karena cara makro mengenali Tabel yg akan di INPUT-i data tentu berbeda.
(sudah saya beri tanda font merah)
*Mengenai RUMUS TIDAK JALAN OTOMATIS*
*
*
( ini karena Setting Calculation belum dikembalikan ke AUTOMATIC )
karena pak ratim* belum memperbarui* koreksi makro terakhir dari mbak siti
kemarin JAM 11:44 seperti di bawah ini
quote:
maaf karena main kejar kejaran dengan angkot, jadi ada yg salah lagi nih..
Application.CutCopyMode = False
Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = False
*di bagian terakhhir harusnya*
Application.CutCopyMode = True
Application.Calculation = xlCalculationAutoma tic
Application.ScreenUpdating = True
unquote
mohon di test lagi jika ada kesalah an mohon disebutkan detil kesalahan nya
2011/7/12 <ratimsugianto@yahoo.co. >id
> **
>
>
> ** Bu haps, bisakah dicompile ulang tambahan makronya ke file makronya yg
> dibuat oleh bu siti. Dan mhn dikrm file jadinya. Td saya coba copypaste
> makro yg sdh ditambahi sama bu haps dan menggantikan makro bu siti sblmnya,
> trus saya save dan jalankan FORM INPUT msh terdapat error bu.
>
> Ratim
>
>
> --------------------- ---------
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups. com
> *Date: *Tue, 12 Jul 2011 08:02:10 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups. >com
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups. com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
>
>
>
> Sebetulnya, sebagai murid mbak siti, aku juga benci tabel yg mengandung
> MERGED CELLS walaupun hanya di Headingnya, tapi apa boleh buat...
> "LHA WONG" mauk-nya si empunya spt itu..
>
> *MergedCell *(ada sejak tabel dari pak ratim) itu akhirnya hanya akan
> menyulitkan diri anda sendiri..!!
>
> Hard code : If NR.Row < *7 *Then Set NR = ShTbl.Cells(*7*, 1)
> ( trick diluar pakem ,dari mbak siti) itu pun TIDAK PERLU ADA JIKA
> DLM TABEL TIDAK ADA mergedcell
>
>
>
> Sub SaveToTabel()
> ' siti Vi /11 Juli 2011
> ' haps / 12 jul 2011
> Dim ShTbl As Worksheet, NR As Range
> With Application
> .Calculation = xlCalculationManual
> .ScreenUpdating = False
> Set ShTbl = Sheets("(" & Cells(17, 4) & ")")
> Set NR = ShTbl.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp) (2, 1)
> If NR.Row < 7 Then Set NR = ShTbl.Cells(7, 1)
> Range("D9:D16").Copy
> NR.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
> Range("D9:D16").ClearContents
> .CutCopyMode = True
> .Calculation = xlCalculationAutomatic
> .ScreenUpdating = True
> End With
> End Sub
>
>
>
- 4h.
-
Re: Entri Data Ke Tabel lagi
Posted by: "ratimsugianto@yahoo.co.id" ratimsugianto@yahoo.co.id ratimsugianto
Mon Jul 11, 2011 7:24 pm (PDT)
Oke tks bu haps atas masukannya. Saya akan coba lagi nanti sesuai petunjuk bu haps. Hasilnya akan saya posting lagi siapa tahu berguna buar rekan2 yg lain. Trims ya bu
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Tue, 12 Jul 2011 09:18:36
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
masalah pak ratim dan pak bacahelor itu BEBEDA SEDIKIT
*Re: pak ratim*
punya banyak INPUT FORM do banyak SHEET
tiap INPUT FORM PUNYA TABEL SENDIRI
*Re; pak bachelor *
punya SATU INPUT tetapi ada variable SHEET TUJUAN (D17)
sehingga dengan 1 input bisa mengisi satu TABEL sesuai tujuan yg dipilih.
menurut pendapat saya, penempatan variable di D17 memang kurang cerdas
(tidak membuat input form = intuitif); karena tersamar dengan DATA INPUTAN
Seharusnya pak Ratim tidak perlu memperbarui makro seperti makro yg
diberikan kepada pak bachelor
karena cara makro mengenali Tabel yg akan di INPUT-i data tentu berbeda.
(sudah saya beri tanda font merah)
*Mengenai RUMUS TIDAK JALAN OTOMATIS*
*
*
( ini karena Setting Calculation belum dikembalikan ke AUTOMATIC )
karena pak ratim* belum memperbarui* koreksi makro terakhir dari mbak siti
kemarin JAM 11:44 seperti di bawah ini
quote:
maaf karena main kejar kejaran dengan angkot, jadi ada yg salah lagi nih..
Application.CutCopyMode = False
Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = False
*di bagian terakhhir harusnya*
Application.CutCopyMode = True
Application.Calculation = xlCalculationAutoma tic
Application.ScreenUpdating = True
unquote
mohon di test lagi jika ada kesalah an mohon disebutkan detil kesalahan nya
2011/7/12 <ratimsugianto@yahoo.co. >id
> **
>
>
> ** Bu haps, bisakah dicompile ulang tambahan makronya ke file makronya yg
> dibuat oleh bu siti. Dan mhn dikrm file jadinya. Td saya coba copypaste
> makro yg sdh ditambahi sama bu haps dan menggantikan makro bu siti sblmnya,
> trus saya save dan jalankan FORM INPUT msh terdapat error bu.
>
> Ratim
>
>
> --------------------- ---------
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com >
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups. com
> *Date: *Tue, 12 Jul 2011 08:02:10 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups. >com
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups. com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Entri Data Ke Tabel lagi
>
>
>
> Sebetulnya, sebagai murid mbak siti, aku juga benci tabel yg mengandung
> MERGED CELLS walaupun hanya di Headingnya, tapi apa boleh buat...
> "LHA WONG" mauk-nya si empunya spt itu..
>
> *MergedCell *(ada sejak tabel dari pak ratim) itu akhirnya hanya akan
> menyulitkan diri anda sendiri..!!
>
> Hard code : If NR.Row < *7 *Then Set NR = ShTbl.Cells(*7*, 1)
> ( trick diluar pakem ,dari mbak siti) itu pun TIDAK PERLU ADA JIKA
> DLM TABEL TIDAK ADA mergedcell
>
>
>
> Sub SaveToTabel()
> ' siti Vi /11 Juli 2011
> ' haps / 12 jul 2011
> Dim ShTbl As Worksheet, NR As Range
> With Application
> .Calculation = xlCalculationManual
> .ScreenUpdating = False
> Set ShTbl = Sheets("(" & Cells(17, 4) & ")")
> Set NR = ShTbl.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp) (2, 1)
> If NR.Row < 7 Then Set NR = ShTbl.Cells(7, 1)
> Range("D9:D16").Copy
> NR.PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats, Transpose:=True
> Range("D9:D16").ClearContents
> .CutCopyMode = True
> .Calculation = xlCalculationAutomatic
> .ScreenUpdating = True
> End With
> End Sub
>
>
>
- 5a.
-
Re: Help - Tanya Rumus Diskon
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Mon Jul 11, 2011 7:48 pm (PDT)
sama2 Pak.
Satu hal yan ingin saya tambahkan. sebelum membuat formula atau program kita harus memeahmi logikanya terlbih dahulu kemudian baru cara penulisan formula atau programmnya.
Â
Salam,
Hendrik Karnadi
From: Gober <gober.mirc@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Monday, July 11, 2011 11:10 PM
Subject: RE: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
Â
Hi Pak Hendrikâ¦.
Â
Thanks sudah bisa nihâ¦. Tadi ternyata kurang di 0.15 aja heheâ¦
Â
Trims yah P Hendrik udah dibantuinâ¦.
Â
Salam,
gOber
Â
Â
Â
From:belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of hendrik karnadicom
Sent: Monday, July 11, 2011 8:39 PM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
Â
Â
Coba lihat formula pada G2 dan hasilnya pada file terlampir.
Â
Salam,
Hendrik Karnadi
Â
From:Gober <gober.mirc@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Monday, July 11, 2011 6:50 PM
Subject: RE: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
Â
Hi Pak Hendrikâ¦
Â
Setelah sym skin  hasilnya tidak 43150⦠hasil yg di dapat adalah 36842
Â
·        Sorry kl pertanyaan sy kurang jelas⦠kl ada yg ga jelas ditanya lagi yahâ¦
Â
thanks
Â
From:belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of hendrik karnadicom
Sent: Monday, July 11, 2011 5:09 PM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
Â
Â
Coaba tulis rumus ini di sel G2 :
=(1-0.15-0.05)*E2-IF(C2+ D2<0,(1-F2) *(C2+D2))
hasilnya 43150
Â
ada selisih pembulatan 1.
Â
Salam,
Hendrik Karnadi
Â
Â
From:STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Monday, July 11, 2011 4:10 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
Â
Attachment ex Posting pak Gober
(Winss1.xlsx)
Â
Â
Â
2011/7/11 Gober <gober.mirc@gmail.com >
Â
Hi,
Â
Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya
Â
kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151
di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995
Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus
Â
Thanks yahâ¦
Â
gober
Â
Â
Â
- 6a.
-
Fw: Hidden Formula
Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id hartini_80
Mon Jul 11, 2011 9:16 pm (PDT)
Dear mod,
Mod, kemarin sy ada download file di millis, trs coba2 aplikasikan ke data yg saya perlukan, tetapi ada sedikit kendala yg saya hadapi, bisa tolong dibantu.
Pertanyaan ada dilampiran.
Thanks before.
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: dwa_spv_fin@bukitmakmur. com
Date: Tue, 12 Jul 2011 11:11:35
To: <hartini_80@yahoo.co.id >
Subject: Hidden Formula
- 6b.
-
Re: Fw: Hidden Formula
Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Jul 11, 2011 10:36 pm (PDT)
Dear mbak Tiny,
1. Hide formula dengan centang Hidden pada format cell tab protection.
Kemudian worksheet di protect.
2. Format dengan kriteria umumnya menggunakan Conditional formatting.
File terlampir menjelaskan garis besarnya.
Regards.
Kid.
2011/7/12 <hartini_80@yahoo.co.id >
> **
>
>
> ** Dear mod,
> Mod, kemarin sy ada download file di millis, trs coba2 aplikasikan ke data
> yg saya perlukan, tetapi ada sedikit kendala yg saya hadapi, bisa tolong
> dibantu.
> Pertanyaan ada dilampiran.
> Thanks before.
> Salam
> Tiny
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> --------------------- ---------
> *From: * dwa_spv_fin@bukitmakmur. com
> *Date: *Tue, 12 Jul 2011 11:11:35 +0700
> *To: *<hartini_80@yahoo.co.id >
> *Subject: *Hidden Formula
>
>
>
- 7a.
-
Filter Dinamis dgn DropDownList
Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com
Mon Jul 11, 2011 9:37 pm (PDT)
Para master dan rekan sekalian,
Saya lagi coba ngutak-ngatik dropdown list untuk filter dinamis, tapi belum
berhasil..
Mohon masukan, apa yang kurang ya?
TQ
Ridwan Rahman
- 7b.
-
Re: Filter Dinamis dgn DropDownList
Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com elijah_spirit
Tue Jul 12, 2011 12:39 am (PDT)
Dear Ridwan,
Ganti define names "Tanggal" menjadi
=OFFSET(Utility!$B$1;1;0; COUNTA(kolektor) ;1)
Blessings,
Fran'z
On 7/12/11, Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com > wrote:
> Para master dan rekan sekalian,
>
> Saya lagi coba ngutak-ngatik dropdown list untuk filter dinamis, tapi belum
> berhasil..
>
> Mohon masukan, apa yang kurang ya?
>
> TQ
>
> Ridwan Rahman
>
>
- 8a.
-
mencari "control toolbox"
Posted by: "Marone Oke Oke" marone_oke@yahoo.com marone_oke
Mon Jul 11, 2011 10:08 pm (PDT)
Dear pakar excel !!!
mau tanya nih, gimana cara menampilkan "control toolbox" seperti command button, check list dll pada excel 2007.
kasih tau cara install nya sekalian ya
tks
- 8b.
-
Re: mencari "control toolbox"
Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com herrsoe
Mon Jul 11, 2011 11:12 pm (PDT)
Ada di Developer Tab;tetapi tab tsb defaultnya belum ditampakkan
Untuk menampakkan Tab Developer, mulailah dengan mengaktfkan Excel Option
berikan contreangan pada checkbox "Show Developer tab in the ribbon..."
(dua gambar berikut ini sudah pernah ditayangkan di milis kita bbrapa bulan
y.l.)
[image: exel option developper tab.GIF]
Toolbar ControlToolBox yg ada di Excel 2003, di Excel 2007 menjadi berjudul
ActiveX Control
[image: Developer Tab.GIF]
Oke kah pak Oke ?
2011/7/12 Marone Oke Oke <marone_oke@yahoo.com >
> Dear pakar excel !!!
> mau tanya nih, gimana cara menampilkan "control toolbox" seperti command
button, check list dll pada excel 2007.
> kasih tau cara install nya sekalian ya
> tks
- 9a.
-
Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com siti_vi
Mon Jul 11, 2011 10:22 pm (PDT)
Dear beExcellers,
Kalau sedang di *Words*, anda dapat mengganti Text Case dengan sangat cepat
dan mudah
berkat adanya Tool bernama : *ChangeCase*
[image: Words - Change Case.PNG]
Di Excel untuk pekerjaan yg sama anda harus bersusah payah menuliskan
FUNGSI-FUNGSI
Upper / Lower / Proper dan masih harus mengcopy lalu mem=PasteSPecial Value
ke
diri-range-sendiri.
Truzz.. Bisakah kita *IMPOR tool* tsb dari Word ke Excel agar pekerjaan
mengolah text di
Excel anda menjadi lebih nyaman ?
Mengimpor Tool kayaknya belum ada importirnya, maka itu lebih baik kita
membuat
sendiri mainan seperti itu langsung di Excelnya.
File yg akan siti sebutkan di bawah
nanti<http://www.box.net/shared/ > masihutusrfnldzgo0tdg 46so
berupa XLS, tetapi jika anda berkenan,
sesampainya di haribaan anda dapat anda *SAVE AS: XLA (add-in)* karena
memang
sudah disiapkan untuk menjadi Add-In.
Dengan Add-In tsb diaktifkan, *DialogBox Change Case* akan muncul jika anda
meng-
Klik-Kanan cell / range di mana saja.
[image: Change case di XL.GIF]
Ketika anda mengklik-kanan cells/range, *menu tambahan* yg ada di *Context
Menu*,
bukan hanya *Change-Case* saja, disitu juga ada menu tambahan satu lagi
(itung-itung sebagai bonus pertengahan tahun) yaitu menu *Calendar_Pop Up*
(mainan ini dulu pernah dijual gratis juga sbg add-in yg muncul sendiri
tanpa teman).
[image: AddIn Baru.GIF]
Kegunaan PopUp Kaleder hanya untuk memudahkan anda menuliskan
*data TANGGAL* dimana saja dengan berbagai format tampilan yg "sudah
tersedia"
maupun dapat "anda atur sendiri"
File tsb <http://www.box.net/shared/ > sebenarnya sudahutusrfnldzgo0tdg 46so
lama siti siapkan dan siap diunduh, hanya lupa mengumumkan saja.
nama file : Calendar & ChangeCase Add-In (compressed *.7z)
URL : http://www.box.net/shared/ utusrfnldzgo0tdg 46so
Kondisi penyerahan:
- "loentoer tidak ditanggoeng"
- The VBA procedures in this workbook are provided 'as is' and
sitiVi does not guarantee that they can be used in all situations.
Mudah-mudahan lebih banyak manfaat-nya daripada mudharat-nya, amin.
~siti
===================
*proses ini hanya perlu anda kerjakan 1 kali :*
- kembalikan file sbg XLS dengan 7zip atau Winzip atau Winrar atau
aplikasi compress-file lain atau fitur yg ada di windows
- buka fle, lalu Save As *Xla (Add In)
- Tutup File
- Buka file lain / sembarang file / boleh juga workbook baru
- Klik menu Tools > Add In > jika Browse,
- tunjuk nama file yg baru dijadikan XLA
(foldernya biasanya ada di path spt ini
C:\Documents and Settings\NamaUser\Application Data\Microsoft\ AddIns
- aktifkan nama Addin (checkbox nya di contreng)
- klik OK
** kembali ke sheet, pilih sebuah cells >> Klik Kanan
** periksa apakah pada contect menu sudah ada 2 menu baru ?
Jika belum ada mungkin anda harus ambil air wudhu dulu...
(tunaikan kewajiban dulu gitu loch...)
===================
- 9b.
-
Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com herrsoe
Mon Jul 11, 2011 10:43 pm (PDT)
Nah ini yg ditungguh-tungguh.. Add In ChangeCase "yang asli" !!! he he..
makasyih mbak siti.
tinggal menunggu penjelasan codingnya..
2011/7/12 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
> **
> Dear beExcellers,
>
> File yg akan siti sebutkan di bawah nanti<http://www.box.net/shared/ > masihutusrfnldzgo0tdg 46so
> berupa XLS, tetapi jika anda berkenan,
> sesampainya di haribaan anda dapat anda *SAVE AS: XLA (add-in)* karena
> memang
> sudah disiapkan untuk menjadi Add-In.
>
> Dengan Add-In tsb diaktifkan, *DialogBox Change Case* akan muncul jika
> anda meng-
> Klik-Kanan cell / range di mana saja.
>
> [image: Change case di XL.GIF]
>
> Ketika anda mengklik-kanan cells/range, *menu tambahan* yg ada di *Context
> Menu*,
> bukan hanya *Change-Case* saja, disitu juga ada menu tambahan satu lagi
> (itung-itung sebagai bonus pertengahan tahun) yaitu menu *Calendar_Pop Up*
>
> (mainan ini dulu pernah dijual gratis juga sbg add-in yg muncul sendiri
> tanpa teman).
>
> File tsb <http://www.box.net/shared/ > sebenarnya sudahutusrfnldzgo0tdg 46so
> lama siti siapkan dan siap diunduh, hanya lupa mengumumkan saja.
>
> nama file : Calendar & ChangeCase Add-In (compressed *.7z)
> URL : http://www.box.net/shared/ utusrfnldzgo0tdg 46so
> Kondisi penyerahan:
> - "loentoer tidak ditanggoeng"
> - The VBA procedures in this workbook are provided 'as is' and
> sitiVi does not guarantee that they can be used in all situations.
>
> Mudah-mudahan lebih banyak manfaat-nya daripada mudharat-nya, amin.
> ~siti
>
>
- 9c.
-
Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com
Mon Jul 11, 2011 10:47 pm (PDT)
mantap bu, tadi saya coba sudah berhasil
tapi masih ada yang mengganjal, ngga tahu hanya di komputer saya atau ngga
saya coba
ctv calender kemudian saya pilih tanggal hari ini 12-07-2011 format
numbernya yang [$-421] hasilnya adalah 12 Juli 2011 kemudian saya
gunakan ctv cange case saya pilih yang UPPER tampilannya menjadi 07
Desember 2011, setting regionalnya english (UK) karena saya terbiasa
pakai setting ini. terus saya coba pakai indonesia hasilnya sama.
kalau settingnya english (US) hasilnya tetep 12 Juli 2011
Pada tanggal 11/07/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com > menulis:
> Dear beExcellers,
>
> Kalau sedang di *Words*, anda dapat mengganti Text Case dengan sangat cepat
> dan mudah
> berkat adanya Tool bernama : *ChangeCase*
>
> [image: Words - Change Case.PNG]
>
> Di Excel untuk pekerjaan yg sama anda harus bersusah payah menuliskan
> FUNGSI-FUNGSI
> Upper / Lower / Proper dan masih harus mengcopy lalu mem=PasteSPecial Value
> ke
> diri-range-sendiri.
>
> Truzz.. Bisakah kita *IMPOR tool* tsb dari Word ke Excel agar pekerjaan
> mengolah text di
> Excel anda menjadi lebih nyaman ?
>
> Mengimpor Tool kayaknya belum ada importirnya, maka itu lebih baik kita
> membuat
> sendiri mainan seperti itu langsung di Excelnya.
>
> File yg akan siti sebutkan di bawah
> nanti<http://www.box.net/shared/ > masihutusrfnldzgo0tdg 46so
> berupa XLS, tetapi jika anda berkenan,
> sesampainya di haribaan anda dapat anda *SAVE AS: XLA (add-in)* karena
> memang
> sudah disiapkan untuk menjadi Add-In.
>
> Dengan Add-In tsb diaktifkan, *DialogBox Change Case* akan muncul jika anda
> meng-
> Klik-Kanan cell / range di mana saja.
>
> [image: Change case di XL.GIF]
>
> Ketika anda mengklik-kanan cells/range, *menu tambahan* yg ada di *Context
> Menu*,
> bukan hanya *Change-Case* saja, disitu juga ada menu tambahan satu lagi
> (itung-itung sebagai bonus pertengahan tahun) yaitu menu *Calendar_Pop Up*
> (mainan ini dulu pernah dijual gratis juga sbg add-in yg muncul sendiri
> tanpa teman).
>
> [image: AddIn Baru.GIF]
>
> Kegunaan PopUp Kaleder hanya untuk memudahkan anda menuliskan
> *data TANGGAL* dimana saja dengan berbagai format tampilan yg "sudah
> tersedia"
> maupun dapat "anda atur sendiri"
>
> File tsb <http://www.box.net/shared/ > sebenarnya sudahutusrfnldzgo0tdg 46so
> lama siti siapkan dan siap diunduh, hanya lupa mengumumkan saja.
>
> nama file : Calendar & ChangeCase Add-In (compressed *.7z)
> URL : http://www.box.net/shared/ utusrfnldzgo0tdg 46so
> Kondisi penyerahan:
> - "loentoer tidak ditanggoeng"
> - The VBA procedures in this workbook are provided 'as is' and
> sitiVi does not guarantee that they can be used in all situations.
>
>
> Mudah-mudahan lebih banyak manfaat-nya daripada mudharat-nya, amin.
>
> ~siti
>
> ===================
> *proses ini hanya perlu anda kerjakan 1 kali :*
> - kembalikan file sbg XLS dengan 7zip atau Winzip atau Winrar atau
> aplikasi compress-file lain atau fitur yg ada di windows
> - buka fle, lalu Save As *Xla (Add In)
> - Tutup File
> - Buka file lain / sembarang file / boleh juga workbook baru
> - Klik menu Tools > Add In > jika Browse,
> - tunjuk nama file yg baru dijadikan XLA
> (foldernya biasanya ada di path spt ini
> C:\Documents and Settings\NamaUser\Application Data\Microsoft\ AddIns
> - aktifkan nama Addin (checkbox nya di contreng)
> - klik OK
> ** kembali ke sheet, pilih sebuah cells >> Klik Kanan
> ** periksa apakah pada contect menu sudah ada 2 menu baru ?
> Jika belum ada mungkin anda harus ambil air wudhu dulu...
> (tunaikan kewajiban dulu gitu loch...)
> ===================
>
- 9d.
-
Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com herrsoe
Mon Jul 11, 2011 11:01 pm (PDT)
ysh pak him
yg bisa di Change Case itu *hanya data TEXT*
bukan data bilangan atau data yg timbul karena FORMULA
( data DATE termasuk data BILANGAN lho pak ..)
begitu pesan dari mbak siti kemarin...
2011/7/12 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
> **
>
>
> mantap bu, tadi saya coba sudah berhasil
> tapi masih ada yang mengganjal, ngga tahu hanya di komputer saya atau ngga
>
> saya coba
>
> ctv calender kemudian saya pilih tanggal hari ini 12-07-2011 format
> numbernya yang [$-421] hasilnya adalah 12 Juli 2011 kemudian saya
> gunakan ctv cange case saya pilih yang UPPER tampilannya menjadi 07
> Desember 2011, setting regionalnya english (UK) karena saya terbiasa
> pakai setting ini. terus saya coba pakai indonesia hasilnya sama.
> kalau settingnya english (US) hasilnya tetep 12 Juli 2011
>
> Pada tanggal 11/07/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com > menulis:
>
> > Dear beExcellers,
> >
> > Kalau sedang di *Words*, anda dapat mengganti Text Case dengan sangat
> cepat
> > dan mudah
> > berkat adanya Tool bernama : *ChangeCase*
> >
> > [image: Words - Change Case.PNG]
>
- 9e.
-
Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com
Mon Jul 11, 2011 11:05 pm (PDT)
oh begitu, kalau tanggal ngga bisa diakalin, harus dibuat text dulu ya
Pada tanggal 11/07/11, HerrSoe <herrsoe@gmail.com > menulis:
> ysh pak him
>
> yg bisa di Change Case itu *hanya data TEXT*
> bukan data bilangan atau data yg timbul karena FORMULA
> ( data DATE termasuk data BILANGAN lho pak ..)
>
> begitu pesan dari mbak siti kemarin...
>
>
> 2011/7/12 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> mantap bu, tadi saya coba sudah berhasil
>> tapi masih ada yang mengganjal, ngga tahu hanya di komputer saya atau ngga
>>
>> saya coba
>>
>> ctv calender kemudian saya pilih tanggal hari ini 12-07-2011 format
>> numbernya yang [$-421] hasilnya adalah 12 Juli 2011 kemudian saya
>> gunakan ctv cange case saya pilih yang UPPER tampilannya menjadi 07
>> Desember 2011, setting regionalnya english (UK) karena saya terbiasa
>> pakai setting ini. terus saya coba pakai indonesia hasilnya sama.
>> kalau settingnya english (US) hasilnya tetep 12 Juli 2011
>>
>> Pada tanggal 11/07/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com > menulis:
>>
>> > Dear beExcellers,
>> >
>> > Kalau sedang di *Words*, anda dapat mengganti Text Case dengan sangat
>> cepat
>> > dan mudah
>> > berkat adanya Tool bernama : *ChangeCase*
>> >
>> > [image: Words - Change Case.PNG]
>>
>
- 9f.
-
Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com herrsoe
Mon Jul 11, 2011 11:18 pm (PDT)
bisa !
Data Tanggal di TEXT-kan dulu baru kemudian di Upper/Lower/Proper
Tapi tidak semua orang ingin tanggalnya menjadi TEXT bukan ?
Kata mbak siti, tool yg terlalu khusus tidak akan laku (tidak banyak
peminatnya)
Kita yakin pak him dan juga members lain bisa memodifikasinya sendiri sesuai
keperluan lokal sendiri.
Makronya pun kan sudah dibuat OPEN, tanpa proteksi apapun
2011/7/12 him mah <himmah.mlg@gmail.com >
> oh begitu, kalau tanggal ngga bisa diakalin, harus dibuat text dulu ya
> Pada tanggal 11/07/11, HerrSoe <herrsoe@gmail.com > menulis:
> > ysh pak him
> > yg bisa di Change Case itu *hanya data TEXT*
> > bukan data bilangan atau data yg timbul karena FORMULA
> > ( data DATE termasuk data BILANGAN lho pak ..)
> > begitu pesan dari mbak siti kemarin...
- 9g.
-
Bls: [belajar-excel] Add-In "Baru" dari Bluewater...
Posted by: "ANTONIUS TEGUH" qsetya@yahoo.co.id qsetya
Mon Jul 11, 2011 11:23 pm (PDT)
Terima Kasih, Master Vi
_____________________ _________ __
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com >
Kepada: belajar-excel <belajar-excel@yahoogroups. >com
Terkirim: Sel, 12 Juli, 2011 12:22:11
Judul: [belajar-excel] Add-In "Baru" dari Bluewater...
Dear beExcellers,
Kalau sedang di Words, anda dapat mengganti Text Case dengan sangat cepat dan
mudah
berkat adanya Tool bernama : ChangeCase
Di Excel untuk pekerjaan yg sama anda harus bersusah payah menuliskan
FUNGSI-FUNGSI
Upper / Lower / Proper dan masih harus mengcopy lalu mem=PasteSPecial Value ke
diri-range-sendiri.
Truzz.. Bisakah kita IMPOR tool tsb dari Word ke Excel agar pekerjaan mengolah
text di
Excel anda menjadi lebih nyaman ?
Mengimpor Tool kayaknya belum ada importirnya, maka itu lebih baik kita membuat
sendiri mainan seperti itu langsung di Excelnya.
File yg akan siti sebutkan di bawah nanti masih berupa XLS, tetapi jika anda
berkenan,
sesampainya di haribaan anda dapat anda SAVE AS: XLA (add-in) karena memang
sudah disiapkan untuk menjadi Add-In.
Dengan Add-In tsb diaktifkan, DialogBox Change Case akan muncul jika anda meng-
Klik-Kanan cell / range di mana saja.
Ketika anda mengklik-kanan cells/range, menu tambahan yg ada di Context Menu,
bukan hanya Change-Case saja, disitu juga ada menu tambahan satu lagi
(itung-itung sebagai bonus pertengahan tahun) yaitu menu Calendar_Pop Up
(mainan ini dulu pernah dijual gratis juga sbg add-in yg muncul sendiri tanpa
teman).
Kegunaan PopUp Kaleder hanya untuk memudahkan anda menuliskan
data TANGGAL dimana saja dengan berbagai format tampilan yg "sudah tersedia"
maupun dapat "anda atur sendiri"
File tsb sebenarnya sudah lama siti siapkan dan siap diunduh, hanya lupa
mengumumkan saja.
nama file : Calendar & ChangeCase Add-In (compressed *.7z)
URL : http://www.box.net/shared/ utusrfnldzgo0tdg 46so
Kondisi penyerahan:
- "loentoer tidak ditanggoeng"
- The VBA procedures in this workbook are provided 'as is' and
sitiVi does not guarantee that they can be used in all situations.
Mudah-mudahan lebih banyak manfaat-nya daripada mudharat-nya, amin.
~siti
===================
proses ini hanya perlu anda kerjakan 1 kali :
- kembalikan file sbg XLS dengan 7zip atau Winzip atau Winrar atau
aplikasi compress-file lain atau fitur yg ada di windows
- buka fle, lalu Save As *Xla (Add In)
- Tutup File
- Buka file lain / sembarang file / boleh juga workbook baru
- Klik menu Tools > Add In > jika Browse,
- tunjuk nama file yg baru dijadikan XLA
(foldernya biasanya ada di path spt ini
C:\Documents and Settings\NamaUser\Application Data\Microsoft\ AddIns
- aktifkan nama Addin (checkbox nya di contreng)
- klik OK
** kembali ke sheet, pilih sebuah cells >> Klik Kanan
** periksa apakah pada contect menu sudah ada 2 menu baru ?
Jika belum ada mungkin anda harus ambil air wudhu dulu...
(tunaikan kewajiban dulu gitu loch...)
===================
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar