Jumat, 15 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1247

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

Create ConsumerCard ke New sheet

Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id   tjahyahartono

Thu Jul 14, 2011 1:09 am (PDT)



Dear master excel,
 
 
Bagaimana membuat sheet seperti ini secara otomatis kedalam sheet-sheet baru, dimana tanggal dan issue berubah secara berkala.
 
 

CUSTOMER CARD

Company (Account Name)

:
A.P.L

Business Line

:
chm

Address

:
gubeng

Telephone

:
3536729

Fax

:

Contact Person (CP)

:
Ibu Aulia Devy

CP Position

:

CP Contact Number (HP)

:
085325461

DATE
ISSUE / TOPIC
PIC & POSITION
CRE
KMD
COMMENTS

12-Jul-11
Ketemu dengan Clien
Jhou-c
Hiuys
kohemn
Ok

13-Jul-11
Ketemu dengan manager
 
 
 
 
 
 
 
 
Terima kasih
 
 
 
Tjahya
1b.

Re: Create ConsumerCard ke New sheet

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jul 14, 2011 2:40 am (PDT)



maaf pak Tjahya

Sheet tmplt itu berisi tabel dengan banyak merged cell
database jangan ditaruh di mergedcell, selain makronya tidak
sederhana, nantinya
akan menyulitkan bapak sendiri..

kalau bisa mohon tabel di sheet tmplt itu diubah dulu, agar bagian yg
akan menjadi
tabel data tidak berisi merged cells

CMIIW,

On Thu, Jul 14, 2011 at 3:09 PM, Tjahya Hartono
<tjahyahartono@yahoo.co.id> wrote:
>
> Dear master excel,
> Bagaimana membuat sheet seperti ini secara otomatis kedalam sheet-sheet baru,
> dimana tanggal dan issue berubah secara berkala.
>
> CUSTOMER CARD
> Company (Account Name) : A.P.L
> Business Line : chm
> Address : gubeng
> Telephone : 3536729
> Fax :
> Contact Person (CP) : Ibu Aulia Devy
> CP Position :
> CP Contact Number (HP) : 085325461
> DATE ISSUE / TOPIC PIC & POSITION CRE KMD COMMENTS
> 12-Jul-11 Ketemu dengan Clien Jhou-c Hiuys kohemn Ok
> 13-Jul-11 Ketemu dengan manager
>
> Terima kasih
>
> Tjahya

1c.

Re: Create ConsumerCard ke New sheet

Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id   tjahyahartono

Thu Jul 14, 2011 4:23 am (PDT)



Dear master excel
 
 
Saya g ngerti kalo merged cells itu membuat sulit dalam pembuatan makro,berikut lampiran filenya lagi (sudah tidak saya merged cells lagi).
 
Mohon bantuannya ya
 
 
Regards
 
 
 
Tjahya

--- Pada Kam, 14/7/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:

Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Create ConsumerCard ke New sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 14 Juli, 2011, 9:39 AM

 

maaf pak Tjahya

Sheet tmplt itu berisi tabel dengan banyak merged cell
database jangan ditaruh di mergedcell, selain makronya tidak
sederhana, nantinya
akan menyulitkan bapak sendiri..

kalau bisa mohon tabel di sheet tmplt itu diubah dulu, agar bagian yg
akan menjadi
tabel data tidak berisi merged cells

CMIIW,

On Thu, Jul 14, 2011 at 3:09 PM, Tjahya Hartono
<tjahyahartono@yahoo.co.id> wrote:
>
> Dear master excel,
> Bagaimana membuat sheet seperti ini secara otomatis kedalam sheet-sheet baru,
> dimana tanggal dan issue berubah secara berkala.
>
> CUSTOMER CARD
> Company (Account Name) : A.P.L
> Business Line : chm
> Address : gubeng
> Telephone : 3536729
> Fax :
> Contact Person (CP) : Ibu Aulia Devy
> CP Position :
> CP Contact Number (HP) : 085325461
> DATE ISSUE / TOPIC PIC & POSITION CRE KMD COMMENTS
> 12-Jul-11 Ketemu dengan Clien Jhou-c Hiuys kohemn Ok
> 13-Jul-11 Ketemu dengan manager
>
> Terima kasih
>
> Tjahya

2a.

Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Thu Jul 14, 2011 1:14 am (PDT)



Dear bu guru STDEV(i)
 
Mantap dengan Exel 2010 di Laptop saya juga jalan.
Hanya sayangnya kalau di Worksheet saya yang sudah saya buat terlebih dahulu kok ndak muncul "Kalender PopUp" dan "Change Case" nya.
Tapi kalau saya insert sheet disebelahnya yang masih kosong muncul juga.
Kenapa bu guru?
File terlampir.
 
Terima kasih.
Herry Sutjipto
 

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, July 12, 2011 12:22 PM
Subject: [belajar-excel] Add-In "Baru" dari Bluewater...

 

Dear beExcellers,

Kalau sedang di Words, anda dapat mengganti Text Case dengan sangat cepat dan mudah
berkat adanya Tool bernama : ChangeCase

Di Excel untuk pekerjaan yg sama anda harus bersusah payah menuliskan FUNGSI-FUNGSI
Upper / Lower / Proper dan masih harus mengcopy lalu mem=PasteSPecial Value ke 
diri-range-sendiri.

Truzz.. Bisakah kita IMPOR tool tsb dari Word ke Excel agar pekerjaan mengolah text di 
Excel anda menjadi lebih nyaman ?

Mengimpor Tool kayaknya belum ada importirnya, maka itu lebih baik kita membuat
sendiri mainan seperti itu langsung di Excelnya.

File yg akan siti sebutkan di bawah nanti masih berupa XLS, tetapi jika anda berkenan, 
sesampainya di haribaan anda dapat anda SAVE AS:  XLA  (add-in) karena memang 
sudah disiapkan untuk menjadi Add-In.

Dengan Add-In tsb diaktifkan, DialogBox Change Case akan muncul jika anda meng-
Klik-Kanan cell / range di mana saja.

Ketika anda mengklik-kanan cells/range, menu tambahan yg ada di Context Menu, 
bukan hanya Change-Case saja, disitu juga ada menu tambahan satu lagi 
(itung-itung sebagai bonus pertengahan tahun) yaitu menu Calendar_Pop Up 
(mainan ini dulu pernah dijual gratis juga sbg add-in yg muncul sendiri tanpa teman).

Kegunaan PopUp Kaleder hanya untuk memudahkan anda menuliskan 
data TANGGAL dimana saja dengan berbagai format tampilan yg "sudah tersedia" 
maupun dapat "anda atur sendiri"

File tsb sebenarnya sudah lama siti siapkan dan siap diunduh, hanya lupa mengumumkan saja.

nama file : Calendar & ChangeCase Add-In (compressed *.7z)
URL : http://www.box.net/shared/utusrfnldzgo0tdg46so
Kondisi penyerahan:
- "loentoer tidak ditanggoeng"
- The VBA procedures in this workbook are provided 'as is' and 
  sitiVi does not guarantee that they can be used in all situations.

Mudah-mudahan lebih banyak manfaat-nya daripada mudharat-nya, amin.

~siti

===================
proses ini hanya perlu anda kerjakan 1 kali :
- kembalikan file sbg XLS dengan 7zip atau Winzip atau Winrar atau 
  aplikasi compress-file lain atau fitur yg ada di windows
- buka fle, lalu Save As *Xla (Add In)
- Tutup File
- Buka file lain / sembarang file / boleh juga workbook baru
- Klik menu Tools > Add In > jika Browse, 
- tunjuk nama file yg baru dijadikan XLA
  (foldernya biasanya ada di path spt ini 
  C:\Documents and Settings\NamaUser\Application Data\Microsoft\AddIns
- aktifkan nama Addin (checkbox nya di contreng)
- klik OK
** kembali ke sheet, pilih sebuah cells >> Klik Kanan
** periksa apakah pada contect menu sudah ada 2 menu baru ?
Jika belum ada mungkin anda harus ambil air wudhu dulu...
(tunaikan kewajiban dulu gitu loch...)
===================

2b.

Re: Add-In "Baru" dari Bluewater...

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jul 14, 2011 3:35 am (PDT)



Karena ...

penampakan kedua sheet itu dlm keadaan *Page_Break View*
Coba di switch ke *penampilan NORMAL *(dari nenu: View), maka,
InsyaAllah, kedua Menu tambahan itu akan muncul dengan ceria nya...

sekalaian menjawab banyak SMS keluhan
di ebberapa pc makro tsb tidak jalan

- yg paling umum adalah karena di pc tsb *tidak tersedia *atau belum
diregister
nya * *file *mscomct2.ocx*

(Kalender PoUp memerlukan control yg bernama *Month View* (seperti Calendar)
bagian dari DT Picker, yg keberadaannya tergantung dari file mscomct2.oct)

Beberapa waktu belum lamaini DT Picker dan masalahnya, telah dibicarakan di
milis ini...

Tks

~ siti
~ belajar excel ? gag akan nyesel !

2011/7/14 Herry Sutjipto <herrysri@yahoo.com>

> Dear bu guru STDEV(i)
>
> Mantap dengan Exel 2010 di Laptop saya juga jalan.
> Hanya sayangnya kalau di *Worksheet saya yang sudah saya buat terlebih
> dahulu* kok ndak muncul "Kalender PopUp" dan "Change Case" nya.
> Tapi kalau saya insert sheet disebelahnya yang masih kosong muncul juga.
> Kenapa bu guru?
> File terlampir.
>
> Terima kasih.
> Herry Sutjipto
>
>
3a.

Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Bagyo L" bagyol@nojima.co.id   bagyolumaksono

Thu Jul 14, 2011 1:24 am (PDT)



Pakar excel yang budiman,

Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?

Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.

Seperti contoh pada lampiran.

Atas bantuannya terima kasih.

Salam,

Bagyo L

3b.

Re: Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@live.com   jkssbma

Thu Jul 14, 2011 1:46 am (PDT)




Sepertinya file excel merupakan hasil convert atau import dari sebuah laporan. Kalau demikian usahakan dari aplikasi laporan di export ke excelAgar tak perlu mengubah atau membuat formula untuk konversi text ke number. khan cape tiap laporan harus utak-utik excel ( buat formula )Pakai aplikasi apa ya ? maksudnya aplikasi dibuat menggunakan apa ? access , vb6, php , delphi ,........
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: bagyol@nojima.co.id
Date: Thu, 14 Jul 2011 15:23:20 +0700
Subject: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

Pakar excel yang budiman, Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.Seperti contoh pada lampiran. Atas bantuannya terima kasih. Salam,Bagyo L

3c.

Re: Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Thu Jul 14, 2011 1:49 am (PDT)



Dear pak Bagyo L,
 
Kalau mau sedikit susah ....... copy sheet yang mau diconvert dari text ke numerik.
Kemudian pada sheet copy isi cell yang sama dengan perkalian cell di sheet asli dengan angka 1.
Kemudian tingga digandakan ke cell 2 yang lain.
 
Regards
Herry Sutjipto

From: Bagyo L <bagyol@nojima.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, July 14, 2011 3:23 PM
Subject: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

 

Pakar excel yang budiman,
 
Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?
Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.
Seperti contoh pada lampiran.
 
Atas bantuannya terima kasih.
 
Salam,
Bagyo L
 
3d.

Re: Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Bagyo Lumaksono" bagyol@nojima.co.id   bagyolumaksono

Thu Jul 14, 2011 2:03 am (PDT)



Dear pak Sudarsono S,

Benar pak, aplikasi ini adalah convert dari program accurate.

Data program bisa di conver ke excel, namun hasil convert excelnya formatnya
masih seperti itu, tidak bisa di jumlahkan dengan "Sum".

Sehingga kalo mau mengedit agak kesulitan.

Demikian pak, namun solusi dari pak Herry Sutjipto yaitu dengan mengalikan
dengan angka 1 ke kolom bantuan, sudah bisa terpecahkan masalah ini.

Terima kasih untuk pak Herry Sutjipto, sudah saya coba dan Alhamdulillah
berhail.

Salam,

Bagyo L

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Sudarsono Suhenk
Sent: 14 Juli 2011 15:44
To: belajar excel yahoo.com
Subject: RE: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

Sepertinya file excel merupakan hasil convert atau import dari sebuah
laporan. Kalau demikian usahakan dari aplikasi laporan di export ke excel
Agar tak perlu mengubah atau membuat formula untuk konversi text ke number.

khan cape tiap laporan harus utak-utik excel ( buat formula )
Pakai aplikasi apa ya ? maksudnya aplikasi dibuat menggunakan apa ? access ,
vb6, php , delphi ,........


_____

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: bagyol@nojima.co.id
Date: Thu, 14 Jul 2011 15:23:20 +0700
Subject: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

Pakar excel yang budiman,

Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?

Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.

Seperti contoh pada lampiran.

Atas bantuannya terima kasih.

Salam,

Bagyo L

3e.

Re: Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@live.com   jkssbma

Thu Jul 14, 2011 2:24 am (PDT)




Kalau mau lebih cepat gunakan makro ini :Sub UbahTextToNumber(ByVal daerahnya As String)
Range(daerahnya).Select

Selection.Replace What:=".", Replacement:="", LookAt:=xlPart, _
SearchOrder:=xlByRows, MatchCase:=False, SearchFormat:=False, _
ReplaceFormat:=False
Selection.Replace What:=",", Replacement:=".", LookAt:=xlPart, _
SearchOrder:=xlByRows, MatchCase:=False, SearchFormat:=False, _
ReplaceFormat:=FalseEnd SubSub contoh()
UbahTextToNumber ("$H$8:$S$138")
End Sub
Dengan syarat [.] menunjukan angka ribuan [,] menunjukan angka desimal sebaiknya sebelum menggunakan makro ini , sheet asli di kopi dahulu . Karena makro ini kalau di ulangi lagi ( 2 kali dijalankan ) akibatnya angka desimal menjadi nilai baru , misal : 1.234,56 -->makro dijalankan hasilnya 1234.56 --> dijalankan hasilkan 123456 ( khan hasilnya salah )'=========To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: bagyol@nojima.co.id
Date: Thu, 14 Jul 2011 16:03:22 +0700
Subject: RE: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

Dear pak Sudarsono S, Benar pak, aplikasi ini adalah convert dari program accurate.Data program bisa di conver ke excel, namun hasil convert excelnya formatnya masih seperti itu, tidak bisa di jumlahkan dengan "Sum".Sehingga kalo mau mengedit agak kesulitan. Demikian pak, namun solusi dari pak Herry Sutjipto yaitu dengan mengalikan dengan angka 1 ke kolom bantuan, sudah bisa terpecahkan masalah ini. Terima kasih untuk pak Herry Sutjipto, sudah saya coba dan Alhamdulillah berhail. Salam,Bagyo L From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Sudarsono Suhenk
Sent: 14 Juli 2011 15:44
To: belajar excel yahoo.com
Subject: RE: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka Sepertinya file excel merupakan hasil convert atau import dari sebuah laporan. Kalau demikian usahakan dari aplikasi laporan di export ke excel
Agar tak perlu mengubah atau membuat formula untuk konversi text ke number.

khan cape tiap laporan harus utak-utik excel ( buat formula )
Pakai aplikasi apa ya ? maksudnya aplikasi dibuat menggunakan apa ? access , vb6, php , delphi ,........
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: bagyol@nojima.co.id
Date: Thu, 14 Jul 2011 15:23:20 +0700
Subject: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

Pakar excel yang budiman, Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.Seperti contoh pada lampiran. Atas bantuannya terima kasih. Salam,Bagyo L

3f.

Re: Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Jul 14, 2011 2:29 am (PDT)



Hati-hati kalo locale komputer berbeda
sekarang pak Bagyo sedang pakai 1033. Nanti kalo dipakai yang lain yang 1057
perlu di tes juga hasilnya.

Kid.

2011/7/14 Sudarsono Suhenk <jkssbma@live.com>

> **
>
>
> Kalau mau lebih cepat gunakan makro ini :
> Sub UbahTextToNumber(ByVal daerahnya As String)
> Range(daerahnya).Select
>
> Selection.Replace What:=".", Replacement:="", LookAt:=xlPart, _
> SearchOrder:=xlByRows, MatchCase:=False, SearchFormat:=False, _
> ReplaceFormat:=False
> Selection.Replace What:=",", Replacement:=".", LookAt:=xlPart, _
> SearchOrder:=xlByRows, MatchCase:=False, SearchFormat:=False, _
> ReplaceFormat:=False
> End Sub
> Sub contoh()
> UbahTextToNumber ("$H$8:$S$138")
> End Sub
>
> Dengan syarat [.] menunjukan angka ribuan
> [,] menunjukan angka desimal
> sebaiknya sebelum menggunakan makro ini , sheet asli di kopi dahulu .
> Karena makro ini kalau di ulangi lagi ( 2 kali dijalankan ) akibatnya angka
> desimal menjadi nilai baru , misal : 1.234,56 -->makro dijalankan hasilnya
> 1234.56 --> dijalankan hasilkan 123456 ( khan hasilnya salah )
> '=========
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: bagyol@nojima.co.id
> Date: Thu, 14 Jul 2011 16:03:22 +0700
>
> Subject: RE: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka
>
>
>
> Dear pak Sudarsono S,
>
>
>
> Benar pak, aplikasi ini adalah convert dari program accurate.
>
> Data program bisa di conver ke excel, namun hasil convert excelnya
> formatnya masih seperti itu, tidak bisa di jumlahkan dengan "Sum".
>
> Sehingga kalo mau mengedit agak kesulitan.
>
>
>
> Demikian pak, namun solusi dari pak Herry Sutjipto yaitu dengan mengalikan
> dengan angka 1 ke kolom bantuan, sudah bisa terpecahkan masalah ini.
>
>
>
> Terima kasih untuk pak Herry Sutjipto, sudah saya coba dan Alhamdulillah
> berhail.
>
>
>
> Salam,
>
> Bagyo L
>
>
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Sudarsono Suhenk
> *Sent:* 14 Juli 2011 15:44
> *To:* belajar excel yahoo.com
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka
>
>
>
>
>
> Sepertinya file excel merupakan hasil convert atau import dari sebuah
> laporan. Kalau demikian usahakan dari aplikasi laporan di export ke excel
> Agar tak perlu mengubah atau membuat formula untuk konversi text ke number.
>
>
> khan cape tiap laporan harus utak-utik excel ( buat formula )
> Pakai aplikasi apa ya ? maksudnya aplikasi dibuat menggunakan apa ? access
> , vb6, php , delphi ,........
>
> ------------------------------
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: bagyol@nojima.co.id
> Date: Thu, 14 Jul 2011 15:23:20 +0700
> Subject: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka
>
>
>
> Pakar excel yang budiman,
>
>
>
> Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?
>
> Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.
>
> Seperti contoh pada lampiran.
>
>
>
> Atas bantuannya terima kasih.
>
>
>
> Salam,
>
> Bagyo L
>
>
>
>
>
>
>
>
4.

Bls: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

Posted by: "Undang Satrianie" und4nk@rocketmail.com   und4nk@rocketmail.com

Thu Jul 14, 2011 1:51 am (PDT)



. dan , yang membuat data pak bagyo menjadi text
kalo dikomp.ku (Setting Indonesia dengan tanda .(titik) sebagai pemisah ribuan dan ,(koma) sebagai pemisah desimal) tinggal Di Replace Saja Pak berikut saya lampirkan hasilnya

Salam
d4nk

________________________________
Dari: Bagyo L <bagyol@nojima.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 14 Juli 2011 15:23
Judul: [belajar-excel] Cara merubah format text ke angka

 
Pakar excel yang budiman,
 
Mohon bantuannya, bagaimana merubah format data text menjadi format angka ?
Agar data tsb nantinya dapat dijumlahkan dengan data lainnya.
Seperti contoh pada lampiran.
 
Atas bantuannya terima kasih.
 
Salam,
Bagyo L
 
5a.

Re: Filter Dinamis dgn DropDownList

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com

Thu Jul 14, 2011 3:51 am (PDT)



Rekan-Rekan sekalian

Sepertinya problem saya belum terpecahkan, (ehm..mungkin kurang jelas ya
maksud saya, maaf deh.)

Yang Mr.Kid sampaikan coba saya bongkar lagi (bukan makronya karna saya gak
ngerti), tapi konsepnya berhasil dan sukses saya terapkan, seperti saran Mr.
Kid.

Cuma, saya maunya ketika opsi pilihan (filter) ditentukan, ostosmatis dta
ter"FILTER" tanpa melakukan reapply lagi,.

Terima kasih atas bantuannya

Regards

Ridwan Rahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 13 Juli 2011 4:04
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Filter Dinamis dgn DropDownList

Hai Ridwan,

Dengan format milik Anda :
Buat 1 kolom filter dengan formula :
=((Utility!$C$1<2)+(INDEX(kolektor,Utility!$C$1)=F8))*((MONTH(D8)=Utility!$F
$1-1)+(Utility!$F$1<2))*((DAY(D8)=Utility!$I$1-1)+(Utility!$I$1<2))
Kemudian filter yang bernilai 1.
Lakukan re-apply jika ada pilihan atau data yang berubah.

Jika akan mengunakan fitur Data Validation List sebagai input filter, maka
formula di kolom bantu filter adalah :
=IF((LEN($J$3)=0)+(LEFT($J$3,3)="ALL"),1,($J$3=E8))*IF((LEN($J$1)=0)+(LEFT($
J$1,3)="ALL"),1,MATCH($J$1,Bulan,0)-1)*IF((LEN($J$2)=0)+(LEFT($J$2,3)="ALL")
,1,($J$2=DAY(C8)))

Named range input data dan input filter sebaiknya dibedakan, untuk
menghindari user menginput dengan nama ALL
Menjaga keterurutan No urut pada area yang di-autofilter, menggunakan fungsi
SubTotal.

Agar data dapat terjaga tetap clean, sebaiknya form input dipisahkan menjadi
sebuah form tersendiri. Bisa menggunakan worksheet maupun Form Objects.
Proses validasi data dapat diletakkan pada form input ini. Memasukkan data
yang clean ke dalam tabel data sumber dilakukan oleh sebuah prosedur VBA.

Laporan juga sebaiknya diletakkan terpisah dengan form input maupun tabel
data sumber. Hal ini akan mengurangi jumlah cell berformula ketika record
data membengkak.
Pembatasan jumlah baris laporan dan menjadikannya dalam susunan page per
page (misal 1 page isi 30 record laporan), juga akan menjaga kinerja
kalkulasi Excel untuk tidak melambat dengan curam.

Semoga file terlampir bisa memberi gambaran yang lebih jelas tentang uraian
di atas.

Best Regards.
Kid.

2011/7/12 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

Begini Mr.Fran'z, saya maunya sih ketika diklik all, maka semua data filter
kebuka semua, ketika kita pilih pilihan tertentu, maka hanya di tampilkan
rows yg dikehendaki, sudah saya coba record makro. Tapi masih gak bisa, apa
salahnya y?

5b.

Re: Filter Dinamis dgn DropDownList

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu Jul 14, 2011 2:13 pm (PDT)



Script autofilter diletakkan pada event worksheet change sebagai berikut :

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'cek range yang berubah isi adalah area inputan (perhatikan bagian range
yang di merged cell sedikit mempersulit dengan harus menuliskan seluruh
range yang di-merged)
If Not Intersect(Target, Range("c1:c2,c3:d3")) Is Nothing Then
With Range("m8").CurrentRegion
.Calculate
.Offset(-1).Resize(.Rows.Count + 2, 1).AutoFilter 1, "Y"
End With
End If
End Sub

Jika sheet tersebut pasti hanya ada autofilter di kolom tersebut atau pasti
filternya adalah berdasar kriteria karakter 'Y'
maka bisa menggunakan ::

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'cek range yang berubah isi adalah area inputan (perhatikan bagian range
yang di merged cell sedikit mempersulit dengan harus menuliskan seluruh
range yang di-merged)
If Not Intersect(Target, Range("c1:c2,c3:d3")) Is Nothing Then
activesheet.autofilter.applyfilter
End If
End Sub

Regards.
Kid.

2011/7/14 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

> Rekan-Rekan sekalian****
>
> ** **
>
> Sepertinya problem saya belum terpecahkan, (ehm..mungkin kurang jelas ya
> maksud saya, maaf deh…)****
>
> Yang Mr.Kid sampaikan coba saya bongkar lagi (bukan makronya karna saya gak
> ngerti), tapi konsepnya berhasil dan sukses saya terapkan, seperti saran Mr.
> Kid.****
>
> Cuma, saya maunya ketika opsi pilihan (filter) ditentukan, ostosmatis dta
> ter"FILTER" tanpa melakukan reapply lagi,…****
>
> ** **
>
> Terima kasih atas bantuannya****
>
> Regards****
>
> Ridwan Rahman****
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
>
> *Sent:* 13 Juli 2011 4:04
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Filter Dinamis dgn DropDownList****
>
> ** **
>
> ****
>
> Hai Ridwan,
>
>
> Dengan format milik Anda :
> Buat 1 kolom filter dengan formula :
>
> =((Utility!$C$1<2)+(INDEX(kolektor,Utility!$C$1)=F8))*((MONTH(D8)=Utility!$F$1-1)+(Utility!$F$1<2))*((DAY(D8)=Utility!$I$1-1)+(Utility!$I$1<2))
> Kemudian filter yang bernilai 1.
> Lakukan re-apply jika ada pilihan atau data yang berubah.
>
> Jika akan mengunakan fitur Data Validation List sebagai input filter, maka
> formula di kolom bantu filter adalah :
>
> =IF((LEN($J$3)=0)+(LEFT($J$3,3)="ALL"),1,($J$3=E8))*IF((LEN($J$1)=0)+(LEFT($J$1,3)="ALL"),1,MATCH($J$1,Bulan,0)-1)*IF((LEN($J$2)=0)+(LEFT($J$2,3)="ALL"),1,($J$2=DAY(C8)))
>
> Named range input data dan input filter sebaiknya dibedakan, untuk
> menghindari user menginput dengan nama ALL
> Menjaga keterurutan No urut pada area yang di-autofilter, menggunakan
> fungsi SubTotal.
>
> Agar data dapat terjaga tetap clean, sebaiknya form input dipisahkan
> menjadi sebuah form tersendiri. Bisa menggunakan worksheet maupun Form
> Objects. Proses validasi data dapat diletakkan pada form input ini.
> Memasukkan data yang clean ke dalam tabel data sumber dilakukan oleh sebuah
> prosedur VBA.
>
> Laporan juga sebaiknya diletakkan terpisah dengan form input maupun tabel
> data sumber. Hal ini akan mengurangi jumlah cell berformula ketika record
> data membengkak.
> Pembatasan jumlah baris laporan dan menjadikannya dalam susunan page per
> page (misal 1 page isi 30 record laporan), juga akan menjaga kinerja
> kalkulasi Excel untuk tidak melambat dengan curam.
>
> Semoga file terlampir bisa memberi gambaran yang lebih jelas tentang uraian
> di atas.
>
> Best Regards.
> Kid.****
>
> 2011/7/12 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>****
>
> Begini Mr.Fran'z, saya maunya sih ketika diklik all, maka semua data filter
> kebuka semua, ketika kita pilih pilihan tertentu, maka hanya di tampilkan
> rows yg dikehendaki, sudah saya coba record makro. Tapi masih gak bisa, apa
> salahnya y?****
>
> ****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ****
>
5c.

Re: Filter Dinamis dgn DropDownList

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com

Thu Jul 14, 2011 6:04 pm (PDT)



Mr.Kid,..Terima kasih sekali telah membantu, akhirnya bisa dengan baik
digunakan

SEkali lagi Terima Kasih

Best Regards

Ridwan Rahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 15 Juli 2011 4:13
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Filter Dinamis dgn DropDownList

Script autofilter diletakkan pada event worksheet change sebagai berikut :

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'cek range yang berubah isi adalah area inputan (perhatikan bagian range
yang di merged cell sedikit mempersulit dengan harus menuliskan seluruh
range yang di-merged)
If Not Intersect(Target, Range("c1:c2,c3:d3")) Is Nothing Then
With Range("m8").CurrentRegion
.Calculate
.Offset(-1).Resize(.Rows.Count + 2, 1).AutoFilter 1, "Y"
End With
End If
End Sub

Jika sheet tersebut pasti hanya ada autofilter di kolom tersebut atau pasti
filternya adalah berdasar kriteria karakter 'Y'
maka bisa menggunakan ::

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'cek range yang berubah isi adalah area inputan (perhatikan bagian range
yang di merged cell sedikit mempersulit dengan harus menuliskan seluruh
range yang di-merged)
If Not Intersect(Target, Range("c1:c2,c3:d3")) Is Nothing Then
activesheet.autofilter.applyfilter
End If
End Sub

Regards.
Kid.

2011/7/14 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

Rekan-Rekan sekalian

Sepertinya problem saya belum terpecahkan, (ehm..mungkin kurang jelas ya
maksud saya, maaf deh.)

Yang Mr.Kid sampaikan coba saya bongkar lagi (bukan makronya karna saya gak
ngerti), tapi konsepnya berhasil dan sukses saya terapkan, seperti saran Mr.
Kid.

Cuma, saya maunya ketika opsi pilihan (filter) ditentukan, ostosmatis dta
ter"FILTER" tanpa melakukan reapply lagi,.

Terima kasih atas bantuannya

Regards

Ridwan Rahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid

Sent: 13 Juli 2011 4:04

To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Filter Dinamis dgn DropDownList

Hai Ridwan,

Dengan format milik Anda :
Buat 1 kolom filter dengan formula :
=((Utility!$C$1<2)+(INDEX(kolektor,Utility!$C$1)=F8))*((MONTH(D8)=Utility!$F
$1-1)+(Utility!$F$1<2))*((DAY(D8)=Utility!$I$1-1)+(Utility!$I$1<2))
Kemudian filter yang bernilai 1.
Lakukan re-apply jika ada pilihan atau data yang berubah.

Jika akan mengunakan fitur Data Validation List sebagai input filter, maka
formula di kolom bantu filter adalah :
=IF((LEN($J$3)=0)+(LEFT($J$3,3)="ALL"),1,($J$3=E8))*IF((LEN($J$1)=0)+(LEFT($
J$1,3)="ALL"),1,MATCH($J$1,Bulan,0)-1)*IF((LEN($J$2)=0)+(LEFT($J$2,3)="ALL")
,1,($J$2=DAY(C8)))

Named range input data dan input filter sebaiknya dibedakan, untuk
menghindari user menginput dengan nama ALL
Menjaga keterurutan No urut pada area yang di-autofilter, menggunakan fungsi
SubTotal.

Agar data dapat terjaga tetap clean, sebaiknya form input dipisahkan menjadi
sebuah form tersendiri. Bisa menggunakan worksheet maupun Form Objects.
Proses validasi data dapat diletakkan pada form input ini. Memasukkan data
yang clean ke dalam tabel data sumber dilakukan oleh sebuah prosedur VBA.

Laporan juga sebaiknya diletakkan terpisah dengan form input maupun tabel
data sumber. Hal ini akan mengurangi jumlah cell berformula ketika record
data membengkak.
Pembatasan jumlah baris laporan dan menjadikannya dalam susunan page per
page (misal 1 page isi 30 record laporan), juga akan menjaga kinerja
kalkulasi Excel untuk tidak melambat dengan curam.

Semoga file terlampir bisa memberi gambaran yang lebih jelas tentang uraian
di atas.

Best Regards.
Kid.

2011/7/12 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

Begini Mr.Fran'z, saya maunya sih ketika diklik all, maka semua data filter
kebuka semua, ketika kita pilih pilihan tertentu, maka hanya di tampilkan
rows yg dikehendaki, sudah saya coba record makro. Tapi masih gak bisa, apa
salahnya y?

6a.

Re: Pop up Screen Error

Posted by: "Modby Matsnawabi" modbym@gmail.com

Thu Jul 14, 2011 4:18 am (PDT)



Dear All,

Terima kasih yah Solusi nya... untuk "insert Quantity" bagaimana? saya coba
pake Validation tidak bisa juga..
karena syarat Maximun nya tergantung Usia( data di Sheet "Rate") jadi tidak
bisa di range 5-100 secara otomatis.

Thank's

2011/7/14 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Fitur data validation bisa memenuhi kebutuhan bapak seperti yang
> diungkapkan mas Undang.
>
> Berikut step by step cara pengaturannya.
>
> Kid.
>
> 2011/7/14 Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com>
>
>> Dear Be'Xcel,
>>
>> Mohon sharing ilmu nya yah..
>> Ane punya case terlampir, pengen klo ada salah-salah input sesuai batasan
>> yang sudah ane kasih batasan maka akan keluar pop up screen error (warning
>> message)
>> detail case nya saya lampirkan..
>>
>> Mohon ilmu nya di bagi2 yah.. [?]
>>
>> tks, modby.
>>
>>
>
6b.

Re: Pop up Screen Error

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jul 14, 2011 4:41 am (PDT)



lihat lampiran
data validation untuk Qty max
pakai rumus
=VLOOKUP(B21,Rates,2,False)

hanya saja di bagian allert nya
text pesan tidak dapat diberi formula
kalau memang harus disebutkan angkanya: bisa pakai makro

2011/7/14 Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Terima kasih yah Solusi nya... untuk "insert Quantity" bagaimana? saya coba
> pake Validation tidak bisa juga..
> karena syarat Maximun nya tergantung Usia( data di Sheet "Rate") jadi
> tidak bisa di range 5-100 secara otomatis.
>
>
> Thank's
>
>
7a.

Membuat Grafik 1 bar 2 indikator

Posted by: "Rachmad HIDAYAT" rachmad.hidayat@external.total.com

Thu Jul 14, 2011 7:22 pm (PDT)




Dear Para Pakar,
Bagaimana caranya untuk membuat grafik indikator pencapaian progress kerjaan dalam 1 grafik saja(misal bar chart)?
Misal target pekerjaan 100%,
Baru tercapai 40%
Mohon di bantu yak.....

Terima Kasih,
Rachmad Hidayat

7b.

Re: Membuat Grafik 1 bar 2 indikator

Posted by: "A. Ardian" andy.ardian@tf-fpm.com   andy.ardian

Thu Jul 14, 2011 8:07 pm (PDT)



Mungkin cara terlampir bisa membantu...

Thx.

A. Ardian

On 7/15/2011 9:21 AM, Rachmad HIDAYAT wrote:
>
> Dear Para Pakar,
>
> Bagaimana caranya untuk membuat grafik indikator pencapaian progress
> kerjaan dalam 1 grafik saja(misal bar chart)?
>
> Misal target pekerjaan 100%,
>
> Baru tercapai 40%
>
> Mohon di bantu yak.....
>
> Terima Kasih,
>
> Rachmad Hidayat
>

--
Regards,

A. Ardian

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar