Messages In This Digest (12 Messages)
- 1a.
- Re: Membuat Validasi utk Input Tanggal atau date From: Ki Semprul
- 2a.
- Re: Monitoring lama Simpan From: rodhy hakim
- 3.1.
- File - Peraturan Milis belajar-excel From: belajar-excel@yahoogroups.com
- 4a.
- Bls: [belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst From: Harry
- 5a.
- Trs: [belajar-excel] Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah m From: depi Hariyanto
- 6a.
- Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Kid Mr.
- 6b.
- Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Heru Safrudin
- 6c.
- Re: Akses database MS. Access dari Excel From: Kid Mr.
- 7a.
- Re: Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah mencapai target From: Ki Semprul
- 7b.
- Re: Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah mencapai target From: Ki Semprul
- 8a.
- File Excel tidak bisa dibuka dari Explorer From: agung.widodo01@id.panasonic.com
- 8b.
- Re: File Excel tidak bisa dibuka dari Explorer From: Markonah
Messages
- 1a.
-
Re: Membuat Validasi utk Input Tanggal atau date
Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com ki_semprull
Fri Jun 1, 2012 12:49 am (PDT)
Pembatasan Pengisian Data ke Cells, di excel sudah disediakan TOOL nya
bernama *Data Validation*
1. Blok / Sorot: Range yg akan diberi *aji Data Validation*
2. Munculkan Dialogbox Data Validation
(excel 2003: Menu: Data > Validation)
(excel 2007: Ribbon : Tab Data, lihat group: Data Tools > Klik Ikon Data
Validation > Data Validation )
3, Pada DialogBox yg muncul, pilih* Tab Setting*
*Allow :* DATE
* Data :* Between
* Start Date*, diisi formula *=TODAY() - WEEKDAY(TODAY()) + 2*
*End Date*, diisi formula *= TODAY()*
dua Formula ini adalah bagian terpenting, tentunya dibuat setelah
meditasi sejenak..
Ide pemikirannya adalah : semua tanggal jika dikurangi nilai
WEEKDAY-nya, hasilnya
akan selalu jatuh hari SABTU sebelumTgl tsb.
Boleh Percaya Boleh Tidak, tetapi "TIDAK BOLEH" *tidak mencoba* di sheet.
4. Tab Lain (Tab Input Msg) dan (Tab Error Alert) dapat anda atur sendiri
Didiamkan saja juga sudah di set standart, hanya ErrorMessagenya bhs
Londo..
Lihat contoh di workbook lampiran
[image: Inline image 1]
Mengenai data yg sudah ditulis diberi passwrod, ini berarti pengaturan LOCK
Cell dilakukan secara bertahap
yaitu SETIAP terjadi pengisian dta yg valid.
Hal ini menurut pendapatku harus pakai Makro.
Makro hanya akan diberikan jika memang dikehendaki.. atau tunggu dari para
penanggap lainnya..
*--Semprulll Ki !!*
*2012/6/1 milorambaldy <maulidin_yusfriyanto@yahoo.com >
*
>
> * *
>
> *Dear Be-exceler
> Mohon di bantu pencerahannya apabila saya ingin mencoba membuat aturan di
> Cell tertentu worksheet hanya bisa di input tanggal hari ini maksimalnya
> dan minimalnya 2 hari sebelumnya di dalam aturan 5 hari kerja saja.
>
> dengan tujuan agar users selalu mengupdate tepat waktu karena apabila
> lebih dari 2 hari tanggal yg di inputnya tidak akan bisa, dan hanya bisa di
> input mundur dengan membuka password
>
> semoga ada yg bersedia membant
>
> Thanks
> Milorambaldy
> *
>
- 2a.
-
Re: Monitoring lama Simpan
Posted by: "rodhy hakim" odhyz83_assasaky@yahoo.com odhyz83_assasaky
Fri Jun 1, 2012 1:34 am (PDT)
Dear Para Master,
Saya kembali mengalami kesulitan, ternyata data inputan itu diambil dari tempat lain.
nah bagaimana caranya mengambil data dari tempat lain, dan di kolom lama simpan dan kolom keterangan otomatis juga seperti yang sudah di kirimin sy sebelumnya itu.
Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.
NOTE: terlampir contoh data yang diambil dari tempat lain.
===================== ========= ========= ========= ========= =
Mods' NOTE
ysh Pak Hakim,
Lampiran dari Pak Hakim (2 file xls) jumlah = 838 KB
ini adalah l3bih dari 3 kali jatah yg diatur dlm Peraturan Milis
Lampiran tidak kami sertakan, tetapi para calon penanggap dapat
mengunduhnya di
https://www.box.com/s/ 468687103c417d19 95c3
FileName: "Lampiran Posting Hakim Rodhy.zip (134 KB)
Untuk y.a.d. File lampiran harap max 250 KB
Juga, Posting ke Milis jangan "Cross-Posting" / ada cc ke pihak lain.!
Kedua hal itu sudah diatur dlm "PERATURAN MILIS" (filenya ada
di Inbox Anda semua)
Terima kasih,
- moderator-
===================== ========= ========= ========= ========= ===
From: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, May 30, 2012 5:15 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Monitoring lama Simpan
Saya sampaikan titipan pesan dari Connie yg hari ini tidak bisa online sama sekali.
--QUOTE
Baiklah teman, expired date = "4 BULAN" SETELAH Tgl Terima, makarumus di kolom [Keterangan] adalah sbb
="Material akan expired pada tanggal " & TEXT(DATE(YEAR(B5),MONTH( B5)+4,DAY( B5)),"ddmmyy" )
Tetapi dlm workbook yg dibuat; rumus itu ditulis oleh makro (otomatis) pada saat kolom [Tgl Terima] di isi/diedit
Prosedur 2 (event worksheet_Change) menjadi sperti ini
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
'--cde vba: Markonah May 29, 2012 / modified 30 May 2012
'--kasus BeExcel #17302
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 2 Then
If Target.Row > 4 Then
If Not Target.Value = vbNullString Then
Target(1, 3).Formula = "=TODAY()"
Target(1, 5).Formula = "=DATEDIF(RC[-4],RC[-2] ,""m"") & "" bulan, "" & DATEDIF(RC[- 4],RC[-2] ,""md"") & "" hari."""
Target(1, 6).Formula = "=""Material akan expired pada tanggal: "" & TEXT(DATE(YEAR(RC[-5]),MONTH( RC[-5])+4, DAY(RC[-5] )),""ddmmyy" ")"
Else
Target(1, 3) = "": Target(1, 5) = "": Target(1, 6) = ""
End If
End If
End If
End If
End Sub
Sengaja menghindari fungsi eDate agar tidak repot menjawab pertanyaan lanjutan
jika anda belum pasang Addin Analisy-Tool
wassalamualaikum wr wb,
-pok markonah-
penjual grabah di kampung sebelah
--UNQUOTE
- 3.1.
-
File - Peraturan Milis belajar-excel
Posted by: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com
Fri Jun 1, 2012 2:21 am (PDT)
"PERATURAN MILIS belajar-excel"
--------------------- --------- -
Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.
Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated"
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.
Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.
Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.
Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.
Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:
SANGAT DIHARAPKAN:
==================
(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.
(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.
(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)
(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.
SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
===================== ===
(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.
(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).
(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).
(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.
(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.
LAIN LAIN:
==========
Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
--------------------- --------- --------- ------
(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)
(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan" dsb, hanya akan merusak 'Thread' (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.
Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.
(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.
(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting' (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.
'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.
(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.
Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).
Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".
Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan", tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.
Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.
VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.
Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.
Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri' (jalur pribadi).
Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------- --------- --------- -----
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators
Hak dan wewenang Moderators
--------------------- ------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.
Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
--------------------- --------- --------- --------
Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.
Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette".
Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes", tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.
Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".
--------------------- --------- --------- -----[rev: 13mar2010 / ctv]-----
- 4a.
-
Bls: [belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst
Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com hariansyahptk
Fri Jun 1, 2012 8:38 am (PDT)
Dear Rara,
Terima kasih atas berkenan penjelasannya dan caranya.
It's work.
Regards,
Harry
_____________________ _________ __
Dari: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Jumat, 1 Juni 2012 0:29
Judul: Re: [belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst
Dlm me-notasi-kan Formula, di Excel dikenal ada 2 cara :
Style A1
yaitu COLUMN diberi nama dengan HURUF mulai A, ROW di beri nama dengan ANGKA mulai 1
Style ini sepertinya paling umum dipakai, seperti Pak Harry ceritakan itu,
Style R1C1
ROW diberi nama dengan ANGKA mulai 1, COLUMN juga diberi nama dengan ANGKA mulai 1
Jadi alamat cell dengan rujukan absolut $F$16 dlm style A1; >> notasinya menjadi R16C6 dalam style R1C1.
Jika alamat cellnya dengan Relative Reference F16 notasinya bisa berubah-ubah tergantung di cell mana ditulisnnya.
Misal ingin merujuk F16 dari cell H17, notasinya =R[-1]C[-2] Gampang kan ?
Kedua Syle itu dapat dengan BEBAS anda pilih dengan mengatur setting Checkbox "R1C1 Reference Style"
Jika CheckBox nya di Contreng (enabled / True) maka berlaku Style R1C1
Jika Contrengannya dihilangkan (disabled / false) maka berlaku Style A1
Di Excel 2007 setting tsb ada di Office Button > Excel Options > Tab Formula, di area 'Working with Formula'
Kalau di Excel 2003: Menu Tools > Options > Tab General
(lihat gambar di bawah ini)
Kalau pegang 'textbook panduan standar pemakaian excel', hal ini diejelaskan di bab-bab depan / basic.
Mungkin pak Harry terlewat membacanya, atau bukunya ilang...
~Rara
2012/5/31 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>Dear BeExeller,
>Mohon informasi dan solusi akan pertanyaan saya dng situasi sbb:
>Pada sata Workbook yang memiliki banyak rumus yang telah saya buat, tampilan Worksheetnya berubah tidak seperti yang seharusnya tetapi tidak terlalu signifikan.
>Perubahan tersebut terjadi pada tampilannya Kolomnya.
>Pada Worksheet seharusnya adalah Kolom dilambangkan dengan huruf Abjad yaitu A, B, C dst sedangkan Row dilambangkan dengan angka yaitu 1, 2, 3 dst.
>
>
>Pada Workbook yang telah saya buat tersebut Kolomya berubah menjadi 1, 2, 3 dst dan Row-nya tetap 1, 2, 3 dst.
>Pertanyaan saya adalah: Bagaimana cara dan apa yang harus diganti jika Kolom tersebut dikembalikan lagi menjadi A, B, C dst...???
>Terima kasih atas berkenan jawabannya.
>
>
>Regards,
>Harry
- 5a.
-
Trs: [belajar-excel] Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah m
Posted by: "depi Hariyanto" depi.hari_yanto@yahoo.co.id depi.hari_yanto
Fri Jun 1, 2012 2:21 pm (PDT)
Dear All Master Excel,
Mohon sekali pencerahannya.
Salam dan ucapan terima kasih untu master excel semua.
Dep_Har
===================== ========= =======
Mods'Note:
Belum genap 2 HARI kok sudah diulang-posting..
sebaiknya ditunggu minimal 3 hari lah..
Berikut ini ditujukan untuk umum bukan khusus Bp Depi:
Pertanyaan yg tak segera tertanggapi tentu ada penyebabnya,
a.l:
*para member sedang tidak punya kesempatan
*masalah memang sulit / bahkan mugnkin tak ada solusinya.
*penjelasan masalah /data-contoh tidak jelas/ sulit difahami,
*masalah / data yg diajukan terlalu besar
*masalah yg ditanyakan terlalu banyak
*dsb.
Cara mengulang posting juga sudah sering diimbau, a.l:
*Jangan sekedar mengulang, tetapi sambil menambah / mengubah
cara menjelaskan / memperjelas kasus, mempersederhana masalah.
* membatasi topik, dsb., yg intinya mengurangi penyebab keengganan
members lain untuk membantu...
-moderator-
===================== ========= ========
----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co. >id
Kepada: excel <belajar-excel@yahoogroups. >com
Dikirim: Rabu, 30 Mei 2012 20:42
Judul: [belajar-excel] Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah mencapai target
Dear All Master Excel yang Budiman,
Terima kasih untuk jawaban dan solusi sebelumnya.
Bagai mana formula cara menghitung komisi dengan target penjualan tertentu.
Terlampir pertannyaan detailnya.
salam
Deo_Har
- 6a.
-
Re: Akses database MS. Access dari Excel
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Jun 1, 2012 2:48 pm (PDT)
Pak Heru,
Jika Form akan mengambil data dari worksheet, buat data connection di
worksheet (di excel 2003 melalui Import Data) ke MS Access.
Jika Form akan mengambil data langsung menggunakan script, maka manfaatkan
ADO untuk berkomunikasi dengan MS Access.
Wassalam,
Kid.
2012/6/1 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
> **
>
>
> **
> Dear Pakar,
>
> Misalkan saya bikin UI atau Form di excel dan mau membaca/mengakses
> database dari Ms. Access, Bisa nggak ya ?
>
> Contoh terlampir
>
> Terima kasih
>
>
>
>
>
>
>
- 6b.
-
Re: Akses database MS. Access dari Excel
Posted by: "Heru Safrudin" superheruu@gmail.com superheruu
Fri Jun 1, 2012 7:24 pm (PDT)
Wah berarti masih ada harapan nih,
Sebernarnya saya udah coba pake activex control, tapi masih belum bisa ngisi propertynya
Adakah yg bisa memberi pencerahan secara teknis.???
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Saturday, June 02, 2012 4:47 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
Pak Heru,
Jika Form akan mengambil data dari worksheet, buat data connection di worksheet (di excel 2003 melalui Import Data) ke MS Access.
Jika Form akan mengambil data langsung menggunakan script, maka manfaatkan ADO untuk berkomunikasi dengan MS Access.
Wassalam,
Kid.
2012/6/1 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
Dear Pakar,
Misalkan saya bikin UI atau Form di excel dan mau membaca/mengakses database dari Ms. Access, Bisa nggak ya ?
Contoh terlampir
Terima kasih
- 6c.
-
Re: Akses database MS. Access dari Excel
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Fri Jun 1, 2012 11:31 pm (PDT)
Cara pemanfaatan ADO, bisa dilihat
disini<http://www.ozgrid.com/forum/ >showthread. php?t=19625
.
Untuk Connection String, bisa dilihat
disini<http://www.connectionstrings. >.com/
Wassalam,
Kid.
2012/6/2 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
> **
>
>
> Wah berarti masih ada harapan nih,
> Sebernarnya saya udah coba pake activex control, tapi masih belum bisa
> ngisi propertynya
> Adakah yg bisa memberi pencerahan secara teknis.???
>
>
> ----- Original Message -----
> From: Kid Mr.
> To: belajar-excel@yahoogroups. com
> Sent: Saturday, June 02, 2012 4:47 AM
> Subject: Re: [belajar-excel] Akses database MS. Access dari Excel
>
> Pak Heru,
>
> Jika Form akan mengambil data dari worksheet, buat data connection di
> worksheet (di excel 2003 melalui Import Data) ke MS Access.
> Jika Form akan mengambil data langsung menggunakan script, maka manfaatkan
> ADO untuk berkomunikasi dengan MS Access.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/6/1 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com >
> Dear Pakar,
> Misalkan saya bikin UI atau Form di excel dan mau membaca/mengakses
> database dari Ms. Access, Bisa nggak ya ?
>
> Contoh terlampir
>
> Terima kasih
>
>
>
>
- 7a.
-
Re: Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah mencapai target
Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com ki_semprull
Fri Jun 1, 2012 3:23 pm (PDT)
perkenankan saya hanya menanggapi pertanyaan sheet *Tanya1* dan sheet *Tanya
3* saja
satu posting hendaknya tidak terlalu banyak masalah yg di jual
(yg mau beli kan harus mikir kantong nya dulu, seringnya gag jadi
dibungkus..)
1 makro di module sheet1 mudah2an mampu mengerjakan 2 keinginan pak depi
kalau berminat melihat, lihat langsung di lampiran
2 sekedar comments dan gambar di sheet *Tanya 3, *semoga agak memperjelas
maslah
Kita harapkan Tanya3 segera ditanggap oleh members lain...
Wassalan & tarema kaseh...
Semprull ...Ki !!
----------- CATATAN "gak penting" ------------
Oiya: mau gantian tanya semoga ditanggapi (biasanya penanya kalau ditanya
malah "ngambeg" dlm tanda kutip heh heh heh..)
Kalimat pertama = ucapan terima kasih itu: ditujukan kepada siapa (siapa
saja); kapan tgl solusinya, apa subjectnya
jika hanya begitu saja (seperti yg tertulis saat ini) dan ditulis HANYA
KETIKA AKAN TANYA LAGI, kayaknya kok gimanaaaa,, gitu... (berkurang
nilainya, dan malah bisa menimbulkan dugaan kurang baik, seperti dulu: Ki
Semprul hanya mau tersenyum kepada mbak kasir judes, HANYA jika mau minta
KasBon saja !!)
menurut hasil omong2 antar warga, para penanggap HANYA menginginkan
"mendapat *berita mengenai tanggapannya, sesegera mungkin, apakah terpakai,
& works, **atau kah salah tidak dapat dipakai *(mungkin cara pakai yg salah
juga bisa terjadi)
ucapan terima kasih sambi menyebut orang sbg "suhu", "master "expert" dsb
tidak perlu, banyak yg merasa jengah/risih (lha wong bukan master kok
dipanggil master). yg paling perlu = berita bahwa tanggapan telah diterima,
dibaca & solusi terpakai/tidak (no probem). kebetulan di milis ini "email
spt itu (jika tidak berlibihan) termasuk tidak dilarang. Misalnya
dilarangpun masih ada pintu Jalur Pribadi, ya to...
sebagian warga (yg pad omong2 tadi) ada yg "ringan2" saja pendapatnya:
saya kan hanya ingin menanggapi sambil belajar, sokur2 bisa membantu, mau
diberi anggukan atau tidak, saya gak peduli dan tidak terpikir lagi
(EGP. Emamg Gue Pikirin!?) karena setelah menjawab, email-nya saya arsip
(tidak terbaca di inbox lagi)
Mengenai sebutan Suhu , Master dsb ya kita anggap saja untuk lucu-lucuan,
numpang "sedang dikit" disebut 'suhu" mster, he he he.. Santai saja mPrull!
Jenis ini jenis orang yg baik,
Tapi jangan mengharapkan semua orang = jenis orang baik, lihat diluar, tiap
hari ada ribuan orang demo marah dan harus mengambrukkan pintu gerbang atau
pagar gedung orang yg duit-untuk-membangun-nya milik takyat juga.
--------------------- end of catatan gak penting ------------ ---------
2012/5/30 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co. >id
> **
> Dear All Master Excel yang Budiman,
> Terima kasih untuk jawaban dan solusi sebelumnya.
> Bagai mana formula cara menghitung komisi dengan target penjualan tertentu.
> Terlampir pertannyaan detailnya.
> salam
> Deo_Har
>
>
>
- 7b.
-
Re: Menghitung Komisi & kekurangan komisi setelah mencapai target
Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com ki_semprull
Fri Jun 1, 2012 4:29 pm (PDT)
maap teman,
Untuk makro di sheet "Tanya1"; ada hal yg kurang baik
Deklarasi variable nRow ditulis di baris ke 7 di dalam blok IF yg kedua
cabangnya memerlukan variable tsb
Sebainya deklarasi nRow ditulis di baris ke 2 SEBELUM : If Target.Count =
1 Then
atau paling tidak menjadi baris ke 6, yaitu sebelum:
If Len(Target(2, 1).Value) = 0 Then
Setelah diubah / diperbaiki prosedur tsb harusnya menjadi seperti ini
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 3 Then
If Target.Row > 11 Then
If LenB(Target.Value) > 0 Then
*Dim **nRow** As Long*
If Len(Target(2, 1).Value) = 0 Then
nRow = 2
Else
nRow = Range(Target, Target.End(xlDown)).Rows.Count + 1
End If
Target(1, 2).Value = Date
Target(1, 2).NumberFormat = "dd-mm-yyyy"
Target(nRow, 1).EntireRow.Insert shift:=xlUp
End If
End If
End If
End If
End Sub
Sebelum perbaikan, walaupun makro tetap jalan (tergantung ada tidaknya
'Option Explicit',
tetapi jika variable tsb terpakainya di baris *setelah* *ELSE*
maka variable nRow (type Long) tsb sebenarnya *belum* didiklarasikan
maaf, maaf, maaf
*Semprull.. Ki!!*
2012/6/2 Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com >
> perkenankan saya hanya menanggapi pertanyaan sheet *Tanya1* dan sheet *Tanya
> 3* saja
> satu posting hendaknya tidak terlalu banyak masalah yg di jual
> (yg mau beli kan harus mikir kantong nya dulu, seringnya gag jadi
> dibungkus..)
>
> 1 *makro di module sheet1 *mudah2an mampu mengerjakan 2 keinginan pak depi
> kalau berminat melihat, lihat langsung di lampiran
> 2 sekedar comments dan gambar di sheet *Tanya 3, *semoga agak memperjelas
> maslah
>
> Kita harapkan Tanya3 segera ditanggap oleh members lain...
>
> Wassalan & tarema kaseh...
> Semprull ...Ki !!
>
>
- 8a.
-
File Excel tidak bisa dibuka dari Explorer
Posted by: "agung.widodo01@id.panasonic.com" agung.widodo01@id.panasonic.com aghoenx1
Fri Jun 1, 2012 6:30 pm (PDT)
Dear Be Exceler,
Di komputer saya,
File (Word bisa tapi khusus) Excel tidak bisa dibuka dengan klik 2 x di Windows Explorer
Double Klik file excel akan membuat Aplikasi Excel terbuka (menjadi Aktif) tapi file Excelnya tidak terlihat
Jika dicoba lagi tetap tidak bisa, hanya tampak bahwa aplikasi excel ganda sedang dijalankan.
Tampilan seperti dibawah
File hanya bisa dibuka dengan menu Excel Open File.
Mohon bantuan kalau sekiranya ada teman yang tahu solusinya,
Kenapa ya..?
[cid:image001.gif@01CD4098. ]0FD757B0
- 8b.
-
Re: File Excel tidak bisa dibuka dari Explorer
Posted by: "Markonah" markonatul@gmail.com m_tulqiyem
Fri Jun 1, 2012 7:17 pm (PDT)
Barangkali karena setting yg kurang pas saja.., barangkali..
Mohon dibuka Excel Option (kita gunakan contoh Excel 2007)
Klik *Office Button > Excel Options, *muncul DialoqBox Excel Option
(mbak siti bilang = sarangnya Setting)
Klik *Tab ADVANCED* >> cari *Seksi 'General'*) / Section no.3 dihitung
dari bawah
*CheckBox "Ignore Other Application that use DDE*" di set = Disabled
(hilangkan contrengannya)
[image: Inline image 1]
Mudah-mudahan cocok
CMIIW
mpok markonah,
penjual karedok di gang sebelah
2012/6/2 <agung.widodo01@id.panasonic. >com
> **
>
> Dear Be Exceler,****
>
> Di komputer saya,
>
> File (Word bisa tapi khusus) Excel tidak bisa dibuka dengan klik 2 x di
> Windows Explorer****
>
> Double Klik file excel akan membuat Aplikasi Excel terbuka (menjadi Aktif)
> tapi file Excelnya tidak terlihat****
>
> ** **
>
> Jika dicoba lagi tetap tidak bisa, hanya tampak bahwa aplikasi excel ganda
> sedang dijalankan.****
>
> Tampilan seperti dibawah****
>
> File hanya bisa dibuka dengan menu Excel Open File.
>
> ** **
>
> Mohon bantuan kalau sekiranya ada teman yang tahu solusinya,****
>
> Kenapa ya..?****
>
> ****
>
> **
>
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar