Sabtu, 09 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1641

Messages In This Digest (22 Messages)

Messages

1a.

Re: (Pagebreak Preview) Terganggu oleh nomor halaman yang selalu ter

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Fri Jun 8, 2012 2:08 am (PDT)



Itu adalah default dari Excel dan tidak bisa dihilangkan,

menurut saya hal tersebut sangat membantu user saat akan melakukan print
out, jika ingin melakukan edit data atau melakukan pemeriksaan kembali
sebaiknya gunakan normal view.

cmiiw

-dwint-

Pada 7 Juni 2012 23:59, <sin.ur4t@yahoo.com> menulis:

> Salam be-excel..
> Pada pilihan tampilan 'pagebreak preview' nomor halaman selalu terlihat..
> Page 1, Page 2, Page 3, dst... Terkadang terasa mengganggu.. Bgmn cara
> supaya itu tidak terlihat??
>
> Trims sblmnya
> Sinurat-sumut
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>
1b.

Re: (Pagebreak Preview) Terganggu oleh nomor halaman yang selalu ter

Posted by: "sin.ur4t" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Fri Jun 8, 2012 6:48 am (PDT)



Yth. Pak dwint
trims atensinya.. masalahnya data excel yg sudah tersusun dalam pagebreak preview ingin langsung ditayangkan ke dinding (layar infocus) sbg bahan presentasi. Nah, gridlines sudah dihilangkan, Namun tampilan terganggu akibat tulisan 'Page 1', 'Page 2' dst... :((

Apakah memang tidak ada cara untuk menghilangkannya?? atau ada cara lain yang mudah?? kalo harus mem-paste data excel dalam powerpoint sangat tidak efisien :)

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> wrote:
>
> Itu adalah default dari Excel dan tidak bisa dihilangkan,
>
> menurut saya hal tersebut sangat membantu user saat akan melakukan print
> out, jika ingin melakukan edit data atau melakukan pemeriksaan kembali
> sebaiknya gunakan normal view.
>
> cmiiw
>
> -dwint-
>
> Pada 7 Juni 2012 23:59, <sin.ur4t@...> menulis:
>
> > Salam be-excel..
> > Pada pilihan tampilan 'pagebreak preview' nomor halaman selalu terlihat..
> > Page 1, Page 2, Page 3, dst... Terkadang terasa mengganggu.. Bgmn cara
> > supaya itu tidak terlihat??
> >
> > Trims sblmnya
> > Sinurat-sumut
> > Powered by Telkomsel BlackBerry®
> >
> > ------------------------------------
> >
> > ----------------------------------------------------------
> > bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> > belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
> >
> > posting ke milis, kirimkan ke:
> > belajar-excel@yahoogroups.com
> >
> > berkunjung ke web milis
> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
> >
> > melihat file archive / mendownload lampiran
> > http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> > atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> > http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
> >
> > menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
> >
> > keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> > kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> > ----------------------------------------------------------Yahoo!
> > Groups Links
> >
> >
> >
> >
>

1c.

Re: (Pagebreak Preview) Terganggu oleh nomor halaman yang selalu ter

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 7:04 am (PDT)



Bagaimana jika presentasinya tetap dalam normal view ?
Hide gridlines, kurangi zoom, hide kolom dan baris diluar area yang
ditayangkan.
Misal akan menayangkan data C12:Z56, maka kolom AA sampai kolom terakhir
Excel di-hide, kemudian baris 57 sampai baris terkahir Excel di-hide.

Atau menggunakan fitur Print Preview atau fitur Page Layout view. Mungkin
juga dengan membuat View tersendiri.

Andai saja watermark page number pada pagebreak view selalu tidak ada
datanya, bisa ditutup dengan sebuah shape yang dihilang outline-nya.

Wassalam,
Kid.

2012/6/8 sin.ur4t <sin.ur4t@yahoo.com>

> **
>
>
> Yth. Pak dwint
> trims atensinya.. masalahnya data excel yg sudah tersusun dalam pagebreak
> preview ingin langsung ditayangkan ke dinding (layar infocus) sbg bahan
> presentasi. Nah, gridlines sudah dihilangkan, Namun tampilan terganggu
> akibat tulisan 'Page 1', 'Page 2' dst... :((
>
> Apakah memang tidak ada cara untuk menghilangkannya?? atau ada cara lain
> yang mudah?? kalo harus mem-paste data excel dalam powerpoint sangat tidak
> efisien :)
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...>
> wrote:
> >
> > Itu adalah default dari Excel dan tidak bisa dihilangkan,
> >
> > menurut saya hal tersebut sangat membantu user saat akan melakukan print
> > out, jika ingin melakukan edit data atau melakukan pemeriksaan kembali
> > sebaiknya gunakan normal view.
> >
> > cmiiw
> >
> > -dwint-
> >
> > Pada 7 Juni 2012 23:59, <sin.ur4t@...> menulis:
>
> >
> > > Salam be-excel..
> > > Pada pilihan tampilan 'pagebreak preview' nomor halaman selalu
> terlihat..
> > > Page 1, Page 2, Page 3, dst... Terkadang terasa mengganggu.. Bgmn cara
> > > supaya itu tidak terlihat??
> > >
> > > Trims sblmnya
> > > Sinurat-sumut
> > > Powered by Telkomsel BlackBerry®
> > >
>
2a.

conditional formating untuk chart

Posted by: "tuti andrayani" andrayani_lee@yahoo.co.id   andrayani_lee

Fri Jun 8, 2012 3:08 am (PDT)



Dear All,
 
Please share, bagaimana cara conditional formating untuk chart
Misal kita punya data penjualan 30 area, untuk itu kita membuat chart nya, bagaimana caranya jika ingin memberi warna berbeda untuk 5 area dengan penjualan tertinggi secara otomatis
Terimakasih
 
Tuti
2b.

Re: conditional formating untuk chart

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Fri Jun 8, 2012 7:14 am (PDT)



Coba pelajari file terlampir, jika cocok selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

>semoga bermanfaat

________________________________
From: tuti andrayani <andrayani_lee@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, June 8, 2012 2:57 PM
Subject: [belajar-excel] conditional formating untuk chart


 
Dear All,
 
Please share, bagaimana cara conditional formating untuk chart
Misal kita punya data penjualan 30 area, untuk itu kita membuat chart nya, bagaimana caranya jika ingin memberi warna berbeda untuk 5 area dengan penjualan tertinggi secara otomatis
Terimakasih
 
Tuti
 
3a.

Persentasi sama

Posted by: "lapendosol opik" lapendosol@yahoo.com   lapendosol

Fri Jun 8, 2012 5:29 am (PDT)



Terlampir contoh kasus saya.
Saya ingin memberi resume/kesimpulan dengan nilai tertinggi. Pertanyaan, jika terjadi kesamaan nilai maka saya memberi kondisi tertentu

Mohon pencerahannya para senior2 excel
Trimakasih
3b.

Re: Persentasi sama

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 6:30 am (PDT)



Mungkin dengan fungsi IF bisa diperoleh apa yang diinginkan.
Untuk kasus ini, file terlampir mencoba dengan cara yang lebih rumit
daripada menggunakan fungsi IF.
Harapannya, dalam kerumitan tersebut akan tampak kesederhanaan konsep
dengan menyusun tabel referensi multi kondisi yang berdasar kombinasi
interval kelas suatu nilai.

Wassalam,
Kid.

2012/6/8 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Terlampir contoh kasus saya.
> Saya ingin memberi resume/kesimpulan dengan nilai tertinggi. Pertanyaan,
> jika terjadi kesamaan nilai maka saya memberi kondisi tertentu
>
> Mohon pencerahannya para senior2 excel
> Trimakasih
>
>
>
>
3c.

Re: Persentasi sama

Posted by: "lapendosol opik" lapendosol@yahoo.com   lapendosol

Fri Jun 8, 2012 7:21 am (PDT)



Wah iya lebih rumit sekali banget. Tapi malah jadi bisa nentuin beberapa kondisi
Sebelumnya trimakasih banyak, saya akan coba aplikasikan.
@Kid Mr. bisa bantu selesaikan pertanyaan saya sebelumnya tidak?
[belajar-excel] Membuat auto resize baris

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 8, 2012 8:30 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Persentasi sama


 
Mungkin dengan fungsi IF bisa diperoleh apa yang diinginkan.
Untuk kasus ini, file terlampir mencoba dengan cara yang lebih rumit daripada menggunakan fungsi IF.
Harapannya, dalam kerumitan tersebut akan tampak kesederhanaan konsep dengan menyusun tabel referensi multi kondisi yang berdasar kombinasi interval kelas suatu nilai.

Wassalam,
Kid.

2012/6/8 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>


>Terlampir contoh kasus saya.
>Saya ingin memberi resume/kesimpulan dengan nilai tertinggi. Pertanyaan, jika terjadi kesamaan nilai maka saya memberi kondisi tertentu
>
>
>Mohon pencerahannya para senior2 excel
>Trimakasih
>
>

4a.

Re: Membuat auto resize baris

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 9:32 am (PDT)



Untuk cells yang di merge, rasanya harus dibantu VBA dalam menentukan
jumlah baris maupun kolom yang harus di-merge.
Bagaimana jika memanfaatkan object control textbox saja (activex control).
Hal inipun akan dibatasi bahwa lebar object adalah tetap, tetapi tinggi
object relatif dinamis.
Insert sebuah activex textbox, atur lebarnya sesuai kebutuhan. Klik kanan
object dan pilih properties, lalu atur properti berikut :
>> WordWrap -> TRUE
>> MultiLine -> TRUE
>> LinkedCells -> isi dengan alamat cell teks (misal teks adalah hasil
formula di sebuah cell yang tidak di merge)
>> AutoSize -> TRUE

Kemudian coba ubah isi teks di cell yang di linkedcells.

Wassalam,
Kid.

2012/6/7 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Mohon bantuannya sekali lagi
> Saya pengen buat lembar kesimpulan, dimana isi kesimpulan tersebut kadang
> sedikit tulisan, kadang banyak tulisan.
> Kira2 bisa ga kalo sebuah baris dibuat auto resize melebar kebawah?
> File terlampir untuk mempermudah penjelasan dari pertanyaan saya
> trimakasih sebelumnya
>
>
>
>
4b.

Re: Membuat auto resize baris

Posted by: "lapendosol opik" lapendosol@yahoo.com   lapendosol

Fri Jun 8, 2012 11:37 am (PDT)



Waduh mas bro, ampun dulu. Ilmu saya belum sampe VBA dll. Object Control Textbox atau Activex Textbox saja saya ga tau itu apa, bahkan ga tau itu adanya dimana. Sementara ini saya pakai merge cell aja, dimana saya atur lebarnya sesuai tulisan terbanyak, jika tulisannya berubah jadi sedikit ya dampaknya jadi ada space yang kosong pada merge cellnya. Saya baru belajar excel, masih pemula banget. Mau belajar step by step jadi malu karena masih cetek banget saya. Atau kalo ada yang mau berteman dengan YM saya, biar saya bisa belajar sedikit-sedikit dari kalian para master n suhu excel :'(
Tapi terimakasih banyak buat jawabannya mas master Kid Mr.
Wassalam,
Lapen

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 8, 2012 11:31 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat auto resize baris


 
Untuk cells yang di merge, rasanya harus dibantu VBA dalam menentukan jumlah baris maupun kolom yang harus di-merge.
Bagaimana jika memanfaatkan object control textbox saja (activex control).
Hal inipun akan dibatasi bahwa lebar object adalah tetap, tetapi tinggi object relatif dinamis.
Insert sebuah activex textbox, atur lebarnya sesuai kebutuhan. Klik kanan object dan pilih properties, lalu atur properti berikut :
>> WordWrap -> TRUE
>> MultiLine -> TRUE
>> LinkedCells -> isi dengan alamat cell teks (misal teks adalah hasil formula di sebuah cell yang tidak di merge)
>> AutoSize -> TRUE

Kemudian coba ubah isi teks di cell yang di linkedcells.

Wassalam,
Kid.

2012/6/7 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>


>Mohon bantuannya sekali lagi
>Saya pengen buat lembar kesimpulan, dimana isi kesimpulan tersebut kadang sedikit tulisan, kadang banyak tulisan.
>Kira2 bisa ga kalo sebuah baris dibuat auto resize melebar kebawah?
>File terlampir untuk mempermudah penjelasan dari pertanyaan saya
>trimakasih sebelumnya
>

4c.

Re: Membuat auto resize baris

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 11:48 am (PDT)



Asumsi Anda menggunakan xl2007.

Coba lihat di daftar ribbon (menu), ada yang bernama Developer atau tidak ?
(mulai dari Home kekanan dst)
Jika tidak ada,
>> ke Excel Option (pojok kiri atas bunder di klik, lihat pojok kanan bawah
dialog yang muncul, klik Excel Option)
>> lihat daftar Page (frame kiri), pilih Popular (klik Popular)
>> lihat di lembar kanannya, ada bagian berbunyi Top options bla-bla, dan
lihat item di bagian tersebut
>> ada item bertuliskan Show Developer bla-bla
>> centang item tersebut (Show developer bla-bla)
>> tekan OK sampai masuk worksheet lagi
>> lihat daftar ribbon (mulai Home kekanan terus), mestinya ada ribbon
Developer

Jika sudah ada ribbon developer, (ribbon ini isinya tentang fasilitas
otomasi)
>> klik ribbon developer, akan muncul daftar fitur (menu) yang bisa
digunakan
>> lihat grup Control (kotak kedua dari kiri yang berisi beberapa icon
toolbox)
>> klik tombol icon Insert (akan tampak ada 2 grup, yaitu Form control dan
ActiveX Control)
>> gerakkan mouse menunjuk setiap item di grup ActiveX control
>> kalau ketemu TextBox, klik icon tersebut
>> arahkan mouse ke worksheet, lalu klik dan jangan dilepaskan
>> gambar sebuah kotak
>> sampai sini, sebuah control object activex textbox telah ter-insert
dalam worksheet

ikuti langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Cobalah tanya mbah Google, ndak perlu bawa sajen, cukup tulis controls in
Excel, lalu pilih yang disukai dan baca. Jangan hanya pilih satu atau dua,
pilih dan baca dari banyak tempat supaya bisa utuh.

Wassalam,
Kid.

2012/6/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Waduh mas bro, ampun dulu. Ilmu saya belum sampe VBA dll. Object Control
> Textbox atau Activex Textbox saja saya ga tau itu apa, bahkan ga tau itu
> adanya dimana. Sementara ini saya pakai merge cell aja, dimana saya atur
> lebarnya sesuai tulisan terbanyak, jika tulisannya berubah jadi sedikit ya
> dampaknya jadi ada space yang kosong pada merge cellnya. Saya baru belajar
> excel, masih pemula banget. Mau belajar step by step jadi malu karena masih
> cetek banget saya. Atau kalo ada yang mau berteman dengan YM saya, biar
> saya bisa belajar sedikit-sedikit dari kalian para master n suhu excel :'(
> Tapi terimakasih banyak buat jawabannya mas master Kid Mr.
> Wassalam,
> Lapen
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, June 8, 2012 11:31 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Membuat auto resize baris
>
>
> Untuk cells yang di merge, rasanya harus dibantu VBA dalam menentukan
> jumlah baris maupun kolom yang harus di-merge.
> Bagaimana jika memanfaatkan object control textbox saja (activex control).
> Hal inipun akan dibatasi bahwa lebar object adalah tetap, tetapi tinggi
> object relatif dinamis.
> Insert sebuah activex textbox, atur lebarnya sesuai kebutuhan. Klik kanan
> object dan pilih properties, lalu atur properti berikut :
> >> WordWrap -> TRUE
> >> MultiLine -> TRUE
> >> LinkedCells -> isi dengan alamat cell teks (misal teks adalah hasil
> formula di sebuah cell yang tidak di merge)
> >> AutoSize -> TRUE
>
> Kemudian coba ubah isi teks di cell yang di linkedcells.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
4d.

Re: Membuat auto resize baris

Posted by: "lapendosol opik" lapendosol@yahoo.com   lapendosol

Fri Jun 8, 2012 11:59 am (PDT)



Saya pakai 2007. Udah nongol mas bro, abis nyari di mbah google activex textbox, ternyata ada ribbon developer. Sekarang udah nongol developernya. Ini langkah2nya sudah saya ikutin mas bro. Baru bikin 1 textbox, nantinya mau ada 4 textbox disusun tumpuk-tumpuk, dimana masing2 isinya kadang dikit kadang banyak. Ukuran textboxnya biar bisa autosize sesuai isi tulisan.
Trimakasih sekali lagiiiii (hug)

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, June 9, 2012 1:48 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat auto resize baris


 
Asumsi Anda menggunakan xl2007.

Coba lihat di daftar ribbon (menu), ada yang bernama Developer atau tidak ? (mulai dari Home kekanan dst)
Jika tidak ada,
>> ke Excel Option (pojok kiri atas bunder di klik, lihat pojok kanan bawah dialog yang muncul, klik Excel Option)
>> lihat daftar Page (frame kiri), pilih Popular (klik Popular)
>> lihat di lembar kanannya, ada bagian berbunyi Top options bla-bla, dan lihat item di bagian tersebut
>> ada item bertuliskan Show Developer bla-bla
>> centang item tersebut (Show developer bla-bla)
>> tekan OK sampai masuk worksheet lagi
>> lihat daftar ribbon (mulai Home kekanan terus), mestinya ada ribbon Developer

Jika sudah ada ribbon developer, (ribbon ini isinya tentang fasilitas otomasi)
>> klik ribbon developer, akan muncul daftar fitur (menu) yang bisa digunakan
>> lihat grup Control (kotak kedua dari kiri yang berisi beberapa icon toolbox)
>> klik tombol icon Insert (akan tampak ada 2 grup, yaitu Form control dan ActiveX Control)
>> gerakkan mouse menunjuk setiap item di grup ActiveX control
>> kalau ketemu TextBox, klik icon tersebut
>> arahkan mouse ke worksheet, lalu klik dan jangan dilepaskan
>> gambar sebuah kotak
>> sampai sini, sebuah control object activex textbox telah ter-insert dalam worksheet

ikuti langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Cobalah tanya mbah Google, ndak perlu bawa sajen, cukup tulis controls in Excel, lalu pilih yang disukai dan baca. Jangan hanya pilih satu atau dua, pilih dan baca dari banyak tempat supaya bisa utuh.

Wassalam,
Kid.

2012/6/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>


>Waduh mas bro, ampun dulu. Ilmu saya belum sampe VBA dll. Object Control Textbox atau Activex Textbox saja saya ga tau itu apa, bahkan ga tau itu adanya dimana. Sementara ini saya pakai merge cell aja, dimana saya atur lebarnya sesuai tulisan terbanyak, jika tulisannya berubah jadi sedikit ya dampaknya jadi ada space yang kosong pada merge cellnya. Saya baru belajar excel, masih pemula banget. Mau belajar step by step jadi malu karena masih cetek banget saya. Atau kalo ada yang mau berteman dengan YM saya, biar saya bisa belajar sedikit-sedikit dari kalian para master n suhu excel :'(
>Tapi terimakasih banyak buat jawabannya mas master Kid Mr.
>Wassalam,
>Lapen
>
>
>
>
>________________________________
> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, June 8, 2012 11:31 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Membuat auto resize baris
>
>
>

>Untuk cells yang di merge, rasanya harus dibantu VBA dalam menentukan jumlah baris maupun kolom yang harus di-merge.
>Bagaimana jika memanfaatkan object control textbox saja (activex control).
>Hal inipun akan dibatasi bahwa lebar object adalah tetap, tetapi tinggi object relatif dinamis.
>Insert sebuah activex textbox, atur lebarnya sesuai kebutuhan. Klik kanan object dan pilih properties, lalu atur properti berikut :
>>> WordWrap -> TRUE
>>> MultiLine -> TRUE
>>> LinkedCells -> isi dengan alamat cell teks (misal teks adalah hasil formula di sebuah cell yang tidak di merge)
>>> AutoSize -> TRUE
>
>Kemudian coba ubah isi teks di cell yang di linkedcells.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>

4e.

Re: Membuat auto resize baris

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 12:18 pm (PDT)



Jadi 1 textbox bisa menampung isi 1 cell teks.
Dengan setting properti seperti yang disampaikan sebelumnya, tinggi textbox
akan menyesuaikan dengan jumlah baris kalimat yang harus dimuatnya.

Jika ingin menampilkan banyak item teks yang berjejer kekanan (misal 4 item
berbeda), buat 4 textbox jejer ke kanan, masing-masing me-linked cells ke
cell yang berlainan.

Jika ingin menampilkan banyak item teks yang berjejer kebawah, supaya ndak
pakai VBA, maka pakai 1 textbox, tetapi linkedcells ke sebuah cell yang
sudah berisi seluruh teks dari 4 item tersebut.

Misal, teks1 adalah hasil formula dan diletakkan di cell D25, teks2 di F25,
teks3 di G25, teks4 di X25,
maka buat di cell E25 sebuah formula bunyinya :
= D25 & char(10) & F25 & char(10) & G25 & char(10) & X25

kemudian textbox (yang hanya sebiji itu) di linkedcell ke cell E25.
fungsi Char(10) di formula dalam cell E25 adalah enter-nya (pindah baris).
Fungsi Char untuk mengambil karakter dengan nomor ASCII tertentu. Untuk
ASCII 10 isinya ENTER atau sering disebut CR.

Wassalam,
Kid.

2012/6/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya pakai 2007. Udah nongol mas bro, abis nyari di mbah google activex
> textbox, ternyata ada ribbon developer. Sekarang udah nongol developernya.
> Ini langkah2nya sudah saya ikutin mas bro. Baru bikin 1 textbox, nantinya
> mau ada 4 textbox disusun tumpuk-tumpuk, dimana masing2 isinya kadang dikit
> kadang banyak. Ukuran textboxnya biar bisa autosize sesuai isi tulisan.
> Trimakasih sekali lagiiiii (hug)
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, June 9, 2012 1:48 AM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Membuat auto resize baris
>
>
> Asumsi Anda menggunakan xl2007.
>
> Coba lihat di daftar ribbon (menu), ada yang bernama Developer atau tidak
> ? (mulai dari Home kekanan dst)
> Jika tidak ada,
> >> ke Excel Option (pojok kiri atas bunder di klik, lihat pojok kanan
> bawah dialog yang muncul, klik Excel Option)
> >> lihat daftar Page (frame kiri), pilih Popular (klik Popular)
> >> lihat di lembar kanannya, ada bagian berbunyi Top options bla-bla, dan
> lihat item di bagian tersebut
> >> ada item bertuliskan Show Developer bla-bla
> >> centang item tersebut (Show developer bla-bla)
> >> tekan OK sampai masuk worksheet lagi
> >> lihat daftar ribbon (mulai Home kekanan terus), mestinya ada ribbon
> Developer
>
> Jika sudah ada ribbon developer, (ribbon ini isinya tentang fasilitas
> otomasi)
> >> klik ribbon developer, akan muncul daftar fitur (menu) yang bisa
> digunakan
> >> lihat grup Control (kotak kedua dari kiri yang berisi beberapa icon
> toolbox)
> >> klik tombol icon Insert (akan tampak ada 2 grup, yaitu Form control dan
> ActiveX Control)
> >> gerakkan mouse menunjuk setiap item di grup ActiveX control
> >> kalau ketemu TextBox, klik icon tersebut
> >> arahkan mouse ke worksheet, lalu klik dan jangan dilepaskan
> >> gambar sebuah kotak
> >> sampai sini, sebuah control object activex textbox telah ter-insert
> dalam worksheet
>
> ikuti langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.
> Cobalah tanya mbah Google, ndak perlu bawa sajen, cukup tulis controls in
> Excel, lalu pilih yang disukai dan baca. Jangan hanya pilih satu atau dua,
> pilih dan baca dari banyak tempat supaya bisa utuh.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/6/9 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
> **
>
> Waduh mas bro, ampun dulu. Ilmu saya belum sampe VBA dll. Object Control
> Textbox atau Activex Textbox saja saya ga tau itu apa, bahkan ga tau itu
> adanya dimana. Sementara ini saya pakai merge cell aja, dimana saya atur
> lebarnya sesuai tulisan terbanyak, jika tulisannya berubah jadi sedikit ya
> dampaknya jadi ada space yang kosong pada merge cellnya. Saya baru belajar
> excel, masih pemula banget. Mau belajar step by step jadi malu karena masih
> cetek banget saya. Atau kalo ada yang mau berteman dengan YM saya, biar
> saya bisa belajar sedikit-sedikit dari kalian para master n suhu excel :'(
> Tapi terimakasih banyak buat jawabannya mas master Kid Mr.
> Wassalam,
> Lapen
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, June 8, 2012 11:31 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Membuat auto resize baris
>
>
> Untuk cells yang di merge, rasanya harus dibantu VBA dalam menentukan
> jumlah baris maupun kolom yang harus di-merge.
> Bagaimana jika memanfaatkan object control textbox saja (activex control).
> Hal inipun akan dibatasi bahwa lebar object adalah tetap, tetapi tinggi
> object relatif dinamis.
> Insert sebuah activex textbox, atur lebarnya sesuai kebutuhan. Klik kanan
> object dan pilih properties, lalu atur properti berikut :
> >> WordWrap -> TRUE
> >> MultiLine -> TRUE
> >> LinkedCells -> isi dengan alamat cell teks (misal teks adalah hasil
> formula di sebuah cell yang tidak di merge)
> >> AutoSize -> TRUE
>
> Kemudian coba ubah isi teks di cell yang di linkedcells.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
5a.

Re: Butuh tombol utk mencopy bbrp baris sekaligus ke sheet Rekap

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 11:03 am (PDT)



Mungkin file terlampir bisa menjadi contoh sederhana kegiatan loop.

Wassalam,
Kid.

N.B.
Mohon pada posting berikutnya, ukuran file lampiran diusahakan dengan
berbagai cara untuk bisa memenuhi batas ukuran file dalam peraturan milis,
yaitu <250KB

2012/6/7 Ahmad Zawawi <abu_abadillah@yahoo.co.uk>

> **
>
>
> Dalam file yg saya lampirkan terdapat sheet: "Form Purchase", "Rekap" &
> "Dbase"
> Di sheet "Form Purchase" yg merupakan sheet utk menginput data, terdiri
> dari bbrp baris data item yg akan dibeli yg diinput satu persatu oleh
> sebuah Combobox.
> Setelah bbrapa baris item terisi, baris2 tsb ingin saya salin menggunakan
> sebuah button yang akan mengkopi semua baris yg ada isinya ke sheet
> "Rekap".
>
> Saya baru menemukan tombol yg cuma bisa mencopy satu baris data item.
> Baris selanjutnya dg tombol terpisah. Sehingga ada tombol di setiap
> barisnya.
>
> Script tombol tsb sperti ini:
> ======script begin====
> Sub CBExport1_Click()
> Dim baris As Integer
> Dim noNota As Integer
> With Worksheets(2)
> baris = 3
> noNota = Val(Mid(Worksheets(1).Cells(8, 3), 6))
> While .Cells(baris, 2) <> ""
> If .Cells(baris, 2) = noNota Then
> MsgBox "Simpan Error, No Urut Sudah Ada", vbCritical, "^_^
> DBase"
> Exit Sub
> End If
> baris = baris + 1
> Wend
> .Cells(baris, 2) = GetNoUrut
> .Cells(baris, 3) = Date
> .Cells(baris, 4) = Worksheets(1).Cells(8, 2) '(baris,4) artinya
> kolom 4 di Dbase
> .Cells(baris, 5) = Worksheets(1).Cells(8, 1) 'Cells (8, 1)
> artinya: cell A8
> .Cells(baris, 6) = Worksheets(1).Cells(8, 8)
> .Cells(baris, 7) = Worksheets(1).Cells(8, 9)
> .Cells(baris, 8) = Worksheets(1).Cells(8, 10)
> .Cells(baris, 9) = Worksheets(1).Cells(8, 11)
> .Cells(baris, 10) = Worksheets(1).Cells(8, 12)
> .Cells(baris, 11) = Worksheets(1).Cells(20, 12)
>
> .Cells(baris, 13) = Worksheets(1).Cells(22, 12)
>
>
>
> .Cells(baris, 17) = Worksheets(1).Cells(8, 13)
> .Cells(baris, 18) = Worksheets(1).Cells(8, 14)
> .Cells(baris, 19) = Worksheets(1).Cells(3, 3)
> End With
> 'kasih border
> kasihBorder baris
> MsgBox "Data berhasil disimpan ke Database", vbInformation, "^_^
> Database"
>
> End Sub
> =====script end=====
> Pertanyaan saya, bagaimana kode utk sebuah tombol yg bisa mewakili seluruh
> tombol di setiap baris?
> Atas bantuan para master saya ucapkan terimakasih. Mohon maaf jika
> bahasanya kacau.
>
> Zawawi @ Cilegon
>
>
>
>
6a.

Re: Print Berulang pada userform

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 8, 2012 11:22 am (PDT)



Coba loop terhadap setiap item listbox. Kemudian cek nilai properti
selected di setiap item. Jika nilainya TRUE (ter-select) maka arahkan ke
proses print.
Private Sub Cetak_Click()
Dim lItem As Long

'loop setiap item dalam listbox
For lItem = 1 To DataBonIjo.ListCount
If DataBonIjo.Selected(lItem - 1) = True Then
BonIjoPrintList.Show
End If
Next lItem
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/6/8 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Selamat siang,
>
> Dear rekan2 suhu,
> Saya mau tanya, bagaimana cara untuk print berulang pada userform dengan
> referensi yang di print itu dari listbox multi select,
> Terlampir file yang saya maksud.
> Ketika baris pada listbox di pilih, kemudian di klik button print makan
> akan muncul userform baru dan userform itu akan di cetak kemudian userform
> tsb akan hide kembali, tapi ketika pada listbox itu dipilih lebih dari
> satu, maka akan mencetak pada baris yang paling terakhir saja, pertanyaan
> saya, bagaimana jika pada listbox dipilih banyak maka akan muncul userform
> kemudian cetak, muncul lagi userform kemudian cetak, dst sesuai dengan
> baris yg di pilih,
> Mohon pencerahannya,
>
> Regards,
>
> Asror
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
>
>
6b.

Re: Print Berulang pada userform

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Fri Jun 8, 2012 5:13 pm (PDT)



Dear Mr.Kid,
Terimakasih informasihnya, nanti saya coba seperti itu.
Salam,
Asror

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 9 Jun 2012 01:22:36
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Print Berulang pada userform

Coba loop terhadap setiap item listbox. Kemudian cek nilai properti
selected di setiap item. Jika nilainya TRUE (ter-select) maka arahkan ke
proses print.
Private Sub Cetak_Click()
Dim lItem As Long

'loop setiap item dalam listbox
For lItem = 1 To DataBonIjo.ListCount
If DataBonIjo.Selected(lItem - 1) = True Then
BonIjoPrintList.Show
End If
Next lItem
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/6/8 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Selamat siang,
>
> Dear rekan2 suhu,
> Saya mau tanya, bagaimana cara untuk print berulang pada userform dengan
> referensi yang di print itu dari listbox multi select,
> Terlampir file yang saya maksud.
> Ketika baris pada listbox di pilih, kemudian di klik button print makan
> akan muncul userform baru dan userform itu akan di cetak kemudian userform
> tsb akan hide kembali, tapi ketika pada listbox itu dipilih lebih dari
> satu, maka akan mencetak pada baris yang paling terakhir saja, pertanyaan
> saya, bagaimana jika pada listbox dipilih banyak maka akan muncul userform
> kemudian cetak, muncul lagi userform kemudian cetak, dst sesuai dengan
> baris yg di pilih,
> Mohon pencerahannya,
>
> Regards,
>
> Asror
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
>
>

6c.

Re: Print Berulang pada userform

Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar@yahoo.co.id   aliif.akbar

Sat Jun 9, 2012 12:27 am (PDT)



Dear Mr.Kid,

Terimakasih.
Problem solved.
Terimakasih.

Asr

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 9 Jun 2012 01:22:36
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Print Berulang pada userform

Coba loop terhadap setiap item listbox. Kemudian cek nilai properti
selected di setiap item. Jika nilainya TRUE (ter-select) maka arahkan ke
proses print.
Private Sub Cetak_Click()
Dim lItem As Long

'loop setiap item dalam listbox
For lItem = 1 To DataBonIjo.ListCount
If DataBonIjo.Selected(lItem - 1) = True Then
BonIjoPrintList.Show
End If
Next lItem
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/6/8 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Selamat siang,
>
> Dear rekan2 suhu,
> Saya mau tanya, bagaimana cara untuk print berulang pada userform dengan
> referensi yang di print itu dari listbox multi select,
> Terlampir file yang saya maksud.
> Ketika baris pada listbox di pilih, kemudian di klik button print makan
> akan muncul userform baru dan userform itu akan di cetak kemudian userform
> tsb akan hide kembali, tapi ketika pada listbox itu dipilih lebih dari
> satu, maka akan mencetak pada baris yang paling terakhir saja, pertanyaan
> saya, bagaimana jika pada listbox dipilih banyak maka akan muncul userform
> kemudian cetak, muncul lagi userform kemudian cetak, dst sesuai dengan
> baris yg di pilih,
> Mohon pencerahannya,
>
> Regards,
>
> Asror
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
>
>

7a.

mengurutkan data duplikat

Posted by: "Ephi Lintau" ephi.lintau@gmail.com   yang_jaga

Fri Jun 8, 2012 6:40 pm (PDT)



mhn bantuan teman2 nih...
bagaimana cara mengurutkan data yg duplikat berdasarkan banyaknya tingkat duplikat. misalnya :
data
A
A
A
B
B
B
B
C
C
..., menjadi
C
C
A
A
A
B
B
B
B

atas bantuannya diucapkan terima kasih.

salam
Ephi

7b.

Re: mengurutkan data duplikat

Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id   bagus4bls

Fri Jun 8, 2012 9:17 pm (PDT)



Dear Ephi;

Lampiran berikut semoga sesuai harapan.

Pakai kolom bantu array formula sekolom

Bagus


Sent from my Taxiphone®

----- Original Message -----
From: Ephi Lintau
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, June 09, 2012 8:35 AM
Subject: [belajar-excel] mengurutkan data duplikat

mhn bantuan teman2 nih...
bagaimana cara mengurutkan data yg duplikat berdasarkan banyaknya tingkat duplikat. misalnya :
data
A
A
A
B
B
B
B
C
C
..., menjadi
C
C
A
A
A
B
B
B
B

atas bantuannya diucapkan terima kasih.

salam
Ephi

8a.

Mengambil nama "RW xx"

Posted by: "harbudiman@gmail.com" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Fri Jun 8, 2012 9:16 pm (PDT)



Selamat siang semuanya,
Saya ada kesulitan dalam menfilter berdasarkan kriteria RW saja, misal jl bantar gebang setu, dukuh zamrud di satu kolom hanya diambil RW nya saja..jd saya bisa filter RW 03 RW 04 dst secara berurutan

Mohon bantuan juragan master...
Terima kasiha atas bantuannya..

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
8b.

Re: Mengambil nama "RW xx"

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Fri Jun 8, 2012 9:31 pm (PDT)



Coba tambahkan 1 kolom di akhir data sebagai kolom bantu, masukan formula
berikut:

=Mid(J4;Find("RW";J4;1);5)

setelah itu untuk mengurutkan bisa menggunakan filter atau sort bawaan dari
Excel

wassalam,

-dwint-

Pada 9 Juni 2012 11:16, <harbudiman@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Selamat siang semuanya,
> Saya ada kesulitan dalam menfilter berdasarkan kriteria RW saja, misal jl
> bantar gebang setu, dukuh zamrud di satu kolom hanya diambil RW nya
> saja..jd saya bisa filter RW 03 RW 04 dst secara berurutan
>
> Mohon bantuan juragan master...
> Terima kasiha atas bantuannya..
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
>
8c.

Re: Mengambil nama "RW xx"

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Fri Jun 8, 2012 10:03 pm (PDT)



Jawaban terlampir menggunakn Macro (jangan lupa aktifkan Macronya).
Untuk menyaring cukup isi RW .. (.. adalah no RW) pada sel J1.

Selamat mecoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

NB:
Macronya saya modifikasi dari salah satu buku

________________________________
From: "harbudiman@gmail.com" <harbudiman@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 9 June 2012, 11:16
Subject: [belajar-excel] Mengambil nama "RW xx"


 
Selamat siang semuanya,
Saya ada kesulitan dalam menfilter berdasarkan kriteria RW saja, misal jl bantar gebang setu, dukuh zamrud di satu kolom hanya diambil RW nya saja..jd saya bisa filter RW 03 RW 04 dst secara berurutan

Mohon bantuan juragan master...
Terima kasiha atas bantuannya..

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar