15 New Messages
Digest #1805
5b
Re: {Disarmed} Re: {Disarmed} Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Mengh by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Messages
Mon Sep 24, 2012 7:08 pm (PDT) . Posted by:
"cepwahyu" juragan_75
Hallo Mr Kid,
Terimakasih banyak atas sambutanya yg luar biasa hangat dan terimakasih
banyak juga atas jawabanya yang sangat jelas dan tepat sasaran.
Semoga ilmu anda semakin melimpah dengan semangat anda yg luar biasa untuk
berbagi ilmu.
Best Regards
CW
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: 24 September 2012 23:24
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Input otomatis ke sheet yg berbeda
Halo Pak Cecep,
Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
Semoga Pak Cecep bisa menambah nuansa warna kehidupan yang ada dalam milis
Belajar-Excel.
Kasus ini adalah penjumlahan dengan multi kriteria.
Kasus seperti ini umumnya dapat diselesaikan dengan fungsi SumProduct atau
array formula Sum.
File terlampir menggunakan fungsi SumProduct.
Wassalam,
Kid.
2012/9/24 cecep <cepwahyu@gmail.com >
Hallo BeExceller,
Saya anggota baru dimilis ini dan saya liat milis ini sangat hidup.
Saya mau langsung bertanya bertanya saja deh.bagaimana supaya hasil produksi
dari masing2 clone untuk angka pada row "del" pada kolom "Prod" masuk secara
otomatis ke sheet "DELIVERY" pada "row" total dengan "Clone" yg sama dengan
yg ada di Sheet "PRODUCTION" dan nilainya masuk pada week sesuai angka pada
kolom "Age to Deliver"?
Contoh :
LLM01 kolom wk31 maka angkanya secara otomatis ter-input ke sheet Delivery
pada row total 4324 di kolom wk34. Age to Deliver Clone ini adalah 3
Contoh detailnya terlampir
Sebagai catatan: saya pake Office 2010
Regards
CW
Terimakasih banyak atas sambutanya yg luar biasa hangat dan terimakasih
banyak juga atas jawabanya yang sangat jelas dan tepat sasaran.
Semoga ilmu anda semakin melimpah dengan semangat anda yg luar biasa untuk
berbagi ilmu.
Best Regards
CW
From: belajar-excel@
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: 24 September 2012 23:24
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Input otomatis ke sheet yg berbeda
Halo Pak Cecep,
Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
Semoga Pak Cecep bisa menambah nuansa warna kehidupan yang ada dalam milis
Belajar-Excel.
Kasus ini adalah penjumlahan dengan multi kriteria.
Kasus seperti ini umumnya dapat diselesaikan dengan fungsi SumProduct atau
array formula Sum.
File terlampir menggunakan fungsi SumProduct.
Wassalam,
Kid.
2012/9/24 cecep <cepwahyu@gmail.
Hallo BeExceller,
Saya anggota baru dimilis ini dan saya liat milis ini sangat hidup.
Saya mau langsung bertanya bertanya saja deh.bagaimana supaya hasil produksi
dari masing2 clone untuk angka pada row "del" pada kolom "Prod" masuk secara
otomatis ke sheet "DELIVERY" pada "row" total dengan "Clone" yg sama dengan
yg ada di Sheet "PRODUCTION" dan nilainya masuk pada week sesuai angka pada
kolom "Age to Deliver"?
Contoh :
LLM01 kolom wk31 maka angkanya secara otomatis ter-input ke sheet Delivery
pada row total 4324 di kolom wk34. Age to Deliver Clone ini adalah 3
Contoh detailnya terlampir
Sebagai catatan: saya pake Office 2010
Regards
CW
Mon Sep 24, 2012 9:59 pm (PDT) . Posted by:
"cepwahyu" juragan_75
Hallo Mr Kid,
Setelah saya coba terapkan kok tidak berhasil ya...apa yang salah ya?
Data terlampir
Best Regards
CW
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: 24 September 2012 23:24
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Input otomatis ke sheet yg berbeda
Halo Pak Cecep,
Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
Semoga Pak Cecep bisa menambah nuansa warna kehidupan yang ada dalam milis
Belajar-Excel.
Kasus ini adalah penjumlahan dengan multi kriteria.
Kasus seperti ini umumnya dapat diselesaikan dengan fungsi SumProduct atau
array formula Sum.
File terlampir menggunakan fungsi SumProduct.
Wassalam,
Kid.
2012/9/24 cecep <cepwahyu@gmail.com >
Hallo BeExceller,
Saya anggota baru dimilis ini dan saya liat milis ini sangat hidup.
Saya mau langsung bertanya bertanya saja deh.bagaimana supaya hasil produksi
dari masing2 clone untuk angka pada row "del" pada kolom "Prod" masuk secara
otomatis ke sheet "DELIVERY" pada "row" total dengan "Clone" yg sama dengan
yg ada di Sheet "PRODUCTION" dan nilainya masuk pada week sesuai angka pada
kolom "Age to Deliver"?
Contoh :
LLM01 kolom wk31 maka angkanya secara otomatis ter-input ke sheet Delivery
pada row total 4324 di kolom wk34. Age to Deliver Clone ini adalah 3
Contoh detailnya terlampir
Sebagai catatan: saya pake Office 2010
Regards
CW
Setelah saya coba terapkan kok tidak berhasil ya...apa yang salah ya?
Data terlampir
Best Regards
CW
From: belajar-excel@
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: 24 September 2012 23:24
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Input otomatis ke sheet yg berbeda
Halo Pak Cecep,
Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
Semoga Pak Cecep bisa menambah nuansa warna kehidupan yang ada dalam milis
Belajar-Excel.
Kasus ini adalah penjumlahan dengan multi kriteria.
Kasus seperti ini umumnya dapat diselesaikan dengan fungsi SumProduct atau
array formula Sum.
File terlampir menggunakan fungsi SumProduct.
Wassalam,
Kid.
2012/9/24 cecep <cepwahyu@gmail.
Hallo BeExceller,
Saya anggota baru dimilis ini dan saya liat milis ini sangat hidup.
Saya mau langsung bertanya bertanya saja deh.bagaimana supaya hasil produksi
dari masing2 clone untuk angka pada row "del" pada kolom "Prod" masuk secara
otomatis ke sheet "DELIVERY" pada "row" total dengan "Clone" yg sama dengan
yg ada di Sheet "PRODUCTION" dan nilainya masuk pada week sesuai angka pada
kolom "Age to Deliver"?
Contoh :
LLM01 kolom wk31 maka angkanya secara otomatis ter-input ke sheet Delivery
pada row total 4324 di kolom wk34. Age to Deliver Clone ini adalah 3
Contoh detailnya terlampir
Sebagai catatan: saya pake Office 2010
Regards
CW
Mon Sep 24, 2012 10:24 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Pak Wahyu,
Berikut formula dalam file Anda : (cell AF7 sheet delivery)
=SUMPRODUCT( (*PRODUCTION!$A$6:$B$167*=$B7)
* (*PRODUCTION!$F$6:$F$167*="del")
* (*
PRODUCTION!$AO$3:$BJ$3+PRODUCTION!$D$6:$D$167*=AF$5)
* *PRODUCTION!$AO$6:$AU$17*
)
Pada formula Anda :
1. *Pink *merujuk 2 kolom dan dikalikan dengan yang *biru*, yang hanya 1
kolom, sehingga *menghasilkan 2 kolom*. Keduanya memiliki baris yang sama.
2. Rujukan baris data sama dengan jumlah baris yang sama juga, yang bisa
jadi tidak sesuai dengan bunyi kriterianya maupun nilai yang harus di-sum.
Berikut formula contoh dalam lampiran yang lalu :
=SUMPRODUCT( (*prod!$A$4:$A$16*=$B5)
* (*prod!$D$5:$D$17*="del")
* (*prod!$O$1:$W$1+prod!$C$4:$C$16*=M$2)
* * prod!$O$5:$W$17*
)
Pada formula contoh :
1. *Pink *hanya merujuk 1 kolom karena akan dikalikan dengan yang *biru*,
yang juga 1 kolom, sehingga *menghasilkan 1 kolom*. Keduanya memiliki baris
yang sama.
2. Rujukan baris data berbeda-beda tergantung isi nilai yang akan menjadi
kriteria dan yang akan dikalkulasi, tetapi semuanya memiliki jumlah baris
yang sama
Jika ada kriteria yang membutuhkan pemerikasaan terhadap 2 kolom, seperti
bagian *PRODUCTION!$A$6:$B$167* dari formula Anda, maka pisahkan keduanya
menjadi 2 kriteria yang terhubung dengan operator OR yang setara dengan
penjumlahan (+), seperti :
*(* (*PRODUCTION!$A$6:$A$167*=$B7) *+* (*PRODUCTION!$B$6:$B$167*=$B7)
*)*
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 cepwahyu <cepwahyu@gmail.com >
> **
>
>
> Hallo Mr Kid,****
>
> ** **
>
> Setelah saya coba terapkan kok tidak berhasil ya...apa yang salah ya?****
>
> ** **
>
> Data terlampir****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> Best Regards****
>
> *CW*
>
> ** **
>
>
Berikut formula dalam file Anda : (cell AF7 sheet delivery)
=SUMPRODUCT( (*PRODUCTION!
* (*PRODUCTION!
* (*
PRODUCTION!$
* *PRODUCTION!
)
Pada formula Anda :
1. *Pink *merujuk 2 kolom dan dikalikan dengan yang *biru*, yang hanya 1
kolom, sehingga *menghasilkan 2 kolom*. Keduanya memiliki baris yang sama.
2. Rujukan baris data sama dengan jumlah baris yang sama juga, yang bisa
jadi tidak sesuai dengan bunyi kriterianya maupun nilai yang harus di-sum.
Berikut formula contoh dalam lampiran yang lalu :
=SUMPRODUCT( (*prod!$A$4:
* (*prod!$D$5:
* (*prod!$O$1:
* * prod!$O$5:$W$
)
Pada formula contoh :
1. *Pink *hanya merujuk 1 kolom karena akan dikalikan dengan yang *biru*,
yang juga 1 kolom, sehingga *menghasilkan 1 kolom*. Keduanya memiliki baris
yang sama.
2. Rujukan baris data berbeda-beda tergantung isi nilai yang akan menjadi
kriteria dan yang akan dikalkulasi, tetapi semuanya memiliki jumlah baris
yang sama
Jika ada kriteria yang membutuhkan pemerikasaan terhadap 2 kolom, seperti
bagian *PRODUCTION!
menjadi 2 kriteria yang terhubung dengan operator OR yang setara dengan
penjumlahan (+), seperti :
*(* (*PRODUCTION!
*)*
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 cepwahyu <cepwahyu@gmail.
> **
>
>
> Hallo Mr Kid,****
>
> ** **
>
> Setelah saya coba terapkan kok tidak berhasil ya...apa yang salah ya?****
>
> ** **
>
> Data terlampir***
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> Best Regards****
>
> *CW*
>
> ** **
>
>
Tue Sep 25, 2012 12:32 am (PDT) . Posted by:
"Goro Gituloh" goro_lennon
Teman - teman,
Kalau ada kasus seperti terlampir di attachment, bagaimana jika setiap kita input sesuatu menurut karakteristiknya di sheet "Database", akan langsung otomatis tersusun di sheet "Perhitungan" beserta kriteria - kriteria nya?
Bisa tidak solusinya tanpa makro?
Thanks.
Kalau ada kasus seperti terlampir di attachment, bagaimana jika setiap kita input sesuatu menurut karakteristiknya di sheet "Database", akan langsung otomatis tersusun di sheet "Perhitungan" beserta kriteria - kriteria nya?
Bisa tidak solusinya tanpa makro?
Thanks.
Tue Sep 25, 2012 3:50 am (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Dear Gituloh;
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
----- Original Message -----
From: Goro Gituloh
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 25, 2012 2:32 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Input otomatis ke sheet yg berbeda
Teman - teman,
Kalau ada kasus seperti terlampir di attachment, bagaimana jika setiap kita input sesuatu menurut karakteristiknya di sheet "Database", akan langsung otomatis tersusun di sheet "Perhitungan" beserta kriteria - kriteria nya?
Bisa tidak solusinya tanpa makro?
Thanks.
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
----- Original Message -----
From: Goro Gituloh
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, September 25, 2012 2:32 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Input otomatis ke sheet yg berbeda
Teman - teman,
Kalau ada kasus seperti terlampir di attachment, bagaimana jika setiap kita input sesuatu menurut karakteristiknya di sheet "Database", akan langsung otomatis tersusun di sheet "Perhitungan" beserta kriteria - kriteria nya?
Bisa tidak solusinya tanpa makro?
Thanks.
Mon Sep 24, 2012 8:19 pm (PDT) . Posted by:
"Yvonne"
Maaf kalo saya jadi OOT...
Maaf juga saya tidak mengikuti perkembangan exceller disini beberapa lama tp kenapa mba siti menggunakan alm? ada apa dgn beliau?
mohon informasinya.
sori kalo lwt jalum
tq
--- Mods ---
http://tech.
Subject asli :
{Disarmed} Re: [belajar-excel] pop up reminder
(diubah agar menjadi satu thread)
------------
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@
Sent: Monday, September 24, 2012 8:09 PM
Subject: Re: [belajar-excel] pop up reminder
Jika reminder harus muncul didesktop tanpa membuka Excel, coba pelajar task scheduler dari windows
Jika reminder muncul di excel karena file berisi daftar yang harus diremainderkan tersebut dibuka,
coba link yang diajukan oleh mas Pupung. Sepertinya juga bisa digunakan untuk kasus ini.
Berikut kutipannya :
2012/9/24 aji mumpung <pupung1986@gmail.
hai tuti..
coba intip lagi arsip millis ini.. hal ini dulu sudah pernah dibahas secara tuntas oleh 2 orang master Excel yaitu mbak siti (alm) dan mr. kid.
salah satu threadnya bisa dilihat di sini http://tech.
dan contoh filenya buatan (alm) mbak siti bisa diunduh di sini https://www.
wassalam,
-aji mumpung-
------------
2012/9/24 I.M Robie <im_robie@yahoo.
Pertama saya ucapkan terima kasih sudah diberikan kesempatan bergabung dengan millis ini.
Kedua, saya ingin menanyakan mengenai pop up reminder, rencananya saya ingin membuat reminder jatuh tempo asuransi. Jadi selama seminggu sebelum jatuh tempo pop up tersebut terus muncul sampai perpanjangan asuransi dilakukan. Mohon maaf apabila ini sudah dibahas sebelumnya.
Mohon petunjuk.
Thanks
Imam
Mon Sep 24, 2012 9:27 pm (PDT) . Posted by:
"heru mulyono"
Yth para master Excel
Saya mempunyai data seperti terlampir (terdiri 867 data) kemudian data
tersebut akan saya ubah seperti pada sheet Hasil,
kalau saya kopi satu persatu terlalu lama dan kemungkinan ada kesalahan.
adakah rumus utk mengatasinya.
demikian mohon pencerahannya.
terima kasih
Saya mempunyai data seperti terlampir (terdiri 867 data) kemudian data
tersebut akan saya ubah seperti pada sheet Hasil,
kalau saya kopi satu persatu terlalu lama dan kemungkinan ada kesalahan.
adakah rumus utk mengatasinya.
demikian mohon pencerahannya.
terima kasih
Mon Sep 24, 2012 9:41 pm (PDT) . Posted by:
"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom
bisa pakai vlookup aja bro...
contohnya saya lampirkan ya
contohnya saya lampirkan ya
Mon Sep 24, 2012 10:01 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Pak Heru Yth,
File terlampir memiliki syarat :
>> Setiap blok (mulai dari No sampai nilai isian terakhir sebuah blok)
harus dikelilingi cell kosong.
Langkah pembuatan template (1 blok data) :
1. Insert kolom kosong di kolom A (klik kolom A Excel, klik kanan, pilih
insert)
-> Sekarang blok data pertama ada di B2 sampai C7
2. Menyusun formula NO (cukup buat di cell C2)
=COUNTIF(B$2:B2,$B$2)+COUNTIF($A:A,$B$2)
3. Menyusun array formula dalam blok array untuk field yang lain (cukup
buat di C3 sampai C7)
-> A. blok cell C3 sampai C7
-> B. tulis formula berikut : (*jangan tekan ENTER*)
=IFERROR(VLOOKUP(C2,'Data Awal'!$A$4:$F$10,ROW('Hasil
'!B3:B7)-ROW('Hasil '!B2)+1,0),"")
-> C. tekan 3 tombol berikut inoi bersamaan :
CTRL SHIFT ENTER
Cara meng-copy sebuah blok data ke tempat lain :
1. Blok cell b2 sampai c7
2. tekan CTRL C
3. klik cell tujuan (misal ke b9)
4. tekan CTRL V
>> selalu beri minimal 1 baris kosong dan 1 kolom kosong antar bloknya
>> perhatikan bahwa hasilnya, akan selalu ada baris kosong dan kolom kosong
antar blok data
>> proses peng-copy-an bisa dilakukan terhadap beberapa blok sekaligus.
-> Misal sudah ada blok di B2 dan B9 (B9 hasil proses copy di atas)
-> B2 sampai C14 di blok dan copy (CTRL C)
-> kllik E16 lalu tekan tombol CTRL terus menerus dan klik cell E2 dan
lepaskan tombol CTRL
-> sekarang tekan CTRL V
>> sesuaikan rujukan dalam formula. Bila perlu, manfaatkan nama range.
Lebih baik lagi jika nama range dirujuk (refers to-nya) dengan formula
referensi yang dinamis.
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 heru mulyono <hmulyono24@gmail.com >
> **
>
>
> Yth para master Excel
>
> Saya mempunyai data seperti terlampir (terdiri 867 data) kemudian data
> tersebut akan saya ubah seperti pada sheet Hasil,
>
> kalau saya kopi satu persatu terlalu lama dan kemungkinan ada kesalahan.
> adakah rumus utk mengatasinya.
>
> demikian mohon pencerahannya.
>
> terima kasih
>
>
>
>
File terlampir memiliki syarat :
>> Setiap blok (mulai dari No sampai nilai isian terakhir sebuah blok)
harus dikelilingi cell kosong.
Langkah pembuatan template (1 blok data) :
1. Insert kolom kosong di kolom A (klik kolom A Excel, klik kanan, pilih
insert)
-> Sekarang blok data pertama ada di B2 sampai C7
2. Menyusun formula NO (cukup buat di cell C2)
=COUNTIF(B$2:
3. Menyusun array formula dalam blok array untuk field yang lain (cukup
buat di C3 sampai C7)
-> A. blok cell C3 sampai C7
-> B. tulis formula berikut : (*jangan tekan ENTER*)
=IFERROR(VLOOKUP(
'!B3:B7)-ROW(
-> C. tekan 3 tombol berikut inoi bersamaan :
CTRL SHIFT ENTER
Cara meng-copy sebuah blok data ke tempat lain :
1. Blok cell b2 sampai c7
2. tekan CTRL C
3. klik cell tujuan (misal ke b9)
4. tekan CTRL V
>> selalu beri minimal 1 baris kosong dan 1 kolom kosong antar bloknya
>> perhatikan bahwa hasilnya, akan selalu ada baris kosong dan kolom kosong
antar blok data
>> proses peng-copy-an bisa dilakukan terhadap beberapa blok sekaligus.
-> Misal sudah ada blok di B2 dan B9 (B9 hasil proses copy di atas)
-> B2 sampai C14 di blok dan copy (CTRL C)
-> kllik E16 lalu tekan tombol CTRL terus menerus dan klik cell E2 dan
lepaskan tombol CTRL
-> sekarang tekan CTRL V
>> sesuaikan rujukan dalam formula. Bila perlu, manfaatkan nama range.
Lebih baik lagi jika nama range dirujuk (refers to-nya) dengan formula
referensi yang dinamis.
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 heru mulyono <hmulyono24@gmail.
> **
>
>
> Yth para master Excel
>
> Saya mempunyai data seperti terlampir (terdiri 867 data) kemudian data
> tersebut akan saya ubah seperti pada sheet Hasil,
>
> kalau saya kopi satu persatu terlalu lama dan kemungkinan ada kesalahan.
> adakah rumus utk mengatasinya.
>
> demikian mohon pencerahannya.
>
> terima kasih
>
>
>
>
Mon Sep 24, 2012 10:46 pm (PDT) . Posted by:
"ghozi alkatiri" ghozialkatiri
tulis formula untuk nama kolom di A2
=INDEX('Data Awal'!$A$3:$H$3;MOD(ROW(1:1)-1;8)+1)
tulis formula untuk isi kolom di B2
=IFERROR(INDEX('Data Awal'!$A$4:$F$867;COUNTIF(A$2:A2;A2);MATCH(A2;'Data Awal'!$A$3:$H$3;0));"")
copy ke bawah sampai tuntas
untuk format bisa dilihat pada conditional formating di attachment
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: heru mulyono <hmulyono24@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 25 September 2012 11:01
Judul: [belajar-excel] Memisah data
Ythpara master Excel
Saya
mempunyai data seperti terlampir (terdiri 867 data) kemudian data tersebut akan saya ubah seperti pada sheet Hasil,
kalau saya kopi satu persatu terlalu lama dan kemungkinan ada kesalahan. adakah rumus utk mengatasinya.
demikian
mohon pencerahannya.
terima
kasih
=INDEX('Data Awal'!$A$3:$
tulis formula untuk isi kolom di B2
=IFERROR(INDEX(
copy ke bawah sampai tuntas
untuk format bisa dilihat pada conditional formating di attachment
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: heru mulyono <hmulyono24@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 25 September 2012 11:01
Judul: [belajar-excel] Memisah data
Ythpara master Excel
Saya
mempunyai data seperti terlampir (terdiri 867 data) kemudian data tersebut akan saya ubah seperti pada sheet Hasil,
kalau saya kopi satu persatu terlalu lama dan kemungkinan ada kesalahan. adakah rumus utk mengatasinya.
demikian
mohon pencerahannya.
terima
kasih
Tue Sep 25, 2012 2:12 am (PDT) . Posted by:
"Yvonne"
Mr kid, kok ga bisa ya di excel 2003?
--- Mods ---
Contoh penerapannya yang menggunakan versi Excel 2003 sebaiknya disertakan dengan contoh data (bukan data pekerjaan yang rahasia).
------------
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 18, 2012 10:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
Hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan oleh Conditional formatting (CF) lebih baik memang menghitung berdasar kriteria yang dituangkan dalam CF secara langsung kedalam formula.
Untuk kasus ini, selain SumProduct dari mas Pupung, bisa juga dengan CountIF, seperti :
=COUNTIF($E$2:$E$46,"<=1")-COUNTIF($E$2:$E$46,"<20:00")
btw,
sekedar wacana saja.
hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan manual oleh user, bisa dengan UDF milik mbak Siti yang sudah disampaikan oleh mas Pupung.
untuk yang seperti kasus ini, yang pewarnaannya dilakukan oleh CF, maka udf membaca warna interior tidak akan menghasilkan apa-apa (kalo salah dikoreksi ya).
Untuk hitung cacah berdasar warna milik CF, memang membutuhkan UDF dan penyusunan UDF nya juga tidak sederhana.
Prinsip kerjanya adalah dengan mengevaluasi seluruh kondisi yang bisa digunakan dalam sebuah CF, yang bisa menghasilkan warna yang akan dihitung.
Padahal, kondisi dalam sebuah CF sangatlah banyak, misal :
1. untuk tipe CF adalah dengan berdasar Cell Value di cell tersebut, bisa dikondisikan yang memenuhi operasi between, less than, dsb.
2. untuk tipe CF berdasar formula (use formula atau formula is), maka harus evaluasi bunyi formula yang ada, tetapi diset untuk cell yang sedang dikalkulasi
(artinya, ketika CF dipasang dengan formula untuk A2, maka kalkulasi di cell A7 harus mengubah semua rujukan formula CF yang merujuk ke A2 menjadi ke A7)
3. untuk tipe CF berdasar suatu text tertentu, bisa tergantung operasi teks seperti contains, begin with, dsb
4. lihat sendiri saja saat akan membuat CF, bisa membuat kondisi berdasar apa saja dan dalam batasan nilai apa saja...
so, jika akan menggunakan UDF pastilah UDF nya harus yang lengkap-kap atau malah UDF nya yang sesuai kebutuhan saja.
Misal, UDF untuk menghitung cacah cell yang diberi CF bertipe cell value saja dan yang operasinya adalah between saja.
Untuk contoh kasus seperti ini, bisa seperti file terlampir yang menggunakan UDF bernama CountCFColor.
Syntax :
=CountCFColor( range_data_yang_diberi_CF , range_kriteria_warna_yang_diwarnai_manual )
hasil : numerik bilangan bulat bertipe Long
contoh pemakaian :
>> misal suati range diberi CF bertipe cell value dengan batasan menggunakan between, dan diberi warna Kuning.
>> formula pemakaian UDF CountCFColor :
=CountCFColor( E2:E46 , D49 )
dimana, D49 sudah diberi warna kuning secara manual, dan range E2:E46 adalah range yang sudah diberi CF tersebut.
Harapannya,
1. Yang suka VBA, bersedia mengembangkan UDF tersebut menjadi UDF yang bisa memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam fitur CF (Conditional Formatting)
2. Yang suka menghitung berdasar warna, mbok yao menghitungnya berdasarkan alasan kenapa cell tersebut diberi warna.
Wassalam,
Kid.
2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
pak hafidz,
kalo menghitung cacah terhadap nilainya bisa menggunakan formula berikut
=SUMPRODUCT(((E2:E46)>=TIME(20,0,0))*((E2:E46)<=TIME(23,59,59)))
kalo mau menghitung berdasarkan warna, bisa diunduh di sini
https://www.box.com/shared/50ytb9339mh606fydets
file tersebut berisi fungsi buatan alm pak mabrur masyhud .aka. Siti Vi
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 18 September 2012 20:41, abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id > menulis:
Dear rekans be-excell....
selamat malam...
berhubung kerjaan lagi sedikit, klo diisi mendalami excell seru juga nih,
Case :
Jika ingin menghitung jumlah warna pada conditional formating yg ada di sebuah kolom/baris gimana yah..
Case ini pernah di bahas/ditanyakan oleh salah satu rekan be-excell, tapi setelah saya cari-cari knp ga ada filenya yah.. kiranya mohon tdk dipermasalahkan bila case ini diajukan kembali.
Contoh case terlampir, mohon pencerahannya yah...
trims.
h4f1dz
--- Mods ---
Contoh penerapannya yang menggunakan versi Excel 2003 sebaiknya disertakan dengan contoh data (bukan data pekerjaan yang rahasia).
------------
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, September 18, 2012 10:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
Hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan oleh Conditional formatting (CF) lebih baik memang menghitung berdasar kriteria yang dituangkan dalam CF secara langsung kedalam formula.
Untuk kasus ini, selain SumProduct dari mas Pupung, bisa juga dengan CountIF, seperti :
=COUNTIF($E$
btw,
sekedar wacana saja.
hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan manual oleh user, bisa dengan UDF milik mbak Siti yang sudah disampaikan oleh mas Pupung.
untuk yang seperti kasus ini, yang pewarnaannya dilakukan oleh CF, maka udf membaca warna interior tidak akan menghasilkan apa-apa (kalo salah dikoreksi ya).
Untuk hitung cacah berdasar warna milik CF, memang membutuhkan UDF dan penyusunan UDF nya juga tidak sederhana.
Prinsip kerjanya adalah dengan mengevaluasi seluruh kondisi yang bisa digunakan dalam sebuah CF, yang bisa menghasilkan warna yang akan dihitung.
Padahal, kondisi dalam sebuah CF sangatlah banyak, misal :
1. untuk tipe CF adalah dengan berdasar Cell Value di cell tersebut, bisa dikondisikan yang memenuhi operasi between, less than, dsb.
2. untuk tipe CF berdasar formula (use formula atau formula is), maka harus evaluasi bunyi formula yang ada, tetapi diset untuk cell yang sedang dikalkulasi
(artinya, ketika CF dipasang dengan formula untuk A2, maka kalkulasi di cell A7 harus mengubah semua rujukan formula CF yang merujuk ke A2 menjadi ke A7)
3. untuk tipe CF berdasar suatu text tertentu, bisa tergantung operasi teks seperti contains, begin with, dsb
4. lihat sendiri saja saat akan membuat CF, bisa membuat kondisi berdasar apa saja dan dalam batasan nilai apa saja...
so, jika akan menggunakan UDF pastilah UDF nya harus yang lengkap-kap atau malah UDF nya yang sesuai kebutuhan saja.
Misal, UDF untuk menghitung cacah cell yang diberi CF bertipe cell value saja dan yang operasinya adalah between saja.
Untuk contoh kasus seperti ini, bisa seperti file terlampir yang menggunakan UDF bernama CountCFColor.
Syntax :
=CountCFColor( range_data_yang_
hasil : numerik bilangan bulat bertipe Long
contoh pemakaian :
>> misal suati range diberi CF bertipe cell value dengan batasan menggunakan between, dan diberi warna Kuning.
>> formula pemakaian UDF CountCFColor :
=CountCFColor( E2:E46 , D49 )
dimana, D49 sudah diberi warna kuning secara manual, dan range E2:E46 adalah range yang sudah diberi CF tersebut.
Harapannya,
1. Yang suka VBA, bersedia mengembangkan UDF tersebut menjadi UDF yang bisa memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam fitur CF (Conditional Formatting)
2. Yang suka menghitung berdasar warna, mbok yao menghitungnya berdasarkan alasan kenapa cell tersebut diberi warna.
Wassalam,
Kid.
2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.
pak hafidz,
kalo menghitung cacah terhadap nilainya bisa menggunakan formula berikut
=SUMPRODUCT(
kalo mau menghitung berdasarkan warna, bisa diunduh di sini
https://www.
file tersebut berisi fungsi buatan alm pak mabrur masyhud .aka. Siti Vi
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 18 September 2012 20:41, abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.
Dear rekans be-excell...
selamat malam...
berhubung kerjaan lagi sedikit, klo diisi mendalami excell seru juga nih,
Case :
Jika ingin menghitung jumlah warna pada conditional formating yg ada di sebuah kolom/baris gimana yah..
Case ini pernah di bahas/ditanyakan oleh salah satu rekan be-excell, tapi setelah saya cari-cari knp ga ada filenya yah.. kiranya mohon tdk dipermasalahkan bila case ini diajukan kembali.
Contoh case terlampir, mohon pencerahannya yah...
trims.
h4f1dz
Tue Sep 25, 2012 2:52 am (PDT) . Posted by:
"Yvonne"
Maaf ini contohnya saya lampirkan.
Sebenarnya yang ingin saya tanyakan mengapa waktu saya ketik formula =CountCFColor( E2:E46 , D49 ) kok tidak bisa?
apabila harus melalui vb, bagaimana caranya?
terima kasih.
----- Original Message -----
From: Yvonne
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 25, 2012 4:08 PM
Subject: {Disarmed} Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
Mr kid, kok ga bisa ya di excel 2003?
--- Mods ---
Contoh penerapannya yang menggunakan versi Excel 2003 sebaiknya disertakan dengan contoh data (bukan data pekerjaan yang rahasia).
------------
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 18, 2012 10:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
Hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan oleh Conditional formatting (CF) lebih baik memang menghitung berdasar kriteria yang dituangkan dalam CF secara langsung kedalam formula.
Untuk kasus ini, selain SumProduct dari mas Pupung, bisa juga dengan CountIF, seperti :
=COUNTIF($E$2:$E$46,"<=1")-COUNTIF($E$2:$E$46,"<20:00")
btw,
sekedar wacana saja.
hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan manual oleh user, bisa dengan UDF milik mbak Siti yang sudah disampaikan oleh mas Pupung.
untuk yang seperti kasus ini, yang pewarnaannya dilakukan oleh CF, maka udf membaca warna interior tidak akan menghasilkan apa-apa (kalo salah dikoreksi ya).
Untuk hitung cacah berdasar warna milik CF, memang membutuhkan UDF dan penyusunan UDF nya juga tidak sederhana.
Prinsip kerjanya adalah dengan mengevaluasi seluruh kondisi yang bisa digunakan dalam sebuah CF, yang bisa menghasilkan warna yang akan dihitung.
Padahal, kondisi dalam sebuah CF sangatlah banyak, misal :
1. untuk tipe CF adalah dengan berdasar Cell Value di cell tersebut, bisa dikondisikan yang memenuhi operasi between, less than, dsb.
2. untuk tipe CF berdasar formula (use formula atau formula is), maka harus evaluasi bunyi formula yang ada, tetapi diset untuk cell yang sedang dikalkulasi
(artinya, ketika CF dipasang dengan formula untuk A2, maka kalkulasi di cell A7 harus mengubah semua rujukan formula CF yang merujuk ke A2 menjadi ke A7)
3. untuk tipe CF berdasar suatu text tertentu, bisa tergantung operasi teks seperti contains, begin with, dsb
4. lihat sendiri saja saat akan membuat CF, bisa membuat kondisi berdasar apa saja dan dalam batasan nilai apa saja...
so, jika akan menggunakan UDF pastilah UDF nya harus yang lengkap-kap atau malah UDF nya yang sesuai kebutuhan saja.
Misal, UDF untuk menghitung cacah cell yang diberi CF bertipe cell value saja dan yang operasinya adalah between saja.
Untuk contoh kasus seperti ini, bisa seperti file terlampir yang menggunakan UDF bernama CountCFColor.
Syntax :
=CountCFColor( range_data_yang_diberi_CF , range_kriteria_warna_yang_diwarnai_manual )
hasil : numerik bilangan bulat bertipe Long
contoh pemakaian :
>> misal suati range diberi CF bertipe cell value dengan batasan menggunakan between, dan diberi warna Kuning.
>> formula pemakaian UDF CountCFColor :
=CountCFColor( E2:E46 , D49 )
dimana, D49 sudah diberi warna kuning secara manual, dan range E2:E46 adalah range yang sudah diberi CF tersebut.
Harapannya,
1. Yang suka VBA, bersedia mengembangkan UDF tersebut menjadi UDF yang bisa memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam fitur CF (Conditional Formatting)
2. Yang suka menghitung berdasar warna, mbok yao menghitungnya berdasarkan alasan kenapa cell tersebut diberi warna.
Wassalam,
Kid.
2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
pak hafidz,
kalo menghitung cacah terhadap nilainya bisa menggunakan formula berikut
=SUMPRODUCT(((E2:E46)>=TIME(20,0,0))*((E2:E46)<=TIME(23,59,59)))
kalo mau menghitung berdasarkan warna, bisa diunduh di sini
https://www.box.com/shared/50ytb9339mh606fydets
file tersebut berisi fungsi buatan alm pak mabrur masyhud .aka. Siti Vi
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 18 September 2012 20:41, abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id > menulis:
Dear rekans be-excell....
selamat malam...
berhubung kerjaan lagi sedikit, klo diisi mendalami excell seru juga nih,
Case :
Jika ingin menghitung jumlah warna pada conditional formating yg ada di sebuah kolom/baris gimana yah..
Case ini pernah di bahas/ditanyakan oleh salah satu rekan be-excell, tapi setelah saya cari-cari knp ga ada filenya yah.. kiranya mohon tdk dipermasalahkan bila case ini diajukan kembali.
Contoh case terlampir, mohon pencerahannya yah...
trims.
h4f1dz
Sebenarnya yang ingin saya tanyakan mengapa waktu saya ketik formula =CountCFColor( E2:E46 , D49 ) kok tidak bisa?
apabila harus melalui vb, bagaimana caranya?
terima kasih.
----- Original Message -----
From: Yvonne
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, September 25, 2012 4:08 PM
Subject: {Disarmed} Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
Mr kid, kok ga bisa ya di excel 2003?
--- Mods ---
Contoh penerapannya yang menggunakan versi Excel 2003 sebaiknya disertakan dengan contoh data (bukan data pekerjaan yang rahasia).
------------
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, September 18, 2012 10:17 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
Hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan oleh Conditional formatting (CF) lebih baik memang menghitung berdasar kriteria yang dituangkan dalam CF secara langsung kedalam formula.
Untuk kasus ini, selain SumProduct dari mas Pupung, bisa juga dengan CountIF, seperti :
=COUNTIF($E$
btw,
sekedar wacana saja.
hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan manual oleh user, bisa dengan UDF milik mbak Siti yang sudah disampaikan oleh mas Pupung.
untuk yang seperti kasus ini, yang pewarnaannya dilakukan oleh CF, maka udf membaca warna interior tidak akan menghasilkan apa-apa (kalo salah dikoreksi ya).
Untuk hitung cacah berdasar warna milik CF, memang membutuhkan UDF dan penyusunan UDF nya juga tidak sederhana.
Prinsip kerjanya adalah dengan mengevaluasi seluruh kondisi yang bisa digunakan dalam sebuah CF, yang bisa menghasilkan warna yang akan dihitung.
Padahal, kondisi dalam sebuah CF sangatlah banyak, misal :
1. untuk tipe CF adalah dengan berdasar Cell Value di cell tersebut, bisa dikondisikan yang memenuhi operasi between, less than, dsb.
2. untuk tipe CF berdasar formula (use formula atau formula is), maka harus evaluasi bunyi formula yang ada, tetapi diset untuk cell yang sedang dikalkulasi
(artinya, ketika CF dipasang dengan formula untuk A2, maka kalkulasi di cell A7 harus mengubah semua rujukan formula CF yang merujuk ke A2 menjadi ke A7)
3. untuk tipe CF berdasar suatu text tertentu, bisa tergantung operasi teks seperti contains, begin with, dsb
4. lihat sendiri saja saat akan membuat CF, bisa membuat kondisi berdasar apa saja dan dalam batasan nilai apa saja...
so, jika akan menggunakan UDF pastilah UDF nya harus yang lengkap-kap atau malah UDF nya yang sesuai kebutuhan saja.
Misal, UDF untuk menghitung cacah cell yang diberi CF bertipe cell value saja dan yang operasinya adalah between saja.
Untuk contoh kasus seperti ini, bisa seperti file terlampir yang menggunakan UDF bernama CountCFColor.
Syntax :
=CountCFColor( range_data_yang_
hasil : numerik bilangan bulat bertipe Long
contoh pemakaian :
>> misal suati range diberi CF bertipe cell value dengan batasan menggunakan between, dan diberi warna Kuning.
>> formula pemakaian UDF CountCFColor :
=CountCFColor( E2:E46 , D49 )
dimana, D49 sudah diberi warna kuning secara manual, dan range E2:E46 adalah range yang sudah diberi CF tersebut.
Harapannya,
1. Yang suka VBA, bersedia mengembangkan UDF tersebut menjadi UDF yang bisa memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam fitur CF (Conditional Formatting)
2. Yang suka menghitung berdasar warna, mbok yao menghitungnya berdasarkan alasan kenapa cell tersebut diberi warna.
Wassalam,
Kid.
2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.
pak hafidz,
kalo menghitung cacah terhadap nilainya bisa menggunakan formula berikut
=SUMPRODUCT(
kalo mau menghitung berdasarkan warna, bisa diunduh di sini
https://www.
file tersebut berisi fungsi buatan alm pak mabrur masyhud .aka. Siti Vi
wassalam,
-aji mumpung-
Pada 18 September 2012 20:41, abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.
Dear rekans be-excell...
selamat malam...
berhubung kerjaan lagi sedikit, klo diisi mendalami excell seru juga nih,
Case :
Jika ingin menghitung jumlah warna pada conditional formating yg ada di sebuah kolom/baris gimana yah..
Case ini pernah di bahas/ditanyakan oleh salah satu rekan be-excell, tapi setelah saya cari-cari knp ga ada filenya yah.. kiranya mohon tdk dipermasalahkan bila case ini diajukan kembali.
Contoh case terlampir, mohon pencerahannya yah...
trims.
h4f1dz
Tue Sep 25, 2012 3:05 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
mbak Yvonne,
Berikut kutipan dari jawaban atas pertanyaan yang sama dengan yang
ditanyakan oleh mbak Yvonne pada thread :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/19318
*From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
*To:* belajar-excel@yahoogroups.com
*Sent:* Saturday, September 22, 2012 5:23 PM
*Subject:* Re: [belajar-excel] hitung warna
Hai Aden,
1. Pastikan Conditional formatting (CF) bisa telah sesuai dengan yang
dibutuhkan.
>> Pada file Anda, tidak ada data yang bisa memenuhi syarat dalam CF yang
terpasang. Pastikan tipe data dari nilai yang ada di dataset dengan yang
diset dalam CF adalah sama.
2. Pastikan file Excel memiliki VBA Module yang berisi prosedur fungsi
bernama CountCFColor.
3. Save as file dengan ekstensi .xlsm,.xlsb, atau .xls
>> Jika di-save dengan ekstensi .xlsx, pasti VBA Module yang berisi
prosedur fungsi CountCFColor akan dihilangkan oleh Excel.
Wassalam,
Kid.
dan file lampiran pada thread tersebut (re-jadwal kuliah.xlsm) juga bisa
dijadikan contoh penerapannya. File terlampir (re-jadwal kuliah.xls) adalah
konversi ke Excel 2003.
Karena fungsi CountCFColor hanya menghitung warna berdasar kriteria
Conditional Formatting, maka sebaiknya mengkalkulasi secara langsung
menggunakan kriteria pewarnaan yang dijabarkan dalam formula secara
langsung. Seperti file re-Jadwal kuliah_r1.xls.
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 Yvonne <yvonne@astridogroup.com >
> **
>
>
> **
> Maaf ini contohnya saya lampirkan.
> Sebenarnya yang ingin saya tanyakan mengapa waktu saya ketik formula =CountCFColor(
> E2:E46 , D49 ) kok tidak bisa?
> apabila harus melalui vb, bagaimana caranya?
> terima kasih.
>
> ----- Original Message -----
>
> *From:* Yvonne <yvonne@astridogroup.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, September 25, 2012 4:08 PM
> *Subject:* {Disarmed} Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna
> lagi...
>
>
>
> Mr kid, kok ga bisa ya di excel 2003?
>
> --- Mods ---
> Contoh penerapannya yang menggunakan versi Excel 2003 sebaiknya disertakan
> dengan contoh data (bukan data pekerjaan yang rahasia).
> ------------
>
> ----- Original Message -----
> From: Kid Mr.
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Tuesday, September 18, 2012 10:17 PM
> Subject: Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
>
> Hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan oleh
> Conditional formatting (CF) lebih baik memang menghitung berdasar kriteria
> yang dituangkan dalam CF secara langsung kedalam formula.
> Untuk kasus ini, selain SumProduct dari mas Pupung, bisa juga dengan
> CountIF, seperti :
> =COUNTIF($E$2:$E$46,"<=1")-COUNTIF($E$2:$E$46,"<20:00")
>
> btw,
> sekedar wacana saja.
>
> hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan manual oleh
> user, bisa dengan UDF milik mbak Siti yang sudah disampaikan oleh mas
> Pupung.
> untuk yang seperti kasus ini, yang pewarnaannya dilakukan oleh CF, maka
> udf membaca warna interior tidak akan menghasilkan apa-apa (kalo salah
> dikoreksi ya).
>
> Untuk hitung cacah berdasar warna milik CF, memang membutuhkan UDF dan
> penyusunan UDF nya juga tidak sederhana.
> Prinsip kerjanya adalah dengan mengevaluasi seluruh kondisi yang bisa
> digunakan dalam sebuah CF, yang bisa menghasilkan warna yang akan dihitung.
> Padahal, kondisi dalam sebuah CF sangatlah banyak, misal :
> 1. untuk tipe CF adalah dengan berdasar Cell Value di cell tersebut, bisa
> dikondisikan yang memenuhi operasi between, less than, dsb.
> 2. untuk tipe CF berdasar formula (use formula atau formula is), maka
> harus evaluasi bunyi formula yang ada, tetapi diset untuk cell yang sedang
> dikalkulasi
> (artinya, ketika CF dipasang dengan formula untuk A2, maka kalkulasi di
> cell A7 harus mengubah semua rujukan formula CF yang merujuk ke A2 menjadi
> ke A7)
> 3. untuk tipe CF berdasar suatu text tertentu, bisa tergantung operasi
> teks seperti contains, begin with, dsb
> 4. lihat sendiri saja saat akan membuat CF, bisa membuat kondisi berdasar
> apa saja dan dalam batasan nilai apa saja...
>
> so, jika akan menggunakan UDF pastilah UDF nya harus yang lengkap-kap atau
> malah UDF nya yang sesuai kebutuhan saja.
> Misal, UDF untuk menghitung cacah cell yang diberi CF bertipe cell value
> saja dan yang operasinya adalah between saja.
> Untuk contoh kasus seperti ini, bisa seperti file terlampir yang
> menggunakan UDF bernama CountCFColor.
>
> Syntax :
> =CountCFColor( range_data_yang_diberi_CF ,
> range_kriteria_warna_yang_diwarnai_manual )
> hasil : numerik bilangan bulat bertipe Long
>
> contoh pemakaian :
> >> misal suati range diberi CF bertipe cell value dengan batasan
> menggunakan between, dan diberi warna Kuning.
> >> formula pemakaian UDF CountCFColor :
> =CountCFColor( E2:E46 , D49 )
> dimana, D49 sudah diberi warna kuning secara manual, dan range E2:E46
> adalah range yang sudah diberi CF tersebut.
>
> Harapannya,
> 1. Yang suka VBA, bersedia mengembangkan UDF tersebut menjadi UDF yang
> bisa memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam fitur CF (Conditional
> Formatting)
> 2. Yang suka menghitung berdasar warna, mbok yao menghitungnya berdasarkan
> alasan kenapa cell tersebut diberi warna.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
>
> pak hafidz,
>
> kalo menghitung cacah terhadap nilainya bisa menggunakan formula berikut
>
> =SUMPRODUCT(((E2:E46)>=TIME(20,0,0))*((E2:E46)<=TIME(23,59,59)))
>
> kalo mau menghitung berdasarkan warna, bisa diunduh di sini
>
> https://www.box.com/shared/50ytb9339mh606fydets
>
> file tersebut berisi fungsi buatan alm pak mabrur masyhud .aka. Siti Vi
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 18 September 2012 20:41, abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id > menulis:
>
> Dear rekans be-excell....
> selamat malam...
>
> berhubung kerjaan lagi sedikit, klo diisi mendalami excell seru juga nih,
>
> Case :
> Jika ingin menghitung jumlah warna pada conditional formating yg ada di
> sebuah kolom/baris gimana yah..
> Case ini pernah di bahas/ditanyakan oleh salah satu rekan be-excell, tapi
> setelah saya cari-cari knp ga ada filenya yah.. kiranya mohon tdk
> dipermasalahkan bila case ini diajukan kembali.
>
> Contoh case terlampir, mohon pencerahannya yah...
>
> trims.
> h4f1dz
>
>
>
Berikut kutipan dari jawaban atas pertanyaan yang sama dengan yang
ditanyakan oleh mbak Yvonne pada thread :
http://tech.
*From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
*To:* belajar-excel@
*Sent:* Saturday, September 22, 2012 5:23 PM
*Subject:* Re: [belajar-excel] hitung warna
Hai Aden,
1. Pastikan Conditional formatting (CF) bisa telah sesuai dengan yang
dibutuhkan.
>> Pada file Anda, tidak ada data yang bisa memenuhi syarat dalam CF yang
terpasang. Pastikan tipe data dari nilai yang ada di dataset dengan yang
diset dalam CF adalah sama.
2. Pastikan file Excel memiliki VBA Module yang berisi prosedur fungsi
bernama CountCFColor.
3. Save as file dengan ekstensi .xlsm,.xlsb, atau .xls
>> Jika di-save dengan ekstensi .xlsx, pasti VBA Module yang berisi
prosedur fungsi CountCFColor akan dihilangkan oleh Excel.
Wassalam,
Kid.
dan file lampiran pada thread tersebut (re-jadwal kuliah.xlsm) juga bisa
dijadikan contoh penerapannya. File terlampir (re-jadwal kuliah.xls) adalah
konversi ke Excel 2003.
Karena fungsi CountCFColor hanya menghitung warna berdasar kriteria
Conditional Formatting, maka sebaiknya mengkalkulasi secara langsung
menggunakan kriteria pewarnaan yang dijabarkan dalam formula secara
langsung. Seperti file re-Jadwal kuliah_r1.xls.
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 Yvonne <yvonne@astridogroup
> **
>
>
> **
> Maaf ini contohnya saya lampirkan.
> Sebenarnya yang ingin saya tanyakan mengapa waktu saya ketik formula =CountCFColor(
> E2:E46 , D49 ) kok tidak bisa?
> apabila harus melalui vb, bagaimana caranya?
> terima kasih.
>
> ----- Original Message -----
>
> *From:* Yvonne <yvonne@astridogroup
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Tuesday, September 25, 2012 4:08 PM
> *Subject:* {Disarmed} Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna
> lagi...
>
>
>
> Mr kid, kok ga bisa ya di excel 2003?
>
> --- Mods ---
> Contoh penerapannya yang menggunakan versi Excel 2003 sebaiknya disertakan
> dengan contoh data (bukan data pekerjaan yang rahasia).
> ------------
>
> ----- Original Message -----
> From: Kid Mr.
> To: belajar-excel@
> Sent: Tuesday, September 18, 2012 10:17 PM
> Subject: Re: [belajar-excel] Trs: Belajar Menghitung Warna lagi...
>
> Hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan oleh
> Conditional formatting (CF) lebih baik memang menghitung berdasar kriteria
> yang dituangkan dalam CF secara langsung kedalam formula.
> Untuk kasus ini, selain SumProduct dari mas Pupung, bisa juga dengan
> CountIF, seperti :
> =COUNTIF($E$
>
> btw,
> sekedar wacana saja.
>
> hitung jumlah cacah berdasar warna yang pewarnaannya dilakukan manual oleh
> user, bisa dengan UDF milik mbak Siti yang sudah disampaikan oleh mas
> Pupung.
> untuk yang seperti kasus ini, yang pewarnaannya dilakukan oleh CF, maka
> udf membaca warna interior tidak akan menghasilkan apa-apa (kalo salah
> dikoreksi ya).
>
> Untuk hitung cacah berdasar warna milik CF, memang membutuhkan UDF dan
> penyusunan UDF nya juga tidak sederhana.
> Prinsip kerjanya adalah dengan mengevaluasi seluruh kondisi yang bisa
> digunakan dalam sebuah CF, yang bisa menghasilkan warna yang akan dihitung.
> Padahal, kondisi dalam sebuah CF sangatlah banyak, misal :
> 1. untuk tipe CF adalah dengan berdasar Cell Value di cell tersebut, bisa
> dikondisikan yang memenuhi operasi between, less than, dsb.
> 2. untuk tipe CF berdasar formula (use formula atau formula is), maka
> harus evaluasi bunyi formula yang ada, tetapi diset untuk cell yang sedang
> dikalkulasi
> (artinya, ketika CF dipasang dengan formula untuk A2, maka kalkulasi di
> cell A7 harus mengubah semua rujukan formula CF yang merujuk ke A2 menjadi
> ke A7)
> 3. untuk tipe CF berdasar suatu text tertentu, bisa tergantung operasi
> teks seperti contains, begin with, dsb
> 4. lihat sendiri saja saat akan membuat CF, bisa membuat kondisi berdasar
> apa saja dan dalam batasan nilai apa saja...
>
> so, jika akan menggunakan UDF pastilah UDF nya harus yang lengkap-kap atau
> malah UDF nya yang sesuai kebutuhan saja.
> Misal, UDF untuk menghitung cacah cell yang diberi CF bertipe cell value
> saja dan yang operasinya adalah between saja.
> Untuk contoh kasus seperti ini, bisa seperti file terlampir yang
> menggunakan UDF bernama CountCFColor.
>
> Syntax :
> =CountCFColor( range_data_yang_
> range_kriteria_
> hasil : numerik bilangan bulat bertipe Long
>
> contoh pemakaian :
> >> misal suati range diberi CF bertipe cell value dengan batasan
> menggunakan between, dan diberi warna Kuning.
> >> formula pemakaian UDF CountCFColor :
> =CountCFColor( E2:E46 , D49 )
> dimana, D49 sudah diberi warna kuning secara manual, dan range E2:E46
> adalah range yang sudah diberi CF tersebut.
>
> Harapannya,
> 1. Yang suka VBA, bersedia mengembangkan UDF tersebut menjadi UDF yang
> bisa memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam fitur CF (Conditional
> Formatting)
> 2. Yang suka menghitung berdasar warna, mbok yao menghitungnya berdasarkan
> alasan kenapa cell tersebut diberi warna.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.
>
> pak hafidz,
>
> kalo menghitung cacah terhadap nilainya bisa menggunakan formula berikut
>
> =SUMPRODUCT(
>
> kalo mau menghitung berdasarkan warna, bisa diunduh di sini
>
> https://www.
>
> file tersebut berisi fungsi buatan alm pak mabrur masyhud .aka. Siti Vi
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 18 September 2012 20:41, abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.
>
> Dear rekans be-excell...
> selamat malam...
>
> berhubung kerjaan lagi sedikit, klo diisi mendalami excell seru juga nih,
>
> Case :
> Jika ingin menghitung jumlah warna pada conditional formating yg ada di
> sebuah kolom/baris gimana yah..
> Case ini pernah di bahas/ditanyakan oleh salah satu rekan be-excell, tapi
> setelah saya cari-cari knp ga ada filenya yah.. kiranya mohon tdk
> dipermasalahkan bila case ini diajukan kembali.
>
> Contoh case terlampir, mohon pencerahannya yah...
>
> trims.
> h4f1dz
>
>
>
Tue Sep 25, 2012 6:46 am (PDT) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear Mr. Kid,
Terima kasih atas berkenan sarannya.
Apa yang Mr. Kid infokan tsb hampir sesuai dengan yang saya perlukan tetapi yang paling hampir sama dengan yang saya maksudkan adalah seperti yang pernah dibahas sebelumnya yaitu "Input edit hapus index data(2.2.2).xlsm (sebagaimana terlampir).
Pada contoh (file) tersebut ("Input edit hapus index data(2.2.2).xlsm"), kita menginput, mengedit dan menghapus data langsung ke Workbook sedangkan yang saya inginkan adalah kita menginput, mengedit dan menghapus dan memindahkan datanya pada User Form (sebagaimana terlampir).
Mohon penjelasan dan contohnya sebagaima file terlampir.
Terima kasih.
Regards,
Harry
________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 24 September 2012 19:52
Judul: Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
Coba cara yang ada di file dari mbake yang terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/24 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>
>Dear BeExceller,
>
>Mohon informasi dan pemecahan dari teman-teman akan pertanyaan saya ini.
>
>Regards,
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Minggu, 23 September 2012 16:10
>Judul: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
>
>
>Dear BeExceller,
>
>
>Kali ini saya ingin menanyakan bagaimana caranya kita dapat menginput dan mengedit data pada tabel yang sama serta bagaimana memindahkan data dari satu tabel ke tabel yang lain.
>
>
>Sebagai referensi pertanyaan, terlampir Studi Kasus.
>
>
>Besar harapan kiranya rekan-rekan BeExceller dapat memberikan solusi akan pertanyaan saya diatas.
>
>
>Terima kasih,
>
>
>
>
>Harry
>
>
Terima kasih atas berkenan sarannya.
Apa yang Mr. Kid infokan tsb hampir sesuai dengan yang saya perlukan tetapi yang paling hampir sama dengan yang saya maksudkan adalah seperti yang pernah dibahas sebelumnya yaitu "Input edit hapus index data(2.2.2).
Pada contoh (file) tersebut ("Input edit hapus index data(2.2.2).
Mohon penjelasan dan contohnya sebagaima file terlampir.
Terima kasih.
Regards,
Harry
____________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 24 September 2012 19:52
Judul: Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
Coba cara yang ada di file dari mbake yang terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/24 Harry <hariansyahptk@
>
>Dear BeExceller,
>
>Mohon informasi dan pemecahan dari teman-teman akan pertanyaan saya ini.
>
>Regards,
>
>
>Harry
>
>
>
>
>
>
>___________
> Dari: Harry <hariansyahptk@
>Kepada: "belajar-excel@
>Dikirim: Minggu, 23 September 2012 16:10
>Judul: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
>
>
>Dear BeExceller,
>
>
>Kali ini saya ingin menanyakan bagaimana caranya kita dapat menginput dan mengedit data pada tabel yang sama serta bagaimana memindahkan data dari satu tabel ke tabel yang lain.
>
>
>Sebagai referensi pertanyaan, terlampir Studi Kasus.
>
>
>Besar harapan kiranya rekan-rekan BeExceller dapat memberikan solusi akan pertanyaan saya diatas.
>
>
>Terima kasih,
>
>
>
>
>Harry
>
>
Tue Sep 25, 2012 8:30 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Oke.
1. Untuk Add data sudah bisa ya.
2. Untuk menampilkan data yang akan di edit atau akan di-delete sudah bisa
juga bukan. Yang jelas, dalam proses itu, Anda bisa mendapatkan posisi
record.
*Posisi record itu* yang harus Anda ingat terus, yaitu *listindex dari
combobox + 1*
3. Untuk proses edit data, ketika tombol save ditekan, harus ada proses :
>> 1. vallidasi terhadap isi setiap control dalam form, apakah pantas
untuk di save atau tidak.
>> 2. ketika hasil validasi sudah oke dan pantas disimpan, cek setiap
isi control dalam form dan bandingkan dengan nilai setiap kolom di baris
record tersebut
Jika berbeda dengan isi di tabel pada baris record itu, salin
nilai kolom di record itu ke kolom poin edit record itu juga
Jika sama, tidak perlu lakukan apapun
[proses nomor 2 ini adalah pencatatan histori yang Anda
inginkan, khusus untuk edit data]
>> 3. lakukan proses penulisan nilai di setiap control dalam form ke
masing-masing kolom yang bersesuaian pada record itu juga.
>> 4. proses selesai.
4. Untuk proses pindah data, ketika tombol save ditekan :
(inti proses adalah salin data record itu ke tabel penampung data yang
dihapus, kemudian hapus data di tabel utama pada record itu)
>> 1. beri konfirmasi terakhir pad user apakah proses akan dilanjutkan
Jika ya, maka lanjutkan, jika tidak, maka batalkan proses
>> 2. salin data dari tabel utama di record itu ke tabel penampung di
baris baru
>> 3. hapus data dari tabel utama pada record itu
contoh untuk hapus data di record ke-3, mulai kolom B
sebanyak 1 baris x 10 kolom, dan range di shift ke atas
range("b4").resize(1,10).delete xlshiftup
sesuaikan rujukan range("b4").resize(1,10) dengan kebutuhan
yang telah diketahui nomor recordnya dari combobox list index (sudah
dibahas di atas sana)
>> 4. proses selesai.
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas berkenan sarannya.
> Apa yang Mr. Kid infokan tsb hampir sesuai dengan yang saya perlukan
> tetapi yang paling hampir sama dengan yang saya maksudkan adalah seperti
> yang pernah dibahas sebelumnya yaitu "Input edit hapus index
> data(2.2.2).xlsm (sebagaimana terlampir).
> Pada contoh (file) tersebut ("Input edit hapus index data(2.2.2).xlsm"), kita
> menginput, mengedit dan menghapus data langsung ke Workbook sedangkan yang
> saya inginkan adalah kita menginput, mengedit dan menghapus dan
> memindahkan datanya pada User Form (sebagaimana terlampir).
>
> Mohon penjelasan dan contohnya sebagaima file terlampir.
>
> Terima kasih.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 24 September 2012 19:52
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Coba cara yang ada di file dari mbake yang terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/24 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>
> **
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon informasi dan pemecahan dari teman-teman akan pertanyaan saya ini.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Minggu, 23 September 2012 16:10
> *Judul:* [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Kali ini saya ingin menanyakan bagaimana caranya kita dapat menginput dan
> mengedit data pada tabel yang sama serta bagaimana memindahkan data dari
> satu tabel ke tabel yang lain.
>
> Sebagai referensi pertanyaan, terlampir Studi Kasus.
>
> Besar harapan kiranya rekan-rekan BeExceller dapat memberikan solusi akan
> pertanyaan saya diatas.
>
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
>
>
>
>
>
>
1. Untuk Add data sudah bisa ya.
2. Untuk menampilkan data yang akan di edit atau akan di-delete sudah bisa
juga bukan. Yang jelas, dalam proses itu, Anda bisa mendapatkan posisi
record.
*Posisi record itu* yang harus Anda ingat terus, yaitu *listindex dari
combobox + 1*
3. Untuk proses edit data, ketika tombol save ditekan, harus ada proses :
>> 1. vallidasi terhadap isi setiap control dalam form, apakah pantas
untuk di save atau tidak.
>> 2. ketika hasil validasi sudah oke dan pantas disimpan, cek setiap
isi control dalam form dan bandingkan dengan nilai setiap kolom di baris
record tersebut
Jika berbeda dengan isi di tabel pada baris record itu, salin
nilai kolom di record itu ke kolom poin edit record itu juga
Jika sama, tidak perlu lakukan apapun
[proses nomor 2 ini adalah pencatatan histori yang Anda
inginkan, khusus untuk edit data]
>> 3. lakukan proses penulisan nilai di setiap control dalam form ke
masing-masing kolom yang bersesuaian pada record itu juga.
>> 4. proses selesai.
4. Untuk proses pindah data, ketika tombol save ditekan :
(inti proses adalah salin data record itu ke tabel penampung data yang
dihapus, kemudian hapus data di tabel utama pada record itu)
>> 1. beri konfirmasi terakhir pad user apakah proses akan dilanjutkan
Jika ya, maka lanjutkan, jika tidak, maka batalkan proses
>> 2. salin data dari tabel utama di record itu ke tabel penampung di
baris baru
>> 3. hapus data dari tabel utama pada record itu
contoh untuk hapus data di record ke-3, mulai kolom B
sebanyak 1 baris x 10 kolom, dan range di shift ke atas
range("b4").
sesuaikan rujukan range("b4").
yang telah diketahui nomor recordnya dari combobox list index (sudah
dibahas di atas sana)
>> 4. proses selesai.
Wassalam,
Kid.
2012/9/25 Harry <hariansyahptk@
> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas berkenan sarannya.
> Apa yang Mr. Kid infokan tsb hampir sesuai dengan yang saya perlukan
> tetapi yang paling hampir sama dengan yang saya maksudkan adalah seperti
> yang pernah dibahas sebelumnya yaitu "Input edit hapus index
> data(2.2.2).
> Pada contoh (file) tersebut ("Input edit hapus index data(2.2.2).
> menginput, mengedit dan menghapus data langsung ke Workbook sedangkan yang
> saya inginkan adalah kita menginput, mengedit dan menghapus dan
> memindahkan datanya pada User Form (sebagaimana terlampir).
>
> Mohon penjelasan dan contohnya sebagaima file terlampir.
>
> Terima kasih.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
>
> ------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Senin, 24 September 2012 19:52
> *Judul:* Re: [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Coba cara yang ada di file dari mbake yang terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/24 Harry <hariansyahptk@
>
> **
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon informasi dan pemecahan dari teman-teman akan pertanyaan saya ini.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
>
> ------------
> *Dari:* Harry <hariansyahptk@
> *Kepada:* "belajar-excel@
> *Dikirim:* Minggu, 23 September 2012 16:10
> *Judul:* [belajar-excel] INPUT, EDIT & PINDAH TABEL
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Kali ini saya ingin menanyakan bagaimana caranya kita dapat menginput dan
> mengedit data pada tabel yang sama serta bagaimana memindahkan data dari
> satu tabel ke tabel yang lain.
>
> Sebagai referensi pertanyaan, terlampir Studi Kasus.
>
> Besar harapan kiranya rekan-rekan BeExceller dapat memberikan solusi akan
> pertanyaan saya diatas.
>
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
>
>
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar