15 New Messages
Digest #1981
Messages
Sat Dec 22, 2012 10:53 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
File terlampir mengubah referensi dan menjadikan pivot table sebagai tabel
antara.
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com >
> **
>
>
> Malam Mr. Kid
>
> Maaf ya Mr. Kid baru saya baca emailnya di milis, terima kasih banyak
> sebelumnya Mr atas solusi vba pakai pivot table.. memang yang Mr kid
> sarankan tepat dan mantap,
> tetapi pada sheet DATA format n penyusunan laporannya sudah baku Mr. Kid
> ga bisa di rubah, karena format yang ada di sheet DATA sudah diatur oleh
> regulator, jadi saya diwajibkan mengisi
> seluruh sandi per kantor cabang yang sesuai dengan format di sheet DATA.
> yang saya ingin kan adalah suatu proses otomatis pakai vba yang mengisi
> sesuai dengan sandi-sandi dan uraian pada sheet DATA dengan sumber data di
> sheet NCR_0000. yang saya mau tanyakan pada sheet DATA untuk pengisian
> berdasarkan kode cabang yang lebih dari satu misalkan (KC_1,KC_2 dan
> seterusnya 28 kantor)
> seperti apa codingnya yang dituangkan dalam VBA. mohon petunjuknya Mr. Kid
>
> sebelumnya saya ucapkan terima kasih
>
>
>
> Regards
>
> Andree
>
>
>
antara.
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_
> **
>
>
> Malam Mr. Kid
>
> Maaf ya Mr. Kid baru saya baca emailnya di milis, terima kasih banyak
> sebelumnya Mr atas solusi vba pakai pivot table.. memang yang Mr kid
> sarankan tepat dan mantap,
> tetapi pada sheet DATA format n penyusunan laporannya sudah baku Mr. Kid
> ga bisa di rubah, karena format yang ada di sheet DATA sudah diatur oleh
> regulator, jadi saya diwajibkan mengisi
> seluruh sandi per kantor cabang yang sesuai dengan format di sheet DATA.
> yang saya ingin kan adalah suatu proses otomatis pakai vba yang mengisi
> sesuai dengan sandi-sandi dan uraian pada sheet DATA dengan sumber data di
> sheet NCR_0000. yang saya mau tanyakan pada sheet DATA untuk pengisian
> berdasarkan kode cabang yang lebih dari satu misalkan (KC_1,KC_2 dan
> seterusnya 28 kantor)
> seperti apa codingnya yang dituangkan dalam VBA. mohon petunjuknya Mr. Kid
>
> sebelumnya saya ucapkan terima kasih
>
>
>
> Regards
>
> Andree
>
>
>
Sat Dec 22, 2012 1:58 pm (PST) . Posted by:
"Indra Psr" indra_psr
Saya udah coba, tp ko masi eror ya..
Bener spt ini?
db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, by) " & _
"VALUES(" & rsXL.Fields("st").Value & "," & _
"'" & rsXL.Fields("nam").Value & "'" & "," & _
"'" & rsXL.Fields("ket").Value & "'" & "," & _
"#" & rsXL.Fields("sen").Value & "#" & "," & _
"'" & rsXL.Fields("by").Value & "'" & _
");"
Hs,
Indra
Pada tanggal 23/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> Pak Slamet,
>
> Gimana kabarnya ? Moga-moga baik selalu.
>
> Untuk tipe data datetime perlu didahului dan diakhiri dengan karakter # dan
> usahakan penulisan datetime-nya dalam format YYYY-MM-DD agar tidak terjebak
> oleh regional setting komputer setempat.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/22 Slamet <slametharto@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr Kid
>>
>> Untuk data type Date bagaimana yaa?
>>
>> Terima kasih
>>
>> On 12/22/2012 9:53 PM, Mr. Kid wrote:
>>
>>
>>
>> Pak Indra,
>>
>> Kasus ini adalah tentang tipe data (seperti kasus Pak Heru beberapa waktu
>> lalu).
>> Pada baris VBA berikut ini :
>> db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket) " & _
>> "VALUES(" & rsXL.Fields("st").Value & "," & rsXL.Fields("nam").Value &
>> ","
>> & "'" & rsXL.Fields("ket").Value & "'" & ");"
>>
>> bagian rsXL.Fields("nam").Value bertipe text jadi butuh didahului dan
>> diakhiri dengan petik satu (')
>> seperti bagian rsXL.Fields("ket").Value yang berbunyi & "'" &
>> rsXL.Fields("ket").Value & "'"
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>
Bener spt ini?
db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, by) " & _
"VALUES(" & rsXL.Fields(
"'" & rsXL.Fields(
"'" & rsXL.Fields(
"#" & rsXL.Fields(
"'" & rsXL.Fields(
");"
Hs,
Indra
Pada tanggal 23/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> Pak Slamet,
>
> Gimana kabarnya ? Moga-moga baik selalu.
>
> Untuk tipe data datetime perlu didahului dan diakhiri dengan karakter # dan
> usahakan penulisan datetime-nya dalam format YYYY-MM-DD agar tidak terjebak
> oleh regional setting komputer setempat.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/22 Slamet <slametharto@
>
>> **
>>
>>
>> Dear Mr Kid
>>
>> Untuk data type Date bagaimana yaa?
>>
>> Terima kasih
>>
>> On 12/22/2012 9:53 PM, Mr. Kid wrote:
>>
>>
>>
>> Pak Indra,
>>
>> Kasus ini adalah tentang tipe data (seperti kasus Pak Heru beberapa waktu
>> lalu).
>> Pada baris VBA berikut ini :
>> db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket) " & _
>> "VALUES(" & rsXL.Fields(
>> ","
>> & "'" & rsXL.Fields(
>>
>> bagian rsXL.Fields(
>> diakhiri dengan petik satu (')
>> seperti bagian rsXL.Fields(
>> rsXL.Fields(
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>
Sat Dec 22, 2012 6:15 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Kolom yang diberi nama dengan kata-kata penting milik aplikasi harus selalu
di kurung oleh kurung siku.
INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, by)
nama kolom by harus diberi kurung siku menjadi [by] dan bunyi susunan
kalimat di atas adalah :
INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, [by])
Sebaiknya memberi nama kolom dengan sesuatu yang diluar daftar kata penting
milik aplikasi terutama diluar kata-kata clausa dalam varian SQL yang
digunakan.
Nama kolom yang memiliki karakter spasi atau tanda baca juga harus diberi
kurung siku.
Agar lebih mudah, :
1. Seluruh nama object dalam database (nama database,nama schema [jika
ada], nama tabel, nama query atau nama view, nama kolom) dibuat sederhana
tanpa tanda baca selain underscore dan bukan clause varian SQL yang
digunakan.
2. Semua pemberian nama alias untuk nama kolom selalu diapit oleh kurung
siku.
SELECT [by] as [PIC Aktif], [tgl lahir] as [Tanggal Lahir] FROM [daftar pic]
lebih baik diganti :
1. nama tabelnya menjadi *daftar_pic*
2. nama kolom [by] dan [tgl lahir] dalam tabel diganti dengan *b_y *dan *
tgl_lahir*
agar query menjadi :
SELECT b_y as [PIC Aktif], tgl_lahir as [Tanggal Lahir] FROM daftar_pic
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Indra Psr <indra.psr@gmail.com >
> **
>
>
> Saya udah coba, tp ko masi eror ya..
> Bener spt ini?
>
> db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, by) " & _
> "VALUES(" & rsXL.Fields("st").Value & "," & _
> "'" & rsXL.Fields("nam").Value & "'" & "," & _
> "'" & rsXL.Fields("ket").Value & "'" & "," & _
> "#" & rsXL.Fields("sen").Value & "#" & "," & _
> "'" & rsXL.Fields("by").Value & "'" & _
> ");"
>
> Hs,
>
> Indra
>
> Pada tanggal 23/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>
> > Pak Slamet,
> >
> > Gimana kabarnya ? Moga-moga baik selalu.
> >
> > Untuk tipe data datetime perlu didahului dan diakhiri dengan karakter #
> dan
> > usahakan penulisan datetime-nya dalam format YYYY-MM-DD agar tidak
> terjebak
> > oleh regional setting komputer setempat.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/12/22 Slamet <slametharto@gmail.com >
> >
> >> **
>
> >>
> >>
> >> Dear Mr Kid
> >>
> >> Untuk data type Date bagaimana yaa?
> >>
> >> Terima kasih
> >>
> >> On 12/22/2012 9:53 PM, Mr. Kid wrote:
> >>
> >>
> >>
> >> Pak Indra,
> >>
> >> Kasus ini adalah tentang tipe data (seperti kasus Pak Heru beberapa
> waktu
> >> lalu).
> >> Pada baris VBA berikut ini :
> >> db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket) " & _
> >> "VALUES(" & rsXL.Fields("st").Value & "," & rsXL.Fields("nam").Value &
> >> ","
> >> & "'" & rsXL.Fields("ket").Value & "'" & ");"
> >>
> >> bagian rsXL.Fields("nam").Value bertipe text jadi butuh didahului dan
> >> diakhiri dengan petik satu (')
> >> seperti bagian rsXL.Fields("ket").Value yang berbunyi & "'" &
> >> rsXL.Fields("ket").Value & "'"
> >>
> >> Wassalam,
> >> Kid.
> >>
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>
di kurung oleh kurung siku.
INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, by)
nama kolom by harus diberi kurung siku menjadi [by] dan bunyi susunan
kalimat di atas adalah :
INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, [by])
Sebaiknya memberi nama kolom dengan sesuatu yang diluar daftar kata penting
milik aplikasi terutama diluar kata-kata clausa dalam varian SQL yang
digunakan.
Nama kolom yang memiliki karakter spasi atau tanda baca juga harus diberi
kurung siku.
Agar lebih mudah, :
1. Seluruh nama object dalam database (nama database,nama schema [jika
ada], nama tabel, nama query atau nama view, nama kolom) dibuat sederhana
tanpa tanda baca selain underscore dan bukan clause varian SQL yang
digunakan.
2. Semua pemberian nama alias untuk nama kolom selalu diapit oleh kurung
siku.
SELECT [by] as [PIC Aktif], [tgl lahir] as [Tanggal Lahir] FROM [daftar pic]
lebih baik diganti :
1. nama tabelnya menjadi *daftar_pic*
2. nama kolom [by] dan [tgl lahir] dalam tabel diganti dengan *b_y *dan *
tgl_lahir*
agar query menjadi :
SELECT b_y as [PIC Aktif], tgl_lahir as [Tanggal Lahir] FROM daftar_pic
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Indra Psr <indra.psr@gmail.
> **
>
>
> Saya udah coba, tp ko masi eror ya..
> Bener spt ini?
>
> db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket, sen, by) " & _
> "VALUES(" & rsXL.Fields(
> "'" & rsXL.Fields(
> "'" & rsXL.Fields(
> "#" & rsXL.Fields(
> "'" & rsXL.Fields(
> ");"
>
> Hs,
>
> Indra
>
> Pada tanggal 23/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> > Pak Slamet,
> >
> > Gimana kabarnya ? Moga-moga baik selalu.
> >
> > Untuk tipe data datetime perlu didahului dan diakhiri dengan karakter #
> dan
> > usahakan penulisan datetime-nya dalam format YYYY-MM-DD agar tidak
> terjebak
> > oleh regional setting komputer setempat.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/12/22 Slamet <slametharto@
> >
> >> **
>
> >>
> >>
> >> Dear Mr Kid
> >>
> >> Untuk data type Date bagaimana yaa?
> >>
> >> Terima kasih
> >>
> >> On 12/22/2012 9:53 PM, Mr. Kid wrote:
> >>
> >>
> >>
> >> Pak Indra,
> >>
> >> Kasus ini adalah tentang tipe data (seperti kasus Pak Heru beberapa
> waktu
> >> lalu).
> >> Pada baris VBA berikut ini :
> >> db.Execute "INSERT INTO tbl_sample(st, nam, ket) " & _
> >> "VALUES(" & rsXL.Fields(
> >> ","
> >> & "'" & rsXL.Fields(
> >>
> >> bagian rsXL.Fields(
> >> diakhiri dengan petik satu (')
> >> seperti bagian rsXL.Fields(
> >> rsXL.Fields(
> >>
> >> Wassalam,
> >> Kid.
> >>
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>
Sat Dec 22, 2012 5:32 pm (PST) . Posted by:
"Dian Anas" anassheva20
para master excel yang budiman, mohon sedikit pencerahan,
1. bagaimana menormalisasi selisih antara hasil hitung tunjangan askes dan IWP gaji pemda dengan hasil rumus excel, 2. apakah bisa excel merekam perubahan dan meletakannya di sheet perubahan, misalnya selisih gaji bulan ini dengan bulan lalu? 3. bagaimana merekap atau meresum komponen gaji sesuai dengan yang ada di sheet gol, rekap dan rekap1. kalau saya selama ini hanya menggunakan sum untuk merekap data tersebut per golongan. 4. apakah ada formula untuk menghitung rumus pph 21.
demikian terima kasih.
best regads
1. bagaimana menormalisasi selisih antara hasil hitung tunjangan askes dan IWP gaji pemda dengan hasil rumus excel, 2. apakah bisa excel merekam perubahan dan meletakannya di sheet perubahan, misalnya selisih gaji bulan ini dengan bulan lalu? 3. bagaimana merekap atau meresum komponen gaji sesuai dengan yang ada di sheet gol, rekap dan rekap1. kalau saya selama ini hanya menggunakan sum untuk merekap data tersebut per golongan. 4. apakah ada formula untuk menghitung rumus pph 21.
demikian terima kasih.
best regads
Sat Dec 22, 2012 6:15 pm (PST) . Posted by:
"agam_tole@yahoo.com" agam_tole
Alhamdulillah.. Saya sdh sdkt faaham.. Dan ada beberapa option untuk saya pergunakan.. Terima kasih pak jan raisin..
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 22 Dec 2012 19:45:37
To: <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Filter data dari Database
Dear pak Agam,
untuk kasus seperti ini banyak solusi yang tersedia..
beberapa diantaranya adalah:
1. Array formula sebaris OffSet()
2. Formula VlookUp
3. Formula Index & Match
4. Pivot Tabel
kalo gak salah (ini kalo gak salah ya), bisa juga pakai SumProduct. cmiiw,
tapi dari tadi dicoba belum bisa xixixix :D
contoh file terlampir, database sudah diubah menjadi Tabel Excel dengan
nama Database
Best Regard,
-Ms. Jan Raisin-
Pada 22 Desember 2012 15:20, agam Tole <agam_tole@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Mohon bantuan untuk jalan keluar permasalahan saya dalam Pembuatan rumus
> pada File terlampir..
>
>
> Pada Kolom pencarian, setelah kita ketik salah satu nama pada kolom
> pencarian maka otomatis akan mengambil data dari database dan menginput
> data sesuai dengan nama yg dicari di Tabel Filter berdasarkan nama,
>
> Mohon kiranya dapat membantu, Terima Kasih Sebelumnya
>
> Best Regard
>
> Agam
>
>
>
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Sender: belajar-excel@
Date: Sat, 22 Dec 2012 19:45:37
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Filter data dari Database
Dear pak Agam,
untuk kasus seperti ini banyak solusi yang tersedia..
beberapa diantaranya adalah:
1. Array formula sebaris OffSet()
2. Formula VlookUp
3. Formula Index & Match
4. Pivot Tabel
kalo gak salah (ini kalo gak salah ya), bisa juga pakai SumProduct. cmiiw,
tapi dari tadi dicoba belum bisa xixixix :D
contoh file terlampir, database sudah diubah menjadi Tabel Excel dengan
nama Database
Best Regard,
-Ms. Jan Raisin-
Pada 22 Desember 2012 15:20, agam Tole <agam_tole@yahoo.
> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Mohon bantuan untuk jalan keluar permasalahan saya dalam Pembuatan rumus
> pada File terlampir..
>
>
> Pada Kolom pencarian, setelah kita ketik salah satu nama pada kolom
> pencarian maka otomatis akan mengambil data dari database dan menginput
> data sesuai dengan nama yg dicari di Tabel Filter berdasarkan nama,
>
> Mohon kiranya dapat membantu, Terima Kasih Sebelumnya
>
> Best Regard
>
> Agam
>
>
>
Sat Dec 22, 2012 6:15 pm (PST) . Posted by:
"agam_tole@yahoo.com" agam_tole
Terima kasih pak Zainul.. Sdh memberikan alternatif menggunakan macro.. Alhamdulillah..
Regards
Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" <zainul_ulum@yahoo.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 22 Dec 2012 22:54:36
To: <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Filter data dari Database
Pak Agam,
Saya coba bantu tetapi dengan menggunakan macro.
'========================
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim rgCriteria As Range, rgData As Range, rgTarget As Range
Set rgCriteria = Range("I1:I2")
'jika sheet terfilter, tampilkan semua data
With ActiveSheet
If .FilterMode Then
.ShowAllData
End If
End With
'jika ada perubahan di range kriteria jalankan proses filter
If Not Intersect(Target, rgCriteria) Is Nothing Then
'block database yang akan difilter
Set rgData = Range("A2:G" & Range("A2").End(xlDown).Row)
rgData.AdvancedFilter xlFilterInPlace, rgCriteria
End If
End Sub
'==============
Silakan dicoba file terlampir.
Thanks
-zainul-
Pada 22 Desember 2012 15:20, agam Tole <agam_tole@yahoo.com > menulis:
Dear Master Excel,
Mohon bantuan untuk jalan keluar permasalahan saya dalam Pembuatan rumus
pada File terlampir..
Pada Kolom pencarian, setelah kita ketik salah satu nama pada kolom
pencarian maka otomatis akan mengambil data dari database dan menginput data
sesuai dengan nama yg dicari di Tabel Filter berdasarkan nama,
Mohon kiranya dapat membantu, Terima Kasih Sebelumnya
Best Regard
Agam
Regards
Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: "zainul_ulum[
Sender: belajar-excel@
Date: Sat, 22 Dec 2012 22:54:36
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: RE: [belajar-excel] Filter data dari Database
Pak Agam,
Saya coba bantu tetapi dengan menggunakan macro.
'===========
Private Sub Worksheet_Change(
Dim rgCriteria As Range, rgData As Range, rgTarget As Range
Set rgCriteria = Range("I1:I2"
'jika sheet terfilter, tampilkan semua data
With ActiveSheet
If .FilterMode Then
.ShowAllData
End If
End With
'jika ada perubahan di range kriteria jalankan proses filter
If Not Intersect(Target, rgCriteria) Is Nothing Then
'block database yang akan difilter
Set rgData = Range("A2:G" & Range("A2").
rgData.AdvancedFilt
End If
End Sub
'===========
Silakan dicoba file terlampir.
Thanks
-zainul-
Pada 22 Desember 2012 15:20, agam Tole <agam_tole@yahoo.
Dear Master Excel,
Mohon bantuan untuk jalan keluar permasalahan saya dalam Pembuatan rumus
pada File terlampir..
Pada Kolom pencarian, setelah kita ketik salah satu nama pada kolom
pencarian maka otomatis akan mengambil data dari database dan menginput data
sesuai dengan nama yg dicari di Tabel Filter berdasarkan nama,
Mohon kiranya dapat membantu, Terima Kasih Sebelumnya
Best Regard
Agam
Sat Dec 22, 2012 8:31 pm (PST) . Posted by:
"Imar Andre" baz.giglo
Thank's 3x
Wassalam
On 12/22/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > wrote:
> Bagaimana kalau dicoba begini :
> 1. yang dengan formula dulu
>>> coba ubah formula dari :
> =SUMIF($B$2:$C$96,K2,$C$2:$C$96)
> menjadi :
> =SUMIF($B$2:$C$96,*"<="&*K2,$C$2:$C$96)
>
> Mungkin lebih enak kalau di kolom baru saja yang diberi formula :
> =SUMIF($B$2:$C$96,*"<="&*K2,$C$2:$C$96)
>
> 2. dengan pivot table
>>> klik kanan sebuah nilai amount dalam pivot table -> pilih Value field
> setting
>>> tab summarize by pilih Sum
>>> tab show values as -> pilih Running total in -> pilih dari daftar field
> untuk field bernama Date -> OK sampai kembali ke worksheet
>
> Jika ingin mencoba diletakkan dikolom baru :
>>> drag nama field Amount ke bagian Values (jadi nanti ada 2 field amount
> dalam bagian values)
>>> klik kanan field amount yang baru saja di drag -> pilih Value field
> setting -> tab summarize : SUM -> tab show values as : Running total in
> untuk field dipilih Date
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/12/22 Imar Andre <imar.ap@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Om Kid, thank's solusinya, kalau di kolom L mau di buat jumlah
>> akumulasi apakah ada formula lain selain
>> =SUMIF($B$2:$C$96,K2,$C$2:$C$96)+L1
>>
>> Wassalam
>>
>>
>> On 12/22/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > wrote:
>> > Hai Imar,
>> >
>> > Ada banyak cara untuk menyusun summary seperti ini, antara lain :
>> > 1. Formula :
>> >>> misal hasil diletakkan pada kolom K (date) dan L (amount) dengan
>> >>> header
>> > di baris 1.
>> > -> Pada K1 tulis 1
>> > -> klik kanan K1 -> format cells -> tab Number -> Custom -> tulis :
>> > "Date"
>> > -> pada K2 pasang array formula : (jangan lupa CTRL SHIFT ENTER)
>> > =IF(N(K1),MIN(IF($B$2:$B$96>K1,$B$2:$B$96)),0)
>> > -> klik kanan K2 -> format cells -> tab Number -> Custom -> tulis :
>> > YYYY-MM-DD;; [bagian YYYY-MM-DD bisa diganti dengan
>> > format lain]
>> > -> copy K2 ke bawah sesuai kebutuhan
>> >>> untuk amount (kolom L), pada L2 diberi formula :
>> > =IF(K2,SUMIF($B$2:$B$96,K2,$C$2:$C$96),"")
>> > atur format numbernya dan copy ke bawah
>> >>> hati-hati jika :
>> > -> jumlah recordnya banyak, akan terasa lambat kalkulasinya karena
>> > array formula
>> > -> ada data kolom date yang tidak bertipe datetime, hasil array
>> > formula bisa salah
>> >
>> > 2. Pivot table
>> >>> blok datanya (termasuk header)
>> >>> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih area data -> pilih lokasi hasil
>> ->
>> > OK
>> >>> drag field Date ke bagian Rows, drag field Amount ke bagian Values
>> >
>> > Wassalam,
>> > Kid.
>> >
>> >
>> >
>> > 2012/12/22 Imar Andre <imar.ap@gmail.com >
>> >
>> >> **
>>
>> >>
>> >>
>> >> Be Exceler,
>> >>
>> >> Saya mempunyai masalah untuk men sort unique data,
>> >> Tabel data ada di kolom A:C sedangkan hasil yang di inginkan di kolom
>> >> G:H.
>> >>
>> >> Wassalam
>> >> --
>> >> imar
>> >>
>> >>
>> >
>>
>> --
>> imar
>>
>>
>>
>
--
imar
Wassalam
On 12/22/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> Bagaimana kalau dicoba begini :
> 1. yang dengan formula dulu
>>> coba ubah formula dari :
> =SUMIF($B$2:
> menjadi :
> =SUMIF($B$2:
>
> Mungkin lebih enak kalau di kolom baru saja yang diberi formula :
> =SUMIF($B$2:
>
> 2. dengan pivot table
>>> klik kanan sebuah nilai amount dalam pivot table -> pilih Value field
> setting
>>> tab summarize by pilih Sum
>>> tab show values as -> pilih Running total in -> pilih dari daftar field
> untuk field bernama Date -> OK sampai kembali ke worksheet
>
> Jika ingin mencoba diletakkan dikolom baru :
>>> drag nama field Amount ke bagian Values (jadi nanti ada 2 field amount
> dalam bagian values)
>>> klik kanan field amount yang baru saja di drag -> pilih Value field
> setting -> tab summarize : SUM -> tab show values as : Running total in
> untuk field dipilih Date
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/12/22 Imar Andre <imar.ap@gmail.
>
>> **
>>
>>
>> Om Kid, thank's solusinya, kalau di kolom L mau di buat jumlah
>> akumulasi apakah ada formula lain selain
>> =SUMIF($B$2:
>>
>> Wassalam
>>
>>
>> On 12/22/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>> > Hai Imar,
>> >
>> > Ada banyak cara untuk menyusun summary seperti ini, antara lain :
>> > 1. Formula :
>> >>> misal hasil diletakkan pada kolom K (date) dan L (amount) dengan
>> >>> header
>> > di baris 1.
>> > -> Pada K1 tulis 1
>> > -> klik kanan K1 -> format cells -> tab Number -> Custom -> tulis :
>> > "Date"
>> > -> pada K2 pasang array formula : (jangan lupa CTRL SHIFT ENTER)
>> > =IF(N(K1),MIN(
>> > -> klik kanan K2 -> format cells -> tab Number -> Custom -> tulis :
>> > YYYY-MM-DD;; [bagian YYYY-MM-DD bisa diganti dengan
>> > format lain]
>> > -> copy K2 ke bawah sesuai kebutuhan
>> >>> untuk amount (kolom L), pada L2 diberi formula :
>> > =IF(K2,SUMIF(
>> > atur format numbernya dan copy ke bawah
>> >>> hati-hati jika :
>> > -> jumlah recordnya banyak, akan terasa lambat kalkulasinya karena
>> > array formula
>> > -> ada data kolom date yang tidak bertipe datetime, hasil array
>> > formula bisa salah
>> >
>> > 2. Pivot table
>> >>> blok datanya (termasuk header)
>> >>> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih area data -> pilih lokasi hasil
>> ->
>> > OK
>> >>> drag field Date ke bagian Rows, drag field Amount ke bagian Values
>> >
>> > Wassalam,
>> > Kid.
>> >
>> >
>> >
>> > 2012/12/22 Imar Andre <imar.ap@gmail.
>> >
>> >> **
>>
>> >>
>> >>
>> >> Be Exceler,
>> >>
>> >> Saya mempunyai masalah untuk men sort unique data,
>> >> Tabel data ada di kolom A:C sedangkan hasil yang di inginkan di kolom
>> >> G:H.
>> >>
>> >> Wassalam
>> >> --
>> >> imar
>> >>
>> >>
>> >
>>
>> --
>> imar
>>
>>
>>
>
--
imar
Sat Dec 22, 2012 8:31 pm (PST) . Posted by:
"Imar Andre" baz.giglo
Be Exceler
Saya mempunyai contoh form input sederhana, file asli
FormSheetEditOpt.xls, perubahan yang di inginkan ada pada file
FormSheetEditOpt(Mod).xls, kolom data di tambah dan pada sheet input
ada penambahan kolom untuk inputnya, mohon solusinya?
Wassalam
--
imar
Saya mempunyai contoh form input sederhana, file asli
FormSheetEditOpt.
FormSheetEditOpt(
ada penambahan kolom untuk inputnya, mohon solusinya?
Wassalam
--
imar
Sat Dec 22, 2012 9:45 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Imar,
Sepertinya, proses copas yang harus dilakukan 2 kali (pertama untuk mycopy
dan kedua untuk kolom tambahan) baru berisi copas untuk mycopy saja :
myCopy.Copy
.Cells(lRecRow, 3).PasteSpecial Paste:=xlPasteValues,
Transpose:=True
untuk copas kolom tambahan : (ditambahkan setelah bagian copas mycopy)
'data sheet input *5 kolom dikanan mycopy*
'paste ke tujuan mulai kolom ke-9 (kolom i) pada baris yang sama
dengan lokasi paste mycopy
myCopy*.offset(0,5)*.Copy
.Cells(lRecRow, 9).PasteSpecial Paste:=xlPasteValues,
Transpose:=True
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Imar Andre <imar.ap@gmail.com >
> **
>
>
> Be Exceler
>
> Saya mempunyai contoh form input sederhana, file asli
> FormSheetEditOpt.xls, perubahan yang di inginkan ada pada file
> FormSheetEditOpt(Mod).xls, kolom data di tambah dan pada sheet input
> ada penambahan kolom untuk inputnya, mohon solusinya?
>
> Wassalam
>
> --
> imar
>
>
Sepertinya, proses copas yang harus dilakukan 2 kali (pertama untuk mycopy
dan kedua untuk kolom tambahan) baru berisi copas untuk mycopy saja :
myCopy.Copy
.Cells(lRecRow, 3).PasteSpecial Paste:=xlPasteValue
Transpose:=True
untuk copas kolom tambahan : (ditambahkan setelah bagian copas mycopy)
'data sheet input *5 kolom dikanan mycopy*
'paste ke tujuan mulai kolom ke-9 (kolom i) pada baris yang sama
dengan lokasi paste mycopy
myCopy*.offset(
.Cells(lRecRow, 9).PasteSpecial Paste:=xlPasteValue
Transpose:=True
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Imar Andre <imar.ap@gmail.
> **
>
>
> Be Exceler
>
> Saya mempunyai contoh form input sederhana, file asli
> FormSheetEditOpt.
> FormSheetEditOpt(
> ada penambahan kolom untuk inputnya, mohon solusinya?
>
> Wassalam
>
> --
> imar
>
>
Sun Dec 23, 2012 2:09 am (PST) . Posted by:
"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
Dear Mr. Kid
Terima kasih sebelumnya telah memberi suatu solusi tentang pengisian data vba akan saya pelajari dulu Mr. kid.
Terima kasih sebelumnya telah memberi suatu solusi tentang pengisian data vba akan saya pelajari dulu Mr. kid.
Sun Dec 23, 2012 2:10 am (PST) . Posted by:
"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
Sore BeExceller
mohon petunjuknya master excel semuanya saya ada problem di coding vba untuk pengisisan data di sheet FORM_isi contohnya:
bahasa coding untuk menambah field setelah field PY karena ada sekitar 28 field lagi yang akan diisi sesuai dengan format pengisian pada sheet FORM_isi. untuk data yang akan di isi ada di sheet Data_2.(file terlampir)
Mohon bantuannya para master excel..
Regards
Andree
mohon petunjuknya master excel semuanya saya ada problem di coding vba untuk pengisisan data di sheet FORM_isi contohnya:
bahasa coding untuk menambah field setelah field PY karena ada sekitar 28 field lagi yang akan diisi sesuai dengan format pengisian pada sheet FORM_isi. untuk data yang akan di isi ada di sheet Data_2.(file terlampir)
Mohon bantuannya para master excel..
Regards
Andree
Sun Dec 23, 2012 4:15 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Mohon tidak cc ke akun lain lagi.
Hai Andree,
Coba file terlampir.
Wasssalam,
Kid.
2012/12/23 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com >
> **
>
>
> Sore BeExceller
>
> mohon petunjuknya master excel semuanya saya ada problem di coding vba
> untuk pengisisan data di sheet FORM_isi contohnya:
> bahasa coding untuk menambah field setelah field PY karena ada sekitar 28
> field lagi yang akan diisi sesuai dengan format pengisian pada sheet
> FORM_isi. untuk data yang akan di isi ada di sheet Data_2.(file terlampir)
> Mohon bantuannya para master excel..
>
> Regards
>
> Andree
>
>
>
Hai Andree,
Coba file terlampir.
Wasssalam,
Kid.
2012/12/23 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_
> **
>
>
> Sore BeExceller
>
> mohon petunjuknya master excel semuanya saya ada problem di coding vba
> untuk pengisisan data di sheet FORM_isi contohnya:
> bahasa coding untuk menambah field setelah field PY karena ada sekitar 28
> field lagi yang akan diisi sesuai dengan format pengisian pada sheet
> FORM_isi. untuk data yang akan di isi ada di sheet Data_2.(file terlampir)
> Mohon bantuannya para master excel..
>
> Regards
>
> Andree
>
>
>
Sun Dec 23, 2012 4:04 am (PST) . Posted by:
"Indra Psr" indra_psr
Dear All,
Sebelumnya terimakasih untuk Mr. Kid atas pengarahan sebelumnya,
& mohon izin kembali menggunakan filenya "excel to access" yg di
gabungkan dgn milik Alm. Mabrur "Login Form v2",
Saya ada kesulitan ketika mencoba menggabungkan 2 file tersebut,
setelah masukin user: "tes" & pass: "tes" (tanpa tanda petik), masuk
ke sheet: "cust", sampai disini udah ok. Tapi, ketika mau update data
ke access, setelah tekan "masukan data ke db1", yang ada malah muncul
tampilan error & data tak terinput.. Apakah bisa di perbaiki? mohon
petunjuknya, terimakasih..
File terlampir,
User: tes
Pass: tes
BR,
Indra
Sebelumnya terimakasih untuk Mr. Kid atas pengarahan sebelumnya,
& mohon izin kembali menggunakan filenya "excel to access" yg di
gabungkan dgn milik Alm. Mabrur "Login Form v2",
Saya ada kesulitan ketika mencoba menggabungkan 2 file tersebut,
setelah masukin user: "tes" & pass: "tes" (tanpa tanda petik), masuk
ke sheet: "cust", sampai disini udah ok. Tapi, ketika mau update data
ke access, setelah tekan "masukan data ke db1", yang ada malah muncul
tampilan error & data tak terinput.. Apakah bisa di perbaiki? mohon
petunjuknya, terimakasih.
File terlampir,
User: tes
Pass: tes
BR,
Indra
Sun Dec 23, 2012 4:22 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Indra,
Penggunaan ADO Object membutuhkan referensi ke MDAC (Ms Data Access
Component) seperti Ms ActiveX Data Object (Ms ADO)
Coba pada VBE ditambahkan referensi ke Ms ActiveX Data Object versi berapa
saja yang dimiliki yang kemungkinan ada di komputer user kelak.
Cara :
ke VBE -> menu Tools -> References -> cari item Ms ActiveX Data Object
versi 2.7 -> centang item tersebut -> OK sampai kembali ke VBE -> Save
workbook.
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Indra Psr <indra.psr@gmail.com >
> **
>
>
> Dear All,
>
> Sebelumnya terimakasih untuk Mr. Kid atas pengarahan sebelumnya,
> & mohon izin kembali menggunakan filenya "excel to access" yg di
> gabungkan dgn milik Alm. Mabrur "Login Form v2",
>
> Saya ada kesulitan ketika mencoba menggabungkan 2 file tersebut,
> setelah masukin user: "tes" & pass: "tes" (tanpa tanda petik), masuk
> ke sheet: "cust", sampai disini udah ok. Tapi, ketika mau update data
> ke access, setelah tekan "masukan data ke db1", yang ada malah muncul
> tampilan error & data tak terinput.. Apakah bisa di perbaiki? mohon
> petunjuknya, terimakasih..
>
> File terlampir,
> User: tes
> Pass: tes
>
> BR,
>
> Indra
>
>
Penggunaan ADO Object membutuhkan referensi ke MDAC (Ms Data Access
Component) seperti Ms ActiveX Data Object (Ms ADO)
Coba pada VBE ditambahkan referensi ke Ms ActiveX Data Object versi berapa
saja yang dimiliki yang kemungkinan ada di komputer user kelak.
Cara :
ke VBE -> menu Tools -> References -> cari item Ms ActiveX Data Object
versi 2.7 -> centang item tersebut -> OK sampai kembali ke VBE -> Save
workbook.
Wassalam,
Kid.
2012/12/23 Indra Psr <indra.psr@gmail.
> **
>
>
> Dear All,
>
> Sebelumnya terimakasih untuk Mr. Kid atas pengarahan sebelumnya,
> & mohon izin kembali menggunakan filenya "excel to access" yg di
> gabungkan dgn milik Alm. Mabrur "Login Form v2",
>
> Saya ada kesulitan ketika mencoba menggabungkan 2 file tersebut,
> setelah masukin user: "tes" & pass: "tes" (tanpa tanda petik), masuk
> ke sheet: "cust", sampai disini udah ok. Tapi, ketika mau update data
> ke access, setelah tekan "masukan data ke db1", yang ada malah muncul
> tampilan error & data tak terinput.. Apakah bisa di perbaiki? mohon
> petunjuknya, terimakasih.
>
> File terlampir,
> User: tes
> Pass: tes
>
> BR,
>
> Indra
>
>
Sun Dec 23, 2012 4:45 am (PST) . Posted by:
"Imar Andre" baz.giglo
Dear All
Mengapa Microsoft Forms 2.0 Object Library yang sudah di centang tidak
bisa permanent, bahkan hanya berlaku pada file yang aktif pada waktu
di centang ?
--
imar
Mengapa Microsoft Forms 2.0 Object Library yang sudah di centang tidak
bisa permanent, bahkan hanya berlaku pada file yang aktif pada waktu
di centang ?
--
imar
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar