15 Messages
Digest #3146
3a
Bls: Re: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal [ by "hartini dewi" hartini_80
5a
Re: memunculkan hasil dari sheet yang berbeda (mods : lookup tengok by "Lefthanded Ballerina" bloody_kimono
6b
Bls: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal [1 At by "hartini dewi" hartini_80
Messages
Mon Oct 20, 2014 3:32 am (PDT) . Posted by:
"Samsudin"
Assalmu'alaikum Wr. Wb.
Terima kasih Pak Bagus atas pencerahannya dan untuk soal kedua maksudnya saya adalah jika kita memiliki data (misal code unit) yang sudah kita set, tetapi kadang oleh admin menginputnya tidak sesuai dengan code unit yang sudah di setting tadi, maka bagaimana formulanya supaya data yang diketik oleh admin bisa diubah secara otomatis dengan data yang sudah di setting tadi. (file sheet6)
Walikum Salam Wr. Wb,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFEC7E.E7D93540] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, October 20, 2014 3:40 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris
Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu.
Pak Samsudin;
Utk soal no. 1, coba begini:
=INDEX($D$3:$AH$12,MATCH($B$14,$B$3:$B$12,0),MATCH(DAY(B15),$D$2:$AH$2,0))
Copas kebawah
Utk soal no. 2, misal data mulai A2
=SUBSTITUTE(A2,"-"," ")
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Samsudin samsudin@bayan.com.sg [belajar-excel]<mailto:samsudin@bayan.com.sg%20[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, October 20, 2014 12:32 PM
Subject: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris [1 Attachment]
Assalmu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannya :
1. Bagaimana caranya membuat formula untuk mengubah data berbentuk kolom menjadi baris atau sebaliknya.
2. Bagaimana caranya membuat formula agar salah kolom (misal code unit) menjadi sesuai dengan kolom yang dikehendaki, misal Tertulis LV-TRT-60 tetapi yang kita kehendaki LV TRT 60 :
DATA TERINPUT
TULISAN YG DIKEHENDAKI
LV-TRT-66
LV TRT 60
PUL200-50
PUL200 50
PUL200-51
PUL200 51
PC200-02
PC200 02
HM-07
ADT HM400 07
HM-08
ADT HM400 07
BD85-04
BD85 04
TJ-01 JHONDEER
TJ 01
EXC45-19
EXH45 19
MG705A
MG705 01
Walikum Salam Wr. Wb,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFEC7E.E7D93540] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, October 20, 2014 8:37 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: RE: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat
Assallamualaikum wr.wb,
Coba rumus ini,
=IF(AND(F2="",G2=""),"Not OK",IF(G2<>"","OK",IF(F2<>"","Kolom G harus diisi","Not OK")))
Semoga sesuai keinginan.
Suyono
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Sunday, October 19, 2014 12:35 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat [1 Attachment]
Assallamualaikum wr.wb,
Master Excell,
saya memiliki data, menggunakan rumus if. tetapi saya mempunyai kendala.
pada kolom F setiap cell nya saya beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom F muncul keterangan di kolom I yaitu
"Kolom G Harus di Isi"
dan pada kolom G saya juga beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom G muncul keterangan di kolom I Juga
dengan keterangan jika kolom G dipilih maka keterangannya "OK" jika Tidak maka "Not OK.
saya menggunakan rumus If dan if bertingkat, tetapi masih error...
mohon diberi petunjuknya ya master Excell
Wassalam,
Kausar
----------------------------------------------------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
----------------------------------------------------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
Terima kasih Pak Bagus atas pencerahannya dan untuk soal kedua maksudnya saya adalah jika kita memiliki data (misal code unit) yang sudah kita set, tetapi kadang oleh admin menginputnya tidak sesuai dengan code unit yang sudah di setting tadi, maka bagaimana formulanya supaya data yang diketik oleh admin bisa diubah secara otomatis dengan data yang sudah di setting tadi. (file sheet6)
Walikum Salam Wr. Wb,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFEC7E.E7D93540] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, October 20, 2014 3:40 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris
Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu.
Pak Samsudin;
Utk soal no. 1, coba begini:
=INDEX($D$3:$AH$12,MATCH($B$14,$B$3:$B$12,0),MATCH(DAY(B15),$D$2:$AH$2,0))
Copas kebawah
Utk soal no. 2, misal data mulai A2
=SUBSTITUTE(A2,"-"," ")
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Samsudin samsudin@bayan.com.sg [belajar-excel]<mailto:samsudin@bayan.com.sg%20[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, October 20, 2014 12:32 PM
Subject: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris [1 Attachment]
Assalmu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannya :
1. Bagaimana caranya membuat formula untuk mengubah data berbentuk kolom menjadi baris atau sebaliknya.
2. Bagaimana caranya membuat formula agar salah kolom (misal code unit) menjadi sesuai dengan kolom yang dikehendaki, misal Tertulis LV-TRT-60 tetapi yang kita kehendaki LV TRT 60 :
DATA TERINPUT
TULISAN YG DIKEHENDAKI
LV-TRT-66
LV TRT 60
PUL200-50
PUL200 50
PUL200-51
PUL200 51
PC200-02
PC200 02
HM-07
ADT HM400 07
HM-08
ADT HM400 07
BD85-04
BD85 04
TJ-01 JHONDEER
TJ 01
EXC45-19
EXH45 19
MG705A
MG705 01
Walikum Salam Wr. Wb,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFEC7E.E7D93540] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, October 20, 2014 8:37 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: RE: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat
Assallamualaikum wr.wb,
Coba rumus ini,
=IF(AND(F2="",G2=""),"Not OK",IF(G2<>"","OK",IF(F2<>"","Kolom G harus diisi","Not OK")))
Semoga sesuai keinginan.
Suyono
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Sunday, October 19, 2014 12:35 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat [1 Attachment]
Assallamualaikum wr.wb,
Master Excell,
saya memiliki data, menggunakan rumus if. tetapi saya mempunyai kendala.
pada kolom F setiap cell nya saya beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom F muncul keterangan di kolom I yaitu
"Kolom G Harus di Isi"
dan pada kolom G saya juga beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom G muncul keterangan di kolom I Juga
dengan keterangan jika kolom G dipilih maka keterangannya "OK" jika Tidak maka "Not OK.
saya menggunakan rumus If dan if bertingkat, tetapi masih error...
mohon diberi petunjuknya ya master Excell
Wassalam,
Kausar
------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
Mon Oct 20, 2014 5:11 pm (PDT) . Posted by:
"Samsudin"
Assalmu'alaikum Wr. Wb.
Mas Kid yang ganteng terima kasih atas pencerahannya dan sangat bermanfaat, memang benar kadang kita kesulitan menerima laporan dari admin yang cara penulisan yang sudah ditetapkan tetapi mereka tidak konsisten dalam penulisan format huruf maupun bentuk tulisannya, sehingga kita kesulitan untuk membuat laporan yang up date tanpa perlu melihat/mengamati bentuk tulisannya karena formula excel tidak dapat bisa membaca jika bentuk tulisannya tidak sama dengan standar yang telah dibuat.
Mungkin apakah ada caranya agar pada saat menginput data entry (misal code unit) pada salah satu kolom, formatnya akan mengikuti format yang telah ditentukan pada sheet data atau kolom data yang sudah diformat, tetapi tidak menggunakan formula data validation.
Hormat saya,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFECF6.FE8E6AD0] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, October 20, 2014 4:07 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pak Samsudin,
Dengan meminjam formula mas Bagus untuk nomor 1, bisa juga dengan array blok 31 cells (31 baris x 1 kolom) ketika data sumber selalu dimulai dari 1 sampai tanggal 31
formula :
a. blok cell pertama hasil sampai total 31 cells hasil (31 baris x 1 kolom)
b. tulis formula (jangan tekan ENTER atau pindah ke cell lain ya, cukup tulis saja )
=IFError( Transpose( INDEX($D$3:$AH$12,MATCH($B$14,$B$3:$B$12,0) , 0 ) ) ,0)
c. sekarang tekan bersamaan tombol berikut : CTRL SHIFT ENTER supaya formula di atas menjadi array formula.
Untuk nomor 2, imho, sebaiknya dibuat tabel referensi disebuah sheet. Misal sheet bernama Daftar
Di sheet bernama daftar, cell A1 diisi bunyi CaraPenulisan
dan cell B1 diisi bunyi StandarPenulisan
(jadi baris 1 sebagai header tabel)
Mulai baris 2, diisi setiap cara penulisan sebuah item beserta standar teks penulisannya.
Misal, item yang standar penulisannya ADT HM400 07
biasa ditulis oleh user (di-input oleh user) dengan bunyi tulisan :
Kid Ganteng
HM-07
HM-08
Ha embuh
maka di cell A2 sampai A4 diisi teks di atas
Di cell B2 sampai B4 diisi teks yang sama berbunyi ADT HM400 07
Begini bentuknya :
CaraPenulisan StandarPenulisan
Kid Ganteng ADT HM400 07
HM-07 ADT HM400 07
HM-08 ADT HM400 07
Ha embuh ADT HM400 07
Untuk item lainnya, tinggal ditambahkan dibaris selanjutnya. Anggap saja lengkapnya, sheet daftar berisi data dari A1:B1000 (baris 1 header).
Di cell hasil disheet inputan user, bisa pakai formula vlookup (pinjem formula mas Bagus lagi untuk rujukan cell data inputnya)
=vLookUp( A2 , 'Daftar'!$a$1:$b$1000 , 2 , 0 )
copy kebawah deh
fyi,
Pembuatan tabel referensi seperti diatas itu sangat membosankan dan biasanya dihindari oleh pengguna Excel yang ndak mau untuk mudeng olah data.
Excel tidak bisa tahu dari data berbunyi HM-07 kok bisa jadi ADT HM400 07
Excel disuruh pakai kemenyan segudang dan kembang sepulau juga gak akan bisa menemukan hubungan kenapa kok HM-07 menjadi ADT HM400 07
Relasi antara keduanya adalah dengan tabel referensi yang membosankan di atas.
so...
pilihannya ada 2, yaitu :
1. atur si user supaya menginput dengan standar tertentu dan kalau bisa sediakan tools untuk user agar bisa lebih mudah menginput yang sesuai standar
atau
2. buat tabel referensi seperti di atas dan bersibuklah meng-update tabel referensi. (update data seperti tabel referensi ini bukanlah hal yang mudah, karena yang ditutuntut bukan lah bisa menyusun tabel referensinya, tapi konsistensi dalam meng-update data.)
Sesungguhnya konsistensi itu suatu yang sulit, kecuali....
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-10-20 18:39 GMT+11:00 'Bagus' bagus@kingjim.co.id<mailto:bagus@kingjim.co.id> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu.
Pak Samsudin;
Utk soal no. 1, coba begini:
=INDEX($D$3:$AH$12,MATCH($B$14,$B$3:$B$12,0),MATCH(DAY(B15),$D$2:$AH$2,0))
Copas kebawah
Utk soal no. 2, misal data mulai A2
=SUBSTITUTE(A2,"-"," ")
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Samsudin samsudin@bayan.com.sg [belajar-excel]<mailto:samsudin@bayan.com.sg+[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, October 20, 2014 12:32 PM
Subject: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris [1 Attachment]
Assalmu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannya :
1. Bagaimana caranya membuat formula untuk mengubah data berbentuk kolom menjadi baris atau sebaliknya.
2. Bagaimana caranya membuat formula agar salah kolom (misal code unit) menjadi sesuai dengan kolom yang dikehendaki, misal Tertulis LV-TRT-60 tetapi yang kita kehendaki LV TRT 60 :
DATA TERINPUT
TULISAN YG DIKEHENDAKI
LV-TRT-66
LV TRT 60
PUL200-50
PUL200 50
PUL200-51
PUL200 51
PC200-02
PC200 02
HM-07
ADT HM400 07
HM-08
ADT HM400 07
BD85-04
BD85 04
TJ-01 JHONDEER
TJ 01
EXC45-19
EXH45 19
MG705A
MG705 01
Walikum Salam Wr. Wb,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFECF6.FE8E6AD0] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>]
Sent: Monday, October 20, 2014 8:37 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: RE: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat
Assallamualaikum wr.wb,
Coba rumus ini,
=IF(AND(F2="",G2=""),"Not OK",IF(G2<>"","OK",IF(F2<>"","Kolom G harus diisi","Not OK")))
Semoga sesuai keinginan.
Suyono
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Sunday, October 19, 2014 12:35 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat [1 Attachment]
Assallamualaikum wr.wb,
Master Excell,
saya memiliki data, menggunakan rumus if. tetapi saya mempunyai kendala.
pada kolom F setiap cell nya saya beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom F muncul keterangan di kolom I yaitu
"Kolom G Harus di Isi"
dan pada kolom G saya juga beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom G muncul keterangan di kolom I Juga
dengan keterangan jika kolom G dipilih maka keterangannya "OK" jika Tidak maka "Not OK.
saya menggunakan rumus If dan if bertingkat, tetapi masih error...
mohon diberi petunjuknya ya master Excell
Wassalam,
Kausar
----------------------------------------------------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
----------------------------------------------------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
Mas Kid yang ganteng terima kasih atas pencerahannya dan sangat bermanfaat, memang benar kadang kita kesulitan menerima laporan dari admin yang cara penulisan yang sudah ditetapkan tetapi mereka tidak konsisten dalam penulisan format huruf maupun bentuk tulisannya, sehingga kita kesulitan untuk membuat laporan yang up date tanpa perlu melihat/mengamati bentuk tulisannya karena formula excel tidak dapat bisa membaca jika bentuk tulisannya tidak sama dengan standar yang telah dibuat.
Mungkin apakah ada caranya agar pada saat menginput data entry (misal code unit) pada salah satu kolom, formatnya akan mengikuti format yang telah ditentukan pada sheet data atau kolom data yang sudah diformat, tetapi tidak menggunakan formula data validation.
Hormat saya,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFECF6.FE8E6AD0] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, October 20, 2014 4:07 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pak Samsudin,
Dengan meminjam formula mas Bagus untuk nomor 1, bisa juga dengan array blok 31 cells (31 baris x 1 kolom) ketika data sumber selalu dimulai dari 1 sampai tanggal 31
formula :
a. blok cell pertama hasil sampai total 31 cells hasil (31 baris x 1 kolom)
b. tulis formula (jangan tekan ENTER atau pindah ke cell lain ya, cukup tulis saja )
=IFError( Transpose( INDEX($D$3:$AH$12,MATCH($B$14,$B$3:$B$12,0) , 0 ) ) ,0)
c. sekarang tekan bersamaan tombol berikut : CTRL SHIFT ENTER supaya formula di atas menjadi array formula.
Untuk nomor 2, imho, sebaiknya dibuat tabel referensi disebuah sheet. Misal sheet bernama Daftar
Di sheet bernama daftar, cell A1 diisi bunyi CaraPenulisan
dan cell B1 diisi bunyi StandarPenulisan
(jadi baris 1 sebagai header tabel)
Mulai baris 2, diisi setiap cara penulisan sebuah item beserta standar teks penulisannya.
Misal, item yang standar penulisannya ADT HM400 07
biasa ditulis oleh user (di-input oleh user) dengan bunyi tulisan :
Kid Ganteng
HM-07
HM-08
Ha embuh
maka di cell A2 sampai A4 diisi teks di atas
Di cell B2 sampai B4 diisi teks yang sama berbunyi ADT HM400 07
Begini bentuknya :
CaraPenulisan StandarPenulisan
Kid Ganteng ADT HM400 07
HM-07 ADT HM400 07
HM-08 ADT HM400 07
Ha embuh ADT HM400 07
Untuk item lainnya, tinggal ditambahkan dibaris selanjutnya. Anggap saja lengkapnya, sheet daftar berisi data dari A1:B1000 (baris 1 header).
Di cell hasil disheet inputan user, bisa pakai formula vlookup (pinjem formula mas Bagus lagi untuk rujukan cell data inputnya)
=vLookUp( A2 , 'Daftar'!$a$1:$b$1000 , 2 , 0 )
copy kebawah deh
fyi,
Pembuatan tabel referensi seperti diatas itu sangat membosankan dan biasanya dihindari oleh pengguna Excel yang ndak mau untuk mudeng olah data.
Excel tidak bisa tahu dari data berbunyi HM-07 kok bisa jadi ADT HM400 07
Excel disuruh pakai kemenyan segudang dan kembang sepulau juga gak akan bisa menemukan hubungan kenapa kok HM-07 menjadi ADT HM400 07
Relasi antara keduanya adalah dengan tabel referensi yang membosankan di atas.
so...
pilihannya ada 2, yaitu :
1. atur si user supaya menginput dengan standar tertentu dan kalau bisa sediakan tools untuk user agar bisa lebih mudah menginput yang sesuai standar
atau
2. buat tabel referensi seperti di atas dan bersibuklah meng-update tabel referensi. (update data seperti tabel referensi ini bukanlah hal yang mudah, karena yang ditutuntut bukan lah bisa menyusun tabel referensinya, tapi konsistensi dalam meng-update data.)
Sesungguhnya konsistensi itu suatu yang sulit, kecuali....
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-10-20 18:39 GMT+11:00 'Bagus' bagus@kingjim.co.id<mailto:bagus@kingjim.co.id> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu.
Pak Samsudin;
Utk soal no. 1, coba begini:
=INDEX($D$3:$AH$12,MATCH($B$14,$B$3:$B$12,0),MATCH(DAY(B15),$D$2:$AH$2,0))
Copas kebawah
Utk soal no. 2, misal data mulai A2
=SUBSTITUTE(A2,"-"," ")
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Samsudin samsudin@bayan.com.sg [belajar-excel]<mailto:samsudin@bayan.com.sg+[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, October 20, 2014 12:32 PM
Subject: [belajar-excel] Cara mengubah data kolom menjadi baris [1 Attachment]
Assalmu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannya :
1. Bagaimana caranya membuat formula untuk mengubah data berbentuk kolom menjadi baris atau sebaliknya.
2. Bagaimana caranya membuat formula agar salah kolom (misal code unit) menjadi sesuai dengan kolom yang dikehendaki, misal Tertulis LV-TRT-60 tetapi yang kita kehendaki LV TRT 60 :
DATA TERINPUT
TULISAN YG DIKEHENDAKI
LV-TRT-66
LV TRT 60
PUL200-50
PUL200 50
PUL200-51
PUL200 51
PC200-02
PC200 02
HM-07
ADT HM400 07
HM-08
ADT HM400 07
BD85-04
BD85 04
TJ-01 JHONDEER
TJ 01
EXC45-19
EXH45 19
MG705A
MG705 01
Walikum Salam Wr. Wb,
Samsudin, ST
P&M Dept Head
[cid:image001.jpg@01CFECF6.FE8E6AD0] PT. GUNUNGBAYAN PRATAMACOAL (Bayan Group Resources)
O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg<mailto:samsudin@bayan.com.sg>
P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's really necessary. Go Green !!!
ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>]
Sent: Monday, October 20, 2014 8:37 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: RE: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat
Assallamualaikum wr.wb,
Coba rumus ini,
=IF(AND(F2="",G2=""),"Not OK",IF(G2<>"","OK",IF(F2<>"","Kolom G harus diisi","Not OK")))
Semoga sesuai keinginan.
Suyono
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Sunday, October 19, 2014 12:35 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] IF banyak kondisi dan bertingkat [1 Attachment]
Assallamualaikum wr.wb,
Master Excell,
saya memiliki data, menggunakan rumus if. tetapi saya mempunyai kendala.
pada kolom F setiap cell nya saya beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom F muncul keterangan di kolom I yaitu
"Kolom G Harus di Isi"
dan pada kolom G saya juga beri data validation, pada saat saya pilih data validation di kolom G muncul keterangan di kolom I Juga
dengan keterangan jika kolom G dipilih maka keterangannya "OK" jika Tidak maka "Not OK.
saya menggunakan rumus If dan if bertingkat, tetapi masih error...
mohon diberi petunjuknya ya master Excell
Wassalam,
Kausar
------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
------------
This message (including any attachments) contains confidential information intended
for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
with its email use policy.
Mon Oct 20, 2014 3:48 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba ganti ,2 dengan ,1
Pastikan rujukan untuk data validation list adalah 1 kolom.
Jika ingin data validation merujuk ke-2 kolom atau lebih
(tapi, apa gunanya ya kalau merujuk lebih dari 1 kolom, entahlah, mungkin
berguna)
maka buat sebuah nama range yang merujuk ke satu kolom saja, pasang di data
validation, ubah rujukan nama range tadi menjadi sebanyak kolom yang
dibutuhkan.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 19:16 GMT+11:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear para Master Excel,
>
> Mohon saran dan bantuannya dong, saya sedang buat validasi data untuk drop
> down list dari sumber dua tabel. tapi setelah di input source nya kedalam
> validasi dengan item list dan di masukan range tabelnya, kok malah muncul
> warning seperti di file terlampir.
> mohon bantuannya dong para suhu, oh iya sebagai contoh pula saya masukkan
> data dengan refers to : offset(bantu!$B$6,0,0,counta(bantu!$B:$C ),2)
>
>
>
>
> Salam,
>
> Bams. T
>
>
>
Pastikan rujukan untuk data validation list adalah 1 kolom.
Jika ingin data validation merujuk ke-2 kolom atau lebih
(tapi, apa gunanya ya kalau merujuk lebih dari 1 kolom, entahlah, mungkin
berguna)
maka buat sebuah nama range yang merujuk ke satu kolom saja, pasang di data
validation, ubah rujukan nama range tadi menjadi sebanyak kolom yang
dibutuhkan.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 19:16 GMT+11:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear para Master Excel,
>
> Mohon saran dan bantuannya dong, saya sedang buat validasi data untuk drop
> down list dari sumber dua tabel. tapi setelah di input source nya kedalam
> validasi dengan item list dan di masukan range tabelnya, kok malah muncul
> warning seperti di file terlampir.
> mohon bantuannya dong para suhu, oh iya sebagai contoh pula saya masukkan
> data dengan refers to : offset(bantu!
>
>
>
>
> Salam,
>
> Bams. T
>
>
>
Mon Oct 20, 2014 8:14 pm (PDT) . Posted by:
"AKBAR Latif"
Assalamualaikum. wr wb
Dear Master Kid,
Sudah saya coba ganti dengan angka 1 namun tetap belum bisa sesuai harapan. mungkin master belum paham maksud yang saya gambarkan. berikut saya lampirkan file sebagai gambaran. bagaimana saya berharap bisa ada hasil drop down list muncul dengan no. id dan nama materialnya langsung untuk menghindari kesalahan ambil data.
source di ambil dari sheet master dan hasil validasi saya inginkan di sheet input harian.
mohon bantuannya ya master atau para senior lainnya yang ingin bantu saya.
Terima kasih,
Bams. T
Pada Senin, 20 Oktober 2014 17:49, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Coba ganti ,2 dengan ,1
Pastikan rujukan untuk data validation list adalah 1 kolom.
Jika ingin data validation merujuk ke-2 kolom atau lebih
(tapi, apa gunanya ya kalau merujuk lebih dari 1 kolom, entahlah, mungkin berguna)
maka buat sebuah nama range yang merujuk ke satu kolom saja, pasang di data validation, ubah rujukan nama range tadi menjadi sebanyak kolom yang dibutuhkan.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 19:16 GMT+11:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Dear para Master Excel,
>
>
>Mohon saran dan bantuannya dong, saya sedang buat validasi data untuk drop down list dari sumber dua tabel. tapi setelah di input source nya kedalam validasi dengan item list dan di masukan range tabelnya, kok malah muncul warning seperti di file terlampir.
>
>mohon bantuannya dong para suhu, oh iya sebagai contoh pula saya masukkan data dengan refers to : offset(bantu!$B$6,0,0,counta(bantu!$B:$C ),2)
>
>
>
>
>
>
>
>Salam,
>
>Bams. T
>
Dear Master Kid,
Sudah saya coba ganti dengan angka 1 namun tetap belum bisa sesuai harapan. mungkin master belum paham maksud yang saya gambarkan. berikut saya lampirkan file sebagai gambaran. bagaimana saya berharap bisa ada hasil drop down list muncul dengan no. id dan nama materialnya langsung untuk menghindari kesalahan ambil data.
source di ambil dari sheet master dan hasil validasi saya inginkan di sheet input harian.
mohon bantuannya ya master atau para senior lainnya yang ingin bantu saya.
Terima kasih,
Bams. T
Pada Senin, 20 Oktober 2014 17:49, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Coba ganti ,2 dengan ,1
Pastikan rujukan untuk data validation list adalah 1 kolom.
Jika ingin data validation merujuk ke-2 kolom atau lebih
(tapi, apa gunanya ya kalau merujuk lebih dari 1 kolom, entahlah, mungkin berguna)
maka buat sebuah nama range yang merujuk ke satu kolom saja, pasang di data validation, ubah rujukan nama range tadi menjadi sebanyak kolom yang dibutuhkan.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 19:16 GMT+11:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Dear para Master Excel,
>
>
>Mohon saran dan bantuannya dong, saya sedang buat validasi data untuk drop down list dari sumber dua tabel. tapi setelah di input source nya kedalam validasi dengan item list dan di masukan range tabelnya, kok malah muncul warning seperti di file terlampir.
>
>mohon bantuannya dong para suhu, oh iya sebagai contoh pula saya masukkan data dengan refers to : offset(bantu!
>
>
>
>
>
>
>
>Salam,
>
>Bams. T
>
Mon Oct 20, 2014 9:37 pm (PDT) . Posted by:
"Nang Agus"
File dibuat sesuai arahan Mas Kid
2014-10-21 10:00 GMT+07:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalamualaikum. wr wb
>
> Dear Master Kid,
>
> Sudah saya coba ganti dengan angka 1 namun tetap belum bisa sesuai
> harapan. mungkin master belum paham maksud yang saya gambarkan. berikut
> saya lampirkan file sebagai gambaran. bagaimana saya berharap bisa ada
> hasil drop down list muncul dengan no. id dan nama materialnya langsung
> untuk menghindari kesalahan ambil data.
>
> source di ambil dari sheet master dan hasil validasi saya inginkan di
> sheet input harian.
>
> mohon bantuannya ya master atau para senior lainnya yang ingin bantu saya.
>
> Terima kasih,
>
> Bams. T
>
>
> Pada Senin, 20 Oktober 2014 17:49, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Coba ganti ,2 dengan ,1
> Pastikan rujukan untuk data validation list adalah 1 kolom.
>
> Jika ingin data validation merujuk ke-2 kolom atau lebih
> (tapi, apa gunanya ya kalau merujuk lebih dari 1 kolom, entahlah, mungkin
> berguna)
> maka buat sebuah nama range yang merujuk ke satu kolom saja, pasang di
> data validation, ubah rujukan nama range tadi menjadi sebanyak kolom yang
> dibutuhkan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-10-20 19:16 GMT+11:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear para Master Excel,
>
> Mohon saran dan bantuannya dong, saya sedang buat validasi data untuk drop
> down list dari sumber dua tabel. tapi setelah di input source nya kedalam
> validasi dengan item list dan di masukan range tabelnya, kok malah muncul
> warning seperti di file terlampir.
> mohon bantuannya dong para suhu, oh iya sebagai contoh pula saya masukkan
> data dengan refers to : offset(bantu!$B$6,0,0,counta(bantu!$B:$C ),2)
>
>
>
>
> Salam,
>
> Bams. T
>
>
>
>
>
>
2014-10-21 10:00 GMT+07:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalamualaikum. wr wb
>
> Dear Master Kid,
>
> Sudah saya coba ganti dengan angka 1 namun tetap belum bisa sesuai
> harapan. mungkin master belum paham maksud yang saya gambarkan. berikut
> saya lampirkan file sebagai gambaran. bagaimana saya berharap bisa ada
> hasil drop down list muncul dengan no. id dan nama materialnya langsung
> untuk menghindari kesalahan ambil data.
>
> source di ambil dari sheet master dan hasil validasi saya inginkan di
> sheet input harian.
>
> mohon bantuannya ya master atau para senior lainnya yang ingin bantu saya.
>
> Terima kasih,
>
> Bams. T
>
>
> Pada Senin, 20 Oktober 2014 17:49, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Coba ganti ,2 dengan ,1
> Pastikan rujukan untuk data validation list adalah 1 kolom.
>
> Jika ingin data validation merujuk ke-2 kolom atau lebih
> (tapi, apa gunanya ya kalau merujuk lebih dari 1 kolom, entahlah, mungkin
> berguna)
> maka buat sebuah nama range yang merujuk ke satu kolom saja, pasang di
> data validation, ubah rujukan nama range tadi menjadi sebanyak kolom yang
> dibutuhkan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-10-20 19:16 GMT+11:00 AKBAR Latif bams_99999@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear para Master Excel,
>
> Mohon saran dan bantuannya dong, saya sedang buat validasi data untuk drop
> down list dari sumber dua tabel. tapi setelah di input source nya kedalam
> validasi dengan item list dan di masukan range tabelnya, kok malah muncul
> warning seperti di file terlampir.
> mohon bantuannya dong para suhu, oh iya sebagai contoh pula saya masukkan
> data dengan refers to : offset(bantu!
>
>
>
>
> Salam,
>
> Bams. T
>
>
>
>
>
>
Mon Oct 20, 2014 3:55 am (PDT) . Posted by:
"hartini dewi" hartini_80
Mas bagus,
Saya bru lihat filenya dr BB blm bisa kelihatan cara kerjanya, untuk yg kuning2 itu berarti dibuat begitu terus hingga karyawan terakhir ya mas? Panjang yo jadinya.
Untuk data finger printnya sendiri per karyawan per periode gaji yaitu contoh 16 sept -15 okt.
Jika menggunakan kode bantu begitu diketik lagi yo mas satu-satu....
Mohon pencerahannya...
Salam
Tiny
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Saya bru lihat filenya dr BB blm bisa kelihatan cara kerjanya, untuk yg kuning2 itu berarti dibuat begitu terus hingga karyawan terakhir ya mas? Panjang yo jadinya.
Untuk data finger printnya sendiri per karyawan per periode gaji yaitu contoh 16 sept -15 okt.
Jika menggunakan kode bantu begitu diketik lagi yo mas satu-satu...
Mohon pencerahannya.
Salam
Tiny
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Mon Oct 20, 2014 4:14 am (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Mbak Tiny;
Kolom bantu gak usah diketik satu-satu..
tinggal dicopy paste aja kebawah sampai baris terakhir..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, October 20, 2014 5:52 PM
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal
Mas bagus,
Saya bru lihat filenya dr BB blm bisa kelihatan cara kerjanya, untuk yg kuning2 itu berarti dibuat begitu terus hingga karyawan terakhir ya mas? Panjang yo jadinya.
Untuk data finger printnya sendiri per karyawan per periode gaji yaitu contoh 16 sept -15 okt.
Jika menggunakan kode bantu begitu diketik lagi yo mas satu-satu....
Mohon pencerahannya...
Salam
Tiny
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"'Bagus' bagus@kingjim.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Sen, 20 Okt 2014 pada 18:21
Judul:Re: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal [1 Attachment]
Mbak Tiny;
Pakai helper boleh ya...
Sila lihat file terlampir..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, October 20, 2014 4:13 PM
Subject: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal [1 Attachment]
Dear All,
mohon bantuannya dong, mungkin salah satu dari rekan semua pernah menemukan atau bekerja dengan data yang saya pertanyakan sekarang, Amsyong soalnya mengolah data yang ribuan #bagaimencarijarumditumpukanjerami.
di perusahaan saya menggunakan data dari mesin Finger Print (contoh data terdapat di sheet1) dan untuk sistem penggajian itu belum sepenuhnya menggunakan mesin finger tersebut, dalam artian masih upload manual. dan kami diharuskan memindahkan data yang di download dari mesin finger print menjadi data yang harus disajikan dalam Sheet2.
sekirannya rekan2 semua ada yang bisa share bagaimana carannya agar data yang ada di Sheet1 bisa disajikan menjadi data seperti di Sheet2.
Mohon pencerahannya....
Salam
Tiny
Kolom bantu gak usah diketik satu-satu..
tinggal dicopy paste aja kebawah sampai baris terakhir..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, October 20, 2014 5:52 PM
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal
Mas bagus,
Saya bru lihat filenya dr BB blm bisa kelihatan cara kerjanya, untuk yg kuning2 itu berarti dibuat begitu terus hingga karyawan terakhir ya mas? Panjang yo jadinya.
Untuk data finger printnya sendiri per karyawan per periode gaji yaitu contoh 16 sept -15 okt.
Jika menggunakan kode bantu begitu diketik lagi yo mas satu-satu....
Mohon pencerahannya...
Salam
Tiny
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Dari:"'Bagus' bagus@kingjim.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Sen, 20 Okt 2014 pada 18:21
Judul:Re: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal [1 Attachment]
Mbak Tiny;
Pakai helper boleh ya...
Sila lihat file terlampir..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, October 20, 2014 4:13 PM
Subject: [belajar-excel] Mengolah data vertikal menjadi horizontal [1 Attachment]
Dear All,
mohon bantuannya dong, mungkin salah satu dari rekan semua pernah menemukan atau bekerja dengan data yang saya pertanyakan sekarang, Amsyong soalnya mengolah data yang ribuan #bagaimencarijarumd
di perusahaan saya menggunakan data dari mesin Finger Print (contoh data terdapat di sheet1) dan untuk sistem penggajian itu belum sepenuhnya menggunakan mesin finger tersebut, dalam artian masih upload manual. dan kami diharuskan memindahkan data yang di download dari mesin finger print menjadi data yang harus disajikan dalam Sheet2.
sekirannya rekan2 semua ada yang bisa share bagaimana carannya agar data yang ada di Sheet1 bisa disajikan menjadi data seperti di Sheet2.
Mohon pencerahannya.
Salam
Tiny
Mon Oct 20, 2014 4:20 am (PDT) . Posted by:
"Lefthanded Ballerina" bloody_kimono
Terima kasih om dede dan om alwi atas bantuannya.
:)
On Monday, October 20, 2014 2:10 PM, "alwi.abdurrahman@icbp.indofood.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Dear Ballerina ,
Coba dengan memasukkan Formula sbb :
=INDEX(Sheet1!$D$2:$D$26;MATCH(Sheet2!$G3;Sheet1!$N$2:$N$26;0);1)
Kemudian di COPAS ke bawah pada kolom
Sheet2.
Thanks
Regards
Alwi Abdurrahman
Noodle Division Head Office
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
MFG System Development Specialist
Jl. Ancol I No. 4 - 5, Ancol Barat, Jakarta Utara 14430
Telp : 021 - 6907141 - 5 , Ext. 564
Direct : 021 - 6917978
Fax : 021 - 6907331
E-mail : alwi.abdurrahman@icbp.indofood.co.id
Web-site : www.indofood.com
Please
don't print this e-mail unless you really need to
From:
"Lefthanded Ballerina
bloody_kimono@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To:
belajar-excel@yahoogroups.com
Date:
20/10/2014 05:34
Subject:
[belajar-excel]
memunculkan hasil dari sheet yang berbeda (mods : lookup tengok ke kiri)
[1 Attachment]
Sent by:
belajar-excel@yahoogroups.com
________________________________
Selamat malam para master be-excel,
mohon bantuan para master sekalian buat merampungkan
tugas ini,
saya ingin memunculkan nilai yang terdapat
di sheet1 dengan kategori yang seperti contoh yang terlampir
thanks All.
caax
_____________________________________________________
Disclaimer :
This email and any files transmitted with it are confidential and intended
solely for the use of the individual or entity to whom they are addressed.
If you have received this email in error please notify the system manager.
Please note that any views or opinions presented in this email are solely
those of the author and do not necessarily represent those of the company.
Finally, the recipient should check this email and any attachments for
the presence of viruses.
The company accepts no liability for any damage caused by any virus transmitted
by this email.
:)
On Monday, October 20, 2014 2:10 PM, "alwi.abdurrahman@icbp.indofood.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Dear Ballerina ,
Coba dengan memasukkan Formula sbb :
=INDEX(Sheet1!$D$2:$D$26;MATCH(Sheet2!$G3;Sheet1!$N$2:$N$26;0);1)
Kemudian di COPAS ke bawah pada kolom
Sheet2.
Thanks
Regards
Alwi Abdurrahman
Noodle Division Head Office
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
MFG System Development Specialist
Jl. Ancol I No. 4 - 5, Ancol Barat, Jakarta Utara 14430
Telp : 021 - 6907141 - 5 , Ext. 564
Direct : 021 - 6917978
Fax : 021 - 6907331
E-mail : alwi.abdurrahman@icbp.indofood.co.id
Web-site : www.indofood.com
Please
don't print this e-mail unless you really need to
From:
"Lefthanded Ballerina
bloody_kimono@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To:
belajar-excel@yahoogroups.com
Date:
20/10/2014 05:34
Subject:
[belajar-excel]
memunculkan hasil dari sheet yang berbeda (mods : lookup tengok ke kiri)
[1 Attachment]
Sent by:
belajar-excel@yahoogroups.com
____________
Selamat malam para master be-excel,
mohon bantuan para master sekalian buat merampungkan
tugas ini,
saya ingin memunculkan nilai yang terdapat
di sheet1 dengan kategori yang seperti contoh yang terlampir
thanks All.
caax
____________
Disclaimer :
This email and any files transmitted with it are confidential and intended
solely for the use of the individual or entity to whom they are addressed.
If you have received this email in error please notify the system manager.
Please note that any views or opinions presented in this email are solely
those of the author and do not necessarily represent those of the company.
Finally, the recipient should check this email and any attachments for
the presence of viruses.
The company accepts no liability for any damage caused by any virus transmitted
by this email.
Mon Oct 20, 2014 4:54 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
File terlampir mencoba dengan Pivot Table. Data baru cukup ditambahkan
dibaris kosong pertama dalam sheet data. Formula akan di-copy-ken oleh
Excel. Kemudian ke sheet output dan refresh pivot table.
Membentuk pivot table menjadi persis sama dengan yang dibutuhkan memerlukan
kolom-kolom tambahan di sisi datanya yang berisi formula pembentuk data
source.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 20:13 GMT+11:00 hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear All,
> mohon bantuannya dong, mungkin salah satu dari rekan semua pernah
> menemukan atau bekerja dengan data yang saya pertanyakan sekarang, Amsyong
> soalnya mengolah data yang ribuan #bagaimencarijarumditumpukanjerami.
> di perusahaan saya menggunakan data dari mesin Finger Print (contoh data
> terdapat di sheet1) dan untuk sistem penggajian itu belum sepenuhnya
> menggunakan mesin finger tersebut, dalam artian masih upload manual. dan
> kami diharuskan memindahkan data yang di download dari mesin finger print
> menjadi data yang harus disajikan dalam Sheet2.
> sekirannya rekan2 semua ada yang bisa share bagaimana carannya agar data
> yang ada di Sheet1 bisa disajikan menjadi data seperti di Sheet2.
> Mohon pencerahannya....
>
> Salam
> Tiny
>
>
>
dibaris kosong pertama dalam sheet data. Formula akan di-copy-ken oleh
Excel. Kemudian ke sheet output dan refresh pivot table.
Membentuk pivot table menjadi persis sama dengan yang dibutuhkan memerlukan
kolom-kolom tambahan di sisi datanya yang berisi formula pembentuk data
source.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 20:13 GMT+11:00 hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear All,
> mohon bantuannya dong, mungkin salah satu dari rekan semua pernah
> menemukan atau bekerja dengan data yang saya pertanyakan sekarang, Amsyong
> soalnya mengolah data yang ribuan #bagaimencarijarumd
> di perusahaan saya menggunakan data dari mesin Finger Print (contoh data
> terdapat di sheet1) dan untuk sistem penggajian itu belum sepenuhnya
> menggunakan mesin finger tersebut, dalam artian masih upload manual. dan
> kami diharuskan memindahkan data yang di download dari mesin finger print
> menjadi data yang harus disajikan dalam Sheet2.
> sekirannya rekan2 semua ada yang bisa share bagaimana carannya agar data
> yang ada di Sheet1 bisa disajikan menjadi data seperti di Sheet2.
> Mohon pencerahannya.
>
> Salam
> Tiny
>
>
>
Mon Oct 20, 2014 5:54 pm (PDT) . Posted by:
"hartini dewi" hartini_80
Terima Kasih Mr Kid & Mas Bagus...
senangnya sudah bisa selesai tugas yang selama ini memakan waktu berminggu2 menjadi 5 menit hehehe...
Salam
Tiny
Pada Senin, 20 Oktober 2014 19:55, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
File terlampir mencoba dengan Pivot Table. Data baru cukup ditambahkan dibaris kosong pertama dalam sheet data. Formula akan di-copy-ken oleh Excel. Kemudian ke sheet output dan refresh pivot table.
Membentuk pivot table menjadi persis sama dengan yang dibutuhkan memerlukan kolom-kolom tambahan di sisi datanya yang berisi formula pembentuk data source.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 20:13 GMT+11:00 hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Dear All,
>mohon bantuannya dong, mungkin salah satu dari rekan semua pernah menemukan atau bekerja dengan data yang saya pertanyakan sekarang, Amsyong soalnya mengolah data yang ribuan #bagaimencarijarumditumpukanjerami.
>di perusahaan saya menggunakan data dari mesin Finger Print (contoh data terdapat di sheet1) dan untuk sistem penggajian itu belum sepenuhnya menggunakan mesin finger tersebut, dalam artian masih upload manual. dan kami diharuskan memindahkan data yang di download dari mesin finger print menjadi data yang harus disajikan dalam Sheet2.
>sekirannya rekan2 semua ada yang bisa share bagaimana carannya agar data yang ada di Sheet1 bisa disajikan menjadi data seperti di Sheet2.
>Mohon pencerahannya....
>
>
>Salam
>Tiny
>
>
senangnya sudah bisa selesai tugas yang selama ini memakan waktu berminggu2 menjadi 5 menit hehehe...
Salam
Tiny
Pada Senin, 20 Oktober 2014 19:55, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
File terlampir mencoba dengan Pivot Table. Data baru cukup ditambahkan dibaris kosong pertama dalam sheet data. Formula akan di-copy-ken oleh Excel. Kemudian ke sheet output dan refresh pivot table.
Membentuk pivot table menjadi persis sama dengan yang dibutuhkan memerlukan kolom-kolom tambahan di sisi datanya yang berisi formula pembentuk data source.
Wassalam,
Kid.
2014-10-20 20:13 GMT+11:00 hartini dewi hartini_80@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Dear All,
>mohon bantuannya dong, mungkin salah satu dari rekan semua pernah menemukan atau bekerja dengan data yang saya pertanyakan sekarang, Amsyong soalnya mengolah data yang ribuan #bagaimencarijarumd
>di perusahaan saya menggunakan data dari mesin Finger Print (contoh data terdapat di sheet1) dan untuk sistem penggajian itu belum sepenuhnya menggunakan mesin finger tersebut, dalam artian masih upload manual. dan kami diharuskan memindahkan data yang di download dari mesin finger print menjadi data yang harus disajikan dalam Sheet2.
>sekirannya rekan2 semua ada yang bisa share bagaimana carannya agar data yang ada di Sheet1 bisa disajikan menjadi data seperti di Sheet2.
>Mohon pencerahannya.
>
>
>Salam
>Tiny
>
>
Mon Oct 20, 2014 5:17 pm (PDT) . Posted by:
"Husnul Faizin" husnulfaizin
yth. kepada suhu semua (mr. kid, mr. nang bagus, mr. hendrik, miss jan)
dan para suhu yang tidak dapat disebut namanya semua (mohon ma'af).
saya minta tolong kepada suhu semuanya file macro ato VBA yang dapat digunakan untuk perintah membuka workbook atau sheet di excel yang terproteksi.
demikian atas kebaikan hatinya, terimakasih.
faiz
dan para suhu yang tidak dapat disebut namanya semua (mohon ma'af).
saya minta tolong kepada suhu semuanya file macro ato VBA yang dapat digunakan untuk perintah membuka workbook atau sheet di excel yang terproteksi.
demikian atas kebaikan hatinya, terimakasih.
faiz
Mon Oct 20, 2014 8:40 pm (PDT) . Posted by:
"Nang Agus"
Dear Husnul Faizin,
Apakah maksudnya "membuka workbook atau sheet di excel yang terproteksi" ?
file tersebut dibuat sendiri atau dibuat orang lain?
pesan Mas Kid di
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/topics/31889
"Membuka file excel yang diatur dengan vba itu mudah, tetapi etika dalam
menggunakannya jauh lebih penting dari urgensi pemanfaatan file tersebut."
Wasalam
2014-10-21 5:50 GMT+07:00 Husnul Faizin husnulfaizin@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> yth. kepada suhu semua (mr. kid, mr. nang bagus, mr. hendrik, miss jan)
> dan para suhu yang tidak dapat disebut namanya semua (mohon ma'af).
>
> saya minta tolong kepada suhu semuanya file macro ato VBA yang dapat
> digunakan untuk perintah membuka workbook atau sheet di excel yang
> terproteksi.
>
> demikian atas kebaikan hatinya, terimakasih.
> faiz
>
>
>
Apakah maksudnya "membuka workbook atau sheet di excel yang terproteksi" ?
file tersebut dibuat sendiri atau dibuat orang lain?
pesan Mas Kid di
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/topics/31889
"Membuka file excel yang diatur dengan vba itu mudah, tetapi etika dalam
menggunakannya jauh lebih penting dari urgensi pemanfaatan file tersebut."
Wasalam
2014-10-21 5:50 GMT+07:00 Husnul Faizin husnulfaizin@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> yth. kepada suhu semua (mr. kid, mr. nang bagus, mr. hendrik, miss jan)
> dan para suhu yang tidak dapat disebut namanya semua (mohon ma'af).
>
> saya minta tolong kepada suhu semuanya file macro ato VBA yang dapat
> digunakan untuk perintah membuka workbook atau sheet di excel yang
> terproteksi.
>
> demikian atas kebaikan hatinya, terimakasih.
> faiz
>
>
>
Mon Oct 20, 2014 10:06 pm (PDT) . Posted by:
"prazt" praztmath
Assalamu'alaikum para guru excel...
Ane mau minta bimbingan pada para guru semua, yaitu cara mengatur tinggi
cell yang di merger otomatis sesuai dengan isi yang diketiknya.
Ane udah coba cekrip dari miss Jan (pada pembahasan mengatur agar lebar cell
menyesuaikan isinya ) yang ada pada file lampiran.
Ane minta penjelasan dari cekrip tersebut dan mohon solusi dari permasalahan
ini. Andaikata ada cekrip lain tidak masalah..
Syukron...wassalam...
Ane mau minta bimbingan pada para guru semua, yaitu cara mengatur tinggi
cell yang di merger otomatis sesuai dengan isi yang diketiknya.
Ane udah coba cekrip dari miss Jan (pada pembahasan mengatur agar lebar cell
menyesuaikan isinya ) yang ada pada file lampiran.
Ane minta penjelasan dari cekrip tersebut dan mohon solusi dari permasalahan
ini. Andaikata ada cekrip lain tidak masalah..
Syukron...wassalam.
Tue Oct 21, 2014 2:24 am (PDT) . Posted by:
ari05august
Dear All Excellers,
Mau tanya nih bagaimana caranya menggabungkan 2 kolom yg msg2 mpy nilai yg berbeda, misalnya kolom B1-10 berisikan data huruf A....kolom C1-10 berisikan data angka 001-010... Nah keinginan sy di kolom C berisi data gabungan A&B..yaitu jd A001, A002, dst
Mohon pencerahannya, krn sy masih newbi
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Mau tanya nih bagaimana caranya menggabungkan 2 kolom yg msg2 mpy nilai yg berbeda, misalnya kolom B1-10 berisikan data huruf A....kolom C1-10 berisikan data angka 001-010... Nah keinginan sy di kolom C berisi data gabungan A&B..yaitu jd A001, A002, dst
Mohon pencerahannya, krn sy masih newbi
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Tue Oct 21, 2014 2:26 am (PDT) . Posted by:
"belajar excell" belajar.excell
Terima kasih bnyak pak untuk infonya,
sudah saya coba ke duanya pak, tapi tetap muncul enable macronya,
file yang saya buat adlah sharing file yang di taruh di network, nantinya
pada saat file di buka, seharusnya semua user harus di arahkan ke user login dlu pak,
namun yang ada sekarang, sebelum user login muncul, maka yang muncul duluan adalah enable macrosnya, jika user tsb klik enable macro, maka setalah itu user login muncul, tapi jika user tidak klik enable melainkan tanda "x" atau menutup dialog enablenya, maka yang ada user tersebut bisa mengkases file yang di sharing tsb tanpa harus lewat user login.
o ia saya udah coba ke beberapa user dan semuanya sama kejadiannaya seperti yang di atas
saya memakain vba sbb :
Private Sub workbook_open()
Application.Visible = False
UserForm1.Show
End SubMohon bantuannya ya ..
Rs
Dear Pak Ronny
S.
Setahu
saya, untuk keamanan komputer dari serangan virus, semua file dengan macro akan
muncul peringatan seperti itu apabila setting macro pada level medium, dan
tidak akan muncul jika dipilih level terakhir (enabel all macros) dan ini tidak
disarankan.
Untuk
membuka file yang ada macronya silahkan klik Option(1), Enable this content(2)
OK(3)
Jika
hal ini dirasa Ribet dapat menggunakan Trust Location:
Klik Office Button, Excel Option, Trust Center, TrustCenter
setting,
Selengkapnya dapat dilihat di Coretan
Mr. Kid.
Apabila anda ingin setiap kali user membuka file dan harus
menghidupkan macro, (file tidak terbuka jika macro tidak dijalankan) dapat
membaca triknya di
sini
wasalam
NangAgus
On Monday, October 20, 2014 5:33 AM, "belajar excell belajar.excell@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Selamat malam semuanya,
excel yang sudah di pasang macro, kenapa pada waktu pertama kli file di buka muncul pesan " security warning macros have been disable " ?
padahal di trus centre udah saya enable macronya..
Mohon bantuannya ya teman2...
Salam
Rs
sudah saya coba ke duanya pak, tapi tetap muncul enable macronya,
file yang saya buat adlah sharing file yang di taruh di network, nantinya
pada saat file di buka, seharusnya semua user harus di arahkan ke user login dlu pak,
namun yang ada sekarang, sebelum user login muncul, maka yang muncul duluan adalah enable macrosnya, jika user tsb klik enable macro, maka setalah itu user login muncul, tapi jika user tidak klik enable melainkan tanda "x" atau menutup dialog enablenya, maka yang ada user tersebut bisa mengkases file yang di sharing tsb tanpa harus lewat user login.
o ia saya udah coba ke beberapa user dan semuanya sama kejadiannaya seperti yang di atas
saya memakain vba sbb :
Private Sub workbook_open()
Application.Visible = False
UserForm1.Show
End SubMohon bantuannya ya ..
Rs
Dear Pak Ronny
S.
Setahu
saya, untuk keamanan komputer dari serangan virus, semua file dengan macro akan
muncul peringatan seperti itu apabila setting macro pada level medium, dan
tidak akan muncul jika dipilih level terakhir (enabel all macros) dan ini tidak
disarankan.
Untuk
membuka file yang ada macronya silahkan klik Option(1), Enable this content(2)
OK(3)
Jika
hal ini dirasa Ribet dapat menggunakan Trust Location:
Klik Office Button, Excel Option, Trust Center, TrustCenter
setting,
Selengkapnya dapat dilihat di Coretan
Mr. Kid.
Apabila anda ingin setiap kali user membuka file dan harus
menghidupkan macro, (file tidak terbuka jika macro tidak dijalankan) dapat
membaca triknya di
sini
wasalam
NangAgus
On Monday, October 20, 2014 5:33 AM, "belajar excell belajar.excell@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Selamat malam semuanya,
excel yang sudah di pasang macro, kenapa pada waktu pertama kli file di buka muncul pesan " security warning macros have been disable " ?
padahal di trus centre udah saya enable macronya..
Mohon bantuannya ya teman2...
Salam
Rs
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar