Sabtu, 09 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1237

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

Re: Macro + lookup

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Jul 8, 2011 3:19 am (PDT)



Baiklah mba, td ada sedikit penjelasan dr Mr Kid, tiny coba pelajari dulu, nanti kalo dapet kasusnya tiny tampilkan ya.Terima Kasih.
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 8 Jul 2011 17:15:08
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Macro + lookup

kita *tidak bisa bilang PUNYA atau NDAK PUNYA* sesuatu hal *yg tidak kita
ketahui* bentuknya atau spesifikasinya



2011/7/8 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Ndak punya mbakyu.., kan tadi tiny bilang sekedar ingin tau...sopo
> ngerti mbakyu punya contoh penerapan atas pertanyaan tiny tersebut.
> Malu bertanya sesat dijalan, dari pada pertanyaan tsb muncul di otak tp tdk
> ada jawaban ya tiny tanya ama ahlinya, begitu mbak, maaf jika merepotkan.
>
> Salam
> Tiny
>
> *From: * "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 8 Jul 2011 17:05:30 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Macro + lookup
>
>
>
> apa mbak tiny punya sheet berisi data yg akan di-GITUKAN ?
> kirimlah kamareeee.
>
> jangan biarkan kami BUTA meraba raba maksud orang yg gak jelas...
> walaupun akhirnya bisa, cara seperti ini = KELAMAAN bok !!
>
>
>
>

2a.

Re: Membuat Laporan kerja dalam Sheet

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 8, 2011 4:20 am (PDT)



data yg diharapkan akan bisa OTOMATIS memberikan berbagai bentuk
report haruslah data yg disusun menurut kaidah tertentu.
kaidahnya mungkin sudah ada, tetapi perancangannya juga perlu waktu dan
'ilmu' tersendiri.

barangkali anda pernah mendengar, bahwa dlm membangun suatu sistem
informasi, WAKTU yg diperlukan untuk studi dan merancang tabel-tabelnya
(bentuk, struktur dsb) ternyata * lebih lama* daripada waktu untuk
menuliskan listing programnya.
di sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa *tahap pemahaman masalah, studi,
perancangan, penyusunan strategi*, adalah tahap yg juga sangat penting.

apakah kita saat ini* merasa * *pernah** merancang* suatu tabel (agar
nantinya dapat di-ini dan di-itu kan dengan mudah)?
umumnya tidak, kita main tulis saja sekena-kenanya (karena sheet excel
memang dibuat untuk multi purpose, (bukan hanya untuk data yg terstruktur
saja).

lalu setelah data cukup banyak dan membingungkan, *TIBA-TIBA* kita bersabda:
"aaaaku ingin data ini menjadi OTOMATIS menciptakan report dengan bentuk
begini, begitu dsb.. dst.."
Please lah.... Si sakti Bandung Bondowoso pun gagal membangun candi dlm
semalam, padahal, "katanya" sudah dibantu oleh pasukan Jin entah dari Tomang
sebelah mana.

Oioya
mengenai cerita anda belajar *bahasa pemrograman* dan tentunya belajar *
pemrogramannya* itu sendiri (dua hal yg terpisah); anda bilang sering
kesulitan dlm pemberian logika.

menurut pendapat saja justru di kedua hal itu LOGIKA LAH yg paling penting,
setelah keharusan mengetahui maksud dan tujuan apa yg mau dikerjakan.

sebuah formula pendek dan sederhana pun sering gagal kita buat, karena kita
belum tahu maksud dan tujuan yg ingin kita capai.
--------------------------------------------------

atas pertanyaan yg ada di mail anda:
*" Apakah bisa dari menginput ke master data bisa secara otomatis membuat
laporan dalam masing2 sheet."*

menurut pendapatku, jawabannya adalah BISA, jika kita tahu masalahnya secara
menyeluruh dan kita mau MERANCANG BENTUK / SUSUNAN DATA YG AKAN KITA BUAT,
terlebih dahulu (sebelum TIBA TIBA kita mulai mengetikkannya)

orang yg bisa merancangnya, adalah orang yg TAHU a-b-c-nya hal yg akan
dikerjakan.
jika orang lain akan diserahi tugas tsb, maka kepada orang lain itu harus
diberi penjelasan sejelas jelasnya
masalah yg akan diotomatiskan.
Untuk bisa menjelaskannya dengan baik, orang tsb (yg akan memberi
penjelasan) juga harus tahu sejelas-jelasnya masalah yg diinginkan.

cmiiw.-

2011/7/8 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>

> **
>
> Dear para master X-cel,
>
> Saya sering kali menghadapi rutinitas kerja yang sama setiap bulannya,
> yaitu membuat laporan kegiatan sales dalam setiap kunjungan saya, Apakah
> bisa dari menginput ke master data bisa secara otomatis membuat laporan
> dalam masing2 sheet. Data dalam company bisa dalam satu sheet yang sama
> karena berulang kali dikunjungi, tetapi lain bila company yang dikunjungi
> berbeda...
>
> Saya belajar Vb-X cel tetapi selalu kesulitan dalam pemberian logika,
> mungkin dari setiap kasus yang saya sendiri temui saya menjadi lebih
> mengerti dan termotivasi.
> Terima kasih sebanyak-banyaknya.
>
> Regard
>
>
> Tjahya Hartono
>
> -- Mods --
> Mohon lain kali tidak cross posting.
>
2b.

Re: Membuat Laporan kerja dalam Sheet

Posted by: "tjahyahartono@yahoo.co.id" tjahyahartono@yahoo.co.id

Fri Jul 8, 2011 5:05 am (PDT)



Terima kasih u/ masukan dari anda.betul kata anda,aq rasa membuat skema trkadang sangat lama skali.masalahnya aq blum paham bnar mgenai itu smua.tapi masukan apa pun q trima,toh dari milis in aq jg g sndrian yg bs.

Regards



Tjahya hartono




Sent from my BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 8 Jul 2011 18:20:14
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat Laporan kerja dalam Sheet

data yg diharapkan akan bisa OTOMATIS memberikan berbagai bentuk
report haruslah data yg disusun menurut kaidah tertentu.
kaidahnya mungkin sudah ada, tetapi perancangannya juga perlu waktu dan
'ilmu' tersendiri.

barangkali anda pernah mendengar, bahwa dlm membangun suatu sistem
informasi, WAKTU yg diperlukan untuk studi dan merancang tabel-tabelnya
(bentuk, struktur dsb) ternyata * lebih lama* daripada waktu untuk
menuliskan listing programnya.
di sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa *tahap pemahaman masalah, studi,
perancangan, penyusunan strategi*, adalah tahap yg juga sangat penting.

apakah kita saat ini* merasa * *pernah** merancang* suatu tabel (agar
nantinya dapat di-ini dan di-itu kan dengan mudah)?
umumnya tidak, kita main tulis saja sekena-kenanya (karena sheet excel
memang dibuat untuk multi purpose, (bukan hanya untuk data yg terstruktur
saja).

lalu setelah data cukup banyak dan membingungkan, *TIBA-TIBA* kita bersabda:
"aaaaku ingin data ini menjadi OTOMATIS menciptakan report dengan bentuk
begini, begitu dsb.. dst.."
Please lah.... Si sakti Bandung Bondowoso pun gagal membangun candi dlm
semalam, padahal, "katanya" sudah dibantu oleh pasukan Jin entah dari Tomang
sebelah mana.

Oioya
mengenai cerita anda belajar *bahasa pemrograman* dan tentunya belajar *
pemrogramannya* itu sendiri (dua hal yg terpisah); anda bilang sering
kesulitan dlm pemberian logika.

menurut pendapat saja justru di kedua hal itu LOGIKA LAH yg paling penting,
setelah keharusan mengetahui maksud dan tujuan apa yg mau dikerjakan.

sebuah formula pendek dan sederhana pun sering gagal kita buat, karena kita
belum tahu maksud dan tujuan yg ingin kita capai.
--------------------------------------------------

atas pertanyaan yg ada di mail anda:
*" Apakah bisa dari menginput ke master data bisa secara otomatis membuat
laporan dalam masing2 sheet."*

menurut pendapatku, jawabannya adalah BISA, jika kita tahu masalahnya secara
menyeluruh dan kita mau MERANCANG BENTUK / SUSUNAN DATA YG AKAN KITA BUAT,
terlebih dahulu (sebelum TIBA TIBA kita mulai mengetikkannya)

orang yg bisa merancangnya, adalah orang yg TAHU a-b-c-nya hal yg akan
dikerjakan.
jika orang lain akan diserahi tugas tsb, maka kepada orang lain itu harus
diberi penjelasan sejelas jelasnya
masalah yg akan diotomatiskan.
Untuk bisa menjelaskannya dengan baik, orang tsb (yg akan memberi
penjelasan) juga harus tahu sejelas-jelasnya masalah yg diinginkan.

cmiiw.-



2011/7/8 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>

> **
>
> Dear para master X-cel,
>
> Saya sering kali menghadapi rutinitas kerja yang sama setiap bulannya,
> yaitu membuat laporan kegiatan sales dalam setiap kunjungan saya, Apakah
> bisa dari menginput ke master data bisa secara otomatis membuat laporan
> dalam masing2 sheet. Data dalam company bisa dalam satu sheet yang sama
> karena berulang kali dikunjungi, tetapi lain bila company yang dikunjungi
> berbeda...
>
> Saya belajar Vb-X cel tetapi selalu kesulitan dalam pemberian logika,
> mungkin dari setiap kasus yang saya sendiri temui saya menjadi lebih
> mengerti dan termotivasi.
> Terima kasih sebanyak-banyaknya.
>
> Regard
>
>
> Tjahya Hartono
>
> -- Mods --
> Mohon lain kali tidak cross posting.
>

3a.

Re: Mengecek Qty dgn menyaring dari tgl & No so yang sama

Posted by: "andy friansyah" friansyah_andy@yahoo.com

Fri Jul 8, 2011 4:20 am (PDT)



Dear Mr Kid

Terima kasih atas solusinya

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thu, July 7, 2011 7:29:50 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengecek Qty dgn menyaring dari tgl & No so yang
sama

Dear Andy,

Coba :
=SumProduct( ( datakolom1 = nilai_kriteria1 ) * (datakolom2 = nilai_kriteria2)
)

Kid.

2011/7/6 andy friansyah <friansyah_andy@yahoo.com>

>
>
>
>Dear Para Master Excell
>
>Jika kita ingin mengetahui qty dgn menyamakn tgl dan no so dr sebuah produk
>menggunakan rumus apa ya? Mohon petunjuk saya nubie dlm hal pengerjaan dgn rumus
>excel. berikut adalah attachmentny.
>
>
>Salam Hangat Selalu
>
>Langit Merah
>
>
>
>

4a.

Re: Tanya rumus pengabungan exel

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Fri Jul 8, 2011 5:14 am (PDT)



Thanks sudah bisa nih broooo.
Thanks yah pak Kid and pak Herr

Salam
gober

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, July 07, 2011 5:32 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya rumus pengabungan exel

Pinjem punya Pak Herr
=(SUM(C2:E2)<0)*1.5%+(SUM(G3:G4)<0)*1%

Kid.

2011/7/7 HerrSoe <herrsoe@gmail.com>

RUMUS DI cell F2 :
=IF(SUM(C2:E2)<0,0.015,0) + IF(SUM(G3:G4)<0,1%,0)

5a.

WTA: Gabung data

Posted by: "prast.excel@gmail.com" prast.excel@gmail.com   arfianto.prasetyo

Fri Jul 8, 2011 5:17 am (PDT)



Sorry Mods kalau repost, nubie baru gabung :) as subject n sesuai attachmet,
mohon bantuannya dikarenakan banyaknya data. Bagaimana caranya menggabung sebagian data dari 2 file dengan key "No. Pekerja" sehingga kolom "No. Register" pada file "Contoh 2" tercopy ke kolom "No. Register" pada file "Contoh 1".

Thx.
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
5b.

Re: WTA: Gabung data

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jul 8, 2011 5:28 am (PDT)



Coba :
=IF(COUNTIF('[Contoh 2.xls]Sheet1'!$A$2:$A$6,C2),VLOOKUP(C2,'[Contoh
2.xls]Sheet1'!$A$2:$C$6,3,FALSE),"")
File contoh 2.xls harus terbuka saat membuatnya.

Kid.

2011/7/8 <prast.excel@gmail.com>

> **
>
>
> Sorry Mods kalau repost, nubie baru gabung :) as subject n sesuai
> attachmet,
> mohon bantuannya dikarenakan banyaknya data. Bagaimana caranya menggabung
> sebagian data dari 2 file dengan key "No. Pekerja" sehingga kolom "No.
> Register" pada file "Contoh 2" tercopy ke kolom "No. Register" pada file
> "Contoh 1".
>
> Thx.
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>
>
6a.

Tanya rumus mengitung jumalah karakter

Posted by: "Qomaruddin" dqomar@telkom.net

Fri Jul 8, 2011 5:42 am (PDT)



Pakar excel terhormat,
maaf sebelumnya saya mau tanya sedikit nie, otak lagi suntuk ga bisa mikir, gimana ya kalau mengihitung jumlah datanya berbentuk karakter (rumusnya gitu).contoh terlampir

terima kasih atas bantuannya.

wassalam,
Qmr

6b.

Re: Tanya rumus mengitung jumalah karakter

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jul 8, 2011 5:49 am (PDT)



Pak Qomar Yth,

Coba dengan fungsi CountA.
=CountA( c4:c13 )

Tabel yang Bapak gunakan kurang berkaidah database. Sebaiknya tidak ada data
nama yang kosong. Contoh untuk Sutarman, jika record ke-2 juga bernama
Sutarman, sebaiknya ada teks Sutarman di field Nama record ke-2.
Hal ini akan memudahkan pekerjaan bapak dalam menyusun banyak report
kedepannya. Banyak fungsi Excel bisa dengan mudah diterapkan dan dipelajari.

Jika seluruh nama nanti telah terisi, maka untuk kasus menghitung jumlah
Nama (Count of unique Nama), dengan formula :
=SumProduct( 1 / CountIF( c4:c13 , c4:c13 ) )

Wassalam.
Kid.

2011/7/8 Qomaruddin <dqomar@telkom.net>

> **
>
>
> **
> Pakar excel terhormat,
> maaf sebelumnya saya mau tanya sedikit nie, otak lagi suntuk ga bisa mikir,
> gimana ya kalau mengihitung jumlah datanya berbentuk karakter (rumusnya
> gitu).contoh terlampir
>
> terima kasih atas bantuannya.
>
> wassalam,
> Qmr
>
>
>
>
>
>
>
6c.

Re: Tanya rumus mengitung jumalah karakter

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 8, 2011 5:50 am (PDT)



cuma
=COUNTA(C4:C12)

perhatikan juga teman-temannya
COUNT (menghitung bilanan)
COUNBLANK (menghitung cell kosong)
COUNTIF (menghitung data tetapi asa syaratnya (1 syarat) )
COUNTA (mehitung data yg ada )

2011/7/8 Qomaruddin <dqomar@telkom.net>

> **
> Pakar excel terhormat,
> maaf sebelumnya saya mau tanya sedikit nie, otak lagi suntuk ga bisa mikir,
> gimana ya kalau mengihitung jumlah datanya berbentuk karakter (rumusnya
> gitu).contoh terlampir
>
> terima kasih atas bantuannya.
>
> wassalam,
> Qmr
>
>
6d.

Re: Tanya rumus mengitung jumalah karakter

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jul 8, 2011 5:54 am (PDT)



kalau mau dipanjang-panjangkan

=ROWS(C4:C12)-COUNTBLANK(C4:C12)

2011/7/8 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> cuma
> =COUNTA(C4:C12)
>
> perhatikan juga teman-temannya
> COUNT (menghitung bilanan)
> COUNBLANK (menghitung cell kosong)
> COUNTIF (menghitung data tetapi ada syaratnya (1 syarat) )
> COUNTA (mehitung data yg ada )
>
>
> 2011/7/8 Qomaruddin <dqomar@telkom.net>
>
>> **
>> Pakar excel terhormat,
>> maaf sebelumnya saya mau tanya sedikit nie, otak lagi suntuk ga bisa
>> mikir, gimana ya kalau mengihitung jumlah datanya berbentuk karakter
>> (rumusnya gitu).contoh terlampir
>> terima kasih atas bantuannya.
>> wassalam,
>> Qmr
>>
>
7a.

Re: Menarik data menggunakan tanggal

Posted by: "Rey" personalia_manado@ag.co.id

Fri Jul 8, 2011 7:31 pm (PDT)



thx Mr Kid and Haps..verry good.
sangat membantu sekali...

----- Original Message -----
From: Mr. Kid
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, July 08, 2011 4:53 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menarik data menggunakan tanggal

Mungkin seperti file terlampir.

Sayang, datanya tidak tersusun sebagai tabel berkaidah database, padahal keinginannya bisa membuat summary dengan banyak macam bentuk.
Summary akan semakin sulit kedepannya jika struktur data seperti itu masih dipertahankan. Sebaiknya upayakan penyusunan atau penggunaan data yang tersusun berkaidah database.

Contoh header tabel untuk seluruh nama orang :
Nama Tanggal DataA DataB DataC DataD

Jika DataA sampai DataD adalah suatu item berupa satu jenis makna (seperti nama cabang), maka susunan header bisa :
Nama Tanggal Cabang Nilai

Regards.
Kid.

On Fri, Jul 8, 2011 at 15:45, Rey <personalia_manado@ag.co.id> wrote:

Mohon dibantu..
saya ingin menarik data di sheet yang ada tapi hanya mengimput tanggal saja..hasil yang saya inginkan munculnya nama, tanggal dan data-datanya.
terima kasih...

Rey

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.
8a.

Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet

Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id

Fri Jul 8, 2011 7:58 pm (PDT)



Dear para master ex-cel,

Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih
8b.

Re: Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Jul 8, 2011 9:04 pm (PDT)



Bisa...

makro dijalankan dengan meng-Klik_Ganda cell A1 pada sheet1 Workbook
terlampir

Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As
Boolean)
' by hapsari / smg, july 9, 2011
' beExcel case:
' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/11682
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Target.Address = "$A$1" Then
Dim sht As Worksheet, NewSht As Worksheet
Dim D As Range, i As Integer, c As Integer
Set D = Cells(1).CurrentRegion
Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = False
Application.DisplayAlerts = False
For Each sht In Worksheets
If sht.Name <> "Sheet1" Then sht.Delete
Next
For i = 2 To D.Rows.Count
Set NewSht = Worksheets.Add
NewSht.Name = D(i, 1)
For c = 1 To D.Columns.Count
NewSht.Cells(c, 1) = D(1, c)
NewSht.Cells(c, 2) = D(i, c)
Next c
NewSht.Move after:=Sheets(Sheets.Count)
NewSht.Cells(1).CurrentRegion.Columns.AutoFit
Next i
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
Application.ScreenUpdating = True
Application.DisplayAlerts = True
End If
End If
End Sub

Mudah mudahan berguna

wassalamualaikum wr wb
hapsari

2011/7/9 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>
> Dear para master ex-cel,
> Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan
judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih
8c.

Re: Bagaimana beralih dari penggunaan Range ke Variabel dalam membua

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Fri Jul 8, 2011 10:14 pm (PDT)



Jika saya perhatikan, gaya nulis Mbak Haps, Mbak Siti, Mr. Kid dan Pak Anton dan para pakar lainnya banyak menggunakan "Variabel" dalam pembuatan program (Advance level), sedangkan saya hanya bisa bermain di "Range" (Basic level).

Bermain dengan Variable pastinya akan lebih flexibel dibandingan dengan Range.

Kalau boleh nanya, bagaimana "cara cepat" beralih dari penggunaan Range ke Variable dalam menyusun program ?

Barangkali ada diantara para Pakar yang berkenan menuliskan resepnya.

Terima Kasih.

Salam,
Hendrik Karnadi

--- On Sat, 9/7/11, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> wrote:

From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Saturday, 9 July, 2011, 10:48 AM

 

Bisa...

makro dijalankan dengan meng-Klik_Ganda cell A1 pada sheet1 Workbook terlampir
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
' �by hapsari / smg, july 9, 2011' �beExcel case:
' �http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/11682
If Target.Cells.Count = 1 ThenIf Target.Address = "$A$1" Then
Dim sht As Worksheet, NewSht As WorksheetDim D As Range, i As Integer, c As Integer
Set D = Cells(1).CurrentRegionApplication.Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = FalseApplication.DisplayAlerts = False
For Each sht In WorksheetsIf sht.Name <> "Sheet1" Then sht.Delete
NextFor i = 2 To D.Rows.Count
Set NewSht = Worksheets.AddNewSht.Name = D(i, 1)
For c = 1 To D.Columns.CountNewSht.Cells(c, 1) = D(1, c)
NewSht.Cells(c, 2) = D(i, c)Next c
NewSht.Move after:=Sheets(Sheets.Count)NewSht.Cells(1).CurrentRegion.Columns.AutoFit
Next iApplication.Calculation = xlCalculationAutomatic
Application.ScreenUpdating = TrueApplication.DisplayAlerts = True
End IfEnd If
End Sub
Mudah mudahan berguna
wassalamualaikum wr wbhapsari

2011/7/9 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>
> Dear para master ex-cel,
> Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih

9.

Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain

Posted by: "Edo Hanggoro" edo_sp@yahoo.com   edo_sp

Fri Jul 8, 2011 10:46 pm (PDT)



Dear para Master XL

Mohon bantuannya, bagaimana cara menampilkan kriteria untuk auto filter pada cell yang lain (filenya terlampir)? terima kasih
10.

Bls: [belajar-excel] Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang la

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Fri Jul 8, 2011 11:53 pm (PDT)



dengan formula 
=IF(COUNTIF(A$2:A2;A2)=1;A2;"")
di kolom 
cell E2 copy ke bawah  dst

akan menjadikan tiap baris
di kolom E yang sejajar  dengan  baris pertama dari awal sebuah tanggal  baru di kolom 
tanggal akan menampilkan tanggal 
tersebut.

 jadi 
pada saat dilakukan auto filter pada tabel tanggal ,maka pada baris yang
sejajar dengan baris  awal tanggal
terpilih  dari auto filter tetap
muncul  tanggal  yang sama 
.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sab, 9/7/11, Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com> menulis:

Dari: Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 12:45 PM

 

Dear para Master XL

Mohon bantuannya, bagaimana cara menampilkan kriteria untuk auto filter pada cell yang lain (filenya terlampir)? terima kasih

11.

Bls: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sat Jul 9, 2011 12:11 am (PDT)



formula yang harus diisikan pada masing masing sheet untuk isian
company account name adalah:
=MID(CELL("filename");FIND("]";CELL("filename"))+1;100)
formula ini akan menghasilkan nama sheet sesuai dengan nama sheet di mana formula ini berada.
selanjutnya untuk isian baris berikutnya di bawahnya adalah
=VLOOKUP(B$1;Sheet1!$A$2:$H$10;ROW())
copy ke bawah dst hasilnya akan menyesuaikan relatif sesuai dengan tempatnya masing masing.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sab, 9/7/11, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:

Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>
Judul: [belajar-excel] Menyimpan Data dalam Sheet-Sheet
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 9:54 AM

 

Dear para master ex-cel,

Bisakah saya dibantu menyimpan data yang ada ke dalam sheet-sheet, dengan judul sheetnya berdasarkan nama company terima kasih

12.

Trs: Bls: [belajar-excel] Menamplkan kriteria auto sort pada cell ya

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sat Jul 9, 2011 12:14 am (PDT)





--- Pada Sab, 9/7/11, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id> menulis:

Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Judul: Bls: [belajar-excel] Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 1:53 PM

dengan formula 
=IF(COUNTIF(A$2:A2;A2)=1;A2;"")
di kolom 
cell E2 copy ke bawah  dst

akan menjadikan tiap baris
di kolom E yang sejajar  dengan  baris pertama dari awal sebuah tanggal  baru di kolom 
tanggal akan menampilkan tanggal 
tersebut.

 jadi 
pada saat dilakukan auto filter pada tabel tanggal ,maka pada baris yang
sejajar dengan baris  awal tanggal
terpilih  dari auto filter tetap
muncul  tanggal  yang sama 
.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sab, 9/7/11, Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com> menulis:

Dari: Edo Hanggoro <edo_sp@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Menamplkan kriteria auto sort pada cell yang lain
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 9 Juli, 2011, 12:45 PM

 

Dear para Master XL

Mohon bantuannya, bagaimana cara menampilkan kriteria untuk auto filter pada cell yang lain (filenya terlampir)? terima kasih

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar