Senin, 11 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1241

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Change Case From: yosse yasman
2a.
Re: WTA: Gabung data From: prast.excel@gmail.com
3a.
Re: Tanya sort data From: Sudarsono Suhenk
3b.
Re: Tanya sort data From: Mr. Kid
4a.
Help - Tanya Rumus Diskon From: Gober
4b.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: STDEV(i)
4c.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: hendrik karnadi
4d.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: hendrik karnadi
4e.
Help - Menhitung total jam dan menit From: basyoir Bas
4f.
Re: Help - Menhitung total jam dan menit From: Mr. Kid
4g.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: Gober
4h.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: Gober
4i.
Re: Help - Menhitung total jam dan menit From: basyoir Bas
4j.
Re: Help - Menhitung total jam dan menit From: Mr. Kid
4k.
Re: Help - Menhitung total jam dan menit From: basyoir Bas
4l.
Re: Help - Menhitung total jam dan menit From: Mr. Kid
4m.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: hendrik karnadi
4n.
Re: Help - Tanya Rumus Diskon From: Gober
5a.
Re: Cara menggunakan conditional formating From: Mr. Kid
6a.
Trs: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell From: Hariansyah
7a.
Bls: [belajar-excel] Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form From: Hariansyah
8a.
Bls: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell From: Hariansyah
8b.
Re: Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentuk From: Mr. Kid
8c.
Bls: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell From: Hariansyah
9.
Mengetahui isi Sheet2 (Cell tertentu) dari Sheet1 From: Hariansyah

Messages

1a.

Re: Change Case

Posted by: "yosse yasman" yosse_yasman@yahoo.com   yosse_yasman

Mon Jul 11, 2011 1:25 am (PDT)



terima kasih pak ferdy...
masalah saya sudah teratasi..

Rgds..
Josse

--- On Mon, 7/11/11, M. Ferdiansyah <muh_ferdy@pusri.co.id> wrote:

Dear Pak Yosse,
Kalau di ms.word bisa dengan menggunakan shift+f3,
kalau di ms.excel 2003 setau saya tidak ada pak (setau saya) gak tau di ms.excel 2007/2010, kalau di excel sudah ada formulanya dan juga dgn cell bantu.

Formulanya :
=Upper(letak_cell) '<-- semua huruf besar *YOSSE YASMAN
=Lower(letak_cell) '<-- semua huruf kecil *yosse yasman
=Proper(letak_cell) '<-- hanya huruf depan yg besar *Yosse Yasman

Regard,
Ferdy

*example

2a.

Re: WTA: Gabung data

Posted by: "prast.excel@gmail.com" prast.excel@gmail.com   arfianto.prasetyo

Mon Jul 11, 2011 1:27 am (PDT)




Thanks Mr. Kid atas penjelasannya... Sudah berhasil, kmrn kesalahan saya di $A$6 yg tidak dirubah.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Date: Mon, 11 Jul 2011 05:28:12

Hai Tia,

File terlampir contoh jika dikumpulkan jadi satu file, agar mudah
mempelajarinya. Cara menyesuaikan dengan keadaan yang beda file juga
disertakan.

Formula :
=IF(COUNTIF('[Contoh 2.xls]Sheet1'!*$*A*$*2:*$*A*$*6,C2),VLOOKUP(C2,'[Contoh
2.xls]Sheet1'!*$*A*$*2:*$*C*$*6,3,*FALSE*),"")

Hal yang diperhatikan :
1. Kedua file harus dalam keadaan terbuka.
3. Penggunaan karakter *$* (absolute references) harus sesuai kebutuhan
4. Opsi *FALSE *digunakan agar fungsi VLookUp melakukan pencarian yang *persis
*sama *seluruh karakter* dan *datatype*-nya

Regards.
Kid.

3a.

Re: Tanya sort data

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@live.com   jkssbma

Mon Jul 11, 2011 1:38 am (PDT)





Index
Urut
Nama
Gender
Status


1
1
Adi
Male
Employee


2
2
Budi
Male
Employee


4
3
Dedi
Male
Employee


5
4
Erni
Female
Employee


6
5
Ferdi
Male
Employee


8
6
Wati
Female
Employee


9
7
Steven
Male
Employee


16
8
Syamsul
Male
Employee


20
9
Steven
Male
Employee


23
10
Cici
Female
Spouse


31
11
Fabio
Male
Spouse


33
12
Pippo
Male
Spouse


38
13
Donny
Male
Spouse


untuk index gunakan ( blok baris 3 sampai 22 lalu buat rumus array formula ) :{=IFERROR(SMALL(IF(E3:E22="Employee",ROW(1:20),IF(E3:E22="Spouse",20+ROW(1:20),"")),ROW(1:20)),"")}untuk urut gunakan ( kopi ke baris 22 ):=(MAX($T$2:T2)+1)urut nama gunakan ( kopi ke baris 22 ):=IF(AND(ISNUMBER(S3),S3<20),INDEX($C$3:$E$22,S3,1),IF(ISNUMBER(S3),INDEX($C$3:$E$22,S3-20,1),""))untuk Gender , gunakan ( kopi ke baris 22 ):=IF(AND(ISNUMBER(S3),S3<20),INDEX($C$3:$E$22,S3,2),IF(ISNUMBER(S3),INDEX($C$3:$E$22,S3-20,2),""))untuk Status gunakan ( kopi ke baris 22 ):=IF(AND(ISNUMBER(S3),S3<20),INDEX($C$3:$E$22,S3,3),IF(ISNUMBER(S3),INDEX($C$3:$E$22,S3-20,3),""))
Semoga sesuai To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: setiyowati.devi@gmail.com
Date: Mon, 11 Jul 2011 13:13:00 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya sort data

Case 2 dulu ya

ada rumus:

=MOD(SMALL(IF(E3:E22="Employee",B3:B22*5+B3:B22/100, IF(E3:E22="Spouse",B3:B22*10+B3:B22/100)),B3:B22),1)*100

untuk mencari record number yg sesuai kriteria

( ini kita sebut sebagai rumus filter)Ini adalah Array Formula yg ditulissecara sekaligus di Multi Cells

pada kasus ini ditulis di M3:M22 secara SE-KA-LI-GUS !!!

ada lagi rumus
=IF(ISNUMBER($M3),OFFSET(C$2,$M3,0),"")
untuk memnggil data seauai hasil rumus 1

kayaknya Memfiler dengan formula seperti ni sudah sering deh...

Case1Sementara hanya bisa comments:

Selain belum sempat fahami maksudnya, sepertinya data jauh dari

kaidah database, sehingga semakin menyulitkan proses pengolahan.

Mungkin diperlukan pengubahan cara menuliskan tabel

atau diperlukan beberapa kolom Bantu (helper)

2011/7/11 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>

Dear rekans semua
mohon bantuannya untuk case terlampir
Saya ingin bisa mengurutkan data dengan rapih dan tidak manual
case 1 : data yang diurutkan dari terkecil hingga terbesar jumlah per kelompok data tersebut

Case 2 : mengurutkan data yang diperlukan saja dg kriteria yang ditentukan

Mohon bantuannya
Terima kasih sebelumnya
Salam
YR

3b.

Re: Tanya sort data

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 11, 2011 7:12 am (PDT)



Dear Pak YR,

----------------
Case 1 :
Data yang tidak berkaidah database membutuhkan composite key dari data.
Composite key ini disusun menjadi kolom baru. Terkadang butuh beberapa
kolom.
Pada kasus ini, composite key menggunakan 1 kolom dengan formula :
=IF(LEN(B4),INDEX(E4:E$42,MATCH("Jumlah*",C4:C$42,0))*100000+B4*1000+ROW()-ROW($F$3),F3+1)

Summary disusun berdasarkan composite key tersebut.
Kebutuhan tampilan pada summary dapat menggunakan fitur yang dimiliki Excel.

----------------
Case 2 :
Data telah berkaidah database. Untuk summary yang diurutkan berdasar
beberapa kriteria dan juga filter item tertentu, bisa menggunakan fitur
AutoFilter.

Jika tidak menggunakan fitur AutoFilter, masih ada fitur PivotTable yang
mungkin membutuhkan 1 kolom bantu sebagai kolom pengurutan berdasar status
yang akan diletakkan pada sebelah kiri nama (sebagai sort order nomor 1 di
pivot table), agar data kolom status tetap bisa tampil disebelah kanan nama.

Ketika penyusunan summary lebih memilih menggunakan formula, maka dibutuhkan
sebuah kolom bantu yang berisi composite key kriteria sorting.
Kolom bantu ini menggunakan array formula. Kolom lainnya bisa menggunakan
formula biasa.

Summary yang membutuhkan filter data (dalam hal ini berdasar kombinasi
Status) akan lebih dinamis ketika user diberi media input pilihan. Array
formula juga akan lebih sederhana.

----------------

Best Regards.
Kid.

2011/7/11 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>

> **
>
>
> Dear rekans semua
>
> mohon bantuannya untuk case terlampir
>
> Saya ingin bisa mengurutkan data dengan rapih dan tidak manual
>
> case 1 : data yang diurutkan dari terkecil hingga terbesar jumlah per
> kelompok data tersebut
> Case 2 : mengurutkan data yang diperlukan saja dg kriteria yang ditentukan
>
>
> Mohon bantuannya
>
> Terima kasih sebelumnya
>
> Salam
> YR
>
>
4a.

Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Mon Jul 11, 2011 2:04 am (PDT)



Hi,

Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya

kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi
43151

di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5%
lagi dari 49995



Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon
1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus

Thanks yah.

gober

4b.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Jul 11, 2011 2:11 am (PDT)



Attachment ex Posting pak Gober
(Winss1.xlsx)

2011/7/11 Gober <gober.mirc@gmail.com>

> **
>
>
> Hi,****
>
> ** **
>
> Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya****
>
> ** **
>
> kolom E2 nilainya *49995* gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi
> 43151****
>
> di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5%
> lagi dari 49995****
>
> Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat
> diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus****
>
> ** **
>
> Thanks yah…**
>
> **
>
> ** **
>
> gober****
>
>
>
4c.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Jul 11, 2011 2:14 am (PDT)



Ada lampirannya Pak ? Agar lebih jelas, sebaiknya pertayaannya juga disebutkan pada lampiran dengan "Insert Comment".

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Gober <gober.mirc@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 3:53 PM
Subject: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

 
Hi,
 
Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya
 
kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151
di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995
Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus
 
 
Thanks yah…
 
gober
4d.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Jul 11, 2011 3:08 am (PDT)



Coaba tulis rumus ini di sel G2 :
=(1-0.15-0.05)*E2-IF(C2+D2<0,(1-F2)*(C2+D2))
hasilnya 43150

ada selisih pembulatan 1.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 4:10 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

 
Attachment ex Posting pak Gober

(Winss1.xlsx)

2011/7/11 Gober <gober.mirc@gmail.com>

> 
>Hi,
> 
>Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya
> 
>kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151
>di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995
>Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus
> 
>Thanks yah…
> 
>gober
>
>
4e.

Help - Menhitung total jam dan menit

Posted by: "basyoir Bas" basyoir_bas@yahoo.com

Mon Jul 11, 2011 4:22 am (PDT)



dear pakar excel,

mohon bantuannya menghitung total jam dan menit, seperti terlampir.

atas bantuannya saya ucpkan terimakasih.

regards
bas
4f.

Re: Help - Menhitung total jam dan menit

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 11, 2011 4:40 am (PDT)



Dear Bas,

Gunakan formula Sum saja tanpa perkalian apapun.
=SUM(D2:D11)
Kemudian format cell -> number -> custom -> [hh]:mm
Karakter titik dua bisa diganti titik.
Data tetap bertype datetime.

Regards.
Kid.

2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>

> **
>
>
> dear pakar excel,
>
> mohon bantuannya menghitung total jam dan menit, seperti terlampir.
>
> atas bantuannya saya ucpkan terimakasih.
>
> regards
> bas
>
>
>
>
>
4g.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Mon Jul 11, 2011 4:51 am (PDT)



Hi Pak Hendrik…

Setelah sym skin hasilnya tidak 43150… hasil yg di dapat adalah 36842

· Sorry kl pertanyaan sy kurang jelas… kl ada yg ga jelas ditanya lagi yah…

thanks

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Monday, July 11, 2011 5:09 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Coaba tulis rumus ini di sel G2 :

=(1-0.15-0.05)*E2-IF(C2+D2<0,(1-F2)*(C2+D2))

hasilnya 43150

ada selisih pembulatan 1.

Salam,

Hendrik Karnadi

_____

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 4:10 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Attachment ex Posting pak Gober

(Winss1.xlsx)

2011/7/11 Gober <gober.mirc@gmail.com>

Hi,

Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya

kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151

di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995



Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus

Thanks yah…

gober

4h.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Mon Jul 11, 2011 4:51 am (PDT)



Ini attachmentnya ketinggalan…. sorry

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Monday, July 11, 2011 4:14 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Ada lampirannya Pak ? Agar lebih jelas, sebaiknya pertayaannya juga disebutkan pada lampiran dengan "Insert Comment".

Salam,

Hendrik Karnadi

_____

From: Gober <gober.mirc@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 3:53 PM
Subject: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Hi,

Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya

kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151

di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995



Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus

Thanks yah…

gober

4i.

Re: Help - Menhitung total jam dan menit

Posted by: "basyoir Bas" basyoir_bas@yahoo.com

Mon Jul 11, 2011 5:07 am (PDT)



Dear Mr Kid,

Cara merubah "Karakter titik dua bisa diganti titik" gimana yaaa, harap makalum
adanya pak....

thanks
bas

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Mon, July 11, 2011 2:40:02 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Menhitung total jam dan menit

 
Dear Bas,

Gunakan formula Sum saja tanpa perkalian apapun.
=SUM(D2:D11)
Kemudian format cell -> number -> custom -> [hh]:mm
Karakter titik dua bisa diganti titik.
Data tetap bertype datetime.

Regards.
Kid.

2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>

 
>dear pakar excel,
>
>mohon bantuannya menghitung total jam dan menit, seperti terlampir.
>
>atas bantuannya saya ucpkan terimakasih.
>
>regards
>bas
>
> 

4j.

Re: Help - Menhitung total jam dan menit

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 11, 2011 5:10 am (PDT)



Maksudnya,
format cell -> number -> custom

bisa diisi dengan [hh]*:*mm
atau [hh]*.*mm

Regards,
Kid.

2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> Cara merubah "Karakter titik dua bisa diganti titik" gimana yaaa, harap
> makalum adanya pak....
>
> thanks
> bas
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Mon, July 11, 2011 2:40:02 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Help - Menhitung total jam dan menit
>
>
>
> Dear Bas,
>
> Gunakan formula Sum saja tanpa perkalian apapun.
> =SUM(D2:D11)
> Kemudian format cell -> number -> custom -> [hh]:mm
> Karakter titik dua bisa diganti titik.
> Data tetap bertype datetime.
>
> Regards.
> Kid.
>
>
>
> 2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> dear pakar excel,
>>
>> mohon bantuannya menghitung total jam dan menit, seperti terlampir.
>>
>> atas bantuannya saya ucpkan terimakasih.
>>
>> regards
>> bas
>>
>>
>>
>>
>
>
4k.

Re: Help - Menhitung total jam dan menit

Posted by: "basyoir Bas" basyoir_bas@yahoo.com

Mon Jul 11, 2011 5:40 am (PDT)



Alhamdulilla ude ketemu, many thanks you...

Salam
Bas

________________________________
From: basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Mon, July 11, 2011 2:54:46 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Menhitung total jam dan menit

 
Dear Mr Kid,

Cara merubah "Karakter titik dua bisa diganti titik" gimana yaaa, harap makalum
adanya pak....

thanks
bas

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Mon, July 11, 2011 2:40:02 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Menhitung total jam dan menit

 
Dear Bas,

Gunakan formula Sum saja tanpa perkalian apapun.
=SUM(D2:D11)
Kemudian format cell -> number -> custom -> [hh]:mm
Karakter titik dua bisa diganti titik.
Data tetap bertype datetime.

Regards.
Kid.

2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>

 
>dear pakar excel,
>
>mohon bantuannya menghitung total jam dan menit, seperti terlampir.
>
>atas bantuannya saya ucpkan terimakasih.
>
>regards
>bas
>
> 

4l.

Re: Help - Menhitung total jam dan menit

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 11, 2011 5:51 am (PDT)



Alhamdulillah.

Datatype hasil adalah datetime. Wujudnya berupa angka serial date.
Setelah memahami sekelumit tentang format number seperti [hh].mm
Untuk mengubah datatype hasil dari datetime menjadi numerik, bisa
menggunakan fungsi Text.
=--Text( Sum( d1:d12 ) , "[hh].mm" )

Maka angka yang tampak 29.50 bukan lagi bertype datetime.
Nilai 29 jam 50 menit adalah senilai :
1.24305555555556 jika data bertype datetime (oleh formula Sum dan format
number [hh].mm)
29.50 jika bertype numerik [ oleh formula --Text(blahblah) ]

Wassalam.
Kid.

2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>

> **
>
>
> Alhamdulilla ude ketemu, many thanks you...
>
> Salam
> Bas
>
>
> ------------------------------
> *From:* basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Mon, July 11, 2011 2:54:46 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Help - Menhitung total jam dan menit
>
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> Cara merubah "Karakter titik dua bisa diganti titik" gimana yaaa, harap
> makalum adanya pak....
>
> thanks
> bas
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Mon, July 11, 2011 2:40:02 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Help - Menhitung total jam dan menit
>
>
>
> Dear Bas,
>
> Gunakan formula Sum saja tanpa perkalian apapun.
> =SUM(D2:D11)
> Kemudian format cell -> number -> custom -> [hh]:mm
> Karakter titik dua bisa diganti titik.
> Data tetap bertype datetime.
>
> Regards.
> Kid.
>
>
>
> 2011/7/11 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> dear pakar excel,
>>
>> mohon bantuannya menghitung total jam dan menit, seperti terlampir.
>>
>> atas bantuannya saya ucpkan terimakasih.
>>
>> regards
>> bas
>>
>>
>>
>>
>
>
>
4m.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Jul 11, 2011 6:38 am (PDT)



Coba lihat formula pada G2 dan hasilnya pada file terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Gober <gober.mirc@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 6:50 PM
Subject: RE: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

 
Hi Pak Hendrik…
 
Setelah sym skin  hasilnya tidak 43150… hasil yg di dapat adalah 36842
 
·         Sorry kl pertanyaan sy kurang jelas… kl ada yg ga jelas ditanya lagi yah…
 
thanks
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Monday, July 11, 2011 5:09 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
 
 
Coaba tulis rumus ini di sel G2 :
=(1-0.15-0.05)*E2-IF(C2+D2<0,(1-F2)*(C2+D2))
hasilnya 43150
 
ada selisih pembulatan 1.
 
Salam,
Hendrik Karnadi
 
 

________________________________

From:STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 4:10 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon
 
Attachment ex Posting pak Gober
(Winss1.xlsx)
 
 
 
2011/7/11 Gober <gober.mirc@gmail.com>
 
Hi,
 
Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya
 
kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151
di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995
Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus
 
Thanks yah…
 
gober
 
 
4n.

Re: Help - Tanya Rumus Diskon

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Mon Jul 11, 2011 9:12 am (PDT)



Hi Pak Hendrik….

Thanks sudah bisa nih…. Tadi ternyata kurang di 0.15 aja hehe…

Trims yah P Hendrik udah dibantuin….

Salam,

gOber

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Monday, July 11, 2011 8:39 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Coba lihat formula pada G2 dan hasilnya pada file terlampir.

Salam,

Hendrik Karnadi

_____

From: Gober <gober.mirc@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 6:50 PM
Subject: RE: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Hi Pak Hendrik…

Setelah sym skin hasilnya tidak 43150… hasil yg di dapat adalah 36842

· Sorry kl pertanyaan sy kurang jelas… kl ada yg ga jelas ditanya lagi yah…

thanks

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Monday, July 11, 2011 5:09 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Coaba tulis rumus ini di sel G2 :

=(1-0.15-0.05)*E2-IF(C2+D2<0,(1-F2)*(C2+D2))

hasilnya 43150

ada selisih pembulatan 1.

Salam,

Hendrik Karnadi

_____

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 11, 2011 4:10 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Help - Tanya Rumus Diskon

Attachment ex Posting pak Gober

(Winss1.xlsx)

2011/7/11 Gober <gober.mirc@gmail.com>

Hi,

Tolong bantuin gimana rumus diskon. Terlampir file exelnya

kolom E2 nilainya 49995 gimana caranya rumus di kolom total (G2) menjadi 43151

di kolom total angka 39997 itu didapat dari 49995 -15% kemudian dikurang 5% lagi dari 49995



Note: rumus yg sekarang saya pake di kolom total skrg ini di mendapat diskon 1.5% dan hanya berlaku jika totalan C2 + D2 hasilnya minus

Thanks yah…

gober

5a.

Re: Cara menggunakan conditional formating

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 11, 2011 7:31 am (PDT)



Hai Tiny,

Kalau tidak salah tangkap, sepertinya mbak Tiny melakukan Edit Rules melalui
Conditional Formatting Rules Manager.
This Worksheet atau Current Selection ada pada Conditional Formatting (CF)
Rules Manager.

This Worksheet : seluruh CF yang dipasang di worksheet yang aktif.
Current Selection : seluruh CF yang dipasang pada range terpilih.

Regards.
Kid.

On Mon, Jul 11, 2011 at 09:24, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> Dear mod,
> Mod, tolong dong saya dijelaskan bagaimana cara menggunakan conditional
> formatting? Td saya sudah coba buat dengan menggunakan Rule type Use a
> Formula (formula sudah diisi) dan memilih show formatting rules for current
> selection, setelah selesai dan saya klik tombol apply kok dia pindah ke this
> worksheet ya bukan di curret selection? Apa bedanya antara current selection
> dan this worksheet, tolong saya dibantu penjelasan dan bagaimana sebenarnya
> cara mengaplikasikan conditional formatting?
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
>
6a.

Trs: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 11, 2011 8:39 am (PDT)





----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 10 Juli 2011 22:07
Judul: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentukan

 
Mohon
informasi dan rumusnya akan pertanyaan sbb:
1.       Bagaimana
cara dan rumusnya jika kita ingin mengisi secara otomatis form yang telah kita
buat sesuai isi cell yang kita inginkan. Jika pada waktu Form sdh kita aktifkan
dan kita ingin mengisi sbb:
Ø  Ringkasan Isi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
Ø  Tahun Arsipi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
Ø  Ringkasan Isi 2 dengan isian yang ada pada
Cell Cell J6
Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K6
Ø  Ringkasan Isi 3 dengan isian yang ada pada
Cell J7
Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K7
Ø  Ringkasan Isi 4 dengan isian yang ada pada
Cell J8
Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K8
Ø  Ringkasan Isi 5 dengan isian yang ada pada
Cell J9
Ø  Tahun
Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K9

Setelah itu baru Kita Click tombol “SAVE” dan “CLOSE”.
 
2.       Bagaimana
cara dan rumusnya jika tampilan yang ada pada Sheet2 (Cell A2,A2, A4dst dapat
ditampilkan hanya dalam 1 Cell (K10) pada Sheet 1…???
Atau dengan kata lain, jika tampilan yang ada pada Sheet 2 (Cell A2  misalnya “TEPAT
WAKTU”, data tersebut dapat
diketahui hanya dengan mengakses Sheet1.
Akan lebih baik, jika tampilan “TEPAT
WAKTU” pada Sheet1 tersebut disertai dengan tulisan berkedip.

Terima kasih atas informasi dan rumusnya.

Harry
7a.

Bls: [belajar-excel] Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 11, 2011 8:40 am (PDT)



Terima kasih atas jawabannya yang sangat menambah pengetahuan saya.
Sebagaimana pertanyaan saya sebelumnya yang tidak disertai dengan lampiran workbooknya, bersama ini saya lampirkan workbook dimaksud dng pertanyaan sbb:
1. Bagaimana
cara dan rumusnya jika kita ingin mengisi secara otomatis form yang telah kita
buat sesuai isi cell yang kita inginkan. Jika pada waktu Form sdh kita aktifkan
dan kita ingin mengisi sbb:
Ø  Ringkasan Isi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
Ø  Tahun Arsipi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
Ø  Ringkasan Isi 2 dengan isian yang ada pada
Cell Cell J6
Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K6
Ø  Ringkasan Isi 3 dengan isian yang ada pada
Cell J7
Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K7
Ø  Ringkasan Isi 4 dengan isian yang ada pada
Cell J8
Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K8
Ø  Ringkasan Isi 5 dengan isian yang ada pada
Cell J9
Ø  Tahun
Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K9

Setelah itu baru Kita Click tombol “SAVE” dan “CLOSE”.

2. Bagaimana
cara dan rumusnya jika tampilan yang ada pada Sheet2 (Cell A2,A3, A4dst dapat
ditampilkan hanya dalam 1 Cell (K10) pada Sheet 1…???
Atau dengan kata lain, jika salah satu tampilan yang ada pada Sheet 2 (Cell A2 atau A3) misalnya “TEPAT
WAKTU”, data tersebut dapat
diketahui hanya dengan mengakses Sheet1.
Akan lebih baik, jika tampilan “TEPAT
WAKTU” pada Sheet1 tersebut disertai dengan tulisan berkedip.
Terima kasih ats berkenan untuk manjawab pertanyaan saya.

Harry

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 3 Juli 2011 17:00
Judul: Re: [belajar-excel] Excel (VBA) - Mengisi Tabel melalui Form

 
Dear Harry, 
Kok gag ada alampiran workbook-nya ya ??.

Inti masalahnya:
Dari "Form" berisi 3 cell (isian data), setiap saat akan diganti-ganti dan dimasukkan ke tabel di sheet lain;
3 cell isian data ada di cell D6, D7 dan D8, (data langsung diisikan/ketikkan ke cells tsb)

Sheet 1 kita beri nama FORM, sheet2 diberinama Tabel; 
Di sheet FORM kita buat  'Tombol' (command button) yg diambil dari Toolbar bernama Control ToolBox  (lihat menu View > Toolbar ).

Tombol MASUKKAN, untuk memasukkan data isian (input) cells D6,D7 dan D8 ke Tabel data di Sheet2

Karena pekerjaan mengisi data ke tabel pada baris berikutnya harus sambil mencari baris baru ( baris dibawah data terakhir, yaitu agar pengisian ke tabel tidak menimpa data yg sudah ada), maka pekerjaan spt ini sulit dilakukan dengan FORMULA / RUMUS, tetapi MUDAH sekali dilakukan dengan Makro (VBA Excel Programming)

Dua makro dituios di dua tempat berbeda

di module Sheet1

Private Sub CommandButton1_Click()
   ' memanggil program prosedur (makro) Entry Data
   Call EntryData
End Sub

di module standard

Sub EntryData()
   ' untuk saat ini;
   ' di carikan cara yg paling mudah difahami
   ' nantnya code bisa diubah agar menjadi lebih efisien
   '---------------------------------------------------
   Dim dTabel As Range
   Dim BarisBaru As Long, i As Long, c As Integer
   
   ' menentukan letak cell pertama pada area tabel
   Set dTabel = Sheets("Tabel").Range("B3")
   
   ' mencari baris baru y gmasih kosong
   BarisBaru = dTabel.CurrentRegion.Rows.Count
    
   '      baris, kolom
   dTabel(BarisBaru, 1) = Sheets("FORM").Range("D6")
   dTabel(BarisBaru, 2) = Sheets("FORM").Range("D7")
   dTabel(BarisBaru, 3) = Sheets("FORM").Range("D8")

End Sub

2011/7/3 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> 
>Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mb. Siti yang telah menjawab pertanyaan saya di Yahoo Answer yang jawaban beliau tersebut sangat bermanfaat sekali.
>
>Selanjutnya, mohon dapat diinformasikan cara untuk mengisi form yang telah kita buat secara otomatis. Misalnya isian pada Form tersebut adalah sbb:
>No : 1
>Nama : Harry
>Alamat : Pontianak
>
>(1) Pada Sheet yang sama (Sheet1) jika kita ingin mengisi secara otomatis pada kolom txtno tersebut dengan mengacu pada Cell G2, mengisi txtnama dengan mengacu pada Cell G3 dan mengisi txtalamat dengan mengacu pada Cell G4.
>(2) Pada Sheet yang berbada (Sheet1 dan Sheet2) jika kita ingin mengisi secara otomatis pada kolom txtno (Sheet1) tersebut dengan mengacu pada Cell G2 (Sheet2), mengisi txtnama (Sheet1) dengan mengacu pada Cell G3 (Sheet2) dan mengisi txtalamat (Sheet1) dengan mengacu pada Cell G4 (Sheet2).
>
>Bagaimana caranya ?
>
>Terima kasih.
>
>Harry
>
>
8a.

Bls: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 11, 2011 9:11 am (PDT)



Bos, terima kasih atas jawabannya yang sangat membantu.
Tapi bos, bisa data yang ada di Cell J4, J5, J6, J7, J8 dan K4, K5, K6, K7, K8 tetap pada posisinya karena data-data yang ada di cell tersebut adalah rumus dari tabel yang ada di sebelah kiri (mis: =VLOOKUP($I$4:$I$8,$A$4:$G$14,2,FALSE)).

Mohon penjelasannya.

Terima kasih.

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 11 Juli 2011 5:56
Judul: Re: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentukan

 
Hai Harry,

Yang nomor 1 mungkin bisa seperti gambar berikut :

Perhatikan property Control Source dari control object (textbox) yang dipilih.

Nomor 2 masih kurang jelas maksudnya. Secuil contoh hasil kerja manual di worksheet sepertinya bisa lebih jelas.

Regards.
Kid.

2011/7/10 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>

> 
>Mohon
informasi dan rumusnya akan pertanyaan sbb:
>1.       Bagaimana
cara dan rumusnya jika kita ingin mengisi secara otomatis form yang telah kita
buat sesuai isi cell yang kita inginkan. Jika pada waktu Form sdh kita aktifkan
dan kita ingin mengisi sbb:
>Ø  Ringkasan Isi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
>Ø  Tahun Arsipi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
>Ø  Ringkasan Isi 2 dengan isian yang ada pada
Cell Cell J6
>Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K6
>Ø  Ringkasan Isi 3 dengan isian yang ada pada
Cell J7
>Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K7
>Ø  Ringkasan Isi 4 dengan isian yang ada pada
Cell J8
>Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K8
>Ø  Ringkasan Isi 5 dengan isian yang ada pada
Cell J9
>Ø  Tahun
Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K9
>
>Setelah itu baru Kita Click tombol “SAVE” dan “CLOSE”.
> 
>2.       Bagaimana
cara dan rumusnya jika tampilan yang ada pada Sheet2 (Cell A2,A2, A4dst dapat
ditampilkan hanya dalam 1 Cell (K10) pada Sheet 1…???
>Atau dengan kata lain, jika tampilan yang ada pada Sheet 2 (Cell A2  misalnya “TEPAT
WAKTU”, data tersebut dapat
diketahui hanya dengan mengakses Sheet1.
>Akan lebih baik, jika tampilan “TEPAT
WAKTU” pada Sheet1 tersebut disertai dengan tulisan berkedip.
>
>
>Terima kasih atas informasi dan rumusnya.
>
>
>Harry
>

8b.

Re: Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentuk

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 11, 2011 9:15 am (PDT)



Andai maksud dari kata 'tetap pada posisinya' adalah tidak berubah akibat
pengisian pada control object textbox yang diikatkan ke cell, maka cari
property Locked di bawah Control Source. Ubah menjadi True.

Kid.

2011/7/11 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>

> Bos, terima kasih atas jawabannya yang sangat membantu.
> Tapi bos, bisa data yang ada di Cell J4, J5, J6, J7, J8 dan K4, K5, K6, K7,
> K8 tetap pada posisinya karena data-data yang ada di cell tersebut adalah
> rumus dari tabel yang ada di sebelah kiri (mis:
> =VLOOKUP($I$4:$I$8,$A$4:$G$14,2,FALSE)).
>
> Mohon penjelasannya.
>
> Terima kasih.
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 11 Juli 2011 5:56
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan
> Cell yang kita tentukan
>
>
> Hai Harry,
>
> Yang nomor 1 mungkin bisa seperti gambar berikut :
> [image: xl009_form_obj_04_gui_form_property_binding.gif]
>
> Perhatikan property Control Source dari control object (textbox) yang
> dipilih.
>
> Nomor 2 masih kurang jelas maksudnya. Secuil contoh hasil kerja manual di
> worksheet sepertinya bisa lebih jelas.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/7/10 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> Mohon informasi dan rumusnya akan pertanyaan sbb:
> 1. Bagaimana cara dan rumusnya jika kita ingin mengisi secara
> otomatis form yang telah kita buat sesuai isi cell yang kita inginkan. Jika
> pada waktu Form sdh kita aktifkan dan kita ingin mengisi sbb:
> Ø Ringkasan Isi 1 dengan isian yang ada pada Cell J5
> Ø Tahun Arsipi 1 dengan isian yang ada pada Cell J5
> Ø Ringkasan Isi 2 dengan isian yang ada pada Cell Cell J6
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K6
> Ø Ringkasan Isi 3 dengan isian yang ada pada Cell J7
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K7
> Ø Ringkasan Isi 4 dengan isian yang ada pada Cell J8
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K8
> Ø Ringkasan Isi 5 dengan isian yang ada pada Cell J9
> Ø Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K9
>
> Setelah itu baru Kita Click tombol "SAVE" dan "CLOSE".
>
> 2. Bagaimana cara dan rumusnya jika tampilan yang ada pada Sheet2
> (Cell A2, A2, A4 dst dapat ditampilkan hanya dalam 1 Cell (K10) pada Sheet
> 1…???
> Atau dengan kata lain, jika tampilan yang ada pada Sheet 2 (Cell A2 misalnya
> "TEPAT WAKTU", data tersebut dapat diketahui hanya dengan mengakses
> Sheet1.
> Akan lebih baik, jika tampilan "TEPAT WAKTU" pada Sheet1 tersebut disertai
> dengan tulisan berkedip.
>
> Terima kasih atas informasi dan rumusnya.
>
> Harry
>
>
>
>
>
8c.

Bls: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 11, 2011 10:35 am (PDT)



Bos, semua False sdh diganti dengan True. Tapi isi yang ada pada posisi J4 kok tetap hilang dan otomatis rumus yang ada disitu juga hilang. Mhn info ya bos...

Thanks

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 11 Juli 2011 23:14
Judul: Re: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentukan

 
Andai maksud dari kata 'tetap pada posisinya' adalah tidak berubah akibat pengisian pada control object textbox yang diikatkan ke cell, maka cari property Locked di bawah Control Source. Ubah menjadi True.

Kid.

2011/7/11 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>

Bos, terima kasih atas jawabannya yang sangat membantu.
>Tapi bos, bisa data yang ada di Cell J4, J5, J6, J7, J8 dan K4, K5, K6, K7, K8 tetap pada posisinya karena data-data yang ada di cell tersebut adalah rumus dari tabel yang ada di sebelah kiri (mis: =VLOOKUP($I$4:$I$8,$A$4:$G$14,2,FALSE)).
>
>
>Mohon penjelasannya.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>
>________________________________
>Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 11 Juli 2011 5:56
>Judul: Re: [belajar-excel] Mengisi Form secara otomatis sesuai dengan Cell yang kita tentukan
>
>
>
> 
>Hai Harry,
>
>Yang nomor 1 mungkin bisa seperti gambar berikut :
>
>
>Perhatikan property Control Source dari control object (textbox) yang dipilih.
>
>Nomor 2 masih kurang jelas maksudnya. Secuil contoh hasil kerja manual di worksheet sepertinya bisa lebih jelas.
>
>Regards.
>Kid.
>
>
>2011/7/10 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Mohon
informasi dan rumusnya akan pertanyaan sbb:
>>1.       Bagaimana
cara dan rumusnya jika kita ingin mengisi secara otomatis form yang telah kita
buat sesuai isi cell yang kita inginkan. Jika pada waktu Form sdh kita aktifkan
dan kita ingin mengisi sbb:
>>Ø  Ringkasan Isi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
>>Ø  Tahun Arsipi 1 dengan isian yang ada pada
Cell J5
>>Ø  Ringkasan Isi 2 dengan isian yang ada pada
Cell Cell J6
>>Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K6
>>Ø  Ringkasan Isi 3 dengan isian yang ada pada
Cell J7
>>Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K7
>>Ø  Ringkasan Isi 4 dengan isian yang ada pada
Cell J8
>>Ø  Tahun Arsip 1 dengan isian yang ada pada
Cell K8
>>Ø  Ringkasan Isi 5 dengan isian yang ada pada
Cell J9
>>Ø  Tahun
Arsip 1 dengan isian yang ada pada Cell K9
>>
>>Setelah itu baru Kita Click tombol “SAVE” dan “CLOSE”.
>> 
>>2.       Bagaimana
cara dan rumusnya jika tampilan yang ada pada Sheet2 (Cell A2,A2, A4dst dapat
ditampilkan hanya dalam 1 Cell (K10) pada Sheet 1…???
>>Atau dengan kata lain, jika tampilan yang ada pada Sheet 2 (Cell A2  misalnya “TEPAT
WAKTU”, data tersebut dapat
diketahui hanya dengan mengakses Sheet1.
>>Akan lebih baik, jika tampilan “TEPAT
WAKTU” pada Sheet1 tersebut disertai dengan tulisan berkedip.
>>
>>
>>Terima kasih atas informasi dan rumusnya.
>>
>>
>>Harry
>>
>
>
>

9.

Mengetahui isi Sheet2 (Cell tertentu) dari Sheet1

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 11, 2011 10:06 am (PDT)



Untuk teman-2 yang bisa membantu, mhn informasi rumus dan cara akan pertanyaan saya sbb::

Ada 2 Workbook (Sheet 1 dan
Sheet 2) yang saling berkaitan.
Jika pada Sheet 2 (Cell N5
atau N6 dst ada salah satu dari tulisan berikut “SANGAT TIDAK BAIK” atau “KURANG
BAIK”, agar informasi tersebut dikirimkan ke Sheet1 dengan tampilan "CHECK HERE".

Atau dengan penjelasan lain;
hanya dengan membuka Sheet1, kita bisa mengetahui pada Sheet2 di cell N5 atau N6
dst ada tampilan “SANGAT TIDAK BAIK” atau “TIDAK BAIK” dengan tampilan "CHECK HERE".
 
Mhn penjelasannya. Atas bantuan dan penjelasannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Harry
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar