Messages In This Digest (18 Messages)
- 1.
- Coding Page Number(Footer) From: Group Keren
- 2a.
- (request) sample MRP From: Senja Laura
- 2b.
- Re: (request) sample MRP From: Haps
- 2c.
- Re: (request) sample MRP From: hendrik karnadi
- 3a.
- Remove Duplicates From: reni irmawanti
- 3b.
- Re: Remove Duplicates From: Kid Mr.
- 4a.
- Chart dinamis, format conditional & row dinamis From: Dewan Deya
- 4b.
- Re: Chart dinamis, format conditional & row dinamis From: Kid Mr.
- 5a.
- CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls From: stefen
- 5b.
- Re: CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls From: Kid Mr.
- 6a.
- Re: Combo Box multi coloumn disertai validasi From: hasna
- 7.
- Bls: [belajar-excel] Remove Duplicates From: ghozi alkatiri
- 8a.
- Re: Pengurutan Data berbentuk kolom ke Baris berdasarkan Bulan dan T From: Rachmad HIDAYAT
- 9.
- Membuang Baris Tertentu From: Fandy Rasyid
- 10.
- Bls: [belajar-excel] CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls From: ghozi alkatiri
- 11a.
- Menentukan Faktor Pengali Pesangon From: Bambang Setiawan
- 11b.
- Re: Menentukan Faktor Pengali Pesangon From: Kid Mr.
- 12.
- Page Number From: Jonny Aorta
Messages
- 1.
-
Coding Page Number(Footer)
Posted by: "Group Keren" keren_group@yahoo.com keren_group
Wed Sep 21, 2011 8:42 am (PDT)
Para Suhu Sekalian,
mohon pencerahannya, karena saya sudah mencari di menu excel untuk permasalahan saya ini tapi belum dapat solusinya
Permasalahannya :
1. saya ingin print Sheet satu dengan page number (Footer Right) page 1 dan page 2.
2. selanjutnya print sheet 2 dengan page number (footer right ) no page 3 dan page 4.
Pada saat mau print sheet 2 saya kesulitan dalam membuat page number (footer right ) no page 3 dan page 4
karena tidak bisa automatis angkanya muncul berurut, padahal laporan yang mau diprint banyak banget. terpaksa harus manual ngisi nomor halamannya.
Apakah para suhu ada yang tahu menu excel untuk permasalahan saya ini ?
Dan apakah ada Coding untuk permasalahan saya ini ?
Sebelumnya saya banyak ucapkan terima kasih, karena tidak perlu kerja manual.
data terlampir...
Salam
- 2a.
-
(request) sample MRP
Posted by: "Senja Laura" 4r54ur4@gmail.com
Wed Sep 21, 2011 9:12 pm (PDT)
Dear all
saya baru kerja di tempat kerja baru sebagai clerk untuk data entry di
warehouse salah satu perusahaan manufacture
tapi karena masih baru.. jadi blank semua..
permintaan saya:
Kalau ada rekan yang punya sample database untuk sebuah warehouse tolong di
share ke saya(lewat japri aja,ntar kena tegur sama momod) syukur yang ada
makronya form untuk in dan out barang,..
yang lebih lengkap juga boleh..misal untuk barang rejecj..bom listnya MRP..
please help me..
- 2b.
-
Re: (request) sample MRP
Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com liz_hap
Thu Sep 22, 2011 12:05 am (PDT)
dear laura
mohon dilihat di workbook terlampir.--
terima kasih...
-haps-
2011/9/22 Senja Laura <4r54ur4@gmail.com >
> Dear all
> saya baru kerja di tempat kerja baru sebagai clerk untuk data entry di
warehouse salah satu perusahaan manufacture
> tapi karena masih baru.. jadi blank semua..
> permintaan saya:
> Kalau ada rekan yang punya sample database untuk sebuah warehouse tolong
di share ke saya
> (lewat japri aja,ntar kena tegur sama momod) syukur yang ada makronya form
untuk in dan out barang,..
> yang lebih lengkap juga boleh..misal untuk barang rejecj..bom listnya
MRP..
>
> please help me..
- 2c.
-
Re: (request) sample MRP
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Thu Sep 22, 2011 12:52 am (PDT)
Dear Laura,
Untuk Warehouse perusahaan manufaktur kayaknya harus dibuat tersendiri, karena di situ bukan hanyalah masalah In Out, melainkan juga untuk ketersediaan barang sesuai kebutuhan produksi. Kalau pakai Excel kayaknya "terlalu sulit" untuk integrasinya.
Salam,
Hendirk Karnadi
From: Senja Laura <4r54ur4@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Thursday, September 22, 2011 11:12 AM
Subject: [belajar-excel] (request) sample MRP
Dear all
saya baru kerja di tempat kerja baru sebagai clerk untuk data entry di warehouse salah satu perusahaan manufacture
tapi karena masih baru.. jadi blank semua..
permintaan saya:
Kalau ada rekan yang punya sample database untuk sebuah warehouse tolong di share ke saya(lewat japri aja,ntar kena tegur sama momod) syukur yang ada makronya form untuk in dan out barang,..
yang lebih lengkap juga boleh..misal untuk barang rejecj..bom listnya MRP..
please help me..
- 3a.
-
Remove Duplicates
Posted by: "reni irmawanti" reny.irmawanti@yahoo.com reny.irmawanti
Wed Sep 21, 2011 9:17 pm (PDT)
Dear Teman2 Excel,
Saya Ingin meremove Data NISP (Kolom A) Yang sama (Double) tetapi yang ingin diambil adalah data NISP yang terakhir.
Bagaimana caranya ya??
Untuk lebih jelasnya file saya lampirkan di attachment..
Thanks atas tanggapan dari teman2 ya.. - 3b.
-
Re: Remove Duplicates
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Sep 22, 2011 12:05 am (PDT)
Dear Reni,
File terlampir mencoba dengan 1 kolom bantu agar bisa menjadi data source
bagi pivot table.
Formula (bukan array formula) dikolom bantu tersebut adalah :
=1*(COUNTIF($A$11:$A$ 769,A11)= COUNTIF(A$ 11:A11,A11) )
(perhatikan peletakan karakter $ di dalam formula)
Nama range yang digunakan di file terlampir adlah myData, sebagai datasource
pivot table.
Jika ingin lebih dinamis (artinya, berapapun baris data ditambah atau
dikurangi, maka tidak perlu definisi ulang) maka edit nama range mydata,
bagian refers to diganti formulanya menjadi :
=OFFSET(Asli!$A$10:$M$ 10,0,0,COUNTA( Asli!$L:$ L))
Agar tidak mengganti formula kolom bantu berulang-ulang, berikut langkahnya
:
1. klik kanan sebuah cell
2. pilih Name a range (di excel 2003 => menu Insert -> Name -> Define
3. beri nama range, misal *dtNISP*
4. scope : set ke workbook (supaya bisa digunakan oleh semua sheet di
workbook tersebut)
5. refers to isi dengan formula :
=OFFSET(Asli!$A$10,1,0, COUNTA(Asli! $L:$L))
6. Tekan OK
7. klik formula bantu dibaris 11, kemudian ganti $A$11:$A$769 menjadi *
dtNISP* diakhiri dengan menekan Enter
8. copy formula di baris 11 tadi ke seluruh baris data.
9. refresh pivot table.
Sebaiknya pivot table diletakkan di sheet berbeda. File terlampir meletakkan
pivot table dalam satu sheet dengan data agar mudah membandingkannya.
Regards.
Kid.
2011/9/22 reni irmawanti <reny.irmawanti@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Teman2 Excel,
>
> Saya Ingin meremove Data NISP (Kolom A) Yang sama (Double) tetapi yang
> ingin diambil adalah data NISP yang terakhir.
> Bagaimana caranya ya??
>
>
> Untuk lebih jelasnya file saya lampirkan di attachment..
>
> Thanks atas tanggapan dari teman2 ya.. [image: :) happy]
>
>
>
>
- 4a.
-
Chart dinamis, format conditional & row dinamis
Posted by: "Dewan Deya" dwanxls@yahoo.co.id dwanxls
Wed Sep 21, 2011 9:18 pm (PDT)
Dear para pakar excel,
Saya mempunyai data & chart bar (terlampir).
Setelah di sort peringkat Indonesia bisa menduduki ranking tertentu, dan besok nya bisa berubah menjadi peringkat yang berbeda dibandingkan hari sebelumnya.
Pertanyaan saya:
1. Untuk data hasil sort, kata INDONESIA format warna font nya bisa secara otomatis berwarna merah, saya gunakan format conditional. Jadi jika menemui kata INDONESIA maka secara otomatis akan kata tersebut akan berwarna merah. Untuk angka nya bagaimana ya supaya secara otomatis juga berwarna merah?.
2. Untuk chart. Bagaimana CARA OTOMATIS agar chart Indonesia selalu berwarna merah, mengingat posisi peringkatnya selalu berubah ubah setiap hari.
3. Untuk data sebelum sort. Data dari tabel sebelum sort akan di copy (copy transpose) kan ke sheet rekap. Tadinya saya sudah buat macro nya, cuma kendalanya row (baris) nya kan bersifat dinamis, sesuai dengan tanggalnya. Ada cara laen?.
Tks sebelumnya. - 4b.
-
Re: Chart dinamis, format conditional & row dinamis
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Sep 22, 2011 1:19 am (PDT)
Dear Deya,
No. 1 :
Pakai Conditional formatting yang berdasarkan opsi Use formula (xl2007) atau
Formula Is (xl2003)
Isi formulanya : (misal data di nama negara di cell C3)
=$C3="Indonesia"
kemudian atur formatnya.
No. 2 :
Chart adalah sebuah laporan. Sebaiknya data source untuk chart diambil
langsung dari raw data.
Salah satu caranya adalah : (untuk 2 warna saja)
Membuat kolom Indonesia dan Non Indonesia sebagai 2 series data chart.
Nilai dikolom Indonesia diisi ketika negaranya Indonesia, selainnya diisi 0
atau error value atau blank.
Buat chart dengan 2 series berdasar 2 kolom tadi (setiap seriesnya dari
masing-maing kolom tadi)
Pindahkan series Indonesia ke Secondary axis
Atur tampilannya.
No. 3 :
Rekap adalah sebuah laporan. Semua nilai adalah hasil proses terhadap
nilai-nilai di raw data.
Fitur Pivot Table biasanya memberi kemudahan untuk menyusun rekap sederhana.
Terutama untuk eksplorasi data.
Regards.
Kid.
2011/9/22 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear para pakar excel,
>
> Saya mempunyai data & chart bar (terlampir).
> Setelah di sort peringkat Indonesia bisa menduduki ranking tertentu, dan
> besok nya bisa berubah menjadi peringkat yang berbeda dibandingkan hari
> sebelumnya.
>
> Pertanyaan saya:
> 1. Untuk data hasil sort, kata INDONESIA format warna font nya bisa secara
> otomatis berwarna merah, saya gunakan format conditional. Jadi jika menemui
> kata INDONESIA maka secara otomatis akan kata tersebut akan berwarna merah.
> Untuk angka nya bagaimana ya supaya secara otomatis juga berwarna merah?.
>
> 2. Untuk chart. Bagaimana CARA OTOMATIS agar chart Indonesia selalu
> berwarna merah, mengingat posisi peringkatnya selalu berubah ubah setiap
> hari.
>
> 3. Untuk data sebelum sort. Data dari tabel sebelum sort akan di copy
> (copy transpose) kan ke sheet rekap. Tadinya saya sudah buat macro nya, cuma
> kendalanya row (baris) nya kan bersifat dinamis, sesuai dengan tanggalnya.
> Ada cara laen?.
>
> Tks sebelumnya.
>
>
>
>
>
>
>
>
- 5a.
-
CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls
Posted by: "stefen" stefen@kofi.co.id
Wed Sep 21, 2011 9:18 pm (PDT)
HELLO ALL MASTER EXCELL YANG EXCELLENT.
Saya ada kesulitan cara membuat data control trial by periodical.
untuk jelasnya lihat lampiran.Mohon di bantu ya...
thanks ya.
- 5b.
-
Re: CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Sep 22, 2011 1:48 am (PDT)
Hello Stefen,
Gunakan fungsi LookUp untuk mendapatkan datanya.
Gunakan conditional formatting use formula (formula is di xl2003) untuk
pemberian tanda kebutuhan perlakuan re-Trial
Regards.
Kid.
2011/9/22 stefen <stefen@kofi.co.id >
> **
>
>
> **
> *HELLO ALL MASTER EXCELL YANG EXCELLENT.*
> *Saya ada kesulitan cara membuat data control trial by periodical.*
> *untuk jelasnya lihat lampiran.Mohon di bantu ya...*
> *thanks ya.*
>
>
>
>
- 6a.
-
Re: Combo Box multi coloumn disertai validasi
Posted by: "hasna" hasna26@gmail.com trie_32000
Wed Sep 21, 2011 9:21 pm (PDT)
Dear para Master excell,
Maaf sebelumnya, kebetulan sekali saya sedang membutuhkan form isian seperti ini, namun saya menginginkan setiap data tersimpan dalam sheet masing-masing sesuai dengan nama yang diinput.
Mohon kiranya dapat membantu, terima kasih.
------------------
hasna
2011-09-22
--------------------- --------- --------- --------- --------- -
Haps
2011-09-14 07:37:44
belajar-excel
ยบ
Re: [belajar-excel] Combo Box multi coloumn disertai validasi
*ada dua prosedur*
*
*
*(1)*
*--- ditulis di module sheet2 (sheet yg ada comboboxnya)---*
*
*
Private Sub CboScope_Change()
' menampilkan data sesuai piihan di cbobox
' pada saat terjadi *event Change* pada Combobox
' modified by: Haps 15 sept 2011
'-------------------- --------- ----
Dim R As Long, xList As Range
Set xList = Application.Range("List_ SCOPE")
R = 0
With CboScope
R = .ListIndex + 1
Range("B7") = xList(R, 1)
Range("B8") = xList(R, 2)
End With
End Sub
*(2)*
*--- ditulis di module sheet1 (sheet yg ada Tabel yag akan dijadikan
list)---*
Private Sub Worksheet_Activate()
'--- dari mba ct ----'
' mengisi combobox dgn list dari sheet1 2 kolom
' modif by: Haps 15 sept 2011
'-------------------- --------- ----
Dim PKRJN As Range
Set PKRJN = Sheets("sheet1").Range(" B1").CurrentRegi on.Offset( 1, 0)
Set PKRJN = PKRJN.Resize(PKRJN.Rows. Count - 1, 2)
PKRJN.Name = "List_SCOPE"
With Sheets("Sheet2").CboScope
.LinkedCell = ""
.ListFillRange = PKRJN.Name
.ColumnCount = 2
.BoundColumn = 1
.LinkedCell = ""
.ListRows = 20
.ColumnWidths = "70 pt;200 pt"
End With
End Sub
2011/9/14 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com >
>
> Mohon bantuan macro-nya agar bisa menampilkan combo box dengan multi
coloumn disertai validasinya
> berikut lampirannya.
> sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk waktu yang disediakan...
> Regards,
> Yudha
- 7.
-
Bls: [belajar-excel] Remove Duplicates
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Wed Sep 21, 2011 11:25 pm (PDT)
ada dua formula yang dibutuhkan untuk kasus ini
yang pertama formula untuk memfilter data unik dari kolom NISP
1.formula pada kolom NISP akan memfilter
data hanya satu kali muncul pada masing
masing data baris di kolom NISP
pada sheet asli.
formula di A11 sheet solusi adalah formula array sbb:
{=IFERROR(INDEX(Asli!$A$11: $A$769;MATCH( ;COUNTIF( A$10:A10; Asli!$A$11: $A$769);0) );"")}
copy
ke bawah sampai menghasilkan nilai blank.
2. formula untuk mengisi kolom selain NISP
dibuat satu kali di B11 sheet solusi(
kolom Name) . formula ini bergantung pada nilai di kolom NISP
=IF(A11="";"";INDEX(Asli! B$11:B$769; MATCH($A11; Asli!$A$11: $A$769;1) ))
selanjutnya bisa dicopy ke kanan
dan ke bawah sesuai jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan dan akan mengisi
relatif sesuai dengan tempatnya masing masing.
contoh pada attachment seluruh formula hanya dicopy sampai 15 baris untuk menghemat memory. selanjutnya bisa dicopy lagi setelah downlod supaya lebih gampang.
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Kam, 22/9/11, reni irmawanti <reny.irmawanti@yahoo.com > menulis:
Dari: reni irmawanti <reny.irmawanti@yahoo.com >
Judul: [belajar-excel] Remove Duplicates
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Tanggal: Kamis, 22 September, 2011, 11:05 AM
Dear Teman2 Excel,
Saya Ingin meremove Data NISP (Kolom A) Yang sama (Double) tetapi yang ingin diambil adalah data NISP yang terakhir.
Bagaimana caranya ya??
Untuk lebih jelasnya file saya lampirkan di attachment..
Thanks atas tanggapan dari teman2 ya..
- 8a.
-
Re: Pengurutan Data berbentuk kolom ke Baris berdasarkan Bulan dan T
Posted by: "Rachmad HIDAYAT" rachmad.hidayat@external.total.com
Thu Sep 22, 2011 1:04 am (PDT)
Alhamdulillah ya...
Terima kasih Mr.Kid and Mas Sudarsono atas Solusinya..
Abu Ridho
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of Kid Mr.com
Sent: 21 September 2011 12:17
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Pengurutan Data berbentuk kolom ke Baris berdasarkan Bulan dan Tahun
Dear Abu Ridho,
Kasus ini adalah lookup dengan 3 kriteria, yaitu Tag Number, Field, Tahun
Array formula digunakan untuk menyusun LookUp_Array pada fungsi Match.
>> Data hasil yang bertype Text (seperti data Deskripsi Pemeliharaan), dapat diambil menggunakan fungsi Index atau Offset, berdasar informasi posisi record di sheet Data Asli yang didapat menggunakan fungsi Match yang lookup_array nya adalah hasil array formula tersebut. Fungsi Match selalu akan mengambil data pertama yang ditemui ketika match_type adalah 0 (exact match).
Contoh array formula untuk data hasil bertype text :
=INDEX( 'Data Asli'!$F$2:$F$41 , MATCH( 1 , (YEAR('Data Asli'!$E$2:$ E$41)=F$2) *('Data Asli'!$C$2:$ C$41=$C4) *('Data Asli'!$B$2:$ B$41=$E4) , 0 ) )
Penggunaan fungsi Match bisa menghasilkan error_value ketika tidak ditemukannya data yang sesuai kriteria (biru)
Maka perlu proses cek lebih dulu, yaitu memanfaatkan fungsi SUM terhadap array penyusun lookup_array.
Pada formula Match di atas, maka array formula cek error nya adalah :
=SUM( (YEAR('Data Asli'!$E$2:$E$41)=F$2) *('Data Asli'!$C$2:$ C$41=$C4) *('Data Asli'!$B$2:$ B$41=$E4) )
Ketika digabungkan menjadi satu formula utuh, yang meletakkan array formula cek sebagai suatu kondisi, maka array formulanya menjadi :
=IF( SUM( (YEAR('Data Asli'!$E$2:$E$41)=F$2) *('Data Asli'!$C$2:$ C$41=$C4) *('Data Asli'!$B$2:$ B$41=$E4) ) ,
INDEX( 'Data Asli'!$F$2:$F$41 , MATCH( 1 , (YEAR('Data Asli'!$E$2:$ E$41)=F$2) *('Data Asli'!$C$2:$ C$41=$C4) *('Data Asli'!$B$2:$ B$41=$E4) , 0 ) ) ,
"" )
>> Data hasil yang bertype Numerik atau Datetime (seperti data tanggal pelaksanaan), dapat diambil dengan fungsi agregate Max terhadap array formula penyusun array yang dikalikan dengan nilai data di sheet Data Asli yang akan diambil (yang bertype numerik atau datetime).
Contoh array formula untuk data hasil bertype numerik atau datetime :
=MAX( (YEAR('Data Asli'!$E$2:$E$41)=F$2) *('Data Asli'!$C$2:$ C$41=$C4) *('Data Asli'!$B$2:$ B$41=$E4) * 'Data Asli'!$E$2:$ E$41)
Karena data yang diambil bertype numerik atau datetime, maka bisa di-format number sesuai kebutuhan.
Untuk kasus ini, hasil dari pengambilan data Tanggal pelaksanaan harus tampil nama bulannya, maka terapkan format number MMMM;;
Caranya : blok range tanggal hasil -> klik kanan -> pilih Format Cells -> Number -> Custom -> tulis di textbox : MMMM;; -> tekan OK
Yang warna biru adalah lookup_array
Yang warna hijau adalah range nilai data yang akan diambil sebagai hasil formula
Contohnya seperti file terlampir.
Regards.
Kid.
2011/9/21 Rachmad HIDAYAT <rachmad.hidayat@external. <mailto:rachmad.hidayat@total.com external. >>total.com
[cid:image001.jpg@01CC7940. ]E4828A90
Dear friend,
Mohon bantuan
Saya mempunyai data program pemeliharaan 3 tahunan(2012,2013,2014) yang di susun berdasarkan kolom(sheet data asli)
Bagaimana jika ingin di urutkan berdasarkan baris (sheet data yg di inginkan) ?
Saya kesulitan ketika di temukan Tag Number yang pemeliharaannya dalam 3 tahun tersebut 2 atau 3 kali ( 2012 di periksa, 2013 dan 2014 di periksa juga
Adakah rumus excel yang bisa di share ke saya untuk memudahkan kerja manual saya ?
Atau ada usulan penyajian data yang lebih baik..
Terima Kasih,
Abu Ridho
- 9.
-
Membuang Baris Tertentu
Posted by: "Fandy Rasyid" fandy474@yahoo.com fandy474
Thu Sep 22, 2011 3:34 am (PDT)
Dear Para Master Excel
Hallo para master semua, apa kabar?semoga sehat-sehat selalu ya.. saya butuh bantuan nih, saya bingung bagaimana cara menghapus baris-baris tertentu didalam excel misalnya
Kolom A Kolom B Kolom C
No. Tanggal Nilai
1. 1/1/2011 10
2. 2/1/2011 10
3. 4/1/2011 09
4. 5/1/2011 08
5. 6/1/2011 07
6. 7/1/2011 06
7. 8/1/2011 05
8. 9/1/2011 05
9. 10/1/2011 04
10. 11/1/2011 09
11. 12/1/2011 10
12. 13/1/2011 10
13. 14/1/2011 10
terus saya ingin agar hanya muncul
Kolom A Kolom B Kolom C
No. Tanggal Nilai
1. 1/1/2011 10
5. 6/1/2011 07
9. 10/1/2011 04
13. 14/1/2011 10
mohon solusinya, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
Regards
Fandy
-- mods --
Kenapa hanya pilih baris-baris itu ya?
----------
- 10.
-
Bls: [belajar-excel] CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Thu Sep 22, 2011 4:11 am (PDT)
saya menawarkan formula
tunggal yang dinamis dengan
memanfaatkan posisi judul kolom dan baris untuk bisa secara
fleksibel merujuk ke referensi tabel
acuan yang yang setiap tanggal dan bulan
tertentu berada di sheet yang berbeda,
tanpa harus merubah formula untuk
rujukan ke sheet dan range yang berbeda.
karena formula akan berubah secara relatif
sesuai posisinya di cell tempat
formula berada.
untuk
itu memang diperlukan kejelian extra
bermain dengan referensi relatif, absolut, dan semi absolut.
tidak
bisa dihindarkan kalau formula menjadi sangat panjang (729 karakter) , karena harus
berkompromi dengan segala konsekuensi
untuk bisa tetap mempertahankan format dan kondisi
tabel sesuai dengan kontruksi aslinya tanpa harus merubahnya secara manual supaya bisa dikompromikan dengan formula.
formula
awal ada
di cell E9.
=MATCH(LOOKUP(2;1/ISNUMBER( INDIRECT( LOWER(LOOKUP( 2;1/ISTEXT( $E$7:E$7) ;$E$7:E$7) )&"!"&ADDRESS( MATCH($D9; jan!$D$1: $D$16;0); MATCH(VALUE( LEFT($E$8; 2));jan!$ B$5:$AI$5; 0)+1;4)&" :"&ADDRESS( MATCH($D9; jan!$D$1: $D$16;0); MATCH(VALUE( RIGHT(E$8; 2));jan!$ B$5:$AI$5; 0)+1;4))) ;INDIRECT( LOWER(LOOKUP( 2;1/ISTEXT( $E$7:E$7) ;$E$7:E$7) )&"!"&ADDRESS( MATCH($D9; jan!$D$1: $D$16;0); MATCH(VALUE( LEFT($E$8; 2));jan!$ B$5:$AI$5; 0)+1;4)&" :"&ADDRESS( MATCH($D9; jan!$D$1: $D$16;0); MATCH(VALUE( RIGHT(E$8; 2));jan!$ B$5:$AI$5; 0)+1;4))) ;INDIRECT( LOWER(LOOKUP( 2;1/ISTEXT( $E$7:E$7) ;$E$7:E$7) )&"!"&ADDRESS( MATCH($D9; jan!$D$1: $D$16;0); MATCH(VALUE( LEFT($E$8; 2));jan!$ B$5:$AI$5; 0)+1;4)&" :"&ADDRESS( MATCH($D9; jan!$D$1: $D$16;0); MATCH(VALUE( RIGHT(E$8; 2));jan!$ B$5:$AI$5; 0)+1;4)); 0)
hal
yang menyebabkan panjangnya formula di atas adalah :karena ada range rujukan
yang harus diulang beberapa kali , tapi karena posisi range itu relatif pada tempat formula berada , maka range itu
harus dihasilkan oleh formula yang bisa menghasilkan nama range tersebut , baru
kemudian hasilnya diindirect.
karena
formula sudah terlalu panjang maka untuk menyembunyikan hasil
#N/A saya menggunkan conditional formating .
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Kam, 22/9/11, stefen <stefen@kofi.co.id > menulis:
Dari: stefen <stefen@kofi.co.id >
Judul: [belajar-excel] CONTROL TRIAL BY PERIODICAL.xls
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Kamis, 22 September, 2011, 10:40 AM
HELLO ALL
MASTER EXCELL YANG EXCELLENT.
Saya ada
kesulitan cara membuat data control trial by
periodical.
untuk
jelasnya lihat lampiran.Mohon di bantu ya...
thanks
ya.
- 11a.
-
Menentukan Faktor Pengali Pesangon
Posted by: "Bambang Setiawan" benkbenkz@yahoo.co.uk benkbenkz
Thu Sep 22, 2011 5:44 am (PDT)
Dear Master Excel,
Mohon bantuannya, sedang mencoba membuat hitungan pesangon dengan
ketentuan sbb
1. Kurang dari 1 tahun, 1 bulan upah;
2. 1 s/d <2 tahun, 2 bulan upah;
3. 2 s/d <3 tahun, 3 bulan upah;
4. 3 s/d <4 tahun, 4 bulan upah;
5. 4 s/d <5 tahun, 5 bulan upah;
6. 5 s/d <6 tahun, 6 bulan upah;
7. 6 s/d <7 tahun, 7 bulan upah;
8. 7 s/d <8 tahun, 8 bulan upah;
9. Lebih dari 8 tahun, 9 bulan upah
yang dicari adalah faktor pengali upahnya berdasarkan masa kerjanya,
sudah coba pake fungsi IF tapi mentok di jumlah kondisinya :-)
Terima kasih.
- 11b.
-
Re: Menentukan Faktor Pengali Pesangon
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Thu Sep 22, 2011 5:55 am (PDT)
Dear Bambang,
Misal masa kerja ada di cell A2, data type-nya numerik dalam satuan bulan.
Contoh 18 bulan berarti 1.5 tahun.
Faktor pengali di B2 :
=min( int( a2 / 12 ) + 1 , 9 )
Regards.
Kid.
2011/9/22 Bambang Setiawan <benkbenkz@yahoo.co.uk >
> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Mohon bantuannya, sedang mencoba membuat hitungan pesangon dengan
> ketentuan sbb
>
> 1. Kurang dari 1 tahun, 1 bulan upah;
> 2. 1 s/d <2 tahun, 2 bulan upah;
> 3. 2 s/d <3 tahun, 3 bulan upah;
> 4. 3 s/d <4 tahun, 4 bulan upah;
> 5. 4 s/d <5 tahun, 5 bulan upah;
> 6. 5 s/d <6 tahun, 6 bulan upah;
> 7. 6 s/d <7 tahun, 7 bulan upah;
> 8. 7 s/d <8 tahun, 8 bulan upah;
> 9. Lebih dari 8 tahun, 9 bulan upah
>
> yang dicari adalah faktor pengali upahnya berdasarkan masa kerjanya,
> sudah coba pake fungsi IF tapi mentok di jumlah kondisinya :-)
>
> Terima kasih.
>
>
>
- 12.
-
Page Number
Posted by: "Jonny Aorta" jonnyaorta@yahoo.co.id jonnyaorta
Thu Sep 22, 2011 7:02 am (PDT)
Para Suhu dan master sekalaian mohon bantuannya dan pencerahannya,
terlampir permasalahan dan datanya.
sebelumnya terima kasih buanyak karena saya sudah angkat tangan mencari solusinya tapi tidak ketemu.
mungkin para suhu dan master jangkauanya lebih luas, makanya saya bawa ke forum.
kalau pake udf juga no problem deeh.
salam manis untuk para master.
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar