15 New Messages
Digest #1756
3a
Re: Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbe by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Messages
Tue Sep 4, 2012 8:08 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Niky,
Karena anda minta yang lebih susah (pake macro), saya coba bersusah2 sedikit membuat macronya, dengan memanfaatkan Event Worksheet_BeforeDoubleClick.
Caranya DoubleClick secara cepat pada Sheet Data (sel mana saja), hasilnya akan terurut pada Sheet("Hasil")
.
Filenya terlampir.
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: "Niky_Nugraha@manulife.com " <Niky_Nugraha@manulife.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:40
Subject: Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Dear Mr. Kid,
Bagaimana caranya kalo menggunakan macro
apakah bisa?
ttd
niky n
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: 03-09-2012 09:32 PM
Subject: [Caution: Message contains Suspicious
URL content] Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
________________________________
Pakai susun ulang datanya saja ya (copy paste ke sheet
lain) seperti file terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/3 <Niky_Nugraha@manulife.com >
Dear Para Master Excel,
Saya ingin menggabungkan data dari 2 kolom menjadi 1 kolom dan gabungan
tersebut datanya menjadi terurut.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari datanya di excel yang saya lampirkan
terima kasih,
niky n
[attachment "re-gabungan kolom.xls"
deleted by Niky Nugraha/Asia Division/Manulife]
Karena anda minta yang lebih susah (pake macro), saya coba bersusah2 sedikit membuat macronya, dengan memanfaatkan Event Worksheet_BeforeDou
Caranya DoubleClick secara cepat pada Sheet Data (sel mana saja), hasilnya akan terurut pada Sheet("Hasil"
.
Filenya terlampir.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: "Niky_Nugraha@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:40
Subject: Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Dear Mr. Kid,
Bagaimana caranya kalo menggunakan macro
apakah bisa?
ttd
niky n
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Date: 03-09-2012 09:32 PM
Subject: [Caution: Message contains Suspicious
URL content] Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Sent by: belajar-excel@
____________
Pakai susun ulang datanya saja ya (copy paste ke sheet
lain) seperti file terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/3 <Niky_Nugraha@
Dear Para Master Excel,
Saya ingin menggabungkan data dari 2 kolom menjadi 1 kolom dan gabungan
tersebut datanya menjadi terurut.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari datanya di excel yang saya lampirkan
terima kasih,
niky n
[attachment "re-gabungan kolom.xls"
deleted by Niky Nugraha/Asia Division/Manulife]
Tue Sep 4, 2012 8:14 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Maaf, email sebelumnya ada yang ikutan tanpa diundang, yaitu "untitled 1.2.2.gif dan untitled 1.2.3.gif".
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 22:08
Subject: Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Dear Niky,
Karena anda minta yang lebih susah (pake macro), saya coba bersusah2 sedikit membuat macronya, dengan memanfaatkan Event Worksheet_BeforeDoubleClick.
Caranya DoubleClick secara cepat pada Sheet Data (sel mana saja), hasilnya akan terurut pada Sheet("Hasil")
.
Filenya terlampir.
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: "Niky_Nugraha@manulife.com " <Niky_Nugraha@manulife.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:40
Subject: Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Dear Mr. Kid,
Bagaimana caranya kalo menggunakan macro
apakah bisa?
ttd
niky n
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: 03-09-2012 09:32 PM
Subject: [Caution: Message contains Suspicious
URL content] Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
________________________________
Pakai susun ulang datanya saja ya (copy paste ke sheet
lain) seperti file terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/3 <Niky_Nugraha@manulife.com >
Dear Para Master Excel,
Saya ingin menggabungkan data dari 2 kolom menjadi 1 kolom dan gabungan
tersebut datanya menjadi terurut.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari datanya di excel yang saya lampirkan
terima kasih,
niky n
[attachment "re-gabungan kolom.xls"
deleted by Niky Nugraha/Asia Division/Manulife]
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 22:08
Subject: Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Dear Niky,
Karena anda minta yang lebih susah (pake macro), saya coba bersusah2 sedikit membuat macronya, dengan memanfaatkan Event Worksheet_BeforeDou
Caranya DoubleClick secara cepat pada Sheet Data (sel mana saja), hasilnya akan terurut pada Sheet("Hasil"
.
Filenya terlampir.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: "Niky_Nugraha@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:40
Subject: Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Dear Mr. Kid,
Bagaimana caranya kalo menggunakan macro
apakah bisa?
ttd
niky n
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Date: 03-09-2012 09:32 PM
Subject: [Caution: Message contains Suspicious
URL content] Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom
Sent by: belajar-excel@
____________
Pakai susun ulang datanya saja ya (copy paste ke sheet
lain) seperti file terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/3 <Niky_Nugraha@
Dear Para Master Excel,
Saya ingin menggabungkan data dari 2 kolom menjadi 1 kolom dan gabungan
tersebut datanya menjadi terurut.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari datanya di excel yang saya lampirkan
terima kasih,
niky n
[attachment "re-gabungan kolom.xls"
deleted by Niky Nugraha/Asia Division/Manulife]
Tue Sep 4, 2012 1:02 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Coba file terlampir.
Prosedur PakeVBA :
Public Sub PakeVBA(Optional bState As Boolean = False)
Dim lVer As Long, lRecA As Long, lRecB As Long
Dim rngA As Range, rngB As Range, rngDT As Range, rngAdvF As Range
'init object range data
'sesuaikan rujukan lokasi header data dan object sheet-nya
Set rngA = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(, 1).Offset(1)
Set rngB = Sheet1.Range("c3").CurrentRegion.Resize(, 1).Offset(1)
lRecA = rngA.Rows.Count - 1
lRecB = rngB.Rows.Count - 1
'init object range hasil (header kolom pertama saja sebagai anchor)
Set rngDT = Sheet3.Range("a1")
With rngDT
.CurrentRegion.Offset(1).EntireRow.Delete 'hapus data
lama
'satukan data
If lRecA > 0 Then
rngA.Copy .Offset(1, 1) 'selalu
paste ke baris ke-2 di sheet hasil di kolom B
.Offset(1).Resize(lRecA).Value = "Data1"
End If
lRecA = .CurrentRegion.Rows.Count 'ganti isi
dengan jumlah baris di sheet hasil
If lRecB > 0 Then
rngB.Copy .Offset(lRecA, 1) 'paste ke baris baru dari data
yang sudah ada di hasil
.Offset(lRecA).Resize(lRecB).Value = "Data2"
End If
.CurrentRegion.Name = "myVBAData" 'beri nama
range (siapa tahu nanti mau dipakai oleh pivot table)
.CurrentRegion.Sort .Offset(0, 1), xlAscending, Header:=xlYes
'sort data
'advanced filter
Set rngAdvF = Sheet3.Range("g1")
rngAdvF.CurrentRegion.Offset(1).Delete xlShiftUp 'delete
hasil filter lama
.CurrentRegion.Offset(0, 1).Resize(, 1).AdvancedFilter
xlFilterCopy, copytorange:=rngAdvF, unique:=True
End With
MsgBox "Done.", vbInformation, "GetData"
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 <Niky_Nugraha@manulife.com >
> **
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Bagaimana caranya kalo menggunakan macro apakah bisa?
>
> ttd
>
>
> niky n
>
>
>
> From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com > To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: 03-09-2012 09:32 PM Subject: [Caution: Message contains Suspicious
> URL content] Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom Sent
> by: belajar-excel@yahoogroups.com
> ------------------------------
>
>
>
>
>
> Pakai susun ulang datanya saja ya (copy paste ke sheet lain) seperti file
> terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/9/3 <*Niky_Nugraha@manulife.com * <Niky_Nugraha@manulife.com >>
>
>
>
> Dear Para Master Excel,
>
> Saya ingin menggabungkan data dari 2 kolom menjadi 1 kolom dan gabungan
> tersebut datanya menjadi terurut.
>
> Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari datanya di excel yang saya
> lampirkan
>
>
>
>
>
> terima kasih,
>
>
> niky n
>
> [attachment "re-gabungan kolom.xls" deleted by Niky Nugraha/Asia
> Division/Manulife]
>
>
>
Prosedur PakeVBA :
Public Sub PakeVBA(Optional bState As Boolean = False)
Dim lVer As Long, lRecA As Long, lRecB As Long
Dim rngA As Range, rngB As Range, rngDT As Range, rngAdvF As Range
'init object range data
'sesuaikan rujukan lokasi header data dan object sheet-nya
Set rngA = Sheet1.Range(
Set rngB = Sheet1.Range(
lRecA = rngA.Rows.Count - 1
lRecB = rngB.Rows.Count - 1
'init object range hasil (header kolom pertama saja sebagai anchor)
Set rngDT = Sheet3.Range(
With rngDT
.CurrentRegion.
lama
'satukan data
If lRecA > 0 Then
rngA.Copy .Offset(1, 1) 'selalu
paste ke baris ke-2 di sheet hasil di kolom B
.Offset(1).Resize(
End If
lRecA = .CurrentRegion.
dengan jumlah baris di sheet hasil
If lRecB > 0 Then
rngB.Copy .Offset(lRecA, 1) 'paste ke baris baru dari data
yang sudah ada di hasil
.Offset(lRecA)
End If
.CurrentRegion.
range (siapa tahu nanti mau dipakai oleh pivot table)
.CurrentRegion.
'sort data
'advanced filter
Set rngAdvF = Sheet3.Range(
rngAdvF.CurrentRegi
hasil filter lama
.CurrentRegion.
xlFilterCopy, copytorange:
End With
MsgBox "Done.", vbInformation, "GetData"
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 <Niky_Nugraha@
> **
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Bagaimana caranya kalo menggunakan macro apakah bisa?
>
> ttd
>
>
> niky n
>
>
>
> From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.
> Date: 03-09-2012 09:32 PM Subject: [Caution: Message contains Suspicious
> URL content] Re: [belajar-excel] Gabung data 2 kolom menjadi 1 kolom Sent
> by: belajar-excel@
> ------------
>
>
>
>
>
> Pakai susun ulang datanya saja ya (copy paste ke sheet lain) seperti file
> terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/9/3 <*Niky_Nugraha@
>
>
>
> Dear Para Master Excel,
>
> Saya ingin menggabungkan data dari 2 kolom menjadi 1 kolom dan gabungan
> tersebut datanya menjadi terurut.
>
> Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari datanya di excel yang saya
> lampirkan
>
>
>
>
>
> terima kasih,
>
>
> niky n
>
> [attachment "re-gabungan kolom.xls" deleted by Niky Nugraha/Asia
> Division/Manulife]
>
>
>
Tue Sep 4, 2012 1:09 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Sebenarnya tidak perlu loginnya Admin. Yang penting, si user diberi akses
oleh Admin untuk menggunakan folder tersebut.
Kadang kala, dengan memindahkan file ke drive selain C (atau drive yang
berisi OS) pada sebuah folder dan jika harus di akses oleh komputer lain
dalam jaringan, pastikan status folder adalah shared untuk si user.
Biasanya melalui Windows Explorer, jika di klik kanan si folder lalu di
properties, akan tampil banyak properti yang didalamnya ada tentang status
shared maupun status ownernya pada tab Security. Pada komputer jaringan,
biasanya hal ini adalah hak Admin. Coba tanyakan ke Admin, apakah si user
boleh mengakses folder tersebut.
Selain itu, periksa juga status si file. Dengan cara sama (lihat properti
tab security), pastikan bahwa user punya akses ke file tersebut.
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 Ariefin Sp <ariefinsp@yahoo.com >
> **
>
>
> terimakasih mr Kid atas infonya , tp bagaimana mengetahui Login nya
> administrator atau bukan dari manayah..
>
> tks
> arifin
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, September 3, 2012 9:35 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] excel tdk bisa dibuka
>
>
> Mungkin akses user terhadap folder tersebut dibatasi.
> Coba http://support.microsoft.com/?kbid=308421
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/3 Ariefin Sp <ariefinsp@yahoo.com >
>
> **
>
> salam para pakar xl,
>
> mhn tolong lagi, kali ini sy tdk bisa buka file yg sudah pernah sy buat,
> sy tdk tahu sblmnya file ini pernah diapakan oleh sy, di monitor timbul
> pernyataan spt terlampir, terimakasih atas pertolongannya krn file ini
> penting dan lama bikinnya.
>
> salam
> arifin
>
>
>
>
>
>
oleh Admin untuk menggunakan folder tersebut.
Kadang kala, dengan memindahkan file ke drive selain C (atau drive yang
berisi OS) pada sebuah folder dan jika harus di akses oleh komputer lain
dalam jaringan, pastikan status folder adalah shared untuk si user.
Biasanya melalui Windows Explorer, jika di klik kanan si folder lalu di
properties, akan tampil banyak properti yang didalamnya ada tentang status
shared maupun status ownernya pada tab Security. Pada komputer jaringan,
biasanya hal ini adalah hak Admin. Coba tanyakan ke Admin, apakah si user
boleh mengakses folder tersebut.
Selain itu, periksa juga status si file. Dengan cara sama (lihat properti
tab security), pastikan bahwa user punya akses ke file tersebut.
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 Ariefin Sp <ariefinsp@yahoo.
> **
>
>
> terimakasih mr Kid atas infonya , tp bagaimana mengetahui Login nya
> administrator atau bukan dari manayah..
>
> tks
> arifin
>
> ------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Monday, September 3, 2012 9:35 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] excel tdk bisa dibuka
>
>
> Mungkin akses user terhadap folder tersebut dibatasi.
> Coba http://support.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/3 Ariefin Sp <ariefinsp@yahoo.
>
> **
>
> salam para pakar xl,
>
> mhn tolong lagi, kali ini sy tdk bisa buka file yg sudah pernah sy buat,
> sy tdk tahu sblmnya file ini pernah diapakan oleh sy, di monitor timbul
> pernyataan spt terlampir, terimakasih atas pertolongannya krn file ini
> penting dan lama bikinnya.
>
> salam
> arifin
>
>
>
>
>
>
Tue Sep 4, 2012 2:46 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
File terlampir tidak menggunakan VBA.
Jika ingin proses otomasi, cukup dibutuhkan proses penggabungan data
(silakan cari dimilis). Jika ingin lebih, sekaligus otomasi pemasangan
formula di tabel myData.
Fitur pivot table memiliki banyak manfaat. Jika digabung dengan fitur
AutoFilter (yang bukan di pivot table), bisa digunakan untuk membantu
proses verifikasi. Syaratnya, membutuhkan data gabungan seperti table
myData, proses refresh pivot table setiap kali ada pengubahan data di table
myData, dan proses reapply autofilter jika ada pengubahan data di tabel
myData.
ngobrolin tentang data, (wis... mulai ndongeng lagi...)
mumpung datanya belum telanjur banyak (setidaknya sekarang kan masih
sekitar 300 ribu record), coba gumaman-gumaman berikut ini (sambil sepintas
lalu saja)..
1. Makna dari tabel responden awal dan responden akhir adalah tetap data
responden. Jadi, dimanapun data responden berada, maka tabel data responden
sebaiknya memiliki struktur yang sama. Jadi, tabelnya adalah tabel data
responden. Ada dataset berupa responden awal, dan ada juga dataset berupa
responden akhir. Mungkin nanti ada dataset lainnya juga.
Pada data responden awal, jumlah kolom tidak sama dengan data responden
akhir. Akan memudahkan proses jika jumlah kolomnya sama dan bersesuaian
antara awal dan akhir.
2. Tabel yang baik, setiap kolomnya hanya berisi 1 tipe data. Contoh, Q1
pada sheet responden awal berisi data bertipe numerik. Pada responden akhir
berisi data bertipe String (Text). Maka sebaiknya salah satunya harus
menjadi kolom yang baru. Misal Q7 untuk data String Q1 responden akhir.
3. Tabel yang baik berisi data-data pokok. Jadi, jika ada record yang tidak
memiliki data pokok (misal hanya berisi nomor urut data saja), maka
sebaiknya dihilangkan.
4. Data bertipe string (Text) harus tertulis secara konsisten. Jadi, sebuab
Nama harus ditulis persis sama untuk Nama tersebut di dataset lainnya.
5. Berikan ID atau kode tertentu untuk kolom-kolom utamanya, dan pastikan
memiliki sebuah tabel yang berisi kode beserta nama itemnya yang bersifat
unik. Misal, memiliki tabel Nama beserta ID nya yang bersifat unik disuatu
sheet. Contoh lain, nama Village beserta kodenya di suatu sheet tertentu.
6. Pastikan isi data sesuai native si data tersebut. Contoh, data usia
biasanya berupa data angka. Mestinya data ini bertipe numerik. Maka
pastikan kolom usia berisi data-data angka saja dan tidak perlu satuan
apapun. Bila perlu tampilan satuannya, buatlah dikolom baru jika satuannya
berbeda-beda atau gunakan format cell number custom jika satuannya adalah
sama untuk seluruh record. Contoh lain, data tempat tanggal lahir.
Sebaiknya dipisah menjadi kolom Tempat Lahir (isinya teks dan bertipe
String) dan kolom Tanggal Lahir (isinya tanggal dan bertipe datetime).
7. Khusus untuk inputan data berupa tanggal (tipe datetime) pada kolom
tanggal lahir (tanpa tempat lahir dikolom itu), inputlah dengan format
YYYY-MM-DD agar tidak bermasalah dengan regional setting komputer lokasi
penginputan data. Contoh : tanggal 17 Agustus 1945 diinput dengan menulis :
1945-08-17
8. Pecahlah suatu data yang bisa memberi informasi lebih banyak kedalam
beberapa kolom. Contoh status tingkat edukasi. Dari data ini, sebenarnya
bisa didapat informasi tentang jumlah responden yang berpendidikan SD. Juga
bisa didapatkan kebanyakan sampai kelas berapa SD. Bahkan, bisa diketahui
jumlah yang DO di SD. Artinya, dari data ini bisa didapat 3 informasi,
yaitu : tingkat pendidikan terakhir, kelas atau tingkat terkahir yang
dicapai, status DO atau tidak.
Dengan dibuat menjadi 3 kolom tersebut (tingkat pendidikan, kelas terakhir,
status DO), maka data akan mudah diolah dan lebih banyak memberi informasi.
Mungkin status tinggal dengan siapa, juga bisa dipecah demikian.
Hal ini akan tampak bahwa tabel menjadi lebih besar, tetapi informasi yang
bisa digali juga jauh berlipat lebih banyak lagi.
9. Pisahkan multi item yang disimpan dalam sebuah data dengan karakter yang
tidak pernah digunakan oleh nilai data, jika tidak ingin dipisah menjadi
banyak kolom. Contoh seperti data parents yang lalu yang sudah bagus
penyusunan data nama-nama anak yang menggunakan karakter | sebagai pemisah
antar nama anak (nama anak adalah item).
ops... tampaknya mentari sudah mengintip di horison, saatnya untuk kembali
memenuhi kewajiban hari ini..
Mohon maaf jika ada yang kurang pas.
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com >
> Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :****
> 1. Sebuah daftar responden yang uda selesai diteliti sebanyak dua
> kali.****
> 2. Sebuah daftar responden yang masih belum diteliti untuk kedua
> kalinya.****
> 3. Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak ada di tabel
> responden awal.
>
Jika ingin proses otomasi, cukup dibutuhkan proses penggabungan data
(silakan cari dimilis). Jika ingin lebih, sekaligus otomasi pemasangan
formula di tabel myData.
Fitur pivot table memiliki banyak manfaat. Jika digabung dengan fitur
AutoFilter (yang bukan di pivot table), bisa digunakan untuk membantu
proses verifikasi. Syaratnya, membutuhkan data gabungan seperti table
myData, proses refresh pivot table setiap kali ada pengubahan data di table
myData, dan proses reapply autofilter jika ada pengubahan data di tabel
myData.
ngobrolin tentang data, (wis... mulai ndongeng lagi...)
mumpung datanya belum telanjur banyak (setidaknya sekarang kan masih
sekitar 300 ribu record), coba gumaman-gumaman berikut ini (sambil sepintas
lalu saja)..
1. Makna dari tabel responden awal dan responden akhir adalah tetap data
responden. Jadi, dimanapun data responden berada, maka tabel data responden
sebaiknya memiliki struktur yang sama. Jadi, tabelnya adalah tabel data
responden. Ada dataset berupa responden awal, dan ada juga dataset berupa
responden akhir. Mungkin nanti ada dataset lainnya juga.
Pada data responden awal, jumlah kolom tidak sama dengan data responden
akhir. Akan memudahkan proses jika jumlah kolomnya sama dan bersesuaian
antara awal dan akhir.
2. Tabel yang baik, setiap kolomnya hanya berisi 1 tipe data. Contoh, Q1
pada sheet responden awal berisi data bertipe numerik. Pada responden akhir
berisi data bertipe String (Text). Maka sebaiknya salah satunya harus
menjadi kolom yang baru. Misal Q7 untuk data String Q1 responden akhir.
3. Tabel yang baik berisi data-data pokok. Jadi, jika ada record yang tidak
memiliki data pokok (misal hanya berisi nomor urut data saja), maka
sebaiknya dihilangkan.
4. Data bertipe string (Text) harus tertulis secara konsisten. Jadi, sebuab
Nama harus ditulis persis sama untuk Nama tersebut di dataset lainnya.
5. Berikan ID atau kode tertentu untuk kolom-kolom utamanya, dan pastikan
memiliki sebuah tabel yang berisi kode beserta nama itemnya yang bersifat
unik. Misal, memiliki tabel Nama beserta ID nya yang bersifat unik disuatu
sheet. Contoh lain, nama Village beserta kodenya di suatu sheet tertentu.
6. Pastikan isi data sesuai native si data tersebut. Contoh, data usia
biasanya berupa data angka. Mestinya data ini bertipe numerik. Maka
pastikan kolom usia berisi data-data angka saja dan tidak perlu satuan
apapun. Bila perlu tampilan satuannya, buatlah dikolom baru jika satuannya
berbeda-beda atau gunakan format cell number custom jika satuannya adalah
sama untuk seluruh record. Contoh lain, data tempat tanggal lahir.
Sebaiknya dipisah menjadi kolom Tempat Lahir (isinya teks dan bertipe
String) dan kolom Tanggal Lahir (isinya tanggal dan bertipe datetime).
7. Khusus untuk inputan data berupa tanggal (tipe datetime) pada kolom
tanggal lahir (tanpa tempat lahir dikolom itu), inputlah dengan format
YYYY-MM-DD agar tidak bermasalah dengan regional setting komputer lokasi
penginputan data. Contoh : tanggal 17 Agustus 1945 diinput dengan menulis :
1945-08-17
8. Pecahlah suatu data yang bisa memberi informasi lebih banyak kedalam
beberapa kolom. Contoh status tingkat edukasi. Dari data ini, sebenarnya
bisa didapat informasi tentang jumlah responden yang berpendidikan SD. Juga
bisa didapatkan kebanyakan sampai kelas berapa SD. Bahkan, bisa diketahui
jumlah yang DO di SD. Artinya, dari data ini bisa didapat 3 informasi,
yaitu : tingkat pendidikan terakhir, kelas atau tingkat terkahir yang
dicapai, status DO atau tidak.
Dengan dibuat menjadi 3 kolom tersebut (tingkat pendidikan, kelas terakhir,
status DO), maka data akan mudah diolah dan lebih banyak memberi informasi.
Mungkin status tinggal dengan siapa, juga bisa dipecah demikian.
Hal ini akan tampak bahwa tabel menjadi lebih besar, tetapi informasi yang
bisa digali juga jauh berlipat lebih banyak lagi.
9. Pisahkan multi item yang disimpan dalam sebuah data dengan karakter yang
tidak pernah digunakan oleh nilai data, jika tidak ingin dipisah menjadi
banyak kolom. Contoh seperti data parents yang lalu yang sudah bagus
penyusunan data nama-nama anak yang menggunakan karakter | sebagai pemisah
antar nama anak (nama anak adalah item).
ops... tampaknya mentari sudah mengintip di horison, saatnya untuk kembali
memenuhi kewajiban hari ini..
Mohon maaf jika ada yang kurang pas.
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.
> Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :****
> 1. Sebuah daftar responden yang uda selesai diteliti sebanyak dua
> kali.****
> 2. Sebuah daftar responden yang masih belum diteliti untuk kedua
> kalinya.****
> 3. Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak ada di tabel
> responden awal.
>
Tue Sep 4, 2012 3:40 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Hai Tri,
Piye kabare Sleman ?
Dengan header tabel hasil diberi nama persis seperti yang tertulis di nilai
data secara case sensitive [termasuk huruf besar atau kecil] (walau tanpa
tanda baca seperti : atau ,), maka formula dapat disusun sebagai berikut :
1. Dusun_1 :
=LEFT(A2,FIND(",",A2&",")-1)
bahasa manusia :
"Ambil dari kiri (Left) si data, mulai 1 karakter sebelum (-1) karakter
hasil pencarian secara case sensitive (Find) karakter koma pada data yang
sudah diimbuhi koma juga."
2. RT (copy formula ini ke kolom lain sampai kolom Kodepos)
=TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE(REPLACE($A2,FIND(*","*
,$A2&",",FIND(C$1&":",$A2&":")),LEN($A2),""),*C$1&":"*,REPT(" ",99)),99))
bahasa manusia :
"Ganti karakter berdasar posisi karakter (Replace), seluruh karakter di
data sebanyak jumlah karakter data (Len) dengan karakter kosong ("" ~
nullstring), mulai dari karakter hasil pencarian koma [Find(","] dalam data
yang telah diimbuhi koma [$A2&","] dengan titik awal pencarian mulai
karakter tertentu. Karakter tertentu titik awal pencarian tersebut adalah
hasil pencarian tulisan RT diimbuhi karakter titik dua [Find(C$1&":"] dalam
data. Hasil tersebut, kemudian diganti seluruh karakter berbunyi
(Substitute) teks RT diimbuhi titik dua [*C$1&":"*], dengan karakter
berulang (Rept) berupa spasi (" ") sebanyak 99 karakter. Lanjutkan dengan
proses pengambilan dari sisi kanan (Right) hasil sebelumnya (hasil proses
Substitute) sebanyak 99 karakter dan potong seluruh karakter spasi ganda
hingga menjadi karakter spasi tunggal (Trim)."
3. Telp
=TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE(REPLACE($A2,FIND(*"
"*,$A2&",",FIND(H$1&":",$A2&":")),LEN($A2),""),H$1&":",REPT("
",99)),99))
bahasa manusianya mirip dengan RT dengan perbedaan pada karakter yang
diganti pertama kali (yang di-*biru*)
4. Kecamatan
=MID(A2,FIND(I$1,$A2&I$1)+LEN(I$1)+1,99)
bahasa manusia :
"Ambil dari data berdasar posisi karakter dan jumlahnya [Mid(A2] mulai dari
karakter lokasi diketemukannya (Find) teks Kecamatan pada data yang
diimbuhi teks kecamatan ($A2&I$1) yang ditambah dengan jumlah karakter teks
kecamatan disertai sebuah spasi [LEN(I$1)+1], sebanyak 99 karakter."
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.com >
> **
>
>
> yang terhormat exeller,
>
> mohon dicarikan solusi,
> dari data yang saya sertakan, serta saya sudah mencoba memakai rumus...
> tapi kok nggak bisa ya//// :)
> pemahaman saya memang ada yang unik dari data yang ribuan itu, yakni
> terpisahkan oleh komma ( , ).
> file tersebut kami sertakan.
> trimakasih, mohon maaf lahir batin ya....
>
>
> ------------------------------
>
>
>
>
>
>
Piye kabare Sleman ?
Dengan header tabel hasil diberi nama persis seperti yang tertulis di nilai
data secara case sensitive [termasuk huruf besar atau kecil] (walau tanpa
tanda baca seperti : atau ,), maka formula dapat disusun sebagai berikut :
1. Dusun_1 :
=LEFT(A2,FIND(
bahasa manusia :
"Ambil dari kiri (Left) si data, mulai 1 karakter sebelum (-1) karakter
hasil pencarian secara case sensitive (Find) karakter koma pada data yang
sudah diimbuhi koma juga."
2. RT (copy formula ini ke kolom lain sampai kolom Kodepos)
=TRIM(RIGHT(
,$A2&",",FIND(
bahasa manusia :
"Ganti karakter berdasar posisi karakter (Replace), seluruh karakter di
data sebanyak jumlah karakter data (Len) dengan karakter kosong ("" ~
nullstring), mulai dari karakter hasil pencarian koma [Find(","] dalam data
yang telah diimbuhi koma [$A2&","] dengan titik awal pencarian mulai
karakter tertentu. Karakter tertentu titik awal pencarian tersebut adalah
hasil pencarian tulisan RT diimbuhi karakter titik dua [Find(C$1&":
data. Hasil tersebut, kemudian diganti seluruh karakter berbunyi
(Substitute) teks RT diimbuhi titik dua [*C$1&":"*], dengan karakter
berulang (Rept) berupa spasi (" ") sebanyak 99 karakter. Lanjutkan dengan
proses pengambilan dari sisi kanan (Right) hasil sebelumnya (hasil proses
Substitute) sebanyak 99 karakter dan potong seluruh karakter spasi ganda
hingga menjadi karakter spasi tunggal (Trim)."
3. Telp
=TRIM(RIGHT(
"*,$A2&",",FIND(
",99)),99))
bahasa manusianya mirip dengan RT dengan perbedaan pada karakter yang
diganti pertama kali (yang di-*biru*)
4. Kecamatan
=MID(A2,FIND(
bahasa manusia :
"Ambil dari data berdasar posisi karakter dan jumlahnya [Mid(A2] mulai dari
karakter lokasi diketemukannya (Find) teks Kecamatan pada data yang
diimbuhi teks kecamatan ($A2&I$1) yang ditambah dengan jumlah karakter teks
kecamatan disertai sebuah spasi [LEN(I$1)+1]
Wassalam,
Kid.
2012/9/4 Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.
> **
>
>
> yang terhormat exeller,
>
> mohon dicarikan solusi,
> dari data yang saya sertakan, serta saya sudah mencoba memakai rumus...
> tapi kok nggak bisa ya//// :)
> pemahaman saya memang ada yang unik dari data yang ribuan itu, yakni
> terpisahkan oleh komma ( , ).
> file tersebut kami sertakan.
> trimakasih, mohon maaf lahir batin ya....
>
>
> ------------
>
>
>
>
>
>
Tue Sep 4, 2012 5:55 pm (PDT) . Posted by:
"yusajing_ehm@yahoo.com" yusajing_ehm
Salam para pakar Excel,
Saya sedang mngerjakan coding macro untuk memprotect file excel berdasarkan ip address.
Ceritanya adalah ketika file tsb dibuka maka event worbook_open akan bekerja.
Akan tetapi masalahnya pada komputer yg Security macronya belum enable, sehingga event workbook_open tsb tidak berjalan..
Bagaimana cara agar ketika file excel yg dimaksud dibuka security macronya menjadi enable ?
Atau mungkin ada cara lain, selain mnggunakan vba macro ? Mungkin pake vbs?
Mohon pencerahannya,
Terimakasih
Powered by Telkomsel BlackBerry�
Saya sedang mngerjakan coding macro untuk memprotect file excel berdasarkan ip address.
Ceritanya adalah ketika file tsb dibuka maka event worbook_open akan bekerja.
Akan tetapi masalahnya pada komputer yg Security macronya belum enable, sehingga event workbook_open tsb tidak berjalan..
Bagaimana cara agar ketika file excel yg dimaksud dibuka security macronya menjadi enable ?
Atau mungkin ada cara lain, selain mnggunakan vba macro ? Mungkin pake vbs?
Mohon pencerahannya,
Terimakasih
Powered by Telkomsel BlackBerry�
Tue Sep 4, 2012 11:29 pm (PDT) . Posted by:
"Hilman" hilman_email
Setahu saya sih tidak ada caranya lewat coding, yang bisa mengaktifkan atau meng-enable macro pada excel.
Secara logika, memang seharusnya seperti itu kan... Kalo bisa di enable lewat coding, waduh.... bahaya juga ya... Nanti bisa disalah gunakan oleh tangan-tangan jahil.
Namun, untuk mengakalinya, supaya user yang tidak menjalankan macro tidak bisa melihat/membuka datanya, maka datanya dimasukkan dalam sheet tertentu, dan properties visible dari sheet tsb di set menjadi xlSheetVeryHidden. Nanti pada event workbook_open nya, disediakan code untuk men-set visible properties dari sheet tsb menjadi xlSheetVisible.
Jangan lupa pada workbook event before close, untuk selalu men-set visible properties dari sheet tsb menjadi xlSheetVeryHidden.
Mungkin seperti itu... semoga membantu, atau dari pakar-pakar lainnya bisa membantu.....
Regards
Hilman
________________________________
From: "yusajing_ehm@yahoo.com " <yusajing_ehm@yahoo.com >
To: Belajar Excel Grups <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Wednesday, September 5, 2012 7:54 AM
Subject: [belajar-excel] Otomatisasi SECURITY SETTING MACRO
Salam para pakar Excel,
Saya sedang mngerjakan coding macro untuk memprotect file excel berdasarkan ip address.
Ceritanya adalah ketika file tsb dibuka maka event worbook_open akan bekerja.
Akan tetapi masalahnya pada komputer yg Security macronya belum enable, sehingga event workbook_open tsb tidak berjalan..
Bagaimana cara agar ketika file excel yg dimaksud dibuka security macronya menjadi enable ?
Atau mungkin ada cara lain, selain mnggunakan vba macro ? Mungkin pake vbs?
Mohon pencerahannya,
Terimakasih
Powered by Telkomsel BlackBerry®
------------------------------------
----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
http://docs.yahoo.com/info/terms/
Secara logika, memang seharusnya seperti itu kan... Kalo bisa di enable lewat coding, waduh.... bahaya juga ya... Nanti bisa disalah gunakan oleh tangan-tangan jahil.
Namun, untuk mengakalinya, supaya user yang tidak menjalankan macro tidak bisa melihat/membuka datanya, maka datanya dimasukkan dalam sheet tertentu, dan properties visible dari sheet tsb di set menjadi xlSheetVeryHidden. Nanti pada event workbook_open nya, disediakan code untuk men-set visible properties dari sheet tsb menjadi xlSheetVisible.
Jangan lupa pada workbook event before close, untuk selalu men-set visible properties dari sheet tsb menjadi xlSheetVeryHidden.
Mungkin seperti itu... semoga membantu, atau dari pakar-pakar lainnya bisa membantu....
Regards
Hilman
____________
From: "yusajing_ehm@
To: Belajar Excel Grups <belajar-excel@
Sent: Wednesday, September 5, 2012 7:54 AM
Subject: [belajar-excel] Otomatisasi SECURITY SETTING MACRO
Salam para pakar Excel,
Saya sedang mngerjakan coding macro untuk memprotect file excel berdasarkan ip address.
Ceritanya adalah ketika file tsb dibuka maka event worbook_open akan bekerja.
Akan tetapi masalahnya pada komputer yg Security macronya belum enable, sehingga event workbook_open tsb tidak berjalan..
Bagaimana cara agar ketika file excel yg dimaksud dibuka security macronya menjadi enable ?
Atau mungkin ada cara lain, selain mnggunakan vba macro ? Mungkin pake vbs?
Mohon pencerahannya,
Terimakasih
Powered by Telkomsel BlackBerry®
------------
------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@
berkunjung ke web milis
http://tech.
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-
keluar dari membership milis (UnSubscribe)
kirim mail kosong ke belajar-excel-
------------
http://docs.
Tue Sep 4, 2012 6:14 pm (PDT) . Posted by:
"Fendi S" fendis@rocketmail.com
Dear Master Excel,
bagaimanakah membuat macronya cara membuka file excell yang selalu terbuka di sheet khusus (misal sheet "UMUM")
trimakasih atas pencerahannya
tertanda
effendi
bagaimanakah membuat macronya cara membuka file excell yang selalu terbuka di sheet khusus (misal sheet "UMUM")
trimakasih atas pencerahannya
tertanda
effendi
Tue Sep 4, 2012 6:25 pm (PDT) . Posted by:
"yusajing_ehm@yahoo.com" yusajing_ehm
Pake event workbook_open fen ,
Sub Workbook_open()
Sheets("UMUM").activate
End sub
Powered by Telkomsel BlackBerry�
-----Original Message-----
From: Fendi S <fendis@rocketmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 5 Sep 2012 09:13:20
To: belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] buka excell di sheet khusus
Dear Master Excel,
bagaimanakah membuat macronya cara membuka file excell yang selalu terbuka di sheet khusus (misal sheet "UMUM")
trimakasih atas pencerahannya
tertanda
effendi
Sub Workbook_open(
Sheets("UMUM"
End sub
Powered by Telkomsel BlackBerry�
-----Original Message-----
From: Fendi S <fendis@rocketmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Wed, 5 Sep 2012 09:13:20
To: belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] buka excell di sheet khusus
Dear Master Excel,
bagaimanakah membuat macronya cara membuka file excell yang selalu terbuka di sheet khusus (misal sheet "UMUM")
trimakasih atas pencerahannya
tertanda
effendi
Tue Sep 4, 2012 6:50 pm (PDT) . Posted by:
"Mansor" nbmy1980
Teman beExcel,
Gimana caranya kolum denominasi 20, 30, 50 dan 100 terisi otomatis, sesuai
dengan bilangan nya.
Contohnya jika jumlah 70, dan bilangan nya 3, berarti deno 20 ada 2 dan 30
ada 1.
Mohon pencerahannya.
Terima kasih
-Mansor
Hasil yang diinginkan Denominasi *Bilangan* *Jumlah * 20 30 50 100 3
70 2 1 1 20 1 1 30 1 1 20 1 2 50 1 1 1 20 1
1 20 1 2 50 1 1 3 80 1 2 7 160 5 2 1 20 1
Gimana caranya kolum denominasi 20, 30, 50 dan 100 terisi otomatis, sesuai
dengan bilangan nya.
Contohnya jika jumlah 70, dan bilangan nya 3, berarti deno 20 ada 2 dan 30
ada 1.
Mohon pencerahannya.
Terima kasih
-Mansor
Hasil yang diinginkan Denominasi *Bilangan* *Jumlah * 20 30 50 100 3
70 2 1 1 20 1 1 30 1 1 20 1 2 50 1 1 1 20 1
1 20 1 2 50 1 1 3 80 1 2 7 160 5 2 1 20 1
Tue Sep 4, 2012 7:57 pm (PDT) . Posted by:
"Joe Dien" shimano02@ymail.com
Dear Be Excell.....
Menyambung dari pertanyaan Mba Aini, bagaimana caranya memunculkan alert/tanda di PC/excell untuk 1 minggu/bulan sebelumnya dari akhir kontrak tersebut.
Atas perhatiannya be exceller diucapkan terima kasih.
Joedien
"Keep Smiling n Spirit"
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 4 September 2012 16:13
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Dear Alni;
pada cell C5 ketik formula berikut:
=edate(B5,24)-1
Bagus
----- Original Message -----
>From: Alni Mainora
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, September 04, 2012 3:22 PM
>Subject: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
>
>
>Salam para pakar Excel,
>
>mohon dicarikan solusi,
>Jika ada karyawan
yang join tgl 04 September 2012 dan 2 tahun kedepan
>kontraknya akan
berakhir, bagaimana cara bikin formulanya ?
>Contoh data
terlampir.
>
>Terima kasih banyak atas
solusinya.
>
>Wassalam,
>
>Alni Mainora
>
>THIS CORRESPONDENCE
CONTAINS CONFIDENTIAL INFORMATION OF KEMET ELECTRONICS CORPORATION AND ITS
AFFILIATED COMPANIES. If you have received this e-mail and it was not intended
for you, please let us know, and then delete it. We thank you for treating our
confidential information in a courteous and professional
manner.
>
>DISCLAIMER: Although we have taken reasonable steps to reduce
risks against viruses, the reliability of this method of communication cannot
be guaranteed. It can be intercepted, corrupted, or delayed, or it may arrive
incomplete, contain viruses, or be affected by other interference. The opening
of any attachments to this e-mail indicates your agreement to hold us harmless
and release us from liability for any damage sustained as a result of this
transmission.
>
Menyambung dari pertanyaan Mba Aini, bagaimana caranya memunculkan alert/tanda di PC/excell untuk 1 minggu/bulan sebelumnya dari akhir kontrak tersebut.
Atas perhatiannya be exceller diucapkan terima kasih.
Joedien
"Keep Smiling n Spirit"
____________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 4 September 2012 16:13
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Dear Alni;
pada cell C5 ketik formula berikut:
=edate(B5,24)
Bagus
----- Original Message -----
>From: Alni Mainora
>To: belajar-excel@
>Sent: Tuesday, September 04, 2012 3:22 PM
>Subject: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
>
>
>Salam para pakar Excel,
>
>mohon dicarikan solusi,
>Jika ada karyawan
yang join tgl 04 September 2012 dan 2 tahun kedepan
>kontraknya akan
berakhir, bagaimana cara bikin formulanya ?
>Contoh data
terlampir.
>
>Terima kasih banyak atas
solusinya.
>
>Wassalam,
>
>Alni Mainora
>
>THIS CORRESPONDENCE
CONTAINS CONFIDENTIAL INFORMATION OF KEMET ELECTRONICS CORPORATION AND ITS
AFFILIATED COMPANIES. If you have received this e-mail and it was not intended
for you, please let us know, and then delete it. We thank you for treating our
confidential information in a courteous and professional
manner.
>
>DISCLAIMER: Although we have taken reasonable steps to reduce
risks against viruses, the reliability of this method of communication cannot
be guaranteed. It can be intercepted, corrupted, or delayed, or it may arrive
incomplete, contain viruses, or be affected by other interference. The opening
of any attachments to this e-mail indicates your agreement to hold us harmless
and release us from liability for any damage sustained as a result of this
transmission.
>
Tue Sep 4, 2012 8:04 pm (PDT) . Posted by:
"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
Menurut saya Alert hanya akan bisa dilihat bila file dibuka, CMIIW
Mungkin bisa dengan conditional formatting-formula jika tanggal jatuh tempo di sel tiba atau lebih besar dari today(), maka pattern / font berubah warna.
Wassalam
Agung Widodo
________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Joe Dien
Sent: Wednesday, September 05, 2012 9:50 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Dear Be Excell.....
Menyambung dari pertanyaan Mba Aini, bagaimana caranya memunculkan alert/tanda di PC/excell untuk 1 minggu/bulan sebelumnya dari akhir kontrak tersebut.
Atas perhatiannya be exceller diucapkan terima kasih.
Joedien
"Keep Smiling n Spirit"
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 4 September 2012 16:13
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Dear Alni;
pada cell C5 ketik formula berikut:
=edate(B5,24)-1
Bagus
----- Original Message -----
From: Alni Mainora<mailto:alnimainora@kemet.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Tuesday, September 04, 2012 3:22 PM
Subject: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Salam para pakar Excel,
mohon dicarikan solusi,
Jika ada karyawan yang join tgl 04 September 2012 dan 2 tahun kedepan
kontraknya akan berakhir, bagaimana cara bikin formulanya ?
Contoh data terlampir.
Terima kasih banyak atas solusinya.
Wassalam,
Alni Mainora
THIS CORRESPONDENCE CONTAINS CONFIDENTIAL INFORMATION OF KEMET ELECTRONICS CORPORATION AND ITS AFFILIATED COMPANIES. If you have received this e-mail and it was not intended for you, please let us know, and then delete it. We thank you for treating our confidential information in a courteous and professional manner.
DISCLAIMER: Although we have taken reasonable steps to reduce risks against viruses, the reliability of this method of communication cannot be guaranteed. It can be intercepted, corrupted, or delayed, or it may arrive incomplete, contain viruses, or be affected by other interference. The opening of any attachments to this e-mail indicates your agreement to hold us harmless and release us from liability for any damage sustained as a result of this transmission.
Mungkin bisa dengan conditional formatting-formula jika tanggal jatuh tempo di sel tiba atau lebih besar dari today(), maka pattern / font berubah warna.
Wassalam
Agung Widodo
____________
From: belajar-excel@
Sent: Wednesday, September 05, 2012 9:50 AM
To: belajar-excel@
Subject: Bls: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Dear Be Excell.....
Menyambung dari pertanyaan Mba Aini, bagaimana caranya memunculkan alert/tanda di PC/excell untuk 1 minggu/bulan sebelumnya dari akhir kontrak tersebut.
Atas perhatiannya be exceller diucapkan terima kasih.
Joedien
"Keep Smiling n Spirit"
____________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 4 September 2012 16:13
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Dear Alni;
pada cell C5 ketik formula berikut:
=edate(B5,24)
Bagus
----- Original Message -----
From: Alni Mainora<mailto:alnimainora@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, September 04, 2012 3:22 PM
Subject: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
Salam para pakar Excel,
mohon dicarikan solusi,
Jika ada karyawan yang join tgl 04 September 2012 dan 2 tahun kedepan
kontraknya akan berakhir, bagaimana cara bikin formulanya ?
Contoh data terlampir.
Terima kasih banyak atas solusinya.
Wassalam,
Alni Mainora
THIS CORRESPONDENCE CONTAINS CONFIDENTIAL INFORMATION OF KEMET ELECTRONICS CORPORATION AND ITS AFFILIATED COMPANIES. If you have received this e-mail and it was not intended for you, please let us know, and then delete it. We thank you for treating our confidential information in a courteous and professional manner.
DISCLAIMER: Although we have taken reasonable steps to reduce risks against viruses, the reliability of this method of communication cannot be guaranteed. It can be intercepted, corrupted, or delayed, or it may arrive incomplete, contain viruses, or be affected by other interference. The opening of any attachments to this e-mail indicates your agreement to hold us harmless and release us from liability for any damage sustained as a result of this transmission.
Tue Sep 4, 2012 8:01 pm (PDT) . Posted by:
"Prazt Math" praztmath
Ingin hati sambung menyambung jadi satu, tapi apa daya pikiran tak mampu,
maka saya minta bantuan pada para master untuk menyambungkan/Menggabungkan
data dari banyak Sheet seperti file terlampir....
maka saya minta bantuan pada para master untuk menyambungkan/
data dari banyak Sheet seperti file terlampir...
Tue Sep 4, 2012 11:18 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
File terlampir.
Syarat : Sheet hasil selalu dipaling kanan sheets data.
Wassalam,
Kid.
2012/9/5 Prazt Math <praztmath@gmail.com >
> **
>
>
> Ingin hati sambung menyambung jadi satu, tapi apa daya pikiran tak mampu,
> maka saya minta bantuan pada para master untuk menyambungkan/*Menggabungkan
> data dari banyak Sheet *seperti file terlampir....****
>
>
>
>
Syarat : Sheet hasil selalu dipaling kanan sheets data.
Wassalam,
Kid.
2012/9/5 Prazt Math <praztmath@gmail.
> **
>
>
> Ingin hati sambung menyambung jadi satu, tapi apa daya pikiran tak mampu,
> maka saya minta bantuan pada para master untuk menyambungkan/
> data dari banyak Sheet *seperti file terlampir...
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar