15 New Messages
Digest #1759
Messages
Thu Sep 6, 2012 1:00 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
menu Insert -> pilih Module)
1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
4. hide kolom nominal1 di data
5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
proses 6)
8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 : "=n(R[-1]C)+1"
11. kalkulasi sheet hasil
12. copy paste special values area hasil
Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
VBA xx. nama prosesnya
Contoh :
bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis) dengan
subject :
VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
supaya sama dan seragam.
Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
Wassalam,
Kid.
2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
> Salam Be-Excel..
>
> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
> sesuai.
>
> Yang diinginkan adalah sbb:
> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
> maupun Nominal1.
> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>
> Terima kasih sebelumnya, wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>
>
Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
menu Insert -> pilih Module)
1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
4. hide kolom nominal1 di data
5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
proses 6)
8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 : "=n(R[-1]C)+
11. kalkulasi sheet hasil
12. copy paste special values area hasil
Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
VBA xx. nama prosesnya
Contoh :
bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis) dengan
subject :
VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
supaya sama dan seragam.
Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
Wassalam,
Kid.
2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
> Salam Be-Excel..
>
> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
> sesuai.
>
> Yang diinginkan adalah sbb:
> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
> maupun Nominal1.
> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>
> Terima kasih sebelumnya, wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>
>
Thu Sep 6, 2012 8:46 pm (PDT) . Posted by:
"sin.ur4t@yahoo.com" sin.ur4t
Wahh seru kayaknya, topiknya jadi bisa lbh terstruktur, sehingga lbh mudah difahami para pemula.
Makasih pak kid, akan dicoba pelan2 tiap ada wkt luang..
Wassalam
Imam F. Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 7 Sep 2012 03:00:08
To: <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Makro Sisip Baris
Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
menu Insert -> pilih Module)
1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
4. hide kolom nominal1 di data
5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
proses 6)
8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 : "=n(R[-1]C)+1"
11. kalkulasi sheet hasil
12. copy paste special values area hasil
Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
VBA xx. nama prosesnya
Contoh :
bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis) dengan
subject :
VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
supaya sama dan seragam.
Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
Wassalam,
Kid.
2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
> Salam Be-Excel..
>
> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
> sesuai.
>
> Yang diinginkan adalah sbb:
> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
> maupun Nominal1.
> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>
> Terima kasih sebelumnya, wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>
>
Makasih pak kid, akan dicoba pelan2 tiap ada wkt luang..
Wassalam
Imam F. Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 7 Sep 2012 03:00:08
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Makro Sisip Baris
Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
menu Insert -> pilih Module)
1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
4. hide kolom nominal1 di data
5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
proses 6)
8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 : "=n(R[-1]C)+
11. kalkulasi sheet hasil
12. copy paste special values area hasil
Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
VBA xx. nama prosesnya
Contoh :
bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis) dengan
subject :
VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
supaya sama dan seragam.
Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
Wassalam,
Kid.
2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
> Salam Be-Excel..
>
> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
> sesuai.
>
> Yang diinginkan adalah sbb:
> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
> maupun Nominal1.
> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>
> Terima kasih sebelumnya, wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>
>
Fri Sep 7, 2012 3:03 am (PDT) . Posted by:
"sin.ur4t@yahoo.com" sin.ur4t
Sblm dimulai pak, pastinya berguna utk saya, dan brgkl jg ada member lain yg tertarik belajar makro melalui thread ini.
Mohon pak Mr Kid berkenan mendeklarasikan variabel-variabelnya (dim var as type data) terlebih dulu, supaya nantinya nama variabel bisa seragam sehingga lebih mudah difahami. Trm ksh.
Wassalam
Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 7 Sep 2012 03:00:08
To: <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Makro Sisip Baris
Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
menu Insert -> pilih Module)
1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
4. hide kolom nominal1 di data
5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
proses 6)
8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 : "=n(R[-1]C)+1"
11. kalkulasi sheet hasil
12. copy paste special values area hasil
Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
VBA xx. nama prosesnya
Contoh :
bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis) dengan
subject :
VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
supaya sama dan seragam.
Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
Wassalam,
Kid.
2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
> Salam Be-Excel..
>
> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
> sesuai.
>
> Yang diinginkan adalah sbb:
> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
> maupun Nominal1.
> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>
> Terima kasih sebelumnya, wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>
>
Mohon pak Mr Kid berkenan mendeklarasikan variabel-variabelny
Wassalam
Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry®
-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 7 Sep 2012 03:00:08
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Makro Sisip Baris
Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
menu Insert -> pilih Module)
1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
4. hide kolom nominal1 di data
5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
proses 6)
8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 : "=n(R[-1]C)+
11. kalkulasi sheet hasil
12. copy paste special values area hasil
Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
VBA xx. nama prosesnya
Contoh :
bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis) dengan
subject :
VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
supaya sama dan seragam.
Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
Wassalam,
Kid.
2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
> Salam Be-Excel..
>
> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
> sesuai.
>
> Yang diinginkan adalah sbb:
> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
> maupun Nominal1.
> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>
> Terima kasih sebelumnya, wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>
>
Fri Sep 7, 2012 3:19 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Baiklah,
Bagi yang ingin bermain dengan variabel range :
nama-nama variabel range (agar seragam) :
1. rngHasil dengan tipe range untuk wadah object range dari tabel hasil
2. rngData dengan tipe range untuk wadah object range dari tabel data
*Jika dibutuhkan* :
1. lRecData tipe Long untuk jumlah record (tanpa header) di tabel data
2. lRecHasil tipe Long untuk jumlah record (tanpa header) di tabel hasil
3. lRowsData tipe Long untuk jumlah baris data (include header) di tabel
data
4. lRowsHasil tipe Long untuk jumlah baris data (include header) di tabel
hasil
5. shtData tipe worksheet untuk wadah object worksheet data
6. shtHasil tipe worksheet untuk wadah object worksheet hasil
7. wbkA tipe workbook untuk wadah object workbook tempat kerja
8. rngTmp tipe range untuk wadah object range temporary
9. lLoop tipe long untuk nilai loop
10. vTmp tipe variant untuk wadah apa saja
11. sFormula1 tipe string untuk teks formula ke-1
12. sFormula2 tipe string untuk teks formula ke-2 -> bisa dibuat jadi
sFormulaN dengan N mulai dari 1 sampai seperlunya
Sepertinya sudah cukup.
Silakan dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan.
Jika tidak ingin menggunakan variabel juga boleh.
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
> Sblm dimulai pak, pastinya berguna utk saya, dan brgkl jg ada member lain
> yg tertarik belajar makro melalui thread ini.
> Mohon pak Mr Kid berkenan mendeklarasikan variabel-variabelnya (dim var as
> type data) terlebih dulu, supaya nantinya nama variabel bisa seragam
> sehingga lebih mudah difahami. Trm ksh.
>
> Wassalam
>
> Sinurat
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com >
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 7 Sep 2012 03:00:08 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com >
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Makro Sisip Baris
>
> Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
>
> Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
> Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
>
> Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
> 0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
> menu Insert -> pilih Module)
> 1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
> 2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
> 3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
> 4. hide kolom nominal1 di data
> 5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
> 6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
> hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
> 7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
> proses 6)
> 8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
> 9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
> style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
> 10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 :
> "=n(R[-1]C)+1"
> 11. kalkulasi sheet hasil
> 12. copy paste special values area hasil
>
> Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
> VBA xx. nama prosesnya
> Contoh :
> bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis)
> dengan subject :
> VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
>
> Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
> supaya sama dan seragam.
> Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
>
> Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
>
>> **
>>
>>
>> Salam Be-Excel..
>>
>> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
>> sesuai.
>>
>> Yang diinginkan adalah sbb:
>> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
>> maupun Nominal1.
>> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
>> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
>> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>>
>> Terima kasih sebelumnya, wassalam
>> Imam F. Sinurat
>>
>>
>>
>
>
Bagi yang ingin bermain dengan variabel range :
nama-nama variabel range (agar seragam) :
1. rngHasil dengan tipe range untuk wadah object range dari tabel hasil
2. rngData dengan tipe range untuk wadah object range dari tabel data
*Jika dibutuhkan* :
1. lRecData tipe Long untuk jumlah record (tanpa header) di tabel data
2. lRecHasil tipe Long untuk jumlah record (tanpa header) di tabel hasil
3. lRowsData tipe Long untuk jumlah baris data (include header) di tabel
data
4. lRowsHasil tipe Long untuk jumlah baris data (include header) di tabel
hasil
5. shtData tipe worksheet untuk wadah object worksheet data
6. shtHasil tipe worksheet untuk wadah object worksheet hasil
7. wbkA tipe workbook untuk wadah object workbook tempat kerja
8. rngTmp tipe range untuk wadah object range temporary
9. lLoop tipe long untuk nilai loop
10. vTmp tipe variant untuk wadah apa saja
11. sFormula1 tipe string untuk teks formula ke-1
12. sFormula2 tipe string untuk teks formula ke-2 -> bisa dibuat jadi
sFormulaN dengan N mulai dari 1 sampai seperlunya
Sepertinya sudah cukup.
Silakan dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan.
Jika tidak ingin menggunakan variabel juga boleh.
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
> Sblm dimulai pak, pastinya berguna utk saya, dan brgkl jg ada member lain
> yg tertarik belajar makro melalui thread ini.
> Mohon pak Mr Kid berkenan mendeklarasikan variabel-variabelny
> type data) terlebih dulu, supaya nantinya nama variabel bisa seragam
> sehingga lebih mudah difahami. Trm ksh.
>
> Wassalam
>
> Sinurat
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.
> *Sender: * belajar-excel@
> *Date: *Fri, 7 Sep 2012 03:00:08 +0700
> *To: *<belajar-excel@
> *ReplyTo: * belajar-excel@
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Makro Sisip Baris
>
> Bagaimana jika mulai mencoba membuat sendiri setahap demi setahap.
>
> Buat seluruh BeExceller yang ingin belajar VBA, silakan ikut mencoba.
> Semoga lebih bisa cepat memahami VBA melalui kasus ini.
>
> Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut.
> 0. ke VBE (tekan ALT F11) dan buat sebuah module (bonus :: caranya -> ke
> menu Insert -> pilih Module)
> 1. Hapus hasil yang lama. Pakai delete xlshiftup juga bisa
> 2. Copy data dari no sampai nominal1 ke hasil mulai baris pertama.
> 3. hitung jumlah record + header di hasil dan simpan disebuah variabel
> 4. hide kolom nominal1 di data
> 5. autofilter data pada kolom nominal2 yang tidak blank ("<>")
> 6. data yang visible (gunakan specialcells visible) di copy dan paste ke
> hasil dengan offset sebanyak variabel jumlah record (proses 3)
> 7. hapus data nama di sheet hasil hanya pada hasil paste terakhir (hasil
> proses 6)
> 8. sort hasil berdasar kolom No secara menaik
> 9. hasil yang blank (gunakan specialcells celltypeblank) diisi formula
> style R1C1 berbunyi : "=R[-1]C & ""(*)"""
> 10. hasil (seluruh baris ya) di kolom No diberi formulaR1C1 :
> "=n(R[-1]C)+
> 11. kalkulasi sheet hasil
> 12. copy paste special values area hasil
>
> Bagi yang masih bingung caranya, silakan posting dengan judul thread :
> VBA xx. nama prosesnya
> Contoh :
> bingung cara nomor 5, buat thread baru (posting email baru ke milis)
> dengan subject :
> VBA 05. Autofilter data kolom nominal2
>
> Jadi, seluruh proses diharapkan tetap menggunakan data dari Pak Imam dulu,
> supaya sama dan seragam.
> Harapannya bisa mempermudah proses belajar bersama.
>
> Selamat mencoba dan tetap semangat belajar.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/6 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
>
>> **
>>
>>
>> Salam Be-Excel..
>>
>> Mohon dibantu bagaimana kode makro menyisip baris dan mengisi data yang
>> sesuai.
>>
>> Yang diinginkan adalah sbb:
>> 1. Semua record Tabel 1. ditampilkan kembali pada Tabel 2., baik Nama
>> maupun Nominal1.
>> 2. Setiap record yang kolom Nominal2 ada nilainya, maka sisipkan satu
>> baris kosong tepat dibawah record tersebut,
>> lalu isi nama yang sesuai dibubuhi tanda "(*)", dan Nominal2.
>>
>> Terima kasih sebelumnya, wassalam
>> Imam F. Sinurat
>>
>>
>>
>
>
Thu Sep 6, 2012 6:32 pm (PDT) . Posted by:
"abu dimaz" abudimaz
Assalamu'alaikum
Maaf, nyambung kasus insert photo.
Bagaimana kalo kita photo yang ditampilkan lebih dari satu, misalnya untuk membuat kartu perpustakaan yang dalam satu sheet ada 10 kartu, dan photo tsb ada dalam folder bukan pada sheet/embedded. Terimakasih.
________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 5 September 2012 21:26
Judul: Re: [belajar-excel] insert photo otomatis dari sebuah folder
Â
Salam kenal juga Pak,
Untuk hal ini dibutuhkan VBA.
File terlampir.
Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event worksheet change sebagai berikut :
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
   Dim sFile As String, sPath As String
   If Target.Count = 1 Then
       If InStr(Target.Address & "|", "$C$3|") <> 0 Then
           ActiveSheet.Calculate
              Â
           'ganti rujukan path seperti contoh
           'drive:\folder\subfolder\
           'contoh : E:\myData\mySubData\
           sPath = ThisWorkbook.Path & "\"
           sFile = Range("c4").Value & ".jpg"
           If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(sPath & sFile)
           Else
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(vbNullString)
           End If
       End If
   End If
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/5 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.co.id >
>Â
>salam kenal untuk semua..
>saya minta bantuannya untuk sebuah kasus yg saya hadapi.
>saya ingin membuat sebuah data yang harus menggunakan photo didalamnya..
>tetapi saya tidak ingin memasukkan photo itu kedalam file excel saya karena photonya terlalu banyak.
>saya pernah denger, kita bisa memasukkan photo dengan sebuah link.tetapi info itu tidak jelas saya ketahui jadi masih membingungkan..
>bagaimanakah cara saya agar bisa memasukkan sebuah photo secara otomatis dari sebuah folder?
>saya lampirkan juga file contohnya..
>terima kasih
>
>
Maaf, nyambung kasus insert photo.
Bagaimana kalo kita photo yang ditampilkan lebih dari satu, misalnya untuk membuat kartu perpustakaan yang dalam satu sheet ada 10 kartu, dan photo tsb ada dalam folder bukan pada sheet/embedded. Terimakasih.
____________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 5 September 2012 21:26
Judul: Re: [belajar-excel] insert photo otomatis dari sebuah folder
Â
Salam kenal juga Pak,
Untuk hal ini dibutuhkan VBA.
File terlampir.
Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event worksheet change sebagai berikut :
Private Sub Worksheet_Change(
   Dim sFile As String, sPath As String
   If Target.Count = 1 Then
       If InStr(Target.
           ActiveSheet.
              Â
           'ganti rujukan path seperti contoh
           'drive:\folder\
           'contoh : E:\myData\mySubData
           sPath = ThisWorkbook.
           sFile = Range("c4").
           If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(
           Else
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(
           End If
       End If
   End If
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/5 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.
>Â
>salam kenal untuk semua..
>saya minta bantuannya untuk sebuah kasus yg saya hadapi.
>saya ingin membuat sebuah data yang harus menggunakan photo didalamnya..
>tetapi saya tidak ingin memasukkan photo itu kedalam file excel saya karena photonya terlalu banyak.
>saya pernah denger, kita bisa memasukkan photo dengan sebuah link.tetapi info itu tidak jelas saya ketahui jadi masih membingungkan.
>bagaimanakah cara saya agar bisa memasukkan sebuah photo secara otomatis dari sebuah folder?
>saya lampirkan juga file contohnya..
>terima kasih
>
>
Fri Sep 7, 2012 1:50 am (PDT) . Posted by:
"indria pie" mas_pie3
salam Mr Kid,
maaf saya ngikut tanya di soal foto, saya pernah buat biodata di excel yang ada fotonya tapi itu dengan cara biasa (insert  image di activeX - menu developer)
mohon klo bisa tutorialnya pada waktu mengisi/mengganti dengan macro untuk foto yang dari folder biar file excelnya ndak terlalu besar?
trima kasih
-snupy-
________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 5 September 2012 21:26
Judul: Re: [belajar-excel] insert photo otomatis dari sebuah folder
Â
Salam kenal juga Pak,
Untuk hal ini dibutuhkan VBA.
File terlampir.
Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event worksheet change sebagai berikut :
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
   Dim sFile As String, sPath As String
   If Target.Count = 1 Then
       If InStr(Target.Address & "|", "$C$3|") <> 0 Then
           ActiveSheet.Calculate
              Â
           'ganti rujukan path seperti contoh
           'drive:\folder\subfolder\
           'contoh : E:\myData\mySubData\
           sPath = ThisWorkbook.Path & "\"
           sFile = Range("c4").Value & ".jpg"
           If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(sPath & sFile)
           Else
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(vbNullString)
           End If
       End If
   End If
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/5 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.co.id >
>Â
>salam kenal untuk semua..
>saya minta bantuannya untuk sebuah kasus yg saya hadapi.
>saya ingin membuat sebuah data yang harus menggunakan photo didalamnya..
>tetapi saya tidak ingin memasukkan photo itu kedalam file excel saya karena photonya terlalu banyak.
>saya pernah denger, kita bisa memasukkan photo dengan sebuah link.tetapi info itu tidak jelas saya ketahui jadi masih membingungkan..
>bagaimanakah cara saya agar bisa memasukkan sebuah photo secara otomatis dari sebuah folder?
>saya lampirkan juga file contohnya..
>terima kasih
>
>
maaf saya ngikut tanya di soal foto, saya pernah buat biodata di excel yang ada fotonya tapi itu dengan cara biasa (insert  image di activeX - menu developer)
mohon klo bisa tutorialnya pada waktu mengisi/mengganti dengan macro untuk foto yang dari folder biar file excelnya ndak terlalu besar?
trima kasih
-snupy-
____________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 5 September 2012 21:26
Judul: Re: [belajar-excel] insert photo otomatis dari sebuah folder
Â
Salam kenal juga Pak,
Untuk hal ini dibutuhkan VBA.
File terlampir.
Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event worksheet change sebagai berikut :
Private Sub Worksheet_Change(
   Dim sFile As String, sPath As String
   If Target.Count = 1 Then
       If InStr(Target.
           ActiveSheet.
              Â
           'ganti rujukan path seperti contoh
           'drive:\folder\
           'contoh : E:\myData\mySubData
           sPath = ThisWorkbook.
           sFile = Range("c4").
           If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(
           Else
               imgPeserta.Picture = LoadPicture(
           End If
       End If
   End If
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/5 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.
>Â
>salam kenal untuk semua..
>saya minta bantuannya untuk sebuah kasus yg saya hadapi.
>saya ingin membuat sebuah data yang harus menggunakan photo didalamnya..
>tetapi saya tidak ingin memasukkan photo itu kedalam file excel saya karena photonya terlalu banyak.
>saya pernah denger, kita bisa memasukkan photo dengan sebuah link.tetapi info itu tidak jelas saya ketahui jadi masih membingungkan.
>bagaimanakah cara saya agar bisa memasukkan sebuah photo secara otomatis dari sebuah folder?
>saya lampirkan juga file contohnya..
>terima kasih
>
>
Fri Sep 7, 2012 3:45 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Silakan lihat-lihat script dalam file terlampir.
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id >
> **
>
>
> salam Mr Kid,
>
> maaf saya ngikut tanya di soal foto, saya pernah buat biodata di excel
> yang ada fotonya tapi itu dengan cara biasa (insert image di activeX -
> menu developer)
> mohon klo bisa tutorialnya pada waktu mengisi/mengganti dengan macro untuk
> foto yang dari folder biar file excelnya ndak terlalu besar?
>
> trima kasih
> -snupy-
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 5 September 2012 21:26
> *Judul:* Re: [belajar-excel] insert photo otomatis dari sebuah folder
>
>
> Salam kenal juga Pak,
>
> Untuk hal ini dibutuhkan VBA.
> File terlampir.
>
> Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event
> worksheet change sebagai berikut :
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Dim sFile As String, sPath As String
> If Target.Count = 1 Then
> If InStr(Target.Address & "|", "$C$3|") <> 0 Then
> ActiveSheet.Calculate
>
> 'ganti rujukan path seperti contoh
> 'drive:\folder\subfolder\
> 'contoh : E:\myData\mySubData\
> sPath = ThisWorkbook.Path & "\"
> sFile = Range("c4").Value & ".jpg"
> If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
> imgPeserta.Picture = LoadPicture(sPath & sFile)
> Else
> imgPeserta.Picture = LoadPicture(vbNullString)
> End If
> End If
> End If
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/9/5 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.co.id >
>
> **
>
> salam kenal untuk semua..
> saya minta bantuannya untuk sebuah kasus yg saya hadapi.
> saya ingin membuat sebuah data yang harus menggunakan photo didalamnya..
> tetapi saya tidak ingin memasukkan photo itu kedalam file excel saya
> karena photonya terlalu banyak.
> saya pernah denger, kita bisa memasukkan photo dengan sebuah link.tetapi
> info itu tidak jelas saya ketahui jadi masih membingungkan..
> bagaimanakah cara saya agar bisa memasukkan sebuah photo secara otomatis
> dari sebuah folder?
> saya lampirkan juga file contohnya..
> terima kasih
>
>
>
>
>
>
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 indria pie <mas_pie3@yahoo.
> **
>
>
> salam Mr Kid,
>
> maaf saya ngikut tanya di soal foto, saya pernah buat biodata di excel
> yang ada fotonya tapi itu dengan cara biasa (insert image di activeX -
> menu developer)
> mohon klo bisa tutorialnya pada waktu mengisi/mengganti dengan macro untuk
> foto yang dari folder biar file excelnya ndak terlalu besar?
>
> trima kasih
> -snupy-
>
> ------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Rabu, 5 September 2012 21:26
> *Judul:* Re: [belajar-excel] insert photo otomatis dari sebuah folder
>
>
> Salam kenal juga Pak,
>
> Untuk hal ini dibutuhkan VBA.
> File terlampir.
>
> Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event
> worksheet change sebagai berikut :
> Private Sub Worksheet_Change(
> Dim sFile As String, sPath As String
> If Target.Count = 1 Then
> If InStr(Target.
> ActiveSheet.
>
> 'ganti rujukan path seperti contoh
> 'drive:\folder\
> 'contoh : E:\myData\mySubData
> sPath = ThisWorkbook.
> sFile = Range("c4").
> If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
> imgPeserta.Picture = LoadPicture(
> Else
> imgPeserta.Picture = LoadPicture(
> End If
> End If
> End If
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/9/5 Agus Siahabudin <phont_4ng@yahoo.
>
> **
>
> salam kenal untuk semua..
> saya minta bantuannya untuk sebuah kasus yg saya hadapi.
> saya ingin membuat sebuah data yang harus menggunakan photo didalamnya..
> tetapi saya tidak ingin memasukkan photo itu kedalam file excel saya
> karena photonya terlalu banyak.
> saya pernah denger, kita bisa memasukkan photo dengan sebuah link.tetapi
> info itu tidak jelas saya ketahui jadi masih membingungkan.
> bagaimanakah cara saya agar bisa memasukkan sebuah photo secara otomatis
> dari sebuah folder?
> saya lampirkan juga file contohnya..
> terima kasih
>
>
>
>
>
>
Thu Sep 6, 2012 8:13 pm (PDT) . Posted by:
"dimas ricky"
Dear all, saya perlu bantuannya dong, saya ada kasus dengan conditional
formatting.
Di escel yang terlampir sya sudah buat conditional formatingnya yaitu untuk
spesifik Text AAA maka warnanya merah, dan BBB warnanya hijau.
Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara buat satu row untuk AAA
merah semua secara otomatis, bgt juga dnegan 1 row BBB hijau secara
otomatis ?
Terima kasih untuk bantuannya.
formatting.
Di escel yang terlampir sya sudah buat conditional formatingnya yaitu untuk
spesifik Text AAA maka warnanya merah, dan BBB warnanya hijau.
Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara buat satu row untuk AAA
merah semua secara otomatis, bgt juga dnegan 1 row BBB hijau secara
otomatis ?
Terima kasih untuk bantuannya.
Thu Sep 6, 2012 8:33 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Coba :
1. blok datanya mulai dari pojok kiri atas sampai kanan bawah tabel data.
2. buat Conditional Formatting -> muncul pilihan -> pilih Use Formula ->
isi disana :
=$A2="AAA"
(ganti angka 2 dengan nomor baris excel pojok kiri yang diblok tadi)
3. atur formatnya, dan tekan OK
hati-hati... Conditional formatting akan dikalkulasi terus menerus setiap
kali ada pengubahan nilai di cell manapun.
Jangan terlalu banyak cell yang diberi CF, karena akan membuat Excel
bekerja lebih lambat dari biasanya.
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 dimas ricky <dimasr1985@gmail.com >
> **
>
>
> Dear all, saya perlu bantuannya dong, saya ada kasus dengan conditional
> formatting.
>
> Di escel yang terlampir sya sudah buat conditional formatingnya yaitu
> untuk spesifik Text AAA maka warnanya merah, dan BBB warnanya hijau.
>
>
>
> Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara buat satu row untuk AAA
> merah semua secara otomatis, bgt juga dnegan 1 row BBB hijau secara
> otomatis ?
>
>
>
> Terima kasih untuk bantuannya.
>
>
>
>
1. blok datanya mulai dari pojok kiri atas sampai kanan bawah tabel data.
2. buat Conditional Formatting -> muncul pilihan -> pilih Use Formula ->
isi disana :
=$A2="AAA"
(ganti angka 2 dengan nomor baris excel pojok kiri yang diblok tadi)
3. atur formatnya, dan tekan OK
hati-hati... Conditional formatting akan dikalkulasi terus menerus setiap
kali ada pengubahan nilai di cell manapun.
Jangan terlalu banyak cell yang diberi CF, karena akan membuat Excel
bekerja lebih lambat dari biasanya.
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 dimas ricky <dimasr1985@gmail.
> **
>
>
> Dear all, saya perlu bantuannya dong, saya ada kasus dengan conditional
> formatting.
>
> Di escel yang terlampir sya sudah buat conditional formatingnya yaitu
> untuk spesifik Text AAA maka warnanya merah, dan BBB warnanya hijau.
>
>
>
> Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara buat satu row untuk AAA
> merah semua secara otomatis, bgt juga dnegan 1 row BBB hijau secara
> otomatis ?
>
>
>
> Terima kasih untuk bantuannya.
>
>
>
>
Thu Sep 6, 2012 8:36 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Dear Dimas;
Block row yg dikendaki, masuk ke condional formatting
Condition 1:
Formula Is : =$A4="BBB"
Condition 2:
Formula Is: =$A4="AAA"
copy => paste special => formats
ke row dibawahnya
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
----- Original Message -----
From: dimas ricky
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 07, 2012 10:13 AM
Subject: [belajar-excel] conditional formatting
Dear all, saya perlu bantuannya dong, saya ada kasus dengan conditional formatting.
Di escel yang terlampir sya sudah buat conditional formatingnya yaitu untuk spesifik Text AAA maka warnanya merah, dan BBB warnanya hijau.
Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara buat satu row untuk AAA merah semua secara otomatis, bgt juga dnegan 1 row BBB hijau secara otomatis ?
Terima kasih untuk bantuannya.
Block row yg dikendaki, masuk ke condional formatting
Condition 1:
Formula Is : =$A4="BBB"
Condition 2:
Formula Is: =$A4="AAA"
copy => paste special => formats
ke row dibawahnya
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
----- Original Message -----
From: dimas ricky
To: belajar-excel@
Sent: Friday, September 07, 2012 10:13 AM
Subject: [belajar-excel] conditional formatting
Dear all, saya perlu bantuannya dong, saya ada kasus dengan conditional formatting.
Di escel yang terlampir sya sudah buat conditional formatingnya yaitu untuk spesifik Text AAA maka warnanya merah, dan BBB warnanya hijau.
Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara buat satu row untuk AAA merah semua secara otomatis, bgt juga dnegan 1 row BBB hijau secara otomatis ?
Terima kasih untuk bantuannya.
Thu Sep 6, 2012 8:26 pm (PDT) . Posted by:
"adrian piter" petcures2003
met pagi..
saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan conditional formating.
untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
terima kasih.
-pit-
saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan conditional formating.
untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
terima kasih.
-pit-
Thu Sep 6, 2012 8:43 pm (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Coba :
1. blok C4 sampai AG15
2. buat conditional formatting baru -> pilih Use Formula -> isi dengan :
=COUNTIF($AL$2:$AL$6,$C$3-1+C$5)
3. atur formatnya lalu tekan OK
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 adrian piter <petcures2003@yahoo.com >
> **
>
>
> met pagi..
> saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu
> dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan
> conditional formating.
> untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
> terima kasih.
>
> -pit-
>
>
>
1. blok C4 sampai AG15
2. buat conditional formatting baru -> pilih Use Formula -> isi dengan :
=COUNTIF($AL$
3. atur formatnya lalu tekan OK
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 adrian piter <petcures2003@
> **
>
>
> met pagi..
> saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu
> dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan
> conditional formating.
> untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
> terima kasih.
>
> -pit-
>
>
>
Thu Sep 6, 2012 8:49 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Dear Adrian;
tambahkan 1 condition lg,
lalu isi formula is: =OR(D$5=DAY($AL$2),D$5=DAY($AL$4),D$5=DAY($AL$5),D$5=DAY($AL$6))
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
----- Original Message -----
From: adrian piter
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 07, 2012 10:08 AM
Subject: [belajar-excel] Formula Conditional Formating untuk tabel rekap absen
met pagi..
saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan conditional formating.
untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
terima kasih.
-pit-
tambahkan 1 condition lg,
lalu isi formula is: =OR(D$5=DAY(
File terlampir semoga sesuai harapan
Bagus
----- Original Message -----
From: adrian piter
To: belajar-excel@
Sent: Friday, September 07, 2012 10:08 AM
Subject: [belajar-excel] Formula Conditional Formating untuk tabel rekap absen
met pagi..
saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan conditional formating.
untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
terima kasih.
-pit-
Thu Sep 6, 2012 10:55 pm (PDT) . Posted by:
"adrian piter" petcures2003
Terima kasih Kid Mr. dan rekan-rekan yang sudah memberikan solusinya...dan berhasil.
________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 7, 2012 10:43 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Conditional Formating untuk tabel rekap absen
Â
Coba :
1. blok C4 sampai AG15
2. buat conditional formatting baru -> pilih Use Formula -> isi dengan :
=COUNTIF($AL$2:$AL$6,$C$3-1+C$5)
3. atur formatnya lalu tekan OK
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 adrian piter <petcures2003@yahoo.com >
>Â
>met pagi..
>saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan conditional formating.
>untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
>terima kasih.
>
>
>-pit-
>
____________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Friday, September 7, 2012 10:43 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Conditional Formating untuk tabel rekap absen
Â
Coba :
1. blok C4 sampai AG15
2. buat conditional formatting baru -> pilih Use Formula -> isi dengan :
=COUNTIF($AL$
3. atur formatnya lalu tekan OK
Wassalam,
Kid.
2012/9/7 adrian piter <petcures2003@
>Â
>met pagi..
>saya punya masalah membuat formula untuk menandai hari libur (selain sabtu dan minggu) dalam tabel rekap absen bulan agustus 2012 dengan menggunakan conditional formating.
>untuk lebih jelasnya mohon dapat dilihat dalam lampiran file.
>terima kasih.
>
>
>-pit-
>
Fri Sep 7, 2012 2:17 am (PDT) . Posted by:
"Abang Tukang tanya" abangtukangtanya
Dear Para Master excel,
Sebenarnya saya pernah mendapatkan data excel dari milis (maaf kalo bukan dari milis ini) saya lupa,
Karena saya melihat ada kesamaan dengan permasalahan saya, tetapi saya tidak bisa menemukan
solusi kiranya rekan-rekan master membantu saya untuk menemukan solusinya didalam file yang saya
lampirkan adalah sebenarnya file untuk update booking hotel tetapi saya mencoba merubahnya untuk
membuat jadwal kalender untuk para guru yang akan mengajar murid-muridnya. Bisakah saya dibantu?
Regards
Abang Tukang Tanya
Sebenarnya saya pernah mendapatkan data excel dari milis (maaf kalo bukan dari milis ini) saya lupa,
Karena saya melihat ada kesamaan dengan permasalahan saya, tetapi saya tidak bisa menemukan
solusi kiranya rekan-rekan master membantu saya untuk menemukan solusinya didalam file yang saya
lampirkan adalah sebenarnya file untuk update booking hotel tetapi saya mencoba merubahnya untuk
membuat jadwal kalender untuk para guru yang akan mengajar murid-muridnya. Bisakah saya dibantu?
Regards
Abang Tukang Tanya
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar